radar tegal 12 desember 2013

Post on 09-Mar-2016

336 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

RADAR TEGAL 12 desember 2013

TRANSCRIPT

CMYK

CMYK

Harian Pertama Kebanggaan Wong Tegal

RADAR TEGAL

KAMIS, 12 DESEMBER 2013 Rp. 2.500,-

Saling Optimis Menang* Aja keoptimisen, mbokan kalah!

Timwas Keluhkan Pengejaran Aset* diudag tambah mlayu kenceng?

KRI Diponegoro Pulang, KRI Frans Kaisiepo Menyusul

TimwasKeluhkanPengejaranAset

JAKARTA - Tim Pengawas (Timwas) Kasus BankCentury DPR mengeluhkan proses pengejaranaset yang berjalan lambat. Kerja tim pendukungpengembalian aset Century di bawah koordinasiMenkum HAM itu dinilai masih jauh dari harapan.Bahkan, karena minimnya hasil upaya pengem-balian aset tersebut, anggota timwas mengiba-ratkannya dengan berburu hantu.

“Pengejaran aset Century ini seperti berburuhantu. Ini sangat merisaukan,” kritik anggotaTimwas Century dari Fraksi PDIP HendrawanSupratikno saat rapat di kompleks parlemenkemarin (11/12).

Dia menilai, ada kelemahan koordinasi antar-pihak dalam tim pendukung pengembalian aset.Sebab, ada aset yang sudah disita, tetapi bisakembali lepas dan dikuasai pihak lain yang ber-sengketa.

“Kelemahan koordinasi internal dari tim inimembuat posisi hukum kita lemah. Upaya mem-pertahankan aset juga lemah,” terang Hendrawan.Meski begitu, Fraksi PDIP masih mendukung kerjatim pengembalian aset Bank Century tersebut.

APA MANING...

ke hal 7 kol 1

Tragedi Bintaro, Bukan yang PertamaHAL. METROPOLIS

Aliran Dana Korupsi BLSM TerusDiselidiki

HAL. RADAR BREBES

Raperda Rusunawa TerkendalaHAL. RADAR PEMALANG

Ibu-Anak Bunuh Diri di HotelHAL. INSIDE

INDEKS

MUSTAFA RAMLI/JAWA POS

RAPAT GABUNGAN - Wakil Ketua DPR R,Pramono Anung bersama Kapolri Jenderal PolSutarman, Jaksa Agung Basrief Arief (kanan)saat rapat Timwas Century, Rabu (11/12). Saling Optimis Menang

Ikmal Siap TerimaKeputusan MK

TEGAL – Sidang perkara Per-selisihan Hasil Pemilihan UmumKepala Daerah dan Wakil kepalaDaerah Kota Tegal Tahun 2013,direncanakan kembali digelar, Se-nin (16/12), dengan agenda putu-san, bertempat di ruang sidangpleno lantai 2 gedung yang beradadi Jalan Medan Merdeka Barat No 6Jakarta Pusat. ke hal 7 kol 1

Warga Tarakan Renangi Selat Bali dan Selat Madura Dalam Sehari

Lebih Takut Ubur-Ubur dari pada Keseret ArusIbrahim Rusli punya cara

unik memberi kadountuk kota kelahirannya,Tarakan. Dia mengarungi

Selat Bali dan SelatMadura dengan

berenang dalam sehari.

LAPORAN: SURYO EKOPRASETYO

CUACA di sekitar Jembatan Sura-baya-Madura (Suramadu) sepan-jang siang kemarin terlihat men-dung. Pada pagi sebelumnya hujan

ringan sempat mengguyur sisi Sura-baya maupun sisi Bangkalan. Arusair laut di Selat Madura, tepatnya dibawah jembatan Suramadu, tam-pak bergerak ke barat lebih kencangdari biasanya. Berada di garis pan-tai sekitar kaki-kaki jembatan sisiBangkalan, angin pun terasa lebihsepoi-sepoi basah.

Sempat ada keraguan dalam hatiIbrahim Rusli. Mampukah PNSyang berdinas sebagai staf di BagianPerundang-Undangan SekretariatDPRD Tarakan itu berenang me-lintasi Selat Madura? Karena padapaginya Ibrahim mampu menye-

lesaikan renang di Selat Bali. Rutetepatnya dari Taman Nasional BaliBarat di Buleleng dan finis di Watu-dodol, Banyuwangi. Rute sekitar 4kilometer itu dapat dia tempuhselama 1 jam 8 menit.

Sedangkan jarak Selat Maduraterpendek mengacu panjang jem-batan Suramadu adalah 5,4 kilome-ter. Tekad dia berenang di dua selatdalam waktu satu hari itu meru-pakan langkah Ibrahim agar di-bukukan dalam rekor Muri. Diamengklaim sejauh ini belum adarekor Muri tercatat untuk kategori

SURYO EKO PRASETYO/JAWA POS

SEBERANGI SELAT - Ibrahim Rusli ketika menyeberangi selat Maduradengan berenang kemarin.

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

HADIRKAN SAKSI - Sejumah saksi saat dihadirkan dalam sidang perkara Perselisihan Hasil PemilihanUmum Kepala Daerah dan Wakil kepala Daerah Kota Tegal Tahun 2013 yang digelar MK.

Menghadapi putusan perkara no-mor 181/PHPU.D-XI/2013 itu, PihakPemohon (pasangan Ikmal Jaya – EdiEdy Suripno) dan Termohon (KPUKota Tegal) masing-masing optimismemenangkan perkara.

Misi PerdamaianDuniake Lebanon

SURABAYA - Misi perdamaiandunia ke Lebanon yang diemban

Satgas Maritim TNI KongaXXVIII-E resmi berakhir kemarin(11/12). Berakhirnya misi ditandaikepulangan pasukan yang meng-amankan perairan Timur Tengahdengan KRI Diponegoro.

Sebanyak 100 personel yangtiba di dermaga Ujung, markas

Koarmatim disambut hangat.Mereka meninggalkan tanah airselama sembilan bulan sejak ber-tolak 5 Maret 2013.

Setelah kapal sandar sekitarpukul 10.00, Komandan KRI Di-ponegoro Letkol Laut (P) Hersansekaligus komandan satgas me-

nuruni anak tangga kapal. Diamelapor ke Panglima ArmatimLaksda TNI Agung Pramono yangberdiri di tepi dermaga. Kalunganbunga diberikan Ketua DaerahJalasenastri Armada Timur YusAgung Pramono. Suara applousterdengar ketika Hersan memeluk

sang istri yang ditinggal sekitar 260hari.

Tangis haru keluarga prajuritspontan pecah ketika para per-sonel lain yang berstatus kepalakeluarga mendatangi anak danistrinya.

ke hal 7 kol 5

JAKARTA - Penelusuran dugaanpenerimaan gratifikasi proyek Ham-balang oleh Anas Urbaningrum kem-bali membuat beberapa petinggiPartai Demokrat (PD) diperiksa KPK.Kemarin, giliran Sekretaris DewanKehormatan DPP Partai DemokratTB Silalahi dan anggota DPR BennyK Harman. Keduanya banyak ditanyasoal jalannya Kongres Partai Demo-krat 2010.

Usai diperiksa sekitar pukul 15.45WIB, TB Silalahi yang menggunakanjaket biru itu menjelaskan dirinyaditanya beberapa hal saat menjabat

TB Silalahi Akui Ada Bagi-Bagi Uang Kongres

ke hal 7 kol 1

JAKARTA - Gubernur Banten,RatuAtut Chosiyah dan WaliKota Tangerang Selatan, AirinRachmi Diany lebih baik segeramenyiapkan diri. Sebab, KPKberencana menggelar forumekspos pada hari ini atau besok.Tujuan dari forum tersebut un-tuk menentukan nasib Atut danAirin, apakah keduanya layakdijadikan tersangka.

Hal itu disampaikan KetuaKPK Abraham Samad di hariterakhir peringatan Hari Anti-

korupsi Internasional di IstoraSenayan, kemarin. Dia menye-but kalau forum ekspose perludigelar setelah pihaknya me-lakukan berbagai pemeriksaan.Termasuk, pada Airin dan Atutyang diperiksa pada Selasa (10/12).

“Dari hasil pemeriksaan itu,Insya Allah, Kamis atau Jumatkami akan melakukan ekspose.Supaya kami bisa menemukan,apakah Atut, Airin dan lainnya

KPK Pastikan StatusHukum Airin dan Atut

ke hal 7 kol 1

ke hal 7 kol 5

GiliranDalamiPeranSekjenESDM

JAKARTA - KomisiP e m b e r a n t a s a nKorupsi (KPK) barusaja melimpahkanberkas Rudi Rubian-dini dan Deviardi kepenuntutan. Ituartinya, sudah tidakada lagi tersangkadari operasi tangkaptangan suap keKepala SKK MigasRudi Rubiandini itu.Meski demikian, KPKmemastikan kasusbelum berhenti.

Ketua KPKAbraham Samad kemarin mengatakan kalaukasus SKK Migas masih panjang. Dia memastikanbelum berhenti karena masih ada beberapa namayang diburu. Seperti Widodo Ratanachaitong,bos besar dari PT Kernel Oil Singapura yangdiduga menjadi penyuap Rudi.

“Masih ada Sekjen (Sekjen ESDM WaryonoKarno) yang belum diperiksa. Jadi, belum ber-henti,” katanya. Disamping itu, Samad juga me-nyampaikan kalau pihaknya membuka penye-lidikan baru dari pengembangan suap SKK Migas.Namun, dia belum mau membuka banyak infor-masi soal itu. ke hal 7 kol 5

GUSLAN GUMILANG/JAWA POS

PELUK ANAK - Sertu Eko Gunawan pasukan Garuda yang baru saja tiba dari lebanon melepas kerinduan dengan haru memeluk anaknya Fr iska Putri di dampingi sangistri di dermaga armatim kemarin (11/12).

MUHAMAD ALI/JAWAPOS

SAKSI - Sekretaris Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat TB Silalahiusai diperiksa sebagai saksi oleh Tim Penyidik KPK kemarin.

DOK.RATEG

Abraham Samad

KORUPSI

(Refleksi Hari Anti Korupsi Dunia)

Gelisah dan Gerakyang membantu mengusahakanbantuan ini kan butuh ongkosjuga. Kalau kami sendiri hanyaminta untuk administrasi,” demi-kian banyolan kuno yang selaludiutarakan para pelaku korupsi.

Penyebab kedua mengapa se-bagian orang lebih suka menjadipenonton karena watak dan ka-rakter. Untuk penyebab yang inikita harus melihat sejauhmanakehidupan masa lalu dan ke-seharian mereka sehingga bisamemberikan kesimpulan yangkomprehensif. Perilaku mungkinbisa diubah tapi kalau karakterrasanya sulit diubah, kalau tohada potensinya sangat kecil.

Karakter menurut Ibnu QoyimAl-Jauziah berproses dari linta-san pikiran yang diendapkansekian waktu dan terjadi ber-ulang-ulang sehingga jadilahkarakter. Inilah mengapa Islammengajarkan kita untuk segeramenyebut istighfar ketika adalintasan negatif dalam pikiransupaya tidak sampai mengen-dap.

Misalkan, suatu ketika adalintasan pikiran yang menyeli-nap untuk mengambil uang or-ang lain. Lalu kemudian kitarespon lintasan itu dengan per-kataan, iya yah, kalau saya ngam-bil potongan Rp 10.000 saja seti-ap orang maka dikalikan 300 or-ang sudah ada uang Rp 3 juta.Dan saya tidak perlu menungguawal bulan untuk bisa membe-likan anak mainan atau membe-likan perihasan istri. Dan uang inibisa saya pakai untuk beli hand-pone, bisa untuk nambah DPmobil, beli sofa dan lain-lain.

Jika sudah keluar perkataanini maka selanjutnya akan diwu-judkan menjadi action (tinda-

Pemberantasan Korupsi (KPK).Sebagai orang yang pernah

aktif di pergerakan kampus dankini terjun dalam realitas sosialmasyarakat sesungguhnya, sayasering menemukan kebiasaanburuk yang menjadi justifikasi(pembenaran) untuk melakukankorupsi. Saya harus berdebatpanjang bahkan sampai otottangan saya membesar karenaemosi.

Beruntung rasionalitas danintelektual saya masih mengua-sai hal ini sehingga tidak lepaskontrol.

Jangankan soal bagi-bagi mo-bil mewah, cek plawad atauuang proyek Hambalang. Peri-laku korupsi pun terjadi padalevel kelas teri yang jumlah fee-nya hanya berkisar Rp 50.000 perkepala, tapi meskipun sedikitkalau dikalikan 200 orang sajaangkanya sudah mencapai 10juta. Jadi, perilaku korupsi bukanurusan jabatan tinggi melainkanwatak atau karakter.

Apa yang dikatakan FalasifatulFalah, dosen Psikologi dari Uni-versitas Islam Sultan Agung(Unissula) Semarang bahwa ko-rupsi bukan hanya terbatas padatindakan, melainkan budayadan cara hidup bangsa ini.

Saya tidak bisa membayang-kan, bantuan untuk anak-anakmiskin bahkan boleh jadi di da-lamnya anak yatim piatu masihtegel-tegele dilumat dengan ala-san klise dan disetting bahkanterkadang mendramatisir apayang terjadi seolah-olah sudahdalam keharusan mendapat sun-tikan dana dan ada keharusanmemotong dana bantuan.

“Orang yang wira-wiri kan bu-tuh transport, belum lagi orang

kan) maka tibalah saat hari pem-bagian uang dan kitapun me-motong uang itu dengan dalihadministrasi, uang transport,uang lelah atau uang terima ka-sih. Saya sebutkan satu persatu-satu karena para pemakan uangharam ini rajin dan kreatif dalammembuat istilah-istilah.

Selanjutnya, karena sudahmerasa enak (kelihatannya) kitapun melakukan hal serupa seti-ap ada uang bantuan dan peris-tiwa ini terjadi berulang-ulangmaka di sinilah tingkah laku yangsemula hanya lintasan menjadikarakter.

Dan pada tingkat ini sulit un-tuk diperbaiki sampai tingkahburuk itu diketahui publik danmembuat malu dan harga dirikeluarga luluh lantah, kewiba-waan keluarga runtuh dan ce-moohan dari publik datang ber-tubi-tubi. Dorongan rasa maludan kehormatan keluarga inilahyang biasanya menyadarkan se-seorang dari perilaku korupsiketimbang dipenjara.

Menurut Emerson, aktivis dariIndonesian Corruption Watch(ICW), para koruptur akan lebihterhenyak ketika disinggung ke-hormatan keluarga dan dimis-kinkan daripada dipenjara. Arti-nya, koruptor masih membu-sungkan dada ketika pulang daripenjara tapi mereka akan stresketika pulang penjara hartanyasudah habis disita dan ada sanksisosial.

Gelisah dan gerak harus terusberjalan beriringan sehingga bi-sa mengubah keadaan. Perta-nyaanya sampai kapan? Sayaharus menjawab pertanyaan inidengan tegas sampai nyawa kitaberpisah dari raga. Sebab hidup

SEMUA perubahan itu bera-wal dari kegelisahan. Gelisahmelihat tradisi jual beli suaradalam setiap pemilu, gelisahmendengar posisi umat Islamyang selalu terpojok, gelisahmelihat kondisi ekonomi bangsadan gelisah-gelisah lainnya men-desak kita untuk bergerak.

Apa yang membuat seseorangmau bertahan dengan tekananyang begitu hebat? Apa yangmembuat jutaan aktivis pergera-kan di Mesir melakukan unjukrasa menentang kudeta militer?Apa yang membuat sebagiananak negeri ini membela mati-matian agar bangsa asing tidakmencaplok teritorial negara ini?Jawabannya adalah karena me-reka gelisah melihat realitas yangterjadi. Orang-orang seperti ini-lah yang dipandang sebagianorang sebagai orang “bodoh”.

Untuk apa memikirkan danmembela sebuah prinsip kalaudiri kita yang menjadi korban,untuk apa melakukan peruba-han kalau keburukan itu sudahmenjadi hal biasa, demikian ko-mentar mereka melihat aksi parapenggelisah ini. Padahal,

sesungguhnya merekalahpahlawan yang setiap langkah-nya harus diperhitungkan bah-wa langkahnya membawa peru-bahan menjadi lebih baik.

Ada dua kemungkinan yangmenyebabkan mereka komentarseperti itu, pertama tidak kuatdengan gurita sistem buruk yangmereduksi akal sehat sehinggakebiasaan buruk dan merugikanorang banyak menjadi hal biasadan dibiasakan. Dana sudah cairtapi seperti biasa ada potonganadministrasi, demikian iklan sin-dirian yang dibuat oleh Komisi

Oleh:Murniawati, S.Si

Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan Anda ke rubrik Ngresula ini via SMSke 085225272499, email rateg2000@yahoo.com atau melalui surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal . Tulis dengan bahasa yang sopan atau bisa juga menggunakan Bahasa Tegal.Dapatkan Kaos Ngresula, yang berisi SMS Ngresula pilihan (hanya Rp 60.000/pcs).

Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/surat tugas dan tidak dibenarkan meminta/menerimaimbalan dalam bentuk apapun dari narasumber.

Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo, Direktur: Moh. Sukron

Pemimpin Umum: Moh. Sukron. Pemimpin Redaksi: M. Abduh. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Iman Teguh Supriyono. Redaktur: ZuhlifarArrisandy, Moch. Arifin, M. Riza Pahlevi, Khikmah Wati, Arief Nur Rahardian Sidiq. Sekretaris Redaksi/Persh: Yully Trieyani. Kota Tegal: M Saekhun, Laela Nurchayati, Rohman Gunawan,Abidin Abror, Agus Wibowo, Adi Mulyadi. Brebes: Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: Teguh Supriyanto. Slawi: Iman Teguh Supriyono (Kepala Perwakilan), Hermas Purwadi, Yeri Novelli, M.Ghoni, M. Fatkhurrohman. Pemalang: Embong Sriyadi (Kepala Perwakilan), Agus Pratikno, Moh. Khasanudin. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan, M Yahya, DedyIrawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S, Novian Setyo W. Desain Iklan: A.Sekhudin. Iklan: Hesti Prastyani, Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, AgusMutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi. Pemasaran: Sunarjo (Manager), Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Wahyu, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari,

Lita Rahmiati, Astri Prayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin, Imron Rosyadi. Promosi (Off Print): Taufiq Ismail. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283)340004. Semarang: M. Yusuf Abadi. Jakarta : Ferdinansyah, Eko Suprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 2.500/eks. Percetakan: PTWahana Java Semesta Intermedia Kompleks LIK Dampyak -Tegal.

Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 25.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 17.000/baris, Iklan Colour: Rp 37.000/mm kolom.Iklan halaman 1 (depan): Rp 75.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-511.000.Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PT Wahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT Wahana Semesta Tegal

ini cuma ada dua pilihan kebai-kan dan keburukan atau dalambahasa Arab jalan fujur dan taq-wa. Di sinilah kita sadar tentangkeadilan Tuhan, meskipun Diaberkuasaa penuh atas kendalimanusia dan alam semesta tapimasih memberikan manusia un-tuk memilih. Jadi, kalau suatuhari kehidupan para koruptursengsara, anak-anak mereka jugasusah diatur dan liar, keluargatidak harmonis, wibawa hancur,harga diri lenyap, boleh jadi ituakibat uang haram yang masukdan diberikan kepada anak dankeluarga kita.

Jadi, berpikirlah sejuta kaliuntuk melakukan korupsi. Me-motong dana bantuan di luaraturan yang ada, meminta jatahproyek padahal hal itu tidak di-perbolehkan. Ingat anak dan istridi rumah, jangan sampai karenaperbuatan korupsi lalu keluargayang harus menanggung.

Uang korupsi kelihatannyaenak, manis dan terasa gampangtapi suatu saat pasti Allah akanmembuka aib dan ini sudahterbukti dengan fakta-fakta yangada. Asumsi koruptur janganhanya pada jabatan menterengseperti menteri atau gubernurtapi bisa menjangkit ke siapa-pun, mulai anggota dewan, guru,kepala sekoah termasuk orang-orang masih mencalonkan dirisebagai anggota DPR. SelamatHari Anti Korupsi Dunia, semo-ga Indonesia memiliki langkahpasti menitir jalan perbaikanmenjadi bangsa yang besar dansejahtera. (*)

Penulis adalah Aktivis Sosialdi Rumah Inspirasi Desa Kemu-rang, Kecamatan Tanjung.

2 OPINIRADAR TEGAL

KAMIS12 DESEMBER 2013

Kaya Ning AlasASLMUALAIKUM slm knl sking wong gunung. . .

Inyong wong tgal tpi uripe kaya ning alas. . Dlan wit gmiyenajeg kaya kali asat. . Punten kwe bupati.ng dermalaya,karangmulya, bojong, tegal, dbneri. . . Mtrzuwn

085726608832

Listrik Sering MatiDESA Balamoa sering bingiiit listrik mati,dlm waktu

berjam-jam dari pagi sampai malam padahal tidak adaangin tidak ada hujan.gimana tindakan pelayanan PLNunit kabupaten Tegal?sebagai orang awam cuma kesaldan tidak puas.karena kita semua selalu taat peraturandan tertib bayar setoran listrik tiap bulan! :

085642931316

Lampu Bangjo MatiASALAMU’ALAIKUM WR WB . Kye Tah Tulung Bung

RATEG Kuwe Lampu Bang Kuning Ijo Nang PrapatanHotel Karlita Sakidule Lampu Ijone Mati Dadine GaweKedere Tok Kanggo Niteni Wis Murub Apa Durung WisKaya Kuwe Jarak Mati Murube Sadelat Ya Tulung DiBenernalah Melas Karo Wong Pengguna Jalan Trima KasihAtas Perhatiannya Wasalam Wr Wb

085788880235

Tanggapan :BAHWA lampu Traffic Light yang terletak di perempatan

Hotel Karlita atau di perempatan Jalan Hangtuah mengalamikerusakan Controller sehingga menyebabkan lampu hijautiang sebelah utara maupun tiang selatan tidak menyala.

Dishubkominfo dalam waktu dekat ini akan segeramelakukan perbaikan pada Traffic Light tersebut sehinggaTraffic Light tersebut dapat menyala normal kembali.

Kepala Dinas Perhubungan,Komunikasi dan Informatika Kota Tegal

Drs. KHAERUL HUDA, M.Si

Tolak Bagi-Bagi KondomKANG RATEG sy mu ngomen yg punya no hp

082135790091 , sy jg setuju menolak program yg memba-gi2kan kondom , tp sy gx setuju dg perkataan “HATIKUMENANGIS , BRATI ANAK SY AKAN BEBAS DI ZINAISIAPAPUN “ , masak iyaa . . gara2 pembagian kondomgratis anake sampeyan pan di zinai cowok 1 atau lebih ,emang anak sampeyan gx di be x agama n sampyan gxndidik n ngemong anak ? dan sy jg nggak setuju tu dg kata2“ TEPUK TANGAN BUAT PIHAK2 YG SEDANG BRUSAHAMERUSAK MORAL BANGSA “ , masak prusak bangsa dksih tepuk tangan . jd menurt sy masalh anak2 qta tu prlud bkali ilmu agama n d bimbing sodaraa . MM HADI P

082138535671

Rega Pelem AnjlogATINE SEWOT ENYONG Piben kyeh kang rateg enyong

duwe pelem 25 wit nanging wektune panen rega anjlogora payu padoln padahal 6 th kepungkr rakyat gon padanandur nandur... Tulung dinas terkait cr solusi apa gawepabrik olahan pelem.. sing penting rakyat dilindu ngi ajadijor klowor trims

085640568878

Sing LegowoASSALAMUALAIKUM om RATEG.aq stju kro no

085788880235.iya y,jare wis legowo?bsane esh ributbae?apa ora isin?rakyat ora milih ya mungkin kepemim-pinane wez ora mercayani alias mengecewakan rakyat. orausahlah fitnah pasangan liane w0ng pada bae.wislah,pada2 manungsa urip y sing legowo bae.luwih katon AJINEmalah ktimbang kya kwe.ngapurane, suwun 0m RATEG.

085742887715

Waspadai Pembobolan BankKEJAHATAN perbankan sgt rapih melibatkan org2

pintar,contoh mega korupsi bank century,menjelangpemilu media waspadai pembobolan bank2

085329520093

Perlu Pendidikan Politik dan AgamaSEBAGAI WONG TEGAL ASLI MELIHAT HASIL PIL-

WALKOT TEGAL 2013 MASYARAKAT TEGAL PERLUPENDIDIKAN POLITIK DAN PENDIDIKAN AGAMA!

087730086806

Mager Njaluki Siswanang smp 3 pangkah lucu tur wagu siswa dikongkon

urunan satus ewunan sing kelas pitu anjng kelas sangajumlahe se hahaha jare pan nggo mager keliling opo tumonmager njaluki siswa siswa kuwe melu pemerentah sing araneDAK utawa apa mbuh ora dong kayong nggo senjata kyepan tes sing durunug urunan ora dinein kartu test kepadakepala dikpora sing terhormat bener beleh kaya kuwe.

085786952998

Hati-HatiMenyeberangRelOleh: M. Abduh

LIMPAHKANLAH kesabaran bagipara pengendara yang akan melaluirel kereta api (KA). Doa itu se-pertinya patut dipanjatkan. Coba

perhatikan di pintu perlintas KA.Barang sejenak menunggu KA lewat,

sepertinya tidak ada waktu lagi.Tidak sabar lalu cepat-cepatmenerobos palang sebelumturun menutup perlintasan.

“Seperti di perlintasan KAsing nang dalan arahe maring RS Kardinah kae. Ngger lewatmono, ngger pintu wis temurun, pada balapan nempati dalansijine sing laka tutup palange. Ngger kereta urung katon, langsungtancap gas menyeberang!”

“Padahal nang kono rel ganda!”Kecelakaan maut yang melibatkan commuter line KA 1113

jurusan Serpong - Tanah Abang dengan truk truk tangkiBBM PT Pertamina di perlintasan rel kereta api PondokBetung, Bintaro, lusa kemarin (9/12), harus menjadiperingatan bagi kita semua. Yakni, kembali meningkatkankedisiplinan dalam berlalu lintas. Lebih cermat serta hati-hati saat melewati perlintasan KA. Tentu kita tidak inginada korban karena kecerobohan atau ketidaksabaran dalammenyeberang rel KA.

“Kudu waspada. Tengak tengok kiri kanan sadurungenyeberang perlintasan KA.”

Apalagi masih banyak perlintasan KA yang tak berpalangpintu. Tak dijaga petugas pula. Kalaupun berpalang pintu,sampeyan kudu eling. Fungsi pintu perlintasan kereta apibukanlah untuk mengamankan pengguna jalan raya. Pengamanberbentuk palang ini lebih untuk mengamankan operasionalperjalanan kereta api. Tapi pemahaman masyarakat tidakdemikian. Palang pintu dianggap sebagai alat untuk melindungipengguna jalan.

“Aja sokan nerobos palang pintu KA yah! Tunggu sampaiKeretane lewat. Sapira suwene sih? Sing sabar le!”

Di Kota Tegal sendiri, seperti yang disampaikan Wakil WalikotaTegal Habib Ali, usai meninjau pintu perlintasan kereta api diKeturen, Tegal Selatan, Selasa (10/12) lalu, seluruh titikperlintasan kereta api sudah berpalang pintu, dan dijagaPetugas Jaga Lintasan (PJL). Baik PJL yang menjadikewenangan pemkot atau PT Kereta Api Indonesia (KAI).

“Aja nganti ana korban kecelakaan KA nang Tegal.” (*)

Jln. Semeru No.3 Tegal Jawa Tengah, 52125, http://www.poltran.infoKAMIS, 12 DESEMBER 2013 3

PENELITI Politeknik Kesela-matan Transportasi Jalan (Pol-tran), Dr Ir M Harly MSc menjadisalah satu pembicara dalam se-minar Desiminasi IPTEK MasaDepan Kendaraan Listrik untukTransportasi Masa Depan. Semi-nar yang digelar Kemenristekdan Komisi VII DPR RI ini di-langsungkan, Sabtu (7/12) diHotel Karlita.

Pada kesempatan itu, Harlymembawakan materi bertajuk‘Menjajaki Mobil Listrik bagi Pe-ningkatan Ekonomi MasyarakatTegal’. Menurut dia sesuai tun-tutan global menyangkut tran-sportasi darat dan intersection-nya. Maka Poltran membagi in-tersection menjadi empat.

Antara lain road an assat untukpedestrian/bicycle, motorcycle,vehicles. Kemudian land train

Urai PotensiMobil Listrik

intersection, land air transportintersection dan land ship trans-port intersection. “Tuntutan darikualitas global transportasi daratlainnya adalah, Bangkok Decla-ration dan Bali Declaration,” ka-tanya.

