bahan ajaran ms. excell 2007

28
Oleh: Fahruddin, S.Pd.

Upload: aryaticr

Post on 09-Apr-2016

234 views

Category:

Documents


6 download

DESCRIPTION

tik

TRANSCRIPT

Page 1: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

Oleh:Fahruddin, S.Pd.

SMAN MODEL TERPADU MADANI PALUPROVINSI SULAWESI TENGAH2012/2013

Page 2: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

PENDAHULUAN

Petunjuk Penggunaan bahan Ajar Ms. Excel 2007

Untuk peserta didik.

1. Pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan sistem Self Based Learning atau sistem pembelajaran mandiri. Diharapkan seluruh peserta didik dapat belajar secara aktif dengan mengumpulkan berbagai sumber selain modul ini, misalnya melalui majalah, media elektronik maupun melalui internet.

2. Guru atau instruktur berperan sebagai fasilitator dan pengarah dalam semua materi di modul dan LKS ini, sehingga diharapkan dapat terjadi komunikasi timbal balik yang efektif dalam mempercepat proses penguasaan kompetensi peserta didik.

2Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 3: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

BAB IMENJALANKAN MICROSOFT EXCEL 2007

Standar kompetensi:- Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilakan informasi

Kompetensi dasar- Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka

Microsoft Excel adalah program aplikasi lembar kerja (worksheet) atau program aplikasi pengolah angka (spreadsheet). Microsoft Excel biasa digunakan untuk membuat laporan-laporan, menulis rumus-rumus, membuat laporan dalam bentuk grafik/chart dan masih banyak lagi kemampuan yang ditemukan di Excel. 1.1 Memulai Microsoft Excel 2007

Klik start > all program>Microsoft office > Microsoft office excel 2007

Komponen-komponen Microsoft Excel 2007

Adapun komponen-komponen atau elemen-elemen excel adalah sebagai berikut :

3Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 4: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

REGIONAL SETTING

Regional seting digunakan untuk menyeting komputer yang akan kita gunakan supaya menghindari kesalahan atau ketidak cocokan maksud tanda koma, titik dan lainnya pada Ms excel. Kerena semua negara menggunakan cara yang berbeda-beda untuk menulis angka, mata uang, tanggal dan waktu. Indonesia menggunakan tanda koma (,) untuk angka pecahan dan menggunakan titik (.) untuk ribuan. Tetapi Inggris atau Amerika menggunakan tanda koma (,) untuk angka ribuan dan menggunakan titik untuk (.) pecahan. Secara default/bawaan setingan Excel menggunakan setingan AMERIKA SERIKAT. Untuk menyeting regional setting pada komputer kita jika menggunakan SO windows XP sebagai berikutKlik star > setting > control panel> regional dan language option makan akan muncul tamlan sebagai berikut:

Penggunaan Fungsi Menu dan Icon Microsoft Excel 2007Tab dan menu home

Pada bagian ini anda mengatur tampilan secara umum pada lembar kerja. Terdapat 7 bagian group menu di dalamnya :

Menu- menu yang terdapat dalam MS excel 2007 diantaranya :A. GROUP ALIGMENT

Grup ini digunakan untuk mengatur perataan teks yang ada pada sel.

4Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 5: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

B. GROUP EDIITNG

Digunakan untuk menyeleksi data pada tabel.

C. CHART/grafik

Group chart digunakan unutk memilih,mengubah dan mengatur grafikD. FUNCTION LIBRARY

Grup function library berisi berbagai kelompok fungsi yang ada pada excel. Setiap fungsi di kelompokan ke dalam satu kelompok dengan fungsi yang sama.

E. SORT AND FILTERS

Group ini digunakan untuk menyeleksi data( menyaring data) dan mengurutkan data sesuai kebutuhan atau kriteria yang di tetapkan.

JENIS-JENIS BENTUK POINTER.

5Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 6: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

BAB 2MEMFORMAT SEL dan DATA MS.EXCEL 2007

Standar kompetensi :- Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilakan informasi

Kompetensi dasar- Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram

Untuk mengatur tampilan data terutama yang ada pada pada lembar kerja, biasanya menggunakan format. Menformat data adalah operasi yang dilakukan untuk membuat data yang ditampilkan menjadi lebih indah, menarik dan teratur. Untuk memformat data yang dilakukan dari menu bar adalah dengan mengeklik Home kemudian pilih Format kemudian Format Cell, maka akan mucul kotak dialog sebagai berikut :

Number ; untuk memformat desimal, tanggal, jam, persen, teks, memberi keterangan dllAlignment : Untuk meratakan teks pada posisi sel atau range secara vertikal atau horizontalFont : untuk menformat teks, jenis huruf, tebal, ukuran dllBorder : untuk memberikan bingkai pada sel atau range atau tabel yang dibuatPattern/Fill : untuk memberikan arsiran atau warna pada sel atau range atau tabelProtection : untuk melindungi data dengan kriteria dan berhubungan dengan tools, protection.

Latihan:Buatlah data laporan persis seperti di bawah ini simpan dengan nama laporan penjualan elektronik :

6Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

BARANG ELEKTRONIK

Page 7: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

Operasi Cell dan Range

Sel adalah perpotongan baris dan kolom dalam lembar kerja Ms. Excel 2007.Dalam satu sheet terdiri dari baris dan kolom. Jumlah baris dalam satu sheet adalah : 1.048.576 baris dan jumlah kolomnya adalah IV (16.384) kolom.Contoh sel : A1; B5; C5 dll.Range adalah : kumpulan beberapa cell yang ditandai (diblok).Contoh range : A1:A5; B5:C10 dll.

Operasi sel dan range meliputi operasi menyisipkan, menghapus sel, range, kolom dan baris.

Tak jarang sebuah lembar kerja selesai dibuat, kita masih perlu menyisipkan data yang terlewat atau menghapus data yang tidak perlu.

PENYISIPAN Untuk melakukan penyisipan, langkah-langkah adalah sebagi berikut :Pada Microsoft excel 2007 ke TAB home kemudian ke group cell.

Metode penyisipan yang di pakai:o Shift cells right. Digunakan untuk memindahkan data yang di sorot ke kanan dan menyisipkan sel

kosong di tempat tersebuto Shift cells down, digunakan untuk memindahkan data yang di sorot ke bawah dan menyisipkan sel

kosong di tempat tersebut.o Entire row, untuk menyisipkan satu baris kosong di atas sel yang disorot.o Entire column, digunakan untuk menyisipkan satu kolom kosong di sebelah kiri sel yang di sorot.

PENGHAPUSAN

7Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 8: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

Metode penghapusan yang di pakai:o Shift cells left, digunakan untuk menghapus seluruh isi sel atau range yang di sorot dan

menggantinya dengan data pada baris yang sama yang ada di sebelah kanannya.o Shift cells up, untuk menghapus seluruh isi sel atau range yang di sorot dan menggantinya dengan

data pada kolom yang sama yang ada di bawahnya.o Entire row, untuk menghapus seluruh baris pada sel atau range yang di sorot.o Entire column, untuk menghapus seluruh kolom pada sel atau range yg di sorot.

Menyisipkan range, kolom, baris atau sel :1. Blok area yang ingin di sisipkan2. Dari menu insert pilih row (untuk menambahkan baris) atau colums (untuk menambah kolom)

Menghapus range, kolom, baris atau sel :1. Blok area yang ingin di sisipkan2. Dari menu edit pilih delete.3. Pilih model penghapusan kemudian klik OK.

Latihan:

1. Buka file baru dan ketiklah tabel sebagai berikut, kemudian simpan

2. sisipkan satu kolom kosong setelah kolom word, ketikan powerpoint pada kepala kolomnya.3. Salinlah tabel tersebut sebanyak tiga kali di bawahnya pada kolom yang sama, beri judul mading-

masing TABEL1, TABEL2, DAN TABEL3.4. Hilangkan kolom windows untuk semua tabel, atur kembali formatnya.5. Untuk TABEL2 saja :

1. Tambahkan satu kolom setelah kolom powerpoint, ketikkan JUMLAH pada kepala kolom, atur kembali formatnya.

2. Sisipkan satu baris kosong setelah WULAN SARI3. Sisipkan tiga baris kosong setelah INDAH YUNI

6. Hapus TABEL3

8Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 9: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

BAB 3

RUMUS DAN FUNGSI

Standar kompetensi :- Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilakan informasi

Kompetensi dasar- Mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk

menghasilkan informasi

Rumus dan fungsi merupakan kemampuan khusus microsoft excel. Rumus dalam excel bisa berupa rumus perhitungan yang sangat mudah sampai dengan yang sulit. Dalam perhitungan matematis memperhatikan prioritas dari rumus matematika.

