infobca edisi 210, 2011

76
Champion Never Quit BCA Raih Alpha Southeast Asia’s Institutional Investor Corporate Awards 2011 BCA Kucurkan Kredit Sindikasi Kepada Charoen Pokphand No. 210. Tahun 2011 MAJALAH BULANAN INTERNAL BCA - Diterbitkan oleh: PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Upload: artoio-gomes

Post on 30-Mar-2016

285 views

Category:

Documents


10 download

DESCRIPTION

INFOBACA is an internal monthly magazine owned by Bank Central Asia (BCA).

TRANSCRIPT

Page 1: INFOBCA edisi 210, 2011

Champion Never Quit

BCA Raih Alpha Southeast Asia’s Institutional Investor

Corporate Awards 2011

BCA Kucurkan Kredit Sindikasi Kepada

Charoen Pokphand

No. 210. Tahun 2011

MAJALAH BULANAN INTERNAL BCA - Diterbitkan oleh: PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Page 2: INFOBCA edisi 210, 2011
Page 3: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o R e d a k s i

InfoBCA adalah sarana komunikasi internal BCA. Redaksi dengan senang hati menerima surat/naskah Anda. Demi kepentingan bersama, Redaktur berhak untuk mengedit tulisan tanpa mengubah maknanya. Tulisan dapat dikirimkan ke redaktur wilayah masing-masing. Setiap tulisan yang dikirim (kecuali foto peristiwa) hendaknya disertai dengan identitas, NIP, jabatan dan foto diri. Foto-foto pendukung berita yang dikirim harus berkualitas baik dengan ukuran file sekitar 1 MB dalam format JPG/JPEG. Tulisan yang memenuhi syarat akan dimuat di InfoBCA. Sebagai tanda terima kasih, kami menyediakan suvenir menarik bagi Anda.

Diterbitkan oleh : Corporate Secretary, Aspek Humas PT Bank Central Asia Tbk. Pelindung : Direksi PT Bank Central Asia Tbk. Penanggung Jawab : Inge Setiawati. Redaktur Pelaksana : Sapto Rachmadi. Redaktur Kantor Pusat : Rini Rismarini, Joko Susilo. Redaktur Wilayah : R. Umbaran Pangadiyana (Kanwil I), Budhianto Tanuhariono (Kanwil II), Rini Sosialina & Tony Towoliu (Kanwil III), Yohanes Haryadi (Kanwil IV), Brono Widiatmoko (Kanwil V), Sabta Apriandi & Alexander Subhrastha (Kanwil VI), Ignatia Juliani & Itok Yunianto (Kanwil VII), Leonardus Aris Setiarso (Kanwil VIII), Herman & Endy Bandjardjaja (Kanwil IX), Christianus Edo, F. Daniel Tansuri (Kanwil X), Anton Wirawan & Yuyun Hadi S. (Kanwil XI), Lambok Damanik (Kanwil XII) dan Timoteus Talip (Redaktur BCA Card Center). Sirkulasi : Suwanto, Suyoto. Editor : Evita B. Supriyanto ( Indonesia Media Network). Reporter & Fotografer : Muhammad Pamungkas, Rahmat Agung Wismoyo, Abdullah Baraja & Chairudi BD. Kreatif : Aam Muharam & Yoyok Artoio Gomes. Alamat Redaksi : Aspek Hubungan Masyarakat – Corporate Secretary Menara BCA Lt. 32 Grand Indonesia Jl. MH Thamrin No. 1 Jakarta 10310 Telp. 021-23588000 (hunting) Faks. 021 – 23588300 Email : [email protected]; [email protected]

awula muda selalu memiliki peranan penting dalam setiap sisi kehidupan. Terutamanya sebagai generasi penerus para pendahulunya. Untuk itu, membidik pangsa pasar kawula muda dalam rangka menjaga kesinambungan kinerja dan pertumbuhan perusahaan dapat dikatakan sebagai strategi yang patut diperhitungkan. Hasilnya sudah dapat diprediksi secara jelas. Bahwa, selain dapat menjaring pangsa pasar baru, kesinambungan pelanggan existing dapat lebih terjamin.

Hal inilah yang sekiranya menjadi landasan peluncuran produk tabungan BCA termutakhir bertajuk Tahapan Xpresi. Tahapan Xpresi yang menyasar angkatan muda siap kerja ini digadang-gadang sebagai tabungan yang mampu mewakili semangat ekspresif pemiliknya. Selain berbalut desain yang “juga” ekspresif, Tahapan Xpresi memberikan segudang kemudahan, keamanan dan kenyamanan bertransaksi.

Produk yang proses sosialisasinya dilakukan melalui dunia digital ini memungkinkan para kawula muda untuk menikmati proses transaksi melalui ragam fasilitas / fitur e-channel BCA, seperti klikBCA (internet banking), m-BCA (mobile banking), ATM, CDM, ATM Non Tunai dan lain sebagainya.

Sejatinya, dengan ragam kelebihan yang ditawarkan, Tahapan Xpresi secara nyata telah menjadi jembatan emas bagi kesinambungan regenerasi nasabah BCA secara umum, maupun nasabah Tahapan BCA secara khusus. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa terobosan strategis ini dapat pula disebut sebagai salah satu media penting bagi BCA untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan hubungan bersama BCA. Dimana hal ini selaras dengan semangat enhanced relationship & quality growth yang dicanangkan BCA selama dua tahun terakhir.

Dengan merangkul segmen kawula muda, maka dapat dikatakan BCA telah mampu menjaring hampir seluruh pangsa potensial yang ada. Dengan demikian, BCA dapat mempertahankan visinya sebagai bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Terlebih penting lagi, positioning BCA sebagai Relationship Banking dalam kurun waktu tidak lama lagi.

Selamat membaca !

"Young people should be at the forefront of global change and innovation. Empowered, they can be key agents for development and peace. If, however, they are left on society's margins, all of us will be impoverished. Let us ensure that all young people have every opportunity to participate fully in the lives of their societies." Kofi Annan

Anak muda harus di garis depan perubahan global dan inovasi. Diberdayakan, mereka bisa menjadi agen utama bagi pembangunan dan perdamaian. Jika mereka yang tersisa pada mar-gin masyarakat, kita semua akan miskin. Mari kita pastikan bahwa semua anak muda memiliki setiap kesempatan untuk berpartisipasi penuh dalam kehidupan masyarakat.

Tahapan Xpresi

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 3InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 4: INFOBCA edisi 210, 2011

D a f t a r I s i

6 Tahapan Xpresi Tabungan “Gaya”

Bagi Generasi Muda Yang Ekspresif

Memperkokoh

positioning-nya sebagai Relationship Banking, BCA terus berupaya mengembangkan jangkauan layanan perbankannya ke seluruh lapisan masyarakat. Kini BCA mempersembahkan TAHAPAN XPRESI. Produk tabungan dengan keragaman fitur yang luar biasa ini ditujukan bagi seluruh generasi muda Indonesia, khususnya bagi mereka yang menginginkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan pengelolaan keuangan, dan tetap tampil gaya!

12 Mempersiapkan Nasabah BCA Generasi Baru

14 Forum Diskusi Terbuka Karyawan BCA15 BCA Masuk 10 Besar LTO

IDOL Peduli Pajak 201116 Pembekalan Service

Ambassador 2011 Tahap II Champion Never Quit

18. Security Awareness Day 2011 “Bermain” Sembari Memupuk

Kewaspadaan20 BCA Kucurkan Kredit

Sindikasi Kepada Charoen Pokphand

15

6

InfoBCA No. 210 n Tahun 2011

21 Guaranteed Euro Kiriman Euro Bebas Potongan

22 BCA Raih Alpha Southeast Asia’s Institutional Investor Corporate Awards 2011

23 Kunjungan Mahasisiwa President University ke BCA

24 Perayaan Hari Pelanggan Nasional di BCA

26 Dua Penghargaan Bergengsi bagi BCA Pada Malam Anugerah Indonesia Property & Bank Award 2011

28 Lustrum XIII Fakultas Pertanian UGM Yogyakarta

InfoBCA n No. 210 n Tahun 20114 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 5: INFOBCA edisi 210, 2011

26

40

22

23 62

29 Coaching The Winner 2011 “ACE for Excellence” Jakarta, 26 – 29 Juli 2011

32 Pertemuan SQM SMART KP dan Kanwil 2011 The Power of SMART SOLUTION

34 Gathering Komunitas Pengusaha Plastik Surakarta

35 Butuh Cash Selagi Belanja? Manfaatkan Tunai BCA

36 World On Sale, ITHF 201138 Expo Rumah Mewah dan

Apartemen 2011 Malang39 BCA Raih Penghargaan Digital

Marketing Award 2011 Bank

Paling Nge-trend di Dunia Digital

40 Investor Summit and Capital Market Expo 2011 BCA Paparkan Hasil Kinerja Positif Semester I 2011

42 ICSA Award 2011 BCA Raih Tiga Penghargaan

Bergengsi44 Serah Terima Jabatan Kakanwil II dan XI45 Info Investasi 46 Daycare Fun Education With

BCA50 Foto Peristiwa

60 BCA Virtual Account62 Berburu Koteklema66 Yuk Bersepeda….68 Sehat dan Bahagia70 Wisata Air Terjun72 Resensi74 Quiz InfoBCA 210.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 5InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 6: INFOBCA edisi 210, 2011

Tabungan “Gaya” Bagi Generasi Muda Yang Ekspresif

Melalui program Gebyar BCA, BCA menjalin komunikasi dengan masyarakat Indonesia baik yang sudah menjadi

nasabah maupun yang belum. Sebagai kegiatan public relations yang bersifat edutainment, Gebyar BCA menayangkan berbagai informasi mengenai produk-produk dan fasilitas perbankan terbaru, dan bagaimana cara memanfaatkannya, untuk diketahui masyarakat luas. Gebyar BCA disiarkan langsung setiap dua minggu sekali pada hari Sabtu, pukul 21:00 - 22:00 WIB.

Acara Gebyar BCA dikemas secara

BCA selalu berusaha berinteraksi dengan nasabahnya melalui berbagai cara. Salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan BCA

adalah melalui acara Gebyar BCA. Sehubungan dengan produk Tahapan teranyar yang sengaja diusung bagi kawula muda, BCA

secara resmi meluncurkan Tahapan Xpresi pada acara Gebyar BCA yang digelar 8 Oktober 2011 di Balai Sarbini Jakarta.

I n f o U t a m aI n f o U t a m a

InfoBCA n No. 210 n Tahun 20116 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 7: INFOBCA edisi 210, 2011

apik dan menarik, dengan menghadirkan bintang-bintang dunia hiburan dari dalam atau luar negeri, dan diselingi komedi juga kuis interaktif yang berhadiah jutaan rupiah. Gebyar BCA merupakan acara variety show yang pertama yang disponsori secara eksklusif oleh bank dan salah satu acara yang bertahan paling lama.

Secara resmi launching peluncuran Tahapan Xpresi dikemas melalui aksi magic yang disajikan oleh Demian yang merupakan seorang illusionist ternama di Indonesia. Dalam aksinya, Demian

menggabungkan permainan magic dengan teknologi digital pada sebuah layar besar, di mana kartu Tahapan Xpresi dirancang sedemikian rupa hingga menjadi sebuah kartu nyata.

Tak hanya itu saja, acara ini dimeriahkan pula oleh berbagai penampilan bintang tamu, antara lain 7 Icon, Indah Dewi Pertiwi, XO-IX, Hitz, dan Abdul & Coffee Theory. Tampak para penonton yang hadir dari berbagai perguruan tinggi, yaitu Bunda Mulia, Trisakti, Perbanas, Prasetya Mulya dan Saint Peter; serta dari Kaskuser; Klix; dan Karyawan BCA ini sangat antusias dan meriah memenuhi ruangan Balai Sarbini.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 7InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 8: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o U t a m aI n f o U t a m a

(preprinted) dan Paspor Xpresi Foto (dengan photo). Lebih hebatnya lagi, seluruh nasabah dapat melakukan penggantian kartu setiap waktu dengan cara yang sangat mudah. Nasabah cukup datang ke seluruh Kantor Cabang BCA yang melayani penerbitan TAHAPAN XPRESI. Dengan biaya administrasi yang relative terjangkau, nasabah dapat terus berekpresi merubah kartu Paspor Xpresi maupun paspor Xpresi Foto-nya tanpa batas.

Suwignyo Budiman, Direktur BCA, dalam sebuah kesempatan menjelaskan bahwa TAHAPAN XPRESI menawarkan beragam keuntungan dan kenyamanan bertransaksi. Sebab, produk ini menekankan pada ekspresi anak muda yang penuh semangat, kreatif dan trendi. “Untuk itu, produk ini menghadirkan keunikan berupa tampilan kartu yang trendy dan ada tampilan foto di kartu dengan gambar gaya anak muda yang gaul. Ini sejalan dengan komitmen BCA untuk senantiasa memenuhi kebutuhan nasabah dan memberikan nilai tambah untuk setiap produk yang dimiliki,” imbuhnya.

Tabungan Unik & EkpresifDengan ragam karakteristik yang

dimiliki, TAHAPAN XPRESI dirancang untuk fokus menjaring nasabah muda dengan usia maksimal 25 tahun. Tak dapat dipungkiri bahwa generasi muda yang berada di bawah usia 25

tahun ini merupakan “kantung” potensial nasabah perbankan di masa mendatang. Oleh karenanya, mereka harus memperoleh kesempatan yang seluas-luasnya untuk memiliki tabungan yang sesuai dengan karakteristik

mereka.Selaras dengan itu, dalam kisaran

usia tersebut mereka juga telah membutuhkan media pengelolaan keuangan yang mampu mendukung dinamika aktivitas keseharian mereka. Peluncuran

TAHAPAN XPRESI merupakan wujud kepedulian BCA untuk senantiasa meningkatkan

produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya. TAHAPAN XPRESI hadir sebagai produk andalan untuk kaum muda yang berkepribadian dinamis dan penuh ekspresi.

TAHAPAN XPRESI adalah tabungan yang menawarkan konsep berbeda dengan menggunakan kartu berdesain gaya anak muda yang aktif, gaul, dan dinamis. Untuk saat ini, TAHAPAN XPRESI menampilkan dua jenis Kartu TAHAPAN XPRESI yaitu Paspor Xpresi

InfoBCA n No. 210 n Tahun 20118 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 9: INFOBCA edisi 210, 2011

Kemudahan dan Kenyamanan Bertransaksi

Guna menunjang aktivitas generasi muda yang sangat beragam dan dinamis, BCA memberikan limit tabungan kategori silver untuk TAHAPAN XPRESI. Terlebih dari itu, TAHAPAN XPRESI juga menawarkan berbagai keunggulan, kemudahan dan kenyamanan bertransaksi perbankan, termasuk di antaranya dari sisi efisiensi maupun kepraktisan.

TAHAPAN XPRESI merupakan bentuk tabungan yang sangat praktis dan efisien. Selain proses pembukaan rekening yang relatif sangat mudah, TAHAPAN XPRESI juga dirancang sebagai tabungan tanpa buku. Artinya seluruh transaksi dapat dilakukan dengan menggunkan media Kartu Paspor Xpresi yang dimiliki nasabah. Melalui kartu ini, generasi muda dapat melakukan transaksi melalui beragam electronic channel yang ada seperti KlikBCA, m-BCA dan SMS BCA, belanja dengan Debit BCA, tarik tunai di Merchant bertanda

Tunai BCA dan bertransaksi di ATM BCA, jaringan Prima dan Cirrus. Nasabah tidak perlu antri di Kantor Cabang untuk melakukan transaksi, dengan demikian waktu yang ada dapat digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Artinya, dengan memiliki TAHAPAN XPRESI, kualitas kehidupan nasabah akan lebih meningkat dalam arti sesungguhnya.

Mengenai faktor keamanan, TAHAPAN XPRESI tidak perlu diragukan lagi, karena PIN dipegang sendiri oleh nasabah. Praktis karena nasabah tidak perlu repot melakukan print/ cetak buku atau menerima rekening koran. Di samping itu, nasabah TAHAPAN XPRESI juga dapat menerima setoran pemindahan dari BCA atau dari bank lain melalui jaringan PRIMA maupun Cirrus.

TAHAPAN XPRESI mENAwARkAN bERAgAm kEuNTuNgAN dAN kENyAmANAN bERTRANSAkSI. SEbAb, PRoduk INI mENEkANkAN PAdA EkSPRESI ANAk mudA yANg PENuH SEmANgAT, kREATIf dAN TRENdI.

Suwignyo Budiman, Direktur BCA

Berbagai macam layanan yang bisa dilakukan dengan Tahapan Xpresi.

Kemudahan Membuka Rekening TAHAPAN XPRESI

Dalam proses pembukaan rekening TAHAPAN XPRESI, calon nasabah cukup datang ke cabang BCA terdekat mengisi form pembukaan rekening dan melengkapi dokumen persyaratan. Pencetakan foto diri di bagian depan

kartu ATM dapat dilakukan di 43 lokasi mesin anjungan foto. Jika calon nasabah datang ke cabang yang belum terdapat anjungan foto, nasabah tetap bisa memilih kartu Paspor Xpresi instan dengan 2 desain yang trendi. Setoran awal hanya Rp 75.000,- dan itu sudah termasuk biaya pembuatan kartu.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 9InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 10: INFOBCA edisi 210, 2011

Agenda Promo TAHAPAN XPRESIKarena target market dari Tahapan

Xpresi adalah para nasabah muda, maka BCA bekerja sama dengan media Kompas untuk menyelenggarakan kegiatan bertajuk Kompas Kampus Xpress2eXist yang akan dilaksanakan di 5 kota, yaitu Bandung, Yogyakarta, Medan, Surabaya, dan Jakarta.

Program yang berisi workshop bertema ke-wirausaha-an dan pagelaran musik ini diadakan di 5 perguruan tinggi di masing-masing kota secara beruntun antara lain di Institut Teknologi Bandung (ITB) tanggal 30 September & 1 Oktober 2011 dan kemudian Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta tanggal 20 & 21 Oktober 2011. Lalu diikuti oleh

Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, tanggal 27 & 28 Oktober 2011 serta di Universitas Surabaya (UBAYA) tanggal 10 & 11 November 2011. Acara pamungkasnya diadakan di Universitas Indonesia (UI), Depok, tanggal 24 & 25 November 2011.

Kompas Kampus Xpress2eXist tidak hanya menghadirkan musisi

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201110 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

I n f o U t a m aI n f o U t a m a

Page 11: INFOBCA edisi 210, 2011

TESTIMONI

Haryo Wicaksono,Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, semester 7 tingkat akhir, panitia LO Band-Band Kampus dan Beberapa Komunitas

Saya membuka rekening Tahapan Expresi ini memang sangat pas dan tepat sekali bagi kebutuhan dagang online saya. Karena, rekening klien saya kebanyakan menggunakan BCA, jadi saya harus membuka dan memiliki rekening BCA juga agar semakin memudahkan saya dalam berdagang online ini. Dengan adanya rekening Tahapan Expresi ini sangat membantu sekali bagi anak sekolah atau kuliah yang ingin mempunyai rekening BCA.

MonaKelas 1 SMA di SMA 22 Bandung

Acara ini sangat seru dan kreatif, ditambah lagi ada bazaar. Saya ingin memiliki rekening tabungan sendiri, khususnya BCA, untuk jaga-jaga masa depan, dan saya berminat dengan Tahapan Expresi, karena memang segmennya anak muda banget. Selama ini uang yang saya dapat dari uang saku maupun job dancer, saya simpan di Papa atau Mama. Ke depan, saya ingin uangnya ditabung di rekening BCA atas nama saya sendiri.

kenamaan, para pengunjung dapat juga menikmati aneka permainan dan kuis yang memperebutkan hadiah menarik. Bagi pengunjung yang gemar membaca, dihadirkan pula stand pameran buku. Kegiatan yang berlangsung di lima kota besar ini diharapkan akan menginspirasi lebih banyak anak muda Indonesia untuk berani unjuk gigi, khususnya menjadi seorang wirausaha muda. BCA melalui Tahapan Xpresi akan menjadi sarana yang

mendukung aktivitas anak muda terutama dalam menyediakan kemudahan layanan transaksi perbankan.

Selain itu para remaja dapat mengunjungi www.xpress2exist.com, log-in dengan akun Facebooknya & mengexpresikan diri pada dunia. Para remaja juga dapat menyaksikan video flashmob Tahapan Xpresi melalui www.facebook.com/bcaxpresi atau membuka youtube.com lalu search “BCA XPRESI”. Buka rekeningnya!

SEGERA BuKA

rekening TAHAPAN XPRESI !

Dengan adanya promo pembukaan

rekening TAHAPAN XPRESI (hingga

31 Desember 2011), maka apa-

bila nasabah membeli pulsa atau isi

ulang dari KlikBCA, m-BCA, SMS BCA

atau SMS top up senilai Rp100 ribu

(berlaku untuk semua provider), na-

sabah akan mendapatkan cashback

10% dengan maksimum cashback

per rekening Rp 20 ribu per bulan,

yang akan dikreditkan langsung ke

rekening di awal bulan berikutnya.

Selain itu, nasabah juga tidak perlu

membayar biaya pembuatan kartu

ataupun bayar biaya administrasi bu-

lanan, apabila pembukaan rekening

TAHAPAN XPRESI dilakukan selama

masa promosi.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 11InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 12: INFOBCA edisi 210, 2011

Belum lama berselang, BCA telah meluncurkan produk tabungan terbarunya, yaitu Tahapan Xpresi. Dapat dijelaskan, apa yang dimaksud dengan Tahapan Xpresi tersebut?

Sebagai latarbelakang, perlu diketahui bahwa dewasa ini nasabah BCA sebagian besar terdiri dari segmen masyarakat yang telah berusia mapan dan kebanyakan merupakan kelompok pengusaha, pedagang, professional dan lain sebagainya. Sementara itu, BCA tentunya perlu mempersiapkan generasi berikutnya sebagai nasabah BCA di masa mendatang.

Oleh karena itu, BCA menghadirkan produk tabungan Tahapan Xpresi sebagai upaya meningkatkan regenerasi nasabah BCA. Sehingga nasabah BCA dapat terus bertumbuh dari waktu ke waktu.

Mengapa menggunakan nama “Tahapan Xpresi”? Mohon didapat dijabarkan alasan dan latarbelakang pemikirannya.

Penggunaan nama Tahapan Xpresi tentu saja selaras dengan karakteristik segmen nasabah yang dibidik. Yaitu generasi muda yang memiliki kencenderungan untuk mengekspresikan diri maupun kelompoknya masing-masing. Dengan demikian, Tahapan Xpresi memiliki keterkaitan yang erat dengan semangat berekspresi mereka.

Wawancara Khusus Bersama Ina Suwandi

Mempersiapkan Nasabah BCA “Generasi Baru”

Mempersiapkan “generasi baru” adalah sebuah keharusan guna menjamin kelanggengan usaha maupun gerak langkah perusahaan. Terkait hal tersebut, belum lama ini BCA telah meluncurkan produk tabungan bertajuk Tahapan Xpresi sebagai salah satu media “pembibitan” generasi baru nasabah Tahapan BCA. Mengupas lebih lanjut mengenai Tahapan Xpresi, InfoBCA berkesempatan mewawancarai “Sang Arsitek”, Ina Suwandi, Kepala Divisi Pengembangan Dana dan Jasa. Berikut adalah petikan wawancaranya yang berlangsung hangat di lantai 18 Gedung Menara BCA (25/10)

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201112 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

I n f o U t a m aI n f o U t a m a

Page 13: INFOBCA edisi 210, 2011

Bagaimana kedudukan Tahapan Xpresi tersebut terhadap dua produk tabungan terdahulu, yaitu TAHAPAN BCA dan TAPRES?

Tahapan Xpresi tentunya hadir sebagai pengembangan lebih lanjut dari Tahapan BCA yang hingga saat ini masih menjadi produk andalan BCA. Keberadaan Tahapan Xpresi secara tidak langsung akan menjadi jembatan emas terciptanya calon-calon nasabah Tahapan BCA dan calon nasabah Tapres selanjutnya.

Hal-hal apa saja yang menjadi keistimewaan dan spesifikasi Tahapan Xpresi?

Sejatinya, banyak sekali keistimewaan yang dihadirkan oleh produk tabungan Tahapan Xpresi. Yang paling utama Kartu Paspor Xpresi Foto dapat dikatakan mewakili semangat generasi muda yang ekspresif. Dengan menjadi nasabah Tahapan Xpresi, mereka dapat menampilkan foto dalam Kartu Paspor-nya. Mereka juga dapat memilih berbagai disain kartu sesuai selera.

Selain itu, Tahapan Xpresi merupakan tabungan tanpa buku dan dengan menjadi nasabah Tahapan Xpresi, mereka dapat menikmati seluruh fasilitas bertransaksi perbankan melalui e-channel BCA, seperti klikBCA (internet banking), m-BCA (mobile banking), ATM, CDM, Non Tunai dan lain sebagainya.

Ragam keunggulan tersebut tentu saja diselaraskan dengan karakteristik generasi muda sekarang yang dalam aktivitas keseharian tidak terlepas dari teknologi dan gadget yang menyertainya. Dengan demikian, mereka dapat melakukan berbagai transaksi tanpa harus datang ke ke kantor cabang. Hal ini akan membuat transaksi mereka lebih mudah, meski tetap terjamin keamanan, kenyamanan dan kehandalannya.

Siapa yang menjadi target pasar dari Tahapan Xpresi ini? Mengapa target pasar ini yang menjadi sasaran BCA?

Yang menjadi target Tahapan Xpresi terutama adalah para pemuda berusia

maksimal 25 tahun mereka sudah membutuhkan media pengelolaan keuangan mereka.

Mereka saat ini mungkin saja masih berada di bangku SMA maupun Universitas / kuliah. Namun yang pasti, mereka adalah generasi yang akan meneruskan bisnis atau pun usaha yang saat ini mengerakkan roda perekonomian Indonesia.

Tidak menutup kemungkinan, bahwa mereka yang berusia di bawah 12 tahun, maupun yang berusia antara 12-17 tahun untuk memiliki Tahapan Expresi. Hanya saja mereka harus memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku sesuai kelompok umur mereka.

Dengan merangkul para generasi muda sebagai nasabah BCA melalui Tahapan Xpresi, maka suatu saat nanti mereka pun diharapkan akan “berevolusi” menjadi nasabah Tahapan BCA.

Melalui proses regenerasi ini, maka sejatinya BCA telah menggembangkan sayapnya, terutama dalam merangkul nasabah dari berbagai segmen. Dengan merangkul segmen generasi muda yang dahulu belum mendapatkan perhatian khusus, maka ini berarti BCA tengah berupaya memperkuat relationshipnya dengan segmen nasabah tersebut. Sehingga, hal ini tentu saja selaras dengan tema BCA, yaitu enhanced relationship and quality growth.

Kedepannya, target-target apa saja yang hendak dicapai melalui kehadiran Tahapan Xpresi ini?

Sebagai target jangka pendek, hingga triwulan pertama tahun 2012 mendatang, BCA berupaya untuk dapat menjaring nasabah Tahapan Xpresi hingga 100.000 nasabah. Sekiranya, dengan semangat optimis yang didampingi kerja keras dari berbagai pihak terkait, target ini diharapkan dapat tercapai dengan baik.

Untuk DPK sendiri, BCA tidak memasang target tersendiri dari Tahapan Xpresi ini. Demikian terhadap fee base income maupun hal-hal lainnya.

Hal utama yang hendak kami

tekankan disini adalah agar nasabah Tahapan Xpresi dapat lebih mengenal dan sekaligus terbiasa menggunakan e-channel sebagai salah satu sarana transaksi perbankan mereka.

