kliping berita tanggal 8 juni 2015

30
KLIPING EfEDIA ft*#IAry }{Ij}{A$ $$?}i P[JRBAf,IH*#$, SUARA MERDEKA SENIN, 8 JUNI 2A15 Bulog Kembal ikan Empat Tronton Beras PURBALINGGA - Tim pem?ntau Oeras Oari elemen masyarakat sipil menemukan beras berkualitas jelek saat memantau beras yang masuk dari mitra Bulog digudang Bulog Karangsentul, akhir pekan lalu. Humas Bulog Subdiwe Ba- nyumas M Priono menan_ daskan, beras yang tidak lolos uji kelayakan sebelum masuk gudang akan ditolak. Selanjut- nya, mira Bulog akan diminta memperbaiki kualitas beras. Ada empat truk tronton beras yang dikembalikan, masing-masing berbobot tujuh hingga delapan ton. "Kami minta untuk mem- perbaiki kualitas beras. yang telanjur masuk lrga akan dikembalikan dan biayanya mereka yang menanggung,,, tegas dia. Mereka meminta agar beras itu ditolak dan dikemba- likan. Direktur LSM Mandat Purbalingga Yudhia patriana yang mengokontrol menge- mukakan, kualitas beras ter- hadap sampel dari empat tron- ton beras van-e masuk di bawah standar, seperti ra.arna kusarn daa banl'ak r ang pecah. "Kami minra beras itu dito- lak. Kalau besok masih ada I'ang kuaiitasnl,a jelek, berarti ada oknum Buloe 1,ang main kucins-kucingan dengan mitranl.'a- " tandas dia. EakLavak Konsumsi Direktur Institut Negeri Pers'ira (I\-Pt Indaru Setvo Nrrp.ojo 1'ang ikut -"ng".Lk beras itu mengungkapkan, keterlibaun masyarakat sangat penting untuk mengontrol proses pengadaan beras Bulog. Hal ini karena selama ber- tahun-tahun masyarakat disug- uhi beras dengan kualitas tak sesuai dengan standar. "Tidak sesuai dengan stan- dar, misalnya kadar air di atas 14,5 persen sehingga lembap dan mudah busuk. Yang rusak lebih dari 20 persen, menir lebih dari 2 persen," kata dia. Dia menyebutkan, fungsi kontrol juga akan dilakukan pada pengadaan berikutnya. Menurutnya, meskipun dibel i de_ngan harga murah, masya_ rakat tetap berhak mengon_ sumsi beras layak konsumsi. 'Mari kita kawal bersama_ sama. Kades-kades juga diha_ rapkan proaktif jika mene_ mukan beras berkualitas jelek,'. papar dia. (H82-57)

Upload: humas

Post on 22-Jul-2016

241 views

Category:

Documents


12 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KLIPING EfEDIAft*#IAry }{Ij}{A$ $$?}i P[JRBAf,IH*#$,

SUARA MERDEKASENIN, 8 JUNI 2A15

Bulog Kembal ikanEmpat Tronton

BerasPURBALINGGA - Tim pem?ntau Oeras Oari

elemen masyarakat sipil menemukan berasberkualitas jelek saat memantau beras yangmasuk dari mitra Bulog digudang BulogKarangsentul, akhir pekan lalu.

Humas Bulog Subdiwe Ba-nyumas M Priono menan_daskan, beras yang tidak lolosuji kelayakan sebelum masukgudang akan ditolak. Selanjut-nya, mira Bulog akan dimintamemperbaiki kualitas beras.

Ada empat truk trontonberas yang dikembalikan,masing-masing berbobot tujuhhingga delapan ton.

"Kami minta untuk mem-perbaiki kualitas beras. yangtelanjur masuk lrga akandikembalikan dan biayanyamereka yang menanggung,,,tegas dia.

Mereka meminta agarberas itu ditolak dan dikemba-likan.

Direktur LSM MandatPurbalingga Yudhia patriana

yang mengokontrol menge-mukakan, kualitas beras ter-hadap sampel dari empat tron-ton beras van-e masuk di bawahstandar, seperti ra.arna kusarndaa banl'ak r ang pecah.

"Kami minra beras itu dito-lak. Kalau besok masih adaI'ang kuaiitasnl,a jelek, berartiada oknum Buloe 1,ang mainkucins-kucingan denganmitranl.'a- " tandas dia.EakLavak Konsumsi

Direktur Institut NegeriPers'ira (I\-Pt Indaru SetvoNrrp.ojo 1'ang ikut -"ng".Lkberas itu mengungkapkan,keterlibaun masyarakat sangatpenting untuk mengontrolproses pengadaan beras Bulog.Hal ini karena selama ber-

tahun-tahun masyarakat disug-uhi beras dengan kualitas taksesuai dengan standar.

"Tidak sesuai dengan stan-dar, misalnya kadar air di atas14,5 persen sehingga lembapdan mudah busuk. Yang rusaklebih dari 20 persen, menirlebih dari 2 persen," kata dia.

Dia menyebutkan, fungsikontrol juga akan dilakukan

pada pengadaan berikutnya.Menurutnya, meskipun dibel ide_ngan harga murah, masya_rakat tetap berhak mengon_sumsi beras layak konsumsi.

'Mari kita kawal bersama_sama. Kades-kades juga diha_rapkan proaktif jika mene_mukan beras berkualitas jelek,'.papar dia. (H82-57)

Page 2: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

a-$

3ii

il :lrti.r:$.1. ,t t;il

;:il.1,,**

BERAS JELEK : Direhur ISM Mandat Purbalingga Yudhin Patrinnn hrcnunjuklcanberas berlatnlitas jelek soat menutntau di gudang Bulan Karangsentul, akhir pel<nn l.alu.

(s7)

. SM/dok

Page 3: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KLIPI}IG ME}MBA fi rA}{

EIIHA$ $ET$,{ p{IMAffHf#,{

Para TersangE Mulai Dibidik

W, ffir'lgaan F{orupsr Fupuk ffiru'subsidi

PURBALINGGAKejaksaan Negeri (Kejari)Purbalingga meningkatkan sta-tus kasus dugaan korupsi pupukbersubsidi untuk seLtor perke-bunan tebu pada ZOLL-ZO7Z aatrpenyelidikan menjadi penyrdik-an. Pengumpulan alat bukti danpemanggilan saksi-saksi ituuntuk membidik para tersangka-

"Per 5 Juni, kami tingkatkanstatusnya (menjadi penyidikan-Red). Surat perintah penyidikanresmi ditetapkan dengan SuratPerintah Nomor 7 2l /0.3.231 -Fd.llO6l20L5 sudah dikelu-arkan," ujar Kepala KejaksaanNegeri Purbalingga Martinikepada wartawan, akhir pekanlalu.

Dalam artian, pihaknyasudah menugasi jaka penyidikmengambil langkah-langkah

mengumpulkan alat bukti,memanggil saksi-saksi, danmenghitung kerugian negar4.Namun, pihaknya belum berse-dia menyebu&an siapa saja ter-sangka yang tertbat karena akandiolah dahulu lewat penyidikan.

"Yang jelas, jika sudah naikke penyidikan, berarti indikasiperbuatan melawan hukum pastiada. Tingga berlanjut ke alatbukti dan jilm lengkap masuk kepenetapan tersangka" tegasrrya.

Dengan peningkatan stanrs,Martini menegaskan, penan-ganan kasus dugaan rasuahpupuk bersubsjdi itu tidak man-deh Ini juga menjadi penegasan,tidak ada permainan dalamkasusini.

"Tidak benar jika penan-ganan perkara ini bakal mandek.Jika memang dari hasil pe-

SENIN, 8 JUNI 2015

Page 4: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015
Page 5: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KLIPING MEDIABAf; iNH }{IIH4$ $ffi}A Pi]R3Ai-Iff#$A

SUARA MERDEKA$ffirugru,8 JUNI 2015

PemudnMuhammadiyahDiminta P-an c arkan Kiprah

PURBALINGGAPemuda Muhammadiyah (PM)dan Nasyiatul Aisyiyah (NA)diminta untuk memancarkankiprahnya di tengah masyarakat.Mereka harus bisa seperti sangswya.

"Kami harapkan merekamemancarkan kiprah di berbagaibidang, seperti pendidikan, kese-hatan, dan sosial kemasya-rakatan," uj ar Ketua PD Muham-madiyahWahyudhiana.

Dia mengemukakan hal itusaat pelantikan Pengurus Daerah(PD) Pemuda Muhammadiyahdan Nasyiatul Aisyiyah 2015-2020 di SMK Muhammadiyah 3Purbalingga Sabtu (6/6).

Wahyudhiana juga berharapkepada Pemuda Muhamma-diyah, Nasyiaful Aisyiyah, danwarga Muhammadiyah untuk

senantiasa melakukan amarmal<ruf dan nahi munkar.

"Selain menjadi harnbaAllahyang baik, warga Muhamma-diyah juga harus memiliki loyali-tas nasional. Karena itu PDMuhammadiyah menegaskan,NKzu itu harga mati dan meno-lakISIS," tandasnya.Pembangunan Pendidikan

Bupati Sukento Rido Mar-haendrianto meminta Muham-madiyah tetap konsisten dalampembangunan pendidikan.Karena ada 300.000 anak usiasekolah yang membutuhkan pen-didikan.

