kliping media tanggal 27 juni 2015

35
SABTU,27 JUN| 2015 PIJRBALINGGA- SejumJah karateka asal Purbalingga siap meu aki-ti hovinsi Jawa Tengah dalam beberapa kejuaraan tinglat nasional. "sejumlah karateka yang masih berstatus pelajar siap mewak- i1i Jawa Tengah," kata Ketua Cabang FORKI Purbalingga, Yosep Win. Mereka adalah Anita Nurliana, siswa SD I hfbalingga Wetan. Dia juara I Popda SD tingkat kovinsi 2015. Dia akan mewakili Jateng dalam O2SN Tingkat Nasional di Makassar pada Agustus 2015. tugi Amelia, siswi SMP 3 Pijrbalingga yang menjadi juara 3 tingkat nasional Mendagri Cup 2015 di Banten. Da maiu mewakili Jateng dalam Popnas 2015. "Ada juga Dwi Nurul Firdaus. siswa SMP 4 Pulbalingga. Da juara 2 Popda tingkat Jateng talun 2015." kata win didampingi pelatih Juni Listyanto. Di Makassar Selanjutnya adalah Singgih Haryo Wibisono, siswa SMA 2 Purbalingga yang menjadi juara I 02SN Jateng 2015. Dia akan mewakili Jateng dalam O2SN nasional di Makassar. "Karena itu, kami terus mempersiapkan mereka unirk mem- peroleh hasil yang optimal sehingga bisa membawa nama harum Kabupaten Purbalingga di tingkat regional dan nasional," kata- nya. Win menambahkan, belum lama ini pihaknya mengirimkan surat ke Diaas Pendidikan. Suat itu bedsi laporan perkembangan prestasi para siswa yang menjadi atlet karate andalan dari Pubalingga. "Karena itu, kami mengharapkan duL:ungan dai doa restu ma- syarakat Purbalingga, agar anak-anak yang akan tarnpil mewakili Jawa Tengah ini dapat merebut medali," katanya.(F10-55) BERSAMA ATIET: Kena FORKI rrr"r"#ili;ffHi dan pelatih Juni bers na pard siswaya E mmjadi atlet karateka andalan Purbalingga. (55 )

Upload: humas

Post on 22-Jul-2016

239 views

Category:

Documents


9 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping media tanggal 27 juni 2015

SABTU,27 JUN| 2015

PIJRBALINGGA- SejumJah karateka asal Purbalingga siap

meu aki-ti hovinsi Jawa Tengah dalam beberapa kejuaraan tinglatnasional.

"sejumlah karateka yang masih berstatus pelajar siap mewak-i1i Jawa Tengah," kata Ketua Cabang FORKI Purbalingga, Yosep

Win.Mereka adalah Anita Nurliana, siswa SD I hfbalingga Wetan.

Dia juara I Popda SD tingkat kovinsi 2015. Dia akan mewakiliJateng dalam O2SN Tingkat Nasional di Makassar pada Agustus

2015.tugi Amelia, siswi SMP 3 Pijrbalingga yang menjadi juara 3

tingkat nasional Mendagri Cup 2015 di Banten. Da maiu mewakiliJateng dalam Popnas 2015.

"Ada juga Dwi Nurul Firdaus. siswa SMP 4 Pulbalingga. Dajuara 2 Popda tingkat Jateng talun 2015." kata win didampingipelatih Juni Listyanto.Di Makassar

Selanjutnya adalah Singgih Haryo Wibisono, siswa SMA 2Purbalingga yang menjadi juara I 02SN Jateng 2015. Dia akan

mewakili Jateng dalam O2SN nasional di Makassar."Karena itu, kami terus mempersiapkan mereka unirk mem-

peroleh hasil yang optimal sehingga bisa membawa nama harumKabupaten Purbalingga di tingkat regional dan nasional," kata-nya.

Win menambahkan, belum lama ini pihaknya mengirimkansurat ke Diaas Pendidikan. Suat itu bedsi laporan perkembangan

prestasi para siswa yang menjadi atlet karate andalan dariPubalingga.

"Karena itu, kami mengharapkan duL:ungan dai doa restu ma-syarakat Purbalingga, agar anak-anak yang akan tarnpil mewakiliJawa Tengah ini dapat merebut medali," katanya.(F10-55)

BERSAMA ATIET: Kena FORKI rrr"r"#ili;ffHidan pelatih Juni bers na pard siswaya E mmjadi atletkarateka andalan Purbalingga. (55 )

Page 2: Kliping media tanggal 27 juni 2015
Page 3: Kliping media tanggal 27 juni 2015

f-.r,n -.a*Llsffi$q

saeruiafluNl2ols

Anggota Kodim Netral dalam PilkadaPURBALINGGA . Ko-

mandan Kodim 0702 LetkolKav Dedi Saftudin menegaskan,pihaknya akan bersifat netraldalam pelaksanaan PemilihanKepala Daera}r (Pr.lkada) Kabu-paien Pubalingga.

"Kami tegaskan, anggotakami pada pilkada serentak men-datang harus netral," tandasDandim saat memberi kuliahhrjuh menit 0!:ultum) dalam sha-lat tarawih bersama di MasjidBaitul Qodim komplels Kodim0702,Selasa(2316).

Menuru[ Dandim, semangat-

nya adalah demi pembangunan

dan kemajuan Purbalingga.Karena itu, TNI beryihak kepadarakyat. Membela yang benar,bukan membela yang membayar.

"Siapa pun nanti pemirnpin-ny4 dalam Prlkada 9 Desember2015 mendatang, seluruh jajaranKodim 0702 Pwbalingga bersi-kap netral," ujarnya dalamkegiatan yang diikuti ForumKomunikasi Pimpinan Daerah(FKPD) itu.

Dandim menyebutan, ke-giatan shalat tarawih bersamaantara Kodim dan Pemkab sertapimpinan FKPD bertujuan un-tuk mempererat silanrahmi an-tarpimpinan FKPD KabupatenPurbalingga.Berpihak Rakyat

"Da1am menjatankan tugas-nya jajaran Kodim 0702 htba-lingga berpihak kepada rakyat

serta mendukung pembangunandan kemaiuan Purbalingga.Siapa pun nanti pemimpinnya,"kataDandim.

Bupati Purbalingga SukentoRido Marhaendrianto menyam-paikan terima kasih atas ketasama serta dukungan seluruhlapisan masyankat dalam mem-bangun Purbalingga sehinggadapat meraih berbagai gestasi.

"Saya ucapkan tedrna kasihkepada segenap masyarakatbersama pemangku kepentinganyang sttdah saeyeg saekapro_va

membangun Purbalingga," te-gasnya.

Karena itu, kini Purbalinggameraih berbagai penghargaan.Ini semua karena ke{a keras ma-syamkat sefia semua pemanghlkepentingan, bukan hanya kerjabupati dan wakil bupati. (Flo-s7)

BERI KULTUM : Dan-dim 0702 Iztkol Kav Dedimembei latlrum saat shn-lat tarawih bersama diMas.iid Baitul Qodim,Selnsa (23/6). (57)

Page 4: Kliping media tanggal 27 juni 2015

:"i"::'l:;: olt,TDff

i 1i;iilill"iiX ,iir lli, ii[]ii,illir ,

SlmmnrdY{fi'He$

, Narkofika Ancanlnn lYyatnPURBALINGGA - Per-

masalahan narkotita di Indo-nesia telah.memasuki fase daru-rd: Status kondisi darurat nar-kotika bukan hanya retorika danisu delainkan arcaman fakualyang selama ini masih dilihatsebelah mata oleh bangsa Indo-ne$a"

Hal itu disampaikah KepalaBadan Narkotika Nasional(BNI9 Kabupaten PtEbalinggaAKBPEdy Santosa ketika me-mimpin upacara Hari Antinar-kotika Iatemasional, di halamanBNNK, Iumat (2616). Upacaradiikuti selunrh jajaran BNNI(

Edy menambahkan, per-masalahan narkotika yangsangat kronis ini, terlihat darijumlah penyalah guna nalkotikadi Indonesia yang mencapailebih dari 4jutajiwa.

"Mereka bukan hanya darikalangan dewasa, tetapi juga

2015

remaja bahkan anak-anak.,Mereka bukan hanya dari kalan-gan masyamkat berpendidikanrendah, melainkan telah mera-cuni masyarakat berpendidikantinggi,'l katanya-

Kasus kejahatan narkotikayang melibatkan WNI danWNA, hampir setiap hariberhasil diungkap oleh aparatpenegak hukum, dengan jumlahbarang buki yang sangat besar.

"Barang bukti narkotikayang sangat besar'tersebut, dapatmeracuni jutaan warga negar4sekaligus dapat menjadi senjatapemusnah massal yang akanmenghancurkan bangsa Indo-nesia di masa yang akandatang," ingahya-4JutaPenduduk

Edy menging4tkan, per-masalahan' nartotika tidak akandapat diselemikaa oleh pemer-intah. semat4 .melainkan h.rus

melibatkair selunuh elemenbangsa tanpa tqkecuali.

"Dalam rangka penangananpenyalah guna dan pecandunarkotik4 tidak adajalan lainkecuali melalui upaya pemuli-han atau rehabilitasi," katanya.

. Berdasarkan hasil risetnasional pada tahun 20tr4,diperkirakan jumlah penyalahguna narkotika di Indonesialebih dari 4 juta penduduk.

