buku panduan_fak. farmasi 2011_2012

38

Upload: andirahp

Post on 09-Feb-2016

345 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

qwertyuiopalksjdhfggmxncbvpqowieurytlaksjdhfgmxzncbv

TRANSCRIPT

Page 1: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012
Page 2: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Tim Penyusun Pedoman Akademik Fakultas Farmasi

Penanggungjawab (Dekan) : Dra. Any Guntarti, Msi, AptKetua (Wakil Dekan) : Dra. Iis Wahyuningsih, Msi, AptAnggota : Wahyu Widyaningsih, MSi, Apt Dwi Utami, MSi, Apt Dr. Tedjo Yuwono, Apt Dra. Nanik Sulistyani, Msi, Apt

Page 3: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

iiiPedoman Akademik 2011/2012

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI • iii

FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN • 1A. Visi,Misi,TujuandanRencanaMutuFakultasFarmasiUAD•1B. PejabatStruktural•3C. Perkuliahan•3D. Ujian•6E. PraktikumdanPraktekKerjaLapangan•7F. KompetensiDosenTetapFakultasFarmasi•9G. KompetensiLulusanFakultasFarmasi•10H. ProgramStudiFarmasiS1•11I. ProgramStudiApoteker•18J. Lampiran•23

Page 4: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012
Page 5: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

1Pedoman Akademik 2011/2012

FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Visi, Misi, Tujuan dan Rencana Mutu Fakultas Farmasi UADA. Fakultas Farmasi merupakan salah satu di antara 10 fakultas yang dimiliki oleh

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). Program studi Farmasi Universitas Ahmad Dahlan didirikan pada tahun 1996 berdasarkan SK Dirjen Dikti N0. 51/ DIKTI/ Kep./ 1997 tanggal 21 Maret 1997. Sebagai bagian dari Universitas Ahmad Dahlan(Perguruan Tinggi Muhammadiyah), Program Studi Farmasi UAD mempunyai tanggung jawab moral menyelesaikan masalah-masalah nasional terutama berhubungan masalah kesehatan masyarakat. Melalui program pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan diharapkan tercipta tenaga kesehatan yang profesional dan berkualitas serta mempunyai rasa tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kesehatan secara prima kepada masyarakat sesuai dengan standart kompetensinya. Peningkatan kualitas Fakultas Farmasi dibuktikandengandiperolehnyaakreditasiAberdasarkanSKNomor027/BAN-PT/Ak-XII/S1/IX/2009.FakultasFarmasiUADmenyelenggarakantigaprogramstudiyaituProgramStudiFarmasi(S1),ProgramProfesiApotekerdanProgramStudiFarmasiS2.ProgramStudiFarmasiS2mulaimenerimamahasiswabarupadatahunajaran2010/2011dengan2(dua)peminatan:FarmasiKlinis;BahanAlamdanKosmetika.

Visi1. Visi Fakultas Farmasi UAD adalah salah satu pusat unggulan dalam

penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi di Indonesia untuk menghasilkan sarjana farmasi & apoteker muslim yang mempunyai kemampuan akademik tinggi serta profesional dalam bidang farmasi komunitas dan farmasi bahan alam yang dilandasi moral dan etika keislaman, berakhlak mulia dan bersemangat melayani masyarakat.

Page 6: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan2

Misi :2.Membentuk Sarjana Farmasi dan apoteker yang berakhlak islami, profesional, a. cakap dan trampil sesuai standar kompetensi sebagai sarjana farmasi dalam bidang komunitas dan bahan alam dan senantiasa berpartisipasi dalam memajukan disiplin ilmu farmasi dan kemajuan derajat kesehatan masyarakat, melalui program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan dengan pendekatan pengajaran pedagogik.Menyiapkan Sarjana Farmasi dan apoteker yang mempunyai kemampuan b. dalam penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi farmasi komunitas dan bahan alam sesuai dengan tuntutan jaman dan kemajuan iptek dengan senantiasa berdasar pada nilai-nilai dasar keislaman dan semangat pelayanan kepada masyarakat.Mengembangkan Sarjana Farmasi dan apoteker yang mempunyai kemampuan c. dan keterampilan berskala internasional, mempunyai kemampuan d a n ketrampilan dalam berwirausaha dan bekerjasama dengan orang lain serta mempunyai pengalaman dalam penelitian kefarmasian.Menjalin kemitraan dengan para stake holder (terutama industri obat dan d. bahan makanan, rumah sakit dan Pemerintah pusat/Pemda) dalam pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran serta pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga dihasilkan sarjana farmasi yang memiliki daya saing tinggi.

Tujuan :3. Secara berkelanjutan mengembàngkan posisi Fakultas Farmasi UAD sebagai a. pusat unggulan pendidikan sarjana farmasi dan apoteker komunitas dan bahan alam di Indonesia maupun di dunia.Menyelenggarakan program pendidikan yang efektif dan efisienb. sehingga menghasilkan sarjana farmasi dan apoteker komunitas dan bahan alam yang kompeten di bidangnya, disiplin, berintegritas tinggi, berkemampuan untuk pengembangan ilmunya dan mampu bersaing di tingkat nasional dan global dengan dilandasi nilai-nilai keislaman dan dapat

Page 7: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

3Pedoman Akademik 2011/2012

mengkorelasikan antara ilmu pengetahuan dalam bidangnya dengan kaidah-kaidah dalam Al Qur’an maupun Sunnah.

Sasaran dan Rencana Mutu :4. Peningkatan kerjasama nasional dan internasional dengan minimal 1 institusi a. pertahunMinimal2mahasiswapertahunmemilikireputasinasionalb. Lulusan berkarya sesuai bidang keilmuan dalam kurun waktu 6 bulan minimal c. 80%Mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktud. Dosen memiliki IKD > 3,00e. Indeks kepuasan stake holder minimal 3, minimal 90%f.

Pejabat StrukturalB. Dekan : Dra. Any Guntarti, M.si., Apt Wakil Dekan : Dra. Iis Wahyuningsih, Msi, AptKetua Program Studi Farmasi (S1) : Wahyu Widyaningsih, M.Si., Apt Sekretaris Program Studi Farmasi (S1) : Dwi Utami, Msi, AptKetua Program Profesi Apoteker : Dr. Tedjo Yuwono, AptSekretaris Program Profesi Apoteker : Dra. Nanik Sulistyani, Msi, AptKepala Laboratorium Farmasetika danTeknologi Farmasi : Arif Budi Setianto, Msi, AptKepala Laboratorium Biologi Farmasi dan Farmakologi : Dr.Saiful Bahri, MSi, AptKepala Laboratorium Kimia Farmasi : Nina Salamah, Msi, AptKepala Laboratorium Penelitian dan Informasi : Annas Binharjo, Msc, Apt

PerkuliahanC. Tempat perkuliahan 1.

