hewan & tumbuhan langka

Click here to load reader

Post on 28-Jan-2016

61 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Tugas Sekolah Dasar IPA

TRANSCRIPT

Hewan dan Tumbuhan Langka

DIBUAT

Oleh

Nama :Omar thoriq ramadhanArkka duta angkasa surosoMuhammad arfandiAbu darda

Hewan langka di dunia dan keterangannya

Orang utan

Orang utan atau Pongo Pygmaeus adalah hewan yang memiliki rambut yang paling panjang untuk jenis kera. Hewan ini menyukai buah-buahan , hewan ini memiliki banyak kemiripan dengan manusia. Dari bentuk serta DNA hampir mirip dengan manusia. Orang utan terancam punah karena habitat tempat mereka tinggal telah di jadikan lahan sawit, pertambangan dan banyak pepohonan yang di tebang. Burung Maleo

Burung Maleo adalah hewan sejenis burung gosong yang memiliki ukuran sedang dengan memiliki panjang hingga mencapai 55 cm. anak burung maleo yang baru saja menetas sudah dapat langsung terbang, itu yang membedakan burung ini dengan burung lainnya. Burung ini terancam kepunahan karena banyak pemburu liar yang memburu telurnya dan banyaknya hutan yang telah berubah fungsi menjadi tempat didirikan bangunan.

BekantanBekantan atau Nasalis Larvatus adalah hewan sejenis monyet yang memiliki hidung panjang serta bulu berwarna merah kecoklatan. Hewan ini memakan biji-bijian, buah, dan daun. Bekantan hidup di hutan bakau, rawa di pulau Borneo, Kalimantan. Hewan ini terancam punah sejak tahun 2000

Musang Congkok

Musang congkok dapat di temukan di hutan pegunungan serta perbukitan yang ada di Aceh dan Sumatera Barat. Musang ini memiliki berat badan mencapai 5kg dan memiliki panjang mencapai 71 cm. musang ini termasuk hewan pemburu yang suka memanjat pohon dan sangat menyukai mamalia kecil seperti serangga dan sebagainya.

Ikan Vampir

Ikan Vampir atau mempunyai nama latin Cephalopoda sering ditemukan di perairan lautan beriklim sedang dan tropis. populasinya yang semakin menipis di Habitatnya membuat hewan ini masuk kedalam daftar Hewan Langka di Dunia. Dengan menggunakan filament yang di miliki di tubuhnya hewan langka ini dapat hidup di dalam perairan yang sangat dalam hingga minim

Tanduk Paus Unicorn

Dari puluhan jenis ikan paus yang terdapat di dunia ini, terdapatlah satu spesies paus yang sangat unik bernama Paus Unicorn. Paus Unicorn atau Narwhal bernama asli Monodon Monoceros. Paus langka ini hidup di perairan Kutub Utara. Jenis Paus Narwhal sebenarnya adalah paus bergigi (toothed whale), namun ia tidak memiliki gigi di dalam mulutnya. Sebaliknya, dengan anehnya spesies ini memiliki tanduk kuat yang tumbuh di rahang atas. Panjang dari tanduk narwhal bisa sampai 1,8 meter. Bobot dari ikan ini adalah sekitar 2.200 -3.500 pon. Narwhal lebih terkenal dengan Unicorn karena tanduknya yang mirip kuda Unicorn dari dongeng Eropa.

Uniknya, hanya paus jantan yang memiliki tanduk ini. Para peneliti mengatakan hewan langka ini menggunakan tanduk untuk mengukur salinitas air dan mencari makan. Banyak yang mengatakan mitos Unicorn terinspirasi dari hewan langka ini.

