kuesioner tentang implementasi sistem penilaian kinerja bumn (s-123/s.mbu/2012 15 jun 2012)

23
KUESIONER TENTANG IMPLEMENTASI SISTEM PENILAIAN KINERJA BUMN Nama Perusahaan Alamat Bidang Usaha Website Kontak person Nama No Tip Kantor No HP Emael Address Kantor Direksi PT/PERUM

Upload: ivan-lanin

Post on 02-Aug-2015

7.852 views

Category:

Documents


5 download

DESCRIPTION

Sumber: http://feb.or.id/wp-content/uploads/2012/02/Surat-Edaran-Kementrian-BUMN.pdf

TRANSCRIPT

Page 1: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

KUESIONER TENTANG IMPLEMENTASI SISTEM PENILAIAN KINERJA BUMN

Nama Perusahaan

Alamat

Bidang Usaha

Website

Kontak person

Nama

No Tip Kantor

No HP

Emael Address Kantor

Direksi PT/PERUM

Page 2: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

PETUNJUK MENJAWAB KUESIONER TENTANG IMPLEMENTASI SISTEM PENILAIAN KINERJA BUMN

KUESIONER TERDIRI DARI 3 BAGIAN: BAGIAN I: TENTANG PROFIL PERUSAHAAN BAGIAN II: TENTANG KESISTEMAN PERUSAHAAN (Kepemimpinan, Perencanaan Strategis, Fokus Pelanggan, Analisis, Fokus Tenaga Kerja, Fokus Operasi)

BAGIAN III: TENTANG HASIL-HASIL USAHA (Kinerja Produk & Proses, Kinerja Fokus Pelanggan, Kinerja Tenaga Kerja, Kinerja Kepemimpinan dan tatakelola, Kinerja Keuangan dan Pasar)

Untuk menjawab Kuesioner Bagian I, berikanlah Jawaban secara singkat terhadap masing-masing pertanyaan. Maksimum Jawaban 6 halaman untuk seluruh pertanyaan pada Bagian I kesioner tersbeut, dengan menggunakan ukuran kertas A-4, Jenis hurup Arial, ukuran hurup 10.

Untuk menjawab Kuesioner Bagian II, bubuhkanlah 1 kode Klasifikasi pada setiap kolom jawaban A, D, L, I, sesuai dengan deskripsi pada label Klasifikasi di bawah ini, yang dianggap paling mencerminkan fakta kesisteman di BUMN anda. Untuk menjawab pertanyaan yang dimulai dengan kata tanya "APA" atau "SIAPA", mohon disertakan jawaban untuk permasing-masing pertanyaan dalam lembar dokumen laporan terpisah makasimum setengah halaman ukuran A4, Jenis Hurup: Arial, Ukuran huruf: 10. Kemudian dilampirkan pada dokumen jawaban Kuesioner Bagian II ini.

Untuk menjawab Kuesioner Bagian III, sajikanlah laporan kinerja BUMN anda untuk setiap Ukuran Kinerja Utama (Key Measure) dalam bentuk Gambar (label atau Grafik). Untuk setiap Berikan penjelasa secara singkat tentang apa saja penyebab (alasan) utama capaian kinerja tersebut. Maksimum Jawaban untuk Bagian III adalah 15 Halaman Ukuran A-4, Jenis hurup Arial, Ukuran hurup: 10.

TABEL KLASIFIKASI UNTUK PILIHAN JAWABAN KUESIONER BAGIAN II

KLA

SIF

IKA

SI I

A APPROACH

(SISTEM/METODE)

KLA

SIF

IKA

SI I

D DEPLOVEMENT (PENERAPAN)

KLA

SIF

IKA

SI I

L LEARNING

(PEMBELAJARAN) K

LAS

IFIK

AS

I I

INTEGRATION (INTEGRASI)

Al Belum punya approach D1 Sistem/metode belum diterapkan atau pnerapannya baru dilakukan oleh sebagian kecil unit kerja terkait (sesuai desain sistemnya) dan pelaksanaanya masih kurang dari 1 tahun.

Ll Sistem/metode yang digunakan belum pernah direview ektifitasnya untuk ditingkatkan.

11 Sistem/metode telah diterapkan namun belum pernah dievaluasi keterkaitan satu proses dengan proses lainnya, keterkaitan dengan rencana perusahaan dan keterkaitan dengan hasil yang telah dicapai

(sistem/metode)

A2 Punya sistem/metode yang sudah terdefinisi tahapan prosesnya namun belum secara jelas menunjukkan input dan outputnya, serta belum dilengkapi ukuran input, proses, output untuk mengetahui efektifitasnya

D2 Sistem/metode baru diterapkan kurang dari 1 tahun terakhir dan sebagaian besar belum konsisten diterapkan sesuai persyaratan dan ketentuan proses dan belum sepenuhnya diterapkan oleh unit-unit yang terkait.

L2 Sistem/metode sudah pernah direview namun belum pernah ditindaklanjuti untuk dilakukan perbaikan proses.

12 Sistem/metode mulai selaras dengan sebagian sistem/metode lain yang ada diperusahaan, dan umumnya dicapai melalui proses pemecahan masalah bersama.

Page 3: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

PETUNJUK MENJAWAB KUESIONER TENTANG IMPLEMENTASI SISTEM PENILAIAN KINERJA BUMN

A3 Metode/sistem yang dimiliki telah terdefinisi secara jelas : tahapan proses, input dan output proses, ukuran waktu, indikator keberhasilan proses, persyaratan proses.

D3 Sistem/metode sudah diterapkan lebih dari 1 tahun dan sebagain besar unit kerja (sesuai desain sistemnya) telah konsisten diterapkan sesuai persyaratan dan ketentuan proses.

L3 Sistem/metode dan penerapannya sudah dievaluasi dan ditindaklanjuti dengan proses perbaikan yang sistematis dengan menggunakan data dan analisa sesuai fakta meskipun sangat terbatas

13 Sistem/metode secara umum sudah selaras dengan sistem/metode lain yang ada diperusahaan, serta relevan dengan kebutuhan perusahaan sebagaimana diidentifikasi pada profil organisasi

A4 Punya metode/sistem prosedur yang sudah terdefinisi tahapan prosesnya, serta jelas input dan outputnya, dan telah dilengkapi 1 dari 3 jenis ukuran (input, proses, output) untuk mengetahui efektifitasnya, dan terbukti efektif

D4 Sistem/metode telah diterapkan 1 tahun atau lebih oleh seluruh unit kerja (sesuai desain sistemnya), namun penerapannya masih ada yang belum konsisten atau masih bervariasi.

L4 Sistem/metode secara berkala direview dan ditingkatkan kualitasnya dengan didukung analisis berbasis fakta dan data. Ada bukti pembelajaran organisasi dan inovasi.

14 Sistem/metode telah diselaraskan dengan proses-proses terkait yang ada diperusahaan, serta relevan dengan kebutuhan perusahaan yang diidentifikasi pada profil organisasi dan telah mengarah untuk fokus dicapainya kinerja yang ekselen

A5 Punya metode/sistem yang telah terdefinisi tahapan prosesnya, serta telah dilengkapi dengan 2 dari 3 jenis ukuran (input, proses, output) untuk mengetahui efektifitasnya, dan telah terbukti efektif

D5 Sistem/metode sudah diberlakukan dan dilaksanakan secara konsisten walapun penerapannya kurang dari 1 tahun.