"Nasyiatul Aisyiyah karniharapkan unfuk berkontribusidalam bidang kewanitaan.Sebab, 25 persen perempuanPurbalingga iur membantu suamimencari naftah, " katanya.

SMAriel Noegroho

I-4NTIK PENGaRUS : Ketua PW Nasyiatul AisyiyahJateng Lisda Farkhani melantik pengurus PD NAPurbalingga periode 2015-2020 di SMK Muhom-madiyah 3 Purbalingga, Sabru (6/6). ( 57 )

Setelah pelantikan, dila-kukan serah terima jabatan dadKetua PD PM iama Imam Yu-lianto kepada ketua baruMuakhor. Dan, Ketua PD NAlama Syifa Mumtahanah kepadaketua baru Janisah.

Ketua Pimpinan WilayahNA Jawa Tengah Lisda Farktranimeminta NA mampu berkiprahdi Purbalingga. "Semoga NAmampu berkolaborasi menu.juIndonesia yang berkemajuan,"tegasnya.

Dalam kesempatan iru jugadigelar pengajian akbar meny-ongsong Muktamar Muham-madiyah dengan pembicaraDahlan Rais. Juga diadakanpenggalangan infak pembangu-nan gedung SMK Muham-madiyah 3 Purbalingga. (F10-st)

Page 6: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KLIPIHG MESIAB.{fi iAH }{t]M{$ $ET},{ PiIR$Ai,iI{#$f,

SUARA MERDEKASENIN, 8 JUNI 2015

Sehari, DuaWarga Hanyut di Sungai

DIMAKAMKAN : Ratno (43), warga * , U* n, #JS{ndumja, Kecamatan Kaligondnng l<orban hanyut diSungai Ranu desa setempat dintal<aml<an pada Minggu(7/6). (57)

PURBALINGGA - Dalamsehari, Sabtu (6/6), dua oranghanyut di sungai di tempat yangberbeda. Keduanya ditemukandalam keadaan tak bemyawa-

' Korban pertama, AnjunPralama (6), warga KI4 RW 6,

Desa Kedung Jati, KecamatanBukateja. Bocah itu hanlut diSungai Penanrban desa seternpat

saatmencariikan.Kepala PoJsek Bukateja Ajun

Komisaris Supono menge-mukakan, sebelumnya sepulangsekolah sekitarprftul 1 1.CI kortanpamit kepada neneknya untukbermain bersama teman-teman-nyamencariikan di tepi sungai.

'Menurut saksi mata ko$anlangsung terjun ke sungai, tapiternyata korban tidak bisa bere-nang. Korban akhirnya hanyutdan tenggelar4" firturnya kepadaSuaraMedeka.

Bersama keluarga, personelPolri, TM, dan tim SAR kemudi-an mencari korban menyusuri

sungai. Tigajam pencarian punmembuahkan hasil Korban dite-mukan mengapung di tepi sungaisekitar 500 meter dari lokasidalam keadaan tak bernyawa.Setelah diperiksa tim medis dandiindentifikasi oleh Inafis PolresPurbalingga, korban kemudiandiserahkan ke keluarga untukdimakamkan.

"Kami mengimbau kepadawarga untuk mengawasi anak-anaknya saat mefeka bermain.Terlebih lagi mereka yang memi-

liki rumah di bplsungd agarkeja-dlan serupa tidak terulang,',ujamya-

Sementara itu, bebempa jamberselang sekitar pukul 18.30,kejadian serupa terjadi diKecamatan Kaligondang. Ratro(43) warga , RT 1 RW 4, DesaSinduraja tenggelam di SungaiRanudesasetempal.

Kepala Polsek KaligondangAjun Komisaris SS Udionbmengemukakan, sekitar pukul

Page 7: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

1-09.00 korban berpamian ke kelu-arga unfuk repek atau mencarikayu bakar. Namun, hinggapetang korban tak kunjungpulang. Keluarga yang mencarikorban menemukan tumpukanranting kaing dan beberapa buahubi di tepi sungai yang didugamilikkorban.Epilepsi

"Begitu mendapat laporan,parcarian benama pun dilakukan

Fda malam ifi juga Namug be-lum nrernbuahkan hasil. Pencaiandihentikan sementara" katanya-

Pencarian dilanjutkan padaMinggu (116) pagi-pagi sekalioleh pihak keluarga Sekitar [email protected] korban ditemukan menga-pung di tepi sungai sekitar satukilometer dari tempat hanyut.Setelah dievakuasi korban laludivisum olehtimmedis dan diin-dentifikasi oleh Inavis PolresRxbalingga

"Kesimpulan yang didapat,tidak ada tanda-tanda pengani-

ayaan. Kejadian itu mumi musi-bah. Ini dikuatkan denganketerangan keluarga jika korban

T"*lE4yuvut p"ryrkit "pilql

si atau ayan. Mungkin saatkorbanmandi, penyakitnya kambuh danakhirnya hanyut, " ungkapriya.u82-s7)

Oistributor Electronic Home Appliance terkemuka membutuhkan:

MARKTITNG (MKT)'Pria, maksimal 30 th. Pendidikaa S-1'* Cekatan dan Komunikatif, berpenampiian menarik :* MemilikislM C /A

{

BAGIAN PERPAIAKAN (PJK) ]* Wanita, maksimal 30 ih* Pendidikan D3 Ferpajakan / S-l Akuntansi perpajakan iii Berpengalaman di bidang Adm. Perpajakan miir i ttr ij* Menguasai Perpajakan secara menyeluruh baik pelaporan {i

pemotongan dan peraturan perundang-undangan pajak" Mernahami SPT Masa PPN dan SPT Tahunan* Diutamakan yang memiliki Sertifikat Brevet A & B ;TfL[ MARKEnNG OL MKT) ,:.

* Wanita, usia malcimatlO tn if

Page 8: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

tfE Tf,iii.jn I rr1r.? atl"erjj-ii; ,_l :l/! ?,i 1l {i

#,i fi iffi iiijfl4$ sgrin pl,*5mn ru;

SENIN PON, 8 JUNI2O15

Gunungan Hasil BumiDiserbuWarga

PURBALINGGA (KR) - Acara puncakFestival Gunung Slamet (FGS) di DesaSerang Kecamatan Karangreja Purba-lingga, Sabtu (6/6), berlangsung meriahtanpa meninggalkan kesakralannya. Ri-buan warga di Purbalingga dan kabupa-ten sekitarnya memadati desa di lerengGunung Slamet itu.

Pada Sabtu pagi sekitar pukul 09.00,320 orang warga Desa Serang, Siwarakdan Kuabawa serta Gombong, Kecamat-an Be1ik, Pemalang memanggul 20 gu-nungan hasil bumi dan 20 tumperg dariIapangan Kutabawa. Setelah dilepas olehKapolres Purbalingga AKBPAnom Setya-dji,. ratusan orang itu be4'alan kirab me-nempuh jarak sekitar 2 kilometer menujuBalai Desa Serang.

Di balai desa, juga digelar prosesi pe-nyerahan air berkah dari ketua panitiaTfidaya Karbika kepada Kasi Intel KejariPurbalingga Soekesto Ariesto. Sebelum-nya, air yang diambil dari TLh (sumberair) Sikopyah dua hari sebelumnya dise-mayamkan di balai desa setempat. Ber-gabung dengan kirab tumpeng, rombong-an pembawa air berkah lalu berjalanmenuju LembahAsri sejauh l kilometer.

Di LembahAsri, air berkah diseralrkankepada Ki Dalang Sutama dan selanjut-nya diruwat dengan pentas wayang kulitdengan lakon Legenda Sikopyah. Usai di-ruwat, air diserahkan kepada kades Se-rang Sugito untuk dibagikan ke warga.Selanjutnya, tumpeng didoakan dan dise-rahkan kepada Bupati Drs Sukento RidoMarhaendrianto MM.

Dan yang ditunggu-tunggr-r, gerebekhasil bumi pun tiba, ribuan orang berebutmengharapkan berkahnya. Grrp keseni-an tradisional Thek-thek Satyalaras Ka-rangreja dan barongsay Ling ChingKuang Purwokerto mengiringi prosesitersebut. "Prosesi gerebek hasil bumi se-

bagai bentuk ucapan sy-ukur warga atasIimpahan rezeki say,uran dan hasil bumilainnya yang diberikan tuhan melaluitanah lereng Gunung Slamet," tuturKades Serang Sugto.

Ketua Panitia FGS, Tli Daya Kafiikamenuturkan, FGSdiharapkan akan qLe4-

jadi daya tarik bagi wisatawan dari luarPurbalingga. Tiga desa di lereng GulungSlamet, yakni Desa Serang dengan stro-beri dan TLft Sikopyah, Desa Kutabawadengan jalur pendakian Gunung Slametdan terminal agrowisata, Serta Desa Si-warak dengan obyek wisata Goa Lawadan kebun nanas sebagai tujuan wisataalam yang diandalkan.

FGS digelar selama tiga hari, dari'Ka-mis hingga Sabt.l(+616). Pada penutupanSabtu malam berupa hiburan pentas seni

kontemporer dan pertunjukan lightingspektakuler. (Rus)-a

lj---,<44/

Page 9: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

Z-x -

Worga betebut hasil bumi.