Tempat perkuliahan dan kegiatan praktek laboratorium dipusatkan di kampus III UAD Jalan Prof. Dr. Soepomo, S.H. Janturan Yogyakarta.

Page 8: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan4

Fasilitas dan sarana perkuliahan : 2.Ruang kuliah berAC dengan LCD dan soundsystem yang memadai. Sarana

perpustakaan berupa buku, literatur, jurnal maupun e-jornal. Disediakan juga area hot spot maupun anjungan komputer. Heregistrasi Kuliah 3.

Setiap awal semester dan awal tahun akademik agar dapat mengikuti kegiatan akademik mahasiswa harus melaksanakan heregistrasi. Ketentuan tentang heregistrasi dapat dilihat pada pedoman akademik universitas. Penentuan kelas paralel dilakukan pada semester I dan berlaku sampai mahasiswa tersebut lulus, kecuali mahasiswa yang mengulang, mengambil program yang lebih tinggi dan mahasiswa yang bekerja (dibuktikan dengan surat dari instansi tempat bekerja) diperkenankan memilih kelas sendiriBimbingan Akademik4.

Bimbingan akademik dilakukan oleh pembimbing akademik (dosen wali). Pembimbing akademik adalah tenaga fungsional akademik yang salah satu tugasnya memberikan pengarahan dan persetujuan tentang tema tugas akhir. Tugas pembimbing yang lain dapat dilihat di buku pedoman akademik universitas. Tugas Akhir5.

Skripsi adalah karya ilmiah tertulis yang disusun mahasiswa program a. Strata 1 (S1) berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dilakukan secara seksama dengan bimbingan Dosen Pembimbing yang memiliki kompetensi yang sesuai.Penyusunan tugas akhir terdiri dari tahap proposal, pelaksanaan penelitian dan b. ujian pendadaran.Mahasiswa mengajukan tema (tema sudah dikonsultasikan dosen wali) dan c. dosen pembimbing kepada Kaprodi, selanjutnya Kaprodi dan Tim Skripsi akan mengkaji dan mengusulkan pembimbing ke Dekan.Mahasiswa diperbolehkan mengajukan tugas akhir dalam tahap proposal bila d. telah menyelesaikan kuliah 100 sks tanpa nilai D dan mencantumkan proposal tugas akhir dalam KRS dengan bobot 0 sks.Mahasiswa menyusun proposal atas bimbingan dosen pembimbing, selanjutnya e. proposal diseminarkan dengan dipimpin oleh dosen pembimbing.

Page 9: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

5Pedoman Akademik 2011/2012

Syarat seminar proposal: f. Mengajukan permohonan kepada prodi dengan mengisi form yang 1) disediakandiTUpadaRabumingguke-2danke-4Melampirkan KRS yang mencantumkan proposal tugas akhir dengan beban 2)0 sks .Membuat ringkasan materi seminar 5 eksemplar3) Syarat 1-3 dimasukkan dalam stop map warna kuning.4)

Teknis seminar proposal:g. Prodi bersama tim skripsi menentukan reviewer yang ditunjuk1) Mahasiswa membuat kesepakatan tanggal seminar dengan pembimbing 2)dan reviewer. Mahasiswa melaporkan waktu pelaksanaan seminar Ke TU 3) TU membuat undangan seminar proposal yang ditandatangani Kaprodi/4) SekprodiWaktu seminar kurang lebih 60 menit permahasiswa termasuk presentasi 5) dan masukan reviewerSeminar bersifat terbuka dengan dihadiri oleh mahasiswa lain. 6) Bukti kehadiran mahasiswa dalam seminar merupakan salah satu syarat 7) mengajukan ujian pendadaran skripsi Waktu antara seminar proposal dan ujian skripsi maksimal 6 bulan dengan 8) tenggangwaktu2bulan.

Mahasiswa melakukan penelitian dan menyelesaikan tugas akhir paling lambat h. 6 bulan setelah seminar proposal. Jika belum dapat menyelesaikan, mahasiswa diberi perpanjangan waktu 2 bulan. Bila sampai batas waktu belum dapatmenyelesaikan, maka tugas akhir dinyatakan gugur dan mahasiswa harus mengajukan tema tugas akhir kembali.Mahasiswa akan diuji oleh tim pendadaran yang terdiri dari : ketua i. sidang(pembimbing)dan2orangpengujiSyarat-syarat mengajukan ujian pendadaran j.

Page 10: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan6

Persyaratan administrasi1) Terdaftar sebagai mahasiswa pada semester yang bersangkutan a) (telah herregistrasi) ditunjukkan dengan kartu mahasiswa atau NIMTelah melunasi SPP dan pembayaran lain yang ditentukan.b) Biaya bimbingan dan biaya skripsi antara lain: Registrasi, uang c) beban sks skripsi, uang ujian skripsi, uang bimbingan skripsi, uang seminar proposal, uang SPP pokok.Menghadiri seminar proposal skripsi minimal 5 judul.d) Menyerahkan lulus tes baca Al-Quran.e) Mencantumkan tugas akhir dalam KRS.f) Menyerahkansertifikattoefldenganskoreminimal400.g) Surat Keterangan Bebas Laboratorium (untuk yang mengerjakan h) di laboratorium luar UAD) atau Surat Keterangan Selesai Penelitian (untuk penelitian lapangan) atau Kartu Kerja (untuk penelitian di laboratorium Farmasi UAD).Mengumpulkan Buku Bimbingan Tugas Akhir dengan Kartu bimb-i) ingan yang telah diisi dengan minimal melakukan konsultasi 8 kali dengan pembimbing.

Persyaratan akademik2)Telah mengikuti dan menyelesaikan semua kuliah non tugas akhir a) (surat keterangan bebas teori).Telah selesai menyusun skripsi yang telah disetujui oleh b) dosen pembimbing (surat persetujuan Tugas Akhir).

Yudisium/kelulusank. Yudisium dilaksanakan oleh fakultas, 1 kali dalam satu bulan/terjadwal oleh kaprodi setelah mahasiswa yang bersangkutan menyelesaikan semua beban akademik.

UjianD. Ketentuan ujian dapat dilihat di pedoman akademik Universitas. Sedangkan untuk

ujian khusus diperkenankan diikuti oleh mahasiswa saat mengajukan bebas teori untuk persyaratan pendadaran ujian tugas akhir dengan masalah :

Page 11: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

7Pedoman Akademik 2011/2012

Ada satu nilai E atau1. Ada satu mata kuliah yang harus bernilai minimal C, belum lulus atau 2.Nilai D lebih dari 10%, dengan satu mata kuliah lulus dapat mencapai 3. bebas teori

Praktikum dan Praktek Kerja LapanganE. Kewajiban Mahasiswa dalam praktikum1.