Gurita Bermantel Cantik

Gurita Mantel atau Violet Blanket Octopus bernama asli Tremoctopus violaceus. Gurita bermantel ini hidup di Laut Mediteranian, Laut Atlantik Utara dan Selatan. Hewan langka ini terlihat sangat menawan ketika sedang berenang dan bentuknya sangat kontras dengan gurita biasa yang berkaki banyak nan menyeramkan. Warna selaput atau mantelnya adalah ungu kehijauan. Selaput tersebut terdapat masing-masing di bagian tubuh kiri dan kanan. Sang betina memiliki berat yang jauh lebih besar dari pejantan. Betina dapat tumbuh sampai sepanjang 2 meter dan sang jantan hanya berukuran 2,4 cm. membran atau selaput keunguan yang lebar dan cantik di antara lengan-lengan gurita betina akan terlihat jika ia merasa terancam.

Addax, Sang Kijang Tanduk Sekrup

Dari banyak spesies kijang yang kita ketahui, tersebutlah satu spesies kijang/ Antelope yang unik bernama Addax. Nama latin Addax adalah Addax nasomaculatus atau Screwhorn Antelope (Kijang Bertanduk Sekrup). Jenisnya sangat sedikit dan hanya dapat ditemui di Gurun Sahara. Addax adalah salah satu hewan langka yang ditemukan tahun 1816. Jika diperiksa lebih lanjut, kijang ini memiliki ciri berbeda dibanding dengan spesies kijang lainnya. Gigi addax berbentuk persegi seperti gigi sapi dan tanduknya panjans serta meliuk-liuk. Panjang tanduk Addax betina adalah 55-80cm dan panjang tanduk jantan antara 70-85cm. warna bulu addax berubah-ubah menyesuaikan musim. Ketika musim dingin bulunya menjadi kecoklatan dan lebih gelap, ketika musim panas, bulunya berubah putih kepirangan. Addax dinyatakan resmi punah di daerah Algeria, Mesir, Sudan, dan Libia.

Blobfish, Ikan Gendut Berwajah Muram

Dunia air juga memiliki kekayaan laut yang unik. Tersebutlah ikan Blobfish yang bernama asli Psychrolutes marcidus. Ikan langka ini menjadi terkenal karena entah mengapa, wajahnya mirip manusia yang sedang dirundung duka. Blobfish ditemukan di perairan dalam sekitar Australia dan Tasmania. Hidupnya berada di kedalaman antara 800 9.600 meter di bawah permukaan laut. Karena aksesnya yang sulit dicapai manusia, ikan ini menjadi jarang terekspos. Ikan muram ini berada di perairan yang bertekanan cukup tinggi dibanding permukaan laut. Oleh karena itu, untuk tetap mangapung di perairan dengan minim oksigen, tubuh Blobfish terbentuk dari sesuatu mirip gelatin/agar-agar. Kepadatan tubuh yang lebih ringan dari air membuat ia mampu mengapung di atas lantai laut tanpa perlu mengeluarkan energi. Bentuk Blobfish yang mengerikan membuat orang takut dan tidak suka. Nelayan pun banyak memburunya sehingga jumlah spesies mereka tak banyak lagi. Mungkin ini alasannya mengapa Blobfish bermuka sendu.

Hiu BerjumbaiSi Fosil Hidup

Hiu Berjumbai/Frilled Shark bernama asli Chlamydoselachus anguineus. Bentuknya aneh dan mengerikan, tidak seperti saudara-saudara hiunya yang lain. Hiu Berjumbai lebih terlihat sebagai belut raksasa pemangsa menakutkan daripada seekor hiu. Kepala hiu ini berbentuk segitiga dengan tubuh panjang berwarna abu-abu. Nama jumbai/ berumbai-umbai didapat dari enam pasang insang yang berumbai-rumbai, melekat di sisi kanan dan kiri kepalanya. Frilled Shark disebut fosil hidup karena dulunya hidup bersama dinosaurus di jaman prasejarah. Namun, bentuknya yang sekarang tidak berbeda jauh dengan bentuknya di jaman primitif itu. Hiu Berjumbai hidup di perairan laut dalam sehingga jarang ditemui manusia. Tubuh si fosil hidup ini dapat bertumbuh sampai dua meter. Walaupun begitu IUCN telah mendaftarkan hiu ini sebagai terancam punah.

