buku direktori kompetensi 2012

826
PT PLN (Persero) DIREKTORI KOMPETENSI EDISI 1 ON-LINE OKTOBER 2012 VOLUME 1

Upload: agerliando

Post on 21-Jan-2016

2.089 views

Category:

Documents


335 download

TRANSCRIPT

  • PT PLN (Persero)

    DIREKTORIKOMPETENSI

    EDISI 1 ON-lINE OKTObER 2012

    VOluME 1

  • ii

    Penyusun

    Direktori Kompetensi direvisi olehTim Revisi Direktori Kompetensi dan Kebutuhan Kompetensi Jabatan

    bersama Tim Pengarah dan Narasumber.Berdasarkan Surat Keputusan Direksi

    No.240.K/DIR/2012 tanggal 28 Mei 2012

    Tim Pengarah

    Direktur Sumber Daya Manusia dan UmumKepala Divisi Pengembangan Organisasi

    Kepala Divisi Pengembangan Sistem SDMKepala Divisi Pengembangan SDM dan Talenta

    Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan

    Tim Revisi Direktori Kompetensi dan Kebutuhan Kompetensi Jabatan

    Sriyono D Siswoyo, Ronny Kadir, Harmen, Priyono Rahardjo, Yohanes Sutamtomo,Ridho Hutomo , Benny Adhetya, Septiana, Ira Verawaty, Mega Yuliana

    Narasumber

    Suharto Wiranu, Edi Sukmoro, Satri Falanu, Dody Budiawan, Edi Pamostang M, Hernadi Buchron, Amir Rosidin, Supangkat Iwan S, Jemjem Kurnaen R,

    Achmad Taufik Haji, Tjutju Kurnia, Tri Setyo Nugroho, Budi Kristanto, Harry Hartoyo, Sigit Djalu Purwoko, Kuswowo, Herry Hasanudin, Yoni Kustianto, Abdul Hakam, Edit Mursita, Bektiwacono, RR. Nur Indah Triaswuri, Rastito, Winayu Siswanto,

    Untung Prihadi, Sugeng Raharjo, Tatang Rusdjaja, Purnomo, Indra Vichary, Toto, AL. Susilo Handoko, Rustamadji, Ahmad Paruhuman, Badrul Musthafa,

    Koesdianto, Musthofa, Anton Suranto, Ermawan, Dwi Listiawati, Ignatius Sumediya, Djoko Rahardjo, Agung Rahmawan, Heru Priyatno, Abdul Haris, Sulthan Han,

    Suaji Projo, Amris Adnan, Undang S, Solider Sinaga, Suwadi Nanra, Ananta Agung N, Awat, Nuraini, Hasanuddin, Arif S, Lindri, Rudi Antono, Daryono PW, Yonery Primadita

    Sanksi Pelanggaran Pasal 44 UU No. 7 1987 Tentang Perubahan atas UU No. 6 1982

    Tentang Hak Cipta

    1. Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak mengumumkan atau memperbanyak suatu ciptaan atau memberi izin untuk itu, dipidana dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah).

    2. Barangsiapa dengan sengaja menyerahkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).

  • iii

    PT. PLN (Persero)

    Visi

    Diakui sebagai perusahaan kelas dunia yang bertumbuh-kembang, unggul, dan

    terpercaya dengan bertumpu pada potensi insani.

    Misi

    1. Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang usaha lain terkait yang berorientasi

    pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan,

    dan pemegang saham.

    2. Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas

    kehidupan masyarakat.

    3. Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.

    Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

    4. Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan

    Nilai-nilai

    Saling percayaIntegritas

    PeduliPembelajar

    Motto

    Sahabat Setia Untuk Kemajuan

  • vMAKNA SIMBOLISGAMBAR SAMPUL DEPAN

    Gerak cepat anak panah yang menancap tepat di ataslogo PT PLN (Persero) yang terdapat di tengah bola

    dunia.

    Logo PT PLN (Persero) di tengah bola dunia dengan tulisan Competency- Based Human Resource Management menyimbolkan keberadaan perusahaan yang telah mendunia karena dukungan kompetensi yang unggul yang dimiliki oleh seluruh insan PT PLN (Persero)

    Anak panah menggambarkan perusahaan yang sedang bergerak dan akan mencapai sasaran perusahaan, yaitu menjadi perusahaan kelas dunia dengan cepat dan tepat

    Efek gerakan anak panah menunjukkan arah gerak-laju yang tepat sasaran yang dihasilkan melalui kinerja optimal yang mengacu pada kompetensi unggul tiap insan PT PLN (Persero) seperti yang digambarkan dalam buku ini.

    Secara keseluruhan, gambar sampul depan buku ini ingin memberikan gambaran bahwa buku Direktori Kompetensi ini disusun untuk mengarahkan gerak-laju setiap sumber daya manusia di perusahaan dalam mencapai cita-cita perusahaan dengan satu gerakan yang cepat, serasi, dinamis, dan tepat menuju sasaran.

    Gerakan yang cepat, serasi, dinamis, dan tepat sasaran tersebut diharapkan lahir dari hasil kinerja yang optimal melalui kompetensi yang unggul dari sumber daya manusia di perusahaan. Buku Direktori Kompetensi ini merupakan acuan tertulis mengenai jenis-jenis kompetensi yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh seluruh pegawai guna memberikan kontribusi bagi perusahaan melalui hasil kerja yang optimal sesuai kompetensi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

  • vi

    Menghadapi tantangan perubahan lingkungan usaha di masa depan yang strategis dan berbeda dengan model bisnis saat ini, PT PLN (Persero) membutuhkan pegawai yang tidak hanya mampu berpartisipasi aktif, tetapi juga secara kreatif mampu mengajak pegawai lain untuk fokus pada tugas pekerjaan masing-masing dan mampu mengeksekusi strategi yang disepakati bersama di semua tingkatan untuk mewujudkan visi perusahaan.Sebagai pegawai berkompeten, yang memiliki antusiasme tinggi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, diharapkan mampu memberikan nilai tambah dan siap mempelajari hal-hal baru dalam menghadapi tuntutan perubahan.

    Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi (MSDM-BK) yang dicanangkan pada tanggal 5 Januari 2004 merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sistem ini memerlukan buku panduan yang berupa direktori kompetensi yang secara sistematis mendefi nisikan seluruh kompetensi yang diperlukan pada semua jenjang jabatan di PT PLN (Persero) dan anak perusahaannya. Untuk itu, sejalan dengan dinamika perubahan yang dihadapi perusahaan, buku Direktori Kompetensi ini harus selalu diselaraskan dengan kebutuhan dan merupakan acuan standar yang terintegrasi bagi perusahaan dan anak perusahaan dalam melaksanakan MSDM-BK.

    Hal penting dari penyempurnaan buku Direktori Kompetensi ini adalah bahwa kompetensi berikut level kebutuhan kompetensi jabatan yang diperlukan perusahaan menjadi semakin jelas dan terukur. Dengan demikian, perusahaan dan anak perusahaannya akan lebih mudah memilih para pemangku jabatan/pemimpin yang tepat, di tempat yang tepat, dan pada saat yang tepat. Pemimpin atau penanggung jawab fungsi diharapkan mampu mengartikulasikan visi perusahaan dengan baik, menginspirasi, dan menyalakan semangat pegawai untuk mewujudkannya. Keberhasilan suatu perusahaan tidak terlepas dari keberhasilan pemimpin di semua level dalam menggerakkan tim kerja, mensinergikan semua kekuatan, dan mengoptimalkan semua sumber daya untuk mencapai tujuan bersama.

    Jakarta, 17 Oktober 2012 Direktur Utama

    NUR PAMUDJI

    SambutanDIREKTUR UTAMA PT PLN (Persero)

    Direktur Utama

    NUR PAMUDJI

  • vii

    Kompetensi merupakan bauran dari pengetahuan, keterampilan, dan kualitas pribadi yang dimiliki oleh seorang individu yang dapat diamati, diukur, dan diaplikasikan dalam pekerjaan. Fokus dari pengamatan adalah pada kemampuan individu yang bersangkutan dalam mengkreasi nilai tambah untuk menghasilkan keunggulan kompetitif perusahaan. Oleh karena itu, model kompetensi yang dipakai oleh sebuah perusahaan dibangun mengacu pada proses bisnis perusahaan dan faktor kunci utama yang dibutuhkan oleh pegawai untuk memastikan keberhasilan pencapaian Visi dan Misi Perusahaannya.

    Mengantisipasi dinamika perubahan lingkungan usaha, hard competency dalam buku Direktori Kompetensi Edisi Ketiga tahun 2006 yang pada Edisi Oktober 2008 telah diubah menjadi kompetensi bidang, dipandang perlu untuk direvisi sesuai dengan perubahan proses bisnis dan dinamika tuntutan lingkungan usahanya. Sehubungan dengan itu, khusus untuk kompetensi bidang, dalam Edisi Pertama Online tahun 2012 ini disempunakan dari 173 unit kompetensi menjadi 650 unit kompetensi.

