fa icon news desember 2012

9
C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D DECEMBER | 2012 06 Kilas Balik Kaleidoskop 2012 14 Manajemen Jalani Hidup Penuh Warna dengan Semangat SIAP MENYONGSONG TAHUN 2013

Upload: alexander-siagian

Post on 12-Aug-2015

70 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

Fa Icon News Desember 2012

TRANSCRIPT

Page 1: Fa Icon News Desember 2012

C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

D E C E M B E R | 2 0 1 2

06 Kilas Balik Kaleidoskop 2012

14 Manajemen Jalani Hidup Penuh Warna dengan Semangat

SIAPMENYONGSONG TAHUN 2013

Page 2: Fa Icon News Desember 2012

Siap Menyongsong Tahun 2013

Salam jumpa bagi para pembaca ICON+ News

Tak terasa, waktu terus berputar. Kini, kita telah memasuki bulan penghujung di tahun 2012. Sesaat lagi, kita akan memasuki tahun 2013.

Tahun 2012 meninggalkan kesan tersendiri bagi PT Indonesia Comnets Plus (ICON+). Pada tahun itu, misalnya, ditandai dengan reorganisasi di tubuh ICON+. Reorganisasi tersebut merupakan bagian dari dinamika perusahaan dalam menghadapi ketatnya kompetisi dalam industri teknologi, informasi, komunikasi (TIK) yang juga dinamis. Berbagai catatan manis juga kami raih di tahun 2012. Tata kelola perusahaan, keuangan, proses bisnis dan sebagainya menunjukkan hal yang positif. Tentu ini tak terlepas dari dukungan para pemangku kepentingan (stakeholders), termasuk di dalamnya masyarakat luas.

Selain itu, masih banyak peristiwa lainnya yang kami lalui di tahun 2012. Untuk jelasnya, kami

menampilkan rubrik khusus pada edisi kali ini, yaitu Kaleidoskop. Pada rubrik tersebut, tersaji kilasan peristiwa-peristiwa yang mewarnai perjalanan ICON+ pada tahun 2012.

Tahun 2013 telah di depan mata. Oleh sebab itu, kami akan terus melangkah maju. Sejumlah persiapan pun telah kami siapkan untuk mengarungi tahun 2013 nanti. Pembahasan lebih lengkap tentang persiapan menjelang tahun 2013, kami ulas dalam rubrik Fokus. Tidak hanya itu, rubrik tetap lainnya juga terdapat di edisi ini. Pada rubrik Manajemen, salah satu contohnya, kami menyajikan tema tentang semangat perubahan menuju ke arah lebih baik.

Pergantian tahun juga menjadi momentum bagi redaksi majalah ICON+ News untuk melakukan perubahan pada tampilan majalah mungil ini. Seperti apa tampilan tersebut akan dapat Anda ketahui pada bulan pertama di tahun 2013.

Semoga, majalah ini bisa menjadi media informasi yang berguna bagi Anda. Kami juga berharap, tahun 2013 menjadi tahun yang lebih baik lagi bagi kita semua.

Selamat membaca,

Redaksi

DARI REDAKSIPENANGGUNG JAWAB:

Hadi Prayitno[Sekretaris Perusahaan]

PEMIMPIN REDAKSI:Detty Elviany

[Manajer Humas & Hubungan Kelembagaan]

KOORDINATOR LIPUTAN:Titik Riana, Erna Pardede

KONTRIBUTOR:Ceceng Muhaimin, Melly Rahmadani,

Leonard Panjaitan, FX. Yunianto Wibowo

NARASUMBER:Seluruh Manajer

PT Indonesia Comnets Plus

KOLOM INTERAKTIF:Sapto Nugroho, Dehotman Purba,

Bambang Suryanto

SIKLUS:Nasari, Khasbullah

Arief Santoso

EDITORMuhammad Pamungkas

REPORTER & PHOTOGRAPHERSebastian R.A., Okto Berbudi

DISAIN & TATA LETAKAndunk Bayumurti

PT INDONESIA COMNETS PLUSWisma Mulia Lt. 50-51

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 42, Jakarta 12710T. 62-21 525 3019, F. 62-21 525 3659

C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

TEROPONG

Satu Lagi Contact Center PLN 123Resmi Beroperasi

ICON+ Dukung Masyarakat Melek TI

ICON+ Runner-up dalam Turnamen Bowling Piala Bergilir Dirut PLN

ICON+ Gelar Workshop Virtual Data Center Solution

Video Conference ICON+ Layani Pameran Listrik Bertaraf Internasional

PLN Resmikan Pengoperasian AP2T Seluruh Indonesia

Dukungan ICON+ dalam CEPSI 2012

4

9

1010

1111

1212

15

Tahun 2012 akan berlalu. Tahun 2013 telah menanti. PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) telah menorehkan sejumlah catatan manis di tahun 2012. Namun, rasa puas diri harus dipinggirkan. Tantangan ke depan perlu dihadapi dengan strategi jitu agar siap menghadapi kompetisi dalam industri teknologi, informasi, komunikasi (TIK) di tahun 2013.

