laporan kegiatan lpjm tahun 2016

24
LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016 Lembaga Penjaminan Mutu 1 MONITORING DAN EVALUASI PERKULIAHAN ONLINE SEMESTER 104 A. Latar Belakang Setiap semester, Lembaga Penjaminan Mutu (LPjM) UNJ selalu melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran. Kegiatan monitoring dan evaluasi ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan LPjM dengan tujuan untuk memastikan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen telah dilaksanakan sesuai dengan rencana, tujuan, dan standar atau target yang telah ditetapkan. Dengan adanya kegiatan monev ini dapat diketahui berbagai kelemahan atau kekurangan dosen UNJ dalam melaksanakan pembelajaran dan selanjutnya dapat pula dicarikan alternatif pemecahan masalahnya. Sampai semester 104 ini, pelaksanaan monev pembelajaran tetap dilaksanakan secara online, yaitu diintegrasikan ke dalam Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) UNJ. Dalam hal ini, instrumen monev diintegrasikan ke dalam SIAKAD mahasiswa pada akhir semester 104 untuk diisi oleh setiap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan dosen tertentu. Instrumen yang digunakan pada kegiatan monev untuk semester 104 ini sama dengan instrumen yang diberikan pada semester 104. Jumlah pertanyaan yang diberikan adalah 20 butir. Setiap pertanyaan berhubungan dengan kinerja dosen dalam pelaksanaan pembelajaran, baik yang berkaitan dengan kegiatan persiapan kuliah maupun pelaksanaan ujian tengah dan akhir semester. Dengan adanya kegiatan monev perkuliahan secara online, LPjM bermaksud untuk meningkatkan validitas data hasil monev. Kegiatan monev secara manual telah dilaksanakan oleh LPjM dengan cara memberikan instrumen secara manual kepada mahasiswa secara langsung. Hasilnya menunjukkan tingkat validitas data yang rendah, karena masih terdapat kesalahan dan kekeliruan dalam proses pengisian instrumen. Selain itu, tingkat partisipasi mahasiswa dalam mengisi instrumen juga dirasakan relatif rendah. Pelaksanaan monev online telah dimulai sejak tahun 2013 hingga saat ini. Dari kegiatan monev online dapat diketahui terjadinya peningaktan partisipasi mahasiswa dalam mengisi instrumen monev. Data yang diperolehpun lebih valid dibandingkan dengan monev manual. Hasil pengamatan pada beberapa semester terakhir terlihat bahwa metode secara online ini dapat memperbaiki kualitas hasil monev perkuliahan UNJ, sehingga selanjutnya di masa datang seluruh mata kuliah akan dimonev secara online, termasuk monev perkuliahan untuk semester 104 tahun ajaran 2016 ini.

Upload: others

Post on 16-Oct-2021

12 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 1

MONITORING DAN EVALUASI PERKULIAHAN ONLINESEMESTER 104

A. Latar Belakang

Setiap semester, Lembaga Penjaminan Mutu (LPjM) UNJ selalu melaksanakan kegiatanmonitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran. Kegiatan monitoring dan evaluasi iniadalah kegiatan rutin yang dilaksanakan LPjM dengan tujuan untuk memastikan kegiatanpembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen telah dilaksanakan sesuai dengan rencana,tujuan, dan standar atau target yang telah ditetapkan. Dengan adanya kegiatan monev inidapat diketahui berbagai kelemahan atau kekurangan dosen UNJ dalam melaksanakanpembelajaran dan selanjutnya dapat pula dicarikan alternatif pemecahan masalahnya.

Sampai semester 104 ini, pelaksanaan monev pembelajaran tetap dilaksanakan secaraonline, yaitu diintegrasikan ke dalam Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) UNJ. Dalamhal ini, instrumen monev diintegrasikan ke dalam SIAKAD mahasiswa pada akhirsemester 104 untuk diisi oleh setiap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan dosentertentu. Instrumen yang digunakan pada kegiatan monev untuk semester 104 ini samadengan instrumen yang diberikan pada semester 104. Jumlah pertanyaan yang diberikanadalah 20 butir. Setiap pertanyaan berhubungan dengan kinerja dosen dalam pelaksanaanpembelajaran, baik yang berkaitan dengan kegiatan persiapan kuliah maupun pelaksanaanujian tengah dan akhir semester.

Dengan adanya kegiatan monev perkuliahan secara online, LPjM bermaksud untukmeningkatkan validitas data hasil monev. Kegiatan monev secara manual telahdilaksanakan oleh LPjM dengan cara memberikan instrumen secara manual kepadamahasiswa secara langsung. Hasilnya menunjukkan tingkat validitas data yang rendah,karena masih terdapat kesalahan dan kekeliruan dalam proses pengisian instrumen. Selainitu, tingkat partisipasi mahasiswa dalam mengisi instrumen juga dirasakan relatif rendah.

Pelaksanaan monev online telah dimulai sejak tahun 2013 hingga saat ini. Dari kegiatanmonev online dapat diketahui terjadinya peningaktan partisipasi mahasiswa dalam mengisiinstrumen monev. Data yang diperolehpun lebih valid dibandingkan dengan monevmanual. Hasil pengamatan pada beberapa semester terakhir terlihat bahwa metode secaraonline ini dapat memperbaiki kualitas hasil monev perkuliahan UNJ, sehingga selanjutnyadi masa datang seluruh mata kuliah akan dimonev secara online, termasuk monevperkuliahan untuk semester 104 tahun ajaran 2016 ini.