    Kompetensi bidang (technical competency) adalah jenis kompetensi yang diperlukan sesuai dengan jenis profesi masing-masing individu pegawai untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan secara teknis baik jabatan yang bersifat struktural maupun fungsional. Kompetensi Bidang disusun berdasarkan pada pengelompokan pohon profesi pada PT PLN (Persero). Revisi buku direktori ini mencakup pengurangan/penambahan jumlah kompetensi bidang, penyempurnaan kata kunci dan deskripsi perilaku, serta penajaman kebutuhan level kompetensi untuk bidang masing-masing. Dalam Edisi Pertama Online ini, penyusunan kompetensi dan penetapan level kecakapanya diselaraskan dengan fungsi dan lingkup tanggung jawab organisasi dan telah divalidasi oleh para pemangku jabatan dan disusun oleh Tim Revisi Direktori Kompetensi 2012.

    Karena sifat kompetensi yang harus dapat diamati dan diukur, maka revisi uraian hard competency dalam buku ini dibangun sedemikian rupa agar proses pemetaan profi l kompetensi pegawai menjadi lebih mudah dan terjadi alignment yang kuat antara perencanaan pengembangan karir per individu pegawai dengan pencapaian Visi, Misi Perusahaan. Buku Direktori kompetensi on-line ini berlaku di seluruh lingkungan PT PLN (Persero) dan anak perusahaannya dan berfungsi sebagai acuan standar yang mendukung ketentuan Sistem Sumber Daya Manusia tentang Sistem Pembinaan Kompetensi dan Karier Pegawai.

    Jakarta, 17 Oktober 2012 Direktur SDM dan Umum

    EDDY D. ERNINGPRAJA

    Direktur SDM dan Umum

    EDDY D. ERNINGPRAJA

    SambutanDIREKTUR SDM DAN UMUM PT PLN (Persero)

  • ix

    DAFTAR ISI

    1. Pendahuluan ..................................................................................................... 12. Susunan Direktori Kompetensi ...................................................................... 8

    2.1. Kompetensi Utama ............................................................................... 82.2. Kompetensi Peran ................................................................................. 82.3. Kompetensi Bidang ............................................................................... 92.4. Makna Umum Setiap Level Kompetensi ............................................... 92.5 Pedoman Umum Penyusunan Kebutuhan Kompetensi Jabatan (KKJ) 11

    3. Soft Competency ............................................................................................ 19

    3.1 KOMPETENSI UTAMA ........................................................................ 19001 CSO ........................................................................................ 19 Orientasi Pelayanan Pelanggan Customer Service Orientation002 ACH .......................................................................................... 20 Orientasi pada Pencapaian Achievement Orientation003 CLE .......................................................................................... 21 Pembelajaran Berkelanjutan Continouous Learning

    3.2 KOMPETENSI PERAN ........................................................................ 22004 ANT .......................................................................................... 22 Berpikir Analitis Analytical Thinking005 DCM ......................................................................................... 23 Pengambilan Keputusan Decision Making006 BSS .......................................................................................... 24 Spirit Bisnis Business Spirit007 DEV .......................................................................................... 25 Mengembangkan Orang Lain Developing Others008 RSB .......................................................................................... 26 Membangun Hubungan Relationship Building009 TWK ......................................................................................... 27 Kerjasama Tim Teamwork010 LDS .......................................................................................... 28 Kepemimpinan Leadership

  • x011 CFO .......................................................................................... 29 Peduli Kualitas Concern For Order012 PNO ......................................................................................... 30 Perencanaan dan Pengorganisasian Planning & Organizing013 OAW ......................................................................................... 31 Pemahaman Peta Peran Organisasi Organizational Awareness

    4. Hard Competency ........................................................................................... 35

    4.1 PEMBANGKITAN ................................................................................ 394.1.1 KORPORAT ............................................................................. 39014 GEP .......................................................................................... 39 Perencanaan Jangka Panjang Sistem Pembangkitan Generation Expansion Planning015 ETP .......................................................................................... 40 Kebijakan Operasi Pembangkitan Generation Operation Policy016 PPP .......................................................................................... 41 Kebijakan Pembelian Listrik IPP Power Purcase Policy017 MAP ......................................................................................... 42 Kebijakan Pemelihaaraan Aset Management Asset Policy018 PTM-MP ................................................................................... 43 Kebijakan Manajemen Power Trader Power Trader Management Policy019 PGE-CC ................................................................................... 44 Evaluasi dan Pengendalian Kinerja Pembangkit Korporat Performance Generation Evaluation Control Corporate

    4.1.2 KANTOR INDUK ..................................................................... 45020 PFP .......................................................................................... 45 Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit Power Plant Operation and Maintenance Planning021 PPO-P ...................................................................................... 46 Kebijakan Operasi Pembangkit Power Plant Operation Policy022 PPM-P ...................................................................................... 47 Kebijakan pemeliharaan Pembangkit Power Plant Maintenance Policy

  • xi

    023 PTM-T ...................................................................................... 48 Manajemen Power Trader Power Trader Management024 GPEC ....................................................................................... 49 Evaluasi dan Pengendalian Kinerja Pembangkit Generation Performance Evaluation and Control

    4.1.3 PELAKSANA OPERASI THERMAL ....................................... 50025 TCFPPOMP ............................................................................. 50 Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit Thermal Thermal Power Plant Operation and Maintenance Planning026 TCFPPO ................................................................................... 51 Operasi Pembangkit Thermal Thermal Power Plant Operation027 TCFPPM .................................................................................. 52 Pemeliharaan Pembangkit Thermal Thermal Power Plant Maintenance028 TCFRLTM ................................................................................. 53 Manajemen Real Time Trading-Thermal Thermal Real Time Trading Management029 TPPOM .................................................................................... 54 Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit-Thermal Thermal Power Plant Operation & Maintenance

    4.1.3.1 PLTU BATUBARA .................................................................. 55030 TCFP ........................................................................................ 55 Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit PLTU Batubara Thermal Coal-fired Power Plant Operation and Maintenance

    Planning031 TCFO-CCR .............................................................................. 56 Operasi Pembangkit PLTU Batubara (Ruang Kendali) Thermal Coal-fired Power Plant Operation032 TCFO-LOKAL ........................................................................... 57 Operasi Pembangkit PLTU Batubara (Lokal, Boiler, dan Alat

    Bantu) Thermal Coal-fired Power Plant Operation033 TCFO-LOKAL ........................................................................... 58 Operasi Pembangkit PLTU Batubara (Lokal Turbin-Generator

    dan Alat Bantu) Thermal Coal-fired Power Plant Operation034 TCFO-DESALT ........................................................................ 59 Operasi Pembangkit PLTU Batubara (Desalination Plant dan

    Reverse Osmosis) Thermal Coal-fired Power Plant Operation

  • xii

    035 TCFO-WTP .............................................................................. 60 Operasi Pembangkit PLTU Batubara (Pre-treatment, Demin

    Plant, Pengolahan Limbah) Thermal Coal-fired Power Plant Operation036 FCFO-COAL ............................................................................ 61 Operasi Pembangkit PLTU Batubara (Coal & Ash handling) Thermal Coal-fired Power Plant Operation037 FCFO-STRE ............................................................................. 62 Operasi Pembangkit PLTU Batubara (STRE) Thermal Coal-fired Power Plant Operation038 TCFO-UNLOADER .................................................................. 63 Operasi Pembangkit PLTU Batubara (Ship Unloader) Thermal Coal-fired Power Plant Operation039 TCFO-LOADER ....................................................................... 64 Operasi Pembangkit PLTU Batubara (Loader, Dozer, Scraper,

    Forklift) Thermal Coal-fired Power Plant Operation040 TCFO-BOP ............................................................................... 65 Operasi Pembangkit PLTU Batubara (Sistem Pendingin,

    Pelumas, Udara Tekan, Bahan Bakar, Air Pengisi,Demin Plant) Thermal Coal-fired Power Plant Operation041 TCFM-Turbin ............................................................................ 66 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Batubara (Turbin) Thermal Coal-fired Power Plant Maintenance042 TCFM-Boiler ............................................................................. 67 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Batubara (Boiler) Thermal Oil-fired Power Plant Maintenance043 TCFM-AUXILIARY ................................................................... 68 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Batubara (Auxiliary dan

    Bengkel) Thermal Oil-fired Power Plant Maintenance044 TCFM-DC POWER .................................................................. 69 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Batubara (Listrik Tenaga) Thermal Coal-fired Power Plant Maintenance045 TCFM -CONTROLE INSTRUMEN ........................................... 70 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Batubara (Kontrol Instrumen-

    Software dan Hardware) Thermal Coal-fired Power Plant Maintenance046 TCFM-PROTECTION .............................................................. 71 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Batubara (Proteksi Mechanical