Dalam penulisan rumus harus diawali dengan tanda “ = ”.

Operator ArimatikaDalam program excel, operator matematis yang sering digunakan untuk membuat formula adalah sebagai berikut ;

Operator Contoh Arti+ (plus sign)- (minus)* (asterik)/ (fordward slas)^ ( caret)= ( equal)

Addition (3+3)Subtraction (3-1)Multiplication(3*3)Division (3/3)Exponentitation(3^2)Formula

PenambahanPenguranganPerkalianPembagianPerpangkatanAwal rumus

Urutan prioritas dalam penulisan operator aritmatika yang di kerjakan dahulu oleh komputer/excel sebagai berikut:

1. ( ) Tanda kurung2. ^ (pangkat)3. * dan / ( kali dan bagi)4. + dan – ( tambah dan kurang)

Biasanya dalam perhitungan dengan menggunakan rumus, akan terkait juga dengan operator arimatika yaitu penjumlahan (+), pengurangan (-), pembagian (/), perkalian (*).

LATIHAN 1 Buatlah Tabel seperti berikut:

9Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 10: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

Langkah-langkah:1. Letakkan pointer pada cell E52. Ketikan rumus =C5+D5 dan tekan enter3. Kembalikan pointer ke cell E5 dan sorot pada bagian kanan bawah cell4. Sampai pointer kurson berubah menjadi tanda plus (+) tebal.5. Drag mouse sampai cell E10 maka rumus akan terkopi kebawah.Lakukan hal yang sama pada rumus berikutnya.

Fungsi StatistikFungsi Ini berkaitan dengan pengolahan data statistik. Fungsi ini terdiri dari beberapa fungsi, antara lain: average, count, countif, max, min dll.

Adapun rumus-rumus statistik adalah sebagai berikut :Sintaks rumus statistik:Fungsi sum(range) : untuk mencari total NILAIFungsi AVERAGE(range) : untuk mencari nilai rata-rata data dalam suatu range.Fungsi MAX(range) : untuk mencari nilai tertinggi dalam suatu range.Fungsi MIN(range) : untuk mencari nilai terendah data dalam suatu range.Fungsi COUNT(range) : untuk menghitung jumlah atau banyaknya data angka/numerik dalam suatu range.Fungsi COUNTIF(range;”criteria”) : untuk menghitung jumlah atau banyaknya data dengan kreteria

tertentu dalam suatu range.Fungsi COUNTA(range) : untuk menghitung jumlah atau banyaknya data baik data Numerik (Angka) /

Data String (Text) dalam suatu range.Fungsi COUNTBLANK(range): untuk menghitung jumlah atau banyaknya data kosong dalam suatu range.

Contoh:

Rumus :

Jumlah Gaji = SUM(c6:c10)

Gaji Rata-Rata =AVERAGE(C6:C10)

Gaji Tertinggi =MAX(C6:C10)

Gaji Terendah =MIN(C6:C10)

10Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 11: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

Jumlah Karyawan =COUNTA(C6:C10)

Untuk menjadikan kolom Gaji Pokok terdapat simbol Rupiah (Rp.), harus memilih Format Cell (Ctrl+1), dengan cara:

- Pada tab menu pilih Number- Kemudian pilih Accounting- Pada Symbol pilih/cari Rp Indonesian

Contoh fungsi Statistik (Countif)

Jumlah laki-laki =Countif(C4:C9;”L”)Jumlah Perempuan =Countif(C4:C9;”P”)

11Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 12: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

LATIHAN 2

Perintah:1. Buatlah tabel di atas!2. Isikan cell-cell yang kosong dengan ketentuan

Jumlah harga = harga barang * jumlah beli Diskon = 5% * jumlah harga Harga Bayar = Jumlah Harga – diskon

3. Untuk Jumlah Total, Rata-rata, Harga bayar tertinggi dan harga bayar terendah gunakan fungsi statistiknya msing-masing.

4. Formatlah tabel diatas seindah mungkin!

Fungsi logika

Fungsi logika adalah fungsi yang berguna untuk melakukan operasi logika. Menggunakan fungsi ini, kita

dapat melakukan penilaian apakah suatu peryataan itu benar (true) atau salah (false).

