buku panduan acara ois 2011

Upload: andhyta-firselly-utami

Post on 10-Jul-2015

185 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

DEPARTEMEN KEILMUAN BEM FISIP UI 2011

Olimpiade Ilmu Sosial (OIS) adalah program kerja yang telah diselenggarakan selama tujuh kali oleh Departemen Keilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (BEM FISIP UI) yang bertujuan untuk menyediakan arena kompetisi ilmiah bidang sosial dan politik untuk siswa-siswi SMA dan sederajat di seluruh penjuru tanah air. Terobosan baru dalam OIS tahun 2011 adalah perluasan tingkat lomba yakni melibatkan peserta yang berasal dari negara-negara anggota Association of South East Asian Nations (ASEAN). Perlombaan akan menggunakan mekanisme penilaian tingkat nasional dan regional dengan standar yang berbeda. OIS 2011 dibuat sedemikian rupa untuk menjelaskan tantangan yang harus dihadapi oleh warga negara anggota ASEAN, khususnya unsur pemuda dalam mempersiapkan diri menuju Komunitas ASEAN 2015. Rangkaian perlombaan OIS 2011 terdiri dari beberapa tahapan yakni pra-OIS yakni Paper Writing Competition (PWC) yang telah dilalui dan berhasil memilih finalis baik nasional maupun internasional, dan lomba-lomba bagi finalis yang terpilih untuk maju ke proses karantina. Selain acara lomba, panitia juga akan menyediakan acara non-lomba sebagai pendukung dan pengaplikasian ilmu sosial dalam masyarakat. Terobosan baru dengan adanya Lomba Guru OIS 2011 membuat OIS 2011 semakin mantap sebagai pelopor olimpiade pengetahuan ilmu sosial di Indonesia dan, cita-cita kami, di Asia Tenggara. Untuk mengajukan pertanyaan, saran, dan masukan bagi rangkaian acara OIS 2011, silakan menghubungi: Agus Catur Aryanto Putro (Catur) Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Kepala Divisi Acara Olimpiade Ilmu Sosial 2011 Email: [email protected] Phone: +6285293511211

2

Deskripsi Acara Lomba: 1. Lomba Analisis Masalah (AM) Sesuai dengan nama lombanya, dalam perlombaan Analisis Masalah ini peserta akan diminta untuk menganalisis kasus yang sudah disiapkan oleh panitia melalui pemikiran-pemikiran yang kritis dan mendalam serta solutif terhadap permasalahan yang ada yang akan dituangkan dalam esai 1000-1500 kata dalam waktu 150 menit. Pada malam sebelum dilaksanakan AM, peserta akan diberikan bahan-bahan bacaan yang bisa dijadikan referensi mengenai bahasan dalam lomba AM. Lomba AM akan dilaksanakan di hari kedua pelaksanakan OIS 2011. Akan dipilih tiga tim dengan nilai lomba Analisis Masalah terbaik bagi babak nasional maupun internasional.

2. Lomba Presentasi Analisis Masalah (PAM) Presentasi Analsis Masalah (PAM) adalah tindak lanjut dari perlombaan Analisis Masalah, di mana hasil dari pemikiran peserta yang tertuang dalam esai akan dipresentasikan kepada dewan juri secara lisan. Peserta akan diberi waktu bersih 30 menit untuk presentasi, yang terdiri dari 15 menit sesi presentasi, dan 15 menit untuk tanya jawab dengan dewan juri. Lomba PAM akan dilaksanakan di hari ketiga pelaksanaan OIS 2011. Tujuan PAM adalah menguji kemampuan peserta dalam mempresentasikan permasalahan secara lisan dan terstruktur. Tiga tim dengan nilai Presentasi Analisis Masalah tertinggi akan mendapatkan penghargaan peserta PAM terbaik.