KILAS BERITA

Detty Elviany

ICONers13 Makna Natal bagi ICONers

IRMA CHRISTINAMeresapi

TITUS HERMAN EFENDIMenikmati

KILAS BALIK

MANAJEMEN

Kaleidoskop 2012

Jalani Hidup Penuh Warnadengan Semangat

6

14

Kehidupan bak roda yang berputar. Ada saatnya kesuksesan datang, ada waktunya pula kegagalan menghampiri. Begitu pula dengan semangat menjalani hidup. Ada kalanya semangat kita menggebu, namun tak jarang pula semangat hidup terjun bebas hampir menyentuh titik nadir.

Bagi pemeluk agama Kristen, perayaan Natal identik dengan keberadaan pohon natal. Pohon natal sendiri memiliki sejarah panjang sebelum kemunculan agama Kristen.

FOKUS

Asal-usul Pohon Natal

2 3 D E C E M B E R 2 0 1 2

C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

D E C E M B E R 2 0 1 2 C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

EDITORIALDAFTAR IS I

Page 3: Fa Icon News Desember 2012

Pencapaian ICON+ di tahun 2012 sangat mengesankan. Berbagai produk ICON+ cukup diterima di pasar. Alhasil, berbagai hal positif berhasil diraih perusahaan.

“Tahun 2012, revenue ICON+ hampir mencapai Rp 1 triliun. Tahun depan, kami targetkan mencapai Rp 1,3 triliun,” ujar GM Penjualan ICON+ Dehotman Purba.

“Meskipun pencapaian ICON+ tidak mencapai target 100%, tapi peningkatannya sudah signif ikan dibandingkan tahun sebelumnya. B iasanya, pencapaian target hanya sekitar 70%, tapi tahun 2012

mencapai sekitar 90%,” kata Manajer Produk ICON+ Sri Hadi Agustama.

“Sebetulnya, ada cadangan yang akan didapatkan di awal tahun depan. Artinya, ada banyak permintaan yang masuk di tahun 2012, namun realisasinya baru bisa terlaksana di awal tahun depan,” sahut Manajer Pemasaran ICON+ Rudy Mulyadi.

OPERATION EXCELLENCE

Menyongsong tahun 2013, ICON+ telah menyiapkan sejumlah strategi dalam menghadapi persaingan di indust r i TIK. Menurut Sri Hadi, pasar akan tetap bertumbuh di tahun 2013.

“Di tataran masyarakat Indonesia, ada 160 juta-an orang berusia muda yang tingkat ekonominya sudah bagus. Dan, mereka juga IT (Information Technology) minded, sudah melek IT,” ujarnya.

Sebenarnya, Sri Hadi meneruskan, strategi perusahaan bisa dipilah menjadi dua, yakni menyasar banyak segmen pasar atau spesialisasi.

“ I C O N + s e p e r t i n y a m e m f o k u s ka n kepada operation excel lence . Jadi, ekspansi t idak menjadi prioritas, Tapi yang utama operat ion excel lence . Tahun 2013 kita fokusnya bukan ekspansi,

dengan volume lebih kecil. Namun, ini bukan berarti harga produknya yang murah.

Untuk tahun 2013, Sri Hadi bertutur, ialah era online system.

“Otomation. Trennya ke sana,” tekannya.

Rudy mengemukakan, pengguna internet di tanah air juga akan booming di tahun 2013. Saat ini, pengguna internet di Indonesia adalah berkisar 55 juta orang. Tahun depan, angkanya bisa mendekati 100 juta orang.

“Jumlah persentase pengguna internet di Indonesia adalah 22% untuk seluruh Asia. Untuk pengguna facebook, Indonesia terbanyak di dunia, sekitar 40 juta akun. Jadi,

ada teknologi tertentu yang hanya bisa dioperasikan untuk mengakses data oleh si pemilik data tersebut (pelanggan). Dengan kata lain, provider penyedia jasa jaringan data tidak akan bisa menembus security data kliennya.

“ICON+ sendiri telah memiliki Key Performance Indicators (KPI) untuk masalah security. Dari sisi produk, kami akan memfokuskan pada sertifikasi ISO tentang security karena

SIAPMENYONGSONG TAHUN 2013

Tahun 2012 akan berlalu. Tahun 2013 telah menanti. PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) telah menorehkan

sejumlah catatan manis di tahun 2012. Namun, rasa puas diri harus dipinggirkan. Tantangan ke depan perlu

dihadapi dengan strategi jitu agar siap menghadapi kompetisi dalam industri teknologi, informasi, komunikasi

(TIK) di tahun 2013.

security adalah soal kepercayaan. Kami tunjukkan kepada pasar, kami commit, kami laksanakan,” tegasnya.

Sementara itu, ICON+ masih memfokuskan untuk meraup segmen pasar operator dan enterprise di tahun 2013, belum menyentuh ritel. Namun, Dehotman mengatakan, ICON+ perlu menetapkan kebijakan harga yang dinamis di kedua segmen tersebut.

“Yang menarik ICON+ akan mencoba masuk ke pasar yang lebih massal, yakni Small Office Home Office (SOHO), seperti rumah toko (ruko) atau perusahaan kecil,” Rudy mengaku.

S r i Hadi menegaskan, ICON+ s iap mengarungi persaingan di tahun 2013.

“Ya jelas, tahun 2013 itu sudah pasti akan k i ta hadapi. Tahun 2012 k i ta t i ngga l kan. I n s ya A l l ah , k i t a s i ap. Yakinlah,” ungkapnya.