L5 Sistem/metode secara berkala direview dan ditingkatkan kualitasnya dengan menggunakan data dan analisa sesuai fakta. Ada bukti bahwa sistem pembelajaran organisasi dan inovasi sudah menjadi alat utama manajemen dalan kegiatan peningkatan. Peningkatan yang dilakukan didasarkan pada analisis yang komperehensif hingga di level company-wide.

15 sistem/metode yang diterapkan telah mampu menjawab tantangan organisasi, meningkatkan kekuatan daya saing, meningkatkan core competensi yang dimiliki, saling terintegrasi dan mendukung proses-proses lainnya diperusahaan dan menunjukan peningkatan kualitas proses dan kinerja,serta relevan dengan kebutuhan perusahaan sebagaimana diidentifikasi pada profil organisasi meskipun belum dicapai kinerja yang ekselan

A6 Punya metode/sistem prosedur yang telah terdefinisi tahapan prosesnya, serta input dan outputnya, dan telah dilengkapi dengan 3 jenis ukuran (input, proses, output) untuk mengetahui efektifitasnya, dan telah terbukti efektif.

D6 Sistem/metode sudah diberlakukan dan diterapkan secara konsisten oleh seluruh unit kerja terkait (sesuai desain sistemnya), 1 tahun atau lebih.

L6 Sistem/metode termasuk implementasinya direview secara berkala dan ditingkatkan berdasarkan analisis fakta dan data. Ada bukti bahwa hasil review menjadi masukan bagi perencanaan, inovasi dan pembelajaran/ pengetahuan organisasi serta menjadi alat utama manajemen untuk perbaikan kinerja pada seluruh lapisan organisasi.

16 Sistem/metode yang diterapkan telah mampu menjawab tantangan organisasi, meningkatkan kekuatan daya saing, meningkatkan core competensi yang dimiliki, saling terintegrasi dan mendukungproses-proses lainnya, serta relevan dengan kebutuhan perusahaan sebagaimana diidentifikasi pada profil organisasi perusahaan dan terbukti menghasilkan kinerja yang ekselan

Page 4: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian I

Profil Organisasi

Sub Kategori P.1 Gambaran Umum Perusahaan Persyaratan Bidang/Sub Bidang

a. Lingkungan Perusahaan

(1) Apa produk utama yang ditawarkan perusahaan? Jelaskan tingkat kepentingan masing-masing produk tersebut terhadap keberhasilan perusahaan? Mekanisme apa yang digunakan untuk menyampaikan (deliver produk) perusahaan?

(2) Apa ciri budaya perusahaan yang paling menonjol? Apa TUJUAN, visi, tata nilai, dan misi perusahaan? Apa kompetensi inti perusahaan serta hubungannya dengan misi tersebut?

(3) Jelaskan profil tenaga kerja perusahaan? Apa saja kelompok dan segmen tenaga kerja perusahaan? Apa tingkat pendidikan mereka? Apa elemen-elemen utama yang membuat tenaga kerja tersebut engaged (mencurahkan seluruh kemampuannya dan dengan rasa senang hati) untuk menyelesaikan misi dan mencapai visi perusahaan? Jelaskan keragaman tenaga kerja dan pekerjaan perusahaan, organisasi serikat pekerja, manfaat serta persyaratan khusus mengenai kesehatan dan keselamatan tenaga kerja utama?

(4) Apa saja fasilitas, teknologi, dan peralatan utama perusahaan?

(5) Peraturan perundang-undangan apa saja yang berlaku dan berdampak pada operasi perusahaan? Apa saja peraturan ketentuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang berlaku; persyaratan akreditasi, sertifikasi, atau registrasi; standard industri; dan peraturan mengenai lingkungan hidup, finansial, dan produk?

b. Hubungan Perusahaan

(1) Jelaskan struktur organisasi perusahaan dan sistem tata kelola yang diterapkan di perusahaan? Jelaskan hubungan pelaporan antara organ tata kelola perseroan, pimpinan senior, dan perusahaan induk, jika ada?

(2) Apa segmen pasar utama, kelompok pelanggan utama, dan kelompok pemangku kepentingan utama perusahaan, jika ada? Apa persyaratan dan harapan utama mereka atas produk, jasa dukungan pelanggan, dan operasi perusahaan? Apa saja perbedaan yang ada dalam persyaratan dan harapan di antara segmen pasar, kelompok pelanggan, dan kelompok pemangku kepentingan?

(3) Apa jenis-jenis pemasok, mitra, dan kolaborator utama? Apa peran pemasok, mitra, dan kolaborator ini dalam menghasilkan dan menyampaikan produk utama dan dukungan pelanggan? Mekanisme apa saja yang digunakan dalam berkomunikasi dengan pemasok, mitra, dan kolaborator utama? Bila ada, peran apa saja yang dilakukan pemasok, mitra, dan kolaborator utama dalam implementasi inovasi di perusahaan ? Apa persyaratan utama rantai pasokan perusahaan?

Sub Kategori P.2 Situasi Perusahaan

Persyaratan Bidang/Sub Bidang

a. Lingkungan Kompetitif

(1) Jelaskan posisi daya saing perusahaan! Jelaskan posisi pangsa pasar dan pertumbuhan perusahaan relatif terhadap industri dan pasar yang dilayani! Berapa jumlah dan jenis pesaing?

(2) Perubahan-perubahan penting apa saja yang sedang terjadi dan dapat memengaruhi posisi persaingan, termasuk peluang inovasi dan kolaborasi, jika ada?

(3) Apa saja sumber data pembanding dan persaingan yang tersedia dari dalam dan dari luar industri? Jika ada, apa saja keterbatasan yang memengaruhi kemampuan perusahaan dalam memperoleh data-data tersebut?

Page 5: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian I

Profil Organisasi b. Konteks Strategis

Apa saja tantangan dan keunggulan strategis utama dalam aspek bisnis, operasional, tanggung jawab sosial, dan sumber daya manusia?

c. Sistem Peningkatan Kinerja

Apa elemen-elemen utama sistem peningkatan kinerja, termasuk evaluasi, pembelajaran organisasi, dan proses-proses inovasi?

Page 6: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II Kategori 1. Kepemimpinan

Sub Kategori 1.1. Kepemimpinan Senior

Persyaratan Bidang/Sub Bidang

L

a. Visi, Tata nilai dan Misi

(1) Visi dan Tata Nilai.

a.1.1 Bagaimana pimpinan senior bersama-sama menetapkan visi dan tata nilai perusahaan?

a.1.2 Bagaimana pimpinan senior menyebarluaskan visi dan tata nilai perusahaan dalam sistem kepemimpinannya, kepada semua pekerja, pemasok utama dan mitra kerja, juga kepada pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya yang sesuai?

a.1.3 Bagaimana tindakan pimpinan senior dalam mencerminkan komitmennya terhadap tata nilai perusahaan?

(2) Mendorong Perilaku Taat Hukum dan Beretika. a.2.1 Bagaimana tindakan pimpinan senior menunjukkan komitmennya terhadap perilaku taat hukum dan

beretika?

a.2.2 Bagaimana mereka mendorong agar lingkungan perusahaan menjadikan perilaku ini menjadi kebutuhan?

