kliping media tanggal 18 juni 2015

46
:{:-;:}i}{# I:,i ff Ii} IA Radar Banyfmds o Kamis pon 18 Juni 2015 DewanTolak DuaRaperdaSOTK Perubahan KPMPT dan Kesbangpol PURBAIINGGA. DPRD Purbalingga melalui Badan Legislatif menganulir dua Rancangan Peraturan Dae- ra}l (Raperda) dad ekeL:utif untu-k membenahi Strukffi Organisasi Tata Kerja (SOTK) I(PMPT dan Kesbangpol. Pertimbangan yang dizu- nakan, di antaranya tidak sesuai dengan Rencana pem- banBunan Iangka Menengah ( RPIM ) yang didalam n)'a ada visi dan misi bupati. "Jika Raperda itu tetap diwu- iudkaD, jelas kurang repat. Tahun ini ada pilbup, masa visimisi dan RPM dibuatsaat ini. Itu),langmenjadi salah satu alasan adanya anulir/' jelas Ketua Baleg DPRD Purba- l.ingga Suha.fto SH, kemarin. Meski begitu, untuk peru- bahan SOTK Dinas peker- iaan Umum masih berlanjut dan tidak dianulir. Saat ini, semua tahapan penlusrman raperda dari eksekutif se- dalg dikebut, misalnva nas- kah akademik dan lainnva. "Harapannya, Iuli men- datang Baleg sudal menj,e- Iesaikan beberapa raperda, terutama l"ng perda inisiatif," uiarnla Ada empat Raperda hisiatif yaRg sedang dikebut. Masing- masingdari empat 2014 tentang Desa yang implementasinya dimulai pada tahun ini. Namun nyatanya, saat ini materi itu belum sampai ke tangan DPRD. padahal saat naskah itu diteri-ma, maka akan dilakukan penyelara- san oleh Baleg DPRD dan disajikan kep ada Kettua DPRD. Kemudian pimpi- nan DPRD mendelegasi- kan kepada komisi maupun yang ditunjuk untuk me- mbahasnya. Sementara itu terkait Ra-- perda luncuran tentang toko modern dan penataan PKL, masih berhenti di tingkat eksekutif sej ak tahun 2012. Disisi lain laperda itu merupakan Raperda ini- siatif. (amr/din) komisi yangad4 laitu kornisi I ada penanggulangan ke- miskina4 Komlsi II iirisiatil terkait UMKM komisi III tentang pengembangan pa, dwisata dan komisi IV ten- tangjalan. > ke hat I Dibahas Lebih Rinci iudul yang terdiri atas 15 draf dan naskah akademik disiapkan oleh eksekurif dan empat oleh legislarii Sedangkan raperda komu_ Iatif terbuka ada tiga judul, yaitu tentang pertanggung_ jar,r,aban Pelakanaan ApB D 'IA 2014, Raperda peruba- han APBD TA 2015 dan Raperda APBD TA 2015. Semua judul Raperda yang diprogramkan meniadi pri- ontas anggota dewan untuk membahas dan menetap- kannya menjadi perda. Ada delapan judul raperda ten- tang desa yang diusulkan. oleh eksekutif tahun ini. Hal itu penting mengingat Pemkab memerlukan perda sebagai pegangan pelak- sanaan lru Nomor 6 tahun r llewan Sambungan dari halaman s "Iru semua masih global dau akan dibahas I ebih rinci dalam pekan- pekan ini," uogkapnya. Sementara itu, belum te_ reaiisasinya program leqis- lasi di DPRD terkait seitim- lah Raperda, sebelumnva diklaim karena eksekuiif belum menyerahkan draft naskah akademik seiumlah Raperda yangakan dibaJras. Tahun ini DPRD purba_ lingga telah memprogram- kan 24 judul Raperda untuk dibahas menjadi perda. Ada empat perda inisjatif de- wan. Sedangkan untuk ra_ perda prioritas terdapat 19

Upload: humas

Post on 22-Jul-2016

290 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

Page 1: Kliping media tanggal 18 juni 2015

:{:-;:}i}{# I:,i ff Ii} IA

Radar Banyfmds o Kamis pon 18 Juni 2015

DewanTolakDuaRaperdaSOTKPerubahanKPMPT danKesbangpolPURBAIINGGA. DPRD

Purbalingga melalui BadanLegislatif menganulir duaRancangan Peraturan Dae-ra}l (Raperda) dad ekeL:utifuntu-k membenahi StrukffiOrganisasi Tata Kerja (SOTK)I(PMPT dan Kesbangpol.

Pertimbangan yang dizu-nakan, di antaranya tidaksesuai dengan Rencana pem-banBunan Iangka Menengah( RPIM ) yang didalam n)'a adavisi dan misi bupati.

"Jika Raperda itu tetap diwu-

iudkaD, jelas kurang repat.Tahun ini ada pilbup, masavisimisi dan RPM dibuatsaatini. Itu),langmenjadi salah satualasan adanya anulir/' jelasKetua Baleg DPRD Purba-l.ingga Suha.fto SH, kemarin.

Meski begitu, untuk peru-bahan SOTK Dinas peker-iaan Umum masih berlanjutdan tidak dianulir. Saat ini,semua tahapan penlusrmanraperda dari eksekutif se-dalg dikebut, misalnva nas-kah akademik dan lainnva.

"Harapannya, Iuli men-datang Baleg sudal menj,e-Iesaikan beberapa raperda,terutama l"ng perda inisiatif,"uiarnla Ada empat Raperdahisiatif yaRg sedang dikebut.

Masing- masingdari empat

2014 tentang Desa yangimplementasinya dimulaipada tahun ini.

Namun nyatanya, saat inimateri itu belum sampai ketangan DPRD. padahal saatnaskah itu diteri-ma, makaakan dilakukan penyelara-san oleh Baleg DPRD dandisajikan kep ada KettuaDPRD. Kemudian pimpi-nan DPRD mendelegasi-kan kepada komisi maupunyang ditunjuk untuk me-mbahasnya.

Sementara itu terkait Ra--perda luncuran tentangtoko modern dan penataanPKL, masih berhenti ditingkat eksekutif sej ak tahun2012. Disisi lain laperda itumerupakan Raperda ini-siatif. (amr/din)

komisi yangad4 laitu kornisiI ada penanggulangan ke-miskina4 Komlsi II iirisiatilterkait UMKM komisi IIItentang pengembangan pa,dwisata dan komisi IV ten-tangjalan. > ke hat I

Dibahas Lebih Rinciiudul yang terdiri atas 15draf dan naskah akademikdisiapkan oleh eksekurifdan empat oleh legislarii

Sedangkan raperda komu_Iatif terbuka ada tiga judul,yaitu tentang pertanggung_jar,r,aban Pelakanaan ApB D'IA 2014, Raperda peruba-han APBD TA 2015 danRaperda APBD TA 2015.

Semua judul Raperda yangdiprogramkan meniadi pri-ontas anggota dewan untukmembahas dan menetap-kannya menjadi perda. Adadelapan judul raperda ten-tang desa yang diusulkan.oleh eksekutif tahun ini.

Hal itu penting mengingatPemkab memerlukan perdasebagai pegangan pelak-sanaan lru Nomor 6 tahun

r llewanSambungan dari halaman s

"Iru semua masih globaldau akan dibahas I ebihrinci dalam pekan- pekanini," uogkapnya.

Sementara itu, belum te_reaiisasinya program leqis-lasi di DPRD terkait seitim-lah Raperda, sebelumnvadiklaim karena eksekuiifbelum menyerahkan draftnaskah akademik seiumlahRaperda yangakan dibaJras.

Tahun ini DPRD purba_lingga telah memprogram-kan 24 judul Raperda untukdibahas menjadi perda. Adaempat perda inisjatif de-wan. Sedangkan untuk ra_perda prioritas terdapat 19

Page 2: Kliping media tanggal 18 juni 2015

ffil,iFii'lG f,t.[]Liil:;: riiliii;il':il1

r" t':rl; l1:irl ' r 'riri.-- i

, r.r: i t rl\r:i:ltirit,Radaf BanlrumdS o Kamis pon 18 Juni 2o.ts

PilkadaDinilaiKtrrangGregetBelum Ada "Di daerah lain, calon

yang akan maju sudah ba-nyakyang mensosialisasi-kan melalui spanduk danbaliho. Spanduk dan balihomereka sudah bertebaran diberbagai titik. Ha.l itu, belumterlihat di Purbalingga, ma-sih aden ayem," ujarnya-

KPU mengaku tidak bisa.berbuat banFkterkait hal itu.Sebab, KPU tidak mungkin

' memasangbaliho atau span-duk bakal calon bupati yargakan maju dalam Pilkada.

"Mungkin setelah pendaf-tamn calon 26 Iuli menda-tang, sudah bisa terlihat,"tambahnya. Perwakilan dariGP Ansor Kabupaten Pur-balingga Amin Muakor ber-harap, ke depanKPUSema-kin gencar melakukan so-sialsasi kepada masyarakat."Salah satunya adalah

dengan memanfaatkan pe-ngajian-pengaiian Syawa-lan. Sebab, di acara tersebutakan banyak jamaah pe-ngajian;' uiamya.

Aaggota I(PU PuibalinggaDivisi Sosialisasi MeyNurlelamengatakan, KPU Purba-lingga sudah memiliki banyalrencana sosialisasi, yang su-dah dilakukan iejakApril IaIu.

"Kali ini, KPU akan lebihbanyak turun ke lapanganuntuk menggelar sosiali-sasi,' ungkapn-va. (tyaldin)

Calon yang"Unjuk Gigi"PURBALINGGA - Pemi-,

lihan Kepala Daerah (Pil-kada) Purbalingga 2015,dinilai kurang greget olehsebagian maslarakat. Sebabhingga saat ini, belum nam-pak spanduk atau balihososialisasi calon bupati atauwakil bupati yang akan maiudalam Pilkada, I Desembermendatang.

Ketua Komisi PemilihanUmum (KPU) KabupatenPubalingga Sd wahluni AKSmengakui hal itu. Dia melihatfenomena tersebut dikare-nakan masih belum relasnlasiapa saja calon yang akandius.ngpartai politik (parpol).

"Saya sudah tidak bosan-bosan meririnta kepadaparpol untuk men"sosialisa-sikan calon yang akan me-reka usung dalam Pilkada.Namun karena memangbelum ada calon yang di-usung, jadibelum bisa men-sosialisasikan," j elasn1,a.

Dia mengakui, dibandhgkan daerah lain di Jana Te-ngah yang akan menggelarPilkada serentak 9 Desembermendatang, di Purbalinggaterkesan kurang greget.

Page 3: Kliping media tanggal 18 juni 2015

i{tlFj}Iffi hiH*iEQ illllll 1liil{! 0 f,"{'t IL'l lt Uli. i ll ij ril; lU l.;t i i"ril

Radar BanyfrmEts r Kamis pon 18 Juni 2015

PPDI Pilih Bersikap NetralPURBALINGGA - Pe6atuan Penyandang Cacat

Indonesia (PPDI) Kabupatirn Purbglingga, me-mastikan diri netral dalam Pemilihan KepalaDaerah (Pilkada) Purbalingga, I Desembermendatang.

Ketua PPDI Purbalingga Liarto, Kamis (1716)mengatakan, sebagai organisasi yang independeu,PPDI memastikan netral dalam Pilkada Pur-balingga. "Secara organisasi kami tidak akanmendukung salah satu calon," uiarnya.

Dia menjelaskan, PPDI tidak akan terlibat dalampolitikpraktis dalam Pilkada. Akan tetapi, PPDItidakakan melarang anggotanya untuk mendukung salahsatu calon, selama tidak mengatasnamakan PPDI.

Meski memastikan tidak akan mendukung salahsatu calon, dia berharap Pilkada Purbalingga 2015akan menghasilkan pemimpin yang lebih peddi

. terhadap kaum disabilitas atau cacat.Sdtra6m-enurumF, perhatian Pemkab Priitalingga

terhadap kaum disabilitas masih kuang. PadahatPemkab Purbalingga memiliki program untukmenjadikan Purbalingga menjadi kota inklusi ataukota yang berpihak kepada kaurp disabilitas.