Si Anak Naga Slovenia OLM

Pernah membayangkan hewan fantasi dalam dongeng naga Eropa menjadi kenyataan? Jika jawabannya ya, anda harus menemui Olm. Olm adalah hewan amphibi bernama latin Proteus anguinus. Habitatnya berada di gua-gua (bisa hidup di darat dan air) gelap yang dalam di lautan Eropa (Italia dan Slovenia) dan bentuknya seperti salamander. Dulunya, Olm dikenal sebagai Anak Naga karena bentuknya yang mirip hewan dongeng itu. Olm berbentuk sangat ganjil, dan yang lebih anehnya lagi, hewan ini buta total. Tubuh Olm panjang dan memiliki empat kaki super kecil. Warnanya yang putih pucat dikarenakan kekurangan pigmentasi tubuh. Walaupun buta, Olm dapat menangkap sinyal-sinyal listrik dan kimiawi di sekitarnya. Indera penciuman dan pendengarannya pun luar biasa.

Naga Laut Berdaun

Pernah menonton film atau membaca dongeng tentang Dewa Naga Laut dari Tiongkok kuno? JIka pernah, anda pasti dapat memahami mengapa hewan unik ini dinamakan naga laut berdaun. Sebenarnya, Leafy Seadragon atau Glauerts Seadragon adalah sejenis ikan yang masih memiliki hubungan famili dengan kuda laut. Naga Laut Berdaun yang bernama latin Phycodurus eques ini dapat bertahan hidup dengan menyamar menjadi rumput laut yang mengapung untuk mengecoh pemangsa. Gaya berenang Leafies sangat lambat dan insangnya pun tidak jelas terlihat. Leafies dapat ditemukan di perairan pesisir Australia Selatan. Yang paling unik dari Leafies adalah system reproduksinya. Ketika akan berkembangbiak, sang betina akan meletakkan telur ke dalam badan pejantan melalui tabung panjang. Kemudian si jantan membawa telur-telur sampai menetas.

Tokek Siluman Berekor Daun

Tokek Uroplatus phantasticus memang sangat unik karena bentuknya lebih terlihat seperti daunan kering yang berjatuhan. Satanic Leaf Tailed Gecko ditemukan pertama kali tahun 1888 oleh George Albert Boulenger. Tokek Siluman Berekor Daun hanya dapat ditemukan di Madagaskar. Walaupun berpenampilan sangar, pemakan serangga ini tidak berbahaya bagi manusia. Sayangnya, keberadaan Tokek unik ini terancam punah seiring dengan pembabatan hutan liar.

Kepiting YETI

Kepiting berbulu yang bernama asli Kiwa hirsuta ini lebih terkenal sebagai kepiting Yeti karena bulu-bulunya. Kiwa diambil dari nama penjaga lautan di mitos Suku Maori dan hirsuta berarti berambut dalam bahasa Latin. Sebenarnya penutup kaki yang menyerupai bulu ini merupakan setae yang padat. Penutup seperti ini juga sering ditemukan di kaki beberapa jenis udang. Kepiting Yeti buta sepenuhnya dan hidup di dalam kegelapan laut. Oleh karena itu, keberadaan bulu menjadi penting sebagai filter untuk mendeteksi air tempat mereka hidup. Kepiting berbulu hidup di Laut Pasifik Selatan dan panjangnya hanya 15 cm.

Lonesome George, Spesies Terakhir Kura-Kura Berleher Panjang

Jika ada spesies hewan yang paling menderita sedunia, itu adalah Lonesome George. George atau Solitario Jorge dalam bahasa Spanyol adalah kura-kura berleher panjang terakhir dari spesies Pinta Island Tortoise. Kura-kura Pulau Pinta ini hanya berjumlah satu (1) saja di dunia dan akan punah sebentar lagi. Label George adalah hewan paling langka di dunia. George asli dari Kepulauan Galapagos dan berumur 100 tahun. George telah gagal untuk dikawinkan dengan spesies kura-kura lain yang mirip karena berbagai alasan. Pemerintah saat ini memberikan sayembara US$ 10,000 bagi siapa saja yang dapat menemukan kura-kura berleher panjang betina untuk melestarikan spesies kura-kura ini bersama George.