“Insya Allah kita siap. Kita optimis,” tutup Rudy.

tapi meningkatkan utilitas produk yang sudah ada. Operation excellence itu bagusnya apa? Bisa fokus ke prof i t. Kalau ekspansi biasanya fokusnya ke revenue . Is t i lahnya keci l, tapi ber is i. Keci l , tapi layanannya berkual i tas,” papar Sri Hadi.

Fokus utama ICON+ di tahun 2013, lanjut Sr i Hadi, adalah meningkatkan pelayanan kepada PLN, sebagai induk perusahaan ICON+. Namun, ICON+ tidak menepikan pelanggan-pelanggan lainnya. Peningkatan kualitas juga akan dilakukan terhadap produk-produk yang sudah ada, seperti menambah fitur pada produk tersebut.

“Produk baru rencananya tetap akan diluncurkan. Tapi, prioritasnya operation excellence, penyempurnaan, menambah fitur dan seterusnya,” jelasnya.

KEAMANANSejalan dengan itu, Dehotman Purba mengu ta rakan, pe ru sahaan akan menerapkan tiga langkah di tahun 2013 terkait dengan penjualan. Ketiga langkah itu adalah meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yang telah dimiliki (existing consumer), menambah jumlah pelanggan baru dan cloud computing.

Un tuk pe langgan baru, Dehotman menerangkan, biasanya perusahaan-perusahaan akan mencari pelanggan baru dengan volume transaksi besar. Namun, ICON+ akan mencoba menambah jumlah pelanggan baru sebanyaknya meskipun

Dehotman Purba | GM Penjualan ICON+

Sri Hadi Agustama | Manajer Produk ICON+

Rudy Mulyadi | Manajer Pemasaran ICON+

memang internet akan menjadi primadona di tahun 2013,” Rudy menggambarkan.

Sri Hadi menyatakan, tahun 2013 juga akan ditandai dengan mengemukanya isu kontinuitas bisnis, data back-up dan disaster recovery. Pasar untuk isu-isu itu akan berkembang. Di samping itu, isu keamanan (security) juga mulai muncul ke permukaan.

Isu keamanan data telah menjadi perhatian tersendiri oleh pelaku bisnis. Ada yang khawatir data perusahaan dapat dicuri, hilang dan sebagainya. Hal ini, Sri Hadi berujar, tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Masalah keamanan sudah dilindungi oleh Undang-undang. Tambah pula, kemajuan teknologi itu sendiri sudah menjamin tingkat keamanan data. Bahkan, ungkapnya,

4 5 D E C E M B E R 2 0 1 2

C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

D E C E M B E R 2 0 1 2 C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

FOKUS FOKUS

Page 4: Fa Icon News Desember 2012

Februari

6 FebruariICON+ bersama PT PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) menandatangani perjanjian kerjasama pemanfaatan Infrastruktur / fasilitas gedung dalam rangka penyelenggaraan layanan jasa telekomunikasi di ruang rapat Direksi ICON+.

10 FebruariICON+ melaksanakan serah terima jabatan Dewan Direksi yang berlangsung di Aula Serbaguna ICON+ Mampang, Jakarta. Serah terima jabatan ini menandai berakhirnya masa tugas jajaran Direksi ICON+ periode 2009—2011 yang digawangi oleh Direktur Utama Muljo Adjie AG. Jajaran Direksi ICON+ yang baru dipimpin oleh Muhammad Buldansyah sebagai Direktur Utama untuk periode 2012—2016.

29 Februari-2 MaretICON+ mengadakan Joint Planning Session (JPS) dengan INDOSAT di Hotel Santika, Kuta, Bali. Melalui forum ini, kedua belah pihak diharapkan dapat meningkatkan kinerja layanannya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

13 JanuariPT PLN (Pe r se ro ) w i layah Lampung

mengadakan launching Aplikasi Pelayanan

Pelanggan Terpusat (AP2T) di Hotel Sheraton,

Bandar Lampung. AP2T adalah aplikasi

terpusat berbasis web yang menawarkan

beragam kemudahan pelayanan kepada

pelanggan listrik. ICON+ bertindak sebagai

penyedia managed service layanan AP2T.

16-17 JanuariICON+ menggelar Kick Off Meeting Rencana

Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP)

2012 bertema “Innovative & Responsive for

Excellent Service” di Aula Serbaguna ICON+

Mampang, Jakarta.

Januari

8 MaretPT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang

(Disjaya) kembali meraih penghargaan

terbaik dalam Call Center Award 2011

di Balai Sarbini, Jakarta. Call Center

123 dikembangkan oleh ICON+, anak

perusahaan PLN yang bergerak di bidang

teknologi, informasi, komunikasi (TIK).

14-16 MaretICON+ mengge la r Jo in t P lann ing

Session (JPS) dengan TELKOM di Hard

Rock Cafe, Kuta, Bali. Dalam kegiatan

in i, TELKOM menawarkan ker jasama

dengan ICON+ melalui pola satu pintu

masuk agar meningkatkan sinergi kedua

belah pihak.