Menunjang hal tersebut program-program penunjang apa saja yang dilakukan oleh manajemen BCA guna mendongkrak kesuksesan dari produk Tahapan Xpresi ini?

Sesuai dengan karakteristik calon nasabah yang hendak dibidik, maka kami mensosialisasikan produk Tahapan Xpresi ini melalui dunia digital yang tentunya diakrabi oleh mereka. Kami mempromosikannya melalui berbagai jejaring sosial, seperti facebook, twitter dan lain sebagainya.

Selaras, bekerjasama dengan Kompas, kami pun melakukan sosialisasi dalam kegiatan bertajuk Kompas Kampus yang diselenggarakan di beberapa Universitas. Dalam kegiatan tersebut, BCA menggelar kegiatan sosialisasi dalam tema Xpress2eXist yang melibatkan berbagai program menarik.

Selain itu, kami juga telah melakukan sosialisasi kepada berbagai kantor cabang agar dapat mendukung kesuksesan peluncuran Tahapan Xpresi ini. Tak dapat dipungkiri bahwa Kantor Cabang merupakan elemen penting yang turut menentukan kesuksesan Tahapan Xpresi, baik saat ini maupun di masa-masa mendatang.

BCA menghadirkan produk tabungan Tahapan Xpresi

sebagai upaya meningkat-kan regenerasi nasabah BCA. Sehingga nasabah

BCA dapat terus bertumbuh dari waktu ke waktu

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 13InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 14: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

Diskusi ini mengangkat dua tema yang dibagi dalam dua sesi. Tema pertama yaitu Konsep Program Kesejahteraan Bagi Pensiunan

Karyawan/Karyawati BCA. Sedangkan tema kedua mengambil judul Program Konversi Bonus dalam Bentuk Bonus Saham yang terkait Konsep Employees Stock Ownership Program.

Dalam kata sambutannya ketua umum SP BCA Bersatu, Ronald. E. Pattiasina, mengatakan, “Forum diskusi ini merupakan momentum yang baik dalam mengembangkan interaksi diantara karyawan BCA. Oleh karenanya acara diskusi disatukan dengan silahturahmi halal bihalal bagi karyawan BCA, khususnya para peserta yang terdiri dari berbagai utusan karyawan dari berbagai divisi, KCU BCA sejabodetabek

Forum Diskusi Terbuka Karyawan BCABeberapa waktu yang lalu diselenggarakan acara diskusi panel yang digagas oleh SP Bersatu BCA. Acara yang dipadukan dengan halal bihalal ini berlangsung di ruang Breakout Area Lt. 22, Menara BCA (22/9).

beserta seluruh utusan karyawan dari berbagai daerah.”

Sesi PertamaDalam sesi pertama, tampil sebagai

pembicara adalah Dr Riki J. Woworuntu dan Dr Jeni Wihartini (keduanya mewakili dari PT Askes), serta Agus Santoso (Ketua Umum Ikatan Pegawai Bank Indonesia).

Pada sesi pertama ini dipaparkan bahwa untuk menunjang kesejahteraan karyawan, PT Askes telah membentuk anak perusahaan yang bernama In Health yang menawarkan program asuransi kesehatan kepada karyawan perusahaan maupun pensiunannya. Selain itu dijelaskan pula syarat-syarat yang harus dipenuhi jika ingin bergabung dengan In Health.

Salah satu contoh persyaratan yang harus dipenuhi adalah terbentuknya kumpulan atau grup, hal ini sangat penting karena berhubungan dengan proses sosialisasi informasi tentang produk asuransi termasuk benefitnya.

Dijelaskan juga oleh pembicara, bahwa mulai tahun 2014 mendatang pemerintah akan mencanangkan jaminan asuransi kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya seluruh Warga Negara Indonesia akan mempunyai jaminan kesehatan

walaupun sifatnya masih berupa basic benefit.

Tidak itu saja, dalam kesepatan ini pula Ketua Umum Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) Agus Santoso, turut memberikan sharing tentang pengelolaan asuransi bagi pensiunan di lingkungan Bank Indonesia.

Sesi KeduaUntuk sesi kedua, hadir sebagai

pembicara adalah Anis Baridwan ( KaBiro PKP-SR BAPEPAM-LK). Ia menerangkan berbagai hal yang berkaitan dengan ESOP (employee stock ownership program atau program kepemilikan saham oleh karyawan).

Definisi ESOP adalah suatu program yang memungkinkan karyawan untuk memiliki saham perusahaan tempat mereka bekerja dalam rangka pemberian kompensasi kepada karyawan. Selain itu juga dijelaskan mengenai tujuan, pelaksanaan, peraturan, pembiayaan ESOP. Tidak itu saja, Anis Baridwan juga memaparkan program ESOP yang dilakukan selama ini, keterbukaan informasi ESOP yang dilakukan, serta pembatasan ESOP. Lebih lanjut, Anis Baridwan juga memberikan contoh beberapa perusahaan dan BUMN yang telah melakukan ESOP.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201114 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 15: INFOBCA edisi 210, 2011

Kategori B terdiri dari 10 finalis perwakilan wajib pajak yang salah satunya adalah BCA.

Kendati belum memetik juara, Indi Yuni Hapsari yang maju sebagai perwakilan dari BCA, menyatakan kepuasannya dalam mengikuti ajang kompetisi ini. “Paling tidak BCA bisa menunjukkan kelasnya terhadap perusahaan-perusahaan lain dalam lomba olah vokal, bahwa tak sekedar jago kandang saja, namun juga bisa menembus hingga ke level finalis,” ujarnya.

Indi berharap, “Semoga dengan diselenggarakannya ajang kompetisi

seperti ini, bisa semakin mempererat hubungan BCA terhadap kantor pajak. Selain itu, juga menjalin hubungan baik maupun link terhadap perusahaan-perusahaan yang turut serta dalam acara ini. Sehingga, mampu menumbuhkan relationship yang lebih baik lagi ke depannya.”

Terdapat tiga pesan penting yang disampaikan dalam acara ini. Pertama, penerimaan negara masih sangat tergantung pada kepedulian wajib pajak

Even yang bertajuk LTO IDOL ini merupakan sebuah bentuk terobosan baru untuk menjalin hubungan yang lebih baik

antara petugas pajak dan wajib pajak korporasi yang terdaftar, dengan cara yang lebih komunikatif. Selain itu pula, acara ini diselenggarakan sebagai sarana mengenalkan kepada masyarakat, bahwa dibalik balutan seragam dan kesibukan pekerjaan para pegawai pajak dan wajib pajak, banyak kaum mudanya yang memiliki bakat/ talenta terpendam yang luar biasa dalam uji olah vokal, dan tampil lebih energik.

LTO IDOL Peduli Pajak 2011 yang baru kali pertama diselenggarakan ini diikuti oleh sekitar 35 perwakilan wajib pajak KPP LTO 1 dan 10 pegawai KPP dilingkungan Kanwil DJP WP Besar. Pada Final yang berlangsung tanggal 21 September 2011 di Aula Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Kantor KPP WP Besar Satu di Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat ini, terbagi dalam dua kategori, yaitu Kategori A terdiri dari 5 finalis petugas pajak dan

dan masyarakat luas pada umumnya dalam menyetor dan melaporkan kewajiban perpajakannya. Kedua, reformasi birokrasi dalam perjalanannya masih banyak menemui kendala dan tantangan yang berat, khususnya bagi SDM Ditjen Pajak. Karena, sampai saat ini masih ada masyarakat yang menilai pajak identik dengan korupsi, birokrasi yang berbelit, dan SDM yang kurang bersahabat. Kesemuanya adalah stigma yang harus dihapus dengan menonjolkan SDM Ditjen Pajak yang ramah, gaul

namun tetap memiliki integritas dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Dan Ketiga, LTO IDOL PEDULI PAJAK 2011 adalah ajang kompetisi kreatif yang menyandingkan partisipasi wajib pajak dari kalangan korporasi dan SDM di lingkungan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar.

Acara ini turut dimeriahkan pula oleh Bintang Tamu KOTAK Band dan FUNKY PAPUA (Bintang Indonesia Mencari Bakat), serta mengetengahkan para dewan juri senior dan ternama dibidangnya, seperti Bens Leo, Harry Sabar dan Ati Ganda.

BCA Masuk 10 BesarLTO IDOL Peduli Pajak 2011Dalam upaya mempererat hubungan antara petugas pajak dan Wajib Pajak, Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu mengadakan acara LTO IDOL Peduli Pajak 2011. Pada gelaran tersebut, BCA berhasil membukukan namanya sebagai 10 besar finalis, setelah sebelumnya bersaing ketat dalam babak penyisihan.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 15InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 16: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

Pembekalan Service Ambassador 2011 Tahap II berlangsung secara maraton di Hotel Aryaduta Karawaci - Tangerang, mulai dari

tanggal 15 hingga 16 September 2011. Kegiatan ini dihadiri oleh para Service Ambassador BCA 2011 yang terdiri dari para Kabag dan Frontliner pemenang kategori tim layanan dalam ajang BCA Award 2010 lalu. Diusung oleh Aspek Budaya Layanan Perusahaan, kegiatan ini dipandu oleh Power Character yang sebelumnya telah mendukung beberapa kegiatan terkait, seperti Karantina Service

Champion Never Quit

Tayangan video pembuka kegiatan Pembekalan Service Ambassador 2011 Tahap II dapat dikatakan sebagai intisari pembekalan yang sesungguhnya. Dalam tayangan tersebut tergambar jelas bahwa untuk tetap tampil sebagai “pemenang sejati”, langkah utama yang harus dilakukan adalah menjadi “mercusuar” kemenangan bagi semua pihak yang berada di sekelilingnya. Hal ini harus terus dilakukan, karena “champion never quit”, terutama dalam menciptakan pemenang-pemenang baru dalam arti sesungguhnya.

Pembekalan Service Ambassador 2011 Tahap II

Foto bersama para peserta Pembekalan Service Ambassador 2011 dengan Jakoep Ezra, founder Power Character

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201116 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 17: INFOBCA edisi 210, 2011

Ambassador 2011 dan juga Pembekalan Service Ambassador 2011 Tahap I.

Sebagaimana kegiatan-kegiatan sebelumnya yang digawangi Power Character, kali ini paparan pembekalan disampaikan pula oleh Jakoep Ezra, selaku founder Power Character. Dalam kesempatan tersebut, para peserta menyimak beberapa materi penting yang sangat berguna dalam masa-masa akhir maupun paska penugasan mereka sebagai Service Ambassador. Materi-materi tersebut antara lain Self Management Skill, Transformation Skill, Adversity Quotient Skill, Appreciation Skill, Competency Management Skill, Conflict Management Skill, Creative Thinking Skill, Persuasion Skill, dan juga Relationship Skill.

Mengambil contoh para “living legend” yang terus berkarya meski telah melewati masa-masa keemasannya, Jakoep menggarisbawahi bahwa para Service Ambassador pun harus melakukan hal serupa. “Hal ini sangat penting untuk

dicamkan, karena Anda menjadi juara bukan hanya dalam kurun waktu ini saja. Semenjak Anda dinobatkan sebagai Service Ambassador, maka Anda sejatinya telah menjadi seorang “juara seumur hidup,” demikian tegas Jakoep di hadapan seluruh peserta.

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menjadi “The Real Champion” adalah hadirnya semangat dan tekad yang tulus untuk membantu terciptanya juara-juara baru, baik dalam lingkungan kerja, keluarga maupun kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, Jakoep memberi penekanan mengenai sikap untuk membantu orang lain sebagai faktor penting yang patut diperhatikan. “Dengan membantu orang lain untuk lebih berprestasi, maka sesungguhnya kita, secara tidak langsung, telah meningkatkan prestasi kita sendiri,” demikian ungkap Jakoep.

Selaras dengan hal tersebut, Jakoep juga mengupas beberapa hal seputar kesiapan dalam menghadapi cobaan dan

tantangan. “Setelah melepas predikat sebagai Service Champion, tentu akan banyak cobaan dan tantangan yang akan dihadapi. Untuk itu kita perlu menghadapinya dengan bijak dan tepat. Karena sekali lagi, champion never quit. Dan perlu diingat bahwa segala sesuatu ditentukan oleh keputusan kita sendiri,” demikian tegasnya.

Dalam menyampaikan paparan, Jakoep Ezra secara cerdas menyelinginya dengan ragam permainan yang sangat menarik. Tidak hanya itu, rangkaian permainan tersebut memiliki filosofi yang cukup mendalam selaras dengan setiap pokok bahasan yang disampaikan. Simulasi permainan tersebut secara nyata mampu membangkitkan pemahaman, pemikiran dan semangat positif di antara para peserta. Hal ini tampak jelas dari antusiasme dan keseriusan peserta dalam melakoninya.

Melalui kegiatan Pembekalan Service Ambassador 2011 Tahap II ini, para Service Ambassador diharapkan untuk senantiasa mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas kinerja BCA, khususnya dalam bidang layanan. Peranan mereka, baik sebagai Service Ambassador maupun bagian dari SMART Champion, tentunya sangat dinantikan dalam menumbuhkembangkan para “Jawara Layanan” generasi berikutnya. Karena bagaimana pun juga, Champion Never Quit !

Sukses Service Ambassador !

Berbagai kegiatan yang dilakukan para peserta Pembekalan Service Ambassador 2011 dengan dipandu Jakoep Ezra

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 17InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 18: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

Selama dua hari berturut-turut, yaitu dari tanggal 26 hingga 27 September 2011, Lobby Menara BCA berubah penampilan. Pada sisi kiri

dan kanan terdapat beberapa booth yang sarat dengan pesan dan ragam permainan bertemakan isu pengamanan. Pada kedua hari itu, BCA tengah menggelar kegiatan Security Awareness Day. Kegiatan ini diusung oleh Satuan Kerja Enterprise Security untuk menyegarkan kembali kesadaran keluarga besar BCA terhadap masalah pengamanan, khususnya pengamanan informasi.

Sejatinya kegiatan ini merupakan “generasi penerus” dari ragam kegiatan serupa yang telah dilakukan secara rutin pada tahun-tahun sebelumnya. Sebagai pengingat, program security awareness ini telah diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti penerbitan post it dan mouse pad

Security Awareness Day 2011

“Bermain” Sembari Memupuk KewaspadaanAspek keamanan, atau yang populer disebut “security issue”, tidak melulu harus ditanggapi dengan dahi berkenyit. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mensosialisasikannya. Salah satunya dengan “bermain”. Dan inilah yang menjadi gambaran besar dari agenda Security Awareness Day 2011 yang digagas oleh Satuan Kerja Enterprise Security. Melalui aneka pesan dan permainan inovatif, kesadaran terhadap ragam masalah keamanan, terus dipacu menuju tataran yang lebih tinggi.

dengan ragam pesan security awareness, lomba penulisan script video tentang security awareness dan pembuatan video security awareness.

Adapun tujuan utama yang hendak dicapai melalui pelaksanaan agenda ini adalah menimbulkan kepedulian seluruh personil BCA terhadap Pengamanan Informasi, sehingga seluruh personil BCA dapat lebih memahami isi dan makna Kebijakan Pengamanan Informasi yang pada akhirnya dapat mengamankan seluruh informasi BCA.

Menurut Jeffrey Sukardi, Kepala Satuan Kerja Enterprise Security, kepedulian terhadap aspek pengamanan informasi harus terus didengungkan dan diperhatikan oleh seluruh keluarga besar BCA. Hal ini sangat penting, sebab dalam bisnis perbankan, aspek pengamanan

sangat menentukan kepercayaan nasabah dalam bertransaksi.

“Untuk menjaga keamanan informasi, BCA sudah menerbitkan Kebijakan Pengamanan Informasi yang saat ini tengah diimplementasikan di seluruh jajaran BCA,” tutur Jeffrey. “Implementasi Kebijakan Pengamanan Informasi ini tentunya harus ditunjang dengan kepedulian / awareness dari seluruh manajemen dan staf terhadap Pengamanan Informasi.”

Jeffrey menambahkan bahwa sosialisasi isu pengamanan informasi tidak melulu harus disampaikan melalui kegiatan formal di dalam kelas. “Kami ingin meningkatkan security awareness sembari bermain. Saya kira metode ini cukup efektif dalam menanamkan kepedulian terhadap aspek pengamanan.

Lobby Menara BCA berubah penampilan, terdapat beberapa booth yang sarat dengan pesan dan ragam permainan bertemakan isu keamanan di sisi kanan dan kiri ruangan.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201118 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 19: INFOBCA edisi 210, 2011

Terutama yang terkait dengan lingkungan kerja dan keseharian karyawan,” tegasnya disela-sela pelaksanaan Security Awareness Day di Kantor Pusat.

Sejatinya Security Awareness Day yang berlangsung di Kantor Pusat, Menara BCA ini merupakan bagian dari kampanye nasional mengenai Security Awareness Day. Kampanye ini berlangsung serentak di Kantor Wilayah dan seluruh KCU BCA disepanjang bulan September 2011. Aktifitas untuk menimbulkan awareness dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan / ilmu pengamanan informasi melalui mini conference, pemutaran film yang berhubungan dengan pengamanan informasi, dan permainan / games pengamanan informasi. Berikutnya, Satuan

Kerja Enterprise Security akan menerbitkan panduan singkat dan flyer pengamanan informasi yang akan dibagikan ke seluruh karyawan BCA secara bertahap.

Khusus di Kantor Pusat, melalui pelaksanaan Security Awareness Day, seluruh karyawan BCA yang bekerja di Kantor Pusat diharapkan dapat mengetahui dan mempelajari beberapa hal penting seputar pengamanan infomasi, seperti : kejadian-kejadian security incident di dunia, sarana dan peralatan pengamanan informasi yang saat ini digunakan di BCA, terlibat dalam Security Games, melihat film pengamanan informasi, dan menambah pengetauan yang berhubungan dengan pengamanan informasi melalui mini conference yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 2011.

Di tingkat Kanwil dan KCU agenda Security Awareness Day dikoordinasi oleh para Security Administrator. Menurut Jeffrey, para Security Administrator diberikan kebebasan penuh untuk menentukan metode ataupun acara yang hendak diusung. “Disini, kreativitas mereka ditantang dalam menyosialisasikan kepedulian terhadap isu pengamanan informasi,” imbuh Jeffrey menutup perbincangan.

Masih terkait dengan agenda Security Awareness Day, Satuan Kerja Enterprise Security (SKES) menggelar Mini Conference

(30/9). Kegiatan yang berlangsung di Ruang Nusantara dan Ruang Papua, Lantai 12 Menara BCA ini menyuguhkan dua topik bahasan yang disajikan secara paralel dimana masing-masing topik dilaksanakan dalam tiga sesi berdurasi satu jam. Ada pun dua topik yang dibahas bertajuk “Information Security” dan “Are You To Blame For Data Leaks?”

Memupuk Awareness Melalui Mini Conference

Ruang Nusantara dengan kapasitas sekitar 30 orang digunakan untuk menjelaskan tema Information Security dengan pembicara Ariesto Kosasih dan Harry Adinanta. Menurut Ariesto, materi yang diberikan sebenarnya hanya untuk mengingatkan kembali tentang berbagai hal yang harus dilakukan dalam pengamanan informasi. Misalnya penanganan password yang benar, gunakan komputer sesuai ketentuan, penggunaan email untuk kepentingan BCA, serta menjelajahi internet dengan aman. “Rata-rata peserta sudah mengetahui hal-hal semacam ini” imbuh Ariesto.

Sedangkan ruang Papua yang berkapasitas 20 orang secara paralel memaparkan tema “Are You To Blame For Data Leaks?” dengan pembicara Charles Winata. Senada dengan Ariesto, Charles

juga memberikan awareness dalam menggunakan unauthorized application use, media jejaring sosial, email, Blackberry serta USB thumb drives.

Sepanjang guliran Mini Conference, para peserta terlihat antusias dengan pemaparan materi yang disajikan. Sebagai apresiasi, pada setiap akhir sesi diundi door prize berupa sebuah home theater dan sebuah iPod nano.

Menurut Jeffrey Sukardi, Kepala Satuan Kerja Enterprise Security, tujuan diadakannya Mini Conference adalah untuk menyampaikan pesan kepada segenap karyawan BCA tentang peningkatan kesadaran akan suatu pengamanan informasi. “Respon dari karyawan pun sangat baik,” jelas Jeffrey. Terbukti total jumlah peserta yang mengikuti Mini Conference ada 162 orang. “Karena ini penyelenggaraan yang pertama, tentunya menjadi ukuran seberapa besar animo para karyawan terhadap Mini Conference, dan ternyata responnya sangat baik.” ungkap Jeffrey.

Pengunjung nampak antusias ikut serta dalam permainan yang dipamerkan

Jeffrey Sukardi (atas), Ariesto Kosasih (bawah)

Para peserta nampak serius menyimak

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 19InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 20: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

Dalam pengucuran kredit sindikasi ini, BCA bersama dengan Citibank, Bank Mandiri dan DBS mengambil

peranan yang cukup penting, yaitu sebagai Mandated Lead Arrangers & Bookrunners. Prosesi penandatanganan berlangsung di Grand Hyaat pada tanggal 26 September 2011 silam. Dalam kesempatan tersebut, tampak hadir Dhalia M. Ariotedjo, Direktur BCA sebagai perwakilan BCA yang menandatangani perjanjian pemberian kredit tersebut.

Menjawab pertanyaan para wartawan beberapa saat setelah prosesi penandatanganan berlangsung, Dhalia secara singkat menyebutkan bahwa industri yang digeluti Charoen Pokphand merupakan salah satu industri yang memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Terlebih, Charoen Pokphand tercatat sebagai salah satu perusahaan poultry terbesar di Indonesia. Hal ini kemudian menjadi landasan pemberian kredit sindikasi yang diusung bersama 12 bank lainnya.

BCA Kucurkan Kredit SindikasiKepada Charoen PokphandSebagai wujud konsistensi dalam menjalankan fungsi intermediasi, bersama 12 bank lainnya, BCA mengucurkan kredit sindikasi kepada Charoen Pokphand senilai uS$ 250 juta.

Dalam sambutan pembukaannya, T. Thomas Effendy selaku Presiden Direktur Charoen Pokphand menyebutkan bahwa fasilitas pinjaman senilai setara US$ 250 juta ini adalah unsecured basis (tidak ada aset perusahaan yang dijaminkan), yang terdiri dari dua fasilitas, yaitu :a. Fasilitas pertama : amortizing term loan

facility senilai US$ 100 juta dalam mata uang gabungan Rupiah Indonesia dan

Dollar Amerika Serikat dengan jangka waktu pengembalian 5 tahun

b. Fasilitas kedua : revolving credit facility senilai US$ 150 juta dalam mata uang gabungan Rupiah Indonesia dan Dollar Amerika Serikat dengan jangka waktu pengembalian 3 tahun dan mempunyai 2 tahun opsi perpanjangan dengan diskresi dari kreditur.Lebih lanjut, Thomas Effendy

menerangkan bahwa hasil pinjaman ini akan digunakan untuk beberapa hal, yaitu membiayai kembali hutang dari pinjaman sindikasi tahun 2007, mendanai belanja modal dan kebutuhan modal kerja.

Charoen Pokphand optimis dalam mencapai tujuan-tujuan utamanya, yaitu meningkatkan pangsa pasar di setiap segmen produk (pakan ternak, anak ayam umur sehari, dan makanan olahan), meningkatkan dan melakukan diversifikasi pada segmen bisnis hilir, dan mempertahankan disiplin manajemen biaya.

Dhalia M. Ariotedjo, Direktur BCA sebagai perwakilan BCA secara simbolis menyerahkan pemberian kredit sindikasi kepada Charoen Pokphand

T. Thomas Effendy, Presiden Direktur Charoen Pokphand

Dalam pengucuran dana kredit sindikasi kali ini, BCA memegang peranan yang cukup penting sebagai Mandated Lead Arrangers & Bookrunners.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201120 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 21: INFOBCA edisi 210, 2011

Guaranteed Euro merupakan layanan terbaru produk Kiriman Uang Valas BCA, yang dikenal dengan layanan BCA Remittance.

Dengan Guaranteed Euro, nasabah bertambah untung karena kiriman uang dalam mata uang EURO ke seluruh dunia dijamin diterima full amount secara pasti.

Dengan biaya administrasi ringan, hanya sebesar EUR 30 dan biaya telex Rp 50.000 nasabah mendapatkan jaminan tidak ada pemotongan biaya sehingga kiriman uang tersebut diterima utuh oleh penerima. Dengan demikian, nasabah terhindar dari kerugian potongan biaya yang dapat muncul selama proses pengiriman uang.

GuArANTeeD eurOKiriman Euro Bebas Potonganuntuk menambah ragam layanan yang mempermudah dan memberikan kepastian bagi nasabah, BCA meluncurkan program Guaranteed Euro, yakni dengan memberikan jaminan kiriman uang valuta asing dalam mata uang Euro utuh sampai di tangan penerima tanpa kekuatiran adanya tambahan biaya susulan bagi pengirim.

Ketentuannya pun cukup mudah. Selain nama Penerima, Pengirim harus mencantumkan International Bank Account Number (IBAN) atau nomor rekening dan mencantumkan BIC Code (kode SWIFT) yang benar. BCA menjamin tidak ada pendebetan atau pemotongan di kemudian hari, berapa pun jumlah kiriman uang dan kemana pun negara tujuan pengiriman tersebut.

Selain dalam mata uang Euro, layanan BCA Remittance tersedia dalam 14 mata uang, yaitu Australian Dollar (AUD), Canadian Dollar (CAD), Swiss Franc (CHF), Danish Krone (DKK), Euro (EUR), Poundsterling (GBP), Hong Kong Dollar (HKD), Japanese Yen (JPY), Renminbi/Yuan (RMB), Saudi Arabian Riyal

(SAR), Swedish Krona (SEK), Singapore Dollar (SGD), New Zealland Dollar (NZD), and US Dollar (USD).

Nasabah bisa menikmati berbagai keuntungan, karena kurs dan biaya pengiriman valas dalam 14 mata uang tersebut bersaing. Berbagai kelebihan BCA Remittance di antaranya, waktu pengiriman valas yang cepat dan aman, serta fleksibel sehingga nasabah dapat meminta kiriman uang sampai pada hari yang sama (value today), atau kiriman uang diterima utuh tanpa potongan (Full Amount).

Sebelum meluncurkan produk Guaranteed Euro di pertengahan kuartal terakhir 2011 ini, BCA sukses menggelar produk China Today sejak tahun 2007, Yuan Remittance (2008), RMB Trade Settlement (2009), dan Outward Remittance melalui KlikBCA Bisnis (Mei 2011).

Kini bagi nasabah yang memiliki rekanan bisnis di luar negeri atau perlu mengirim biaya untuk sekolah putra/putri yang bersekolah di luar negeri dapat memanfaatkan layanan Guaranteed Euro dari BCA untuk mentransfer Euro ke berbagai negara dengan nyaman dan kepastian tanpa ada susulan biaya.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 21InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 22: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

BCA berhasil meraih penghargaan Alpha Southeast Asia's Institutional Investor Corporate Awards 2011. Acara yang diselenggarakan pada

tanggal 12 September 2011 oleh Southeast Asia Magazine ini berlangsung di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Dalam ajang penghargaan yang bertajuk 5th Annual Best Financial Institutions Awards 2011 ini, BCA berhasil meraih penghargaan pada kategori Most Consistent Dividend Policy.