Disebutkan deklarasi Bang-kok 2020 terfokus mengembang-kan dan kesiapan untuk menge-valuasi, merealisasi kenvensi wa-kil negara-negara Asia. Untukdaswarsa (2010-2020) dari aksi-aksi berkelanjutan mengukurketercapaian target transportyang aman, cepat,andal, afford-able, efesien, people centric, dantransportasi ramah lingkungandengan cepat di Asia.

Selain itu dia juga membeber-kan tentang anggota Est Asiapada konferensi kelima regionalenvirontment sustainable trans-

port (EST-5) setuju secara sadaruntuk mengimplementasi 3 kon-sep (Avoid, Sfifting, Improving)secara berkelanjutan dalam se-tiap kebijakan, program, danproyek transportasi di negaramasing-masing. Sehingga mem-bantu merealisasikan tujuan dansasaran tahun 2020 didaerahAsia (EST 20).

Sedangkan deklarasi Bali ten-tang visi tiga zero. Yaitu zerocongestion, zero accidence, danzero pulution, untuk generasi sis-tem transportasi kedepan di Asia.

Seminar diikuti oleh diikutilebih dari seratus orang. Merekaterdiri dari pelajar, mahasiswa,taruna Poltran, masyarakat danjajaran Forum Komunikasi Pim-pinan Daerah (Forkompinda)serta pemangku kepentingan dibidang industri otomotif. (adi)

SETIAP manusia yang adadi dunia tentu mendamba-kan terwujudnya kehidupanyang lebih baik berdasarkanasas kemanusiaan untuk ke-pentingan sesama umat ma-nusia, tidak memandang sta-tus sosial dan keadaan fisikseseorang dalam menjalanikehidupan. Semua orang me-miliki hak asasi manusia yangsama dalam kehidupan, me-rasakan kenikmatan dan ke-nyamanan dalam hidup.

Begitu pula dalam hal tran-sportasi. Semua orang me-miliki hak untuk mengguna-kan fasilitas tersebut tanpaterkecuali. Baik pengemudimobil dan truk, pengendarasepeda motor, pejalan kaki,serta kaum disabilitas yangsering disebut penyandangcacat.

Trotoar adalah salah satufasilitas bagi pejalan kaki,tidak terkecuali pe-nyandang cacat,mereka juga me-miliki hak untukmenggunakanfasilitas terse-but. Trotoar ha-rus dirancang de-ngan memperha-tikan aksesibilitasbagi penyandangcacat, adanya ke-butuhan untuk pe-jalan kaki dan unsurestetika yangmemadai.

Fungsi utama trotoar ada-lah untuk memberikan pela-yanan terhadap pejalan kakisehingga dapat meningkat-kan kelancaran, kenya-manan, keamanan dankeselamatan bagi pejalankaki tersebut. Trotoarjuga berfungsi untuk ke-lancaran arus lalu lintas,

pejalan kaki tidak menggang-gu arus lalu lintas yang adasebab mereka memiliki fasili-tas sendiri.

Trotoar tidak hanya untukmelayani pejalan kaki saja,namun juga harus melayanipara penyandang cacat. Se-bab mereka juga memiliki hakyang sama dalam melakukantransportasi pada umumnyadan menggunakan trotoarpada khususnya.

Kita dapat melihat fakta dilapangan contohnya di kotaTegal, Jawa Tengah.

Di kota tersebut memilikifasilitas trotoar yang sangatminim serta banyaknya pe-nyalahgunaan fungsi. Sepertibanyak terdapat pedagangkaki lima yang menggunakantrotoar. Desain trotoaryang juga sangatjauh dari esteti-

ka dan kenyamanan bagipenggunanya.

Banyak trotoar yang me-miliki lebar yang sempit, ke-tinggian yang terlalu tinggi,serta kelandaian yang kuranglandai. Sehingga menyulitkandan membuat kurang nya-man para pejalan. Trotoaryang ada di kota Tegal tidakmelayani untuk para penyan-dang cacat atau kaum disa-bilitas. Tidak adanya pavingblock yang berwarna kuning,bergerigi.

Padahal jalur ini akan me-mudahkan dan mengarah-kan penyandang cacat ata-upun penyandang tunanetrasaat berjalan. Kelandaianyang tidak ada dan memilikikemiringan berlebih darimaksimal akan menyulitkanbagi para penyandang cacat

yang menggunakan kursiroda. Karena tidak da-

pat akses kemana-pun untuk melan-jutkan perjala-nan.

Dari segi kea-manan dan kese-lamatan penggu-nanya, trotoar ju-ga tepat beradadipinggir jalanyang terdapatarus kendaraan,

serta tidak adanyaperlindungan khusus

untuk pejalan kaki, ten-tunya ini akan membaha-yakan keselamatan bagipara penggunanya, tro-toar ini tidak bisa disebut

sebagai trotoar yang hu-manis dan estetika. (*)

Penulis adalahTaruna Program StudiMKTJ Kelas A, Poltran

Tegal

Hak dalam MasalahTransportasi Sama (1)

Oleh: Budy dan Fery

ADI MULYADI/RATEG

SAMPAIKAN MATERI - Dr Ir M Harly MSc sedang menyampaikan materinya tentang Menjajaki Mobil Listrik bagi PeningkatanEkonomi Masyarakat Tegal dihadapan peserta seminar.

MISTER TUKUL JALAN-JALAN DI POLTRAN

Minggu (8/12) malam lalu kampus dan wisma Poltenmenjadi tempat dilaksanakannya syuting reality

show ‘Mister Tukul Jalan-jalan’. Inilah cuplikanpelaksanaan syuting di beberapa lokasi di kampus

dan wisma Poltran, yang diabadikan melalui bidikankamera wartawan Radar Tegal, Adi Mulyadi.

KAMIS, 12 DESEMBER 2013 5

MEMBAGI waktuantara pekerjaan dan

segala urusan di rumahtentu bukan perkara

mudah. Jika salahdalam merencanakan

dan melaksanakan,bisa-bisa kedua

aktivitas bisa berjalanberseberangan.

Untuk menjaga ritme kedua-nya, Oktariani Pramiastuti SSiApt yang menjabat sebagia PjsKaprodi S1 Farmasi STIKes Bha-mada Slawi mencoba merenca-nakan semuanya. Rutinitas yangpadat sebagai dosen dan pe-neliti, dia juga harus bisa mem-bagi waktu dengan keluarganya.

Berkat dukungan keluarga,aktivitas yang ada bisa berjalanberiringan dan saling mendu-kung sehingga semua bisa ber-jalan sebagaimana mestinya.Saat berada di tempat kerja, diaberupaya untuk bersikap secaraprofessional agar tugas dan tang-gung jawab yang ada di pun-daknya bisa dilaksanakan de-ngan baik.

Sebaliknya, saat berada di ru-mah, dia berusaha semaksimalmungkin untuk menghidupkansuasana di dalam rumah agartawa dan canda keluarga bisamencairkan kepenatan setelah

seharian beraktivitas. Dukungankeluarga diakuinya memegangperanan penting sehingga duasisi yang berbeda tersebut bisaseiring sejalan.

“Disiplin dalam membagi wak-tu harus dilakukan agar semua-nya bisa berjalan sesuai hara-pan,” katanya.

Keterbukaan, lanjutnya, saatmenghadapi masalah baik ditempat kerja maupun lingku-ngan keluarga. Sejak dini harusdikomunikasikan dengan baik.

Dengan demikian, maka per-soalan yang mungkin munculbisa segera diselesaikan dan di-temukan solusi terbaik untukkepentingan bersama. Perbe-daan yang ada jangan sampaimenjadi pemicu keretakan. Jus-tru dengan perbedaan tersebutakan menambah khasanah barusehingga tercipta sebuah sema-ngat untuk maju bersama.

Kesibukan yang terlalu padatjuga jangan sampai menggang-gu komunikasi dengan keluarga.Sebaliknya, keceriaan di dalamrumah juga harus bisa menjadipenyemangat agar mampu men-jalankan pekerjaan dengan hasilterbaik. “Semua pasti ada ha-langannya, tetapi semua pastiada jalan keluar sehingga bisaterus berkarier dan berkumpulbersama keluarga tercinta,”pungkasnya. (gun)

PADA umumnya, anak akanlebih dekat dengan ibunya. Mes-ki ada juga sebagian anak dekatdengan papa. Ada berapa halmengapa anak selalu dekat de-ngan ayah atau lebih dekat de-ngan ibunya. Anak akan lebihdekat dengan ibunya karenaanak merasa lebih nyaman danlebih senang bila ibunya ada didekatnya. Dan itu sudah terjadimulai lahir hingga anak menjadibesar.

Salah satu faktor utama bia-sanya anak akan lebih dekatdengan salah satu orang tuanyabila dirasa lebih nyaman danlebih dilindungi. Hal itu terjaditidak hanya dalam waktu sekejaptetapi memerlukan tahapan yangpanjang dan terus menerus. Ibubanyak lebih dekat dan berpe-ranan dengan anak karena sejaklahir hingga usia balita dan re-maja anak lebih dekat denganibunya.

Jika ingin anak lebih dekatdengan anak maka ayah harussedikit berperanan seperti ibusejak kecil meski tidak harusdengan kuantitas waktu yangselama dengan ibunya. Karenaayah sebagai kepala rumah tang-ga yang mencari nafkah, danwaktu terbatas maka yang pen-ting kualitas komunikasi yangharus dipentingkan.

Sehingga bagaimana agar a-nak menjadi lebih dekat denganayah, sebaiknya setiap perilakukita harus ditujukan supaya a-nak lebih nyaman, lebih senangdan lebih dilindungi. Untuk me-raih hal tersebut maka ayah ha-rus memberikan kasih sayangyang tulus dengan kualitas dankuantitas yang cukup. Kasihsayang tersebut bukan hanyakebutuhan materi tetapi jugadapat berupa belaian, gendo-ngan dan komunikasi yang baik.Bagaimana tipsnya agar anakmenjadi anak papa atau dekatdengan papanya?

1. Beri perhatian bila anak me-nangis dan sedih. Dekati bayiatau anak anda bila sedang me-nangis, sedih atau ketakutan.Saat bayi menangis perlu deka-pan ayah supaya anak merasalebih nyaman dan lebih tenangbisa dengan menggendong danmengganti popok saat bayi me-nangis . Tenangkan dengan sabardan penuh kasih sayang bila

anak balita anda menangis atauketakutan. Hal itu juga harusdilakukan sampai anak bertam-bah usia baik saat usia balita, usiaanak sekolah bahkan saat re-maja. Saat anak remaja andasedih, galau atau sedang meng-hadapi kegagalan beri perhatiandengan kasih sayang dan belaiandan ciuman di pipinya agar anakmerasa tenang dan nyaman. Per-hatian saat anak galau ini bukanhanya bermanfaat terhadap a-nak, tetapi akan memberikanpelajaran kepada ayah tentangpentingnya empati pada anakbila sedang cemas dan sedih.Saat ini karena kesibukannyaayah sulit belajar untuk mem-berikan empati dan impati yangbaik terhadap anaknya.

2. Menyuapi dan mendam-pingi makan. Di usia bayi, ter-nyata tugas yang remeh ini bagiibu dapat lebih mendekatkankenyamanan pada anak sehing-ga mengapa anak dekat denganibunya. Ayah juga harus sekali-sekali merasakan memberikanmakan pada bayi dan menyuapmakan pada anaknya. Pada u-mumnya tugas itu merup[akanhal paling tabu dan paling mena-kutkan bagi para ayah. butuhkesabaran dan toleransi padaanak. Anda bisa menggantikantugas istri untuk menyuapi sikecil dengan mengajaknya ber-main atau membacakan ceritasambil makan. Bila anak sudahberanjak deawasa maka men-dampingi makan pada anakme-rupakan perilaku yang dapatlebih mendekatkan kedekatanpsikologis anak dan ayah.

3. Bermain dalam waktu seng-

gang. Di waktu senggang kadangayah lebih sibuk dengan urusankantor yang di bawa kerumah,menonton televisi atau bermainBB dibandingkan bermain de-ngan anak. Sisihkan waktu untuanak anda meski tidak lama un-tuk bermain. Bermain bisa dila-kukan di tempat tidur, di kamarmandi, di halaman atau dimanasaja saat anda berada. Bermaindengan anak bisa membantumembangun ikatan batin antaraanak dan Anda. Jika si kecil ber-usia di bawah empat tahun, mai-nan sederhana yang bisa dila-kukan. Jika ia sudah berusia diatas empat tahun, Anda berduabisa memainkan beberapa mai-nan yang pastinya lebih ‘me-nantang’.

4. Merawat anak. Perawatanrutin pada anak biasa dilakukanoleh baby sitter dan ibunya. ka-dang hal ini yang membuat me-ngapa anak lebih dekat denganperawat atau ibunya. Meski tidakharus setiap hari secara berkalaminimal seminggu 2 kali sebaik-nya ayah ikut melakukan pera-watan bayi dan anak. Sepertimemandikan, mengganti baju,memakaikan sepatu dan kegia-tan lainnya sambil bercanda danbernyanyi dengan anak

5. Bicara dan berkomunikasidengan baik. Komunikasi de-ngan anak harus dilakukan sejakbayi hingga tumbuh dewasa.Pada saat bayi, bisa dilakukankapan saja. Bisa saat meman-dikan, saat memberi makan, saatmemberi susu. Pada anak balitasebaiknya ajak anak bercerita,melakukan permainan atau ber-main sandiwara dengan anak.

Pada anak lebih besar bisa dila-kukan komunikasi dan bersendagurau di mobil, saat mengantaranak sekolah, di meja makanatau dimanapun ayah beradadekat dengan anak. Komunikasitersebut dapat dilakukan de-ngan kata, lagu atau belaian ka-sih sayang dan ciuman ringan dipipi dan kening anak.

6. Beri tanda mata, meski ha-nya kecil dan sederhana saatpulang ke rumah. Saat ayah ber-pergian baik bepegian dekatatau jauh, baik dari luar kota atauluar negeri atau bahkan pulangkantor. Beri anak anda hadiahbisa berupa makanan ringan,buku, atau benda-benda yangmenarik yang dapat anda bawadari kantor, toko atau dari ma-napun anada berada. Saat dikantor dalam waktu sengganganda dapat membuatkan mai-nan dari lipatan kertas atau gam-bar menarik saat melihat majalahatau buku di kantor. Bila di kantoranda mendapat snack atau ma-kanan ringan, tidak ada salahnyasekali-sekali anda bungkus un-tuk dihadiahkan pada anak andasesampai di rumah. Bila andamelakukan rutin dan sering makajangan heran anda akan selaludinantikan dan disambut anakdi depan pintu rumah saat andapulang kantor.

7. Menjadi panutan. Anak-anak sangat mencerminkan or-ang tuanya. Oleh sebab itu, beri-lah contoh yang baik sejak anakmasih kecil, terutama ketika me-reka beranjak besar, selalu per-hatikan setiap perkataan dantingkah laku Anda.

8. Beri dukungan dan pujian.

DisiplinMembagiWaktu

Setiap pilihan anak atau prestasianak atau kelebihan anak asal-kan tidak menyimpang, sebaik-nya didukung dan diberi pujian.Tak ada salahnya jika Anda men-jadi ayah yang demokratis bagianak. Jangan pernah memak-sakan kehendak karena tidakada kekuatan yang lebih besaruntuk seorang anak daripadadukungan ayahnya. Pemberianpujian dan dukungan bukan ha-nya dengan hadiah tetapi cukupdengan pujian kata-kata disertaibelaian ndan ciuman di pipianak.

9. Jangan terlalu keras danmemaksa. Pada anak tertentuyang keras kepala dan emositinggi seringkali pendekatan yangkeras dan memaksa berdampaktidak baik pada anak. Bukannyaanak menurut, tetapi sebaliknyajustru anak suka menentang.Saat ingin memberikan penger-tian pada anak atau memberi-kan larangan pada anak harusdilakukan dengan pelan dan ka-sih sayang serta disertai pen-jelasan yang masuk akal nalaranak.

Tetapi bila anda melarang danmerahi anak dan memaksa anaktanpa penjelasan dan alasanyang rasional maka seringkalipada anak tertentu membuatanak lebih suka menentang danmemusuhi ayahnya.

10. Berilah ciuman meski a-nak sudah terlelap. Berilah ciu-man kepada anak anda minimal3 kali sehari. Saat anda pergi kekantor, pulang dari kantor atausebelum tidur. Berilah ciumanpada anak meski anak sedangtidur saat anda pulang larut ma-lam.

11. Jangan menggoda ber-lebihan. Seringkali ayah meng-goda anak berlebihan hinggaanak menangis. Menggoda anakhingga anak menangis dianggapmomen yang menyenangkanbagi sang Ayah. Tetapi tidak di-sadari hal yang berlebihan mem-buat anak menangis akan mem-buat anak tidak nyaman danmencari pelarian ke ibunya un-tuk mengadu bahwa ayah mem-buat si anak tidak nyaman. Saatanak mengadu pada ibunya, itu-lah anak merasa lebih nyamandengan ibunya. Jangan memberijulukan pada anak yang mem-buat anak marah. (hkc)

KESEHATAN yang terusterjamin hingga usia lanjutmenjadi dambaan semua or-ang. Dengan organ yang ma-sih sehat, kualitas hidup pa-da masa tua tentu menjadilebih baik.

Salah satu organ yang per-lu dijaga kesehatannya ada-lah gigi. Dengan gigi yangbaik, seseorang tidak akankesulitan mengonsumsi ma-kanan berserat atau bergizilain ke dalam tubuh. Kese-hatan gigi yang baik turutmenjamin kesehatan dankualitas hidup.

Menurut sebuah peneli-tian, harapan ini bisa diwu-judkan bila seseorang maumembatasi konsumsi gula-nya per hari. Peneliti dariNewcastle University Inggrismelaporkan, asupan gulakurang dari 5 persen dapatmenekan risiko gigi berlu-bang sepanjang hidup. Asu-pan ini dapat berasal darigula alami seperti yang ter-dapat dalam buah dan madu,atau gula yang ditambahkandalam makanan, misalnyadalam kue tart.

“Saat ini setiap orang ber-harap kesehatan giginya bisabertahan sampai tua. Bata-san konsumsi gula maksimal5 persen dari asupan kaloribisa menjaga gigi tetap sehatdan tidak rusak selama hi-dup,” kata Paula Moynihan,peneliti yang merupakanprofesor dalam bidang nut-risi dan kesehatan oral.

Hasil riset ini dipublika-sikan dalam Journal of Den-tal Research, dengan me-rangkum 55 penelitian sebe-lumnya terkait penyebab ke-rusakan gigi. Sebanyak 8 risetmenunjukkan hubungan

antara asupan gula dan gigiberlubang pada kehidupanseseorang.

Gigi yang tetap sehat ter-lihat pada orang yang me-ngonsumsi gula kurang dari5 persen sehari-hari. Jumlahini setara kurang dari 7 sen-dok teh bagi wanita danmaksimal 8 sendok teh bagipria.

Jika batasan ini digunakansebagai pembatasan asupangula per hari, maka konsum-si 330 ml atau sekaleng minu-man soda akan melanggaranjuran. Pasalnya, dalam se-kaleng minuman soda ter-dapat 8,75 sendok teh atau 35gram gula sesuai ukuran Ing-gris.

Aturan asupan ini seka-ligus membatasi jenis maka-nan dan minuman yang di-konsumsi. Bagi para penyu-ka soda, sangat disarankanmemilih sekaleng minumansoda yang hanya mengan-dung 5,5 sendok teh gula.Sementara untuk penyukacokelat, sebaiknya pilih yangmengandung gula hanya 6,4sendok teh supaya tidak me-lebihi batas.

Data yang digunakan da-lam riset ini berasal dari ber-bagai belahan dunia, misaldaratan Amerika Latin, Ke-pulauan Karibia, China, danAfrika Selatan. Terkait sum-ber data yang beragam, pe-neliti m e m p e r i n g a t k a nmungkin saja hasil yang di-peroleh berbeda, tergantungpada lokasi dan kebiasaanmakan yang berlaku. Meskibegitu, riset ini telah me-nyediakan harapan dan me-tode bagi yang ingin men-jaga kesehatan gigi sampaiusia lanjut. (hkc)

Hindari GulaLebih dari 7-8Sendok Per Hari

POLA makan dapat menjadisalah satu penyebab turunnyagairah dalam bercinta. Pola ma-kan yang salah bisa menyebab-kan kembung atau sebah, yangmengakibatkan hilangnya ke-inginan berhubungan seks. Haltersebut tentu bisa diatasi de-ngan cara mengonsumsi maka-nan yang lebih sehat. Namun,ada beberapa makanan yang ter-bukti bisa meningkatkan libido.Berikut beberapa di antaranya:1. Daging Merah

Menurut penulis Eat, Drink,and Be Gorgeous, Esther Blum R.D, daging merah kaya akan kan-dungan seng (zinc). Zat ini meru-pakan nutrisi peningkat libidoyang juga ditemukan pada tiram.Zinc meningkatkan produksitestosteron dan prolactin, yangberperan penting dalam fungsiseksual.2. Salmon

Blum mengatakan, kandu-ngan omega-3 dalam salmonberperan memperbaiki sirkulasidarah dalam tubuh. Sirkulasiinilah yang kemudian mening-katkan aliran darah ke area geni-tal. Sirkulasi darah juga yang ber-peran meningkatkan produksidopamin dalam otak. Dopaminadalah hormon penghasil rasasenang, yang mempengaruhimood seseorang saat berhubu-ngan seksual.3. Telur

Telur adalah sumber pangan

kaya protein yang meningkat-kan energi dan fokus seseorang.Selain itu Blum mengatakan, te-lur juga kaya vitamin B6 yangmembantu keseimbangan kadarhormon dan mengatur libido.4. Oatmeal

Sarapan pagi menentukan pro-duksi testosterone yang mem-pengaruhi dorongan seks. Oatsmisalnya, mengandung L-argin-ine yang digunakan untuk me-ngobati disfungsi ereksi dan ter-bukti meningkatkan aliran darahke area klitoris. Alasan ini tentucukup untuk memprioritaskanoatmeal sebagai sarapan, di-banding jenis hidangan lainnya.5. Persik

Buah persik kaya vitamin Cyang meningkatkan libido padawanita. Selain itu, buah persikjuga membantu melancarkanaliran darah dalam tubuh.6. Cokelat

Blum mengatakan, cokelat kayamagnesium yang membantu tu-buh tetap rileks. Kondisi tubuhyang rileks membantu mening-katkan mood untuk berhubu-ngan seksual. Menurut hasil pe-nelitian yang dimuat Journal ofthe American Diabetic Associa-tion, dark chocolate mengan-dung phenylethylamine yangmemicu pelepasan endorphin.Hormon yang menetukan rasakesenangan ini sama denganyang dihasilkan saat berhubu-ngan seks. (hkc)

11 Tips Agar Anak Menjadi Anak Papa

Perbaiki Gairahdengan Makanan Ini

OktarianiPramiastuti SSi Apt

JAWA TENGAH KAMIS12 DESEMBER 2013

RADAR TEGAL

6

KESESI - Sejumlah petani diwilayah Kecamatan Kesesi kinimulai mengembangkan burungTito Alba yang merupakan salahsatu predator pemangsa tikus diarea masyarakat sekitar. Lang-kah itu dilakukan karena bebe-rapa musim panen tahun 2012-2013 banyak yang mengalamigagal panen karena seranganhewan pengerat tersebut.

Adanya penangkaran burunghantu di Desa Kwasen, Keca-matan Kesesi, yang hingga kinimampu menekan populasi hamatikus, kini para petani di Kecama-tan Kesesi mulai mengembang-kan burung hantu tersebut. Yak-ni dengan membuat Rumah Bu-rung Hantu (Rubuha) di areapertanian warga sekitar yangditempatkan di tengah sawahdengan jarak sekitar 100 meterantar Rubuha.

Adanya pengembangan pre-dator hama tikus itu, diharapkanhasil panen semakin meningkat.

Hal itu seperti dilakukan KadesJagung, Kecamatan Kesesi, EkoSusilo dengan memberdayakan

Kelompok Tani dan Gapoktanyang diwajibkan memiliki se-pasang burung hantu jenis titoalba untuk dikembangkan diarea pertanian masing-masing.

“Sekarang di desa kami sudahada delapan pasang burung han-tu, yang ditempatkan di areapersawahan meskipun rumahburung hantunya belum perma-nen,” terangnya.

Adapun delapan pasang bu-rung hantu itu merupakan hasilswadaya dari enam kelompoktani, gapoktan dan pemerintahdesa. Dengan harapan mampumenekan hama tikus, yang bebe-rapa musim tanam tahun lalu ga-gal panen. “Ini merupakan bentukkerjasama pemerintah desa, ga-poktan dan poktan, petani danmahasiswa KKN,” ungkapnya.

Dengan adanya pengemba-ngan burung hantu itu, ia ber-harap adanya bantuan dari pe-merintah daerah untuk penam-bahan burung hantu dan tempatkarantina dengan membangunrumah burung hantu yang per-manen. (yon)

Atasi Tikus,Petani KembangkanBurung Hantu

SEMARANG – Para calon direk-si Bank Jateng telah selesai men-jalani fit and proper test di BankIndonesia, Jakarta. Sebanyakdelapan calon direksi, dari kese-luruhan 10 calon, menjalani ujikelayakan selama dua hari yakniSelasa dan Rabu (10-11/12).

Dari 10 calon direksi BankJateng tersebut, dua orang me-mang tidak perlu menjalani fitand proper test, yakni JokoSambodo (direktur pemasaran)dan Bambang Widyanto (direk-tur operasional). Keduanya di-calonkan untuk jabatan yangsama, sehingga tidak perlu men-jalani uji kelayakan.

Sisanya harus menjalani ujikelayakan, terdiri atas lima orangkepala divisi di Bank Jateng se-karang, satu direktur di BankJateng dan satu lagi calon darieksternal. Satu direktur di BankJateng yang mengikuti uji kela-yakan adalah Arso Budidono.Meski saat ini menjabat direkturkepatuhan, namun dia tetap ha-rus menjalani fit and proper testkarena menjadi kandidat direk-tur utama.

Uji kelayakan dalam bentuktanya jawab atau wawancaradilakukan oleh tiga orang dari BIyakni dua orang dari BI pusat danseorang lagi adalah Deputi Ke-pala Perwakilan Bidang Perbank-an Kantor Perwakilan Bank Indo-nesia Wilayah V Jawa Tengah-Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ)Ahmad Sukro Tratmono. Dalamperkembangannya, ternyata ke-

mudian dilakukan klasifikasi, dimana satu jabatan direksi di-perebutkan dua calon.

Selanjutnya, hasil fit and pro-per test akan segera diumumkanpekan ini. Hasil uji kelayakantidak mutlak, namun masih harusditentukan lagi oleh GubernurJateng Ganjar Pranowo, apakahcalon yang lolos fit and propertest benar-benar layak. Sementa-ra, hari ini komisaris Bank JatengSri Puryono, juga menjalani fitand proper test di BI, Jakarta. Ujikelayakan untuk Sri Puryono,untuk jabatan sebagai komisarisutama Bank Jateng. Untuk posisiini, hanya Sri Puryono kandi-datnya.

Sri Puryono saat dihubungikemarin masih belum bersediadimintai konfirmasi. Plt SekdaProvinsi Jawa Tengah ini hanyamengatakan masih berada diJakarta. Beberapa waktu lalu, SriPuryono mengatakan, pihakPemprov Jateng memang me-rencanakan fit and proper testuntuk dilakukan secepatnya dibulan Desember ini. ”Ditarget-kan, pekan ketiga Desember su-dah ada pelantikan direksi baru,karena masa jabatan direksi lamahabis akhir Desember,” jelasnya.

Dia memaparkan, salah satuPR penting yang harus disele-saikan jajaran direksi baru nantiadalah meningkatkan kredit dibidang produktif. Selama ini,perkembangan penyaluran kre-dit di bidang produktif tersebutcenderung lambat. (smu/ce1)

CalonDireksi,Satu LawanSatu

SEMARANG - Proyek pemba-ngunan rel ganda di jalur Peka-longan-Semarang-Bojonegorosudah terealisasi 94 persen. PTKereta Api Indonesia (KAI) Da-op 4 Semarang yakin akhir tahunini rel ganda sudah bisa dilalui.“Sehingga pada perayaan Nataldan Tahun baru bisa menggu-nakan rel ganda,” ungkap Exce-cutive Vice President Operasi PTKAI M Soleh Kosasih dalam

kegiatan switch over di stasiunMangkang, kemarin (11/12).

Saat ini, KAI sedang menyele-saikan jalur Kaliwungu – Jrakahsepanjang 15 kilometer. Kema-rin, ratusan pekerja tampak si-buk memindahkan rel (switchover) di tiga titik. Yakni StasiunKaliwungu, Stasiun Mangkangdan Stasiun Jrakah. Selain diker-jakan secara manual mengguna-kan tenaga manusia, alat berat

juga membantu proses pemin-dahan rel ini.

