iten myanmar

Buat temen2 yg mau ke Myanmar, ini itinerary saya selama 6 hari di sana. Semoga bermanfaat. Saya dapat tiket promo AA jkt-KL-yangon pp total nya Rp 1,277,486 (tidak beli bagasi, seat, makan). Jadi hanya bawa ransel 7kg Day 1 - sampai airport Yangon jam 8 pagi. Langsung tukar uang di airport. Dapat kurs usd$1 = 1024 kyat. Usahakan menukar uang yg pecahan usd$100 dan uangnya hrs baru n mulus, kalo pecahan dibawah $100 atau uangnya kotor/lama hanya akan dihargai 900kyat. Usahakan menukar uang di Yangon, karena kurs di Bagan n Mandalay tidak sebagus Yangon. Begitu kita keluar dari airport kita akan lsg dikerubungi supir taxi. Di myanmar taxi tidak ada yg pake argo jd kita hrs lsg nego harga. Dari yangon airport ke city centre harganya antara 7000-8000 kyat tergantung lg jam macet apa ngga. Kalo lg macet akan memakan waktu sekitar 1,5jam an. Karena saya berdua dengan anak BD yg kebetulan naik pesawat yg sama dari KL, kita decide utk saweran taxi utk langsung ke Bago city dan ke Golden Rock Pagoda. Malamnya balik Yangon, sampai di hostel sekitar jam 11 malam. Saya nginap di Myint Myat guest house, booking kamar dorm khusus cewe (1 kamar ber-5, kamar mandi dalam, including breakfast). Booking via agoda.com dpt harga Rp 153,466/malam/orang. Hostelnya rekomended bgt deh, bersih, internet kenceng, staffnya bisa inggris smua. Dan bisa jalan kaki ke Sule Pagoda, St Mary cathedral n Bogyoke market. Day 2 - setelah breakfast lsg ngiter2 ke Sule Pagoda, dan sekitarnya. Lalu ke Swedagon Pagoda. Dan mencoba makanan lokal di dekat sana. Sekaligus foto2 di depan Kedutaan Indonesia di Yangon. Ransel sdh dititip di receptionist karena kita lsg check out hostel Sore kita balik hostel utk numpang mandi n ambil ransel. Malamnya, kita lsg naik taxi ke Aung Mingular bis station karena kita mau naik bis malam JJ Express berangkat ke Bagan. Di kantor JJ Express kita bertemu dgn 3 orang anak BD yg kebetulan ada di yangon dan kita sudah janjian utk berangkat bareng ke Bagan n Mandalay berlima. Day 3 - muter2 Bagan seharian. Malamnya balik ke stasiun bis di Bagan, karena mau naik bis malam ke Mandalay. Kita makan malam di salah satu restoran di station bis. Kebetulan yg punya restoran masih saudaraan dengan supir taxi kita, jd kita diperbolehkan numpang mandi. Day 4 - muter2 Mandalay, Mingun, Inwa, Amarapura.

Upload: abdul-hafiz

Post on 05-Dec-2015

10 views

Category:

Documents

2 download

DESCRIPTION

Travelling

TRANSCRIPT

Page 1: Iten Myanmar

Day 1 - sampai airport Yangon jam 8 pagi.

Malamnya balik Yangon, sampai di hostel sekitar jam 11 malam.

Saya nginap di Myint Myat guest house, booking kamar dorm khusus cewe (1 kamar ber-5, kamar mandi dalam, including breakfast). Booking via agoda.com dpt harga Rp 153,466/malam/orang. Hostelnya rekomended bgt deh, bersih, internet kenceng, staffnya bisa inggris smua. Dan bisa jalan kaki ke Sule Pagoda, St Mary cathedral n Bogyoke market.

Day 3 - muter2 Bagan seharian.

Malamnya balik ke stasiun bis di Bagan, karena mau naik bis malam ke Mandalay.

Day 4 - muter2 Mandalay, Mingun, Inwa, Amarapura.

Malamnya numpang mandi di kantor bis JJ Express sebelum berangkat ke Yangon

Day 5 - sampai station bis di Yangon jam 6 pagi. Langsung balik hostel tidur dulu. Mandi, lalu kita ke Bogyoke market, Kandawgyi lake, "Chauk htatt ghyee", reclining buddha terbesar di Yangon dan "Ngar Htatt Gyee" sitting buddha terbesar in Yangon.