Penghargaan diserahkan oleh CEO and Publisher Alpha Southeast Asia, Siddiq Bawarzala kepada Dhalia M. Ariotedjo,

BCA RaihAlpha Southeast Asia’sInstitutional Investor CorporateAwards 2011

Direktur BCA. Pada kategori Most Consistent Dividend Policy, BCA merupakan satu-satunya perbankan yang berhasil meraih penghargaan di kategori ini. Bagi BCA, penghargaan yang berhasil diraih tidak terlepas berkat kerja keras seluruh jajaran BCA untuk terus meningkatkan prestasi kinerja BCA di masa depan.

Southeast Asia Magazine merupakan majalah di bidang investasi dengan fokus bidang perbankan dan pasar modal, yang diterbitkan untuk perusahaan investasi, aset dan perusahaan pengelolaan dana di Hongkong, Singapura, wilayah Asia lainnya,

Amerika, Eropa serta Timur Tengah. Penghargaan Alpha Southeast

Asia's Institutional Investor Corporate Awards 2011 ini diberikan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Alpha Southeast Asia Magazine kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) di wilayah Asia. Responden yang dimintai pendapatnya antara lain para investor, dana pensiun, hedge funds, broker saham dan obligasi, serta para analis.

Siddiq Bawarzala menyerahkan penghargaan kepada Dhalia M. Ariotedjo, Direktur BCA.

Pada kategori Most Consistent Dividend Policy, BCA merupakan satu-satunya perbankan yang berhasil meraih penghargaan di kategori ini. Nampak Dhalia M. Ariotedjo didampingi Inge Setiawati, Corporate Secretary BCA, ketika diwawancarai salah satu televisi swasta ternama di Indonesia.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201122 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 23: INFOBCA edisi 210, 2011

Beberapa waktu lalu BCA mengundang mahasisiwa dari President University untuk berkunjung ke Wisma Asia, Jakarta.

Sebanyak 31 mahasiswa hadir dalam kunjungan tersebut. Para mahasiswa fakultas ekonomi yang hadir terdiri dari dua jurusan yaitu manajemen (banking and finance) dan akutansi.

Acara diawali dengan sambutan dari Riana, Asisten Manager Divisi Pembelajaran dan Pengembangan BCA dan dilanjutkan dengan pemutaran film tentang perkembangan BCA. Para mahasiswa terlihat antusias menyaksikan film yang menceritakan jatuh bangun BCA hingga seperti sekarang sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia.

Sesi selanjutnya Hendra Tanumihardja, Wakil Kepala Divisi Pembelajaran dan Pengembangan, menjelaskan berbagai hal tentang BCA. Dalam sesi ini pembicara beberapa kali melontarkan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh mahasiswa. Para mahasiswa berlomba untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, para mahasiswa terlihat asyik menyimak berbagai bahasan yang diberikan oleh pembicara.

Salah seorang dosen pembimbing yang turut dalam kunjungan ini, Irfan Habsjah, MBA, CMA, mengatakan, “kami sangat berterima kasih kepada BCA karena telah mengundang para mahasiswa President University, diharapkan para mahasiswa yang hadir terutama dari jurusan manajemen (banking and Finance) bisa mendapat gambaran tentang dunia perbankan” tutur Irfan.

Halo BCADalam sesi kedua para mahasiswa

disuguhi presentasi mengenai Halo BCA yang dipaparkan oleh Tjoeng Ie Sen. Ia merupakan salah seorang anggota ‘the winning team’ Halo BCA yang mengikuti ajang Contact Center World. Tim Halo BCA ini mempunyai prestasi yang cukup gemilang, karena dalam beberapa tahun terakhir berhasil meraih juara di tingkat nasional (Grand Champion 4 kali berturut-turut dalam ajang National Customer Service Championship) maupun internasional

Kunjungan Mahasiswa President University ke BCA

(juara di lima kategori dalam Contact Center World Asia Pacific). Sebuah prestasi yang membanggakan bagi BCA.

Ie Sen menerangkan beragam hal berkaitan dengan Halo BCA mulai dari layanan Halo BCA hingga cara berbicara seorang officer Halo BCA kepada nasabah. Semua itu dijabarkan secara jelas dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mahasiswa. Tidak itu saja, dalam memberikan penjelasannya Ie Sen menyelipkan beberapa guyonan segar, membuat suasana menjadi akrab.

Dalam sesi ini pula Tjoeng Ie Sen menghadirkan Voice of Halo BCA untuk menghibur para mahasiswa. Sebuah jingle Halo BCA dan lagu berjudul 'Panah Asmara' dibawakan oleh kelompok vokal dan disambut tepuk tangan meriah oleh para mahasiswa.

Setelah istirahat makan siang acara dilanjutkan dengan mengunjungi ‘markas’ dari Halo BCA. Di sini para mahasiswa melihat para punggawa Halo BCA menjawab

berbagai macam keluhan ataupun informasi tentang produk-produk BCA.

Bank Mini BCAPada kesempatan selanjutnya para

mahasiswa dibawa untuk mengunjungi bank mini BCA yang merupakan tempat untuk mencetak para teller yang andal. Para mahasiswa terlihat antusias ketika diberi kesempatan untuk menghitung secara cepat setumpuk uang secara manual. Karena para teller yang andal dapat menghitung setumpuk uang hanya dalam waktu kurang dari 20 detik. Di sini juga terdapat ruang simulasi yang menyerupai ruang bank sesungguhnya. Para teller di sini dicoba untuk melayani seorang nasabah.

Menurut seorang mahasiswi, Stefani Angelia, kunjungan ini dapat lebih membuka wawasannya tentang dunia perbankan. “Dan untuk BCA, terus maju dan meningkatkan layanan yang lebih baik lagi bagi para nasabah”pungkas Stefani.

Tjoeng Ie Sen memaparkan mengenai Halo BCA. Para mahasiswa ketika mengunjungi 'markas' Halo BCA.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 23InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 24: INFOBCA edisi 210, 2011

4 September. Melihat betapa pentingnya pelanggan dan layanan bagi sebuah perusahaan, maka diadakannya sebuah hari yang khusus

untuk memperingati keberadaan mereka. Momen untuk menunjukan bahwa mereka adalah investasi yang berharga. Saat yang tepat untuk merangkul dan menjadikan mereka partner pertumbuhan perusahaan. Perayaan Hari Pelanggan Nasional tahun 2011 adalah perayaaan untuk ke -9 kalinya sejak diresmikan oleh Mantan Presiden Megawati pada tanggal 4 September 2003. Gagasan hari khusus pelanggan atau yang secara singkatnya disebut Harpelnas atau HPN dicetuskan oleh Frontier Consulting Group dengan mengambil filosofi “The purpose of any business is to create customer” - Tujuan sebuah bisnis adalah pelanggan (Peter F Drucker).

Apakah arti pelanggan atau customer bagi sebuah perusahaan? Pelanggan adalah sebuah komunitas unik dengan berbagai karakteristik per individunya yang selalu menarik untuk dipelajari serta bersifat dinamis dan selalu menjadi alasan perusahaan untuk tetap berinovasi dalam layanan ataupun produk yang disajikan.

BCA sendiri menyadari kehadiran

Perayaan Hari Pelanggan Nasional di BCA

Harpelnas dan sudah merencanakan memorable moment yang dapat memberikan kesan mendalam bagi nasabah yang nantinya menyebarkan word of mouth yang positif dan berguna untuk membangun citra baik di mata nasabah. Tentunya hal ini terkait juga dengan tema tahun ini yang menekankan Enhanced Relationship and Quality Growth.

Untuk tahun ini, karena 4 September 2011 jatuh pada hari Minggu, maka cabang merayakan di tanggal-tanggal yang berbeda. Sebagai gambarannya, mari kita menyimak beberapa sharing perayaan HPN yang diselenggarakan berbagai cabang.

KCU Tebing TinggiDengan mengusung tema: CUSTOMER

SATISFACTION IS OUR PRIORITY - We care for your wealth & health entrust your financial needs to us, BCA Tebing Tinggi bekerja sama dengan AIA, KKB BCA, UBKK , Card Center, Asuransi ACA, Susu Kalsium Anlene dan XL mengadakan fun walk 2011 pada tanggal 11 September 2011. Sosialisasi kepada nasabah sudah terlebih dahulu dilakukan dan disambut meriah oleh nasabah di penjuru kota ini terbukti dengan laris manisnya pendaftaran dan 500 kaos merah yang

menjadi seragam acara itu habis terbagi. Syarat pendaftaran yang ditetapkan oleh panitia bagi nasabah yang ingin bergabung dalam fun walk: nasabah melakukan pendaftaran untuk satu produk atau fasilitas. Dari pendaftaran tersebut dihasilkan cross selling 12 Provisa Syariah, 2 Edusave, 1 Optishield, 3 deposan baru, 23 Tahapan baru, 1 card holder baru dan 420 pengguna e-channel masing-masing 156 m-BCA, 133 internet banking dan 131 sms BCA.

Fun Walk 2011 yang bertebaran hadiah ini dipergunakan sebagai ajang melakukan pendekatan relasi kepada nasabah dan juga apresiasi untuk nasabah dengan kategori khusus, seperti: nasabah yang berkontribusi penambahan solution index terbanyak dan nasabah senior yang sering bertransaksi di cabang.

KCU TanjungPriokCabang yang berlokasi di Jakarta Utara ini

merayakan HPN pada tanggal 9 September 2011 dan memilih tema: ‘Kami Ada Karena Anda dan Untuk Anda’.

Nuansa kebudayaan betawi yang kental diangkat untuk perayaan hari yang special untuk nasabah ini. Mulai dari penyambutan dengan baju adat betawi, pemilihan lagu, pertunjukan tarian, dan bertukar pantun yang dilakukan oleh frontliner membuat nasabah merasa lebih akrab dengan keberadaan BCA di kota Jakarta yang juga memiliki nama lawas, Betawi atau Batavia.

Nasabah yang bertransaksi hari itu baik di regular ataupun prioritas tidak luput dari pemberian souvenir. Selain itu, semua juga memiliki kesempatan menuliskan saran dan kritik pada lembar kertas yang sudah disediakan di beberapa spot di banking hall KCU TanjungPriok.

KCU PurwakartaSeiring dengan pembukaan pintu utama

KCU Purwakarta di pagi 9 September 2011, nasabah dikejutkan dengan sambutan dan pembagian pulpen ‘Kami bangga menjadi bagian hidup anda’ yang dilakukan para pejabat dan staff cabang yang berseragam kaos warna hijau muda saat nasabah memasuki banking hall.

Ada beberapa permainan yang sudah disiapkan oleh cabang untuk memeriahkan HPN kali ini, antara lain: permainan lempar gelang yang ada pada gambar ini. Nasabah

Searah jarum jam: Defile drumband di KCU Tebing Tinggi. Pembagian suvenir di KCU Purwakarta. Pelanggan diberi kesempatan menulis kritik atau saran di KCU Tanjung Priok. Memperkenalkan bank sejak dini kepada anak-anak SD kelas 5 di KCU Panakkukang.

I n f o Pe r i s t i w a

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201124 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 25: INFOBCA edisi 210, 2011

yang telah melakukan transaksi setor Rp. 5-10 juta akan mendapat 1 gelang dan akan mendapat gelang tambahan jika melakukan setoran kelipatan Rp. 10 juta. Pada kaleng yang dijadikan target pelemparan dilabeli produk dan fasilitas BCA sebagai media promosi dan edukasi kepada nasabah.

Selain itu ada pula games Cerdas Cermat produk BCA dan doorprize yang ditempel di bawah kursi nasabah, dan kunjungan ke domisili nasabah.

KCU PanakkukangJika banyak cabang saat HPN fokus pada

nasabah yang umumnya orang dewasa, KCU ini tampil beda. KCU Panakukkang mengajak anak-anak kelas 5 SD dan guru serta beberapa orang tua yang mendampingi untuk berpartisipasi dalam kegiatan ‘Mengenal Bank Sejak Dini’. Tanggal 9 September 2011, dengan lagu tema Bang Bing Bung Yok Kita Nabung, calon nasabah cilik ini belajar tentang apa saja yang disebut CSO, teller, ATM, Bizz dan Prioritas beserta produk-produk BCA. Selain itu, kunjungan ini dilengkapi dengan lomba mewarnai. Keceriaan anak-anak ini tentunya membuat nuansa yang menyenangkan baik bagi panitia dan peserta.

Bagi nasabah yang lebih dewasa, acaranya tentu berbeda, yaitu donor darah (bekerjasama dengan PMI) dan pemeriksaan tulang.

KCU TulungagungKekompakan cabang dalam menyambut

HPN ditunjukan juga dengan kekompakan jenis pakaian yang dikenakan. Disepakati untuk KCU ini, baju yang dikenakan adalah baju cowboy yang dicirikan dengan pola kain kotak-kotak dan dipasangkan dengan celana jeans plus atribut seperti topi dan boots.

Kreatifitas cabang dituangkan dalam pemilihan tema ‘Senyum Nasabah, Senyumku juga’, acara quiz di antrean nasabah, game seperti: tembak balon keberuntungan dan roda berhadiah.

Selain itu nasabah juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran dan keluhan untuk BCA.

KCU JambiBeda kota, beda pula kostum yang

dikenakan. Di Jambi, HPN dirayakan dengan mengangkat budaya lokal yaitu dengan menggunakan busana khas, dekorasi dan

gambar landscape Jambi.KCU ini melihat momen special ini sebagai

hari dimana cabang berkomitmen untuk melayani dengan lebih baik dan melatih pelaksanaan SMART Solution. Mengasah kepekaan terhadap kebutuhan nasabah dan lebih tepat sasaran dalam memberikan solusi.

Banyak hadiah yang diberikan kepada nasabah di hari HPN kali ini. Mulai dari hadiah untuk 10 nasabah pertama yang bertransaksi, balon untuk anak-anak, kejutan doorprize dengan tempelan di bawah kursi antrian, sampai berbagai hadiah permainan puzzle yang berupa potongan gambar solusi: KlikBCA, m-BCA, Deposito, BCA Card, dan lain-lain. Edukasi terhadap produk-produk ini ternyata membuat nasabah tertarik untuk mendaftarkan diri menggunakan produk dan fasilitas BCA yang diperkenalkan dalam permainan itu.

Bagi nasabah yang tidak sempat bermain puzzle, nasabah diberikan souvenir berupa pulpen. Pada saat bersamaan, nasabah juga diminta mengisi kuesioner masukan untuk kemajuan layanan yang sudah disiapkan oleh cabang.

Selain di area regular, kemeriahan juga dirasakan di area BCA Bizz dan BCA Prioritas.

KCU KediriKamis, 8 September 2011 adalah hari

yang dipilih KCU Kediri untuk merayakan HPN dengan tema: Ceria bersama nasabah BCA.

Perayaan di Kediri menekankan kepada interaksi dengan nasabah dalam perbincangan nasabah seputar pengalaman menjadi nasabah BCA, games seperti amplop keberuntungan (jika beruntung mendapatkan souvenir tertentu

yang tertulis dalam amplop), lempar gelang, hadiah bagi nasabah yang menempatkan deposito nominal 10 juta, pembagian hadiah untuk para nasabah yang sedang mengantri.

Cabang menyediakan pemain keyboard dan MC yang ikut memeriahkan suasana banking hall dimana nasabah dapat ikut bernyanyi. Dengan demikian, semakin keceriaan perayaan HPN di cabang KCU Kediri.

KCP BangilTema yang berbeda diangkat KCP Bangil,

Jawa Timur: Untukmu Nasabahku.Bertepatan dengan hari raya ketupat,

cabang Bangil yang bersepakat mengenakan dress code baju putih dan celana jeans menghias madding dengan hiasan tekait dengan perayaan hari ke 7 di bulan Syawal ini.

Permainan quiz terkait dengan produk dan layanan BCA dikemas dalam sedotan kecil yang diselipkan di dalam ketupat-ketupat kecil. Untuk setiap jawaban yang benar, nasabah diberikan hadiah. Selain games, acara lain yang dilakukan adalah pemberian kesempatan bagi nasabah untuk menuliskan kesan nasabah terhadap layanan BCA.

Untuk seluruh kisah dan foto yang lengkap atas perayaan Hari Pelanggan Nasional 2011 dapat dilihat dalam website Relationship di myBCA (Berita&Peristiwa/HPN 2011) . Terima kasih kepada seluruh cabang yang telah berpatisipasi atas perayaan Hari Pelanggan Nasional 2011 dan memberikan sharing kisah dan fotonya kepada tim Service Partner - DPOL. Nantikan cerita HPN 2012!

Pierre Abraham - DPOL

Searah jarum jam: Tembak balon dan nuansa cowboy di KCU Tulungagung. Berahap kegiatan di KCU Jambi. Interaksi dengan nasabah dilakukan di KCU Kediri. Nasabah diberikan kesempatan untuk menuliskan kesan mereka pada bank BCA seperti di KCU Bangil.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 25InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 26: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

BCA meraih dua penghargaan bergengsi sekaligus dalam malam anugerah IPBA 2011. Anugerah IPBA 2011 merupakan penghargaan yang

digelar secara rutin oleh Majalah Property & Bank, di mana tahun ini memasuki tahun penyelenggaraan yang keenam.

Penghargaan pertama adalah untuk kategori Grand Award sebagai “CEO of The Year 2011” yang diberikan kepada Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur BCA. Apresiasi ini diberikan atas prestasi dan dedikasi Jahja Setiaatmadja dalam industri perbankan Indonesia.

Dua Penghargaan Bergengsi bagi BCAPada Malam Anugerah

Indonesia Property & Bank Award 2011Majalah Property & Bank memberikan dua penghargaan bergengsi pada malam

anugerah Indonesia Property & Bank Award (IPBA) 2011 kepada BCA, yang diselenggarakan pada tanggal 29 September 2011 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Sementara penghargaan kedua dianugerahkan kepada BCA sebagai “The Best Banking Technology Application and Fastest Growth Mortgage Loan Facilities” untuk kategori Bank Umum Berkinerja Sangat Bagus dengan Pelayanan Prima. Kedua penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perumahan Rakyat RI, Suharso Monoarfa.

CEO of the Year 2011 yang diterima oleh Jahja Setiaatmadja diberikan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Aliansi Jurnalis Property & Keuangan (AJPK) bersama Majalah Property & Bank, serta

lembaga Independen Investor Academy Singapore.

Metode penilaian dilakukan melalui penyebaran angket serta telepon kepada 1450 responden, yang terdiri dari kolega, rekanan bisnis, kalangan media pers serta sejumlah kantor cabang BCA yang tersebar di 7 kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, Palembang, Kalimantan dan Ujung Pandang.

Dalam penilaian, Majalah Property & Bank telah melakukan pengumpulan data dan riset selama setahun. Setelah melalui seleksi awal internal, hasilnya kemudian

Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur BCA terpilih sebagai CEO of The Year 2011. Apresiasi ini diberikan atas prestasi dan dedikasinya dalam industri perbankan Indonesia.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201126 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 27: INFOBCA edisi 210, 2011

dibawa kepada dewan juri untuk industri perbankan dan keuangan, yaitu Philip Chan selaku Principal Investor Academy Singapura, serta Josef dan Tommy Zhu, keduanya dari Investor Academy Indonesia. Mereka bertugas melakukan analisa dan penilaian terhadap data dan kinerja keuangan perbankan.

Terpilihnya Jahja Setiaatmadja sebagai CEO of The Year 2011, karena dinilai sebagai sosok pemimpin yang berhasil membawa BCA menjadi perusahaan yang cukup disegani. Selain itu, Jahja juga dinilai sebagai pribadi yang sangat familiar dan terbuka dengan semua kalangan.

“Saya merasa sangat dihargai terpilih sebagai CEO of The Year 2011. Padahal cukup banyak CEO di Indonesia dengan prestasi yang sangat cemerlang. Saya sendiri baru menjabat sebagai CEO BCA sejak RUPS Mei

2011 dan direstui oleh Bank Indonesia bulan Juni 2011. Sehingga relatif baru beberapa bulan saya menjabat sebagai CEO di BCA. Namun, jika dari segi tim juri menilai saya yang terbaik, hal itu merupakan satu hal yang sangat membanggakan,” kata Jahja Setiaatmadja.

”Mudah-mudahan saya bisa memberikan kontribusi yang baik untuk memajukan BCA terutama agar menjadi bank yang bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat,” imbuhnya.

Tak hanya itu saja, keberhasilan BCA dalam meraih kedua penghargaan ini adalah

Menteri Perumahan Rakyat RI, Suharso Monoarfa menyerahkan “The Best Banking Technology Application and Fastest Growth Mortgage Loan Facilities” awards kepada Jahja Setiaatmadja.

Suasana saat anugerah IPBA 2011 berlangsung (foto atas). Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa saat memberikan sambutan (foto tengah). Jahja Setiaatmadja nampak serius berbincang.

berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan selama ini oleh nasabah, mitra bisnis dan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Jahja Setiaatmadja menyampaikan rasa terima kasihnya mewakili seluruh jajaran manajemen BCA, dan juga dukungan nasabah, mitra bisnis dan masyarakat atas diraihnya penghargaan ini.

“Tentunya penghargaan ini kami persembahkan untuk nasabah setia BCA. Semoga dengan diraihnya penghargaan ini dapat memacu dan memotivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja BCA di masa depan," tandasnya.

Jahja menegaskan, “Untuk mempertahankan award ini, kita harus lebih berusaha memperbaiki diri. Artinya dalam hal service kepada nasabah akan kita usahakan bisa lebih baik, mengembangkan jaringan mencari produk-produk yang baru

dan bisa berguna bagi masyarakat maupun bagi komunitas industri perbankan.”

“Terkait dengan bisnis properti khususnya, BCA diharapkan dapat lebih aktif memberikan pembiayaan untuk KPR. Karena dengan rate 7,5%, BCA cukup untuk memberikan nuansa baru bagi customer, sehingga mereka lebih berminat untuk mengambil properti dengan biaya yang lebih terjangkau. Dan ini sangat baik bagi BCA karena mampu meningkatkan pinjaman. Sementara dari segi nasabah tentunya bisa lebih menikmati fasilitas KPR,” tutur Jahja bersemangat.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 27InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 28: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

Baru – baru ini Universitas Gajah Mada Yogyakarta, khususnya di Fakultas Pertanian mengadakan Lustrum XIII dan Dies Natalies ke 65 dengan

mengambil tema “Menuju Kedaulatan Pangan untuk kesejahteraan masyarakat dan petani” Acara di buka oleh Dekan Fakultas Pertanian UGM Prof. Ir. Triwibowo Yuwono, Phd. Sebenarnya apa sih kaitannya dengan BCA ?

Rupanya di acara tersebut diadakan Pameran, Series of Lecture yaitu kuliah umum oleh Ir. Suwignyo Budiman, Family gathering Alumni, Lomba Olah Raga, Seminar Ilmiah, Semiloka Sumber Daya Genetik, Malam Kesenian berkaitan dengan acara Lustrum XIII Fakultas Pertanian UGM tersebut. Dalam kegiatan pameran, bukan hanya di gelar Agriculture Expo hasil kreasi riset dan tehnologi pertanian para mahasiswa pertanian seperti hasil mengembangkan pertanian dengan system pupuk non organic, pengembangan hasil pertanian kualitas tinggi, pengembangan jenis predator untuk mengurangi hama ulat bulu, dan sebagainya, ternyata ada juga stand produk-produk perbankan khususnya produk dari PT. BCA Tbk dan stand lain yang merupakan mitra usaha dengan pihak BCA.

Tak disangka, ternyata Direktur PT. BCA Tbk Suwignyo Budiman adalah salah satu alumni mahasiswa Pertanian dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta lulusan tahun1974, yang mana oleh panitia acara Lustrum XIII yang sekaligus acara reuni mahasiswa Pertanian yang di gelar dari tanggal 21 - 25 September 2011, ia diminta memberikan kuliah umum dihadapan 350 undangan termasuk para mahasiswa, alumni, dosen dan undangan lainnya. Materi kuliah yang di sampaikan oleh Suwignyo Budiman adalah “Bank di era dunia Modern”, dalam tema yang di sampaikan ada 4 materi yaitu Intermediasi Keuangan, Pembiayaan Bisnis/usaha, Perbankan Elektronik dan E-Money.

Seusai memberikan materi kuliah umum, nampak sekali antusiasme para mahasiswa dan dosen. Hal ini di buktikan dengan di lemparkannya beberapa pertanyaan kepada Suwignyo Budiman. Oleh panitia mereka diberikan suvenir berupa kartu Flazz, Flashdisc berlogo BCA, jam meja, dan sebagainya hal ini sebagai ungkapan keseriusan para undangan mengikuti series of lecture yang dibawakan oleh Suwignyo

LUSTRUM XIII FAKULTAS PERTANIANUGM Yogyakarta (1946 – 2011)

Budiman. Acara dilanjutkan dengan penyampaian

sosialisasi peluang kerja di BCA melalui seleksi BDP AO dan Apprentise AO oleh MIC group sebagai mitra BCA dalam perekrutan dan seleksi calon karyawan dan magang.

Rombongan alumni dan dosen melanjutkan kunjungan ke stand produk BCA dan di area stand tersebut Suwignyo Budiman memperkenalkan produk kartu Flazz kepada para alumni dan dosen serta mencoba untuk bertransaksi langsung dengan kartu Flazz di stand mitra BCA.

Tanggapan Suwignyo Budiman terhadap acara Lustrum XIII fakultas Pertanian UGM : “ suatu kerja sama yang baik dengan pihak UGM, khususnya pihak BCA bertujuan untuk sosialisasi terhadap edukasi perbankan dan pengenalan produk-produk serta kegiatan perbankan terutama elektronik perbankan sehingga mahasiswa itu punya wawasan dan pemahaman yang lebih baik tentang produk-produk perbankan. Acara ini sangat bagus sebab tidak ada kuliah khusus tentang perbankan di fakultas ini, lagi pula

didukung pameran yang bisa memberikan contoh visual secara langsung tentang produk elektronik perbankan, sehingga di harapkan kedepan secara rutin bisa diselenggarakan acara seperti ini”

Prof. Ir. Triwibowo Yuwono, Phd. (Dekan Fakultas Pertanian UGM) :” Suatu kerjasama yang baik, yang diharapkan berkesinambungan sebab belum pernah ada kerjasama dengan Pihak BCA khususnya di fakultas Pertanian, bisa juga kerjasama dalam bentuk pengembangan alumni, atau dalam skema Coorporate Social Responsibility yang banyak di lakukan oleh perusahaan-perusahaan, bahkan untuk pengembangan masyarakat di bidang pertanian pada umumnya. Selain itu berharap ada kerja sama bisnis supaya ada peluang bisnis antara BCA dan Fakultas Pertanian seperti kerjasama bisnis yang sudah dilakukan dengan perusahaan lain selama ini.”

Budhianto Tanu HarionoRedaktur Wilayah II Semarang

Berbagai kegiatan yang diikuti Suwignzo dalam rangkaian kegiatan Lustrum XII Fakultas Pertanian UGM.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201128 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 29: INFOBCA edisi 210, 2011

Foto bersama saat kunjungan ke pabrik Mercedes Benz sebagai tanda kebersamaan

“ACE for Excellence”Jakarta, 26 – 29 Juli 2011

Coaching The Winner 2011

Pada tahun 2011 ini acara Coaching The Winner kembali diselengga-rakan untuk kedua kalinya di Jakar-ta. Acara diadakan pada tanggal

26 – 29 Juli 2011. Acara yang mengundang peserta acara tahun lalu (pemenang SMART Reward Program Individu kategori Prioritas tahun 2006 – 2009) ditambah pemenang. Individu tahun 2010 ini dibuka secara resmi oleh Adrianus Wagimin – Adviser Aspek Hubungan Nasabah Segmen Prioritas (PRI).

