kabari digital edisi #90 agustus - september 2014

49
Auguste Soesastro EDISI 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 2014 Desainer Indonesia di kancah Mode Internasional Liputan Indonesia DIASPORA National Convention dan Indo Fest USA Hindari Produk Ber-GMO (Genetically Modified Organism) Grup Band Cadas Dunia Ucapkan Selamat Atas Kemenangan JOKOWI-JK Rahasia Kulit Cantik Orang INDONESIA Jembatan Informasi Indonesia - Amerika RESEP CAMILAN SERBA UBI JALAR

Upload: kabari

Post on 02-Apr-2016

237 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

Agustus 2014

TRANSCRIPT

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 20141

    AugusteSoesastro

    EDISI 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 2014

    Desainer Indonesiadi kancah Mode Internasional

    Liputan Indonesia DIASPORA National Convention dan Indo Fest USAHindari Produk Ber-GMO(Genetically Modified Organism)

    Grup Band Cadas Dunia UcapkanSelamat Atas Kemenangan JOKOWI-JK

    Rahasia Kulit CantikOrang INDONESIA

    Jembatan Informasi Indonesia - Amerika

    RESEP

    CAMILAN

    SERBA UBI

    JALAR

  • TAP

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 20144

    TAP

  • PENERBITJohn Oei

    DEWAN PENASIHATVincent Lie

    PEMIMPIN REDAKSISudjono Indradjenardinata

    DIREKTUR PELAKSANAIndriati (vonny) Oei

    MANAGER PELAKSANA AMERIKA SERIKATLisa Tungka Sakri Dewi Tirtowidjojo

    Rudy Agus Nanang Putra

    MANAGER PELAKSANA INDONESIAOlina Himayanti Anita Setiawardi

    Theresia Puspita

    PENATA ARTISTIKMuhammad Tison

    TIM KREATIFGabriela Lubaba Arnold Kauntu

    VIDEOJohannes Tirtawijaya

    REPORTER

    Syarifah Levi Buyung ZulfiarGita Dewi Harry Prasetyo

    KONTRIBUTORDr. Taruna Ikrar, MD, MS, Phd Riana K Liptak

    Mailahana Zahra Peter Phwan

    IKLAN DAN PEMASARANWeina Tanuwijaya Asban Natawijaya

    PROMOSI DAN SIRKULASIKhoe Fan Djung Peter Zhang

    Jembatan Informasi Indonesia - Amerika

    AugusteSoesastro

    EDISI 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 2014

    Desainer Indonesiadi kancah Mode Internasional

    Liputan Indonesia DIASPORA National Convention dan Indo Fest USAHindari Produk Ber-GMO(Genetically Modified Organism)

    Grup Band Cadas Dunia UcapkanSelamat Atas Kemenangan JOKOWI-JK

    Rahasia Kulit CantikOrang INDONESIA

    Jembatan Informasi Indonesia - Amerika

    RESEP

    CAMILAN

    SERBA UBI

    JALAR

    Powered by:

    California SelatanBeach Professional Center

    731 North Beach Blvd, Ste 210 BLa Habra, CA 90631

    (562) 383 2100

    Kantor PusatCalifornia Utara

    1788 19th AvenueSan Francisco, CA 94122

    (415) 213 7323

    Jakarta, IndonesiaThe City Tower, Level 12-1NJl. MH. Thamrin No. 81, MentengJakarta Pusat 10310(62-21) 4288 6112

    Alamat Redaksi

    [email protected] kabarinews.com

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 20146

    KABARI

    Bahasa Indonesia mempunyai sejarah jauh lebih panjang daripada Republik ini sendiri. Bahasa Indonesia telah dinyatakan sebagai bahasa nasional sejak tahun 1928, jauh sebe-

    lum Indonesia merdeka. Saat itu bahasa Indonesia dinyatakan sebagai bahasa persatuan dan menggu-nakan bahasa Indonesia sebagai perekat bangsa. Saat itu bahasa Indonesia menjadi bahasa pergaulan antaretnis (lingua franca) yang mampu merekatkan suku-suku di Indonesia. Dalam perdagangan dan penyebaran agama pun bahasa Indonesia mempu-nyai posisi yang penting.

    Deklarasi Sumpah Pemuda membuat semangat menggunakan bahasa Indonesia semakin meng-gelora. Bahasa Indonesia dianjurkan untuk dipakai sebagai bahasa dalam pergaulan, juga bahasa sastra dan media cetak. Semangat nasionalisme yang ting-gi membuat perkembangan bahasa Indonesia san-gat pesat karena semua orang ingin menunjukkan jati dirinya sebagai bangsa. Karena itu, wajib hukum-nya kita sebagai bangsa Indonesia untuk merawat dan melestarikannya.

    HOT NEWS

    Melestarikan

    Bahasa Indonesia

    kl!kkl!k

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 20147

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 20148

    OPINI

    kl!kkl!k

    APAKAH ORANG TUA PERLU MENGENALKAN/MENGAJARKANBAHASA INDONESIA KEPADA PUTRA-PUTRI?

    SEBERAPA PENTINGNYA BAHASA INDONESIAUNTUK ANAK-ANAK ANDA?

    Ira Anugrah HanapiDwight, AlbanyPenting buat saya karena akan sekaligus mengajar anak untuk mengenal kebudayaan ibunya dan lebih peka dan tidak ter-lalu liberal seperti umumnya orang Amerika asli yang tidak mempunyai darah campuran.

    Hani White,PhiladelphiaSangat penting mengajarkan bahasa Indonesia kepada anak anak, karena kemampuan dua bahasa atau lebih merupakan aset yang sangat berharga un-tuk masa depan anak tersebut.

    Morini Anwar,Santa RosaPerlu sekali mengajarkan baha-sa Indonesia untuk anak-anak. Lebih memudahkan komuni-kasi antara anak-anak dengan sanak saudaranya yang berada di Indonesia. Hampir 300 juta orang menggunakan baha-sa Indonesia, pasti suatu saat akan berguna untuk anak-anak di kemudian hari.

    Ann Anny, Austin, TexasKalau menurut aku pribadi sih penting, karena aku sendiri ngomong sama anakku pakai bahasa Indonesia. Masih ban-yak keluargaku yang tinggal di Indonesia, so nanti kelak bisa berkomunikasi sama kerabat di Indonesia. Lagi pula kalau anak bisa menguasai lebih dari satu bahasa, itu akan lebih baik dan bisa jadi kelebihan atau nilai plus buat si anak untuk bekal masa depan.

    Herning RG, Sacramen-to Saya aktif di komunitas Indo-nesia, salah satu alasannya in-gin menanamkan leluhur saya kepada anak-anak, supaya mereka juga menjiwai asal usul saya. Saya bersyukur, mere-ka kadang-kadang aktif juga meskipun tidak semaksimal yang saya harapkan. Bahasa In-donesia penting bagi saya, dan saya berusaha untuk bicara, membeli buku dan recording. Tapi karena kesibukan mereka sulit untuk belajar. Waktu anak saya masih kecil mereka biasa bicara bahasa Indonesia, tapi setelah mereka sekolah dan banyak aktivitas jadinya agak sulit mengikuti.

    Martin Chandrawinata, San FranciscoSangat penting mengajarkan Bahasa Indonesia karena kita (orangtua) orang Indonesia dan itu our first language. Kita di rumah juga ngomong Indo-nesia dan maunya kalau dia ke Indonesia dia juga punya rasa cinta Tanah Air. It is always good to be able to speak an-other language.

    Michael Liow, Los An-gelesIya, menurut saya sangat per-lu untuk mengajarkan Bahasa Indonesia kepada anak2 kita. Selain untuk tetap memper-tahankan bahasa (yang terma-suk budaya) tanah leluhur, Hal ini juga berguna pada saat anak kita berkomunikasi den-gan kerabat di Indonesia, dan apabila anak kita berkunjung ataupun satu saat mungkin sekolah disana, mereka akan cepat beradaptasi. Jadi diu-sahakan semaksimal mungkin berkomunikasi dengan anak di rumah menggunakan bahasa Indonesia.

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 20149

    LIPUTAN

    INDONESIAN DIASPORA NATIONAL CONVENTION & INDO FEST USA

    New Orleans, 1-3 Agustus 2014

    Foto: Dok Kabari, Mimi Tan, dan Arie Quick

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201410

    kl!kkl!k

    LIPUTAN

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201411

    AKU CINTA INDONESIA

    KABARI

    Seperti halnya musik dangdut yang semakin berdendang di Amerika, Pencak silat di neg-eri Paman Sam pun semakin

    berkembang. Terbukti dari banyaknya perguruan pencak silat yang berdiri dan menyebar seantero wilayah Amerika Ser-ikat. Sebut saja Perguruan Silat Intiombak yang berada di wilayah Colorado, Illinois dan Los Angeles, Perguruan Silat Merpati Putih yang berada di kota Ogden nega-ra bagian Utah, Perguruan Silat Al-Azhar dan yang lainnya. Bahkan pencak silat ini pun masuk dalam kurikulum di American University di tahun 2010

    Nah, diantara perguruan silat yang banyak berdiri disana terseliplah sebuah nama. Adalah Wona Sumantri, pria yang menjadi Head Instructor di sebuah per-guruan silat yang bernama Martial Art Academy, Marryland, Amerika ini turut

    Wona Sumantriberbagi ilmu silat di Amerika Serikat

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201412

    serta mengembangkan sekaligus mempopulerkan pen-cak silat di Amerika Serikat.

    Silat dan Wona seperti dua kata yang tak dapat dipi-sahkan. Pasalnya, hampir 25 tahun lamanya Wona berke-cimpung dalam dunia Silat. Ketertarikan Master IT ini terhadap dunia pencak silat berawal saat dirinya masih kecil dan melihat bapaknya sering latihan silat aliran Cimande, Jawa Barat. Waktu pertama kali pindah ke AS, saya sering melihat ayah latihan pencak silat sebelum dia berangkat kerja kata Wona kepada Kabari di rumah salah satu kerabatnya di Indonesia.

