bahan ajar cyber crime adhi guna sekarang 2011

Upload: jvlie-zweety

Post on 19-Jul-2015

72 views

Category:

Documents


5 download

TRANSCRIPT

PENGANTAR TENTANG SEPUTAR CYBER CRIME

PENJELASAN TENTANG CYBERCRIME SERTA RUANG LINGKUPNYA

?

Kriminalitas di Internet

Perkembangan Internet dan umumnya dunia cyber tidak selamanya menghasilkan hal-hal yang postif. Salah satu hal negatif yang merupakan efek dari perkembangan internet antara lain adalah kejahatan di dunia cyber .

CYBERCRIME

Kriminalitas dunia maya (cybercrime) atau kriminalitas di internet adalah tindakan pidana kriminal yang dilakukan pada teknologi internet (cyberspace), baik yang menyerang fasilitas umum di dalam cyberspace ataupun kepemilikan pribadi.Cybercrime perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan menggunakan internet yang berbasis kecanggihan teknologi komputer dan telekomunikasi.

CC. Cont.kejahatan komputer yang ditujukan kepada sistem atau jaringan komputer, yang mencakup segala bentuk baru kejahatan yang menggunakan bantuan sarana media elektronik internet. Cyber Crime merupakan suatu tindak kejahatan didunia alam maya, yang dianggap bertentangan atau melawan undang-undang yang berlaku.

Motif intelektual

Kejahatan yang dilakukan hanya untuk kepuasan pribadi dan menunjukkan bahwa dirinya telah mampu untuk merekayasa dan mengimplementasikan bidang teknologi informasi. Motif ekonomi, politik, dan kriminal

Kejahatan yang dilakukan untuk keuntungan pribadi atau golongan tertentu yang berdampak pada kerugian secara ekonomi dan politik pada pihak lain.

Ruang lingkup cybercrime

Meliputi:

1. Karakteristik cybercime

2. Sebab-sebab terjadinya cybercrime 4. Jenis-jenis cyber crime 3. Modus cybercrime

KARAKTERISTIK CYBER CRIME

MODUS KEJAHATANRuang lingkup kejahatan

SIFAT KEJAHATAN

JENIS KERUGIAN YG DI TIMBULKAN

PELAKU KEJAHATAN

Ruang lingkup kejahatan Bersifat global Cybercrime seringkali dilakukan secara transnasional, melintasi batas negara sehingga sulit dipastikan yuridikasi hukum negara yang berlaku terhadap pelaku. Karakteristik internet di mana orang dapat berlalu-lalang tanpa identitas (anonymous) memungkinkan terjadinya berbagai aktivitas jahat yang tak tersentuh hukum.

Sifat kejahatan Bersifat non-violence Tidak menimbulkan kekacauan yang mudah terlihat.

Modus kejahatanKeunikan kejahatan ini adalah penggunaan teknologi informasi dalam modus operandi, sehingga sulit dimengerti oleh orang-orang yang tidak menguasai pengetahuan tentang komputer, teknik pemrograman dan seluk beluk dunia cyber.

KARAKTERISTI CCPelaku kejahatan . Jenis kerugian yang ditimbulkan Dapat bersifat material maupun non-material Waktu, nilai, jasa, uang, barang, harga diri, martabat bahkan kerahasiaan informasi.

Bersifat lebih universal

Kejahatan dilakukan oleh orang-orang yang menguasai penggunaan internet beserta aplikasinya.

Segi teknis,

Segi sosioekonomi,

Teknologi internet menghilangkan batas wilayah negara yang menjadikan dunia ini menjadi begitu dekat dan sempit. Saling terhubungnya antara jaringan yang satu dengan jaringan yang lain memudahkan pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Kemudian, tidak meratanya penyebaran teknologi menjadikan yang satu lebih kuat daripada yang lain.

adanya cybercrime merupakan produk ekonomi. Isu global yang kemudian dihubungkan dengan kejahatan tersebut adalah keamanan jaringan (security network). Keamanan jaringan merupakan isu global yang muncul bersamaan dengan internet. Sebagai komoditi ekonomi, banyak negara yang tentunya sangat membutuhkan perangkat keamanan jaringan.

MODUS - MODUS CYBERCRIME

1. Pencurian ;

2. Memasuki, memodifikasi, atau merusak ;

3. Penyerangan situs atau e-mail

4. Pengambilalihan suatu web-site

1. Jenis aktivitas2. Motif kegiatan 3. Sasaran Kejahatan

Jenis Cybercrime Berdasarkan Jenis Aktivitas1. Unauthorized Access 2. Illegal contents 3. Penyebaran virus secara sengaja 4. Data Forgery 5. Cyber-Espionage, Sabotage and Extortion 6. Cyberstalking