Soleh mengaku, dengan ba-nyaknya switch over yang dila-kukan, sejumlah perjalanan ke-reta mengalami keterlambatan.Karena perjalanan kereta apitelah menggunakan jalur baruuntuk pertama kalinya, makakecepatan harus diturunkanmenjadi 20 kilometer per jam.“Nanti secara bertahap kecepa-

tan itu akan bertambah dari 40kilometer per jam dan 60 kilome-ter per jam. Setelah Kaliwungu-Jrakah jalur ganda untuk Weleri-Ujungnegoro akan menyusuldioperasikan,” katanya.

Pengoperasian jalur Weleri-Ujungnegoro akan dibagi dalam4 tahap. Yakni jalur Weleri-Krengseng, Krengseng-Plabuan,Plabuan-Kuripan, dan Kuripan-Ujungnegoro.

ADITYO DWI/RADAR SEMARANG

KEJAR TARGET - Sejumlah pekerja tampak sedang memindahkan jalur rel ganda di Stasiun Mangkang, Rabu (11/12). Ditarrgetkan akhir tahun ini jalur gandaPekalongan – Bojonegoro sudah bisa dilalui kereta api.

Akhir Tahun, Jalur Ganda Sudah Bisa DigunakanSementara Humas PT KAI Da-

op 4 Semarang Eko Budiyantomenambahkan, di wilayah Daop4 terdapat sekitar 700 pintu per-lintasan kereta api. Dari jumlahtersebut, sekitar 300 perlintasantidak berpenjaga. “Untuk palangpintu yang berpenjaga memangtidak masalah tetapi yang tidakberpenjaga ini menjadi tang-gungjawab pemerintah setem-pat,” katanya. (hid/ton)

PEKALONGAN - Munculnyamasalah dalam pasokan elpiji 3kilogram baik dari waktu mau-pun jumlah pasokan, ternyatadisebabkan banyaknya penge-cer baru yang muncul.

Dari hasil pengecekan bagianpengawas Disperindagkop, di-temui fakta bahwa pasokan elpijimelon terhambat, karena ba-nyak pengecer yang membelielpiji dengan cara mencegat pa-sokan dari pangkalan di jalan,dan tidak melakukan perminta-an lewat jalur resmi.

Hal itu diungkapkan Penga-was Distribusi Elpiji 3 Kilogrampada Disperindagkop danUMKM, Setio Budi yang dikonfir-masi, Selasa (10/12).

Menurut Setio Budi, dari hasilpengecekan di lapangan, sebe-narnya tidak ditemui kendala da-lam proses pasokan dari agen kepangkalan. Namun, ditemui faktabahwa banyak pengecer yangmencegat pasokan gas di jalan.

“Distribusi tersendat karenapasokan sering dicegat oleh wa-rung-warung yang baru menjualelipiji 3 kilogram. Mereka rata-rata meminta diberi pasokan 10sampai 20 tabung dalam sekalipermintaan. Hal ini membuatpasokan untuk pengecer yangsudah mengajukan permintaanresmi menjadi tersendat,” te-rangnya.

Apa yang dilakukan warungpengecer tersebut, dikatakanSetio Budi, jelas menyalahi atu-ran prosedur penyaluran elpiji 3kilogram. Harusnya, jika warungingin menjual elpiji 3 kilogram,dapat mengurus izin ke KantorDisperindagkop dengan melam-pirkan rekomendasi, serta kerja-sama antara pengecer dan pang-kalan juga agen. Mereka jugaharus mengurus beberapa syaratperizinan di BPMP2T.

Selain itu, pengecer juga diha-rapkan memiliki kontrak denganpangkalan dan agen untuk paso-

kan resminya. “Jadi warung bisamendapatkan pasokan resmi,bukan mencegat di jalan. Jikasemuanya sudah mengajukanizin, maka kami punya datanyadan bisa diatur sesuai denganpasokan elpiji di Kota Pekalo-ngan,” imbuhnya.

Hal itu, lanjut Setio Budi, su-dah disosialisasikan sebelum-nya dalam pertemuan antaraDisperindagkop dan Pertamina16 November lalu. Dalam perte-muan tersebut, sudah dijelas-kan agar pengecer dapat mengu-rus izin. Sehingga resmi menjadipenyalur gas elpiji bersubsiditersebut.

Sebelumnya, distribusi elpiji 3kilogram di Kota Pekalonganselama satu bulan terakhir me-ngalami masalah. Banyak penge-cer resmi sulit mendapatkanpasokan gas. Dampaknya, ma-syarakat juga merasakan kesuli-tan dalam mendapatkan elpiji 3kilogram. (nul)

Pasokan Bermasalah,Terjadi Praktek Cegat di Jalan

BATANG - Pemerintah Kabu-paten (Pemkab) Batang mem-perketat pengawasan terhadappelaksanaan kegiatan proyek-proyek besar yang hingga saat inibelum terselesaikan. Proyek de-ngan nilai kontrak di atas Rp 1milyar itu terus didesak penyele-saiannya melalui berbagai upaya.

Beberapa proyek besar yangmendapatkan perhatian lebihitu, antara lain pembangunanruang rawat inap RSUD Batang,Gedung Arsip, Kantor Kecama-tan Pecalungan, Kecamatan Ba-nyuputih, Kecamatan Kande-man, serta Pasar Bandar. Semuaproyek ini menyedot anggaranyang cukup besar.

“Semuanya di atas Rp 1 milyar.Kalau proyek dengan nilai kon-trak di bawah Rp 1 milyar, keba-nyakan bisa diselesaikan di akhirtahun,” kata Kabag PengenalianPembangunan Setda Batang, AriYudianto SH, saat dihubungi viaponsel, Rabu (11/12).

Dia mengatakan, seluruh pro-

yek besar itu rata-rata akan ber-akhir masa kontraknya di akhirDesember. Karena itu, kalaupunsampai batas waktu normal takjuga terselesaikan, maka kesem-patan perpanjangan 50 hari akandiberikan, dengan konsekuensidenda sebesar sepermill dari nilaikontrak perhari.

“Tetapi sejauh pengawasankami, pihak rekanan juga mauberupaya keras untuk menyeles-aikan kegiatan. Mereka umum-nya menambah waktu lemburmaupun menambah jumlah pe-kerja,” terangnya.

Diakui Ari, jika perpanjanganwaktu akhirnya diberikan, makakonsekuensinya adalah melam-paui tahun anggaran. Sesuai Per-pres 70 Tahun 2012 tentang Pe-ngadaan Barang/Jasa Pemerin-tah, pelaksanaan kegiatan yangdemikian masih dimungkinkan,tetapi dengan sejumlah resiko.

“Sebab proses pembayaran-nya tetap harus mengikuti me-kanisme tahun anggaran. Di

akhir Desember, masing-masingSKPD tetap akan melakukanstock opname, guna menghi-tung berapa prestasi pekerjaanyang terselesaikan. Nilai inilahyang sementara dibayarkan,” je-lasnya.

Sementara untuk pengerjaanyang melewati tahun anggaran,maka proses pembayarannyaakan melihat SILPA (Sisa LebihPembiayaan Anggaran –red) Ta-hun 2013. “Artinya, pembayaransisanya baru bisa dilakukan diPerubahan APBD Tahun 2014,”ucapnya.

Saat ini, Pemkab terus meng-upayakan percepatan penyele-saian untuk sejumlah proyekbesar ini. Prioritas untuk me-ngejar target sesuai batas kon-trak tetap akan dilakukan. “Nantidi akhir tahun, masing-masingdinas/instansi akan menentu-kan batas akhir pencairan untukpembayaran proyek-proyekyang telah selesai maupun masihberjalan,” pungkas Ari. (sef)

Pengerjaan Proyek BesarLebih DiperketatMarak, PencurianModus

PecahKacaMobilPEKALONGAN - Pencurian bermodus memecahkan kaca mobil

untuk mengambil barang berharga di dalamnya, kembali marak terjadidi Kota Pekalongan. Dalam tiga bulan terakhir, sedikitnya sudah adalaporan empat kejadian dengan modus yang sama.

Terbaru, menimpa korban yang bernama Budi Purnomo (33),warga Tegalrejo RT 01 RW 05, Pekalongan Barat, Selasa (10/12)pagi. Pencuri berhasil mengambil sejumlah barang berharga dari dalammobil mewah jenis Toyota Vellfire korban, total kerugian yang dialamikorban mencapai Rp100 juta.

Kejadian bermula pada Selasa (10/12) pukul 06.15. Saat itu, saksiyang bernama Slamet Riyadi (46), datang ke rumah korban dengantujuan akan mengantarkan anak korban untuk pergi ke sekolah.

Sewaktu saksi Slamet masuk ke dalam rumah, ia melihat kaca kiribagian tengah dari mobil Toyota Vellfire yang tengah diparkir di JalanDr Wahidin No 19A, Noyontaan, Pekalongan Timur, sudah dalamkeadaan pecah.

Kondisi tersebut dilaporkan kepada korban. Kemudian, korbanmelakukan pengecekan ke dalam mobil. Setelah dicek, ternyatabeberapa barang berharga yang ada di dalam mobil mewah tersebutsudah raib digasak pencuri.

Beberapa barang yang hilang, yakni satu set dashboard yangberisi perangkat audio system, monitor TV, speedometer, danperangkat lainnya, beserta STNK kendaraan tersebut. Akibatnya,korban mengalami kerugian hingga Rp100 juta.

Peristiwa ini sudah dilaporkan oleh korban ke Satreskrim PolresPekalongan Kota. Pihak kepolisian saat ini sedang menyelidiki kasustersebut, untuk segera menangkap pelakunya.

Sekitar satu bulan lalu, pencurian modus pecah kaca mobil beberapakali terjadi di Kota Pekalongan. Diantaranya, menimpa korban bernamaFajar Imam Septiadi (50), warga Kebasen, Kabupaten Banyumas,pada hari Sabtu 12 Oktober 2013, sekira pukul 12.00. (way)

KRIMINAL

Ada29RaperdaMasukProlegda2014

BATANG - Selain menyetujui Raperda tentang LaranganMemproduksi dan Mengedarkan serta Menggunakan MinumanBeralkohol, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Batang, Rabu (11/12),pun menetapkan Program Legislasi Daerah (Prolegda) Tahun 2014.Dalam hal ini, tercatat sebanyak 29 raperda yang ditetapkan masukdi Prolegda tahun depan itu.

“Dari sejumlah raperda yang diusulkan ke Prolegda Tahun 2014,lima di antaranya adalah Rapreda Inisiatif dari DPRD. Sementarasisanya atas ajuan dari eksekutif,” ungkap juru bicara Badan Legislasi(Baleg) DPRD, Yuswanto.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bagian Hukum Setda KabupatenBatang, H Agus Jaelani Mursidi SH M Hum, mengatakan, total ada 29raperda yang ditetapkan masuk dalam Prolegda 2014. Rinciannya,lima raperda inisiatif dan 24 raperda atas usulan eksekutif.

“Semua raperda direncanakan pembahasannya tahun 2014.Apakah selesai seluruhnya atau tidak, kita lihat perkembangannyananti,” katanya.

Dari total 24 raperda, 15 di antaranya adalah tentang Rencana DetailTata Ruang di 15 kecamatan. Selain itu, ada tiga raperda tentang APBD,yakni pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2013, RaperdaPerubahan APBD 2014, dan Raperda APBD Tahun 2015. (sef)

REGULASI

KAMIS12 DESEMBER 2013

SAMBUNGANRADAR TEGAL

7

KRI Diponegoro Pulang, KRI Frans ...dari halaman 1

Saling Optimis Menangdari halaman 1

Timwas Keluhkan Pengejaran Asetdari halaman 1

Anggota timwas dari FraksiPKS Indra juga menilai soal mi-nimnya hasil pengejaran asetCentury. Apalagi disebutkan adapenyusutan nilai aset. “Angkayang awalnya fantastis sekarangterjadi penguapan-penguapan”Siapa yang salah, tindakannyaapa, dan bagaimana blue printuntuk menyikapi ini?” katanya.

Begitu juga anggota timwasdari Fraksi Partai Golkar Bam-bang Soesatyo yang mengeluh-kan penyusutan aset Bank Cen-tury dan pengejaran yang belummembuahkan hasil. Padahal,masa kerja timwas sudah men-

dekati akhir. “Tidak tahu apaselesai sekarang atau dilanjut-kan periode nanti. Tapi yangjelas, kita ingin tahu siapa yangbertanggung jawab dalam per-masalahan ini,” tegasnya.

Dalam paparannya, MenkumHAM Amir Syamsuddin menga-kui adanya pergerakan negatifUSD 6,9 juta dari aset senilai USD18 juta yang sudah dibekukan diHongkong. Sementara itu, untukaset di Jersey, masih ada per-lawanan hukum dari mantanpemilik Bank Century RobertTantular. Nilainya diperkirakanRp 175 miliar.

Amir menegaskan, dalam per-sidangan, pemerintah tetap ber-

upaya mencairkan aset-aset ter-sebut. “Namun, belum ada asetyang dapat dicairkan karena adaperbedaan sistem hukum dantantangan di luar negeri. Kamiharap timwas dapat memahamikendala tersebut,” terangnya.

Terkait dengan pemanggilankembali Wapres Boediono, Wa-kil Ketua DPR Pramono Anungmengatakan, timwas tidak akanmencampuri proses hukum ya-ng tengah berlangsung di KPK.Posisi timwas tetap sebagai pe-ngawas atas proses yang dilaku-kan penegak hukum sesuai de-ngan putusan rapat paripurnaDPR.

Dia mengatakan, pemanggil-

an kembali Boediono dalam ka-pasitas sebagai mantan guber-nur BI hanya untuk memintapenjelasan terkait keteranganyang berbeda. Yakni, saat di-panggil pansus angket Centurydan saat memberikan keterang-an pers setelah diperiksa penyi-dik KPK. “Dalam konteks itu,kami memanggil kembali,” kata-nya.

Bagaimana jika Boediono ti-dak memenuhi panggilan tim-was? Pram, sapaan akrabnya,menyerahkan keputusan selan-jutnya kepada timwas. “Sampaihari ini (kemarin, Red) kami be-lum mendengar jawaban resmi,”ujarnya. (fal/c6/fat)

TB Silalahi Akui Ada Bagi-Bagi Uang Kongresdari halaman 1

itu. Rekor tersebut Ibrahim dedi-kasikan untuk Kota Tarakan ya-ng pada 15 Desember 2013 nantigenap berumur 16 tahun.

Agar performance-nya bisadipertanggungjawabkan, tim-nya bahkan mengundang no-taris untuk mengesahkan ca-tatan waktu dalam bentuk aktaatau sertifikat. Dia juga men-dokumentasikan aksi berenang-nya dalam tayangan rekamanvideo. Beberapa kru televisi lokalTarakan dan penyedia jasa shoot-ing video turut dia boyong dalammelakukan aksinya.

“Terakhir kali saya berlatihrenang di Selat Madura pada 3Juni 2013 lalu,” ungkap Ibrahimusai pengecekan kesehatan.

Ketika itu, dia sampai ter-seret ke alur pelayaran timurSurabaya. Bagi dia, bukan ja-rak maupun gangguan arus,dan gangguan angin yang di-takuti dalam berenang me-lintasi selat. Melainkan, ubur-ubur yang setiap saat dapat

menyengat tubuh tambunbapak tiga anak itu.

Kekhawatiran itu bukannyatanpa alasan. Ibrahim mengisah-kan punya pengalaman tidakmenyenangkan akibat disengatbinatang laut tersebut. Ke-jadiannya ketika dia berenangdari Pulau Sebatik, KalimantanUtara dengan Tawau, MalaysiaTimur tiga tahun lalu.

“Sengatan tentakelnya mem-buat tubuh kaku. Saya harus di-opname ke rumah sakit karenabadan tidak bisa digerakkan,”kenang pria berumur 48 tahunitu.

Merasa Selat Madura sudahfamilier, Ibrahim saat start di garispantai di kaki-kaki JembatanSuramadu sisi Bangkalan me-milih tidak mengenakan pakai-an. Setelah berdoa dan men-dengarkan arahan penyelam dariDinas Penyelamatan Bawah AirKomando Armada RI KawasanTimur, pukul 14.29 Ibrahim mulaiberenang di sekitar tonggak-tonggak pondasi jembatan kearah selatan.

Lebih Takut Ubur-Ubur dari pada ...dari halaman 1

KPK Pastikan Status Hukum Airin dan Atutdari halaman 1

Suasana hujan tidak menyu-rutkan antusiasme mereka ber-kangen-kangenan di dermaga.Termasuk Agung yang rela sera-gam dorengnya basah.

“Silakan kembali bersama ke-luarga. Hati-hati dalam perjalanandan jangan berlebihan meraya-kan suka cita ini,” pesan perwiratinggi dua bintang itu.

Apresiasi lain diberikan ko-mando utama AL terbesar di In-donesia timur itu. Terutama ke-pada keluarga personel satgasyang ditinggal meninggal orangtua. Tercatat ada delapan ang-gota yang berduka dipanggil kepanggung gedung Panti TjahajaArmada untuk menerima san-

tunan duka. Begitu pula denganenam istri prajurit yang melahir-kan ketika suami sedang ber-tugas. Mereka mendapat bing-kisan dengan wajah berseri.

Misi perdamaian dunia ke Le-banon bagi kapal bernomor lam-bung 365 yang kedua setelah2009. Kapal kelas SIGMA (shipintegrated geometrical modular-ity approach) itu mengembanamanat Resolusi Dewan Keama-nan PBB. Yakni membantu Ang-katan Bersenjata Lebanon men-cegah masuknya pasokan sen-jata dan material ilegal. Kemu-dian, meningkatkan kemampu-an AL Lebanon menegakkankedaulatan wilayah perairan.

Berbagai penghargaan diper-oleh kru kapal yang masuk jaja-

ran organik Satuan Kapal Es-korta Armatim tersebut. Di an-taranya, Certificate of Apprecia-tion dari Force Commander Uni-ted Nations Interim Force inLebanon, Outstanding Perfor-mance dari Maritime Task ForceCommander, United NationsMedale dari PBB, dan dari pe-merintah Lebanon berupa Va-lour Medal.

Agung menambahkan, pihak-nya sedang menyiapkan KRIFrans Kaisiepo 367 sebagaipengganti KRI Diponegoro. Per-sonelnya sedang diseleksi PusatMisi Pemeliharaan PerdamaianMabes TNI. “Mereka dijad-walkan berangkat awal Maret2014,” imbuh tentara asal Malangitu. (sep)

‘’Jika melihat fakta persidang-an dan kesaksian serta alat buktiyang kami ajukan sebanyak 206,dan 20 saksi, Insyaallah optimispermohonan dikabulkan olehMK,’’ kata pengacara PemohonIkmal Jaya, Fadli Nasution SHMH kemarin kepada Radar.

Menurut dia, jika dikabulkan,tentu bisa dilakukan pemungut-an suara ulang di seluruh TPS.Bila diulang, pihaknya akan me-minta dan menyampaikan ke MKagar mengganti semua anggotaKPPS.

‘’Hal itu tentunya berdasarkanperintah dari MK. Dan nanti, kitaakan minta KPU pusat melaluiKPU provinsi untuk memerin-tahkan KPU Tegal agar meng-ganti KPPS yang bermasalah.

Baru diadakan pemungutansuara ulang. Hal ini supaya ter-jaga netralitas dan independensipenyelenggara,’’ bebernya.

Sementara Pihak Pemohon, HIkmal Jaya SE AK mengaku siapmenerima putusan MK apapunhasilnya. ‘’Apapun keputusandari MK, kita hormati dan kitaterima dengan lapang dada. Dankita harus melaksanakan putus-an tersebut,’’ ujarnya.

Ikmal juga meminta agar se-muanya bisa tetap menjaga kon-dusifitas dan menjaga kesatuandan persatuan.

Terpisah, Pihak Termohonyang diwakili Divisi Hukum KPUKota Tegal Agus Wijanarko jugaoptimis menang dalam perkaraPilwalkot. ‘’Dari saksi-saksi yangdihadirkan, baik dari Pemohon,Termohon maupun Terkait, apa

ada bukti pelaksanaan Pilwakotberjalan curang? Itu tidak ada.Semua saksi menjelaskan bahwaproses Pilkada berjalan amandan lancar,’’ ulasnya.

Agus menambahkan, adanyaKPPS yang terlibat tim sukses ituoknum. Sebab, dia tidak mem-beri tahu kepada yang lain. Jadi,tidak bisa diambil kesimpulanbahwa kegiatan oknum tersebutmasuk secara terstruktur.

Sementara rencana jadwalputusan sidang yang digelaroleh MK, langsung diantisipasiJajaran Polres Tegal Kota. Bah-kan, kemarin Kapolres Tegal Ko-ta AKBP Darmawan Sunarko SIKlangsung berkordinasi denganPolda Jateng untuk bisa mengi-rimkan personil Brimob. Ter-masuk koordinasi dengan jaja-ran TNI. Di antaranya Brigif De-

wa Ratna Tegal. Hal ini untukmengantisipasi adanya aksimassa maupun ketidakpuasanatas hasil putusan MK.

‘’Ini hanya antisipasi saja. Le-bih baik, kita persiapkan darisekarang daripada nanti tiba-tiba ada gejolak,’’ tegas AKBPDarmawan Sunarko.

Di tengah rapat kecil bersamaWaka Polres Kompol Valent As-moro SIK, Darmawan juga me-nyampaikan rencana sistem ke-amanan yang akan diterapkan. Diantaranya, mulai dari patroli rutin,hingga penjagaan dan penga-wasan di sejumlah obyek vital.

‘“Untuk mengetahui secarapersis persidangan itu sendiri,kami juga akan menurunkananggota untuk mengikuti per-sidangan putusan di MK itu,’’pungkasnya. (gus)

sebagai ketua komisi pengawasPD. Diakui, pernah ada bebe-rapa mantan ketua DPC PD yangmelapor ke komisi pengawassoal aliran uang.

“Mereka mempersoalkan ma-salah Muscab yang tidak adil, itusaja,” kata TB Silalahi. Setelah itu,masalah yang disampaikan ter-nyata tidak sesederhana Mus-cab. Ada persoalan lain yangmuncul dari Kongres PD di Ban-dung 2010 silam. Yang disam-paikan pada dirinya, ada pem-berian uang dan sebagainya.

Sesuai dengan tugasnya se-bagai komisi pengawas, parapelapor itu lantas disperiksa.Lengkap dengan dibuatkan be-rita acara pemeriksaan. Hasil-nya, TB Silalahi mengaku me-nyerahkan semua laporan itu keKPK. Namun, dia enggan men-ceritakan apa saja isi dari BAPyang diserahkan itu.

“Apa yang di dalamnya silakantanyakan ke KPK,” katanya. Se-telah itu, tidak banyak yang di-sampaikan oleh TB Silalahi. Se-belum meninggalkan gedungKPK, dia hanya mengatakan ka-lau pemeriksaan pada dirinyauntuk memberi bantuan ketera-

ngan. Dia mengaku sudah me-nyampaikan semuanya yang di-ketahui.

Sementara, Benny K Harmanmengatakan kalau pemeriksaandirinya seputar kinerjanya saatmenjadi tim sukses Anas. Diatidak menampik kalau saat kong-res berlangsung, dirinya dimintaAnas menjadi tim sukses. Kepu-tusannya menerima pinangansuami Athiyyah Laila itu karenapencalonan Anas sudah direstuiPresiden Susilo Bambang Yudho-yono.

“Saya ditanya apakah jadi timsukses Anas, saya jawab iya,”katanya.

Dia lantas menjelaskan bagai-mana Anas bisa maju sebagaicalon ketua umum saat itu. Ver-sinya, dia pernah meminta Anasbertemu SBY yang saat itu men-jabat Ketua Dewan KehormatanPD. Kalau SBY merestui, diamemastikan Anas dapat meng-gunakan jasanya.

Hasilnya bisa ditebak, SBYmemberikan restu dan Benny KHarman menjadi bagian tim suk-ses. Meski menjadi tim sukses,Benny yang diperiksa selamaempat jam dan berakhir sekitar13.30 WIB itu mengaku tidaktahu adanya aliran dana dari

Anas. Termasuk kabar bagi-bagiponsel BlackBerry.

Kepada para wartawan, diamembenarkan kalau penyidikmenanyakan soal penerimaangratifikasi agar memilih Anassebagai Ketum. Namun, diamembantah ikut menikmatiuang, ponsel, maupun tiket.“Mungkin, mereka (yang men-dukung Anas) dapat karena rapatDPC. Saya bukan DPC,” jelasnya.

Tidak berhenti disitu, kalausaksi lain mengaku pernah men-dengar kabar adanya bagi-bagiuang dan ponsel, dia mengata-kan tidak. Selama dia menjaditim sukses, Benny mengklaimtidak pernah tahu adanya per-mainan kotor itu. Malah, kalausemua itu benar dia memintaKPK segera membongkar semuaitu.

“Saya tegaskan bahwa sayatidak pernah mendengar danmelihat ada pembagian Black-Berry,” katanya. Dia lantas me-ngatakan kalau memberikan du-kungan penuh kepada KPK un-tuk membongkar. Namun, untuksiapa saja yang dapat gratifikasidirinya mengaku tak tahu. “Tanyakepada yang dapat. Dari manadia dapat,” jelasnya.

Pemeriksaan terhadap elit

Partai Demokrat memang bela-kangan terus dilakukan KPK. Se-belumnya, lembaga pimpinanAbraham Samad itu sempat me-minta keterangan dari SutanBhatoegana, Ruhut Sitompul,hingga Munadi Herlambang.Mereka diduga tahu, pernahmendengar, atau melihat dugaangratifikasi proyek Hambalangkepada Anas Urbaningrum.

Penelusuran masuk ke Kong-res PD karena ada dugaan Anasmenggunakan uang hasil gra-tifikasi untuk mendulang suara.Kabarnya, para pendukungnyamendapat uang jutaan, hinggadiberi ponsel BlackBerry. Anassendiri sudah ditetapkan se-bagai tersangka namun hinggakini belum juga ditahan.

Ketua KPK Abraham Samadmengatakan belum tahu pastikapan Anas akan ditahan. Selainberkas yang belum mencapai 75persen, tahanan KPK ternyatajuga sudah penuh. Bisa saja KPKmenitipkan Anas ke penjara lain,tapi dikhawatirkan dia bisa me-lakukan sesuatu.

“Ini merupakan tahanan yangmendapat perhatian dari selu-ruh masyarakat. Sama sepertikasus lain, kita usahakan ditahandi KPK dahulu,” tuturnya. (dim)

bisa ditetapkan menjadi tersang-ka,” kata Samad.

Airin dan Atut sudah diperiksaterkait beberapa kasus. Pertama,soal dugaan suap pengaturansengketa Pilkada Lebak, Bantenyang dilakukan Tubagus ChaeriWardhana atau yang biasa di-panggil Wawan. Seperti dike-tahui, pria tersebut merupakanadik dari Ratu Atut, dan jugasuami dari Airin.

Lantas, pernah juga ada pe-meriksaan untuk dugaan korupsipada pengadaan alat kesehatan(alkes) Provinsi Banten. Kasus-nya sendiri, sampai saat ini ma-sih dalam rana penyelidikan.Sedangkan kasus serupa tetapi diTangerang Selatan, sudah naikpenyidikan. Tersangkanya samadengan sengeketa Pilkada Le-bak, yakni Wawan.

Lebih lanjut Samad menjelas-kan, masyarakat terutama wargaBanten tidak perlu khawatir ka-lau KPK akan mengistimewakanAtut. Dia meyakinkan kalau dua

alat bukti cukup, siapa saja daridinasti Atut bisa jadi tersangka.“Kita nggak ada kendala. Siapasih Atut sehingga KPK harustakut,” imbuhnya.

Kemungkinan besar, eksposenanti masih seputar dugaan suappengaturan sengketa PilkadaLebak. Untuk kasus Alkes, meskiSamad sepakat bahwa Atut danAirin adalah kuasa penggunaanggaran yang bisa dimintai per-tanggungjawaban, itu masih ja-uh. Sebab, dia mengatakan perlupendalaman dan mencari alatbukti lagi.

Disamping itu, dia juga kem-bali mengatakan kalau dugaankorupsi yang terjadi di PemprovBanten masih banyak. Sakingbanyaknya, Samad mengaku lu-pa dan tidak bisa menyebutnyasatu-satu. “Jangan terlalu dinimenyimpulkan (soal langkahKPK), semua akan kita dalami,”tegasnya.

Terpisah, di gedung KPK, JubirJohan Budi S.P kembali meng-umumkan adanya penyitaanterhadap aset tersangka Akil

Mochtar. Kali ini, yang harusditempeli plang sita adalah saturumah sebidang tanah di DesaKarang Duhur, Petanahan, Ka-bupaten Kebumen. Keduanyadisita karena diduga terkait de-ngan pencucian uang Akil.