"Kami berharap Pemkatr ke depan bisa memilikiperda (peraturan daerah, red), yang melindungikaum disabilitas. Selaiu iru, fasilitas umum yangada di Purbalingga juga lebih memperhatikankaum disabilitas," ujamya.

Selama ini, dia melihat dari fasilitas umum yangada di Purbalingga, tak ada satu pun yant mem-perhatikan kaum disabilitas. Dia mencontohkaltdi l(ota Solo, hampir semua fasilitas umumdilengkapi fasilitas untuk penyandang cacat.

Di Kabupaten Purbalingg4 menurutnla ada lebihdari 9 ribu kaum dilabilitas, yang membutuhkanperhatian pemerintah., "Sedalgkan, yang masukmenjadi anggbta PPDI, baru sekira 60 orang,"imbunya. (tyaldin)

Page 4: Kliping media tanggal 18 juni 2015

DesaMintaAturSendiri ProporsiAnggaran

PURBALINGGA- ProPor-si pagu anggaran dari Alo-kasiDana Desa (ADD) Yangditakukan untuk melaksa-nakan kegiatan di desa,diminta diatur pemerintahdesa sendiri. Pemerintahdiminta hanya mengaturpos anggaran saia, namuntidak kepada teknis proporsiseperti saat ini.

"Yang tahu kondisi teknispembangunan dan keburu-han di desa tentunva desa

sendiri. Jadi kalau tihun'inisudah terlanjur diatur Pq-merintah, tahut depan ha-rus disinkronkan denganmelihat berbagai poin Pen-ting, seperti jumlah RT danRW, dan berbagai kegiataayang ada," jelas Ketua Pagu-yuban Kepala Desa dahPerangkat Desa WiraPrajaKabupaten Purbalingga,Muhammad Yani, Rabu(r7 t6)..

Dia mengatakan, saat iniyang sudah diatur misalnYadana pendamping keieha-tan danKB, kemudian danabantuan hibah RT dan lain-nya, disamaratakan.iadi ada yang jumlal du-

sunnya banyak mauPunjumlah RT banyak, akankewalahan. Imbasnya saatditerapkan, dana yang di-terima akan sangat minim:

"Kami rninta tahun dePanbisa disinkronkan antarapemerintah desa, dan sa-tuankeda perangkat daerah(SKPD) terkait. Karena asis-

T{I Ti:?Hfl I fTrl-il {{.:!r, , -r" :; "

,i * :.-,j_ ,1. .},

Radaf BanytmEls . Kamis pon 18 Juni 2015

BelumBisaDinilimatiSampailuni,ADD

tensi yang saat ini dikebutpemeiintah, Iidak pernah'maksimal hirnva dalam wak-

tu 3 bulan/' ujarnYa.Kelaniutan dana hibah RT

dengan nominal RP I iutaper RT terancam bisa adadan bisa tidak Karena ter-gantung Prioritas Peme-iintah desa. Jika jumlah RT

sangat banyak dan standarDroporsi anggaran sePerti.^ui ini, muka akan ridakgenap RP 1 iuta.

KepdlaDesa Munjul Keca

matan Kutasari ini juga mengatakan, Pencairan ADDdiharapkan bisa Iuni ini.

ryryYang tahu kondisi teknis

pembangunan dankebutuhan di desa

tentunya desa sehdiri,Jadi kalau tahuil ini sudah

lerlaniur diaturpemerintah, tahuh depan

haius dlsinkronkandengah melihat berbagai

poin penting

MUHAMMAD YANIKetua Paguyuban KePalaDesa dan Perangkat Desa

Wirapraja KabuPatenPurbalingga

Maksimal Iuli dan benar-benar bisa dinikmati Pe-merintah desa.

Jika tidak, maka Pemba.ngunan fisik.yang besar didesa, terancam tidak bisaterlaksana. Anggota tlm ttpropinsi Jateng, Ngudi Iswa-ntoro mengatakan, iika ]urd

iniADD belum ada kejelasancai4 maka penggunaan ang-garal dari dana hasil pinj ampihak ketiga sepefii banksemakin banlak.Itu dilakukan demi me-

menuhi sejumlah kegiatandanpelayanan di desa tidakmandek Namun di sisi lain,bunga piniaman dari banttetap ditanggung Pemein-tah desa.

"Tidak mungkin bungapinjaman itu kita laporkandalam SPJ agar diganti pe-me ntah. Yang kita te matentunya sesuai alumn Yangada," ujarnya.

Dia menambahkan, sam-pai saat ini pemerlntahterlalu memojokkan apa-ratur pemerintahan desa.Meski soalSDM aparatdesamasih ada yang kurang,namun dia memintaiangandigeneralisasi semuanya.

"Pemkab juga harus ko-reksi, regulasi apa yang su-dah diberikan kepada desaterkait penerapan UU Ten-tang Desa itu. Tidak ada.Namundisisilain kita harusmembuat peraturan desavang juga harus ada rujukandari aturan di atasnya,"imbuhnya. (amr/din)

Page 5: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KIIffiFT# I,{HDL4.!ifJi:: I{lJ:{ri f il,ni 'q"rl,:iilrr?i1

., ..// :r r t t v,ll-li .,,.. : Llj i j -l,,;r;J,.ii.i.r.;, : -

Radar Banyumall . Kamis pon 18 Juni 2o1s

Page 6: Kliping media tanggal 18 juni 2015

gffi,.{n{i\l* l{.IL}lt

Radar Banyumas . Kamis pon .lB Juni 2015

JURBAII]IGGATIGPRTS -Warga Minta Dibuat

Kawasan KulinerKARANGMONCOL-Warga Desa Tunjungmuli

menginginkan adanya sentra makanan di desamereka seperti sentra di Garlg Mayong Purbalingga.Adanya senta ma.kanan diharapkan bisa mewadahipara pedagang dan membuat Desa Tunjungmulihidup di malam hari.

wargaTuniungrnuli, Subagyomengatakan, saranpembuatan sentra makanan sudah diusulkan kepihak desa. "Warga ingin Tunjungmuli ramaiseperti di Gang Mayong; jadi para pedagang yangada dan masyarakat iuga bisa mendapatkanpekerjaan," ujarnya.Menurut dia, adanya sentra makanan bisa

menambah daya tarik Desa Tunjungmuli danmembuat masyarakat memiliki kegiatan yangpositif. Sentra makanan bisa menjadi aiangpromosi kuliner asli Desa Tirnjungmuli.

Kepala Desa Tunjungmuli, Joko Pranoto me-ngatakan, adanya sentra makanan seperti GangMayong sudah berapa kali diusulkan masyarakagbaik dalam pertemuan formal desa maupun melaluipertemuan informal,Namun pihak desa masih belum bisa mem-

fasilitasi keinginan masyarakat. "Terkendalamasalah klasik, masalah pendanaaa/' jelasnla. Dariusu lan yang diterima desa, warga ingin jalan masuk'Iunjungmuli sampai Balai Desa Tunjungmulimenjadi tempat sentra makanan. Jalan teisebutdianggap strastegis dan bisa menambah daya tarik.. "Warga iuga menginginkan, pedagang dipriori-taskan warga Tuniunganu.li. Desa akan menampungdulu aspirasi masyarakal tersebu(," ujarnya.joko berharap pemerintah bisa memfasilitasi

keinginan warga Tunjungmuli. Pasalnya, aspirasidan keinginan warga tersebut dinilai positif danbisa menhgkatkan daya saing desa.(jok/dtn)

Page 7: Kliping media tanggal 18 juni 2015

I ir':'j' ;'-l f rt

Radar BanyrmaS . Kamis pon 18 Juni 2o1s

TrI i',...ir:,.r*r"-,t.*. ,-.- ,-,1, I 1-l

*_:

SKETSA : Petuqas Polres Purbalinrioa menunjukkan sketsa wajah Mr X yang ditemukan tewasdi Dusun Siaren yang berada ai piiuatasan purbatingga ar,'p".]i*dl !*in (15/6) latu.

Mr X Positif Kehabisan 0ksigenPenemuan Mayatdi Desa KarangrejaPURBALINGGA,HasiI o-

topsi dokerterhadap mayattanpa identitas yang dite-mukan di Ialan Karangreja-Belik menyimpukan, priatersebut tewas karena keha-bisan oksigen.

Namun polisi belum tahupasti penyebab kematian MrX tersebut. Kapohes puIba-Ingg4 AJ<BP Anom SeryadjiSIK melalui Kasat ReskrimAKPDjunediSI{ menjelaskan,kemungkinan korban dibe-kap, sampai sat ini masihdalam penyelidikan. "Penve-bab kematian Mister X keha-bisan olsigenjJelasnya.Menurut Djunedi, polres

Purbalingga sudah berkoor-dinasidengan polresiaiamnuntuk mengungkap iden-titas MrX. Sketsa wajah danciri-ciri korban, juga sudahdisebar ke Polsek di Polresjaiaran maupunmelalui me-dia sosial.Me urutdi4 ciri-ciri korban

adalah be{enis kelamin laki-Iaki, berambut h.rus agak palr-iang dan disemir vMama pirargkekuningan, tinggi badan t6l162 sentimere4 bertubult gem-pal, serta memakai anting sil-ver di telinga kti.

Selain iru, di tubuh Mr Xjuga terdapat beberapa tato,yakni tato batik di lengantangankanan atas, tato padapergelan gan kiri bertuliskan"never givc upi tato ukiranmelingkar pada pergelangan

kaki kiri.Di tubuh korban juga rer

dapat luka lecet pada bagiardahi kanan dan kiri, lukalecet pada bagian lutut ka-nan. "Bagi keluarga yangmerasa kehilangan anggotakeluarga, silahkan hubungiPolres Purbalingga. Kita siap.menidaklanjuti,"ujarnya.,

Seperti diberitakan sebe-lumnya, warga Desa Karang-reja digemparkan penenemuan mayat di wilayahDusun Siaren perbatasanPurbalingga-Pemalang Se-nin (15/6) petang.Mavat tersebut peftama

kali ditemukan Siukmadi,w-arga RT 04/'02 Desa Ka-rangreja, saat itu dia sedangmenebang pohon bambu.(iok/din)

Page 8: Kliping media tanggal 18 juni 2015

I i:Tl',- -:.r, .:--

Radar Banyumas r Kamis pon ,t8 Juni2015

LakukanInovasi

SEBAGAI salah satu mediapendidian dan hiburan musikradio FM harus bisa mem-berikan pelalanan sajian siararlyang memuaskan pendengar.Selain program siaran yang d i-sesua.ikan dengan sasaianpendenga! juga sajian siamnmaupun lagu )"ng tidak mer,r-bosankan. > ke hat B

Iadi Kewajiban programerI lafiIlftil,^rlir;1-._nes",^rtawiryo de[anrebihsesar,,unskap

sambunsan dariharam- r ,Y?{9]"^I:nyadari kondisi p";;;;;u, berjitbab ini.rm. Uta selalu mengamati _

perencanaan dan evaluasiKarenanya, inovasi sebuah ffj"'4 rl9st"- l"g t"a"h y,,rg-;",ang, menurutnya

p'og,um sia,a n men;lii ioif$ll"L"If*"t*oo* llll'n.rar"Luns ;'iu'7,;l"Ji[iiH",:'.T%flil;

""lt'-liJ:'- ill:,,

: l,u ", liiil iXii"';,l ",T,il ilii]kata bosan u"rir.""ri"*i, o6d r pend engar tid ak bosan menvasar Lalangan mudipendengar rerap menggan- ,,u,X",1::g'n

merelresh dan dewasa, adaiagline se-orungr materj maupun ke ,- ",,"-'].:.",'"''

namun lidaL bagai radio ",fu,uina"ni,t *"i"", rir'""

'rai" i,,i' :1;X8"::^1" rrama ploBram lriiu m",,ggobungkan sia-

s"ung"i r"orung p;o-g;;-. ""11

1:.u*n'" campang 'u" t,"t'iti'"-onajJir., ,i

,"*ai-r"ppr-n"aiE a,ai""", ;l,i;,"';';:;::r:;",,j,,ft: Ir::,;::X,];fli:lllrlj;

Page 9: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KtIPINffi },{ffiilIAilll';tlHl:llll,qf, ilT'nl n;iln,1 II;"n{ lr'.I'.{JIl1 )lJ-i:i.J ,J:;" i;;:' I tJ.lilti.l,lll,",i' '

Radar Banyrmas . Kamis Pon 18 Juni 20'15

Dandim Ikut Tanam Padi

di Desa I(arang Tengah.KEMANGKON-Untuk hen-

dukung terpenuhinya tarietswasembada pangan tahun20I7 )ang dicanangkan peme-rintah pusat, Komandan Ko-

dim 0702 Pubalingga I€tkolKav Dedi Safrudin ikut turunlangsungke sawah dan mena-nam padi di Dtisa IGrarrg Te-nga\ Kemangkon. > ke hat I

TANAM:Dandim 0702Pu,balingga,Lefl(ol Kav DedlSaftudin, lkutmenanampadl di DesaKarangTengahKecamatanKemangkon.