Kegiatan praktikum minimal meliputi : asistensi, pretes, pelaksanaan a. praktikum dan responsiSetelah menuliskan mata praktikum pada KRS, mahasiswa farmasi b. diwajibkan melakukan pendaftaran praktikum ke laboratorium yang sesuai dengan menunjukkan KRS dan melakukan pembayaran pendaftaran praktikum (sebagai pengganti cetak buku petunjuk praktikum) di bank yang telah ditunjuk. Setelah mendaftar, mahasiswa akan memperoleh buku petunjuk praktikum.sistensi dilaksanakan pada minggu ke 0 sesuai kalender akademik fakultas dan c. jadwal yang ditetapkan oleh Kaprodi. Mahasiswa diwajibkan mengikuti general tes yang dilaksanakan pada saat asistensi.Pretes dilakukan sebelum praktikum sesuai jadwal yang telah d. ditentukan koordinator, kecuali pada minggu pertama jadwal ditentukan sesuai kesepakatan mahasiswa dengan asisten dosen. Mahasiswa yang tidak mengikuti pretes tidak diperkenankan mengikuti praktikum. Pada saat pretes mahasiswa diwajibkan telah membuat laporan sementara.Kewajiban mahasiswa pada pelaksanaan praktikum :e.

Diwajibkan datang 15 menit sebelum praktikum dimulai. Keterlambatan 1) lebih dari 15 menit setelah praktikum dimulai mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti praktikum. Beberapa praktikum mewajibkan mahasiswa mengikuti minikuis sebelum praktikum dimulaiMengenakan jas praktikum dan tidak diperkenankan mengenakan sandal 2)dan kaos.Mengecek kelengkapan alat sebelum digunakan, melaporkan bila 3) merusakkanalatdanwajibmenggantisesuaispesifikasialattersebut.

Page 12: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan8

Tidak diperkenankan makan, merokok dan membuat kegaduhan 4) selama praktikum berlangsung.Bila tidak mengikuti praktikum karena alasan sakit (dibuktikan dengan surat 5) dokter) atau mendapat tugas dari fakultas atau universitas (ditunjukkan dengan surat tugas), diperkenankan mengganti di hari lain (inhal) dengan terlebih dulu melapor ke koordinator praktikum. Inhal hanya diperkenankan maksimal 2 kali tiap praktikum. Selain dua alasan tersebut, tidak adafasilitas inhal.

Setiap selesai praktikum, mahasiswa diwajibkan membuat dan mengumpulkan f. laporan resmi (format ditentukan oleh masing-masing koordinator praktikum) paling lambat pada saat mengikuti praktikum selanjutnya. Mahasiswa yang tidak mengumpulkan laporan sesuai waktu yang ditentukan tidak diperkenankan mengikuti praktikum.Nilai praktikum terdiri dari : general tes, pretes, minikuis, pelaksanaan praktikum, g. laporan dan responsi (untuk persentase masing-masing komponen ditentukan oleh koordinator sesuai kontrak belajar dengan mahasiswa).

Fasilitas dan Sarana Praktikum2.Untuk praktikum fasilitas dan sarana berupa laboratorium yang tersedia :

Laboratorium Biologia. Laboratorium Farmakologi dan Biofarmasetika b. Laboratorium Farmasetika dan Resepc. Laboratorium Formulasi dan Teknologi Sedia Padat, Sediaan Cair dan Semi d. Padat dan SterilLaboratorium Farmakognosi-Fitokimiae. Laboratorium Kimia Organik, Biokimia dan Kimia Dasarf. Laboratorium Kimia Analisisg. Laboratorium Mikrobiologih. Laboratorium Komputer i. Laboratorium Penelitian j. Laboratorium Hewan/Animalk.

Page 13: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

9Pedoman Akademik 2011/2012

Kewajiban Mahasiswa dalam Praktek Kegiatan Lapangan (PKL)3. Praktek kegiatan lapangan meliputi kegiatan di puskesmas, apotek, kunjungan di

industri farmasi dan kunjungan ke BPOM dilaksanakan pada semester VII. Di setiap tempat PKL mahasiswa wajib mengikuti asistensi, pretes dengan dosen pendamping, post tes dengan dosen pendamping dan responsi.

Kompetensi Dosen Tetap Fakultas Farmasi F.