3

3. Circle of Beat (CoB) Salah satu cabang lomba khas OIS adalah adanya Circle of Beat (CoB) di mana peserta akan mengerjakan soalsoal isian singkat dalam beberapa pos yang terdiri dari pos logika, matematika, pengetahuan umum yang akan difokuskan kepada pengetahuan ASEAN. Soal dikerjakan secara individu yang pada akhirnya akan diakumulasikan nilai setiap tim yang terdiri dari tiga orang. Ketika peserta mengerjakan soal, panitia akan mencoba mengganggu konsentrasi peserta dengan memutar musik yang sekiranya bisa memalingkan konsentrasi peserta. Tujuannya adalah supaya peserta mempunyai teknik tersendiri dalam mengerjakan lomba sekalipun dengan gangguan apapun. Lomba CoB akan dilaksanakan pada hari ketiga rangkaian OIS 2011. Sama seperti AM dan PAM, tiga tim dengan nilai CoB terbaik berhak mendapatkan penghargaan tim CoB terbaik.

4. Review Film Dalam lomba Review Film, peserta akan diputarkan sebuah film yang menyiratkan materi tentang tema umum serta tujuan OIS 2011. Peserta akan mengerjakan reviewnya di hari ketiga pelaksanaan OIS secara individu dan kemudian nilai individu akan diakumulasikan secara tim. Review akan ditulis dalam bahasa Inggris di mana konten yang berisi adalah ringkasan cerita film serta pandangan peserta terhadap permasalahan yang ada dalam film tersebut yang akan dikerjakan selama 90 menit dan dilaksanakan di hari kedua. Tujuan dari Review Film ini adalah supaya peserta peka terkait dinamika sosial yang berkembang serta cepat dalam menanggapi dinamika itu melalui pemikiran yang kritis. Nilai akumulatif individu dalam tiap tim akan menentukan tiga tim terbaik perlombaan review film.

4

5. Semifinal dan Grand Final Akumulasi nilai perlombaan AM, PAM, CoB, dan Review Film akan menentukan 6 besar semifinalis nasional dan 4 besar semifinalis internasional. Dalam perlombaan semifinal ini, lomba yang akan diusung untuk menyeleksi ke babak grand final adalah cerdas cermat dengan tiga babak: wajib, lempar, dan rebutan. Dua tim dengan poin tertinggi baik tingkat nasional maupun regional akan menjadi grandfinalis dalam OIS 2011. Babak grandfinal baik nasional dan internasional akan mempertandingkan kedua tim dalam arena debat yang akan dilaksanakan di hari kelima serta ditonton oleh seluruh peserta dan guru pendamping serta panitia dan terbuka bagi mahasiswa FISIP UI.

5

Deskripsi Acara Non-lomba 1. Seminar Analisis Masalah (SAM) Seminar Analisis Masalah mengawali rangkaian OIS 2011 dengan mendatangkan pembicara yang ahli sesuai dengan tema yang diangkat untuk mendukung kelancaran Lomba Analisis Masalah. Pembicara yang akan didatangkan antara lain dari kalangan yang telah memiliki prestasi dalam bidang yang telah panitia tentukan. Tujuan seminar ini adalah memberikan gambaran tentang apa sebenarnya yang akan peserta OIS 2011 analisis dalam lomba AM. Seminar akan dilaksanakan selama 90 menit di hari kedua pelaksanaan OIS 2011. 2. Focus Group Discussion Analisis Masalah (FGD AM) Untuk memperdalam pemahaman peserta tentang tema yang diangkat dalam SAM, peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk membahas pemahaman mereka pada focus group discussion (FGD) yang akan difasilitasi oleh anggota organisasi sosial yang bergerak di bidang pemuda. Tujuan FGD ini adalah membangun pemahaman yang riil dan konseptual terkait dengan isu di atas agar nantinya dalam perlombaan analisis masalah, hasil pemikiran mereka adalah riil dan bersifat grass root. FGD AM akan dilaksanakan selama 60 menit setelah seminar analisis masalah. 3. Ajang Unjuk Budaya Untuk mempererat serta mengenalkan budaya khas daerah masing-masing peserta, panitia menyediakan sarana bagi masing-masing peserta menampilkan kesenian daerah asal baik tarian, musik, ataupun kesenian lainnya dengan durasi 5 7 menit. Ajang Unjuk Budaya akan dilaksanakan di hari ketiga dan keempat pada malam hari di Gedung AJB Bumiputera FISIP UI.6