Acara tahun ini masih menggunakan konsep dasar yang sama seperti tahun lalu yaitu :

Walaupun konsepnya sama namun penurunannya ke dalam realisasi acara itu sangat berbeda dengan tahun lalu, acara dibuat sedemikian rupa lebih kreatif sehingga setiap peserta mendapatkan

“Marketing Experience” dan pembekalan in-house class.

“Marketing Experience” dilakukan untuk memberikan pembelajaran melalui observasi dan praktek langsung sehingga peserta akan mendapatkan pengalaman yang bisa peserta terapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya pekerjaan di cabang. Kegiatan ini difasilitasi langsung oleh orang yang ahli dibidangnya, antara lain :1. Table Setting Fasilitator = Didi Budiardjo – Designer Sebelum peserta datang ke tempat

yang sudah disiapkan, Didi telah menyiapkan suatu meja makan yang telah disetting dengan sangat cantik dan kreatif untuk diperlihatkan dan disharingkan konsep dari Table Setting itu sendiri.

Pesan yang ingin disampaikan = dengan kreatifitas yang tinggi kita dapat memberdayagunakan segala sesuatu yang kita miliki untuk mencapai sesuatu yang luar biasa, jangan berfokus pada kekurangan kita dan sesuatu yang tidak kita miliki.

2. Fashion Fasilitator = Didi Budiardjo – Designer Peserta diajak mengunjungi butik

milik Didi yang berlokasi di daerah Tanah Kusir. Didi men-sharing-kan pengalamannya dalam membangun karir sebagai designer, dalam kesempatan itu pula Didi sempat memperlihatkan beberapa design hasil karyanya.

Pesan yang ingin disampaikan = untuk membangun sesuatu yang baik dan luar biasa memerlukan suatu perjuangan dan pengorbanan

3. Batik Fasilitator = Neneng – Batik Go Tik Swan Peserta diajak berkunjung ke showroom

milik Neneng untuk belajar segala sesuatu mengenai batik, mulai dari sejarah sampai dengan proses pembuatannya. Di bagian akhir acara ini peserta sangat senang antusias sekali karena diberi kesempatan untuk membuat batik tulis secara langsung yang hasilnya dapat dibawa pulang.

Pesan yang ingin disampaikan = penguasaan teknik yang baik digabung dengan ketekunan akan menghasilkan suatu karya yang luar biasa

4. Panti Wreda Peserta mengunjungi Panti Wreda

Melania di daerah Pasar Jumat. Mereka diharapkan dapat melayani dan menghibur semua penghuni panti.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 29InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 30: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

Menghibur dan memberikan perhatian kepada para jompo di panti

Pesan yang ingin disampaikan = layanilah orang lain dengan sepenuh hati tanpa memandang perbedaan apapun

5. Golf Fasilitator = Armand W. Hartono –

Direktur BCA Peserta dikenalkan dengan olah raga

golf. Dengan pengalamannya yang cukup rutin bermain golf selama beberapa tahun terakhir, Armand men-sharing-kan ilmu yang dimilikinya seputar Golf. Mulai dari peraturan permainan, persiapan dan teknik bermain, sampai dengan Golf sebagai gaya hidup di-sharing-kan dengan baik oleh Armand. Peserta juga diberikan kesempatan langsung berlatih drive (memukul bola).

Pesan yang ingin disampaikan = melawan ketakutan dengan kelenturan, keluwesan dan kesabaran

6. Fotografi Fasilitator = Jeffrey Sukardi – Kepala

SKES dan Asia Lens (kelompok Fotografi karyawan BCA)

Sebagai salah satu insan pecinta fotografi yang sudah cukup lama berkecimpung di dalamnya, Jeffrey mensharingkan ilmu dasar fotografi kepada peserta. Jeffrey memperagakan bagaimana teknik fotografi yang baik dan benar.

Pesan yang ingin disampaikan = sudut pandang orang dapat berbeda-beda namun kita tetap harus fokus pada

tujuan dasar.7. Pillates Fasilitator = salah satu instruktur Pillates

bersertifikasi Dimulai lebih pagi dari pada biasanya

(sekitar jam 7.00 pagi), peserta dikenalkan dengan dasar-dasar senam Pillates dan manfaatnya.

Pesan yang ingin disampaikan = kelenturan untuk beradaptasi dengan hal-hal baru

8. Pabrik Mercedes-Benz Peserta diajak untuk berkunjung

ke pabrik Mercedes Benz di daerah Cileungsih–Bogor untuk melihat secara langsung proses layanan yang dilakukan antar bagian/unit/divisi (customer internal) yang tentunya akan mendukung layanan kepada nasabah yang sesungguhnya (customer eksternal). Peserta sangat senang dan antusias sekali karena Direktur Manufaktur dari Mercedes Benz ikut turun tangan mendampingin rombongan, bahkan diakhir sesi sharing ia mengajak peserta untuk test drive salah satu mobil Mercedes Benz model terbaru.

Dalam kunjungan tersebut peserta dapat melihat secara langsung kesinergian/kerja sama yang baik antar bagian/unit/divisi (customer internal). Kerjasama yang terjalin dengan baik ini diarahkan pada keinginan mereka untuk mendukung layanan kepada nasabah yang sesungguhnya (customer

Melatih kesabaran, keluwesan, kelenturan dan melawan takut

eksternal) Pesan yang ingin disampaikan = service

excellence harus diterapkan dimanapun (internal dan eksternal)

Sedangkan untuk penyelenggaraan in-house class, BCA bekerja sama dengan Power Character (konsultan – pihak ke 3). In-house class ini bertujuan untuk :

1. Membangun 3 kecerdasan dasar Daya tahan terhadap segala kondisi yang muncul di lapangan (Adversity Quotient) Kemampuan untuk merespon terhadap segala kondisi yang terjadi di lapangan (Character Quotient) Kecerdasan emosi (Emotional Quotient)

2. Melatih kemampuan untuk berespon benar ketika dalam situasi yang dibutuhkan sesuai tanggung jawab pekerjaan

3. Membangun semangat dan nilai-nilai “commitment to excellence” di tim kerja

Kegiatan in-house class yang dipimpin langsung oleh tim Power Character ini antara lain adalah :

1. Character Test Peserta mengikuti tes karakter untuk

mengetahui karakter sesungguhnya dari masing-masing pribadi peserta. Tes yang terdiri dari 7 macam jenis ini menghabiskan waktu sekitar 2,5

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201130 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 31: INFOBCA edisi 210, 2011

Berbagai kegiatan yang dilakukan selama Coaching The Winner Ace for Excellence dari yang bersifat solidaritas, kepribadian hingga kelompok

jam cukup melelahkan para peserta.2. Sharpening Emotional Quotient (EQ) Peserta belajar mengenai model EQ

serta 6 musuh dan penghambat EQ. Mereka juga diajarkan trik mengenai cara mempertajam EQ dalam 40 hari.

3. Appreciation Moment Peserta belajar bagaimana

memberikan apresiasi yang tulus kepada orang lain. Dalam acara ini, banyak peserta yang menangis terharu selagi saling memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih.

4. Overcome from Fear Factor Peserta diajarkan untuk mengetahui

dan mengelola ketakutan yang terdapat pada masing-masing

pribadi. Mereka diajak untuk mengalahkan ketakutannya masing-masing, hal tersebut disimbolkan dengan pemutusan karet gelang.

5. Character Management Peserta belajar mengenai cara

mengenali dan memahami temperamen seseorang melalui Personality – Character – Temperament dan 3 Gates of Belief.

6. Personal Consultation Peserta melakukan konsultasi

pribadi dengan para konsultan dari power character yang bersertifikasi Behavior Consultant. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan dan titik kritis karakter

Marketing experience” dilakukan untuk MeMberikan peMbelajaran Melalui observasi dan praktek

langsung sehingga peserta akan Mendapatkan pengalaMan yang bisa peserta terapkan dalaM kehidupan sehari-hari khususnya pekerjaan di cabang

masing-masing peserta serta menggali permasalahan yang ada dalam diri mereka.

Seluruh rangkaian acara ditutup dengan acara makan malam yang dihadiri oleh Ibu Ugahary Yovvy Chandra – Kepala SKIMS, pada kesempatan ini Ibu Yovvy memberikan sepatah dua patah kata yang antara lain menyampaikan agar para pemenang tetap menjaga spiritnya dan menjadi duta di tempat kerja masing-masing, serta mereka diharapkan juga untuk dapat mensharingkan ilmu yang didapat selama acara ini kepada teman-teman yang lain terutama teman-teman di cabangnya. n

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 31InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 32: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

Agenda Pertemuan SQM SMART KP dan Kanwil ini berlangsung pada tanggal 29 September 2011 silam. Sedikitnya 105 peserta yang

terdiri dari 77 SQM KP dan 28 SQM Kanwil tampak hadir memadati pertemuan yang berlangsung di Hotel Peninsula, Jakarta. Selaras dengan isu SMART SOLUTION yang tengah berhembus kencang, maka kegiatan tahunan ini pun dihelat dengan mengusung tema The Power of SMART SOLUTION.

Dalam sambutannya, Liston Nainggolan selaku Kepala Sub Divisi Sistem Prosedur Operasional mengemukakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini memiliki arti penting terhadap tercapainya positioning BCA sebagai Relationship Banking. “BCA dewasa ini tengah fokus terhadap pencapaian enhanced relationship yang merupakan elemen penting transformasi positioning BCA dari transactional banking menjadi relationship banking,” tandas Liston. “Hal ini merupakan salah satu upaya agar BCA tetap tampil sebagai bank yang memiliki keunggulan di tengah persaingan yang sedemikian ketat-nya,” imbuhnya bersemangat.

Masih menurut Liston, dewasa ini BCA tengah mensosialisasikan konsep SMART SOLUTION kepada seluruh jajaran keluarga besar BCA. Konsep yang merupakan buah pemikiran lintas divisi, seperti SKSDO, DPOL, SKIMS, SKJHN-BLN, DPP dan lain sebagainya, ini merupakan jembatan emas untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Pertemuan SQM SMART KP dan Kanwil 2011

The Power of

SMARTSOLUTION

Pertemuan Service Quality Manager (SQM) SMART Kantor

Pusat dan Kantor Wilayah kembali digelar. Selain me-

refresh mengenai arti penting SMART KP dan Kanwil,

perhelatan ini juga membahas hasil penilaian wave I dan sekaligus menyampaikan

paparan singkat mengenai SMART SOLUTION.

“Oleh karenannya, melalui ajang ini, kami juga hendak memberikan gambaran utuh tentang implementasi SMART SOLUTION tersebut. Marilah kita semua berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan implementasi SMART KP dan Kanwil sebagai peran serta kita dalam menyukseskan pencapaian positioning BCA sebagai Relationship Banking,” himbau Liston menutup sambutannya.

Pentingnya Peranan Relationship Para peserta kemudian diajak untuk

menyimak tayangan video sambutan dari Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA yang menggambarkan bahwa BCA memiliki peranan yang sangat besar dalam

pergerakan roda perekonomian Indonesia. “Pencapaian ini tentunya ditunjang oleh

teamwork yang kuat dalam meningkatkan relationship. Relationship yang baik dan berkualitas terhadap nasabah akan menciptakan kekuatan bisnis yang bersifat jangka panjang. Dan hal ini sudah semestinya mejadi budaya yang merupakan hasil karya yang sangat menakjubkan. Let’s make it happen,” demikian intisari dari tayangan video Jahja Setiaatmadja.

Paparan Penilaian Wave ISelanjutnya, acara diisi dengan

penjelasan hasil penilaian SMART KP dan Kanwil Periode I Tahun 2011 yang disampaikan oleh Arvin Felim selaku

Pendalaman konsep SMART SOLUTION kepada seluruh jajaran keluarga besar BCA.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201132 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 33: INFOBCA edisi 210, 2011

Senior Officer dari Aspek Budaya Layanan Perusahaan BCA. Ditekankan oleh Arvin bahwa paparan penilaian ini dapat dimanfaatkan sebagai pondasi dasar dalam meningkatkan kualitas SMART yang telah dicapai.

“Kita semua dapat melihat sisi-sisi mana yang harus dipertahankan dan juga sisi-sisi yang mesti ditingkatkan kualitasnya,” demikian tutur Arvin. Paparan kinerja ini memperoleh perhatian yang cukup baik dari para peserta, hal ini tampak dari ramainya pertanyaan maupun tanggapan yang disampaikan.

Untuk lebih memacu semangat para peserta yang terdiri dari para SQM KP dan Kanwil ini, maka dalam kesempatan

ini disampaikan juga peringkat terbaik sementara yang berhasil dicapai oleh para SQM dan kelompoknya pada periode I tahun 2011. Selaras dengan itu, diinformasikan pula mengenai perubahan-perubahan kategori SMART KP dan Kanwil untuk periode 2011-2012.

Talkshow dan Diskusi KelompokSelepas rehat siang, acara dilanjutkan

dengan Talkshow yang menampilkan para SQM yang kelompoknya berhasil menuai nilai terbaik selama wave I. Talkshow yang dipandu oleh Arvin Felim dan Ray Gani selaku Adviser Budaya Layanan Perusahaan ini berupaya untuk menggali berbagai tips “kemenangan” mereka.

Selain itu juga, para peserta pun dapat berdiskusi dengan narasumber mengenai upaya-upaya yang mereka lakukan dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi, khususnya dalam impelementasi SMART, baik di KP maupun Kanwil.

Secara umum, talkshow berlangsung dengan hangat, dimana pertanyaan-pertanyaan banyak dilontarkan secara langsung kepada narasumber. Hal ini merupakan bukti nyata, bahwa meskipun dalam pelaksanaannya banyak ditemukan berbagai kendala, namun semangat berkompetisi dan upaya untuk memberikan yang terbaik, tetap berkobar di hati segenap SQM.

Berlanjut pada agenda berikutnya, para SQM diajak melakukan diskusi kelompok untuk membahas berbagai tema seputar SMART KP dan Kanwil. Hasil diskusi kelompok ini kemudian dipresentasikan untuk dibahas secara menyeluruh oleh seluruh peserta.

Paparan SMART SOLUTIONAgenda terakhir dalam Pertemuan SQM

SMART KP dan Kanwil 2011 diisi dengan paparan mengenai SMART SOLUTION yang disampaikan oleh Ray Gani. Dalam kesempatan tersebut, Ray secara lugas mengetengahkan beberapa hal seputar latar belakang dan juga konsep SMART SOLUTION. “SMART SOLUTION merupakan jembatan emas dalam mencapai enhanced relationship,” tandas Ray dalam salah satu penjelasannya.

Sebagai penutup, secara tak terduga, Jahja Setiaatmadja menyempatkan diri untuk hadir menutup kegiatan. Dengan tegas Jahja mengemukakan bahwa SMART KP dan Kanwil memiliki peranan penting sebagai tulang punggung dalam meningkatkan kualitas layanan terhadap nasabah.

“Oleh karenanya, melalui SMART KP dan Kanwil, kita semua harus meningkatkan teamwork guna memberikan kualitas layanan terbaik kepada nasabah. Hal ini tentunya akan menciptakan team engagement yang akan mendukung tercapainya customer engagement. Sehingga dapat bermuara pada tercapainya positioning BCA sebagai Relationship Banking” demikian tukas Jahja.

Sambutan Liston Nainggolan (foto tengah kiri). Video sambutan dari Jahja Setiaatmadja (foto bawah).

Para peserta Pertemuan SQM SMART KP berfoto bersama (atas). Diakhir acara para peserta diberi kesempatan untuk membubuhkan tanda tangan (tengah). Sebagai kejutan, Jahja Setiaatmadja secara tidak terduga hadir dan sekaligus didaulat untuk menutup acara (bawah).

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 33InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 34: INFOBCA edisi 210, 2011

Komunitas Bisnis Plastik yang tergabung dalam Asosiasi Bisnis Plastik Surakarta mengadakan pertemuan setiap bulan secara

rutin. Dengan semangat Enhanced Relationship & Quality Growth, BCA mengambil inisiatif untuk menjalin hubungan dengan komunitas bisnis plastic, yaitu dengan cara ikut berpartisipasi aktif dan memfasilitasi pertemuan tersebut.

Hal tersebut diwujudkan pada hari Kamis, tanggal 22 September 2011, yaitu dengan mengadakan Gathering Komunitas Pengusaha Plastik Surakarta,

Gathering Komunitas Pengusaha Plastik Surakarta

bertempat di Orient Restaurant, Jl. Slamet Riyadi no. 397, Purwosari – Solo. Acara ini dihadiri oleh sedikitnya 130 nasabah BCA dari kalangan Komunitas Bisnis Plastik di wilayah Solo dan sekitarnya. Acara berlangsung dengan sukses atas dukungan serta kerja keras dari rekan-rekan BCA KCU Solo-Slamet Riyadi dan BCA KCU Solo-Veteran.

Gathering bisnis kali ini sejalan dengan Bisnis Relationship Program yang merupakan salah satu program kerja Divisi Bisnis Kecil dan Menengah, yaitu suatu program yang berkesinambungan untuk memelihara engagement antara BCA dengan nasabah/debitur BCA, khususnya debitur SME & Komersial. Program ini bertujuan memberikan penghargaan bagi

nasabah/debitur BCA potensial terpilih yang memberikan kontribusi tersendiri terhadap BCA.

Pada kesempatan itu, Suwignyo Budiman, Direktur BCA, menyebutkan bahwa melalui bisnis gathering tersebut para nasabah BCA bisa saling bertukar informasi dan mendapatkan manfaat serta wawasan dari apa yang tengah terjadi dengan perekonomian global saat ini agar dapat lebih mantap menapak masa depan dalam menggarap prospek bisnis plastik di Indonesia.

Selaras dengan itu, Antonius Widodo Mulyono, Kepala Divisi Bisnis Kecil menyebutkan bahwa penyelenggaraan gathering komunitas pengusaha plastik ini merupakan upaya BCA bermitra dengan para nasabahnya dengan terus mengembangkan hubungan dan selalu memberikan dukungan bagi para nasabahnya yang tergabung dalam komunitas bisnis plastik di Surakarta.

Acara ini dihadiri pula oleh Cyrillus Harinowo, Komisaris BCA, yang berkenan mengisi acara dengan memaparkan Indonesian Economi Outlook 2012. Disebutkan oleh Cyrillus bahwa perekonomian Indonesia masih akan mengalami peningkatan sampai tahun 2015. Sedangkan ulasan lainnya mengenai riset pasar dari Industri Petrokimia di Indonesia, disampaikan oleh Hari Wibowo yang mewakili PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan hadirnya seorang motivator yang sekaligus pengusaha, yaitu Samuel Gunawan Wijaya yang dalam presentasinya, Creating Good to Great Company, menyerukan bahwa “peluang itu diambil oleh mereka yang siap”.

Di penghujung acara, para tamu undangan dipersilakan untuk menikmati jamuan santap malam yang diiringi dengan live music, diselingi dengan quiz, pembagian hadiah dan door prize.

Menurut Antonius Widodo Mulyono, DBKM secara berkesinambungan akan terus menggalakkan gathering komunitas bisnis semacam ini. Diharapkan dengan acara semacam ini, jika muncul kebutuhan dengan bank, dapat menjadikan BCA menempati urutan pertama pilihan (top of mind) dari para nasabahnya.

Searah jarum jam: Sambutan oleh Bapak Suwignyo Budiman, Direktur BCA. Penyerahan door prize. Sambutan oleh Bapak Antonius Widodo Mulyono, Kepala DBKM. Berfoto bersama panitia.

I n f o Pe r i s t i w a

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201134 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 35: INFOBCA edisi 210, 2011

Mau belanja tapi tidak membawa uang tunai (cash) ? Tidak masalah. Semua bisa dilakukan dengan kartu Paspor BCA

melalui fasilitas Debit BCA. Namun bagaimana jika kita mau belanja dan butuh uang tunai sekaligus, sementara mesin ATM agak jauh dari tempat tinggal?

Don't worry! Dengan fasilitas Tunai BCA, semua itu dapat dilakukan dalam satu langkah. Anda cukup datang dan berbelanja di Alfamart, Alfamidi, Circle K, Indomaret, Superindo, SPBU dan ribuan outlet lainnya yang berlogo Tunai BCA terdekat dari lokasi tempat tinggal Anda. Di tempat-tempat ini belanja sekaligus ambil uang tunai yang Anda butuhkan dapat dipenuhi dengan fasilitas Debit dan Tunai BCA. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memiliki Kartu Paspor BCA.

Cukup memberikan kartu Paspor BCA ke kasir, kemudian kasir melakukan input nominal belanja dan jumlah uang tunai yang akan ditarik, selanjutnya masukkan PIN (Personal Identification Number), transaksi selesai dan saldo rekening kita (cardholder) sudah dipotong senilai belanja ditambah uang tunai yang ditarik.

Ketentuan TUNAI BCA

Cardholder dapat melakukan pengambilan uang di merchant/toko yang memasang logo Tunai BCA ketika membayar belanjaan dengan Debit BCA. Umumnya pengambilan uang tunai dalam jumlah kelipatan Rp 50.000,- atau Rp.100.000,- dan maksimal tergantung ketersediaan uang tunai atau berdasarkan ketentuan menurut masing-masing toko. Limit pengambilan per kartu per hari adalah limit gabungan dengan Debit BCA.

Keuntungan TUNAI BCADengan adanya Tunai BCA, cardholder

yang membutuhkan uang tunai tak lagi harus mengantre di kantor cabang atau Automatic Teller Machine Bank Central Asia (ATM BCA) untuk mengambil uang tunai. Lokasi merchant/toko yang bisa melayani Tunai BCA terdapat di ribuan merchant berlogo Tunai BCA yang tersebar di

Butuh Cash Selagi Belanja?Manfaatkan Tunai BCA

lebih dari 60 kota di Indonesia hingga dapat menghemat waktu sekaligus uang transportasi. Pengambilan uang dengan Tunai BCA ini tidak dikenakan biaya tambahan oleh merchant/toko.

Tunai BCA tak hanya memudahkan Cardholder Paspor BCA, tetapi juga menguntungkan merchant yang menyediakan layanan ini. Transaksi Tunai BCA yang dilakukan bersamaan dengan transaksi Debit BCA mengakibatkan tidak adanya biaya tambahan pulsa bagi merchant. Keuntungan lainnya adalah meningkatkan volume penjualan selain dapat memberikan service atau fasilitas tambahan bagi Cardholder.

Selamat ber Tunai BCA dan menikmati fasilitas yang praktis, mudah, dan nyaman ini.

David Chandrawan, DPDJ

Jenis Kartu(BCA Cash/Paspor BCA)

Silver Gold TAPRES Platinum

Limit Tunai BCA* Rp 15 juta Rp 25 juta Rp 25 juta Rp 75 juta

* Merupakan limit gabungan dengan Debit BCA

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 35InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 36: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

Perhelatan Pameran Tour, Hotel dan Airline terlengkap yaitu ITHF 2011 (Indonesia Travel & Holiday Fair) yang ketujuh kembali didukung

oleh Kartu Kredit BCA. Acara dibuka pada tanggal 6 Oktober 2011 dan berlangsung hingga tanggal 9 Oktober 2011 bertempat di Grand Indonesia Exhibition Center dengan mengusung tema "World On Sale".

Ada Sembilan airlines yang bergabung dalam ITHF ini, diantaranya adalah: Ga-ruda Indonesia, Cathay Pacific, Singapore Airlines, Lufthansa Airlines, Qatar Airways, Turkish Airlines, Jet Star, All Nippon Air-ways dan Sriwijaya Air. Acara dibuka den-gan sambutan dari Panca R Sarungu, Chief Executive Officer RajaMICE.com selaku penyelenggara ITHF 2011. Ia me- ngatakan bahwa pada tatanan masyara-kat kota di Indonesia, travelling telah berubah menjadi lifestyle bukan kebutu-

World On Sale, ITHF 2011

Di awal bulan Oktober, BCA Card Center kembali mengadakan acara untuk memanjakan para pemegang kartu BCA.

han tersier. "Ada 3 alasan mengapa harus datang ke Pameran ITHF, yaitu harga yang lebih murah, tidak dikenakan biaya tam-bahan kartu kredit untuk pemegang Kartu kredit BCA dan disediakan fasilitas cicilan BCA 0%", ungkapnya.

Tema "World On Sale" sendiri dipilih karena selama 4 hari ada harga spesial un-tuk penerbangan ke 150 tujuan di 5 benua baik domestik dan internasional dengan diskon hingga 70%. Misalnya Rp 99.000 nett tujuan Singapura atau Rp 299.000 nett tujuan Bali sekali jalan untuk penerbangan awal tahun depan.

Dukungan dari BCA disampaikan oleh Mira Wibowo selaku Chief Manager

Marketing Kartu Kredit BCA. Khusus peme-gang Kartu Kredit BCA, dapat menikmati fasilitas khusus berupa No Surcharge, dis-kon tambahan dan Cicilan BCA 0% selama 6 bulan. "Dengan berbagai keistimewaan yang diberikan ini, pemegang Kartu Kredit BCA bisa mendapatkan liburan idaman dengan lebih mudah dengan harga lebih terjangkau", ungkap Mira.

Pameran ITHF ketujuh ini diikuti oleh 100 perusahaan hotel, agen perjalanan, pelaksana tour, media travel serta National Tourism Organization dari beberapa nega-ra yang menargetkan turis dari Indonesia.

Timoteus Talip, redaktur UBC

Mira Wibowo saat memberikan sambutan pada pameran ITHF 2011

Pengunjung yang membludak

Mira Wibowo dan Jan Hendra mengunjungi stand (foto atas). Muralidaran (Director of Shopping Mall GI), Mira Wibowo dan Panca R Sarungu (foto bawah).

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201136 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 37: INFOBCA edisi 210, 2011
Page 38: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

Sehubungan dengan upaya untuk menjadi relationship banking melalui bisnis payment setlement service dan one stop solution banking serta meningkatkan brand Image produk KPR BCA serta menjalin hubungan dan menjaga kerjasama

dengan pihak developer di kota Malang, BCA mengadakan EXPO RUMAH MEWAH dan APARTEMEN 2001 di Grand Hall, Mall Olympic Garden Malang.

EXPO RUMAH MEWAH dan APARTEMEN 2001yang berlangsung dari tanggal 29 September sampai dengan 2 Oktober 2011 ini diikuti oleh 18 developer dari wilayah Malang, Batu dan Surabaya. Hampir semua peserta EXPO RUMAH MEWAH dan APARTEMEN 2001memberikan penawaran-penawaran menarik selama acara Expo berlangsung. Diantaranya , bebas biaya provisi, bebas biaya notaris, bebas biaya KPR, pemberian down payment yang sangat rendah dan masih banyak lagi penawaran yang menarik yang ditawarkan.1. De Casablanca 10. Riverside2. Patra Land 11. Green View3. Prambanan residence 12. Permata land4. Kusuma Villa Agro 13. Malang City Point5. Green Hills 14. Tirtasani Royal Resort6. Royal Residence 15. The Taman Dayu7. Mutiara Jingga 16. Ijen Nirwana8. Villa Puncak Tidar 17 Graha Kencana9. Araya 18. Apartemen Sukarno Hatta

BCA sendiri dengan produk KPR BCAnya memberikan penawaran yang juga menarik selama Expo berlangsung yaitu program bunga KPR BCA 7.5% fixed 1 dan 2 tahun.

Selain produk KPR, dalam acara EXPO RUMAH MEWAH dan APARTEMEN 2001 ini ditawarkan juga produk individual Bangking lainnya, diantaranya kartu kredit BCA, E-chanel dan lain-lainnya.