PDlP0ptimistis MEnan=PURBALINGGA - pafiai

Demokrasi Indonesia Perjuang-an @DIP) tetap percaya diri danoptimistis menang, walaupunakan muncul koalisi besarpartaipolitik (parpol) peserta PilkadaPurbalingga-

Pemyataan itu disampaikanKetua DPC PDIP Tiasdi. Menurutdi4 koalisi besar tersebut bukansebagai sesuatu yang hanrs:diAlm-ti "Silakan ada koalisi besmpar-pol untuk itu (melawan pDIp-Red). Tetapi kami tetap percayadiri dan optimistis bisa rnenang,,,kata dia kepada Swra M e rdel<t dtsela-sela acara Festival GimungSlamet, di Desa Serang, Keca-matan Kalangrcja Jumat (5/6).

Menurutnya, PDIP saat inimasih menjadi partai terkuat diPurbalingga" dengan kader dansirnpatisan yang loyal. Dalamintemal pengurus saj4 ada ribuanorang mulai dari DPC hinggaanak cabang yang tersebar didesa-desa. Mereka sudah siap

bergerak untuk memenangkanpilkada, segera setelah adainsmksi.IGderTbrbaik

"Selain itu, PDIP menawar-kan kepercayaan kepada masya-rakat bahwa partai kami mampumengusung kader terbaik untukmemimpin. Ini terbukti, dalamtiga pilkada sebelumny4 PDIP

, selalu menang. Kami optfupistisakan menang." katanya

Dalam internal PDIP, adabeberapa tokoh yang rnaju dalamPilkada limdi yang saaini men-jabat sebagai wakil bupati, men-jadi kandidat terkuat rmtlk men-dapat rekomendasi dari Dppsebagai cabup.

Selain itu ada Ken RagilTlrryono @endahara DPC PDIP).Adapula Sekretaris Drc PDIPBambang Irawan sebagai cawa-hry.' tserdasa*anhasilkongres diBali lalu, karni berharap kaderinternal yang mendapat reko-mendasi," kata dia" (H8263)

KB-Toto Rusmanio

Page 10: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

':,,.'4.5 ..";i :.

i .. :; l ...1 !:-.. .,.*{* *)4 lc Senin Pon, 8 Juni 201 5

,i !1 ill. :

tiii rj.i,lii'}r'.i'i'r

l"r.i,,

Fmmfumffiffiffi$rffiffi Jmmfumfiam ffimf;mfl si:hrmt* ffiismslPURBALINGGA-pemba-ngunan jembatan GatotSubroto yang menghu-bungkan Desa KarangsariKecanratan Karangmoncoidan Desa Karangtengali Ke-camatan Kerta- negara di-soal karena belum sesuaitarget. Hal tersebutdiketahui saat anggotaKornisi IV DPRDPurbalingga rnelakukan pe-ninjauan pembangunanjembatan tersebut pekanlalu.

"Berdasarkan analisakami pernbangunan jemba-tan tersebut, jika mengacupenar{/aran awal seharusnvasudah mencapai 20,2%.Nanrun kami melihat pem-bangunannya masih di tarafsekitar 2,87o," kata WakilKetua Komisi IV DpRD pur-baiingga Karseno SH, Ming-8u (7 / 6).

Diungkapkan, pihaknyamempertanvakan kepadadinas terkait dan pelaksanaproyek mengapa prosespc.rrrba- ngunah belum se-suai dengan apa yang di_lrarapka rr. Berdasa rkan hasil

iaporan, kondisi itu dise,babkan karena pelaksanakesulitan mendatangkanalat berat. "Kami berharapketertinggaian tahapan pe-iaksanaan pembangunan bi-sa dikejar. ]angan sampaiterlam- bat lagi. Karena jikademikian maka pelaksanaanproyek tersebut bisa teran-cam molor," ungkapnya.

Kepala Dinas Pekerjaanljmum (DPU) KabupatenPurbalingga, Sigit Subrotomembenarkan adanya keter-lambatan daiam p*r", p"-ngerjaan pembangunanjembatan tersebut.

i*r Mencapai 6%Menurut data yang dia

miliki seharusnya saat inipembangunan sudah men-capai 5%. Namun dalampelaksanaannya baiu men-capai {%.

"Namun keterlambatantersebut rencananya akandikelar. Pelaksana proyekopti mistis pada Oktobernanti pembangnnan j"*-batan bisa selesai," ungkap-nya.

Sigit menambahkan pem-bangunan seharusnya diba-.ngun tahun lalu. Namun,proyek itu tidak terielang,dan akhirnya dilelang ulangtahun ini. Pembangunantersebut rnendesak dilaku-kan untuk memperlancar la-lu lintas. Sebab kendaraanyang hendak melintas harusbergantian melewati jemba-tan yang lama.

Jembatan baru yang diba-ngun sepanjang 88 meter,dengan lebar enam meter.Lokasinya sekitar empatmeter di sebelah jembatanyang lama. Adapun angga:ran untuk membangun jem-batan adalah Rp 12 miliarlebih.

"Jika pembangunan jem-batan baru ini selesai diha-rapkan dapat memperlaircararus lalu lintas jalur Keca-matan Bobotsari-KecamatanRembang. lembatan lamanantinya hanya untuk aruskendaraalL dari arah Bobot-sari. Sedangkan jembatanbaru untuk arus dari arahRemba ng," imbuhnya. itl

ST-ad

Page 11: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

r{all;AgaJ<EArtAJ2 B;Upa .zgig

Butog Tolak Terima Ras$qin Kuatitas JetekPURBALINGGA - Puluhanton raskin milik mitra Bulogasal Kabupaten Purbalinggaditolak masuk ke gudang Bu-log di Kelurahan Karangsen-tul, Kecamatan Padamara.

Beras tersebut ditolak, ka-rena tidak sesuai dengan afu-ran yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) terkait Harga Pembelian Pemer-intah (HPP) tahun 2015.

Hal tersebut diungkapkan' oleh-Kepala Gudang Bulog' Purbalingga Muhammad Us-

man, di sela-sela pengecekanberas unhrk masyarakat mis-kin (raskin) oleh tim dari ga-bungan lembaga swadayamasyarakat (LSM), di gudangBulog, Jumat (5/6).

"Hariini $umat, red) kamimenolak satu truk besar, be-ras dari mitra Bulog. Sebab, ti-dak sesuai dengan standar

.yang kami tentukan alias ku-alitasnya jelek," r\arny a.

Dia menambahkan, seharisebelumnya, gudang Bulogjuga menolak belasan tom be-ras dari mitra Bulog.

"Sebelum masuk gudangberas ka mi periksa terlebihdahulu. ]ika tidak sesuai,

maka kami tolak," irnbuhnya.Dia menjelaskan, beras mi-

lik mitra Bulog itu, ditolak ka-rena kadar airnya melebihiketentuan, yakni maksimai 14persen.

Selain itu, beras yang di-jual mitra Bulog melebihi ke-tentuan yang disyaratkan,.yakni kadar sosoh sebanyak95 persen dan kadar beras pa-tah (broken) sebanyak 20 per-sen. "Beras yang akan dijualoleh mitra Bulog lebih dariketentuan tersebut,'1 imbuh-nya.

Dia mengaku, Bulog ko-mitmen untuk menolak be-ras dengan kualitas yangjelek masuk ke gudang. Se-hingga, masyarakat tidakdirugikan.

Masuknya beras dari mi-tra Bulog terjadi, setelah ri-buan ton beras dari luar kabupaten, yang diproyeksi-kan sebagai raksin, kondisi-nya tidak layak. Sehingga,beras tersebut ditolak rnii-suk gudang dan digantikandengan beras dari mitraBulog asal Kabupaten Pur-balingga, dengan harapankualitasnya lebih baik lagi.

Salah satu tim pengecekanIndaru Setyo Nur Projo men-gatakan, pengecekan tersebutdilakukan untuk melindunginiasyarakat agar tidak mei-dapatkan raskin dengan kuli-tas jelek. Sebab, selama inipihaknya selalu mendapat-kan keluhan dari masyarakat,tentang kualitas raskin yangjelek.

Dia menegaskan, akan te-rus berkomitmen melakukanpengawasan terhadap kuali-tas raskin yang masuk ke guJdang Bulog.

"Pekan depan, kami akankembali ke gudang Bulog un-tuk melakukan pengecekanbersama masuknya beras darimitra Bulog," laniutnya.

Indaru juga menyayang-kan, mitra Bulog asal Kabu-paten Purbalingga yang terkesan seadanya dalam menye-torkan beras.' "Seharusnya karena men-jadi mitra, beras yang disetorharus lebih baik dari mitradari luar. Karena yang akanmengkonsumsi adalah ma-syarakat lokal daerah," tegas-nYa' 'ffi

sr-ad

Page 12: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KttrPING MEStr,& ,

BA#I,{I{ I{$HA$.$ffiDA Ptlfi$tr,ffi$*E

Page 13: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KLIPIHG MEDIAfiA*IqH ffL'}I4$ ffETilA PIJR*AIIH##F

SarrclIrP,Ssr SENIN PON,I JUNI 2015

Mol ot, Pembangunan ]embatanGatot Subroto

PELEBARAN jalan menggunakan alat berat di Karangmoncol,, SATELITPOST/FUDALAFGANI

Purbalingga, Sabtu (6/6).

saat ini pembangunan sudahmencapai enam persen. Na-mun dalam pelaksanaaanyabaru mencapai empat persen."Namun keterlambatan ter-sebut rencananya akan di-kejar. Pelaksana proyek op-timistis pada Oktober nantipembangunan jembatan bisase1esai," katanya.