Page 2: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 2

B. Tujuan

Pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan perkuliahan secara online padasemester 104 ini bertujuan untuk mengetahui nilai kinerja dosen dalam melaksanakanpembelajaran dalam rangka pemenuhan standar proses perkuliahan pada semester 104.

C. Sasaran

Sasaran monitoring dan evalusi (monev) perkuliahan ini adalah seluruh dosen yangmelaksanakan pembelajaran di semua program studi jenjang sarjana dan jenjang diplomayang ada di 7 fakultas di UNJ pada semester 104.

D. Pelaksanaan dan Mekanisme Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi perkuliahan secara online dilakukan dalam5 tahap, yaitu:

1) Penyediaan intsrumen monev perkuliahan online2) Penyediaan sistem monev melalui website SIAKAD UNJ3) Pengisian instrumen monev online oleh mahasiswa4) Penguduhan dan pengolahan data oleh LPjM5) Pembuatan laporan hasil monev perkuliahan online

E. Luaran (Output)

Luaran dari kegiatan ini adalah :1) Tersedianya data monev hasil perkuliahan secara online2) Tersedianya laporan hasil monev perkuliahan secara online

F. Dampak (Outcome)

Dampak yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan monev online ini adalah terjadinyapeningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan dosen di seluruh program studi,sehingga kualitas lulusan yang dihasilkan pun menjadi meningkat pula. Dengan demikian,tingkat kepercayaan stakeholders terhadap program studi terkait juga akan semakin tinggi.

G. Hasil Kegiatan

Kegiatan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran dosen UNJ untuk periode semester104 dilaksanakan selama 4 bulan, yaitu sejak Juli hingga Oktober 2016. Waktu selama 4

Page 3: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 3

bulan tersebut disediakan untuk pengisian instrumen oleh mahasiswa serta untuk unduhdan pengolahan data.

Pengisian instrumen monev oleh mahasiswa pada SIAKAD dilaksanakan pada akhirsemester 104. Setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengisi instrumen tersebut, agar dapatmelihat nilai akhir untuk seluruh mata kuliah yang diambil pada semester 104. Jikamahasiswa tidak mengisi instrumen, maka mahasiswa tidak dapat melihat dan mencetaknilai akhir pada SIAKAD UNJ.

Banyaknya mahasiswa yang mengisi instrumen monev online berbeda-beda untuk setiapfakultas. Demikian juga dengan jumlah seksi mata kuliah yang dimonev oleh mahasiswauntuk setiap fakultas yang berbeda pula banyaknya. Hasil monev online untuk semester104 menurut fakultas dijelaskan di bawah ini.

A. Tingkat Partisipasi Responden dan Jumlah Seksi Mata Kuliah

1) Total Seksi Mata Kuliah

Dibandingkan dengan semester 102 dan 103, jumlah seksi mata kuliah yang dimonev padasemester 104 ternyata lebih sedikit. Jika pada semester 102 jumlah seksi mata kuliah yangpaling banyak dimonev adalah 976 seksi, dan pada semester 103 berjumlah 1215 seksi,maka pada semester 104 ini jumlah seksi mata kuliah yang paling banyak dimonev adalah946 seksi. Fakultas dengan jumlah seksi paling banyak dimonev adalah Fakultas Teknik(FT), sedangkan jumlah seksi mata kuliah yang paling sedikit dimonev mahasiswa terdapatdi Fakultas MIPA, yaitu sebanyak 484 seksi. Rata-rata total seksi mata kuliah yangdimonev pada tingkat UNJ untuk semester 104 juga meningkat, yaitu 648 seksi.

Page 4: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 4

2) Total Mahasiswa yang Menjadi Responden

Yang menjadi responden pada monev pembelajaran online ini adalah adalah seluruhmahasiswa UNJ yang mengikuti perkuliahan pada semester 104 di seluruh program studisarjana dan diploma yang ada di UNJ. Mata kuliah yang dapat melaksanakan perkuliahanadalah mata kuliah yang diikuti oleh sejumlah minimal mahasiswa sebagaimana ditetapkanoleh setiap fakultas. Di FT, jumlah minimal mahasiswa untuk mata kuliah teori adalah 40orang per seksi, sedangkan untuk perkuliahan dengan praktikum adalah 20 orang.

Jumlah total mahasiswa yang menjadi responden untuk setiap seksi mata kuliah tidaksama. Jumlah mahasiswa ditentukan oleh banyaknya mahasiswa yang mendaftar/mengisiKartu Rencana Studi (KRS) untuk seksi mata kuliah tersebut.

