kisi-kisi it network systems administration 2014

7
LOMBA KOMPETENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TINGKAT NASIONAL XXII – 2014 PALEMBANG – SUMATRA SELATAN BIDANG LOMBA IT NETWORK SYSTEMS ADMINISTRATION KISI-KISI

Upload: wiwin-lamakkarodda-totenribali

Post on 27-Dec-2015

56 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Kisi-kisi IT Network Systems Administration 2014

LOMBA KOMPETENSI SISWASEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

TINGKAT NASIONAL XXII – 2014PALEMBANG – SUMATRA SELATAN

BIDANG LOMBAIT NETWORK SYSTEMS

ADMINISTRATION

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANDIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH

DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUANJALAN JENDERAL SUDIRMAN GEDUNG E LT.12-13

SENAYAN – JAKARTA

KISI-KISI

Page 2: Kisi-kisi IT Network Systems Administration 2014

KISI-KISI SOALIT Network Systems Administration

1. PendahuluanPada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tahun 2014 terjadi perubahan nama bidang lomba dari IT / Network Support menjadi IT Network Systems Administration. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengikuti standar penamaan dan kompetensi yang berlaku pada World Skills Competition (WSC) yang berlaku mulai dari WSC London, Inggris pada tahun 2011.

Materi yang dilombakan pada bidang IT Network Systems Administration meliputi kemampuan installasi serta konfigurasi server dan router dengan Debian 6.0. Dan sesuai dengan standar kompetensi WSC pada salah satu modul materi yang dilombakan adalah cisco configuration dengan menggunakan Cisco Packet Tracer.

Perlombaan ini menganut sistem fair play, yakni berlomba pada batasan yang sudah diketahui sebelumnya, kemampuan yang dituntut adalah kemampuan bekerja dengan tepat dan berhasil karena system penilaian yang digunakan adalah 100% objective marking.

2. Kisi-kisi dan Kriteria LombaLomba yang dilakukan merupakan 100% praktek yang terbagi kedalam 3 Modul lomba dengan dekripsi sebagai berikut:

Modul 1 : Home & Small Business (Bobot 50%)

Gambar 1. Logical Topologi Modul 1

Kisi-kisi IT Network Systems Administration LKS XXII 2014 – Palembang

Page 3: Kisi-kisi IT Network Systems Administration 2014

Detail Kompetensi Modul 1:1. Debian 6.0 Operating system Installation2. Windows 7 Operating System Installation3. Debian router and server configuration4. Management Router dan server dengan Debian 65. Shell Scripting6. Wireless access point configuration7. Cabling8. Network Installation9. Services Installation and configuration:

a. DNS Serverb. DHCP Serverc. WEB Serverd. FTP Servere. File Serverf. Mail Serverg. NTP Serverh. Telnet Server

Peserta diberi waktu sebanyak 6 jam untuk menyelesaikan soal Modul 1. Apabila peserta mampu menyelesaikan soal lebih cepat dari waktu yang ditentukan, perserta diperkenankan untuk meninggalkan area lomba tetapi hal ini (waktu) tidak masuk dalam poin penilaian.

Modul 2 : Cisco Packet Tracer (Bobot 20%)Untuk topologi modul 2 akan diperlihatkan langsung pada kelengkapan soal. Bentuk soal modul 2 akan menggunakan Cisco Packet Tracer Activities (*.pka).

Detail Kompetensi Modul 2:1. Subnetting (VLSM / CIDR)2. Server PT configuration (DHCP, DNS, WEB Server)3. Router and Switch Cisco Configuration4. Static Routing configuration

Peserta diberikan waktu sebanyak 1 jam 15 menit untuk menyelesaikan soal Modul 2.

Kisi-kisi IT Network Systems Administration LKS XXII 2014 – Palembang

Angga Friyanto, 03/21/14,
Kompetensi untuk manageman router dan server seperti managemen User, password, home directory
Page 4: Kisi-kisi IT Network Systems Administration 2014

Modul 3 : Network Security (Bobot 30%)

Gambar 2. Logical Topologi Modul 3

Detail Kompetensi Modul 3:1. Debian 6.0 Operating system Installation2. Debian router and server configuration3. Management Router dan server dengan Debian 64. Shell Scripting5. Network Installasation6. Routing Configuration7. Firewall Configuration8. Network Monitoring configuration9. Services Installation and configuration:

a. SSH Serverb. Web Server (HTTP & HTTPS)c. DNS Server

Peserta diberi waktu sebanyak 5 jam untuk menyelesaikan soal Modul 3. Apabila peserta mampu menyelesaikan soal lebih cepat dari waktu yang ditentukan, peserta diperkenankan untuk meninggalkan area lomba tetapi hal ini (waktu) tidak masuk dalam poin penilaian.

3. Bahasa Dalam Soal

Dalam butir-butir soal, seluruhnya menggunakan bahasa Inggris

Kisi-kisi IT Network Systems Administration LKS XXII 2014 – Palembang

Angga Friyanto, 03/21/14,
Kompetensi untuk manageman router dan server seperti managemen User, password, home directory