    Dari mengamati bapaknya latihan itu, lantas Wona berusaha untuk belajar silat. Saya dulu sering latihan di KBRI, di basemant atau di garasi waktu kecil. Sebenarnya silat ini kan bukan seperti dojo dengan konsep matrasn-ya, jadi kalau mau latihan tinggal latihan saja dimana pun dan di Al Azhar waktu itu, banyak anak-anak seumuran saya, selain ada teman ayahnya yang kerjanya di KBRI berguru di Bangau Putih tutur pria kelahiran 6 Juni 1976 ini.

    Wona pun mengatakan semakin dirinya mempelajari

    AKU CINTA INDONESIApencak silat, semakin pula dia mencin-tai kebudayaan Indonesia. Silat itu, menurutnya, adalah satu paket untuk belajar tentang kebudayaan Indonesia dan dari pencak silat dia dapat belajar bahasa, budaya dan sejarahnya. Kalau tidak ada pencak silat saya seperti men-jadi orang yang terkesan putus dari akar kebudayaan asal saya kata Wona. Selain itu Wona mengagumi silat justru karena banyak aliran dalam seni bela diri ini jadi itu yang membuat dirinya semakin tertarik karena bervariasi.

    Membuat Sanggar SilatSingkat cerita, empat tahun yang lalu

    tepatnya tahun 2000-an Wona mem-buat wadah silat profesional yang ber-nama Silat Martial Art Academy. Dalam sanggarnya itu, ilmu pencak silat diajar-

    kan oleh dirinya berikut dengan adiknya, Randy Sumantri dan pelatih yang berasal Amerika. Sanggar silat Wona tersebar di dua tempat Di Rockyville, Maryland, dan cabangnya daerah Virginia.

    Pertama kali dirinya mengajar silat untuk anak-anak, setelahnya baru orang dewasa. Sebenarnya, kata Wona, mengajarkan teknik-teknik silat yang dia dapatkan dari perguruannya, itu berbeda antara teknik silat yang sifa-tnya olahraga dan yang bersifat beladiri. Dari pengala-mannya yang sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia pencak silat, Wona semakin melihat silat apa yang dibutuhkan oleh orang Amerika. Tentu ini sangat ber-beda, mental dan kebudayaan saja sudah berbeda dan kita harus pintar-pintar mencari paket yang mereka bisa ikuti kata Lulusan master di bidang Informasi Teknologi di Universitas Maryland.

    Misalnya untuk anak kecil diberikan paket silat yang sifatnya olahraga, sedangkan untuk orang dewasa diber-ikan silat tradisonal atau beladiri. Paling muda ada murid saya yang berumur 5 tahun sampai dengan yang tertua berumur 60 tahun. Kalau yang lebih tua mereka biasanya mencari tenaga dalam dan pernafasan kata Wona. Dia pun menambahkan para murid di sangarnya sendiri kebanyakan adalah orang-orang Amerika. Murid orang Indonesia yang ikut berlatih bisa dihitung den-gan jari sama seperti komposisi dari mereka yang ikut di sanggar silat lebih banyak laki-lakinya dibandingkan dengan perempuan.

    Dalam mengajarkan silat kepada murid-murid bulen-ya, terkadang Wona menggunakan bahasa campuran tetapi kalau teknik atau jurus-jurusnya silatnya, ia lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. Mereka pun akhirnya tahu karena belajar bahasa Indonesia, ikrar silat pun mereka menggunakan bahasa Indonesia juga,

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201413

    kalau ujian mereka harus bisa bahasa Indonesia kata dia. Selain itu, di sanggar silatnya ini sebelum mengajar Wona memperkenalkan juga dasar kebudayaan Indo-nesia. Misal, seperti yang dikatakannya, saat ada orang yang baru ikut bergabung mereka akan ditanya soal Indonesia itu ada dimana dalam peta dunia. Tak hanya ingin mengajarkan jurus silat, tapi Wona juga ingin murid-muridnya tahu dari mana asal silat yang diawali dari peta Indonesia.

    Nah, bagi mereka yang ikut dalam sanggar silatnya ini dikenakan tarif sesuai dengan paket yang mereka ikuti. Wona mengatakan paling murah hanya 100 dollar saja dan layaknya pencak silat lainnya yang mempunyai sabuk semacam bukti keahlian dari pesilat. Di sanggar silatnya, Wona menerapkan hal yang serupa. Memang di setiap perguruan berbeda tetapi di sini saya juga menerapkan sabuk supaya jelas tingkatan keahliannya tutur dia.

    Online Lebih EfektifSelain di sanggar, Wona berusaha mengenalkan silat

    dalam berbagai cara dari mengikut berbagai festival seperti festival tahunan Made in Indonesia Festival di Marryland dan secara online. Hanya saja menurutnya Promosi melalui online baginya cukup efektif karena mereka banyak mengikuti dan tahu perkembangan pencak silat melalui online, ketimbang offline. Kenapa online?, karena dari pengalaman Wona yang dapatkan dari keikutsertaannya dalam berbagai festival dan atraksi, dia mengatakan tidak pernah mendapatkan murid yang baru. Promosi itu seperti marketing sifatnya, kalau sekali saja promosi itu dilakukan pasti banyak orang yang lupa kata dia. Beda halnya jika dilakukan secara online, seperti misalnya promosi di youtube atau media online lainnya,

    kl!kkl!k

    antusiame orang Amerika terhadap silat akan terbentuk secara terus menerus.

    Akan halnya perkembangan dunia silat di Amerika yang menurutnya masif di kota-kota besar di Amerika Serikat. Hanya saja yang kurang adalah perguruan silat di Amerika jarang bekerja sama untuk promosi. Promosin-ya lebih kepada masing-masing perguruan silat. Hanya Wona berpendapat, ada baiknya jika perguruan silat yang menyebar di seluruh Amerika dapat bekerja ssama mempromosikan silat disana. Saya kira akan lebih efektif jika semua bekerja sama imbuhnya.

    Wona, selain aktif mengajar di sanggarnya, dia juga ikut bertanding di kejuaran beladiri yang acap kali diselenggarakan di Amerika. Berhubung disana tidak ada pertandingan yang khusus hanya pencak silat yang diperlombakan, Wona mengikuti kejuaraan beladiri cam-puran atau mixed martial art. Murid-murid saya yang remaja mendesak untuk ikut tanding, maka bertandin-glah saya dalam beberapa kejuaraan bela diri disana kata dia. Sekaligus juga, dia menambahkan ingin mem-berikan contoh kepada murid-muridnya tentang jurus-ju-rus silat. April tahun lalu, Wona tanding dalam mixed martial art dan berhasil memenangkan grand champion. Di tahun ini, karena dirinya berhasil mengalahkan grand champion tahun lalu, posisi Wona sebagai defending championship. Jadi Saya tunggu mereka yang berhasil masuk final dan harus bertanding dengan saya katanya.

    Walaupun telah menjadi guru dan bertanding di kejuaraan bela diri, bukan berarti Wona lantas berpuas diri. Dia sampai sekarang ini terus mengasah kemam-puan pencak silatnya. Sebab, menurutnya, aliran pencak silat itu sangat banyak, ada pencak silat yang berkem-bang dari Jawa, Sumatera dan daerah lainnya. Teori dan praktek tentu dipelajarinya belajar di perguruan

    dibawah Al Azhar, guru di Bukit ting-gi, dan di Bintaro, kalau ada kemauan pasti ada jalan untuk belajar, walau jauh lokasinya dengan saya tinggal kalau ada kesempatan waktu kenapa tidak pung-kas Wona. 1009

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201414 TAP

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201415

    EKSKLUSIF

    Auguste Soesastro dikenal sebagai desainer Indonesia yang karyanya mampu menembus jantung fesyen dunia. Dalam rentang waktu yang panjang hingga dia mentasbihkan dirinya sebagai seorang perancang Indonesia berkelas Internasional, Auguste menempa bakat seni fesy-

    en-nya dimana-mana. Ia menghabiskan sepuluh tahunnya di Canberra, Australia di mana Auguste awalnya pindah untuk belajar di sekolah menengah disana. Ia pun sempat menjadi kurator untuk kesenian Indonesia, khususnya bahan kain-kain tra-disional dan kostum-kostum. Setelah menyelesaikan masa kuliahnya di jurusan Film

    Auguste SoesastroDesainer Indonesia di Kancah Mode Internasional

    KABARI - Terlahir dari pasangan yang ayahnya merupakan ekonom tersohor Indonesia, Marwoto Hadi Soesastro, dan Ibunya yang bernama Janti Solihin. Darah seni seakan melekat dalam diri seorang Auguste Soesastro. Keluarga Ibu saya merupakan para pembatik dari pekalongan. Tahun 1940-an di Pekalongan, batik mereka termasuk batik yang paling halus tingkatannya dan bapak saya walaupun ekonom jika dirunut keluarga-keluarganya juga banyak yang membatik kata Auguste suatu siang di wilayah Sudirman, Jakarta Selatan.

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201416

    and Digital Arts dari Australian National University. Auguste di tahun 2005-2007 melanjutkan pendi-dikan fesyen di Chambre Syndicale de la Couture, Paris.

    Selama tinggal di Paris, Auguste sempat magang di beberapa rumah mode spesialis Haute Couture. Setahun kemudian dia pindah ke New York dan bekerja sebagai asisten pola (pattern makers) untuk Ralph Rucci selama beberapa bulan dan di beber-apa desainer kelas atas New York. Memang antara arsitektur dan mode adalah hal yang berbeda, teta-pi sebenarnya berhubungan apalagi arsitektur dan mode tak jauh berbeda. Hasil akhirnya saja berbeda, tetapi paralel jika dilihat dari cara kerjanya kata dia kepada Kabari.