Kumbang Penggerek Jerapah

Kumbang Penggerek Jerapah ( Trachelophorus giraffa ) adalah bonggol endemik ke Madagaskar. Nama hewan ini berasal dari lehernya yang panjang seperti leher jerapah. Giraffe Weevil merupakan herbivora dan tidak dikenal oleh kebanyakan orang.Leher yang panjang ini membantu si kumbang penggerek untuk membangun sarangnya. Mereka juga berwarna-warni, sebagian besar tubuhnya berwarna hitam dan merah.

Lele Terbalik

Seperti namanya, ikan dari Afrika ini seringkali ditemukan berenang dalam keadaan terbalik. Diperkirakan mereka melakukan hal ini agar mereka dapat menjangkau makanan di permukaan air, seperti telur serangga. Warna tubuh mereka juga terbalik, tidak seperti kebanyakan ikan, perut mereka lebih gelap dari bagian atas tubuh mereka. Hal ini berguna untuk kamuflasi saat menghadapi pemangsa di atas. Mereka adalah ikan peliharaan populer dan mungkin saja dalam waktu dekat dijual di pet shop setempat.

Raja Heriang

Burung Heriang biasanya terlihat sebagai burung yang hitam, jelek dan membosankan. Namun, Raja Heriang adalah hewan yang berwarna-warni. Tubuhnya berwarna putih di bagian atas dan putih di bagian bawah, sementara kepalanya ditutupi berbagai warna mulai dari merah, oranye dan kuning sampai biru dan ungu. Ia juga punya pial di kepalanya. Heriang tidak punya pangkal tenggorokan tetapi mereka masih bisa mengeluarkan suara keras. Menurut mitologi Smuku Maya, burung ini merupakan penyampai pesan dari Tuhan.

Megalopyge Opercularis

Ngengat jenis ini berbulu banyak, apalagi sebagai ulat. Terkenal dengan beberapa sebutan, seperti ngengat kucing/ ulat kucing, ngengat flanel selatan, dan ulat berbisa, ngengat ini lebih mirip dengan kucing Persia daripada ulat. Mereka mungkin terlihat lucu tapi JANGAN pernah menyentuhnya. Seperti kebanyakan ulat, serangga kecil ini memiliki sistem pertahanan: rambut mereka sebenarnya duri beracun. Menyentuhnya tidak akan membunuh, tapi akan melukai dan menyebabkan bekas. Pertolongan pertama sebaiknya dilakukan jika secara tidak sengaja menyentuh ulat ini. Mereka menggunakan bulu mereka sebagai kepompong.

Kepiting Laba-laba Jepang

Artropoda terbesar di dunia, kepiting besar ini mempunyai kaki yang panjangnya bisa mencapai 4 meter (13 kaku) dan beratnya 20 kilogram (44 pound). Mereka juga bisa hidup ribuan tahun.

Ngengat Vampir

Tidak semua kupu-kupu dan ngengat minum nektar, ngengat vampir kenyataannya minum darah. Hal ini dilakukan dengan menggunakan belalainya yang menembus kulit dan meminum darah targetnya. Dan, ya, mereka kadang-kadang menggigit manusia. Untungnya mereka tidak menyebabkan penyakit. Hanya jantan yang menggigit.

Laba-laba Laut

Hewan yang bentuknya seperti laba-laba ini tinggal di kedalaman yang berbeda-beda di laut. Karakteristik yang paling menonjol selain tempat tinggalnya adalah kakinya yang besar (kalau dibandingkan dengan badannya). Mereka tidak memiliki sistem respirasi, tapi menggunakan difusi untuk bertahan hidup. Yang terbesar dari jenis ini adalah spesies Colossendeis colossea.

Beruang air

Hewan kecil yang seperti ulat ini adalah salah satu makhluk hidup terhebat yang pernah ada. Mereka dapat hidup hampir di mana saja, mulai dari sumber air panas hingga daerah kutub.

