debian 7 wheezy

Click here to load reader

Post on 01-Jan-2016

20 views

Category:

Documents

1 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Debian 7 Wheezy by Teguh Imam Hidayatulla

TRANSCRIPT

LAPORAN DEBIAN 7( DNS SERVER, WEB SERVER, MAIL SERVER, DHCP )

PROSES INSTALASI

Tekan Enter pada Install karena kita akan menginstal debian dengan mode text. Tekan enter pada English English karena kita akan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa bahasa default dari system debian.Memilih bahasa yang akan digunakan. Bahasa default yang digunakan adalah English.

Memilih negara yang di tempati.

Tekan enter pada other untuk mencari negara indonesia.

Tekan enter pada Asia untuk mencari negara indonesia.

Tekan enter pada Indonesia karena kita memilih negara ini untuk setting lokasi yang kita tempati sekarang. Tekan enter pada American English sesuai dengan default dari keyboard layout yang kita gunakan.Memilih layout keyboard yang akan digunakan. Secara default layout keyboard adalah American English.

Proses scanning CD/ DVD yang digunakan untuk melakukan proses instalasi.

Proses Loading komponen linux.

Proses konfigurasi jaringan dengan DHCP (Dynamic Host Control Protocol) atau Pendistribusian IP Address secara otomatis.

Kita akan mengkonfigurasi Network secara manual, maka tekan enter pada Cancel. Memilih cara mengkonfigurasi jaringan. Kita pilih konfigurasi secara manual.

Tekan enter pada Configure network manually karena kita akan mengkonfigurasi Network secara manual dengan IP Address, Netmask, Gateway, DNS yang sudah kita tentukan sendiri.

Mengkonfigurasi IP Address di dalam proses instalasi.

Masukkan IP Address yang sudah ditentukan sebelumnya. Contoh menggunakan IP Address 10.100.30.1. Tekan enter untuk melanjutkan instalasi. Mengkonfigurasi Netmask di dalam proses instalasi instalasi.

Masukkan Netmask yang sudah ditentukan sebelumnya. Saya menggunakan Netmask 255.255.255.0. Tekan enter untuk melanjutkan instalasi.

Mengkonfigurasi Gateway di dalam proses instalasi.

Masukkan Gateway yang sudah ditentukan sebelumnya. Saya menggunakan Gateway 10.100.30.1 Tekan enter untuk melanjutkan instalasi. Mengkonfigurasi Alamat Name Server atau Nomor DNS Server di dalam proses instalasi.

Masukkan Name server addresses yang sudah ditentukan sebelumnya. Saya menggunakan IP Address 10.100.30.1 Tekan enter untuk melanjutkan instalasi. Mengkonfigurasi Hostname di dalam proses instalasi.

Masukkan Hostname atau nama komputer. Contoh : imam. Tekan enter untuk melanjutkan instalasi. Mengkonfigurasi Nama Domain di dalam proses instalasi.

Masukkan Domain name atau nama domain. Contoh : tkj.com. Tekan enter untuk melanjutkan instalasi.

Mengkonfigurasi zona waktu pada kota yang Anda tempati.

Tekan enter pada Jakarta karena kita terletak di Surabaya Jawa Timur yang merupakan WIB dengan Jakarta sebagai Kota Acuannya. Memilih cara partisi harddisk. Kita pilih Manual.

Tekan enter pada Manual karena kita akan mempartisi harddisk secara manual. Membuat partisi pada space/bagian harddisk yang kosong.

Tekan enter pada label FREE SPACE untuk membuat partisi baru. Membuat partisi secara otomatis pada space/bagian harddisk yang kosong.

Tekan Enter pada Create a new partition untuk membuat partisi baru. Masukkan memory untuk swap, kurang lebih dua kali dari memory RAM.

Karena RAM saya 1GB, maka saya gunakan 2 GB swap. Gunakan Sisa Memory untuk ROOT.

Kita gunakan semua sisa memoru untuk root. Biasanya dengan lambang /

Tekan enter pada Finish partitioning and write changes to disk untuk mengakhiri proses partisi dan partisi siap untuk di format.

Tekan enter pada yes untuk memformat partisi yang sudah dibuat sebelumnya. Proses format partisi yang sudah dibuat sebelumnya.

Proses instalasi base system.

Masukkan password untuk root. Tekan enter untuk melanjutkan instalasi.Mensetting password untuk Root.

Masukkan sekali lagi password yang sudah anda masukkan pada tampilan sebelumnya. Tekan enter untuk melanjutkan instalasi.

Masukkan nama untuk user baru. Tekan enter untuk melanjutkan proses instalasi.Mensetting nama user, username untuk account dan Password dari user tersebut.

Masukkan nama user baru. Tekan enter untuk melanjutkan proses instalasi.

Masukkan password untuk user baru. Tekan enter untuk melanjutkan proses instalasi.

Masukkan password sekali lagi untuk user baru yang sudah dimasukkan pada tampilan sebelumnya. Tekan enter untuk melanjutkan proses instalasi. Proses konfigurasi apt.

Tampilan konfirmasi apakah anda menscan CD/DVD selain CD/DVD 1 sekarang, pilih No.

Tekan enter pada pilihan No karena kita akan menscan CD/DVD nanti setelah proses instalasi selesai.

Tekan enter pada No karena kita menggunakan media CD/DVD untuk melakukan instalasi ataupun update paket nantinya.Memilih apakah menggunakan mirror atau tidak. Mirror ini nantinya digunakan untuk menginstall ataupun mengupdate paket yang dibutuhkan melalui server yang sudah disediakan ataupun melalui internet.