Apa yang harus peserta persiapkan? Tentu saja kebudayaan khas masing-masing peserta (tarian, musik, dan lainnya). Siapkan penampilan terbaik dengan peraga yang mendukung: kostum, alat musik, tata rias, musik pengantar (dalam bentuk file), dan sebagainya. Semua tergantung kreativitas dan kebutuhan peserta untuk mampu menampilkan budaya mereka, karena akan ada Best Cultural Performance Award di akhir acara nanti. 4. Workshop Public Speaking Untuk melatih kemampuan peserta dalam melakukan presentasi, pada malam hari sebelum dilakukan lomba presentasi analisis masalah (PAM), peserta akan diberikan workshop tentang bagaimana menyampaikan presentasi dengan tepat dan baik dengan mendatangkan tokoh yang ahli di bidang presentasi ilmiah dan komunikasi. Workshop ini dilakukan di hari kedua pada malam hari selama 90 menit.

5. Konferensi Pemuda ASEAN Konferensi Pemuda ASEAN dimasukkan ke dalam mata acara OIS 2011 sebagai sarana untuk mempersiapkan para pemuda khususnya peserta OIS 2011 untuk lebih mengenal dan memahami karakter negara-negara ASEAN dan bagaimana mempersiapkan diri menuju Komunitas ASEAN 2015. Dalam konferensi ini, peserta akan melakukan role play dengan model sidang ASEAN yang mana peserta akan dibagi menjadi 10 tim di mana masing-masing tim mewakili negara anggota ASEAN dan peserta dituntut untuk merepresentasikan kepentingan dari negara yang diwakilinya untuk berdiplomasi dalam arena ASEAN. Konferensi ini dilaksanakan di hari keempat dengan durasi 4 jam. Hasil dari Konferensi Pemuda OIS 2011 akan direkomendasikan ke Sekretariat ASEAN sebagai salah satu kontribusi pemuda ASEAN dalam menghadapi ASEAN Community 2015.7

Apa yang harus peserta persiapkan? Karena acara Konferensi Pemuda ASEAN ini akan diselenggarakan dalam bahasa inggris, maka peserta wajib memenuhi persyaratan penggunaan bahas inggris dalam acara ini. Peserta akan melakukan simulasi sidang ala diplomat negara-negara di ASEAN. Ingat, karena ini sidang, maka pakaian yang harus peserta kenakan adalah pakaian formal (kemeja, berjas dan berdasi). Akan dipilih peserta konferensi terbaik dengan mendapatkan penghargaan Best Diplomatic Award.

6. Kunjungan Institusi Dengan level regional dan nasional yang ada, kunjungan di Jakarta institusi dengan dalam tujuan OIS 2011 akan ditujukan ke Sekretariat Pusat ASEAN yang ada memperkenalkan organisasi regional yang menjadi payung negaranegara di kawasan Asia Tenggara yakni ASEAN. Kunjungan ASEAN akan diarahkan ke Sub-divisi Pengembangan dan Pelatihan Pemuda dan Pendidikan di dalam struktur ASEAN Socio-cultural Community. Pelaksanaan kunjungan akan berada di hari kelima pelaksanaan OIS 2011. 7. Fund Raising Challenge Terobosan baru dalam sejarah diselenggarakannya Olimpiade Ilmu Sosial! Peserta akan diberikan tantangan untuk melakukan fund raising yang akan dilakukan di area kampus dan sekitarnya. Peserta akan dibagi secara acak dalam 10 kelompok di mana akan diberi modal awal oleh panitia dan peserta dituntut untuk mendapatkan profit yang sebesar mungkin. Keuntungan yang mereka dapat akan disumbangkan melalui pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan keesokan harinya.