31 MaretICON+ menandatangani kesepakatan

dengan Kospin Jasa untuk Kerjasama

P e n y e d i a a n L a y a n a n J a r i n g a n

Telekomunikasi Kospin Syariah di Aula

Gedung HA Djunaid, Kompleks Pondok

Pesantren Modern Al-Quran, Pekalongan,

Jawa Tengah.

MARET

17 AprilRapat Umum Pemegang Saham

(RUPS) ICON+ diselenggarakan di

Ruang Rapat Paiton, Kantor PT PLN

(Persero) Pusat, Jakarta. Hasil RUPS

menyetu ju i Laporan Tahunan

Perseroan Tahun Buku 2011.

april

mei

8 MeiICON+ melaksanakan Joint Planning Session (JPS) dengan Bank Sinarmas di Hotel Gran Melia, Jakarta. JPS ini bertujuan untuk mempererat hubungan ker jasama diantara keduanya yang selama ini sudah berjalan baik.

16 MeiLayanan Contact Center PLN 123 yang dikembangkan ICON+ meraih berbagai penghargaan dalam ICCA Award di Jakarta. Untuk tingkat korporat, Contact Center 123 meraih The Best Business Contribution (silver) dan The Best Contact Center Operation (bronze). Untuk tingkat individual, Contact Center 123 menerima empat penghargaan.

23 MeiICON+ menggelar press lunch gathering di Q Smoke House, Jakarta. Acara ini bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan media massa yang selama ini berperan sangat penting bagi kemajuan ICON+.

6 7 D E C E M B E R 2 0 1 2

C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

D E C E M B E R 2 0 1 2 C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

KILAS BALIKKILAS BALIK

Page 5: Fa Icon News Desember 2012

SATU LAGI CONTACT CENTER PLN 123RESMI BEROPERASI

PT PLN (Persero) meresmikan pengoperasian Contact Center PLN 123 site ketujuh di Palembang, Sumatera Selatan. Contact center ini akan melayani para pelanggan PLN di Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat, Lampung dan Bangka Belitung.

Peresmian Contact Center PLN 123 di Palembang in i d iadakan d i pusat

perbelanjaan Palembang Trade Center (PTC), Sumatera Selatan, Minggu (11/11) lalu. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasati oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji.

Sebelumnya, PLN telah memiliki Contact Center PLN 123 di enam kota, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Medan. Contact Center PLN 123 merupakan salah satu bentuk konkret upaya PLN dalam memberikan kemudahan dan percepatan sistem pelayanan kepada para konsumen setia di tanah air. Dalam mengoperasikan contact center ini, PLN menggandeng salah satu anak perusahaannya yang bergerak di industri teknologi, informasi, komunikasi (TIK), yaitu PT Indonesia Comnets Plus (ICON+).

Keberadaan Contact Center PLN 123 memegang peranan penting bagi perusahaan dalam memberi layanan berkualitas kepada pelanggan listrik. Contact Center PLN 123 telah membuktikan kehandalannya dengan menerima beragam penghargaan. Dalam perhelatan prestisius Indonesia Contact Center Award (ICCA) 2011 dan 2012, misalnya, Contact Center PLN 123 berhasil memperoleh banyak penghargaan bergengsi. Penghargaan itu antara lain untuk kategori The Best Bussiness Contribution, The Best Contact Center Operation dan The Best of Industry Public Service.

Tentunya penghargaan ini akan menjadi peluang terbaik untuk terus memperbaiki kualitan layanan demi menuju World Class Service Company.

juni

12 JuniICON+ berpartisipasi dalam forum teknologi

bisnis strategis bertajuk CISCO Innovate

2012 di Hotel Shangri-La, Jakarta. Ajang ini

diikuti sejumlah pelaku industri di bidang

jaringan, telekomunikasi dan teknologi

informasi.

november

1 NovemberPT PLN (Persero) meresmikan Apl i kas i Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) wilayah Indonesia Timur di Kantor PLN Rayon Makassar Utara, Sulawesi Selatan. Bersama PLN, ICON+ mengembangkan penerapan AP2T untuk memudahkan pelayanan kepada pelanggan listrik.

september

18 September

ICON+ memberangkatkan dua karyawannya

ke tanah suci tahun ini. Acara pelepasan calon

jemaah haji tersebut digelar di Kantor Pusat ICON+.

juli

18 JuliSegenap Direksi dan ICONers menghadiri silaturahmi menjelang bulan Ramadhan 1433 H di Aula Serbaguna ICON+ Mampang, Jakarta. Dalam kesempatan ini, ICON+ juga memberikan bantuan dana sosial kepada anak-anak yatim piatu sebesar Rp 10 juta.

agustus

AgustusM a n a j e m e n I C O N + mengikuti Safari Ramadhan b e r u p a a n j a n g s a n a (kunjungan silaturahmi) ke lokasi Gardu Induk milik PT PLN (Persero) se-Jawa, Bali, Sumatera dan Su lawes i beberapa waktu sebelum Idul Fitri 1433 H.

9 AgustusI C O N + m e n g g e l a r berbuka puasa bersama di Aula Serbaguna ICON+ M a m p a n g , J a k a r t a . Kegiatan ini diikuti ratusan ICONers dan sejumlah anak yatim piatu. ICON+ juga memberikan dana sosial kepada para yatim piatu.