Tepat pukul 14.00 WIB tanggal 29 September 2011 Acara EXPO RUMAH MEWAH dan APARTEMEN 2001 dibuka oleh Herwandi Kuswanto selaku Kakanwil VII. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kehadiran BCA dalam Expo ini akan menjadi tempat “one Stop Solution” bagi nasabah BCA, artinya BCA mampu memberikan solusi untuk semua kebutuhan nasabah baik itu menabung, transaksi, kredit usaha, memiliki rumah idaman, memiliki mobil impian dan sebagainya. Selain itu dengan adanya EXPO RUMAH MEWAH dan APARTEMEN 2001ini, dapat menjawab kebutuhan nasabah dan masyarakat akan kebutuhan tempat tinggal yang layak dan dengan harga terjangkau. Selain itu ketua REI Komisariat Malang, Heri Mursyid Brotosejati menyampaikan bahwa ekpansi BCA di KPR benar-benar sangat ditunggu-tunggu. Menurut dia, jika BCA sudah berani melakukan ekspansi untuk kredit KPR di Malang, berarti juga telah dilakukan kajian yang mendalam

Expo Rumah Mewahdan Apartemen 2011 Malang

terkait prosprek bisnis properti di Malang Raya. Ini juga berarti bisnis properti di Malang terbukti tidak pernah mati, tapi justru terus tumbuh dalam kondisi seperti apapun. Dalam kesempatan ini Heri juga berharap BCA tidak hanya ekspansi dalam program KPR, tetapi juga memberikan kredit modal kerja dan investasi untuk developer.

Acara yang dimeriahkan dengan hadirnya tarian daerah, peragaan busana dan juga Barongsai mendapat sambutan yang cukup meriah dari pengunjung Mall Olympic Garden. Animo masyarakat Malang terhadap EXPO RUMAH MEWAH dan APARTEMEN 2001 ini sungguh luar biasa, terbukti dengan tidak pernah sepinya pengunjung selama expo berlangsung. Adi salah seorang pengunjung expo menyampaikan bahwa baru kali ini ada pameran atau expo di Malang yang ditata dengan begitu mewah dan eksklusif, sehingga selain banyak menawarkan produk dan kemudahan dalam memperoleh informasi tentang rumah mewah, pengunjung juga dimanjakan dengan kenyaman selama berkeliling

expo dengan layout yang bagus dan tata lampu yang luar biasa.

Pada hari ketiga tanggal 1 Oktober 2011, salah satu acara di EXPO RUMAH MEWAH dan APARTEMEN 2001 adalah Talk Show produk KPR BCA. Welly Handoko sebagai pembicara dalam talk show tersebut banyak memberikan informasi seputar KPR BCA, diantaranya kelebihan KPR BCA dibandingkan dengan produk serupa dari bank lain, bunga KPR BCA yang cukup kompetitif dibandingkan bunga KPR bank lain dan masih banyak informasi lainnya.

EXPO RUMAH MEWAH dan APARTEMEN 2001di Mall Olympic Garden juga memberikan banyak hiburan untuk masyarakat kota Malang, karean selama 4 hari expo itu berlangsung banyak sekali sajian hiburan yang ditampilkan, antara lain: Dance, live musik,interaktif games dengan hadiah yang menarik untuk pengunjung dan lomba mewarna untuk anak-anak.

Salah satu developer peserta EXPO RUMAH MEWAH dan APARTEMEN 2001 mengatakan bahwa pameran dan expo kali ini ditampilkan dengan sangat bagus, terorganisir dengan baik sehingga mereka merasa puas menjadi salah satu peserta EXPO RUMAH MEWAH dan APARTEMEN 2001 ini.

Bravo BCA.........!!

Tamu undangan nampak menyambut baik dengan diadakannya pameran ini

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201138 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 39: INFOBCA edisi 210, 2011

Komunikasi digital saat ini semakin dekat dengan kehidupan manusia, tak hanya untuk menjalin silaturahmi di antara

handai taulan dan menjalin pertemanan, namun juga bisa menjadi ajang interaksi antara perusahaan dengan para pelanggannya, maupun juga antar pelanggan yang dapat membentuk komunitas pelanggan.

Perusahaan dapat menyerap pembicaraan dari komunitas pelanggan dan pelanggan juga dapat mengetahui

BCA Raih Penghargaan Digital Marketing Award 2011

Bank Paling Nge-trend di Dunia Digitalfitur atau layanan terkini dari perusahaan secara cepat, berkembang dari model komunikasi melalui media konvensional yang satu arah, maka dalam social media, komunikasi dapat terjadi secara multi arah dan issue baik positif maupun negatif dapat membentuk sebuah opini tak terbendung di masyarakat. Konon komunikasi secara digital di komunitas pelanggan tersebut memiliki pengaruh kuat dalam pengambilan keputusan.

Sebagai bank swasta terkemuka, BCA pun turut dalam dinamika tersebut, yakni

dengan turut aktif dalam media digital. Dan upaya tersebut diakui dengan berhasil meraih penghargaan The Great Performing Best Website kategori Banking dan The Great Performing Brand in Social Media pada kategori Kartu Kredit. Penghargaan diterima oleh, Esther Meliana, Senior Manager, pada malam penganugerahan yang berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta pada 28 September 2011 lalu.

Penghargaan tersebut diprakarsai oleh Majalah Marketing, Digital Marketing dan lembaga survei independen, Survey One. Pemberian penghargaan berdasarkan penilaian yang dilakukan para heavy users di dunia digital  dan konsumen pengguna produk produk digital. Dengan demikian, para pemenang Digital Marketing Award adalah murni dari hasil riset dan opini konsumen.

Digital Marketing Award menjadi sebuah recognition for future business yang menunjukkan keunggulan merek untuk bersaing di masa depan. Digital Marketing Award merupakan bentuk apresiasi kepada future leader company yang siap dalam menghadapi era digital dan memenuhi kebutuhan konsumen di masa depan.

Di samping itu, penghargaan ini diharapkan dapat menjadi  benchmark untuk melihat kinerja perusahaan dibandingkan para pesaingnya dalam

khususnya dalam digital marketing, sekaligus sebagai referensi bagi konsumen untuk melihat merek-merek yang memiliki keunggulan

di bidang digital marketing. Lebih jauh lagi, dengan penghargaan tersebut diharapkan dapat mendorong pemanfaatan teknologi digital bagi kemajuan usaha di Indonesia.

Keberhasilan BCA dalam  meraih penghargaan ini tak lepas dari dukungan nasabah dan masyarakat. Dengan diraihnya penghargaan ini menjadikan BCA semakin berkomitmen untuk selalu berinovasi mengembangkan produk-produk dan layanan guna memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang.

Esther Meliana mewakili BCA menerima penghargaan The Great Performing Best Website kategori Banking dan The Great Performing Brand in Social Media pada kategori Kartu Kredit.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 39InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 40: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

E vent ini bertujuan untuk memantapkan peran pasar modal Indonesia, mewujudkan sinergi strategis di kalangan pasar modal,

dan menggerakkan potensi kegiatan investasi. ICME 2011 ini diharapkan mampu mengubah cara berpikir masyarakat agar mengubah investasi menabung ke investasi di pasar modal.

Berbagai kegiatan seminar dan presentasi dari 28 perusahaan, salah satunya BCA, dilakukan secara terbuka yang dibagi ke beberapa kelompok, dan pameran dari

Investor Summit and Capital Market Expo 2011

BCA Paparkan Hasil Kinerja Positif Semester I 2011Perhelatan yang digelar untuk menggaet para investor pasar modal Indonesia, Investor Summit and Capital Market Expo (ICME) 2011, telah dimulai. Tak ketinggalan, BCA turut serta sebagai salah satu emiten yang tampil memberikan presentasi mengenai rapor positif yang diraih pada Semester I 2011 ini, yang dapat dijadikan acuan investasi bagi para investor.

otoritas bursa, Self Regulatory Organization (SRO), perusahaan efek, emiten, dan berbagai media. Gelaran untuk investor yang mengetengahkan tema “Kapal Pesiar” ini diadakan selama 2 hari sejak tanggal 5 – 6 Oktober 2011 di Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place Jakarta. Kapal Pesiar diibaratkan sebagai pasar modal yang menjadi sarana atau vehicle bagi para investor untuk menginvestasikan dananya. Dan diharapkan, pasar modal akan menjadi penggerak investasi di Indonesia.

Penyelenggaraan acara ini bertujuan

untuk memantapkan posisi dan peran Pasar Modal Indonesia sebagai representasi komitmen pemerintah dan SRO, serta masyarakat bisnis dalam meningkatkan investasi di Indonesia dan mendorong bangkitnya kembali ekonomi nasional, mewujudkan sinergi strategis di kalangan pasar modal (regulator dan pelaku) dalam memanfaatkan peluang bisnis dan investasi yang tersedia.

Selain itu, diharapkan ICME 2011 dapat meningkatkan sosialisasi dan edukasi yang lebih terpadu bagi masyarakat

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201140 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 41: INFOBCA edisi 210, 2011

tentang potensi, peluang, dan nilai tambah dalam berinvestasi di pasar modal serta menyediakan sarana yang efektif untuk sesi komunikasi, konsultasi, dan promosi bagi Bapepam-LK, SRO, Perusahaan Tercatat dan Anggota Bursa kepada para investor.

Selama 2 tahun terakhir mulai Juli 2009 sampai dengan September 2011, sudah ada pertambahan 200 ribu investor di pasar modal. Kondisi ini jelas mengindikasikan suatu cerminan minat orang Indonesia untuk berinvestasi. Dengan diselenggarakannya kembali event ICME 2011 sebenarnya sangat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, sebab ini menjadi bagian edukasi yang penting sehingga diharapkan pemahaman masyarakat yang semakin baik mengenai pasar modal.

Rapor Positif BCA di Bidang Penyaluran Kredit dan Perbankan Transaksional

Sebagai salah satu emiten yang turut serta menyampaikan presentasinya dalam perhelatan penting ini, PT Bank Central Asia Tbk menyatakan telah membukukan laba bersih sebesar Rp 4,8 triliun pada Semester I pada 2011, meningkat 20,4% dari periode yang sama tahun lalu sebesar R p4,0 triliun.

Wakil Presiden Direktur BCA, Eugene Keith Galbraith menyebutkan, kenaikan laba tersebut didukung oleh bisnis inti BCA sebagai bank transaksional, dan upaya pendalaman hubungan dengan nasabah. "BCA berhasil membukukan kinerja usaha yang kokoh didukung oleh bisnis inti BCA sebagai bank transaksional. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan bisnis yang signifikan pada Semester I tahun ini, baik

dari segi penyaluran kredit maupun aktivitas perbankan transaksional," paparnya.

Eugene yang didampingi Raymon Yonarto dan Inge Setiawati, menjelaskan, bahwa portofolio kredit BCA tumbuh 21,4% year on year (YoY) menjadi Rp159,7 triliun pada Juni 2011 dengan rasio kredit bermasalah (NPL) berada pada level yang cukup rendah sebesar 0,7%. Dari segi penghimpunan dana, lanjutnya, total dana pihak ketiga tumbuh sebesar 12,0% YoY menjadi Rp285,7 triliun pada Juni 2011. "Dengan demikian, rasio kredit terhadap dana pihak ketiga (LDR) meningkat menjadi 55,9% pada Juni 2011," ujarnya.

Lebih lanjut Eugene menyatakan, portofolio kredit BCA tersebut tumbuh didukung oleh peningkatan kredit komersial, usaha kecil dan menengah (UKM), kredit konsumer, maupun kredit korporasi. Menurutnya, dengan upaya BCA yang menyediakan produk dan layanan sesuai kebutuhan masyarakat, maka BCA akan lebih mampu meningkatkan jumlah pendapatan. "Salah satu bentuk komitmen kami adalah penawaran program KPR dengan suku bunga tetap 7,5% efektif 2 tahun untuk periode Juli hingga September tahun ini," ungkapnya.

Meski kondisi perekonomian global tidak menentu, Eugene tetap optimistis bahwa pasar modal akan selalu tumbuh. Optimisme itu melihat dari fundamental ekonomi negara yang masih kuat. "Ini juga saatnya untuk mengembangkan jumlah investor domestik masih terbuka lebar. Dan ke depan, BCA akan terus melakukan upaya menjajaki peluang-peluang bisnis baru untuk memenuhi berbagai keinginan dan kebutuhan nasabah,” tegas Eugene.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 41InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 42: INFOBCA edisi 210, 2011

ICSA merupakan ajang apresiasi yang digelar secara rutin oleh Majalah SWA bekerja sama dengan Frontier Marketing Research. Apresiasi ini memberikan

penghargaan kepada perusahaan di Indonesia yang meraih prestasi terbaik dalam hal kepuasan pelanggan.

Ketiga penghargaan yang dianugerahkan kepada BCA tersebut masing-masing diterima oleh Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA; Ina Suwandi, Kepala Divisi Pengembangan Dana dan Jasa; dan Santoso, Kepala Divisi Kartu Kredit BCA. Ke-berhasilan BCA dalam meraih penghargaan

BCA Raih Tiga Penghargaan BergengsiBCA kembali meraih penghargaan merek terbaik di Indonesia dalam hal kepuasan pelanggan. Pada ajang The 13th Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2011 yang berlangsung di Ballroom Hotel Shangri-La Jakarta (5/10), BCA berhasil meraih tiga penghargaan bergengsi, yaitu untuk Kategori Produk Tabungan, Produk Kartu Kredit; dan Produk Deposito.

ICSA Award 2011

ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan yang selama ini diberikan oleh nasabah, mitra bisnis dan masyarakat.

Beberapa saat setelah menerima penghargaan, dengan penuh semangat dan kegembiraan, Jahja Setiaatmadja menga-takan, ”Atas nama manajemen BCA, kami menyampaikan terima kasih atas dukungan nasabah, mitra bisnis dan masyarakat, sehingga BCA berhasil meraih penghargaan ini. Tentunya penghargaan ini kami persem-bahkan kepada nasabah setia BCA. Kami juga berterima kasih kepada seluruh jajaran tim manajemen dan karyawan atas kerja keras-

nya selama ini dalam membangun BCA.” Lebih lanjut Jahja mengungkapkan ha-

rapannya, “Semoga dengan diraihnya peng-hargaan ini, dapat memacu dan memotivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja BCA di masa depan. Selain itu, dengan diraihnya penghargaan ini diharapkan dapat mening-katkan tingkat kepercayaan nasabah dan masyarakat kepada BCA.”

Metode PenilaianPenilaian dilakukan melalui survei di

6 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar dan Medan. Survei dilakukan dengan melibatkan sampel sebanyak 8.400 orang, yang terdiri dari 7.200 responden random ditambah 1200 responden booster. Responden booster ditambahkan untuk masing-masing kategori produk yang termasuk produk premium, dalam rangka meningkatkan incidence rate.

Metode pengambilan sampel random dilakukan dengan multistage area random

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Santoso, Kepala Divisi Kartu Kredit BCA dan Ina Suwandi, Kepala Divisi Pengembangan Dana dan Jasa, mewakili BCA menerima pernghargaan The 13th

Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2011 yang digelar Majalah SWA bekerja sama dengan Frontier Marketing Research

I n f o Pe r i s t i w a

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201142 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 43: INFOBCA edisi 210, 2011

sampling, sedangkan untuk sampel booster dilakukan dengan purposive sampling. Survei dilaksanakan dengan face to face personal interview.

Kriteria responden random adalah berusia antara 15-65 tahun, serta tingkat pengeluaran keluarga per bulan yang bervariasi mulai dari E (kurang dari Rp750 ribu) hingga A (lebih dari Rp 3.5 juta). Untuk komposisi jenis kelamin ditentukan dengan quota 50% pria dan 50% wanita.

Pada responden booster, kriterianya relatif sama dengan responden random, kecuali untuk tingkat pengeluaran keluarga per bulannya dibatasi minimal SES A (lebih dari Rp3.5 juta).

Tingkat kepuasan terhadap merek yang pernah digunakan/ dikonsumsi/ Total Satisfaction Score (TSS), diukur melalui 4 parameter, yaitu: Kepuasan pelanggan terhadap kualitas

produk/ jasa yang biasa disebut dengan Quality Satisfaction Score (QSS).

Kepuasan terhadap harga yang dibayar

oleh pelanggan atau disebut dengan Value Satisfaction Score (VSS).

Perceived Best (PB) yang merupakan keyakinan pelanggan bahwa merek yang telah mereka gunakan adalah merek yang terbaik dalam hal kepuasan konsumen.

Expectation Score (ES) yang merupakan pengukuran terhadap harapan pelanggan terhadap suatu merek akan kemampuannya dalam memberikan kepuasan di masa mendatang.

Peran social media dalam membangun merek sudah semakin terlihat terutama untuk beberapa industri yang

memang menarik untuk dibicarakan dan memiliki komunitas pelanggan. Hal ini diungkapkan secara tegas oleh Handi D. Irawan, Chairman Frontier Consulting

Peran Penting Social MediaGroup dalam sebuah presentasi singkat yang mewarnai ajang ICSA malam hari itu.

Disebutkan oleh Handi bahwa merek-merek yang banyak menjadi percakapan di social media dengan sentimen yang positif, akan lebih mudah mempertahankan brand awareness dan brand image-nya. Dua hal ini memang merupakan dua komponen utama pembentuk merek yang kuat.

Kekuatan dari social media terhadap kepuasan pelanggan akan terletak dari kemampuan social media yang mampu menawarkan engagement dan co-creation. Merek memang sudah mulai kehilangan kontrol terhadap konsumen,

tetapi pada saat bersamaan justru dapat menciptakan engagement yang lebih dalam. Sehingga, dalam konteks kepuasan pelanggan dapat dilihat dari seberapa dalam keterlibatan konsumen. Tentunya, bisa ditingkatkan dengan menciptakan berbagai konten yang menarik dan memang sesuai dengan keinginan dan harapan mereka.

Kepuasan adalah hasil persepsi. Oleh karena itu, kepuasan terhadap kualitas produk atau layanan, bukan hanya dipengaruhi oleh actual quality, tetapi bagaimana persepsi yang terjadi karena proses komunikasi.

Toast bersama dari para perwakilan perusahaan penerima penghargaan

Handi D. Irawan

Santoso, Kepala Divisi Kartu Kredit BCA saat memberikan sambutan

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 43InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 44: INFOBCA edisi 210, 2011

Serangkaian kegiatan yang di selenggarakan Kanwil II di penghujung bulan September 2011 dinilai sangat sukses dan sangat

meriah. Mulai kegiatan wisata bersama Semarang Satu, Gathering nasabah Debitur, Golf, Rakor Kanwil dan peresmian gedung baru Griya ATM serta acara Serah Terima jabatan Kakanwil II, yang di hadiri beberapa Direksi, seperti Armand W. Hartono, Subur Tan, dan Erwan Yuris Ang.

Gathering Nasabah DebiturAcara gathering nasabah debitur di

selenggarakan di hotel Gumaya Semarang, dengan tema “ Proudly present to You the banking Relationship” yang diikuti sekitar 90 nasabah di berbagai KCU se Kanwil II. Ikut hadir pula Antonius Widodo Mulyono (Kadiv DBKM) yang masih di kenal oleh nasabah saat menjabat sebagai Kakanwil II . Acara gathering diisi dengan talk show sharing pengalaman sukses beberapa nasabah dari Yogyakarta dan Semarang yang telah

Serah Terima JabatanKakanwil II dan Kakanwil XI

setia menjadi nasabah BCA. Selain itu para tamu undangan di hibur alunan suara emas artis ibukota Chintia Sari. Suasana akrab terjalin antar nasabah dan para pejabat BCA ini diwarnai game-game menarik sehingga mereka harus membaur dalam nuansa kebersamaan. Selanjutnya diisi acara perkenalan Ratna Yanti selaku Kakanwil XI yang baru.

Rakor Kanwil Dan Peresmian Gedung Griya ATM

Rangkaian acara Rakor Kanwil II yang di selenggarakan di Hotel Gumaya dari tanggal 28-29 September 2011, diisi dengan agenda-agenda rutin berupa laporan secara periodik dari masing-masing unit kerja di Kanwil maupun di KCU se-Kanwil II. Acara rakor diisi pula sajian presentasi tentang budget Kanwil II oleh KP yang di bawakan oleh Daniel Hendarto, sosialisasi kegiatan Divisi Internasional Banking oleh Sita Haniyarti, serta Dipasusila S. Utama yang mensosialisasikan tentang Hubungan

Industrial. Tampak hadir pula Erwan Yuris Ang , Subur Tan dan Armand W. Hartono di acara rakor kanwil II tersebut walau dalam waktu yang berbeda. Mereka memberikan pengarahan di hadapan para peserta rakor.

Selanjutnya rombongan Direksi dan para peserta Rakor Kanwil II diantar menuju kantor BCA Semarang untuk dilakukan peresmian atas dibukanya penggunaan gedung baru Griya ATM. Pemotongan pita merah sebagai tanda mulai dioperasikannya gedung baru Griya ATM dilakukan oleh Armand W. Hartono. Dalam kesempatan ini pula para Direksi mencoba menggunakan mesin ATM baik setor tunai maupun penarikan uang melalui mesin ATM.

Serah Terima Jabatan Kanwil II dan Kanwil XI

Bersamaan dengan rangkaian acara di atas, sebagai acara inti dilangsungkan pula serah terima jabatan Kanwil II dan Kanwil XI. Acara di laksanakan di gedung BCA Semarang lantai 5. Selain rombongan peserta Rakor Kanwil II yang terdiri dari segenap Kepala KCU se Kanwil II dan para KOC dan KPC cabang, acara serah terima jabatan ini di hadiri pula rombongan pejabat dari kanwil XI (Kepala KCU dan Kepala Unit Kerja di Kanwil XI) dan juga mantan Kakanwil II Surya Wijaja yang sekarang menjabat sebagai Komisaris BCA Syariahs serta Direktur BCA Syariah John Kosasih.

Penandatanganan surat serah terima jabatan Kanwil II dari pejabat sementara Kanwil II Lukman kepada Ratna Yanti, di saksikan oleh Armand W. Hartono, Subur Tan dan Erwan Yuris Ang. Peralihan tugas Kakanwil II ini efektif tanggal 1 Oktober 2011. Acara ini di lanjutkan pula dengan acara serah terima Kakanwil XI lama yaitu dari Ratna Yanti kepada Susanto Angkawinata (dulunya menjabat sebagai Kepala KCU Solo Slamet Riyadi).

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah sambil menikmati sajian hidangan menu khas kuliner kota Semarangan seperti menu Tahu Pong, kue Leker, gethuk kethek, bakmi jawa, nasi liwet (nasi ayam), es puter Conglik, dan sebagainya sambil dihibur musik keroncong dan sajian tarian tangan seribu, tarian modern, tarian Bali yang dibawakan para karyawan Bhakti BCA.

Budhianto Th. Redaktur Kanwil II Semarang

Selain acara serah etrima jabatan dua Kanwil, diadakan pula talk show mengenai kesuksesan para nasabah baik dari Semarang dan Jogjakarta.

I n f o Pe r i s t i w a

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201144 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 45: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o I n v e s t a s i

Rp.REKSA DANA PENDAPATAN TETAP

Rp.Rp.Rp.Rp.

REKSA DANA TERPROTEKSIRp.

*) Tolak Ukur Rata-rata Deposito 1 bulan

::::

Biaya PembelianPenjualan Kembali Biaya ManajemenBiaya Kustodi

Biaya PembelianPenjualan Kembali **Biaya Manajemen

::: Min. Efek Hutang

Maks. Instrumen Pasar Uang:

Biaya Manajemen Maks.Biaya Kustodi

Jual/Beli di Kustodi BCA Rp.Jual di BCA (dari Kustodi Non BCA) Rp.Pemindahan Sub Registry Rp.Pajak **)

INFOINVESTASI BCASEPTEMBER 2 0 1 1

REKSA DANA Prestasi Kinerja Produk InvestasiTanggal NAB/ Unit 1 bulan 3 bulan 6 bulan 1 tahun Sejak Awal

Tahun Sejak PeluncuranREKSA DANA PASAR UANG PenawaranDanareksa Gebyar Dana Likuid 27 November 2006 1.000,00 0,42% 1,25% 2,55% 5,52% 4,01% 38,61%

Danareksa Gebyar Indonesia II 23 April 2008 1.512,87 -0,65% 2,12% 6,57% 4,72% 6,89% 51,29%Panin Gebyar Indonesia II 30 April 2008 1.604,19 1,30% 6,48% 11,69% 14,54% 14,08% 60,42%Nikko Gebyar Indonesia II 07 Mei 2008 1.499,66 -0,02% 2,54% 6,35% 9,04% 6,36% 49,97%Schroder Prestasi Gebyar Indonesia II 14 Mei 2008 1.724,35 1,55% 7,24% 12,43% 11,51% 11,97% 72,43%

TRIM Gebyar Terproteksi I 26 Juni 2008 1.406,75 -0,63% 0,40% 1,81% 4,39% 3,01% 40,67%

Tolak Ukur ATD 1 bulan * 0,36% 1,04% 2,18% 4,45% 3,30% 17,41%SBI 0,47% 1,24% 2,49% 5,03% 3,75% 21,48%

INFORMASI PRODUK INVESTASI

REKSA DANA PASAR UANGNama Produk Danareksa Gebyar Dana Likuid Level RisikoManajer Investasi PT. Danareksa Investment Management 1 2 3 4 5Kebijakan Investasi 100 % Pasar UangBank Kustodian PT. Bank Central Asia,Tbk

Komposisi Portofolio

Biaya

0,00%Obligasi Pemerintah : 19,47% Obligasi Korporasi : 67,87% Pasar Uang : 12,66% 0,00%

Portofolio TerbesarObligasi Pemerintah 19,47% 1,50%

WOM Finance 8,82% 0,15%Astra Sedaya Finance 8,08%

REKSA DANA PENDAPATAN TETAP

Biaya 0,25% Level Risiko0,50% 1 2 3 4 5

1,00% p.a

Biaya Kustodi 0,2% p.a

(**) di atas 3 bln=0%Nama Produk Danareksa Gebyar Indonesia II Panin Gebyar Indonesia II Nikko Gebyar Indonesia II Prestasi Gebyar Indonesia II

Manajer Investasi PT. Danareksa Investment Management PT. Panin Sekuritas, Tbk PT. Nikko Securities Indonesia PT. Schroder Investment

Management

Kebijakan Investasi 80% Obligasi Pemerintah 20% Pasar Uang

Bank Kustodian PT. Bank Central Asia,Tbk

Komposisi Portofolio Obligasi Pemerintah 87,41% Obligasi Pemerintah 88,11% Efek Pendapatan Tetap 88,36% Obligasi Pemerintah 92,46%Pasar uang 12,59% Kas 11,89% Pasar Uang 11,64% Pasar Uang 7,54%

Portofolio TerbesarFR 0055 27,47% FR 0054 22,97% FR 0027 71,50% FR 0054 12,65%FR 0023 22,30% FR 0052 16,57% FR 0055 16,90% FR 0052 7,60%FR 0020 12,30% FR 0031 16,28%

1 2 3

FR 0055 7,37%

REKSA DANA TERPROTEKSINama Produk TRIM Gebyar Terproteksi I Level Risiko

4 5Kebijakan Investasi 80% - 100%

20%

Manajer Investasi PT. Trimegah Asset Management

Bank Kustodian PT. Bank Central Asia,Tbk

Biaya

Biaya Pembelian 0,00%Komposisi Portofolio

Penjualan Kembali 0.5% ≤ 1 tahun

Obligasi Pemerintah : 99,35% Pasar Uang : 0,65% 0% > 1 tahun

Portofolio TerbesarORI003 0,00% 1,50%ORI004 99,35% 0,15%

Pasar Uang 0,65%

OBLIGASI NEGARA RITELLevel Risiko

1 2 3 4 5

ORI Harga Yield Kupon Sisa Jangka Waktu

Biaya di Pasar SekunderBeli Jual 25.000

ORI004 100,25% 101,50% 6,03% 9,50%ORI005 109,00% 110,00% 6,00% 11,45% 2 th

103,50% 5,20% 9,35% 11 bln

6 bln 33.00016.50015%

ORI007 102,50% 103,50% 5,96% 7,95% 1 th 11 bln Pajak yg dikenakan pada pendapatan kupon dan Keuntungan jual (capital gain)

ORI006 102,50%

Reksa Dana bukanlah deposito atau produk perbankan, dan bukan merupakan kewajiban serta tidak termasuk dalam program penjaminan oleh PT. Bank Central Asia,Tbk. Investasi dalam Reksa Dana mengandung risiko yang memungkinkan kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan. Calon investor wajib mendapatkan dan membaca Prospektus produk reksa dana sebelum memutuskan untuk melakukan investasi melalui pembelian unit penyertaan reksa dana. Prestasi kinerja reksa dana masa lalu bukanlah merupakan jaminan kinerja di masa datang.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 45InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 46: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o Pe r i s t i w a

Pasca Hari Raya Lebaran, para karyawan yang memiliki anak biasanya semakin repot karena ditinggal pembantu atau babysitter mudik. Mau tak mau, anak

pun dibawa ke kantor. Solusi mengatasi hal tersebut, BCA mengadakan program Day Care (penitipan dan perawatan anak) untuk membuat kinerja karyawannya tetap efektif.