(3) Membangun Perusahaan yang Keberlanjutan,

a.3.1. Bagaimana pimpinan senior membangun perusahaan yang berkelanjutan?

a.3.2 Bagaimana pimpinan senior mencapai hal-hal berikut:?

a.3.2.1 membangun lingkungan perusahaan untuk peningkatan kinerja perusahaan, pencapaian misi dan tujuan strategis, inovasi, keunggulan kinerja, serta mewujudkan kelincahan perusahaan,

a.3.2.2 membangun budaya tenaga kerja yang konsisten menghasilkan pengalaman positif pelanggan dan meningkatkan keterikatan pelanggan,

a,3.2.3 membangun lingkungan perusahaan untuk terwujudnya pembelajaran bagi setiap tenaga kerja dan perusahaan,

a.3.2.4 mengembangkan dan meningkatkan keterampilan kepimpinan,

a.3.2.5 berperan aktif dalam pembelajaran perusahaan, kaderisasi, dan menyiapkan pemimpin masa depan.

b.Kinerja Komunikasi dan Perusahaan

(1) Komunikasi.

b.1.1 Bagaimana pimpinan senior berkomunikasi dengan, dan meng-engage seluruh tenaga kerja?

b.1.2 Bagaimana pimpinan senior mencapai hal-hal sebagai berikut:

b,1.1.1 mendorong terjalinnya komunikasi dua arah yang terbuka dan jujur;

b.1.1.2 mengkomunikasikan keputusan-keputusan penting;

b,1.1.3 terlibat aktif dalam praktek pemberian penghargaan dan pengakuan untuk memperkuat kinerja perusahaan yang ekselen, yang fokus kepada pelanggan dan bisnis,

Page 7: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II Kategori 1. Kepemimpinan

(2) Fokus pada Tindakan.

b.2.1 Bagaimana pimpinan senior fokus pada tindakan nyata untuk mencapai sasaran perusahaan, meningkatkan kinerja, dan mencapai visi perusahaan?

b.2.2 Bagaimana pimpinan senior mengidentifikasi tindakan-tindakan yang seharusnya dilakukan?

b.2.3 Bagaimana pimpinan senior fokus pada penciptaaan dan penyeimbangan nilai bagi pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya ke dalam sasaran kinerja perusahaan?

Sub Kategon 1.2 Tata Ke ola dan Tanggung Jawab Kemasyarakatan

Persyaratan Bidang/Sub Bidang L

a.Tata Kelola Perusahaan

(1) Sistem Tata Kelola

a.1.1 Bagaimana perusahaan me-review dan mencapai aspek-aspek utama sistem tata kelola berikut ini:

a.1.1.1 akuntabilitas tindakan-tindakan manajemen

a.1.1.2 akuntabilitas fiskal

a.1.1.3 transparansi operasional perusahaan, dan pemilihan serta kebijakan-kebijakan penyamapaian informasi untuk anggota organ tata kelola, sesuai kebutuhan

a.1.1.4 independensi audit internal dan eksternal

a.1.1.5 perlindungan terhadap kepentingan para pemangku kepentingan dan pemegang saham.

(2) Evaluasi Kerja

a.2.1 Bagaimana perusahaan mengevaluasi kinerja pimpinan senior, termasuk Direktur Utama?

a.2.2 Bagaimana perusahaan menggunakan hasil evaluasi kinerja tersebut untuk menentukan kompensasi eksekutif?

a.2.3 Bagaimana perusahaan mengevaluasi kinerja para anggota organ tata kelola?

a.2,4 Bagaimana pimpinan senior dan organ tata kelola menggunakan hasil evaluasi kinerja ini untuk meningkatkan pengembangan did mereka dan meningkatkan, baik efektivitas kepemimpinan pribadi mereka maupun efektivitas sistem kepemimpinan dan organ tata kelola?

b. Perilaku Taat Hukum dan Beretika

(1) Ketaatan pada Hukum dan Peraturan

b.1.1 Bagaimana perusahaan mengelola setiap dampak produk dan operasional yang merugikan masyarakat?

b.1.2 Bagaimana perusahaan mengantisipasi tuntutan/harapan masyarakat terhadap produk dan operasi perusahaan scat ini dan masa yang akan datang?

b.1.3 Bagaimana perusahaan mempersiapkan diri secara proaktif mengantisipasi dampak produk dan operasional yang menjadi perhatian masyarakat, termasuk di dalamnya pelestarian sumber daya alam dan penggunaan proses manajemen rantai pasokan yang efektif?

b.1.4 Apa saja proses utama, ukuran, dan target untuk pemenuhan kepatuhan hukum dan perundangan, untuk mencapai dan melampaui persyaratan yang ditetapkan?

b.1.5 Apa saja proses utama, ukuran-ukuran, dan target-target dalam pengelolaan risiko yang terkait dengan produk dan operasi perusahaan?

Page 8: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II Kategori 1. Kepemimpinan

(2) Perilaku Etis

b.2.1 Bagaimana perusahaan mendorong dan memastikan diterapkannya perilaku yang beretika dalam semua interaksi bisnis yang dilakukan?

b.2.2 Apa saja proses, ukuran, dan indikator-indikator kinerja untuk mewujudkan diterapkannya perilaku yang beretika di seluruh perusahaan, dan dalam berinteraksi dengan pelanggan, mitra, pemasok, dan pemangku kepentingan lainnya?

b.2.3 Bagaimana perusahaan memantau dan metanggapan pelanggaran terhadap perilaku etis yang terjadi di perusahaan?

c. Tanggung Jawab Sosial dan Dukungan terhadap Komunitas Utama

(1) Kesejahteraan Masyarakat

c.1.1 Bagaimana perusahaan menjadikan aspek kesejahteraan masyarakat sebagai bagian dari strategi dan kegiatan operasional sehari-hari perusahaan?

c.1.2 Bagaimana perusahaan berkontribusi pada kesejahteraan masyakat, memperbaiki lingkungan hidup, dan meningkatkan sistem perekonomian?

(2) Dukungan terhadap Komunitas c.2.1 Bagaimana perusahaan secara aktif mendukung dan mengelola komunitas utama perusahaan, khususnya

yang terkait dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)?

c.2.2 Apa saja komunitas utama perusahaan?

c.2.3 Bagaimana perusahaan mengidentifikasi komunitas-tersebut dan menentukan bidang keterlibatan perusahaan, termasuk bidang-bidang yang terkait dengan kompetensi inti perushaan?

c.2.4 Bagaimana pimpinan senior, bersama-sama dengan tenaga kerja di perusahaan, berkontribusi terhadap peningkatan komunitas tersebut?

Page 9: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II Kategori 2. Perencanaan Strategi

Sub Kategori 2.1 Pengembangan Strategi

Persyaratan Bidang/Sub Bidang

a. Proses Pengembangan Strategi

(1) Proses Perencanaan Strategis a.1.1 Bagaimana perusahaan melakukan perencanaan strategis?

a.1.2 Apa saja langkah-langkah proses utamanya?

a.1.3 Siapa saja yang terlibat sebagai peserta utama?

a.1.4 Bagaimana proses-proses strategis tersebut mengidentifikasi aspek-aspek penting yang mungkin terlewatkan (potential blind spot)?

a.1.5 Bagaimana perusahaan menentukan kompetensi inti, tantangan strategis, dan keunggulan strategis Nana telah diidentifikasi dalam Profil Perusahaan)?

a.1.6 Berapa lama periode yang ditetapkan dalam rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang?

a.1.7 Bagaimana periode perencanaan itu ditetapkan?

a.1.8 Bagaimana proses perencanaan strategis tersebut untuk masing-masing periode perencanaan?