10 Oktober ICON+ menggelar employee gathering di

berbagai lokasi. Kegiatan ini dilaksanakan

sebagai peringatan hari jadi ICON+ ke-12

pada 3 Oktober.

oktober

29 & 31 Oktober

ICON+ menandatangani kesepakatan

kerjasama Dana Pensiun Lembaga Keuangan

(DPLK) Bank BRI dan DPLK Bank BNI tentang

Pengelolaan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)

kepada pegawai Baru ICON+.

9 D E C E M B E R 2 0 1 2

C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D8 D E C E M B E R 2 0 1 2

C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

KILAS BERITAKILAS BALIK

Page 6: Fa Icon News Desember 2012

ICON+ mendorong bangsa Indonesia agar melek teknologi informasi (TI). Hal ini terbukti dari keikutsertaan ICON+ dalam Pameran Information and Communication Technology Universal Service Obligation (ICT USO) Expo 2012.

ICT USO Expo 2012 digelar di Gedung Sultan Suriansyah, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 7-9 November 2012 lalu. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI)

serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. ICON+ menjadi salah satu partisipan dalam kegiatan yang diikuti oleh sekitar 50 peserta dari instansi pemerintah dan swasta tersebut.

Berbagai acara edukatif dan informatif diselenggarakan dalam expo ini. Rangkaian acara tersebut berupa Talkshow Indonesia Informatif; Workshop Percepatan Implementasi Pusat Sumber Belajar Terintegrasi Berbasis Teknologi, Informasi, Komunikasi (TIK); kompetisi robotic; lomba pemilihan pembaca berita televisi; aneka games dan hiburan musik.

ICT USO Expo bertujuan untuk menyebarluaskan kepada masyarakat salah satu program pemerintah, yakni Kewajiban Pelayanan Universal (KPU) atau USO (Universal Service Obligation). KPU/USO adalah program untuk mempercepat pemerataan akses telekomunikasi dan informasi di daerah tertinggal, terpencil, perbatasan serta tidak layak secara ekonomi. Realisasi program tersebut terarah pada pembangunan sarana prasarana telekomunikasi dan informasi. Bentuknya berbagai macam, seperti Desa Dering dan Desa Pintar.

ICON+ ditunjuk pemerintah sebagai penyedia jaringan akses Desa Dering. Saat ini, masih berlangsung penerapan jaringan akses Desa Dering di wilayah regional Indonesia Timur.

ICON+ DUKUNG MASYARAKAT MELEK TI

ICON+ RUNNER-UP DALAM TURNAMEN BOWLING PIALA BERGILIR DIRUT PLN

ICON+ ambil bagian dalam Turnamen Bowling Piala Bergilir Dirut PT PLN (Persero) ke-6 di Artha Gading Bowling Center, Jakarta, 30 November-1 Desember 2012 lalu. Pada ajang ini, salah satu peserta

dari ICON+ berhasil menjadi juara 2 untuk kategori Executive.

Turnamen bowling ini dibuka oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji dengan melakukan lemparan pertama ..... STRIKE. Ajang ini diikuti oleh 18 unit PLN seluruh Indonesia dan anak perusahaan. Juara 1 kejuaraan ini dimenangkan oleh PLN Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Jawa-Bali (P3BJB); juara 2 PLN Distribusi Jawa Tengah; juara 3 PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang; Juara 4 PLN Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Sumatera (P3BS) dan juara 5 PLN Distribusi Jawa Barat. Untuk kategori Excutive, juara 1 ditempati Deny (PLN Distribusi Jawa Tengah); Juara 2 Lufti MS (ICON+) dan juara 3 Syahrul dari PLN P3BS.

ICON+ mengadakan workshop Virtual Data Center Solution di Hotel Mandarin Oriental dan The Sultan, 5-6 Desember 2012. Acara ini membahas manfaat penerapan teknologi cloud computing bagi perusahaan atau organisasi.

Workshop Virtual Data Center Solution dihadiri puluhan peserta dari berbagai instansi pemerintah dan perusahaan swasta. Dua pembicara dalam workshop ini adalah pakar information communications and technology (ICT) Iwan Krisnadi dan Zafriyal Afril dari Subdivisi Pengembangan Produk Baru ICON+.

Dalam paparannya bertajuk “Efisiensi Proses Bisnis di Perusahaan”, Iwan menyampaikan, cloud computing merupakan sistem telekomunikasi baru yang dapat menghemat pengeluaran customer untuk pembangunan infrastruktur. Dengan keberadaan server yang bisa d iakses d imanapun dan kapanpun sangat memberi kemudahan serta praktis. Fleksibilitas dan penghematan

biaya merupakan keuntungan utama dari penggunaan cloud computing. Isu utama cloud computing, tambah Iwan, adalah sistem keamanan (security).

“Sebenarnya, isu ini sudah termaktub dalam UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) pasal 16 (1) yang mewajibkan setiap penyelenggara sistem elektronik wajib mengoperasikan sistem elektronik yang memenuhi persyaratan minimum,” ujar dosen pasca sarjana di Universitas Indonesia dan Mercu Buana ini.