Mudik Lebaran merupakan saat yang membahagiakan dan sangat ditunggu-tunggu oleh mereka yang akan merayakannya bersama keluarga di kampung halaman. Di lain pihak, masa-masa ini juga sering menyebabkan kebingungan bagi para orangtua bekerja, karena ketiadaan tenaga rumah tangga untuk merawat dan mengasuh anak mereka.

Sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap para karyawan dan keluarganya, Bermain sambil belajar

Daycare Fun EducationWith BCA

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201146 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 47: INFOBCA edisi 210, 2011

PT Bank Central Asia Tbk. kembali menyelenggarakan fasilitas Day Care untuk anak usia 4 s/d 12 tahun (kelas 1 – 6 SD) secara serentak di 5 tempat, yaitu Kantor Pusat, Kanwil 8 Pondok Indah, Kanwil 9 Matraman, Kanwil 10 KPO, dan Kanwil 12 Wisma Asia. Fasilitas ini tersedia selama masa mudik Lebaran, yakni dari tanggal 7 – 9 September 2011. Tahun ini adalah tahun ke-2 BCA menyediakan fasilitas Day Care untuk karyawannya, yang diikuti oleh sekitar 90 anak.

"Karyawan adalah aset utama BCA, dan kami berkomitmen untuk mendukung kesejahteraan karyawan dan keluarganya melalui berbagai fasilitas yang disediakan oleh perusahaan. Salah satunya adalah pengadaan fasilitas Day Care selama mudik Lebaran yang merupakan wujud dukungan dan kepedulian BCA untuk karyawan beserta keluarganya," ujar

Hanjaya Hakim selaku Koordinator acara Day Care dari Divisi SDM BCA.

Hanjaya menambahkan bahwa fasilitas Day Care sengaja diselenggarakan saat mudik Lebaran, karena masa ini merupakan periode 'sulit' bagi orang tua bekerja, karena tiadanya tenaga kerja rumah tangga untuk mengasuh anak mereka. Dengan memanfaatkan fasilitas Day Care, karyawan yang memiliki anak tidak perlu dihadapkan dengan dilema antara bekerja dengan mengasuh anak saat tenaga rumah tangga tidak ada. “Mereka tetap dapat bekerja dengan tenang, sementara anak mendapat perawatan dan pengasuhan yang baik di lingkungan yang aman dan nyaman,” imbuhnya.

Aktivitas Day CareDalam menerapkan konsep pendidikan

pada aktivitas Daycare ini, BCA bekerjasama dengan MIC (Mission Imposible Community) Transformer, sebuah lembaga pengembangan sumber daya manusia yang sudah cukup sering bekerjasama dengan BCA.

“Kami sangat bersyukur bisa dipercaya oleh BCA dalam menjalankan program Day Care ini, serta berharap apa yang menjadi harapan dari BCA untuk bisa menjadi Relationship Bank dapat tercapai, dan itu adalah suatu hal yang bagus sekali. Pastinya, bagi nasabah BCA akan sangat senang mendapatkan pelayanan yang lebih dan luar biasa. Kami juga berharap, semoga bisa memberikan yang terbaik dalam

Menanamkan budaya rajin menabung sejak dini

Tidak sekedar arena berkumpul, Day Care juga mendidik anak menjadi pribadi yang memiliki kepercayaan diri

Fasilitas Day Care untuk anak usia 4 s.d. 12 tahun (kelas 1 – 6 SD) secara serentak di 5 tempat, yaitu Kantor Pusat, Kanwil 8 Pondok Indah, Kanwil 9 Matraman, Kanwil 10 KPO, dan Kanwil 12 Wisma Asia

Testimoni dari Orang tua

Testimonipeserta Day Care

Lily (Divisi Audit), orang tua dari Tofan (kelas 3 SD) dan Marcella (kelas 6 SD)

“Mendidik Anak Mandiri”Acara Day Care ini sangat membantu untuk kita, aca-ranya bagus dan anak-anak juga sangat senang. Sangat mendidik anak-anak terlebih dalam hal be-lajar kreativitas dan menabung dengan hasil usahanya sendiri. Sehingga dapat mendidik mereka supaya mandiri.

Arindra Fahri Satria Pradana, kelas 3 SD “Ingin Menjadi Orang Sukses”Saya sangat senang dalam kegiatan selama 3 hari di sini, terutama saat membuat kue, melukis celengan, dan merakit tamiya. Acara bazaarnya sangat menyenangkan, karena saya bisa berjualan dan mendapat uang untuk ditabung. Kedepan saya ingin menjadi orang yang sukses.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 47InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 48: INFOBCA edisi 210, 2011

Foto bersama

Tata cara menabung di bank ditanamkan sejak dini, seperti mengatre bersama dengan nasabah lainnya

Sellyana selaku Direktur MIC Transformer.

Testimonipengunjung Day Care

Testimonidari orang tua

Elly Nursanti Nugrahenidari Divisi Pengembangan Operasi Layanan

“Sangat Mendidik”Kendati anak saya tidak turut serta dalam Day Care ini, namun saya sangat menyukai acara ini. Karena dalam acara bazaar, anak-anak akan senang jika barang jualannya laku terjual. Seandainya anak saya ikut di sini pasti akan sangat bermanfaat sekali, terutama bisa belajar menabung. Acaranya sangat mendidik bagi masa depannya.

Hendrik Fernando, Divisi Audit, orang tua dari Lovella (kelas TK B)

“Semoga Acara Kedepan Bisa Lebih Menarik”Perasaan saya sangat senang, bahwasannya acara ini dapat mengajarkan anak-anak untuk bisa belajar mandiri, belajar bekerjasama dengan teman-te-mannya, serta mengenal dunia keuangan yang bisa dikem-bangkan dimasa mendatang. Semoga kedepan dalam acara bazaar tamu yang diundangnya bisa lebih banyak lagi, sehingga bisa makin ramai. Dan acaranya lebih menarik lagi.

mensupport program dari BCA ini,” terang Sellyana selaku Direktur MIC Transformer.

Aktivitas yang diadakan selama 3 hari tersebut diisi dengan berbagai macam kegiatan game, keterampilan, edukasi, dan menabung. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Divisi Sumber Daya Manusia dan Aspek Hubungan Masyarakat.

Pada hari pertama, anak-anak diajak untuk saling berkenalan, bermain dan kemudian diberikan sharing/ pemahaman mengapa harus menabung, kemudian jika mempunyai tabungan itu gunanya untuk apa? Mereka juga diberikan pengetahuan mengenai pentingnya menabung, dan juga akibatnya jika berlaku boros. Sebelum kegiatan hari pertama selesai, anak-anak diberikan briefing untuk kegiatan keesokan harinya, serta diberikan 1 buah tiket untuk setiap anak yang dapat dijual seharga

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201148 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

I n f o Pe r i s t i w a

Page 49: INFOBCA edisi 210, 2011

Keceriaan setelah belajar menabung di Kanwil VIII

Karyawan adalah aset utama, dan BCA berkomitmen untuk mendukung kesejahteraan karyawan dan keluarganya melalui berbagai fasilitas yang disediakan oleh perusahaan.

Testimonipeserta Day Care

Testimonipeserta Day Care

Violita, kelas 4 SD

“Acaranya Seru!”Selama kegiatan ini, aku sangat suka saat membuat roti dan biskuit. Kemudian hasil bua-tanku bisa dijual saat bazaar, dan hasil penjualannya dibagi-bagi ke teman-teman untuk kami tabung di bank. Selain itu kami juga bisa saling mengenal dengan teman-teman yang lain. Acaranya sangat seru sekali.

Ananda Niko Pradipta, kelas 4 SD “Terima Kasih BCA”Seluruh acara selama 3 hari san-gat menyenangkan, terutama dalam acara bazaar, karena bisa belajar berjualan dan menda-patkan uang, kemudian bisa ditabung di bank. Terima kasih BCA.

Rp.25.000,-/ tiket. Selain itu, anak-anak juga diajarkan

untuk menampilkan suatu performance bagi orang tuanya, karena selama ini orang tua sudah memberikan yang terbaik bagi mereka. Sehingga tidak ada salahnya untuk mempersembahkan sesuatu sebagai ucapan terima kasih kepada orang tua. Antara lain, menari, menyanyi dan membaca puisi.

Di hari kedua, anak-anak diajak untuk berlatih menjadi seorang pengusaha. Ada yang menjadi pengusaha otomotif, art gallery, kerajinan tangan, serta ada juga yang menjadi pengusaha restoran. Pada kesempatan ini bagaimana memupuk jiwa entrepreneur mereka, karena masa anak-anak merupakan masa belajar dimana anak cepat sekali menangkap berbagai hal baru yang diberikan kepada mereka.

Sebelum pulang, mereka diberikan briefing untuk kegiatan keesokan harinya. Selain itu, mereka juga kembali berlatih untuk menampilkan performance di hari terakhir.

Memasuki hari ketiga atau terakhir, akan diisi dengan 2 kegiatan penting, yaitu bazaar dan edukasi menabung di bank. Bazaar ini berisi kegiatan di masa para

anak-anak akan berjualan aneka macam produk, antara lain beberapa hasil kreativitas yang di buat pada hari ke-2, buku-buku, makanan kecil, kemudian hasil penjualan dari bazaar ini dibagi secara rata kepada seluruh peserta untuk di tabung. Bazaar banyak dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai unit kerja di Menara BCA. Uang hasil dari penjualan ini kemudian mereka tabung di rekening TabunganKu di counter teller KCU BCA Thamrin. Dan diakhir acara, mereka menampilkan

performance dihadapan para orang tua mereka sebagai penutup.

Armand W. Hartono selaku Direktur BCA menyampaikan bahwa acara ini sangat penting bagi kekeluargaan BCA, dimana keluarga BCA itu adalah 20 ribu karyawan dan keluarganya. “Dalam acara ini bisa saling mengenal dengan sesama keluarga BCA yang lebih besar, baik untuk keakraban, serta engagement,” ujarnya.

“Kegiatan ini sangat baik, karena memberikan wawasan tentang arti penting menabung kepada anak-anak sejak dini. Dengan menanamkan budaya menabung, berarti telah didorong untuk merajut masa depan yang lebih baik. Menabung memiliki manfaat yang sangat besar ketimbang membelanjakan uang mereka untuk hal-hal yang kurang bermanfaat,” kata Armand.

“Selain itu, dalam kegiatan ini mereka diperkenalkan tentang proses menabung di bank. Sehingga ke depannya mereka akan terbiasa bertransaksi di bank yang merupakan salah satu pilihan tepat untuk menabung dengan aman dan nyaman. Saya berharap acara ini setiap tahunnya bisa terus diadakan, dan bisa semakin diperbaiki agar lebih baik lagi,” tukasnya. n

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 49InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 50: INFOBCA edisi 210, 2011

Kanwil I - KCU Subang. Kegiatan Hari Pelanggan Selain Dilakukan Penyambutan Tamu oleh Pimpinan,Koc Juga Staf Kepada Nasabah yang datang, Juga ikut memanjakan anak-

anak yang dibawa oleh Nasabah sehingga mereka terhibur. R Dedeng Sudaryat

Kanwil VI - KCU Palembang. Hari Pelanggan Nasional “ yang diadakan di KCU Palembang.Sabta Apriandi, Radaktur Info BCA – KCU Palembang

Kanwil V – KCP Bukitinggi.

Memperingati Hari Pelanggan Nasional

pada tanggal 9 September 2011, KCU Bukittinggi

membagikan Gantungan Kunci kepada nasabah

dengan mengenakan kostum ala “Anak Daro & Marapulai (Minangkabau)”

Kanwil III - KCU Gresik. Hari Pelanggan di cabang Gresik

KCU Margonda. Salah satu daya tarik kegiatan menyambut Hari Pelanggan di cabang Margonda, Depok

Kanwil V – KCP Aur Kuning. Sambutan pagi hari di pintu masuk oleh CSO, Teller, KPO, dan Pimpinan KCP Aur Kuning diiringi dengan pemberian gantungan kunci BCA sangat

membuat nasabah surprise.

Staff KCP Sudirman Park sedang

menyambut dan memberikan

souvenir kepada nasabah yang

datang, pembagian souvenir ini

dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional

yang jatuh pada tanggal 9 September

2011”.Hendrik – BCA KCP

Sudirman Park

Kanwil III. Suasana perayaan Hari Pelanggan di BCA Cabang Darmo Surabaya

DINAMIKABeragam kegiatan di tingkat cabang dan kantor wilayah sebagai aktualisasi spirit kebersamaan untuk meningkatkan kualitas senantiasa mewarnai dinamika usaha BCA. Melalui aneka kegiatan di lingkungan internal dan eksternal terjalin interaksi, komunikasi dan peningkatan pemahaman berbagai pihak, yang secara bersama-sama ikut menggerakkan roda usaha BCA.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201150 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

FotoPer is t iwa

Page 51: INFOBCA edisi 210, 2011

Kanwil I - KCU Dago. Dalam rangka Hari Pelanggan, BCA Prioritas Dago memberikan souvenir kepada seluruh nasabah yg datang dan memberikan souvenir khusus utk beberapa nasabah

yang sering bertransaksi sekaligus memiliki solusi terbanyak.

Kanwil II. BCA KCU Purwokerto mengadakan acara penyambutan nasabah. Penerima Tamu yang memakai pakaian adat jawa  membagikan kue  dan souvenir kepada setiap nasabah

yang datang pada hari pelanggan tersebut.

Kanwil III - KCU Tuban. Keluarga besar karyawan KCU Tuban Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional bersama Sunarjo Soegiarto (Kepala KCU). Anjar Asnawi

KCU SCBD. Menyambut Hari Pelanggan di KCU SCBDDengan tema yang kami ambil adalah  ”Senyum Pelanggan adalah Senyumku Juga

KCU Margonda. Foto Bersama BCA KCU Margonda untuk menyambut hari pelanggan 2011Beny Buntaran, Layanan KCU Margonda

Kanwil II - KCU Solo Veteran. Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional Tahun 2011, KCU Solo Veteran menyambut nasabah yang datang dengan meberikan souvenir. Tampak

pada gambar Yohanes Sugiarto (Kepala KCU) dan Eko Siagawanto (KOC) berfoto bersama dengan Lukito Adat (nasabah) pada hari Jumat 9 September 2011.

Kanwil II - KCU Purwodadi. Ka. KCU – Au Tjeng Lin beserta Karyawan BCA Purwodadi berfoto bersama di Hari Pelanggan Nasional pada tanggal 09 September 2011.

Santoso - Kalay KCU Purwodadi

Kanwil VII. “TRAINING MOTIVASI 3 AREA 2011 KANWIL VII”

Tgl. 17 September 2011 – Ijen View Hotel

Bondowoso KCU Banyuwangi berhasil

meraih Juara I kategori Tim Terbaik; Juara I

Kategori Lomba fashion show dan Juara I kategori

lomba Ajang Kreasi sekaligus

KCU Banyuwangi sebagai JUARA UMUM pada acara

tersebut

DINAMIKABeragam kegiatan di tingkat cabang dan kantor wilayah sebagai aktualisasi spirit kebersamaan untuk meningkatkan kualitas senantiasa mewarnai dinamika usaha BCA. Melalui aneka kegiatan di lingkungan internal dan eksternal terjalin interaksi, komunikasi dan peningkatan pemahaman berbagai pihak, yang secara bersama-sama ikut menggerakkan roda usaha BCA.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 51InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 52: INFOBCA edisi 210, 2011

DINAMIKABeragam kegiatan di tingkat cabang dan kantor wilayah sebagai aktualisasi spirit kebersamaan untuk meningkatkan kualitas senantiasa mewarnai dinamika usaha BCA. Melalui aneka kegiatan di lingkungan internal dan eksternal terjalin interaksi, komunikasi dan peningkatan pemahaman berbagai pihak, yang secara bersama-sama ikut menggerakkan roda usaha BCA.

BCA Card terpilih sebagai kartu kredit pilihan masyarakat

Solo. Pada tanggal 15 Juli 2011 penghargaan

itu diterima Budi Rahardjo, Kepala KCKK

Jogya. Setiap tahun Solo mengadakan

acara SBBI, Solo Best Brand Index.

Kanwil II - KCP Kebumen. KCP Kebumensebagaipemenang Quality Office 2010 Tingkat Wilayah II Semarang

Kanwil VII. Sosialisasi & Quiz BCP 2011” di Banking Hall Lt II KCU Pasuruan tanggal 6 September 2011 – Kanwil VII

Kanwil II - KCU Kudus. KCU Kudus mengadakan Dialog Frontliner tentang Team engagement sekaligus buka puasa bersama seluruh karyawan dan penyerahan hadiah bagi pemenang

Smart Selling KCU & KCP. Acara juga diselingi dengan permainan tim yang menunjang topik DFL kali ini. Eduard Tjondro, Pjs. Kabag APK KCU Kudus

Kanwil IV. Hotel Clarion Makassar merupakan salah satu merchant setia BCA. Untuk lebih menjalin hubungan kerja sama yang baik maka pada tanggal 7 September

2011 telah di berikan penghargaan berupa reward kasir. Penyerahan dilakukan oleh Wirya Setiawan, Kepala PBC Makassar.

Kanwil I. AO KCU DAGO mengadakan pertemuan di Sierra Restoran, Dago Pakar Bandung (pd tgl 08 sept 2011), dengan dihadiri KPC, KOC, dan Pemimpin KCU. Kegiatan rutin ini

bertujuan membahas pencapaian kredit dan engagement dalam team.

Kanwil VII. Pada tanggal 5 September 2011 dilakukan serah terima jabatan Kepala KCU City Tower dari Pj. Ellyana Poespa Dewi kepada Djoko Rosmiatun Mijaata disaksikan

oleh Kakanwil VIII  Eva Sumampouw”

Kanwil V - KCP Lubuklinggau. BCA Lubuklinggau mengadakan hari Satpam, untuk memberi motivasi kepada petugas Satpam dalam menjalankan tugas-tugasnya. Kepala

KCU Ibu. Linda Yulia Tanti  beserta KOC Bpk. M Z Syukri berfoto bersama anggota Satpam.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201152 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

FotoPer is t iwa

Page 53: INFOBCA edisi 210, 2011

Kanwil VII. Pada tanggal 12 September diadakan training  eksternal  “ Focus Group Discussion “ yang diikuti Ka. KCU, KPC dan PBW, bertempat di BCA KCU Malang.

Kanwil II. Suasana Antrean Nasabah KCU Yogyakarta pada 29 Agustus 2011. Sebelum menuju ke depan teller, antrean nasabah sampai di bagian Customer Service. Banyak nasabah yang

tidak tahan berdiri, akhirnya duduk lesehan di lantai seperti pada waktu antre karcis di stasiun kereta api. Antrian ini dilayani oleh 9 teller yang harus masuk pada hari tersebut.

Kanwil I - KCU Dago. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan produk Wealth Management, BCA KCU Dago mengadakan training refreshment produk UWM, yang

iikuti oleh seluruh staf Prioritas dan perwakilan CSO Reguler

BCA KCU Margonda dan KCP mengadakan DF 4   16 September 2011 di BCA KCP Cimanggis. Dengan pembicara Agus Rahendro dari SKIMS

Kanwil VI. Foto Training Merchant 2011 KCU Pangkalpinang yang diadakan tanggal 17 dan 18 Sept 2011 di Banking Hall KCU Pangkalpinang, dihadiri oleh berbagai merchant di sekitar Kota

Pangkalpinang. Peserta paling jauh dari Kota Tanjung Pandan, Belitung.

DINAMIKABeragam kegiatan di tingkat cabang dan kantor wilayah sebagai aktualisasi spirit kebersamaan untuk meningkatkan kualitas senantiasa mewarnai dinamika usaha BCA. Melalui aneka kegiatan di lingkungan internal dan eksternal terjalin interaksi, komunikasi dan peningkatan pemahaman berbagai pihak, yang secara bersama-sama ikut menggerakkan roda usaha BCA.

Kanwil V. Rakorwil V di adakan di Hotel Premier Pekanbaru, di hadiri oleh Suwignyo ( Direksi ), Antonius Widodo, Freddy Suliman ( kakanwil V )  dan segenap Ka KCU se wilayah V

Kanwil II. Maryoto (karyawan bagian Security BCA Semarang) menerima penghargaan dan bingkisan dari pihak manajemen PT BCA Tbk KCU Semarang sebagai bukti integritas dan

kejujurannya, ia menemukan bungkusan berisi bank notes milik nasabah dengan taksiran ratusan juta rupiah dan telah di kembalikan ke nasabah pemiliknya.

Kanwil II. Pada 28 September – 04 oktober 2011, diselenggarakan acara Smart Champion 2011 di Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan program pembinaan rutin tahunan bagi

karyawan BCA yang berprestasi di bidang selling (program SMART Selling , IRIB & IMA) untuk meningkatkan skill & Motivasi dalam pemberian solusi layanan keuangan bagi nasabah BCA

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 53InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 54: INFOBCA edisi 210, 2011

Pada tanggal 07 September 2011  karyawan/wati BCA KCU Situbondo merayakan Idul Fitri 1432 H  dengan mengadakan Halal Bihalal  yang dihadiri Ka.KCU Bpk Joy W Pakasi  dan Ustad Habib Muhammad sebagai penceramah.Diharapkan dengan acara ini akan tetap membangun tali  Silaturahmi antar karyawan/wati.. Amostono – APK KCU Situbondo

Rekreasi bersama Security, Driver, Cleaning Services dan Bakti BCA Kupang, bertempat di Pantai Lasiana Kupang (PIC : INDRA BILI).

KANWIL VI/KCU BANDAR LAMPUNG. Foto Bersama pada Acara Kebersamaan dan Halal Bihalal Karyawan/ti di Pantai Carita - Pandeglang.

Pada tanggal 20 Oktober 2011 KCU Pondok Indah mengadakan Gathering KKB BCA di Telaga Sampireun – Bintaro. Acara tersebut dihadiri oleh nasabah KCU dan Seluruh jajaran

Manajemen KCU Pondok Indah” (Prabowo – AK KCU Pondok Indah)Buka bersama keluarga besarYayasan Yatim Piatu Al Hasan Watugaluh Diwek Jombang…semoga amal dan ibadah nya di terima  Allah SWT. Darmawan, CS SR KCP Ploso Jombang )

Kanwil VII. Peserta Touring Asia Motor Community (AMC) BCA Kediri di Batu Malang, 24 September 2011. Arif Wicaksono Sistem Informasi Wilayah VII

MALAM ACARA REKREASI2011Acara Rekreasi tahun 2011 karyawan/ti BCA KCU Medan di hotel Mikie Holiday Berastagi.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201154 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

FotoPer is t iwa

KEBERSAMAANBeragam kegiatan pelayanan perbankan berjalan sangat dinamis dan penuh warna. Satu hari ini dengan hari berikutnya tak akan pernah sama. Sejumlah cabang dan unit kerja mengungkapkan apresiasi kepada mitra kerja, mitra usaha dan nasabah dalam berbagai bentuk. Sebaliknya, partisipasi BCA dalam kegiatan eksternal juga memperoleh apresiasi.

Page 55: INFOBCA edisi 210, 2011

Kanwil II. BCA KCU Purwokerto mengadakan acara penyambutan nasabah. Penerima Tamu yang memakai pakaian adat jawa  membagikan kue  dan souvenir kepada setiap nasabah

yang datang pada hari pelanggan tersebut.

Dalam rangka lebaran rekan-rekan  Teller & CSO Borobudur menyempatkan diri berfoto bersama.Mohon maaf lahir dan batin. Welly – Ka. Layanan KCU BBU

Acara Siraman Rohani Sambil menunggu Buka Puasa, untuk mendekatkan diri pada Ilahi dan menjalin hubungan kebersamaan di BCA KCU Subang.

R Dedeng Sudaryat - Logistik PT Bca Kcu Subang

Dalam rangka lebaran rekan-rekan  Teller & CSO Borobudur menyempatkan diri berfoto bersama. Mohon maaf lahir dan batin. Welly – Ka. Layanan KCU BBU

Kanwil X. Training Become Exellent Supervisor di Hotel Novotel Mangga Dua pada hari Sabtu, 08 Oktober 2011

Kanwil I.Dalam rangka

peluncuran BCA Card Platinum

dengan tema batik tanggal 28 Oktober

2011, maka pada hari itu seluruh karyawan BCA

Card Center dan 9 KCKK mengunakan

pakaian batik . Dukungan seluruh karyawan UBC dan KCKK diharapkan

akan meningkatkan penjualan kartu batik tersebut.

Kanwil III. Pemotongan Pita oleh Bpk Yandy Ramadhani (PJS Kakanwil III) pada acara pembukaan Kantor Kas PGS yang dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2011.

pemberian potongan tumpeng oleh Ka. KCU Kedoya Permai, Ibu Linda Carolina kepada PIC Pembangunan gedung KCU Kedoya Permai, Bp. Gregorius Boby Atmadja, didampingi oleh

Ibu Josefa Adli (Ka. Pemasaran Cabang) dan Ibu Lea Purnama (Ka. Operasi Cabang)

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 55InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

KEBERSAMAANBeragam kegiatan pelayanan perbankan berjalan sangat dinamis dan penuh warna. Satu hari ini dengan hari berikutnya tak akan pernah sama. Sejumlah cabang dan unit kerja mengungkapkan apresiasi kepada mitra kerja, mitra usaha dan nasabah dalam berbagai bentuk. Sebaliknya, partisipasi BCA dalam kegiatan eksternal juga memperoleh apresiasi.

Page 56: INFOBCA edisi 210, 2011

FotoPer is t iwa

KEBERSAMAANBeragam kegiatan pelayanan perbankan berjalan sangat dinamis dan penuh warna. Satu hari ini dengan hari berikutnya tak akan pernah sama. Sejumlah cabang dan unit kerja mengungkapkan apresiasi kepada mitra kerja, mitra usaha dan nasabah dalam berbagai bentuk. Sebaliknya, partisipasi BCA dalam kegiatan eksternal juga memperoleh apresiasi.

