angkatan 35 program reguler 2 universitas …kk.mercubuana.ac.id/file/pkk35ganjil.pdf · semester...

24
PROGRAM REGULER 2 UNIVERSITAS MERCU BUANA PROGRAM SARJANA (S1) PROGRAM PASCASARJANA (S2) PROGRAM DOKTOR (S3) INFORMASI ANGKATAN 35 TERAKREDITASI - A 021-5857722, 021-5840816 Ext : 2651 0813 1867 6655 INFO JAM kk.mercubuana.ac.id Supported by:

Upload: trankien

Post on 06-Apr-2019

231 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

PROGRAM REGULER 2UNIVERSITAS MERCU BUANA

PROGRAMSARJANA (S1) PROGRAM

PASCASARJANA(S2) PROGRAMDOKTOR (S3)

INFORMASI

ANGKATAN 35TERAKREDITASI - A

021-5857722,021-5840816Ext : 2651

0813 1867 6655INFO

JAM kk.mercubuana.ac.id

Supported by:

Magister Manajemen Manajemen SDM Manajemen Pemasaran Manajemen Keuangan Manajemen Produksi & Operasi

Magister Teknik Sipil

Magister Teknik Mesin

Manajemen KonstruksiStruktur

Rekayasa Produk Mekanik (Design)Material Maju (Advanced Material)

Magister Ilmu Komunikasi Coorporate and Marketing Communication Political Communication Media Industry and Business

PROGRAMPASCASARJANA

Magister Teknik IndustriRekayasa Produktivitas dan KualitasSistem Rantai Pasok

Magister Teknik Elektro Manajemen TelekomunikasiKeamanan Jaringan ICTTeknologi dan Gelombang Mikro

Magister Akuntansi

Akuntansi Keuangan PerpajakanAuditing Akuntansi Manajemen

Ergonomi

PROGRAM DOKTORManajemen Sumber DayaManajemen PemasaranManajemen Keuangan

(Akreditasi - A)

(Akreditasi - B)

(Akreditasi - B)

(Akreditasi - B)

(Akreditasi - B)

(Akreditasi - B)

(Akreditasi - A)

UNIVERSITAS MERCU BUANAPROGRAM STUDI

Fakultas Desain dan Seni KreatifDesain Interior Desain Produk (Desain Grafis & Multimedia)(Akreditasi Desain Komunikasi Visual (Akreditasi - B)

(Akreditasi - A)

(Akreditasi - A)(Akreditasi - A)

(Akreditasi - A)(Akreditasi - A)

(Akreditasi - A)

(Akreditasi - A)

(Akreditasi - B)

(Akreditasi - B)

(Akreditasi - B)(Akreditasi - B)(Akreditasi - B)(Akreditasi - B)

Fakultas TeknikTeknik Sipil Teknik Arsitektur Teknik Mesin Teknik ElektroTeknik Industri

Fakultas Ekonomi dan BisnisManajemen Akuntansi

Fakultas Ilmu KomunikasiBroadcasting Public Relations Marketing Communication & Advertising

Fakultas PsikologiPsikologi

Fakultas Ilmu KomputerTeknik InformatikaSistem Informasi

PROGRAM SARJANA

(Akreditasi - B)

- A)

Disediakan Bus Kampus Antar Jemput MahasiswaUntuk memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada mahasiswa menuju kampus maka Universitas Mercu Buana menyediakan Bus kampus untuk antar Jemput mahasiswa dari wilayah Tangerang, Lebak Bulus, dan Bekasi

Beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi

Bagi mahasiswa yang berpestasi di bidang akademik dan ekstrakurikuler di sediakan Beasiswa seperti: Beasiswa Supersemar, Beasiswa Bantuan Dana Skripsi di Bidang Lingkungan, Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBBM), Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA), Beasiswa dari Yayasan Menara Bhakti

KKNI dengan Staff ProfesionalUniversitas Mercu Buana telah menyelenggarakan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dengan staff pengajar yang profesional dibidangnya dengan jenjang pendidikan S2 dan S3 lulusan dari dalam dan luar negeri

Kampus yang Nyaman dengan Fasilitas ModernKampus berada di lokasi strategis yang mudah dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau umum, serta memiliki lingkungan yang asri/nyaman terbukri meraih juara 3 Jakarta Green Office 2009. Suasana kelas dibuat sangat nyaman dengan ruang full AC dan dilengkapi dengan peralatan penunjang pengajaran seperti LCD, proyektor (OHP), komputer dengan jaringan internet dan pengeras suara di setiap kelas.

Untuk kegiatan olahraga tersedia lapangan sepak bola, basket, volly, panjat tebing, dll. Tersedia juga bank, mini market, warnet, wartel, copy center dan kantin di dalam lingkungan kampus. Bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota, tersedia banyak pemondokan khusus mahasiswa, dengan biaya yang sangat terjangkau.

Bekerjasama dengan Lembaga-lembagaBertaraf Nasional dan InternasionalUniversitas Mercu Buana melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri. Kerjasama di dalam negeri yaitu dengan Fakultas Psikologi Unversitas Indonesia yang memungkinkan mahasiswa UMB mendapatkan materi kuliah, dan fasilitas akademik lain seperti dosen, bimbingan skripsi,dan perpustakaan fakultas Psikologi UI.

Kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri berupa program pertukaran mahasiswa, dosen, studi lanjut S2 atau S3, telah dilakukan antara lain Guangxi University of Technology, Beijing Institute of Technology, Bohai University China, UNISEL Malaysia, Universiti Sains Malaysia (USM), Deakin University Australia, Budapest Business School Hungary, Universitatea Spiru Haret Rumanaia, dan Nagasa-ki University Japan.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) satu-satunya Badan Akreditasi yang diakui oleh Pemerintah RI dan telah memberikan Akreditasi (penilaian) SANGAT BAIK (Nilai A) untuk Program Pascasarjana (S2) Magister Manajemen, Magister Akuntansi dan Program Sarjana (S1) Manajemen, Akuntan-si, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Desain Produk dan Fakultas Ilmu Komunikasi

Akreditasi BAIK (Nilai B) untuk beberapa Program Studi lainnya. Akreditasi ini menunjukkan bahwa Proses Pendidikan dan Pengajaran di Universitas Mercu Buana terlaksana dengan baik yang ditunjang oleh Laboratorium, studio, perpustakaan sesuai standar dan Tenaga Pengajar yang profesional dibidangnya.

Standar kualitas proses belajar mengajar dan pelayanan di Universitas Mercu Buana sudah memenuhi Standar Intenasional dengan meraih Sertifikat ISO 9001:2008 sejak tahun 2005

Universitas Mercu Buana mendapatkan Rangking 22 versi 4 ICU edisi Januari 2018 dan Rangking 28 versi Webometrics edisi Januari 2018 sebagai kampus terbaik di Indonesia, sedangkan untuk ASIA Tenggara mendapatkan rangking 120 versi Webomatrics.

Menerapkan Multi Acces Learning (MAL) dengan ITPenggunaan Information Technology (IT) untuk proses belajar mengajar atau Electronic Learning (E-learning) diterapkan melalui Multi Acces Learning (MAL) untuk beberapa matakuliah agar mahasiswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja. Fasilitas yang disediakan oleh MAL adalah: Sistem E-learning, mahasiswa dapat mengakses materi kuliah, berdiskusi, mengumpulkan Tugas dan mengerja-kan quiz melalui internet.