Sama seperti beberapa asetAkil lainnya, rumah dan tanahtersebut atas nama Muhtar Ef-fendi. Sosok tersebut sebelum-nya jadi perbincangan setelahKPK menyita 26 mobil sekaliguspada Jumat, 20 November lalu.Kabarnya, Muhtar adalah opera-tor pencucian uang Akil danmenjadi kasir untuk sengketaPilkada di wilayah Sumatera.

Lebih lanjut Johan meng-umumkan, penyitaan lainnyaadalah sebuah rumah di JalanPancoran Indah III no 8, Jakarta.Di rumah itulah istri Akil, RatuRita tinggal setelah resmi me-ninggalkan rumah dinas ketuaMahkamah Konstitusi (MK).“Plang sita sudah dipasangkemarin (Selasa, red),” jelasnya.

Setelah melakukan berbagaipenyitaan, Johan menyebut pe-

nyidik masih melakukan pene-lusuran. Belum ada tanda-tandabahwa penyidik KPK puas de-ngan sitaannya selama ini. Bu-kan tidak mungkin KPK akanmenemukan aset lainnya. “KPKmasih melakukan asset tracing.Masih didalami dan belum adakesimpulan,” katanya.

Pada bagian lain, Wamen-kumHAM Denny Indrayanamengabarkan kalau KPKmeminta pencegahan untukmenyelesaikan kasus Akil. Diaadalah Romi Herton yangmenjabat sebagai Wali KotaPalembang. Lantas, ada PNSPemprov Sumsel yang bernamaMasyito. Ada juga seorang priabernama Budi Antoni Aljufriserta Suzana Budi yang sehari-hari menjadi ibu rumah tangga.

Semuanya dicegah bepergianke luar negeri selama enambulan. “Terkait dugaan tindakpidana korupsi gratifikasi untukmempengaruhi putusan perkaradi Mahkamah Konstitusi dengantersangka Akil Mochtar,” jelasDenny. (dim)

Belum sampai 50 meter darigaris pantai, dia minta kaus me-rah yang terlanjur dilepas kemu-dian dilempar ke arahnya untukdipakai lagi. “Banyak ubur-uburdi sini,” seru Ibrahim kepada tim-nya yang siaga di atas sekocikaret.

Dengan berenang perlahan,dia menghadapi tantangan me-lintasi perairan di bawah jem-batan terpanjang di Indonesiaitu. Hingga akhirnya pada pukul17.10, Ibrahim mampu menye-lesaikan misinya.

Anto Pamona selaku manajersempat khawatir acaranya gagal.Terutama saat Ibrahim melintasdi bawah bentang tengah jem-batan Suramadu. Di lokasi ituIbrahim kembali diserang ubur-ubur. “Pengobatan kami lakukandari atas perahu karet denganmenyiramkan alkohol ke bebe-rapa bagian badan beliau yangdisengat,” terang Anto didam-pingi Ketua Tim Renang Ir-wansyah dari Dinas Pariwisata,Pemuda, dan Olahraga Kota Ta-rakan. (*/kim)

Yang pasti, Samad mengata-kan salah satunya ada kaitandengan temuan uang di ruangSekjen ESDM. Seperti diketahui,usai melakukan operasi tangkaptangan, penyidik KPK melaku-kan penggeledahan. Nah, saatmemeriksa ruang kerja WaryonoKarno, ditemukan uang USD 200ribu.

Bahkan, Samad sudah mem-beri kode kalau pembuktianuang itu terkait dengan suap adadi pengadilan. Apakah itu berartiSekjen ESDM akan menjadi ter-sangka” Tidak tahu pasti karenaSamad enggan membuka materipenyelidikan. Dia hanya memas-tikan kalau uang itu ada diruang-annya dan harus didalami.

Disamping itu, KPK juga se-dang mencari kebenaran ada-nya aliran uang dari Rudi ke DPR.Informasi itu muncul saat sidangtersangka Simon Gunawan, saatitu Rudi yang jadi saksi menye-but pernah memberi USD 200

ribu ke anggota Komisi VII. “Adabeberapa uang mengalir ke DPR,sebenarnya itu yang ingin kitadalami,” terangnya.

Sementara itu, Menteri ESDMJero Wacik kembali menegaskandirinya tidak tahu menahu terkaitUSD 200 yang ditemukan pe-myidik KPK di ruangan SekjenKementrian ESDM. Seperti se-belumnya, Jero mengaku awal-nya mengira duit tersebut me-rupakan uang operasional yangberkaitan dengan kementrian-nya. Dia juga mengaku tidaktahu jika temuan duit tersebutbukan dalam bentuk mata uangrupiah.

“Dari hari pertama saya kata-kana waktu saya dilapori, sayanggak tahu uang apa, saya pikirrupiah. Terus saya celetuk haripertama, kalau ada uang di ruangSekjen yah mungkin uang ope-rasional. Besoknya saya dapatkabar, dollar, saya langsung ralat.Cuma ralatnya ini nggak pernahdimuat,” akunya saat ditemui diKompleks Istana Kepresidenan,

kemarin.Karena itu, Jero akhirnya

mengasumsikan bahwa duit ter-sebut jelas bukan merupakanuang operasional kementrianESDM. Dia pun menekankan,tidak tahu asal muasal duit ter-sebut. “Sumbernya saya tidaktahu. Pak Sekjen yang tahu. PakSekjen juga sudah diperiksaKPK,” ujarnya.

Sekretaris Majelis Tinggi PartaiDemokrat itu pun meminta agarpublic maupun media, tidak sem-barang menginterpretasikankasus korupsi SKK Migastersebut. Dia menyarankan pena-nganan kasus tersebut diserah-kan sepenuhnya kepada KPK.

“Jadi interpretasinya janganterlalu banyak. Jangan diinter-petasikan begini begitu. Kitadengarkan apa kata KPK. Sayajuga sudah memberikan ketera-ngan, semua pertanyaan sudahsaya jawab, 41 pertanyaan kanbanyak. Kita serahkan ke KPK.Saya percaya pada KPK,”imbuhnya. (dim/ken)

Giliran Dalami Peran Sekjen ESDMdari halaman 1

3 Ribu PekerjaMigran DiperiksaPolisi

SINGAPURA - Polisi Singa-pura bergerak cepat menyelidikikasus kerusuhan rasial di kawa-

san Little India. Lebih dari 3.500pekerja migran diperiksa terkaitdengan kerusuhan terburuk diNegeri Singa selama 40 tahunterakhir.

Ada 3 warga negara India lainyang didakwa terlibat dalam ke-rusuhan itu kemarin (11/12).

Mereka menambah daftar 24 ter-sangka dalam kasus yang samasehari sebelumnya. Ancamanhukuman yang mereka hadapiadalah cambuk dan penjarahingga 7 tahun.

Diperkirakan, 400 pekerja mi-gran asal Asia Selatan beraksi

brutal di jalanan Little IndiaMinggu malam (8/12) setelahseorang pekerja konstruksi Indiatewas ditabrak bus swasta. Kare-na kekerasan tersebut, sebanyak39 polisi dan anggota tim tanggapdarurat terluka.

Juru bicara polisi kepada AFP

menyatakan, sejauh ini 176 pria,termasuk mereka yang sudahdijebloskan ke tahanan, telahdiperiksa. Sekitar 3.700 pekerjaasing yang tinggal di sejumlahrumah asrama juga sudah di-periksa soal kasus tersebut.

Polisi tidak memerinci kewar-ganegaraan para saksi dan ter-sangka yang diperiksa. Aparathanya memastikan 25 mobil,

termasuk 16 mobil milik polisi,rusak atau dibakar.

Sopir bus berkewarganega-raan Singapura, 55, yang mena-brak korban, Sakthivell Kumara-velu, 33, telah dibebaskan de-ngan jaminan setelah didakwadengan pasal kelalaian hinggamengakibatkan orang lain me-ninggal. Aktivis menyerukankepada aparat untuk mengung-

kap apakah kerusuhan Minggumalam tersebut merupakanindikasi dari ketidakpuasan parapekerja migran atas rendahnyaupah yang mereka terima.

Menteri Dalam Negeri Singa-pura Teo Chee Hean yang mem-bawahkan urusan keamananmenegaskan, polisi telah me-ningkatkan pengawasan danmenambah personel. (AFP)

Singapura Sidik Pendatang

CCCCCMMMMMYYYYYKKKKK

CCCCCMMMMMYYYYYKKKKK

BISNISKAMIS , 12 DESEMBER 2013 8

RADAR TEGAL

Bank Jateng Kantor Capem Pasar PagiPindah Lokasi dan Berganti Nama

Teguh Hartanto,Pemimpin Cabang KoordinatorPT. Bank Jateng Tegal

Malam Ini DigelarTasyakuran

TEGAL – PT. Bank Jateng CabangPembantu (Capem) Pasar Pagi di Ja-lan A Yani Kota Tegal akan berpindahlokasi di Ruko Palm Town House Ja-lan Abimanyu Kota Tegal dan menjadiCapem Kota Tegal. Sebelum ber-operasi, hari ini, Kamis (12/12) malamdiadakan syukuran sebagai ungkapanrasa terima kasih karena segala se-suatunya bisa berjalan dengan lancar.

Teguh Hartanto, Pemimpin CabangKoordinator PT. Bank Jateng Tegalmembenarkan hal itu. Menurutnya,secara resmi PT. Bank Jateng CapemKota Tegal akan beroperasi padaSenin (16/12) untuk melayaninasabah. Perpindahan lokasi diha-rapkan bisa lebih mendekatkan nasa-bah Bank Jateng agar kebutuhan akanlayanan perbankan yang ada bisaterjangkau, khususnya di KelurahanKejambon, Slerok, Panggung, Min-taragen, Mejasem dan sekitarnya.Langkah awal yang dilakukan se-belum resmi beroperasi adalah de-ngan menggelar tasyakuran denganmengundang nasabah, warga sekitardan rencananya akan dihadiri olehHabib Ali Zaenal Abidin yang jugaakan memberikan tausyiyah. Harap-annya, dengan beroperasinya KantorCapem Kota Tegal di lokasi yang baru,maka asset yang ada selama ini bisaterus meningkat dan pelayanan ke-pada nasabah senantiasa akan terusditingkatkan pula. Di Kantor CapemKota Tegal yang baru nantinya jugaterdapat ATM yang dapat diman-faatkan oleh nasabah untuk mela-kukan berbagai transaksi sesuai ke-butuhan masing-masing. Saat ini, PT.Bank Jateng Cabang Koordinator

Tegal memiliki 2 Kantor Capem dan 6Kantor Kas. Kepada seluruh masya-rakat dan nasabah Bank Jateng padakhususnya, perpindahan Kantor Ca-pem ini diharapkan bisa menjadisebuah momentum untuk terusmemberikan layanan secara profes-sional sehingga semua kebutuhanperbankan yang ada bisa diberikansecara maksimal.

“Malam ini kami menggelar tasya-kuran di lokasi baru dan Senin lusaCapem Kota Tegal sudah bisa ber-operasi penuh untuk melayani nasa-bah,” katanya.

Di tahun 2014, lanjutnya, terdapatrencana kerja berupa peningkatanstatus Kantor Kas Margadana men-jadi Kantor Capem Margadana. Halini tidak lain adalah untuk membe-rikan pelayanan terbaik kepada se-luruh nasabah yang selama ini sudahmemberikan kepercayaan kepadaBank Jateng. Tidak hanya itu, PT.Bank Jateng koordinator Tegal jugaditunjang oleh mesin ATM di be-berapa lokasi seperti di Poltek Harap-an Bersama Tegal, RSUD Kardinah,RSIA Pala Raya dan Eks Dedy JayaPlaza serta memberikan layanan lebihdekat kepada nasabah melalui mobilkas keliling. Melalui mobil kas keliling,masyarakat bisa membuka rekeningbaru, menabung, melakukan transaksipenarikan tunai dan sebagainyadengan lebih dekat tanpa harusdatang ke bank. Satu lagi, di 2014mendatang, PT. Bank jateng jugaakan memberikan perhatian lebihatau peduli wanita dengan ikutambil bagian dalam berbagaievent yang ada di tengahmasyarakat. Untuk kinerja PT.Bank Jateng Cabang Koor-dinator Tegal, per November2013 akhir, Dana Pihak Ketiga

(DPK) mengalami peningkatan 106persen dari sebelumnya Rp 458 miliarmenjadi Rp 488 miliar. Kreditterealisasi 99,86 persen dari Rp 541,5miliar menjadi Rp 540,7 miliar. Untukasset saat ini mencapai Rp 546 miliar,meningkat dari sebelumnya hanya Rp506 miliar. Kinerja yang berhasil diraihtentu tidak lepas dari kepercayaanserta apresiasi masyarakatyang selama ini telah

memberikan kepercayaan kepadaBank Jateng baik di dalammenyimpan dana yang ada maupunmelakukan transaksi perbankanlainnya. Apa yang dicapai selama initentu akan dipertahankan dan kedepannya akan terus ditingkatkan.

“Kepercayaan nasabah akan selalukami jaga sehingga Bank Jateng selalu

menjadi pilihan bagi masyarakat,”jelasnya. (adv/gun)

Bengkel Resmi Yamaha Agung Motor

Hadirkan LayananTerbaik Bagi Pelanggan

TEGAL – Pemilik sepedamotor Yamaha di Tegal dan

sekitarnya tentu bisa merasatenang saat membutuhkan

perawatan maupun per-gantian suku cadang. Hal ini

karena bengkel resmi YamahaAgung Motor senantiasamemberikan pelayananterbaik kepada seluruh

pelanggan yang datang.

Kepala Bengkel Yamaha AgungMotor Fajar Aruma mengungkapkan, pemilik sepeda motor

Yamaha yang membutuhkan perawatanberkala maupun pergantian spare parttidak perlu ragu untuk datang. Di sini,terdapat 11 mekanik handal yang sudahberpengalaman dan senantiasa siapmemberikan hasil maksimal di dalamsetiap pekerjaan. Saat membutuhkanspare part, semua tersedia lengkap danini tentu saja akan memudahkan pelang-gan yang datang.

Semua itu didukung dengan peralatanbengkel yang modern untuk menjaminpekerjaan bisa berjalan baik dan benar.Setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 16.00WIB, pengunjung bisa datang dan apa-bila ingin mendapatkan kemudahan,juga bisa melakukan booking servicedengan telepon maupun SMS ke082324155414 atau datang langsung kebengkel. Layanan lain yang diberikanadalah melalui jemput bola dengan da-tang ke rumah pelanggan yang didukungdengan mobil servive keliling. Untuk hariMinggu, layanan bengkel tetap bukahingga pukul 12.00 WIB.

“Semua kami hadirkan agar apa yangdibutuhkan pelanggan bisa diberikandan dikerjakan dengan hasil terbaik,”

katanya.Selain itu, lanjut Fajar, terdapat bera-

gam fasilitas pendukung saat pelangganmenunggu sepeda motornya diservice.Layanan tersebut berupa kursi pijat,internet, PlayStation, snack, musholahingga cuci motor. Semuanya diberikansecara gratis kepada pelanggan yangmelakukan service. Dengan tambahan

fasilitas tersebut, maka pengunjung bisamerasa nyaman saat menunggu sepedamotornya dikerjakan oleh mekanik.Waktu luang yang ada bisa dimanfaat-kan untuk browsing internet, melemas-kan otot dengan kursi pijat atau mencobapermainan baru melalui PS sembari me-nikmati snack yang dihidangkan.

Untuk itu, sekali lagi dia mengajak

kepada pemilik sepeda motor Yamahaagar tidak perlu ragu untuk datang agarsepeda motor selalu berada dalam kon-disi prima dengan perawatan rutin secaraberkala.“Semua sengaja kami hadirkanagar pelanggan selalu mendapatkankenyamanan saat melakukan service dibengkel resmi Yamaha Agung Motor,”pungkasnya. (gun)

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

SELESAIKAN PEKERJAAN – Mekanik di bengkel resmi Yamaha Agung Motor menyelesaikan pekerjaan dengan dukunganperalatan modern.

TEGAL – Pengunjung Pa-cific Mall Tegal nampak me-manfaatkan pameran CitraLand Tegal yang akan ber-akhir 22 Desember 2013 men-datang. Di sini, pengunjungbisa melihat berbagai tipeyang ditawarkan sehinggakesempatan mendapatkanhunian terbaik yang bisa men-jadi investasi menguntung-kan semakin terbuka lebar.

Santoso (43), salah seorangpengunjung mengaku senangkarena melalui pameran, ma-syarakat bisa mengenal lebihdekat Citra Land dan tipe apasaja yang dihadirkan. Rumahmerupakan kebutuhan yangharus dipenuhi dan memilihperumahan harus tepat un-tuk kenyamanan seluruhanggota keluarga. Selamaini, Citra Land dikenal de-ngan konsep hunian yangmatang dan selalu mengu-tamakan kenyamanan seka-ligus keamanan bagi peng-huninya dan di sinilah nilaitambah yang banyak dicarimasyarakat. Dengan lokasiyang strategis dan konsep

yang terintegral, ini juga bisamenjadi sebuah investasiyang menguntungkan bagikonsumen.

Waktu pameran yang ma-sih lama bisa memberikankesempatan atau peluangselebar-lebarnya bagi wargaTegal dan sekitarnya untukmelihat serta segera menen-tukan pilihan agar huniantersebut bisa segera dimiliki.

“Pemilihan lokasi pame-ran juga sangat tepat sehing-ga banyak dimanfaatkan pe-ngunjung mall,” jelasnya.

Pengunjung lainnya, Widi(41) mengungkapkan, me-milih sebuah perumahan ti-dak bisa dilakukan dengantergesa-gesa. Semua harusdibicarakan terlebih dahuludengan keluarga serta me-lihat konsep apa yang dita-warkan. Dengan pameranseperti ini, maka bisa dilihatdari dekat konsep yang dita-warkan pengembang melaluimaket yang ada. “Rumah jugabisa menjadi investasi me-nguntungkan di masa men-datang,” terangnya. (gun)

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

LIHAT PAMERAN - Pengunjung melihat pameran CitraLand Tegal di lantai dasar Pacific Mall Tegal.

PengunjungManfaatkan PameranCitra Land Tegal

CMYK

METROPOLISRADAR TEGAL

9KAMIS, 12 DESEMBER 2013

CMYK

Teguh Hartanto

Terbaik untukNasabahMEMBERIKAN

pelayanan terbaikpada nasabah, jadikeharusan bagi me-reka yang bekerja disektor jasa. Untukitu, Teguh Hartantoselaku pimpinanBank Jateng CabangKoordinator, ber-upaya memberikanpelayanan terbaik-

nya.Mengawali sapaan dengan senyum, serta mem-

berikan pelayanan profesional, sesuai kebutuhannasabah, juga akan menjaga kepercayaan. Sehing-ga terjalin ikatan emosional yang baik. Ketikanasabah merasa puas atau senang, dengan layan-an yang diberikan, mereka jadi tambah loyal. Kerjasama yang terjalin, dapat dipertahakan dan diting-katkan demi kebaikan bersama. “Inilah yang cobakami terapkan, dalam memberikan pelayananterbaik pada seluruh nasabah,” jelasnya. (gun)

BijakdalamMembeliKebutuhan

JELI MEMANFAATKAN

PROMO

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

KANCA BATIR

HEMAT PENGELUARAN – Memanfatkanpromo belanja, dapat menghematpengeluaran. Sehingga bisa dipakaimembeli barang kebutuhan lain.

BANYAK cara yang dilakukanmasyarakat, dalam mencukupikebutuhan sehari-hari. Ada yangmemilih belanja di pasar tradi-sional. Tidak sedikit memilih pasarmodern, atau pusat perbelanjaan.Pemilihan waktu belanja jugaberbeda. Karena ada yang ber-belanja kebutuhan seminggu se-kali, setiap hari, dan ada pula yangbelanja tiap bulan sekaligus.

TragediBintaro,Bukan yangPertamaWarga Merinding,Cerita PengalamanDarman

TRAGEDI Bintaro Senin sianglalu, bukan kali pertama kecela-kaan kereta yang dialami DarmanPrasetyo, sebagai masinis keretaapi. Sebelumnya, pengemudi mo-

da transportasi darat CommuterLine 1131 itu, pernah mengalamisejumlah kecelakaan kereta api.Sebulan sebelum terjadinya kece-lakaan kereta api yang merenggutnyawanya sendiri, dia pernah men-ceritakan pengalaman seramnya,selama jadi masinis kepada tetang-ganya, Yusri Abdul Rochim (58).

ADI MULYADI/RATEG

DOA BERSAMA – Tetangga Masinis Commuter Line 1131, DarmanPrasetyo, menggelar salat gaib dan doa bersama untuk korban.

KPU Ancam akanCoret Nama Caleg

KPU mengingatkan calon ang-gota legislatif (caleg), yang ditetap-kan dalam Daftar Caleg Tetap(DCT), agar menaati aturan. Kalautidak, lembaga penyelenggara pe-milu itu, bakal mencoret namayang bersangkutan. Hal ini menyu-sul adanya surat edaran KPU pusatnomor 824/KPU/XII/2013, tanggal5 Desember 2013, perihal pengun-duran diri dan meninggal duniacalon anggota DPR, DPD, DPRDpropinsi, dan DPRD kabupaten/kota pasca penetapan DCT.

Menurut Divisi Pencalonan KPU,Dra Siti Mudrikah, bagi caleg yangditetapkan dalam DCT, supayamemperhatikan aturan. Salah satu-nya terkait surat Panwaslu, soallarangan caleg jadi fasilitator PNPMMandiri.

“Sesuai surat edaran KPU pusat,bukan cuma fasilitator PNPM Man-diri yang harus mundur. Bila tidakingin namanya dicoret dari DCT.Calon anggota DPR, DPD, DPRD

propinsi, dan DPRD kabupaten/kota yang jadi kepala daerah, wakilkepala daerah, PNS, anggota TNIatau anggota Polri, direksi, komi-saris, dewan pengawas, dan kar-yawan pada badan usaha milik ne-gara dan atau badan usaha milikdaerah, dan pengurus badan lain-nya yang anggarannya bersumberdari keuangan negara setelah pe-netapan DCT, maka calon ber-sangkutan dinyatakan tidak me-menuhi syarat, dengan menge-luarkan/menghapus nama calontersebut dari DCT, tanpa meng-ubah nomor urut calon di bawah-nya.”

Dia menambahkan, mendasarisurat edaran KPU, nama caleg yangditetapkan DCT saat dicoret tidakdapat diganti. Kolom dikosongkan,tanpa mengubah nomor urut calegdi bawahnya. Surat ini sangatpenting diperhatikan, KPU sudahmenetapkan DCT.

PENJELASAN -Divisi Hukum danKampanye KPU,Agus WijanarkoSH, memberikanpenjelasan padacaleg yangdatang, danmemintapenjelasan soallaporan danakampanye,kemarin (11/12).

Belum Terima Laporan Dana KampanyeSAMPAI saat ini, belum ada parpol

melaporkan dan menyerahkan danaawal kampanye. Padahal sesuaiaturan, paling lambat tanggal 27Desember 2013. Kalau sampai batasakhir, ada yang tidak menyerahkan.Maka calon anggota legislatif (caleg)

terpilih, yang berasal dari parpolterkait, tidak dapat ditetapkan jadianggota DPRD periode 2014 - 2019.

Menurut Divisi Hukum dan Kam-panye KPU, Agus Wijanarko SH,sesuai Peraturan KPU Nomor 17 Ta-hun 2013, calon anggota DPR, DPRD

propinsi, dan DPRD kabupaten/kota, wajib mencatat penerimaanserta pengeluaran dana kampanyeyang bersangkutan pada partai poli-tik. Selanjutnya, parpol melapor-kannya pada KPU.

M SAEKHUN/RATEG

PULUHAN pedagang asongan(pengasong) di lingkungan Termi-nal Bus Kota Tegal, dilatih meng-operasikan komputer dan peng-gunaan internet. Kegiatan yangdigagas Taman Baca Masyarakat(TBM) Sakila Kerti Terminal, danPoliteknik Harapan Bersama(Harber) dilangsungkan selama10 hari.

Pengelola TBM Sakil Kerti Termi-nal, Dr Yusqon MPd mengatakan,TBM-nya kini dilengkapi jaringanWiFi internet, serta beberapa pe-rangkat elektronik bantuan DinasPendidikan (Disdik) Kota Tegal.Dengan adanya fasilitas dimaksud,muncul ide menambah pengeta-huan para pengasong, khususnyaterkait teknologi.

“Gayung bersambut. Poltek Har-ber menawarkan aplikasi pelak-sanaan tri dharma perguruan tinggi,yang salah satunya pengabdianmasyarakat. Jadilah pelatihan kom-

puter dan internet untuk penga-song,” ujarnya di sela-sela pela-tihan, kemarin (11/12).

Yusqon menyatakan, jumlah pe-ngasong yang mengikuti pelatihan25 orang. Acara dilaksanakan 10hari ke depan, terhitung hari ini(kemarin). Dia berharap, setelahmengikuti pelatihan, pengasongtidak lagi gagap teknologi (gaptek).Mereka mampu memanfaatkan pe-ngetahuannya, guna menambahjaringan. Bahkan tidak menutupkemungkinan, menawarkan daga-ngannya secara online. Denganbegitu, kesejahteraan para peng-asong lebih meningkat. “Karenatempat terbatas, pelatihan diberi-kan secara bergilir,” imbuhnya.

Kesempatan sama, Dosen Tek-nik Komputer Poltek Harber, Don-na W P SKom membenarkan, pela-tihan komputer dan internet bagipengasong terminal, bersama TBMSakila Kerti, merupakan pengab-

dian masyarakat. Fokusnya sosia-lisasi pada masyarakat untuk sadarteknologi.

“Kami dan beberapa mahasiswa,mengajarkan bagaimana meng-operasikan komputer, dan meng-gunakan internet pada pengasong.Disamping diberikan teori denganpraktek langsung memakai laptopmahasiswa,” ujarnya.

Menurutnya, antusiasme pe-ngasong untuk belajar teknologicukup tinggi. Terbukti selama ber-langsungnya pelatihan, merekasemangat bahkan rela tidak ber-dagang selama beberapa jam.

Sementara Ketua PaguyubanPengasong Terminal Maju BangkitBersama (Mabes), Saryadi menya-takan, apa yang dilakukan TBMSakila Kerti dan Poltek Harber, sa-ngat bermanfaat bagi pengasong.“Kami senang dan menyambut baikpelatihan ini,” tuturnya.

Pengasong Dilatih Komputer dan Internet

ADI MULYADI/RATEG

BELAJAR TEKNOLOGI - Para pengasong di Terminal Bus Kota Tegal,dilatih mengoperasikan komputer dan menggunakan internet, dipelataran TBM Sakila Kerti Terminal. Kegiatan selama 10 hari berturut-turut, dengan total peserta 25 orang pengasong.

ADI MULYADI/RATEG

PERIKSA CUKAI - Seorang petugas sedangmemeriksa cukai rokok dengan menggu-nakan alat pendeteksi di salah satu wa-rung di kawasan Terminal Bus, Senin lalu.

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 1ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 1

KAMIS 12 DESEMBER 2013

TEGALMETROPOLISRADAR TEGAL

10

KANCA BATIRTeguh Hartanto

Terbaik untukNasabahMEMBERIKAN pelayanan terbaik

pada nasabah, jadi keharusan bagimereka yang bekerja di sektor jasa.Untuk itu, Teguh Hartanto selakupimpinan Bank Jateng Cabang Koor-dinator, berupaya memberikan pela-yanan terbaiknya.

Mengawali sapaan dengan se-nyum, serta memberikan pelayananprofesional, sesuai kebutuhan nasa-bah, juga akan menjaga kepercayaan.Sehingga terjalin ikatan emosional

yang baik. Ketika nasabah merasa puas atau senang, dengan layananyang diberikan, mereka jadi tambah loyal. Kerja sama yang terjalin,dapat dipertahakan dan ditingkatkan demi kebaikan bersama. “Inilahyang coba kami terapkan, dalam memberikan pelayanan terbaik padaseluruh nasabah,” jelasnya. (gun)

TragediBintaro,Bukan yangPertama

TRAGEDI Bintaro Senin sianglalu, bukan kali pertama kecela-kaan kereta yang dialami Dar-man Prasetyo, sebagai masiniskereta api. Sebelumnya, penge-mudi moda transportasi daratCommuter Line 1131 itu, pernahmengalami sejumlah kecelakaankereta api. Sebulan sebelum ter-jadinya kecelakaan kereta apiyang merenggut nyawanya sen-diri, dia pernah menceritakanpengalaman seramnya, selamajadi masinis kepada tetangga-nya, Yusri Abdul Rochim (58).