Kanwil II. Dalam rangkaian Hari Raya Idul Fitri dan Sertijab Kepala KCU Salatiga, Pada hari Selasa, tgl 6 September  2011, telah dilaksanakan Halal Bihalal yang di hadiri pejabat kepala KCU Salatiga

yang baru Bpk Victor  Santosa CH didampingi dua mantan pejabat Kepala KCU yaitu Ibu Irza M Adinoto dan Bpk. Mardjukie K (Kepala KCU Balikpapan). Herry  Hermansyah, Pengawasan Internal

Cabang KCU Salatiga

Kanwil V. Kebersamaan nasabah Prioritas yaitu buka puasa bersama  di Mr Asui Restourant

KCP Permata Ujung Menteng. Kegiatan karyawan dan unit kerja Outsourcing BCA KCP Permata Ujung Menteng. Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI dan Buka Puasa Bersama pada

tanggal 19 Agustus 2011, dengan nuansa Merah Putih.Dalam rangka merayakan HUT RI, para frontliner BCA Borobudur berpose bersama dengan

kostum merah putih. (Welly P. – Ka. Layanan KCU BBU)

Nasabah ulang tahun dirayakan di ruang BCA Prioritas saat melakukan transaksi. Tujuannnya adalah untuk meningkatkan hubungan baik kita dengan nasabah. Piknik Biro Pengelolaan Merchant – Unit Bisnis Kartu Kredit tahun 2012 ke Pulau Ayer

Kanwil V. Setelah satu bulan penuh melaksanakan ibadah puasa bagi Umat Muslim, maka memasuki bulan Syawal ini BCA Kanwil V melakasanakan acara Halal Bi Halal dengan

mengundang seluruh Karyawan dan Outsource se Kota Medan pada tanggal 21 September 2011 di Gedung BCA Medan Lantai 6.

Suheri, Logistik BCA Kanwil V

Kanwil VI. Suasa perayaan Ultah BCA Tg. Pinang ke-20 yang jatuh pada tgl 14-08-2011 berserta acara buka puasa bersama & QM bln Agustus 2011. Acara sirahturami dan

kekeluargaan bersatu menjadi team solid BCA Tg. Pinang

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201156 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 57: INFOBCA edisi 210, 2011

KEBERSAMAANBeragam kegiatan pelayanan perbankan berjalan sangat dinamis dan penuh warna. Satu hari ini dengan hari berikutnya tak akan pernah sama. Sejumlah cabang dan unit kerja mengungkapkan apresiasi kepada mitra kerja, mitra usaha dan nasabah dalam berbagai bentuk. Sebaliknya, partisipasi BCA dalam kegiatan eksternal juga memperoleh apresiasi.

Rekresasi bersama pada tanggal 01 – 02 Oktober 2011 di hotel Vanda Gardenia Trawas

Kanwil VII. Pada tanggal 7 – 8 September 2011 diadakan test calon Bakti BCA sebanyak +/- 400 peserta bertempat di BCA KCU Malang. Tampak sebagian peserta sedang

mengerjakan soal-soal tesKanwil VI. Buka bersama karyawan dan karyawati Capem PTC Palembang pada

tanggal 19 Agustus 2011”

Kanwil XI - KCP Sei. Pinyuh. Acara Gathering dan Perayaan makan kue bulan bersama nasabah di Hotel Kini, Pontianak

Kanwil X. Pada tanggal 7-9 sept 2011, diadakan acara Fun Education with BCA Kanwil X. Acara di hadiri oleh sekitar 49 orang anak ² karyawan dan karyawati cabang di wilayah X.

Tenis Meja BCA juara 3 PERKAJA II

Team tenis meja BCA berhasil meraih juara ke 3 pada turnamen tenis meja PERKAJA II yang berlangsung

17 September 2011 di BRI Sudirman. Pemain tenis meja BCA adalah

Herry Theo, Robby , Ahari, Mustakim,

Wirawan, Santoso dan Dian. Format

pertandingan 2 ganda putra dan 1 ganda

campuran.

Kanwil V - KCP Bireuen. Menjalin Kebersamaan dengan “BUBER “

Kanwil II. KCU Solo Veteran mengadakan kegiatan rekreasi “Jogja Tour 2011” pada tanggal 23 Juli 2011 dengan tujuan daerah wisata di daerah Jogja, antara lain Desa Cangkringan,

Taman Sari dan Pantai Depok.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 57InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 58: INFOBCA edisi 210, 2011

FotoPer is t iwa

APRESIASIBeragam kegiatan pelayanan perbankan berjalan sangat dinamis dan penuh warna. Satu hari ini dengan hari berikutnya tak akan pernah sama. Sejumlah cabang dan unit kerja mengungkapkan apresiasi kepada mitra kerja, mitra usaha dan nasabah dalam berbagai bentuk. Sebaliknya, partisipasi BCA dalam kegiatan eksternal juga memperoleh apresiasi.

Kanwil II - KCU Pekalongan.

Pada hari  kamis, 25 Agustus 2011 telah

diserahkan 1 unit Yamaha Mio kepada Watini

nasabah KCP Comal yang telah memenangkan

undian GHT periode 13 Agustus 2011,hadiah

diserahkan oleh Sukarsono Sukarso selaku

KOC KCU Pekalongan.

Penyerahan Hadiah Grand Prize Undian

Program CRP Payment  BCA Periode

Mei 2011-Juli 2011. Hadiah Grand Prize berupa 1(satu) unit mobil Toyota Yaris.

Tampak dalam gambar dari kiri foto, Ong

Sukianto (Kepala KCU Taman Dutamas), Santo

(Pemenang Undian-Nasabah KCP THI),

Kusnaningsih (Pemimpin BCA KCP THI)

Kanwil V. Penyerahan hadiah

apresiasi tahapan 2011 kepada nasabah BCA

prioritas Hendra berupa mesin fotocopy Cannon.

Kanwil IX.Penyerahan Hadiah Motor Gebyar BCA

kepada Delon, Senin, 22 Agustus 2011. Hadiah

diserahkan oleh Sri Indrajanti Dewi – Kepala

KCU BCA Matraman dan Francie Bonggo

Bong – Pemimpin KCP Gondangdia. Delon merupakan nasabah

BCA KCP Gondangdia.

Kanwil VI - KCU Pangkalpinang. Penyerahan hadiah apresiasi Tahapan 2011 oleh Salim Lestari Selaku kepala KCU Pangkalpinang

KCP Sudirman Park diwakili oleh Pemimpin

KCP – Hendrik Tjio menyerahkan hadiah berupa 1 (satu) buah

Ipad2 kepada pemenang program CRP Payment periode Agustus 2011

Kanwil II - KCP Pekalongan.

Penyerahkan hadiah GHT BCA Periode 27

Agustus 2011 berupa 1 unit sepeda motor

MIO kepada Tutik Alawiyah,penyerahan dilakukan di Banking Hall KCU Pekalongan

dan diserahkan langsung oleh KOC

Pekalongan Sukarsono Sukarso

Kanwil IEni Garyani selaku Kepala pendukung

Operasi KCU Subang Kanwil I menyerahkan1 unit Yamaha Mio kepada Yulia Sebagai  pemenang

GTB yang diundi pada tanggal 27 Agustus 2011

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201158 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 59: INFOBCA edisi 210, 2011

BAKTI SOSIALBeragam kegiatan pelayanan perbankan berjalan sangat dinamis dan penuh warna. Satu hari ini dengan hari berikutnya tak akan pernah sama. Sejumlah cabang dan unit kerja mengungkapkan apresiasi kepada mitra kerja, mitra usaha dan nasabah dalam berbagai bentuk. Sebaliknya, partisipasi BCA dalam kegiatan eksternal juga memperoleh apresiasi.

Kanwil VPada Bulan Suci Ramadhan 1432

H  tepat   Pada hari Kamis  tanggal  11

Agustus 2011BCA KCU Bukit Barisan

Beserta KCP Medan memberikan bingkisan

Lebaran &  Buka Bersama dengan Anak

Yatim Piatu

SPB DPC Pasuruan beserta keluarga berbagi kasih dengan anak yatim piatu yang ada di Desa Gondangwetan-Pasuruan.Dengan mengajak anak-anak kita untuk berbagi dengan saudara-

saudara yang kekurangan, membuat agar mereka merasa bersyukur masih mempunyai keluarga yang utuh.

Kanwil III. KCU  Kisaran  mengadakan  acara Buka  Puasa Bersama  Anak –anak  Yatim  Piatu   Muhamaddiyah   di  Kisaran dan penyerahan 

sumbangan sebagai Tali kasih  berupa  sembako  oleh  Kepala  KCU  Antonius  Roman.

Kanwil I. Di BCA KCU Dago Bandung diadakan Buka Puasa Bersama yang dihadiri seluruh karyawan/ karyawati BCA Dago. Acara diisi dengan Pembacaan Al Qur'an, mendengarkan

Siraman Rohani, sholat berjamaah dan ditutup dengan berbuka bersama diiringi lagu - lagu religi oleh artis - artis BCA Dago.

Kanwil X. Sebagai salah satu kepedulian terhadap sesama ,karyawan - karyawati BCA KCU, KCP  Pluit dan SOK KP Mengadakan kegiatan rutin di bulan Suci Ramadhan 1432 H, Yaitu " Buka Puasa Bersama dan Santunan kepada 107 Anak Yatim Piatu " Yang berada disekitar lingkungan

BCA KCU Pluit. Ridwan - Apk Pluit .

Kanwil II. Suasana Buka bersama Manajemen BCA Yogyakarta dengan Panti Asuhan Yatim Piatu bertempat di banking Hall Lantai 1 BCA Yogyakarta. Dihadiri oleh Kepala KCU,  KOC dan

pejabat lainnya serta perwakilan masing-masing bagian karyawan BCA Yogyakarta

KCP TANJUNG REDEB. Dalam rangka

menyambut Hari Raya Idul Fitri 1432 H.Kegitan tersebut

dilaksanakan di Kampung Bangun Kecamatan

Sambaliung Kabupaten Berau.

Tampak dalam foto saat penyerahan Bingkisan

Lebaran secara simbolik oleh Pemimpin BCA KCP Tanjung Redeb  ( Suryadi Suciatno ) kepada Ketua

RT setempat.

Kanwil I.Penyerahan bantuan

kepada YAYASAN SOSIAL PANTI ASUHAN ANAK

Penghimpunan dana dari karyawan/ti BCA KCU/ KCP Dago dalam acara BUKA PUASA BERSAMA

24,Agustus 2011Bekerja sama dengan

SERIKAT PEKERJA NIBA KOMCAB DAGO

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 59InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 60: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o P r o d u k

Pernahkah Anda diberikan nomor rekening tertentu dari pihak pengelola apartemen atau perumahan Anda, sekolah anak Anda

atau penyedia jasa lainnya yang berfungsi sebagai rekening tujuan pembayaran tagihan Anda dengan bank tujuan BCA ? Apabila pernah, maka sebenarnya Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu terobosan terbaru dari BCA yang berfungsi untuk memudahkan identifikasi transaksi dan rekonsiliasi.

BCA Virtual Account :Solusi Mudah Untuk Identifikasi

Transaksi dan Rekonsiliasi

BCA hadir dengan BCA Virtual Account, yang diciptakan untuk memudahkan co-partner (perusahaan yang bekerja sama dengan BCA) dalam mengidentifikasi pembayaran dari para pelanggannya secara cepat dan akurat.

Selain menguntungkan bagi co-partner, BCA Virtual Account juga memberikan keuntungan bagi para pelanggan co-partner, di antaranya mereka tidak perlu lagi datang kepada co-partner untuk menyerahkan bukti fisik transaksi. Pelanggan juga tidak

wajib membuka rekening baru untuk dapat menggunakan fasilitas BCA Virtual Account dan bebas biaya untuk transaksi yang dilakukan melalui channel BCA (ATM, internet banking, counter). Bahkan bagi pelanggan yang tidak memiliki rekening di BCA pun dapat melakukan pembayaran melalui transaksi Kiriman Uang (berupa LLG maupun RTGS) ataupun warkat dari bank lain.

Berikut adalah langkah-langkah transaksi BCA Virtual Account melalui berbagai cara pembayaran :

1. Melalui ATM

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201160 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 61: INFOBCA edisi 210, 2011

4. Melalui Counter Bank Lain :

3. Melalui Counter BCA2. Melalui KlikBCA

A. Pilih menu "Transfer Dana", "Transfer ke BCA Virtual Account"

B. Masukkan nomor BCA Virtual Account atau pilih "Dari Data Transfer"

C. Masukkan berita dan pilih "Lanjut" atau apabila diminta memasukkan jumlah yang ditransfer, masukkan jumlah yang akan dibayarkan, masukkan berita dan pilih "Lanjut".

Transaksi BCA Virtual Account juga dapat dilakukan melalui KlikBCA Bisnis dengan memilih menu "Transfer Dana ke BCA Virtual Account"

Besarnya biaya tergantung dari kebijakan bank yang bersangkutan

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 61InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 62: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o U t a m aI n f o B u d a y a

Perburuan Paus, atau yang dalam bahasa setempat disebut Koteklema, dapat dikatakan sebagai prosesi

perburuan yang paling “beradab”.

Page 63: INFOBCA edisi 210, 2011

Sebagai informasi, Lamalera adalah sebuah kawasan teluk di Pulau Lembata yang berada di seberang utara Pulau Timor.

Pulau Lembata memiliki karakteristik yang serupa dengan kebanyakan pulau lainnya di Indonesia, yaitu didominasi oleh kawasan pegunungan. Lamalera memiliki garis pantai yang variatif, yaitu gabungan antara curamnya batu karang, pantai berkarang nan eksotik, dan juga minoritas pantai landai berhiaskan pasir warna abu-abu.

Berburu KoteklemaIndonesia adalah negara yang sangat luar biasa. Terbujur dari Sabang hingga Merauke, Indonesia melingkupi keanekaragaman budaya dan adat istriadat yang eksotik sekaligus mengagumkan. Salah satu budaya yang cukup unik untuk disimak adalah budaya berburu Paus di Lamalera, sebuah kawasan yang terletak di salah satu sudut provinsi Nusa Tenggara Timur. Budaya yang dilestarikan secara turun temurun ini telah menjelma menjadi potensi pariwisata yang juga berperan penting dalam gerak perekonomian masyarakatnya.Terlepas dari berbagai pandangan pro dan kontra, perburuan Paus di Lamalera nyatanya tetap lestari.

Secara umum, Lamalera memiliki pemandangan alam yang cukup memikat hati. Apalagi, didukung minimnya polusi di darat maupun di laut, Lamalera seolah mampu menyatukan kejernihan laut yang biru dengan hijau pepohonan di kaki pegunungan.

Dan bagi Anda yang membayangkan bahwa prosesi perburuan Paus di Lamalera ini berlangsung brutal dan sadis, silahkan segera merubah atau bahkan menghapus bayangan tersebut.

Perburuan Paus, atau yang dalam bahasa setempat disebut Koteklema, dapat dikatakan sebagai prosesi perburuan yang paling “beradab”. Hal ini disebabkan karena perburuan Koteklema tidak semata-mata digelar untuk memenuhi hasrat berburu yang membabi buta tanpa alasan jelas.

Lebih dari itu, Leva Nuang, atau perburuan yang setiap tahunnya digelar sepanjang bulan Mei hingga September, ini sarat dengan balutan unsur budaya yang sangat luar biasa.

Leva Nuang, atau perburuan yang setiap tahunnya digelar sepanjang bulan Mei hingga September, ini sarat dengan

balutan unsur budaya yang sangat luar biasa.

Page 64: INFOBCA edisi 210, 2011

I n f o U t a m aI n f o B u d a y a

Rangkaian Ritual dari Puncak Gunung Hingga Tepi Laut

Untuk memulai musim perburuan Ikan Paus, masyarakat Lamalera harus melakukan sejumlah ritual yang cukup panjang, mulai dari puncak gunung hingga tepi laut. Dapat dikatakan bahwa tanpa pelaksanaan ritual ini, maka tidak akan pernah terjadi prosesi perburuan Paus. Kepercayaan setempat menyakini bahwa keberhasilan yang mereka rasakan selama musim perburuan Paus di Laut Sawu -laut terdekat kawasan Lamalera yang menjadi teritori perburuan Paus- adalah semata-mata berkat dan kesungguhan kesungguhan dari ritual yang mereka lakukan.

Masyarakat Lamalera memiliki tiga “tungku” atau suku yang mereka percayai memiliki pengaruh yang kuat terhadap ritual kehidupan budaya mereka sehari-hari. Ketiga tunggu tersebut adalah Blikololon, Levotuka dan Bataona. Masing-masing memiliki peranan tersendiri dalam ritual yang dilakukan sebelum musim perburuan Paus di mulai.

Prosesi dimulai pada tanggal 28 April dengan melakukan persembahan khusus di Palungan Kedena, sebuah batu berbentuk cekung yang dipercaya sebagai tempat menaruh sesembahan. Upacara ini berlanjut pada tanggal 29 April dengan melakukan upacara di atas bukit dimana sebuah batu berbentuk Paus yang disebut masyarakat setempat sebagai Lango Wujon, berada. Mereka yang melakukan upacara di Lango Wujon kemudian akan turun menuju pantai. Selama perjalanan menuju pantai mereka tidak diperbolehkan berbicara dan menoleh ke belakang. Sesampainya

di laut, mereka pun melakukan kegiatan mandi bersama di lepas pantai. Selanjutnya, setelah melakukan misa arwah pada tanggal 30 April, maka pada keesokan harinya yaitu tanggal 1 Mei, perburuan Paus pun dimulai.

Mengutip sebuah artikel dari buku pariwisata Lamalera, disebutkan bahwa masyarakat Lamalera memiliki kearifan lokal yang memudahkan segalanya, seperti norma, pranata dan juga tata cara adat. Berlandas pada ketiga hal itulah, maka para nelayan Lamalera diperkenankan untuk memuaskan hasrat berburunya yang sangat luar biasa.

Peraturan Yang Mendamaikan

Selama musim berburu, banyak hal yang menjadi perhatian penduduk Lamalera. Keberhasilan maupun kegagalan yang mereka hadapi senantiasa dikaitkan dengan kehidupan mereka sehari-hari. Jack, salah seorang putra Tuan Tanah di Lamalera menyebutkan bahwa apabila terjadi kegagalan berburu Paus, seperti pulang dengan tangan kosong ataupun tejadi sebuah kecelakaan, maka sejatinya mereka menganggap semua itu sebagai pertanda yang harus diperhatikan.

Tidak hanya berfokus pada berburu paus, ikan pari raksasa pun bisa menjadi buruan

Keberhasilan maupun kegagalan, masyarakat Lamalera meyakini ada kaitan dengan kehidupan sehari-hari

Untuk memulai musim perburuan Ikan Paus, masyarakat Lamalera harus melakukan sejumlah ritual yang cukup panjang, mulai dari puncak gunung hingga tepi laut.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201164 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 65: INFOBCA edisi 210, 2011

“Disini kita melihat, apakah sebelum melaut kita pernah bertengkar dengan saudara atau tetangga? Jika kita merasa bersalah, kita harus segera berdamai dan meminta maaf kepada peseteru kita,” ungkap Jack. Peraturan adat ini merupakan kearifan lokal yang sangat luar biasa efektif dalam menjaga kerukunan hidup sesama masyarakat Lamalera.

Selaras dengan hal tersebut, Lamafa atau juru tikam Paus, diharamkan untuk meneguk minuman keras (meskipun pada kenyataannya masih boleh mencicipi bir. red) pada malam hari sebe-lum perburuan. “Selain itu, Lamafa pun dilarang menggauli / bercampur dengan istrinya,” jelas Jack sembari tersenyum.

Dan selama musim perburuan ber-langsung, seluruh masyarakat diwajibkan untuk menjaga ketenangan. Tidak boleh terdengar hiruk pikuk yang mengganggu berlalunya malam. Apabila terjadi, maka para tetua akan melakukan teguran se-cara langsung dengan keras. “Intinya, kita harus saling menjaga suasana dan keda-maian,” jelas Jack bersungguh-sungguh.

Peraturan adat lainnya yang juga menggambarkan kerukunan hidup di Lamalera adalah ketika mereka menentu-kan pembagian Paus yang mereka buru. Setiap awak dan keluarganya memiliki bagian tersendiri sesuai dengan per-aturan yang berlaku. Disini tampak jelas

bahwa masyarakat Lamalera menjun-jung tinggi keadilan. Keadilan adalah segalanya bagi mereka, karena keadilan adalah puncak kesempurnaan sebuah perburuan.

Peralatan Berburu Tidak hanya prosesi perburuan saja

yang dibaluti kentalnya adat istiadat. Seluruh peralatan yang dipergunakan dalam berburu Paus pun harus dibuat dengan aturan-aturan tertentu yang cukup ketat.

Sebut saja salah satunya prosesi pembuatan Paledang atau perahu ber-buru. Paledang terbuat dari sebuah kayu khusus yang diambil dari pedalaman dan dikerjakan oleh orang-orang yang ditunjuk secara khusus pula. Setiap tahap pembuatan harus melalui ritual tertentu. Pantang bagi masyarakat Lamalera untuk membuat Paledang tanpa adanya sentu-han ritual.

Demikian pula proses pembuatan mata tombak yang mereka sebut dengan Tempuling. Tempuling terbuat dari besi tempa berbentuk lonjong panjang di-mana ujungnya pipih dan tajam berkait. Secara bergotong royong mereka mem-buat Tempuling di pinggir pantai dengan menggunakan peralatan sederhana dan trandisional. Disini tidak ada sentuhan dunia moderen sedikit pun. Batangan besi mereka tempa sembari melantukan

doa-doa sesembahan secara disiplin. Mereka mengenal 4 jenis Tempuling dengan masing-masing kegunaan yang berbeda, yaitu kaffe leofa, kaffe kotak lemang, kaffe leo belle dan kaffe kubi. Dalam perburuan Paus, Tempuling yang digunakan adalah kaffe kotak lemang, sementara tiga lainnya digunakan untuk menangkap buruan selain Paus.

Ritual serupa juga berlaku pada saat pembuatan tali pengikat Tempuling. Prosesi pembuatan tali ini berlangsung sejak pukul 4 pagi. Dimana seluruh keluarga para awak kapal pemburu bahu membahu memintal tali tersebut. Di bawah cahaya rembulan yang mulai beranjak pergi, mereka bergiat membuat tali yang dipercaya memiliki peranan penting dalam proses perburuan, dimana hidup dan mati adalah taruhannya.

Kesiapan peralatan selalu menjadi perhatian utama sebelum dimulainya berburu

Paledang atau perahu berburu, terbuat dari sebuah kayu khusus yang diambil dari pedalaman dan dikerjakan oleh orang-orang yang ditunjuk secara khusus

proses pembuatan mata tombak yang mereka sebut dengan Tempuling

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 65InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 66: INFOBCA edisi 210, 2011

Bersepeda kini kembali menjadi olahraga yang banyak diminati orang, setelah beberapa waktu sempat tergeser keberadaannya

akibat tergerus laju perkembangan jaman. Tidak saja sebagai alat olahraga yang menyehatkan tubuh saja, tapi kini sepeda juga dimanfaatkan sejumlah orang sebagai rekreasi. Dan kini tidak jarang kita temui sejumlah orang yang pergi ke kantor dengan mengayuh sepeda.

Setiap orang pasti mendambakan mempunyai tubuh yang sehat. Karena dengan tubuh yang sehat sesorang akan dapat bekerja dengan optimal serta melakukan beragam kegiatan yang menunjang hidup dengan baik. Berolahraga sepeda dengan rutin merupakan salah satu cara untuk menjaga stamina tubuh agar tetap bugar dan sehat.

YukBersepeda….

Sehat Bugar Dengan Bersepeda

Bersepada merupakan salah satu cara yang terbilang mudah dan santai dalam berolehraga sehingga banyak orang yang melakoninya. Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga aerobic, selain senam , jogging dan berenang.

Bersepada dengan menempuh beberapa kilometer dapat membuat tubuh bereaksi dengan mengeluarkan keringat.

Karena pada saat mengayuh pedal sepeda, mulai dari otot tungkai, lengan, perut dan punggung senantiasa terlatih untuk bergerak. Hasilnya, tubuh menghasilkan panas yang dapat membakar lemak dalam tubuh. Dengan kata lain bersepeda menjadi salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Tidak hanya membakar lemak dan membuat otot-otot kuat, namun bersepeda

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201166 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

I n f o U t a m aI n f o S e h a t

Page 67: INFOBCA edisi 210, 2011

juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Jika dilakukan dengan teratur bersepeda dapat mencegah penyakit jantung menyerang. Karena dengan bersepeda mampu mengoptimalkan fungsi jantung dan paru-paru dengan memacu detak jantung hingga mencapai tahap optimal yaitu 60-70 persen dari detak jantng maksimal. Semua ini menjadikan jantung lebih efektif bekerja.

Selama mengayuh sepeda paru-paru juga akan terpacu berfungsi secara optimal. Karena gerakan bersepeda dapat membuka dan menutup saluran pernapasan ini dengan baik. Dengan demikian polusi udara yang sempat mengotori paru-paru dapat kembali bersih. Tidak itu saja, dengan bersepeda dapat menguatnya system pembuluh darah arteri serta memperlancar sirkulasi darah.

Sebagai olahraga aerobic, bersepeda akan lebih optimal bagi kebugaran tubuh jika dilakukan secara rutin. Sebagai contoh Anda dapat melakukan 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Sebagai permulaan Anda dapat melakukannya secara perlahan dengan mencoba dua kali dalam seminggu. Setelah dirasakan mulai terbiasa, coba tingkatkan intensitas bersepeda hingga mencapai tahap yang optimal. Semua ini tentunya menjadikan olahraga bersepeda sebagai sebuah aktivitas yang rutin dan teratur.

Cobalah berolahraga sepeda ini dalam waktu satu bulan secara teratur, Anda akan merasakan manfaatnya yaitu tubuh lebih sehat dan bugar.

Penting Dilakukan Saat BersepedaDalam melakukan aktivitas bersepeda

ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya menggunakan peralatan standar untuk menjaga keselamatan.

Salah satunya adalah menggunakan helm ketika bersepeda. Karena olahraga ini termasuk olahraga dengan resiko cedera cukup tinggi. Contohnya mountain bike dimana medan yang dilewati tidak rata serta penuh tantangan.

Selama bersepeda sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang yang nyaman serta mudah menyerap keringat dan celana pendek. Pilihlah warna yang terang agar pengguna jalan yang lain bisa mengetahui keberadaan Anda.

Sementara itu untuk lebih memantapkan cengeraman tangan pada stang serta menghindari jari tangan dari kesemutan, sebaiknya gunakan sarung tangan. Menggunakan kacamata juga diperlukan selama bersepada untuk menghindari debu masuk ke mata.

