desain faktorial_nuri istifah khasanah_k2312055_p.fisika (b) 2012

3
DESAIN FAKTORIAL Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Pengembangan Profesi Guru Dosen Pengampu : Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd. OLEH: NURI ISTIFAH KHASANAH (K2312055) PENDIDIKAN FISIKA (B) 2012 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Upload: nuriistifahkhasanah

Post on 03-Oct-2015

225 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

Pengembangan Profesi Guru

TRANSCRIPT

DESAIN FAKTORIALDisusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Pengembangan Profesi GuruDosen Pengampu : Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd.

OLEH:NURI ISTIFAH KHASANAH(K2312055)

PENDIDIKAN FISIKA (B) 2012

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS SEBELAS MARETSURAKARTA 2014

JUDUL:Pengaruh Metode Pembelajaran Ceramah-Diskusi dan Eksperimen-Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependence (FD) dan Field Independence (FI)

Desain Faktorial :Metode Pembelajaran

Ceramah-DiskusiEksperimen-Diskusi

Gaya KognitifField Dependence (FD)

Field Independence (FI)

Salah satu karakteristik siswa yang penting untuk diketahui dan diperhatikan oleh guru adalah gaya kognitif. Gaya kognitif dideskripsikan sebagai cara bagaimana siswa mengolah informasi. Witkin (1976) menyatakan individu yang memiliki gaya kognitif field independence cenderung melakukan analisis dan sintesis terhadap informasi yang dipelajari, sedangkan individu dengan gaya kognitif field dependence cenderung menerima informasi itu sebagaimana adanya. Keefe (1987) mengemukakan bahwa gaya kognitif adalah bagian dari gaya belajar yang menggambarkan kebiasaan berperilaku relatif tetap dalam diri seseorang dalam menerima, memikirkan, memecahkan masalah maupun dalam menyimpan informasi.Pada desain faktorial ini akan meninjau hasil belajar siswa dari hubungan metode pembelajaran yang akan digunakan dengan gaya kognitif siswa.