Sigit menambahkan pem-bangunan seharusnya di-bangun tahun lalu. Nainun,proyek itu tidak terlelang,dan akhirnya dilelang trlangtahun ini. Pembangunap ter-sebut mendesak dilakukanuirtuk memperlancar lalulintas. Sebab kendaraan yanghendak melintas harus- ber--gantian melewati jembatanyang lama. 1r

]embatan haru yang di-bangun sepanjang 88 meter,dengan lebar enam meter.Lokasinya sekitar empat me-ter di sebelah jernbatan yalglama. Adapun anggaran yangdisiapkan untuk membangunjembatan adalah Rp i.2 miliarlebih.

"Jika pembangunan jem-batan baru ini selesai di-harapkan dapat memper-lancar arus lalu lintas ialurKecamatan Bobotsari-Ke-camatan Rembang. Jembatanlama nantinya hanya untukarus kendaraan dari ar.ahBobotsari. Sedangkan jem-batan baru untuk arus dariarah Rembangi' katanya.Gan)

PURBALINGGA, SATELIT.POST-Pembangunan jem-batan Gatot Subroto yangmenghubungkan Desa Ka-rangsari Kecamatan Karang-m,oncol dan Desa Karang-tengah KeCa'matan Kerta-negara terancam molor. Sejakpembanguna4 dimulai 1 Aprilrealisasi masih pada kisarane'inpat persery jauh di bawahtarget 20 persen.

Hal ini diketahui setelah

nannya masih di kisaran se-lrttar 2,8 persen," kata WakilKetua Komisi IV DPRD Pur-balingga Karsmo SH, Ming-sa (7 /6).

Ia mengaku khawatir akanterjadi keterlambatan. Pa-salnya, jarak antara targetdan realisasi melampaui stan-dar deviasi maksimaf yakni-10.persen. Komisi TV men-desak dinas terkait dan pe-laksana proyek agar prosespembangunan dipercepat.Berdasarkan hasil laporan,kondisi itu disebabkan ka-rena pelalcarn kesulitan merr-datangkan alat berat. "Se-benarnva alasan alat tidakrasionai karena sebelumnyasudah ada rencana kerja,yang artinya kendala tni se-

bisa diantisipasi,"harusnyaurarnya.

a Komisi IV DPRDanggota Komisi lV lJPurbalingga melakukan

batan tersebut pg'kan lalu.

I-urDalrngga melaKuKan Pan-tauan pembangunan jem-batan terbebut oekan lalu.

Yoni Kuswoyo, anggotakomisi IV, mgngatakan,' daripantauan pemlangunan be-lugr juga mulai pada tahapkonstruksi. Pembangunanbaru pada tahap pengerukantanah. Padahal menurufiryaseharumya-sudah mulai pern-bangunan struktur. " Ang-garan sudah dicairkan unfukDP sebesar 15 persen," katadia.

Kepala Dinas PekerjaanUmum (DPU) KabupatenPurbalingga, Sigit Subrotomerribenprkan adanya keter-lambatan dalam proses pe-ngerjaan pembangungn jem-batan tersebut. Menurut datayang dia miliki seharusnya

'rBerdasarkan peren€anaanpembangunan jembatan, se-haruEnlra sudah mencapai20,2 persen. Namun kamimelihat realisasi pembangu-

Page 14: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KT,XFSH* }t'gE*I&F 1 f; I.Ui I{Li,\{,q$ $HTilA PUIt$.{[iHfi 'i

Sarnlrrpcsr SENIN PON,8 JUNr 20.l5

Page 15: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

i.

..t .,...

i}"&*kl{iili:1ifi lr,

Empat TrontonBerassmbalikahkDi

I Ditemukan Berkualitas JelekPURBALINGGA- Tim

pemantau beras dari elemenmasyarakat sipil menemukan

beras berkualitas jeleksaat memantau beras yang'

masuk dari mitra Bulog diGudang Bulog Karangsentul,

akhir pekan lalu. Merekameminta, agar sedikitnya

empat tronton beras tersebutditolak dan dikembalikan.

IREKTUR LSIY Mandat YudhiaPatriana yang melakukankontrol mengatakan, kualitasberas terhadap sampel dari

empat tronton beras yang masuk dibawah standar. Seperti warnanya kusamdan banyak yang pecah,

"Kami minta beras itu ditolak. Kalaubesok masih ada yang kualitasnyajelek, berarti ada oknum Bulog yangmain kucing-kucingan sama mitranya,"katanya.

Direktur Institut Negeri Perwira(lNP) Indaru Setyo Nurprojo yang

ikut mengecek beras itu mengatakan,keterlibatan masyarakat sangat pentinguntuk mengontrol proses pengadaanberas Bulog. Hal ini karena selama

bertahun-tahun masyarakat disuguhiberas dengan kualitas tak sesuaista nda r.

"Tidak sesuai standar, misalnyakadar air di atas 14,5 persen, sehinggalembab da,n mudah busuk, Yang brokenlebih dari 20 persen, menirnya jugalebih dari 2 persen," ungkapnya,

Dia menjelaskan, fungsi kontroljuga akan dilakukan pada pengadaanberikutnya. N4enurutnya, meskipundibeli dengan harga murah, masyarakattetap berhak mengonsumsi beras layakkonsu msi.

"Mari <ita kawa bersama-s'ama.Kades-kades juga diharapkan proaktifjika menemukan beras berkualitasjelek," tegasnya.

DitolakHumas Bulog Subdivre Banyumas M

Priono mengatakan, beras yang tidakIolos uji kelayakan sebelum masukgudang akan ditolak. Selanjutnya,mitra Bulog akan diminta memperbaikikualitas beras.

Ada empat truk tronton beras yang

dikembalikan. Masing-masing berbobot7 ton sampai 8 ton.

"Kami minta untuk memperbaikikualitas beras, Sementara berasyang telanjur masuk juga akandikembalikan dan biayanya mereka yang

menang gung," ujarnya. (sMNetwork/h82-06)

Page 16: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

Teilsos di SunEaiPURBALINGGA- Dalam sehari, Sabtu (ffi)dua orang hanyut di sungai berbeda. Keduanyaditemukan dalam keadaan tak bernyawa. Korbanpertama, Anjun Pratama (6), warga RT 4/RW 6Desa Kedungjati, Kecamatan Bukateja, Bocahtersebut hanyut di Sungai penaruban desasetempat, saat mencari ikan.

Kapolsek Bukateja Ajun Komisaris Suponomengatakan, sebelumnya, sepulang sekolahsekitar pukul 11,00, korban sempat pamit kepadaneneknya untuk bermain bersama teman-temannya mencari ikan di tepi sungai.

"Menurut saksi mata, korban langsungterjun ke sungai, namun ternyata korban tidakbisa berenang. Korban akhirnya hanyut dantenggelam," katanya.

Bersama keluarga, polisi, TNI, dan tim SARkemudian mencari korban menyusuri sungai. Tigajam pencarian pun membuahkan hasil. Korbanditemukan mengapung di tepi sungai sekitar 500meter dari lokasi dalam keadaan tak bernyawa.

Setelah diperiksa tim medis dan diindentirjkasioleh Inafis Polres Purbalingga, korban kemudiandiserahkan ke keluarga untuk dimakamkan padaSabtu sore.

"Kami mengimbau kepada warga masyarakatuntuk mengawasi anak-anaknya saat merekabermain. Terlebih lagi bagi mereka yang memilikirumah di tepi sungai agar kejadian serupa tidakterulang," katanya.

Cari Kayu BakarSementara itu, beberapa jam berselang,

sekitar pukul 18.30, kejadian serupa terjadi diwilayah Kecamatan Kaligondang. Ratno (43),warga RT 1/RW 4 Desa Sinduraja tenggelam diSungai Ranu desa setempat.

Kapolsek Kaligondang Ajun Komisaris SSUdiono men.lelaskan, sekitar pukul 09.00 korbanberpamitan ke keluarga untuk repek atau mencarikayu bakai-. Namun hingga petang, korban takkunjung pulang. Keluarga yang mencari korban

menemukan tumpukan ranilng kering danb!?:r,upq buah ubi di repi sungai yang OiOugamiiik korban.

"Begjtu mendapatkan laporan, pencarianbersama pun dilakukan malam itu juga. Namunbelum membuahkan hasil. pencariin dihentikansementara," katanya.

. Pencarian dilanjutkan t4inggu (il6) pagi_pagi

sekali oleh pihak keluarga. Sekirar pukul d9.00;korban berhasll ditemukan mengapung di tepisungai sekitar satu kilometer dari tempat hanyut.Setelah dievakuasi, korban ialu divisum olehtim medis dan diindentifikasi oleh Inevis polresPurbalingga,

"Kesimpulan yang didapat, tidak ada tanda_tanda penganiayaan. Kejadian itu murni musibah.Ini dikuatkan dengan keterangan keluarga jikakorban memiliki riwayat penyakit epitepj aiauayan. Mungkin saat korban mandi, penyakitnyakambuh dan akhirnya hanyut,,, katanya. (pUmgo3-06)

Page 17: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

r.'-i i1i; : '.i l:*:.tu.iA I"a o \j

fi,qfi]#r}{ff&dilfi

PANYH-TFE5{i t.:::tl iLi.:l

l(ekiiiafi g*h&erih rr' Tre ktur:TPU.REILII{G6A-,1(e.paia Dinas pertailian, peikebunan dan, :

Kehutanan (Dintanbunhut) Zainal Abidin mengatakan, saat ini

.[ab.10ate1 Pu rba I i n g ga masih kekrran gan,.op6r4to1, pEkror.,.

