grand design bem fmipa ui 2013

19
BEM FMIPA UI 2013 Grand Design

Upload: fachmi-zain

Post on 03-Jan-2016

364 views

Category:

Documents


7 download

DESCRIPTION

Konsep Dasar Organisasi BEM FMIPA UI 2013

TRANSCRIPT

Page 1: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

BEM FMIPA UI 2013

Grand Design

Page 2: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Visi Misi

1 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 3: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Visi

Mewujudkan BEM FMIPA UI 2013 Dekat Memberi Arti untuk FMIPA yang Menginspirasi

2 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 4: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

BEM 2013, Dekat Menginspirasi!

Karena BEM bukan sekedar tentang aku dan kamu,tapi tentang KITA. dan untuk hal yang LUAR BIASA kita dapat memulainya bersama, berjalan beriringan dan bergandengan

tangan-@ahmmujahid-

3 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 5: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Misi

Membangun Kedekatan di internal BEM dan seluruh elemen FMIPA UI

Misi ini ditujukan untuk menguatkan basis internal keorganisasian BEM FMIPA UI agar SDM BEMnya solid dan merasakan atmosfer profesional dalam bingkai kekeluargaan juga penguatan basis masa, karena kita sadari bersama bahwa BEM sehausnya menjadi representasi yang ideal bagi semangat pengabdian untuk pemenuhan kebutuhan mahasiswa dan masyarakat.

Mengembangkan pelayanan yang solutif dan sinergis

Misi ini ditujukan karena melihat mahasiswa FMIPA UI sudah pada titik jenuh melihat kegiatan mahasiswa yang sangat banyak dan cenderung terkesan itu-itu aja. Maka hal itu akan coba mulai dikurangi dan disenergiskan kembali bersama

Meningkatkan iklim Prestatif mahasiswa FMIPA UI dalam hal Keilmiahan dan Minat Bakat

Status FMIPA adalah salah satu fakultas dengan jumlah mahasiwa terbanyak di UI, namun pencapaian prestasi kita pada tataran UI belum merepresentasikan hal tersebut. Kami percaya bahwa potensi pada bidang keilmiahan dan minat bakat itu ada, hanya saja menumbuhkan kesadaran bahwa kita adalah pelaku bukan sekedar penonton yang belum maksimal tertanam. Maka BEM FMIPA 2013 hadir untuk memaksimalkan segala potensi yang ada pada mahasiswa FMIPA UI

Melakukan gerakan yang kreatif inovatif dalam upaya pelibatan mahasiswa FMIPA UI untuk aktif berkontribusi bagi FMIPA, UI, dan Indonesia

Salah satu kendala yang dihadapi oleh kelembagaan yang ada di MIPA saat ini adalah cenderung sulit untuk keluar dari zona nyaman. Kami percaya bahwa bukan saatnya lagi kita sekarang melakukan hal-hal yang biasa untuk mendapatkan perhatian apalagi sekedar membuat orang “menoleh” ke lembaga kemahasiswaan. Oleh karena itu, menjadi hal yang sangat urgent bagi kita untuk menciptakan gerakan-gerakan yang kreatif untuk menarik partisipasi mahasiswa FMIPA untuk turut berkontribusi bagi FMIPA, UI dan Indoneisa

4 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 6: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Arahan Strategis

5 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 7: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Controller & Treasurer

Sistem pendukung organisasi yang sangat vital bagi BEM. Bertugas mengatur keuangan dan arus kas BEM FMIPA UI. Adapun tidak berhenti di sana, Treasurer juga membawahi biro Dana Usaha.

Biro Danus, (Dana Usaha)

Biro ini bertujuan untuk mencari dana yang halal untuk menopang kegiatan-kegiatan BEM FMIPA UI.

Satuan Kendali Internal

Kontrol resiko, opresional dan kuangan organisasi, melakukan fit and proper test untuk penentuan panitia program dibawah BEM FMIPA UI, melakukan penelitian yang bertujuan evaluasi maupun peningkatan kinerja organisasi.