Page 2: Iten Myanmar

Day 6 - saya habiskan waktu utk kuliner. Coba makanan di jalanan dan juga di supermarket lokal. Sekaligus beli oleh2. Malamnya saya lsg balik ke KL naik pswt jam 19.05

DAY 1 Yangon – Golden RockUntuk teman2 BD yg mau ke Yangon Myanmar kalau ada waktu dan budget lebih, saya

rekomen utk pergi ke Golden Rock Pagoda yg terletak di puncak gunung Kyaiktiyo, 210km dari kota Yangon. Golden Rock merupakan salah satu tempat suci tujuan umat buddha Myanmar berziarah. Kata orang Myanmar, kalo belum ke Golden Rock Pagoda, belum sah ke Myanmar nya. Nah, untuk ke Golden Rock ada 2 alternatif, pertama adalah naik bis dari Aung Mindalar station selama 5jam menuju kota Kinpun village yg terletak 16km dari Gunung Kyaiktiyo. Harga bis sekitar 12-15rb kyatt. Dan bis nya hanya ada jam 6 pagi dan jam 11 siang. Lalu lanjut naik truk dari Kinpun menuju gunung Kyaiktiyo seharga 2500kyatt utk 1way nya (selama 1/2jam). Truk terakhir yg naik ke gunung Kyaiktiyo jam 5.30sore. Lewat jam ini kita hrs menunggu pagi hari sekitar jam 7 utk bisa naik ke atas. Lalu truk terakhir yg turun dari gunung Kyaiktiyo ke Kinpun village jam 6sore. Jadi kalau sampe ketinggalan truk, teman2 terpaksa harus menginap di hotel2 yg terletak di atas gunung di dekat Golden Rock. Bis terakhir dari Kinpun village utk kembali ke kota Yangon jam 4 sore. Karena kemaren saya tidak punya waktu banyak, sehingga saya mengambil alternatif kedua, yaitu sewa taxi dari airport supaya bisa 1 day trip balik ke Yangon lagi. Taxi di yangon tidak ada yg menggunakan argo, sehingga kita hrs pandai2 nego. Berdasarkan informasi dari Tourist information di airport, sewa taxi ke Golden Rock harganya usd 150. Tetapi karena saya hanya saweran berdua dengan anak BD (yg kebetulan berangkat pd tanggal yg sama n janjian ketemuan di airport KLIA), akhirnya kita dengan tampang memelas dan setengah maksa, hahaha.. dapat di harga usd 110 (110rb kyatt) utk sewa taxi seharian, ke Golden Rock dan sekalian ke kota Bago (kota yg akan dilewati saat kita menuju ke Golden Rock). Kita pakai taxi dari jam 10 pagi (berangkat dari Yangon airport), sampai jam 11 malam (sampai hostel di Yangon). Nah, perjalanan dari Yangon airport ke Bago city akan memakan waktu sekitar 2jam, dan di Bago kita stop utk melihat "Shwethalyaung" the largest sleeping Buddha di Bago, lalu kita ke "Mya Tha Lyaung" reclining buddha, dan juga ke Kyaik Pun Pagoda. Lalu kita stop utk makan siang di Bago. Oh ya, di Myanmar setiap kali kita masuk ke suatu kota yg termasuk dalam destinasi wisata, kita diharuskan membayar entrance fee. Masuk ke Bago city kita harus bayar entrance fee 10rb kyatt, tapi nanti pas kita masuk ke tempat2 wisata tidak perlu bayar apa2 lagi. Jadi kita hanya perlu bayar 1x aja. Lalu kita lanjut 1,5jam perjalanan ke Kinpun village. Dari Kinpun village kita naik truk ke atas gunung selama hampir 1 jam (seharga 250 kyatt 1 way), dan lanjut jalan kaki 15 menit ke Golden Rock. Harga tiket Golden rock usd 6 atau 6rb kyatt. Di sana kita bisa melihat banyak sekali biksu2 kecil dan juga peziarah orang2 asli Myanmar yg memakai thanaka (bedak dingin utk muka supaya ngga kebakar matahari), dan di sana semua orang lokal memakai sarung baik wanita ataupun pria. Oh ya, saat memasuki lokasi Golden Rock, kita tidak diperbolehkan memakai sendal/sepatu/kaos kaki, jd kita harus nyeker. Di sana ada penitipan sepatu seharga 100kyatt. Dan harap memakai baju yg sopan karena ini tempat ziarah, tempat org2 berdoa. Setelah selesai muter2 di Golden Rock dan puas moto2, jam 5 teng saya lsg balik naik truk turun ke Kinpun village dan balik ke Yangon naik taxi. Oh ya, kalau mau tuker uang lebih baik di airport Yangon, saya dapat kurs 1 usd = 1024 kyatt (pecahan $100 dan uangnya harus baru n mulus). Kalo tukar $ yg pecahan di bawah $100 dan uangnya sudah jelek, hanya di hargai 900kyatt. Tukar uang di terminal bis dan kota lain juga ratenya rendah sekali. Mereka hanya menerima USD, Euro dan Singapore $. Rupiah tidak bisa tukar di sini. Oh ya, matahari di Myanmar terik sekali, teman2 jangan lupa utk selalu bawa air minum dan sublok supaya ga kebakar matahari

Page 3: Iten Myanmar

n dehidrasi. Utk info truk dll harap cek langsung di foto2 di bawah ini. Harusnya sih infonya lengkap. semoga membantu.