Menurut Edy, jumlah pe-nyalah grma na*otika tersebut,belum diimbangi denganketersediaaa layanan rehabili-tasi ketergantungan narkotitayangrnemadai. Fasilitas reliabil-itasi yang ada saat ini hanyamampu memberikan layanankepada 18 dbu orang. Hal ini.menuDtut semua pihak, baik_pemerifial! swast4 dan rnasya-rakat untuk turut berpartisi-pasi.(F1G63)

MEMIMPIN UPACARA : Kepala BNNK Purbalingga,E$t Smtosd, saat mem npin upacara Hai Antindrkotil<aIntemasionnl di.haloman BNNK, Jmat (26/6). (63)

Page 5: Kliping media tanggal 27 juni 2015

,i:]!.-61_j =1

SABTU,27 JUNI 2015

ungkapnya.Sudah Berkomunikasi

Dia mengatakan sudah ber-komunikasi dengan Wakil Sek-jen DPP PDIP Utut Adianto.Menurut di4 yang beruanglartanjuga menyampaikan bahwarekomendasi akan diturunkanawal Juli mendatang.

Metrgenai turunnyarekomendasi di sejumlah daerahyang juga akan melaksanakanPilkada 9 Desember mendatang,Tongat membenarkannya-

"Rekomendasi PDIP untukPilkada Purbalingga belumturun. Tentu ada berbagai pe1timbangan mengapa belumhrrun, Itu merupakan wewenang

)i-DPPPDIP," ungkapnya.

Sepefii diketahui, dari hasilpenjaringan tahap kedua di DPDPDIP Jateng, terdapat dua namaBacabup yang lolos seleksi. Ma-sing-masing Tasdi (Wabup/Ke-tua DPC PDIP), Sukento RidoMarhaendrianto (Bupati), danKen Ragil 'Ihryono @endaharaDPC PDIP),

Adapun Bacawabup yanglolos seleksi, masing-masingHR Bambang bawan (SeketarisDPC PDIP), Sidik Purwanto(Kepa.la KPAD), Alnrnan Wali-ytdin (Fungsionaris PC NU)dan Hj Nurul Hidayah Supriyati(Ketua DPC PPP).

Sementara itu Bacabup

PDIP Tasdi enggan berkomenfrlebih jauh rirengenai adanyarumor bahwa dirinya akandipasangkan sebagai Cawabupmendampingi Sukento sebagaiCabup. rl

Tasdi mengatakan diamendaftarkan diri dalarn PilkadaPurbalingga sebagai Bacabu!.Dia menyampaikan Sukentomemang sempat berkomunikasidengannya. "Yang be$angkutanmengajak saya melanjutkankepemimpinan dan berpasangankembali di Prlkada 2015. Teqpisaya maju di Pilkada sebagaiCabup. Soal rekomendasi ituwewenang DPP PDIP," ujamya.(H82-63)

Rekomendasi DPP

PDIP Turun 5 JuliPURBALINGGA - Rekomendasi DPP PD|P

untuk Pilkada Purbalingga, diperkirakan akanturun 5-10 Juli mendatang

Mengenai adanya rumorbahwa saat ini, rekomendasi un-tuk pasangan Cabup dan Cawa-bup sudah turun, hal tersebutdibangh oleh Wakil Ketua DPCPDIP h.ubalingga Tongat.

"Rekomendasi untukpasan-gan Cabup dan Cawabup PDIPPubalingga belum tuun,"i katadia kemarin.

Dia mengungkapkan, saatini banyak rumour bermunculan,terkait rekomendasi DPP PDIP

Bahkan ada yang menyebutkanbahwa rekomendasi DPP PD@sudah diberikan untuk pasanganCabup dan Cawabup SukentoRidho Marhaendrianto-Tasdi.Tongat mengatakan hal te$ebuttidak benar.

"Kami mengharapkan agarjajaan suuktural PDIP dan pen-dukun& tetap bersabar menung-gu rekomendasi DPP PDIPtuun, Jangan terpengaruh ber-bagai isu yang bermunculan,"

Page 6: Kliping media tanggal 27 juni 2015
Page 7: Kliping media tanggal 27 juni 2015

Radar Banyrmds osabtu Pahins 27 Juni 2015

DewanPendidilranTolak

timaHariSekolahDianggapBebani Guru

"Tidak sem ua o."ngsrswa dari kalangan FNS-Bahkan iebih banyak yansnon pNS,,' kata bivinto'(j3), salah satu ora;sruasrswa, kemarin. (amr / aag)

dan SiswaPURBALINGGA- Adanva

sejumlah sekolah yangakinmenerapkan uii coba limahari ke4a kembaU mendapatsorota n. Kaii ini, DertanPendidikan (wandik) Kabu-paten Purbaiingga menilai,lima hari keria clengan me_madarkan jam pela.jaran

kota besar. Kondisi sosialdan kemasyarakatan ielaslauh berbeda. Sehingga,penerapan lima hari seko_lah, sangat tidak pas unrukdilerapkan di purbalinsea.

"langan memaksakan"f,iridaa jika akan dilalcukan uiicoba hendaknya benar. bJ-nar mendapatkan evaluasiyangcermat. TujuannF agarbrsa menjadi referensi ne_meriDrah," tambahn\raAdanya wacana seiumlah

sekolah setingkar S1TA di

menilaj, alasanGubemur jatengmewacanakan lima hari (c-kolahagarsis! bisalebihlamabersama o€ng tuanya, tedalumengada-ada. KemungkinaaGubemur mengasumsikan or_angtua siswa berprofesi sebaeaiPNS yang luga meneraokinlima had keda-

justru akan membebanisiswa dan guru- Selain itu,kondisi psikoiogis sisrva danguru juga akan terpengaruh,

Ketua Wandik purbaline_ga, Trisnanro. Sri Hutomodengan tegas mengatakantidak sepakat adanira limahari sekolah itu, miskiounpada Sabru digunakaa unn.rkekstrakurikuler. peneraoanIima hari kerla itu ai<anmembuat kondisi siswa me-lemah karena telah dibe-bani dengan mata pelajaran

Purbalingga yang bakal me_nerapkan Iima hari sekolahditentang wali murid dan8uru. Kepala SMK Negerj IPurbalingga, Kamson danKepala SMAN I padamara,Esti Nurhidayati menegas_kaa, sekolah yangdipimlin_nya tidak akan melaksina_kan program lima hari se_kolah telsebut.

"Kepala Dinas pendidikanKabupaten purbalingga ha_nya meminta kami menso-sialiasikan wacana itu. ,adi

selama seharian-"Guru juga akan semakin

m emi.liki tugas berat. Iika vanstida-k mendaparlan lam melngaiar tertenru, pada Sabtumereka akar kemana. \{ene_aaggur di rumah? Sirrz iue"aakan mudah merasa lenu"hdan akhimya penl.ampaianpembelaiaran tidak efekif ,

tegasE 4]umat (2616).Ia juga menegaskan, seko_

lah-sekolah di purbalingsatidak dapat meniru seciiautuh sekolah-sekolah di

tidak ada keharusan melak-sanakaa," katanya.

Kepala SMA Negeri 1 pada_mara, Esti Nuhidayad iugamemiliki pemikiran yanqsama. la menvebutl<ar! sepanljang belum ada aturar lzngmengikat mengenai programxma had sel<ola}t, pihaloyatidak akan melakanakan prb_gram itu. "Kira sebatas sosia_lisasi dulu dan belum bisamenetapkan sebagai kepas_tiar," katanya singkat.Kalangan orang tua siswa

Page 8: Kliping media tanggal 27 juni 2015

fiAfftUl }IljMA$ $ETD,{ PURB,{Ii}{ffIi

Radar Banyumali . sabtu pahins 27 Juni 2o1s

BupatiWarning

Sumbangan

SiswaDiminta ]angan

dengan kemampuan orangtua siswaj'jelasnya ditemui disela-sela pengajianluhat Pagidi Pendapa Dipokusumo,kemarin (2616).

Bupati iuga mewanti-wantikepada sekolah negeri diKabupaten Pubalingga, uangsumbangan yang ditarik dariorangtua siswa tidakmeniadiperslaratan gugur dan tidak-n}? siswa dalam penerimaanpeserta didik baru (PPDB).

' "Sumbangan juga janganmenjadi salah satu faktorpengkatrol nilai agar diterimadi sekolah tersebut," im-buhnya. > ke hat 10

MemberatkanPURBAUNGGA - Bupati

Pwbalingga Drs H SukentoRido Marhaendrianto MM,mengisyaradGn memperbo-lehkan sekolah negeri untukmenarik sunbangan dari or-angtua sisvE. Namun, bupatimeminta uang sumbanganteEebut tidak ditadk denganjumlah yang besar dan mem-beratkan masyarakat.

"lumlahnya tidak bolehditetapkan dengan nilai yangbesar Harus disesuaikan

----)l----,==-------___/

Page 9: Kliping media tanggal 27 juni 2015

,.=-?:a_-'tt_- \|

Tolak Siswa Titipanr Eumti upaya pencegahan sejak

dini wajib d.ilakukan ber-sama," jelasnya, kemarin.

Pungutan iiar dimaksudmisalnya sengaia memberikan kesetnpatan kepada o-rangtua calon siswa untukmemberikan dana sejumlahtertentu. Padahal belum adakepastian calon siswa ituditerima di sekolah ber-sangkutan.

"Kalau titip dalam pendaf-taran memang tidak salah.Namun bukan berafii titipuang agar anaknya diterima.Di sisi lain orangtua jugadiminta tidak menyrburkanadanya praktek seperti itu/'tegasnya.

Meski demikian, DewanPendidikan hanya bersifatmelakukal pemantauan sajadan tidak berhak melakukanekselq.rsi atau membeikan ke-lijakan sanksi. Semua akar di-Iapgrkan kepada bupati danmelalui Dinas Pendidiikar a-kan diambil langkah- largkah.

"Setahu saya, sanksi yangada biasanya baru sebataspedngatan maupun sanksiringan dan administratif.Belum ada yang sampaiekstrim melakukan pelang-garan hukum," tambahnya.

Sementara itu, memasukimusim PPDB tahun ini,T snanto mengaku banyakmenerima suurat kalengdari masyarakat. Namun iamenya yangkan surat kalengitu benar- benartanpa iden-titas satupun. Seharusnyameski surat kalerig, namunmenunjukkan identitas sia-pa di dalam surat.