]Setiap tahun ada bantuan traktor dari pusat Tapi kendala , ,

,.'5ita' lah@urangan:operatoitraktoi. Tidal<'s*mua petani,, .bisa,pqngoperasikan, traktor itur/r katanya:.,:', , , , .

,', Sebab',untukrbisa rnengoperasikap,hand. tntctor yang

,ligr qg nakan'tangan, or#g harus iiemunyai n*r*O,nn.-Selain,ifu,butuh, kekuatan fi sik untuk, mengendalikanmesin itu. "Karena itu barangkali perlu dilakukan peiatihan

., pengoperaslan traktor, sehingga ketika ada bantuan traktor, bisl langsung -diprynakan hasil p*fatihan itu,, iuturnya ;

: . . Selain,

_eturahtign.operator, Zal nal rnenyay ngkan iu kuplayaKtfaktor yang hilang di sawah. pencur; iiUai mengamoittraktori melainkan hanya mengambil bagian mesinnya. '- - '

"Karena itu kami minta petanijangan mininggalkan traktor di,sawafi. $efela,h sile i digunakan, traktor sellitnya dibawa' . ,

: gu,Ja lUr- meslli tepqln ya, a kan Oipalai' ta gi di taian tu,"

katanya.

:,-.:,,!f ,faifl:t.rkaittrakbr,adatahAdtnt6*,bidian,triiree. .,

,.Iigx9d,ititi.p in,Ai.[egadaian.,Hal ini,mehyebabkan'kiLtor- \1

,,t[{1$.bisadipkai.sewaktu-wsftlg, ,,' :' .

, ,, at.inj Pur:h tingga rnasih ke.kurangan sekitar 800 iand:, frac@ Idealnya ada 2.000 h a n d -trar cti i,,: iapi sa at ini beru.. r.,,,*td9.ie(!i.qil12a0.hand.tracfar."Jaditita.tekurang;ns0o.u,traktor," kata Zainal.

Terkait dengan permasalahan itu, Wakil Bupati TasdijuEar herharap,adanya prqgr,ar6 pet5tihan,te[nisi tahor,sehingga sebelum diberi bantuan traktor, petani sudahbisa mengoperasikannya. '.Kalau tidak ada yang bisa

Sengopepsikan", nanti traktor:nya malah dianglurkan, tama -lama rusak. Kalau sudah rusak terus d6ual,,, klia Tasdi.(SMNetwortdfl0-06)

Page 18: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

Tfl ',.__j, -.: ,*.1:

.; . -.!:-i .::. -, - -i i=i r"., ;'r,, ror?dnyumas,j ,l:i .:.

i.,'. ij,1i. i il

::i:,;':"'Ij1sF$i

',t'i.liii: il!,

::,l$.iiiriiir,ar : i i I]]::i]ffi;;:::::

mr gunungan yang berisi sayuran dan hasil6Sbumi pada Festival Gunung Slamet (FGS).

ffit ',rt:.

(FGS) Berakhirdibutuhkan estafet kebijakan oleh kepemimpinanbupati berikutnya. Harapannya, potensi yang

sudah ada sekarang mampu diteruskan dan

disempurnakan. "Tanpa sentuhan estafet bupati,saya rasa tidak mungkin," katanya,

Bupati jr.rga berharap, kesadaran masyarakatlokai terhadao Sapta Pesona periwisata juga

terpelihara den ga n baik. Karena, keterlibatanmasyarakat iokal penyelenggaraan sektorpariwisat-a sangat penting, seperti yang

ditunjukkan masyarakat Serang dan sekitarnyapada penyelenggaraan FGS ini.

"Bila nanti ada investor yang akan mengelolapariwisata, saya juga meminta masyarakat lokallebih banyak dilibatkan agar mampu menjadipenerus pengelolaan berikutnya," tandasnya,

Event ProvinsiTerpisah, Kepala Dinas Kebudayaan

Partiwlsata Pemuda dan Glah Raga

(Dinbudparpora) Subeno mengaku telahberkomunikasi dan mengusulkan kepadaGubernur Ganjar Pranowo agar FGS dapatdijadikan evenf wisata budaya tingkat Jawa

Tengah.

"Gubernur sudah setuju. Tahun ini eventprovinsi ada di Festival Serayu di Banjarnegara.Tahun depan akan bergeser ke Purbaiingga dan

Dinbudpar Jateng sudah siap mem-backup,"ujar Subeno di sela-sela prosesi pengambilan airkehidupan Tuk (mata air -red) Sikopyah yang

berada di Dusun Kaliurip, Desa Serang, Kamis(4i6).1pt-oo;

Bupati Optimistis MampuTingkatkan Kunjungan Wisatar Festival Gunung SlametPURBALINGGA- Penyelenggaraan Festival

Gunung Slamet (FGS) I 2015 resmi diiutupoleh Ketua FGS Tri Daya Kartika, Sabtu (6/6)malam. Puncak acara malam itu ditampilkangelar band-band lokal dari Purbalingga,Banyumas, dan Pemalang, seta pertunjukan

lampu laser spektakuler selama 15 menit,Tri Daya Kartika berharap, FGS I ini mampu

meningkatkan kunjungan wisatawan di segitigadesa wisata, yakni Serang dengan potensi kebunstroberi dan Tuk Sikopyah, kemudian Kutabawamelalui pendakian Gunung Slamet, dan Siwarakdengan potensi Goa Lawa dan buah nanasnya.

"Terpenting, masyarakat tetap terus-menerusbersyukur atas karunia potensi lereng timurGunung Slamet yang diberikan Tuhan. Termasukmelestarikan tradisi budaya yang telah lamaada, agar wisatawan luar Purbalingga tertarikdatang ke sini," ujar Tri Daya Kartika saatmenutup rangkaian FGS I yang dipusatkan di

Rest Area Lembah Asri, Sabtu (6/6) malam.Sementara, Bupati Sukento Rido

Marhaendrianto mengaku optimis,penyelenggaraah FGS mampu meningkatkankunjungan wisatawan ke Purbalingga. Asalkan,lanjut Sukento, setelah kegiatan ini dapatdilakukan evaluasi guna penyempurnaan gelaranberikutnya. "Yang sekarang saya nilai cukupbagus. Namun harus dilakukan penyempurnaandengan kemasan yang lebih bagus lagi di masamendatang," katanya,

lv]enurut Sukento, agar pembangunanpariwisata Purbalingga dapat berkembang,

Page 19: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

@BanylJmffiSenin, I luni 2015

Pimrda l[uhernmediyeh

Bim irta letih ffi r',klpieh

,,IKETtIA,P,W NaClrlatut,Aisyiyafi ,Jaterlg,lisda Faik-hani .,,,',, 66136f1a p.en$urus: F.D.NA:Purb-alinggerperiode 20116.2020.

. di.SrM K. Mu hammadiyah, 3 Pu ibalirtgga' $€biu (6{6);1,,r,,,,,. :.,

::,:.',,::,:.:tii:,i l ' , i ,, .:..,:::t..: r::iri : : ,,.,.,,.,,',l.lt:tt",,, FURBAIIIIIGGA- Pemuda, Muhammadlyah,,{PM),dan Na$y:latul

Aisyiyah (NA) diminta untuk memancarkan kiprahnya di

tengah rirfsyarakat. Mereka harus bisa seperti sang surya.iKami harapkan mereka memancarkan kiprahnya

di-b6rb?6jdang,sepertipendidi[an,ke5ehatan,;=p-qqlaliki#asyarakata4" kata,Ketua FD Muhammadiyah

Wahyudhiana.Oia mengatakan hal itu saat pelantikan Pengurus Daerah

(PD) Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah 2015-2020 di SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga; Sabtu (6/6).

wa hy u dh ia n a j ug a : bErhffi p., k€F.

Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, dan wargaMuhammadiyah untuk senantiasa melakukan amitai makruidanh##ri,m#, lainmenjadihambaAflahyarrg.h.alfti,,,,,:,

i warga fUuhamrnadlyah,juga harus memiliki loyalitainasional.'-Karena itu PD Muhammadiph menegaslgn NfnI itu trarga

mati dan menolak ISIS," tegasnya.

Muhammadiyah tetap konsisten dalam pembangunan

Pl'l lama Imam Yuliahto.kepadA,:k ua, nrP!, NA lqqp.Syih Mu rn tah a nah. ke [ada

ketua baru

Page 20: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

'l: t,.:; i Eanyuma,I::.iiiu*i

ada kata berandai-andai ataumemperkirakan tersangka siapasaja. Kami tetap berdasarkendata yang kami dapatkan,,,tegasnya,

Pada tahap penyidikan jugaakan dilakukan penentuanmaupun penghitungan pastijumlah kerugian negara atasdugaan penyimpangan itu.Layak tidaknya kasus berlanjutke pengadilan juga karenaatas dasar tahapan yang sah,Tidak memaksakan diri maupunmerekayasa,

Manipulasi RDKKKasi Pidana Khusus (pidsus)

Ismail Fahmi menambahkan,kerugian negara bisa dilihatdari nilai subsidi yang diberikannegara, Selain itu, kerugianjuga bisa dihitung darirencana definitif kebutuhankelompok (RDKK) yang didugadimanipulasi.

