apple 2012

5
Kelompok IV – MM43 Akhir Pekan Alfian Rizki P (041414353001) Karnova A Bastari (041414353023) Ratna Ayu Widuri K D (041414353033) Abdul Roziq (041414353039) Pengantar Kasus Apple. Inc Case ini menggambarkan tentang bagaimana Seorang Steve Jobs, CEO Apple Inc merubah Perusahaan teknologi yang mengalami kebangkrutan menjadi perusahaan yang memiliki profit terbesar di dunia, dan bersaing secara kompetitif dengan pesaing lainnya melalui formulasi strategi-strateginya dan implementasinya. Jenis Produk yang dihasilkan dari Apple Inc ini antara lain: computer, MP3 players, phones, dan tablet. Sejarah Apple Inc. Perusahaan ini dimulai sebagai "Apple Computer," terkenal karena komputer yang Macintosh personal (PC) di tahun 1980-an dan 1990-an. Meskipun merek yang kuat, pertumbuhan yang cepat, dan keuntungan yang tinggi di akhir 1980-an, Apple hampir bangkrut pada tahun 1996. Steve Jobs, CEO Apple Inc merubah Perusahaan teknologi yang mengalami kebangkrutan menjadi perusahaan yang memiliki profit terbesar di dunia. Apple Inc. adalah developer besar, produsen dan marketer perangkat komputer personal yang dijual terutama untuk dunia bisnis, kreatif, pendidikan, pemerintah, dan konsumen pasar. Apple juga menjual sistem operasi, utilitas, bahasa, developer tools, dan software database. Apple memiliki visi yaitu “apple di setiap meja” dan misi yaitu “apple memicu revolusi komputer pribadi pada tahun 1970an dengan Apple II dan menciptakan kembali komputer pribadi pada tahun 1980 dengan Macintosh. Apple berkomitmen untuk membawa pengalaman komputasi personal terbaik kepada siswa, pendidik, profesional kreatif dan konsumen di seluruh dunia melalui inovasi software, hardware, dan persembahan internet”.Apple Computer (sekarang dikenal sebagai Apple, Inc.) adalah kekuatan utama dalam revolusi Personal Computer (PC) yang berlangsung di tahun 1970-an dan’80s. Dan bahkan revolusi itu terus menerus berlangsung hingga kini

Upload: rosyidan-putranto

Post on 11-Dec-2015

220 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

sdfag

TRANSCRIPT

Page 1: Apple 2012

Kelompok IV – MM43 Akhir Pekan

Alfian Rizki P (041414353001)

Karnova A Bastari (041414353023)

Ratna Ayu Widuri K D (041414353033)

Abdul Roziq (041414353039)

Pengantar Kasus Apple. Inc Case ini menggambarkan tentang bagaimana Seorang Steve Jobs, CEO Apple Inc merubah Perusahaan teknologi yang mengalami kebangkrutan menjadi perusahaan yang memiliki profit terbesar di dunia, dan bersaing secara kompetitif dengan pesaing lainnya melalui formulasi strategi-strateginya dan implementasinya. Jenis Produk yang dihasilkan dari Apple Inc ini antara lain: computer, MP3 players, phones, dan tablet.

Sejarah Apple Inc.Perusahaan ini dimulai sebagai "Apple Computer," terkenal karena komputer yang

Macintosh personal (PC) di tahun 1980-an dan 1990-an. Meskipun merek yang kuat, pertumbuhan yang cepat, dan keuntungan yang tinggi di akhir 1980-an, Apple hampir bangkrut pada tahun 1996. Steve Jobs, CEO Apple Inc merubah Perusahaan teknologi yang mengalami kebangkrutan menjadi perusahaan yang memiliki profit terbesar di dunia. Apple Inc. adalah developer besar, produsen dan marketer perangkat komputer personal yang dijual terutama untuk dunia bisnis, kreatif, pendidikan, pemerintah, dan konsumen pasar. Apple juga menjual sistem operasi, utilitas, bahasa, developer tools, dan software database. Apple memiliki visi yaitu “apple di setiap meja” dan misi yaitu “apple memicu revolusi komputer pribadi pada tahun 1970an dengan Apple II dan menciptakan kembali komputer pribadi pada tahun 1980 dengan Macintosh. Apple berkomitmen untuk membawa pengalaman komputasi personal terbaik kepada siswa, pendidik, profesional kreatif dan konsumen di seluruh dunia melalui inovasi software, hardware, dan persembahan internet”.Apple Computer (sekarang dikenal sebagai Apple, Inc.) adalah kekuatan utama dalam revolusi Personal Computer (PC) yang berlangsung di tahun 1970-an dan’80s. Dan bahkan revolusi itu terus menerus berlangsung hingga kini berkat inovasi yang terus-menerus dilakukan oleh pihak pengembang Apple. Namun ternyata dibalik kesuksesan Apple sekarang, Apple juga pernah mengalami kebangkrutan, atau hal hal lain sepanjang karir gemilang Apple Inc.