"Kalau surat kaleng bia-sanya kami tindaklaniutimelalui Iaporan ke DinasPendidikan Purbalingga.Tuiuannya agar segera dila-kukan koscek intemal dansegera disikapi dengan cer-ma(' tuturnya.(qa/bdg)

Sambungan dari halaman 7

Diharapkan, sekolah bisamelaksakanan keinginan-nya tersebut agar pelaksa-naanpererimaan siswa bamdi kabupaten Purbalingga,berjalan lancar dan tak adakendala. Bupati juga memas-tikan tidak ada siswa titipandad pejabat di sekolah-se-I(olah favorit. "Surat re-komendasi saya harap tidakada. Penerimaan siswabaruhams sesuai dengan aturanyang ada," tambahnya.

Bupati hingga saat inibelum dapat menentukansanksi apa yang diberikankepada sekolah yang keda-patan melanggar, dengantetap mena k uang sumba-ngan orang tua siswa dengan

.iumlah besar. "Kita tihatnanti," tegasnya.

Bupati iuga memastikan,difinya tetap melakrkan pe-ngawasan terhadap Peneri-maan sis\,va baru di KabupatenPurbalingga, meski tidakturunke lapangan. Hingga saat ini,bupatijuga masih belum me-ndapatkanlaporanlangmasukterkait PPDB. Sementara itu,Ketua Dewan PendidikanKabupaten Purbalingga, -Trisnanto Srihutomo me-ngingatkan agar sekolah pe-nyelenggara penerimaanpeserta didik baru (PPDB)tetap ber,alan sesuai aturanmain yang ada. Karena, jikaterbukti rnelanggar misalnyamelakukan pungutan Iiaryang bukan sesuai rapatbersam4 maka bisa disanksioleh Dinas Pendidikan.

")ika kes alahaanya sangatekstrim, maka bisa dicabutizin operasionalnya. Namundi Purbalingga kami belummenedma laporan adanyapelanggaran itu. Namun

Page 10: Kliping media tanggal 27 juni 2015

.,r.:. :, , l 'i. 'll .,,il...j]'i,,,:

RadarBarynrmas

ili''lilii iliifi[ :;il'iii iiiiiii,]i,i,i"

Bulog Akui SalurkanRaskin Tahun Lalu

PURBALINGGA - Berasuntuk masyarakat miskin(raskin), yang dibagikan di .

Kabupaten Purbalingga, me-rupakan beras pengadaantahun lalu. Hal itu, diung-Lapkan oteh Kepala GudargBulog Purbalingga Muiam-mad Usman, saat Rapat Ko-ordinasi Program RaskinTahun 2015 di Ruang RapatBupati, Kamis (2516) sore.

Hal itu, menurut Usman,tak terlepas dari kebiiakanBulog \,?ng menginstru-ksikankepada seluruir gudangBulogdi daerah, unnrk menghabis-kan stok beras tahun lalu,

. Sabtu Pahing 27 Juni 2015

"Saat ini cadangan berasraskin Purbalingga tahun2014 di gudang sudah habis.Namun, karena stok berasBu log bersifat nasional dan dilawa Tengah masih ada sisapengadjan 2014. Maka harusdisalurkan merata di wiiayahIarva Tengah, termasuk Prrr-ba lingga," j elasnya.

Usman menje.laskan, GudangBuJog Purbalingga sebenamyasudah menolak kebijakaa ter-sebut. "Namun, karena hal itumerupai<an kebijakan pimpi-naII mau tidaknaukami harusterftE beras tersebut" imbuh-nla > ke hal 10

"Alokasinya l5 kilogramper RTS-PM per bulan atau1.205.655 kilogram perbulan, dengan volume pe,nyaluran sebanyak 12 kaliatau sebanyakl 4.467.860kilogram per tahun denganharga tebus Rpt.600 perkilodi titik tebus," ielasnya.

Susilo menandaskao, paguRTS-PM program raskin2015 unhrk masing-masingkecamatan sama denganalokasi tahun lalu sebanyak80.377 RTS-PM/KK. paguberasnya.iuga sama yaitu1.205.655 kilogram.

Pada tahun ini penyalu-rannya sudah dilaksanakanenam kali yaitu untuk alo-kasi bulan Ianuari hinggaJuni dan untuk bulan Jutiakan disal urkan pad a tangga.lI hingga 7 Juli selama limahari ke{a," tandasnya. (tyalbdg)

r Bul0g nya. Bupati menegaskan,Pemkab hanya bertanggungjawab pada penyaluran.Kualitas beras yang diterimamasyarakat juga harus sesuaidengan standar nasionalIndonesia (SNI) 4. Disam-ping itu ketepatan waktu,tepat kualitas dan tepat hargajuga menjadi tanggung .ia-rvab Pemkab. "Selebihny'a,untukpengadaan dan seba-gainya menjadi kewena-ngan Bulog," lanjurnp.

Ketua Tim Koordinasi Ras-kin Kabupaten PurbalinggaSusilo Utomo mengatakan,pelaksanaan program raskindi Purbalingga sesuai dengansurat Gubemur fawa Tengahpenyalurannya 12 butanyaitu bulan Ianua hinggaDesember 2015. Sedangkanrumah tangga sasaran pe-nedma manfaat (RTS-pM)sebanyak 80.377 KK.

I(ualitas Harus Sesuai SNI-4Sambungan dari halaman 7

Namun, dia memastikanmeski beras tersebut meru-pakan pengadaat tahun lalu,beras tersebut akan diprosesulang terlebih dahulu, se-hingga kdadaan beras akanlebih baik dan layak di-konsumsi.

"Kualitas beras harus se-suai SNII 4, yaltu derajatsosoh 95 persen, broken 20persen kadar air 14 persen,menir 2 persen," tambah-nya.

Sementara itu, menurutBupati Purbalingga Drs HSukento Rido Marhaen-drianto MM, di lapanganmasih banyak masyarakatyang belum tahu ke manaharus mengadukan kualitasberas raskin yang diterima-

Page 11: Kliping media tanggal 27 juni 2015

KLIPING ME

Radar Banyumas . sabtu Pahing 27 Juni 2015

DIBANGUN Dl JALAN : Pedagang Pasar Bobotsari menempatishelter sementara di Jl Kolonel Sugiri,

Dinhub Larang Penutupan

Ialan KolonelsugiriPURBAIINGGA- Rencana

pedagang Pasar Bobotsarimenempati jalan KolonelSugiri selama pembangunanpasar, dikhawatirkan dapatmenutup total Ialan KolonelSugiri baik untuk laiur Bartamaupun Timur 'Dinhub-kominfo Purbalingga mene-gaskan agar ialan itu tidakboleh ditutup total. PasalnF,akal menghambat arus lalu-lintas, ap'alagi menjelang arusmudik lebaran.

Kepala DinhubkominfoPurbalingia, Yonathan EkoNugroho menyarakan agarrelokasi bisa dilalcukan de-ngan menempatkan peda-gang di laiur Barat. Dengankata lain mimperpaniangrelokasi pedagang sebelum-nya. "Saran kami, lebih baikrelokasi menempati laiur disebelah Barat hingga KantorPos Bobotsad. Sehingga ti-dak harus menutup Iaiursebelah Timur. Jalan tercebut,adi akses penting sehinggaharus tetap bisa dilewati.Namun karena iru jalan pro-vinsi, makakami serahkan kePemprov," tuturnya, Jumat(26t6).

Ia menambahkan, men-dekati lebaran, jalan tersebutakan semakin ramai dilewatiarus mudikmaupun balik Jikaarus lalu lintas tersendat,

maka bisa memicu kemace-tan lalu lintas di ruas lainnya.Sementara, ialur alteruatifyang ada, yaitu Jalan Kam-pung Baru dinilai masihkurang representatif sebagaipenggantinya.

"Ruas Jalan Kampung seba-gai jalur altematif ihr cukupsempit. Sehingga kurangmemadai jika diguirakanuntuk .jalur alternatif duaarahi' tambahnla.

Kabid Perdagangan Dinpe-rindagkop Purbalingga, Su-miuo mengatakan, pihaknyabelum bisa memenuhi kei-nghan pedagang untuk me-mbangun shelter sementaradi badan jalan sisiTimurruaslalan Kolonel Sugiri, ber-himpitan dengan pedagangyang telah dipindah duatahun lalu di sisi Bamt jalan.

"Hasil koordinasi au'al, adaarahan untuk tidak menutuptotal Jalan Kolonel Sugid dariinstansi terkait. Sebab ituadalah ialan provinsi, terlebihIagi menjelang lebaran tahunini," tuturnya.. Camat Bobotsari, M Fa-turrohman menginginkanagar pedagang tidakdirugikan. Dia berhamp agarpedagang dapatmenj alankan aktivitasnyadengan lancar selama pasadibangunr.(amr/bdg) '

Page 12: Kliping media tanggal 27 juni 2015

Kapolres Purbalingga AK-BP Arom Setyadji SIK me-lalui Kapolsek KarangnoncolAKP Purwanto SE menga-takan, paratersangka masukdengan cara merusak pagarkandang ayam. Kemudianpara tersal]gka langsungmengambil [ima Tabung gasyang ada di dalam kandang.

"Tabung gas tersebut digu-nakan sebagai penghangatayam di dalam kandang," ka-ta I(apolsek Karangmoncoldidampingi Kanit ReskrimAiptu Nurdin. > ke het 10

TabungAkan Dijualr Guri

Menurut Purwanto, motifkedua pelaku m elakukanpencuri.r n karena insinmenriliki barang rersebur.Henca]1anva tabung hasil

Sambungan dari hajaman 7

curian tersebul akan diiualdan hasil penjualanya atandigunakan untuk birfova_[ova.