"Misal pun ada yangmenjadi tersangka nantinya,itu berarti adanya indikasikuat pelanggaran terhadaphukum, yaitu pihak yangpaling bertanggungjawab padaperkara ini," katanya.

Seperti dlberitakansebelumnya, Kejari purbalinggamengendus dugaan korupsipupuk bersubsidi jenis ZA danNPK untuk sektor perkebunantebu tahun 207L-2012, Kejarimulai menyelidikinya padacatur wulan kedua tahun lalu.Dalam mesa penyelidikansebelumnya, seratus lebihorang terkait perkara ini sudahdimintai keterangan.

Mulai dari kelompok tani,penyuluh pertanian, daninstansi terkait. Termasuk didalamnya pengurus KomisiPengawas Pupuk dan pestisida(KP3) pada periode kasus ituterjadi.(SMNetwork/h82-06)

Fara TersangkaMulai Dibidikr Dugaan Korupsi Pupuk BersubsidiPURBALINGGA- KejaksaanNegeri (Kejari) meningkatkanstatus kasus dugaan korupsipupuk bersubsidi untuk sektorperkebunan tebu tahun 2011-20L2 dari penyelidikan menladipenyidikan. Pengumpulanalat bukti dan pemanggilansaksi-saksi dilakukan untukmembidik para tersangka.

"Per 5 Juni kemarin,kami tingkatkan statusnya(menjadi penyidikan -red),Surat perintah penyidikanresmi ditetapkan dengannomor surat perintah 721l4.3.23 /F d.U 06/20 15 sudahdikeluarkan," kata KajariMartini kepada wartawan akhirpekan lalu.

Artinya, pihaknya sudahmenugaskan jaksa penyidikrnelakukan langkah- iangkahmengumpulkan alat bukti,pemanggilan saksi-saksi danmenghitung kerugian negara.Namun demikian, pihaknyabelum bersedia menyebutkansiapa saja tersangka yangterlibat, karena akan diolahdulu melalui penyidikan.

"Yang jelas jika sudahnaik ke penyidikan, berartiindikasi perbuatan melawanhukum jelas ada. Tinggaberlanjut ke alat bukti dan jikalengkap, masuk ke penetapantersangka," tegasnya.

Dengan ditingkatkanstatusnya, kejaksaanmenegaSkan kalau penanganankasus dugaan rasuah pupukbersubsidi tersebut tidaklahmandek. Ini juga menjadipenegasan bahwa tidak adapermainan dalam kasus ini.

"Tidak benar kalaupenanganan perkara ini bakalmandek. Jika memang darihasil penyidikan menghasilkankeputusan memenuhi untukmaju ke pengadilan, kamitetap jalan. Bagi kami tidak

Page 21: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KTIPING MEDIAfiAf;t{H I{IJMA$ $$T}A Pi'IfiB,{TI$$fiE

Radar Banlrumas o Senin pon 8 Juni2015

Dana Siltap Mrtl _ , ^^ r pendidilfan ,.,iu,r:3pe,n<iidikan.vangNuwun sewu, niku janjane para pamong desa I UIIutUlll .berkualitaslah yu.rg ituisios napa mung di eneng-enengi thok' gole Sambungan dari hal i ;;;b;u f"rrirut u" au"diparingi siltap.Lah terusan ADD lan lan dana2liane sing jare milyaran arto diweken desa

-

kemajuan'Ini merupakanmbokan olih diengge kebutuhaning desa. Napa

^Hal itu disampaikan oleh tantangan berat bagl Mu-

enggane mboten-p-ercaya temen f,rro purong Dosen sekaligus BPI-I Uni- hammadiyahi' tandasnya.sirig*nang desa, apa ya curiga bae, mbokan versitas Muhammadiyah Sementara itu, Ketua FDartone diliorupsi, naudzubillahimindzalik. Surakarta, Drs Dahlan Muhammadiyah Purba-

NN 085292917797 RaisMHumsaatmenyam- lingga, Drs A M Wach-

PURBAIII|GGA tt(SPRt$ ffi:f,t ltt:,rf"-f;"1i" #fl"#:.H$,m#il::song Muktamar Muham- diyah harus senantiasa

Pendidikan Muhammadiyah i:i.1il#'H;TJ;;'"",,i;- fi:tilTl',,ii,f,JlH?.'r:il,1

Harus Berkualitas l,1,:,tfffi|,$:f ;?.il: f":fliX'd:fi#l*#i,9puRBALINGGA-pendidikanyangdise- |ltt"

masa bhakti 20I5- yah juga harus rnemiliki

r",ugu.ur.u., oreh rrruhimmlgl,^*_q ili? fflJt,t'1"}silff_ ll#iil'i#::]""?,l, r,fitgPurbalingga diminta -?"qt9:l3ilT madlvah : eurbariiilga. hammadiyah purbaringgakualitas. Hal ini dilakukan agar pen- --;

;id;i.;;uilt *"*uu#iil;;h; J;;", i, i,:Iffi t :,"1*.|: i:: r;l*ll;1,%:r* f"-,xtkemajuanummat.<lr]-1iInmenaijazahp"aisuyangISIShadirdiIndonesia.sa-at ini gencar diberi- Wachyudiana juga me-takan. Kasus tersebut me- minta kepada pengurusnurutnya, telah melupa- Pemuda Muhammadiyahkan pentingnya kualitas dan pemuda Muhamma-pendidikan. Hal itu justru diyah purbalingga untukakan semakin mernbi;ai senantiasa berkipra)_r,, me-bangsa ini tertinggal dari mancarkan rahmat islambangsa lain. dan senantiasa mengab-

ISTIMEWA

DILANTIK: Pengurus PD Pemuda Muhammadiyah Purbalingga dilantik.

dikan diri di bidang sosial,pendidikan, kesehatandan lainnya.

Pada kesempatan itu, Ke-tua PW Pemuda Muham-madiyah Jaw a Tengah, Zaenuddin Affandi melantikpengurus baru PD Pemu-da Muhammadiyah Pur-balingga periode 2015-2020 yang diketuai Mu-akhor Abu Salam. Mua-khor menggantikan ImamYulianto, Ketua PD Pe-muda Muhammadiyah se-belumnya.

=-semenraral Kerua pW

Nasyiatul Aisyiyah IawaTengah, Lizda Fathanimeiantik kepengurusanPD .Nasyiatul'AisyiyahPurbaiingga periode 20-L5-2020 yang diketuaioleh.Janisah yang meng-gantikan Dra Syifa M.Acara rersebut juga di-hadiri oieh Bupati pur_balingga, pimpinan Dp_RD, Poires purbalinggad-an undangan lainnya._(bdg/adv)

Page 22: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KLIFISG MESr&$,q $tt$ i{{J,Mfi $$$T}Jt ptrB$At}$*#,t

R.adAf BanyUmas o Senin pon 8 Juni2015

Carillcan,SiswaTewasTenggelarn

BUKATEJA-Nasib nahasdialami oleh Anjun Pratama(6), warga Desa Kedung IatiRT 4 RW 6 Kecamatan Bu-kateja. Bocah tersebut ha-nyrt di Sungai Penarubandesa setempat saat mencariikan Sabtu (0/0). Piaugakorban tenggelam karenatidak bisa berenang.

Kejadian berawal saat kor-ban pulang sekolah sekitarpukul i1.00 WIB. Korbanyang baru pulang kemudianlangsung berpamitan keireneknya untuk mencariikan bersama teman-te-manya di Sungai Penaru-ban.

Setelah sampai di tepisungai, korban langsungterjun ke sungai. Namun,karena korban tidak bisaberenang dan kondisi su-ngai yang dalam, korbanhany'ut dan tenggeiam. Haltersebut membuat korbanmeninggal.

Kapolres Purbalingga AK-BP Anom Setyadji SIK me-lalui Kapolsek Bukateja AKPSupono mengatakan, dariinformasi yang dikumpul-kan, sepuiang sekolah se-kitar pukul I1.00 \MB, kor-ban sempat pamit kepadaneneknya untuk bermainbersama teman-temannyamencari ikan di tepi sungai.

"Keterangan saksi mata,korban iangsung terl'un kesungai, namun ternyatakorban tidak bisa berenang.Korban akhirnya hanyutdan tenggelami'. katanya.

_ Serelah dTangkar dan di_

Iakukan pemeriksaan oiehtim dokter dari puskesmasdan Tim Inavis, tidak adalanda randa penganiyaan.rentngga kejadian tersebutmurni kecelakaan.

,- Kapolsek Bukateja meng_

l]nm.bau agar masyarakitDtsa. rkut mengawasi anak_anat(nya saat bermain ditepi sungaj. ,,Iangan

izinkananak bermain di tepi sungaitanpa p. engawasan orangdewasa," himbaunva.