Kode Nama Dosen Bidang Keilmuan

1 Akrom, dr, M.Kes, Farmakologi, Farmasi Klinik, Farmasi Sosial

2 Anas Binarjo, SF, Apt Farmasi Fisika, Biofarmasetika

3 Ana Hidayati, S.Far, Apt Farmasi Sosial

4 Any Guntarti, Dra, M.Si,Apt. Kimia Analisis, Kimia Lingkungan,

5 Ari Simbara, S.Si, Apt Biokimia, Kimia Medisinal

6 Arief Budi Setianto, M.Si,Apt. Teknologi Farmasi

7 Aziz Ikhsanudin, S.Si, Apt Teknologi Farmasi

8 DyahAryaniPerwitasari;M.Si,Apt. Farmasi Klinik, Farmasi Sosial

9 Dwi Utami, M.Si,Apt. Kimia Organik, Kimia Medisinal

10 Hari Susanti, M.Si, Apt. Kimia Analisis, Kimia Lingkungan,

11 Hendy Ristiono, S.Far, Apt Farmasi Sosial

12 Iis Wahyuningsih, M.Si, Apt. Farmasi Fisika, Biofarmasetika,

13 Kintoko, SF, Apt Fitokimia, Produk alam

14 Laela Hayu Nurani., M.Si,Apt. Fitokimia, Produk alam

15 Moch. Saiful Bachri., M.Si,Apt. Farmakologi dan Toksikologi

16 Muh. Muhlis, S.Si, Sp.FRS, Apt. Farmasi Klinik, Farmasi Sosial

17 Nanik Sulistyani, Dra, M.Si, Apt. Mikrobiologi, Bioteknologi

18 Nining Sugihar tini, M.Si,Apt. Teknologi Farmasi

Page 14: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan10

Kode Nama Dosen Bidang Keilmuan

19 Nurkhasanah, M.Si,Apt. Kimia Medisinal, Produk alam

20 Sapto Yuliani, drh, MP Farmakologi dan Toksikologi

21 St. Nur Djannah, Dra. M.Kes Parasitologi dan kesehatan masyarakat

22 Sumarno, Drs, M.Sc, Apt Kimia Analisis, kimia medisinal, biokimia

23 Tedjo Yuwono, Dr.Apt Farmasi Fisika, Biofarmasetika

24 ViviSofia,M.Si,Apt. Farmakologi dan Toksikologi

25 Wahyu Widyaningsih, M.Si,Apt Farmakologi dan Toksikologi

26 Woro Supdami, S.Si, Apt Farmasi Klinik, Farmasi Sosial

27 Zainab, M.Si, Apt Mikrobiologi, Fitokimia

28 Prof. Dr. A. Mursyidi, Apt Kimia Analisis

29 Prof. Dr. Mulyadi, Apt Kimia Medisinal

30 Warsi, S.Si, Apt Kimia Medisinal

31 Nina Salamah, M.Si, Apt Kimia Analisis, Toksikologi

32 Kusmiyati, Ssi, MSi Kimia Organik

33 Farida Baroroh, Msi, Apt Manajemen Farmasi

Kompetensi Lulusan Fakultas Farmasi G. Mengelola apotek dengan manajemen yang benar, menyediakan obat yang 1. bermutu dan dapat memberi konseling obat yang tepat kepada pasien serta mampu berkomunikasi dengan tenaga kesehatan dalam bidang obat-obatan dari bahan sintetik dan alami.Mampu mengendalikan instalasi farmasi rumah sakit yang meliputi pengadaan 2.obat dan alat-alat kesehatan lainnya, distribusi obat kepada pasien, sebagai tim farmakologi dan terapi dan berperan aktif dalam pemilihan dan pemakaian obat- obat yang dipergunakan di rumah sakit.

Page 15: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

11Pedoman Akademik 2011/2012

Mampu merancang formula, melakukan proses produksi dan kontrol kualitas, 3. manajemen produksi dan pengadaan bahan baku, sebagai tenaga pemasaran obat dari bahan sintetik dan alami.Mampu meneliti kandungan zat aktif dalam bahan obat seta efeknya dalam 4. pengobatan serta mampu dalam pengelolaan obat sintetik dan alami.Mempunyai kemampuan manajerial dan analisis yang handal sehingga lulusan 5. mampu bertindak secara profesional dan bertanggungjawab pada bidang-bidang yang terkait, misalnya penentu kebijakan dalam bidang pengawasan, laboratorium foreksik, ABRI dll.

Program Studi Farmasi S1H. Visi, Misi, Tujuan Dan Sasaran Mutu Program Studi Farmasi S11.

Visi a. Unggul dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi, menghasilkan farmasis muslim yang mempunyai kemampuan akademik, profesional dalam bidang kefarmasian dan berorientasi pada pengembangan i l m u kefarmasian terutama dalam bidang Farmasi komunitas dan Farmasi bahan alam yang dilandasi moral dan etika keislaman.Misi :b.

Membentuk Sarjana Farmasi yang berakhlak islami, profesional, cakap dan 1) trampil sesuai standar kompetensi sebagai sarjana farmasi dalam bidang komunitas dan bahan alam dan senantiasa berpartisipasi dalam memajukan disiplin ilmu farmasi dan kemajuan derajat kesehatan masyarakat, melalui program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan dengan pendekatan pengajaran pedagogik.Menyiapkan Sarjana Farmasi yang mempunyai kemampuan dalam 2)penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi farmasi komunitas dan bahan alam sesuai dengan tuntutan jaman dan kemajuan iptek dengan senantiasa berdasar pada nilai-nilai dasar keislaman dan semangat pelayanan kepada masyarakat.

Page 16: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan12

Mengembangkan Sarjana Farmasi yang mempunyai kemampuan dan 3) keterampilan berskala internasional, mempunyai kemampuan dan ketrampilan dalam berwirausaha dan bekerjasama dengan orang lain serta mempunyai pengalaman dalam penelitian kefarmasian.Menjalin kemitraan dengan para stake holder (terutama industri obat dan 4) bahan makanan, rumah sakit dan Pemerintah pusat/Pemda) dalam pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran serta pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga dihasilkan sarjana farmasi yang memiliki daya saing tinggi.

Tujuan :c. Secara berkelanjutan mengembàngkan posisi Prodi Farmasi UAD sebagai 1) pusat unggulan pendidikan sarjana farmasi komunitas dan farmasi bahan alam di Indonesia maupun di dunia.Menyelenggarakanprogrampendidikanyangefektifdanefisien2)sehingga menghasilkan sarjana farmasi komunitas dan bahan alam yang kompeten di bidangnya, disiplin, berintegritas tinggi, berkemampuan untuk pengembangan ilmunya dan mampu bersaing di tingkat nasional dan global dengan dilandasi nilai-nilai keislaman dan dapat mengkorelasikan antara ilmu pengetahuan dalam bidangnya dengan kaidah-kaidah dalam Al Qur’an maupun Sunnah.

Sasaran dan Rencana Mutu :d. Mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu 1) Lulusan memiliki score TOEFL 4002)Dosen yang melakukan publikasi ilmiah minimal 1 kali pertahun sebanyak 3) minimal80%Dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat minimal 4) 1 kali pertahun sebanyak minimal 80%Minimal2mahasiswapertahunmemilikireputasinasional5)

Page 17: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

13Pedoman Akademik 2011/2012

Kalender Akademik2. Secara umum kalender akademik program studi Farmasi S1 sama dengan kalender

akademik Universitas, ditambah sebagai berikut :

Semester Gasal :

Pendaftaran praktikum 05September2011 s/d 10September2011

Kuliah Umum, Sosialisasi Pembelajaran dan Asistensi Praktikum 12September2011 s/d 17September2011

SEMESTER GENAP :

Assistensi Praktikum 19Maret2012 s/d 24Maret2012

Kurikulum3. MATA KULIAH TA 2011/2012

FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Untuk menyelesesaikan program S1 Farmasi UAD, mahasiswa diwajibkan menempuh 156matakuliahwajibdan2matakuliahpilihan.

Sem No Kode Mata Kuliah SKS Pre Req

SEM

ESTE

R I

1 FC23011 Anatomi Fisiologi Manusia I 1 -

2 FB23012 Bahasa Indonesia & Komunikasi Dasar I 2 -

3 FC23022 Biologi Sel 2 -4 FD23012 Farmasetika I 2 -5 FD23022 Farmasi Fisik I 2 -6 FC23032 Kimia Analisis I 2 -7 FC23042 Kimia Dasar 2 -

8 FC23051 Morfofologi dan Anatomi Tumbuhan Obat 1 -

Page 18: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan14

Sem No Kode Mata Kuliah SKS Pre ReqSE

M I

9 FA23012 Studi Islam I 2 -10 FD23031 Statistika 1 -11 FE23017 Praktikum (P) Kimia Dasar 1 -12 FF23017 P.Komputer Dasar 1 -13 FE23027 P. Morfologi Anatomi Tumbuhan 1 -

Jumlah 20

SEM

STER

II

14 FC23062 Anatomi Fisiologi Manusia II 2 Anatomi Fisiologi Manusia I

15 FC23072 Farmakognosi 2 -16 FA23021 Bahasa Inggris 1 -17 FC23082 Farmasetika II 2 Farmasetika I 18 FC23092 Farmasi Fisika II 2 Farmasi Fisika I19 FJ23011 Farmasi Sosial 1 -20 FC23102 Kimia Analisis II 2 Kimia Analisis I21 FC23112 Kimia Organik I 2 -22 FC23122 Mikrobiologi 2 -23 FD23041 Preskripsi 1 -24 FE23037 P. Farmasetika 1 -25 FC23137 P. Mikrobiologi 1 -26 FE23037 P. Farmasi Fisika 1 -