    Nah, selama dirinya tinggal di New York, di tahun 2008 Auguste meluncurkan lini fesyen pertaman-ya di New York yang diberi nama KRATON. Lini KRATON di New York ini terinsipirasi dari kekayaan yang dimiliki Indonesia dan filosofi tradisi Asia yang modern kosmopolitan. Auguste punya alasan sendi-ri kenapa brand_-nya ini bernama KRATON dan diluncurkan di New York? Ia mengatakan KRATON ada karena ingin mengangkat kebudayaan Indone-sia yang tinggi (_High Art). Sebab waktu itu banyak yang tidak tahu Indonesia dimana, kebudayaannya seperti apa dan berita Indonesia yang banyak publik baca disana tidak baik di Amerika.

    Kenapa harus di New York? Auguste menambah-kan jika mode dilihat dan dikerjakan secara serius dan benar, desainer harus tinggal dimana karyanya itu dibuat. Saya tidak bisa membuat di Indonesia untuk dibawa ke Amerika. Karena baginya, karya itu bukanlah main-main dan saya selalu menempatkan sebagai supervisi dari karya-karya saya dari A sam-pai Z, disitulah reputasi itu dibangun kata dia.

    Lantas dengan brand-nya, Ia memulai debut-nya di New York Fashion Week pada tahun 2009, dan juga pernah disajikan dalam pertunjukan di Jakarta pada bulan Februari 2009. Pada akhir tahun 2010 sampai sekarang Auguste merambah lininya ke Jakarta. Seperti desainer lainnya, Auguste pun terjun memeriahkan acara pargelaran busana di Jakarta. Seperti yang dilakukannya beberapa waktu lalu dalam perhelatan Jakarta Fashion Week 2014, dimana Auguste menampilkan Koleksi Cita Tenun Indonesia. Selain itu dia bersama para desainer lain-nya pernah juga diundang ke Istana Merdeka untuk

    menunjukkan beberapa desain kepada Presiden AS Barack Obama dan Ibu Negaranya selama kunjun-gan kenegaraan ke Jakarta pada tanggal 9 Novem-ber 2010.

    Setiap Karya Punya Arti FilosofisSebagai seorang desainer, tentu dalam men-

    ciptakan karya busananya perlu sebuah inspirasi, begitu pun dengan Auguste. Dia mengambil ban-yak inspirasi, Semua bersatu dan melahirkan suatu karya, elemannya banyak tidak hanya satu dimensi. Dan semuanya tergabung menjadi satu yang akhirn-ya melahirkan tema kata dia.

    Bagi pria yang lahir di Jakarta 10 Agustus 1981 ini, sebagai tambahan referensinya Auguste pun mengambil pengetahuan dari buku. Ya, buku bag-inya merupakan suatu keharusan untuk dibacanya hingga tuntas. Tak terkecuali kandungan sejarah di dalamnya, sebab dia mengatakan jika kita tidak mengetahui sejarah, kita tidak akan tahu mau diba-wa arahnya. Untuk mengetahui sesuatu berawal dari mana, evolusi sebuah kesenian, cara pola ber-pikir muncul dalam suatu, apa saja yang pernah ber-hasil dan yang lainnya tuturnya. Selain itu kita juga harus tahu apa yang pernah dibuat, karena sejarah bukan berarti seratus tahun lalu bisa saja sejarah itu dua tahun yang lalu, jadi fungsi sejarah itu salah satunya untuk menghindari pengulangan dari karya yang pernah tercipta sebelumnya.

    Seorang Auguste tidak akan merancang busana sembarangannya, karena setiap karya mengand-ung arti filosofisnya tersendiri. Dalam setiap desain rancangan, ia selalu mengambil tema yang ber-hubungan dengan Indonesia, namun tidak secara harafiah. Auguste mengatakan, misalnya adat Toraja menginspirasinya untuk menciptakan karya, tetapi bukan secara langsung motif Toraja diaplikasikan ke baju zaman sekarang sebab itu terlalu dangkal baginya. Pasalnya, penerapan secara konseptual itu yang harus dikerjakan, seperti pola pikir dari kebu-dayaan Toraja dan konteksnya di zaman sekarang itu yang lalu diesktrak dan diterjemahkan dalam desain yang baru. Menurutnya, kebudayaan selalu ber-evolusi kalau kita mengambil sesuatu yang ada dan diaplikasikan ke dalam sebuah karya mungkin hasilnya akan bagus. Hanya saja, untuk bagus semua orang pun dapat membuatnya.

    Pun dengan material atau bahan yang sering

    EKSKLUSIF

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201417

    digunakannya untuk membangun karyanya. Auguste selalu menghormati setiap bahan dengan keunikan-nya masing-masing. Tetapi dia selalu menghindari bahan sintetik dan hampir pasti tidak menggunakan material sintetik. Saya lebih suka menggunakan bahan alami, tetapi juga tidak semua bahan alami saya sukai kata dia.

    Nah, dalam kancah persaingan mode dunia, originalitas merupakan kunci yang selalu dipegang oleh seoarang Auguste Soesastro. Saya tidak mau membebek (mengikuti, red) dan karya harus selalu baru, tetapi baru itu sendiri banyak unsurn-ya, saya tidak selalu berusaha mengikui tren yang sedang booming. Karena itu bukanlah caranya untuk menampilkan sebuah karya tuturnya. Auguste pun menambahkan hasil yang didapatkannya sekarang merupakan buah kerja keras dan konsistensi. Namun dia mengatakan yang paling penting kita harus per-nah bekerja dengan orang lain, sebab ilmu yang didapatkan di sekolah itu tidak cukup. Dan itu mer-upakan dasarnya selain itu yang paling penting ada-lah kemauan untuk bekerja keras dan ketahui diri sendiri. Jika orang tidak tahu siapa dirinya, dia akan mengikuti kiri kanannya dan lambat laun jati dirinya akan menghilang dengan sendirinya. kata

    Kini, sebagian besar waktu kini dihabiskan di Jakarta. Ya tetapi saya sering juga ke Amerika, bisa tiga kali dalam setahun bilangnya. Namun walau jauh dari salah satu pusat mode dunia, Auguste selalu memonitor perkembangam mode di sana. Menurutnya, dinamika dunia mode di Negeri Paman

    Sam sekarang-sekarang ini sedang stag-nan jika dibandingkan dengan perkem-bangan yang di Asia, seperti Indone-sia. Hal ini berbeda apabila dilihat dari perkembangan mode di Amerika disaat sebelum terjadinya krisis 2008 yang men-dera negeri Paman Sam tersebut. Setelah krisis itu yang stagnan, spiritnya berbeda termasuk yang terjadi di New York pung-kas dia. 1009

    EKSKLUSIF

    TAP

    kl!kkl!k

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201419

    Maka banyak yang beralih membeli bahan pan-gan organik atau dari pasar lokal semacam farm market. Meski ada yang menyangsikan bahwa masuk ke toko organik itu belum tentu seratus prosen bebas dari GMO karena banyak makanan GMO yang tak berlabel. Ini pula yang diminta mas-yarakat untuk toko organik agar mereka benar-benar Non-GMO. Meski United States of Department of Agriculture (USDA) sangat mendukung produser makanan untuk memberi label GMO atau Non-GMO bagi produknyat tapi belum seratus persen ditetap-kan, belum ada sangsi khusus jika mereka tidak memasang label GMO pada produk transgenikn-ya. Whole Foods dan Trader Joes merupakan toko bahan organik di Amerika yang menyatakan berusa-ha memilah dan menjual semua produk Non-GMO.

    Selain di toko organik, belanja di pasar lokal menjadi salah satu alternatif menghindari produk GMO. Semua sayuran, buah, produk dairy macam susu, telur dan keju di garansi segar tidak disuntik hormon dan tanpa transgenik atau herbisida. Tak perlu cemas bahwa makanan yang kita memili-ki dihasilkan dengan rekayasa genetik. Cobalah bandingkan ketika membeli jagung di supermarket dengan jagung yang dijual di pasar lokal. Kalau rasanya beda meski sama jenisnya, cermati bahwa di supermarket sudah ber-GMO. Jagung merupakan salah satu yang dihindari membeli di supermarket bagi mereka yang peduli terhadap GMO. Waspadai buah dan sayur seperti jagung itu yang selalu ada di supermarket meski bukan musim panennya. Berbeda dengan di pasar lokal, seandainya bukan musim jagung, maka tak ada jagung yang mereka jual. Karena dengan transgenik maka tanaman apap-un itu dapat panen setiap saat. 1004

    Yang diketahui oleh masyarakat awam adalah GMO ini diciptakan untuk membantu men-gatasi masalah kelaparan serta lahan yang tak terjamah menjadi fungsional dan dapat

    menjadi lahan pertanian yang menghasilkan bahan pangan. Termasuk penggunaan herbisida yang dis-emprotkan pada tanaman agar bebas hama . Serba praktis, ekonomis dan cepat. Tapi dapat membaha-yakan dan mencemari sumber daya air, ekosistem binatang di laut, burung, serangga dan organisme tanah.

    GMO atau Genetically Modified Organism, dikutip dari Wikpedia, merupakan organisme yang material genetikanya telah dimodifikasi menggu-nakan metode rekaya genetika. Organisme yang telah diubah material genetikanya antara lain bak-teri, binatang dan tanaman pertanian. Mengubahnya dengan melakukan mutasi, penghapusan atau penambahan genetik yang disebut organisme trans-genik. Organisme transgenik ini ditemukan dan dipopulerkan oleh Paul Naim Berg, biokimiawan lulusan Universitas Stanford, Amerika di tahun 1972.

    Sesuatu yang direkayasa dan tidak alami dapat memiliki dampak yang negatif. Saat GMO mulai diperkenalkan di tahun 1996, survey di bidang kes-ehatan di Amerika memaparkan banyak masalah kesehatan meningkat seperti alergi makanan dan gangguan pencernaan. Sekarang ini mulai banyak kita lihat bahan makanan yang gluten-free atau lactose-free itu karena banyak orang yang terjan-gkit alergi. The American Academy of Emergency Medicine (AAEM) mengutip studi yang menunjuk-kan kerusakan organ, pencernaan, gangguan sistem kekebalan tubuh, penuaan dini serta infertilitas. Meskipun belum ada penelitian yang memadai untuk mengonfirmasi bahwa transgenik adalah fak-tor terbesar penyebabnya tapi alangkah baiknya kita mulai waspada dan menghindari produk makanan ber-GMO.