Kejadian serupa lrgu ,.r-jadi di Kaligonding. t"iauguT!"d.I.1g. penyakir ayan,Hatno (43) warga RT'I/4Desa Sinduraja, Kecamatannaiigondang tewas teng_gelam di Sungai Ranu, Sabr-u(til6J pukul 18.30 \MB. Kor_oan pamir ke pihak keluargahendak mencari kayu bakirdr tepian Sungai Ranu^

Kejadian beimula pukul09.00 WIB. Korban ber_

Page 23: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015
Page 24: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

Radaf BarryrumaS o Senin pon 8 Juni 2015

--.PU R BAII]{GGA TI(SPR TL-TNI Pantau Distribusi PupukBOBOTSARI-Pengawasan distribusi pupuk ber-

subsidi hingga ke petani mendapat pengawasandari berbagai elernen. Hal ini dilakukan agar pe-nyalahgunaan pupuk bersubsidi tersebut tidakterjadi. Selain itu, pengawasan distribusi bisameminimalisir kelangkaan pupuk saat musimpemupukan tiba.

"Sejauh ini, Iaporan penyalahgunaan pupukbersubsidi masih nihil,l' katAa Danramil 0BBobotsari saat meninjau'pengawasan distribusipupuk di Desa Dagan, Minggu (7/6).

Purwanto menambahkan, monitoring tetap.di-Iakukan guna memastikan tidak ada lagi penya-lahgunaan komoditas bersubsidi tersebut. Se-hingga, kebijakan swasembada pangan yangdicanangkan pemerintah bisa berhasil.

' Selain faktor pupuk bersubsidi, untuk men-dukung pencapaian swasembada pangan jugaperlu pengaturan air irigasi dengan baik. Selainitu, pendampingan petani setelah masa tanam juga' akan diiakukan oleh TNI dan PPL.Dalam monitoring pengawasan pupuk di Desa

Dagan, tercacat distribusi pupuk untuk petanisebanyak 5 Ton pupuk. Yakni dengan rincian 2,5

r ton pupuk urea dan 2,5 pupuk Phonska. "Pupuktersebut disalurkan untuk lahan seluas 25 hektar

, di Desa Dagan," tambahnya.TNI berkomitmen akan terus melakukan.pe-

: ngawasan distribusi pupuk di wilayahnya. Se-hingga, penyalahgunaan dan kelangkaan pupukdi wilayah Kecamatan Bobotsari tidak terjadi dan

' pupuk subsidi bisa'dinikmati para petani.(jok/bdg/opl)

I

PANTAU PUPUK : Danramilpasokan pupuk petani.

P UTUT'RA DA RIAS

Bobotsari memantau

Page 25: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KLIPtrNG MEDIA$AfiHq }{{JK{$ $g,T$e P[IRB,{II]{,#$&

Radar Banyf.rmaS r Senin Pon 8 Juni 2015

Progres Fisik Iembatan Gatot

Subroto Disorot

PURBALINGGA- Realisasi Pe-kerjaaan pembangunan Jem-batan Gatot Subroto di Ke-camatan Kertanegara disorotKomisi IV DPRD Purbalingga.Wakil Ketua Komisi IV DPRDPurbalingga Karseno SH me-niiai, berdasarkan kunjungankerja ke lokasi, realisasi fisik

pembangunan jembatan balu2,8 persen. Padahal, jika me-ngacu pada penawaran awai,seharusnya sudah mencaPai20,2 percen.

"Menurut kami belum sesuai tar-get. Artinya bisa dikategorikan ke-tinggalan dan harus ada itikad daripelaksana proyek untuk mengejarketinggalan progres ini," tegasnYa,

Dinilai Belum Sesuai Target

Minggu (7/6). *" kehallo

r P10ut0smengejar ketinggalanpelaksanaan proyekbisa terancam molor,"bahnya.

itu,itu

tam

Kepala Dinas PekerjaanUmum (DPU) KabupatenPurbaiingga, Ir Sigit Su-broto MT membenarkanadanya keterlambatan da-lam proses pengerjaanpembangunan jembatantersebut. Sesuai data DPU,seharusnya pembangunanitu sudah mencapai 6 per-sen. Namun dalam pelak-sanaaanya baru mencapai4 persen.

"Keterlambatan tersebutrencananya akan dikejar.Pelaksana proyek opti-mistis pada Oktober nantipembangunan jembatanbisa seiesail' jelasnya.Sigit juga mengatakan,

pembangunan seharusnyamulai dilakukan tahunIalu. Namun, proyek itutidak terlelang, dan barudilelang ulang tahun ini.Pembangunan tersebut

mendesak dilakukan untukmemperlancar lalu lintas.Sebab kendaraan yanghendak melintas harusbergantian melewati jem-batan Iama.Iembatan baru yang di-

bangun sepanjang BB me-ter, dengan lebar enammeter. Lokasinya sekitarempat meter di sisi jem-batan lama. Adapun ang-garan yang disiapkan un-tuk membangun jembatanadalah Rp 12 miliar lebih.

"Mendatang, saat jem-batan baru bisa diguna-kan, harapannya marrrpumemperlancar arus lalulintas dari Kecamatan Bo-botsari-Kecamatan Rem-bang dan sebaliknya. Jem-batan lama nantinya jugatetap digunakan, namunhanya untuk arus ken-daraan dari arah Bobot-sari. Sedangkan jembatanbaru untuk arus dari arahRembang," rincinya.(amr/bdg)

Kesulitan Datangkan AlatBerat

Sambungan dari hal 7

Seperti diketahui, jem-batan mega proyek itumenghubungkan Desa Ka-rangsari Kecamatan Ka-rangmoncol dan Desa Ka-rangtengah KecamatanKertanegara. Beberapawaktu lalu masih dilaku-kan persiapan untuk pon-dasi.

Pihaknya juga memper-tanyakan kepada dinasterkait dan pelaksana pro-yek soal realisasi pekerjaanitu. Berdasarkan hasil la-poran, keterlambatan itudisebabkan karena pe-laksana kesulitan rnen-datangkan alat berat."Kami berharap keter-

tinggalan tahapan pelak-sanaan pembangunan bi-sa dikejar. Jangan sampaiterlambat lagi. Karena jikatidak dipacu lagi dengan

Page 26: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KLXPING MEDIAH,\ITL{,q I{ IJh{'{$ $[T}A PI,IRBI{I,IHO$A

Radar Banymas o senin Pon 8 Juni 2015

BDidugaAda BekingPemasok RaskinPURBALINGGA - Gu.

dang Bulog KabupatenPurbalingga diminta tegasdalam menolak beras un-tuk masyarakat miskin(raskin), yang memiliki

kualitas jelek. Sebab, kua-litas raskin yang bela-kangan masuk ke GudangBulog Purbaiingga, kua-Iitasnya sangat jelek. Di-

elekrektur Instutut Negeri Per-wira, Indaru Setyo Nur-projo menduga ada bekingdi belakang pemasok ras-

lak Raskin ITota Tegasulo-g Dimin

kin. * kehallO

]angan I(orbankan Rakyat

r Bultlg llimintaSambungan dari hal 7

Indaru mengatakan, pi-haknya akan terus meng-awasi drooping raskin diGudang Eulog Purbalingga.Dia juga mengungkapkan,jangan sampai ada transaksidi bali,ah meja antara mitradengan Bulog. "Ini terkaitmasyarakat. J angan sampaimasyarakat jadi korban de-ngan menguntqngkan ke-lompok tertentu," katanya,baru-baru ini. Dia men-jelaskan, belakangan mitraBulog termasuk mitra asalKabupaten Purbalingga,terkesan menyepelekan kualitas beras yang disetor keBulog. "Kami berkomitmenuntuk menolak raskin de-ngan kualitas jelek. Ter-masuk raskin yang dise-torkan oleh mitra Bulog asalPurbalinggai' imbuhnya.

Dosen FISiP Unsoed Purwokerto ini, mensinl,alir adabeking di belakang mitra

Bulog, yang "ngeyel" me-nyetorkan beras dengankualitas jelek, yang akandididtribusikan sebagai ras-kin. Pegiat seni dan sosialHaryono Sukiran di mediasosial juga menyayangkankualitas raskin yang tetaptidak sesuai aturan yang ada.Bahkan, dia menyebut raskin kualitas jelekyang ada takhanya tak layak dimakanoleh manusia, tetapi jugaoleh hewan peliharaan ayam.Dia menuding, hal itu

merupakan ulah dari mafiaberas, yang tidak dikawaloleh aparat terkait. "Mafiaberas bersliweran di mukaaparat. Tapi blas gak bisaditangkapi' ujarnya. YudiaPatriana, dari LSM Mandatmengatakan, ulah mafiaberas yang menyebabkanraskin kualitasnya selalujelek, harus ditindak. Diamengajak seluruh elemenmasyarakat untuk mendesakKejaksaan Negeri Purba-Iingga, untuk menyelidikihal ini. (tya/bdg)

Page 27: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KI,IPING MEDI,,E&,qfi ffi{ tr{Jffi$ $ffiT$$ p{lH$AIIi{*{i&

Radar Banyumas o Senin Pon 8 Juni 201 5

I(etua DPRD: Kasus

Pupuk Harus Tunte$PURBALINGGA- Langkah

Kejaksaan Negeri Purba-Iingga meningkatkan statusperkara penyelidikan men-iadi penyidikan kasus dugaanpenyimpangan pupuk ber-subsidi ditanggapi positifKetua DPRD Purbalingga,Tongat SH. Ia mewanti-wanti agar kasus ini bisatuntas dan tidak ada "titi-pan" dari pihak .nanapunagar kasus ini dihentikan"

"Kami juga meminta agarkasus ini tidak merrjadi ko-moditas politik menjelangpilkada bupati dan wakil bu-pati. Siapapun ya4g terlibatdarr terbuki, wajib ditindaksesuai hukum yang berlaku.Namun jika tidak terbukti, itutidak bisa dipaksakani' tegas-nya, Minggu (7/6).