Dan untuk mengantisipasi cuaca yang berubah-ubah, Anda bisa menyiapkan sunblock serta jas hujan. Sunblock berfungsi untuk menjaga kulit dari sengatan matahari yang berlebih yang dapat menyebabkan kehitaman pada kulit atau bahkan penyakit kulit akibat sinar ultraviolet yang berlebih. Untuk jas hujan, pilihlah jas hujan yang memang dirancang khusus untuk olahraga bersepeda, sehingga kenyamanan Anda saat bersepeda tidak terganggu. Anda tertarik? (dari berbagai sumber)

Gunakanlah helm untuk menjaga keamanan kepala

Kenakan pakaian (kaus) yang mudah menyerap keringat dan terasa nyaman di badan

Kenakan celana pendek yang nyaman dan warna yang terang

Sarung tangan untuk menyerap keringat dan menjaga agar tidak kesemutan

Sepatu ringan dan nyaman agar tidak mudah berkeringat

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 67InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 68: INFOBCA edisi 210, 2011

Apapun yang terjadi ku kan slalu ada untukmuJanganlah kau bersedih cause everything gonna be okay

(Ya Sudahlah / Bondan Prakoso)

Pernah ingat kata-kata Mens sana in corpore sano? Sebuah kutipan penyair asal Romawi bernama Juvenal yang artinya dalam badan yang sehat

terdapat jiwa yang sehat. Kutipan tersebut mencerminkan bagaimana pada masa itu badan yang sehat adalah segalanya. Sehingga jika kita lihat dalam gambaran patung atau lukisan pada masa itu, tubuh ideal adalah yang kekar dan berisi.

Pada perkembangannya, filsuf Perancis abad 17 bernama Descartes menemukan sesuatu yang baru. Fisik tidak lagi menjadi perhatian pertama, fokus beralih pada pikiran atau sesuatu yang ada di dalam badan kita (jiwa). Ungkapan Decrates Cogito ergo sum yang artinya aku berfikir maka

aku ada, lebih mengutamakan makna keberadaan jiwa atau pikiran.

Pendapat tersebut tersebut terbukti ketika dunia mengenal professor Stephen Hawking.Ia adalah seorang ilmuwan yang meneliti fisika kuantum dan terkenal dengan teori lubang hitam. Terlepas dari kontroversial tulisannya yang menyatakan bahwa alam semesta tercipta dengan sendirinya dari ketiadaan.Pemikiran Hawking yang cacat fisiknya begitu serius telah mengundang banyak pendapat.

Hawking yang sejak tahun 1974 mend-erita sakit tetraplegia (kelumpuhan) karena sklerosis lateral amiotrofik, karier ilmiahnya terus berlanjut selama beberapa dekade. Buku-buku dan penampilan publiknya

menjadikan ia sebagai seorang selebritis aka-demik dan teoretikus fisika yang termasyhur di dunia.

Dengan cacat fisiknya yang begitu serius bagaimana Hawking bisa mengungguli saingan-saingan berat lainnya seperti Roger Penrose, Werner Israel, dan Yakov Borisovich Zeldovich? Mereka semua menggunakan tangan untuk menuliskan berlembar-lembar perhitungan di atas kertas, yang memudah-kan mereka untuk melihat ulang. Hanya den-gan kekuatan pikirannya Hawking mampu melakukan hitungan-hitungan rumit dalam kepalanya. Dia telah menggantikan kertas dan pena dengan gambaran mentalnya dalam memecahkan masalah fisika kuantum.Kekuatan pikiran yang dapat melampaui kemampuan fisik telah membuktikan dapat menjangkau sesuatu yang semula dianggap tidak mungkin.

Dalam dunia kerja, MC Cleland ber-pendapat kepandaian bukan semata-mata ukuran untuk sukses. Ada hal-hal lain yang mempengaruhinya, yaitu kecerdasan emosional yang pada era tahun 1990-an dipopulerkan oleh Daniel Goleman dengan nama Emotional Quotient (EQ). EQ membuat manusia memiliki rasa empati, cinta, motivasi dan kemampuan untuk menanggapi perasaan orang secara cepat. Menurut sebuah survei yang dilakukan di Amerika Serikat terkait kecerdasan emosi, ketrampilan dan kepandaian sama pent-

Sehat dan Bahagia

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201168 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

I n f o U t a m aW e C a r e

Page 69: INFOBCA edisi 210, 2011

ingnya dengan kemampuan dasar untuk beradaptasi dalam pekerjaan, kemampuan berkomunikasi (termasuk mendengarkan), bekerjasama dalam tim, keinginan untuk berhasil, kepercayaan diri dan ketahanan mental terhadap kegagalan.

Akan sangat berarti jika secara keseluru-han tubuh dan jiwa kita sehat.Orang-orang yang mampu berfikir positif, akan lebih sehat secara mental. Dalam kesehariannya orang-orang yang senantiasa berfikir positif juga mempunyai kemampuan kuat untuk menghadapi tantangan kehidupan.

Tentunya kita tidak dapat terlepas dari pemicu stres, sebagai contoh misal-nya pekerjaan yang menumpuk, adanya komunikasi yang kurang baik dengan rekan kerja, atau adanya perubahan prosedur kerja yang membutuhkan penyesuaian baru.Stres dapat menimpa kita setiap waktu, karena stres merupakan bagian dari kehidupan kita sebagai manusia.Bayangkan kalau setiap hari semua dialami biasa-biasa saja, tidak ada pe-rubahan baik perbaikan maupun penurunan kualitas hidup.Tentunya hidup menjadi kurang ‘berwarna’.

Kemampuan seseorang dalam menge-lola stres tentunya berbeda-beda.Ada yang senantiasa berfikir negatif, menghadapi tekanan sebagai kesulitan hidup yang tidak pernah berakhir. Dunia seperti akan kiamat, tiada jalan atau upaya yang dapat menyele-saikannya. Ada lagi seseorang yang mampu mengelola stres dengan baik karena pikiran-nya selalu positif.

Stres yang terus menerus dan tidak dikelola dengan baik akan mempengaruhi kesehatan jiwa kita. Juga akan mempenga-ruhi fisik kita.

Jika secara tidak sadar, kita mulai sering marah-marah tanpa alasan, mencurigai orang lain tanpa alasan yang jelas, sering sakit namun ketika diperiksa dokter tidak diketahui penyebabnya, kita sebaiknya waspada. Kemungkinan stres yang menum-puk yang tidak dikelola dengan baik telah mempengaruhi kesehatan jiwa kita.

Berdasarkan Studi Bank Dunia (World Bank) pada tahun 1995 di beberapa negara menunjukkan bahwa hari-hari produktif yang hilangatau Dissability Adjusted LifeYears (DALY's) sebesar 8,1% dari Global Burden of Disease disebabkan oleh masalah kesehatan jiwa. Angka ini lebih tinggi dari pada dampak yang disebabkan penyakitTuberculo-

sis(7,2%), Kanker(5,8%), Penyakit Jantung (4,4%) maupun Malaria (2,6%).

Banyak hal sederhana yang bisa dilaku-kan untuk menyeimbangkan jiwa kita.Di-antaranya adalah berkebun, faktanya orang yang suka dan tekun berkebun cenderung lebih sabar dan optimis.Kemampuan orang yang tekun berkebun dalam mengelola stres cenderung lebih baik. Dia bisa menghadapi masalah dengan sabar, karena terbiasa ber-sahabat dengan alam melalui tanaman yang ada di kebunnya.

Petani biasanya adalah orang yang sabar. Dengan sabar, petani akan membersihkan kebunnya dari hama yang menyerang, mem-beri pupuk pada tanamannya, menyirami, dan mengamati musim, menunggu saat yang tepat untuk memanen hasil kebunnya.

Olah raga juga salah satu cara untuk me-nyeimbangkan jiwa kita, badan yang sehat menjadikan oksigen yang mengalir ke otak lancar. Darah akan terpompa dan mengalir dengan lancar keseluruh tubuh kita. Dengan demikian jiwa kita akan lebih kuat dalam menerima tekanan-tekanan dari luar.

Satu lagi cara sederhana, namun sangat penting dalam kesehatan kita adalah mengelola asupan makanan. Makanan yang sehat akan mempengaruhi kesehatan badan dan jiwa kita. Berdasarkan beberapa penelitian, orang yang banyak makan sayur dan buah, cenderung lebih sabar dibanding dengan orang-orang yang menyukai makan daging atau makanan yang mengandung protein hewani lainnya.

Ajaran agama yang mengajarkan kita untuk berkontemplasi dengan berdoa, bersembahyang, atau meditasi merupakan cara yang paling ampuh dalam mengelola stres. Seorang teman yang dalam pekerjaannya banyak menerima tekanan dari berbagai pihak, pernah ber-cerita bagaimana perasaannya lebih lega setelah berdoa. Tekanan dari luar tetap ada, tapi dia mendapatkan ketenang-an hati setelah sembah-yang. Jika semua sudah dilakukan dengan baik, stres meng-

Menurut sebuah survei yang

dilakukan di Amerika Serikat terkait

kecerdasan emosi, ketrampilan dan

kepandaian sama pentingnya dengan kemampuan dasar untuk beradaptasi dalam pekerjaan,

kemampuan berkomunikasi

(termasuk mendengarkan),

bekerjasama dalam tim, keinginan

untuk berhasil, kepercayaan diri dan

ketahanan mental terhadap kegagalan.

hadangpun dapat dikelola dengan baik dan harapan kita untuk hidup sehat dan bahagia dapat terkabul. Semoga.

Ambar Kurniati - BHI

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 69InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 70: INFOBCA edisi 210, 2011

Wisata Air TerjunBila ingin mengajak anak–anak hiking dan bermain air tanpa terlalu lelah inilah tempatnya. Terletak di Desa Cicadas Panaruban Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang terdapat 4 curug yang indah dan masih alami.

Wilayah Kabupaten Subang terbagi menjadi 3 bagian wilayah,

yakni wilayah selatan, wilayah tengah dan wilayah utara. Bagian

selatan wilayah Kabupaten Subang terdiri atas dataran tinggi/

pegunungan, bagian tengah wilayah kabupaten Subang berupa

dataran, sedangkan bagian Utara merupakan dataran rendah yang

mengarah langsung ke Laut Jawa. Sebagian besar wilayah

Pada bagian selatan kabupaten Subang berupa Perkebunan, baik

perkebunan Negara maupun perkebunan rakyat, hutan dan lokasi pariwisata. Pada bagian

tengah wilayah kabupaten Subang berkembang perkebunan

karet, tebu dan buah-buahan dibiodang pertanian dan

pabrik-pabrik dibidang Industri, selain perumahan dan pusat pemerintahan serta instalasi

militer. Kemudian pada bagian utara wilayah kabupaten Subang

berupa sawah berpengairan teknis dan tambak serta pantai.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201170 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

I n f o U t a m aI n f o W i s a t a

Page 71: INFOBCA edisi 210, 2011

Untuk mencapai lokasi curug tidaklah sulit, jalan masuknya tepat berada di depan jalan masuk menuju sumber air panas Sari Ater yang

terkenal itu. Setelah melewati perkebunan teh kita akan memasuki perkampungan penduduk. Kurang lebih 4 km dari jalan Raya Subang, ada papan nama Capolaga Adventure Camp dan jalan masuk seperti halaman rumah biasa. Area ini merupakan milik pribadi, kurang lebih seluas 10 hektar dan mempunyai 3 air terjun. Dengan membayar tiket kurang dari Rp 10.000 kita dapat menikmati semua keindahan yang ada.

Bila ingin menginap ada beberapa pondok kayu yang disewakan berkisar antara

Rp 600.000,- sampai dengan Rp 1.200.000,. Pondok –pondok tersebut dilengkapi dengan dapur, kasur dan TV,ada juga yang dapat memuat rombongan hingga 20 orang. Disarankan untuk membawa bekal makanan yang cukup dan lengkap bila ingin memasak sendiri, karena jauh dari warung. Bila tidak mau repot dapat pula memesan makanan pada pengelola untuk tiga kali makan sehari.

Perjalanan dimulai dengan menuruni anak tangga yang sengaja dibuat supaya tidak licin. Setelah melewati jalan setapak dan menyeberangi jembatan bambu tibalah di Curug Karembong, yang memiliki selendang. Memang bila diperhatikan bentuk air terjun yang mengalir seperti selendang yang dikebutkan mengalir dari atas lalu membentuk kolam kecil dan kembali mengalir agak melengkung ke bawah. Jernih dan dingin sekali airnya

membuat siapapun ingin menceburkan diri. Konon, derai air Curug Karembong ini dapat digunakan untuk mengobati pegal linu dan rematik sebagai water therapy. Aliran sungai mengalir di sela-sela bebatuan memberikan pemandangan yang indah.

Puas bermain air di Curug Karembong perjalanan dilanjutkan menuju Curug Sawer yang lebih kecil tapi lebih tinggi. Disebut demikian karena bila aliran airnya deras dari jauh akan terlihat seperti taburan bunga. Di seberang Curug Sawer terdapat areal perkemahan yang dapat disewa bila ingin merasakan sensasi tidur di alam terbuka. Di atas bukit kecil ada warung yang menjual mie instan dan kopi serta terdapat beberapa saung yang dapat disewa untuk beristirahat

dan menginap juga dilengkapi dengan fasilitas MCK. Dari warung ini kita dapat melihat Curug Sawer dan aliran sungai yang berasal dari Curug Karembong. Menurut penjaga warung, pada bulan Maret 2010 terjadi banjir yang mengakibatkan banyak sampah daun dan ranting pohon terbawa. Pantas saja waktu kami ke sana masih terlihat beberapa ranting pohon yang tersangkut di antara batu besar di sungai. Tapi walaupun demikian tetap keren buanget pemandangannya.

Perjalanan dapat dilanjutkan kembali menuju Curug terakhir yaitu Curug Goa Badak, tidak tahu mengapa disebut seperti itu. Menyusuri jalan setapak yamg mendaki melewati perkebunan cabe, tomat dan beberapa macam sayuran sambil dihibur suara kincir angin dan gemericik air sungai sungguh menyenangkan. Setelah melewati

jembatan bambu yang tinggi dan menuruni anak tangga, tibalah di Curug Goa Badak. Di bawah cucuran air yang jatuh dari ketinggian 8 meter ada goa yang sering dipakai orang untuk bersemedi. Kembali mata dimanjakan dengan pemandangan aliran sungai jernih di sela bebatuan yang sangat indah. Benar–benar sangat menggoda hati untuk berendam.

Dari curug terakhir ini perjalanan dilanjutkan untuk kembali ke titik awal yaitu rumah pengelola yang dilengkapi dengan pemancingan di halamannya. Bila dihitung kurang lebih satu kilometer berjalan kaki sambil menikmati pemandangan yang indah dan segar. Dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dan biaya yang

murah meriah kita dapat menghilangkan kejenuhan menikmati wisata alam yang masih alami. Sebenarnya masih ada satu curug lagi yang bernama Curug Cimuja yang letaknya di atas Curug Karembong, sayang pengelolanya berbeda dan kami tidak sempat mengunjunginya karena hari sudah terlalu sore. Bagi yang berminat, jangan lupa mengunjungi Curug Cimuja yang pasti bagus karena letaknya lebih ke hulu dibanding curug lainnya.

Susan Indahwati ( SWK ), KCP Cikarang, Nip : 19912103

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 71InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 72: INFOBCA edisi 210, 2011

Pengalaman mengarungi dunia teater memang dirasa sangat mengena bagi seorang pemain seni. Setidaknya itulah yang dialami oleh Rowan Atkinson, bintang film yang kita kenal memerankan dengan sempurna

karakter tokoh lugu Mr. Bean selama beberapa tahun. Totalitas dari akademisi jebolan Universitas Oxford ini memang terlihat kentara ketika ia harus memperlihatkan keluguan yang seketika harus berkombinasi dengan sisi jenius dalam menghadapi masalah yang menimpa. Karakter Mr. Bean yang terlanjur melekat pada diri Rowan Atkinson rupanya tidak begitu saja dapat mempengaruhi peran baru yang dituntut pada dirinya ketika harus menjadi seorang agen rahasia Inggris bernama Johnny English. Walau masih didominasi oleh sifatnya yang kikuk, namun ia berhasil menempatkan English menjadi sosok tersendiri dengan dunia spionase yang menarik perhatian penggemarnya.  

Dikisahkan Johnny English masih merasakan trauma akibat kegagalannya dalam misi di Mozambique lima tahun yang silam, hingga ia merasa sangat berat hati untuk bertemu dengan para koleganya. Jalan cerita mulai terjalin ketika pada suatu hari ia bertemu dengan seorang biarawan yang bersedia untuk mengajarkan ilmu bela diri dan membentuk dirinya menjadi pribadi yang lebih tangguh. Tak berselang lama, English mendapat panggilan dari rekannya, MI7 (Gillian Anderson) untuk diminta kembali bertugas dengan misi yang baru di London.

Ada kabar burung yang mengatakan bahwa sekelompok pemberontak di Asia Tenggara bakal mengadakan aksi besar, bahkan mereka sampai membangun senjata nuklir. Disini English mendapatkan tugas untuk memastikan Cina tetap berpihak kepada Inggris dan menggagalkan adanya usaha pembunuhan terhadap kepala negara Cina.

Kita bisa bayangkan bagaimana kepiawaian Rowan Atkinson memerankan tokoh English yang kocak dalam rangka melakoni tugasnya sebagai seorang mata-mata.

Semenjak awal ditayangkan di layar kaca sekitar tahun 60-an, film bergenre spionase ini telah mendulang sambutan yang luar biasa dari para pemirsanya. Walau jalan cerita yang disuguhkan cukup simpel, namun Bruce Geller sebagai

penciptanya selalu memberi gambaran bagaimana kesatuan IMF yang mewakili pemerintah ini bisa menyelesaikan masalah dengan trik-trik tipuan yang tidak lazim, bahkan mustahil. Nah, kemustahilan inilah yang sebenarnya membuat Mission Impossible selalu menarik untuk ditonton. Apalagi dengan perkembangan teknologi animasi komputer dan action skill yang lebih terasah dari masing-masing pemainnya, tentu menambah unsur ketegangan dalam film ini. Tidaklah mengherankan jika pembuatan versi layar lebarnya yang dibintangi oleh aktor Tom Cruise bisa mencapai 3 sekuel dan selalu berhasil mendapatkan peringkat box office.

Di tahun 2011 ini, Mission Impossible kembali hadir menyapa penonton dengan judul Ghost Protocol dan siap diluncurkan secara perdana di Amerika serta Kanada pada tanggal 21 Desember. Masih mengetengahkan Tom Cruise sebagai tokoh sentral dan dibantu oleh Ving Rhames, Jeremy Renner serta Josh Holloway, Ghost Protocol memberi image yang berbeda tentang IMF (Impossible Mission Force). Kali ini Ethan beserta kesatuannya difitnah sebagai pelaku bom Kremlin sehingga pemerintah Amerika harus melepas dan mengingkari hubungannya dengan mereka. Andai saja sampai tertangkap, maka Ethan akan tertuduh sebagai teroris dan diadili. Oleh sebab itu, ia bersama rekan tim yang lain harus bisa bekerja sendiri untuk membuktikan bahwa IMF bukanlah pelaku bom yang sebenarnya dan memulihkan nama baik seluruh jajaran IMF.

Alur cerita menjadi semakin berliku setelah Ethan bertemu dengan tokoh penting bernama Brandt (Jeremy Renner) yang mengaku sebagai agen IMF dan mengetahui semua masa lalu Ethan. Dikarenakan oleh kondisi yang terlanjur genting, dengan tetap waspada Ethanpun tampaknya harus mau bekerja sama dengan Brandt yang terkesan misterius. Berhasilkah Ethan pada misinya? siapakah sebenarnya Brandt dan bagaimana ia bisa mengetahui kehidupan pribadi Ethan, semuanya tentu akan terjawab dalam film hasil besutan sutradara Brad Bird ini.

MISSIONIMPOSSIBLE 4GHOST PROTOCOL

I n f o U t a m aR e s e n s i

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201172 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 73: INFOBCA edisi 210, 2011

You are a Leader!Hidup adalah sebuah

pembelajaran. Manusia dengan akal pikirannya bisa menyesuaikan diri dan berkembang dengan segala kondisi yang ia hadapi. Asalkan memiliki motivasi yang kuat untuk mau terus menggali segala potensi yang ada dalam dirinya, semua target keberhasilan yang telah direncanakan dapat tercapai walau harus melalui proses yang kadang berliku tajam.

Lalu bagaimana caranya agar motivasi ini dapat terus terbangun dan mewujudkan potensi diri? Mengingat masalah terbesar yang

sering dialami oleh setiap orang secara tidak sadar adalah terciptanya keyakinan atau kepercayaan yang kadang dapat membatasi diri untuk mau melakukan sesuatu (self-limiting beliefs). Apakah disebabkan oleh ketatnya persaingan dan porsi tanggung jawab yang lebih besar di tempat kerja atau adanya persoalan keluarga yang lebih complicated, hal ini tentunya harus segera diatasi agar tidak menghambat proses pengembangan diri dan perjalanan karir yang telah ditempuh.

Menurut Arvan Pradiansyah, hal ini terjadi karena kita tidak bisa membangkitkan fitrah kepemimpinan dalam diri kita dengan optimal. Kadang karena disebabkan oleh beberapa hal, fitrah tersebut menjadi tercemar, tersembunyi bahkan mungkin telah hilang sehingga kehidupan kita justru dikendalikan oleh orang lain dan lingkungan sekitar. Ada tiga hal penting yang dapat kita lakukan untuk mengubah kondisi semacam ini, yang pertama adalah mengelola pikiran secara positif sehingga dapat membentuk suasana hati, reaksi fisik dan perilaku yang positif. Kemudian yang kedua adalah mengimplementasikan visi secara benar agar dapat mewujudkan komitmen, motivasi diri dan organisasi. Langkah ketiga adalah merencanakan tujuan hidup dengan perhitungan yang matang sehingga dapat menghasilkan peluang yang lebih besar dalam mewujudkan impiannya.

Berbekal pengalamannya sebagai konsultan, motivator dan kolumnis di media, Arvan mampu mendeskripsikan maksud yang tersirat dalam buku ini melalui bahasa yang sederhana namun reflektif sehingga mudah untuk diikuti dan dapat menginspirasi para pembacanya untuk mau berevolusi dalam menghadapi segala bentuk perubahan dan tantangan.

HP TouchSmart 520All in one PC keluaran terbaru dari HP ini menawarkan

pengalaman layar sentuh dan multimedia premium. Layar full HD berteknologi layar sentuh menjadi fitur unggulan seri TouchSmart ini. Layar sentuh yang intuitif memudahkan akses berbagai aplikasi Windows. Fitur Magic Canvas yang didukungscrolling desktop memberi pengalaman drag & drop file serta aplikasi favorit Anda. Sedangkan teknologi BeatsAudio mampu menghasilkan suara musik berkualitas premium. Dari sisi tampilan, desain minimalisnya tampak elegan, ditambah lagi dengan alat penyangga monitor yang bisa berfungsi sebagai tempat menyimpan keyboard.

PC Diagnostic DiceInilah cara mudah dan praktis untuk mendiagnosis gangguan

pada komputer Anda. Perangkat unik dan juga menarik ini disinyalir bisa memberikan solusi atas permasalahan pada komputer. Anda cukup melemparkan tiga dadu warna-warni berbahan acrylic yang di setiap sisinya tertera teks sebagai petunjuk masalah. Setelah itu, dadu akan mmberi tahu masalah pada komputer sekaligus solusinya hanya dalam hitungan detik.

InfoBCA n No. 210 n Tahun 2011 73InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

Page 74: INFOBCA edisi 210, 2011

InfoBCA n No. 210 n Tahun 201174 InfoBCA Dari Kita, Untuk Kita, Oleh Kita & Tentang Kita

I n f o U t a m aQ u i z

Daftar Pemenang Quiz InfoBCA edisi 209 Berhadiah 15 buah Flash Disk 4 GB

Ketentuan:Kirim jawaban via Pos/Kartu Pos atau ekspedisi dalam amplop tertutup dengan mencantumkan kode QUIZ THR JARINGAN ATM PRIMA pada sudut kiri atas. Paling lambat tanggal 20 November 2011 ke alamat Redaksi InfoBCA, Aspek Hubungan Masyarakat, Menara BCA, Lt. 18 Jl. M. H. Thamrin Kav. 1 Jakarta Pusat. Sertakan: - Nama - NIP - Unit Kerja/bidang - Nama Kantor Cabang - Alamat dan Nomor Telepon & Fax.

1. Sudah berapa kali Security Awareness Day diadakan di BCA?a. 1 kali b. 2 kali

c. 3 kali d. 4 kali

2. “Clean Desk” adalah salah satu Kebijakan Pengamanan Informasi. Pada bab yang berjudul apakah kita dapat mempelajari mengenai kebijakan clean desk ?

a. Pengkajian dan Penanganan Risiko b. Manajemen Aset Informasi c. Pengamanan Fisik dan Lingkungan d. Kontrol Akses

3. Singkatan dari apakah ISM ? a. Information Security Management b. Information Security Manager c. Information System Management d. Information System Manager

4. Dan dijabat oleh unit kerja manakah ISM tersebut? a. Satuan Kerja Enterprise Security b. Satuan Kerja Manajemen Risiko c. Divisi Sumber Daya Manusia d. Group Strategic Information Technology

5. Singkatan dari apakah IAO ? a. Information Asset Officer b. Information Account Officer c. Information Asset Owner d. Information Analyst Officer

6. Ada berapakah jenis klasifikasi informasi yang berlaku di BCA?

a. 3 b. 4 c. 5 d. 6

7. Sebutkan jenis klasifikasi informasi yang berlaku di BCA ?

a. Sangat Rahasia, Rahasia, Internal BCA b. Sangat Rahasia, Rahasia, Internal BCA, Umum/Tidak

Diklasifikasikan c. Sangat Rahasia, Rahasia, Internal BCA, Umum, Tidak

Diklasifikasikan d. Strictly Confidential, Sangat Rahasia, Rahasia,

Internal BCA, Umum, Tidak Diklasifikasikan

8. Sebutkan Nomor Surat Keputusan Direksi beserta bulan dan tahun penerbitan Kebijakan Pengamanan Informasi yang baru.

a. No. 109/SK/DIR/2001, 9 Agustus 2001 b. No. 047/SK/DIR/2011, 29 April 2011 c. No. 074/SK/DIR/2011, 29 April 2011 d. No. 109/SK/DIR/2001, 28 Juni 2011

9. Sebutkan jenis-jenis pengecualian yang diperbolehkan dalam Kebijakan Pengamanan Informasi.

a. Pengecualian Kebijakan Rutin

Quiz Security Awareness

No. Nama Unit Kerja / Cabang

1 Yuniati BO/Pendukung Operasi KCU Pemuda Semarang

2 Neneng Anneke Operasional KCU Cirebon

3 Arwan Hidayat Administrasi Kantor KCU City Tower

4 Dovi Kurniawan Pemasaran (AO) KCU Gang Tengah

5 Afriani CSO KCP Tajur, Bogor

6 Wikin Sosiati CSO KCP Trenggalek, Tulungagung

7 Kristian Fajar BIC BCA KCU Gajah Mada

8 Sugianto Adm Kredit, BCA KCU Jambi

9 Vellie Widiono Pembukuan/Keuangan Kanwil III, Surabaya

10 Titin Amelia Srimulyani Operasional Cabang KCU Purwokerto

11 Ahmad Riduwan PIC, BCA KCU Prabumulih

12 Wuri Handayani Account Officer KCU Singkawang

13 Willy Brodus Handaka Analisa Resiko Kredit (ARK), Menara BCA, Lt. 26

14 R. Agus Bagaswara Bagian Logistik, KCU Yogyakarta

15 CH. Esti Kurniawati PIC, BCA KCU Cilacap

Total peserta pengisi Quiz InfoBCA edisi 209 sebanyak 286 pengirim

I n f o B C A N o . 210

b. Pengecualian Kebijakan Darurat c. Jawaban a dan b benar d. Jawaban a dan b salah

10. Apakah media security awareness yang belum pernah digunakan oleh Kantor Pusat untuk mengkampanyekan security awareness ?

a. Video b. Post-It c. Sticker d. Poster

Page 75: INFOBCA edisi 210, 2011
Page 76: INFOBCA edisi 210, 2011