    KESEHATAN

    Belanja Lokal Hindari

    Genetically Modified Organism

    kl!kkl!k

    Kabari - Saat ini perbincangan mengenai GMO (Genetically Modified Organism) makin merebak. Muncul pro dan kontra diantara para ilmuwan yang menanganinya dengan para ahli lingkungan dan kesehatan serta masyarakat luas. Karena lebih banyak kontranya, maka segala cara dan peraturan menghapus GMO sudah mulai diterapkan sejak dua tahun lalu. Prosesnya akan terus berlanjut sampai beberapa tahun ke depan.

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201421

    KABARI

    Kemenangan Joko Widodo Jusuf Kalla sebagai pres-iden dan wakil presiden terpilih 2014-2019 ternyata bukan hanya jadi kemenangan rakyat Indonesia, terbukti gitaris grup rock idola Jokowi pun mengaku merasa menang atas kemenangan Jokowi. Dia adalah Ron Bumblefoot Thal yang memberikan ucapan selamat melalui jejaring sosial Twitter. Congratulation@jokowi_do2!!#Indonesia tulisnya melalui akun Bumblefoot.

    Tak hanya gitaris Gun N Roses, band asal Inggris Arkana pun menyambut baik kemenangan Jokowi di Pilpres. Arkana pun mangatakan siap jika diminta konser di Jakarta untuk merayakan kemenangan Jokowi.

    Jokowi dikenal sebagai seorang metalhead dan senang menonton konser-konser musik internasional dan lokal. Atas terpilihnya mantan Walikota Solo ini sebagai presiden RI 2014-2019, tak ayal mendapatkan ucapan selamat dari unit metal asal AS favoritnya, Lamb of God.

    Melalui laman Facebook resminya, Lamb of God menulis, Selamat untuk Joko Widodo! Kami merasa terhormat memi-liki Anda sebagai penggemar. Tolong jaga baik-baik semua teman kami di negara Anda. #presidenbaru

    Sang vokalis Lamb Of God, Randy Blythe juga mengu-capkan selamat secara terpisah melalui akun Instagram prib-adi. Menakjubkan, nyonya-nyonya dan tuan-tuan, Presiden

    Indonesia yang baru adalah seorang metalhead dan pengge-mar Lamb of God. Ini bukan candaan, foto ini nyata, ia menyu-kai Napalm Death, Metallica, Megadeth, dan Lamb of God serta yang lainnya. Presiden heavy metal pertama di dunia! tulis Blythe

    Selain Lamb of God, unit thash metal legendaris yang tergabung dalam kelompok Big Four, Anthrax, juga turut memberikan respon atas kemenangan Jokowi. Mereka membagikan sebuah tautan yang berisi berita kemenangan Jokowi dan menyatakan ia seorang metalhead melalui akun Facebook. Nah, kalau saja negara-negara lain mengikutin-ya, tulis Anthrax disana seraya menyertakan berita dari Metal Hammer tentang terpilihnya Jokowi. Gitaris sekaligus vokalis band heavy metal Megadeth, Dave Mustaine, juga member-ikan ucapan selamat kepada Presiden terpilih Joko "Jokowi" Widodo. Ucapan selamat ini disampaikan Mustaine melalui akun Twitter resminya, @DaveMustain.

    KPU mengumumkan pasangan Jokowi-JK memenangi pil-pres 2014 dengan perolehan suara sebanyak 70.997.833 juta atau 53,15 persen dari total suara sah nasional.

    SELEB

    kl!kkl!k

    Grup CadasUcapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi-Jusuf Kalla

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201422

    INSPIRASI

    Aero AswarJawara Jet Ski di Amerika Serikat

    Pada World Final sebelumnya Aero sudah mencapai tiga besar dunia. Pesaing beratnya tak lain adalah Jareed Moore yang tahun lalu merupakan rekan setim

    Aero. Musim ini atlet Afsel itu masih jadi rival terdekat di kejuaraan dunia. Pertemuan rutin mereka di ajang US Nation Tour jadi semacam arena saling intip dan saling uji kemampuan masing-masing jelang World Final pada Oktober mendatang.

    Nama Aero Sutan Aswar merupakan nama yang tidak asing dalam olahraga air, Jet Ski. Bisa dibilang dia selain juga adiknya Aqsa Sutan Aswar, selalu mengharumkan nama bangsa dalam kancah kejuaraan Jet Ski tingkat nasional maupun internasional. Dan gelar juara yang

    disebutkan di atas adalah sekian dari gelar juara Jet Ski yang Aero pernah raih. Di usia yang baru 16 tahun saja, Aero pernah tercatat sebagai pembalap Jet Ski termuda dunia di kelas Pro dan Grand Prix.

    Tentu semua ini terjadi berkat kecintaannya terhadap Jet Ski. Kepada Kabari beberapa waktu lalu, Aero mengatakan semua ini berawal dari papa-nya tercinta. Ayahnya, Saiful Sutan Aswar dikenal sebagai pembalap mobil rally, motorcross dan masih banyak lagi termasuk juga Jet Ski. Hadirnya Jet Ski dan perlombaan yang mengikutinya kemudian di Indonesia adalah peranan dari sang ayah. Karena papa yang bawa dari Amerika waktu dulu kata pria kelahiran Jakarta 4 Desember 1994 ini.

    Kabari - Akhir Juni lalu Aero Sutan Aswar baru saja memenangkan kejuaraan Jet Ski Pro/Am Runabout di AS. Di kelas elit Pro Runabout Open Ia berhasil merebut holeshot (posisi terdepan selepas start). Posisinya terus dipertahankan hingga empat lap. Meski sempat disusul Jareed Moore dari Afrika Selatan, Aero akhirnya sukses menyelesaikan balapan di posisi terdepan.

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201423

    INSPIRASI

    Nah, ayahnya pun menularkan virus Jet Ski kepadanya. Aero bilang Jet Ski itu seumur dengan dirinya, dari kecil dia sudah dibawa ke laut bersama sang Ayah dan lambat laun dia suka sendiri tanpa ada paksaan. Di usianya yang baru empat tahun enam bulan, Aero ikut balapan perlombaan Baby Race di Pantai Mutiara, Jakarta di tahun 1999. Dengan mengendarai Jet Ski papa-nya, diperlombaan itu ia berhasil untuk kali pertamanya mendapatkan trofi juara pertama. Sejak trofi pertamanya di tahun 1999, Aero pun mengikuti berbagai perlombaan di Indonesia dan luar negeri, terutama kejuaraan Jet Ski di Amerika Serikat.

    Terlahir sebagai orang Indonesia, tak jarang Aero

    di-underestimate oleh para bule yang menjadi lawannya di perlombaan. Sering banget dibilang kalau susah untuk menang katanya. Namun, itu menjadi pemicu Aero untuk terus memotivasi diri latihan dengan lebih serius. Dan mereka pun semakin menyadari bahwa Aero bukanlah lawan yang mudah ditaklukkan. Alhasil, dia semakin memacu Jet Ski-nya hingga memenangkan berbagai trofi perlombaan. Tercatat, Aero berhasil memperoleh medali emas pada ajang 2nd Asian Beach Games di Muscat, Oman pada tahun 2010.

    Mengikuti Banyak Kejuaraan Jet Ski di AS

    Di tahun sebelumnya, dalam laga Kejuaraan Dunia Jet Ski Kings Cup di Thailand Aero berhasil merebut juara ketiga. Kejuaraan dunia ini merupakan kali pertamanya Aero ikuti dan dia adalah peserta termuda harus melawan atlet senior asal Perancis, Nicholas R, sang juara dunia jetski 15 kali. Kejuaraan ini diikuti peserta dari 44 negara ini merupakan salah satu turnamen paling bergengsi di kalangan atlet Jet Ski profesional.

    Selain itu, Ia pun berhasil menguasai podium pertama kelas Expert Open Runabout 2010 American Power Boat Association Watercross National Tour Championship Rounds 1 & 2 di kawasan Blue Water Casino, Parker Arizona, Amerika Serikat, 1-2 Mei 2010. Kejuaraan Jet Ski nasional di AS, yang diikuti peserta dari seluruh dunia.

    Pun cucu dari Sutan Aswar, salah seorang perintis Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) ini pernah dianugerahi Iron Man di Dunia Ketahanan Mark Hahn 300 Mile pada tahun 2011, Lake Havasu City Arizona, Amerika Serikat pada usia 16, dan adalah pembalap termuda selama tahun itu. Dan pada tahun 2012, Aero dinominasikan untuk yang terbaik sebagai atlet muda mewakili siswa SMA di Indonesia dan menerima penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia.

    Posisi juara III dunia berhasil juga diraihnya setelah bertanding dengan 46 pesaingnya pada nomor bergengsi Grand Prix Runabout yang diikuti oleh pejetski-pejetski tercepat seluruh dunia dalam kompetisi Jet Ski internasional World Finals. Ia bahkan sempat meraih rekor start tercepat yang pertama kali terjadi di kejuaraan dunia jetski dengan waktu 56,7 detik.

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201424

    Kompetisi Jet Ski internasional yang digelar pada tanggal 5-13 Oktober 2013 di Lake Havasu, Arizona, Amerika Serikat tersebut diikuti oleh 700 orang pejetski dari 48 negara.

    Bagi Aero, setiap perlombaan yang dikutinya memiliki tantangannya sendiri. Sebab, menurutnya, dalam setiap perhelatan ajang balap yang diikuti itu berbeda. Keadaan track tidak bisa dihafal beda halnya dengan track yang sering digunakan dalam perlombaan gokart atau motor, jadi saya harus benar-benar cautious untuk setiap detiknya kata Aero. Demi menunjang performanya dalam setiap lomba, Aero selalu melakukan persiapan karena setiap tempat lomba berbeda, jadi jetskinya harus

    di_set-up_ ke tempat tersebut. Hanya saja waktu set-up_/_tuning hanya ada 2 hari jadi kurang ada waktu untuk tuningnya katana.