(2) Pertimbangan dalam menyusun Strategi a.2.1 Bagaimana perusahaan memastikan bahwa perencanaan strategi telah mempertimbangkan unsur utama

riihawAh ini9 a.2.2 perusahaan mengumpulkan dan menganalisa data dan informasi yang menyangkut faktor-faktor penting

dibawah ini sebagai bagian dari perencanaan strategis?

a.2.2.1 kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan

a.2.2.2 indikasi dini perubahan yang signifikan terkait teknologi, pasar, produk, preferensi pelanggan, kompetisi, perekonomian, dan regulasi

a,2.2.3 keberlangsungan perusahaan jangka panjang, termasuk kompetensi inti yang dibutuhkan, dan proyeksi kinerja pesaing atau kinerja perusahaan yang relevan diperbandingkan di masa yang akan datang

a.2.2.4 kemampuan perusahaan untuk melaksanakan rencana strategis

b. Sasaran Strategis (1) Sasaran Strategis Utama

b.1.1 Apa saja sasaran strategis utama dan jadwal untuk mencapainya?

b.1.2 Apa target yang paling penting untuk setiap sasaran strategis tersebut?

(2) Pertimbangan Sasaran Strategis b.2.1 Bagaimana sasaran strategis perusahaan mencapai hal-hal berikut ini:

b.2.1.1 menjawab tantangan dan keunggulan strategis

b.2.1.2 metanggapan peluang untuk berinovasi dalam produk, operasi, dan model bisnis

b.2.1.3 mampu mengkapitalisasi kompetensi inti yang dimiliki perusahaan saat ini dan metanggapan kebutuhan kompetensi inti bare yang akan datang

b.2.1.4 memastikan keseimbangan antara tantangan jangka panjang dan jangka pendek

b.2.1.5 memperhitungkan dan menyeimbangkan semua harapan seluruh pemangku kepentingan

b.2.1.6 meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menghadapi perubahan pasar yang tiba-tiba dan sangat cepat

Page 10: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II Kategori 2. Perencanaan Strategi

Sub Kategori 2.2 Implementasi Strategi

Persyaratan Bidang/Sub Bidang ao

a. Pengembangan dan Implementasi Program Kerja

(1) Pengembangan Program Kerja

a.1.1 Bagaimana perusahaan mengembangkan program kerja?

a.1.2 Apa program kerja jangka pendek dan panjang utama perusahaan dan keterkaitannya dengan sasaran strategis?

a.1,3 Apa perubahan-perubahan penting yang diprogramkan, jika ada, terkait dengan produk, pelanggan, pasar, (2) Implementasi Program Kerja

a.2.1 Bagaimana perusahaan mengimplementasikan program kerja ke seluruh jajaran perusahaan: kepada tenaga kerja, pemasok dan mitra utama yang relevan untuk mencapai sasaran strategis utama?

a.2.2 Bagaimana memastikan bahwa hasil-hasil atau target terpenting dari program kerja dapat dicapait dipertahankan?

(3) Pengalokasian Sumber Daya a.3.1 Bagaimana perusahaan memastikan bahwa sumber daya finansial dan sumber daya lainnya tersedia

untuk mendukung pencapaian program kerja, sekaligus memenuhi kewajiban saat ini?

a.3.2 Bagaimana perusahaan mengalokasikan sumber daya tersebut untuk mendukung pencapaian program kerja?

a.3.3 Bagaimana perusahaan menilai dan mengelola risiko finansial dan risiko lainnya yang terkait program kerja, untuk memastikan keberlangsungan usaha secara finansial?

(4) Program Tenaga Kerja a.4.1 Apa saja program utama tenaga kerja atau sumber daya manusia untuk mencapai sasaran strategis dan

program kerja jangka pendek dan panjang perusahaan?

a.4.2 Bagaimana program SDM tersebut mengantisipasi dampak potensial terhadap tenaga kerja dan kemungkinan perubahan kebutuhan terkait dengan kapabilitas dan kapasitas tenaga kerja?

(5) Ukuran Kinerja a.5.1 Apa saja ukuran atau indikator kinerja utama untuk menelusuri pencapaian dan efektivitas program kerja?

a.5.2 Bagaimana memastikan bahwa keseluruhan sistem pengukuran dan evaluasi program kerja perusahaan dapat memperkuat keselarasan seluruh elemen perusahaan?

a.5.3 Bagaimana perusahaan memastikan bahwa sistem pengukuran dan evaluasi program kerja tersebut telah meliputi penerapan di seluruh bidang yang terkait, serta meliputi pemangku kepentingan utama?

(6) Revisi Program Kerja a.6.1 Bila keadaaan mengharuskan terjadi perubahan dan menuntut segera diterapkannya program baru,

bagaimana perusahaan menyusun revisi program kerja dan mengimplementasikannya?

b. Proyeksi Kinerja b.1 Untuk ukuran atau indikator kinerja utama yang diidentifikasi pada 2.2a(5), apa saja proyeksi kinerjanya,

baik untuk jangka pendek maupun panjang?

b.2 Bagaimana proyeksi kinerja perusahaan dibandingkan dengan proyeksi kinerja pesaing atau perusahaan sejenis pada ukuran-ukuran tersebut di atas?

b.3 Bagaimana proyeksi tersebut dibandingkan dengan benchmarks utama, target, dan kinerja sebelumnya, jika ada?

Page 11: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II Kategori 2. Perencanaan Strategi

b.4 Jika pencapaian kinerja saat ini atau proyeksi kinerja perusahaan berada di bawah pesaing atau

pembanding, bagaimana perusahaan menyikapi kesenjangan tersebut?

Page 12: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Sub Kategori 3.1 Suara Pelanggan

Persyaratan Bidang/Sub Bidang a. Mendengarkan Pelanggan

(1) Mendengarkan Pelanggan Perusahaan Saat lni

a.1.1 Bagaimana mendengarkan pelanggan untuk mendapatkan informasi yang dapat ditindaklanjuti?

Kuesioner Bagian II

Kategori 3. Fokus Pada Pelanggan

a.1.2 Bagaimana menggunakan metode yang berbeda untuk beragam pelanggan, kelompok pelanggan, atau segmen pasar?

a.1.3 Jika sesuai, bagaimana perusahaan menggunakan media sosial dan teknologi berbasis web untuk mendengarkan pelanggan?

a.1.4 Bagaimana menggunakan metode yang berbeda berdasarkan siklus hidup pelanggan?

a.1.5 Bagaimana perusahaan mendapatkan umpan balik yang segera dan dapat ditindaklanjuti dari pelanggan mengenai mutu produk, dukungan pelanggan, dan transaksi?