Peninggalan Steve JobsApple berevolusi dari industry PC menjadi perusahaan peralatan teknologi mobile

canggih yang sangat sukses. Dalam memimpin Apple, Steve Jobs tidak sendirian, adapaun orang-orang yang membantunya mengantarkan kesuksesan Apple. Steve Wozniak, penemu computer apple, Tim Cook & Jonathan Ives, desainer produk-produk apple : iMac, MacBook Air, iPod, iPod Touch, iPhone, dan iPad. Ada pula Ron Johnson, aktor dibalik strategi retail store. Steve Jobs sendiri dikenal sebagai legenda di Apple bahkan bisa dibilang maestro teknologi yang paling inovatif abad ini.

Page 2: Apple 2012

Eksternal Environment1. Ekonomi

Apple mengalami untung pada setiap kuartal tahun 1998 dan 1999. Dimana harga saham apple pada saat itu mencapai 70 dollar.

Seiring dengan munculnya iTunes (toko ritel online) tahun 2003, kurang lebih 100 juta lagu telah terjual dan iTunes menguasai 70% pangasa pasar diantara seluruh jasa pengunduh lagu online yang legal.

Berhubung adanya resesi pada tahun 2008, menyebabkan penurunan yang dramatis terhadap pendapatan perusahaan pada tahun 2008-2009.

2. LifeStyle Dari sisi brand awareness, Apple memiliki konsep “Style at Premium”, dimana apple

berani mamatok harga yang lebih tinggi dibanding kompetitor. Harga yang tinggi tersebut di imbangi dengan competetive advantage operating sistem mereka yang menggunakan OSX, karena kekuatan OSX lebih stabil dan lebih membuat para konsumen nyaman.

3. Teknologi Apple selalu memberikan inovasi terbaru terhadap software-software yang akan

dikeluarkannya. Seperti iLife, yang memungkinkan komputer apple mengerjakan hal-hal kreatif seperti melakukan aransemen music dengan software garageband, iTunes yang merupakan toko ritel online dari apple, serta Microsoft Office versi Macintosh.

Analisa SWOT kasus Apple Inc :

Strength

a. Unggul penguasaan teknologi & tehnik produksi

b. Mampu menciptakan brand loyalty yang luar biasa

c. Market share yang besar untuk industry music melalui iTunes

d. Layanan jasa pelanggan yang kompeten

Weaknesses

a. Beberapa komponen hardware produknya bergantung pada pemain industri digital lainnya

b. Melemahnya kekuatan design Apple setelah Steve Jobs tiada

c. Pasar Apple yang lebih kuat di US, Eropa, Japan baru disusul negara lainnya

Opportunity

a. Peluang pasar TV digital dengan Apple TV yang didukung dengan studio film Pixar

b. Pangsa pasar pengguna iMac atau MacBook yang dapat diperluas (menyasar segment pengguna umum)

c. iTunes yang dapat diperluas untuk pemasaran konten digital lain seperti e-book

Threats

Page 3: Apple 2012

a. Ancaman dari kompetitor digital lain seperti Google dengan Nexus & Android

b. Paten-paten digital yang mulai dikuasai oleh pesaing global (Samsung, Google) atau lokal

c. Kompetisi dari Windows yang juga sudah mulai merambah teknologi 64 bit

Kesimpulan

Berdasarkan Analisis diatas dapat ditarik beberapa kesimpulan:

1. Steve Jobs memegang peranan sangat penting bagi Perusahaan Apple dan sampai hari ini belum dapat tergantikan oleh siapapun.

2. Diferensiasi Produk adalah strategi yang harus diterapkan oleh Apple, karena sejak awal Apple berusaha untuk membedakan dirinya dengan kompetitornya (Tag Apple pada tahun 1997 hingga 2001 yang berbunyi Think Different), Contoh:

• Apple menemukan dan mewujudkan konsep pertama PDA dengan mengenalkan Newton (1993)

• Mengenalkan komputer yang mudah digunakan yaitu iMac mulai dari tahun 1998

• Mengeluarkan sistem operasi paling stabil sejak tahun 1999 dan terus diperbaharui setelahnya.

• Apple melengkapi matriks produknya dengan mengeluarkan iBook (yang saat ini di brand ulang dengan nama MacBook)

3. Apple perlu melakukan Pengembangan Produk di tingkatkan untuk menjaga ekspektasi pasar terhadap produk Apple dan Brand Campain perlu tetap di lakukan untuk menjaga brand Apple yang sudah terbangun kuat

4. Apple melakukan vertical integration pada beberapa bidang bisnisnya, Contoh:

• Apple berhasil menghadirkan Microsoft Office for Mac untuk komputer mereka dan memungkinkan Microsoft Windows dijalankan dalam mesin mereka (namun tidak sebaliknya)

• iTunes memiliki supply content musik yang dijual berasal dari produsen lain (yang juga merupakan kompetitornya).