Ditemui wartawan, kemarin(10/12) malam, Yusri berkisahtentang pengalaman yang di-sampaikan Darman. “Saya sam-pai merinding, mendengar ceritaDarman. Dia (Darman, red) ber-cerita kepada saya, sekitar sebu-lan lalu. Katanya, kereta yangdikendarainya menabrak orang.”

Darman, sambung Yusri, men-ceritakan pengalaman seram-nya, lantaran dia bertanya danpenasaran, dengan maraknyakecelakaan di perlintasan keretaapi. Menurut dia, dalam obrolanwaktu itu, sempat menyinggungtabrakan kereta Argo Dwipang-ga, dan mobil pick up di Indra-mayu. Kejadian awal Oktoberlalu, mengakibatkan korban te-was hingga 13 orang. “Darmanbercerita tentang keretanya,yang menabrak orang denganekspresi datar,” imbuhnya.

Darman bilang, masinis tidakbisa mendadak menghentikanlaju kereta dengan rem, kendatimengetahui ada orang atau ken-daraan menyeberang. Atau or-ang sengaja bunuh diri, denganmenghadang laju kereta. Alasan-nya, bila direm mendadak bakal

berakibat fatal. Bahkan menye-babkan atau menelan korbanlebih banyak. Kereta yang melajudalam kecepatan tinggi, bisakeluar dari rel, dan terguling ka-rena pengereman mendadak.“Saat Darman cerita pengala-mannya, tidak bilang sudah be-rapa kali keretanya menabrak or-ang. Darman tidak menjelaskansecara detail, di daerah manasaja keretanya menabrak orang.”

Dalam obrolan tersebut, Dar-man juga mengaku tidak tahu,apakah orang yang tertabrakkeretanya termasuk penyebe-rang, atau orang sengaja bunuhdiri. Sebab kereta melaju, dan ba-ru berhenti di stasiun terdekat.

Yusri yang merupakan ayahteman sebaya masinis naas ter-sebut menambahkan, Darmanhanya bercerita, kalau dia lang-sung membersihkan bercak da-rah di keretanya. Termasuk ser-pihan tubuh orang tertabrak,yang masih menempel di kereta.“Darman mengumpulkan ce-ceran daging, dan membersih-kan bercak darah setelah keretaberhenti.”

Tetangga lain yang rumahnyaberhadapan dengan rumah Dar-man, Heriyanto Soib (55), me-ngaku pernah mendengar ceritaitu dari Darman. Namun, diaterpaksa menghentikan kisahpengalaman tetangganya, lan-taran merinding mendengarnya.

Sementara itu, Selasa malamkemarin, warga RT 03 RW 11Panggung, Tegal Timur meng-adakan doa bersama dan salatgaib untuk Darman. Itu dilang-sungkan di Masjid Syuhada,kurang lebih 50 meter dari ke-diaman Darman. (adi)

HEMAT PENGELUARAN – Memanfatkanpromo belanja, dapat menghematpengeluaran. Sehingga bisa dipakaimembeli barang kebutuhan lain.

ROCHMAN GUNAWAN/RATEG

Jeli Memanfaatkan PromoBANYAK cara yang dilaku-kan masyarakat, dalam mencu-kupi kebutuhan sehari-hari.Ada yang memilih belanja dipasar tradisional. Tidak sedikitmemilih pasar modern, ataupusat perbelanjaan. Pemilihanwaktu belanja juga berbeda.Karena ada yang berbelanjakebutuhan seminggu sekali,setiap hari, dan ada pula yangbelanja tiap bulan sekaligus.

Seperti diungkapkan Yuliana(38), warga Jalan Perintis Kemer-dekaan Tegal, waktu membelikebutuhan untuk keluarga. Me-nurutnya, berbelanja harus di-lakukan dengan bijak, mulaiperencanaan, memilih lokasi

belanja, sampai menyiapkananggaran agar tidak membeng-kak. Kebutuhan utama sepertiberas, gula pasir, dan minyak sa-yur, jadi prioritas setiap minggu.

Di akhir pekan, dia biasanyaberbelanja kebutuhan terse-but, bersama suami dan anak-nya. Setelah kebutuhan pokokterpenuhi, dilanjutkan membe-li kebutuhan sekunder. Misal-nya jajanan, aneka kue untukcemilan dan sebagainya. Diajuga tidak membatasi diri, me-milih lokasi belanja. Bisa di pa-sar taradisional, mall maupun

toko yang dekat dengan rumah.Namun yang penting, semuakebutuhan keluarga terpenuhidengan baik. “Kami memilihbelanja di akhir pekan, sembarimengisi waktu luang,” jelasnya.

Lain halnya dengan Kurniati(40), warga Jalan Serayu Tegal.Dia memilih pusat perbelan-jaan atau mall, untuk memper-oleh beragam kebutuhan ke-luarga. Lokasi yang nyamandan bisa memilih sendiri sesuaikebutuhan, jadi salah satu alas-an yang dia lontarkan. Gunamenghemat pengeluaran, tiap

kali berbelanja, dia mencariproduk apa saja yang sedangpromo atau diskon. Selisih har-ga normal dengan harga pro-mo, jika dikumpulkan dapat di-pakai membeli kebutuhan lain.Dia juga mengaku tidak memi-liki jadual tertentu dalam ber-belanja. Begitu kebutuhan dirumah mulai menipis, saat itu-lah dia mulai pergi berbelanja.

Ketika disinggung berapaanggaran yang dikeluarkan da-lam sebulan. Dia memperkira-kan bisa menghabiskan di atasRp1,5 juta, untuk membeli ke-

butuhan pokok. Jumlah itu be-lum termasuk keperluan seko-lah anak, pakaian, dan kebu-tuhan lain sifatnya tertier.

Untuk itulah, dia mencobamemanfaatkan promo, supayaselisih harga yang dikumpulkanjadi tambahan membeli keper-luan lain. Bila tidak jeli dan disi-plin berbelanja, uang yang se-harusnya ditabung, justru di-gunakan membeli berbagai ke-butuhan yang sebetulnya tidakmendesak pemenuhannya.“Kebutuhan pokok seperti sem-bako, selalu kami dahulukan.Jika ada anggaran lebih, baru di-pakai membeli kebutuhan lain,”tandasnya. (rochman gunawan)

PULUHAN pedagang asong-an (pengasong) di lingkunganTerminal Bus Kota Tegal, dilatihmengoperasikan komputer danpenggunaan internet. Kegiatanyang digagas Taman Baca Ma-syarakat (TBM) Sakila Kerti Ter-minal, dan Politeknik HarapanBersama (Harber) dilangsung-kan selama 10 hari.

Pengelola TBM Sakil Kerti Ter-minal, Dr Yusqon MPd menga-takan, TBM-nya kini dilengkapijaringan WiFi internet, serta be-berapa perangkat elektronikbantuan Dinas Pendidikan (Dis-dik) Kota Tegal. Dengan adanyafasilitas dimaksud, muncul idemenambah pengetahuan parapengasong, khususnya terkaitteknologi.

“Gayung bersambut. PoltekHarber menawarkan aplikasi pe-laksanaan tri dharma perguruantinggi, yang salah satunya peng-abdian masyarakat. Jadilah pela-tihan komputer dan internet un-tuk pengasong,” ujarnya di sela-sela pelatihan, kemarin (11/12).

Yusqon menyatakan, jumlahpengasong yang mengikuti pe-latihan 25 orang. Acara dilaksa-nakan 10 hari ke depan, terhitunghari ini (kemarin). Dia berharap,setelah mengikuti pelatihan,pengasong tidak lagi gagap tek-nologi (gaptek). Mereka mampumemanfaatkan pengetahuan-nya, guna menambah jaringan.Bahkan tidak menutup kemung-kinan, menawarkan dagangan-nya secara online. Dengan be-

gitu, kesejahteraan para peng-asong lebih meningkat. “Karenatempat terbatas, pelatihan dibe-rikan secara bergilir,” imbuhnya.

Kesempatan sama, DosenTeknik Komputer Poltek Harber,Donna W P SKom membenar-kan, pelatihan komputer daninternet bagi pengasong termi-nal, bersama TBM Sakila Kerti,merupakan pengabdian masya-rakat. Fokusnya sosialisasi padamasyarakat sadar teknologi.

“Kami dan beberapa maha-siswa, mengajarkan bagaimanamengoperasikan komputer, danmenggunakan internet pada pe-ngasong. Disamping diberikanteori dengan praktek langsungmemakai laptop mahasiswa,”ujarnya. (adi)

Pengasong Dilatih Komputer dan Internet

ADI MULYADI/RATEG

BELAJAR TEKNOLOGI - Para pengasong di Terminal Bus KotaTegal, dilatih mengoperasikan komputer dan menggunakaninternet, di pelataran TBM Sakila Kerti Terminal. Kegiatan selama10 hari berturut-turut, dengan total peserta 25 orang pengasong.

KPU Ancam akanCoret Nama Caleg

KPU mengingatkan calonanggota legislatif (caleg), yangditetapkan dalam Daftar CalegTetap (DCT), agar menaati atur-an. Kalau tidak, lembaga pe-nyelenggara pemilu itu, bakalmencoret nama yang bersang-kutan.

Hal ini menyusul adanya suratedaran KPU pusat nomor 824/KPU/XII/2013, tanggal 5Desember 2013, perihal pengun-duran diri dan meninggal duniacalon anggota DPR, DPD, DPRDpropinsi, dan DPRD kabupaten/kota pasca penetapan DCT.

Menurut Divisi PencalonanKPU, Dra Siti Mudrikah, bagicaleg yang ditetapkan dalamDCT, supaya memperhatikanaturan. Salah satunya terkait suratPanwaslu, soal larangan calegjadi fasilitator PNPM Mandiri.

“Sesuai surat edaran KPU pu-sat, bukan cuma fasilitatorPNPM Mandiri yang harus mun-dur. Bila tidak ingin namanyadicoret dari DCT. Calon anggotaDPR, DPD, DPRD propinsi, danDPRD kabupaten/kota yang ja-di kepala daerah, wakil kepaladaerah, PNS, anggota TNI atauanggota Polri, direksi, komisaris,dewan pengawas, dan karyawanpada badan usaha milik negara

dan atau badan usaha milik dae-rah, dan pengurus badan lain-nya yang anggarannya bersum-ber dari keuangan negara setelahpenetapan DCT, maka calonbersangkutan dinyatakan tidakmemenuhi syarat, dengan me-ngeluarkan/menghapus namacalon tersebut dari DCT, tanpamengubah nomor urut calon dibawahnya.”

Dia menambahkan, menda-sari surat edaran KPU, nama ca-leg yang ditetapkan DCT saatdicoret tidak dapat diganti. Ko-lom dikosongkan, tanpa meng-ubah nomor urut caleg di ba-wahnya. Surat ini sangat pentingdiperhatikan, KPU sudah mene-tapkan DCT. Karena sesuai surattersebut, nama caleg dapat diha-pus atau dikeluarkan, pasca pe-netapan DCT.

“Caleg yang meninggal duniaatau mengundurkan diri, de-ngan disetujui Parpol atau telahdijatuhi pidana berdasarkan pu-tusan pengadilan yang mem-punyai kekuatan hukum tetap.Karena melakukan tindak pi-dana, diancam pidana 5 tahunatau lebih, dinyatakan tidak lagimemenuhi syarat calon, dan ti-dak dapat dilakukan penggan-tian,” paparnya. (hun)

PENJELASAN -Divisi Hukumdan KampanyeKPU, AgusWijanarko SH,memberikanpenjelasanpada caleg yangdatang, danmemintapenjelasan soallaporan danakampanye,kemarin (11/12).

M SAEKHUN/RATEG

Belum Terima Laporan Dana KampanyeSAMPAI saat ini, belum ada

parpol melaporkan dan menye-rahkan dana awal kampanye.Padahal sesuai aturan, palinglambat tanggal 27 Desember2013. Kalau sampai batas akhir,ada yang tidak menyerahkan.Maka calon anggota legislatif(caleg) terpilih, yang berasal dariparpol terkait, tidak dapat dite-tapkan jadi anggota DPRD pe-riode 2014 - 2019.

Menurut Divisi Hukum danKampanye KPU, Agus WijanarkoSH, sesuai Peraturan KPU Nomor17 Tahun 2013, calon anggotaDPR, DPRD propinsi, dan DPRDkabupaten/kota, wajib mencatatpenerimaan serta pengeluarandana kampanye yang bersang-kutan pada partai politik. Selan-jutnya, parpol melaporkannyapada KPU.

“Dana kampanye setiap caleg,bagian dari dana kampanye par-pol. Sumber dana kampanyeparpol, salah satunya berasaldari caleg. Karena itu, setiap

caleg wajib mencatat dan mela-porkannya.”

Dia memaparkan, sesuai Per-aturan KPU Nomor 17 Tahun2013, tentang Pedoman Pelapor-an Dana Kampanye Pemilu Ca-lon Anggota DPR RI, DPD, DPRDPropinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota sangat tegas. Bagi pesertapemilu (parpol atau calon ang-gota DPD) yang tak melaporkandana kampanye, sanksinya di-diskualifikasi. Dengan begitu,caleg terpilih karena parpolnyatidak melaporkan dana kampa-nye, bisa tidak ditetapkan. “Kamiminta caleg melaporkannya.Baik dana masuk atau keluar,dilaporkan ke parpol bersang-kutan, untuk disampaikan keKPU. Sampai saat ini, belum adaparpol menyerahkan data danakampanye,” papar Agus.

Lebih lanjut dia menjelaskan,karena masih ada waktu, KPUtidak terlalu mempermasalah-kan, bila belum ada satu punyang menyerahkan laporan saat

ini. Kalau sampai 25 Desember2013, ada parpol belum menye-rahkannya, KPU akan meng-ingatkan. “Laporan dana awalkampanye bisa diserahkan se-karang, dengan syarat laporansempurna. Kalau selama belummelewati batas waktu, masihwajar parpol belum menyerah-kan.”

Dia menekankan, guna meng-audit laporan dana kampanyeparpol, pihaknya menggandengKantor Akuntan Publik (KAP).KPU melakukan sosialisasi ber-ulang kali pada parpol, terkaitlaporan sistem keuangan dalamkampanye partai. Undang-un-dang (UU) Pemilu mewajibkanparpol melaporkan keuanganyang masuk, dan akan diguna-kan keperluan partai selama pro-ses kampanye.

“Walaupun ada waktu, kamimengingatkan pada Parpol me-nyusun laporan dana kampa-nye. Tinggal 15 hari lagi, harusdisiapkan mulai sekarang.” (hun)

ADI MULYADI/RATEG

PERIKSA CUKAI - Seorang petugas sedang memeriksacukai rokok dengan menggunakan alat pendeteksi disalah satu warung di kawasan Terminal Bus, Senin lalu.

KABUPATENTEGALRADAR TEGAL

13KAMIS12 DESEMBER 2013

WaspadaiPenyakitdiMusimHujanSLAWI - Pemerintah Kabupaten

Tegal melalui Dinas Kesehatanmengimbau masyarakat untuk me-waspadai penyakit yang biasa mun-cul setiap pergantian musim. Sepertiyang saat ini terjadi yakni pergantianmusim panas ke musim hujan.

“Penyakit di musim hujan biasanyaflu, batuk, demam berdarah, dandiare. Karena itulah, warga harustetap waspada,” kata Kepala DinasKesehatan Pemkab Tegal dr Hen-dardi Setiaji MKes, kemarin.

Intensitas hujan belakangan inicukup tinggi. Penyakit yang disebab-kan bakteri dan parasit juga harus

diwaspadai masyarakat. Biasanya, bakteri itu acap kali terbawa airyang mudah meluap dan menghanyutkan kotoran masuk ke pemukimanwarga.

“Dengan adanya bakteri itu, maka dapat menyebakan penyakit diare,disentri dan cacingan,” sambungnya.

Dirinya juga tak menampik, saat peralihan musim itu juga biasanyamenimbulkan wabah penyakit menular. Penyakit tidak hanya menyerangmanusia, tapi juga hewan peliharaan. “Penyakit menular seringkaliterjadi saat pergantian musim. Untuk itu, warga harus bisamencegahnya,” kata Hendardi mengimbau.

Upaya mencegah penyakit di pergantian musim ini, Hendardi mengakusudah menyiagakan sejumlah petugas kesehatan di rumah sakit,puskesmas dan puskesmas pembantu (Pustu). Selain itu, pihaknyajuga tetap menjaga ketersedian stok obat-obatan yang kerapdibutuhkan di musim ini.

“Pesan kami, masyarakat harus tetap menjaga pola hidup sehat,”ujarnya. (yer)

YERRY NOVEL/RADAR SLAWI

ALAT - Kasi Pelaksanaan Operasi dan Pemeliharaan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, Semarang, Jawa Tengah, Suroto, menunj ukan Hidromekanikal yangakan dipasang di Menara Intek Waduk Cacaban dengan kedalaman 36 meter, Rabu (11/12).

Hidromekanikal WadukCacaban Diperbaiki

HERMAS PURWADI/ RADAR SLAWI

TERJARING - Pedagang sayuran yang tidak menggunakanhelm terjaring dalam giat binluh dan represif Ops Zebra,kemarin.

GiliranTukangSayurDitertibkanSLAWI - Jelang detik - detik akhir rampungnya Ops Zebra Candi

2013 upaya maksimal untuk menegakkan aturan hukum berlalu lintasditempuh Satlantas Polres Tegal. Kali ini Kasat Lantas AKP Padli SHSIK terjun langsung dirazia pagi yang dipusatkan di areal jalur duasamping markas Yonif 407/ Padmakusuma Rabu (11/12) kemarin.

Dalam giat tersebut, puluhan pedagang sayur yang meluncur dariPasar Trayeman menuju pasar Ujungrusi terjaring lantaran tidakmenggunakan helm pengaman. “Di satu sisi kami melakukan pembinaandan penyuluhan bagi mereka, namun yang benar-benar tidakmembawa kelengkapan kendaraan terpaksa kami lakukan tilang,”ujarnya di sela-sela giat.

Dalam giat binluh kali ini petugas berupaya mengarahkan penggunaranmor untuk turut tergugah menciptakan budaya tertib berlalu lintas.Dia juga menegaskan untuk pengguna sepeda motor disarankanmenggunakan kelengkapan pribadi dan kelengkapan sepeda motor.

“Kelengkapan pribadi dalam hal ini menyangkut surat- suratkendaraan, SIM dan STNK. Sementara kelengkapan sepeda motormenyangkut kaca spion, kesadaran menyalakan lampu di siang hari,dan penggunaan helm standart. Bagi pengguna mobil kita ingatkanuntuk menggunakan sabuk pengaman serta mematuhi rambu danmarka jalan. Hal ini mengingat banyak pengemudi mobil yang melanggarmarka dan memakan lajur kanan di areal Kaliratu utara,” ujarnyamenjelaskan.

Dari giat Binluh Ops Zebra ini juga diharapkan mampu meningkatkankesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas. (her)

KESEHATAN

YERRY NOVEL/RADAR SLAWI

Dokter Hendardi SetiajiMKes

PENERTIBAN

SURADADI - Ruas jalan Sida-harja-Jatibogor Kecamatan Su-radadi rusak parah. Jalan sepan-jang 6 kilometer itu, hingga kinibelum ada penangan serius dariPemerintah Kabupaten Tegal.Padahal, jalan yang menghu-bungkan antar desa itu, meru-pakan akses utama masyarakatsetempat.

“Aspalnya sudah banyak yangmengelupas. Kondisi jalan rusakparah,” tutur Atmo (45), salahsatu warga Desa Sidaharja, Keca-matan Suradadi, Rabu (11/12).

Akibat jalan rusak, kata Atmo,lalu lintas kerap terganggu. Bah-kan, beberapa kali pengendaramengalami kecelakaan lalu lintasdi ruas jalan tersebut. Meski tidakmenimbulkan korban jiwa, na-

mun pengendara mengalami ci-dera yang fatal.

“Di sini sering terjadi kece-lakaan. Terkadang pengendaratergelincir karena ada lubangyang tidak terlihat,” ujar diamengungkapkan.

Terpisah, Anggota KomisiIII DPRD Kabupaten TegalBakhrun SH mengatakan, se-jak portal jalan Desa Jatibogordibuka, jalan tersebut kerapdilalui kendaraan berat. Se-hingga, aspal cepat menge-lupas karena aspal tersebutjenisnya berbeda.

Menurutnya, kendaraanyang melintas mayoritas trukpengangkut material sepertisemen, pasir, batu bata, danlainnya. (yer)

RUSAK -Seorangpelajar SMPmelintas dijalan rusakyangdipenuhilumpur diwilayahKecamatanSuradadi,kemarin.

Jalan Sidaharja-Jatibogor Rusak Parah

KEDUNGBANTENG - Hidro-mekanikal Waduk Cacaban Ke-camatan Kedungbanteng diper-baiki karena sebelumnya meng-alami kebocoran sejak 3 tahunsilam. Perbaikan hidromekani-kal atau pipa plunger itu me-nyedot dana sebesar Rp 16,498miliar. Dana itu merupakan ban-tuan dari Dam Operasional Im-provement Safety Project

(DOISP) Bank Dunia.“Alat ini (Hidromekanikal)

beratnya mencapai 5,5 ton. Nan-tinya, alat ini akan dipasang diMenara Intek dengan kedala-man 36 meter,” kata Kasi Pelak-sanaan Operasi dan Pemeliha-raan Balai Besar Wilayah SungaiPemali Juana, Semarang, JawaTengah, Suroto.

Suroto menyatakan itu saat

mendampingi Kepala BalaiPSDA Pemali Comal, Eko Yu-nianto berkunjung ke Bendu-ngan Cacaban, Rabu (11/12) si-ang. Menurut Suroto, kegunaanhidromekanikal itu, untuk me-ngatasi pembagian air dari wa-duk ke irigasi petani dan Pabrikgula Pangkah. Sehingga, pemba-gian air itu dapat merata sesuaihitungan yang ada.

“Ketika alat ini rusak, kita me-ngalami kesulitan dalam pemba-gian air ke petani. Karena itulah,alat ini segera dipasang supayapembagiannya dapat merata,”ujarnya.

Kepala BPSDA Pemali ComalEko Yunianto mengatakan, alatini didatangkan dari Jerman. Alatberupa pipa besi itu dipesan se-jak Maret 2013 silam. Sesuai

planning, pemasangan alat ter-sebut akan selesai pada akhirbulan ini. Namun, apabila tidakselesai, maka diperpanjang hing-ga awal tahun 2014 mendatang.

“Pemasangan tidak bisa asal.Harus disesuaikan dengan ta-hapan dan pengecekan. Arti-nya, nanti akan dicek lagi apa-kah masih bocor atau tidak,”ujarnya. (yer)

YERRY NOVEL/RADAR SLAWI

BOJONG – Sedikitnya 40 siswa-siswi MTs N Bojong hari ini me-ngikuti pelatihan Jurnalistik danMajalah Dinding. Pelatihan ter-sebut bekerja sama dengan ha-rian pagi Radar Tegal.

Kepala MTs N Bojong Drs HNurkholis M.Pd melalui Pem-bina KIR MTs Bojong Alex Mu-zaki S.S menuturkan, pelatihantersebut untuk memberi penge-tahuan anak didik dalam duniatulis-menulis. Karena itu, pihak-nya menjalin kerja sama dengan

Radar Tegal untuk mengisi ke-giatan tersebut.

“Semula kami ingin semua sis-wa-siswi ikut pelatihan. Namundemi efektivitas, peserta kamipilih. Karena itu, kami berharapsiswa-siswi yang menjadi peser-ta memanfaatkan kesempatanini dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan tersebut langsungdiisi oleh Pemimpin Redaksi Ra-dar Tegal Muh. Abduh. Abduhmemperkenalkan bentuk-ben-tuk tulisan di media massa. (yer)

MTs N Bojong GelarPelatihan Jurnalistik

KAMIS12 DESEMBER 2013

RADAR TEGAL

14

RSUD Brebes (0283) 671431

RSU Bhakti Asih (0283) 671279 / 673481

RSIA Mutiara Bunda Tanjung Brebes (0283) 877222

RS Dera As Syifa Banjarharjo Brebes (0283) 889588/ 889548

Hotel Dedy Jaya Brebes (0283) 673133 / 673158

RS Dedy Jaya (0283) 672145/ 672525

TELEPON PENTING

RADARBREBES

WONGE DEWEKBiaya Tinggi, Pilkades Sepi PeminatBANTARKAWUNG - Empat desa di Kecamatan Bantarkawung akan

melaksanakan kegiatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap IIsecara serempak pada 2014 men-datang. Hanya saja, dari empat desatersebut terdapat satu desa yakniDesa Jipang yang belum memiliki balonKades, hingga hari terakhir masaperpanjangan pendaftaran balonKades, Senin (9/12).

Padahal tujuh desa lainnya sudahmemiliki balon yang akan maju dalampelaksanaan Pilkades. Yakni DesaTerlaya 1 Balon, Desa Cinanas 4Balon, Desa Banjarsari 3 Balon, DesaCibentang 2 Balon, Desa SindangWangi 3 Balon, Desa Bambayang 2Balon, dan Desa Telaga 1 Balon.

Disinyalir, sepinya pendaftar, karena biaya pelaksanaan Pilkadesyang dibebankan kepada seorang calon, terlalu tinggi. Seperti yangdisampaikan Ahmad Riyadi SAg yang saat ini masih mejabat sebagaiKades Jipang.

Menurut dia, tingginya biaya menjadi keluhan tersendiri, bagi wargamasyarakat untuk maju dalam Pemilihan Kepala Desa. Apalagi, didesa tersebut sama sekali tidak ada bengkok, atau ada bengkoktetapi luasannya kurang dari 1 hektar.

“Ini semestinya menjadi catatan tersendiri bagi para anggota DPRD,bagaimana agar biaya Pilkades tidak terlalu dibebankan kepadacalon,” ungkapnya.

Padahal, menurut Ahmad yang mengaku tidak berniat untuk majukembali dalam Pilkades sebagai calon incumbent, tugas seorangkepala Desa sangatlah berat. Namun didalam pelaksanaan Pilkadessangat berbeda dengan pelaksanaan Pilpres, Pilgub maupun Pilbupyang mendapat alokasi dana besar dari negara.

“Jangan sampai ada balon kades sebenarnya potensial, berkualitas,dan didukung rakyat tapi justru gagal maju karena tersandungmahalnya biaya pencalonan,” kata Ahmad.

Memungut biaya dari calon kades memang tidak dilarang, tetapiharus ada batas maksimalnya sehingga besarnya biaya pilkadesbisa sama atau minimalnya hampir berimbang dengan yang dikucurkanpemerintah.

“Saat ini mulai dari Pendaftaran, hingga pelantikan pun masih menjadibeban calon kades. Karenanya kami berharap pihak terkaitmemperhatian persoalan ini, agar terbuka ruang bagi calon Kadesyang punya potensi untuk mendaftarkan diri maju dalam Pilkades,”pungkasnya. (pri)

ISMAIL FUAD/RADAR BREBES

PERSIAPAN - Panitia dan peserta bazar dan pameran produkekonomi perempuan PNPM MPd rapat persiapan kegiatan.

PNPM MPd Bulakamba Gelar BazarBULAKAMBA - Kaum perempuan di Kabupaten Brebes perlahan

makin berdaya dengan berbagai kegiatan. Fasilitasi programpemberdayaan masyarakat dari Pemerintah lambat laun telahmengubah wajah kaum perempuan menjadi sejajar dengan kaumlaki-laki. Dalam soal ekonomi, kaum perempuan kini telah banyakmendapat perubahan dengan berbagai keterampilan. Diharapkan akanmampu mengentaskan kemiskinan. Sebagian dari wujud kemajuanitu, akan dipamerkan dalam sebuah bazar.

“PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Bulakamba, akan menggelarbazar dan pameran hasil produk pelatihan peningkatan kapasitasekonomi perempuan binaan kami. Di dalamnya akan memfasilitasikemajuan kaum perempuan dalam pemberdayaan ekonomi keluarga,”kata STP fasilitator PNPM MPd Kecamatan Bulakamba, Ahmad Isbadi,Selasa (10/12).

Dia mengatakan, dalam kegiatan yang akan dilaksanakan pada hariSabtu-Minggu 14-15 Desember 2013 ini, pihaknya berharap mampumemotivasi para kaum perempuan di Kecamatan Bulakamba yangberhasil menunjukan produk dari hasil pelatihan peningkatan kapasitasekonomi. Sejumlah produk yang akan dipamerkan itu meliputi karyakelompok perempuan binaan dari desa-desa yang ada di KecamatanBulakamba. “Ada kerajinan, ada makanan olahan dan sebagainya.Insyaallah akan dilaksanakan di balaidesa Petunjungan, Bulakambaselama dua hari,” ungkapnya.