Lulusan dibantu mencari PekerjaanUniversitas Mercu Buana mendirikan UMB Career Center (UMBCC) yang bertugas menyalurkan lulusan ke Dunia Kerja. Untuk menyalurkan lulusan ke dunia kerja UMBCC melakukan kerjasama dengan lebih dari 300 perusahaan melalui beberapa cara: Campus Hiring, website umbcareer.com dan Job Expo di kampus. Disamping menyalurkan lulusan, UMBCC juga melaksanakan pembekalan kepada Mahasiswa Tingkat Akhir dan Lulusan melalui beberapa Seminar dan Pelatihan Karir.

Standar Internasional ISO 9001:2008

Ran king di Indonesiag 22

Diakreditasi oleh BAN-PT

ALASAN MEMILIH MERCU BUANA10

MAHASISWA DAPAT MEMILIH KAMPUSPILIHAN KAMPUS

SEMUA RUANGANMEMILIKI AC

BANK BNI, ATM BNIBANK BUKOPIN, ATM BRI

PERPUSTAKAAN YANGLENGKAP & MODERN

HOTSPOT WIFIDISELURUH GEDUNG

MASJID UMBMANARUL AMAL

POLIKLINIK

KANTIN

FASILITAS

Banyak Mahasiswa Universitas Mercu Buana yang bermukim jauh dari Kampus, seperti di daerah Timur (Cikarang, Bekasi, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat) di Daerah selatan (Depok, Ciputat, Lenteng Agung) serta daerah barat (Tangerang, Cilegon).

Untuk membantu memudahkan mahasiswa dalam Transportasi, maka disediakan 3 Buah Bus Kampus dengan 3 Rute (khusus mahasiswa kampus meruya) yang meliputi daerah-daerah yang tersebut di atas.

Kampus mercu buana meruyaJl. Raya Meruya Selatan, Kebon Jeruk,Jakarta Barat

Kampus mercu buana mentengGedung Univ. Mercu Buana (Tedja Buana)Jl. Menteng Raya No. 29 Jakarta Pusat.

Kampus mercu buana Warung buncitJl. Warung Buncit No. 98,Jakarta Selatan

Kampus mercu buana bekasiJl. Raya Kranggan No. 6 Jatisampurna,Bekasi

Bus Kampus

riumFTFakultas Teknik: Fisika Dasar, Komputer, Sistem Komunikasi, Elektronika Dasar, CNC-CAD/CAM Teknologi Mekanik, Mekanika Tanah, Ilmu Ukur Tanah, Teknologi Beton, Studio Gambar, Ruang Display Karya Mahasiswa.

FEBFakultas Ekonomi dan Bisnis: Lab. Komputer Akuntansi, Lab. Statistik, Lab. Manajemen Investasi, Lab. Operation Research, Pojok Busur Efec Indonesia, Tax Center, merupakan pusat kajian dan pelatihan Pajak (Brevet A, B dan C).

FIKOMFakultas Ilmu Komunikasi: Laboratorium: Audio Visual, Fotografi, Visual Grafis, Komputer Multime-dia, Editing, Public Relations, Media Center.

FDSKFakultas Desain & Seni Kreatif: Ruang Audio Visual, Studio Desain, Studio Gambar, Komputer Multimedia, Ruang Display.

FASILKOMFakultas Ilmu Komputer: Lab. Komputer Multimedia, Lab. Fenomena Dasar, Lab. Proses Produksi, Lab. Analisa Perancangan Kerja, Statistik dan Komputasi Industri.

PSIKOLOGIFakultas Psikologi: Lab. Komputer, Lab Statistik, Lab Psiko Diagnostik, Lab. Jasa Psiko Medika Holistika, Lembaga Psikolagi Terapan (Success Centre)

Khusus bagi Mahasiswa yang berasal dari luar kota dan membutuhkan penginapan sementa-ra, maka disediakan juga 2 penginapan didekat kampus untuk mahasiswa Wanita dan Pria. Untuk sementara ini mahasiswa dibebas-kan Biaya (Gratis)

https://kk.mercubuana.ac.id1. Nilai: Untuk melihat nilai persemester

2. Biaya Kuliah:Untuk melihat tagihan dan cicilan biaya studi yang sudah dibayarkan

3. Download Modul:Untuk mendownload modul- modul kuliah

4. Pengumuman: untuk melihat pengumuman dari jurusan, fakultas dan Universitas

5. Internal Email: Untuk Menghubungi dan dihubungi melalui email.

6. Forum: Untuk forum komunikasi antara Sifitas akademika untuk membahas topik khusus

7. Lowongan: Untuk mendapatkan atau memberi kan informasi lowongan kerja

8. Klan Mini: Untuk mendapatkan atau memberikan informasi bisnis 9. Profil: Untuk melihat profil mahasiswa

E-learning Untuk proses belajar dan mengajar di kelas Karyawan Universitas Mercu Buana maka mulai Semester Genap tahun 2004/2005 mulai diselengkarakan Sistem pengajaran menggunakan Sistem E-learning.

E-learning Kelas Karyawan UMB menggunakan aplikasi opensource moodle. Kata moodle singkatan dari Modular Object-oreinted Dynamic Learning Environment. moodle adalah sebuah Cource Management system (CMS) atau sering disebut dengan Learning Manage-ment System (LMS), atau Virtual Learning Environment (VLE) sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu dosen melaksanakan Perkuliahan online yang berkualitas.

https://elearning.mercubuana.ac.idPenginapan Mahasiswa

PelayananKarir

Penyaluran ke Dunia Kerjauntuk menyalurkan lulusan ke dunia kerja UMBCC melakukan kerja sama dengan lebih dari 300 perusahaan melalui beberapa cara :

Campus Hiring, perusahaan yang membutuhkan Lulusan UMB langsung melakukan seleksi di kampus.Jobsite umbcareer.com, agar perusahaan dapat memasang iklan lowongan kerja dan mencari lulusan UMB yang kreteria yang dibutuhkan.

Job Expo dikampus, secara rutin UMBCC melaksanakan pameran lowongan kerja (job expo) dengan mengundang perusahaan mitra untuk langsung bertemu dan merekrut lulusan umb

Bekerja sama dengan job portal jobindo.com untuk menyalurkan Lulusan UMB.

Mendistribusikan database Resume (CV) kepada perusahaan mitra.

Dalam menghadapi persaingan yang ketat di dunia kerja UMBCC melakukan berbagai seminar dan pelatihan pembinaan karir bagi Lulusan UMB seperti :

Pelatihan bahasa Inggris Bisnis dengan LIA.

Pelatihan Pembuatan Profesional resume (cv) oleh Profesional Resume Consultant Pelatihan Internet Job Hunting.Pelatihan Budaya kerja, motivasi,

soft sklill

Pembinaan karir

Pelantikan dan PengarahanMahasiswa Baru

Kuliah Perdana

Jadwal MatrikulasiProgram Pascasarjana

31 Agustus 2019

10 & 24 Agustus 2019

7 September 2019

1 April - 25 Mei 2019

27 Mei - 13 Juli 2019

15 Juli - 10 Agustus 2019 III

II

I

GELOMBANG JADWAL PENDAFTARAN

Mahasiswa BaruSemester Ganjil

TA 2019 / 2020

ANGKATAN

35ANGKATAN

35

-Untuk Pendaftaran Program Pascasarjana Gelombang 3 : 15 Juli - 3 Agustus 2019

Catatan :Pendaftaran ditutup jika kuota kelas terpenuhi

Pendaftaran dapat dilakukan di semua Kampus Universitas Mercu Buana yaitu:

- Kampus Meruya - Kampus Menteng - Kampus Bekasi Pendaftaran Online di :

https ://kk.mercubuana.ac.id

Pendaftaran dapat dilakukan di kantor anda dengan mengirimkan Nama dan alamat lengkap

VIA SMS Ke No. 0813-85 7777 54 Petugas kami akan datang ke tempat anda.