    & Electrical) Thermal Coal-fired Power Plant Maintenance047 TCFM Electrical Instalation ...................................................... 72 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Batubara (Listrik Instalasi) Thermal Coal-fired Power Plant Maintenance

  • xiii

    048 TCFM-DC POWER .................................................................. 73 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Batubara (DC Power) Thermal Coal-fired Power Plant Maintenance049 RLTMTCF ................................................................................. 74 Manajemen Real Time Trading -PLTU Batubara Real time Trading Management050 TCFPPOMM ............................................................................. 75 Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit-PLTU

    Batubara Thermal Coal Fired Power Plant Operation & Maintenance

    Management051 OBSTCF ................................................................................... 76 Operasi Pembangkit PLTU Batubara (Black Start) Coal fired Power Plant Operation (Black Start Unit)

    4.1.3.2 PENGELOLAAN DERMAGA ................................................. 76052 HCEM-PLTU Coal .................................................................... 77 Pemeliharaan Bangunan Air/ Jetty-PLTU Batubara Hydrolica Civil Engineering Maintenance053 SCE-M ...................................................................................... 78 Pemeliharaan Bangunan Struktur/ Sarana dan Prasarana, jalan

    dan jembatan-PLTU Batubara Structural Civil Engineering Maintenance054 EVM-PLTU Coal ....................................................................... 79 Pemeliharaan Lingkungan-PLTU Batubara Environment Maintenance055 JMT-COAL ............................................................................... 80 Manajemen Jetty -PLTU BB Jetty Management

    4.1.3.3 PLTU MINYAK ........................................................................ 81056 TOFPPOMP ............................................................................. 81 Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit PLTU

    Minyak Thermal Oil-fired Power Plant Operation and Maintenance

    Planning057 TOFO-CCR .............................................................................. 82 Operasi Pembangkit PLTU Minyak (Ruang Kendali) Thermal Oil-fired Power Plant Operation058 TOFO-LOCAL .......................................................................... 83 Operasi Pembangkit PLTU Minyak (Lokal, Boiler dan Alat Bantu) Thermal Oil-fired Power Plant Operation

  • xiv

    059 TOFO-BOP .............................................................................. 84 Operasi Pembangkit PLTU Minyak (Sistem Pendingin, Pelumas,

    Udara Tekan, Bahan Bakar, Air Pengisi,Demin Plant) Thermal Oil-fired Power Plant Operation060 TOFO-DESALINATION PLANT ............................................... 85 Operasi Pembangkit PLTU Minyak (Desalination Plant dan RO) Termal Oil-fired Power Plant Operation061 TOFO-WTP .............................................................................. 86 Operasi Pembangkit PLTU Minyak (Pre-treatment, Demin Plant,

    Pengolahan Limbah) Thermal Oil-fired Power Plant Operation062 TOFO-FUEL HANDLING ......................................................... 87 Operasi Pembangkit PLTU Minyak (Fuel Handling) Thermal Oil-fired Power Plant Operation063 TOFM-TURBIN ........................................................................ 88 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Minyak (Turbin) Thermal Oil-fired Power Plant Maintenance064 FOFM-Boiler ............................................................................. 89 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Minyak (Boiler) Thermal Oil-fired Power Plant Maintenance065 TOFM -AUXILIARY .................................................................. 90 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Minyak (Auxiliary dan Bengkel) Thermal Oil-fired Power Plant Maintenance066 TOFM-POWER ELECTRICAL ................................................. 91 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Minyak (Listrik Tenaga) Thermal Oil-fired Power Plant Maintenance067 TOFM-TURBIN ........................................................................ 92 Operasi Pembangkit PLTU Minyak (Turbin-Generator dan Alat

    Bantu) Thermal Oil-fired Power Plant Maintenance068 TOFM-DC POWER .................................................................. 93 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Minyak (DC Power) Thermal Oil-fired Power Plant Maintenance069 TOFM-CONTROLE INSTRUMEN ........................................... 94 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Minyak (Kontrol Instrumen-

    Software Dan Hardware) Thermal Oil-fired Power Plant Maintenance070 TOFM-PROTECTION .............................................................. 95 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Minyak (Proteksi Mechanical &

    Electrical) Thermal Oil-fired Power Plant Maintenance071 TOFPM-INSTALATION ELECTRICAL ..................................... 96 Pemeliharaan Pembangkit PLTU Minyak (Listrik Instalasi) Thermal Oil-fired Power Plant Maintenance

  • xv

    072 RLTM TOF ................................................................................ 97Manajemen Real time Trading -PLTU MinyakReal time trading Management

    073 TOFPPOM ............................................................................... 98Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit-PLTU MinyakThermal Oil Fired Power Plant Operation & Maintenance

    074 OBS-PLTU-Oil .......................................................................... 99Operasi Pembangkit PLTU Minyak (Black Start)Oil-fired Power Plant Operation

    075 CFM-PRO .............................................................................. 100Pemeliharaan Bangunan Air/ Jetty-PLTU MinyakHydrolica Civil Engineering Maintenance

    076 CFM-PRO .............................................................................. 101Pemeliharaan Bangunan Struktur/ Sarana dan Prasarana, Jalan dan Jembatan-PLTU MinyakStructural Civil Engineering Maintenance

    077 EVM-PLTU Oil ........................................................................ 102Pemeliharaan Lingkungan-PLTU MinyakEnvironment Maintenance

    4.1.3.4 PLTG GAS ............................................................................ 103078 OCGFOMP ............................................................................. 103

    Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit PLTG GasOpen cycle gas-fired Power Plant Operation and Maintenance Planning

    079 OCGFO-CCR ......................................................................... 104Operasi Pembangkit PLTG gas (Ruang Kendali)Open cycle gas-fired Power Plant Operation

    080 OCGFO-Lokal TG .................................................................. 105 Operasi Pembangkit PLTG gas (Lokal, Turbin, Generator) Open cycle gas-fired Power Plant Operation081 OCGFO-GAS HANDLING ...................................................... 106 Operasi Pembangkit PLTG Gas (Gas Handling) Open Cycle Gas-fired Power Plant Operation082 COGFM-TURBIN ................................................................... 107 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Gas (Turbin Gas) Open cycle gas-fired Power Plant Maintenance083 OCGFM-COMPRESSOR ....................................................... 108 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Gas (Kompresor) Open Cycle gas-fired Power Plant Maintenance084 OCGFM-AUXILIARY .............................................................. 109 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Gas (Auxiliary dan Bengkel) Open Cycle gas-fired Power Plant Maintenance

  • xvi

    085 OCGFM-POWER ELECTRICAL .............................................110 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Gas (Listrik Tenaga) Open Cycle Gas-fired Power Plant Maintenance086 OCGFM-ELCTRICAL INSTALASI ...........................................111 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Gas (Listrik Instalasi) Open Cycle Gas-fired Power Plant Maintenance087 OCGFM-DC POWER ..............................................................112 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Gas (DC Power) Open Cycle Gas-fired Power Plant Maintenance088 OCGFM-CONTROLE INSTRUMEN .......................................113 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Gas (Kontrol Instrumen-

    Software dan Hardware) Open Cycle Gas-Fired Power Plant Maintenance089 OCGFM-PROTECTION ..........................................................114 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Gas (Proteksi-Mechanical &

    Electrical) Open Cycle Gas-Fired Power Plant Maintenance090 RLTMOCGF ............................................................................115 Manajemen Real Time Trading-PLTG Gas Real Time Trading Management091 POM-GF ..................................................................................116 Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit-PLTG Gas Power Plant Operation & Maintenance Management092 POMM-GF ...............................................................................117 Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit-PLTG Gas Power Plant Operation & Maintenance093 OCGF-PLTG Gas ....................................................................118 Operasi Pembangkit PLTG Gas (Black Start) Open Cycle Gas-fired Power Plant Operation094 SCE-PLTG GAS ......................................................................119 Pemeliharaan Sipil Kering/ Sarana dan Prasarana-PLTG Gas Struktural Civil Engineering095 EVM-PLTG GAS .................................................................... 120 Pemeliharaan Lingkungan-PLTG Gas Environment Maintenance

    4.1.3.4 PLTG MINYAK ...................................................................... 121096 OCOFOMP ............................................................................. 121 Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit PLTG

    Minyak Open cycle Oil-fired Power Plant Operation and Maintenance

    Planning097 OCOFO-CCR ......................................................................... 122 Operasi Pembangkit PLTG Minyak (Ruang Kendali) Open cycle Oil-fired Power Plant Operation