Menurut Isbadi, bazar produk PNPM MPd ini merupakan ajangpromosi potensi masing-masing desa untuk menarik minat dari stake-holder seperti SKPD dan masyarakat terhadap kelangsungan usahakelompok binaan.

“Selama ini mereka telah berhasil mengembangkan potensi sumberdaya lokal yang ada di desa masing-masing kelompok, kami harapkannantinya bisa ditindaklanjuti dalam pemasaran dan pengembanganusahanya,” kata dia.

Lebih jauh dikatakan, kelompok perempuan binaan harus tetapberkreasi dan menampilkan produk unggulan masing-masing kemasyarakat guna memupuk semangat produksi dan berekonomi.

“Dengan kegiatan ini juga kelompok perempuan semakin semangatuntuk memberikan produk terbaiknya dan ini menjadi muatan positif.Tentunya semua itu membutuhkan dukungan dan perhatian dariberbagai pihak,” tutup Isbadi. (ism)

DOK.RADAR BREBES

Ahmad Riyadi SAg

AJIB AH...

BREBES - Satuan Reserse danKriminal Polres Brebes terusmencari tahu aliran dana Ban-tuan Langsung Sementara Ma-syarakat (BLSM) senilai Rp 78,6juta yang dikorupsi oleh KepalaDesa Bojong Sari KecamatanLosari, Abdul Rahman. Perbu-ruan aliran dana itu bahkan sem-pat dilakukan Unit Tipikor Sat-reskrim ke Jakarta.

“Dari pengakuan awal, ter-sangka (Abdul Rahim) menga-takan kalau uang hasil korupsi itudigunakan untuk membayar hu-tang,” terang Kapolres Brebes,AKBP Ferdy Sambo SH SIK MHmelalui Kasatreskrim, AKP Sub-han SH, Rabu (11/12).

Dan untuk mencari tahu ke-benaran pengakuannya itu, sa-tuannya kemudian mendatangipihak yang sempat memberi pin-jaman uang kepada tersangka.“Saat ditemui di Jakarta, orang-nya mengaku tidak pernah me-nerima uang pelunasan utang

dari Abdul Rahman,” katanyalagi.

Dari informasi itu, pihaknyamenduga kalau tersangka tidakmenggunakan uang BLSM ituuntuk melunasi piutang denganpihak lain seperti apa yang sebe-lumnya disampaikan. “Ada ke-mungkinan uang hasil korupsiitu digunakan untuk kepenti-ngan yang lain,” terang Kasat-reskrim.

Untuk itu, satuannya akan te-rus mencari tahu aliran danayang dikorupsi oleh tersangka.“Kami masih terus menyelidikikemana dan untuk apa uang itudigunakan oleh pelaku,” tegasdia.

Seperti diketahui, Kepala De-sa Bojong Sari, Abdul Rahmanditahan oleh Satuan Resersedan Kriminal Polres Brebes ka-rena diduga telah melakukantindak pidana korupsi danaBLSM senilai Rp 78.6 juta. Uangtersebut merupakan bantuan

dari pemerintah pusat untuk131 warga di Desa Bojong Sari.Namun dana yang seharusnyadiberikan kepada warga tidakmampu itu kemudian diguna-kan tersangka untuk kepen-tingan pribadi-nya.

Tersangka sendiri ditangkapsaat tengah berupaya mengem-balikan uang BLSM ke KantorPos setempat pada Senin, (2/12)kemarin. Dugaan korupsi yangdilakukan tersangka terbongkarsetelah sebelumnya warga pe-nerima BLSM melakukan aksiunjuk rasa di balai desa setempatbeberapa waktu lalu. Wargamendesak agar bantuan BLSMselama 2 bulan itu diberikan ke-pada para penerima. Lantarangeram dengan tindakannya itu,kemudian warga melaporkankasus tersebut ke Polisi. Hinggasaat ini, tersangka masih men-jalani masa tahanan di MapolresBrebes untuk keperluan peme-riksaan. (har)

Aliran DanaKorupsi BLSMTerus Diselidiki

WAKIL Bupati Brebes, Narjo,pejabat perwakilan Forkompin-da dan puluhan masyarakat me-nandatangani dukungan atasdiluncurkannya relawan satujuta pengawas Pemilu 2014. Pro-gram nasional dari Badan Pe-ngawas Pemilu (Bawaslu) ituresmi diluncurkan (dilaunching)oleh Panwaskab Brebes. Acaralaunching digelar di aula KwartirCabang (Kwarcab) Pramuka se-tempat, Rabu (11/12). Dari sejutarelawan pengawas tingkat na-sional itu, Kabupaten Brebesmendapat jatah seratus relawan.

“Ini merupakan program dariBawaslu pusat, satu juta relawanpengawas itu diambil dari ber-bagai daerah di Indonesia. UntukBrebes sendiri mendapat jatah100 relawan,” kata Ketua Pan-waskab Brebes, MA Ma’ruf.

Keberadaan dari para relawanpengawas itu, katanya, adalahuntuk memaksimalkan penga-wasan terhadap pelaksanaanPemilu 2014, baik dalam Pilegmaupun Pilpres. Untuk pelak-sanaan program ini, pihaknyamelibatkan partisipasi dari parapelajar maupun mahasiswa dariperguruan tinggi di Kota Bawang(julukan Brebes). Mereka diang-gap sebagai generasi muda yangmasih memiliki idealisme tinggi.

“Siapapun boleh menjadi pe-ngawas, membantu Panwaskab.Gerakan sejuta relawan yangkami luncurkan ini untuk me-maksimalkan penyelenggaraan

Pemilu yang jujur adil dan de-mokratis. Dan kami akan me-maksimalkan pengawasan pe-laksanaan Pemilu 2014 denganmengajak seluruh elemen ma-

syarakat untuk terlibat secaraaktif menjadi relawan pengawasPemilu. Dengan proses Pemiluyang berkualitas dan bermar-tabat, diharapkan nanti meng-

hasilkan pemimpin yang mampumembawa bangsa ini ke arahyang lebih baik,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, WakilBupati Brebes, Narjo yang me-wakili Bupati mengharap semuaelemen masyarakat untuk me-wujudkan Pemilu 2014 agar ber-jalan dengan baik dan mampumembawa perubahan. Partisi-pasi dalam demokrasi itu, selainturut memberikan hak suara jugaharus dilakukan melalui penga-wasan terhadap setiap tahapanyang ada.“Kita harus membantuPanwas menjadi pengawas, ka-rena model kecurangan Pemilumakin beragam. Disini tugasrelawan untuk mencegah ke-curangan itu,” katanya.

Salah satu PR dalam Pemilumendatang, lanjut dia, juga ma-kin rendahnya tingkat partisipasimasyarakat. Dari pengalaman-nya menjadi politisi, kondisiPemilu 2004 dengan 2014 di-pastikan akan berbeda. Itu di-tandai dengan menurunnya ting-kat partisipasi pemilih beberapatahun belakangan ini.

“Masyarakat kita sekarang,istilahnya lonceng manjat ningduwur, ari ora kenceng ya sukanganggur,” kata Narjo menggam-barkan pragmatisme masyara-kat. (ismail fuad)

Pengawasan Libatkan Pelajar

ISMAIL FUAD/RADAR BREBES

TANDATANGAN - Sejumlah pejabat di Brebes saat menandatangani dukungan terhadapperluncuran program Satu Juta Pengawas Pemilu 2014 nanti.

BREBES - Pemerintah Kabu-paten Brebes menetapkan Pen-dapatan Daerah yang tertuangdalam APBD tahun 2014 men-capai Rp 1,7 triliun atau naiksekitar 2,17 persen dibandingtahun sebelumnya. Kenaikanjumlah pendapatan itu menjadiharapan bisa meningkatkan kon-disi pembangunan daerah ke-depan.

“Untuk pendapatan daerahsebesar Rp 1.797.514.283.000,meningkat dari tahun 2013 se-telah perubahan yang hanya Rp1.758.507.520.000 atau naik 2,17persen,” kata Bupati Brebes HjIdza Priyanti SE saat rapat pari-purna pengambilan keputusanRaperda tentang APBD 2014 dikantor DPRD setempat, Selasa(10/12).

Bupati menyampaikan, kenai-kan pada pos pendapatan dae-rah itu ditopang adanya sejum-lah rencana kenaikan anggaranpada PAD dengan perubahankebijakan masuknya pengelo-

laan pajak mulai tahun 2014. Pa-da sektor ini, kenaikan diren-canakan Rp 29.110.261.000. Di-samping itu, pihaknya juga me-rencanakan adanya peningka-tan nilai dana perimbangan yangmeliputi bantuan dana alokasikhusus maupuan dana alokasiumum dari pemerintah pusat.“Pada dana perimbangan me-ningkat sebesar Rp 1.321.901.-167.000, ini karena bertambah-nya DAK dan DAU untuk Kabu-paten Brebes. Begitupun pen-dapatan daerah yang sah jugameningkat jadi Rp 388.700.000,”jelas Idza.

Kenaikan Pendapatan itu, jugadiikuti penurunan pada pos Be-lanja Daerah, dari Rp2.012.017.064.000 menjadi Rp1.954.557.361.000. Hanya saja,pada sub Belanja Daerah, kondisianggaran untuk kepentinganmasyarakat masih relatif belumproporsional dibanding angga-ran untuk belanja kebutuhanpegawai dan belanja rutin. (ism)

LARANGAN - Hingga saat inipenyebab tewasnya Rofiq binZaeni (30), warga RT 5 RW 1 DesaSitanggal Kecamatan Laranganbelum terungkap. Namun ke-luarga korban menduga, Rofiqtewas akibat dibunuh. Dugaanitu diperkuat dengan banyaknyaluka di tubuh korban saat per-tama kali ditemukan. Kelurgakorban bahkan meminta pihakkepolisian untuk terus mengung-kap kasus dibalik tewasnya kor-ban.

Ruki (42), salah satu keluargakorban menduga kalau kema-tian Rofiq disebabkan karenadibunuh. Untuk itu pihaknyatelah meminta kepada PolresBrebes untuk terus menyelidikikasus itu hingga tuntas. “Sayameyakini Rofiq tewas dibunuh,pasalnya saat ditemukan ter-dapat banyak luka di tubuh kor-ban,” katanya.

Selain itu, keluarga juga sudahmeminta agar jasad korban yangtelah dimakamkan untuk di otop-si. “Tidak hanya keluarga, warga

juga meminta agar secepatnyapara pelaku pembunuhan bisaditangkap karena sudah mela-kukan tindakan keji terhadapkorban,” ujar Ruki.

Menurutnya, sejauh ini pihakkepolisian sudah melaksanakantugasnya dengan baik termasukmelakukan otopsi terhadap ja-sad korban. “Kami meminta dila-kukan otopsi agar didapat keje-lasan, dan tidak simpang siur.Kami meminta proses hukumharus jalan. Apalagi, pembunu-han yang dilakukan sangat bia-dab,” tutur dia lagi.

Senin (9/12) kemarin makamRofiq dibongkar untuk kepen-tingan otopsi oleh Tim ForensikPolda Jateng. Pembongkaran itudilakukan atas permintaan ke-luarga korban yang meminta a-gar kasus dugaan pembunuhanitu diusut tuntas oleh pihak ke-polisian. Bahkan saat berlang-sungnya proses otopsi, wargayang merasa prihatin dengantewasnya Rofiq kemudian mela-kukan aksi peduli dengan meng-

himpun sumbangan dan kemu-dian diserahkan kepada keluar-ga korban.Kapolres Brebes AKBPFerdy Sambo SH SIK MH melaluiKasat Reskrim Polres Brebes AKPM Subhan mengatakan, otopsidilakukan atas permintaan ke-luarga korban dan dipimpinlangsung tim Forensik PoldaJateng. Hal itu juga terkait prosespenyelidikan terhadap tewas-nya korban.

Seperti diberitakan Radar se-belumnya, pemuda lajang yangmengalami gangguan jiwa ituditemukan sudah dalam kondisitewas didepan rumahnya Kamis(21/11) lalu. Saat kali pertamaditemukan warga, tubuh korbansudah penuh luka. Bahkan tu-lang kaki dan tangannya patahserta banyak mengeluarkan da-rah dibagian kepala. Semasa hi-dupnya, korban memang seringmengamuk dan membuat wargaresah. Bahkan saat mengamuk,korban juga tak segan-seganmelukai orang lain yang adadidekatnya. (har)

Keluarga Menduga Rofiq Tewas Dibunuh

HARVIYANTO/RADAR BREBES

OTOPSI - Tim Forensik Polda Jateng saat tengah melakukan otopsi terhadap jasad Rofiq binZaeni (30) yang sebelumnya telah dimakamkan.

ISMAIL FUAD/RADAR BREBES

PARIPURNA - Sidang Paripurna DPRD Brebes dengan agendapengambilan keputusan Raperda tentang APBD KabupatenBrebes TA 2014, Selasa (10/12) kemarin.

Pendapatan NaikJadi Rp 1,7 Trilun

KAMIS12 DESEMBER 2013

PEKALONGANRADAR TEGAL

15

Ribuan Ormas Islam Datangi DPRD

Jeli Memanfaatkan Promodari halaman 9

Belum Terima Laporan Dana Kampanyedari halaman 9

Seperti diungkapkan Yuliana(38), warga Jalan Perintis Kemer-dekaan Tegal, waktu membelikebutuhan untuk keluarga. Me-nurutnya, berbelanja harus dila-kukan dengan bijak, mulai peren-canaan, memilih lokasi belanja,sampai menyiapkan anggaranagar tidak membengkak. Kebu-tuhan utama seperti beras, gulapasir, dan minyak sayur, jadiprioritas setiap minggu.

Di akhir pekan, dia biasanyaberbelanja kebutuhan tersebut,bersama suami dan anaknya.Setelah kebutuhan pokok terpe-nuhi, dilanjutkan membeli kebu-

tuhan sekunder. Misalnya jajan-an, aneka kue untuk cemilan dansebagainya. Dia juga tidak mem-batasi diri, memilih lokasi belan-ja. Bisa di pasar taradisional, mallmaupun toko yang dekat de-ngan rumah. Namun yang pen-ting, semua kebutuhan keluargaterpenuhi dengan baik. “Kamimemilih belanja di akhir pekan,sembari mengisi waktu luang,”jelasnya.

Lain halnya dengan Kurniati(40), warga Jalan Serayu Tegal.Dia memilih pusat perbelanjaanatau mall, untuk memperolehberagam kebutuhan keluarga.Lokasi yang nyaman dan bisamemilih sendiri sesuai kebutu-

han, jadi salah satu alasan yangdia lontarkan. Guna menghematpengeluaran, tiap kali berbe-lanja, dia mencari produk apasaja yang sedang promo ataudiskon. Selisih harga normaldengan harga promo, jika dikum-pulkan dapat dipakai membelikebutuhan lain. Dia juga menga-ku tidak memiliki jadual tertentudalam berbelanja. Begitu kebu-tuhan di rumah mulai menipis,saat itulah dia mulai pergi berbe-lanja.

Ketika disinggung berapaanggaran yang dikeluarkan da-lam sebulan. Dia memperkira-kan bisa menghabiskan di atasRp1,5 juta, untuk membeli kebu-

tuhan pokok. Jumlah itu belumtermasuk keperluan sekolahanak, pakaian, dan kebutuhanlain sifatnya tertier.

Untuk itulah, dia mencobamemanfaatkan promo, supayaselisih harga yang dikumpulkanjadi tambahan membeli keper-luan lain. Bila tidak jeli dan disi-plin berbelanja, uang yang seha-rusnya ditabung, justru diguna-kan membeli berbagai kebutu-han yang sebetulnya tidak men-desak pemenuhannya. “Kebu-tuhan pokok seperti sembako,selalu kami dahulukan. Jika adaanggaran lebih, baru dipakaimembeli kebutuhan lain,” tan-dasnya. (rochman gunawan)

Ditemui wartawan, kemarin(10/12) malam, Yusri berkisahtentang pengalaman yang di-sampaikan Darman. “Saya sam-pai merinding, mendengar ceritaDarman. Dia (Darman, red) ber-cerita kepada saya, sekitar sebu-lan lalu. Katanya, kereta yangdikendarainya menabrak orang.”

Darman, sambung Yusri, men-ceritakan pengalaman seram-nya, lantaran dia bertanya danpenasaran, dengan maraknyakecelakaan di perlintasan keretaapi. Menurut dia, dalam obrolanwaktu itu, sempat menyinggungtabrakan kereta Argo Dwipang-ga, dan mobil pick up di Indra-mayu. Kejadian awal Oktober

lalu, mengakibatkan korban te-was hingga 13 orang. “Darmanbercerita tentang keretanya,yang menabrak orang denganekspresi datar,” imbuhnya.

Darman bilang, masinis tidakbisa mendadak menghentikanlaju kereta dengan rem, kendatimengetahui ada orang atau ken-daraan menyeberang. Atau or-ang sengaja bunuh diri, denganmenghadang laju kereta. Alasan-nya, bila direm mendadak bakalberakibat fatal. Bahkan menye-babkan atau menelan korbanlebih banyak. Kereta yang melajudalam kecepatan tinggi, bisakeluar dari rel, dan terguling ka-rena pengereman mendadak.“Saat Darman cerita pengala-mannya, tidak bilang sudah be-

rapa kali keretanya menabrak or-ang. Darman tidak menjelaskansecara detail, di daerah manasaja keretanya menabrak orang,”papar Yusri.

Dalam obrolan tersebut, Dar-man juga mengaku tidak tahu,apakah orang yang tertabrakkeretanya termasuk penyebe-rang, atau orang sengaja bunuhdiri. Sebab kereta terus melaju,dan baru berhenti di stasiun ter-dekat.

Yusri yang merupakan ayahteman sebaya masinis naas ter-sebut menambahkan, Darmanhanya bercerita, kalau dia lang-sung membersihkan bercak da-rah di keretanya. Termasuk ser-pihan tubuh orang tertabrak,yang masih menempel di kereta.

“Darman mengumpulkan ce-ceran daging, dan membersih-kan bercak darah setelah keretaberhenti.”

Tetangga lain yang rumahnyaberhadapan dengan rumah Dar-man, Heriyanto Soib (55), me-ngaku pernah mendengar ceritaitu dari Darman. Namun, diaterpaksa menghentikan kisahpengalaman tetangganya, lan-taran merinding mendengarnya.

Sementara itu, Selasa malamkemarin, warga RT 03 RW 11Panggung, Tegal Timur meng-adakan doa bersama dan salatgaib untuk Darman. Itu dilang-sungkan di Masjid Syuhada, lo-kasinya berjarak kurang lebih50 meter dari kediaman Dar-man. (adi)

Tragedi Bintaro, Bukan yang Pertamadari halaman 9

Karena sesuai surat tersebut,nama caleg dapat dihapus ataudikeluarkan, pasca penetapanDCT.

“Caleg yang meninggal duniaatau mengundurkan diri, dengandisetujui Parpol atau telah dija-tuhi pidana berdasarkan putusanpengadilan yang mempunyai ke-kuatan hukum tetap. Karena me-lakukan tindak pidana, diancampidana 5 tahun atau lebih, di-nyatakan tidak lagi memenuhi

syarat calon, dan tidak dapatdilakukan penggantian,” papar-nya seraya menegaskan, sesuaiperintah surat edaran itu, pihak-nya akan menyampaikan suratedaran pada Panwaslu, dan pim-pinan parpol. Dengan harapan,parpol menaati serta melaksa-naan surat edaran ini.

Secara terpisah, Ketua Pan-waslu Toto Pranoto ST meng-ungkapkan, sesuai laporan danaduan Panwascam maupun PPL,ada sejumlah caleg yang masukDCT, tapi menjadi fasilitator

PNPM Mandiri. Padahal sesuaiSurat Kementerian KoordinatorBidang Kesejahteraan Rakyat RINomor B.2013/KMK/D.VII/X/2013, tanggal 22 Oktober 2013,perihal Larangan PemanfaatanPNPM Mandiri untuk KegiatanPolitik Praktis. Lalu surat Ba-waslu RI Nomor 807/Bawaslu/XI/2013, tanggal 19 November2013, perihal pengawasan pe-manfaatan PNPM Mandiri un-tuk Kegiatan Politik Praktis. Ke-mudian surat Bawaslu PropinsiJawa Tengah Nomor 552/Ba-

waslu-Jtg/XI/2013, perihal peng-awasan pemanfaatan PNPMMandiri untuk kegiatan PolitikPraktis, sudah menegaskan ma-salah tersebut.

“Sehinga caleg yang jadi fasili-tator, dan jabatan sebagaimanadisebutkan dalam surat edaranKPU nomor 824/KPU/XII/2013,supaya mengundurkan diri se-cepatnya. Kalau tidak, namanyadicoret dari DCT. Kami terus me-nginventarisir, hasil temuan dise-rahkan ke KPU dan diinformasi-kan ke publik.” (hun)

KPU Ancam akan Coret Nama Calegdari halaman 9

“Dana kampanye setiap caleg,bagian dari dana kampanye par-pol. Sumber dana kampanyeparpol, salah satunya berasaldari caleg. Karena itu, setiapcaleg wajib mencatat dan mela-porkannya.”

Dia memaparkan, sesuai Per-aturan KPU Nomor 17 Tahun2013, tentang Pedoman Pelapor-an Dana Kampanye Pemilu Ca-lon Anggota DPR RI, DPD, DPRDPropinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota sangat tegas. Bagi pesertapemilu (parpol atau calon ang-gota DPD) yang tak melaporkandana kampanye, sanksinya di-diskualifikasi. Dengan begitu,caleg terpilih karena parpolnya

tidak melaporkan dana kampa-nye, bisa tidak ditetapkan. “Kamiminta caleg melaporkannya.Baik dana masuk atau keluar,dilaporkan ke parpol bersang-kutan, untuk disampaikan keKPU. Sampai saat ini, belum adaparpol menyerahkan data danakampanye,” papar Agus.

Lebih lanjut dia menjelaskan,karena masih ada waktu, KPUtidak terlalu mempermasalah-kan, bila belum ada satu punyang menyerahkan laporan saatini. Kalau sampai 25 Desember2013, ada parpol belum menye-rahkannya, KPU akan meng-ingatkan. “Laporan dana awalkampanye bisa diserahkan se-karang, dengan syarat laporansempurna. Kalau selama belum

melewati batas waktu, masihwajar parpol belum menyerah-kan.”

Dia menekankan, guna meng-audit laporan dana kampanyeparpol, pihaknya menggandengKantor Akuntan Publik (KAP).KPU melakukan sosialisasi ber-ulang kali pada parpol, terkaitlaporan sistem keuangan dalamkampanye partai. Undang-un-dang (UU) Pemilu mewajibkanparpol melaporkan keuanganyang masuk, dan akan diguna-kan keperluan partai selama pro-ses kampanye.

“Walaupun ada waktu, kamimengingatkan pada Parpol me-nyusun laporan dana kampa-nye. Tinggal 15 hari lagi, harusdisiapkan mulai sekarang.” (hun)

Pengasong Dilatih Komputer dan ...dari halaman 9

Dia menyatakan, awalnya ber-sama pengasong lain di termi-nal, tidak sedikit pun mengenalteknologi.

“Untuk mengoperasikan lap-top saja, kami tidak bisa. Apalagimenggunakan internet.”

Tapi, sambung dia, setelahdiberi pelatihan, meski barubeberapa jam, sedikit menge-tahuinya. Kendati belum ma-hir, sudah bisa mengopera-sikan laptop, dan memakaiinternet. Dia berharap pela-tihan tentang teknologi untukpengasong berlanjut. Sehing-

ga pengasong dapat mengem-bangkan usahanya, melaluibisnis online.

Disebutkan, jumlah peng-asong di Terminal Bus Kota Tegal233 orang. Dari total tersebut,baru separonya yang aktif, ataujadi anggota TBM Sakila KertiTerminal. (adi)

BATANG - Agenda Sidang Pari-purna DPRD Kabupaten Batangtentang Raperda Miras, Rabukemarin ramai dengan kedata-ngan para anggota Ormas Islam,guru-guru dan juga perangkatdesa yang sengaja datang untukmendesak para anggota dewanmengesahkan Raperda menjadiPerda. Ribuan orang memadatihalaman kantor DPRD setempatdengan pengawalan ketat aparatkeamanan.

Ormas Islam yang terdiri dariFront Pembela Islam (FPI), Mu-hammadiyah, NU, Rifaiyah, Ika-tan Pelajar Muhammadiyah(IPM), Banser, dan lainnya, ser-ta massa dari Orang Indonesia(Oi), Persatuan Perangkat DesaRepublik Indonesia (PPDRI)dan guru-guru se KabupatenBatang sejak pagi mendatangigedung DPRD untuk menyam-paikan aspirasi mereka. Karenasesuai dengan jadwal, Rabu ke-marin merupakan sidang pari-purna yang membahas RaperdaMiras.

Amir Hamzah selaku koordi-nator FPI Kabupaten Batangmengatakan, jika ditinjau darisejarah, Kabupaten Batang me-rupakan kota Religius, karenasejak abada ke 16 para wali sudahmenjadikan Batang sebahgaiwilayah dakwahnya.

Namun seiring waktu berjalan,dakwah di Batang mulai mele-mah yang dikarenakan kurang-nya motivator dakwah yang bisamenggerakan roda dakwah.

“Keadaan tersebut diman-faatkan oleh orang-orang mu-nafik untuk merusak uma Islamdari dalam dengan cara meng-hidup suburkan tempat pros-titusi, membuka warung re-mang-remang dengan menya-jikan miras sebagai menu uta-ma,” ujar Amir.

Akibat dari hal tersebut, Ba-tang yang dulunya sebagai kota

agamis berubah menjadi kotayang penuh dengan penyakit,seperti pelacuran dimana-manadan miras bukan barang yangtabu dijajakan di warung re-mang-remang, sehingga tingkatkriminalitas cukup tinggi. Haltersebut menimbulkan kepri-hatinan semua pihak.

Dan di era kepemimpinan se-karang, muncul inisiatif untukmengatasi problematikan sosialtiada lain adalah mengemba-likan kejayaan Islam Batang,dan salah satu upayanya adalahdengan membuat Raperda ten-tang larangan peredaran mirasdi seluruh Kabupaten Batang.Dengan begitu Batang tidak lagidicitrakan sebagai kota pelacurmaupun kota miras.

“Pada hari ini (kemarin-red)DPRD Kabupaten Batang akanmengadakan sidang paripurnadalam rangka mengesahkan Ra-perda tentang larangan mirasmenjadi Perda, untuk itu marikita dukung dan jadikan momen-tum sebagai kebangkitan Batangyang agamis dan penuh berkah,”serunya.

Amir juga menegaskan bah-wa salah jika ada orang yangmengatakan masyarakat Kabu-paten Batang identik denganmiras, karena bagaimanapuntidak ada orang tua yang inginanaknya minum minuman ke-ras dan terjerumus ke dalamdunia hitam, sehingga penge-sahan Perda miras harus didu-kung.

Sementara itu, Ketua GerakanMuda Pembangunan indonesia(GMPI), Ismail Marjuki, menga-takan, anggota dewan dipilihdan dibayar oleh rakyat, sehing-ga harus mengakomodir suararakyat.

Jika Raperda tersebut tidakdisahkan, maka pihaknya akandatang lagi dengan massa yanglebih besar untuk menyampai-

kan aspirasinya.“Terhadap orang-orang yang

menolak harus sadar dan segerabertobat, karena perbuatan ter-sebut sangat melawan syariat Is-lam. Dan bagi anggota dewanyang tidak hadir, seharusnya ti-dak melakukan hal tersebut,”tegas Ismail.

Salah satu anggota DPRD(Dewan Perwakilan Rakyat Dae-rah) Kabupaten Batang dariFraksi PDIP (Partai DemokrasiIndonesia Perjuangan), GotamaBramanti, menyatakan, dirinyasengaja datang untuk mendu-kung pengesahan Perda Mirasini, meskipun partainya me-nolak dan seluruh anggota de-wan dari DPRD tidak hadir, na-mun dirinya siap mempertaruh-kan jabatannya demi disahkan-nya Raperda tersebut.

“Tidak perlu takut dengan me-reka yang merupakan tentarasetan, karena kita tentara-ten-tara Allah. Jabatan akan sayapertaruhkan demi disahkannyaPerda Miras,” tegas Bram diha-dapan ribuan massa yang men-dukung pengesahan Perda Mi-ras.

Dia menegaskan, jika takutdan mundur, maka sama sajatakut dengan setan. Dia jugamengaku bukan orang yangbaik, namun dia tidak ingin ge-nerasi muda Kabupaten Batangrusak hanya karena peredaranmiras yang marak. Untuk itu,dirinya sebagai anggota dewantidak akan pernah takut denganancaman-ancaman yang da-tang.