- Kampus Warung Buncit

TEMPATPENDAFTARAN

Membayar Biaya Pendaftaran : - Program Sarjana (S1) :Rp. 250.000,- - Program Pascasarjana (S2) :Rp. 300.000,- - Program Doktor (S3) : Rp. 500.000

Mengisi Formulir Pendaftaran dan Form Surat Jadwal Pembayaran Angsuran Kredit Biaya Pendidikan

Menyerahkan Berkas PendaftaranUntuk Lulusan SMU/SMK sederajat - Ijazah Asli dan legalisir Ijazah 3 lembar - SKHUN Asli dan legalisir SKHUN 3 lembar

Untuk Lulusan D-3/Politeknik/sederajat dan Sarjana (S1) - Ijazah Asli dan legalisir Ijazah 3 lembar - Transkrip nilai Asli dan legalisir Transkrip Nilai 3 lembar - Terdaftar (status lulus) di FORLAP DIKTI

Untuk Pindahan: - Transkrip nilai Asli dari perguruan tinggi asal dan legalisir Transkrip nilai 3 lembar - Ijazah SMU/K Asli dan legalisir Ijazah 3 lembar - SKHUN Asli dan legalisir SKHUN 3 lembar - Surat keterangan pindah atau surat keterangan pernah kuliah dari Universitas Ybs. - Terdaftar (status mengundurkan diri) di FORLAP DIKTI

Kartu Keluarga (KK) Asli dan Fotocopy KK 1 lembar

KTP Asli dan Fotocopy KTP 1 lembar

Foto Ukuran 3 x 4 = lembar (Wanita 3Dengan latar belakang Biru & Laki-laki dengan latar belakang Merah)

Materai 6000 satu lembar

c

D

E

F

G

01

02

03

A

B

C

D

E

F

G

CARAPENDAFTARAN

A. Tes Potensi Akademik (TPA)

B. Wawancara Akademik (dengan Ketua Program Studi Atau Dekanat)

C. Wawancara Umum Dengan Pimpinan Program Universitas

TESSELEKSI

Waktu pendaftaran setiap hari Senin s/d Sabtu jam 09.00 - 19.00 WIB

WAKTUPENDAFTARAN

Untuk Memudahkan danmenghemat waktu Calon

Mahasiswa Baru dilaksanakandengan Metode One Stop Service,dimana Pendaftaran dan Seleksi

dilaksanakan sekaligus.

ONE STOP SERVICE

Program sarjana S1

Kurikulum dirancang dengan Sistem Kredit Semester. Selain berdasarkan acuan kurikulum inti, juga berdasarkan acuan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta terhadap kebutuhan tenaga kerja.

Metode belajar mengajar dilaksanakan secara profesiaonal mengunakan modul-modul kuliah sedemikian rupa sehingga bagi mahasiswa yang sibuk dengan pekerjaannya tetap dapat belajar dengan baik sesuai schedule dan SAP (Satuan Acara Perkuliahan).

Selain Kuliah tatap muka, juga memanfaatkan berbagai metode efektif melalui tugas perorangan yang terarah, tugas kelompok yang komunikatif, praktek langsung di laboratorium untuk beberapa mata kuliah, yang diakhiri dengan kuliah/pengarahan dalam pengerjaan skripsi/tugas akhir yang terprogram dan terjadwal sedemikian rupa sehingga mahasiswa daoat menyelesaikan studi tepat pada waktunya.

Lulusan mempunyai Gelar sesuai jenjang Pendidikan dan Bidang Ilmu masing-mas-ing dan mempunyai hak menggunakan gelarnya serta untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Fakultas Desain & Seni Kreatif

Desain InteriorAkreditasi BAN-PT: B

Desain Produk ( Desain Grafis &Multimedia) Akreditasi BAN-PT: A

Desain Komunikasi VisualAkreditasi BAN-PT: B

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ilmu Komunikasi

Public Relation Akreditasi BAN-PT: A

Marketing Communication & Advertising Akreditasi BAN-PT: A

Manajemen Akreditasi BAN-PT: A

Akuntansi Akreditasi BAN-PT: A

Fakultas Ilmu Komputer

Teknik Informatika Akreditasi BAN-PT: A

Sistem Informasi Akreditasi BAN-PT: B

Fakultas Psikologi

Psikologi Umum Akreditasi BAN-PT: B

Fakultas Teknik

Teknik Sipil Akreditasi BAN-PT: A

Teknik ArsitekturAkreditasi BAN-PT: B

BroadcastingAkreditasi BAN-PT: A

Teknik MesinAkreditasi BAN-PT B

Teknik ElektroAkreditasi BAN-PT: B

Teknik IndustriAkreditasi BAN-PT: B

FDSKFakultas DesainSeni Kreatif

FIKOMFakultasIlmu Komunikasi

FEBFakultasEkonomi & Bisnis

FTFakultas Teknik

FPSIFakultasPsikologi

FASILKOMFakultasIlmu Komputer

PROGRAM SARJANA S1

Beban studi tergantung kepadaTingkat Pendidikan Terakhir dari Calon

. Lulusan D3/Politeknik/AkademiA dan sederajat:

Masa studi : 3 - 4 semester

Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): minimal 51 sks

Bagi yang dari jurusan berbeda :Beban Studi (jumlah SKS yang

harus ditempuh) Minimal 72 SKSdalam 4 - 5 semester

B. Lulusan SMU/SMK atau yang

Masa studi : 8 semester (4 tahun) Beban Studi: 144 - 146 SKS

mahasiswa, yaitu:

(1,5 - 2 tahun)

sederajat

Beban Studi

Tempat perkuliahan dapat dipilih diantara 3 kampus, yaitu:Kampus MeruyaJl Meruya Selatan Kebun Jeruk Jakarta Barat.Kampus Menteng

Jl. Menteng Raya No.29 (Gedung Teja Buana)Jakarta Pusat.Kampus BekasiJl. Raya Keranggan No 6 Jatisampurna Bekasi

Jl. Warung Buncit No 98 Jakarta SelatanKampus Warung Buncit

Tempat Perkuliahan

Waktu Kuliah dapat dipilih dengan pembagianwaktunya yaitu Senin s/d Jum’at & Sabtu

Pilihan 1

Pilihan 3

Senin - Jum’atJam 19.00 - 21.30 WIB +

Senin-Jum’at (E-learning)&

Sabtu,Jam 07.00 - 14.30 WIB

Pilihan 2

Senin - Jum’at (E-learning)&

Sabtu,Jam 14.30 - 22.00 WIB

(E-learning)

E-Learning adalah proses belajar mengajar melalui Multi Acces Learning (MAL) dimana ahan Ajar, Diskusi, Tugas dan Quis diakses di internet 24 jam

sehari, ditambah kuliah tatap muka 3 kali dan ujian 2 kali di kelas dalam satu semester.