Pihaknya juga siap me-mantau perkembangan pe-nuntasan kasus ini. Iika adapihak pejabat maupun ek-sekutif terbukti terlibat pirn-

pinan harus bisa mengambilsikap sesuai hukum dan tidakmembelanya.

"Transparan saia lidak adayang ditutup- iutupi" |ikaterbuk-ti bersalah di penga-dilan, maka hukurn siapmenantij' tambahnya.Ia kembali menegaskan,

kasus dugaan penyirnpanganini sangat rawan dijadikanajang rnenuduh atau knm.o-ditas menyerang salah satucalon. W kehdl0

tisida (KP3) pada periodekasusituterjadi.

Diberitakan sebelumnya,penanganan kasus dugaanpenyimpangan KejaksaanNegeri (Kejari) Purbalinggapupukbersubsidi jenig ZA danNPK untuk sektor perkebu-nan tebu tahun 20lI-20I2,memasuki babak baru. Pa-salnya per 5 ]uni Kajari me-ningkatkan status penye-Iidikan menjaj di penyidikan.Artinya selain mengumpul-kan alat bukti dan pemang-gilan saksi- saksi, indikasitersangka bisa segera dite-tapkan. (amr/bdg)

Harus Dikawal Masyarakatr IGIUA IIPBO:

Sambungan dari hal 7

Hal itu sangat tidak baik dandiminta semua berjalan propor-sional.Da menambairkan, Iang-kahkejalaaaanR:rbalinggame.nuntaskan kasus ini juga harusterus dikawal dan didukung.

Sementara itu, untuk lang-kah antisipasi agar kasus initidak terulang di tahun ini,pihaknya meminta siapapununtuk me laporkan jika adayang "bermain-main" de-nga4 pupuk bersubsidi yang

notabene hak petani."Jika ada yang menimbun

atau menyebabkan pupuklangka, maka dilaporkan sajadan hams mempertanggung-jawabkan di depanhukum. Ka-sihan petani yang merupakanpendukung pasokan pangandi Indonesiai' ungkapnya.

Seperti diketahui, dalammasa penyelidikan sebelum-nya, seratusan orang terkaitperkara ini sudah dirnintai ke-terangan. Mulai dari kelom-pok tani, penyuluh pertaniandan instansi terkait. Termasukdi dalamnya pengurus KomisiPengawas Pupuk dan Pes-

Page 28: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KLIFING MEDIA

Radar Banlnrmas o Senin pon I Juni 2015

BandaraBisa@gundiLuarWirasahffi

dari informasi Yang diterima,srrdah ada investor Yang siaP me-ngucurkan dananYa, untuk mem-bL,grn bandar udara komersialt"ruJbrt. Bandara tersebut bahkanbisa dibangun di lokasi Yang baru,bukan di Lanud Wirasaba.Hal itu disamPaikan BuPati Pur-

PURBALINGGA- Rencana Pem-bansunan Bandar Udara Komersialdi K"abuparen Purbalingga, mulaimenemui titik terang. KementrianPerhubungan (Kemenhub) sudahmemberikan sinYal Positif Pem-bangunan bandala lcomersial diKabirpaten Purbalingga' Br lr,kan,

Temanggung, siaP mengucurkandana.

"Masing-masing sePakat akanmengalokasikan dana RP 5 miliaruntuk pembebasan lahan. Jadi ,

anggaran untuk Pengadaan tanairsudah ada sebesar RP 80 milia;;"tuturnya.

balinsea, Drs H Sukenro saat me-

.rru*iiikun sambutan di Pengaiiannliuina"r,ummadiYah, Sabtu (6/6)

di Gedung baru SMK Muhamma-divah 3 Purbalingga.M"nrrr,rYu, Pembangunan ban-

dara tersebut juga telah mendapatkarldukungan dana dari Petneriilta}t

Provinsi dan kabuPaten tetangga'Pernprov telah menyiapkan anggaran

Rp 50 miliar.- L"u- kabuPaten sekitar bandara

,utni XubrPiten Purbalingga' Ka-

Lupaten BanYumas, KabuPaten Ban-

i-'n.nr.u, (abu P aten wonosobo'

krbrp'ut"n Kebumcn dan KabuPaten

W kehatl$

Kirim Rencana-Konkretr Bandara

Sambungan dar'i hal 7

ada rencana konkretnYai'tambahnya.

Bupati juga mengaku te-lah menerima tawarandari investor Yang siaPberinvestasi di berbagaisektor termasuk Pemba-ngunan bandara. "RP B0

Miliar itu untuk Penga-daan tanahnYa. RP 250miiiar untuk Pembangu-nan bandaranYa nantisudah ada investor Yangsiapl' tuturnya. (tYa/bdg)

Bupati menambahkan,dalam satu bulan ini, ma-sing-masing kabuPatendiminta untuk segera me-nyampaikan rencanakon-kret pembangunan ban-dara ke Gubernur Jar't'aTengah. "Dalam satu tru-lan [.e depan harus sudah

Page 29: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KTIPING MESIA$,{$ttl{ }{iJ}$[,t$ $$til] pilRfiei,ffi*#-{

ni 201S

Ganti Rugi Pelebaranf-fIalan Talq Ielas

Warga MengadukeGubemurViaMedsos

PURBALINGGA - Tak kun-jung dibayarkan ganti rugi tanahmereka akibat pelebaran jalanalternatif Karangmoncol iceRembang, warga Desa Grantungdan Desa Pekiringan mengaduke Gubernur lawa Tengah Gan-jar Pranowo via media sosial.Aduanyang diunggah ke mediasosial oieh salah satu wargaSayono, Sabtu (6/6) lalu itu,mendapatkan beberapa komen-tar dari pegiat media sosial ataunetizen.

Daiam statusnya yang diung-gah melalui facebook tersebut,pria yang memiliki nama akunMas Say ini meminta, kepadagubernur untuk menindak lan-juti kasus tersebut. Sebab, ham-pir dua tahun pasca pelebaranialan tersebut, hingga saat inibelum ada tindak lanjut dariPemerintah Kabupaten (Pem-

kab) Purbalingga. Dia men-jeiaskan, pelebaran jalan ter-sebut merupakan proyek lan-jutan dari pembangunan Jem-batan Kali Karang, yang meng-hubungkan Karangmoncol keRembang pada 2012 lalu. "Pada2013 jalan penghubungnyadiiebarkan. Sehingga ada be-berapa bidang sawah yang ter.kena peiebarani' imbuhnya.Rinciannya, ada 16 sawah

yakni 11 bidang sawah milikwarga dan lima bidang sawahmilik desa. "Namun, sudahhampir dua tahun belum adaganti rugi yang diterimai' ujar-nya.Dijelaskan, sesuai dengan

konfirmasi yang diiakukan war-ga dengan Pemkab Purbalinggamelalui Dinas Pekerjaan U-mum (DPU), sebenarnya ang-garan sudah ada sejak 2014 lalu.Namun, kemudian tidak jadidiberikan, sehingga masuk keSILPA 2015. Warg4 menurut-nya, merasa dibohongi oleh

Pada 2013 jalanpenghubungnya ciilebarkan.

Sehingga ada beberapabidang sawah yang terkena

peiebaran,"

SayonoWarga Purbalingge

pihak terkait. Apalagi, hinggasaat ini belum ada tanda-tandaganti rugi akan diberikan. Haltersebut menurutnya sangatdisayangkan.Karena sebenarnya bidang

sawah tersebut merupakan la-han produktif. Ganti rugi ter-sebut menurutnya adalah hakwarga yang terkena imbas pe-lebaran jalan. Sehingga sudahsepat utnya iliberikan sesuaidengan haknya. Surat terbuka),ang cliunggah olehnya tersebut,menclapatkan b anyak tangga-pan dari para netizen. Salahsatunya adaiah Indaru SetyoNurprojo dari Institut NegeriPenuira (INP). S kehal 10

Desak Pemkab Turun Tanganr Ganli Bugi

Sambungan dari hal 7

f)ia meminta kepada Pemkab Purbalingga, untukme-nyelesaikan hal itu, Bahkan,

dia menyebut hal itu men-jadi salah satu kegagalanPemkab Purbalingga saatini. Beberapa netizen iain-nya juga mengungkapkanhal yang sama. Selain itu,pihak terkait juga diminta

untuk meneyelesaikan kasustersebut. Sementara itu,Kepala DPU Kabupaten Pur-balingga Ir Sigit Subrotomasih belum bisa dimintaiketerangan terkail hal ini.(tyaluaS)

Page 30: Kliping Berita tanggal 8 Juni 2015

KLIPTNG MED[*.BAf; IA}{ HI}$fA$ $ETDA PiJRBAtIHffiA

Radar Banyumas r Senin Pon 8 Juni 20'15

x!DM*=o=Joo.OgnJMtr{F=2..!r{IOtri5E-oox9rdio05=t,x='t-.J='tlao-orEo3oc33Bo-oss.Erq&(olitsOrf!,

EEjfdo:top.E=!rorfx'-I6r,6='A'-csdrLiOE-E8*O=oEr3gFtrcxiioai;oEo=5gcao a,-'n,o fltaO9L-40,6q-L6oFr<'!r

frq39.dllFo