  • xvii

    098 OCOFO-Lokal ........................................................................ 123 Operasi Pembangkit PLTG Minyak (Lokal, Turbin, Generator) Open cycle Oil-fired Power Plant Operation099 COFO-OIL HANDLING .......................................................... 124 Operasi Pembangkit PLTG Minyak (Oil Handling) Oil-fired Power Plant Operation100 OCOFM-MECHANICAL ......................................................... 125 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Minyak (Mekanik Turbin Gas) Open cycle Oil-fired Power Plant Maintenance101 COFM-Turbin ......................................................................... 126 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Minyak (Turbin) Combine cycle Oil-fired Power Plant Maintenance102 OCOFM-COMPRESSOR ....................................................... 127 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Minyak (Kompresor) Open Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance103 OCOFM-AUXILIARY .............................................................. 128 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Minyak (Auxiliary dan Bengkel) Open Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance104 OCOFM-DC POWER ............................................................. 129 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Minyak (DC Power) Open Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance105 OCOFM-ELECTRICAL INSTALATION .................................. 130 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Minyak (Listrik Instalasi) Open cycle Oil-fired Power Plant Maintenance106 OCOFM-ELECTRIC POWER ................................................ 131 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Minyak (Listrik Tenaga) Open Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance107 OCOFM-INSTRUMEN ........................................................... 132 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Minyak (Kontrol Instrumen-

    Software dan Hardware) Open Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance108 OCOFM-PROTECTION ......................................................... 133 Pemeliharaan Pembangkit PLTG Minyak (Proteksi-Mechanical &

    Electrical) Open Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance ..................... 133109 RLTMOCOF ........................................................................... 134 Manajemen Real Time Trading-PLTG Minyak Real Time Trading Management Open Cycle Oil Fired110 OCPPOMM ............................................................................ 135 Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit-PLTG

    Minyak Power Plant Operation & Maintenance Management111 OCPPOM ............................................................................... 136 Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit-PLTG

    Minyak Open Cycle Power Plant Operation & Maintenance

  • xviii

    112 OBS-PLTG Minyak ................................................................. 137 Operasi Pembangkit PLTG Minyak (Black Start) Operation Black start Open Cycle Oil-fired Power Plant

    Operation113 SCE-PLTG Minyak ................................................................. 138 Pemeliharaan Sipil Kering/ Sarana dan Prasarana-PLTG Minyak Struktural Civil Engineering114 EVM-PLTG Minyak ................................................................. 139 Pemeliharaan Lingkungan-PLTG Minyak Environment Maintenance

    4.1.3.5 PLTGU GAS ......................................................................... 140115 CGFOMP ............................................................................... 140 Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit PLTGU

    Gas Combine Cycle Gas-fired Power Plant Operation and

    Maintenance Planning116 CGFO-CCR ............................................................................ 141 Operasi Pembangkit PLTGU-Gas (Ruang Kendali) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Operation117 CGFO-PLTG .......................................................................... 142 Operasi Pembangkit PLTGU-PLTG Combine Cycle Gas-fired Power Plant Operation118 CGFO-LOKAL ........................................................................ 143 Operasi Pembangkit PLTGU Gas (Lokal, HRSG, Turbin,

    Generator) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Operation119 CGFO-BOP ............................................................................ 144 Operasi Pembangkit PLTGU Gas (Balance of Plant) Combine Cycle Gas-Fired Power Plant Operation120 CGFO-DESALT ...................................................................... 145 Operasi Pembangkit PLTGU Gas (Pemurnian Air HRSG) Combine Cycle Gas-Fired Power Plant Operation121 CGFO - WTP .......................................................................... 146 Operasi Pembangkit PLTGU Gas (Pre-treatment, Demin Plant,

    Pengolahan Limbah) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Operation122 CGFO-HRSG ......................................................................... 147 Operasi Pembangkit PLTGU Gas (Lokal HRSG dan Alat Bantu) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Operation123 CGFO-Lokal TG ..................................................................... 148 Operasi Pembangkit PLTGU Gas (Lokal Turbin Uap-Generator) Cobine Cycle Gas-Fired Power Plant Operation

  • xix

    124 CGFO-GENERATOR ............................................................. 149 Operasi Pembangkit PLTGU Gas (Lokal Turbin Gas-Generator

    dan Alat Bantu) Combine Cycle Gas -fired Power Plant Operation125 CGFO-GAS HANDLING ........................................................ 150 Operasi Pembangkit PLTGU Gas (Gas Handling) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Operation126 CGFO-Turbin ......................................................................... 151 Operasi Pembangkit PLTGU Gas (Lokal Turbin Uap-Generator

    dan Alat Bantu) Combine cycle gas-fired Power Plant Opearation127 CGFM-HRSG ......................................................................... 152 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Gas (HRSG) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Maintenance128 CGFM-AUXILIARY ................................................................. 153 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Gas (Auxiliary dan Bengkel) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Maintenance129 CGFM-ELECTRIC POWER ................................................... 154 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Gas (Listrik Tenaga) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Maintenance130 CGFM-RELAY-PROTECTION ............................................... 155 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Gas (Relay & Proteksi) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Maintenance131 CGFM-DC .............................................................................. 156 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Gas (DC Power) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Maintenance132 CGFM-INSTRUMEN .............................................................. 157 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Gas (Kontrol Instrumen-

    Software dan Hardware) Combine Cycle Gas-Fired Power Plant Maintenance133 CGFM-PROTECTION ............................................................ 158 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Gas (Proteksi-Mechanical &

    Electrical) Combine Cycle Gas-Fired Power Plant Maintenance134 CGFM-COMPRESSOR ......................................................... 159 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Gas (Mekanik Kompresor) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Maintenance135 CGFM-Turbin ......................................................................... 160 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Gas (Turbin) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance136 CGFM-INSTALASI ................................................................. 161 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Gas (Listrik Instalasi) Combine Cycle Gas-Fired Power Plant Maintenance

  • xx

    137 RLTM-GF ............................................................................... 162 Manajemen Real Time Trading-PLTGU Gas .......................... 162 Real Time Trading Management Combile Cycle Gas-Fired138 PPGFOM ................................................................................ 163 Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit-PLTGU Gas Power Plant Gas-Fired Operation & Maintenance139 OBS-PLTGU Gas ................................................................... 164 Operasi Pembangkit PLTGU Gas (Black Start) Operation Black Start Combine Cycle Gas-fired Power Plant

    Maintenance140 HCE-PLTGU GAS .................................................................. 165 Pemeliharaan Bangunan Air/ Jetty-PLTGU Gas Hydrolica Civil Engineering141 SCV-PLTGU GAS .................................................................. 166 Pemeliharaan Bangunan Struktur/ Sarana dan Prasarana, Jalan dan Jembatan-PLTGU Gas Structural Civil Engineering142 EVM-PLTGU GAS .................................................................. 167 Pemeliharaan Lingkungan Environment Maintenanc

    4.1.3.6 PLTGU MINYAK ................................................................... 168143 COFOMP ............................................................................... 168 Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit PLTGU

    Minyak Combine Cycle Oil-fired Power Plant Operation and Maintenance

    Planning144 COFO-CCR ............................................................................ 169 Operasi Pembangkit PLTGU-Minyak (Ruang Kendali) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Operation145 COFO-PLTG .......................................................................... 170 Operasi Pembangkit PLTGU-PLTG Combine Cycle Oil-fired Power Plant Operation146 COFO-LOKAL ........................................................................ 171 Operasi Pembangkit PLTGU Minyak (Lokal, HRSG, Turbin,

    Generator) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Operation147 COFO-BOP ............................................................................ 172 Operasi Pembangkit PLTGU Minyak (Balance of Plant) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Operation148 COFO-DESALT ...................................................................... 173 Operasi Pembangkit PLTGU Minyak (pemurnian air HRSG) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Operation

  • xxi

    149 COFO-WTP ............................................................................ 174 Operasi Pembangkit PLTGU Minyak (Pre-treatment, Demin

    Plant, Pengolahan Limbah) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Operation150 COFO-HRSG ......................................................................... 175 Operasi Pembangkit PLTGU Minyak (Lokal HRSG dan Alat

    Bantu) ..................................................................................... 175 Combine Cycle Oil-fired Power Plant Operation151 COFO-Lokal TG ..................................................................... 176 Operasi Pembangkit PLTGU Minyak (Lokal Turbin Uap-

    Generator) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Operation152 COFO-TG ............................................................................... 177 Operasi Pembangkit PLTGU Minyak (Lokal Turbin Gas-

    Generator dan Alat Bantu) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Operation153 COFO -OIL HANDLING ......................................................... 178 Operasi Pembangkit PLTGU Minyak (Oil Handling) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Operation154 COFM-Turbin ......................................................................... 179 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Minyak (Turbin Uap) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance155 COFM-HRSG ......................................................................... 180 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Minyak (HRSG) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance156 GOF-AUXILIARY ................................................................... 181 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Minyak (Auxiliary dan

    Bengkel) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance157 COFM-POWER ...................................................................... 182 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Minyak (Listrik Tenaga) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance158 COFM-RELAY-PROTECTION ............................................... 183 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Minyak (Relay &Proteksi) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance159 COFM-DC POWER ................................................................ 184 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Minyak (DC Power) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance160 COFM-CONTROLE-INSTRUMEN ......................................... 185 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Minyak (Kontrol Instrumen-