Hebatnya lagi, mereka dapat masuk ke cryonic state (keadaan temperatur sangat rendah) yang membuat mereka hampir sepenuhnya kebal dari kerusakan lingkungan. Mereka dapat bertahan hidup di suhu lebih dari 150 derajat Celcius dan bahkan mendekati suhu nol mutlak. Mereka dapat menahan tekanan besar, radiasi dan bahkan ruang hampa udara. Paling banyak ditemukan di lumut dan tempat-tempat basah lainnya.

Tanaman langka di dunia dan keterangannya

Tanaman paling Tangguh (Welwitschia Mirabilis)

Memang tumbuhan yang satu ini nggak keliatan asik, tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa, cuma satu-satunya! Tumbuhan ini hanya punya dua daun, dan satu batang dan sistem akar, cuman itu aja! Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien. Batang tanaman ini makin lama akan makin tebal, tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini hanya 2 meter saja tapi lebarnya dapat mencapai 8 meter. Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad!. Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya ! Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara. O ya, arti nama Onyanga adalah Bawang Padang Pasir.

Tanaman Karnivora (Dionaea Muscipula)

Tanaman satu ini adalah tanaman karnivora paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Pasangan Daun yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, yang dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewanapapun yang mendekatinya.

Bunga Terbesar di Dunia (Rafflesia Arnoldii)

Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Bayangkan ukuran bunganya yang dapat mencapai 1 meter dan beratnya sendiri bisa mencapai 8 kg sampai 12 kg. Tapi masalahnya baunya ndak wangi, malah lebih mendekati daging busuk. Makanya bunga ini disebut bunga bangkai di negara kita, yang adalah habitat asli bunga ini. Bunga ini akan mekar seminggu atau tiga hari, dan menarik serangga untuk membuahi dengan bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini. Sayangnya, dari hasil pembuahan, hanya 10-20 persen saja yang berhasil tumbuh.

Tanaman Menari (Desmodium Gyrans)

Darwin menamai tumbuhan ini sebagai Hedysarum, atau para ahli botani menyebutnya Desmodium Gyrans, atau lebih modern lagi Codariocalyx Motorius. Nama yang biasa dikenal adalah Rumput Menari (Dancing Grass) atau Tanaman Semaphore (Semaphore Plant), karena gerakan daunnya, yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Tanaman ini gampang skeali tumbuh, hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit.

Tanaman Bola Baseball (Euphorbia Obesa)

Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini dan mengkoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Akhirnya tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan.

Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanum)

Bunga yang satu ini tinggi besar, bahkan lebih tinggi dari manusia. Nah.. bunga yang ini yang ternyata mendapat julukan bunga bangkai, karena selain baunya yang memang mirip bangkai, juga warnanya meniru daging yang membusuk. Bunga ini ternyata juga dikenal luas di masyarakat dunia sebagai salah satu tumbuhan asli Indonesia.

Pohon Botol (Boabab)

Pohon ini merupakan tumbuhan asli daerah Madagaskar, Afrika dan Australia. Pohon ini disebut pohon botol, karena selain bentuknya yang memang mirip botol, pohon ini ternyata memang dapat meyimpan sampai dengan 300 liter air! Makanya bisa tumbuh sampai 500 tahun.

Pohon Darah Naga (Dracaena Cinnabari)

Tanaman ini asli kepulauan Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama Pohon Darah Naga atau Pohon Naga Socotra. Bentuknya yang unik, seperti payung, ternyata hanya satu dari uniknya pohon ini. Nama darah naga dari pohon ini ternyata diambil dari getah pohon ini yang berwarna merah. Persis seperti darah naga di Harry Potter, ternyata darah naga dari pohon ini berguna untuk pengobatan. Selain itu, ternyata warna merah darah naga pohon ini juga sering digunakan sebagai pewarna merah alami.