    Tak ketinggalan Aero juga selalu melakukan latihan Jet Ski untuk mengasah kemampuannya. Latihannya bisa setiap hari. Setiap hari pasti di gym olahraga dari mulai weighlifting, TRX, yoga, pilates, renang, cardio. Biasanya latihan jetski di hari ini sabtu dan minggu (5-8 jam). Kalau di gym bisa 6 kali dalam seminggu, sekitar 2-4 jam per harinya tuturya.

    Sukses dari hasil kerja keras dan trofi penghargaan yang didapatkan tak mungkin tercipta, jika tidak ada commitment, discipline dan risk.

    Semua itu harus bisa dikerjakan kalau tidak ada ketiga hal itu tidak mungkin bisa menang katanya. Nah, sebagai seorang atlet nasional Jet Ski, Aero pun mempunyai harapan dalam bidang olahraga yang kini digelutinya. Dia mengatakan agar Jetski bisa lebih banyak lagi orang yang main dan semakin banyak juara dunia Jet Ski dari Indonesia dan olahraga lain. 1009

    kl!kkl!k

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201425

    FIKSI

    Ingin sekali segera kubalas SMS itu, meskipun selalu hanya dengan kata-kata biasa karena aku tidak pandai berkata-kata seperti Hendra. Tapi entah kenapa, ada perasaan yang membuat jari2ku enggan membalasn-ya. Mungkin karena cemburu, mungkin sekedar ingin dirindukan olehnya. Yang jelas sekarang waktunya untuk mengikuti kelas Yoga yang sudah lama ingin aku coba, juga untuk lebih mengenal Ferry, sekedar meredakan api cemburuku.

    Tapi anehnya meskipun Feby selalu berusaha men-jodohkan aku dengan Ferry, yang aku liat mereka ngo-brol dengan sangat akrab..bahkan kadang tampak sep-erti sepasang kekasih. Padahal selama ini Feby selalu bilang bahwa tidak ada apa-apa di antara mereka.

    Feb, mesra amat sih godaku saat Feby mendekat

    _hmm.._ gara-gara kamu ini semua jawabnya sambil tersenyum

    lho, koq bisa gara-gara aku?

    Selama ini Ferry sering ngobrol sama aku, karena ngo-brolin kamu..

    Iya, kamu pernah cerita, kamu selalu bilang kalo dia orangnya baik dan perhatian, jangan2

    Justru itu, semakin aku kenal dia..ternyata orangnya tipe cowok yang bertanggung jawab, dia bekerja paruh waktu untuk mendukung ekonomi keluarga. Juga sikap-nya yang agak kaku dan tidak pandai bicara, anehnya malah menarik dan membuat aku merasa nyaman, mera-sa aman bareng dia

    Nah lho..mak comblang jatuh cinta ya godaku sambil mencubit manja lengan Feby

    _ssttt.._barusan dia nembak aku, aduh..ga romantis banget caranya. Tapi rasanya koq tulus, dia cuma nanya boleh nggak kalo selain jadi pembimbing yoga, dia juga jadi pembimbing hati aku. Trus dia ngasih buku menge-nai yoga yang dia janjikan.

    Aduh..ga romantis banget, mana bisa dibandingin ama cowok2 kamu yang dulu, apalagi si Patrick yang anak teater itu Ucapku disertai rasa frustasi, membayangkan masa depan suram dari sahabatku.

    Justru itu anehnya, aku malah nggak pernah merasa

    berdebar-debar kayak tadi. Saking ga romantisnya kali ya, malah jadi ada rasa, hihihi Pendapat aneh dari seo-rang idola di sekolahku dengan segudang cowok yang ngantri ingin jadi pacarnya.

    Jadilah kelas Yoga, sebuah panggung kecil dimana aku yang ingin sedikit membuka hati untuk Ferry, malah menjadi penonton setia kemesraan yang mau tidak mau harus kusaksikan dari awal hingga akhir. Errgghh..kelas Yoga konyol yang kupastikan tidak akan kuikuti lagi!

    Lengkap sudah galauku, mulai dari Hendra dengan Fara, juga Feby dengan Ferry. Dua gelas Es Podeng sudah aku santap dengan lahap, karena doyan campur sengsara. Biarlah hancur program dietku, biar ga muat baju yang akan aku kenakan untuk makan malam bersa-ma Hendra esok malam.

    Tapi hari masih enggan untuk berakhir. Sebuah SMS kembali menyita perhatianku..

    Cinta, kau dimanaGelisahku menanti sapamu

    Karena resah hanyalah duri hatiBukan ungkapan rinduBiar rasa yang bicara

    Bila kata sudah terbataKarena lubuk hati terdalamku

    Selalu inginkan kamu

    Aduh..norak, norak banget deh nih cowok. Tapi aku suka Ucapku dalam hati, sambil senyum-senyum ga jelas seperti kena virus cinta. Karena terus terang, dulu ayah yang mengajarkan aku bernyanyi, orangnya sangat romantis dan sering membacakan kata-kata indah pada-ku, meski kadang malah terdengar lucu dan sedikit gom-bal. Sehingga aku selalu merasa nyaman, entah karena kelebihan atau kekonyolan seorang Hendra ini. Semakin bulat hatiku, tak mungkin menjalin hubungan dengan pria seperti Ferry, yang tidak pandai menggombal.

    Kembali tidak kujawab SMSnya, karena toh besok malam kita akan bertemu. Biar sekali-sekali dia yang gelisah. Capek juga selama ini selalu aku yang merasa cemburu nggak jelas. Meski karena HP pernah berdering sekali oleh nomornya, aku memilih bungkam dengan hasil ga bisa tidur sampe pagi, bodohnya!

    Bersambungkl!kkl!k

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201426

    RUANG KELUARGA

    MELINDUNGI ANAK DARI BAHAYA

    KABARI

    Dengan adanya berita kehilangan anak atau berita tentang pelecehan seksual, tentunya membuat cemas para orang tua. Rasanya dunia jadi mengerikan untuk anak-anak kita. Secer-

    mat apapun kita mengawasinya, ada saja kesempatan kita atau anak-anak lengah. Karena itulah yang penting adalah mengajarkan mereka cara-cara mengenal insting dan menghadapi sesuatu hal buruk yang terjadi. Seperti seandainya bertemu dengan orang yang tak dikenal atau tersesat di keramaian.

    Seperti yang kita tahu, 90 persen orang yang hendak berbuat jahat seperti pelecehan seksual pada anak kita adalah orang yang sudah dikenal, bukan orang asing. Tapi tidak semua orang asing itu jahat ketika mereka menyapa anak-anak. Jadi memang tidak gampang men-gajarkan anak mengenal insting bahwa yang dihadapin-ya itu orang baik atau orang jahat. Maka diperlukan ses-uatu yang dapat mencegah atau memberi informasi jika terjadi sesuatu pada anak.

    Berkomunikasilah dengan anak. Ajarkan mereka men-ceritakan hal yang terjadi saat di sekolah. Hal yang disu-kai atau yang tidak disukainya. Termasuk orang-orang yang ditemui. Dengan begitu kita akan dapat menganti-sipasi jika terjadi sesuatu. Dan ajarkan pada anak untuk menolak jika ada yang menyentuh atau meraba badan mereka seta mengajak mereka keluar dari lingkungan teman-temannya ke tempat lain. Mereka harus bilang pada guru atau menunggu ijin dari orang tuanya jika ada yang mengajak mereka pergi.

    Salah satu ide yang menarik adalah memberikan kata rahasia. Anak dan orang tua memiliki kata rahasia dan kata rahasia itu harus diketahui oleh orang yang menga-jak atau menjemput seandainya mereka bilang disuruh orang tua. Misalnya ciptakan kata Hello Kitty, jika orang itu diminta orang tua untuk menjemput, dia akan tahu dan mengucap Hello Kitty ke sang anak.

    Katakan pada anak untuk tidak tergoda sesuatu yang ditawarkan oleh orang dewasa. Terutama jika orang itu

    meminta melakukan sesuatu atau mengajak pergi atas imbalan yang diberikan. Mereka dapat bilang harus meminta ijin orang tua dulu. Dan berikan pengertian pada anak untuk merasakan instingnya juga jika dia merasa tidak nyaman atau takut. Biasanya insting lebih mudah dirasakan oleh anak usia 6 tahun ke atas.

    Ajarkan anak untuk mengingat informasi penting sep-erti nama orang tua, alamat rumah, nomor telpon rumah dan lokasi rumah. Buatlah gelang dengan nomor tele-pon rumah atau telepon genggam sehingga jika tersesat atau sesuatu hal terjadi akan lebih mudah diketahui. Ini sangat penting terutama untuk anak dibawah 5 tahun yang belum dapat menghafal penuh. Dapat juga selip-kan atau tulis informasi itu di gantungan kunci untuk tas sekolahnya. Mengalungi anak dengan peluit juga ide yang bagus karena jika terjadi sesuatu, anak akan meniup peluit itu dan terdengar lebih kencang daripada suara teriakannya.

    Saat berjalan-jalan di keramaian, misalnya di Mal atau di taman bermain. Tunjukkan beberapa tempat informasi atau orang-orang berseragam yang dapat ditanya oleh sang anak seandainya terlepas dari genggaman orang tua. Beritahukan anak untuk meniup peluitnya sehingga orang tua dapat mendengar dan mengetahui lokasinya. Seandainya ada orang yang mendatangi dan berusaha mengajaknya, mintalah anak untuk meminta mereka mengantar ke tempat informasi.