Jumlah 20

SEM

ESTE

R I

II

27 FC23142 Biokimia 2 Kimia Organik I28 FJ23021 Swamedikasi dan P3K 1 -

29 FC23152 Farmakologi I 2 Anatomi Fisiologi Manusia II

30 FG23012 Fitokimia I 2 Farmakognosi31 FD23052 Kimia Organik II 2 Kimia Organik I

32 FH23011 Patofisiologi & Interpretasi DataKlinik I 1 Anatomi Fisiologi

Manusia I33 FD23062 Spektroskopi & Elektrokimia 2 Kimia Analisis II

Page 19: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

15Pedoman Akademik 2011/2012

Sem No Kode Mata Kuliah SKS Pre Req

34 FB23022 Studi Islam II 2 -35 FH23021 Teknologi Farmasi & CPOB 1 Farmasetika II

36 FH23032 Formulasi Teknologi Sediaan (FTS) Padat 2 Farmasetika II

37 FF23027 P.FTS Padat 1 Farmasetika II38 FF23047 P. Kimia Analisis 1 -39 FF23047 P.Kimia Organik 1 Kimia Organik I

Jumlah 20

SEM

ESTE

R I

V

40 FG23022 Farmakologi II 2 Farmakologi I41 FG23032 Farmakoterapi I 2 Farmakologi I42 FG23042 Fitokimia II 2 Fitokimia I43 FH23042 FTS Cair dan Semi Padat 2 Farmasetika II44 FD23072 Kimia Medisinal I 2 Biokimia

45 FD23082 Kromatografi 2 Spektroskopi & Elektrokimia

46 FH23052 Patofisiologi&InterpretasidataklinikII 2 AnfismanII

47 FH23062 Imunologi-Biomolekuler 2 Biokimia48 FH23071 Stabilitas Obat 1 Farmasi -Fisika II49 FF23057 P. Biokimia 1 -50 FF23067 P. FTS Cair dan Semi Padat (CSP) 1 -51 FF23077 P. Farmakologi 1 -

Jumlah 20

SEM

ESTE

R V

52 FA23031 Bahasa Indonesia & Komunikasi Dasar II 1 BI & K.Dasar I

53 FG23052 Biofarmasetika I 2 Farmakologi II54 FD23092 Elusidasi Struktur 2 Kimia Organik II

55 FG23062 Farmakoterapi II 2 Patofisiologi & IDKII

56 FH23082 Bioteknologi 2 Biokimia57 FH23092 Kimia Medisinal II 2 Kimia Medisinal I

Page 20: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan16

Sem No Kode Mata Kuliah SKS Pre Req

58 FJ23032 Menejemen Farmasi I 2 60 Sks59 FH23102 Obat Tradisional (OT) 2 Fitokimia II60 FB23032 Studi Islam III 2 - 61 FF23087 P. Analisis Instrumen 1 Kromatografi62 FE23057 P. Biofarmasetika 1 -63 FF23097 P. Fitokimia 1 Fitokimia II

Jumlah 20

SEM

ESTE

R V

I

64 FG23072 Biofarmasetika II 2 Biofarmasetika I65 FH23111 Radiofarmasi 1 Kimia Medisinal I

66 FH23122 Farmakoterapi III 2 Patofisiologi & IDKII

67 FH23132 FTS Steril 2 FTS CSP68 FH23142 Toksikologi 2 Farmakologi II

69 FH23153 Analisis Obat Makanan & Kosmetika (AOMK) 3 Kromatografi

70 FH23161 FTS Kosmetika 1 FTS CSP71 FH23172 Drug Related Problem 2 Farmakoterapi II72 FG23082 Skripsi I 2 100Sks+IP>273 FD23101 Pilihan I 1 100 Sks74 FF23107 P. Analisis Obat Tradisional 1 OT75 FE23067 P. AOMK 1 Kromatografi76 FF23117 P. FTS Steril 1 FTS CSP

Jumlah 21

SEM

ESTE

R V

II

77 FH23182 Sintesa Obat 2 Kimia Organik II78 FJ23041 Farmakoepidemiologi 1 Farmasi Sosial79 FH23192 FTS OT 2 FTS Padat80 FG23092 Ilmu Resep 2 DRP81 FJ23052 Kewirausahaan 2 120Sks82 FJ23062 Menejemen Farmasi II 2 FTS Steril83 FB23042 Studi Islam IV 2 -84 FH23202 Toksikologi Lingkungan 2 Toksikologi

Page 21: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

17Pedoman Akademik 2011/2012

Sem No Kode Mata Kuliah SKS Pre Req

SEM

ESTE

R V

II

85 FJ23072 Undang Undang & Etika 2 100 Sks86 FD23111 Pilihan II 1 120Sks87 FF23127 P. Kegiatan Lapangan 1 100 Sks88 FE23077 P. Ilmu Resep 1 DRP

89 FF23137 P.Sistem Informasi Manajemen 1 Manajemen Farmasi I

Jumlah 21

Sem

VII

I 90 FF23147 Kuliah Kerja Nyata 4 120Sks,IPK>291 FH23214 Skripsi II 4 Skripsi I92 FI23013 Ilmu Budaya Dasar 3 -93 FA23053 Kewarganegaraan 3 -

Jumlah 14

MATA KULIAH PILIHANFD23101 Rekayasa Obat 1 Pilihan Kimia

FD23111 Pengobatan Herbal 1 Pilihan Pengobatan

FD23121 Pengobatan Akupunktur 1 Pilihan Pengobatan

FD23131 Packaging 1 Pilihan IndustriFD23141 Validasi 1 Pilihan IndustriFD23151 Diss. & Dispersi Padat 1 Pilihan IndustriFD23161 Kimia Komputasi 1 Pilihan Kimia

Catatan : Mata kuliah dan Praktikum yang dicetak tebal adalah mata kuliah yang diwajibkan bernilai minimal C.

Silabus4. Silabus dapat di akses di http://portal.uad.ac.id/

Page 22: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Program Studi ApotekerI. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Mutu Program Profesi Apoteker1.

Visi a. Unggul dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi, menghasilkan apoteker muslim yang mempunyai kemampuan akademik, professional dalam bidang kefarmasian dan berorientasi pada pengembangan ilmu kefarmasian terutama dalam bidang Farmasi komunitas dan Farmasi bahan alam yang dilandasi moral dan etika keislaman.Misi :b.