(2) Mendengarkan Pelanggan Lainnya

a.2.1 Bagaimana mendengarkan bekas pelanggan, calon pelanggan, dan pelanggan pesaing untuk memperoleh informasi yang dapat ditindaklanjuti dan untuk memperoleh umpan batik atas produk,

b. Menentukan Kepuasan dan Enggagement Pelanggan

(1) Kepuasan dan Enggagement

b.1.1 Bagaimana perusahaan menentukan kepuasan dan enggagement pelanggan?

b.1.2 Bagaimana perusahaan menerapkan metode penentuan kepuasan dan enggagement pelanggan yang dibedakan berdasarkan kelompok pelanggan dan segmen pasar, jika sesuai?

b.1.3 Bagaimana pengukuran tersebut mampu menangkap informasi yang dapat ditindaklanjuti, untuk digunakan dalam melampaui harapan pelanggan dan mengamankan keterikatan pelanggan?

(2) Kepuasan Relatif terhadap Pesaing

b.2.1 Bagaimana perusahaan memperoleh informasi mengenai kepuasan relatif pelanggan dibandingkan kepuasan pelanggan pesaing?

b.2.2 Bagaimana perusahaan memperoleh informasi kepuasan relatif pelanggan dibandingkan tingkat kepuasan pelanggaran dari perusahaan lainnya yang menyediakan produk sejenis atau terhadap benchmarks industri, jika sesuai?

(3) Ketidakpuasan

b.3.1 Bagaimana perusahaan menentukan ketidakpuasan pelanggan?

b.3.2 Bagaimana pengukuran ketidakpuasan tersebut mampu menangkap informasi yang dapat ditindaklanjuti untuk digunakan dalam memenuhi persyaratan pelanggan dan melampaui harapan mereka di masa mendatang?

L

Sub Kategor 3.2 EngagementiKeterikatan Pelanggan Persyaratan Bidang/Sub Bidang

a. Produk yang Ditawarkan dan Dukungan Pelanggan

(1) Produk yang Ditawarkan

a.1.1 Bagaimana perusahaan mengidentifikasi persyaratan pelanggan dan pasar atas produk dan layanan yang ditawarkan?

Page 13: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II

Kategori 3. Fokus Pada Pelanggan

a.1.2 Bagaimana perusahaan mengidentifikasi dan menginovasi produk yang ditawarkan untuk memenuhi persyaratan dan melampaui harapan kelompok pelanggan dan segmen pasar (teridentifikasi dalam Profil Perusahaan)?

a.1.3 Bagaimana perusahaan mengidentifikasi dan menginovasi produk yang ditawarkan untuk memasuki pasar baru, untuk menarik pelanggan baru, dan untuk menyediakan peluang bagi pengembangan hubungan dengan pelanggan yang ada, jika sesuai?

(2) Dukungan pada Pelanggan a.2.1 Bagaimana perusahaan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mencari informasi dan

mendapatkan dukungan pelanggan?

a.2.2 Bagaimana perusahaan memungkinkan pelanggan untuk mendukung bisnis perusahaan serta bersedia memberi umpan balik terhadap produk dan dukungan pelanggan?

a.2.3 Apa saja dukungan utama kepada pelanggan, termasuk mekanisme utama komunikasi?

a.2.4 Bagaimana cars-cara tersebut dibedakan untuk pelanggan, kelompok pelanggan, atau segmen pasar yang berbeda?

a.2.5 Bagaimana perusahaan menentukan persyaratan dukungan utama kepada pelanggan?

a.2.6 Bagaimana memastikan bahwa persyaratan tersebut diterapkan kepada semua orang dan proses-proses yang terlibat dalam dukungan pelanggan?

(3) Segmentasi Pelanggan

a.3.1 Bagaimana perusahaan menggunakan informasi pelanggan, pasar, dan produk yang ditawarkan untuk mengidentifikasi kelompok pelanggan dan segmen pasar yang ada saat ini dan yang diantisipasi di masa mendatang?

a.3.2 Bagaimana perusahaan mempertimbangkan pelanggan pesaing, calon pelanggan dan calon pasar dalam proses segmentasi?

a.3.3 Bagaimana perusahaan menentukan pelanggan, kelompok pelanggan, dan segmen pasar mana yang akan dijadikan target untuk produk yang ada saat ini dan di masa mendatang?

(4) Penggunaan Data Pelanggan

a.4.1 Bagaimana perusahaan menggunakan informasi pelanggan, pasar, dan produk yang ditawarkan untuk meningkatkan pemasaran, membangun budaya yang lebih fokus pada pelanggan, dan mengidentifikasi peluang untuk inovasi?

b. Membangun Hubungan Pelanggan

(1) Pengelolaan Hubungan b.1.1 Bagaimana perusahaan memasarkan, membangun, dan mengelola hubungan dengan pelanggan untuk

mencapai hal berikut?

b.1.1.1 memperoleh pelanggan dan membangun pangsa pasar

b.1.1.2 mempertahankan pelanggan, memenuhi persyaratannya, dan melampaui harapannya di setiap tahapan siklus hidup pelanggan

b.1.1.3 meningkatkan keterikatan pelanggan dengan perusahaan

Page 14: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II

Kategori 3. Fokus Pada Pelanggan

(2) Manajemen Komplen Pelanggan b.2.1 Bagaimana perusahaan mengelola komplen pelanggan?

b.2.2 Bagaimana proses manajemen komplen pelanggan dapat memastikan bahwa setiap komplen terselesaikan secara tepat dan efektif?

b.2.3 Bagaimana proses manajemen komplen pelanggan memungkinkan perusahaan untuk memulihkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan kepuasan serta keterikatan pelanggan?

Page 15: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II

Kategori 4. Pengukuran, Analisis, dan Pengelolaan Pengetahuan

Sub Kategori 4.1 Pengukuran, Analisis dan Peningkatan Kinerja Perusahaan Persyaratan Bidang/Sub Bidang

tia L

a. Pengukuran Kinerja

(1) Pengukuran Kinerja a.1.1 Bagaimana perusahaan memilih, mengumpulkan, menyelaraskan, dan mengintegrasikan data dan

informasi untuk menelusuri kinerja operasional harian dan kinerja keseluruhan organisasi, termasuk pencapaian kemajuan sasaran strategis dan program kerja?

a.1.2 Apa ukuran kinerja utama perusahaan, termasuk ukuran-ukuran utama keuangan balk jangka pendek maupun jangka panjang?

a.1.3 Seberapa sering perusahaan menelusuri pengukuran kinerja tersebut ?

a.1.4 Bagaimana perusahaan memanfaatkan data dan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan melakukan inovasi?

(2) Data Pembanding a.2.1 Bagaimana perusahaan memilih dan memastikan efektifitas pemanfaatan data dan informasi

pembanding yang penting untuk mendukung operasional, pengambilan keputusan strategis dan melakukan inovasi ?

(3) Data Pelanggan a.3.1 Bagaimana perusahaan memilih dan memastikan efektifitas pemanfaatan data dan informasi suara

pelanggan (termasuk data dan informasi keluhan pelanggan) untuk mendukung keputusan yang diambil di tingkat operasional, pengambilan keputusan strategis serta melakukan inovasi?