ICON+ GELAR WORKSHOPVIRTUAL DATA CENTER SOLUTION

Sementara itu, Zafriyal menyampaikan makalah berjudul “ICON Cloud: Towards Everthing as A Service”. Zafriyal mengatakan, ICON+ kini mempunyai produk terbaru, yakni ICON Cloud. ICON Cloud memiliki beberapa keunggulan. Sejumlah kelebihan itu antara lain produk ini didukung oleh data center kelas Tier-3. Lokasi server berada di Gandul, Jakarta. Selain itu, jaringannya luas. ICON+ mengoperasikan lebih dari 325 ribu km jalur komunikasi serat optik melintasi pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi.

Saat ini, masih menurut Zafriyal, ICON Cloud memiliki tiga paket untuk perusahaan, yakni Virtual Machine, Virtual Private Data Center dan Virtual Dedicated Machine. Service Level Aggrement (SLA) untuk Virtual Machine dan Virtual Private Data Center adalah 99%. Sedangkan SLA untuk Virtual Dedicated Machine sebesar 99,982%.

“Kami juga b isa menyesuaikan SLA sesuai kesepakatan dengan pelanggan,” tukasnya.

ICONCL UD

ICON+ menyuguhkan video conference dalam Pameran dan Seminar Kelistrikan Indonesia di hotel Harmoni One, Batam, Kepulauan Riau, 22-23 November 2012 lalu. Kegiatan bertema “Forum Bisnis dan Peluang Investasi Kelistrikan” ini diselenggarakan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Pameran dan Seminar Kelistrikan Indonesia 2012 diikuti sejumlah kontraktor listrik, mitra kerja, pabrikan hingga institusi perbankan dari dalam maupun luar negeri. Di sela kegiatan ini juga diadakan penandatanganan MoU beberapa proyek pembangkit di Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Bangka Belitung dan Pusat Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTM). Dalam ajang yang

VIDEO CONFERENCE ICON+LAYANI PAMERAN LISTRIK BERTARAF INTERNASIONAL

sama, juga dilakukan peresmian secara simbolis Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Panaran berkapasitas 3 x 81 megawatt (MW) oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji.

Bersamaan dengan diresmikannya PLTMG Panaran, diadakan pula peletakan batu pertama MEB Combine Cycle Power Plant (CCPP) dan Chiller di site Panaran. Kegiatan-kegiatan tersebut terhubung secara langsung melalui video conference dari site ke lokasi tempat berlangsungnya Pameran dan Seminar Kelistrikan Indonesia 2012. ICON+ berperan dalam menyediakan fasilitas video conference tersebut. Pameran dan Seminar Kelistrikan Indonesia 2012 merupakan bagian dari peringatan hari Listrik Nasional ke-67.

10 11 D E C E M B E R 2 0 1 2

C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

D E C E M B E R 2 0 1 2 C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

KILAS BERITAKILAS BERITA

Page 7: Fa Icon News Desember 2012

Makna Natal bagi ICONers yang Merayakannya

IRMA CHRISTINA

MeresapiNatal bagi Irma Christina memiliki makna dalam. Ia meresapi hari besar umat Kristiani yang jatuh pada tanggal 25 Desember tersebut. Tak hanya diresapi di hati, Irma mempraktikkan makna Natal hingga ke dalam pekerjaan sehari-harinya.

“Menjaga sikap, attitude kita. Konkretnya yang sederhana misalnya datang ke tempat kerja tepat waktu, mengerjakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya dan sesuai schedule, menunjukkan dedikasi sebagai seorang karyawati yang baik yang mencintai perusahaan,” jelas ICONers yang telah bekerja di ICON+ sejak tahun 2006 ini.

Ia mengungkapkan, seringkali menghadapi situasi load pekerjaan menumpuk mendekati hari Natal. Namun, Irma menambahkan, hal itu tidak mengganggu rencana merayakan Natal bersama keluarganya.

“Saya mengusahakan kerja sesuai office hour pada tanggal 24 Desember, tidak sampai lembur,” ujar Engineer Monitoring Pembangunan Multimedia ICON+ ini.

Tak lupa Irma memiliki harapan terhadap ICON+ menjelang tahun 2013, ia berharap, ICON+ akan lebih eks is dan bertambah maju.

Natal memiliki makna tersendiri bagi umat Kristiani. Tak terkecuali bagi pegawai ICON+ (ICONers) yang merayakannya. Bagi mereka, nilai yang terkandung

dalam perayaan Natal tak sekadar ritual keagamaan.

TITUS HERMAN EFENDI

MenikmatiLoad pekerjaan yang meninggi juga kerap dialami oleh Titus Herman Efendi menjelang Natal.

“Saya ditempatkan di bagian aktivasi. Saya bertugas memberi pelayanan kepada para pelanggan. Jadi, segmennya operator. Tidak hanya Natal, biasanya pada hari-hari besar lainnya, seperti Idul Fitri dan Tahun baru, traffic komunikasi meningkat. Misalnya, ada permintaan yang ingin cepat dan kapasitasnya dinaikkan,” papar pria yang sudah bekerja di ICON+ sejak tahun 2007 ini.

Ia meceritakan pengalaman pada tahun 2011 lalu. Saat itu, ia bertugas melayani permintaan aktivasi Telkomsel di wilayah Manado, tepatnya di Gorontalo sampai Parigi.

“Saya selesaikan pekerjaan dengan penuh semangat hingga tanggal 24 Desember 2011. Jadi, saya bisa merayakan Natal,” kata Supervisor Pembangunan Last mile ICON+ ini.