Bidang Internal

Bidang Internal bertujuan untuk melakukan penjagaan internal BEM, menciptakan suasana keorganisasian yang lebih menyenangkan dan memanajemen potensi SDM pengurus BEM. Seberapa besar bidang Internal ini nantinya dapat menjadikan BEM sebagai “rumah kita” yang nyaman bagi semua pengurus BEM tumbuh dan mengembangkan potensi yang mereka miliki untuk tercapainya tujuan BEM.

Biro Kestari, (Kesekretariatan)

Biro ini berfokus pada inventarisasi aset yang dimiliki BEM, mengelola perangkat keras dan lunak penunjang BEM. Dalam tataran praktisnya juga, tahun ini akan dimulai pengarsipan semua data penting milik BEM, baik itu data alumni, pengurus, informasi kegiatan (sponsor, pengisi acara, dll)

Biro PSDM, (Pengembangan Sumber Daya Manusia)

Biro ini bertujuan menjaga dan mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia BEM, mengupayakan penanaman nilai-nilai keorganisasian kepada pengurus BEM FMIPA UI. Sesekali melakukan penelitian akan kondisi internal keorganisasian sesuai dengan visi,misi dan nilai-nilai keorganisasian BEM FMIPA UI

BiroKerohanian

Biro ini berperan sebagai wadah yang akan memayungi keadaan rohani para pengurus BEM. Dan akan melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga keagamaan yang ada di FMIPA seperti, MII, PO, KMK, KMHD.

6 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 8: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Bidang Komunikasi dan Informasi

Bidang Kominfo memiliki peran yang sangat vital, karena berkaitan dengan arus komunikasi dan informasi organisasi, penunjang desain dan publikasi media untuk program-program inti BEM FMIPA UI. Adapun kedua biro yang berada dalam bidang ini yaitu Multimedia dan Humas dapat mengambil perannya masing-masing.

Biro Multi media

Biro ini memiliki peranan sebagai penunjang desain dan publikasi media untuk program-program inti BEM FMIPA UI. Tidak hanya itu segala otoritas mengenai perangkat media atas nama BEM FMIPA UI yang akan dipublish ke umum harus menjadi tanggung jawab bidang ini agar dapat menjamin ciri khas dari BEM itu sendiri.

Biro HUMAS, (Hubungan Masyarakat)

Biro ini bertujuan melakukan pendekatan kelembagaan ke berbagai pihak, birokrat dan non-birokrat. pencitraan BEM FMIPA di luar, perluasan jaringan dan jalinan kerjasama dengan pihak lain.

7 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 9: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Bidang Advokasi dan Politik

Bidang Advokasi dan Politik akan berfokus pada advokasi, kajian, penyikapan isu, propaganda, penghimpun dan mobilisasi massa. Sasaran tembak dari bidang ini adalah bagaimana bisa mensinkronkan gerak masing-masing departemen yang ada dalam naungannya untuk dapat saling mendukung satu sama lain, tidak saling meniadakan.

Departemen Adkesma,(Advokasi Kesejahteraan M ahasiswa)

Departemen ini akan melakukan advokasi dalam tataran peningkatan kesejahteraan Mahasiswa khusunya dalam hal biaya kuliah, fasilitas penunjang kuliah, minat dan bakat.Pelayanan advokasi yang terukur, menyinggung ke ranah kebijakan tidak hanya praktis dan bersinergis dengan lembaga se-MIPA

Departemen Kastrat, (Kajian dan Strategi)

Departemen ini berfokus pada melakukan kajian dan penyikapan isu sosial & politik yang berkembang dari level MIPA hingga Nasional. Adapun untuk tahun ini ada beberapa isu yang akan dihadapi, diantaranya :

Fakultas :

Kemahasiswaan Dekanat Musma Pildek Fasilitas

UI :

Statuta Pilrek

Nasional :

Pedagang Stasiun JR RUU PT Kedaulatan Energi Korupsi

Departemen BM, (Barisan MIPA)

Ini merupakan organ taktis yang dimiliki oleh MIPA. Beberapa tahun sempat tertidur, kita akan coba membangunkannya pada tahun ini. Departemen ini akan melakukan pencerdasan publik terkait kajian Dept. Kastrat, eksekutor penyikapan isu di lapangan, penghimpun dan pemobilisasian massa FMIPA untuk aksi, dan juga dalam berbagai event-event kompetisi yang melibatkan kontingen FMIPA UI.

8 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 10: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Bidang Kemahasiswaan

Bidang ini bertujuan mengakomodasi minat dan bakat mahasiswa, serta peningkatan prestasi dalam hal ini Keilmuan dan Seni Budaya. Kemahasiswaan menjadi bidang yang menjadi sorotan karena merupakan fokus BEM FMIPA. Adapun tugas utamanya adalah bagaimana BEM FMIPA dapat menjadi tempat yang nyaman bagi mahasiswa FMIPA untuk mendapatkan pembinaan dan meningatkan kapasitasnya dalam hal minat dan bakat.

Departemen Keil miahan

Departemen ini berfokus kepada peningkatan iklim kelimuan yang prestatif pada Mahasiswa FMIPA. Keilmuan menjadi fokus BEM tahun ini. Isu PKM pun masih tetap menjadi arus utama dari departemen ini. Hanya saja tahun ini akan lebih fokus untuk menelurkan ide-ide yang orisinal guna meningkatkan kualitas PKM yang akan dikirim ke DIKTI. 150 Proposal target untuk MIPA tahun ini. Selain itu, paramater konkret dari departemen ini adalah sejauh mana prestasi MIPA nantinya dalam kancah kompetisi tingkat UI : OIM dan Mapres. Target tahun ini 5 besar untuk OIM UI.

Departemen Seni Budaya

Departemen ini berfokus pada apresiasi dan prestasi melalui program-program yang mengakomodasi minat dan bakat mahasiswa di bidang kreasi, seni, dan budaya. Ini juga yang jadi fokus BEM tahun ini. Pembinaan akan organ-organ pendukung lain seperti Artist : art scientist yang harus dioptimalkan lagi.

9 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 11: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Bidang Sosial dan Lingkungan

Bidang ini memiliku tujuan yang amat mulia karena berkaitan dengan pelayanan, pengabdian masyarakat, dan lingkungan. Kedua departemen yang berada dalam kordinasi bidang Sosling sangat erat kaitannya dengan dunia luar, dalam hal ini masyarakat. Kebutuhan akan bidang ini pun akan begitu terasa ketika memang BEM sebagai sebuah organisasi dapat mengupayakan partisipasi masyarakat MIPA untuk terlibat dalam kegiatan pengabdian ini.

Departemen Sosmas, (Sosial Masyarakat)

Departemen ini berfokus pada program pelayanan dan pengabdian masyarakat. Karakter yang juga harus melekat pada departemen ini adalah cepat tanggap dan responsif. BEM sebagai sebuah organisasi tingkat fakultas harus sudah memulai untuk meng-create sebuah event yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan taraf hidup masyarakat

Departemen Lingkungan

Departemen ini berfokus pada penciptaan kesadaran masyarakat FMIPA UI dan sekitar Kampus, tentang gaya hidup yang ramah lingkungan.

10 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 12: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Kordinator BSOF

Bidang ini memiliki peran yang penting karena berkaitan dengan alur kordinasi dan sinergisasi BSO Fakultas, yaitu UKOR dan KOPMA dengan BEM FMIPA UI. Beberapa hal yang ingin coba kembali dipertegas adalah terkait kontrol manajemen keorganisasian kedua BSOF tersebut dan juga terkait perhitungan RKAT untuk disesuaikan dalam RKAT BEM FMIPA UI

11 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 13: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Ketua dan Wakil

Bendum I Bendum II

Danus

BAI Internal

BiroPSDM

Biro Kestari

Kerohanian

Kemahasiswaan

Keilmiahan

Senbud

Adkesma

Lingkungan

Sospol

Sosmas

KASTRAT

BM

Kominfo

HUMAS

Multimedia

BSOF

UKOR

KOPMA

Penanaman nilai-nilai keorganisasian

Peduli :kita tergerak karena kita tahu dan paham apa yang sebenarnya terjadi. Peduli sesama dan peka terhadap lingkungan sekitar modal awal yang baik untuk kita buat perubahan. Kepedulian, di BEM FMIPA UI sangat dijunjun tinggi.

Bermanfaat : bahwa sebaik-baik manusia ialah yang bermanfaat bagi orang lain. Kami merasa bahwa segala hal yang dilakukan di BEM FMIPA UI seharusnya berguna bagi banyak orang. So, kamu harus jadi penebar manfaat :D

Fun!: Kami melihat suatu masalah bukanlah sesuatu yang mengerikan. Kami melihat hal tersebut harus dihadapi, bukan dengan cara yang biasa. Kita dapat menyelesaikan satu persatu masalah dengan cara yang menyenagkan!, Let’s Have Fun :D

Cinta : keseharian kita dihadapkan oleh berbagai macam rutinitas dan pilihan-pilihan. Kami melihat bahwa hal yang luar biasa dapat kita ciptakan jika kita mencintai apa yang kita lakukan. BEM FMIPA UI melihat, itu suatu hal yang keren!

Make over BEM, Laporan Keuangan yang dapat di akses publik

12 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 14: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Program Kerja Unggulan

1. #biruhitamku

Deskripsi : Sebuah gerakan yang bertanggungjawab langsung di bawah ketua dan wakil akan fokus untuk mempersiapkan MIPA terkait scouting, pembinaan, dan persiapan logistik serta administrasi di ajang OIM, OLIM dan UI Art War (UI FEST) yang akan dibentuk di awal kepengurusan. Gerakan ini nantinya akan berjalan beriringan dengan bidang keilmiahan, UKOR, seni dan budaya serta Barisan MIPA.

Tujuan : - Meningkatkan prestasi MIPA di ajang OIM, OLIMPIADE UI dan UI Art War.

- Membangun Rasa Kebanggaan terhadap MIPA

2. Diskotik (Diskusi Obrolan Tematik)

Deskripsi : Diskusi publik rutin yang diadakan sebulan sekali dengan menghadirkan isu-isu yang hangat untuk dibahas dengan tempat sekitaran MIPA dan dipadukan dengan seni dimana acara ini akan bekerja sama dengan bidang seni dan budaya. Nantinya diskusi ini akan direkam dan hasilnya akan diunggah di Youtube dengan memakai channel BEMFMIPAUI.

Tujuan : - Meningkatkan budaya berdiskusi pada mahasiswa MIPA

- Sarana Pencerdasan Isu dan pembangun kedekatan dengan masyarakat MIPA

3. Mapres Muda

Deskripsi : Ajang pencarian dan pelatihan serta pembekalan diri untuk menjadi mapres bagi mahasiswa tingkat satu dan dua yang dilakukan setelah ajang mapres UI selesai. Diharapkan dengan melakukan evaluasi pada ajang mapres pada tahun depan, diharapkan di tahun berikutnya dapat lebih berprestasi lagi di ajang UI.

Tujuan : - Mempersiapkan angkatan 2011 dan 2012 untuk menyambut ajang mapres

- Menggali dan mencari potensi mahasiswa di ajang mapres

4. Senyum untuk MIPA

Deskripsi : Pemberian apresiasi dan penghargaan untuk karyawan dan pegawai MIPA serta para pemilik kios Kantin Dalas dengan kegiatan salah satunya mengadakan masak bareng.

13 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3

Page 15: Grand Design BEM FMIPA UI 2013

Tujuan : - Membangun kedekatan dengan karyawan dan pegawai MIPA serta pemilik kios kantin Dalas

5. Anugerah Inspirasi MIPA

Deskripsi : Agenda akhir tahun untuk memberikan apresiasi kepada para mahasiswa MIPA yang telah berprestasi dan berkontribusi nyata untuk MIPA

Tujuan : - Menginspirasi mahasiswa yang lain untuk memberikan prestasi dan kontribusi bagi MIPA

- Mengenalkan potensi mahasiswa MIPA

6. MIPA untuk Negeri

Deskripsi : Acara tahunan yang pelaksanaannya akan memasuki tahun ketiga dan merupakan acara keilmiahan terbesar BEM FMIPA UI berskala nasional yang melibatkan mahasiswa lain di luar FMIPA UI untuk berpartisipasi membangun Sains dan Teknologi di Indonesia

Tujuan : - Memunculkan ide-ide baru yang bisa dijadikan inspirasi.

- Meningkatkan kultur ilmiah di kalangan mahasiswa FMIPA

14 | G r a n d D e s i g n B E M F M I P A U I 2 0 1 3