bahan ajar komponen ekosistem (part 2)

Download Bahan ajar   komponen ekosistem (part 2)

Post on 19-Jul-2015

397 views

Category:

Education

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

KOMPONEN EKOSISTEM (Part 2)

KOMPONEN EKOSISTEM (Part 2)1 MEI 2014Jaring jaring makananMerupakan gabungan dari berbagai rantai makanan yang salinbg berhubungan dan kompleks. Di dalam suatu ekosistem, sebuah rantai makanan saling berkaitan dengan rantai makanan lainnya. Semakin kompleks jaring-jaring makanan yang terbentuk, semakin tinggi tingkat kestabilan suatu ekosistem.

Piramida ekologia. Piramida jumlahDapat dikatakan bahwa pada kebanyakan komunitas normal, jumlah tumbuhan selalu lebih banyak daripada organisme herbivora. Demikian pula jumlah herbivora selalu lebih banyak daripada jumlah karnivora tingkat 1. Kamivora tingkat 1 juga selalu lebih banyak daripada karnivora tingkat 2. Piramida jumlah ini di dasarkan atas jumlah organisme di tiap tingkat trofik.

b. Piramida biomassaSeringkali piramida jumlah yang sederhana kurang membantu dalam memperagakan aliran energi dalam ekosistem. Penggambaran yang lebih realistik dapat disajikan dengan piramida biomassa. Biomassa adalah ukuran berat materi hidup di waktu tertentu. Untuk mengukur biomassa di tiap tingkat trofik maka rata-rata berat organisme di tiap tingkat harus diukur kemudian barulah jumlah organisme di tiap tingkat diperkirakan.

Piramida biomassa berfungsi menggambarkan perpaduan massa seluruh organisme di habitat tertentu, dan diukur dalam gram. Untuk menghindari kerusakan habitat maka biasanya hanya diambil sedikit sampel dan diukur, kemudian total seluruh biomassa dihitung. Dengan pengukuran seperti ini akan didapat informasi yang lebih akurat tentang apa yang terjadi pada ekosistem.

Piramida biomassa

c. Piramida energiSeringkali piramida biomassa tidak selalu memberi informasi yang kita butuhkan tentang ekosistem tertentu. Lain dengan Piramida energi yang dibuat berdasarkan observasi yang dilakukan dalam waktu yang lama. Piramida energi mampu memberikan gambaran paling akurat tentang aliran energi dalam ekosistem.

Pada piramida energi terjadi penurunan sejumlah energi berturut-turut yang tersedia di tiap tingkat trofikPiramida energi

Berkurang-nya energi yang terjadi di setiap trofik terjadi karena hal-hal berikut. Hanya sejumlah makanan tertentu yang ditangkap dan dimakan oleh tingkat trofik selanjutnya. Beberapa makanan yang dimakan tidak bisa dicemakan dan dikeluarkan sebagai sampah. Hanya sebagian makanan yang dicerna menjadi bagian dari tubuh organisms, sedangkan sisanya digunakan sebagai sumber energi.produktivitasAdalah hasil aktivitas metabolisme organisme berupa pertumbuhan, penambahan, dan penimbunan biomassa dalam periode waktu tertentu. Produktivitas dibedakan menjadi 2 yaitu :Produktivitas primerProduktivitas sekunderProduktivitas primer: kecepatan pengubahan energi radiasi matahari melalui aktivitas fotosintesis dan kemosintesis oleh produsen menjadi energi kimia dalam bentuk bahan organik.Produktivitas sekunder: kecepatan penyimpanan energi oleh organisme tingkat konsumen (heterotrof).11Daur biogeokimiaAdalah peredaran unsur-unsur kimia dari lingkungan melalui komponen biotik dan kembali lagi ke lingkungan.Daur biogeokimia dapat dikelompokkan dalam tiga tipe, yaitu daur gas (daur karbon & daur nitrogen), daur cair (daur air), dan daur padat (daur fosfor & daur belerang).Fungsi Daur Biogeokimia adalah sebagai siklus materi yang mengembalikan semua unsur-unsur kimia yang sudah terpakai oleh semua yang ada di bumi baik komponen biotik maupun komponen abiotik, sehingga kelangsungan hidup di bumi dapat terjaga.

12Daur karbon

Daur nitrogen

Daur air

Daur fosfor

Daur belerang (sulfur)

Dinamika komunitasKomunitas beserta lingkungannya bersifat dinamis, artinya saling berinteraksi sehingga menghasilkan perubahan-perubahan, perubahan ini dapat terjadi secara siklis dan nonsiklis.

siklis: terjadi pada periode tertentu, tetapi mudah kembali ke keadaan yang hampir sama dengan keadaan sebelumnya. EX. Perubahan selama musim kemarau dan musim penghujan. Pada musim penghujan, jumlah serangga dan katak lebih banyak daripada saat musim kemarau.Nonsiklis: perubahan komunitas yang terjadi secara drastis dengan kondisi komunitas cenderung berubah secara permanen. EX. Berkaitan dengan sejarah, misx evolusi, migrasi, dan punahnya beberapa spesies tertentu.18suksesiAdalah proses perubahan dalam komunitas (ekosistem) yang berlangsung secara lambat dan teratur dalam waktu yang lama, menuju ke satu arah, dan menyebabkan pergantian suatu komunitas (ekosistem) oleh komunitas (ekosistem) yang lain. Berdasarkan tipe, suksesi dibedakan menjadi dua macam, yaitu suksesi primer & suksesi sekunder.Suksesi primer suksesi yang terjadi pada lahan atau wilayah yang mula-mula tidak bervegetasi atau lahan yang pernah bervegetasi, tetapi mengalami gangguan berat hingga komunitas asal hilang secara total atau tidak ada lagi kehidupan.Suksesi primer

Suksesi sekunder suksesi yang terjadi pada lahan atau wilayah yang pada awalnya telah bervegetasi sempurna, kemudian mengalami kerusakan, tetapi tidak sampai menghilangkan komunitas asal secara total.Suksesi sekunder

Skema urutan vegetasi pada suksesi primerVegetasi klimaksVegetasi perdu dan pohonVegetasi semak belukarVegetasi rumput dan semak kecilVegetasi Cryptogamae (jamur, ganggang, lumut, tumbuhan paku)Permukaan tanah terbukaVegetasi perintis (Cyanobacteria, lichen)

Recommended

View more >