8

Apa yang harus peserta persiapkan? Kreatif! Karena ini adalah usaha penggalangan dana, maka peserta dituntut untuk memutar otak sekreatif dan semenarik mungkin agar mampu menghasilkan pendapatan dan keuntungan sebesar-besarnya. Panitia tidak melarang peserta untuk menyiapkan alat dan sarana dari rumah/daerah masing-masing agar tujuan tersebut bisa tercapai, contoh: membawa alat musik untuk menggaet uang, membuat kesenian, dan usaha kreatif lainnya yang panitia yakin peserta OIS 2011 pasti memilikinya! Jangan khawatir, peserta juga akan berlomba untuk mendapatkan gelar Best Fund Raising Team. 8. Pengabdian Masyarakat Selain melaksanakan kompetisi, peserta akan diberi wadah untuk melakukan tindakan sosial nyata dengan mengikuti pengabdian masyarakat yang akan dilakukan di daerah Cibubur, Jakarta Timur. Dalam pengabdian masyarakat ini peserta akan mencoba mengajar anak-anak dari golongan kurang mampu agar memiliki semangat untuk belajar. Kegiatan ini akan dilaksanakan di hari keempat pelaksanaan OIS 2011. Melalui acara pengabdian masyarakat, panitia akan memilih Duta Sosial OIS 2011. 9. Jelajah Kota Untuk memberikan hiburan serta memperkenalkan wisata khususnya di Ibukota, peserta akan diberi kesempatan untuk mengikuti jelajah kota yang akan dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta sebagai wujud promosi kebudayaan Indonesia baik untuk peserta dalam negeri maupun luar negeri. Akan ada permainan menarik dan menghibur bagi peserta. Jelajah kota akan dilaksanakan di hari keempat setelah melakukan pengabdian masyarakat. 10. Tour de Campus dan FISIP Open House Salah satu tujuan dari OIS adalah memperkenalkan Universitas Indonesia pada umumnya dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik secara khusus, kepada peserta OIS 2011. Peserta dan guru akan diajak untuk9

melakukan tur mengelilingi UI sebagai sarana bagi panitia untuk memperkenalkan UI baik dari segi fisik dan non-fisik (fakultas, program studi, dan lainnya). Tour de Campus akan dilaksanakan di hari kedua pelaksanaan lomba sementara FISIP Open House akan dilakukan di hari kelima pelaksanaan OIS 2011. 11. Malam Anugerah Sebagai penutup rangkaian OIS 2011 dan pengumuman pemenang OIS 2011, panitia menyelenggarakan Malam Anugerah dan Gala Dinner bersama dengan pejabat tinggi Departemen Pendidikan Nasional serta institusi lain terkait serta pejabat tinggi rektorat kampus dan dekanat FISIP UI. Malam anugerah dilaksanakan dengan konsep gala dinner di mana sebagai puncak dari pelaksanaan OIS 2011 dan dilaksanakan di Balai Sidang BNI UI pada hari kelima malam hari.

10

Deskripsi Acara Guru 1. Lomba Presentasi Esai (Guru) Lomba Presentasi Esai untuk guru-guru pendamping peserta OIS 2011 adalah terobosan baru yang diusung di OIS 2011 agar partisipasi guru pendamping ketika mendampingi putera-puteri terbaik mereka tidak hanya sekedar menemani tetapi juga mempunyai nilai kompetisi selain itu terdapat permintaan yang tinggi dari pelaksanaan OIS 2010 bahwa guru juga perlu diberi sarana berlomba, yakni dengan kompetisi presentasi karya tulis guru. Presentasi esai guru akan dilaksanakan di hari pertama pelaksanaan, di mana masing-masing guru akan diberikan kesempatan mempresentasikan karyanya dalam 30 menit di hadapan dewan juri. Karya yang dipresentasikan adalah orisinil dan belum pernah dipublikasikan dan atau diperlombakan. Akan ada dua babak: penyisihan dan final untuk memilih 3 besar Guru Terbaik OIS 2011. Keuntungan yang akan diperoleh guru adalah kesempatan untuk menjajal kebolehan dan performa dalam ajang kompetisi. Selain itu, jika guru pendamping mengikuti Lomba Guru, maka berhak mendapatkan sertifikat sebagai berikut: Sertifikat Pendamping Sertifikat Lokakarya Penulisan Ilmiah Sertifikat Talkshow Sertifikat Peserta Lomba Guru (dan jika menang akan mendapat Sertifikat Pemenang) Jika guru pendamping tidak mengikuti acara Lomba Guru, maka guru hanya akan berhak mendapatkan sertifikat sebagai guru pendamping saja. Lomba Guru hanya diselenggarakan bagi guru pendamping peserta babak nasional. Ketentuan Esai: 1. Tema seputar pendidikan atau ilmu sosial. 2. Judul bebas.