WAKTU KULIAH

Biaya Studi untuk semua Jurusan (Selain jurusan Broadcasting)yaitu :

Uang Pangkal Rp. 18.500.000,- Uang Pangkal ini dapat diangsur sampai 48 kali dalam waktu 48 bulan. Pembayaran Minimal Pertama Rp. 3.500.000, Jika membayar lunas diberikan potongan Rp. 550.000

Uang Kuliah per Semester Rp. 9.360.000,- Uang Kuliah sudah termasuk uang sks untuk 18 sks (Rp. 520.000,-/sks), Ujian dan Pratikum Uang Kuliah dapat diangsur 6 kali dalam satu semester (6 bulan). Jika membayar lunas diberikan potongan Rp. 150.000,-

Biaya awal Rp. 3.500.000,- dan Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 1.880.000,- perbulan, sudah termasuk cicilan Uang Pangkal, cicilan Uang Kuliah Semester, Uang SKS, Uang Ujian, Uang Praktikum/Praktek. Dengan rincian sebagai berikut :

Angkatan Ke 35 Semester Ganjil TA 2019/2020

LULUSAN SMU/SMK , Pindahan

Biaya Studi Untuk Mahasiswa BaruProgram Sarjana (S1)

12

3

45

6

78

9

101112

1314

1516

17

18

19

20

2122

2324

25

26

272829

30

31

33

32

343536

48

37/ 47

Lulusan SMU/SMK, dan Pindahan

9.250.0003.500.0003.500.000 3.500.0003.500.0003.500.000 3.500.000

655.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

280.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

380.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000655.000

655.000

655.000

655.000

655.000 940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000940.000

940.000940.000

940.000940.000940.000

900.000

590.000

9.250.000

1.365.000

1.365.0001.365.000

1.365.000

1.365.000

1.365.0001.365.000

1.365.000

1.365.000

1.365.000

1.350.000

3.000.000

3.000.000

3.000.000

3.000.000

3.000.000

36x48x 24x 17x 12x 6x 2x12

3

45

6

78

9

101112

1314

1516

17

18

19

20

2122

2324

25

26

272829

30

31

33

32

343536

48

37/ 47

9.250.0003.500.0003.500.000 3.500.0003.500.0003.500.000 3.500.000

655.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

320.000

280.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

430.000

380.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000655.000

655.000

655.000

655.000

655.000 940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000940.000

940.000940.000

940.000940.000900.000

590.000

9.250.000

1.365.000

1.365.0001.365.000

1.365.000

1.365.000

1.365.0001.365.000

1.365.000

1.365.000

1.365.000

1.350.000

3.000.000

3.000.000

3.000.000

3.000.000

3.000.000

36x48x 24x 17x 12x 6x 2x

TOTAL Rp. 18.500.000

01 LULUSAN SMU/SMK dan PindahanTABEL ANGSURAN UANG PANGKAL

BIAYA STUDIPROGRAM STUDI S1

Angkatan Ke 35 Semester Ganjil TA 2019/2020

Biaya Studi Untuk Mahasiswa BaruProgram Sarjana (S1)

BIAYA STUDIPROGRAM STUDI S1

LULUSAN D3/Politeknik/Akademi/Sederajat

Biaya Studi untuk semua Jurusan (Selain jurusan Broadcasting)yaitu :

Uang Pangkal Rp. 18.500.000,- Uang Pangkal ini dapat diangsur sampai 24 kali dalam waktu 24 bulan. Pembayaran Minimal Pertama Rp. 3.500.000, Jika membayar lunas diberikan potongan Rp. 550.000

Uang Kuliah Semester Rp. 9.360.000,- Uang Kuliah sudah termasuk uang sks untuk 18 sks (Rp. 520.000,-/sks), Ujian dan Pratikum Uang Kuliah dapat diangsur 6 kali dalam satu semester (6 bulan). Jika membayar lunas diberikan potongan Rp. 150.000,-

Biaya awal Rp. 3.500.000,- dan Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 2.215.000,- perbulan, sudah termasuk cicilan Uang Pangkal, cicilan Uang Kuliah Semester, Uang SKS, Uang Ujian, Uang Praktikum/Praktek dengan rincian sebagai berikut :

02 TABEL ANGSURAN UANG PANGKAL

LULUSAN D3/Politeknik/Akademi/ Sederajat

3.500.0003.500.0001.365.000

1.365.000 3.000.000

3.000.000

3.000.000

3.000.000

3.000.000

1.365.000

1.365.000

1.365.000

1.365.000

1.365.0001.365.000

1.365.000

1.365.000

1.350.000

3.500.000 9.250.000

9.250.000

655.000655.000

655.000

655.000655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

590.000

3.500.000885.000

885.000

885.000

885.000

885.000

885.000

885.000

885.000

885.000885.000

885.000

885.000

885.000

885.000885.000

885.000

840.000

12

3

45

6

7

8

9

1011

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21222324

24xKe- 17x 12x 2x6x

1.560.000

1.560.000

1.560.000

1.560.000

1.560.000

1.560.000

9.360.000

1.300.000

1.300.000

1.300.000

1.300.000

1.300.000

1.300.000

1.040.000

1.040.000

1.040.000

1.040.000

1.040.000

1.040.000

780.000

780.000

780.000

780.000

780.000

780.000

520.000

520.000

520.000

520.000

520.000

520.000

7.800.000 6.240.000 4.680.000 3.120.000

Biaya SKSCicilan

(18 SKS)Ke (15 SKS) (12 SKS) (9 SKS) (6 SKS)

Biaya SKS Biaya SKS Biaya SKS Biaya SKS

1

2

3

4

5

6

7

3.500.0003.500.0001.365.000

1.365.000 3.000.000

3.000.000

3.000.000

3.000.000

3.000.000

1.365.000

1.365.000

1.365.000

1.365.000

1.365.0001.365.000

1.365.000

1.365.000

1.350.000

3.500.000 9.250.000

9.250.000

655.000655.000

655.000

655.000655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

655.000

590.000

3.500.000940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000

940.000940.000

940.000

940.000

940.000

940.000940.000

900.000

12

3

45

6

7

8

9

1011

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21222324

24xKe- 17x 12x 2x6x

TOTAL Rp. 18.500.000

1.560.000

1.560.000

1.560.000

1.560.000

1.560.000

1.560.000

9.360.000

1.300.000

1.300.000

1.300.000

1.300.000

1.300.000

1.300.000

1.040.000

1.040.000

1.040.000

1.040.000

1.040.000

1.040.000

780.000

780.000

780.000

780.000

780.000

780.000

520.000

520.000

520.000

520.000

520.000

520.000

7.800.000 6.240.000 4.680.000 3.120.000

Biaya SKSCicilan

(18 SKS)Ke (15 SKS) (12 SKS) (9 SKS) (6 SKS)

Biaya SKS Biaya SKS Biaya SKS Biaya SKS

1

2

3

4

5

6

7

TABEL ANGSURAN UANG KULIAH SEMESTER TABEL ANGSURAN UANG KULIAH SEMESTER

Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana yang telah berdiri pada tahun 2000 Saat ini memiliki Tujuh Program Studi yaitu :

Magister Manajemen (Akreditasi BAN-PT: A)

Manajemen SDM Manajemen PemasaranManajemen Keuangan Manajemen Operasi & Produksi

Magister Ilmu Komunikasi (Akreditasi BAN-PT: B)

Coorporate and Marketing CommunicationPolitical CommunicationMedia Industry and Business

Magister Teknik Industri (Akreditasi BAN-PT: B)

Rekayasa Produktivitas dan Kualitas Sistem Rantai PasokErgonomi

Magister Teknik Elektro (Akreditasi BAN-PT: B)

Manajemen Telekomunikasi Keamanan Jaringan ICT Teknologi dan Gelombang Mikro

Magister Akuntansi (Akreditasi BAN-PT: A)

Akuntansi Keuangan PerpajakanAuditingAkuntansi Manajemen

Magister Teknik Sipil (Akreditasi BAN-PT: B) Manajemen Konstruksi

Struktur

S2PROGRAM PASCASARJANA

E-Learning adalah proses belajar mengajar melalui Multi Acces Learning (MAL) dimana ahan Ajar, Diskusi, Tugas dan Quis diakses di

internet 24 jam sehari, ditambah kuliah tatap muka 3 kali dan ujian 2 kali di kelas dalam satu

semester.