    Ketika di rumah, ajari anak cara memutar nomor telpon 911 atau nomor emergency lainnya di telpon rumah dan telepon genggam kita. Jadi sewaktu-waktu ada keadaan darurat di rumah atau di jalan, sang anak dapat menelpon meminta bantuan. Tempelkan nomor emergency itu di dekat telepon rumah. Termasuk nomor telepon saudara dekat kita. 1004

    kl!kkl!k

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201427

    DEAR DOKTER

    Saya ingin bertanya, ketika saya buang air kecil urine saya selalu berbu-sa. Apakah itu ada tanda diabetes ataupun kelainan yg lainnya? Terima kasih. Dewis (35)

    Jawaban:Bapak Darwis, yang baik: sebetulnya Urine berbusa merupakan

    gejala awal yang perlu dicuragai adanyha masalah. Mungkin merupa-kan penyakit atau bukan harus dilakuan pemeriksaan urine. Urine yang berbusa bisa terjadi pada kondisi dimana terdapat protein pada urine tersebut. Seharusnya pada urine normal tidak ada proteinnya. Biasanya urine yang berbusa bisa menjadi tanda awal adanya proteinura (albu-minuria) yaitu, terbentuknya garam-garam empedu atau protein albu-min dalam urine. Proteinuria adalah tanda adanya kerusakan ginjal dan penyakit jantung, terutama pada pasien yang menderita diabetes atau tekanan darah tinggi (hipertensi).

    Selain itu, urin berbusa juga, sering menjadi tanda awal sindrom nefrotik. Sebuah gangguan serius, dimana sistem filtrasi ginjal rusak karena infeksi virus, diabetes atau lupus. Penyakit Crohn sendiri (enteri-tis regionalis, ileitis granulomatosa, ileokolitis) adalah peradangan menahun pada dinding usus. Sehingga dapat diduga, bahwa Urine yang mengandung protein bisa menjadi penanda adanya kerusakan ginjal atau bisa juga gangguan jantung. Gangguan ginjal bisa beru-pa sindroma nefrotik, glomerulonefritis ataupun gangguan kerusakan nefron yang lainnya yang disebabkan oleh penyakit lain seperti diabe-tes melitus.

    Saran kami untuk kasus ini adalah: segera lakukan pemerik-saan urine, adakah kandungan protein di dalam urine tersebut. Jika memang benar terdapat urine, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran tindakan berikutnya. Demikian pula untukpence-gahannya, bisa digunakan Nigelive 33 kapsul rutin untuk menjaga agar ginjal tidak mengalami kerusakan.

    Demikian, saya dari kami, semoga saran tersebut dapat membantu. Salam sehat, Dr. Ikrar

    Urine Berbusa

    Dr. Taruna Ikrar(University of California, School of Medicine, Irvine, USA)

    kl!kkl!k

    www.DokterKabari.comatau kirim pertanyaan ke [email protected]

    Ingin Mendapatkan Pelayanan dan konsultasi seputarkesehatan dengan Dr. Taruna Ikrar? Silahkan kunjung

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201428

    MITOS & FAKTA

    Mitos : Air dapat membantu menurunkan berat badan.

    Fakta : Benar. Tapi perlu diingat, air yang membantu penurunan berat badan hanya air yang bebas kalori dan bebas gula.

    Mitos : Terlalu banyak makan bawang merah dapat menyebabkan bau badan.

    Fakta : Salah. Bawang hanya menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga lebih mudah berkeringat. Bau badan akan muncul jika keringat bercampur dengan bakteri. Jadi kalau Anda termasuk orang yang merawat kesehatan tubuh, makan bawang sebanyak apapun tidak akan mengalami bau badan.

    Mitos : menambahkan perasan jeruk nipis pada makanan kuah bersantan dapat menghindari kolesterol dan juga dapat mengurangi berat badan.

    Fakta : Benar. Air asam dari jeruk terbukti dapat memecah lemak dan mudah dilarutkan oleh air saat berada dalam perenaan kita. Tapi lemak akan lebih cepat terbakar jika dibarengi dengan pola makan yang sehat serta olahraga teratur.

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201429

    kl!kkl!k

    MITOS & FAKTA

    Mitos : Stres menyebabkan rambut rontok.

    Fakta : Salah. Stres tidak menyebabkan kerontokan rambut. Rambut bisa rontok diakibatkan oleh zat-zat kimia yang mempengaruhi tubuh. Seperti obat antibiotik dan pengobatan seperti kemoterapi.

    Mitos : Keramas dengan air dingin dapat membuat rambut lebih bagus dan berkilau.

    Fakta : Salah. Tidak ada hubungannya antara air dingin atau hangat dalam hal keramas. Karena temperatur air tidak mengurangi keindahan rambut.

    Mitos : Penyakit reumatik dapat disebabkan karena sering mandi larut malam.

    Fakta : Salah. Reumatik merupakan penyakit yang menyerang persendian dan anggota gerak terutama tulang, sendi, otot dan tulang belakang. Tidak ada sangkut pautnya mandi malam dengan persendian, karena nyeri tulang lebih disebabkan oleh gaya hidup seseorang, seperti seberapa sering berolahraga, atau bagaimana ia menggunakan persendiannya.

    Mitos : Minuman dingin perlambat menstruasi.

    Fakta : Salah. Air dingin sama sekali tidak berpengaruh dengan siklus menstruasi. Karena siklus menstruasi diatur oleh hormon esterogen dan progesterone. Terlambatnya menstruasi disebabkan karena hormon wanita tidak seimbang yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, kelelahan, dan penyakit.

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201430 TAP

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201431

    Apple akan memproduksi antara 70 juta hingga 80 juta unit iPhone 6 pada September mendatang dalam dua model, yaitu layar 4,7 inci dan 5,5 inci. iPhone 6 yang akan memasuki produksi massal September mendatang akan diluncurkan dengan acara peluncuran terbesar dibanding sebelum-sebelumnya.

    Foxconn dan Pegatron, perusahaan manufaktur mitra Apple, akan memproduksi iPhone 6 dalam jumlah kecil mulai bulan depan. Foxconn dilaporkan akan memproduksi secara eksklusif model 5,5 inci. Baru-baru ini juga dikabarkan, Foxconn telah merekrut 100 ribu pekerja untuk membantu memenuhi meningkatnya permintaan produksi iPhone 6. Perusahaan manufaktur itu kabarnya juga akan menggunakan fasilitas tenaga robot untuk pemasangan komponen tertentu. Selain itu iPhone 6 ini kabarnya akan dihiasi fitur e-wallet. E-wallet memungkinkan pemilik iPhone untuk melakukan pembayaran tanpa harus mengeluarkan uang tunai atau kartu kredit. Dengan sistem pembayaran mobile e-wallet, maka pengguna iPhone tidak perlu repot membawa uang tunai. Sistem e-wallet kabarnya terintegrasi dengan teknologi NFC atau Bluetooth dan koneksi WiFi.

    TEKNO

    Apple akan produksiMASSAL iPhone 6

    di september

    kl!kkl!k

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201432

    KECANTIKAN

    Di balik kulit cantik wanita Indonesia ternyata menimpan banyak rahasia. Tak hanya jamu, masker atau lulur dari rempah-rempah saja, tapi banyak wanita Indonesia juga memanfaatkan buah segar sebagai bahan perawatan alami.

    Sayur dan buah memang dipercaya dapat menutrisi kulit karena kandungan vitaminnya yang tinggi. Selain dikonsumsi, buah juga dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk masker dan lulur. Mangga merupakan salah satu buah rahasia yang dimanfaatkan wanita Indonesia untuk mempercantik kulit. Apa saja khasiatnya, berikut beberapa khasiat yang didapatkan dari buah mangga.

    Membuat kulit lebih bercahayaMangga dapat membantu mencerahkan

    kulit yang kusam. Penggunaan teratur ter-bukti dapat mengurangi bintik hitam dan menjadikan kulit lebih bercahaya. Buah ini mengandung vitamin A serta beta karoten yang dapat meremajakan serta memper-baiki sel-sel kulit yang rusak.

    Cegah kerutan dan penuaan diniDi dalam buah mangga banyak men-

    gandung anti-oksidan yang mampu mem-perlambat penuaan yang berupa keriput maupun pigmentasi.

    Mangga,Rahasia Kulit Cantik Orang Indonesia

    Mengobati komedo pada wajahMangga sudah sejak lama dipercaya

    membantu menghilangkan komedo yang sering membuat jengkel wajah. Cara yang ditempuh yaitu dengan membuatnya menjadi scrub buah mangga, yaitu men-campurkan daging buah mangga dan satu sendok teh, susu cair serta madu. Campur bahan-bahan tersebut hingga halus kemudian oleskan ke wajah ecara merata. Lakukan ini secara teratur maka komedo perlahan akan hilang.

    Masker bagi kulit sensitifMangga sebagai masker, masker

    menggunakan mangga bisa kamu coba di rumah sebagai treatment perawatan wajah. Hal ini cocok untuk kulit yang sensi-tif.

    Buah mangga, salah satu buah tropis paling digemari di seluruh dunia. Selain rasanya lezat, aroma dan teksturnya yang lembut membuat semua orang dari sega-la usia menyukai buah satu ini. Kaya akan vitamin C dan berbagai kandungan min-eral alami lainnya, mangga sangat baik untuk kulit tubuh dan wajah.

    kl!kkl!k

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201433

    TAP

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201434

    MODE

    Berbagai bentuk paha wanita, mulai dari yang kurus, kencang berotot, atau besar dan memiliki banyak selulit. Banyak wanita yang merasa kesulitan mencari pakaian yang tepat karena bentuk paha yang besar.Buang jauh-jauh pikiran buruk tentang paha besar Anda. Jangan disembunyikan. Dengan tips fashion berikut, dijamin Anda takkan lagi bingung memilih fashion items untuk menyembunyikan paha besar.

    1. Gunakan rok sekitar 4-5 jari di atas lutut. Dengan rok bergaya pensil akan men-yamarkan bentuk paha yang besar.

    2. Pilih celana jeans yang bergaya dark-washed atau berwarna gelap. Celana jenis ini akan memberi siluet kaki yang panjang.

    3. Kenakan sepatu yang tidak melewati pergelangan kaki. Hindari sepatu den-gan tali yang melilit betis atau yang menggantung di pergelangan kaki.

    4. Motif garis horisontal akan memberi ilusi kaki yang lebar. Lebih baik kenakan pakaian dengan garis vertikal.

    5. Sepatu nude heels tak hanya cantik dikenakan Kate Middleton, tetapi juga cocok untuk memberikan kesan kaki yang lebih panjang.