';Saat ini kasus tersebutmasih diiakukan pendala_man oleh reskrim polsekKarangmoncol," katanva.(j ok/bds)

Radar Banyrmas

SABTU PAHING 27 JUNI 2015

DIBEKUK:Dua pemuda ini

dige la nd angke Mapolsek

Karangmoncolkareha

kepergokmencurl limatabung elpiji

di sebuahkandang ayam.

Cud Elpli, Dua Pemuda DitangkapKARANcMONCOL-Sul -

han Insani (18) rvarga RT04/08, Desa Baleraksa danNur Ihzan (17) warga RT02l08 Desa Baleraksa harusberurusan dengan polisi.Mereka kepergokwarga saatmencuri lima tabung gaselpiji 3 Kg di kandang ayammilik Supadyadi (4I) wargaRT 1/ 10 Desa TunjungmuliKamis [25l6) malam.

Kedua pemuda tersebut se-benamya sudah sukses mem-bawa kabur 5 tabung elpi.ii darikandang ayam. Namun, be-

lum lama keluar dari kandarga1,am, kedua pemudatersebutdipergoki warga. Merasa cu-riga dengan tabung vang di-baw-a mereka, kemudianuargamengamankan kedua pemudatersebut.

Setelah didesak kedua pe-muda itu mengaku bahrvamereka baru mengambil ta,bulggas tercebut dali kandanga1am. Mendengal pengakua.ntersebut, rnargalangsturgmenghubtLngi polisi dar menyerah-kan kedua pelaklr untuk dipro-ses secara hukun.

Page 13: Kliping media tanggal 27 juni 2015

I,{i,li'i li {} r"f }IIillAil,tiifl iilj:ril !ir1;t| |l.ii.f,!i iil :i;i

RadarBanyumas

SABTU PAHING 27 JUNI2O15

Ditinggal Thraweh,Rumah Kemalingan

KARANGREIA-Modus pen-curian rumah kosong saatditinggalsalat ra\ /elrkernbalitedadi. Kamis (2516) ma.lam,pencud menyatloni rumah H.Sudirjo (60), warga DulehPenarikan, Desa Tlahab LorKaraiEreja. Pencuri be*rasilmembawa 1 laptop, 6 hand-phone, 3 bul tabrurgan, per-hiasan emas 110 gam, danuangtunai.

Kapoires Pubalingga AIGPAnom Setyadji SIK melaluiKapolsek Karangreja AKPBambang Sidikmenjelaskan,saat kejadiat, rumah dalamkeadaan kosong ka-rena di-tinggal penghuninya yangmelaksanakan Salat Taraweh."Pencuri masuk dengan caramencongkel pintu rumahkorbanj' ielasnla.

Setelah dilalekah pendataanoleh pemilikrumah, beberapabarang ternyata telah hilangyalori I laptop, 6 handhone, 3buku tabirngan, perhiasanemas I10 gram, dan uangtunai. "Untuk iumlah uangtunai belum bisa dil(etahuijumlahnF;' katanya.

Olah TKP yang dilakukanTim Inafis Polres Purbalinggadan Polsek Karangrcja ber-hasil menemukan barangbukti berupa uang runai 4lembar pecahan Rp 100 ribudan 1 lembar pecahan uargRp 50 ribu. Barang bukritersebut ditemukan di sarvahdekatlokasi kejadian.Saat ini, kata Bambang,

Polisi masih terus mengem-bangkan kasus pencuriantersebut. Polisi juga masihterus mencai alat butti gunamencari pelaku pencuriantersebut. "Kita dalami dankembangkan berdasar alatbukti yang ada," tambahnya.

Perlu diketahui, sebelum-ny4 aki pencurian saat SalatTamu,eh juga menimpa Te-teng Rustiana (46) wargalaianKetulu, Keluahan Wirasana,RT 4 RW 3 Kecamatan pur-balingga Rabu (2416) malam,Akibat pencurian tersebut,korban kehilangan sejumlahbarang elellronik seperti satuunit laptop dan tiga unitponsel sefta uang Rp 150ribu.(iok/bdg)

Page 14: Kliping media tanggal 27 juni 2015

------^..--..-_z_r\__-,>=

Page 15: Kliping media tanggal 27 juni 2015

i,1,r11rr qtlii.ig r: ril i,it j,\,i(:rl ii',)r,1.11t.j \ J j',ll

Radar Banlnrmas . sabtu Pahing 27 Juni 2015

Ngerem Mendadalq

Sepeda Motor Tabrak Milaobus

BOIONGSARI-Keaelakaanlalu lintas terjadi di jalanBoj ongsari - Purbalingga,tepatnya di Desa Patemonatau Depan BRI unitBojong-sari Iumat (26l6) pukul10.00 WIB. Diduga, karenapengendara motor kageit-dan meiakukan pengere-

manmendadak, sepedamo-tor korban teriatuh danmenabrak mikrobus yangdatang dari arah berlawa-

-nan.'Kasat Lantas Polres Purba-

lingga AKP Sudarsono SHMH melaiui KanitLaka IptuAan Heryawan SH MH me-

ngatakan, tidak ada kor.bandalam peristiwa tersebut."Korban hanya mengalamiIuka lecet karena terjatuh,,,.,erasnya.

Kejadian berawal saat se-peda motorH 3451-TUvansdikemudikan Sa roni jszjwarga RT 01/01 Desa Ke_

dungsari, Kendal yang ber-boncengan dengan I(om-bali (68) rvarg3 RT 05/03Desa Kedungsari, Kendalmelaju dari arah utara keselatan. Kemnudian di Io_kasi kejadian Saroni menda-hului sepeda motor Iainnya.Namun di saat yang ber

samaan melajumikrobus R-157 4-EA yang dikendaraiSumitro (50) warga RT 01/0B Desa Karangcengis Bu-katejada arahberlawanan.Karena kaget, pengendaramotor melakukan penge-reman mendadak.

> ke hal 10

Bojongsari-Purbalinggameru-pakan jalur lurus dan ramai.Sehingga, tidak jarang pe- '

ngendara menambah kece-patan di jalur tersebut. "pe-ngendara kami himbau untukuaspada danhati-hati. Kurangikecepatan jaga keselarnatanl,himbau Aan. (iot(bdg)

Dikenal Ialur Ramair Ngerem

Sambungan dari halaman 7

"Korban terjatuh dan sepe-da motor menabrak miko-bus yang datang dari arahberlar,qanan," katany_a.

Menurut Kanit Laka, jalur

Page 16: Kliping media tanggal 27 juni 2015

Z>

Page 17: Kliping media tanggal 27 juni 2015

Ir,rtlilirll 1:lillAF4nL!11 ?It r', I I ir.li, j,' \ t niilinrrlr'/1r:'i,ir.j .',u r' l. :,,, :il r,l i Lll! f Uit.: tii,' i."

Radar Banyrmas . sabtu Pahing 27 Juni 2015

.-JURBIIIlIGGA[I($PRTS

Hingga Lebaran,Stok lkan Dipastikan AmanPURBALINGGA - Dinas Petemakan dan peri-

kanan (Dinnakan) Kabupaten Purbalinggamenyatakan, ketersediaan atau stok ikan air tawardan laut di daerah aman, untuk mencukupikebutuhan Ramadan dan Lebaran I43S hij yah.Kepala Dimakan Kabupaten Purbalingga Sediyonomengatakan, saat Ramadan, setiap had satu tonikan tawar dan ikan laut, masuk ke Purbalingga

Ikan tersebut, terdid dad ikan dad petani lokalPurbalingga dam drop-dropan dari luar pur-balingga.

"Ikan yang didrop dari luar daerah biasanyaadalah ikan laut dali daerah Pemalang danPekalongan. Sebab, di Purbalingga tidak ada laut.Sedangkan, untuk beberapa.komiditi ikan ta$ia!yang di Purbalingga belum maksimal jumlahnya,didrop dari beberapa daerah di ]awa Tengah,"je)asnya kepada Radarmas, baru-baru ini.Mengantisipasi melbnjaknnya permintaan

ikan menjelang Lebaran, biasanya penjuat ikanakan menambah stok ikan, hingga dari luarProvinsi Jawa Tengah. "Biasanya dari JawaTimur dan sebagian dari Jawa Barat," im-bu hnya.Dengan adanya penambahan stok dari luar

daemh tersebut, dia optimis stokikan di KabupatenPurbalingga tetap aman hingga I ebaran mendatalg.Apalagi, saat ini tingkat konsumsi ikan di mas-yarakat masih belum tinggi.

"Masyarakat masih lebih suka memakan dagingayam dan daging sapi. Sehingga, u ntu k stok ikansaya tak terlalu khawatir, pasti aman. Namun,untuk daging ayam dan daging sapi perlu adaantispasi," imbuhnya. (tyalbdg).

Page 18: Kliping media tanggal 27 juni 2015

: ;'T ',: ,: l,T{*+ I I E,I_l[ji"'.*fu.:... r.l r o.,i :.1:-"dLi

,l 1 i"l,{i iii jl ili il'Ti,Ji }ljllii liiirr i

RadarBanlnrmas ' Sabtu Pahing 27 Juni 2O1S

PURBAI.IlIGGAEKSPRES

Beda Indeks, PenambahanDana Ngambang

PURBALINGGA - Keinginan Polres Purba-

ti.rn* unrrk -en,lapatkan dana tambahan unruk

".ilr-u"un p"-ilihan Kepala Daerah (Pilkada)

iots. suliL rerealisasi. Sebab, Pemerintah Kabu

naten (Pemkab) Purbalingga tidak mungkin me-

irbuh in*gnrut rn"nyesuaikan indeks dari Polri'-

nni ir'r,"i i, netrpki n oleh Sekretarjs Daerah

fi"tOu t 'purU"'iiniga

lmam Subijakto kepada

huJu#us, t"-utii (26l6) "Pembiayaan Pilkada

menssunakan dana dari APBD Kabuparen

lurbiinggu. SehinSSa indeksnya harus menye-

suaikan dengan indeks kabupaten > ke hal10

Disesuaikan I(emampuan D aerahr BGdA

Sambungan dari halaman 7

Jika, harus menggunakanindeks Polri, yang mengacupadapusat, kami tidakmung-kin bisa. Karena aturan me-larang hal itu," ielasnya diPendopo Dipokusumo.