Tempat Perkuliahan

Waktu Kuliah

Syarat Mahasiswa

PILIHAN 1

Waktu Kuliah adalah Sebagai berikut :

Senin - KamisJam 19:00 s/d 21:30

PILIHAN 2

Senin - Jumat (E- learning)Sabtu Jam 07:00 s/d 12:00

PILIHAN 3

Senin - Jumat (E- learning)Sabtu Jam 12:00 s/d 17:00

PILIHAN 4

Senin - Jumat (E- learning)Sabtu Jam 17:00 s/d 22:00

Seleksi

Beban Studi & Masa Studi

Calon mahasiswa baru diwajibkan menempuh ujian/tes tertulis seleksi masuk yang meliputi TPA (Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris. Sedangkan wawancara dilakukan untuk mengetahui kemampuan akademik meliputi pengetahuan dasar umumbidang manajemen dan perkembangan teknologi (seperti internet, e-commerce dan lain-lain) selain kemam-puan keuangan (financial) dan motivasi calon maha-siswa.

Program Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi danMagister Akuntansi:Lulusan S1 dari segala bidang.

Program Magister Teknik Elektro Teknik Teknik Sipil dan Teknik Mesin Industri

Lulusan S1 dari bidang Teknik

Beban Studi dan Masa Studi

Masa Studi 4 Semester ( 2 tahun )Beban Studi 39 s/d 42 sks yang harus ditempuh

Tempat perkuliahan dapat dipilih diantara 4 kampus yaitu :

Kampus MeruyaJln. Meruya Selatan Kebon Jeruk Jakarta Barat

Kampus MentengJln. Menteng Raya No. 29 (Gedung Teja Buana)Jakarta PusatKampus BekasiJln. Raya Kranggan No. 6 Jatisampurna, Bekasi

Kampus Warung BuncitJl Warung Buncit No 98 Jakarta Selatan

BIAYA STUDI PROGRAMPASCASARJANA S2

Angkatan Ke 35 Semester Ganjil TA 2019/2020

Biaya Studi Untuk Mahasiswa BaruProgram Studi Pascasarjana (S2)

Biaya Studi Magister Manajemen

Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 2.170.000perbulan, sudah termasuk semuanya (cicilan uang pangkal dan cicilan SPP) dengan rincian sebagai berikut :

Uang pangkal Rp. 17.500.000,-Uang Pangkal ini dapat diangsur sampai 24 kali dalamwaktu 2 tahun.Pembayaran Minimal Pertama Rp. 6.000.000,Jika membayar lunas diberikan potongan Rp. 600.000

SPP per semester Rp. 10.000.000,-SPP per semester sudah termasuk Uang sks, Ujian danPratikum.SPP ini dapat diangsur sampai 6 kali dalam satu semester (6 bulan). Jika membayar lunas diberikan potongan Rp. 200.000,-

Pembayaran Pertama adalah Cicilan Pertama Uang Pangkal= Rp. 6.000.000,-. Sisanya dijadwalkan sendiri sesuai kemapuanmasing-masing mahasiswa

Angsuran Uang SPP Per Semester

Angsuran SPPBulan ke-

Jumlah

1.670.0001.670.000

1.670.000

1.670.000

1.670.0001.650.000

10.000.000

12

34

56

Magister Manajemen6.000.000 6.000.000 6.000.000 8.750.000

5.750.000

5.750.000

8.750.000

500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000

1.050.0001.000.000

500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000

500.000500.000500.000

500.000

24x 12x 3x 2x

1

ke-

23

45

6

7

89

1011

1213

14

1516

17

1819

20

21

22

23

24

6.000.000 6.000.000 6.000.000 8.750.000

5.750.000

5.750.000

8.750.000

500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000500.000 1.050.000

1.050.0001.000.000

500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000

500.000500.000500.000

500.000

24x 12x 3x 2x

1

ke-

23

45

6

7

89

1011

1213

14

1516

17

1819

20

21

22

23

24 TOTAL Rp. 17.500.000

TABEL ANGSURAN UANG PANGKAL01 Program StudiPascasarjana (S2)

Tabel Angsuran Uang KuliahSPP Per Semester

BIAYA STUDI PROGRAMPASCASARJANA S2

Angkatan Ke 35 Semester Ganjil TA 2019/2020

Biaya Studi Untuk Mahasiswa BaruProgram Studi Pascasarjana (S2)

Angsuran Uang SPP Per Semester

Bulan ke-

Jumlah

12

34

56

Angsuran SPP

1.500.0001.500.000

1.500.000

1.500.000

1.500.0001.500.0009.000.000

Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 2.000.000 perbulan, sudah termasuk semuanya (cicilan uang pangkal dan cicilan SPP)dengan rincian sebagai berikut :

Uang pangkal Rp. 16.500.000,-Uang Pangkal ini dapat diangsur sampai 24 kali dalam waktu 2 tahun.Pembayaran Minimal Pertama Rp. 5.000.000,Jika membayar lunas diberikan potongan Rp. 600.000

SPP per Semester Rp. 9.000.000,- SPP persemester sudah termasuk Uang sks, Ujian dan Pratikum SPP ini dapat diangsur sampai 6 kali dalam satu semester (6 bulan). Jika membayar lunas diberikan potongan Rp. 200.000,-

Biaya Studi Magister Teknik Industri,Magister Teknik Elektro, Magister Akuntansi,

Magister Ilmu Komunikasi.

Pembayaran Pertama adalah Cicilan Pertama Uang Pangkal = Rp. 5.000.000,-. Sisanya dijadwalkan sendiri sesuai kemapuanmasing-masing mahasiswa

Tabel Angsuran Uang KuliahSPP Per Semester

MTI, MTE, MAKSI, M.ILKOM 6.000.000 6.000.000 6.000.000 8.750.000

5.750.000

5.750.000

8.750.000

500.000 1.050.000

500.000 1.050.000500.000 1.050.000

500.000 1.050.000500.000 1.050.000

500.000 1.050.000500.000 1.050.000

500.000 1.050.000500.000 1.050.000

1.050.0001.000.000

500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000

500.000500.000500.000

500.000

24x 12x 3x 2x

1

ke-

23

45

6

7

89

1011

1213

14

1516

17

1819

20

21

22

23

24

5.000.000 5.000.000 5.500.000 8.250.000

5.500.000

5.500.000

8.250.000

500.000 1.050.000

500.000 1.050.000500.000 1.050.000

500.000 1.050.000500.000 1.050.000

500.000 1.050.000500.000 1.050.000

500.000 1.050.000500.000 1.050.000

1.050.0001.000.000

500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000500.000

500.000500.000500.000

500.000

24x 12x 3x 2x

1

ke-

23

45

6

7

89

1011

1213

14

1516

17

1819

20

21

22

23

24 TOTAL Rp. 16.500.000

TABEL ANGSURAN UANG PANGKAL02 Program StudiPascasarjana (S2)

BIAYA STUDI PROGRAMPASCASARJANA S2

Angkatan Ke 35 Semester Ganjil TA 2019/2020

Biaya Studi Untuk Mahasiswa BaruProgram Studi Pascasarjana (S2)

Angsuran Uang SPP Per Semester

Bulan ke-

Jumlah

12

34

56

Angsuran SPP

1.420.0001.420.000

1.420.000

1.420.000

1.420.0001.400.0008.500.000

Biaya studi bisa dibayarkan bulanan sebesar Rp. 1.880.000 perbulan, sudah termasuk semuanya (cicilan uang pangkal dan cicilan SPP)dengan rincian sebagai berikut :