Tanaman Kebangkitan (Selaginella Lepidophylla)Nama lain bunga ini adalah Bunga Jericho, tumbuhan gurun pasir ini dikenal atas kemampuannya bertahan bahkan di saat kekeringan. Pada saat musin kering, batangnya akan mengkerut dan menggulung menjadi bola. Dan begitu ada air, batang tadi akan melepaskan diri dari gulungannya. Tanaman ini banyak ditemui di gurun Chihuahua.

Pohon Dinamit (Hura Brasiliensis)

Tanaman ini ternyata merupakan salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon. Julukan lainnya? Pohon Neraka, atau ada juga yang menjuluki Pohon Kotak Pasir (sandbox tree). Bayangkan saja, batangnya ditutupi duri tajam, dan sudah seperti itu, getah pohon ini ternyata beracun dan banyak digunakan oleh penduduk setempat untuk meracuni mata panah mereka. Selain itu, mereka juga punya buah. Dan buah pohon ini nggak main-main, begitu matang, buah pohon ini akan meledak! Bahkan kekuatan ledakan pohon ini sanggup melukai manusia dan hewan yang tidak sengaja lewat di dekat pohon ini! makanya namanya Dinamit.

Diameter pohon sekitar 45cm dan dapat tumbuh hingga tingginya mencapai 45m. Biasanya tumbuh di rawa gambut atau kawasan dengan ketinggian sekitar 1000m diatas permukaan laut. Penyebarannya di semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan Timur. Di Kalimantan dikenal dengan nama Beitis, Margetahan, Nyato, Nyatoh, Nyatoh Jangkar.

Bayur (pterosperium Javanicum Jungh)

Ketinggian pohon bisa mencapai 59m dan diameter batang bisa sampai 54cm, Bisa tumbuh di ketinggian 600m di daerah pegunungan namun juga kadang bisa ditemukan di daerah batu gamping. Pohon ini biasa digunakan dalam konstruksi rumah maupun untuk furniture. Distribusi penyebarannya di India, Serawak, Sabah, Tengah, dan Kalimantan Timur. Di Kalimantan Timur terkenal dengan nama Bayur.

Bulian (eusderoxylon zwageri)

Tinggi pohon sekitar 36m dengan diameter batang 95cm. Bisa tumbuh di lahan dengan ketinggian 600m yang biasanya terdapat di lereng bukit dengan jenis tanah yang berpasir. Jenis kayu ini sangat kuat, tahan lama, dan bisa digunakan untuk konstruksi berat. Pendistribusian di Malaysia, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Filipina, dan Maluku. Terkenal dengan nama Belian, Belian Timun, Betian, Talion Bening, Tebelian Geriting, Telianoii, Teluyan, Ulin, Ulin Bening, Ulion.

Jelutung (dyera sp)

ketinggian pohon bisa mencapai 75m dengan diameter batang 159cm. Biasa tumbuh di hutan dengan tanah berpasir dan perbukitan dengan ketinggian 400m. Getahnya bisa digunakan untuk membuat permen karet dan kayunya bisa digunakan untuk membuat perabotan. Distribusi di Thailand, semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Di Indonesia terkenal dengan nama Jelutong atau Pantung

Akar Karak (ficus uniglandulosa wall)

Tinggi pohon hanya sekitar 14m dengan diameter batang sekitar 15cm. Batangnya berwarna putih dan bergetah. Biasa tumbuh di ketinngian 1700m. seringnya di sepanjang aliran sungai dan lereng bukit. Terkadang juga bisa ditemukan di batu kapur, tanah berpasir, dan tanah liat. Distribusi tumbuhnya di burma, thailand, semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan, dan Filipina. Terkenal dengan nama Akar Karak, Kara, atau Wa Punot.

Amorphophallus titanum

Bunga bangkai raksasa; (Bunga bangkai tidak termasuk dalam famili Arecaceae (Palmae) melainkan dalam famili Araceae (talas-talasan)

Anggrek Larat

Anggrek Larat yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Cooktown Orchid, berkerabat dekat dengan beberapa jenis anggrek lainnya seperti Anggrek Merpati, Anggrek Albert, Anggrek Stuberi, Anggrek Jamrud, Anggrek Karawai, dan Anggrek Kelembai. Dalam bahasa latin tumbuhan ini dikenal sebagaiDendrobium phalaenopsis dengan sinonim Vappodes phalaenopsis, dan Dendrobium bigibbum.