Proses pemilihan dan penginstallan software/paket.

Memilih apakah partisipasi pada paket yang digunakan untuk survey.

Tekan enter pada No untuk melanjutkan proses instalasi. Memilih software atau paket yang akan diinstall.

Hapus tanda centang pada Desktop environment. Beri tanda centang hanya pada Standard system. Tekan enter untuk melanjutkan proses instalasi. Proses instalasi GRUB bool loader.

Tekan enter pada yes karena kita akan menginstall GRUB boot loader pada master boot record. Proses finishing instalasi.

Tampilan Instalasi selesai.

Tekan enter pada Continue untuk mengakhiri proses instalasi linux debian 5.0.

DNS SERVER

Menginstall paket yang dibutuhkan yaitu bind9server-debian:~# apt-get install bind9

Jalankan perintah apt-get install bind9 kemudian enter. Menambah scripts pada file /etc/bind/named.conf.local untuk membuat zone forward dan zone reverse.server-debian:~# nano /etc/bind/named.conf.local

Membuat file baru untuk zone forward pada direktori /var/cache/bind/server-debian:~# nano /var/cache/bind/db.imam

Membuat file baru untuk zone reverse pada direktori /var/cache/bind/server-debian:~# nano /var/cache/bind/db.1

Merestart layanan bind9server-debian:~# /etc/init.d/bind9 restart

Mengetes DNS yang sudah di konfigurasiserver-debian:~# nslookup www.tkj.comserver-debian:~# nslookup 10.100.30.1

WEB DAN MAIL SERVER Menginstall paket yang dibutuhkan yaitu apache2,php5,postfix,squirrelmail, courier-imap courier-popserver-debian:~# apt-get install apache2 php5 postfix squirrelmail courier-imap courier-pop

Pilih yes kemudian tekan enter untuk melanjutkan proses instalasi paket.

Tekan enter pada Ok untuk melanjutkan proses instalasi paket.

Pilih Internet Site kemudian tekan enter.

Masukkan domain name pada System mail name.

Kita copy file default menjadi file webmail dengan perintah : cp /etc/apache2/sites-available/default /etc/apache2/sites-available/webmail

Kemudian kita edit file webmail dengan perintah : nano /etc/apahe2/sites-available/webmail

Edit pada bagian ini.Tambahkan Script ini pada baris paling akhir.

Kita disable site default dengan perintah : a2dissite default Kita enable site webmail dengan perintah : a2ensite webmail Kemudian kita enable modul php5 dengan perintah : a2enmod php5 Kita buat file index.php dengan perintah : nano /var/www/root/index.phpKita ketikkan kode berikut : kemudian save. Kita buat direktori maildir dengan perintah : maildirmake /etc/skel/Maildir Kita buat 2 user baru dengan perintah : adduser

Kita konfigurasi postfix dengan perintah : nano /etc/postfix/main.cf Kita edit dengan menambahkan text dibawah ini :myhostname = imam.tkj.commydomain = tkj.comalias_maps = hash:/etc/aliasesalias_database = hash:/etc/aliasesmyorigin = /etc/mailnamemydestination = tkj.com, imam.tkj.com,localhost.tkj.com, localhost, localhost.localdomainrelayhost =mynetworks = 127.0.0.0/8, 10.100.30.0/24#mailbox_command = procmail -a "$EXTENSION"mailbox_size_limit = 0recipient_delimiter = +home_mailbox = Maildir/

Kemudian kita edit apache.conf dengan perintah : nano /etc/squirrelmail/apache.conf Kemudian edit bagian ini : Alias /webmail /usr/share/squirrelmail

Kita konfigurasi squirrelmail dengan perintah : squirrelmail-configure . Lakukan seperti dibawah ini :

tekan 1 enter > tekan 1 enter untuk mensetting org, isikan XII TKJ-1tekan r enter untuk kembali ke menu utamatekan 2 enter > tekan 1 enter untuk mensetting domain, isikan tkj.comtekan r enter untuk kembali ke menu utamatekan d enter untuk mensetting specific IMAP Server, isikan courier tekan enter 2 kalitekan s enter untuk menyimpan konfigurasitekan q enter untuk keluar

Kita buat symlink antara apache dengan squirrelmail dengan perintah : ln s /etc/squirrelmail/apache.conf /etc/apache2/squirrelmail.conf

Kemudian kita restart semua service agar dapat berjalan dengan normal dan dapat diuji. Berikut perintah yang diperlukan :/etc/init.d/apache2 restart/etc/init.d/postfix restart/etc/init.d/courier-imap restart/etc/init.d/courier-pop restart

DHCP SERVER

Menginstall paket yang dibutuhkan yaitu dhcp3-serverserver-debian:~# apt-get install dhcp3-server

Tekan enter untuk melanjutkan instalasi paket.

Mengedit scripts pada file /etc/dhcp3/dhcpd.conf

Edit pada bagian ini.server-debian:~# nano /etc/dhcp3/dhcpd.conf

10.100.30.0 merupakan IP Network dari IP Address yang didistribusikan (Di DHCP kan). 255.255.255.0 merupakan Netmask dari IP Address yang didistribusikan (Di DHCP kan). Range merupakan Jangkauan dari IP Address yang didistribusikan (Di DHCP kan). Option Domain-name-servers merupakan DNS yang nantinya akan digunakan oleh client. Option Doman-name merupakan nama yang digunakan sebagai in