Uang pangkal Rp. 15.500.000,-Uang Pangkal ini dapat diangsur sampai 24 kali dalam waktu 2 tahun.Pembayaran Minimal Pertama Rp. 5.000.000,Jika membayar lunas diberikan potongan Rp. 600.000

SPP per Semester Rp. 8.500.000,- SPP persemester sudah termasuk Uang sks, Ujian dan Pratikum SPP ini dapat diangsur sampai 6 kali dalam satu semester (6 bulan). Jika membayar lunas diberikan potongan Rp. 200.000,-

Pembayaran Pertama adalah Cicilan Pertama Uang Pangkal = Rp. 5.000.000,-. Sisanya dijadwalkan sendiri sesuai kemapuanmasing-masing mahasiswa

Tabel Angsuran Uang KuliahSPP Per Semester

Biaya Studi Magister Teknik Sipil,Magister Teknik Mesin

MTS, MTM 5.000.000 5.000.000 5.170.000 7.750.000

5.170.000

5.170.000

7.750.000

460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000

955.000955.000

460.000460.000

460.000460.000

460.000460.000

460.000460.000

460.000460.000

460.000460.000460.000380.000

24x 12x 3x 2x

1

ke-

23

45

6

7

89

1011

1213

14

1516

17

1819

20

21

22

23

24

5.000.000 5.000.000 5.170.000 7.750.000

5.170.000

5.160.000

7.750.000

460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000460.000 955.000

955.000950.000

460.000460.000

460.000460.000

460.000460.000

460.000460.000

460.000460.000

460.000460.000460.000380.000

24x 12x 3x 2x

1

ke-

23

45

6

7

89

1011

1213

14

1516

17

1819

20

21

22

23

24 TOTAL Rp. 15.500.000

TABEL ANGSURAN UANG PANGKAL03 Program StudiPascasarjana (S2)

KurikulumProgram Pascasarjana (S2)

Strategic Management (F)Strategic Human Resources Management (F)

Business Ethic and Good Governance (F)

Operation Strategic and Process Management (F)Corporate Financial Management (F)Strategic Markeking Management (F)

Advance Corporate Finance (F)Invedtment Management and Portofolio Analysis (F)Quality and Productivity Managent (F) Global Supply Chain and Logistic (F)Consumer Behavior and Marketing Communication(F)Product and Brand Management (F)Managing Training and Development (F)Employee Performence and Talent Management (F)Enterepreneurship and Innovation Management (F)Advanced Financial Research (F)Multinational Corporate Finance (C)Behavioral Finance (C)Islamic Finance (C)Risk Management (C)Research Methods for Operational Business (F) Healty, Safety and Environment Management (C)Effective Project Management (C)Business Process Reengineering (C)Quality Insurence Management (C)Marketing Research (F)E-Marketing (C)service Marketing and Hospitality (C)Advertising and Sales Promotion (C)Management Retailing & Distribution Management (C)Human Resource Research (F)Organization Change and Corporate Culture (C)

Tesis

Management of Industrial Relationship (C)Strategic Human Capital (C)Organization Theory and Design (C)

34

35

36 4 6

NO MATA KULIAH

Kurikulum ProgramMagister Manajemen

SMSTR SKS MK MO MP MSDM

(F): Mata Kuliah Wajib (C): Mata Kuliah PilihanMK : Manajemen KeuanganMSDM : Manajemen Sumber Daya Manusia

MP : Manajemen PemasaranMO : Manajemen Operasi/Produksi

Gelar Llulusan : Magister Manajemen (MM)

TOTAL SKS 39

Perspektif Teori KomunikasiPenelitian Komunikasi KualitatifSosiologi media dan KomunikasiKomunikasi Organisasi dan KepemimpinanManajemen Krisis dan ReputasiKomunikasi KreatifStrategi Komunikasi KorporateStrategi Komunikasi PemasaranPenelitian Komunikasi Kualita�fEkonomi Politik MediaMenejemen Industri dan Bisnis MediaTeknologi dan Media BaruMedia KontemporerPenelitian Komunikasi KualitatifKomunikasi dan Kebijakan PublikKomunikasi Pemasaran PolitikStrategi negosiasi dan PersuasiMedia dan Politik PencitraanPenelitian Komunikasi PolitikWritting CourseStrategi Perubahan dan KomunikasiTesis

39

Kurikulum ProgramMagister Ilmu Komunikasi

Metodelogi PenelitianManajemen Bisnis ICTTelekomunikasi Berbasis IPProses RandomManajemen Jaringan TelkomunikasiSeminar ICTRegulasi dan Hukum ICTSistem MultimediaInovasi dan Daya Saing TeknologiKeamanan Sistem BergerakTeknik RF dan Gelombang MikroSimulasi Sistem KomputerSistem Digital NirkabelManajemen Strategis ICTDigital ForensicCAD Gelombang MikroTesis

396

39

Akuntansi Perpajakan

Akuntansi Manajemen Lanjutan

01

Sistem Informasi Dan Pengendalian Internal

02

Pengauditan Lanjutan0304050607080910111213141516171819202122232425

2627282930313233343536

373839

Metodologi Penelitian AkuntansiKewirausahaan Dan Etika BisnisTopik Khusus Akuntansi KeuanganTeori AkuntansiAkuntansi Keuangan KontemporerManajemen KeuanganTopik Khusus PerpajakanManajemen PajakPajak KontemporerPajak Daerah Dan RetribusiTopik Khusus PengauditanAudit Internal LanjutanAudit Sektor PublikAudit ManajemenTopik Khusus Akuntansi ManajemenManajemen KeberlanjutanGlobal Reporting initiative StandardAkuntansi Manajemen StratejikPelaporan KorporatManajemen Keuangan LanjutanAnalisis Investasi Dan Pasar ModalSeminar Akuntansi Sektor PublikSeminar Akuntansi KeuanganPajak InternasionalPemeriksaan PajakStrategi Perencanaan PajakPajak KepabeananAudit Sistem InformasiAudit Investigasi Dan ForensikAudit Sosial & LingkunganAudit Industri KhususPelaporan Keberlanjutan

Sustainability AssuranceAkuntansi KeperilakuanAkuntansi Pertangung jawaban Sosial

KurikulumProgram Magister Akuntansi

AK-MNJ : Akuntansi ManajemenPJK : Perpajakan (Tax)

Tesis40

Statistik LanjutManajemen kontruksi Lanjut2Sistem Perancangan dan Pengandalian Proyek3

Metode dan Peralatan Konstruksi4Matematika Rekayasa5Teori ELastisitas dan Plastisitas6Metode Numerik Lanjut 7

89

Manajemen Waktu Proyek

11

Rekayasa Biaya Konstruksi

12

Sistem Rekayasa Sipil

13

Manajemen SDM dalam, Industri Konstruksi

14

Rekayasa Nilai Konstruksi

15

Perilaku Struktur Beton

16

Perilaku Struktur Baja

17

Dinamika Struktur & Rekayasa Gempa Lanjut

18

Teknologi Beton Lanjut

19

Rekayasa Jembatan

2021

232425

Metodologi Penelitian

26

Aspek Hukum & Manajemen Kontrak Manajemen Resiko dalam Proyek Konstruksi Manajemen Stratejik Manajemen Kualitas Proyek Koristruksi Struktur Beton Pratekan Rekayasa Geoteknik Gempa Metoda dan Peralatan Konstruksi Penelitian dan Penulisan Tesis