Anggrek tebu

Anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) merupakan anggrek terbesar, paling besar dan paling berat diantara jenis-jenis anggrek lainnya. Dalam satu rumpun dewasa, anggrek tebu dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan mempunyai panjang malai hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar 1,5-2 cm. Itulah sebabnya tanaman ini layak menyandang predikat sebagai anggrek terbesar dan terberat atau anggrek raksasa.

Kantong semar yang karnivora

Sewaktu daun masih muda, Kantong pemangsa pada Nepenthes tertutup. Lantas, membuka ketika sudah dewasa. Namun bukan berarti kantung flora karnivora ini menutup sewaktu masih muda saja. Ia menutup diri ketika sedang mengganyang mangsa. Tujuannya supaya proses pencernaan berjalan lancar dan tidak diganggu kawanan musuh yang siap merebut makanan yang sudah ia peroleh.

Tengkawang

Tengkawang (Shorea spp.) adalah nama buah dan pohon dari genus Shorea yang buahnya menghasilkan minyak nabati. Pohon Tengkawang hanya terdapat di pulau Kalimantan dan sebagian kecil Sumatera. Dalam bahasa Inggris, flora (tanaman) langka ini dikenal sebagai Illepe Nut atauBorneo Tallow Nut. Pohon yang terdiri atas belasan spesies (13 diantaranya dilindungi dari kepunahan) ini menjadi maskot (flora identitas) provinsi Kalimantan Barat.

Kokoleceran

Kokoleceran adalah maskot provinsi Banten yang merupakan salah satu tanaman endemik Banten yang dipercaya hanya terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon. Saya tidak membahas kokoleceran yang berupa permainan tradisional dengan baling-baling bambu. Tetapi kokoleceran yang merupakan tanaman langka bernama ilmiah Vatica bantamensis, yang menjadi flora identitas provinsi Banten namun keberadaannya sangat misterius.

Anggrek hitam ; Coelogyne pandurata

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata), sebagaimana namanya, mempunyai ciri khas pada bunganya yang memiliki lidah (labellum) berwarna hitam. Anggrek langka ini dalam bahasa Inggris disebut sebagai Black Orchid. Sedangkan di Kalimantan Timur, Anggrek Hitam yang langka ini mempunyai nama lokal Kersik Luai.

Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah atau Anggrek Tien Soeharto (Cymbidium hartinahianum) merupakan salah satu jenis tumbuhan anggrek yang endemik (hanya tumbuh di daerah tertentu) Sumater Utara, Indonesia. Jenis anggrek yang diketemukan pertama kali pada tahun 1976 ini bisa diketemukan di Desa Baniara Tele Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Anggrek Tien Soeharto atau sering disebut juga sebagai Anggrek Hartinah (Cymbidium hartinahianum) merupakan anggrek tanah yang hidup merumpun.

Korma Rawa

Korma rawa (Phoenix paludosa) tumbuh berumpun dengan tinggi batang mencapai 5 meter. Daunnya berbentuk sirip yang mempunyai panjang sekitar dua meter. Pada bagian pangkal daunnya tumbuh duri. Duri-duri ini sebenarnya merupakan anak-anak daun yang berubah bentuknya. Tiap daun mempunyai sekitar 25 anak daun yang tersusun dalam 4-5 kelompok.

Johanneste ijsmaria altifrons; Daun payung

Daun sang merupakan salah satu dari 4 spesies anggota genus Johannestijsmania yang hanya tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Daun Sang merupakan anggota famili Arecaceae (Pinang-pinangan atau Palem). Tanaman Daun Sang yang mempunyai nama ilmiah Johannestijsmania altifrons, disebut juga sebagai Daun Payung Sal, Sal (Malaysia), Bang Soon (Thailand), Joey Palm, Diamond Joey Palm, Umbrella Leaf Palm (Inggris).