Beri Motivasi Petanir llandim hanan negara aau teritorial."J&a pangan tidak dikelola

dengan baik maka akanmenjadi perebutanyang bi_sa berdampak kepada ke_amanan negara. Karena itu,TNI punya peranmemban_tu mewuiudkan ketahananpangan sebagai aspek ke_tahanan negara," leLsnva.

Dia menegskan, TNI ber-komitmen siap membantupara petanj untul menins_karkan produkivitas oeni_niannya baik dalam dls_tribusi pupu.lq pemeliharan,maupun pemanenan.

"Pendampingan melaluiBabinsa akan terus dilaku_kan dan dipantau, sehinggapermasalahan petani bisadipecahkan bersama,,, te_Sasnya.

_-Danramil 06 Kemaagkon,Kapten Arh Untung Budi-yono mengatakan, lahanseluas 35 hektare di DesaKarang Tengih meruDakantindak lanjut dari keriisamaTNI dengan Balai penelitianTanaman Padi Sukamandi.Nantinya lahan tersebut

akan digurlakan sebaga labo_ratorium lapangan dalampeningkatan hasil pertanianterutama untuk tanamanpadi- Sebelumnya, programpemDtbrtan dan mekanismetanam sudah dilakukan."Pendampingan, pengawa_san akan dilakukan. Kitaberharap hasilnya akan me-muaskan danprogram swa_sembada pangan bisa rer_wujud," ujarnya. (adv / iok /din)

Sambungan dari halaman s

Dalam acara Ersebut. Dan-dim juga memberikan mo_tivasi kepada para petaniuntuk meningkatkan pro_dukivitas penanian. Menrr-.rut dia, saat ini ketahananpangan merupakan hal yangvrtal-

Sebab menurutnya, keta_hanan pangan akan mem-perkuat keh.idupan berbaae_sa dan bemegara. Ketahaninpangan juga akan mense_jahterakan masyarakat.Dia menjelaskan, salah

satutugas TNlselainperangyakri membantu pgrnslin_tah mewujudkan ketahanarlpangan sebagai aspek keta_

Page 10: Kliping media tanggal 18 juni 2015

)

KI,:I=:IIfi Lifl]Lfi

Radar Banyumas . Kamis Pon 18 Juni 2015

%fr

Kondisi jatur Kembansah-panican semakin parah karena ditewari **oiH:iiT"n#:"1:'IT:I1".

Ialur I(embangan-Panican Makin parahRusakKendaraan, itu kondisinya makin parah.

Selain ialanyangbanyaklubans,kondisi jalaniuga makin ambu-_radul.

Kerusakan matin parah karenamuatan kendaraan berat 1ugameiewai i jalan itu. tragisnl,a,pemerintah belum ada kejelasan

. mulai perbaikan.Arus kendaraan dari Boiong

melalui Panican-Kembanean(Kecamatan Kemangkon )"di-alihkan karena ada proyek be_tonisasi ialan raya Baiong_ Bukateia seiak iebjh dari sehut;nlalu. > ke hdr I

GangguArusMudikPURBALINccA- pengalihan

aruskendaraan dari arah Bojongmenuju jalan rava panican _

Kembangan, menyebabkan jaldr

Page 11: Kliping media tanggal 18 juni 2015

---iDebu MasukRumahWarga

r lalur bergelombang dan rusakdengan lubang yang dalaml'kata Dian g pengemudi busantar kota, Rabu (1716).

Imbas rusaknya ;'alan itu,juga menyebabkan ruas jalaldipenuhi debu saat ken-daraan ler4lat. Debu masukke rumah-rumah warga.Mereka hanya bisa me-ngatasi dengan membasahijalan raya dengan air darislrngai setempat.

Kqpala Dinas PekerjaanUmum (DPU) Purbalingga,Sigit Subroto menjelaskan,pihaknya masih terus ber-koordinasi dengan berbagaipihalg termasuk rcpat koor-dinasi dengan stakeholderyang terkait dengan infra-struktur ialan itu.

"Dalam waktu dekat inikita akan turun gabungan.Setidaknya mengecek ting-kat kerusakan ialan itu,"uiarnya. (amr/din)

Sambungan dari halaman 5

Sebadan besar kendamanharus melalui Panican-Kembangan agar jalan rayaBajong- Bukateja tidak ma-cet. Pantauan Radarmas,imbas rusak parahnya jalanitu menyebabkan kerugianpemilik kendaraan peng-guna jalantersebut.

Sopir bus jurusan Wono-sobo-Banj arnegara-Purwo-kefio, terus mengeluhkankerusakan jalan itu. MeJekamengeluhkan peer suspensimudah patah dan di titikyang paling parah sekitar100 meter dari perempatanNgebrak ke arah Kemang-kon.

"Peer suspensi unhrkmem'bantu jarak main suspensipemah patah karena kondisijalan yang tak ielas. Ada lang

Anda memiliki unek-unek tentang berbagai haldemi oerbaikan dan kemaiuan Purbalingga yangDentidq tidak menyinggung sara dan litnahharania ketik PBG: unek-unek

kemudian KIRIMSMS

KE: 081-327-333-778

Usut Kasus ljazah PalsuMASALAH iiasah palsu atau aspal, jangan cuma gembar-oembor saia. Buktiin pada masyarakat dan buka akses buati.ni*ttJim untrrirengusutriya. Pemkabjugabisabersikapieiiiiis, tr-rat semua jajaiannya. Jika perlu semua anggotaDPRD iuoa dicek biar semua yang memakal gelar aKaoemrxmemarig ienar-benar Profesional, ierimakasih.

^- --^- ^ - ^^^0897958'1999

Page 12: Kliping media tanggal 18 juni 2015

Radaf BanyUmixi o (3rn;5 pon 18 Juni 2o1s

Pulang I(ampung Nita l\ayaka

HiburWarga

Pada kesempatan itt! Nitatampil bersama 2ND CIan,grup beraliran hip hop asalSemarang. Nita feat 2NrD Clanmelantunkan singgle h.itnFyaitu Playboy Kampungan,Narkoba, Polisi Sahabatku,Kaimuniawa dan Cincau.

::I:i'ri.:Iirit?rf.. f.:.'. .q | -i.:r1..,y i".,..,.j ,'.r'".-rl .,.,..,-t;,:i.iJ,hil,,r . ,, ,. , .

PURBALINGGA-NiIa Na-yala, penyanyi dangdut Ibu-kota kelahirun Purbalingga,memsa puas menghibur war-ga Pubalingga. PenFnyilangjuga telah melebarkan sa-Fpnya di dunia seni peraninimengalel lega setelah bertemupa-ra fansnF di Kota Perwtadalam sebuah acara di Alun-alun Purbalingga, 14 Iunikemarin-

"Aku merasa puas bangetdanplong setelah tampil men-jadi bintangtarnu dalam acaratersebut. Meski tampil selamadua had berturut-turut, akunggak merasa capeki' tuturmantan waltawati ini.

Nita menceritakan, selamahampir satu tahun ini, diasudah melakukan show diberbagai kota besar sepeni)alarta, Pontianak Iambi danlainnla. DiJambi, Niti sempattampil bareng dengan SitiBadriyah. "Aku sudah tampilsampai di luar Jawa. Tapimalah belum pernah diun-dang tampil & Purbalinggayang notabene merupakankota kelahiranku. Tiba-tiba adaundangan radi bintang tamu.Tentr saja aku senengbanget/'tutur peraih 14 besar audisiKDI tahun 2014 ini.

PULANGKAMPUNG:Pehyahyidangdut NitaNayakaberfotobersama 2NDclan usairnehg hlb u rpenggemamyadi Alun-alunPurbalingga

Kelima singgle hittercebut kinisudah dirilisdalamminialburn"Yangpaling berkesaan adalahsinggle hit Playboy Kampu-ngan. Singgle ini menempatiposisi pulcak tangga nada diradio-radio Lampung. Ren-cananla, ke depan akan ada

singgle hir yang baru," tam-bahnya.

Sejumlah singgle hits rer-sebut dirilis dengan genremusik yang beda. Nita mena-makarmla sebagai aliran dang-dut a.ltemarif. Tentu saja dang-dut a}emat'rf ini memberikannuarxa y4rtg bam dirn segar dijagat musik dangdut Indone-sia. "Selain ada dangdutnF,ada,uga gerue jaz, rcck pop,

hip hop, dan lainnya. Sayaberharap dangdut altematif inibisa menjadi pendobrak danmenawarkanhallzngbaru bagipara pecinta musik lodonesia.Karena iflrlah saya memper-temukan Nita dengan 2NDClani' tufl u sangpsncipta hgu,Handono

Ketua Persatuan Artis Pe-nyanyi, Pencipta Lagu, danPenataMusikRekaman Indo-nesia (PAPRI) Purbalingga R

Widodo mengaku banggaadapenyanyi Purbalingga yangkini sudah bisa meramaikanjagad musikIndonesia. "Sal.?berharap, semoga Nita dapitmenginspirasi penyanyi a-taupun grup band lainnyauntuk bisa berhprah mera-maikan jagad musik Indone-sia," turur R Widodo.(bdg/adv)

Page 13: Kliping media tanggal 18 juni 2015

fiiffi{tifllJ${i$.flFtrnl nl14lllI ri.: r!.''! j0&!tril f UMr;triiuuil

SUARA MENDEKAKAMIS,18 JUNI 2015

Slvl/Ryan Radman

SOSIALISASI PILI(ADA: KPU Purba-lingga menggelar sosialisasi Pilkada Pur-balingga diTien Katering, Rabu (17/6). (57)

Memberatkan Persyaruatan

Cabup-Cawabup

' ""lrY,lil "J;1,',,?* n,' o$

P u Brd.,

calo"n oupari rcauupta- =*

6 - , *

calon wakil bupati (ca- f Ik Ewabup) unnrk maju dalarn WPemilihan Kepala Daerah 'l(Pilkada) Purbalingga 2015dinilai oleh sejumlah partai politik

@arpol) memberatkanSalah saumya adalah syamt harus menyerabkan surat

keterangan sudah menyerahkan Laporan HartaKekayaan Penyelenggara Negara tLHKPNT) kepadaKomisi PemberantasanKorupsi (QK).

"Sebab, calon harus mengurus surat tersebut keJakarta serta ddak bisa langsung mendapaikan surd ) ang

dimakud saat ifir juga dan harus menunggu," tandas

Ketua DPD Partai Golkar Purbalingga Sudono saat

sosialisasi pencalonan Pilkada hrtalingga 2015 kepadapartai politik di aula kantor KPU Pubalingg4 Selasa( 1616). "Kami berharap, tidakhanx lembaga KPK yang

mengesahkan LHKPN, tetapi lembaga lainnya," katadia-

Ketua KPU Purbaiingga Sri Wahluni menegaskan,

pemyaratan tdrsebut tidak bim dinegosiasi. Sebab, Ssuai

dengan atriran LHKPN hanx dilapot'kan kepada KPK.bukan lembaga lain yang bersumber dari KPU pusat.