“Saya bukan orang yangbaik, namun saya mendukungdisahkannya Perda Miras ini.Jika dipotong leherpun beraniuntuk mendukung pengesa-han Perda Miras, jangan per-nah takut mendukung kebaik-an demi generasi muda kita,”tandasnya. (rul)

PEKALONGAN - Menyadarisaluran bukan miliknya, warga Rt1 RW 7 Kelurahan Poncol yangrumahnya berdiri di atas saluranirigasi sudah mulai melakukanpembongkaran.

Dari pantauan Radar, hinggasaat ini sudah ada sekitar limabangunan dari total 14 bangun-an yang berdiri di atas saluranirigasi. Rabu pagi, Lurah Poncolbersama Camat Pekalongan Ti-mur juga sempat melakukan pe-mantauan ke lokasi.

Kendati demikian, warga ber-harap kepada pihak kelurahandan kecamatan memberikanbantuan biaya pembongkaran.Pasalnya warga harus menge-luarkan biaya yang tidak sedikituntuk pembongkaran, karenabangunan yang mereka dirikansebagian besar merupakan ba-ngunan permanen.

Permintaan itu disampaikanCasbai (60), pemilik rumah no-mor 1 di RT tersebut mengakuharus mengeluarkan biaya se-besar Rp150 ribu per hari untukmemanggil dua tukang gunamembongkar bangunan teras-

nya yang berdiri di atas saluranirigasi.

Sementara untuk proses pem-bongkaran, Casbai memperkira-kan akan memakan waktu hing-ga kurang lebih satu minggu.“Jadi uang yang kami keluarkantidak sedikit. Kami berharap,pihak Pemkot bisa memberikanbantuan untuk biaya pembong-karan,” harapnya yang ditemui,Rabu (11/12).

Bangunan milik Casbai yangharus dibongkar adalah bagianteras depan. Padahal teras depanbaru selesai dibangun olehnyapada 25 November 2013 yanglalu. Pada 26 November, dirinyasudah menerima surat pemberi-tahuan terkait instruksi pem-bongkaran dari kecamatan.

Casbai mengaku, sebelumnyatidak pernah ada larangan ataupemberitahuan tentang bangu-nan di atas saluran irigasi, se-hingga keluarganya melakukanpembangunan teras depan.

ntuk biaya pembuatan terasyang dibangun dengan sistempengecoran lengkap dengan ke-ramik tersebut, Casbai mengung-

kapkan, keluarganya menge-luarkan biaya tak kurang dariRp15 juta.

“Kami sadar bahwa tanah inibukan milik kami, makanya kamibersedia membongkar. Kami ju-ga tidak menuntut penggantianbangunan, hanya saja wargaberharap agar ada biaya bantuanuntuk pembongkaran. Karenabiaya yang harus kami keluarkantidak sedikit,” tuturnya lagi.

Bangunan milik Casbai, sudahmulai dibongkar sejak Selasa (10/12) lalu. Harapan akan adanyabantuan biaya pembongkaran,juga disampaikan oleh SumardiMulyono (53). Bahkan bangun-an miliknya yang harus dibong-kar bukan hanya teras sepertibangunan yang lain. Terdapatsatu kamar yang berdiri di atassaluran yang juga harus dibong-kar. Sehingga, keluarga Sumardiharus mengeluarkan biaya ekstrauntuk membongkar bangunanpermanen miliknya. “Kami me-makai empat tukang denganbiaya Rp70 ribu per tukang,”ucapnya.

Sumardi mengakui, Ketua RT

setempat memang sempat mem-berikan informasi bahwa adabantuan tukang yang disedia-kan pihak kecamatan untukmembantu warga. Namun, sam-pai saat ini diakuinya belum adarealisasi dari tawaran tersebut.Sehingga dirinya memutuskanuntuk mengundang tukang sen-diri. “Kami memilih membong-kar sendiri, karena jika sampaiakhir Desember tidak dibongkarakan ada petugas yang diturun-kan untuk membongkar. Kalaudibongkar petugas yang bia-sanya asal-asalan, bangunankami bisa rusak,” ujarnya.

Camat Pekalongan Timur, Wi-darjanto saat dikonfirmasi,memberikan apresiasi dan rasaterima kasih kepada warga yangsudah bersedia membongkarbangunannya sendiri. Namundirinya menegaskan, saat initidak ada biaya pembongkaranyang akan diberikan kecamatan.

Pasalnya menurut Widarjan-to, keberadaan bangunan di atassaluran irigasi memang menya-lahi aturan yang ada, dan sudahsemestinya dibongkar. (nul)

Warga Bongkar Bangunan di Atas Saluran

DOK/RADAR PEKALONGAN

DEMO - Ribuan orang dari ormas Islam, guru-guru, dan perangkat desa sengaja datang, untuk mendesak para anggota dewan,agar mengesahkan Raperda Miras menjadi peraturan daerah (perda).

CMYK

KAMIS, 12 DESEMBER 2013 16RADAR TEGAL

SitaRatusanBotolMirasLAGI, Satpol PP kembali berhasil menyita ratusan botol minuman

keras. Ratusan botol miras ini berhasil diamankan dari operasi mirasyang digelar dua kali selama sepekan lalu.

Operasi pertama dilakukan Kamis (5/12) di Purwanto, warga RT12/RW 3, Desa Menganti, Kecamatan Kedung. Sementara Senin (9/12) dilakukan opersi di dua lokasi. Yaitu, di rumah pasangan suamiistri Subaku dan Siti Musyarofah warga RT 3 RW 6, Desa tahunan,Kecamatan Tahunan, dan Soetopo Fauzie warga RT 4 RW 1, DesaBanyuputih, Kecamatan Kalinyamatan .

Kepala Satpol PP Jepara Trisno Santoso melalui Kasi PenegakanPeraturan Daerah Pujo Prasetyo mengatakan, Soetopo Fauziediketahui menyembunyikan barang haram itu di toko miliknya di PasarKalinyamatan.

”Soetopo menyembunyikan miras dalam jumlah banyak,” katanyakepada Radar, kemarin.

Saat dilakukan penggerebekan di lokasi itu, ditemukan mirassebanyak 63 botol beras kencur cap orang tua, 25 dus, dan duabotol anggur kolesom cap orang tua. Masing-masing dus berisi 12botol. ”Jadi total keseluruhan botol miras yang ditemukan berjumlah365 botol. Kedua jenis miras tersebut memiliki kadar alkohol tinggi.Sebanyak 19,7 persen pada anggur kolesom dan 14,7 persen padaberas kencur,” ungkapnya.

Pujo mengungkapkan, operasi miras ini terus dilakukan sebagi upayamenciptakan keamanan menjelang tahun baru. ”Khusus untuk duaoperasi miras terakhir ini, kami mendapatkan informasi dari masyarakat.Melalui jejaring sosial,” tuturnya.

Sementara penggerebekan di dua lokasi di Desa/KecamatanTahunan dan Desa Menganti, Kecamatan Kedung, ia mengakusebelumnya sudah diintai. Penggrebekan di rumah Purwantoditemukan 12 botol anggur kolesom. Sementara di rumah pasangansuami istri, Subaku dan Siti Musyarofah berhasil mengamankan 21botol anggur kolesom dan 12 botol air mineral yang berisi gingseng.

Mengenai tindak lanjut dari operasi miras ini, Pujo mengungkapkan,semua akan dibina dan belum dimasukkan dalam tindak pidana ringan.”Kalo sudah tiga kali baru ditipiring,” jelasnya.

Botol miras tersebut sementara diamankan di tempat Satpol PPuntuk nantinya dilakukan pemusnahan. ”Pemusnahan kami lakukandua kali setahun. Bekerja sama dengan Polres,” jelasnya. (zen)

Ibu-Anak Bunuh Diri di HotelTenggak BodrexDicampur SoftDrink

DIDUGA terbelit masalah ke-luarga, seorang ibu berinisial Fe(30) warga Mekarsari, Gunung-pati, Kota Semarang, Selasa (10/12) malam, mencoba bunuh diridi kamar 202 Hotel Puri IndrakilaJalan Yos Sudarso, Ungaran. Femenenggak obat jenis Bodrexyang dicampur softdrink. Bah-kan Fe, mengajak serta anaknyaRa (3) untuk bunuh diri bersamadengan dicekoki minuman yangdicampur obat dosis tinggi.

Beruntung, aksi tersebut dike-tahui keluarga korban yang da-tang menyusul ke hotel tersebut.Selanjutnya, keluarga korbanbersama petugas hotel men-dobrak kamar tempat keduanyamenginap. Kedua korban yangsudah tidak sadar langsung dila-rikan ke Unit Gawat Darurat(UGD) RSUD Ungaran. Hinggakemarin, Fe menjalani perawat-an di ruang Dahlia dan Ra diruang Melati.

Belum diketahui penyebab Femencoba bunuh diri bersamaanaknya. Hingga kemarin, Febelum bisa dimintai keterangankarena masih menjalani pera-watan di RSUD Ungaran. Ke-luarga korban juga keberatansaat Radar Semarang mencobameminta keterangan terkait ma-salah tersebut.

”Mohon maaf Mas, kami tidakbisa memberikan keteranganapa pun. Sudah tidak ada masa-lah lagi,” ungkap seorang wanitayang menunggui Ra di rumahsakit.

Direktur RSUD Ungaran dr Se-

tyo Pinardi mengatakan, saat di-periksa oleh petugas di UGD di-curigai keracunan. Namun be-lum diketahui keracunan bahanapa. Sebab, saat ini masih dalamperawatan. ”Saat ini kondisi sianak sudah membaik. Sedang-kan ibunya masih perlu terapi,”tutur Setyo Pinardi.

Kasus tersebut juga tidak dila-porkan ke polisi. Bahkan Pol-sekta Ungaran tidak mengetahuiperistiwa itu. ”Kita belum dapat

laporannya, coba nanti saya ceklokasi dan meminta keterangankorban,” ujar WakapolsektaUngaran AKP Suwasana.

Pegawai Hotel Puri Indrakila,Darminto (45) warga Dliwang,Ungaran Barat mengatakan, kor-ban datang naik mobil minibuswarna hitam Nopol H 8970 AL.Keduanya check in di hotel se-kitar pukul 14.30 menempatikamar 202. Sekitar pukul 23.30,datang seorang pria dan bebe-

rapa orang wanita yang mencarikorban.

”Ada seseorang datang me-ngaku sedang mencari wanitadan anaknya namanya Fe danRa. Kemudian saya tunjukkankamarnya,” tutur Darminto, Ra-bu (11/12) petang.

Menurut Darminto, beberapakali pintu kamar Fe diketuk tidakada jawaban. Selanjutnya pintutersebut dibuka paksa. Ternyata,ibu dan anak tersebut sudah

tergeletak di atas kasur kamarhotel tersebut. Keluarga korbankemudian membopong kedua-nya keluar dan dibawa ke UGDRSUD Ungaran.

”Di kamar hotel ada satu em-plek obat jenis Bodrex dan soft-drink. Mungkin sudah 3 tabletyang diminum karena pada stripobat itu ada 3 yang kosong. Sayatidak tahu permasalahannya apatahu-tahu seperti itu,” jelas Dar-minto. (tyo)

DIDUGA akibat tak bisa men-jawab soal matematika, Firman-syah (8) warga RT 29 RW 6, Du-kuh Sekacer, Desa Sinanggul,Kecamatan Mlonggo, dilemparisepatu oleh gurunya Amin Safari(33) warga RT 7 RW 1, Desa Su-wawal, Kecamatan Pakis Aji.Dampaknya, korban mengalamiluka sobek di mulut dengan satugiginya tanggal dan dua gigilainnya goyah.

Hingga kemarin, siswa kelas IIISD 06 Sinanggul ini masih me-ngalami trauma. Ia belum beranimasuk sekolah. Goresan di bibirbawah Firmansyah juga masihkelihatan ketika Radar bertan-dang ke rumahnya.

Firmansyah yang didampingiayahnya Nur Ali (42) menyata-kan masih trauma atas kejadianSabtu pagi (7/12) lalu. Kala itu, iasedang mengikuti pelajaran ma-tematika yang diampu Amin Sa-fari sekitar pukul 08.00. Saat itu,sang guru menyodorkan soalkepada Firmansyah.

”Karena tak bisa mengerjakansoal yang disodorkan, saya laludilempar sepatu oleh pak gurudari jarak kurang dari satu meter,”kata Firmansyah yang masihtampak ketakutan kemarin.

Karena dilempar sepatu jenispantofel itu, Firmansyah lantasmengalami luka di bagian mulutbagian atas dan bawah. Satu gigitanggal dan dua gigi lain meng-alami goyah. ”Saat itu tak adaguru yang tahu bahwa anak sayadipukul sepatu. Anak saya sem-pat dilarikan ke puskesmas olehguru yang lain, tapi saat itu pela-

ku mengatakan kepada guru lainjika Firmansyah terluka karenajatuh, bukan karena dilemparisepatu,” papar Nur Ali, ayah Fir-mansyah.

Korban juga sempat tak me-ngaku ketika ditanya ayahnyaperihal luka di mulutnya. Nur Aliakhirnya tahu anaknya dianiayagurunya setelah ada temannyayang memberitahunya. ”Rupa-nya pelaku memberikan uangsebesar Rp 5 ribu agar anak sayatutup mulut,” tegasnya.

Saat Radar mencoba konfir-masi kebenaran hal itu kepadaAmin dengan mendatangi SD 06Sinanggul, Amin ternyata sedangtak berada di sekolahan.

”Sejak kejadian itu, kami mem-berikan izin pada Pak Amin agar

SIROJUL MUHIDIN/JPNN

LAPOR POLISI - Akibat dilempar sepatu oleh gurunya,Firmansyah (8) melaporkan Amin Safari (33) ke polisi. Korbanmengalami luka sobek di mulut dengan satu giginya tanggaldan dua gigi lainnya goyah.

Dilempar Sepatu, Murid Lapor Polisi

Buat Ruang KhususPemeriksaan Anak

rehat dulu dan menenangkandiri,” kata Sri Hatiningsih, KepalaSD 06 Sinanggul, kemarin.

Kepala sekolah akan membe-rikan teguran lisan atas kejadianitu. ”Pak Amin sudah mengakuiperbuatan itu. Dia juga sudahmenemui keluarga Firmansyahuntuk minta maaf. Kepada sayaia menyatakan saat itu tak ber-maksud melempar sepatu ke mu-lut Firmansyah, tapi hanya mem-bantingnya di meja, tapi kemu-dian sepatu mental ke mulutFirmansyah,” terangnya.

”Mungkin saat itu pak aminmerasa tertekan karena sedangbersiap menghadapi ujian skrip-si S1-nya. Sebelumnya tak adalaporan dari siswa atau masya-rakat,” jelasnya. (gul)

POLRES Grobogan membuatruang khusus untuk pemerik-saan bagi anak dan perempuanyang tersangkut masalah hu-kum. Ruangan tersebut berbedadengan ruangan pemeriksaanlainnya, karena dilengkapi de-ngan ruang pemeriksaan yangnyaman.

Kapolres Grobogan, AKBPLanggeng Purnomo didampingiWakopres, Wiyono Eko Prasetyomengatakan, pembuatan ru-angan khusus anak dan perem-puan tidak hanya berfungsi se-bagai ruang pemeriksaan kasuskekerasan dalam rumah tangga.Tetapi ruangan tersebut jugadigunakan untuk menanganikasus hukum anak, seperti kasuskriminal pencurian, pembunuh-an, narkoba dan lalu lintas.

”Jadi semua anak yang men-dapatkan kasus hukum diperik-sa di ruangan khusus perempuandan anak,” kata kapolres di sela-sela menunjukkan ruangan per-lindungan perempuan dan anak(PPA) kemarin.

Kapolres menjelaskan, ruang-an khusus untuk perempuan dananak terdiri dari ruang kontroluntuk mengawasi jalanya pe-meriksaan, ruang konseling, dan

pemeriksaan. Selain itu, jugadilengkapi ruang tamu dan isti-rahat yang sudah dilengkapi de-ngan ruangan ber AC.

”Untuk pemeriksaan sama de-ngan kasus hukum yang lainnya.Hanya teknis pemeriksaannyayang berbeda, karena merekamasih anak-anak,” terang dia.

Ruangan untuk pemeriksaanperempuan dan anak tersebut,terdiri dari dua ruang. Pertama,ruangan pemeriksaan dan kon-trol berukuran ruang 4 x 4 meter.Kapasitas pemeriksaan dua or-ang. Ruang tamu dan keluargaada fasilitas kursi dan ruang tidurserta kamar mandi dalam.

Selain itu, pemeriksaan untukanak yang memiliki perbuatanmenyimpang akan ditanganioleh petugas khusus. Sehinggabias menjaga mental dan psi-kologi yang bersangkutan.

”Untuk pemeriksaan kasusanak, kami memberikan pelatih-an teknis ke semua kanit penyi-dik untuk anak. Baik itu darisatuan reskrim, satlantas, dannarkoba. Kami juga memberikanpelatihan satu minggu sekalisetiap Rabu kepada kanit di se-mua unit polsek seluruh Gro-bogan,” tandasnya. (mun)

PRISTYONO HARTANTO/JPNN

SELAMAT DARI MAUT - Kerabat korban sedang menunggui, Ra, di ruang Melati RSUD Ungaran.

FOKUS

SIROJUL MUNIR/JPNN

RUANG KHUSUS ANAK - Kapolres Grobogan, AKBP LanggengPurnomo (dua dari kiri) melihat proses pemeriksaan anak dibawah umur di ruang penyidikan anak, kemarin.

�Sinyal�-nya Nyambung TerusDALAM hal urusan asmara,prinsip dagang Markijo (45)

sangat ketat. Dengan mo-dal sedikit, dia ingin mem-peroleh “keuntungan”berlipat ganda. Bagai-

mana tidak? Dengan memberiuang pulsa Rp 5 ribu, sinyalcintanya pada Mawar (16)—bukan nama sebenarnya—nyambung terus. Padahalketika gadis itu hamil, Mar-

kijo jadi repot sendiri. Nah,loh!

Prinsip dagang model lamaselalu berbunyi: keluarkanmodal sedikit mungkin, dan

dapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Di era modernseperti sekarang, prinsip seperti itu sudah tak laku lagi. Karenasemakin banyak pesaing, mau untung gede modal juga harusgede. Jika perlu, dengan kapital yang besar dia bisa menyingkirkanpara pesaingnya.

Bagaimana dengan Markijo dari Temanggung ini? Ah, dia sihbukan pengusaha. Dia hanya petani biasa yang tak punya kapitalkecuali alat vital! Itupun kini tak lagi terurus, gara-gara istrinyameninggal dunia beberapa waktu lalu. Padahal sebagai lelakimuda yang normal, Markijo masih sangat membutuhkankehangatan dari lawan jenis. Tapi apa daya, takdir Allah SWTmenentukan demikian, dia harus berpisah dengan istri untukselamanya. ”Duh Gusti, punduten nyawaku bae lah...” keluhMarkijo saking putus asanya.

Tapi lelaki dari Desa Jampirejo, Temanggung, Jawa Tengah initak mau terus larut dalam duka. Beberapa bulan setelah ditinggalistri, dia mulai mencari calon istri lagi. Tapi dalam usia nyariskepala lima, ditambah dia bukan orang kaya, susahnya mintaampun mencari istri baru. Apa lagi yang muda, setengah tuananging kepenak (STNK) saja susah. Habis apa yang maudiharapkan? Senagai petani dia tak punya sawah sendiri aliasburuh, bisa-bisa ikut jadi buruh tandur jika kelak bersuamikanMarkijo.

Tiba-tiba terlintas dalam otaknya untuk mendekati gadis ABGanak tetangga yang bodinya mulai mekar. Penampilan Mawarmemang enak Diterawang, Dipegang dan Digelandang (3D),sehingga ukuran celana Markijo selalu berubah saat melihatnya.Mulailah dia mencoba mendekati dengan cara transfer pulsa Rp5 ribu. Weladalah, ternyata Mawar senang sekali dan mulaiakrab dengannya.

Lain hari ditransfer lagi Rp 5 ribu, hasilnya Markijo kian takberjarak dengan Mawar. Dan ketika rumah sepi, gadis ABG itudiajak main ke rumahnya lalu diajak berhubungan intim layaknyasuami istri. Ternyata Mawar tak menolak. Jadilah Markijomenuntaskan birahinya yang selama ini selalu tertahan. Selesaiberbuat, sama seperti transferan uang pulsa, gadis itu diberiuang hanya Rp 5 ribu perak.

Mawar yang terhitung gadis masih ijo, belum tahu persis aparesikonya jika berhubungan intim dengan kaum lelaki. Karenanya,asal duda kesepian itu minta jatah, langsung diberi tanpa protes. Danberkat uang pulsa Rp 5 ribu, sinyal asmara Markijo selalu nyambungterus meski di dekat rumah Mawar tak ada menara BTS.

Resiko yang selama ini tak pernah dipikirkan Mawar akhirnyaterjadi. Tiba-tiba saja dia suka mual dan maunya makan buahyang asem-asem. Saat dibawa ke bidan, diagnosanya sungguhmengagetkan, Mawar hamil 3 bulan. Tentu saja orangtuanyaterperanjat. Siapakah gerangan pelakunya?

Tanpa perlu diinterogasi 7-8 jam seperti saksi atau tersangkaKPK, Mawar menyebut nama duda tetangganya, Markijo. Segerasaja duda kesepian itu dilaporkan ke polisi. Dalam pemeriksaandia mengakui terus terang bahwa sangat terangsang melihatpenampilan Mawar. ”Soale aku wis suwe nduda, coba bapakdadi aku?” kata Markijo cari simpati.

Enak bae, wis dadi polisi malah dikon dadi buruh tani... (wan/jpnn)

OLAH RAGARADAR TEGAL

17KAMIS , 12 DESEMBER 2013

MUENCHEN - Luar biasa Man-chester City. Tertinggal cepat 0-2,The Citizen berhasil bangkit, mem-balikkan kondisi, dan menang 2-3 (2-1) atas tuan rumah Bayern Muen-chen pada matchday terakhir GrupD di Allianz Arena kemarin (11/12).

Kemenangan ini cukup berseja-rah. Sebab, City mampu menghen-tikan dominasi Bayern yang menangdalam sepuluh laga beruntun di LigaChampions. Fans City yang meng-ikuti timnya ke Jerman begitu banggadengan hasil ini. Mereka menya-nyikan yel-yel bahwa sepak bolasudah pulang ke rumah. Memang,Inggris lama mengklaim dirinya ada-lah negara nenek moyang sepakbola modern.

Sayang, victory tersebut tetapmembuat City menempati posisirunner-up. Meski sama-sama me-ngumpulkan 15 poin, Bayern unggulhead to head karena pada laga per-tama di Etihad (2/10), mereka me-nang 3-1 atas City. Sejatinya, Citybisa saja menyalip Bayern kalau sajaskor akhir adalah 4-2. Tetapi sayang,gol keempat tidak kunjung lahir.

Kemenangan ini menjadi sejarahtersendiri untuk James Milner. Men-cetak gol kemenangan pada menit

ke-62, Milner menjadi pemain Ing-gris pertama yang mencetak gol un-tuk City di Liga Champions. “Kamimemiliki karakter yang sangat kuat.Terutama ketika masih di kamarganti,” ucap Milner seperti dilansirBBC.

Pada awalnya, Bayern seolahakan meraih kemenangan mudah.Masih berjalan 12 menit, pasukanPep Guardiola sudah unggul 2-0melalui Thomas Muller (5") danMario Goetze (12"). Tetapi City yangmelakukan eksplorasi frontal lewatsisi kiri pertahanan Bayern yanglemah memperkecil kedudukan 1-2via gol David Silva pada menit ke-28.

City yang tidak memainkan strikerutama Sergio Aguero berhasil me-nyamakan kedudukan 2-2 lewat se-pakan penalti Aleksandar Kolarovpada menit ke-59. Penalti diberikankarena bek tengah Bayern Dantemelanggar Milner. Anak asuhanManuel Pellegrini akhirnya meme-nangkan pertandingan melalui golMilner tiga menit usai membuatkondisi seimbang.

Thomas Muller mengatakan bah-wa timnya mengambil sisi positifatas kekalahan ini. Walau ungguldulu dan mendominasi pertandi-

ngan dengan penguasaan bolahingga 60 persen, Bayern akhirnyatakluk juga.

“Keklahan menunjukkan bahwakami masih sebagai manusia,” ucapMuller di situs resmi UEFA. “Kamiterlalu santai saat itu. Bukan rahasiakalau City selalu bermain bagus.Namun kami tidak bisa lepas daritekanan. Kami butuh mentalitasmenang lagi setelah ini,” imbuhgelandang berusia 24 tahun ter-sebut.

Der Trainer Bayern Pep Guardiolamenambahkan bahwa dalam kon-disi apapun, timnya tidak boleh me-lemah. “Saat Anda bermain di Eropadan melawan tim bagus seperti Man-chester City, situasi tertentu akantercipta. Anda harus menerima ke-kalahan ini dan paham bahwa per-tandingan ini sulit,” tandasnya.

Kekalahan ini mencoreng rekorpribadi Pep. Ini pertama kalinya,mantan pelatih Barcelona itu kan-das saat berhadapan dengan timasuhan Pellegrini. (nur/jpnn)

JALUR SESUNGGUHNYA - Gelan-dang manchester City, JamesMilner tampil gemilang di kan-dang bayern Munchen.

CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGE

Tottenham Butuh TemanLONDON - Matchday

pemungkas fase grupEuropa League dinihari nanti bakal mem-perebutkan enam tikettersisa ke babak 32 be-sar. Dari jumlah itu, duatiket di antaranya me-

libatkanlaga dua klub Ing-gris pemenang cupmusim lalu. Yakni,Swansea City (juara Pia-la Liga) dan Wigan Ath-letic (juara Piala FA).

Swansea misalnya.Klub asuhan MichaelLaudrup itu memilikikeuntungan karenaunggul tiga poin (8-5) dari pesaingnyadi grup A, KubanK r a s n o d a r.

Swansea pun menjalani laga terakhir dikandang klub yang sudah pasti tereli-minasi, St Gallen (3 poin), sedangkan

Kuban akan melawat ke Valenciayang sudah finis jawara grup (12

poin).“Kami ingin memastikanlolos dengan hasil positif,”

tandas Laudrup kepa-da Wales Online.

Sementara digrup D, Wi-

gan jugaharus

away dalam laga terakhirnya, yakni kontraklub Slovenia, NK Maribor. Berbeda de-ngan Swansea, Wigan yang akan menun-juk pelatih baru Uwe Rosler akhir pekanlalu itu (7/12) tidak dalam posisi bagus.

Dengan raihan 5 poin, The Latics (se-butan Wigan) tak hanya bersaing denganZulte Waregem (Belgia) yang mengoleksi7 poin, melainkan juga dengan Maribor (4poin). Sedangkan satu tiket lolos sekaligusjuara grup sudah di-booking Rubin Kazan.

Sejauh ini, Inggris baru meloloskanTottenham Hotspur yang berhasil meraihhasil sempurna di grup K (lima laga, limamenang). Lalu, apa pentingnya pertan-dingan pemungkas kontra klub yang jugasudah pasti lolos, Anzhi Makhachkala, diWhite Hart Lane dini hari nanti.

“Bagi saya, ini adalah kesempatan ter-baik membungkam kritik orang,” kata ErikLamela, salah satu pembelian mahal Tot-tenham musim ini yang masih underformitu, kepada Evening Standard. (dns/jpnn)

LONDON - Gareth Bale, se-pertinya, mulai kerasan di RealMadrid. Hampir 15 pekan mem-bela Real, Bale tak hanya klikdengan permainan klub berjulukLos Merengues tersebut. Pe-main termahal dunia itu pun siapmemulai kehidupan sosial barudi Kota Madrid.

Langkah pertama yang diam-bil The Welsh Wizards (julukanBale) adalah menjual mansionmiliknya di London.

Mansion dua lantai yangberlokasi di Clarence Gate,Woodford Green, Essex, ituditawarkan ke pasaran denganbanderol GBP 2,2 juta atausekitar Rp 43 miliar.

Rumah Bale itu memiliki tigakamar tidur yang memiliki bal-kon. Juga tiga kamar mandi, ser-ta lahan hijau seluas hampir 50

meter. Juga ada tiga garasi untuktiga mobil yang terpisah dari ru-mah utama. Semasa ditempatiBale, garasi itu menjadi “hunian”Range Rover Sport, MercedesBenz SLK, dan Audi R8.

Interior lainnya seperti ruangtamu, ruang makan, dan dapurjuga memiliki sentuhan modern.

“Rumah ini memungkinkan un-tuk di-upgrade sesuai dengankeinginan pemilik baru karenamasih banyak space di lantaidua,” Demikian rilis situs propertirightmove.com yang dipercayaBale menangani penjualan ru-mahnya.

Di mansion Bale juga ditemu-

kan satu set permainan caturyang sepertinya bukan hobi lainpemain 24 tahun itu.