22

1

10

39

KurikulumProgram Magister Teknik Sipil

Phylosophy of Industrial Engeneerin

Advance Quantitative Method

Productivity Improvement Strategy

Quality Engineering

Total Productive Management

Performance Management & Improvement Sistem

Transportation System Design & Analysis

Inventory System Design & Analysis

Human Phvsical Capabilities

Cognitive Ergonomics

Fatigue Management

Industrial Research and Professional Communication

Industrial Productivity Planning & Measurement

Cases in Productivity & Quality Engineering

Procurment Logistic

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

Cases in Supply Chain System17

Usability Technique18

Cases in Ergonomics19

Industrial Engineering Seminar20

Tesis21

Workload Evaluation (Pilihan Bebas)22

e-Business System (Pilihan Bebas)23

Human Factors in Advanced Systems (Pilihan Bebas)24

Logistic & Supply Chain System

TOTAL SKS 39

NO MATA KULIAH SMSTR SKS RPK RSRP ERGO

1

1

1

2

2

2

3

3

3

3

3

3

3

6

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

4

4

4

4

4

2

2

2

2

2

2

KurikulumProgram Magister Teknik Industri

Program Kelas Karyaw

an UMB

Mata Kuliah Semester III

A.Program Magister Melalui Jalur Riset Pengembangan Produk (Master by Research)

Mata Kuliah Semester I

Nama MK

Rekayasa Produk

Metoda Penelitian Lanjutan

Metode Numerik

Tugas Minor

Total

SKS

3

3

3

6

15

No

1.

2.

3.

4.

Mata Kuliah Semester II

Nama MK

Thesis I

Total

SKS

15

15

No

1.

Nama MK

Thesis II

Total

SKS

15

15

No

1.Jalur perkuliahan untuk program Magister Teknik Mesin terdiri dari :

Program Magister Teknik MesinKurikulum

Mata Kuliah Pilihan

Sistem Berpikir (I)

Kreativitas dan Inovasi (I)

Rekayasa Produk (I)

Optimasi Desain (I)Metoda Elemen Hingga (I)

Getaran Mekanis Lanjutan Computational (II)

Fluid Dynamics

Teknik Refrigerasi dan Tata Udara (I)

Optimasi Sistem Termal (II)

Mekatronik (I)

Sistem Kontrol (II)

Analisa Kegagalan (II)

Efisiensi Energi Gedung (II)

Energi Terbarukan Lanjutan (II)

Metalurgi Serbuk (II)

Pemilihan Bahan dan Mekanika Komposit (I)

Konsentrasi

D

D

D

D

D

DDDD

D

D

M

D

D

M

M

No

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

Bahan Magnetik dan Listrik (II)

Polimer Lanjutan (II)

Bahan Nano (II)

Elektrokimia (II)

Surface Hardening (II)Korosi Temperatur Tinggi (II)CAD-CAM (II)Rencana Pabrik (II)

Piping dan Pipeline (II)

Perencanaan Proses (II)Proses Produksi (II)

Kendali Proses Industri (II)

Integrated Maintenance System (II)Rantai Pasokan Material (II)Fleet Management (II)

M

M

M

M

M

M

D

D

D

D

D

D

D

D

D

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

B. Program Magister Melalui Jalur Perkuliahan dan Tesis (Mixed-Mode)

Mata Kuliah Semester I

Nama MK

Rekayasa Produk

Metoda Penelitian Lanjutan

Metode Numerik

Mata Kuliah Pilihan IMata Kuliah Pilihan ITotal

SKS3

3

3

3

3

15

No

1.

2.

3.

4.5.

Mata Kuliah Semester II

Nama MK

Mata Kuliah Pilihan II

Mata Kuliah Pilihan II

Mata Kuliah Pilihan II

Mata Kuliah Pilihan II

Mata Kuliah Pilihan IITotal

SKS3

3

3

3

3

15

No

1.

2.

3.

4.5.

Mata Kuliah Semester III

Nama MK

Tugas Minor

ThesisTotal

SKS6

6

12

No

1.

2.

RPK : Rekayasa Produktivitas & Kualitas RSRP : Rekayasa Sistem Rantai Pasok ERGO : Ergonomi*Gelar Lulusan : magister Teknik (MT)

*Gelar Lulusan : Magister Teknik (MT)

Material Maju (Advanced Material)M

Rekayasa Produk Mekanik (Design)D

Waktu Kuliah

01. Jum’at Jam 17:00 s/d 21:30

02. Sabtu : Jam 07:30 s/d 14:30

Mata Kuliah Konsentrasi

I. Manajemen Pemasaran- Teori Pemasaran (3 SKS)- Perilaku Konsumen Lanjutan (3 SKS)- Pemasaran Strarejik Lanjutan (3 SKS)

II. Manajemen Sumber Daya Manusia- Teori MSDM (3 SKS)- Perilaku Organisasi Lanjutan (3 SKS)- MSDM Strarejik Lanjutan (3 SKS)

III. Manajemen Keuangan- Teori Keuangan dan Keuangan

Perusahaan (3 SKS)- Teori Investasi (3 SKS)- Pasar Dan Lembaga Keuangan (3 SKS)

Kurikulum

Semester 1 (9 SKS):- Falsafat Ilmu Pengetahuan (3 SKS)- Metode Riset Lanjutan (3 SKS)- Analisis Multivariat (3 SKS)

Semester 2 (9 SKS):- Mata Kuliah Konsentrasi 1 (3 SKS)- Mata Kuliah Konsentrasi 2 (3 SKS)- Mata Kuliah Konsentrasi 3 (3 SKS)

Semester 3-6 (25 SKS):- Ujian Prelim/Kualifikasi (5 SKS)- Ujian Proposal (8 SKS)- Seminar Hasil Penelitian (6 SKS)- Disertasi (6 SKS)

Ujian Seleksi Lama Studi

Manajemen Sumber Daya yang menitikberatkan pada Global Strategic Human Capital (Pengelolaan SDM yang mendukung perekonomian Nasional, serta lintas negara).

Manajemen Pemasaran yang menitikberatkan pada Macro Marketing Strategic (pemasaran industri, pemasaran politik, pemasaran untuk UMKM/Kewirausahaan, pemasaran sosial).

Manajemen Keuangan yang menitikberatkan pada Strategic Investment & Finance (pasar modal, lembaga keuangan dan investasi).

Setelah menyelesaikan tugas kuliah, para pengawas ditunjuk untuk mendukung para kandidat di akhir program dalam penulisan Disertasi dan pengajuan ujian Disertasi. Pembimb-ingan para kandidat oleh para pembimbing dengan cara tatap muka, email dan telepon.

Tim Promotor secara teratur dan intensif membimbing peserta Program Doktor Manajemen dalam penyusunan usulan penelitian, penyiapan ujian komprehensif, pelaksanaan penelitian, penulisan disertasi, penulisan naskah publikasi dan penyiapan ujian akhir (tertutup dan terbuka).

Mata Kuliah Konsentrasi

Kurikulum

Pengawas Disertasi

Pembimbingan

Konsentrasi & Keunggulan01. Manajemen Sumber daya

02. Manajemen Pemasaran

03. Manajemen Keuangan

INFORMASI : Call / WA / SMS 08118005123

Program DOKTORMANAJEMEN

Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Program Doktor Manajemen (S3) dengan visi menghasilkan Doktor Manajemen yang menguasai teori, mampu mengembangkan ilmu, menyelesaikan masalah dan dapat mengukir prestasi Internasional di Kawasan Asia pada tahun 2024.

Program Doktor Manajemen Universitas Mercu Buana diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memahami fenomena ekonomi dan manajemen dalam menganalisis sehingga bisa menyelesaikan permasalahan yang ada baik di dunia industri maupun masyarakat luas secara Nasional dan Internasional.