Jadi, calon harus mernenuhi hal itr,jika ingin maju dalam

pilkada"Jadi kami menyarankan kepada calon yang sudah

bemiat maju dalam pilkada untuk secepahya mengurus

LHKPN. Dengan demikian, saat pendaftaran calon,

kelengkapan persyaratan tersebut sudah bisa diser-

takan," papamya-

KPU akan tetap berpegangan dengan aluran KPU RIyang diturunkan kepada KPU Purbatringga- "Terkait

dengan masatah intemal partai, itu unrsan partai. Kamihanya beryegangan tethadap aturan yang ada kami tidak

akan masuk dalam permasalahan internal Partai,"ungkapnya.Sosialisasi

Sementara iir, terkait dengan pelaksanaan sosialisasi,

Komisioner KPU Purbatingga Divisi Sosialisasi dan

Pendidikan Pemilih Mey Nurlela. Rabu ( 1716). men-gungkapkan, sosialisasi dilalorkan rjak April melalui

' media massa- Secara masif dilakukan mulai Agustus

sepertijalan sehat lomba mural, donor darah, panggung

hiburan. kunjungan ke lapas, difabel, marginal, MGMP,

sekolah, fllrn keliling, panti jompo, kelompok perem-

puan, dan pasm"Dalam hal ini, KPU akan tumn ke lapangan secara

masif memberi informasi perihal pilkada ke seluruh ele-

men masyarakat " tambahnya" (H82-57)

Page 14: Kliping media tanggal 18 juni 2015

SUARA TIIIERDEKAKAMIS, 18.JUN|2015

PURBALINGGA - Polres Purbalinga masih

bekerja keras mengungkap identitas mayat lelaki

misterius yang ditemukan di jurang tepi Jalan Raya

Karangreja-Belik Dusun Siaren, Desa/Kecamatan

Karangreja, Senin (1 5/6) malam.

"I(ani sudah buat tim khusus. anggota keluarganya sesuai denganini masih dicari siapa dia sebe- ciri-ciri yang kami trformasikin,namy4"ujarKepalaSatuanResene bisa menghubungi polresdan Kriminal (Sareskrim) Pohes Purbalingga atau kanior polisi ter-Purbalingga Ajun Komisaris dekat agar kasus ini biia segeraQjunaidi,Rabu (7/6). tenmgkap,!'papamya.

Pihaknya sudah bertoordinasi Adapun cid{id korban. vaitudengan polres lain di lingkungan iaki-taki deugan usia ZS-IS t frrr,Polda Jawa Tengah termasuk Jawa mengenakan kaus oblong wama biruBarat, Yog5rakarta d4n Jawa T'rmur bertuliskan Mount Kalimantan.Lrnnrk kepentingan ters€but. Selairi mengena.kan celana pendek bokserihr, wajah korban dan ciri-ciri yang bertuliskan World Dsney, rambutmelekatpadahrbuhko6anjugadise- lurus agak gondrong disemirwamabarmelaluijejaringsosialdarimedia pirangkekuningan,dannlassa. afting di elinga kiri, tinggi badan

"Untuk itu jika memang ada 168 sentimeter dan potongan nrbuhkeluargayangmerasakehilangan gempalpendelL

),

Page 15: Kliping media tanggal 18 juni 2015

"Korban juga memiliki tato di.lx.la bertrliskan 'Never [-ove Up,, dilengan kanan motifbung4 di perge-langan kaki kiri tato jenis ukir mel-ingkar, di betis kaki kanan bawah tatolambang Michelin. Kemudian dipaha kaki kanan tedapat bekas lukalama" papamya"

Sebelumnya, tubuh korbansudah diautopsi di RSU MargonoSoekarjo Purwokeno. Hasilnya.diketahui kortan meninggal karenakehabisan oksigen alias tidak bisabemapas. Adapun cara meninggal-nya seperti apa, masih menjadipenyelidikan polisi. Sementam itupasca-autopsi, mayat koftan dibawake Pwbalingga dan dikemunikan dipermakaman desa tak jauh darilokasi penemuan.

Korban PembunuhanSebelumny4 warga Desa,/Keca-

matan Karangreja menemukanmayat dengan kondisi terikdt.Diduga mayat itu korban pem-bunuhan. Pada tubuh mayat mayatditemukan luka pada dahi kanan dankiri luka lecet dari telingakanan men-geluarkaLn damh serta luka lecet dilutut kanarl

Korban ditemukan pertarna kali

oleh Sukmadi (50), warga DukuhKenteng, Desa/Kecamatan Karang-reja sekitar pukul 19.00.

Saat itu akan pulang setelahmengumpulkan bambu untukproyek penanaman jabon di sekiarlokasi, dia mendapati s€sosok rnayattergeletak dijurang.

Namun karena takut, dia lalupulang dan menceritakan pada

tetangganya, That. Kemudiar\ kedu-anya melap,Jrkan penemuan mayatitu ke Polsek Kamngreja sekitarpukul19.30.

Kepala Polsek Karangeja AjunKomisaris Bambang Sidik dan paraanggotanya latu mendatangi lokasikejadian dan mengevakuasi tubuhkorban bersama warga dan anggotaPolres Purbalingea- (H82-57)

KETERANIAN PERS : Kepala Sorr"rtri*"ff/iT^Ffflb_alingga Ajun Komisaris Djunaidi (kanan) dan KasubagHumas Polres Purbalingga Insepktur Satu Diman (kiri)memberi keterangan pers tentang penemuan mayat (liDesa/Kecatnatan Karangreja, kemarin, ( 57 )

Page 16: Kliping media tanggal 18 juni 2015

TTIPISG M&DIABAfi I,I$ I{'J}IA$ $ETDA PURBAI,IHGff,{

$uAnA IIEnDEIAKAMIS, 18 JUNI 2015

Page 17: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KLIPING MfrDIAB lllq}i I{IJ}I,{$ SETDA II]RBAIINOOA

SUARA MERDEKAKAMts, ia .;urut zors

Page 18: Kliping media tanggal 18 juni 2015

BAfil{fi }lttfi{,{$ $0TDA putBAi,i}i$#i1

SUARA TUIERDEI(AKAMls, 18 JUNI 2015'

Jembatan l(edung NiniTer-ancam putus

MR.EBET - Jembatan fe<tung Nini yangmenghubungkan wilayah Dusun III denganDusun IV Desa Onje, Kecarnatan Mrcbet ter-ancam putus. Pasalnya- besi penyangga jem-batan hanyut saat banjir mene{ang sebulanlalu.

KepalaDesa OnjeBudi Tri\\likiwo men-gungkapkan. jembatan iru sebelumnya memi-Iiki empat besi untuk menyangga. Namun, duapenyangga di sisi kiri hanyut terbawa arusSungai Klawing saat banjir pada Mei lalu.Sementara ihr, satu penyangga bagian kananierlepas. Tldak hanya itu, banjirjuga membuatposisi jembatan pada bagian tengah bergeserbebempa sentimeter.

"Pnktis hanya tinggal satu besi penyang-ga yang masih utuh. Saat ini jembat n hanyamengandalkan beberapa kawat yang diikat kebeberapa titik unnrk menahannya." papamyakepda Suara Mercleka. Rabu (1716).

Jembatan sepaqjang 23 meter dan lebar 90s€ntimeter itu dibangun pada 1983 dan prakishingga sekarang belqm ada perbaikan total.Perbaikan hanya mengganti papan kayu.Adapun ketinggian jembatan hingga per-mukaan akKedung Nini mencapai 15 meter.

"Saat ini kami tengah merencanakan per-baikan sementara. Pemerintah Desa men-ganggarkan dana untuk membeli empatbatang besi dan beberapa puluh meter kawalDengan demikian, dalam waktu dekat bisadipasang untuk menahan sementara!"papamyaPerbaikan Total

Terkait dengan perbaikan total, pihaknyabelum bisa menganggarkan dalam alokasidana desa I ADD), karena anggaran awal akandiguoakan untuk merenovasi bangunan balaidesa terlebih dahulu. Dia berharap, jikapemerintah bisa memperbaikiiembatan tene-

"Jembatan ini sangat vital untuk saranatransportasi warga dari Dusun IV yang hendakmemiliki urusan di balai desa atau kota keca-mamn. Mereka harus metintas jembaan ini.meskipm menggunakan moto[. Khawatimyajika ada warga yang melintas. iembaran iniputus akan menimbulkan korban," papamya.(H82-57)

)1

Page 19: Kliping media tanggal 18 juni 2015

Ia

aB

*

\1OO

.s

OO

.: F--

=9! --it3 \oSN.!\

NXRS

B)lt-E

42, tnis

!JS\s

<S<sAEFtiu $hiv

Page 20: Kliping media tanggal 18 juni 2015

i{tffi'IITG IdgfitAil,\ii,;il iiii{{il $$T}.{ pi]RnrtiiiifiG-{

SUARAMERDEKAKAMIS, 18 JUNI 2015

Pengelola JanganBergantung Pemerintah

PURBALINGGA - Penge-lola desa wisata diminta untukiidak terlalu bergantung padapemerintah kabupaten itu. Mes-kipun mendapat bantuan fasili-tas, kelompok penggerak harus

mampu mengelola wisatanyaseirara mandii.

Demikian diungkapkanKepala Bidang PariwisataDinas Kebudayaao PariwisataPemuda Olahraga (Dinbud-

parpora) Purbalingga, Prayit-no, setelah studi banding ber-sama sejurfah pegiat kelom-pok sadar wisata (pokdarwis),di Desa Selasari, KecamatanParigi, Kabupaten Pangan,

DIALOG WISATA : Kabid Pariwisata Dinbudparpora purbalingga, prayitno(memegang megafon), berdialog dengan pegiat pariwisan, Senin ( l5/6) nnlam. ( 55)

SM/Nugroho Pandhu Sukmono

Page 21: Kliping media tanggal 18 juni 2015

daran, Selasa ( 16/6) . beftawa dingin. Di Pubalinggaatla 13 desa wisata yang berja-lan. Namrtn bam 6 di antannyayang sudah rcsmi mendapat SKBwali,"katanya.' Berdasarkan potenii terse-but, imbuh dia, Dinbudparporamembedkan perhatian khususberupa pendampingan dansedikit bantuan dana. Hal inimerupakan be!$k moti. vasi danpancingan bagi para pegiat pok-darwis.

PengelolaDesaWisata Sela-sari, Abatr Kunai (50), meng-ungkapkan, meski infi:astukblrbempajalan dap fasilitas lain didesanya belum memadai, ma-syarakat tetap beneinangat un-flrk mengelola wisata. Pasalnyl,kegiatan tersebut menambahpendapatan warga,

"Ja]an saja masih ruMk, tapikunjungan tetap tinggi. Dalamsetahun, ada lebih dari 5.000wisatawan domestik ilan man-canegara yang menginap diDesa Selasari," ujamya.

Dia mengatakan, KompeparSelasari tidak membuat paketkhusus untuk rombongan wisa-tawan. Parapmandu wisata t€r-biasa untuk melayani kunju-ngan, meskipun itu hanya satuwisatawau. (K35-55)

Menurut dia, KelompokPenggerak Pariwisata (Kom-pepar) Desa Selasari patut di.contoh. Pasalnya, mereka me-ngelola desa wisata secara swa-daya.

"Mereka mampu mengem-bangkan potensinya secaramandiri. Tanpa bantuan dariPemkab. Keinandirian merekaini membuat kami penasaianunnrk belajar dan rnelihat lang-sung pengelolaa4 bisnis pari-wisatanya;'ujamya.Thk Kalah Mensrik

Dia menutu*an, pelayanan,kekompakan, dan pengemba-ngan jaringan promosi aurutmengangliat Desa Selasari.

Mereka mengandaltan ob-jek wisata Santirah, surser, suz-rise, jelajah gua, pertunjukankesenian lokal, serta keramahanwarga desa.

Sejatinya, kata Prayitno,potensi desa wisata di Purba-lingga tidak kalah menarik.Mereka juga memiliki destinisiyang hampir serupa denganDesaSelasari..

"Ini seperti melihat DesaLimbasari yangrremiliki jelajah

sungai, Desa Siwarak denganjejah guanya, dan Serang yang

Page 22: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KLIPING &{EDIABAOl,{fi

KAMIS,18JUNI2O15

Pawai Taaruf

SEKIIAR sedfu lima ratus warga DesaGrecol, Kecamatan l<alimanah, tumptek-

sias menyaksikan dari halaman rumahmercka.