    Software Dan Hardware) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance

  • xxii

    161 COFM-PROTECTION ............................................................ 186 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Minyak (Proteksi-Mechanical

    & Electrical) Combine Cycle Gas-fired Power Plant Maintenance162 COFM-COMPRESSOR ......................................................... 187 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Minyak (Mekanik Kompresor) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance163 COFM-INSTALASI ................................................................. 188 Pemeliharaan Pembangkit PLTGU Minyak (Listrik Instalasi) Combine Cycle Oil-fired Power Plant Maintenance164 RLTM-PLTGU-OIL .................................................................. 189 Manajemen Real Time Trading-PLTGU Minyak Real Time Trading Management165 POM-PLTGU-OIL ................................................................... 190 Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit-PLTGU

    Minyak Power Plant Operation & Maintenance Combine Cycle Oil Fired166 OBS-PLTGU (OIL) ................................................................. 191 Operasi Pembangkit PLTGU Minyak (Black Start) Operation Black Start Combine Cycle Oil-fired Power Plant

    Operation167 HCE-PLTGU OIL .................................................................... 192 Pemeliharaan Bangunan Air/ Jetty-PLTGU Minyak Hhydrolica Civil Engineering168 SCE-PLTGU OIL .................................................................... 193 Pemeliharaan Bangunan Struktur/ Sarana dan Prasarana, jalan

    dan jembatan-PLTGU Minyak Structural Civil Engineering169 EVM-PLTGU OIL .................................................................... 194 Pemeliharaan Lingkungan-PLTGU Minyak Environment Maintenance170 GTPPOMP PLTP .................................................................... 195 Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit PLTP Geothermal Power Plant Operation and Maintenance Planning171 GTPPO-CCR .......................................................................... 196 Operasi PLTP (Ruang Kendali) Geothermal Power Plant Operation172 GTPPO-Lokal TG ................................................................... 197 Operasi Pembangkit PLTP (Lokal Turbin Generator) Geothermal Power Plant Operation173 GTPPO-Local Demister ......................................................... 198 Operasi Pembangkit PLTP (Lokal Demister) Geothermal Power Plant Operation

  • xxiii

    174 GTPPO-Auxiiary ..................................................................... 199 Pemeliharaan Pembangkit PLTP (Generator) Geothermal Power Plant Operation175 GTPPM-Turbin ....................................................................... 200 Pemeliharaan Pembangkit PLTP (Turbin) Geothermal Power Plant Maintenance176 GTPPM-AUX .......................................................................... 201 Pemeliharaan Pembangkit PLTP (Auxiliary dan Bengkel) Geothermal Power Plant Maintenance177 GTPPM-DC POWER ............................................................. 202 Pemeliharaan Pembangkit PLTP (DC Power) Geothermal Power Plant Maintenance178 GTPPM-INSTRUMEN ............................................................ 203 Pemeliharaan Pembangkit PLTP (Kontrol Instrumen-Software

    dan Hardware) Geothermal Power Plant Maintenance179 GTPPM-Protection ................................................................. 204 Pemeliharaan Pembangkit PLTP (Proteksi-Mechanical &

    Electrical) Geothermal Power Plant Maintenance180 GTP-POWER ......................................................................... 205 Pemeliharaan Pembangkit PLTP (Listrik Tenaga) Geothermal Power Plant Maintenance181 GTPM-INSTALASI ................................................................. 206 Pemeliharaan Pembangkit PLTP (Listrik Instalasi) Geothermal Power Plant Maintenance182 GTRLTM ................................................................................. 207 Manajemen Real Time Trading-PLTP Geothermal Real Time Trading Management183 GTPOM .................................................................................. 208 Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit PLTP Geothermal Power Plant Operation & Maintenance184 GTCFM-DC ............................................................................ 209 Pemeliharaan Pembangkit PLTP (Listrik Tenaga, Relay &

    Proteksi, DC Power) Geothermal Coal-fired Power Plant Maintenance185 GTM -INSTRUMEN ................................................................ 210 Pemeliharaan Pembangkit PLTP (Kontrol Instrumen-Software

    dan Hardware) Geothermal Power Plant Maintenance186 GTM-PRO ...............................................................................211 Pemeliharaan Pembangkit PLTP (Proteksi Mechanical &

    Electrical) Geothermal Power Plant Maintenance

  • xxiv

    187 GTM-PRO .............................................................................. 212 Pemeliharaan Sipil Kering/ Sarana dan Prasarana, Jalan dan

    Jembatan Geothermal Power Plant Maintenance188 GTM-PRO .............................................................................. 213 Pemeliharaan Lingkungan

    Geothermal Power Plant Maintenance189 GTLCF ................................................................................... 214 Labaratorium Kimia dan Bahan Bakar

    Gheothermal Laborant Fuel And Chemical

    4.1.4 PELAKSANA OPERASI HIDRO (PLTA) ................................. 215190 HOP ....................................................................................... 215

    Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit HidroHidro Power Plant Operation and Maintenance Planning

    191 HPPO ..................................................................................... 216Operasi Pembangkit HidroHidro Power Plant Operation

    192 HPM ....................................................................................... 217Pemeliharaan Pembangkit HidroHidro Power Plant Maintenance

    193 PTM ........................................................................................ 218Manajemen Power TraderPower Trader Management

    194 POM-HIDRO .......................................................................... 219Manajemen Operasi dan pemeliharaan PembangkitPower Plant Operation & Maintenance

    4.1.4.1 PLTA ..................................................................................... 220195 HPP-OM ................................................................................. 220

    Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit PLTAHidro Power Plant Operation and Maintenance Planning

    196 HPO-CCR .............................................................................. 221Operasi Pembangkit PLTA (Ruang Kendali)Hidro Power Plant Operation

    197 HPO-Lokal .............................................................................. 222Operasi Pembangkit PLTA (Lokal Turbin Air, Generator)Hidro Power Plant Operation

    198 HPO-GEN .............................................................................. 223Operasi Pembangkit PLTA (Lokal Alat Bantu Turbin Air, Generator)Hidro Power Plant Operation

    199 HPO-DAM .............................................................................. 224Operasi PLTA (DAM)Hidropower Plant Operation

  • xxv

    200 HPO-RAMP ............................................................................ 225Operasi PLTA (Pintu Air)Hidropower Plant Operation

    201 HPO-SPILL ............................................................................ 226Operasi PLTA (Spillway)Hidropower Plant Operation

    202 HPM ....................................................................................... 227Pemeliharaan PLTAHidropower Plant Maintenance

    203 RLTMH ................................................................................... 228Manajemen Real Time Trading-PLTAReal Time Trading Management

    204 POM-H ................................................................................... 229Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit-PLTAHydropower Plant Operation & Maintenance

    205 HPP-Turbin ............................................................................ 230Pemeliharaan Pembangkit PLTA (Turbin)Hidropower Power Plant Maintenance

    206 HPP-AUX ............................................................................... 231Pemeliharaan Pembangkit PLTA (Auxiliary dan Bengkel)Hidro Power Power Plant Maintenance

    207 DPP-DC ................................................................................. 232Pemeliharaan Pembangkit PLTA (DC Power)Hidro Power Plant Maintenance

    208 HPP-POWER ......................................................................... 233Pemeliharaan Pembangkit PLTA (Listrik Tenaga)Hidro Power Plant Maintenance

    209 HPP -INSTRUMEN ................................................................ 234Pemeliharaan Pembangkit PLTA (Kontrol Instrumen-Software dan Hardware)Hidropower Power Plant Maintenance

    210 HPP-PROTECT ..................................................................... 235Pemeliharaan Pembangkit PLTA (Proteksi Mechanical & Electrical)Hidropower Power Plant Maintenance

    211 HCE-PLTA .............................................................................. 236Pemeliharaan Sipil Basah/ Bendungan dan Spill way-PLTAHydrolica Civil Engineering

    212 SCE-PLTA .............................................................................. 237Pemeliharaan Bangunan Struktur/ Sarana dan Prasarana, Jalan dan Jembatan-PLTAStructural Civil Engineering

    213 EVM-PLTA .............................................................................. 238Pemeliharaan Lingkungan-PLTAEnvironment Maintenance

  • xxvi

    214 HLCF ...................................................................................... 239Labaratorium Kimia dan Bahan BakarHidro Laborant Fuel and Chemical

    4.1.5 PELAKSANA OPERASI DIESEL (PLTD) ................................ 240215 DPP-DSL ................................................................................ 240

    Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit DieselDiesel Power Plant Operation and Maintenance Planning

    216 DPO-DSL ............................................................................... 241Operasi Pembangkit DieselDiesel Power Plant Operation

    217 DPM-DSL ............................................................................... 242Pemeliharaan Pembangkit DieselDiesel Power Plant Maintenance