PersyaratanPendaftaran

Pengajar

Adler Haymans Manurung,Prof., DR., SE., S.H., M.E.,M.Comm., ChFC., RFC., CLU., ERMCP, CIMBA.

Apollo, Prof., Dr Arifin Sitio,Prof. Dr. M.Sc

Dana Santoso, Prof. Ir., M.Eng, Sc., Ph.DDidik J. Rachbini, Prof, Dr

Djumarno, Prof, MBAHapzi, Prof, Dr, MM

Havidz Aima, Prof, Dr, M.ScKery Soetjipto,Prof., Dr., M.S

Tumanggor,Prof., Dr., SH.,M.SiMasydzulhak Djamil Mz, Prof. Dr. SE, MM

Mudrik Alaydrus, Prof. DR. IngNgadino Surip, Prof, Dr, MS.

Noor Salim, ProfSaid Djamaluddin, Prof, SE, MM, Ph.D

Soekrisno Agoes,Prof., Dr., Ak.,MM.,CPASuharyadi, Prof, Dr, MS

Wiwik Utami,Prof., Dr., Ak.,MS.,CA

Heri Budianto, Dr, M.SiHermiyetti,Dr., SE,.M.Si,.CSRS.,CSRA

Hernadewita, DrHumiras Hardi Purba, ST, MT

Ignatius Jeffrey, Dr, MM, SE, Ak, CAInge Hutagalung, Dr. M.Si

Istianingsih,Dr., M.S,Ak.,CA.,CSRSIwan Krisnadi, DR. Ir. MBA

Jan Hoesada,Dr., CPAKasmir, Dr, SE, MM

Lenny Christina Nawangsari, Dr, MMLien Herliani Kusumah, Dr., MT

M. Ali Iqbal, Dr, M.ScMarlinda Irwanti Poernomo, DR. Dra, SE, M.Si

Matrodji H.Mustafa, MBA,Ph.DMeifida Ilyas,Dr., SE.,Ak.,M.SiMeinie Susanty,Dr., MM, BKP

Mirza, Dr, ST, MMMochamad Mukti Ali, Dr, MM

Mochammad Rosul,Ph.D., M.Ec.Dev.,SEMuchlis,Dr., SE.,Ak.,MBA

Mudji Sabar, Dr, M.SiMuhammad Dahlan,Dr., M,Acc.,CA.,QIA

Muhammad Yusuf,Dr., SE.,MM.,AkNani Nurani Muksin, Dr, S.Sos, M.Si

Nengzih,Dr., SE,ME.M.SiNi Putu Eka Widiastuti,Dr., S.E., M.Si., CSRS

Noor Prio Sasongko,Dr, MENunung Nuryani,Dr., M.Si, Ak, CANur Hidayat,Dr., SE.,ME.,Ak.,BKP

Nur Kholisoh,Dr. M.Si Pardomuan Sihombing, Dr, MSPopy Novita Pasaribu, Dr, M.Si

Priyono, SE, MEPurwanto SK, Dr, M.Si.

Puspahadi Boenjamin,Dr., M.SiRina Astini, Dr, MM

Rini Indriani,Dr., SE.,M.Si.,Ak.,CARini.,Dr. Ak, CA

Rizal Bahaweres, M.KomRosalendro Eddy Nugroho, Dr, MM

Rosmawaty Hilderiah, Dr, P, S.Sos.,MTRozmita Dewi Yuniarti R,Dr., M.Si

Sawarni Hasibuan,Dr., Ir., MTSetiyo Budiyanto, ST, MT

Setyadi, Dr, Ir , MBASetyo Riyanto, Dr, SE, MM

Singmin Johanes Lo, Dr, MMSri Hartono, Dr, MMSugiyono, Dr, M.Si

Suharno Pawirosumarto, Dr, S.Kom, MMSuhirman Madjid,Dr., SE, M.Si, Ak,CA

Syamsu Alam,Dr., SE.,M.Si., Ak.Tajuddin Pogo, Dr, Lc, MH

Titik Aryati,Dr., SE.,Ak.,M.SiTjiptogoro Dinarjo Soehari, Dr, MM

Tubagus Ismail,Dr., SE.,MM.,AkWahyu Sedino, Dr., IngWaluyo,Dr., M.Sc.,Ak

Waseso Segoro, DR., Ir., MM

Wawan Purwanto, SE, MMWilly Abdillah,Dr., M.Sc

Wilson R L Tobing,Dr., AkWirawan,Dr., M.Si.,MH.,CPA

Yudhi Herliansyah,Dr., SE.,Ak.,M.Si.,CAZulfa Fitri Ikatrinasari,Dr., Ir, MT

Dwi Asih Surjandari, Dr, MM, Ak, CAHari Setiyawati, M.Si, Ak,CA

Dewi Anggraeni, ME, Ak, CMALucky Nugroho, SE,M.Ak., M.C.M

Faisal Riza, SE, M.Ak, CA, CPA, CMAZuhal Maftuh Ahnan, SE, M.Ak

Agustin Fadjarenie, Dr, Ak, Msi, CAHadri Mulya, Dr, M.Si, CSRS

PTS UNGGULAN 2014 PRESTASI 2015 IGA AWARDS 2016 ASPEK KETENAGAANKOPERTIS III 2016

Angkutan UmumMetromini B.92 : Grogol - Kebon Jeruk - Kampus UMB - CiledugKWK B.03 : Citraland/Grogol - Tomang - Kampus UMB -Kavling DKIKWK B.09 : Kreo - Petukangan - Joglo - Kampus UMB - Kedoya -Green GardenMikrolet M.11 : Tanah Abang - Palmerah - Meruya Utara -Sambung KWK-B.03 - Kampus UMBMetromini S.69 : Blok-M - Mayestik - Kreo - Sambung KWK - B.09 -Kampus UMBMetromini S.70 : Blok-M - Cipulir - Joglo - SambungAngkot C.13 - Kampus UMBAngkot C.13 : Ciledug - Pajok - Joglo - Kampus - UMB - Pesing

PETA LOKASI KAMPUS BEKASI

Kampus BekasiJl Raya No 6 Kranggan

Jatisampurna BekasiTelp: 021-8449635

Ext. 105, 081318897906, 081319917597

PETA LOKASI KAMPUS MENTENG

Kampus MentengGedung Universitas

Mercu Buana (Tedja Buana)Jl. Menteng Raya No 29

Jakarta PusatTelp: 021-31935454 ext: 4703, 4704,

081317956206, 082312729552,081905244089

PROGRAM REGULER 2UNIVERSITAS MERCU BUANA

@kelaskaryawan @kelaskaryawan_mercubuanakk.mercubuana.ac.id

Kampus Menteng Gedung Universitas Mercu Buana (Tedja Buana)

Jl. Menteng Raya No. 29, Jakarta Pusat Telp: 021-31935454 Ext. 4703, 4704, 0813 19917597, 0819 05244089,

0813 17956206, 0811 1708092.

.

Kampus Meruya Jl. Meruya Selatan, Kebun Jeruk, Jakarta Barat 11650

Telp : 021-585 7722 (Hunting) 021-584 0816 Ext-2651, 2611, 2622.Fax : 021-585 7733 0811 8595777, 081293471611,

0811 1708091.

Kampus Bekasi Jl Raya Keranggan No 6 Jatisampurna Bekasi

Telp: 021-8449635 Ext. 105, 0813 18897906, 0812 223083750878 85798489.

INFO 24 JAM (CALL/SMS/WA)081318676655, 08111708091, 081318897906, 081905244089

Telp : 081318676655, 08111708091

Kampus Warung BuncitJl Warung Buncit No 98 Jakarta Selatan

TERAKREDITASI - A