' Mengaiak!,I8yaraknt' "Pawai ini untuk menunjuld(an, wargasangat bahagia derEan kedabngan bulansuci Ramadan,l ujar Ketua Maielis TaklimHabiburrohman, Aris Mustofa, kepadaSuamMerH<a.

Kemudian, pihaloya mengajak berba-gai elernen masyarakattemasuk kelompokkesenian tadisional sebagai bentuk keb-hinekaan untuk memberi warna dalambedakwah. Sebab, dakrvah itu tidak hanyaderEan mengdi, iapi juga dengan cara lain.

Rombongan pawai mulai anak-anakremaja, dewasa hingga orang tua tampakantusias. Mereka berjalan keliling desa hirE-galiga kilometer dan f nisdihal#an masj-idtersebut.

"lni menjadi salah satu kegiatan darimajelis hldim l€mi. Selain itu, ada giatTpeanak-anak dan orang tua, ,brul,oBah, senibacaAlquran, bedah rurnah, boasiswa anakberprestasi, sarrtunan anak)ratim dan oarujornpo, " l€ta pria lrarE akrab djsapaTopo inj.(Ryan Rachman6S)

b/eg di jalan desa, Senin (t516) matamdalam pawai taaruI menyambut kedatan-gan Ramadan. Acara beriarEsung nieriah,tapi tetsp lidak meninggajkan nilai-nitai reli-giositas. '

Sebanyak 37 kelompok di desa ifrr ikutberpartisipasi. Seperli jamaah yasin thatit,majelis taklim, remaja masjid, remajamushala, TPCI, pencinta alam, grup hadrah,kessnian kuda kepang, kesenian thek-thekdan gendingan serta anggota yayasanEloas Sulvon Korea.

Setelah berdoa mereka berangl€t darihalaman Masjid Habiburohman di FIT sRW 2 desa seternpat lringan rebana, gen-ding, dan thek-thek bersahutan dengansua]ra mer@,1 bumbung (meriam bambu-Red).

Derelan obor meniadj peherang,sesekali peserta m enyebutkan tatung(minyak tanah-Red) dari mutut ke obormembuat lidah api membumbung keangkasa. Di sepanjang jalan, warga yangtidak kut pa\,/ai keluar dari rumah dan antu-

eeWelfeaaUf : Warga Desa Greal, Kecamatan t<afim;m;ffHsmengikuti pawai taaruf, menyambut kedatangan Ramadan di desasetempat, Senin (1il6) nalam. (60)

.8&,I}A PIJilBAtiI{OffA

Page 23: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KtIFIH* i.{fi*lel}},iileli Mli{,E$ $Siiit liiftIt|iiiil i

EFrHnIBanyumet.Karnis, 78 )uni 2075

Knalpot Jadi Maskot PilkadaPURBALINGGA- Komisi PemilihanUmum (KPU) meluncurkan maskotsekaligus j/rgle Pilkada Purbalingga2015, Rabu (1716), Kali ini KPU

memilih boneka dengan rupaknalpot sebagai maskot pilkada.

Anggota KPU Divisi Sosialisasidan Pendidikan Pemilih, l"ley Nurlelamenjelaskan, maskot dengan rupaknalpot jni memiliki arti tersendiriyang lebih dititikberatkan padakhasanah yang dimiliki Purbalingga.

"Maskot pilkada kali ini kamisebut dengan Si Poga, singkatandari Knalpot Purbalingga. Kamimemilih simbol berupa knalpot,sebab knalpot merupakan ikonkomoditas khas Purbalingga yang

diakui secara luas, bahkan hingga kemancanegara," terangnya, kemarin.

Di samping itu, knalpot jugadianggap memiliki arti lain jikadikaitkan dengan pemilu, Dijelaskan,knalpot melambangkan penyaluranaspirasi masyarakat, yang

artinya dalam memilih pemimpin,pemilih mampu menyaring danmemilah serta menentukan sendiripemimpinnya dengan cerdas.

"Harapan yang lain, pemimpinPurbalingga nantinya mampuberkembang dan menciptakanlapangan keda, sehingga menjadkanPurbalingga lebih sejahtera,"tuturnya,

Dalam acara sosjalisasi ini,

KPu mengundang seiumlah tokohmasyarakat, Humas Pemkab,LSDl, Panwaslu, tokoh perempuan,perwakilan penyandang disabilitas,tokoh agama, dan sejumlahwartawan dari media lokal. Dalamhal ini, KPU meminta adanyakerjasama guna melakukansosialisasi terkait pilkada kali ini.

"Khusus kepada media masa,kami mengharapkan adanyakeseimbangan berita pilkada yangupddte, akurat, dan membantusosialisasi. Kami mengharapkan daripers juga memahami regulasi yangada, mulai dari UU Pilkada, PKPU,

hingga tahapan pemilu," ujarnya.(m905-06)

KoMlsl Pemilihan umum (KPU) memperkenalkan si poga, boneka berupa knalpot, maskot khas pilkadaPurbalingqa 2015, kemarin.

Page 24: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KIIF{N,* ft,fffiilIAntnltlririiiiir'Ci

BUAT Pak Lurah CipJwon pembangunan desa aja di

Ii"*on loi Ou".i puk? Cipawon xiduljuga dibanqun

ii.'ilo* ciou*on. ( Rt 02 Rw 03 cipawon' Bukateja''Purbalinqga-

6285716141982)

Kamis, 18 luni 2015

Persyaratan

ffiffi Cabup-Cawabupi: MemberatkanPURBALINGGA- Banyaknya persyaratan yang harusdipenuhi oleh calon bupati (cabup) dan calon wakilbupati (cawabup) untuk maju dalam Pemilihan Kepala

Daerah (Pilkada) 2015, dinilai oleh sejumlah partaipolltik (Parpol) memberatkan,

Salah satunya adalah syarat harus menyerahkansurat keterangan sudah menyerahkan Laporan HartaKekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), kepadaKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sebab, calon harus mengurus surat tersebut ke

Jakarta, serta tidak bisa langsung mendapatkan suratyang dimaksud saat itu juga, artinya harus menunggu,"kata Ketua DPD Partai Golkar Sudono saat Sosia isasiPencalonan Pilkada Purbalingga 2015 kepada partaipo itik d Aula Kantor KPU, Selasa (16/6), "Kamiberharap, tidak harus embaga KPK yang mengesahkanLHKPN, tapi lembaga lainnya," imbuhnya.- Ketua KPU Sri Wahyuni menegaskan, persyaratantersebut tidak bisa dinego, Sebab, aturan yang ada,LHKPN harus diiaporkan kepada KPK, bukan lembagalainnya, bersumber dari KPU pusat. Jadi calon harusmemenuhi hai itu, jlka ingin maju dalam pilkada,

"Jadl kami menyarankan, kepada calon yangsudah berniat maju dalam pilkada, untuk secepatnyamengurus LHKPN. Sehingga, saat pendaftarancalon, kelenqkapan persyaratan tersebut sudah bisadisertakan," katanya.

Berpegang AturanKPU akan tetap berpegangan dengan aturan KPU

RI, yang diturunkan kepada KPU Purbalingga. "Terkaitmasalah internal partai itu urusan partai. Kami hanyaberpegangan terhadap aturan yang ada, Kami tidak akanmasuk dalam permasalahan internal partai," jelasnya.

Sementara itu, terkait pelaksanaan sosialisasi,Komisioner KPU Divisi Sosialisasi dan PendidikanPemilih [,1ey Nurlela, Rabu (1716) mengatakan,soslalsasi dilakukan sejak April melalui media massa.Secara masif dilakukan mulai Agustus seperti jalansehat, lomba murai, donor darah, panggung hiburan,kunjungan ke lapas, difabel, marginal, I\4cNlP,

sekolah, pernutaran film keLiling, pantijompo, sertakelompok perempuan dan pasar. "Dalam hal ini, KPU

akan turun ke lapangan secara masif memberikaninformasi perihai pilkada ke seluruh elemenmasyarakat," katanya. (SlltNetwork/h82-06)

Page 25: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KLIFING MEDIABAffIAI{ }IU${A$ $fiT}A PIJFSAI,IIIil{] i

trf,r.ni€., 18 luni 2015

PURBALINGGA- KawasanRuniah Pangan Lestari (KRPL)

akan dikembangkan. Program

ini merupakan implementasiPercepatan Penganekaragaman

Konsumsi Pangan (P2Kf)."Pemanfaatan pekamngan

dengan konsep KRPL ini

diharapkan dapat membantupemenuhan kebutuhan Pangan

keluarga," kata Kepala Badan

Pelaksana Penyuluh dan

Ketahanan Pangan (BPPKP) LilY

Purwati.Dia mengatakan hal itu

saat membuka Pelatihanpendampi[g P2KP/KRPL Desa

tahun 2015 di Aula BPPKP,

baru-baru ini. Pelatihan diikuti22 pendamping desa se-

Kabupaten Purbalingga,Lily bdrharap, program

KRPL ini tidak hanya

sebatas untuk Pemenuhankonsumsi pangan keluaEatetapijuga memberikantambahan pendaPatan bagi

keluarga. "Selain itu, tidakhanya menitikberatkan Pada

aspek budidaya, melainkan

iuga aspek Pemenuhan gizi

seimbanq bagi keluarga,"

terangnya.Kabld Ketahanan Pangan

Dada BPPKP Arif Khoerudln

mengatakan, Pada 2013 ada

22 kelomPok Yang mendaPatprogram KRPL. Tahun 2014

tetao 22 kelomPok, 6 kelomPok

di antaranya adalah kelomPok

baru,"Tahun 2015 juga 22

kelomook. Namun Yang 6

kelomPok adalah kelomPok

Iama lanjutan tahun kedua,

sedanokan 16 kelomPok

lainny; adalah kelomPok baru,"

katanva.KeiomPok-kelomPok ini

nantinYa akan memanfaatkan

lahan di sekitamya untukditanami saYUran. Sehingga

nantinva kawasan itu menjadi

kawasan rumah Pangan lestari'

"Salah satu KRPL

yang berhasil ada di Desa

Peoandekan. Selain memunyal

ke6un bibit, mereka juga sudah

bisa mencari Penghasilantambahan denqan menjual bibit

itu keluar," terangnya'Materi yang disamPaikan

dalam pelatihan itu cukuP

banyak. Di aniaranYa kebijakanpengelolaan P2Ke budidaYa

tanaman di lahan Pekarangan,budidaya perikanan, aneka

ternak, monitoring, dan

oelaDoran administrasi.(SMNetworkff'l0'06)

r<o nx xt tuvotl g

Page 26: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KTIPING MEDXA

Jembatan Kedung

MREBET- JembatanKedung Nini yang

menghubungkan wilaYahDusun lll dengan Dusun

lV, Desa Onje, KecamatanMrebet terancam putus.

Pasalhya, besi penyanggajembatan hanyut saat baniir

menerjang sebulan lalu.

l^7i,',*nT::,3:l?:l:i#"""l\g';t*:',x;HIxr"^[llT,

dua penyangga di sisi kiri hanyut terbawaarus Sungai Klawing saat banjir, llei lalu.Sedangkan satu penyangga bagian kanan

terlepas.Tidak hanya itu, banjir juga membuat

posisijembatan pada bagian tengahbergeser beberapa centimeten

"Praktis hanya tinggal satu besipenyangga yang masih utuh. saatini jembatan hanya mengandalkanbeberapa kawat yang diikat ke beberapatitik untuk menahannya," katanya, Rabu

(17 /6).. Jembatan sepanjang 23 meter dan

lebar 90 centimeter itu dibangun pada

1983 dan praktis hingga sekarang belumada perbaikan total. Perbaikan hanyabersifat kecil-kecilan, yait! mengqanti

-papan kayu, Adapun ketinggian jembatan

hingqa permukaan alr Kedung Nini

mencapai 15 meter'"Saat ini kami tenqah merencanakan

perbaikan sementara. Pemdes

menganggarkan dana untuk membeli

empit batang besi dan beberapa puluh

meter kawat. Sehhqqa dalam waktu

dekat bisa diPasang untuk menahan

sementara," katanYa'.