    Dengan cara berpakaian yang tepat, Anda tak perlu lagi khawatir semua mata tertuju pada ukuran paha yang besar.

    Busana bagiSi Paha Besar

    kl!kkl!k

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201435

    MODE

    Setiap wanita ingin tampil dengan percaya diri mengenakan pakaian apapun. Tetapi, tak dapat disangkal, ada beberapa bagian tubuh yang cukup membuat risau karena dapat mengurangi rasa percaya diri, misalnya len-gan yang besar.Lengan yang besar bukan alasan Anda untuk tidak tampil fashionable. Siasati lengan besar dengan trik fashion berikut ini :

    1. Baju dengan lengan tiga perempat akan memberikan efek lengan terlihat lebih ramping.

    2. Hindari atasan tanpa lengan dan gaun yang menarik perhatian pada lengan atas.

    3. Baju dengan lengan pendek dan memi-liki cap kecil akan membuat lengan atas akan tampak makin besar. Jadi hindarilah menggunakan baju seperti ini.

    4. Baju lengan panjang akan menutu-pi bentuk lengan yang besar, tetapi hindari bahan chiffon yang tembus pan-dang karena meskipun menyamarkan lemak tetapi tetap memberikan ilusi len-gan Anda.

    5. Hindari lengan yang terlalu ketat dan memiliki karet di sekelilingnya.

    6. Jaket dan bolero bisa jadi ide yang menarik untuk menyamarkan bentuk lengan besar. Begitu pula dengan pash-mina.

    7. Gelang cantik atau manset akan mem-bantu mengalihkan perhatian dari len-gan atas yang besar. kl!kkl!k

    Lengan besarbukan halangan untuk

    tetap Modis

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201436

    TAP

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201437

    IMIGRASI

    Pernikahan palsu yang hanya bertujuan untuk mendapatkan manfaat imigrasi

    adalah masalah serius yang dapat menimbulkan banyak konsekuensi. Hal tersebut dapat menyebab-kan deportasi dari pasangan asing dan tidak diizink-an untuk mengakses masa depan petisi visa imigran. Penipuan pernikahan juga menimbulkan potensi pelanggaran pidana bagi kedua pasangan, huku-mannya termasuk hukuman penjara dan denda.

    Apa sebenarnya pernikahan palsu?Jika seorang pria dan seorang wanita jatuh cinta

    dan menikah setelah pacaran dua minggu, dan pria tahu bahwa wanita membutuhkan status imigrasi yang sah untuk tetap di Amerika Serikat dan berjanji untuk membantunya mendapatkan kartu hijau, apa-kah pernikahan mereka palsu?

    Pernikahan palsu telah dijelaskan dalam arti seseorang masuk dalam pernikahan dengan tujuan utama menghindari undang-undang/hukum imigrasi dimana suami dan istri tidak berniat untuk memban-gun kehidupan bersama. Meskipun mereka mungkin telah menjalankan upacara pernikahan nyata, namun jika mereka tidak berniat mempunyai hubungan suami istri yang nyata dan membangun kehidupan bersama sebagai suami dan istri, pernikahan mereka adalah palsu.

    Dengan kata lain, jika pernikahan yang telah disahkan semata-mata hanya untuk memperoleh manfaat imigrasi atau menghindari undang-undang/hukum imigrasi, itu bukan perkawinan yang sah dalam kehendak imigrasi.

    Namun, jika para pihak memiliki maksud untuk memperoleh sesuatu selain cinta dan persahabatan, selama keinginan mereka hidup sebagai suami dan istri dari awal, pernikahan itu tidak palsu. Dalam con-toh di atas, pernikahan itu tidak akan palsu meski-pun pihak yang dimaksudkan dalam pernikahan itu untuk membantu istri menjadi penduduk tetap sah, selain dari kehidupan bersama sebagai suami dan istri.

    Misalkan pria dalam contoh itu sudah tua dan sakit dan membutuhkan seseorang untuk merawat-nya, sementara wanita itu menganggur tanpa tem-pat tinggal. Mereka menikah dan tinggal di rumah yang sama tapi tanpa tidur di kamar tidur yang sama atau melakukan hubungan seksual. Namun, mereka

    berjanji untuk hidup bersama sebagai suami dan istri. Pengadilan menyatakan bahwa dalam keadaan seperti ini, pernikahan itu tidak palsu. Kohabitasi dan penyempurnaan adalah tidak penting.

    Jika, misalnya pria dan wanita itu bersama sebagai suami istri selama beberapa bulan tapi hubungan mereka memburuk dengan cepat dan wanita pindah rumah setelah hanya satu tahun. Mereka tidak memiliki anak-anak dan harta benda. Dalam hal ini, pernikahan mereka masih akan ada kemungkinan besar tidak dianggap palsu. Hukum tidak memerlukan pernikahan untuk menjadi ideal atau perkawinan yang penuh dengan cinta.

    Tujuan hidup sebagai suami dan istri adalah mas-alah subjektif yang dibuktikan melalui tindakan atau bukti objektif. Bukti-bukti dokumentasi yang menun-jukkan bahwa pasangan tersebut adalah suami dan istri dalam waktu berwawancara.

    Ini termasuk mengajukan pajak bersama, kontrak sewa menunjukkan kedua nama mereka, foto per-nikahan dan foto dengan anggota keluarga, reken-ing bank bersama dan laporan kartu kredit bersama, akta kelahiran anak-anak yang lahir dari pernika-han tersebut, telepon tagihan yang menunjukkan komunikasi, catatan medis menunjukkan pasangan sebagai orang yang menghubungi, dan keterangan tertulis pihak ketiga yang mengetahui legitimasikan pernikahan mereka.

    Selain bukti-bukti yang akan disampaikan kepa-da petugas imigrasi, suami dan istri juga harus siap untuk wawancara pribadi. Mereka harus memper-siapkan diri untuk pertanyaan panjang lebar tentang kehidupan pribadi mereka. Petugas dapat menga-jukan pertanyaan yang kritis, bahkan langcang tapi masih dalam batas-batas hukum.

    Inkonsistensi dalam jawaban harus dihindari kare-na dapat membuat petugas imigrasi curiga. Petugas imigrasi memiliki banyak pengalaman dalam men-deteksi penipuan pada pernikahan. Mereka mahir dalam mengungkap kebohongan berdasarkan informasi yang telah diberikan kepada imigrasi, buk-ti-bukti dokumen dan kesaksian. Jika penipuan telah diduga, pasangan akan diwawancarai secara terpi-sah.

    Informasi dalam artikel ini merupakan nasihat hukum untuk setiap situasi. Ini juga bukan merupa-kan jaminan, atau prediksi mengenai hasil dari mas-alah atau kasus hukum Anda.

    Ditulis dan dikaji oleh Olivia LeeKantor Pengacara Jason Y. LieLos Angeles, California

    kl!kkl!k

    Pernikahan Palsu

  • www.KABARINEWS.com 004 19 AGUSTUS - 18 SEPTEMBER 201438

    Dwi kewarganegaraan atau dual citizen selalu menja-di isu seksi bagi diaspora Indonesia yang tinggal di luar negeri, tak terkecuali diaspora di Amerika Serikat. Aziz Syamsudin, Ketua Komisi 3 DPR, dalam sebuah acara diaspora yang baru-baru ini diselenggarakan di Amerika Serikat mengatakan kepada kabarinews.com, secara general atau secara umum prin-sip dual citizen ini sangat bagus.

    Pasalnya dari tahun 2012, per-soalan tentang dwi kewargane-graan atau dual citizen telah ban-yak dikaji dan dilakukan berbagai seminar-seminar membahas segi positif dan negatifnya tentang dual citizen. Dan, menurut Aziz, ini sangat bagus secara menyangkut kepentingan bangsa dan negara karena disamping dapat memba-ngun network, juga mengundang para ex-Warga Negara Indonesia

    ini kembali ke Indonesia untuk membangun bangsa dan negara, membawa income dan lainnya. Tetapi kami juga memperhati-kan faktor security baik itu da-lam hal kejahatan internasional, dan yang lainnya kata Aziz.

    Lantas bagaimana untuk Ex-WNI Jika seandainya data-datanya hilang dan pembuktikannya hanya melalui passport Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa per-nah tinggal di Amerika itu cukup membuktikan bahwa yang ber-sangkutan adalah Ex-WNI? Aziz mengatakan pembuktian dalam hukum Indonesia dikenal dua hal, yaitu ada alat bukti dan barang bukti. Passport AS sebagai alat bukti yang menyatakan lahir di wilayah NKRI itu sebagai petunjuk bahwa yang bersangkutan pernah menjadi warga negara Indonesia. Dan itu bisa dijadikan sebagai ref-erence untuk imigrasi bahwa yang

    bersang-kutan adalah ex-WNI tutur Aziz.

    Nah, Informasi itu pent-ing men-genai ex-WNI, jika sudah

    mendapatkan KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) yang bersang-kutan dapat melakukan investasi kecil dan menengah di Indone-sia tanpa minimum dan namun hanya dapat bekerja untuk dia sendiri. Sebagai Ex- WNI yang mendapatkan KITAS tidak berhak melakukan kerja di tempat orang lain, tetapi dapat melakukan ker-ja sendiri atau melakukan usaha sendiri tanpa batas investasi.

    Aziz mengatakan namun jika ingin meningkatkan investasin-ya nmenjadi lebih besar lagi, ada peratusan dalam BKPM yang PMDN-nya dengan fasili-tas PMA dalam hal pajaknya dan hal lainnya. Dan Mereka harus memeriksa informasi dari BKPM. Bahwa masyarakat ex-WNI dapat meng-apply visanya dalam hal nantinya selama satu tahun, na-mun kini sedang dipersiapkan menjadi untuk selama 5 tahun.