Membentuk apoteker yang berakhlak islami, profesional, cakap dan trampil 1) sesuai standar kompetensi sebagai apoteker dalam bidang komunitas dan bahan alam dan senantiasa berpartisipasi dalam memajukan disiplin ilmu farmasi dan kemajuan derajat kesehatan masyarakat, melalui program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan dengan pendekatan pengajaran pedagogik.Menyiapkan Apoteker yang mempunyai kemampuan dalam penerapan 2)dan pengembangan ilmu dan teknologi farmasi komunitas dan bahan alam sesuai dengan tuntutan jaman dan kemajuan iptek dengan senantiasa berdasar pada nilai-nilai dasar keislaman dan semangat pelayanan kepada masyarakat.Mengembangkan Apoteker yang mempunyai kemampuan dan keterampilan 3) berskala internasional,mempunyai kemampuan dan ketrampilan dalam berwirausaha dan bekerjasama dengan orang lain serta mempunyai pengalaman dalam penelitian kefarmasian.Menjalin kemitraan dengan para stake holder (terutama industri obat dan 4) bahan makanan, rumah sakit dan Pemerintah pusat/Pemda) dalam pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran serta pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga dihasilkan Apoteker yang memiliki daya saing tinggi.

Page 23: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

19Pedoman Akademik 2011/2012

Tujuan :c. Secara berkelanjutan mengembàngkan posisi Program Profesi Apoteker 1) UAD sebagai pusat unggulan pendidikan Apoteker di bidang komunitas dan farmasi bahan alam di Indonesia maupun di dunia.Menyelenggarakanprogrampendidikanyangefektifdanefisien2)sehingga menghasilkan Apoteker di bidang komunitas dan bahan alam yang kompeten, disiplin, berintegritas tinggi, berkemampuan untuk pengembangan ilmunya dan mampu bersaing di tingkat nasional dan global dengan dilandasi nilai-nilai keislaman dan dapat mengkorelasikan antara ilmu pengetahuan dalam bidangnya dengan kaidah-kaidah dalam Al Qur’an maupun Sunnah.

Sasaran dan Rencana Mutu :d. Mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu 100%1) Mahasiswa lulus dengan IPK sama atau lebih dari 3 minimal 75%2)Lulusan berkarya sesuai bidang keilmuan dalam kurun waktu 6 bulan 3) minimal 80%Dosen yang memiliki Indeks Kinerja Dosen lebih dari 3 minimal 90%4) Indeks kepuasan stake holder lebih dari 3 (skala 4) minimal 90%5)

KalenderAkademikProgramAprofesiTA2011/20122.

SEMESTER GASAL :

ANGKATANXXIAgustus–Nopember2011 : PKPA15Oktober2011 : PraYudisium9–12Januari2012 : PreKompre16–17Januari2012 : PembekalanKompre1–4Februari2012 : Kompre11Februari2012 : Yudisium

Page 24: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan20

13Februari2012 : RefreshingDinkes&IAI14Februari2012 : SoftSkill18Februari2012 : PenyumpahanApoteker

ANGKATANXXII6Agustus2011 : PengumumanHasilSeleksiPMB8Agustus2011 : KuliahPerdana8–11Agustus2011 : KRSPeminatan15–20Agustus2011 : Kuliah+Praktikum22Agt–10Sep2011 : LiburHariRayaIdulFitri12Sept–22Okt2011 : Kuliah+Praktikum(lanjutan)24–29Okt2011 : UjianTengahSemester31Okt–17Des2011 : Kuliah+Praktikum(lanjutan)*19Des2011 : Kuliahpenggantilibur17Agt20–24Des2011 : LiburPersiapanUjianAkhir26–31Des2011 : UjianAkhir2–7Jan2012 : ResponsiPraktikum9–14Jan2012 : RefreshingPraktikumIndustri14Jan2012Pukul12.00 : BatasAkhirNilaiMasuk16–17Jan2012 : PendaftaranUjianUlang20–26Jan2012 : UjianUlang27–28Jan2012 : PembekalanPKPA

SEMESTER GASAL :

ANGKATANXXIIFebruari–Mei2012 : PKPA18April2012 : PraYudisium16–19Juli2012 : PreKompre

Page 25: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

21Pedoman Akademik 2011/2012

23–24Juli2012 : PembekalanKompre1–4Agustus2012 : Kompre11Agustus2012 : Yudisium13Agustus2012 : RefreshingDinkes&IAI14Agustus2012 : SoftSkill18Agustus2012 : PenyumpahanApoteker

ANGKATANXXIII4Februari2012 : PengumumanHasilSeleksiPMB11Februari2012 : KuliahPerdana13–15Februari2012 : KRSPeminatan20Feb–7April2012 : Kuliah+Praktikum9–14April2012 : UjianTengahSemester16April–2Juni20112 : Kuliah+Praktikum(lanjutan)4–9Juni2012 : KuliahPenggantidanLiburPersiapanUjianAkhir11–16Juni2012 : UjianAkhir18–23Juni2012 : ResponsiPraktikum25–30Juni2012 : PraktikumIndustri30Juni2011Pukul12.00 : BatasAkhirNilaiMasuk2–4Juli2012 : PendaftaranUjianUlang9–14Juli2012 : UjianUlang16–17Juli2012 : PembekalanPKPAAgustus–November2012 : PKPA

Page 26: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan22

KurikulumProgramProfesiApotekerT.A.2011/20123. Untuk menyelesaikan Program Profesi Apoteker UAD, mahasiswa diwajibkan

menempuh 13 mata kuliah wajib dan 7 mata kuliah pilihan.

Sem No Kode Mata Kuliah SKS

I

1 FE23P12 Farmakoterapi Terapan 22 FF23P12 Biofarmasetika dan Farmakokinetika Klinik 23 FG23P12 Manajemen Farmasi Perapotekan 24 FG23P22 Asuhan Kefarmasian 25 FG23P27 Praktikum Asuhan Kefarmasian 26 FH23P12 Praktikum Komunikasi Informasi dan Edukasi 27 FF23P21 Kapita Selekta Fitofarmaka 18 FF23P32 Fitoterapi 29 FH23P17 Praktikum Komputer Perapotekan 110 FJ23P11 Etika Profesi 111 FF23P42 Farmasi Rumah Sakit 212 FF23P52 Farmasi Industri 213 FG23P27 PKPA Perapotekan 4

Jumlah Mata Kuliah Wajib 25Mata Kuliah Pilihan Wajib Minat Farmasi Rumah Sakit

I1 FH23P21 Produksi Farmasi Rumah Sakit 12 FH23P32 Quality Assurance Farmasi Rumah Sakit 23 FF23P61 Penanganan Sitostatika & Bahan Berbahaya 1

II 4 FG23P37 PKPA Rumah Sakit 6Jumlah Total SKS Minat Farmasi Rumah Sakit 35Mata Kuliah Pilihan Wajib Minat Farmasi Industri

I1 FH23P32 Quality Assurance Industri 22 FF23P72 Pengembangan Produk 2

II 3 FH23P47 PKPA Industri 6Jumlah Total SKS Minat Farmasi Rumah Sakit 35

Silabus4. Silabus dapat di akses di http://portal.uad.ac.id/

Page 27: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

23Pedoman Akademik 2011/2012

LampiranJ. Tata Tertib di Kampus Fakultas Farmasi 1.