Belum BisaTerkait Perbaikan total, Pihaknya

belum bisa menganggarkan dalam

Alokasi Dana Desa (ADD), karena

angqaran awal akan digunakan

untuk merenovasi bangunan balai

desa terlebih dulu, Dia berharap jika

pemerintah bisa memperbaiki jembatan

tersebut.'"Jembatan ini s;ngat vital untuk

transportasi warga dari Dusun IV

yang hendak memiliki urusan di

balai desa atau kota kecamatan

lYereka harus melintas jembatan ini,

meskipun menggunakan sepeda motor.

Khawatirnya jika ada warga Yang

melintas, jembatan ini Putus akan

menimbulkan korban," katanya.(SMNetwork/h82'06)

Page 27: Kliping media tanggal 18 juni 2015

WARGA melintas di Jembatan Nini penghubung Dusun- lll^dengan Dusun lV' Desa

Onje, Kecamatan Mrebet yang terancam putus, Rabu (1//b)'

Page 28: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KLiPIffiffi i''t*,Il;iBA$IAH I{UHA$ $UI}A PiJftBAiI$O#J1

ffiBanyumfHKa is, 18 )uni2015

H$fr+{titf ilf ltit$s*H;}iffi '

'-?:",o.i:lll* [:iLf i3 il.il'nnn'li*"'i'* "'."Hr'i'tii ri"l.iu- vang tewas tersebut diduga kuat

[1;'ffifrft*l'I,;,'nffilTi''t"ffi;ffi;i..'. hasil Iain vans.ditemukan' mavat

"'i!J,ii#ipiil,r" 1"" t:ll'^l',llild" jjflilili:& kiri luka lecet, telinga kanan menge

ili;ii;t ffi;; u[uran s x 3 cm' "xarena sudah dua

Bersambung tlal 4

Polisi Bingung."hari. saat ini mayat tersebut telah

.limakamkan di lokasi setempat, yaknl

Desa/Kecamatan Karangreja sementara

hinooa kini pihak kepolisian masln ..

meiyelidiki identitas mayat tersebut'"

ielasnva.Dia menqimbau kePada masyarakat'

baoi vanq sekiranya mengenal mayat

i"r""iluii,rntrt t"g.'a melapon'an ke Polres

Purbalinqqa, baik melalui media soslal'

"[r<rioni[uL, datang langsung ke kanlor'

"Kami juqa sudah mencoba menanyaKan

r,#li uiutqu t.tittt TKP, dan setiap Polsek'

selain itu kami iuga bekerjasama dengan

i"j"ii" -p"ir"t

rlrumen, Banjarnegara' dan'Pemalanq siapa tahu ada warganya yang

tiianq;"-n9.n.iri .i'l sama dengan mayat

tersebut," ucaPnYa

Berdasarkan Pengecekan, mayat lnl

berienis kelamin laki-laki tanpa identitas'

i',1'rn"tui t uot ontong warna biru dg tulisan

lvlount Kalimanjaro, celana pendek boxer

irlit." w"AO Disney lulayat dalam keadaan

Lerikat kedua tangannya ke belakang'

denoan lakban warna coklat & tali selenls

tali -Pramuka

warna Putih'

ciri-ciri khusls mayat,.'rambut lurus

aoak qondrong disemir warna pirang

tikuninoan, meriqqunakan anting ditelinga

kiri. me;iliki tato di dada bartuliskan 'Never

Give L.Jp', di lengan kanan tato motif bunga,

di pergeiangan kaki kiri tato jenis ukir

melingkar, di betis kaki kanan bawah tato

lambano'Michelin'.SepJni yang diberitakan, mayat tersebut

ditemukan Sukmadi (55) warga Desa

Karanqreja dijurang sedalam 4 meter'

sukmadi mengetahui pukul 16.00 ketika

ia baru pulang dari ladang dan melihat

benda mencurigakan darijarak 20 metqr,

awalnya ia mengira itu sebuah karung

Beoitu didekati ternyata benda tersebut

adilah mavat. Ia langsung menceritakan

keDada Taat Riyanto (44) yang kemudian

melaporkannya kepada Polsek Karangreja

oukul 19.45 WIB.

Sedanqkan berdasarkan identifi kasi

waktu kematian diperkirakan 6 - 8 jam

sebelum dilaporkan. Hasil penyelidikan

oolisi semeniara diduga korban dibuang dari

i<enda'aan, semeltara eksekusi oi tempaL

lain, (msos/os)

Page 29: Kliping media tanggal 18 juni 2015

IffiIFII{G }*{fl*lS'effiAtiI{IHA$ $$Tle

ffiPanYIlmSF"SMAN 1 PurballinggaTerapkan 5 Hari SekolahPURBALII{GGA- SMA Negeri

1 Purbalingga mulai tahqnpelajaran baru 2015 120f6yang akan dimulai awal Juli

mendatang, akan menerapkan

lima hari sekolah. Selain sekolah

tersebut, SIIAN 1 Bobotsarl

dan SMK Negeri l Purbalingga

menerapkan hal seruPa.

Pelaksanaan lima hari sekolah

ini menindaklanjuti Surat EdarE-n

Gubernur lawa Tengah Nomor:

420/006752/2015 tentangPenyeleggaraan Pendidikan Pada

Satuan Pendidikan di Provinsi

lawa Tengah Yang dikirim ke

seluruh bupaty'walikota se-lawa

Tengah. Dalam lima hari skeolah

ini, slswa belaiar dari Pukul 07.00

WlB, dan pulang Pukul 15.30-

17.00 wlB.IPenerapan lima hari sekolah

di SMAN 1 Purballngga sifatnya

masih uji coba. Nanti setelahjalan satu semestei kita evaluasl,

apakah Prestasi akademlk siswa

meningkat, tetaP atau menurun,

Dalam evaluasi nanti, kamiakan

membuat angket Yang ditujukan

ke seluruh omngtua siswa dan

komlte sekolah," ujar Kepala

SMA Negeri 1 Pu$alingga, Drs.

Kustomo dalam raPat koordlnasi

dengan jajaran komite SMAN 1

Purbalingga di sekolah setemPat,

Rabu (17/6).Menurut Kustomo, siswa mulai

pelajamn Pukul 07.00 WIB, dan

pulang hin99a Pukul 15.30/17.00

WB. Pulang PUkul 17.0 WIB,

hanya berlaku Pada hari Senin,

karena seusai Pelajaran Pukul

15.30 WIB, ditanjut ekstm

kurikuler hingga Pukul 17.00

wIB. Pada hari selasa, Rabu dan

Kamis pulang Pukul 15.30 WIB'

"setiap siswa wajib mengikuti

satu ekstra kurikuler Yakni Pada

hari Senin. Dan khusus hari

Jumat, siswa Pulang hingga

14.30 WIB. Untuk hari Sabtu-

Minggu, libur Sementara untukjam istirahat Pelaksanaan lima

hari sekolah, ada dua kali Yakni

istirahat Pertama selama 15

menlt dari pukul 10.15 - 10. 30

WlB, dan istirahat kedua selama

45 menit, Yanq digunaan untuk

istirahat, shalat dan makan

siang dari Pukul 12.30 - 13.15

WIB," ujar Kustomo.

Kustomo menjelaskan,

Surat Edaran Gubernur lawa

Tenqah yang menerapkan lima

hari masuk sekolah bagi SlvlA/

SlvlK dan SLB bertujuan untuk

meningkatkan kualitas interaksi

peserta didik di lingkungan

keluarga. Juga sebagai upaya

peningkatan kaPasitas

manajemen Pada satuanpendidikan Yang bersangkutan.

Hal tersebut iuga sesuaipasal I Surat Keputusan (SK)

Kemendiknas nomor 125 I U 12002

SK itu menyatakanbahwa sekolah dapat

meneyelenggarakan Pendiidkan5 atau 6 hari belajar Perminggu Yang setara dengan

2oO samPai 245 hari efektifper tahun, sepanjang tidak

mengurangi jumlah jam

mengajar Yang teiah ditetaPkan.

Terkait dengan hal tersebut,

lanjut Kustomo, maka PelakanaanDendidikan untuk jenjang

oendidikan menenqah (S!1A/SPIK)

lan pendldikan khusus (sLB)

mulai tahun Pelajamn 2015/2016

dilaksanakan selma lima harj Per

minggu.[,t{2)

Page 30: Kliping media tanggal 18 juni 2015

r{tlffiN* ii/[ H.l Il,ir..r.r i.;JAl *"t J&

fiAffl,t}{lltl}&i$,$mile

ffi,.Banyumffi

Page 31: Kliping media tanggal 18 juni 2015

SATELITP.SSTKAIIIIS PON,r8 iuNr 2015

Page 32: Kliping media tanggal 18 juni 2015

B i nll,lI Uifttl fl nnTrr E n;?"tar Y ?" "llrltt ii'-ll I \l,ir,l,'t \:.,1r',1 ' r:- :

SATELITPOSTKAMIS PON,

]B JUNI 2OI5

KPU Luncurkan Maskot PilkadaPI,]RBALINGGA, SATELIIPOST.Komisi Pemilihan Umum (KPU)Purbalingga meluncurkan maskotPilkada 2015 di Wisma Tien, Rabu(1716). Maskot diambil dari ikonyang dinilai mewakili Purbalingga"yakni knalpot. Maskot digam-barkan kartun knalpot dengantangan kanan memegaag paku dantangan kiri memegang benderapilkada.

PTJRBALINC€A" SATEIXT"OS'T-Harga kebutuhan pokok mas-yarakat mulai merangkak naikmemasuki Ramadan i436 H. Bebe-rapa komoditi seperti beras, da-ging sapi, dan cabe mengalarnikenaikan harga.

Harga beras ienis IR nomor 1

naik Rp 800 mmladi Rp 9 ribu perkilogram dan beras IR nomor 2naik Rp 500 pet kilogram. Semen-tara harga daging sapi naik Rp 10ribu per kilogram. Harga semuaienis cabe naik, seperti cabe meralrkeritins naik Rp 3 ribu per kilo-gram, cabe merah besar naik Rp

Ketua KPU Purbalingga, SriWahyuni AKS, mengatakan, pe-luncuian maskot dilakukan ber-sama peluncuran jingle pilkada.Acara ini dihadiri elemen ma-syara-l-at, wartawan, dan sejumlahpeiabat terkait. "Maskot akanmembantu kita menyosialisasikanpilkada kepada masyarakat" katadia.

Dalam acara yang dikemas da-

lam Media Gathering ihr KPU jugamenginformasikan rencana ber-bagai tahap sosialisasi. Di anta-ranya KPU bekerja sama denganCLC membuat video sosialisasidar film pendek tentang kepemi-luan. Selain itu, juga ada lomamural bertema kepemiluan. "Lom-ba akan digelarbersama perayaanHUT RI," kata Komisioner KPU,Mey Nurlela.(gan)

Harga Kebutuhan PokokMulai Naik

2.500, cabe rawit hijau dan merah pasarBobobari,timpemantauharganaik Rp 2 ribu rupiah. - Disperindagkop merdapati daging

Kepila BidangPedaganganDinas sapi dari hasil pemotro,ngan tiga ekorPerindustrian Perdagangan dan sapihabispukul 09.00\MB. "KalauKoperasi (Disperindagkop) Ka- cabe stok di pasaran memanglagibupaten Purbalingga, Sumiho SE, sedikit," kata dia.m6ngatakan, ken;kan beras di- Selain mengatrarni kenaikan, be-sebab=kan stokberasdi tingkatpehni berapa komoditi iuga mengalamimenielang musim tanam mu.lai me- pemmmanharga,diantannyatunatnipis. Hal ini menurutnya iuga turm Rp 500, minyal goreng ma-berpengaruh terhadap pasokan di lindo ttrrun Rp 200, dan bawangpasaran. "Kita lahu hukum ekonomi merah lokal hmmRp3 ribu. "Sernuajika stok sedikit sementara per- dipenga-ruhi stok di pasamn " ujarminiaan naik maka harga jrrga aLan dia.naik " kata dia, Rabu (1716)- Sumitro mengatakan, kenaikan

Sementara unhrk kenaikan halga harga iuga dipengaruhi dampakdaging psikologis menjelang Ramadan.

ffiffiflffiiffim e n - rakatnaikberapapun tetap dibeli,jelang ini yang membuat tren hargaRama - sclalu naik menjelang Ramadan,"dan. Di kata dia, (gan)

)t--

Page 33: Kliping media tanggal 18 juni 2015

/?

