bsp blok 4 2009-2010

Download BSP bLOK 4 2009-2010

Post on 17-Jul-2015

214 views

Category:

Documents

2 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

I. PENDAHULUAN1.1 LATAR BELAKANGUntuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan di tingkat primer, seorang dokter dituntut agar mampu menyelesaikan masalah-masalah kesehatan yang dihadapinya secara ilmiah menurut ilmu kedokteran mutakhir. Untuk dapat menyelesaikan masalah kesehatan tersebut, seorang dokter harus memiliki pengetahuan dasar ilmu biomedik. Ilmu Biomedik merupakan landasan ilmiah Ilmu Kedokteran dan Kesehatan. Dalam kurikulum Fakultas Kedokteran Unjani, blok biomedik dasar ini diberikan pada semester 2 dan dibagi dalam 2 tahap, yaitu pada Blok 4 sebagai Blok Biomedik Dasar I dan Blok 6 sebagai Blok Biomedik Dasar II. Blok Biomedik Dasar I mencakup pengetahuan dasar dari cabang-cabang ilmu Biologi Molekuler dan Seluler, Histologi, Anatomi, Biokimia, dan Fisiologi. Materi yang terangkum dalam ilmu-ilmu tersebut dibagi menjadi 4 modul, yaitu berdasarkan struktur, proses biokimia dalam tubuh, koordinasi fungsi sel, dan aplikasinya yang diselesaikan dalam waktu 6 minggu. Materi yang tercakup dalam Anatomi, Histologi, Biokimia, dan Fisiologi yang belum dibahas dalam blok ini, akan dibahas secara terintegrasi dalam blok sistem tubuh pada semestersemester berikutnya. Metode pembelajaran yang digunakan berbentuk kuliah, belajar mandiri, diskusi kelompok, praktikum, tutorial, keterampilan medik, dan seminar . Evaluasi tentang sikap dilakukan dengan observasi dengan check list (daftar tilik) yang dilakukan selama pembelajaran praktikum, diskusi kelompok, keterampilan medik, dan tutorial. Sedang evaluasi ranah kognitif melalui ujian tertulis dalam bentuk MCQ, dan ujian praktikum dengan OSPE. Evaluasi ranah psikomotorik dengan ujian keterampilan medik dalam bentuk OSCE. Kedua jenis evaluasi dilakukan pada akhir blok.

1| BSP

Blok

4

1.2 Garis Besar MateriMateri Blok Biomedik Dasar I dikelompokkan dalam 4 modul, yaitu Struktur, Proses, Koordinasi Fungsi Sel, dan Aplikasi Biomedik Dasar. 1.2.1 Modul Struktur : Mencakup pokok bahasan anatomi permukaan tubuh manusia, sistem pembagian tubuh manusia. susunan saraf pusat, membran sel, organel sel, mekanisme sintesis protein, komunikasi antarsel, siklus pembelahan sel, struktur dan fungsi jaringan dasar, pola-pola hereditas, dampak mutasi pada substansi genetik, berbagai jenis pola pewarisan penyakit herediter. 1.2.2 Modul Proses : Mencakup pokok bahasan dasar filosofi modul proses, komposisi kimia dalam tubuh, enzim dan koenzim, reaksi kimia dalam tubuh, vitamin dan mineral, radikal bebas dan antioksidan, bioenergetika, mekanisme kontrol pada penginformasian genetika, dan sintesis protein. 1.2.3 Modul Koordinasi Fungsi Sel : Mencakup pokok bahasan sel dan lingkungan, transpor membran, regulasi komunikasi antar sel, regulasi komunikasi melalui saraf, transpor pada membran epitel mukosa usus, transpor melalui sel epitel tubuli ginjal, transpor melalui dinding berbagai macam kapiler, dan kontraksi otot secara molekuler. 1.2.4 Modul Aplikasi Biomedik Dasar : Mencakup materi terminologi anatomi, sirkulasi, pengaruh suhu terhadap reaksi kimia, mekanisme pengaturan hormon pada mirosirkulasi untuk memahami aplikasi Biomedik Dasar dalam Keterampilan Medik Pronsip Penggunaan Mikroskop, Pemeriksaan antropometri, Teknik Dasar Anamnesis, Pemeriksaan Tanda Vital dan Dasar-dasar Pemeriksaan Fisik. Lama Pembelajaran Blok Biomedik Dasar I dilaksanakan pada awal semester 2 dan diselesaikan dalam waktu 6 minggu.