BerdasarkanSuratKeputusanRektorNomor:102Tahun1999Tanggal25Oktober1999 telah diputuskan :

TATA TERTIB MAHASISWA DI KAMPUS FAKULTAS FARMASI

UNIVERSITAS AHMAD DAMAN

Sebagai berikut :

TATA TERTIB AKADEMIK

Mahasiswa diwajibkan :1. Mentaati peraturan akademik yang berlakua. Mengembangkan sikap dan perilaku ilmiahb. Mengikuti kuliah, praktikum dan tugas-tugas akademik lainnya.c. Dengan dipimpin closen atau tidak, mengawali kuliah dan kegiatan akademik d. lainnya, dengan membaca basmalah dan diakhiri membaca hamdalahMenggunakan kebebasan akademik secara bertanggung jawab sesuai dengan e. norma dan susila yang berlaku melalui prosedur yang telah ditetapkan.Dalam mengikuti kuliah antara putra dan putri menempatkan diri pada tempat f. duduk dan deretan yang terpisah.

Mahasiswa dilarang :2.Terlambat masuk kuliah dan/atau meninggalkan kuliah sebelum kuliah berakhir a. tanpa izin/pemberitahuan.Berbuat curang dalam ujian dan tugas tugas akademik lainnya.b. Merokok di ruang kelas, ruang praktikum dan ruang kantor.c.

Page 28: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan24

TATA TERTIB PENAMPILAN

Mahasiswa diwajibkan :1. Berbusana islami, rapi, sopan dan menutup aurat.a. Bertata rias rapi, sopan, tidak mencolok dan tidak berlebihan.b. Bersepatu secara rapi.c.

Mahasiswa dilarang :2.Memakai kaos oblong, dan/atau celana dengan lutut terbukaa. Memakai assesoris yang tidak semestinya (misalnya, laki-laki menggunakan b. assesoris khusus perumpuan).Memelihara rambut panjang melebihi bahu (bagi laki-laki)c. Memakai sandal, kecuali akan melaksanakan shalat.d.

TATA TERTIB PERGAULAN

Mahasiswa diwajibkan :1. Mengembangkan tata pergaulan yang islamia. Menggunakan salam dalam pergaulanb. Bertutur kata, bersikap dan bertingkah lake hares sopan dan islamic. Bersikap dan berperilau hormat kepada pimpinan, dosen, karyawan dan sesama d. mahasiswa.

Mahasiswa dilarang :2.Berduaan dengan lain jenis dan bukan muhrimnya ditempat yang sepi a. (berkhalwat)Bertindak/dan atau bersikap negatif dengan maksud untuk merugikan pimpinan, b. dosen, karyawan ataupun sesama mahasiswa.

Page 29: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

25Pedoman Akademik 2011/2012

TATA TERTIB LINGKUNGAN

Mahasiswa diwajibkan :1. Segera mengerjakan sholat setelah adzan dikumandangkan, kecuali ada a. udzur.Mengakhirisemuakegiatandikampusapabilasudahmemasukipukul21.00b. WIB, kecuali ada izin dari pimpinan Universitas.Menjaga kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan dan ketenangan c. kampus.Membuang sampah yang telah disediakand. Memarkir kendaraan ditempat yang ditentukane.

Mahasiswa dilarang :2.Melakukan hal-hal yang dapat merugikan kehormatan dan martabat negara, a. pemerintah, persyarikatan Muhammadiyah dan nama baik Kampus.Melakukan perbuatan yang berbau SARA ataupun diskriminatifb. Menggangu , menghalangi dan bertindak sewenang-wenang terhadap jalannya c. proses belajar mengajar dan keglatan akademik lainnya.Bermalam di kampus tanpa seizin pimpinan Universitas.d. Membawa senjata api dan/atau senjata tajam.e. Membawa/mengkonsumsi narkotik, obat-obat terlarang dan/atau minuman f. keras.Membawa/menikmatibarangcetakanatauelektronikayangtergolongpornografig. ataupun pornoaksi.

Page 30: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan26

SANKSI

Mahasiswa yang melakukan pelanggaran tata tertib di kampus akan dikenakan sanksi sebagai berikut :

Sanksi Disiplin Ringan berupa :3. Teguran secara lisana. teguran secara tertulisb.

Sanksi Disiplin Sedang berupa :4. Pembatasan jumlah SKS yang diambil mahasiswa dalam satu semestera. Pemberian skorsing selama satu atau dua semesterb. Tidak bisa diusulkan menerima beasiswa dan / atau mahasiswa berprestasi c. Berta tidak memperoleh layanan lainnya.

Sanksi Disiplin Berat berupa :5. Pencabutan statusnya sebagai mahasiswa dan dikeluarkan dari Universitas Ahmad DahlanHal-hal yang belum diatur dalam keputusan ini akan diatur kemudian.Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan bahwa ketentuan ini akan ditinjau dan diperbaiki kembali sebagaimana mestinya apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini.

Yogjakarta,25Oktober1999

Dr. Tedjo Yuwono, Apt.

Page 31: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

27Pedoman Akademik 2011/2012

Pedoman Penanganan Kasus Pemalsuan Nilai dan Ijazah2.

KEPUTUSANDEKAN FAKULTAS FARMASI

UNIVERSITAS AHMAD DAHLANNOMOR:F/161/D.36/IV/2007

TENTANG

Pedoman Penanganan Kasus Pemalsuan Nilai dan Ijazah di Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan

Menimbang : 1. Berdasarkan kajian empirik dalam proses pembelajaran sangat dimungkinkan timbulnya kasus pelanggaran dalam bentuk pemalsuan nilai bahkan pemalsuan ijazah.Untuk mengantisipasi hal tersebut pada butir 1 perlu adanya pedo-2.man penanganan kasus pemalsuan nilai dan atau ijazah di Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta.Bahwauntukkeperluandimaksudbutir1dan2perluditerbitkanSu-3. rat Keputusan Dekan.

Mengingat 1. SKMendiknasNo:232/U/2000SKMendiknasNo:184/U/20012.SKMendiknasNo:045/U/20023. Kaidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah4. Statuta, Universitas Ahmad Dahlan5.

MEMUTUSKAN

Menetapkan : Keputusan Dekan Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Tentang : Pedoman Penanganan Kasus Pemalsuan Nilai dan Ijazah

Page 32: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan28

Pasal 1 Nilai Ujian

Kewenangan pemberian nilai ujian mata kuliah merupakan hak kewenangan dosen 4. pengampu mata kuliah.Kewenangan pemberian nilai ujian tugas akhir (skripsi) merupakan hasil 5. musyawarah dosen pembimbing bersama-sama dosen penguji.