Meski disibukkan dengan pekerjaan menjelang Natal, Titus tetap bersikap profesional karena baginya hal tersebut merupakan tuntutan kerja. Selain itu, ada hal-hal lain yang bisa diperoleh dari pekerjaan itu, terutama bila ia ditugaskan ke daerah.

“Pengalaman baru sambil bekerja. Kita juga bisa menikmati suasana baru di tempat lain,” imbuhnya.

Makna Natal sendiri bagi Titus adalah merasa “dilahirkan” kembali.

“Menjadi lebih baik lagi dan bisa lebih bermanfaat untuk rekan-rekan sekerja, lingkungan dan semuanya,” pesannya.

P T P L N ( P e r s e r o ) m e r e s m i k a n penggunaan Ap l i kas i Pe layanan Pelanggan Terpusat (AP2T) secara nasional (Go Live ) di Aceh, Jumat

PLN RESMIKAN PENGOPERASIAN AP2T SELURUH INDONESIA

(14/12). Peresmian AP2T secara nasional ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji. AP2T merupakan bukti upaya dan terobosan inovasi yang dilakukan

PLN untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan listrik.

Sebagai anak perusahaan PLN dan sekaligus mitra strategis, PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) dipercaya oleh PLN untuk menangani sistem AP2T secara menyeluruh. Inovasi teknologi ini sekaligus merupakan upaya efisiensi yang dilakukan PLN. AP2T diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan listrik melalui berbagai media komunikasi, seperti website, telepon, sms dan sebagainya. Jadi, pelanggan listrik makin mudah dan cepat dalam menikmati beragam layanan listrik.

PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) berkontribusi dalam perhelatan The 19th Conference Of Electricity Power Supply Industry (CEPSI) tahun 2012 di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, 15 s/d 19 Oktober lalu. Ajang ini merupakan forum

DUKUNGAN ICON+ DALAM CEPSI 2012diskusi serta pertukaran informasi bagi pelaku bisnis kelistrikan bertaraf internasional.

CEPSI 2012 dihadiri leb ih dar i 1 .100 p e s e r t a y a n g berasal dari seratus lebih perusahaan l i s t r i k d i berbagai negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik Barat. CEPSI 2012 mengusung tema “Enhanc ing C lean Technology and Securing Investment for Sustainable Electric Power Industry Development”. Ajang kali ini menjadi momentum bagi penerapan teknologi bersih untuk pembangkit tenaga listrik di negara anggota Association of the

Electricity Supply Industry of East Asia and the Western

Pa c i f i c ( A E S I E A P ) , termasuk Indonesia.

S e b a g a i m i t r a s t ra teg i s, ICON+ turut berkolaborasi dan dipercaya oleh p e n y e l e n g g a r a

C E P S I s e b a g a i broadband provider

y a n g d i g u n a k a n dalam perhelatan akbar

in i. Ker jasama yang sal ing menguntungkan antara ICON+ dan

penyelenggara CEPSI sudah terjalin sangat erat. Hal ini kembali dibuktikan dengan dukungan broadband handal yang dimil iki ICON+ selama acara berlangsung.

12 13 D E C E M B E R 2 0 1 2

C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

D E C E M B E R 2 0 1 2 C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

ICONersKILAS BERITA

Page 8: Fa Icon News Desember 2012

Kehidupan bak roda yang berputar. Ada saatnya kesuksesan datang, ada waktunya pula kegagalan menghampiri. Begitu pula dengan semangat menjalani hidup. Ada

kalanya semangat kita menggebu, namun tak jarang pula semangat hidup terjun bebas hampir menyentuh titik nadir.

Semangat hidup erat hubungannya dengan suasana hati kita. Rasa bosan, jenuh, kecewa, sedih hingga stres kerap muncul mengikis semangat hidup. Hal tersebut wajar dialami insan manusia. Tapi, mengelola semangat hidup itulah yang terpenting.

KEKUATAN POSITIFSeorang spiritual motivator N. Faqih Syar i f mengemukakan, hal pal ing mengagumkan dari semua keajaiban adalah kita tidak perlu menjadi orang yang sama besok pagi seperti diri kita hari ini. Kita bisa bertumbuh jika menggunakan semua potensi dalam diri kita.

Dengan kata lain, prinsip dasar dari pendekatan ini adalah kita akan berhasil menuju ke arah yang lebih baik bila bertumpu pada kekuatan yang telah kita miliki saat ini. Kuncinya adalah focus on your positive strengths. Alih-alih menghabiskan energi meratapi kekurangan, kita justru harus mencari elemen kekuatan atau positif yang telah ada pada diri kita. Studi menunjukkan, kinerja individual akan jauh melesat jika poin-poin positif yang sudah ada itu terus diakumulasi, diduplikasi dan terus ditumbuhkembangkan menuju titik optimal.

Ingatan terhadap masa sukses bisa pula menyalakan samangat hidup yang redup. Menurut penelitian, semangat yang hilang bisa kembali menyala ketika orang tersebut mengingat kembali keberhasilannya. Mengingat saat-saat menyenangkan ketika meraih kesuksesan menjadi pemicu kelenjar adrenalin untuk bekerja lebih aktif. Akibatnya, kita pun terangsang untuk kembali bersemangat, kreatif dan percaya diri.