    218 RLTMD ................................................................................... 243Manajemen Power Trader-DieselPower Trader Management

    219 DOM-DSL ............................................................................... 244Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit DieselDiesel Power Plant Operation & Maintenance

    4.1.5.1 PLTD ..................................................................................... 245220 DPP-D .................................................................................... 245

    Perencanaan Operasi dan pemeliharaan Pembangkit PLTDDiesel Power Plant Operation and Maintenance Planning

    221 DPO-CCR .............................................................................. 246Operasi Pembangkit PLTD (Ruang Kendali)Diesel Power Plant Operation

    222 DPO-Lokal .............................................................................. 247Operasi Pembangkit PLTD (Lokal Diesel, Generator)Diesel Power Plant Operation

    223 DPO-GEN .............................................................................. 248Operasi Pembangkit PLTD (Lokal Alat Bantu Diesel, Generator)Diesel Power Plant Operation

    224 DPO-Lokal .............................................................................. 249Operasi Pembangkit PLTD (Lokal Diesel, Generator)Diesel Power Plant Operation

    225 DPO-GEN .............................................................................. 250Operasi Pembangkit PLTD (Lokal Alat Bantu Diesel, Generator)Diesel Power Plant Operation

    226 DPO-K .................................................................................... 251Operasi Pembangkit PLTD KecilDiesel Power Plant Operation

  • xxvii

    227 DPO-Lokal .............................................................................. 252Operasi Pembangkit PLTD kecil (Lokal Alat Bantu Diesel, Generator)Diesel Power Plant Operation

    228 DPPM-D ................................................................................. 253Pemeliharaan Pembangkit Diesel-PLTDDiesel Power Plant Maintenance

    229 PTM-D .................................................................................... 254Manajemen Real Time Trading-PltdReal Time Trading Management

    230 POM-D ................................................................................... 255Manajemen Operasi dan pemeliharaan Pembangkit-PLTDPower Plant Operation & Maintenance

    231 DPP-AUX ............................................................................... 256Pemeliharaan Pembangkit PLTD (Auxiliary dan Bengkel)Diesel Power Plant Maintenance

    232 DPP-POWER ......................................................................... 257Pemeliharaan Pembangkit PLTD (Listrik Tenaga)Diesel Power Plant Maintenance

    233 DPP-DC ................................................................................. 258Pemeliharaan Pembangkit PLTD (DC Power)Diesel Power Plant Maintenance

    234 DPP-PROTEC ........................................................................ 259Pemeliharaan Pembangkit PLTD (Proteksi-Mechanical & Electrical)Diesel Power Plant Maintenance

    235 DPP -INSTRUMEN ................................................................ 260Pemeliharaan Pembangkit PLTD (Kontrol Instrumen-Software dan Hardware)Diesel Power Plant Maintenance

    236 SCE-PLTD .............................................................................. 261Pemeliharaan Bangunan Struktur/ Sarana dan Prasarana-PLTD Structural Civil Engineering

    237 EVM-PLTD ............................................................................. 262Pemeliharaan Lingkungan-PLTDEnvironment Maintenance

    238 DLCF ...................................................................................... 263Labaratorium Kimia dan Bahan BakarDiesel Laborant Fuel And Chemical

  • xxviii

    4.2 PENYALURAN .................................................................................. 2674.2.1 KORPORAT ........................................................................... 267239 TEP ........................................................................................ 267

    Perencanaan Jangka Panjang Sistem PenyaluranTransmission expansion planning

    240 ETP ........................................................................................ 268Kebijakan Penyaluran Energi ListrikEnergy Transaction Policy

    241 PPP ........................................................................................ 269Kebijakan Pembelian Listrik IPPPower Purcase Policy

    242 MAP ....................................................................................... 270Kebijakan Pemelihaaraan AsetManagement Asset Policy

    243 ETM ........................................................................................ 271Kebijakan Pengukuran Transaksi Energi ListrikElectric Energy Transaction Metering Policy

    244 ETS ........................................................................................ 273Setelmen Transaksi Energi ListrikElectric Energy Transaction Settlement

    245 CTP-EC .................................................................................. 274Evaluasi dan Pengendalian Kinerja Penyaluran KorporatTransmission Performance Evaluation and Control Corporate ....

    4.2.2 KANTOR INDUK ................................................................... 275246 EMG ....................................................................................... 275

    Manajemen EnergiEnergy Management

    247 PSA-P .................................................................................... 276Program Analisis Sistem TenagaPower System Analysis Programme

    248 PSPP ...................................................................................... 277Program Perencanaan Interkoneksi Sistem TenagaPower System Interconnection Planning Programme

    249 MPP ....................................................................................... 278Perencanaan Program PemeliharaanMaintenance Planning Programme

    250 ETSC ...................................................................................... 279Pengendalian Setelmen Transaksi Energi ListrikElectricity Energy Transaction Settlement Control

    251 ETM ........................................................................................ 281Program Pengukuran Transaksi Energi ListrikElectric Energy Transaction Metering

  • xxix

    252 CTP-E .................................................................................... 282Evaluasi dan Pengendalian Kinerja TransmisiControl Transmission Performance Evaluation

    4.2.3 PELAKSANA OPERASI (PELAYANAN PEMELIHARAAN) . 283253 EMG ....................................................................................... 283

    Manajemen EnergiEnergy Management

    254 PSA ........................................................................................ 284Analisis Sistem TenagaPower System Analysis

    255 TSP-APP ................................................................................ 285Perencanaan Pemeliharaan Penyaluran dan Gardu IndukTransmition and Substation Maintenance Planning

    256 SSC ........................................................................................ 286Inspeksi Komisioning Gardu IndukSubstation Commissioning

    257 PSC ........................................................................................ 287Inspeksi Komisioning Sistem Proteksi dan KontrolProtection and Control System Commissioning

    258 ETM ........................................................................................ 288Pengukuran Transaksi Energi Listrik-APPElectric Energy Transaction Metering

    259 SME ....................................................................................... 290Evaluasi Sistem PemeliharaanSystem Maintenance Evaluation

    4.2.4 PENGATURAN BEBAN ........................................................ 291260 TSP-APB ................................................................................ 291

    Perencanaan operasi Penyaluran dan Gardu Induk-APBTransmition and Substation Maintenance Planning

    261 ETS ........................................................................................ 292Setelmen Transaksi Energi ListrikElectric Energy Transaction Settlement

    262 SOME ..................................................................................... 293Evaluasi system operation-APBEvaluation Sytem operation

    4.2.5 PELAKSANA TEKNIS ............................................................. 294263 SMP-S .................................................................................... 294

    Perencanaan Pelayanan Pemeliharaan-Penyaluran GIService Maintenance Planning Substation

    264 SEO ........................................................................................ 295Operasi Peralatan Gardu IndukSubstation Equipment Operation

  • xxx

    265 SEM ....................................................................................... 296Pemeliharaan Peralatan Gardu IndukSubstation Equipment Maintenance

    266 CSM ....................................................................................... 297Pemeliharaan Gardu Induk KonvensionalConventional Substation Maintenance

    267 GIS ......................................................................................... 298Pemeliharaan Gardu Induk SF6Gas Insulated Substation Maintenance

    268 PCM ....................................................................................... 299Pemeliharaan Rele Proteksi dan KontrolProtection and Control Maintenance

    269 ETM ........................................................................................ 300Pengukuran Transaksi Energi Listrik-Penyaluran GIElectric Energy Transaction Metering

    270 ETS ........................................................................................ 302Setelmen Transaksi Energi Listrik-Penyaluran GIElectric Energy Transaction Settlement

    271 SOM-E ................................................................................... 304Evaluasi Operasi dan Pemeliharaan Gardu IndukSubstation Operation & Maintenance Evaluation

    4.2.6 PELAKSANA TEKNIS TRANSMISI ...................................... 305272 SMP-T .................................................................................... 305

    Perencanaan Pelayanan Pemeliharaan-Penyaluran TransService Maintenance Planning Transmition Line

    273 HCM ....................................................................................... 306Pemeliharaan Kabel Tanah dan Laut Tegangan TinggiHigh Voltage Power Cable Maintenance

    274 HLM ........................................................................................ 307Pekerjaan Dalam Keadaan BerteganganHigh & Extrahigh Voltage Hotline Maintenance

    275 TLM ........................................................................................ 308Pemeliharaan SUTT/SUTETTransmission Line Maintenance

    276 TOME ..................................................................................... 309Evaluasi Pemeliharaan TransmisiTransmition Line Maintenance evaluation

    4.2.7 PELAKSANA TEKNIS PRODATEL ..................................... 310277 SMPP ..................................................................................... 310

    Perencanaan Pelayanan Pemeliharaan-ProdatelService Maintenance Planning

    278 PCM ........................................................................................311Pemeliharaan Rele Proteksi dan KontroProtection and Control Maintenance