PEDAGANG beras di Pasar Segamas, Purbatingga, beborapa waktu tatu. Harga beras mulai merangkak naikmomasuki Ramadan.

Page 34: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KLipTffiffi h{ffin#..$ETDf'

PijR}Atifififi&

SATELTTPCIST

KAI'IIS PON,18 JUNI 2015

Ramadan,

YatiPURBALINGGA, SATELIT-POST-Perkab Purbalmggamelalui Bagian Kesra 5etdaKabupatm-Purbalirgg-a aKal

. -^

*:tt"rf #ix'lf :P,#iJ:i

tHffi f :5iil'-f iii$-:dt8i'lr:ini akan diberikan saat Ialawurlie[ling (Tarling) BuPah dan

wakil BuPati'"Masht-masin g kecamatan

diiatah 1o.-anak Yatim' dan setlaP

.l;ca diiatah dua guru mengal'in bel.im telmasukt)antuan OarI

Bamas. BUMN/BUMD' dan

uantuar Pemkab lainnya beruPa

karpet masiid, mulena' danc.arr'rns unhlk maslld Yang;enia;di lokasi tarlin8.' ularKeDala Bagian Keselarttetaarr

ff;i;li,:#ffi *H"TS"',.*;',Rabu (17l6).

Selama Ramadan r+Jo n'Pemkab Purbalingga luga .'-..t"I".,e gu,'kurr Pengq Lan

'r*iiirft1,fsfl*e*u}:'hbdullah Zaen LC, Penga.sur'-Pondok Pesanken Lunas lurLu

fi,p#xHi H:Hl?L*. *'",,

*l*tffi*:#i.11"il0..'ii.,ilulin'qgu), ot" H I'{oot ttlu

ll*Hf,ils*Ht%!T^'ii.lKeoala Kernenag l'urbalrngga''

'hcnsaiian Iumat Pagr rnt

H:Hx"*$*i:il?g:lilH:,:'.il

l1a+:llfr4{ffi*:i}#:u'

"l,Y.HlEx\",'"'"0 *.*, o,

Musala Setd; KabuP-atenPurbalingga, setiaP tlaxoa

Dzuhur akan ada Kuliah Tujuh\{".it lKulfum) l'ara-.'-i ii-anv, aumbilkan dan:;;; kiai. uIama, dan ustaz/.iriiirutt iiuti uetbugai orgarxsasl

massa lslam di wilayanPurbalingga'

Aoendalain Yang a( .

$*I:t-n*;:lHtli$o's?u*'Buoati Pulbalingga unrux,,oi.da varrg sutu iru'-masrrr

llil';;;:l:h,r:rfif,m*;agenda"dedua PimPuran tru'(gus)

Page 35: Kliping media tanggal 18 juni 2015

jTJ,IPII\T,* I,{EilL{

Kadindilr: Tak BoleAdu Pungutan-^ rr^.^r ^$*st,,sa niiltrrn Dana BSSI Airyg Pendaftaran Ditutup Dana ts-u:l

ltt f"fu, ""rnpaiaOa

s"fto-Oafr yang memungut' akan ada sanksikeras'"i

"Kalau ada anak Yang nilainYa bagustetaoiditolak dan menerima yarg mlaLnya

i"uii .endall, muku mas) aralat bisa tnhu

dan menilai sendiri," kata diaDi sisi lain, biaYa murah.iuga akan

berimbas pada angLa PartlslPasl -pe-i"rtu aiaii. Tahunini, ii menargetkananska oartisipasi kasar 85 Persen'- a."rtinia iika'ada yang (idak me-,reruskin iekolah maksimal l5 Per-sen," uiar dia.

l\4enuiutnva, tanlangan masih seputar

faktor ekonomi Banyak lulusan SMv yang

'i.-ltif, U"t ".lu

di plasma bulu mata

palsu daripada menerrrskan ke len)artgherikutnva"'i.itr'r,J i"r penerimaan Peserta didiLrr." i""*"tl sistem onine akan di-i*"rU" 3i ieniang SMA /SMK Dinasi;;;i;i"h ;dv,;un Petuniuk..teknis';i;k;;;;; dan merid istri b usik an ke

iekolah. Seiain Penataan sistem Pe-nerimaan, Dinas Pend idikan,luga mem-

il"ttliiii, urltit t"n uga pendid ilmy a; "Saya

i"tT*r" ii"pra^ "Pu'" gttt' agar ber-

i no'vasi supiya Proses Pembelalaranberialan dengan menyenalrgKan' Kdrd

dia: ([email protected])

SalEr-trPosrKAT{IIS PON,18 JUNI2015

TRIGUNAWAN

_ KePala Dinas Pendidikan

PITRBALINGGA, SAIELITPOST-DinasPendidikan Purbalingga menginstruk-sikan sekolah-sekolah agar tidak me-mungut biaya pendaftaran peserta didikbaru. BiayC pendaftaran akan ditutuPdensan dana BOS.

DXna BOS tahun ini naik dibandingtahun lalu. Untuk ieniang SD naik dari Rp500 ribu meniadi Rp 720 ribu per siswa,SMP naik dad Rp 750 ribu, SMA da ri RP 'l

iuta menjadi RP'1,25 iuta. "Kalau- samPaiiaa setcitafr ying mimungut, akan adasanksi keras," kata Kepata Dinas Pen-didikan, Tri Gunawan, di ruang kerianya,Rabv $7 /61.

Sedanskin biava uary gedung, kaia dia,diperbolehkan tielalui mekanisme mu-

syawarah komite sekolah, bukan pilaksekolah sendiri. Meskipun demikian, ialetap menggarisbawahi agar besaranpungutan harus rcalistis. "Artinya sesuaidmgan kebutuhan," kata dia.

Glrnawan mengatakan, pemerintah saatini tengah berusaha menghapus arggapanbahwa sekolah itu mahal. Berbagai tro-bosan mulai diterapkan. Antara Iainpendaftaran secara online. Masyarakatbisa mendaftar sekolai melalui websiteyang disediakan masing-masing sekolah."lni dilrarapkan bisa memangkas biayatranspo* pendaftaran. Kalau dari Rem-bang ingin mendaftar ke SMA 1 misalny4kan harus berapa kali naik angkr.rtan," ka tadia.

Selain itu, pendaftaran online akanmembuat proses penerimaan meniaditransparan. Proses seleksi calon pesertadidik baru bisa dipantau, sehingga bisameminimalisasi praktik transaksional.

Page 36: Kliping media tanggal 18 juni 2015

B.\OIAfi HIJH,I$ $HTN,q FIJJ,II l,;fi i.Rabu Pahinq, 1Z Juni ZOIE

II ${au/asanI

ffi Diduga Korban Pembunuhan

Ditemukan Mayat Priadengan Tangan Terikat

PURBALIIIIGGA- Mayat pdayang diduga merupakan korbanpembunuhan ditemukan di jalanraya perbatasan Pemalang-Pur-balingga di Desa Siren Kecama-tan Karangreja, Senin (15/6) malam. Saat ditemukan, mayat da-lam kondisi terikat kedua ta-ngannya dan berada di jurangdengan kedalaman sekitar 4meter.

"Mayat tersebut tanpa adaidentitas. Menggunakan kaosoblong warna biru dan celana

pendek jenis Dorer. Ciri-ciri lainad a anting -anting di telinga kiriserta ada tato di dada dan le-ngan tangankanan," kata Kapol-res Purbalingga AKBP AnomSetiadti, Selasa (16l6).

Ciri lain mayat tersebut ada-lah tinggi sekitar 168 cm sertarambut lurus agak gondrongdan disemir wama pirang keku-ningan. Di tubuh mayat teEebutjuga ditemukan adanya luka pa-da dahi kaaan dan kiri berupaluka lecet. Telinga kanan me-

ngeluarkan darah. "Selah itu iu-ga terdapat luka lecet di lututkaki kanan," ujarnya.

Melihat tanda-tanda fisik ter-sebut pada mayat dengan kondi-si kedua tanggn tedkat, polisimenduga mayat merupatan kor-ban kekerasan atau pengairiaya-an. Diduga korban sengaja dibuang ke lokasi itu. Pasalaya pe-ne-muan mayat berada di katvasanyang sepi dan gelap. "Dugaansementara korban dihabisi ditempat lain dan dibuang. ke

kawasan itu," laniutnya.Pihaknya lalu berkoordinasi

dengan Polres Pemalang danPolres Banyumas dengan me-nyebarkan foto mayat tersebut.Dari hasil pemeriksaan medis,diperkirakan mayat tersebut me-ninggal sekitar enam jam sebe-lum ditemukan.

"Mayat ditemukan oleh warga yang kebetulan sedang mencari kayu di kawasan itu," imbuhrya. &

sT-ri

Page 37: Kliping media tanggal 18 juni 2015

BAffl,{l{ I{UH{$ SE'l DA FilRBr'Iilitfi ri

RabuPahins, 17)uni2o15 J Wawasan

Dituduh Mencuri Ayam,Dua Pemuda Nyaris Dimassa

PURBALINGGA- Dua pemu-da masing-masing Dedi (23)dan Iwan (22) warga Desa Beji,Kecamatan Bojongsari, Purba-lingga ditangkap dan nyarisdihajar warga. Keduanya di-tuduh akan mencuri ayam mi-lik Misto, warga Desa Cipaku,Kecamatan Mrebet, Selasa(16 / 6) sia1].g.

Menurut keterangan pemilikayam, saat kejadian, ia melihatkeduanya sedang memegangayarn di pekarangan dekat ru-mahnya yang ternyata adalahayam miliknya. Dia lalu ber-

teriak maling darr warga yangmendengar lalu berdatangan.

Melihat kedatangan warga,kedua pemuda itu kemudianberlari. Namun warga berhasilmenangkap keduanya. Dedidan Iwan sempat jadi bulan-bulanan warga. Tak lama ke-mudian/ petugas dari PolsekMrebet datang ke lokasi setelahmendapat laporan dari warga.

Menurut pengakuan salahsatu tersangka, Iwan, sebe-lumnya ia dan Dedi berangkatdari rumah menggunakan se-peda motor. Keduanya mem-

bawa ayam jago untuk dijualke Pasar Pengalusan di Ke-camatan Mrebet. Adapun duaayam milik keduanya dima-sukkan ke dalam tas. "Di pa-sar penjualnya ternyata tidakada, lalu kami pulang. Sampaidi Cipaku, Dedi menghenti-kan motornya dan bilang ka-lau ada ayam di kebun. Diabilarig mau njajal adu, sayasudah takut kalau ada warga,tapi dia tetap mengadu ayam-nya," katanya.

Saat ayam milik Dedi beradudengan ayam milik warga, tiba-

tiba pemiliknya meneriaki me-reka maling. Mereka lalu kaburmeninggalkan ayam dan mo-tor. Warga dapat menan8kapkediranya.

Kapolsek Mrebet ImamSutiyono mengatakan keduatersangka dapat diamarkan da-ri amukan warga. Kemudiandibawa ke Polsek dan diti-tipkan di tahanan Pohes Pur-balingga. Keduanya dijerat de-.ngan Pasal 362 KUHP teniangpencurian biasa yang dilaku-kan bersama-sama.&

sT-Tj

Page 38: Kliping media tanggal 18 juni 2015

3,|ffL{li11iJffit$ $ET},{P"KEDAULATAN RAKYAT"

xmitts poN, {8 JUNI 2015(l',PASAlS4S)

SATPOL PP RAZIAPASANGAN TIMSTIIIT

PNSAsal Purbalingga Kena Operasi pekatPIIRWOKERTO (KR) - Satpol pp Kabu-

paten Banyumas, Rabu (1216), menggelarrazia dengan sasaran hotel kelas melati diKota Purwokerto dan rumah kos kosan diKelurahan Grendeng pulwokerto Utara yangdiduga dijadikan tempat Desum.