Untuk semester 104 ini, total mahasiswa yang menjadi responden atau telah mengisiinstrumen monev secara online berkisar antara 12.287 hingga 28.519 orang. Jumlah inijauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa terbanyak yang menjadiresponden pada semester 103, yaitu 35.053 orang. Dalam hal ini, total mahasiswa yangmenjadi responden merupakan total dari jumlah mahasiswa yang mengisi instrumen monevdari setiap seksi mata kuliah yang dibuka pada semester 104. Jumlah responden palingsedikit dijumpai di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), yaitu 12.287 orang, sedangkanfakultas dengan jumlah responden paling banyak adalah Fakultas Teknik (FT), yaitu28.519 orang. Pada tingkat UNJ, rata-rata jumlah responden untuk seluruh fakultas adalah20.071 orang.

696

848

484543

946

499 520

648

0

100

200

300

400

500

600

700

800

900

1000

FIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE UNJ

FIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE UNJ

Page 5: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 5

3) Rata-Rata Jumlah Mahasiswa per Seksi Mata Kuliah

Rata-rata jumlah mahasiswa per seksi mata kuliah dihitung berdasarkan hasil bagi antarajumlah total mahasiswa yang menjadi responden dengan total seksi mata kuliah yangdimonev. Pada semester 104 ini, rata-rata jumlah mahasiswa per seksi mata kuliah untukseluruh fakultas bervariasi dari 21,2 orang di FBS hingga 40,6 orang di FE. Jikadikelompokkan berdasarkan kisaran jumlah mahasiswa, maka fakultas dengan jumlahmahasiswa per seksi mata kuliah dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

24930

18011

15042

20583

28519

12287

2112420071

0

5000

10000

15000

20000

25000

30000

FIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE UNJ

35.8

21.2

31.1

37.9

30.1

24.6

40.6

31.0

0.0

5.0

10.0

15.0

20.0

25.0

30.0

35.0

40.0

45.0

FIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE UNJ

Page 6: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 6

No. Jumlah Responden (Orang) Fakultas1 < 20 -2 20-25 - FBS

- FIK3 25-30 -4 > 30 - FIP

- FIS- FMIPA- FT- FE

4) Persentase Jumlah Seksi Mata Kuliah dengan Jumlah Responden ≥ 10 Orang

Jumlah mahasiswa yang mengisi instrumen untuk setiap mata kuliah bervariasi untuksetiap seksi mata kuliah. Hal ini tergantung pada jumlah mahasiswa yang terdaftar sebagaimahasiwa yang mengikuti perkuliahan untuk mata kuliah tersebut.

Sebagaimana pada semester 103, untuk semester 104 ini tetap diberlakukan peraturanbahwa setiap mahasiswa wajib mengisi instrumen monev online. Jika mahasiswa tidakmengisi instrumen monev, maka mahasiswa tersebut tidak akan dapat melihat danmencetak nilai pada SIAKAD. Peraturan tersebut telah dijalankan sejak perkuliahan untuksemester 104 akan berakhir, sehingga ketika mahasiswa akan melihat atau mencetak nilai,terlebih dahulu mereka harus mengisi instrumen monev perkuliahan.

Pada kegiatan monev online untuk semester 104 ini, data yang diolah adalah data seksimata kuliah dengan jumlah responden besar atau sama dengan 10 orang. Artinya, seksimata kuliah dengan instrumen monev diisi oleh kurang dari 10 orang mahasiswa tidakdimasukkan dalam pengolahan data.

Jumlah seksi mata kuliah yang memiliki responden ≥ 10 mahasiswa disajikan pada gambardi bawah ini. Dari gambar tersebut dilihat bahwa fakultas dengan jumlah mata kuliah yangmemiliki responden ≥ 10 mahasiswa paling sedikit adalah FIK (332 seksi), sedangkan yangpaling banyak adalah FT (799 seksi).

Page 7: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 7

Jika dibandingkan dengan total seksi mata kuliah yang dimonev oleh mahasiswa, makapersentase banyaknya seksi mata kuliah dengan jumlah responden ≥ 10 mahasiswaterhadap total seksi mata kuliah dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Dalam hal inidapat dinyatakan bahwa meskipun FT memiliki jumlah seksi mata kuliah yang memilikiresponden ≥ 10 mahasiswa paling banyak, jika dibandingkan dengan total seksi matakuliah yang dimonev, FT masih memiliki persentase seksi mata kuliah yang memilikiresponden ≥ 10 mahasiswa lebih rendah dibandingkan dengan FE. Fakultas yang memilikipersentase seksi mata kuliah yang memiliki responden ≥ 10 mahasiswa paling rendahadalah FBS, yaitu 63,8%. Ini berarti bahwa banyak mata kuliah di FBS dengan jumlahresponden atau mahasiswa yang mengisi instrumen kurang dari 10 orang.

606

541

430

504

799

332

494529

0

100

200

300

400

500

600

700

800

900

FIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE UNJ

87.1

63.8

88.892.8

84.5

66.5

95.0

82.6

0.0

10.0

20.0

30.0

40.0

50.0

60.0

70.0

80.0

90.0

100.0

FIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE UNJ

Page 8: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 8

5) Persentase Jumlah Mahasiswa untuk Mata Kuliah dengan Responden ≥ 10 Orang

Perbedaan persentase jumlah mahasiswa yang menjadi responden untuk setiap seksi matakuliah juga terlihat cukup besar di antara seluruh fakultas. Persentase jumlah mahasiswauntuk mata kuliah dengan responden ≥ 10 mahasiswa terhadap total mahasiswa yangmenjadi responden paling tinggi dijumpai pada FE (99,6%). Ini berarti bahwa jikadibandingkan dengan total mahasiswa yang menjadi responden di FE, jumlah mahasiswauntuk mata kuliah dengan responden ≥ 10 orang adalah yang paling banyak daripadafakultas lain, yaitu 99,6% dari total mahasiswa di FE.