DAY 2 Yangon

Untuk teman2 BD yg mau ke Yangon Myanmar ada beberapa tempat yg wajib dikunjungi, yaitu =

1) Sule Pagoda, Mahabandoola garden, Independent monument dan High Court Building.Lokasinya semuanya berdekatan dgn Sule Pagoda, jd bisa jalan kaki saja dari Sule Pagoda. Sule Pagoda entrance fee nya us$3 per orang.

2) Shwedagon pagoda, entrance fee nya us$8 = 8rb kyatt. Di dalam Shwedagon pagoda ada wifi nya, lumayan bisa utk browsing google map and update status di FB.

3) Bogyoke market, tempat beli souvenir. Di sana banyak dijual kaos2 Myanmar dgn berbagai harga dan kualitas. Oh ya, tiap hari senin market ini tutup.

4) Kandawgyi Lake, taman kota dimana kita bisa melihat aktifitas orang2 lokal Myanmar sehari2. Tiket masuknya 3rb kyatt. Di taman itu juga ada perahu emas yg menjadi salah satu icon Myanmar.

5) "Chauk htatt ghyee", reclining buddha terbesar di Yangon. Dan "Ngar Htatt Gyee" sitting buddha terbesar in Yangon. Lokasi 2 patung buddha ini berdekatan, jd bisa jalan kaki. Masuknya gratis.

Untuk melihat foto2nya bisa langsung di cek di bawah ini. Sudah lengkap dengan keterangannya.

Jangan lupa tiap kali masuk ke pagoda dan temple wajib lepas sepatu/sendal/kaos kaki. Di sana ada tempat penitipan sepatu 100kyatt atau kita bisa masukan ke kantong plastik n ditenteng ke dalam.

.DAY 3 BaganUntuk teman2 BD yg mau ke Yangon Myanmar, bisa sekalian ke kota Bagan utk melihat

sunset n sunrise di Old Bagan, dan juga ke Mount Popa utk melihat Monastery Taung Kalat. Kemaren saya ke kota Bagan naik bis JJ-Express Highway Bus dari Yangon (Aungmingalar station), naik business class yg berangkat jam 8 malam sampainya jam 5pagi. Seharga 11,000kyatt. JJ Express juga ada First class seharga 18,500kyat. Harga tsb sdh termasuk life insurance. Perbedaan antara Business class dengan First class adalah business class hanya dapat aqua botol gratis n dipinjemin selimut utk tidur. Tapi utk First Class ada pramugarinya yg akan memberikan snack n minuman dan juga ada tv di tiap kursi. Utk booking tiket bis, kita bisa langsung kirim message melalui facebook JJ-Express Highway Bus. Nanti akan di info oleh mereka nomer seat nya. Utk pembayaran dpt dilakukan saat kita check in di terminal bis nya. Oh ya, bis nya sangat ontime, jadi teman2 harus sdh berada di station (di kantor cabang bus JJ nya) paling telat 1/2jam sebelum keberangkatan. Nanti kita akan stop utk istirahat dan toilet sebanyak 2x (selama 30menit).

Sampai di Bagan kita akan di kerumuni oleh supir2 taxi yg menawarkan jasanya. Kalo teman2 hanya mau melihat sunset n sunrise di Old Bagan bisa langsung naik taxi seharga usd10, atau kita bisa saweran dengan org2 yg juga menuju ke sana. 1mobil bisa isi 5orang, jd kita bayar 2000kyatt/org. Nanti di Old Bagan kita bisa sewa delman sekitar 35rb kyatt, sewa sepeda 1500kyatt/sepeda, atau sewa ebike sekitar 6000kyatt/sepeda. Saat masuk ke Bagan city kita wajib membayar entrance fee perorang sebesar usd$20 =21rb kyatt. Karena kemaren saya pergi ke

Page 4: Iten Myanmar

Bagan berlima dengan anak2 BD yg kebetulan sedang berada di Yangon juga, maka kita decide utk saweran dan sewa mobil seharian utk muter2 Bagan, dan juga ke Mount Popa utk melihat Monastery Taung Kalat. Jd kita sewa mobil minivan (seperti APV) sebesar 70rb kyatt utk melihat sunrise di Old Bagan, breakfast, lalu ke Mount Popa utk melihat monastery di atas gunung, lunch, lalu balik ke Old Bagan utk melihat2 candi2 di sana sampai sunset, lalu balik ke station bis.