(4) Kecekatan Pengukuran Kinerja

a.4.1 Bagaimana perusahaan memastikan sistem pengukuran kinerjanya mampu metanggapan perubahan internal dan eksternal perusahaan yang cepat atau tidak terduga?

b. Analisis dan Review Kinerja b.1 Bagaimana mereview kinerja dan kapabilitas perusahaan?

b.2 Bagaimana perusahaan memanfaatkan ukuran-ukuran kinerja utama perusahaan dalam melakukan review tersebut diatas ?

b.3 Analisa apa yang dilakukan untuk mendukung review tersebut dan memastikan kesimpulannya valid (akurat dan tepat)?

b.4 Bagaimana perusahaan memanfaatkan hasil review untuk menilai keberhasilan perusahaan, keunggulan daya saing, kesehatan keuangan dan kemajuan pencapaian sasaran strategis dan program kerja?

b.5 Bagaimana perusahaan memanfaatkan hasil review untuk menilai kemampuan perusahaan dalam metanggapan secara cepat terhadap perubahan kebutuhan dan tantangan-tantangan lingkungan internal dan eksternal perusahaan?

c. Peningkatan Kinerja

(1) Berbagi Praktek Terbaik (Best Practices Sharing)

c.1.1 Bagaimana perusahaan memanfaatkan hasil review kinerja untuk dikomunikasikan sebagai pembelajaran dan acuan praktek terbaik ke seluruh unit kerja dan lintas proses kerja?

(2) Kinerja Yang Akan Datang

c.2.1 Bagaimana perusahaan memanfaatkan hasil review kinerja dan data pembanding utama, serta data persaingan utama untuk memproyeksikan kinerja yang akan datang?

Page 16: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Sub Kategon 4.2 Pengelolaan Informasi, Pengetahuan, dan Teknologi Informasi Persyaratan Bidang/Sub Bidang

I I I

Kuesioner Bagian II

Kategori 4. Pengukuran, Analisis, dan Pengelolaan Pengetahuan

(3) Peningkatan yang berkelanjutan dan Inovasi c.3.1 Bagaimana perusahaan memanfaatkan hasil review kinerjanya untuk mengembangkan prioritas

peningkatan yang berkelanjutan dan peluang berinovasi? c.3.2 Bagaimana prioritas dan peluang berinovasi tersebut dikomunikasikan untuk ditindaklanjuti oleh

kelompok kerja dan unit-unit fungsional di seluruh perusahaan?

c.3.3 bagaimana prioritas dan peluang berinovasi dikomunikasikan dan untuk ditindaklanjuti oleh pemasok, mitra, dan kolaborator yang relevan, untuk memastikan keselarasannya dengan kepentingan atau kebutuhan perusahaan?

a. Pengelolaan Data, Informasi, dan Pengetahuan

(1) Properti a.1.1 Bagaimana Perusahaan mengelola data, informasi, dan pengetahuan organisasi untuk memenuhi

a.1.1.1 dan kerahasiaan a.1.1.2 Akurat a.1.1.3 Integritas dan reliabilitas (kehandalan) a.1.1.4 Ketepatan dan kesesuaian waktu a.1.1.5 Keamanan dan kerahasiaan

(2) Ketersediaan Data dan Informasi a.2.1 Bagaimana Perusahaan berusaha agar data dan informasi yang dibutuhkan dapat tersedia untuk

(3) Pengelolaan Pengetahuan a.3.1 Bagaimana perusahaan mengelola pengetahuan organisasi untuk mencapai hal-hal sebagai berikut

a.3.1.1 Pengumpulan dan transfer pengetahuan tenaga kerja Transfer pengetahuan yang relevan dari dan kepada pelanggan, pemasok, mitra,

a.3.1.2 kolaborator a.3.1.3 Identifikasi secara cepat, berbagi dan implementasi praktik terbaik

Pengumpulan dan transfer pengetahuan yang relevan untuk melakukan inovasi dan a.3.1.4 perencanaan strategis

b. Pengelolaan sumberdaya dan teknologi informasi

(1) Karakteristik Hardware dan Software

b.1.1

Bagaimana Perusahaan memastikan hardware dan software memiliki karakteristik: handal, aman, dan mudah digunakan?

(2) Ketersediaan dalam menghadapi Kondisi Darurat b.2,1

Dalam kondisi darurat, bagaimana Perusahaan memastikan ketersediaan hardware dan software serta data dan informasi yang berkelanjutan untuk melayani kebutuhan pelanggan dan bisnis secara efektif?

Page 17: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II Kategori 5. Fokus pada Tenaga Kerja

Sub Kategori 5.1 Lingkungan tenaga kerja Persyaratan Bidang/Sub Bidang

1211111111

a.Kapabilitas dan Kapasitas Tenaga Kerja

(1) Kapabilitas dan Kapasitas

a.1.1 Bagaimana perusahaan menilai kebutuhan akan kapabilitas dan kapasitas tenaga kerja, termasuk tingkat keterampilan, kompetensi, dan tingkat pengawakannya?

(2) Tenaga Kerja Baru

a.2.1 Bagaimana perusahaan merekrut, mengontrak, menempatkan, dan mempertahankan tenaga kerja baru?

a.2.2 Bagaimana perusahaan memastikan bahwa tenaga kerja merepresentasikan keberagaman gagasan, budaya, serta pemikiran masyarakat dan pelanggan?

(3) Penyelesaian Pekerjaan

a.3.1 Bagaimana perusahaan mengorganisasikan dan mengelola tenaga kerja untuk mencapai hal berikut? a.3.1.1 Menyelesaikan pekerjaan perusahaan

a.3.1.2 Mengkapitalisasi / memanfaatkan kompetensi inti perusahaan

a.3.1.3 Memperkuat fokus pada pelanggan dan bisnis

a.3.1.4 Melampaui kinerja yang diharapkan

a.3.1.5 Menjawab tantangan strategis dan program kerja

(4) Manajemen PerubahanTenaga kerja

a.4.1 Bagaimana perusahaan mepersiapkan tenaga kerjanya untuk menghadapi perubahan kebutuhan kapabilitas dan kapasitas tenaga kerja?

a.4.2 Bagaimana perusahaan mengelola tenaga kerja, kebutuhannya, dan kebutuhan perusahaan untuk memastikan kelangsungan perusahaan, san untuk mencegah pengurangan tenaga kerja, dan meminimalkan dampak dari pengurangan tenaga kerja, jika tidak bisa dihindari?

a.4.3 Bagaimana perusahaan mempersiapkan did untuk menghadapi dan mengelola periode pertumbuhan tenaga kerja?

b. Iklim tenaga kerja

(1) Lingkungan tempat kerja

b.1.1

Bagaimana perusahaan memperhatikan faktor lingkungan tempat kerja, termasuk aksesibilitas untuk memastikan, meningkatkan, keselamatan, kesehatan, dan keamanan tenaga kerja?

b.1.2 Apa ukuran kinerja dan target peningkatannya untuk masing-masing faktor tersebut?

b.1.3 Apa perbedaan yang signifikan dari faktor keselamatan, kesehatan, dan keamanan termasuk ukuran atau target kinerjanya untuk lingkungan tempat kerja yang berbeda tersebut?

(2) Kebijakan dan Manfaat Bagi Tenaga Kerja

b.2.1 Bagaimana perusahaan mendukung tenaga kerja melalui kebijakan, pelayanan, dan pemberian manfaat bagi tenaga kerja?

b.2.2 Bagaimana kebijakan, pelayanan, dan pemberian manfaat tersebut sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang berbeda dan kelompok serta segmen tenaga kerja yang beragam?