6) Rata-Rata Jumlah Mahasiswa untuk Mata Kuliah dengan Responden ≥ 10 Orang

Rata-rata jumlah mahasiswa yang mengisi instrumen pada mata kuliah dengan jumlahresponden ≥ 10 orang dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Dari gambar tersebut dapatdiketahui bahwa fakultas dengan rata-rata jumlah mahasiswa paling banyak menjadiresponden adalah FE (42,6 orang), diikuti oleh FIS (40,6 orang), dan FIP (39,9 orang).Sementara itu, fakultas dengan jumlah mahasiswa yang menjadi responden paling sedikitadalah FT (32,5 orang) dan FBS (28,0 orang).

97.0

84.0

98.399.3

90.9

95.7

99.6

95.0

75.0

80.0

85.0

90.0

95.0

100.0

105.0

FIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE UNJ

Page 9: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 9

7) Perkembangan Jumlah Seksi Mata Kuliah yang Dimonev pada 5 SemesterTerakhir

Pada laporan ini juga dipelajari kecenderungan perkembangan jumlah seksi mata kuliahyang dimonev pada 5 semester terakhir, yaitu mulai dari semester 100 hingga 104. Darigambar di bawah ini dapat dilihat bahwa banyaknya seksi mata kuliah yang dimonev olehmahasiswa dalam 5 semester terakhir cenderung meningkat. Peningkatan signifikan terjadipada semester 103. Pada semester 104 terjadi penurunan jumlah seksi mata kuliah yangdimonev dibandingkan dengan semester 102 dan 103. Penurunan jumlah seksi mata kuliahterjadi pada semua fakultas.

39.9

28.0

34.4

40.6

32.535.4

42.6

36.2

0.0

5.0

10.0

15.0

20.0

25.0

30.0

35.0

40.0

45.0

FIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE UNJ

Page 10: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 10

8) Perkembangan Jumlah Mahasiswa pada 5 Semester Terakhir

Perkembangan jumlah mahasiswa yang mengisi instrumen monev pada 5 semester terakhirjuga terlihat cenderung meningkat, meskipun pada semester 104 terjadi sedikit penurunandibandingkan dengan semester 103. Pada gambar di bawah ini dapat dilihat bahwa jumlahresponden pada seluruh fakultas mengalami penurunan, kecuali di FIP dan FT.

FIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE

Semester 100 450 469 229 281 583 227 378

Semester 101 617 738 417 421 891 350 619

Semester 102 725 743 435 464 976 423 559

Semester 103 859 915 554 680 1215 502 635

Semester 104 696 848 484 543 946 499 520

0

100

200

300

400

500

600

700

800

900

1000

Jum

lah

Seks

i Mat

a K

ulia

h

Page 11: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 11

B. Hasil Penilaian Kinerja Dosen

Hasil penilaian mahasiswa terhadap kinerja dosen pada semester 104 dapat dilihat padagambar berikut, sedangkan nilai rata-rata kinerja dosen untuk setiap fakultas dapatdilihat pada Tabel 1.

FIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE

Semester 100 9225 9068 7033 5606 5144 2126 12443

Semester 101 12903 12908 10399 8676 9068 2925 19459

Semester 102 13080 14072 11557 9342 9491 5435 21621

Semester 103 26729 20967 16561 23978 35053 12500 22022

Semester 104 24930 18011 15042 20583 28519 12287 21124

0

5000

10000

15000

20000

tota

l Jum

lah

Res

pond

en (

Ora

ng)

2.602.652.702.752.802.852.902.953.00

FIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE UNJ

Page 12: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 12

Tabel 1. Nilai Rata-rata Kinerja Dosen berdasarkan Hasil Monev Online Semester 104