Operator logika

Operator Arti Contoh

= Sama dengan = SUM(Range)

> Lebih besar dari =

< Kurang dari =

>= Lebih besar sama dengan =

<= Kurang dari sama dengan =

<> Tidak sama dengan = 12

Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 13: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

Fungsi logika IF

Fungsi if memberikan nilai benar, jika pernyataan logika adalah benar ( true) dan memberikan nilai jika salah, jika pernyataan logika adalah salah( false), bentuk fungsi IF adalah sebagai berikut:

SINTAKS FUNGSI IFSintaks logika IF terbagi atas dua yaitu logika IF tunggal dan logika IF bercabang.

=IF( LOGIKA TES;” NILAI BENAR”;”NILAI SALAH”)Artinya, yaitu sebagai berikut:

a. Logika tes adalah ekspresi logika yang akan di uji.b. Nilai benar atau jawaban true artinya jawaban ini akan di ambil jika logika tesnya

benar/terpenuhic. Nilai salah atau jawaban false artinya jawaban ini akan di ambil jika logika tes nya

salah/tidak terpenuhi.

Contoh: Fx =IF(A5>=70;”LULUS”;”TIDAK LULUS”)jika sel A5 memiliki nilai lebih besar sama dengan 70 maka hasil proses LULUS, jika tidak maka hasil proses TIDAK LULUS

LATIHAN 3

13Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 14: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

KETERANGAN1. Isilah Kolom Jumlah Dengan Menggunakan Fungsi SUM2. Isilah Kolom Rata-rata Menggunakan penjumlahan hasil kali dengan persentase setiap nilai3. Isilah Kolom Predikat dan Keterangan dengan fungsi logika IF dengan ketentuan:

NILAI RATA-RATA PREDIKAT

80 - 100 A70 - 79 B60 - 69 C50 - 59 D

≤ 49 E

UNTUK KOLOM KETERANGAN

Jika Rata-rata >= 75 adalah TUNTASJika Rata-rata <= 74 adalah BELUM TUNTAS 

14Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 15: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

Latihan 4

Buat dan lengkapi tabel Daftar Penjualan di bawah ini.

Ketentuan:

1. Harga telor per butir adalah Rp. 1.250,-

2. HARGA adalah banyak telor dikalikan dengan harga telor per butir.

3. POTONGAN mengikuti ketentuan berikut (Gunakan Fungsi logika IF):

- Pembelian telor mencapai/melebihi 250 butir mendapat potongan harga 10% dikali HARGA,

- Pembelian telor mencapai/melebihi 100 butir mendapat potongan harga 5% dikali HARGA, dan

- Pembelian telor di bawah 100 butir tidak mendapat potongan (0%).

4. HARGA BAYAR adalah HARGA dikurangi POTONGAN.

5. BONUS mengikuti ketentuan berikut (Gunakan Fungsi logika IF):

- Pembelian telor mencapai/di atas 500 butir mendapat bonus 1 PIRING ANTIK,

- Pembelian telor mencapai/di atas 300 butir mendapat bonus 1 GELAS CANTIK,

- Pembelian telor mencapai/di atas 100 butir mendapatkan CD UPIN & IPIN,

- Pembelian telor kurang dari 100 butir TIDAK ADA BONUS.

6. Untuk total penjualan telor, Rata-rata, harga tertinggi, harga terendah, dan jumlah pembeli gunakan

Autocalculate/Fungsi Statistiknya masing-masing dari HARGA BAYAR.

15Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 16: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

Fungsi And, Or Dan Not

Bentuk lain dari fungsi logika yaitu fungsi AND, OR, dan NOT.

Kita dapat menggabungkan dua atau lebih pernyataan logika menggunakan fungsi AND, OR. Dan NOT

Bentuk kedua tersebut adalah sebagai berikut :

=if(and(pernyataan logika 1;pernyataan logika2);...)

= if(or(pernyataan logika 1;pernyataan logika2);...)

= if(not(pernyataan logika 1;pernyataan logika2);...)

1. Fungsi AND akan memberikan nilai benar ( TRUE), jika semua pernyataan logika yang di gabung

adalah benar(TRUE)

2. Fungsi OR akan memberikan nilai benar(TRUE), Jika setidaknya salah satu pernyataan logika yang

digabung adalah benar(TRUE).

3. Fungsi NOT akan memberikan nilai benar(TRUE) jika diberikan pernyataan salah, dan memberikan

nilai salah jika di berikan pernyataan benar.