Ugeissona utilis; Bertan

Bertan yang mempunyai nama latin Eugeissona utilis, dan oleh masyarakat setempat disebut sebagai Kadjatoa dalam bahasa Inggris dikenal sebagai wild bornean sago palm yang berarti Sagu Liar Borneo.

Palem Merah

Palem Merah atau Pinang Merah (Cyrtostachys renda) yang kemudian ditetapkan menjadi flora maskot provinsi Jambi adalah tanaman hias. Dinamakan Palem Merah lantaran pelepah pinang ini berwarna merah menyala. Dan lantaran warna merah pada pelepah daunnya itu Pinang Merah (Cyrtostachys renda) acapkali disebut Pinang Lipstik.

Balam Suntai

Balam Suntai (Palaquium walsurifolium),balam suntai adalah salah satu jenis tanaman langka asli indonesia.tanaman langka ini memiliki kualitas kayu yang baik. kelas keawetan tanaman langka ini adalah kelas IV dan kekuatannya kelas II. maka tidaklah heran kalau tanaman langka ini banyak dicari orang.

Cendana

Cendana (Santalum album). Cendana atau cendana wangi, merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Kayu cendana wangi (Santalum album) kini sangat langka dan harganya sangat mahal.

Damar

Damar, Kopal Keruling (Agathis labillardieri). Tanaman langka ini berasal dari papua. Damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tanaman langka ini tingginya bisa mencapai 60 m dan dimeternya 2 m.

Enau

Enau (Arenga pinnata). Enau atau aren (Arenga pinnata, suku Arecaceae) adalah palma yang terpenting setelah kelapa (nyiur) karena merupakan tanaman serba guna. Palma yang besar dan tinggi, dapat mencapai 25 m. Berdiameter hingga 65 cm, batang pokoknya kukuh dan pada bagian atas diselimuti oleh serabut berwarna hitam yang dikenal sebagai ijuk, injuk, juk atau duk. Ijuk sebenarnya adalah bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang. Pohon enau menghasilkan banyak hal, yang menjadikannya populer sebagai tanaman yang serbaguna, terutama sebagai penghasil gula.

Mimba

Mimba (Azadirachta indica). Tanaman langka ini mempunyai nama lain Mimbo atau Mimba. Tanaman langka ini merupakan pohon yang tinggi (Arbor) batangnya dapat mencapai 20 m bahkan lebih. Kulit batangnya tebal, batang agak kasar, daun menyirip genap, dan berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan runcing, sedangkan buahnya merupakan buah batu dengan panjang 1 cm. Buah mimba dihasilkan dalam satu sampai dua kali setahun, berbentuk oval, bila masak daging buahnya berwarna kuning, biji ditutupi kulit keras berwarna coklat dan didalamnya melekat kulit buah berwarna putih. Tanaman ini bisa digunakan sebagai pestisida nabati. Karena daun mimba mengandung senyawa-senyawa yang dapat mengendalikan hama tanaman, diantaranya adalah sitosterol, hyperoside, nimbolide, quercetin, quercitrin, rutin, azadirachtin, dan nimbine.

Tembesu

Tembesu (Fagraea fragrans) termasuk kedalam famili Loganiaceae. Daerah penyebarannya Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa Barat, Maluku, dan Irian Jaya. Tempat tumbuh pada tanah datar dan sarang atau tempat yang tidak becek, tanah liat berpasir, dengan type curah hujan A sampai B pada ketinggian 0500 dpl.Tinggi pohon tembesu mencapai 40 m, dengan panjang batang bebas cabang sampai 25 m, diameter 80 cm atau lebih, dengan batang tegak dan tidak berbanir. Kulit luar berwarna coklat sampai hitam, beralur dangkal dan sedikit mengelupas. Kayunya keras berwarna kuning emas tua atau coklat jingga, dan termasuk ke dalam kelas awet satu.

Kumpulan Hewan dan Tumbuhan Langka