11

3. Tulisan terdiri atas 750-1000 kata, ukuran kertas A4, font times new roman 12, spasi 1,5. 4. Apabila artikel mengandung kutipan, maupun data dari website, buku, majalah dan sumber terpercaya lainnya, peserta wajib mencantumkan referensi dengan menggunakan footnote. 5. Plagiarisme tidak akan ditoleransi oleh panitia OIS 2011. 6. Karya dikirim ke panitia ([email protected]) paling lambat tanggal 7 November 2011 pukul 23:59 WIB. Ketentuan Presentasi: a. Membawa hard copy esai sebanyak 3 copy pada saat hari H. b. Wajib hadir maksimal pada pukul 07.30 WIB c. Pembuatan slide: 1. Presentasi dibuat dengan program Microsoft Office Powerpoint 2003 atau 2007. 2. Slide berisi penjelasan sesuai dengan esai. 3. Jumlah slide bebas. d. Presentasi slide: 1. Urutan presentasi ditentukan oleh panitia. 2. Waktu presentasi untuk tiap peserta adalah 10 menit. Time keeper akan memberi tanda pada menit ke-5, ke-9 dan waktu habis. e. Penilaian akan dilakukan oleh Dewan Juri dengan porsi 40% untuk karya dan 60% untuk presentasi f. Akan dipilih 3 besar untuk Lomba Guru g. Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

12. Lokakarya Penulisan Ilmiah Guru Lokakarya penulisan ilmiah yang dilaksanakan bagi guru pendamping dilaksanakan ketika peserta OIS 2011 melakukan lomba Analisis Masalah. Dalam lokakarya penulisan ilmiah ini ditujukan

12

agar guru pendamping juga mempunyai kemampuan yang baik dalam menulis ilmiah sehingga bisa diajarkan pula ke peserta didik di sekolah masing-masing. Dalam lokakarya ini, panitia menghadirkan dosen FISIP UI yang mempunyai kemampuan yang kompeten dalam menjelaskan bagaimana menulis ilmiah yang sesuai dengan standar baku yang ada. Lokakarya ini akan dilakukan di hari kedua selama 150 menit. 13. Talkshow Guru Dalam kegiatan talkshow guru, hal yang akan diangkat oleh panitia melalui pembicara yang diundang bertemakan Pendidikan Berkarakter dengan Menekankan Soft Skill. Tujuannya adalah supaya guru pendamping mempunyai metode yang menarik dan variatif dalam mengajar sehingga mampu merangsang pengembangan kemampuan soft skill siswa dan disesuaikan dengan karakter masingmasing siswa yang ada. Talkshow ini akan menghadirkan pakar psikologi pendidikan yang mampu memberikan pemahaman komprehensif terkait tema yang diangkat. Acara ini akan dilakukan selama 120 menit bersamaan dengan lomba Circle of Beat.

14. Belanja Guru Panitia juga memberikan kesempatan bagi guru pendamping untuk meluangkan waktu mengunjungi pusat perbelanjaan di Depok dan sekitarnya sebagai sarana hiburan. Kegiatan belanja guru dilakukan ketika semifinal dan fund raising dilaksanakan.