Penggunaan Fungsi AND, OR, dan NOT digabung/dikembangkan dengan fungsi IF dengan bentuk seperti

berikut:

= IF (OR(Tes Logika1;Tes Logika2);Nilai jika benar;Nilai jika salah)

Studi kasus:

Sebuah perusahaan akan merekrut tenaga satuan pengaman ( satpam ) dengan ketentuan : pengalaman kerja

minimal empat tahun dan usia maksimal 35 tahun. Perusahaan melakukan seleksi administrasi dengan

kriteria tersebut, pelamar yang memenuhi syarat akan mengikuti syarat selanjutnya , sedangkan yang tidak

memenuhi syarat dinyatakan gugur. Kasus tersebut dapat diterjemahkan ke dalam fungsi IF seperti berikut

ini :

= IF(AND(Kerja>=4;Usia<=35);Wawancara;Gugur)

Fungsi tambahan adalah AND karena kedua tes logika merupakan kriteria yang harus terpenuhi, perhatikan

penerapan fungsi tersebut dalam baris rumus worksheet.

16Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 17: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

Latihan 5

Fungsi Logika ”AND”

Fungsi Logika ”OR”

Fungsi Logika ”NOT”

17Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 18: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

REFERENSI RELATIVE DAN ABSOLUTEReferensi Relative/berubah-ubah yaitu jika kita akan mengcopy dari sebuah sel ke sel lain, maka sel akan berubah

sesuai dengan tempatnya.

Contoh :

pada gambar di atas rumus untuk mengalikan bilangan dari sel b2 di kali c2 adalah b2*c2, kemudian kita tarik rumus

ke bawah sampai sel d4 maka kalau kita lihat makan rumus nya di sel d4, akan berubah menjadi b4*c4 nah itu yang

dinamakan relative atau sesuai dengan tempatnya.

Referensi Absolut:

Absolut/dikunci yaitu jika kita ingin membuat pengcopian sebuah sel, sel tersebut Tidak mengalami perubahan.

Untuk membuat sel menjadi absolute di perlukan tanda $ pada sel yang akan kita absolutkan atau menekan tombol f4.

Contoh:

pada gambar di atas sel yang kita absolut kan adalah pada sel c2 dengan diberi $ di depan C dan di depan 2

atau supaya cepat klik sel c2 kemudian tekan F4. nah setelah sel c2 absolut/terkunci maka sel c2 tidak

mengalami perubahan bila kita tarik ke bawah/pengcopian rumus.

18Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 19: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

FUNGSI TEKS

Fungsi teks digunakan untuk mengambil sebagian karakter data teks, mengubah bentuk data teks,

menghitung jumlah karakter data teks.

1. Fungsi left ( ) dan right ( )

fungsi left digunakan untuk mengambil sebagian karakter data teks dari arah kiri dan fungsi right

untuk mengambil data teks dari arah kanan.

Contoh fungsi right()

= Left(teks;jumlah karakter)

= right(teks;jumlah karakter)

2. Fungsi mid()

FUNGSI mid untuk mengambil sebagian teks dari tengah.

=mid(teks;posisi mulai mengambil;jumlah karakter)

3. FUNGSI VALUE()

Fungsi value untuk mengambil teks yang mengandung nilai/angka saja, ingat !!!! untuk mengambil

nilai/angka harus menggunakan fungsi value.

19Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM

Page 20: Bahan Ajaran Ms. Excell 2007

Latihan : Rekapitulasi Honor

Lengkapi tabel pengolahan nilai di bawah ini.

Ketentuan:

1. Kode Materi mempunyai susunan sebagai berikut:

abc1234; abc = Mata Pelajaran, 1 = Materi, 234 = Jumlah Shift.

2. Kolom Materi diisi berdasarkan Tabel Honor.

=

3. Kolom Mata Pelajaran diisi berdasarkan Tabel Pelajaran.

=

4. Kolom Jumlah Shiff diambil 3 digit belakang dari Kode Materi.

=

5. Kolom Honor per Materi diisi berdasarkan Tabel Honor.

=

6. Bonus hanya diperuntukkan bagi asisten dengan jumlah Shiff>10, yaitu sebesar: (Jumlah Shiff –

10)*100.

Gunakan logika IF

=

7. Terima Honor = Jumlah Shiff dikalikan Honor per Materi, dan ditambah Bonus.

=

20Microsoft excel 2007 untuk kalangan SMAN MTM