  • xxxi

    279 TLPM ...................................................................................... 312Pemeliharaan Proteksi PenghantarTransmission Line Protection Maintenance

    280 SPM ....................................................................................... 313Pemeliharaan Proteksi Gardu Induk (GI)Substation Protection Maintenance

    281 DSPM ..................................................................................... 314Pemeliharaan Proteksi Sistem DCDC System Protection Maintenance

    282 STM ........................................................................................ 315Pemeliharaan SCADA dan TelekomunikasiSCADA and Telecommunication Maintenance

    283 RSM ....................................................................................... 316Pemeliharaan RTU & SubstationRTU & Substation Maintenance

    284 MSM ....................................................................................... 317Pemeliharaan Master StationMaster Station Maintenance

    285 POM-E ................................................................................... 318Evaluasi Pemeliharaan ProdatelProtection, Scada and Telecomunnicationn Maintenance Evaluation

    4.2.8 OPERASI PELAKSANA TEKNIS ........................................... 319286 OP .......................................................................................... 319

    Perencanaan OperasiOperation Planning

    287 PSD ........................................................................................ 320Operasi Realtime Sistem TenagaPower System Dispatching

    288 SEO ........................................................................................ 321Operasi Peralatan Sistem InterkoneksiEquipment Operation Interconnection System

    289 SIO-E ..................................................................................... 323Evaluasi Operasi Sistem InterkoneksiSystem Interconection Operation evaluation

    4.3 DISTRIBUSI ....................................................................................... 3274.3.1 KORPORAT ........................................................................... 327290 DSP ........................................................................................ 327

    Perencanaan Jangka Panjang Sistem DistribusiDistribution System Planning

    291 ETP ........................................................................................ 328Kebijakan Transaksi Energi ListrikEnergy Transaction Policy

  • xxxii

    292 PPP ........................................................................................ 329Kebijakan Pembelian Listrik IPPPower Purcase Policy

    293 MAP ....................................................................................... 330Kebijakan Manajemen AsetManagement Asset Policy

    294 ETMP ..................................................................................... 331Kebijakan Pengukuran Transaksi Energi ListrikEnergy Transaction Metering Policy

    295 ETS ........................................................................................ 332Setelmen Transaksi Energi ListrikElectric Energy Transaction Settlement

    296 DPE ........................................................................................ 333Evaluasi Kinerja DistribusiDistribution Performance Evaluation

    4.3.2 KANTOR INDUK ................................................................... 334297 DSP ........................................................................................ 334

    Perencanaan Sistem DistribusiDistribution System Planning

    298 DLF ........................................................................................ 335Perkiraan Kebutuhan ListrikDistribution Load Forecasting

    299 DMN ....................................................................................... 336Manajemen DistribusiDistribution Management

    300 DNOP ..................................................................................... 337Perencanaan Operasi Jaringan DistribusiDistribution Network Operation Planning

    301 DSMP ..................................................................................... 338Perencanaan Pemeliharaan Sistem DistribusiDistribution System Maintenance Planning

    302 MPLP ..................................................................................... 339Program penggunaan Alat Pengukur dan PembatasMetering and Power Limiter Programme

    303 DPE - KD ................................................................................ 340Evaluasi Kinerja Distribusi - KDDistribution Performance Evaluation

    304 SCM ....................................................................................... 341Manajemen Supply-ChainSupply Chain Management

    4.3.3 ORGANISASI PELAKSANA (AREA) ................................... 342305 DNO-M ................................................................................... 342

    Perencanaan Operasi dan Pemeliharaan DistribusiDistribution Network Operation and Maintenance Planning

  • xxxiii

    306 DNP ........................................................................................ 343Perencanaan Jaringan DistribusiDistribution Network planning

    307 DSP ........................................................................................ 344Perencanaan Sistem DistribusiDistribution System Planning

    308 DNO ....................................................................................... 345Operasi Jaringan DistribusiDistribution Network Operation

    309 MPLO ..................................................................................... 346Operasi APPMetering and Power Limiter Operation

    310 DSO ....................................................................................... 347Operasi Gardu DistribusiDistribution Substation Operation

    311 MVNO .................................................................................... 348Operasi Jaringan Tegangan MenengahMedium Voltage Network Operation

    312 LVNO ...................................................................................... 349Operasi Jaringan Tegangan RendahLow Voltage Network Operation

    313 DSD-NONSCADA .................................................................. 350Operasi Sistem Distribusi - Non SCADADistribution System Dispatching - Non SCADA

    314 DNM ...................................................................................... 351Pemeliharaan Jaringan DistribusiDistribution Network Maintenance

    315 DSM ....................................................................................... 352Pemeliharaan Gardu DistribusiDistribution Substation Maintenance

    316 DNM -P .................................................................................. 353Pemeliharaan ProteksiDistribution Network Maintenance - Protection

    317 MVNM .................................................................................... 354Pemeliharaan Jaringan Distribusi Tegangan MenengahMedium Voltage Network Maintenance

    318 MVHLM .................................................................................. 355Pemeliharaan Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan - Tegangan MenengahMedium Voltage Hot-Line Maintenance

    319 LVNM ..................................................................................... 356Pemeliharaan Jaringan Tegangan RendahLow Voltage Network Maintenance

  • xxxiv

    320 LVHLM ................................................................................... 357Pemeliharaan Jaringan Distribusi Tegangan Rendah - dengan Metoda PDKBLow Voltage Hot Line Maintenance

    321 DNC ....................................................................................... 358Konstruksi Jaringan DistribusiDistribution Network Construction

    322 DNI ......................................................................................... 359Inspeksi Jaringan DistribusiDistribution Network Inspection

    323 DSO-E .................................................................................... 360Evaluasi Operasi Sistem DistribusiDistribution System Operation evaluation

    324 RDN-C .................................................................................... 361Konstruksi Jaringan DistribusiRecovery Distribution Network Construction

    4.3.4 ORGANISASI PELAKSANA (APD) ...................................... 362325 DNOM SCADA ....................................................................... 362

    Perencanaan Operasi dan Pemeliharaan Distribusi dengan SCADADistribution Network Operation and Maintenance Planning with SCADA

    326 TSM ........................................................................................ 363Pemeliharaan Sistem TelekomunikasiTelecommunication System Maintenance

    327 DDPM ..................................................................................... 364Pemeliharaan DC PowerDistribution DC Power Maintenance

    328 RMSM .................................................................................... 365Pemeliharaan RTU & Master StationRTU & Master Station Maintenance

    329 MVDO (SCADA) ..................................................................... 366Operasi Distribusi Tegangan Menengah - SCADAMedium Voltage Distribution Operation - With SCADA

    330 DSD ........................................................................................ 367Pengaturan Sistem DistribusiDistribution System Dispatching

    332 DNM -DP ................................................................................ 369Pemeliharaan DC PowerDistribution Network Maintenance - DC Power

  • xxxv

    4.3.5 ORGANISASI PELAKSANA (AREA PRIMA) ....................... 370333 CSP ........................................................................................ 370

    Perencanaan Pelayanan PelangganCustomer Service Planning

    334 ABM ....................................................................................... 371Manajemen AktifitasActivity Based Management

    335 ICO ......................................................................................... 372Orientasi pada Industri KomersialIndustrial Commercial Orientation

    336 MRBT ..................................................................................... 373Analisis dan Pemecahan Masalah Pembacaan Meter dan Pembuatan RekeningMeter Reading and Billing Troubleshooting

    337 CEDT ..................................................................................... 374Analisis dan Pemecahan Masalah Pemutusan Sambungan Listrik PelangganCustomer Electricity DisconnectionTroubleshooting

    338 AT-EUC .................................................................................. 375Analisis dan Pemecahan Masalah Pencatatan Penggunaan Energi Listrik PelangganAnalysis & Troubleshooting of Electricity Using by Customer

    339 CTPE ...................................................................................... 376Evaluasi dan Pengendalian Kinerja PenjualanControl Transaction Performance Evaluation

    340 MPL ........................................................................................ 377Alat Pengukur dan PembatasMetering and Power Limiter

    4.4 NIAGA................................................................................................ 3814.4.1 KORPORAT ........................................................................... 381341 BMA ........................................................................................ 381

    Manajemen BrandBrand Management

    342 MPY ....................................................................................... 382Kebijakan PemasaranMarketing Policy

    343 PDV ........................................................................................ 383Pengembangan ProdukProduct Development

    344 TMG ....................................................................................... 384Manajemen TarifTariff Management

  • xxxvi

    345 CTPC ..................................................................................... 385Evaluasi dan Pengendalian Kinerja Penjualan KorporatControl Transaction Performance Evaluation Corporate

    346 ARM ....................................................................................... 386Pengelolaan PiutangAccount Receivable Management

    347 RMGO .................................................................................... 387Pelaksana Pengelolaan PendapatanRevenue Management Operation

    4.4.2 KANTOR INDUK ................................................................... 389348 ABM ....................................................................................... 389