Anggaran yang dialokasi-kan oleh Pemkab Purba-lingga itu, menurut Sekdamerupakan anggaran yangdisesuaikalr dengan kemam-puan daerah. Sehingga, jum-Iahnya diakui belum bisamaksimal.Namun, dia me,ngaku masih membuka ke-mungkinan adanya penam-bahan dana sepefti yang

diberikan kepada PanitiaPengawas Pemilu (Panwas-lu) Kabupaten Purbalingga.

Rencananya, hal itu akandibahas dalam rapat TimAnggaran Pemeintah Da-erah (TAPD) KabuparenPurbalingga. "Nanti dilihatbagaimana kemampuan ke-uangan daerah, untuk AP-BD Perubahan," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakankoran ini, Kapohes Purba-lingga AKBP Anom Setyadjidihubungi via telepon sel-ulamya mengakui, saat ini,Polres Purbalingga me-minta penyesuaian ang-garan keamanan ?ilkadauntuk Polri. Sebab, ang-garan yang telah dialokasi-

kan saat ini sebesar Rp 400juta,dinilai masih belumsesuai dengan indeks yangada di Polri. "Harus dise-suaikan agar dalam penga-manan Pilkada bisa opti-mal," katanya.Dia mencontohkan, de-

ngan anggaran yang adasaat ini, untuk pengama-nan Pilkada yang s eha,rusnya dilakukan I0 ha ,

hanya dialokasikan selamatiga hari. "Jadi daripadatidakmaksimal. lustru saatdibutuhkan Polisitidakadadi lapangan, karena tidakadanya dana. Lebih baikdikomunikasikan lagi, un-tuk disesuaikan." imbuh-nya. (tyalbdg)

Page 19: Kliping media tanggal 27 juni 2015

KTIF!$[G ME$I&. . .

3ffi$*ffitffi*$Bnmffiss*ffi

Page 20: Kliping media tanggal 27 juni 2015

KTIPING MEDIAB,IOIilI{ fl I}}{A$ $ETDA PI}RBAI,IHffi{

komunikasi yang baik dansopan. Pasalnya, komu_nikasi bukan hanya- me_nyampaikan pesan, namunbisa menghilangkan konflikyang ada. "Bagaimana kitaberkomunikasi itu juga me-nunjukan siapa kita,,, tu-turnya.Menurut Sukamto, komu_

nikasi terbaik bisa di]akukand engan cara kunjungan lang_sung. Namun, seirine ke_sibukan maupun tekn-oloelkomunikasi, hal itu bisa rii_

Radar ttanyumas- Sabtu Pahing 27 Juni 20 ic

BentukHubungan BaikMENIALIN hu-bungan baik

temlEta cularp penthg dalammenunjadg lugas sehari-had.Selainbisa menambah saudarahubungan yang baik juga bisameningkatkan pengetahuan.Hal ini dirasal<an betul olehDanramil Karanganyaq KaptInf Sukamto. > ke hat 10

Bisa Tambah Wawasanr Bcntul

"Kalau sudah baik denganorang iain, ada kesusahanjuga akan salingmembantu.Bisa nrkarpengalaman, araukonsep terhadap satu halyang menambah wawasan,,,tutur Danramil KaranganvarKapten Inf Sukamro.

,Menialin hubungan baikoengan masyarakat itu me_mbutuhkan keterampiJan

Sambungan dari halaman 7

lakukan melalui media ko_munikasi lainnva. .Usah_akan kunjungan iangsung kemasyarakat, Biia ternvitatida k bisa, baru gunakantelepon," rambahry.Danrcmil Karanganyar

menretaskan, berkuniungsecara langsung ke masva.rakat, bisa mendekatkindirinya dan masl,arakat.Pasalnya, dengan tertemulangsun€itu, sekatyangadaaKan nrtang dengan sendi-rinya.(iok/bdg)

Page 21: Kliping media tanggal 27 juni 2015

KIIPINffi }I{EffiIAll,{ft L{l{ }illl{A$ $Hl lA IUFiB;Jiiiil#;1

mB"nYHmBl-Banyak Penerima llaskin Iak lahu Tempat Mengadu

PURBALINGGA- Programsubsidi beras untuk warga miskin({,aski{D,..diuErnai.Sermasala ha nharga, kualitas, serta jadlialpenyaluran, Sayangnya, programraskin ini tidak disertaidenganinformasi yang jelas kepadamasyarakat, Tidak sedikitwarga yang tidak tahu tempatmengadu ketika menemukansejumlah persoalan terkait berasmiskin tersebut.

Bupati Sukento RidhoMarhaendrianto mengakubanyak mendapat pengaduan

dari warga, terutama terkaitharga dan kualitas raskin itu."Harus diinformasikan kepadamasyarakat, minimal kepadakepala desa," katanya, lumat(26/6).

Terkait dibentuknya TimKoordinasi Raskin Tahun 2015,Sukento masih mempelajarisejumlah aspek yang perlu

mendapatkan perhatian, meliputitarget dan permasalahandi lapangan yang harusdipahamj sepenuhnya olehanggota tim. 'Ada yang harusdidiskusikan dulu. Kalausudah jelas semuanya, sayaakan tandatangani SK (SuratKeputusan) Tim KoordinasiRaskin 2015 itu," ujarnya.

Indikasi keberhasilan kerjatim terletak pada perencanaan

dan yang paling utamapengangqaran dan penyedjaan.

Di samping penyalumn,monitoring, dan evaluasi, sefta.peDga$asan dan penangananpengaduan.

Sukento menegaskan, padapelaksanaan program raskin,pemkab hanya bertanggfl ngjawab pada distribusi serta

. kualitas beras yang diterimamasyarakat dan memastlkanberstandar naslonalIndonesia (SNI) 4. Termasukketepatan waktu, kualitas, danharga juga menjadi tanggungjawab pemkab. "Selebihnya,untuk pengadaan dansebaqainya menjad j kewenanganBulog," jelasnya.

Harus HabisKepala Gudang Bulog

Purbalingga Usman mengatakan,saat ini cadangan berds raskinPurbalingga tahun 2014pengadaan dalam negeri danpersediaan di gudang sudahhabis. Namun karena stok berasBulog bersifat nasional, dan diJawa Tengah masih ada sisapengadaan 2014 yang harusdisalurkan merata di wilayah Jawa .

Tengah, dan saat ini bems-berastersebut tersebar di kabupaten/divre lain di luar Purbalingga.

"Dengan adanya stok 2014yang harus habis bersamaan diwilayah Jateng, pimpinan BqlogJateng memunyai kebijakanagar beras tersebut harus

habis. Sehingga raskin yang

akan disalurkan beras sisapengadaan tahun lalu. Dankami sudah menolak kebijakantersebut. Namun karena hal itumerupakan kebijakan plmpinan,mau tidak mau kami harusterima beras tersebut," jelasnya.

Namun, sambung Usman,bems s,sa pengadaan tahun 2014yang akan didistribusikan untukmasyarakat, sebelumnya diprosesulang terlebih dulu, sehinggakeadaan beras akan lebih baik,

"Dengan adanya proses ulangini tidak akan jauh berbeda dankami akan salurkan setelahberas tersebut diproses ulang.Sedangkan kualitas beras harussesuaiSNI 4, yaitu derajat sosoh95 persen, brokE, 20 persen,

kadar air 14 persen, dan menir 2persen, Itu yang dinamakan SNI4," terangnya.

Ketua Tim Koordinasi RaskinSusilo Utomo mengatakan,pelaksanaan program raskindi Purbalingga sesuai dengansurat Gubernur Jawa Tengah,penyalurannya 12 bulan, yaituJanuari hingga Desember 2015.Sedangkan rumah tanggasasaran penerima manfaat (RTS-Pl4) sebanyak 80.377 KK.

"Alokasinya 15 kilogramper RTS-PM per bulan atau1.205.655 kilogram per bulan,dengan volume penyaluransebanyak 12 kali atausebanyak14.467.860 kilogramper tahun dengan harga tebusRp 1.600 per kilogram di titiktebus," jelasnya.

Susllo menandaskan, pagu

RTS-PM program raskin 2015untuk masing-masing kecamatansama dengan alokasi tahunlalu sebanyak 80.377 RTS-PPYKK. Pagu berasnya juga sama,yaitu 1,205.655 kilogram. Padatahun ini penyalurannya sudahdilaksanakan enam kali, yaituuntuk alokasiJanuari hingga Ju nidan untuk Juli akan disalurkanpada t hingga 7 Juli selama limahari kerja," tandasnya. (pno6)

RAPAT Koordinasi Program Raskin yang diikuti seluruh jajaranTim Koordinasi Raskin Tahun 2015.

Page 22: Kliping media tanggal 27 juni 2015

i''1.r'.' i 1 1,/'1, .:'.i.. .-. r. -"- .. .; I -:',....- .. -

i-'n i fl.' ,l :.''rii'..1r,)ii

Werla Tabtak

ffi", Dua LuMikro,

PURBAU GGA- Dua pengendara sepeda motor bernasib

.naas setelah menabrak bus mikro dari arah berlawanan, di

depan BRI Patemon, Kecamatan Bojongsari, lumat (2616)

oukul 10,00, Kedua korban mengalami luka-luka.

Kanit Laka Satlantas Polres Purbalingga lpfu Aan

Harivawan menjelaskan, kronologi kecelakaan bermula dari

seoeda motor H-3451-TU yang ditumpangi Saroni (52) dan

Kombali (68), warqa Kedungsari, Kabupaten Kendal menyalip

sejumlah sepeda motor dari arah uta'a. Begitu meniumpai

aaii arah beilawanan ada bus mikro, Saroni terkeiur dan

meiakukan pengereman mendadak.