NO PERNYATAAN INSTRUMENRATA-RATA FAKULTAS RATA-

RATAUNJFIP FBS FMIPA FIS FT FIK FE

1 Menyampaikan silabus perkuliahan kepadamahasiswa pada pertemuan pertama.

2,97 2,95 2,97 2,92 2,91 2,99 3,03 2,96

2 Menyampaikan kompetensi dan tujuanpembelajaran di setiap pertemuanperkuliahan.

2,94 2,92 2,92 2,88 2,87 2,96 3,02 2,93

3 Melakukan perkuliahan sesuai prosedur(pendahuluan, inti, dan penutup) dan relevandengan tujuan pembelajaran.

2,93 2,93 2,93 2,90 2,86 2,99 3,02 2,94

4 Melibatkan mahasiswa secara aktif dalamperkuliahan.

2,97 2,96 2,97 2,92 2,88 2,98 3,00 2,95

5 Menggunakan metode pembelajaran yangtepat (diskusi, demonstrasi, simulasi, dll).

2,93 2,92 2,95 2,91 2,86 3,00 3,00 2,94

6 Menguasai materi perkuliahan dengan baik. 2,95 2,95 2,95 2,94 2,88 3,01 3,01 2,95

7 Memperkaya materi perkuliahan denganhasil penelitian mutakhir.

2,88 2,89 2,89 2,87 2,83 3,00 2,97 2,90

8 Menjadi dosen yang dapat dicontoh/ditirudalam proses pembelajaran.

2,90 2,91 2,92 2,85 2,85 2,98 2,98 2,91

9 Merespon dengan benarpertanyaan/pernyataan mahasiswa.

2,95 2,94 2,94 2,91 2,87 3,01 3,01 2,95

10 Menggunakan media pembelajaran yangtepat.

2,91 2,91 2,94 2,89 2,87 3,00 3,02 2,93

11 Memanfaatkan sumber belajar secaramaksimal (buku, modul, jurnal, lingkungansekitar, dll).

2,93 2,94 2,95 2,87 2,86 3,00 3,00 2,94

12 Memanfaatkan teknologi informasi dankomunikasi (TIK) secara tepat dalamperkuliahan.

2,92 2,92 2,95 2,89 2,86 2,97 3,01 2,93

13 Melaksanakan perkuliahan sesuai denganjadwal dan materi yang ditetapkan dalamsilabus (RPKPS).

2,91 2,90 2,94 2,86 2,85 2,99 2,99 2,92

14 Menginformasikan kepada mahasiswaapabila perkuliahan ditunda / tidak berjalansesuai jadwal.

2,89 2,91 2,93 2,87 2,85 2,98 2,99 2,92

15 Memenuhi jam tatap muka perkuliahansesuai dengan bobot SKS setiap minggunya.

2,90 2,91 2,92 2,86 2,85 2,99 2,99 2,92

16 Memenuhi jumlah tatap muka minimal 14minggu dalam satu semester.

2,92 2,91 2,94 2,87 2,86 2,98 2,99 2,92

17 Membangun disiplin, kejujuran, tanggungjawab ilmiah, dan menghargai pendapatorang lain.

2,96 2,94 2,96 2,92 2,88 3,00 3,01 2,95

18 Memberikan koreksi, umpan balik dan nilaipada latihan/tugas yang dikerjakan olehmahasiswa.

2,93 2,92 2,92 2,91 2,87 3,00 3,00 2,93

19 Melakukan penilaian dengan menggunakanperangkat tes (tulis, lisan, praktek, dll) yangdiujikan sesuai dengan kompetensi.

2,94 2,95 2,95 2,91 2,88 3,00 3,01 2,95

20 Menginformasikan hasil ujian (UTS ataukuis) dan tugas secara transparan dan tepatwaktu.

2,79 2,88 2,69 2,81 2,81 3,00 2,90 2,84

RATA-RATA FAKULTAS 2,92 2,92 2,93 2,89 2,86 2,99 3,00 2,93

Page 13: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 13

Pembandingan rata-rata nilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran untuk setiapfakultas dengan rata-rata UNJ dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

1) Fakultas Ilmu Pendidikan

Hasil analisis:

No Uraian NilaiFakultas

NilaiUNJ

Hasil Fakultas

1 Nilai rata-ratapaling rendah

2.79 2.84 Pertanyaan no. 20, yaitu:Menginformasikan hasil ujian(UTS atau kuis) dan tugas secaratransparan dan tepat waktu

2 Nilai rata-ratapaling tinggi

2.97 2.96 Pertanyaan no. 1, yaitu:Menyampaikan silabusperkuliahan kepada mahasiswapada pertemuan pertama

3 Pembandingan umum nilai rata-rata FIPdengan nilai rata-rata UNJ (2.93)

Lebih rendah (2.92)

2.65

2.70

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

3.00

FIP UNJ

Page 14: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 14

2) Fakultas Bahasa dan Seni

Hasil analisis:

No Uraian NilaiFakultas

NilaiUNJ

Hasil Fakultas

1 Nilai rata-ratapaling rendah

2.82 2.84 Pertanyaan no. 20, yaitu:Menginformasikan hasil ujian(UTS atau kuis) dan tugas secaratransparan dan tepat waktu

2 Nilai rata-ratapaling tinggi

2.96 2.95 Pertanyaan no. 4, yaitu:Melibatkan mahasiswa secaraaktif dalam perkuliahan

3 Pembandingan umum nilai rata-rata FBSdengan nilai rata-rata UNJ (2.93)

Lebih rendah (2.92)

2.70

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

3.00

FBS UNJ

Page 15: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 15

3) Fakultas MIPA

Hasil analisis:

No UraianNilai

FakultasNilaiUNJ

Hasil Fakultas

1 Nilai rata-ratapaling rendah

2.69 2.84 Pertanyaan no. 20, yaitu:Menginformasikan hasil ujian(UTS atau kuis) dan tugas secaratransparan dan tepat waktu

2 Nilai rata-ratapaling tinggi

2.97

2.97

2.95

2.95

Pertanyaan no. 1, yaitu:Menyampaikan silabusperkuliahan kepada mahasiswapada pertemuan pertama

Pertanyaan no. 4, yaitu:Melibatkan mahasiswa secaraaktif dalam perkuliahan

3 Pembandingan umum nilai rata-rataFMIPA dengan nilai rata-rata UNJ(2.93)

Sama (2.93)