    Mungkin dalam waktu sebu-lan atau dua bulan ini. kemungk-inan di pemerintahan yang baru nanti buat ex-WNI bisa apply dan multiple visanya saja bisa mulai dilakukan dari sekarang dan ber-laku lima tahun. Tetapi multiple entry yang lima tahun harus digu-nakan selama tiga bulan pertama maksimalnya. Setiap stay 60 hari dan dapat diperpanjang lagi se-lama 120 hari kata Aziz. (1009)

    DWI KEWARGANEGARAAN DANVISA BISNIS DI INDONESIA

    kl!kkl!k

    IMIGRASI

  • Anda butuh Asuransi?Hubungi April Insurance. Personal Line: Auto, Home owner, Motorcycle, and HealthCommercial Line: General Liability, BOP, Workers Compensation, Commercial Auto Call us today 1-800-281-6175 or visit our website

    www.ThinkApril.com

    ANDA BUTUH KENDARAAN?

    Hub: David 714-936-8188$20/jam + bensinminimum 8 jam.

    Penjemputan airport, city tour, dll. Harga termurah

    Terima pesanan tumpeng dan nasi box. Hubungi

    Merry 415-424-5117

    JR Catering 707-738-3707Pempek Palembang, Siomay, Baso Kampoeng, dll

    Sams Nutrition

    116 N. Garfield Ave. Monterey Park, CA 91754.

    Phone : 626-288-2595.

    Email : [email protected]

    Mobil Dijual2005 Saturn Relay Minivan. Butuh uang cepat. Registration Juni 2015. Harga $2,750 OBO. Tel: 714-936-8188

    FORMULIR BERLANGGANAN TABLOID KABARI GRATIS 3 BULAN

    Nama Lengkap : __________________________

    Email : __________________________

    Telepon : __________________________

    Alamat Pengiriman

    ____________________________________________

    ____________________________________________

    ____________________________________________

    ____________________________________________

    ________

    Gunting dan kirimkan formulir ini ke Redaksi kabari 1788 19th Avenue, San Francisco, CA 94122 atau731 N Beach Blvd, La Habra, CA 90631

    Ingin tahu harga rumah anda naik, turun, atau stabil? kunjungi

    www.PasaranRumah.com

    Pasang iklan di sini mulai dari

    $8/blnTkb19001

    For Lease:5br - 2580ft

    Absolutely Stunning,Spacious Home in Desired Neighborhood in Pacifica,Call John, 415 242 8131,CA Dept of Real Estate

    0859978

    Kualikasi :Pengalaman di bidang Sales atau MarketingMemilki komunikasi yang baikDisiplin, Jujur dan bertanggungjawabDapat bekerja sama dengan team Mampu bekerja dibawah tekanan

    Los Angeles: 731 North Beach Blvd, suite 210, La Habra, CA 90631

    San Francisco: 1788 19th avenueSan Francisco, CA 94122

    Silakan KIRIM CV ke [email protected] atau:

    DIBUTUHKAN SEGERA SALES DAN MARKETING1. Marketing Iklan untuk Majalah Kabari dan ASEAN-Life2. Marketing Asuransi (April Insurance Agency akan memberikan pelatihan)3. Marketing Real Estate (Intero Real Estate akan beri training di Cupertino, CA)4. Delivery guy for Kabari

    Jual nasi uduk lengkap isinya. $5 pick up.

    Hub: Ibu Maria 909-233-21281657 Alameda St, ste C,

    Pomona, CA 91768

    Pasang Iklan di Sini1 x 2

    Pasang iklan di sini mulai dari

    $8/blnTkb19001

    Jual Tanah dan BangunanLuas tanah 135 m2, Bangunan 65 Rp 150 juta. Lokasi Taman Candiloka - B15, Ngampel Sari, Candi Sidoarjo, Sby, Sertifikat a/n Royke Suoth. Hub 909-658-4378

    Kamar disewakanDi Chino, dekat dengan freeway, supermarket, store, wallmart, costco. Utility sudah termasuk. Share kitchen, laundry, kamar mandi. Dicari perempuan, tidak merokok dan minum.Telepon: 626-377-7253

    TAP

  • Camilan. Hmm mendengar kata camilan pasti yang terbayang adalah makanan manis, legit dan lezat. Yuk buat di dapur sendiri.Tapi kali ini bahannya agak berbeda, karena dengan satu

    bahan dasar, Anda bisa membuat berbagai menu camilan yang menggoda lidah. Coba olahan serba ubi jalar yuk, berikut resepnya...

    CamilanSerbaUbiJalar

  • www.KABARINEWS.com 004 19 JULI - 18 AGUSTUS 201441

    Bahan:1. 150 gram tepung terigu2. 1 sendok makan susu bubuk3. 15 gram gula pasir4. 1 sendok teh ragi instan5. 75 gram ubi jalar (kukur, kupas dan haluskan)6. 75 ml air es7. 1 kuning telur 8. sendok teh garam9. 15 gram margarine

    10. 75 gram cokelat putih (potong-potong, lelehkan)11. 50 gram meises warna-warni (untuk taburan)12. Minyak secukupnya untuk menggoreng

    Cara membuatnya:1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula

    pasir, dan ragi instan, aduk rata.2. Tambahkan ubi jalar halus, aduk rata kembali.3. Masukkan kuning telur dan air es sedikit demi

    sedikit sambil terus diuleni hingga kalis.4. Masukkan garam dan margarine, uleni kembali

    hingga kalis.5. Tutup dengan kain lap basah, diamkan selama 15

    menit.6. Ambil sebuah adonan, bentuk bulat pipih,

    diamkan selama 60 menit.7. Panaskan minyak, goreng hingga matang. Angkat

    dan tiriskan. 8. Setelah donat dingin, celup permukaan donat ke

    dalam cokelat masak putih leleh.9. Taburi permukaannya dengan meises warna-

    warni. Sajikan.

    Donat Ubi

    kl!kkl!k

  • www.KABARINEWS.com 004 19 JULI - 18 AGUSTUS 201442

    Brownies Ubi

    Bahan:1. 100 gram ubi jalar (kukus dan haluskan)

    2. 150 gram tepung terigu

    3. 150 gram cokelat masak pekat (potong, lelehkan)

    4. 150 gram gula pasir

    5. 100 gram margarin (lelehkan)

    6. 50 gram nangka (cincang halus)/ boleh diganti kismis

    7. 25 gram kacang mede (sangrai cincang kasar)

    8. 3 butir telur

    Cara membuatnya:1. Kocok telur dan gula pasir hingga

    mengembang.

    2. Tuang cokelat masak pekat dan margarin, aduk rata.

    3. Masukkan ubi, aduk rata.

    4. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga rata.

    5. Tuang adonan ke dalam loyang brownies yang sudah diolesi margarine dan dialasi kertas roti.

    6. Taburi dengan nangka dan kacang mede.

    7. Kukus selama 45 menit hingga matang.

    8. Angkat, dinginkan, keluarkan dari loyang, baru kemudian dipotong-potong. Sajikan

    kl!kkl!k

  • www.KABARINEWS.com 003 19 JULI - 18 AGUSTUS 201443

    Bola Ubi

    **Bahan:1. 500 gram ubi merah atau kuning

    2. 100 gram gula pasir halus

    3. 3 sendok makan tepung terigu

    4. 200 gram gula Jawa (sisir halus)

    5. sendok teh vanili

    6. Gula bubuk secukupnya untuk taburan

    7. Minyak goreng secukupnya

    Cara membuatnya:1. Kukus ubi jalar sampai matang, angkat, kupas dan haluskan selagi panas.

    2. Campurkan ubi halus dengan gula pasir halus, vanili, dan tepung terigu, aduk rata.

    3. Ambil satu buah sendok makan ubi, bentuk bulat lalu pipihkan. Isi dengan nangka dan bentuk bulat (seperti bakso). Lakukan sampai semua adonan bahan habis.

    4. Panaskan minyak, goreng sampai matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

    5. Sajikan dengan taburan gula bubuk.

    **note : untuk isian, gula jawa bisa diganti dengan isian lain seperti cokelat,

    kacang tanah halus atau kacang merah.

    kl!kkl!k

  • www.KABARINEWS.com 003 19 JULI - 18 AGUSTUS 201444

    Puding Ubi

    Bahan:1. 100 gram ubi warna ungu (kukus dan haluskan)2. 100 gram gula pasir3. sendok teh vanili bubuk4. sendok teh garam5. 1 bungkus agar-agar putih6. 700 ml susu cair

    Cara membuatnya:1. Campurkan gula, vanili, garam, agar-agar, susu, aduk sampai semua tercampur rata. Tambahkan ubi yang

    telah dihaluskan.2. Masak di atas api sedang, di aduk rata sampai mendidih, lalu angkat.3. Tuang adonan ke cetakan puding. Hilangkan uap panaskan, kemudian taruh dalam lemari es hingga keras

    dan siap untuk disajikan.

    kl!kkl!k

  • This Space is Available for AdvertisementContact Us

    San Francisco: (415) 294-7030Los Angeles (562) 383-2100

    Jakarta 62-21 4288-6112 [email protected]

    TAP

  • TAP

  • TAP

  • TAP

  • California SelatanBeach Professional Center

    731 North Beach Blvd, Ste 210 BLa Habra, CA 90631

    (213) 550 3888

    Kantor PusatCalifornia Utara

    1788 19th AvenueSan Francisco, CA 94122

    (415) 213 7323

    Jakarta, IndonesiaJl Cempaka Putih Timur 5/15Jakarta 10510, Indonesia62 21 4288 6112

    Alamat Redaksi

    @kabarinews kabarinews

    _GoBack_GoBack

    img1 button 2: img8 button 2: img3 button 2: img10 button 2: img4 button 2: img11 button 2: img5 button 2: img12 button 2: img6 button 2: img13 button 2: img7 button 2: img14 button 2: img2 button 2: img9 button 2: img15: img14: img13: img12: img11: img10: img9: img8: img7: img6: img5: img4: img3: img2: click we: click we 3: click we 6: click we 9: click we 12: click we 15: click we 1: click we 4: click we 7: click we 10: click we 13: click we 16: click we 2: click we 5: click we 8: click we 11: click we 14: click we 17: