format rpp permendikbud 65-2013

4
Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013, Komponen RPP terdiri atas: a. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan b. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema; c. Kelas/Semester ; d. Materi Pokok; e. Alokasi Waktu ditentukan sesuaidengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai; f. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; g. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi; h. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi; i. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai; j. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran; k. Sumber Belajar , dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan; l. Langkah-Langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan m. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Upload: ihda-shoumi

Post on 09-Oct-2015

29 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

pendidikan

TRANSCRIPT

Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013,Komponen RPP terdiri atas:a. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan b. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;c. Kelas/Semester;d. Materi Pokok;e. Alokasi Waktu ditentukan sesuaidengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;f. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;g. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;h. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;i. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;j. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;k. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;l. Langkah-Langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; danm. Penilaian Hasil Pembelajaran.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANIdentitas Sekolah : .Identitas Mata Pelajaran:..Kelas/Semester:..Materi Pokok: .Alokasi Waktu: .Tujuan Pembelajaran: .Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi: ..Materi Pembelajaran: ..Metode Pembelajaran: ..Media Pembelajaran: ..Sumber Belajar: ..Langkah-Langkah Pembelajaran:KegiatanDeskripsiAlokasi Waktu

1. Pendahuluan

2. Inti

3. Penutup

Penilaian Hasil Pembelajaran: ...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Identitas Sekolah : .Identitas Mata Pelajaran:..Kelas/Semester:..Materi Pokok: .Alokasi Waktu:

A. Kompetensi Inti:1. 2. 3. 4.

B. Tujuan Pembelajaran: .

C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:1.1. .2.1. .3.1. .3.1.1. .3.1.2. .4.1. .4.1.1. .4.1.2. .

D. Materi Pembelajaran: ..

E. Metode Pembelajaran:1. Pendekatan: Scientific2. Metode: Bermain Peran, Diskusi, Demonstrasi, Simulasi?3. Model: Project Based Learning, Problem Based Learning, Discoverj Learning*)

F. Media Pembelajaran:1. Charta?2. Globe? Dst

G. Sumber Belajar:Sumber-sumber untuk belajar, misalnja buku referensi, majalah, surat kabar, lingkungan sekolah, televise, dan lain-lain.

H. Langkah-Langkah Pembelajaran:Pertemuan ke: 1KegiatanDeskripsiAlokasi Waktu

1. Pendahuluan

2. Inti

3. Penutup

Pertemuan ke: 2KegiatanDeskripsiAlokasi Waktu

1. Pendahuluan

2. Inti

3. Penutup

I. Penilaian Hasil Pembelajaran:1. Teknik dan Bentuk instrumenTeknik PenilaianBentuk Instrumen

a. Sikap: Observasi Penilaian diriLembar observasiKuisioner

b. Pengetahuan Tes tulis PenugasanPerangkat tesLembar penugasan

c. KeterampilanKinerja: Tes praktik Portofolio

Lembar observasiRubrik penilaian portofolio

2. Contoh instrumen(di lampiran)

Sidoarjo, .., 2013

Mengetahui, Kepala .. Guru Mata pelajaran,

(.)(.)