2.552.602.652.702.752.802.852.902.953.00

FMIPA UNJ

Page 16: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 16

4) Fakultas Ilmu Sosial

Hasil analisis:

No Uraian NilaiFakultas

NilaiUNJ

Hasil Fakultas

1 Nilai rata-ratapaling rendah

2.81 2.84 Pertanyaan no. 20, yaitu:Menginformasikan hasil ujian(UTS atau kuis) dan tugas secaratransparan dan tepat waktu

2 Nilai rata-ratapaling tinggi

2.94 2.95 Pertanyaan no. 6, yaitu:Menguasai materi perkuliahandengan baik

3 Pembandingan umum nilai rata-rata FISdengan nilai rata-rata UNJ (2.93)

Lebih tinggi (2.89)

2.70

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

3.00

FIS UNJ

Page 17: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 17

5) Fakultas Teknik

Hasil analisis:

No UraianNilai

FakultasNilaiUNJ

Hasil Fakultas

1 Nilai rata-ratapaling rendah

2.81 2.84 Pertanyaan no. 20, yaitu:Menginformasikan hasil ujian(UTS atau kuis) dan tugas secaratransparan dan tepat waktu

2 Nilai rata-ratapaling tinggi

2.91 2.96 Pertanyaan no. 1, yaitu:Menyampaikan silabusperkuliahan kepada mahasiswapada pertemuan pertama

3 Pembandingan umum nilai rata-rata FTdengan nilai rata-rata UNJ (2.93)

Lebih rendah (2.86)

2.70

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

3.00

FT UNJ

Page 18: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 18

6) Fakultas Ilmu Keolahragaan

Hasil analisis:

No UraianNilai

FakultasNilaiUNJ

Hasil Fakultas

1 Nilai rata-ratapaling rendah

2.96 2.93 Pertanyaan no. 2, yaitu:Menyampaikan kompetensi dantujuan pembelajaran di setiappertemuan perkuliahan

2 Nilai rata-ratapaling tinggi

3.01

3.01

2.95

2.95

Pertanyaan no. 6, yaitu:Menguasai materi perkuliahandengan baik

Pertanyaan no. 9, yaitu:Merespon dengan benarpertanyaan/pernyataanmahasiswa

3 Pembandingan umum nilai rata-rata FIKdengan nilai rata-rata UNJ (2.93)

Lebih tinggi (2.99)

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

3.00

3.05

FIK UNJ

Page 19: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 19

7) Fakultas Ekonomi

Hasil analisis:

No Uraian NilaiFakultas

NilaiUNJ

Hasil Fakultas

1 Nilai rata-ratapaling rendah

2.90 2.84 Pertanyaan no. 20, yaitu:Menginformasikan hasil ujian(UTS atau kuis) dan tugas secaratransparan dan tepat waktu

2 Nilai rata-ratapaling tinggi

3.03 2.96 Pertanyaan no. 1, yaitu:Menyampaikan silabusperkuliahan kepada mahasiswapada pertemuan pertama

3 Pembandingan umum nilai rata-rata FEdengan nilai rata-rata UNJ (2.93)

Lebih tinggi (3.00)

2.70

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

3.00

3.05

FE UNJ

Page 20: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 20

C. Perkembangan Hasil Monev Selama 5 Semester Terakhir (099-103)

Pelaksanaan monev online terhadap proses pembelajaran selama 5 semester terakhir dapatdilihat pada gambar di bawah ini.

1) Fakultas Ilmu Pendidikan

2) Fakultas Bahasa dan Seni

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Semester 100 2.90 2.86 2.88 2.90 2.86 2.90 2.82 2.83 2.89 2.88 2.88 2.85 2.86 2.84 2.84 2.82 2.90 2.87 2.91 2.77

Semester 101 2.99 2.97 2.96 3.01 2.96 3.02 2.91 2.91 2.98 2.95 2.95 2.94 2.93 2.94 2.92 2.94 3.00 2.96 3.00 2.79

Semester 102 2.95 2.92 2.93 2.94 2.91 2.94 2.88 2.90 2.92 2.90 2.92 2.89 2.88 2.87 2.91 2.89 2.94 2.94 2.95 2.83

Semester 103 2.94 2.92 2.94 2.97 2.94 2.96 2.89 2.91 2.94 2.92 2.93 2.93 2.91 2.90 2.89 2.89 2.97 2.93 2.96 2.81

Semester 104 2.97 2.94 2.93 2.97 2.93 2.95 2.88 2.90 2.95 2.91 2.93 2.92 2.91 2.89 2.90 2.92 2.96 2.93 2.94 2.79

2.60

2.65

2.70

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

3.00

3.05

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Semester 100 2.83 2.79 2.81 2.86 2.82 2.84 2.73 2.80 2.81 2.79 2.79 2.74 2.80 2.80 2.77 2.79 2.82 2.81 2.83 2.69

Semester 101 2.93 2.89 2.90 2.93 2.92 2.95 2.84 2.88 2.93 2.89 2.88 2.80 2.88 2.87 2.87 2.87 2.94 2.91 2.91 2.75

Semester 102 2.94 2.89 2.91 2.96 2.91 2.96 2.84 2.88 2.95 2.87 2.90 2.85 2.88 2.83 2.86 2.87 2.92 2.91 2.89 2.80