BERWARNASemangat hidup yang terus berkobar m a m p u m e m b u a t h i d u p l e b i h berwarna. Kehidupan itu tidak stagnan. Rutinitas kehidupan tidak sepatutnya membelenggu kita untuk mengetahui atau mengalami pengalaman hidup penuh warna. Begitu banyak hal-hal yang belum kita ketahui atau alami dari dunia ini.

Semangat hidup yang terpelihara dapat menjalar ke berbagai bidang kehidupan kita, seperti semangat dalam menuntut ilmu, bekerja, berumah tangga, atau berkegiatan sosial. Semangat ini tercermin dari sikap (action) kita dalam menjalani kehidupan. Jangan takut melakukan sesuatu yang berbeda atau yang kita sukai sesekali.

Kehidupan bisa memiliki banyak makna tergantung dari sudut pandang kita memandangnya. Jadi, nyalakan selalu semangat dan gairah dalam menjalani kehidupan. Hidup akan terasa lebih berwarna ketika kita memiliki semangat dalam menjalaninya. Sumber:www.mentorfmplus.com, http://lcdc.law.ugm.ac.id, http://kampus.okezone.com, http://strategimanajemen.net, http://edukasi.kompasiana.com

JALANI HIDUP PENUH WARNA DENGAN SEMANGAT

Ada berbagai kisah atau riwayat kemunculan pohan natal. Salah satunya berdasarkan penelitian ilmiah di Bohuslan, pesisir barat Swedia dan di dekat Ostfold,

Norwegia. Di sana, lebih dari 75 ribu pahatan batu telah ditemukan pada sekitar lima ribu situs yang berbeda. Para arkeolog mengatakan, pahatan-pahatan batu ini dibuat kira-kira antara tahun 1.800 dan 500 Sebelum Masehi (SM). Beberapa situs di Bohuslan tersebut, termasuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Pahatan-pahatan batu yang antik ini menyingkapkan sesuatu tentang kepercayaan orang-orang yang hidup pada masa pra-Kristen.

Beberapa peneliti berpendapat, dahulu kala, pohon yang selalu hijau, seperti pohon cemara, digunakan sebagai simbol kesucian. Banyak kebudayaan lain di dunia juga sudah lama menggunakan pohon sebagai simbol kehidupan, keselamatan dan keabadian. Dan, dapat dimaklumi pula bahwa pohon yang tetap ”hidup” dan hijau saat pohon-pohon lainnya mati di cuaca dingin adalah pohon cemara.

Buku Rock Carvings in the Borderlands, yang diterbitkan atas kerja sama dengan Dewan Warisan Nasional Swedia, mengatakan, ”Bentuk-bentuk pohon dalam pahatan

batu menunjukkan bahwa kawasan Skandinavia bagian selatan sudah memiliki kaitan agama dan budaya dengan seluruh Eropa dan sebagian besar Asia sejak Zaman Perunggu”. Dikatakan pula, ”Waktu itu, agama dan kosmologi disesuaikan dengan kehidupan masyarakat yang mata pencahariannya bertani dan beternak”.

Mengenai pohon Natal, Encyclopedia Britannica sepe r t i d i tu l i s ma ja lah Awake, terbitan Desember 2 0 1 1 m e n y a t a k a n , ”penyembahan pohon laz im di ka langan o r a n g - o r a n g tertentu di Eropa dan mereka masih m e l a k u k a n n y a ke t i ka m e r e ka masuk Kristen”. Hal itu bahkan dilakukan dengan beragam ritus dan tradisi.

N e g a r a

pertama yang memopulerkan pohon cemara sebagai dekorasi Natal pun beragam. Salah satu sumber menyebut Jerman merupakan asal muasal lahirnya pohon natal. Berdasarkan sumber itu, pohon natal pertama pertama kali muncul di Strasbourg, Alsace, pada awal abad ke-17.

Setelah 1750, pohon natal mulai muncul di kawasan lain di Jerman. Pohon natal semakin terkenal setelah pada 1771, Johann Wolfgang von Goethe mengunjungi Strasbourg dan

memasukkan pohon Natal dalam novelnya, The Suffering of Young

Werther.

P a d a 1 8 2 0 - a n , p a r a i m i g r a n a s a l J e r m a n

menyebarluaskan pohon natal di Pennsylvania. Setelah Pangeran Albert dar i Jerman menikah dengan Ratu Victoria,

dia memperkenalkan tradisi pohon natal ke Inggris. Sumber lain menyatakan, Keluarga

Kerajaan Inggris yang membuka j a l a n b a g i

kepopuleran tradisi pohon n a t a l p e r t a m a kali di tahun 1841.

Asal-usulPohon Natal

Bagi pemeluk agama Kristen, perayaan Natal identik dengan keberadaan pohon natal. Pohon natal sendiri

memiliki sejarah panjang sebelum kemunculan agama Kristen.

14 15 D E C E M B E R 2 0 1 2

C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

D E C E M B E R 2 0 1 2 C O M M U N I C A T I N G O U R W O R L D

MANAJEMEN TEROPONG

Page 9: Fa Icon News Desember 2012

JEREMY ALDANA

w w w . i c o n p l n . c o . i d