coelenterata oke

Download Coelenterata OKE

Post on 19-Jul-2015

484 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Coelenterata

TRANSCRIPT

COLENTERATADistributed by www.elhaq-pos.blogspot.com

PengertianCoelenterata berasal dari bahasa Yunani, yaitu coelenteron yang artinya rongga. Jadi, Coelenterata adalah hewan invertebrata yang memiliki rongga tubuh . Rongga tersebut digunakan sebagai alat pencernaan (gastrovaskuler). Namun filum Coelenterata lebih dikenal dengan nama Cnidaria. Kata Cnidaria berasal dari bahasa Yunani, cnido yang berarti penyengat karena sesuai dengan cirinya yang memiliki sel penyengat. Sel penyengat tersebut terletak pada tentakel yang terdapat di sekitar mulutnya.

1. Ciri Morfologi Dan Anatomi Coelenterata

A. Ciri Morfologi

1. Organisme uniseluler (bersel tunggal) dan Hewan bersel banyak (multiseluler) 2. Eukariotik (memiliki membran nukleus) 3. Hidup soliter (sendiri) atau berkoloni (kelompok) 4. Umumnya tidak dapat membuat makanan sendiri (heterotrof) 5. Hidup bebas, saprofit atau parasit 6. Dapat membentuk kista untuk bertahan hidup 7. Alat gerak berupa pseudopodia, silia, atau flagela

a.Ciri Anatomi 1. coelenterata adalah knidosit yang merupakan sel terspesialisasi yang mereka pakai terutama untuk menangkap mangsa dan membela diri. 2.Tubuh mereka terdiri atas mesoglea, suatu bahan tak hidup yang mirip jeli, terletak di antara dua lapisan epitelium yang biasanya setebal satu sel. 3. Mereka memiliki dua bentuk tubuh dasar: medusa yang berenang dan polip yang sesil, keduanya simetris radial dengan mulut dikelilingi oleh tentakel berknidosit. Kedua bentuk tersebut mempunyai satu lubang jalan masuk yang berfungsi sebagai mulut maupun anus yang disebut manus serta rongga tubuh yang digunakan untuk mencerna makanan dan bernapas.

1.CARA MENDAPATKAN MAKANAN

Coelenterata hidup di perairan yang jernih yang mengandung partikel-pertikel organik, plankton atau hewanhewan kecil. Jika terdapat hewan kecil, misal jentik nyamuk menempel pada tentakel dan mengenai sel knidoblast, maka sel tersebut mengeluarkan racun. Jentik akan lemas lalu tentakel membawanya ke mulut.

REPRODUKSI COELENTERATA

Ada 2 cara perkembangbiakan, yaitu : aseksual (vegetatif) dan seksual (generatif)1. ASEKSUAL (VEGETATIF) Dilakukan dengan membentuk kuncup pada kaki pada fase polip. Makin lama makin besar, lalu membentuk tentakel. Kuncup tumbuh disekitar kaki sampai besar hingga induknya membuat kuncup baru. Semakin banyak lalu menjadi koloni. Fase polip adalah fase vegetatif dengan melakukan fragmentasi pemutusan bagian dari tubuhnya untuk membentuk individu baru.

Gambar.

Coelenterata bentuk POLIP 1.Umumnya hidup soliter (sendiri), tapi ada pula yang membentuk koloni. 2.Melekat pada dasar perairan, tidak dapat bergerak bebas, sehingga menyerupai tumbuhan yang tertambat 3.Tubuh atas membesar 4.Di dalam tubuh polip ini terdapat rongga gastrovaskuler yang fungsinya sebagai usus. 5.Di bagian atas terdapat mulut dan tentakel untuk berperan untuk menangkap mangsa.

Gambar coelenterata bentuk Polip

2. SEKSUAL (GENERATIF) Dilakukan dengan peleburan sel sperma dengan sel ovum (telur) yang terjadi pada fase medusa. Letak testis di dekat tentakel sedangkan ovarium dekat kaki. Sperma masak dikeluarkan lalu berenang hingga menuju ovum. Ovum yang dibuahi akan membentuk zigot. Mula-mula zigot tumbuh di ovarium hingga menjadi larva. Larva bersilia disebut Planula Planula berenang meninggalkan induk dan membentuk polip di dasar perairan.

Gambar Coelenterata bentuk medusa

Fase medusa

Fase medusa merupakan fase generatif (seksual), dimana pada fase ini mengha-silkan sel telur dan sel sperma. Medusa dapat melepaskan diri dari induk dan berenang bebas di perairan. Bentuknya seperti payung dan punya tentakel yang melambailambai. Kita biasa menamakannya dengan ubur-ubur

Klasifikasi coloenterata berdasarkan bentuk tubuhnya

KLASIFIKASI COELENTERATA Coelenterata dibedakan menjadi 4 kelas, yaitu : Hydrozoa, Scyphozoa, Anthozoa dan Ctenophora 1. HYDROZOA Hydrozoa berasal dari kata hydra, artinya hewan yang bentuknya seperti ular. Umumnya hidup soliter atau berkoloni. Soliter berbentuk polip dan yang berkoloni berbentuk polip dan medusa. Hydrozoa hidupnya ada yang soliter (terpisah) dan ada yang berkoloni (berkelompok). Hydrozoa yang soliter mempunyai bentuk polip, Sedangkan yang berkoloni dengan bentuk polip dominan dan beberapa jenis membentuk medusa. Contoh Hydra dan Obellia.

2. SCYPHOZOA

Berasal dari kata scyphos = mangkok Memiliki bentuk dominan medusa. Polip bagian atas akan membentuk medusa lalu lepas melayang di air. Medusa akan melakukan kawin dan membentuk planula sebagai calon polip. Bentuk tubuh Scyphozoa menyerupai mangkuk atau cawan, sehingga sering disebut ubur-ubur mangkuk. Contoh hewan kelas ini adalah Aurellia aurita, berupa medusa berukuran garis tengah 7 10 mm, dengan pinggiran berlekuk-lekuk 8 buah. Hewan ini banyak terdapat di sepanjang pantai.

3. ANTHOZOA

Berasal dari kata anthos = bunga. Hidup di laut bentuk polip, tidak punya fase medusa. Polip bereproduksi secara aseksual dengan tunas, pembelahan dan fragmentasi. Reproduksi seksual dengan fertilisasi yang menghasilkan zigot lalu menjadi planula.

4. CTENOPHORA 1.Beberapa zoolog menganggap ctenophora merupakan filum tersendiri. 2.Tubuhnya mempunyai lapisan mesoderm, sehingga dekat dengan kelompok hewan triploblastik 3.Tidak mempunyai nematoksis dan tentakelnya mengandung zat-zat pelekat untuk menangkap mangsa.

Contoh Coelenterata (Gambar)

Klasifikasi Coelenterata 1. Kelas Hydrozoa Contoh gambar A. Hydra

2.K elas Scyphozoa Contoh gambar. A. Aurelia Aurita (Ubur-Ubur)

3. Kelas Anthozoa Contoh gambar A.M awar Laut

B. Koral ( Karang )

4.Kelas Ctenophora Contoh gambar A. Mertensia

Sumber InformasiNovember 10, 2008 Mengenal Phylum Coelenterata (Cnidaria) Filed under: Klasifikasi gurungeblog @ 8:26 am Tags: ciri, habitat, Phylum Coelenterata, struktur tubuh