Semester 103 2.95 2.91 2.91 2.93 2.91 2.94 2.86 2.88 2.93 2.91 2.90 2.87 2.90 2.90 2.88 2.90 2.93 2.92 2.93 2.82

Semester 104 2.95 2.91 2.91 2.93 2.91 2.94 2.86 2.88 2.93 2.91 2.90 2.87 2.90 2.90 2.88 2.90 2.93 2.92 2.93 2.82

2.50

2.55

2.60

2.65

2.70

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

3.00

Page 21: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 21

3) Fakultas MIPA

4) Fakultas Ilmu Sosial

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Semester 100 2.91 2.81 2.84 2.85 2.82 2.85 2.71 2.75 2.82 2.81 2.83 2.78 2.80 2.83 2.84 2.83 2.86 2.79 2.83 2.48

Semester 101 3.00 2.94 2.91 2.93 2.87 2.95 2.81 2.86 2.92 2.87 2.90 2.86 2.88 2.87 2.90 2.93 2.94 2.90 2.95 2.60

Semester 102 3.00 2.92 2.95 2.97 2.94 2.96 2.85 2.88 2.93 2.90 2.93 2.92 2.91 2.92 2.92 2.93 2.98 2.89 2.94 2.62

Semester 103 2.95 2.89 2.92 2.94 2.89 2.94 2.84 2.89 2.93 2.92 2.91 2.91 2.92 2.93 2.90 2.92 2.97 2.91 2.94 2.62

Semester 104 2.97 2.92 2.93 2.97 2.95 2.95 2.89 2.92 2.94 2.94 2.95 2.95 2.94 2.93 2.92 2.94 2.96 2.92 2.95 2.69

0.00

0.50

1.00

1.50

2.00

2.50

3.00

3.50

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Semester 100 2.93 2.86 2.90 2.92 2.88 2.90 2.83 2.85 2.93 2.90 2.91 2.88 2.87 2.86 2.86 2.84 2.93 2.89 2.92 2.78

Semester 101 2.93 2.90 2.93 2.97 2.92 2.98 2.83 2.87 2.95 2.90 2.91 2.88 2.89 2.91 2.88 2.87 2.97 2.93 2.93 2.73

Semester 102 2.94 2.91 2.88 2.94 2.91 2.95 2.86 2.90 2.93 2.89 2.89 2.90 2.87 2.91 2.86 2.88 2.94 2.91 2.91 2.78

Semester 103 2.94 2.90 2.91 2.95 2.91 2.94 2.88 2.89 2.95 2.94 2.92 2.92 2.90 2.91 2.90 2.90 2.96 2.94 2.96 2.83

Semester 104 2.92 2.88 2.90 2.92 2.91 2.94 2.87 2.85 2.91 2.89 2.87 2.89 2.86 2.87 2.86 2.87 2.92 2.91 2.91 2.81

2.60

2.65

2.70

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

3.00

3.05

Page 22: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 22

5) Fakultas Teknik

6) Fakultas Ilmu Keolahragaan

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Semester 100 2.81 2.75 2.79 2.81 2.78 2.80 2.74 2.73 2.81 2.77 2.76 2.74 2.78 2.76 2.77 2.77 2.80 2.77 2.80 2.71

Semester 101 2.92 2.87 2.88 2.89 2.87 2.91 2.80 2.86 2.89 2.86 2.85 2.84 2.86 2.86 2.88 2.86 2.91 2.86 2.88 2.78

Semester 102 2.89 2.84 2.84 2.85 2.83 2.87 2.81 2.83 2.85 2.85 2.84 2.84 2.84 2.84 2.85 2.83 2.85 2.85 2.88 2.80

Semester 103 2.87 2.83 2.84 2.84 2.81 2.86 2.80 2.82 2.86 2.83 2.82 2.82 2.81 2.82 2.80 2.81 2.86 2.84 2.85 2.75

Semester 104 2.91 2.87 2.86 2.88 2.86 2.88 2.83 2.85 2.87 2.87 2.86 2.86 2.85 2.85 2.85 2.86 2.88 2.87 2.88 2.81

2.60

2.65

2.70

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Semester 100 2.90 2.89 2.89 2.88 2.87 2.83 2.85 2.86 2.86 2.88 2.84 2.87 2.81 2.85 2.86 2.86 2.87 2.89 2.86 2.85

Semester 101 2.84 2.83 2.82 2.85 2.85 2.86 2.81 2.82 2.82 2.82 2.82 2.78 2.83 2.84 2.82 2.81 2.84 2.84 2.83 2.78

Semester 102 2.99 2.95 2.95 2.96 2.94 2.94 2.93 2.97 2.99 2.96 2.97 2.95 2.96 2.94 2.95 2.96 2.97 2.97 2.97 2.96

Semester 103 2.96 2.94 2.95 2.97 2.95 2.96 2.95 2.96 2.95 2.96 2.95 2.94 2.96 2.94 2.93 2.94 2.96 2.97 2.96 2.96

Semester 104 2.99 2.96 2.99 2.98 3.00 3.01 3.00 2.98 3.01 3.00 3.00 2.97 2.99 2.98 2.99 2.98 3.00 3.00 3.00 3.00