Di sejumJah hot"el kelas melabi yang beradadi Jalan Gerilya atau kompleks Taman An_dhang Pangrenan dan Jalan KarangsalamPurwokerto, petugas merazia tujul pasalgaamesum, satu di antaranya diketahui oknurnPegawai Negeri Sipil (PNS) asal purbalingea.

"Mereka selanjutnya mendapat pernbi_naan. bagi oknum PNS yang kena razia jugamendapat pembinaan ilan dilaporkan kepadapimpinannya di Kabupaten hrrbalingga,,, ka-

ta Kepala Bidang Ketentraman MasyaraLatdan Ketertiban Umum Satpol pp Banl,umas,Amin Sugeng kepada.tr@.

Menurutnya selain di sejumlah hotel, petu-gas gabunganjuga melakulan razia di sejum-lah rumah kos kosan di Kelwahan Grencleng.Petugas merazia 13 orang yarrg menghuni ru_mah kos tersebur. Selanjutnya merekadibawa ke Kantor Satpol pp Ban),umas un_tuk mendapatlan pembinaan.

Djelaskan selama bulan Ramadan Satpolakan terus melakukan rezia dengan sasaranpenyakit masyarakat (pekat). Diharapkandengan razia tercebut umat muslim yangmenjalankan ibadah puasa akan lebihkhusu&. (Drile

Page 39: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KtiF[Nffi ],$ffiDtfl-il,i,fi illi fi lj}ll$ gfiTXitr Fi;iiliiji;iii,i

\I,a\,lasan j KamisPon, 18Juni 2015

Bupati Purbafingga.Drs. H. Sukento Ridho Marhaendrianto, MM

Page 40: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KtIPIruG },{flMI&n {n! :l: lllll{t0 lr'Tn tr FiTf 11 r'tRr, lt"ri r U h !11 l.l U :rlil rl U ;. : lrll I Ulil.' li i lti'ji_i

Kamis Pon, 18Juni 2015 l

UMKM Wai ib

PURBALINGGA-Para pelaku usaha mikro kecil

menengah (UMKM) di Purbalingga wajib

mendaftarkan produk usahanya sedini

mungkin. Hat tu dilakukan guna menghindari

adanya duplikasi merek produk usaha.

"Pelaku I-rMKM harusmendaftarkan merek produkusahanya sedini mungkin. Se-belum merek yang diciptakan-nya terlebih dulu didaftarkanoleh pihak lain " ujar Kepala Btdang Pelayanan Hukum padaKanwil Kementerian Hukumdan HAM Provinsi Jawa Ten-gah, Setyawati, saat memberi-kan sosialisasi hak kekayaanintelektual bagi pelaku usahamikro dan kecil di operationroom Graha Adiguna, Rabu07 /6).

Menurut Setyawati, saatmerek yar.g dicipiakanyasudah didaftarkan oleh pihaklain, dengan sendirinya si pe-milik pertama merek tersebuttak bisa lagi menggunakanmerek itu. Padahal merek pro-

duk tersebut sudah dibangunsejak lama dan sudah memilikipangsa pasar yang tinggi.

Dia mencontohlan, merekTorakor (Tomat Rasa Korma),penemu dan pengguna perta-manya di Purbalingga. Teiapipemilik pertama belum men-daftarkan merek itu ke Ke-menkumham, kirii merek To-rakor dimiliki pengusaha luarkota Purbalingga. Pemilik per-tama tak boleh lagi mengguna-kan merek itu. Inilah keru-giannya. Banyak merek dagangatau jasa yang didaftarkanpihak lain karena ketidak-tahuan pemiliknya.

Kepala Bagian Hukum danHAM Setda Pubalingga, TavifWurjono ikut prihatin atas ba-nyaknya penyerobotan hak me-

(\

Page 41: Kliping media tanggal 18 juni 2015

='--

Page 42: Kliping media tanggal 18 juni 2015

rl,iCl,L:l lill : il lil il liT " ;" , ;

Pengajian Jumat PagiSelama RamadanPURBALINGGA- Selama Bulan Ramadan, Pemkab Pur-balingga menggelar berbagai kegiatan. Salah satunyapengajian Jumat Pagi yang dilaksanakan di PendapaDipokusumo. "Kegiatan dimulai Jumat (19/6) denganpembicara Abdullah Zaen LC, pengasuh PondokPesantren Tunas Ilmu Klapasawit Kecamatan Kalimanah,Secara berturut-turut, untuk pembicara pada ,umatberikutnya antara lain KH Abror Musodiq (Ketua MUIPurbalingga), Drs H Noor Isja (Takmir masjid AgungDarussalam) dan Rochjman SAg MH (Kepala KemenagPur-balingga)," kata Kabag Kesra Pemkab Purbalingga,M Nurhadi, Rabu (1716).

Sedangkan di Mushala Setdd Kabupaten Purbalingga,

Selain itu, Pemkab Purbalingga akan membagikanbantuan kepada 180 anak yatim dan 478 guru mengaji yangtersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Purbalingga.Bantuan senilai total Rp 300 iuta ini akan diberikan padakegiatan tarawih keliling (tarling) yang dilakukan dalamdua kelompok yang masing-masing dipimpin oleh BupatiSukento RM dan Wakit Bupati Tasdi.ffi

ST_T,

Page 43: Kliping media tanggal 18 juni 2015

I{[ T]:r:,],tn I r;f,r?*;r ^+.i,- rar, 1:; . ,^* ;.- J.:.1-.. ,. i- : i.iiq? ?1tr:..-., f i ...".., r ...;r .,. _

.,1,,,,,.,: ., ji,,:,,,.:.,.

IV{WVASAX& | xrri. eon, teJuni 2015

Sambut Ramadan dengan Pawai TaarufPURBALINGGA- Sekitar 1500 warga DesaGrecol, Kecamatan Kalimanah, Purbalinggatumplek-blek di jalan desa; Senin (15/6) ma-lam dalam gelar pawai taaruf menyambutdatangnya Ramadan. Acara berlangsungmeriah namun tetap tidak meninggalkanreligiusitasnya.

Paling tidal( 37 kelompok di desa itu ikutberpartisipasi seperti iamaah yasin thalil,majelis taklim, remaja masjid, remaja musala,TPQ, pecinta alam, grup hadroll kesenian ku-da kepang, kesenian theklhek dan gendingarserta anggota Yayasan Boas Suwon Korea,

Setelah berdoa, mereka berangkat darihalaman Masjid Habiburrohman di RT 5

RW 2 desa setempat. Iringan rebana, gendingdan thek-thek bersahutan dengan dentumanmercon bumbung (meriam bambu-red). Dere-tan obor menjadi penerang, sesekali pesertamenyeburkan minyak tanah dari mulut ke

obor membuat lidah api membum bung keangkasa. Di sepanjang jalan, warga yang tidakikut pawai keluar dari rumah dan antusiasmenyaksikan dari halaman rumah mereka."Pawai ini unhrk menunjukkan bah wa wargasangat bahagia dengan datangnya bulan suciRamadan," kata Ketua Majelis Taklim Habi-burrohman, Aris Mustofa.

Kemudian, pihaknya sengaja mengajakberbagai elemen masyarakat termasuk kesenian hadisional sebagai bentuk kebhinekaanurtuk memberi wama dalam berdakwah. Se-

bab dahwak itu tidak hanya dengan mengajisaja, namun juSd dengan cara yang lain.

Rombongan pawai mulai anak-anak,remaja, dewasa hingga orang tua nampakantusias. Mereka berjalan keliling desa hingga tiga kilometer jauhnya dan finish di ha-laman masjid tersebut. ll*

sr-ri

PAWAI OBOR:Pawai obor

memerizhkan Pnzuni

Taaruf mmyambutdatangnya bt an

Rnmadan d.i Desa

Grecol , Kecafiatan

Kalimanah,

Purbnlingga. $&

Foto : loko Safioso-Tj

Page 44: Kliping media tanggal 18 juni 2015

KtlFIhl# r',9il*14.

\14!\ASan i x"mi. pon, 18 Juni2ots

A[at Peraga Ktuster OPtik

Pelajari PelangiPIJ'RBALINGGA -Ka-wasan Wisata SanggaluriPark di Desa Kutasari, Ke-camatan Kutasari Purba-lingga memiliki wahanabaru berupa Alat PeragaKluster Optik. Alat ini me-mang merupakan alat Pe-raga llmu pengetahuan dantelinologi (Iptek) baru diSanggaluri Park, Yang ber-fungsi mengetahui Prosesterjadinya pela11gi.

Alat tersebut meruPakanhibah dari Pr.$at PergaanIptek (PP Iptek) Kemen-tprian Ristek Dikti. Belumbanyak daerah Yang me

mifiti atat peraga lni, Uafr-kan mungkin di JatengSanggaluri yang baru me-mitilinya, dan memilihkluster optik urtuk me-Iengkapi Sanggaluri Park.

"Ini hanYa sebagian keri I

alat peraga Yang kamrhihahkan. tidak semua dae-rah bisa mendapat bantuanhibah alat Peraga IPtek.Kami mendukung untukpemerintah daerah YangmengembangkannYaseperti di Purba.tingga Un-tuk hibah selanjutnYa me'lalui A?BN, dana kamimemang terbatas, mudah-

mudahan ada Pihak sPon-sor yang mendukulg Pe-ngadaan alat Peraga iPtekd;ngan kluster lain untukmenimbah wahana iPtekdi Sanggaluri," kata Asis-ten Deputi (AsdeP) IPtekMasyarakat DePuti BidangPenilayagunaan lptek Ke-meruistek Dikti Ir AlmadDading Gunadi, MA,saatmelakukan soft launcingalat peraga tersebut, baru-baru ini.

9S Wisata EdukasiDading menambahkao

pihaknya akan melakulan

KLUSTER OPnK: Pelniar memperhatikan alal PcraSa tptek klucter-oplic.di Sanggalrrri

Park. Purbnlinssa. Keberadnan oln! ini dihnropknn bisa mendongLrak kunlungan

ii,iiorio,,-iirZ'it,,ya kalangan pelajar yong haus akan perkentuangan lptek d

il--\l-=ra -/.-----.-/

Eoto: ]oko Safltoso

Page 45: Kliping media tanggal 18 juni 2015

--/==---.-_-/ t\.-.---

Page 46: Kliping media tanggal 18 juni 2015

I{LiFi}f* n{flarAt ill;iii iili;L1l

xr ii:] q ll.i7i,i. I I 7l?n.i : 1!lii,i:t-'ilt,:-:ui'

REPUBIII(A KAMts, rsJUNI 2ol5

Pengaditan Agama GetarSidang di Luar GedungPURBALTNGGA - penoadi_

tan Agama IPAl purbatinqqi te_rus metakukan berbaoai kemu_dahan datam memberikan oeta-yanan pubtik. Sebelumnya. pe-ngaditan Agama bersama Ke_menterian Agama dan pemkabPurbatingga, leLa h membuat te-robosan dengan menggetar is-bat nikah atau penetapan nikahoagr pasangan nikah siridi ber_bagai desa di witayah setemoat.

Pada 2016, Pengaditan Aqa-ma Purbatingg.j rencanaivamemberikan petayanan tain bi-

rupa sidang gugat ceraidituarqe-dung. "Program inibukan un[ukuntuk mendorong masyarakatmetakukan proses cerai. Samasekati bukan. Tapi semata-matauntuk memberikan kemudahan disektor tayanan publ.ik. Bahkanprogram ini mendaoat dukunoandari pemerintah, karena dibia"vaiAPBN. ' ietas Ketua PenoadiianAgama, Hasannudin. RabJ Il616).

Untuk itu, tambah dia, peta-yanan stdang quqat cerai di luargedung hanya dil.akukan untukdaerah yangjauh dari Kantor pe-

ngaditan Agama. Sidanq daDatditakukan di kantor KUA aiaukantor kecamatan.

"Dengan cara ini, rumahtangga yang sudah tidak muno_kin didamaikan tidak pertu harrismenjual kambing untuk trans-portasi. Nantu kami yang akandatang, katanya.

Datam proses gugat cerai ini.ujar dia, pihak Penqaditan Aoa-ma sebenarnya juga sujahmemberikan berbagai kemuda-han bagi para pasangan yang a-kan bercerai. I eko widiyatno