DAY 4 Mandalay, Mingun, Inwa, Amarapura

Untuk teman2 BD yg mau ke Myanmar, jangan lupa sekalian mampir ke Mandalay city. Mandalay lokasinya hanya sekitar 4-5 jam dari Bagan city. Kemaren saya habis dari kota Bagan seharian, malamnya langsung naik bis malam bernama "Shwe Man Thu Express" ke Mandalay seharga 8500kyat/orang. Berangkat jam 9 malam, dan sampai di Mandalay jam 2 pagi. Bis nya mirip dengan JJ Express, mreka memberikan aqua botol gratis dan juga meminjamkan selimut utk tidur. Khusus utk rute Bagan-Mandalay, JJ Express tidak ada rutenya. Jadi bis ini adalah pilihan terbaik.

Jadi saat kita sampai di Bagan terminal bis, sebelum pergi liat sunrise, kita bisa langsung ke kantor bis Shwe Man Thu Express utk membeli tiket utk keberangkatan ke Mandalay malamnya. Supaya saat kita sudah selesai liat sunset di Bagan, kita tinggal balik aja ke terminal bis dan menunggu waktu keberangkatan bis.

Ingat, bis di Myanmar sangat tepat waktu, jd teman2 harus check-in paling telat 1/2 jam sebelum jam keberangkatan. Jangan sampai ketinggalan bis. Nah, selama perjalanan kita akan berhenti 1x (30 menit) utk makan n toilet. Lalu saat sampai di Mandalay, sekitar jam 2 pagi di terminal bis sudah ramai dengan supir2 taxi yg menawarkan jasanya.

Karena saya pergi berlima dengan anak2 BD yg kebetulan ada di Myanmar juga, maka kita mengambil keputusan utk saweran sewa mobil seharian. Kita dapat taxi (mobil grand levina) seharga 55rb kyat.

Oh ya, saat memasuki kota Mandalay kita harus bayar entrance fee sebesar usd $10 atau 10rb kyat/org. Dan kita bisa menikmati kota Mandalay, Amarapura dan Inwa seharian tanpa harus bayar apa2 lg saat memasuki destinasi wisata nya. Khusus utk Mingun city kita harus bayar usd$3 atau 3000 kyat perorang.

Nah saat di Mandalay seharian, kita bisa pergi ke banyak tempat, yaitu :1) Mandalay city =*Mahamuni budhist temple, melihat prosesi pembersihan patung buddha *Mandalay hill utk melihat sunrise*Golden palace monastery/shwe nandaw kyaung*Maha atulawaiyan (atumashi) kyaungdawgyi temple*maha lokamarazein kuthodaw pagoda *nanmyaebonthar sannandawya sandamuni pagoda*the Mandalay royal palace/mya nan san kyaw

2) Mingun city (entrance fee byr usd3 atau 3000kyatt/org)*Pahtodawgyi pagoda, *mingun biggest bell, *myatheindan pagoda

Page 5: Iten Myanmar

3) inwa city*Namnyin/inwa watch tower, *mahar aung mye bon san monastery*wooden bagaya kyaung monastery

4) amarapura city*Uminthoneze pagoda*soonuponnyashin pagoda*ubein teak bridge liat sunset

Lalu malamnya kita langsung balik ke Yangon naik bis JJ Express dari Mandalay terminal bis jam 9malam, dan sampai di Yangon jam 6pagi. Harga 11rb kyatt. Bisa langsung pesan dengan cara kirim message ke facebooknya JJ-Express Highway Bus.

DAY 5 Yangon

DAY 6 Yangon - PulangUntuk teman2 BD yg mau ke Yangon Myanmar, jangan lupa utk mencoba dessert nya yang

terkenal "Shwe Yin Aye", ini seperti es cendol (dawet) Indonesia tetapi mereka memiliki topping

Page 6: Iten Myanmar

tambahan yaitu jelly kelapa, mutiara rebus, bubur sumsum, beras ketan, roti potongan dan kuah santan. Perbedaan antara Shwe Yin Aye dengan es cendol kita adalah, Shwe Yin Aye tidak menggunakan sirup gula merah, tetapi kuahnya sudah manis. Kuahnya mirip2 dengan kuah santan bubur pacar cina Indonesia. Dan harganya lumayan murah, kalau beli di jalanan sekitar 300 kyatt semangkok. Tapi kalau beli di supermarket utk 1 porsi sekitar 500 kyatt dan di sajikan di dalam mangkok plastik. Highly recommended deh! Dijamin bikin ketagihan.