"l'4otor yanq dikendarainya semakin [ak terkendali lalu

menqgelincir. I\4otor akhirnya menab'ak bus m:kro nomor

potisi i-tsl+-fn yang dikemudikan oleh sumitro (50), iaarga

karancengis, Bukateja. Saat motor menabrak, pengendara

sepeda motor sudah terjatuh terlebih dulu," papar Aan'

, Akibalkecelakaan ini, Saroni..selaku pengendara hanya

merioitami lita teiet jirri tangan kihai. semenfara Komba i

seba-gai pembonceng mengalami luka lecet kaki dan

punqgung kaki kiri.'- x'"htJr,uun ini langsung ditanganr oleh zebra Bojoigsari

dan di-back up ole}r Kanit Laka Satlantas Polres Purbalingga'

Saat kejadian berlangsung, lokasi kejadian merupakan pusar

keramaian di kecamatan tersebLtAan Hariyawan mengimbau agar pengendara berhati-hati

dan jangan tergesa-gesa ketika ingin mendului kendaraan

lain. "Pastikan dari lawan arah dalam posisi yang aman,

lebarjalan mencukupi, dan tidak ada ke'ldaraa''l lai1, patuhi

aturan lalu lintas, serta qunakan perlengkapan keamanan

berkendara," ljarnya. (msos-o6)

Sabtu,27ltni2015

Page 23: Kliping media tanggal 27 juni 2015

li';i,:i:';ii,i l iEilli"

1/4:..,r J1.,1dj,. 'r',I , ,-'. ",,, lr' -.; : ".j 1- .r . -. ,

Jalan Tidak BolehryBanygmf,[Sabtu, 27 Juni 2015

Ditutup TotalI Relokasi Pedagang Pasar Bobotsari

PURBALINGGA- Rencana DinasPerindustrian, Perdagangan dan Koperasi(Dinperindagkop) untuk "menumpahkan"

pedagang pasar Bobotsari ke lajur timur JalanKolonel Sugiri (jalan provinsi) Purbalingga-

Bobotsari ditentang oleh Dinas PerhubunganKomunikasi dan lnformasi (Dinhubkominfo).

Jalan utama tersebut diminta untuk tidakboleh ditutup total, karena "*" ,",:?.XiH::

EPALA DinhubkominfoJonathan Eko Nugrohomenyarankan agarrelokasi bisa dilakukan

dengan menempatkanpedaqang di lajur barat ataumemperpanjang relokasisebelumnya, "saran sayamemang lebih baik relokasidi sebelah barat saja hinggaKantor Pos, sehingga tidak harusmenutup juga lajur yang sebelahtimur, Jalan tersebut memangakses pentinq, setidaknya tetapharus bisa dilewati. Tapi karenaitu jalan provinsi ya terserahpemprov," katanya, Jumat(2616).

Terlebih mendekati Lebaran,jalan tersebut akan semakinramai dilewati arus mudikmaupun balik nantinya.Jika tersendat, maka bisamemicu kemacetan lalu lintas,

Sementara ialur alternatif, yakni

Jalan Kampung Baru dinilaimasih kurang representatifuntuk menggantikannya. "Jaluralternatif itu masih sempit,sehingga kurang memadai jikadigunakan untuk jalur alternatifdua arah," katanya.

Sementara Kepala Bidang

Perdagangan DinperindagkopSumitro menjelaskan, rencanatahap II ini menjadikan jalan

provinsi akan tertutup totalbagi kendaraan besar setelahrelokasi sebelumnya yang juga

diletakkan di lajur barat yang

masih berlangsung."Kami sudah ajukan izin

ke Dinas Bina lYarga Pemprov

lateng, sebab itu merupakanjalan provinsi. Tapi memangbelum ada jawaban, Entah nantiakan diizinkan untuk ditutuptotal atau menyambung relokasiyang sebelumnya di lajur barat,"kata Sumitro, beberapa waktulalu.

Di sisi lain, Sumitro optimistis,penutupan jalan tersebutbisa diizinkan, karena proyekpembangunan ini menyangkuthajat hidup orang banyak."Lagipula di situ banyak jalan

alternatil Untuk bus dan trukyang ke arah utara sudah biasalewat Jalan Kampung Baru,sedangkan ke arah timurjugabanyak jalan alternatif," paparnya,

MenolakSementara Ketua Paguyuban

Pedagang Pasar BobotsariPuput Adi Purnomo menolakjika direlokasi memanjang dilajur barat jalan hingga ke

Page 24: Kliping media tanggal 27 juni 2015

SUASANA Pasar Bobotsari di lajur barat Pedagang merasakanIokasi ini sepi pembeli.

selatan. "Jika kami ditemPatkandi shelter sementara ataumeneruskan she/ter Pedagangterdulu, jelas kami tdlak. Di

sheiter itu saja sampai sekarang

sepi pembeli, Jadl, kamitetapmeminta ditempatkan di

sisi timur she/ter sekarang,"tegasnya.

Relokasi tahap II ini,rencananya akan menumpahkansebanyak 350 Pedagaflg. Mereka

akan difasilitasi she/fer senilai

Rp 200 juta. Relokasi akan

dilakukan jika sudah selesai

Proses Pelelangan. Lelang

Tahap I ditahun ini dlanggarkansebesar Rp 7,2 miliar dariAPBDII pemkab dan RP 2 miliar daribantuan gubernur.' Lelang tahap II akan

dllangsungkan luli/Agustusmendatang, dengan dana

Rp 5 mlliar dari dana Tugas

Perbantuan (TP) KementerianPerdagangan RI. (mso5-06)

Masalah Narkotika

PURBALIT{GGA- Permasalahan narkotika di Indonesia tplah memasukifase darurat. status kondisi darurat narkotika bukan hanya retorika dan

isu. "Melainkan ancaman.faktual yang selama inl masih dilihat sebelah

mata oleh bangsa Indonesia," kata Kepala Badan Narkotika Nasional

Kabupaten (BNNK) Purbalingga AKBP Edy Santosa.

Dia mengatakan hal itu saat memimpin upacara Hari

Antinarkotika lnternasional (HANI) di halaman BNNK, Jumat (2616).

Upacara diikuti seluruh jajaran BNNK.

Edy menambahkan, permasalahan iarkotika yang sangat kronislni terlihat darijumlah penyalahguna narkotika di Indonesia yang

mencapai,lebih dari 4 iuta jiwa."tlereka'bukan hanya dari kalangan dewasa, namun juga remaja

bahkan anak-anak. llereka bukan hanya dari kalangan masyarakatberpendidikan rendah, melainkan telah meracuni masyarakatberpendidikan tinggi," bebernya.

Kasus kejahatan narkotika yang melibatkan WNI maupun WNA

_bqmpir setiap hari berhasil diungkap oleh aparat penegak hukumdengan jumlah barang bukti yang sangat besar,

Edy mengingatkan, permasalahan narkotika tidak akan dapatdiselesaikan oleh pemerintah semata, metainkan harus melibatkanseluruh elemen bangsa tanpa terkecuali. "Dalam rangka penangananpenyalahguna dan pecandu narkotika, tidak ada jalan lain kecualimelalui upaya pemulihan atau rehabilitasi," ujarnya. Berdasarkanhasil riset nasional pada tahun 2014, diperkirakan angka prevalensipenyalahguna narkotika di Indonesia lebih dari 4 juta penduduk.

Menurut Edy, jumlah penyalahguna narkotika tersebut belumdiimbangi dengan ketersediaan layanan rehabilitasi ketergantungannarkotika yang memadai. Fasilitas rehabilitasi yang ada saat inihanya mampu memberikan layanan kepada 18 ribu orang. Hal inimenuntut semua pihak, baik pemerintah, swasta, dan masyarakatuntuk turut berpaftisipasi. (srrN6twolufl 0.06)

Page 25: Kliping media tanggal 27 juni 2015

.il",;l';l;{"ir r,{i- *ffI*,41{ rlrlilf 11.'1",, 1' il:lrr.: .

, ',r;; j.i .,-.^1: rJJ:;j;;u:i '.i1 ,r:rr

WBanyHmssSabtu, 27 Juni 2015

Lagi, Rumah DitinggalTarawih fadi Sasaran Maling(AMI{GREJA- pencurian dengan sasaran rumahK-0s0ng saat pemiliknya sedang tarawih kembali

,e?adr dr witayahtukum polres purbalingga.

^a rnrmenimpa Sudirjo (60), warqa RT 2 RW 6Dukuh penariban, Desa Tlah;b Lo;-Kecamatan

^aran9reja, Kamis (2516) malam.

-^j.:,e,l1asan emasr barang etektronik, dan

:qiflfJ##iilt,,,T:ii jIllilx1l_'*Hl(arr pertama pukul 20.00 oleh pe;ilik rumah.5eDetumnya dia beserta keluarganya meninggalkanrumah untuk menjalankan shalit tirawih di-iasjidyarp

iak j:u.lr dari rumahnya, sekitar pukut 19.00.

, sekembalinya ko6an ke rumah seiam](emudian, mereka dikejutkan dengan kondisiruman yang sudah berantakan. Meieka lalumeng-ecel setiap sudut rumah dan ternyata

!:-fl::an, b:Tns etektronrk, dan uans yaneorsmpan.sudah raib, Korban lalu melaDorkankeladian itu ke polsek Karanoreja.

_ Kepala polsek farangrela-Ajun Komrsaris

ii}!:i:1i:i'1,:ff H ff ?,".,5t,: 5:t H jff fi ,u,d'r r^r. uan.keterangan para saksi dan olah TKpol(eftnut, pelaku masuk ke rumah korban melaluiprn_tu_yang dicongkel terlebih dulu. Usai men!iurasrsr,rumah, pelaku lalu kabur melalui sawah dioelakang rumah.