13

Jadwal Acara Olimpiade Ilmu Sosial VIII Waktu 03.00 - 15.00 08.00 - 15.00 15.00 - 18.30 18.30 - 19.30 19.30 - 20.30 20.30 - 21.00 21.00 - 22.00 Waktu 05.00 - 06.00 06.00 - 07.00 07.30 - 08.00 08.00 - 09.30 09.30 - 10.30 10.30 12.00 12.00 - 13.00 13.30 - 16.00 16.00 - 17.30 17.30 - 19.30 19.30 - 21.00 21.00 - 22.00 10.30 - 12.00 12.00 - 13.00 13.00 - 16.00 Minggu, 13 November Penjemputan peserta Check in & Registrasi Istirahat Makan malam Soft Opening & Penjelasan OIS Ice Breaking Briefing AM & CoB Senin, 14 November Persiapan Sarapan Perjalanan Opening Ceremony Seminar Analisis Masalah Focus Group Discussion Mind Mapping Mobilisasi dan Persiapan AM Ishoma Lomba Analisis Masalah Tour de Campus + pulang Persiapan, Makan malam Workshop Presentasi Briefing PAM & Review Lomba Presentasi Karya Tulis Ishoma Lomba Presentasi Karya Tulis

Waktu 05.00 - 06.00 06.00 - 07.30 07.30 - 08.00 08.00 - 12.00 12.00 - 13.00

Selasa, 15 November Persiapan Sarapan Perjalanan Presentasi Analisis Masalah Ishoma14

13.00 - 16.00 16.00 - 16.30 16.30 - 18.30 18.30 - 20.30 20.30 - 22.00 22.00 - 22.30 08.00 - 12.00 12.00 - 13.00 13.00 - 17.00 Waktu 05.00 - 06.00 06.00 - 07.30 07.30 - 08.00 08.00 - 11.00 11.00 - 12.00 12.00 - 13.00 13.00 - 13.30 13.30 - 14.00 14.00 - 16.30 16.30 - 17.00 17.00 - 17.30 17.30 - 19.30 19.30 - 21.30 08.00 - 11.00 12.30 - 17.30

Circle of Beat Perjalanan Persiapan, makan malam Film Review Film Briefing Konferensi & AUB 1 Talkshow guru Ishoma Workshop guru Rabu, 16 November Persiapan Sarapan Perjalanan Konferensi Pemuda ASEAN Penyusunan Naskah Deklarasi Ishoma Pengumuman Semifinalis Briefing Semifinal Semifinal Istirahat Perjalanan Persiapan, makan malam Ajang Unjuk Budaya 1 Final Guru Guru Belanja

Waktu 05.00 - 06.00 06.00 - 07.00 07.00 - 09.00 09.00 - 10.30 10.30 - 11.30 11.30 - 12.30 12.30 - 16.00 16.00 - 18.00

Kamis, 17 November Persiapan Sarapan Perjalanan Pengabdian Masyarakat Perjalanan Ishoma City Tour Perjalanan15

18.00 - 19.30 19.30 - 21.00 21.00 - 21.30 Waktu 05.00 - 05.45 05.45 - 06.30 06.30 - 07.00 07.00 - 09.00 09.00 - 10.30 10.30 - 13.00 13.00 - 14.30 14.30 - 17.30 17.30 - 18.00 18.00 - 19.30 19.30 - 21.30 21.30 - 22.30 Waktu 05.00 - 06.00 06.00 - 07.30 07.30 - 09.00 09.00 - 12.00

Persiapan, makan malam Ajang Unjuk Budaya II Briefing Kunjungan Jumat, 18 November Persiapan Sarapan Persiapan kunjungan Perjalanan Kunjungan ASEAN Istirahat, Sholat Jumat, Makan di perjalanan Open House Final Persiapan Persembahan Ishoma Malam Anugerah, Hiburan & Closing Malam Kontemplasi Sabtu, 19 November Persiapan Sarapan Persiapan pulang Kepulangan Peserta

16