2| BSP

Blok

4

II. TUJUAN PEMBELAJARA N2.1 TUJUAN BLOKSetelah menyelesaikan Blok Biomedik Dasar I, mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan konsep dasar manusia sebagai makhluk biologis yang disusun oleh struktur mulai tingkat molekuler, seluler, jaringan, dan organ, dengan didukung oleh proses biofisika dan biokimia untuk mencapai hubungan antarsel yang harmonis, integratif, dan koordinatif dalam mempertahankan homeostasis sebagai landasan dalam pemecahan masalah kesehatan yang mutakhir. 2. Menerapkan keterampilan klinik yang terkait dengan biomedik dasar secara baik dan benar.

2.2 TUJUAN MODULPada akhir Blok Biomedik Dasar I, mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan dasar pembagian rongga tubuh, anatomi susunan saraf pusat, dan sirkulasi. 2. Menjelaskan dasar struktur tubuh dalam berbagai tingkat organisasi yang dikaitkan dengan fungsinya dan prinsip-prinsip hereditas berdasarkan struktur substansi genetik untuk diterapkan dalam menganalisis mekanisme pewarisan penyakitpenyakit herediter. 3. Menjelaskan dasar proses biokimia dalam tubuh manusia sebagai landasan proses pada fungsi normal dan kondisi sakit. dalam suatu organ sebagai landasan dasar untuk mempelajari patogenesis suatu penyakit. 4. Menjelaskan dasar komunikasi antarsel yang harmonis, integratif, dan koordinatif untuk mempertahankan homeostasis dan sebagai landasan, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan. 5. Melakukan keterampilan medik anamnesis, pemeriksaan tanda vital, pemeriksaan antropometri, pemeriksaan fisik, dan pemakaian mikroskop.

3| BSP

Blok

4

2.3 PENJABARAN AREA KOMPETENSIKompetensi yang harus dicapai dalam Blok Biomedik Dasar I ini termasuk dalam Area Kompetensi berikut : 1. Komunikasi efektif (Area 1) 2. Keterampilan klinis (Area 2) 3. Landasan ilmiah ilmu kedokteran (Area 3) 4. Pengelolaan informasi (Area 5) 5. Mawas diri dan pengembangan diri (Area 6) 6. Moral, medikolegal, dan profesionalisme (Area 7) Area 1. Komunikasi efektif : Berkomunikasi dengan probandus, sejawat, fasilitator dan instruktur Berkomunikasi dengan sejawat. Area 2. Keterampilan Klinis : Melakukan prosedur keterampilan medik dengan benar. Area 3. Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran : Menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip ilmu Biologi Molekuler dan Seluler, Histologi, Anatomi, Biokimia, dan Fisiologi dengan pelayanan kesehatan tingkat primer. Area 5. Pengelolaan informasi: Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara profesional dalam mendapatkan referensi pembelajaran Membuat rekam medis terhadap probandus secara benar. Area 6. Mawas diri dan pengembangan diri: Menyesuaikan diri dengan tekanan yang dialami selama pendidikan dan praktik kedokteran Menyadari peran hubungan interpersonal dalam lingkungan profesi dan pribadi Mendengarkan secara akurat dan bereaksi sewajarnya atas kritik yang membangun dari probandus, sejawat, dan instruktur