Page 18: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II Kategori 5. Fokus pada Tenaga Kerja

Sub Kategori 5.2 Keterikatan (Engagement) Tenaga Kerja Persyaratan Bidang/Sub E3idang

a. Kinerja Tenaga Kerja

(1) Elemen-elemen keterikatan

a.1.1

Bagaimana perusahaan menentukan elemen-elemen Utama yang mempengaruhi keterikatan tenaga kerja?

a.1.2 Bagaimana perusahaan menentukan elemen-elemen utama yang mempengaruhi kepuasan tenaga kerja?

a.1.3 Bagaimana elemen-elemen tersebut ditetapkan untuk kelompok dan segmen tenaga kerja yang berbeda?

(2) Budaya Perusahaan

a.2.1 Bagaimana perusahaan membangun budaya perusahaan yang memiliki karakteristik; komunikasi yang terbuka, berkinerja tinggi, dan tenaga kerja yang memiliki keterikatan tinggi dengan perusahaan?

a.2.2 Bagaimana memastikan bahwa budaya perusahaan mengambil manfaat dari beragam gagasan, budaya, dan pemikiran dari tenaga kerja?

(3) Manajemen Kinerja

a.3.1 Bagaimana sistem manajemen kinerja tenaga kerja mencapai hal-hal berikut?

a.3.1.1 mendukung pekerjaan yang berkinerja tinggi dan keterikatan tenaga kerja

a.3.1.2 menjadi pertimbangan dalam pemberian kompensasi, penghargaan, pengakuan, dan pemberian insentif tenaga kerja

a.3.1.3 memperkuat fokus pada pelanggan dan bisnis serta pencapaian program kerja perusahaan

b. Penilaian keterikatan Tenaga Kerja

(1) Penilaian Keterikatan

b,1.1 Bagaimana perusahaan menilai tingkat keterikatan tenaga kerja?

b.1.2 Apa metode dan ukuran balk formal maupun informal yang digunakan perusahaan untuk menentukan tingkat keterikatan tenaga kerja dan kepuasan tenaga kerja?

b.1.3 Bagaimana metode dan ukuran tersebut dibedakan untuk kelompok dan segmen tenaga kerja?

b.1.4 Bagaimana perusahaan menggunakan indikator lainnya, seperti retensi, kemangkiran, keluhan, keselamatan, dan produktivitas tenaga kerja, untuk menilai dan meningkatkan keterikatan tenaga kerja?

(2)Korelasi dengan Hash' Bisnis

b.2.1 Bagaimana perusahaan mengkaitkan hasil penilaian keterikatan tenaga kerja dengan hasil-hasil bisnis Utama untuk mengidentifikasi peluang peningkatan keterikatan tenaga kerja maupun hasil-hasil Bisnis? (korelasi yang dimaksud disampaikan pada kategori 7)

c. Pengembangan Tenaga Kerja dan Pimpinan

(1) Sistem Pengembangan dan pembelajaran

c.1.1

Bagaimana sistem pengembangan dan pembelajaran untuk tenaga kerja dan pimpinan meliputi faktor-faktor berikut?

c.1.1.1 kompetensi inti, tantangan strategis, dan pelaksanaan program kerja balk jangka pendek maupun jangka panjang perusahaan

c,1.1.2 perbaikan kinerja perusahaan dan inovasi

Page 19: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II Kategori 5. Fokus pada Tenaga Kerja

c.1.1.3 etika dan praktek bisnis yang beretika

c.1.1.4 fokus pada pelanggan

c.1.1.5 kebutuhan pembelajaran dan pengembangannya, termasuk yang diinginkan oleh tenaga kerja sendiri dan yang diidentifikasi oleh supervisor, manajer, dan pimpinan senior

c.1.1.6 transfer pengetahuan dari para tenaga kerja yang akan meninggalkan perusahaan atau pensiun

c.1.1.7 penguatan penerapan pengetahuan dan keterampilan baru dalam pekerjaan

(2) Efektifitas Pembelajaran dan Pengembangan

c.2.1 Bagaimana perusahaan mengevaluasi efektifitas dan efisiensi sistem pembelajaran dan pengembangan?

(3) Kemajuan Karir

c.3.1 Bagaimana perusahaan mengelola kemajuan karier yang efektif untuk seluruh tenaga kerja? Bagaimana perusahaan mencapai efektifitas kaderisasi untuk posisi manajerial dan pimpinan?

Page 20: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II Kategori 6. Fokus Pada Operasi

Sub Kategori 6.1. Sistem Kerja F'ersyaratan Bidang/Sub Bidang

a. Desain Sistem Kerja

(1) Konsep Desain

a.1.1 Bagaimana perusahaan mendesain dan melakukan inovasi terhadap sistem kerja secara keseluruhan? Bagaimana Perusahaan mendayagunakan kompetensi inti yang telah dimiliki dalam mendesain

a.1.2 sistem kerja? Bagaimana Perusahaan menentukan proses kerja dalam sistem kerja tersebut yang akan

(2) Persyaratan Sistem Kerja Bagaimana Perusahaan menentukan persyaratan utama sistem kerja , dengan menggunakan

a.2.1 masukan dari pelanggan, pemasok, mitra, dan kolaborator yang relevan?

a.2.2 Apa persyaratan-persyaratan utama untuk sistem kerja tersebut?

b. Pengelolaan Sistem Kerja

(1) Implementasi Sistem Kerja

b.1.1 Apa saja sistem kerja perusahaan yang telah didesain?

Bagaimana Perusahaan mengelola dan meningkatkan sistem kerja tersebut untuk menghasilkan b.1.2 nilai kepada pelanggan dan mencapai keberhasilan serta keberlangsungan perusahaan?

(2) Pengendalian Biaya

b.2.1 Bagaimana Perusahaan mengendalikan biaya secara keseluruhan atas sistem kerjanya?

Bagaimana Perusahaan mencegah cacat produksi (defect), kesalahan layanan, pengerjaan ulang b.2.2 serta meminimalkan biaya kompensasi/garansi yang harus ditanggung perusahaan atau kerugian

produktivitas di pihak pelanggan? Bagaimana Perusahaan meminimalkan biaya inspeksi, pengujian, dan audit proses maupun audit

b.2.3 kinerja yang relevan?

c. Kesiapan Menghadapi Keadaan Darurat Bagaimana Perusahaan memastikan kesiapan sistem kerja dan tempat kerja untuk menghadapi

c.1 bencana maupun keadaan darurat? Bagaimana sistem kesiapan menghadapi bencana dan keadaan darurat mempertimbangkan

c.2 aspek pencegahan, pengelolaan, keberlangsungan operasional, serta aspek pemulihan?

a.1.3 dijalankan oleh internal perusahaan dan yang akan menggunakan sumber days eksternal?

a. Desain Proses Kerja

(1) Konsep Desain Bagaimana Perusahaan mendesain dan melakukan inovasi terhadap proses kerja untuk memenuhi seluruh persyaratan utama proses kerja?