Kerugian Rp l0O JutaAdapun barang milik korban yang dibawa

lg'jk:ly:,tl 1 rdptop,6lonsel, 3 buku tabunsanor\11, perhrasan emas 110 gram, dan sejumlah

S:^s,111:i y?.e berum diketahui jumrahnya,

urperkrrakan kerugia hampir mencapai Rp 100JUta. Dari penyelidikan awal, polisi menemukanoarang bukti berupa uang tunai Rp 250 ribu disawah sekitar 200 meter dari rumah korban,

_ Kepala polsek Karangreja Ajun l(omisaristsnmbang Sidik mengatakan, pihaknya masth

l1]llrkln penyetidikan bersama Satuan Reserse

::l iT,l.t (satreskrim) poires purbatingsaunruk mengungkap kasus ini. Sejumlah piiuniuktelah didapat yang akan digunakin untuk mencaripelaku.

"^j:T:lr_r" itu. Kepata potres purbatingga Ajun

K0mlsaris Besar Anom Seryadji meminta kepadamasyarakat untuk lebih waspada guna mencegahreqadrnya. pencurian serupa teruling lagi,

_^,_sementam pada malam yang saia, duaperaku pencurian tabung gas di kandang ayam

mrxk supaflyadi (41), warga RT 1/RW 10 Desar-unjun9muti, Kecamatan Karangmoncol. Keduarersangka masing_masirlg SI (Ig) dan NI (17),*r:9-?-?:r! Baleraksa, Kecamatin Karcngmoncot.

,.,,;:#r:'-',"litrHJ"i,XTIr';:3!f [,n.,:t,Nanas, saat mereka sedang jalan, merekaorpergoki oleh warga. Kedua tersanqka lalu0rtangkap warga dan djserahkan ke-polsekKarangmoncol untuk diproses secara hukum.

(srrNetwork/hO2_06)

Page 26: Kliping media tanggal 27 juni 2015

SATELITpoST

SABTU PAHING,27 JUN| 2015

BNNK Purbalingga

Gelar Upa-cara HAN, 2Ol S

mtt,g'l:".u fld*ftr*n,ffiini menyangkut keselamatanseluruh u,arga negara daripengaruh buruk naikotika"Upaya rehabilitasi ke_c.anduan naikotjka, sansat(lrbutuhkan kesadaran d'anketeguhan hati dari pecandrrnarkoba serta motivasi ke_lllarga untuk pulih dari ke_canduan narkoba,,, kataanarg lskandar (hwo)

:Ilil^* dan.ansgola BNNK purbalingga 0er0"". o"r.t)rlusar upacara HANI2OlS dj hataman kantor, Jumat (2615).

AKBP Edv Sanrosa MSi_ I{c-para BNNK purbrljngga. -

,.uatam upacara teriebut

fiffiiix::,,il:.11*H*:rst.tnalar,.ang

-eavulrrrrritan permasalahan ni rko'tikaot indonesia teiah memasukirase da rrat. Kata dia, ir:m]ahpenyatah gu]ia narkoiika d;lnqonesja yang mencaDaireDrn dari 4 juta iiwa. iaknanya dari kalangan de-wasa, namun juga ilari ka_Iangan remaja bahkan a_naK-anak

Selain jtu. Anang Iskandarmenyampaikan ada tiea haiPentrnS_ dalam penaniananPenyalahgxna narkobi. per_tarna, pentingnya updya pe_

mulihan ataL? rehabilitasil(edua, penangnnan terha_dap peniahat narkotika ha_nya dapat dihentikan de_ngan pemberian hukumanyang setimpal telmasrlk hu_kuman mati. Kemirdian kp_trga, penanBanan masalahnarkotika adalah menqenajupaya pencegahan. pEnce_ganan penya lalrgunaan nar_kotikameru-pakanuPayayangsangatpentingdan u talma, ka-rena hal

Page 27: Kliping media tanggal 27 juni 2015

Pejab

KLIPING MEDIA8,1 fi L{i{ }IU${,{$

.SET},{ Pt]nBf, IIH$ff}

SarRurp*sr--. -_:_

SABTU PAHING,27lUNl20l5-.--.*;s,...-_

at Bupatt TrrgguKeputusan Gubernur

PIIRBALINGGA" SATELIIPOST-PadaPilkada tahun iri, tiga pejabat pentingPemkab Purbaiingga ikut mencalonkandiri. Mereka antara lain Bupati, WakilBupati, danjuga Sekda Purba.lingga. Halir.ri menfsakan kekosongan pada saatketiganyJ rnenyatal.an berhenti se-

-bagaimana ketentuan undang-uldang.Pada posisi bupati, pejabat penggantikemungkinan akan ditunjul< GubemurJawa Tengah dari jajaran birokrat pem-prov

Cubei:rur akan memrnjuk satu diantara staf $etingkai eselon 1I untukrncnjadi l-j ['r,pili. Pejabat bupdti iniakaJl menjabat hinBga bupati. terpilihdilantik.

Bupati 1'urbalingga, Sukento RidoMarhaend anto, ketika ditanya pedhalpejabat bupati mengaku tidak tahu."Seharusnya yang jadi Plt pak Sekda,tapi karena yang bersangkutan akanpensiun dan juga mencalonkan dirijadi

bupati, maka Plt kemungkinar.r dipiliholeh gubernul," kata dia.

Sementara itu, DPRD Purbatinggasegera mempioses akhir masa jabatanBupati dan Walil Bupati Purbalinggayang jatuh pada 27 Juli mendatang.Tahapan pertama, DPRD akan me-layan gkan permohonan pemberhentianbupati-wakil bupati ke Menteri DalamNeged (Mendagri) melalui GubernurJawa Tengah.

"Pengumuman pemberhentian bu-pati-wakil bupati didasad Pasal 79 ayat1 UU No 23 tahun 2014 tentang Pe-merintahan Daerah," kata Tongat yang

iuga Wakil Ketua DPC PDIP Purba-lingga ini.

Pasal ini menya takan pemeberhen tiankepala daerah dan atau wakil kepaladaerah diumumkan oleh pimpinanDPRD dalam rapat paripuina dandiusulkan oleh pimpinan DPRD kepadamenteri melalui gubemur sebagai wakil

peme ntah pusat untuk mendapatkanpenetapan pemberhentian.

I)asar hukum lain yaitu surat Men_degjl No 120 /3262/5l tangg/tt l,Z lunj2015 teniang pem berhent ian Lepa.ladaerah dar wakij kepata daeral iertapengangkatan peiabat kepala daerai,dan surat Bupati Purbalingga No 131/4532 tanggdi l6juni20t5 tentang prosesak}rir masa jabatan 2010-20t5 yangrsmya memohon kepada DpRD pur_balingga untuk memproses pember_hentian Bupati dan Wakil Bupati pur_bdlLngga mas,r jabatan 2010_2015 sesuaidengan ketentuan perundang-unda-ngarr yang berlaku.

"Seteiah hasil dilayangkan ke gu-be?nur, kita tinggal menunggu pe-Ietapannya oleh Mendagd yang akan.disampaikan oleh gubemur juga. Se-telah itu, secaaa otomatis tanggal27]ulimereka sudah tidak menjabat lagi,,,katanya. (gan)

Page 28: Kliping media tanggal 27 juni 2015

,, .'' 'j ! .,

'',.. '{

)..,-.4i.- t-.: ;'./! i,{irliiA

keadaan

AKBP ANOM SETYKapolres

tak jauh dari rumahnvasektar pumul 19.00 !\TB.Sudirjo lalu melaporkankeiadian itu ke PolsekKarangreja.

Kepala Polsek KarangrejaAK? Bambang Sldik besertaanggotarya dan tim InafisPolres Purbalingga datang ke

lokasi "{an

melakukanpen),'elidikan. Dari

t iilliii iiiii illi [I'l'iri il ;;:r,,liii,".

SATELITPOSTSABTU PAHING,27 JUNt 20r5

arvalbarangtunaj Rpsekitarkorban.

. ieterungar para saksi dan . Kriminal P<i

olah TKP diketahui pelakri- " trrtlqk m9I!8lna;Llk i.e rumah Lorban j.ider1gan mencon gkel pintu.

:..Usai n'te;rgirras isi rumah, ' .

pelakl lalu kabur melalui 'rr

Dari hasil pendr.rng yang Jiba

Page 29: Kliping media tanggal 27 juni 2015
Page 30: Kliping media tanggal 27 juni 2015

lilIFilif; fviEill&nr,4t!ir Il;rtiI{: ^fJri\E Tllil n Il?tr'1I-, :j: i -lLi ;r r;,,-,1-,:it lrx il-l.il i'ilrf,ii!.,ii;'.i.!

Page 31: Kliping media tanggal 27 juni 2015

KTIPING MEDI&B,{$IIII{ fl IJM4$ Sff },{ PIIR$AIIHO$A

x{awasan

tower ifu.

Ketua Komisi I DpRD pur-balingga, Hari Ani Indah pur-wanti, Jumat (26 / 6\ menga_takan, selama ini pendiriantower telekomunikasi di pur-

balingga Kidul, KecamatanPurbalingga. Tower tersebutjuga didirikan sebelum ada izinkeluar dari Kantor PenanamanModal dan Perizinan Terpadu(KPMPT) Purbalingga,meskipun pihak investor beral-ibi bangunan itu hanya bersifatuji coba.

"Yang di Jalan Lawet, setahusaya izinnya belum diajukar keKPMPT. Meskipun katanyahanya uji coba, apa pun na-manya di situ sudah didirikan

Minggu Pon, 28 Juni20.l5

Wacana Moratoriuma

flaPendi n TowerPURBALINGGA- Komisi I DPRD purbalingg:rmewacanakan adanya moratorium pendirianmenara telekomunikasi (tower) hinggamunculnya Perda yang mengatur pendirian

balingga banyak yang menuajpermasalahan di lapanean.Sebab h.ingga saat ini i,em"k2rbbelum memiliki perda vaneklusus mengatui berdi;inv;

bangunan, harusnya menga-iukan izin terlebih dahulu.-Diiisi lain, Pemkab juga harustegas untuk menindak jika adahvestor yang melawan perda,"tandasnya.

Oleh karena itu, dalamwaktu dekat ini, pihaknya akanmengundang SKPD terkait ter-masuk bupati untuk memba-

. has bersama terkait perdapendirian tower dan wacanamoratorium sebelum perda itujadi. Sembari membuat perda,

tower.Dia mencontohkan, beber-

apa waktu lalu, pendiriantower di Desa Dawuhan, Keca-matan Padamara semDat me-nimbulkan permasalJhan diwarga. Pasalnya, pihak in-vestor sudah mendirikal ban-gunan sebelum izin tersebutturun. Walau pun akhimya izintersebut, namun proses awalpembangunan sudah salah.

Contoh lain, pendirian towerdi Jalan Lawet, kelwahan pur-

plhaknya akan mengecek danmendata seluruh tower vansberdiri di Purbalingga u'ntufmengetahui jumlah dan periz-rnannya.

Ketua DPRD Purbalingga,Tongat mengatakan, wacanamoratorium pendirian towertersebut sangat perlu. Alasqn-nya, hal ini r.rntuk mencegah ter-jadinya permasalahan ataukonflik di masyaralat setamencegah pelanggaran peratu-ran oleh pihak investor.S ST-qd

Page 32: Kliping media tanggal 27 juni 2015

i'i'.1 i1.riii,iu,"l.: r,,1,i,,r.," !',,4 t! 1."1 irtiji,*

MinssuPon,2sJuni 2015 | wawaSan

Ngabuburit denganSemarak Gema Rebana

PURBALINGGA- LembagaPenyiaran Publik Lokal RadioSuara Perwira (LPPL RSP) milikPemkab Purbalingga menggelaracara yang menarik di BulanRamadan. Acara tersebut dibetajuk Gdma Rebana. Sebanyak30 grup rebana dari sejumlahdesa tampil secara bergiliran.

"Mereka tampil di depan stu-dio radio kami. Di sana sudahdisediakan panggung. Saatmanggung mereka irgudisiarkan secara live, sehinggabisa didengarkan oleh penden-gar dimanapun berada," katapenanggung jawab acara

Sumarsono, Jumat (26 /6).Acara tersebut pertama kali

mengudara pada awal Ra-madan, Kamis (18/6). Acara itujuga menarik perhatian parapendengar. Bahkaf banyakwarga masyarakat yang jugasengaja datang untuk menyak-sikan langsung penampilangrup rebana. Bahkan adapenonton yang sengaja mem-inta lagu tertentu.

& Kembali Eksis"Harapan kami dengan

adanya acara ini juga sekaligusuntuk menggairahkan lagi ke-

beradaan grup rebana yangbanyak terdapaI di Purbalingga.Biasanya selama Ramadan gruptersebut kembali eksis dan ser-ing tampil," paparnya.

Dia menjelaskan acara terse-but merupakan salah satu acarayang diungguJkan menyambutdatangnya Ramadan. Selainacara itu pihaknya juga memu-nculkan acara lain yang jugabernuansa Islami. Diantaranyaacara Obrolan Seputar Puaiayang mengudara setiap harimulai pukul 09.00 hingga pukuJ10.00 WIB selama Ramadan.

"Dini hari menjelang sahur

kami juga mengudara denganacara menemani sahur, di an-taranya Obrolan Sahur danMusik Pengantar Sahur," ung-kapnya.

Bahkan radionya iuga bel(eriasama dengan Radio Edukaiiuntuk menampilkan acaraCerita Nabi Dan Sahabatnya,yang mengudara mulai pukul18.00 hingga pukul 18.30 WIB.Pihaknya berkeinginan selamaRamadan, pendengar bisa dis-uguhi dengan acara bernuansalslami. "Sehingga bisa men-jalankan ibadah puasa dengankhusuk," imbuhny a.W ST-qd

Page 33: Kliping media tanggal 27 juni 2015

lsl{Ia-t:L-

t!

la<lsItIUt*

s

$

\c;

nA<

F

v

os

E*

s_:!d

23^-\ 6IrJ-<:,a3

Page 34: Kliping media tanggal 27 juni 2015

R 1 lill{ [L'Iyl{$ $tID,i PiJI1B,{ii$0GA

wa\{rasanSabtu Pahing, 27 )uni 2015

DPRD Soroti tingginyaSitpa di LKDPURBALINGGA-DPRD Purbalingga menyoroti tingginya SisaLebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) di Laporan KeuanganDaerah (LKD) tahun 2014 yang disampaikan oleh bupati. DPRDmempertanyakan apakah hal tersebut merupakan bagianefisiensi atau karena disebabkan hal lain. '

Hal tersebut mengemuka dalam rapat paripurna dewan den-gan agenda penyampaian pandangan umum fuaksi tentang Rap-erda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD KabupatenPurbalingga tahr"rn 2014,Iumat (26 / 6).

"Kami mempertanyakan apakah tingginya Silpa terkait pro-gram efisiensi yang dilakukan atau malah karena banyaknyaanggaran yang tidak terserap. Seperti dikarenakan adanyaproyek putus kontrak," kata juru bicara FPDIP, Karseno SH saatmenyampaikan pandangan umum fraksi.

Pihaknya juga rnencermati jupia mencermati mengenai hasilpemeriksaan Badal Pemeriksa Keuangan terhadap LaporanKeuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga tahunanggaran 2014. Purbalingga masih menerima predikat WajarDengan Pengecualian. Menurut penielasan bupati, pengecualianada pada penyajian nilai aset.

Menurut catatannya, predikat Wajar Dengan Pengecualiansudah terlaksana sejak beberapa tahun sebelumnya. "Penge-cualian juga terjadi pada penyaiian nilai aset, Mengapa hal inibisa te4adi," katanya bertanya.

li# Proses PendataanAtas hal tersebut FPDIP mempertanyakan bagaimana proses

pendataan dan inventarisasi aset daerah yang dilakukar oleh pe-merintah daerah saat ini.

Penataan aset ke depan diharapkan lebih tednci dan terdata,sehingga mampu diperoleh hasil yang lebih baik. Dengandemikian prediLat Wajar Tanpa fengecualian ddlam Iaporankeuangan pemerintah kabupaten bisa tercapai.

Sebelumnya Bupati Sukento Rido Marhaendrianto menyam-paikan realisasi pendapatan APBD Purbalingga tahun 2014 ter-lampaui sebesar 102,11 persen. Berdasarkan data DinasPengelolaan Dan Penerimaan Kekayaan Aset Daerah (DPPKAD),realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 202,59 miliaratau terealisasi 119,17 persen.

Dana perimbangan sebesar Rp 868,37 miliar atau terealisasisesesar 100,4 persen. "Pendapatan lain-lain sebesar Rp 75,6 mil-iar atau terealisasi sebesar 97,03 persen. Sedangkan anggaran Be-lanja terealisasi sebesar 90,02 persen atau sebesar 1,27 triliun. Sisalebih pirhitungan anggaran (SiLPA) sebesar Rp "169,28 miliar,"terangnya..ffi ST-ad

Page 35: Kliping media tanggal 27 juni 2015

. t-i -r = .'1

Muncul LokasiAlternatif Bandara

PURBALINGGA - Baru-baru ini muncul wacana dimunculkan, yaitu di DesaKarangcengis, KecamatanBukateja. Alasany4 lokasi terse-but merupakan daerah oalinslandai di Kabupaten hubjrnesiDi desa renebut, juga masihilatanah sekitar 50 hektare, vansdibutuhkan untuk membansuibandara baru. Sehingga Ialakunruk dijadikan lokasi bandarakomenial.Menerima

Untuk diketahui, rencanapembangunan bandara komemialdi Kabupalen Putalingga mulaimenemui titik terang. Ke-menterian Perhubungan sudahrnemberikan sinya.l positif, brapibandara kemungkinan tidak akandibangun di hnud Wirasaba.

Sebelumnya" Bupati Banyu-mas, Achmad Husein menuata-kan pemerinrah lima daerih diwilayah Jawa Tengah baeianbarat mengaiukan re-ncana iter-natif pelnbangunan bandara baru

tentang lokasi alternatif pembangunan bandarakomersial di Kabupaten purbalingga,

selain di Lanud Wirasaba.

Kebingunan status aset tanah,serta perizinatr dari pusat yangbel um selesai, disebrt-sebrt seba_gai penyebabnya.

Bupati Pubalingg4 SukentoRido Marhaendrianto, akhirpekan lalu, mengarakan limabupati di sekitar bandar4 merasabingung dengan staius as€t, yansnantinya bakal dibangun diataiBandara Wimsaba.

' Jika dibangun di lokasi baru,tanah yang dibeli akan meniadiaset dari lima }abupaen di sekitarbandara. Tetapi iika dibaneun diBandara Wirasaba. inakikamimasih bingung bagaimana statusaset kami,"jelasnyn

Di sisi lain, meski sudah adasinyal positif dari KementerianPerhubungan. pembicaraan ke{asama dengan TM AU. selakupemilikBandaraWirasab4 masihbelum menemukan kara seDakalTeapi bupari tidak mau menve-butkan masa.lah yang meniadikanpembicaraan kesepataian itumeqiadi bedarut-laruL

'Namun demikian, pengem-bangan tanud Wirasaba meniadibandara komersil masih masukskala prioritas. Lokasi alternatifmuncul, apabila untuk lokasi per_tama gagal mencapai kata sepa-kal" katanva

Adapun lokasi altematif yang

sENlN,29 JUN| 2015