4| BSP

Blok

4

Area 7. Moral, medikolegal dan profesionalisme pasien: Memiliki sikap profesional terhadap penanganan pada probandus Berperilaku profesional dalam bekerjasama Mendengarkan secara akurat dan bereaksi sewajarnya atas kritik yang membangun dari probandus, sejawat, dan instruktur 2.4 TINGKAT PENCAPAIAN Tingkat pencapaian kompetensi pada Blok Biomedik Dasar I berpedoman pada piramida Miller, berturut-turut: 1. Memahami pengetahuan dasar tentang (M1): Struktur tubuh dalam berbagai tingkat organisasi yang dikaitkan dengan fungsinya dan prinsip-prinsip hereditas berdasarkan struktur substansi genetik untuk diterapkan dalam analisis mekanisme pewarisan penyakit-penyakit herediter Susunan saraf pusat Proses biokimia dalam tubuh manusia sebagai landasan proses pada fungsi normal dalam suatu organ sebagai landasan dasar untuk mempelajari patogenesis suatu penyakit Komunikasi antar sel yang harmonis, integratif, dan koordinatif untuk mempertahankan homeostatis dan sebagai landasan ilmu Biomedik, ilmu Kedokteran dan Kesehatan serta Keterampilan Medik. 2. Melihat atau menunjukkan dalam mempelajari (M2): Dasar-dasar pembagian rongga tubuh dan struktur pembentuknya, meliputi cavum thoraxis dan cavum abdominalis Dasar-dasar proses hemolisis, difusi dan osmosis Biokimia enzim, serta faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas enzim Transpor membran.

3. Aplikasi (M3A dan M3B): Melakukan pemeriksaan dengan menggunakan mikroskop Melakukan pemeriksaan mikroskopis untuk melihat jaringan epitel, jaringan pengikat, jaringan kartilago dan tulang, jaringan otot, dan jaringan saraf. 4. Rutin (M4):

5| BSP

Blok

4

Menggunakan mikroskop Melakukan anamnesis dasar Melakukan pemeriksaan tanda vital Melakukan pemeriksaan antropometri Melakukan pemeriksaan fisik dasar

Catatan: Tingkat kompetensi untuk keterampilan (Millers Pyramid) 1: only theory with respect to the skill, the doctor must at 2: seen or have had demonstrated the doctor at least has the theoretical knowledge regarding the skill and has had demonstrated the performance of the skill in question or has seen it. 3: apply/perform the doctor must at least have the theoretical knowledge regarding the skill, besides he has performed the skill in question under supervision, at least several times 4 : routine the doctor must have the theoretical knowledge regarding the skill and has experience in using and performing the skill least have the theoretical knowledge (principle, (contra) indication, burden, performance, complication).

6| BSP

Blok

4

III. KARAKTERISTIK MAHASISWAMahasiswa yang mengikuti Blok Biomedik Dasar I adalah mahasiswa yang telah mengikuti blok Keterampilan Belajar, Komunikasi, serta Bioetik dan Humaniora.

7| BSP

Blok

4

IV. MATERIMATERI BERDASARKAN POKOK BAHASANMODUL NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 POKOK BAHASAN Anatomi Permukaan Tubuh Terminologi Anatomi Pembagian Rongga Tubuh Susunan Saraf Pusat Morfologi Sel Struktur Membran Kandungan Sitoplasma Morfologi Inti sel Pemanfaatan Produksi substansi genetik Komunikasi antar sel Siklus Pembelahan Sel Penyimpangan pola siklus Jaringan Epitel Jaringan Pengikat Jaringan otot Pola Umum Pewarisan Pola Pewarisan Populasi Pola Pewarisan Penyakit Herediter Kecacatan Non Herediter Dasar Filosofi Modul Proses Komposisi Kimiawi Sel Biokatalisator dalam metabolisme Protein Darah Transformasi Bioenergi Reaksi kimia dalam tubuh Vitamin, air, dan mineral Mekanisme kontrol pada informasi