Hasil nilai akhir ujian kuliah maupun tugas akhir tidak dapat diintervensi oleh pihak ketiga, balk yang berasal dari dalam fakultas maupun dari luar fakultas.

Pasal2 Pelanggaran

Semua Aktivitas Akademika (Dosen, Karyawan, Mahasiswa) wajib mengamankan 1. keabsahan nilai nilai maupun ijazah.Setiap tindakan yang berusaha merubah nilai otentik dan ijazah ditetapkan 1. sebagai pelanggaran yang akan dikenakan sanksi.

Pasal 3Sanksi

Pemalsuan nilai yang dilakukan oleh mahasiswa akan dikenakan sanksi 1. berdasarkan peninjauan kasus perkasus melalui Rapat Fakultas.Pemalsuan ijazah yang dilakukan oleh mahasiswa akan dikenakan sanksi melalui 2.rapat Universitas atas Rapat Senat Fakultas.Sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Dosen dan Karyawan 1. ditetapkan oleh Piminan Universitas setelah melalui Rapat Senat Fakultas.

Page 33: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

29Pedoman Akademik 2011/2012

Pasal 4

Hal-hal yang belum diatur dalam keputusan ini akan diatur kemudian1. Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan bahwa ketentuan 2.ini akan ditinjau dan siperbaiki kembali sebagaimana mestinya apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini.

Ditetapkan di Jogjakarta, Padatanggal23April2007

Dr. Tedjo Yuwono, Apt

Page 34: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan30

Pedoman Penanganan Plagiat Dalam Karya Ilmiah3.

BerdasarkanSuratKeputusanDekanNomor:F/162/I/IV/2007Tanggal23April2007telahdiputuskan:

PEDOMAN PENANGANAN PLAGIAT DALAM KARYA ILMIAH

Sebagai berikut :Apabila mahasiswa mengutip pendapat atau tulisan orang lain. maka mahasiswa 1. tersebut harus menyebutkan sumber bacaan atau acuan secara lengkap dan jelas.Karya ilmiah yang ditulis mahasiswa baik dalam bentuk makalah maupun skripsi harus 2.mendapat bimbingan dari dosen pengampu mata kuliah atau dosen pembimbing skripsi.Apabila dalam pembimbingan mahasiswa terdapat pendapat atau kutipan orang 3. lain, yang tidak disebutkan sumber bacaan atau acuannya, maka dosen pembimbing wajib mengingatkan mahasiswa tersebut.Apabila dosen pembimbing sudah mengingatkan dan mahasiswa tidak mengindahkan 4. peringatan tersebut, maka karya ilmiah tersebut dapat dibatalkan, sehingga karya ilmiah tersebut tidak dapat dievaluasi dan tidak dapat digunakan sebagai basil tugas mahasiswa.Dosen pembimbing dapat menyetujui, apabila semua kelalaian tersebut sudah 5. diperbaiki.Apabila dikemudian hari ada laporan kasus plagiat yang dilakukan oleh mahasiswa 6. dan terbukti kebenarannya, maka fakultas berwenang membatalkan karya ilmiah tersebut.

Hal-hal yang belum diatur dalam keputusan ini akan diatur kemudian.

Yogyakarta,23April2007

Dr. Tedjo Yuwono, Apt

Page 35: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

31Pedoman Akademik 2011/2012

Tata Tertib Pengawas Ujian4.

TATA TERTIB PENGAWAS UJIAN FAKULTAS FARMASI

UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Sebagai Berikut :Pengawas ujian baik dosen maupun karyawan harus hadir didalam ruang ujian 10 1. menit sebelum ujian berlangsung.Pengawas mempersilahkan peserta ujian untuk meletakkan tas, buku dan catatan 2.didepan ruangan ujian kecuali ujian yang bersifat open bookPengawas mempersilahkan peserta ujian untuk duduk di kursi yang sesuai dengan 3. nomor ujian masing-masing peserta ujian.Pengawas harus dapat menjaga rahasia soal ujian atau kunci jawaban, sehingga 4. ujian bisa beri’alan dengan lancar .Berkas soal ujian harus dalam keadaan balk, utuh dan tertutup.5. Berkas soal ujian hanya boleh dibuka didepan peserta ujian oleh pengawas ujian 6. atau dosen pengampu mata. ujian.Pengawas membagi soal ujian dan kertas folio kepada peserta ujian.7. Pengawas mengedarkan daftar presensi untuk ditandatangani peserta ujian8. Pengawas menulis berita acara serta kejadian-kejadian yang perlu dicatat selama 9. ujian berlangsung.Apabila terjadi pembocoran soal ujian atau kunci jawaban baik dilakukan oleh 10. pengawas maupun pengampu mata kuliah, maka soal ujian tersebut tidak dapat diujikan kepada, peserta ujian atau dibatalkan.Apabila soal ujian dibatalkan, karena adanya pembocoran, maka ujian dapat diundur 11. pada saat yang lain dengan menggunakan soal ujian yang barn.Apabila pembocoran soal ujian dilakukan oleh pengawas ujian, maka pengawas 12.yang membocorkan soal ujian diberi sanksi administrasi.Apabila pembocoran soal ujian dilakukan oleh pengampu mata kuliah, maka dosen 13. pengampu mata kuliah yang membocorkan soal ujian diberi sanksi administrasi.

Page 36: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012

Universitas Ahmad Dahlan32

Apabila pengawas ujian atau dosen pengampu mata kuliah bersedia memperbaiki 14. diri dari perbuatan yang kurang terpuji ini, maka sanksi akan ditinjau kembali berdasarkan rapat fakultas.Mahasiswa yang curang atau melanggar ketertiban di pasal 1, hasil pekerjaannnya 15. dapat dibatalkan dan tidak dikirim ke dosen penguji.Apabila terjadi pembocoran soal ujian dan dilakukan oleh pengawas ujian, maka 16. pengawas yang membocorkan soal ujian diberi sanksi administrasiApabila pembocoran soal ujian dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliah, maka 17. dosen bersangkutan tidak diperbolehkan lagi menjadi pengampu clan penguji mata, kuliah di Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan.Apabila pengawas ujian atau dosen pengampu mata kuliah bersedia memperbaiki 18. diri dari perbuatan yang kurang terpuji ini, maka sanksi yang diberikan dapat ditinjau kembali melalui Rapat Senat Fakultas.Bagi mahasiswa mencontek dengan bukti dan saksi akan diberi sanksi administrasi 19. berupa skorsing 1 semester yang diputuskan dalam rapat senat fakultas.

Yogyakarta,23April2007

Dr. Tedjo Yuwono, Apt

Page 37: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012
Page 38: Buku Panduan_fak. Farmasi 2011_2012