Bagaimana Perusahaan memadukan aspek teknologi bare, pengetahuan perusahaan, keunggulan produk, dan potensi kebutuhan untuk kecekatan kedalam proses kerja tersebut? Bagaimana Perusahaan memadukan siklus waktu proses, produktivitas, pengendalian biaya, dan faktor-faktor efisiensi serta efektifitas kedalam proses kerja tersebut?

a.1.1

a.1.2

a.1.3

Page 21: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Kuesioner Bagian II Kategori 6. Fokus Pada Operasi

(2) Persyaratan Proses Kerja

a.2.1 Bagaimana Perusahaan menentukan persyaratan proses kerja utamanya?

a.2.2 Apa saja proses kerja Utama perusahaan?

a.2.3 Apa saja persyaratan untuk proses kerja utama tersebut?

b. Pengelolaan Proses Kerja

(1) Implementasi Proses Kerja Utama

b.1.1 Bagaimana keterkaitan antara proses kerja utama dengan sistem kerja?

Bagaimana memastikan operasional harian proses kerja tersebut memenuhi persyaratan proses b.1.2 kerja utama?

Apa saja ukuran atau indikator kinerja utama serta ukuran in-process yang digunakan untuk b.1.3 mengendalikan dan meningkatkan proses kerja?

(2) Pengelolaan Rantai Pasokan

b.2.1 Bagaimana Perusahaan mengelola rantai pasokan?

Bagaimana Perusahaan memastikan bahwa pemasok yang dipilih, memenuhi persyaratan dan b.2.2 diberdayakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan serta kepuasan pelanggan?

b.2.3 Bagaimana perusahaan mengevaluasi kinerja pemasok?

b.2.4 Bagaimana perusahaan mengelola pemasok yang berkinerja buruk?

(3) Peningkatan Proses Bagaimana Perusahaan meningkatkan proses kerja untuk mencapai kinerja yang lebih balk,

b.3.1 mengurangi variabilitas dan meningkatkan kualitas produk?

Page 22: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Sub Kategori 7.1 Kinerja Produk dan Proses Persyaratan Bidang/Sub Bidang

Sub Kategori 73 Kinerja Fokus Tenaga Kerja

Persyaratan Bidang/Sub Bidang

Kuesioner Bagian III Katagori 7. Hasil Hasil Usaha

a. Hasil-Hasil Produk dan Proses yang Fokus Pelanggan

Tunjukkan dan jelaskan tingkat pencapaian saat ini (level) dan trend dari ukuran atau indikator utama kinerja produk dan proses yang penting bagi serta langsung melayani pelanggan? Bagaimana hasil ini dibandingkan dengan kinerja pesaing dan perusahaan lainnya yang menawarkan produk sejenis?

b. Hasil-Hasil efektifitas Proses Operasional

(1) Bagaimana tingkat pencapaian saat ini dan trend dari ukuran atau indikator utama dari kinerja operasional sistem kerja dan proses-proses utama, termasuk produktivitas, siklus waktu, dan ukuran lainnya yang sesuai terkait dengan efektivitas proses, efisiensi, dan inovasi?

(2) Tunjukkan dan jelaskan tingkat pencapaian saat ini dan trend dari ukuran atau indikator utama efektivitas sistem kerja dan kesiapan lokasi kerja dalam menghadapi keadaan darurat ataupun bencana?

c. Hasil Implementasi Strategi

Tunjukkan dan jelaskan hasil ukuran atau indikator Utama dari pelaksanaan strategi dan program kerja perusahaan, termasuk upaya membangun dan memperkuat kompetensi inti?

Sub Kategori 7,2 Kinerja Fokus Felanggan

Persyaratan Bidang/Sub Bidang

a. Hasil-Hasil Fokus Pelanggan

(1) Tunjukkan dan jelaskan tingkat pencapaian saat ini dan trend dalam ukuran atau indikator utama kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan? Bagaimana hasil ini dibandingkan dengan tingkat kepuasan pelanggan pesaing dan perusahaan lain yang menyediakan produk sejenis?

(2) Tunjukkan dan jelaskan tingkat pencapaian saat ini dan tren dalam ukuran atau indikator utama keterikatan pelanggan, termasuk hasil dari upaya membangun hubungan dengan pelanggan? Bagaimana hasil-hasil tersebut dibandingkan sepanjang siklus hidup pelanggan, jika sesuai?

a. Hasil-Hasil Tenaga Kerja

(1) Tunjukkan dan jelaskan tingkat pencapaian saat ini dan trend dalam ukuran kapabilitas dan kapasitas tenaga kerja, termasuk tingkat pengawakan serta keterampilan yang sesuai?

(2) Tunjukkan dan jelaskan tingkat pencapaian saat ini dan trend dalam indikator Utama dari iklim, termasuk indikator yang berkaitan dengan kesehatan, keselamatan, dan keamanan tenaga kerja serta layanan dan manfaat bagi tenaga kerja, jika sesuai?

(3) Tunjukkan dan jelaskan tingkat pencapaian saat ini dan trend dalam ukuran atau indikator utama keterikatan tenaga kerja dan kepuasan tenaga kerja?

(4) Tunjukkan dan jelaskan tingkat pencapaian saat ini dan trend dalam ukuran atau indikator Utama dalam pengembangan tenaga kerja dan pimpinan?

Page 23: Kuesioner Tentang Implementasi Sistem Penilaian Kinerja BUMN (S-123/S.MBU/2012 15 Jun 2012)

Persyaratan Bidang/Sub Bidang

Kuesioner Bagian III Katagori 7. Hasil Hasil Usaha

Sub Kategori 7.4 Kinerja Kepemipinan dan Tatakelota

Persyaratan Bidang/Sub Bidang

a. Hasil-HasilKepemimpinan, Tata Kelola, dan Tanggung Jawab Sosial

Tunjukan dan jelaskan hasil hasil untuk ukuran atau indikator utama komunikasi dan pimpinan senior dan upaya engagement mereka kepada tenaga kerja untuk menerapkan visi dan tatanilai, mendorong komunikasi dua arah, dan menciptakan fokus pada tindakan?

Tunjukan dan jelaskan hasil hasil saat ini dan trend dalam ukuran atau indikator utama tata kelola dan akuntabilitas fiskal, audit internal dan eksternal yang independen, jika sesuai?

Tunjukan dan jelaskan hasil untuk ukuran atau indikator utama pemenuhan dan pelampauan persyaratan hukum dan regulasi?

Tunjukan dan jelaskan hasil untuk ukuran atau indikator utama perilaku etis dan kepercayaan pemangku kepentingan terhadap pimpinan senior serta tata kelola perusahaan ? Tunjukan dan jelaskan hasil ukuran atau indikator utama pelanggaran terhadap perilaku beretika? Tunjukan dan jelaskan hasil untuk ukuran atau indikator utama dalam pemenuhan terhadap tanggung jawab kemasyarakatan, serta dukungan perusahaan terhadap komunitas utama?

a. Hasil-Hasil Keuangan dan Pasar

(1) Tunjukan dan jelaskan hasil tingkat perncapaian saat ini dan trend dalam ukuran atau indikator utama kinerja keuangan, termasuk ukuran agregat dari keuntungan keuangan, viabilitas keuangan, atau kinerja penganggaran, yang dianggap relevan?

(2) Tunjukan dan jelaskan hasil tingkat pencapaian saat ini dan trend dalam ukuran atau indikator utama kinerja pasar, termasuk pangsa atau posisi pasar, pertumbuhan pasar dan pertumbuhan pangsa pasar, dan pasar baru yang dimasuki, yang dianggap relevan?