    Manajemen Aktifitas Proses BisnisActivity Based Management

    349 BSD ........................................................................................ 390Pengembangan UsahaBusiness Development

    350 TRS ........................................................................................ 391Analisis TarifTariff Analysis

    351 BCO ....................................................................................... 392Orientasi Bisnis dan KomersialBusiness and Commercial Orientation

    352 CUS ........................................................................................ 393Perencanaan Pelayanan PelangganCustomer Service

    353 AT-EUC .................................................................................. 394Analisa dan Pemecahan Masalah Pencatatan Penggunaan Energi Listrik PelangganAnalysis & Troubleshooting of Electricity Using by Customer

    354 CEDT ..................................................................................... 395Analisa dan Pemecahan Masalah Pemutusan Penggunaan Energi Listrik PelangganCustomer Electricity DisconnectionTroubleshooting

    355 MRBT ..................................................................................... 396Analisan dan Pemecahan Masalah Pembacaan Meter dan Pembuatan RekeningMeter Reading and BillingTroubleshooting

    356 CTPE ...................................................................................... 397Evaluasi dan Pengendalian Kinerja PenjualanControl Transaction Performance Evaluation

    357 ETS ........................................................................................ 398Setelmen Transaksi Energi ListrikElectric Energy Transaction Settlement

  • xxxvii

    358 CSA ........................................................................................ 400Administrasi PelangganCustomer Service Administration

    359 MMA ....................................................................................... 401Manajemen PemasaranMarketing Management

    4.4.3 PELAKSANA OPERASI ........................................................ 402360 CSA ........................................................................................ 402

    Administrasi PelangganCustomer Service Administration

    361 MEUC ..................................................................................... 403Pemantauan Penggunaan Energi Listrik PelangganMonitoring of Electricity Usage by Customer

    362 ACED ..................................................................................... 404Analisa Pemutusan Penggunaan Energi Listrik PelangganCustomer Electricity Disconnection Analysis

    363 MRBV ..................................................................................... 405Verifikasi Pembacaan Meter dan Pembuatan RekeningMeter Reading and Billing Verification

    364 CTP-E .................................................................................... 406Evaluasi dan Pengendalian Kinerja PenjualanControl Transaction Performance Evaluation

    365 NSL ........................................................................................ 407Keterampilan BernegosiasiNegotiation Skill

    366 EUC ........................................................................................ 408Pencatatan Penggunaan Energi Listrik PelangganElectricity Using by Customer

    367 CED ........................................................................................ 409Pemutusan Penggunaan Energi Listrik PelangganCustomer Electricity Disconnection

    368 MRB ....................................................................................... 410Pembacaan Meter dan Pembuatan RekeningMeter Reading and Billing

    4.5 ENJINIRING & KONSTRUKSI .......................................................... 4134.5.1 KANTOR INDUK ................................................................... 413369 CMS ....................................................................................... 413

    Supervisi Manajemen KonstruksiContruction Management Supervision.

    370 EES ........................................................................................ 414Evaluasi Supervisi Konstruksi Pekerjaan Listrik PembangkitEvaluation of Electric Power Construction Supervision

  • xxxviii

    371 ESS ........................................................................................ 415Evaluasi Pekerjaan Supervisi Proyek Gardu induk dan TransmisiEvaluation of Substation & Transmission Supervision

    372 TSDS ...................................................................................... 416Supervisi Spesifikasi dan Gambar TeknikTechnical Spesification and Drawing Supervision

    373 GSP ........................................................................................ 417Pengadaan Barang dan JasaGoods and Services Procurement

    4.5.2 ORGANISASI PELAKSANA ................................................. 418374 SIS ......................................................................................... 418

    Supervisi Pekerjaan Survey & InvestigasiSurvey & Investigation Supervision

    375 EWS ....................................................................................... 419Supervisi Pekerjaan TanahEarth Work Supervision

    376 FRS ........................................................................................ 420Supervisi Konstruksi Pondasi & Dinding Penahan TanahFondation & Retaining Wall Contruction Supervision

    377 CCS ........................................................................................ 421Supervisi Konstruksi BetonConcrete Contruction Supervision

    378 SWS ....................................................................................... 422Supervisi Konstruksi Baja & KayuSteel & Wood Contruction Supervision

    379 SFS ........................................................................................ 423Supervisi Pemasangan Batu & FinishingStone Contruction & Finishing Supervision

    380 CPS ........................................................................................ 424Supervisi Bangunan Pelindung PantaiCoastal Protection Structure Supervision

    381 BWS ....................................................................................... 425Supervisi Pekerjaan Boiler PLTUBoiler Work Supervision

    382 TWS ....................................................................................... 426Supervisi Pekerjaan Turbin & AuxilliariesTurbin & Auxilliaries Work Supervision

    383 BPS ........................................................................................ 427Supervisi Pekerjaan Balance of Plant PLTUBalance of Plant work Supervision

    384 HMS ....................................................................................... 428Supervisi Pengelolaan Material di lapanganHandling, Receiving Materals & Equipment On Site Supervision

  • xxxix

    385 PMS-PLTU ............................................................................. 429Supervisi Pekerjaan Turbin Uap & Auxiliaries Works Supervision pada PLTUPrime Mover & Auxiliaries Works Supervision Coal Fired

    386 PMS-PLTP ............................................................................. 430Supervisi Pekerjaan Turbin Uap & Auxliaries Works Supervision pada PLTPPrime Mover & Auxiliaries Works Supervision

    387 PMS-PLTG ............................................................................. 431Supervisi Pekerjaan Turbin Gas & Auxiliaries Works Supervision pada PLTGPrime Mover & Auxiliaries Works Supervision

    388 PMS-PLTD ............................................................................. 432Supervisi Pekerjaan Mesin Diesel & Auxiliaries Works SupervisionPrime Mover & Auxiliaries Works Supervision

    389 PMS-PLTA .............................................................................. 433Supervisi Pekerjaan Turbine Air dan Auxilliaries Works SupervisionPrime Mover & Auxiliaries Works Supervision

    390 EIS ......................................................................................... 434Supervisi Pekerjaan Pemasangan Peralatan Pekerjaan Listrik PembangkitSubstation Equipment Instalation Supervision

    391 TOES ..................................................................................... 435Supervisi Erection TowerTower Erection Supervision

    392 SSTL ...................................................................................... 436Supervisi Penarikan Transmisi SUTT & SUTETStringing Supervision of Transmission Line

    393 SLM ........................................................................................ 437Supervisi Manajemen LARAP (Land Acquisition Resetlement Action Plan)Supervision of LARAP Management

    394 SEIS ....................................................................................... 438Supervisi Pekerjaan Pemasangan Peralatan GI/GITETSubstation Equipment Instalation Supervision

    395 TRES ...................................................................................... 439Supervisi Pekerjaan Pemasangan TrafoTransformator Erection Supervision

    396 PCIS ....................................................................................... 440Supervisi Pemasangan Rele Proteksi dan Kontrol Protection and Control Instalation Supervision

    397 STIS ....................................................................................... 441Supervisi Pemasangan Peralatan SCADA dan TelekomunikasiSCADA and Telecommunication Instalation Supervision

  • xl

    398 PCSITS .................................................................................. 442Supervisi Pengetesan Individu Sistem Proteksi dan KontrolProtection and Control System Individual Test Supervision

    399 MAE ....................................................................................... 443Enjiniring KelautanMarine Engineering

    400 ESA ........................................................................................ 444Enjiniring Analisis Sistem KelistrikanElecrical System Analysis Engineering

    401 HCE & HYE ( HCY ) ............................................................... 445Enjiniring Hidrolika dan Hidrology.Hydrolics and Hydrology Engineering (HCY)

    402 EENR ..................................................................................... 446Enjiniring Listrik Energi Baru dan Terbarukan (ENR)Electrical Engineering New and Renewable Energy

    403 MENR ..................................................................................... 447Enjiniring Mesin Energi Baru dan Terbarukan (MEN / MER)Mechanical Engineering New and Renewable Energy

    404 GOE ....................................................................................... 448Enjiniring GeoteknikGeotechnical Engineering

    4.6 PENGUJIAN DAN RISET .................................................................. 451405 CAL ........................................................................................ 451

    Peneraan MeterCalibration

    406 HSC ........................................................................................ 452Pengujian Tegangan Tinggi dan Hubung SingkatHigh-Voltage and Short-Circuit Test

    407 RSP ........................................................................................ 453Perencanaan PenelitianResearch Planning

    408 STD ........................................................................................ 454StandardisasiStandardization

    409 TAS ........................................................................................ 455Asesmen TeknologiTechnology Assessment

    410 TCI ......................................................................................... 456Pengujian Kontrol dan InstrumenTesting for Control and Instrument

    411 TCS ........................................................................................ 457Konsultasi TeknikTechnical Consultation

  • xli

    412 TDM ................