2.65

2.70

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

3.00

3.05

Page 23: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 23

7) Fakultas Ekonomi

8) Universitas Negeri Jakarta

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa pola hasil monev perkuliahan online selama 5semester terakhir terlihat relatif sama, baik untuk setiap fakultas maupun pada tingkat UNJ.Rata-rata skor penilaian mahasiswa terhadap kinerja dosen pada beberapa fakultas untuk

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Semester 100 2.96 2.92 2.94 2.93 2.92 2.96 2.88 2.90 2.95 2.94 2.94 2.93 2.90 2.89 2.89 2.88 2.95 2.94 2.93 2.84

Semester 101 3.01 3.00 3.00 3.00 3.00 3.02 2.95 2.99 3.02 3.00 2.99 2.99 2.97 2.97 2.93 2.94 3.02 3.00 3.01 2.87

Semester 102 2.97 2.94 2.96 2.95 2.94 2.96 2.93 2.93 2.96 2.95 2.96 2.94 2.94 2.92 2.92 2.93 2.96 2.95 2.95 2.85

Semester 103 3.01 2.98 2.99 2.99 2.99 3.00 2.95 2.96 2.99 2.99 2.99 2.98 2.97 2.95 2.96 2.95 3.00 2.98 3.00 2.87

Semester 104 3.03 3.02 3.02 3.00 3.00 3.01 2.97 2.98 3.01 3.02 3.00 3.01 2.99 2.99 2.99 2.99 3.01 3.00 3.01 2.90

2.70

2.75

2.80

2.85

2.90

2.95

3.00

3.05

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Semester 100 2.89 2.84 2.86 2.88 2.85 2.87 2.79 2.82 2.87 2.85 2.85 2.83 2.83 2.83 2.84 2.83 2.88 2.85 2.87 2.73

Semester 101 2.94 2.91 2.91 2.94 2.91 2.96 2.85 2.88 2.93 2.90 2.90 2.87 2.89 2.89 2.89 2.89 2.94 2.91 2.93 2.64

Semester 102 2.95 2.91 2.92 2.94 2.91 2.94 2.87 2.90 2.93 2.90 2.91 2.90 2.90 2.89 2.90 2.90 2.94 2.92 2.93 2.81

Semester 103 2.95 2.91 2.92 2.94 2.92 2.95 2.88 2.90 2.94 2.92 2.92 2.91 2.91 2.91 2.89 2.90 2.95 2.93 2.94 2.81

Semester 104 2.96 2.93 2.94 2.95 2.94 2.95 2.90 2.91 2.95 2.93 2.94 2.93 2.92 2.92 2.92 2.92 2.95 2.93 2.95 2.84

2.40

2.50

2.60

2.70

2.80

2.90

3.00

Page 24: LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

LAPORAN KEGIATAN LPJM TAHUN 2016

Lembaga Penjaminan Mutu 24

semester 103 dan 104 lebih tinggi dibandingkan dengan semester sebelumnya. Fakultasyang memiliki nilai rata-rata lebih rendah dan lebih tinggi pada semester 104 dapat dilihatpada tabel di bawah ini.

No. FakultasNilai Rata-Rata Semester

Keterangan100 101 102 103 104

1 FIP 2.86 2.95 2.91 2.92 2.92 Terdapat kecenderungan peningkatan nilai rata-ratadari semester 100 hingga 101, tetapi terjadi penurunankembali pada semester 102 hingga 104.

2 FBS 2.79 2.89 2.89 2.90 2.92 Terdapat kecenderungan peningkatan nilai rata-ratadari semester 100 hingga 104. Nilai tertinggi diperolehpada semester 104.

3 FMIPA 2.80 2.89 2.91 2.90 2.93 Terdapat kecenderungan peningkatan nilai rata-ratadari semester 100 hingga 104, tetapi terjadi penurunansedikit pada semester 103.

4 FIS 2.88 2.91 2.90 2.92 2.89 Terdapat kecenderungan peningkatan nilai rata-ratadari semester 100 hingga 103, tetapi terjadi penurunapada semester 103.

5 FT 2.82 2.86 2.84 2.83 2.86 Terdapat kecenderungan peningkatan nilai rata-ratadari semester 100 hingga 101, tetapi terjadi penurunankembali pada semester 102 dan 103, dan naik kembalipada semester 104.

6 FIK 2.86 2.83 2.96 2.95 2.99 Terdapat kecenderungan peningkatan nilai rata-ratadari semester 100 hingga 102, terjadi penurunankembali pada semester 103, tetapi meningkat kembalipada semester 104.

7 FE 2.92 2.98 2.94 2.98 3.00 Terdapat kecenderungan peningkatan nilai rata-ratadari semester 100 hingga 101, menurun pada semester102, tetapi naik lagi pada semester 103 dan 104.

D. Penutup

Pelaksanan kegiatan monev online oleh oleh LPjM penting untuk dilaksanakan gunamenilai kinerja dosen UNJ dalam melaksanakan proses pembelajaran dapat diketahui.Oleh karena itu, kegiatan ini harus dilaksanakan setiap semester. Dengan adanya monevonline ini diharapkan kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen UNJmenjadi semakin baik.