Sepekan setelah meraih titel-nya (1/12), Carlsen memperolehapresiasi menendang bolasebelum kickoff antara Real ver-sus Valladolid di ajang PrimeraDivision. (dns/jpnn)

Kerasan di Madrid, Tinggalkan Essex

BELO HORIZONTE - Yang ditunggu-tunggu performa gemilangnya di PialaDunia Antarklub adalah Ronaldinho. Be-kas superstar sepak bola dunia itu kinikembali ke panggung dunia via klub yangdia perkuat, Atletico Mineiro.

Mineiro yang datang ke Maroko denganstatus jawara Copa Libertadores itu bakalmengandalkan Ronaldinho sebagai ko-mandan di lini tengah. Apalagi, pemainmurah senyum itu rupanya masih pena-saran ingin kembali ke timnas Brasil.

Karena itu, mau tidak mau pemain 33tahun itu harus lebih ngotot. Apalagi, diamengklaim sudah kembali bugar setelahsempat absen karena cedera. Buktinya,pada Minggu (8/12) lalu dia memborongdua gol saat melawan Vitoria. Dalam lagayang berkesudahan 2-2 itu, dia membuatgol dari tendangan bebas dan penalti.

“Saya menghargai upaya klub dan stafmedis yang berusaha membuatku kembalibugar lagi. Saya akan memanfaatkan inidengan memberi yang terbaik yang sayamampu untuk klub,” katanya seperti di-kutip Shanghai Daily

Tim-tim Amerika Latin selalu menjadilawan yang sepadan bagi tim Eropa. Sela-ma ini, gelar juara selalu dikuasai tim darikedua wilayah tersebut. Tim asal Eropatampil lebih dominan dengan lima gelarjuara dari sembilan edisi Piala DuniaAntarklub. (aga/jpnn)

RonaldinhoPanaskan Persaingan

MULAIKERASAN -Winger RealMadrid,Gareth Bale(kanan) mulaikerasandengansuasanaMadrid.

GONZALO ARROYO MORENO/GETTY IMAGES

Erik Lamela

RonaldinhoRonaldinhoRonaldinhoRonaldinhoRonaldinho

James Milner

KAMIS12 DESEMBER 2013

ALL SPORTSRADAR TEGAL

18

AGENDA

SepakBola SEA Games 2013Kamis, 12 Desember 2013

Indonesia vs Thailand(SCTV pukul 15.30 WIB)

EuropaLeagueJumat, 13 Desember 2013

Fiorentina vs Dnipro Dnipropetrovsk(SCTV pukul 01.00 WIB)

Tottenham Hotspur vs Anzhi Makhachkala(SCTV pukul 03.00 WIB)

KANS DOBEL DERBYKANS DOBEL DERBYKANS DOBEL DERBYKANS DOBEL DERBYKANS DOBEL DERBY

Hasil LigaChampionsKemarin (11/12)

GRUP A

Man.Utd vs Shakhtar 1-0

(Jones 67)

Real Sociedad vs Bayer Leverkusen 0-1

(Toprak 49)

GRUP B

Galatasaray vs Juventus

(Ditunda karena cuaca buruk)

Copenhagen vs Real 0-2

(Modric 25, Ronaldo 48)

GRUP C

Benfica vs PSG 2-1

(Lima 45 (pen), Gaitan 58/Cavani 37)

Olympiacos vs Anderlecht 3-1

(Saviola 33,58, Dominguez 90+5/Kljestan 39.

KM: Kouyate 49, N’Sakala 88, Proto 90)

GRUP D

Bayern vs Man.City 2-3

(Muller 5, Goetze 12/Silva 28, Kolarov 59 (pen),

Milner 62)

Viktoria vs CSKA 2-1

(Kolar76, Wagner 90/Musa 65)

KlasemenAkhirGRUP A

Man. United 6 4 2 0 12 3 14

B. Leverkusen 6 3 1 2 9 10 10

Shakhtar 6 2 2 2 7 6 8

Real Sociedad 6 0 1 5 1 10 1

GRUP B*

Real Madrid 6 5 1 0 20 5 16

Juventus 5 1 3 1 9 8 6

Galatasaray 5 1 1 3 7 14 4

Copenhagen 6 1 1 4 4 13 4

GRUP C

PSG 6 4 1 1 16 5 13

Olympiacos 6 3 1 2 10 8 10

Benfica 6 3 1 2 8 8 10

Anderlecht 6 0 1 5 4 17 1

GRUP D

Bayern Munich 6 5 0 1 17 5 15

Manchester City 6 5 0 1 18 10 15

Viktoria Plzen 6 1 0 5 6 17 3

CSKA Moscow 6 1 0 5 8 17 3

Keterangan: Grup B masih menyisakan satu laga,Galatasaray vs Juventus. Pertandingan dilanjutkan hari ini.Kemarin laga dihentikan karena cuaca buruk.

AC Milan akan mengakhiri ta-hun ini dengan menjalani laga

kontra rival sekota, Inter Mil-an, di giornata ke-17 Serie A

pada 22 Desember nanti.Laga bertajuk Derby dellaMadonnina itu sekaligusmenjadi laga pemungkasMilan sebelum Serie Amenjalani winter break.

Nah, Milan versus Interternyata juga berpotensiterjadi di perempat finalCoppa Italia, Menyusulhasil drawing kemarin, der-by itu bisa berlangsung pa-

da 22 Januari 2014. Tentusaja, itu dengan catatan

Milan maupun Intermengatasi lawan

masing-masingdi babak 16

besar (9/1).Il Diavo-

lo (sebutanMilan) bakal

dihadang klubSerie B Spezia,sedangkan Interyang meraih jua-ra back-to-backdua kali pada2005-2006 dan

2010-2011 itubakal bekerja

keras karenaditantang

Udinese.S t r i k e r

M i l a nGiamp-

aolo Pazzini pun terlihat antusiasmenyambut kans bersua Interdua kali di liga maupun Coppa.

Alasannya bukan semata kare-na Pazzini bakal menghadapimantan klubnya. Sebelum berga-bung dengan Milan sejak musimlalu, striker berjuluk Il Pazzo atauSi Gila itu pernah dua musim me-ngenakan jersey Nerazzurri (sebu-tan Inter).

Tapi, Pazzini yang belum sekali-pun membela Milan musim inipascaoperasi lutut akhir musimlalu itu memang menargetkancomeback saat lawan Inter. “Sayaberharap debut saya musim initidak harus menunggu sampaitahun depan,” kata striker 29 tahunitu kepada Sport Mediaset.

Pazzini yang mengemas 16 goldari 37 laga musim lalu itu sejati-nya telah berlatih normal sejakakhir bulan lalu. Hanya, belumdiketahui sampai kapan allena-tore Milan Massimiliano Allegrimemberikan kesempatan kepadastriker yang pernah mencetak duagol ke gawang Indonesia Selec-tion dalam laga di Gelora BungKarno Mei tahun lalu itu.

Ada spekulasi Pazzini terlibatdalam laga kontra Ajax dini harinanti. Apalagi banyak pemain de-pan Milan yang absen karena ce-dera seperti Robinho, AlessandroMatri, dan Valter Birsa.

Adapun M’Baye Niang tidakavailable karena tidak didaftarkandalam skuad Milan di Liga Cham-pions. (dns)

DrawingPerempat FinalCoppaItalia

21 Januari 2014 AS Roma/Sampdoria vs Juventus/Avellino

22 Januari 2014 AC Milan/Spezia vs Udinese/Inter Milan

23 Januari 2014 Catania/Siena vs Fiorentina/Chievo

29 Januari 2014 Napoli/Atalanta vs Lazio/Parma

GiampaoloPazzini

T I Mp e m a n d ubakat Arsenal

s e m a k i nterpikat dengan

penampilan DavyK l a a s s e n .

Gelandang AjaxAmsterdam berusia 20 tahuntersebut disebut-sebut sebagaititisan gelandang The Gunners,Dennis Bergkamp.

Klaassen sejak lama sudahdalam pantauan Arsenal. Pe-nampilan anggota tim nasionalBelanda U-21 tersebut makinmemikat. Klaassen disebut seba-gai geladang yang kreatif, cerdas,dan memiliki visi permainanyang sangat baik. Klaassen ada-lah produk terbaru akademi Ajaxyang sangat tersohor tersebut.Akamdemi Ajax adalah tempatkelahiran maestro sepak boladunia seperti Johan Cruyff, Wes-ley Sneijder, hingga Bergkamp.

Pekan lalu, Klaassen tampilsensasional dengan mencetakhattrick saat Ajax menyikat NACBreda 4-0 dalam lanjutan Eredi-visie. Gelandang bertinggi 185cm tersebut sudah mencetakenam gol dalam sepuluh per-tandingan terakhir.

Dalam laga itu, Klaassen tidakterhentikan. Dia membukukangol-golnya pada menit ke-34, 45,dan 65. Tidak sia-sia tim scoutingArsenal terbang langsung dari Lon-don. Sebab mereka disuguhi salahsatu penampilan Klaassen yangpaling dahsyat pada musim ini.

Klaassen memulai debutnya

di Liga Champions sebagai peng-ganti saat melawan Lyon, No-vember 2011. Lima hari kemudi-an, Klaassen memulai debutnyadi liga dan langsung memberikandampak dengan mencetak gol.

Gol pada debutnya bersamaAjax membuat Klaassen mengi-kuti jejak legenda sepak bola Be-landa seperti Cruyff, Patrick Klui-vert, dan Marco van Basten. Sebu-lan kemudian, Klaassen lantasmenjadi starter di tim senior.

Namun pada saat yang sama,Klaassen juga masih berkiprah dilevel junior. Pada Maret 2012,Ajax membantai Liverpool jun-ior pada semifinal NextGen.Klaassen adalah bintangnya.Menggunakan jersey nomor 10yang ikonik dan ban kapten,Klassen mencetak dua gol.

Musim lalu, Klaassen menga-lami serangkaian cedera. Itumembuatnya, hanya tampil tigakali. Namun musim ini, Klaassenmenghentak. Bermain 90 menitmelawan Barcelona, dia mem-bantu Ajax menang 2-1 di Ams-terdam pada kualifikasi Grup HLiga Champions (26/11).

“Davy adalah gelandang se-rang yang juga bisa bermain se-bagai penyerang tengah. Diaadalah pemain yang sangat ber-talenta,” ucap Frank de Boer,pelatih Ajax seperti dilansir SkySports.

Di sisi lain, dalam poling di situsresminya, fans Arsenal ingin fullback kanan Bacary Sagna tetapbertahan dalam skuad dan mem-perpanjang kontrak. (nur)

“New Bergkamp”Makin Memikat

DavyKlaassenPARIS - Formula 1 musim 2013

berakhir kurang sempurna. Pem-balap Red Bull-Renault Sebas-tian Vettel sudah ditahbiskansebagai juara saat balapan masihmenyisakan tiga seri lagi. Kondisiseperti itu coba ditiadakan FIA(federasi balap mobil internasio-nal) dengan memberikan jack-pot pada seri terakhir.

Dalam pertemuan F1 StrategyGroup dan Formula One Com-mission di Paris Senin waktu se-tempat (9/12), disepakati bahwamulai musim 2014 akan diberi-kan poin ganda pada seri ter-akhir. Poin jackpot itu berlakuuntuk kategori pembalap mau-p u n konstruktor.

Jika bia-s a n y ap e m b a -lap peme-nang da-pat 25 po-in, mulaimusimdepan

dapat

50 poin. Pemba-lap di peringkat ke-dua akan mendapat36 poin begitu seterus-nya.

“Hal ini bertujuan agar fo-kus kejuaraan berlangsunghingga akhir musim,” demikian

bunyi rilis resmi FIA.Jika diterapkan di tahun-ta-

hun sebelumnya, sistem itu bisalangsung mengubah daftar juaradunia.

Paling tidak itu terjadi padamusim 2008 dan 2012. Denganasumsi digunakan sistem poinbaru, pembalap Ferrari Fernan-do Alonso yang berada di pe-ringkat kedua di Interlagos mu-sim lalu bisa menyalip Vettel diklasemen akhir pembalap.

Sedang Felipe Massa, pada2008 seharusnya bisa menga-lahkan Lewis Hamilton setelahmemenangi GP Brasil. Selain itu,pada 2003 Kimi Raikkonen bisamenggagalkan Michael Schu-macher dari juara Formula 1.

Aturan lain yang disepakatipada pertemuan tingkat tinggi diParis itu adalah soal nomor pem-balap. Para pembalap diwajib-

k a nme-

milih antara nomor 2-99 yangakan menjadi identitas selamakarir mereka di Formula 1. Nomor1 akan menjadi milik juara ber-tahan. Jika lebih dari satu pem-balap memilih satu nomor ter-tentu, maka yang berhak adalahpembalap yang finis lebih tinggidi musim sebelumnya. Penomo-ran khusus itu diharapkan men-jadi identitas ekstra bagi parapembalap. Selama ini, nomorditentukan berdasarkan pering-kat dalam klasemen konstruktor.Sebagai juara Red Bull dapat no-

mor 1 dan 2.Mercedes

y a n ga d a

di u-r u t a nkedua kons-truktor dapatnomor 3 dan 4. Be-gitu seterusnya.

Selain itu, ada tesban di Bahrain pa-da 17-19 Desem-ber menda-tang.

D i

situs u -

p l i e rban F1 a-

kan mengge-lar tes selama ti-

ga hari. (aga)

Jackpot Bikin Tambah Hore

SebastianVettel

Ronaldinho MakinPanaskan Persaingan

BELO HORIZONTE - Yang ditunggu-tungguperforma gemilangnya di Piala Dunia Antarklubadalah Ronaldinho. Bekas superstar sepak boladunia itu kini kembali ke panggung dunia viaklub yang dia perkuat, Atletico Mineiro.

Mineiro yang datang ke Maroko dengan sta-tus jawara Copa Libertadores itu bakal me-ngandalkan Ronaldinho sebagai komandan dilini tengah. Apalagi, pemain murah senyum iturupanya masih penasaran ingin kembali ketimnas Brasil.

Karena itu, mau tidak mau pemain 33 tahunitu harus lebih ngotot. Apalagi, dia mengklaimsudah kembali bugar setelah sempat absenkarena cedera. Buktinya, pada Minggu (8/12)

lalu dia memborong dua gol saat melawanVitoria. Dalam laga yang berkesudahan 2-2 itu,dia membuat gol dari tendangan bebas danpenalti.

“Saya menghargai upaya klub dan staf medisyang berusaha membuatku kembali bugar lagi.Saya akan memanfaatkan ini dengan memberiyang terbaik yang saya mampu untuk klub,”katanya seperti dikutip Shanghai Daily.

Tim-tim Amerika Latin selalu menjadi lawanyang sepadan bagi tim Eropa. Selama ini, gelarjuara selalu dikuasai tim dari kedua wilayahtersebut. Tim asal Eropa tampil lebih dominandengan lima gelar juara dari sembilan edisi PialaDunia Antarklub. (aga)

Ronaldinho

KAMIS12 DESEMBER 2013

ALL SPORTS 19RADAR TEGAL

YANGON - Indonesia danThailand mempunyai garis be-sar kekuatan yang tidak jauhberbeda di SEA Games kali ini.Kedua tim tersebut sama-samabertumpu pada kekokohan dankreativitas dari pemain lini te-ngahnya. Dan, kesamaan ter-sebut akan langsung beradu da-lam pertandingan di matchdaykedua SEA Games 2013, sorenanti.

Indonesia kemungkinan be-sar akan mengubah sedikit stra-teginya tidak seperti laga per-dananya lawan Kamboja lalu.Pola 4-2-3-1 sepertinya tidakakan dirombak total sekalipunpola tersebut sempat macet.Pun demikian dengan Thailandyang bakal mempertahankanwinning squad-nya dengan 4-1-4-1.

Kecepatan pemain-pemainIndonesia akan dihadang olehkecerdikan dua pemain sayapkanan dan kiri Thailand. RD (sa-paan akrab Rahmad Darmawan)harus melakukan perubahandarii sisi komposisi pemain te-ngahnya. Andik Vermansah bisadisimpan terlebih dahulu se-bagai bagian dari strategi.

Pasalnya, bagaimana pun jugaAndik tentunya sudah menjadisasaran dari Thailand. Sedang-kan kebuntuan di lini seranganbisa ditutupi RD dengan men-dorong salah satu pemain te-ngahnya, Bayu Gatra Sanggria-wan lebih sedikit ke depan. Ke-sembuhan Fandi Eko Utomo pundapat dimanfaatkan RD untukmempertajam lini depannya.

Dalam sesi latihan di StadionPadonmar, South Dagon, Yan-gon, pagi kemarin (11/12), stra-tegi itu coba diberikan RD kepa-da anak asuhnya. “Thailand timyang mengedepankan permai-nan game passing dan selalu me-manfaatkan sisi sayap kiri dankanan pertahanan lawan. Itu

zona-zona yang harusditutup anak-anak,”ujar RD.

Beberapa keunggulanThailand dalam pertan-dingan lawan Timor Leste lalusudah bisa dilihat. Pemain-pe-main di posisi sayap kiri kananThailand ternasuk rajin dalammenjelajah pertahanan lawan.Untuk menusuk ke pertahananlawan pun Thailand punya ju-rus ampuh melalui sepakanpojok ataupun set pieces.

Bukan hanya sekedar ten-dangan pojok atau set piece,anak asuhan Kiatisuk Sena-muang itu juga memberikan se-dikit sentuhan variasi. Dari va-riasi serangan itu kerap mem-buat pertahanan Timor terke-coh. “Semua keunggulan timlawan itu sudah kami simula-sikan, tinggal bagaimana anak-anak mengimplementasikannyadi lapangan,” ungkapnya.

Thitiphan Puangjan, Adisak

Kraisorn dan Pokklaw A Nanmenjadi tiga sosok yang diper-hatikan RD. Ketiga pemain itujugalah yang masuk dalam fokuspelatih Thailand, Kiatisuk Se-namuang. Semua gelandangThailand diharapkan tidak lagimengulangi permainannya ke-tika hanya dapat menyarangkantiga gol ke gawang Timor.

Ditemui Jawa Pos, pelatihyang disebut-sebut sebagai Zico-nya Brasil itu tidak meremehkanderetan pemain second line In-donesia. Kendati tidak terlalubagus mainnya, pelatih yangpernah menjadi pencetak golterbanyak di SEA Games itu te-tap menganggap RamdaniL estaluhu, Andik Vermansahdan Ferinando Pahabol sebagaiancaman baginya. (ren/dra)

YANGON - Dominasi Vietnam dalam cabangolahraga (cabor) menembak belum tergeserpada SEA Games 2013 ini. Sejak hari pertamaperebutan emas untuk nomor 50 meter RifleProne individu dan tim di North Dagon Shoot-ing Range, Yangon, kemarin (11/12), Vietnammampu menunjukkan tajinya.

Vietnam meraup satu emas dan satu perakdari dua nomor tersebut. Dari nomor 50 meterRifle Prone individu, medali emas didapatkanNguyen Thanh Dat yang mengoleksi 201,3poin. Total poin itu terpaut 1,3 dari petembakThailand Tortungpanich Napis yang meraihmedali perak. Lalu, untuk perunggu digondol

Lim Wen Yi Abel dari Singapura dengan 180,3poin.

Berjayanya Vietnam tersebut ber-banding terbalik dengan prestasi

yang didapatkan petembak In-donesia di nomor tersebut, Sa-hurun. Petembak asal Jatim itumalah tidak masuk di dalam limabesar perolehan poin akhir. Sa-

hurun hanya mampu mengum-pulkan 99,5 dan terhenti di posisi

ketujuh.Ini menjadi kegagalan lanjutan bagi pe-

tembak yang akrab disapa Uyun tersebutdalam ajang dua tahunan antar negara AsiaTenggara itu. Di Palembang 2011 lalu, dia jugatidak meraih satu pun medali, baik emas, perakataupun perunggu. “Karena nomor ini bu-kanlah spesialisasi saya di sini,” ujarnya.

Meski sudah gagal meraih emas pada haripertamanya, Sahurun masih belum patahsemangat. Dia masih tetap optimistis mampumenebus kegagalannya kemarin dengan me-dali di nomor spesialisasinya, 10 meter Air Rifle.Nomor itu sendiri baru akan dipertandingkanpada hari yang keempat, akhir pekan ini.

Nomor yang menjadi spesialisasiSahrun tersebut kebe-

tulan “bersih” dari gang-guan Vietnam. Ha-

nya, dia harus ber-saing dengan pe-

tembak-petem-bak dari Singa-

pura danM a l a y s i ayang sudahberkuasa dinomor itu.

“Dengan posisi seperti itu justru saya bisa tam-pil lebih lepas tanpa ada beban,” ungkapnya.

Gagal di kategori individu, peraih medaliemas PON 2012 atas nama Jatim itu juga tidakdapat menebusnya di kategori beregu. Padanomor 50 meter Rifle Prone beregu, lagi-lagiIndonesia gagal merangsek ke posisi tiga besar.Beranggotakan Sahurun, Rahmad Wisnuaji,dan I Kadek Bagiartha, Indonesia hanyamampu finish di urutan kelima. (ren/dra)

ADU KUATLINI

TENGAH

Indonesia vs Thailand

VietnamRajanya RifleProne Men

JEPARA - Meski dinyatakanlolos verifikasi PSSI, setumpukpekerjaan rumah (PR) telah me-nanti manajemen untuk segeradiselesaikan. PSSI memberikantenggat hingga sepekan ke de-pan untuk klub yang dinyatakanlolos guna membereskan tung-gakan gaji pemain.

Ketua Umum Persijap Tafric-han menyatakan, syarat peluna-san gaji kepada pemain palinglambat sepekan ke depan. “Jikatak bisa memenuhi kewajibanitu, lolosnya Persijap ke ISL bisadianulir oleh PSSI,” terangnya.

Dikatakan, yang masih me-nunggak gaji setidaknya adasembilan klub. “Mereka juga di-wajibkan melunasi tunggakanitu sepekan ke depan,” terang-nya.

PR lain yang harus segera di-selesaikan manajemen adalahpersiapan pembentukan tim.Sebab, sudah banyak klub calonpeserta ISL yang sudah mem-bentuk tim bahkan melakukanpemusatan latihan. “Harus di-akui persiapan kami memangsedikit terlambat, tapi kami danmanajemen akan berusaha se-maksimal mungkin untuk segera

menyelesaikan semua ini,” te-rangnya.

Pembentukan tim setidaknyajadi masalah mendesak selainpersoalan gaji. Pasalnya, kickoffISL hampir pasti akan digulirkanoleh PT LI pada Januari 2014mendatang. “Selain itu pada 17Desember nanti kami akan ke-datangan klub asal MalaysiaUiTM FC yang akan beruji cobadengan Persijap,” paparnya.

Dirinya juga menandaskan

bahwa pihaknya telah menerimakabar dari PSSI bahwa kompetisimusim depan dilaksanakan me-nggunakan format dua wilayah.“Tapi ini belum resmi, kalau be-nar-benar menggunakan duawilayah, ini adalah kabar baikbagi kita. Sebab kalau menggu-nakan dua wilayah, maka jumlahpertandingan dalam semusimakan lebih sedikit jika diban-dingkan dengan format satu wi-layah,” paparnya. (gul/aji)

PENYERANG Papua menjadipenentu kemenangan Indone-sia atas Thailand di dalam SEAGames 2011 silam. Dua dari tigagol kemenangan Garuda Mudadiciptakan oleh dua bomber,Titus Bonai dan Patrich Wanggai.Sekarang, Yohanes FerinandoPahabol berniat untuk melan-jutkan catatan tersebut.

Terbuka kesempatan bagi pe-nyerang muda Persipura Jaya-pura ini untuk mewujudkan mimpiitu. Pasalnya, dia termasuk pe-main yang berpotensi un-tuk dijadikan ujung tom-bak timnas U-23 oleh pe-latih Rahmat Darma-wan, dalam matchdaykedua cabor sepakbolaSEA Games 2013, diThuwanna Youth Trai-ning Centre (YTC) Sta-dium, Yangon, sorenanti.

Selain Feri (sapaanakrabnya) juga ada be-berapa pemain lainyang bisa jadi opsi lainpemain depan selainYandi Sofyan Munawar.Mulai dari Fandi EkoUtomo, Bayu GatraSanggriawan, pun de-mikian dengan Ram-dani Lestaluhu. PosisiFeri sendiri sebenarnyaattacking midfielder, ataujuga bisa ditempatkan sebagaiwinger.

Walaupun bukan sebagai pe-nyerang, pemain yang berusia 21tahun itu menegaskan bahwa diatetap siap jika memang ditu-runkan sebagai penyerang. Diluar ambisinya mengikuti duapemain seniornya dari Papua.“Bukan soal keinginan saya saja,lebih dari itu, kepentingan timjuga ada di atas segalanya,” ujar-nya.

Feri sendiri baru bermain se-bagai pengganti di SEA Gameskali ini. Dari pengamatannya,dia menganggap tidak mudahuntuk mematikan pergerakanpemain-pemain Negeri GajahPutih itu.

Menurutnya, permainan anakbuah Kiatisuk Senamuang itutermasuk agresif dan memain-kan tempo cepat.

Hanya, lanjut dia, permainanseperti itu bukan tidak mungkinuntuk mampu diredam. Lantas,apa cara yang mungkin akan di-lakukan pemain bertubuh mu-ngil ini untuk bisa mempecun-dangi Thailand kedua kalinya?Jawabannya simple, melakukanpressing ketat atau tekanan lebihdi awal-awal. (ren/dra)

INDONESIA menempati hotelyang sama bersama dengan ke-tiga tim kontestan Grup B lain-nya, seperti Thailand, Kamboja,dan Timor Leste. Namun, ke-beradaan para penggawa Ga-ruda Muda di hotel Yangon itumenjadi titik perhatian tersen-diri. Terlebih dengan tingkahmereka yang dikenal paling usil.

Ada saja tingkah Kurnia MeigaHermansyah dkk ketika beradadi hotel. Mulai dari mengusilisesama pemain, pelatih, ofisial,pemain tim lainnya, bahkan or-

ang yang mau menginap di hotelini pun juga kadang terkena im-basanya. Seperti yang merekalakukan ketika setelah menjalanisesi latihan pagi kemarin (11/12).

Kelompok pemain yang pal-ing doyan usil seperti DiegoMichiels, Rizky Pellu, ataupunAlfin Tuasalamony sudah naikke lantai tujuh, tempat timnasIndonesia berada. Nah, ketikasudah berada di lantai ketujuhitulah mereka sama-sanan usildengan cara memindahkan de-retan kursi dan meja menutupipintu lift.

Walhasil, begitu adarombongan yang naikdan berhenti ke lantaitujuh, mereka pun ter-hambat dan tidak bisakeluar dari lift. Bahkan,

beberapa orangsatu lift yang dian-taranya ofisial,

pemain, danpenghuni lan-tai ketujuh punbingung haruskeluar darimana.

“ M e r e k ausil sekali,bahkan pal-ing usil dihotel,” ujarsalah satupetugas ho-tel.

Di rombo-ngan yangsempat terpe-

rangkap itu salahsatunya ada Andri

Ibo. Dengan sedikitkesal, dia pun meng-

gerutu dengan sikap re-kan-rekannya itu.

“Duh biasa merekaitu, tidak lihat apa adaorang yang mau lewat.

Kalau begini kan sa-ma saja merekamengganggu or-ang lain juga kan,”

p u n g k a s n y a .(ren/dra)

Keunggulan -KelemahanINDONESIA

Key Player:Fandi Eko Utomo

Player To Watch:Bayu Gatra Sanggriawan

Keunggulan:Permainan cepat dengan bola pendek mulai mampu merekaterapkan di laga pertama melawan Kamboja. Sekalipun, dalampenerapannya masih belum mencapai titik yang memuaskan.Dengan tambahan kecepatan yang mereka miliki, strategiserangan balik dapat dipilih dan bisa mendatangkan hasil yangpositif.

Kelemahan:Dari deretan pemain lini depan atau pemain bertipikal menyerangyang dimiliki Indonesia, tidak satupun yang memiliki nalurimembunuh. Termasuk Fandi Eko Utomo ataupun Yandi Sofyan.Meskipun di pertandingan pertama lalu Yandi mencetak golkemenangan.

Bayu GatraSanggriawan

Lanjutkan KejayaanBomber Papua

FerinandoPahabol

Rizky Pellu

Paling Usil Se-HotelPR Persijap Belum Usai

DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS

AKSI - Noor Hadi (kiri) salah satu pemain Persijap saat beraksimembela timnya.

NAYPYITAW - Pundi-pundimedali emas Indonesia gagalbertmbah. Itu setelah equestrianIndonesia gagal naik podium diposisi pertama. Kemarin (11/12)di Equestrian Field Wunna Theik-di, equestrian Merah Putih ha-nya memperoleh satu perak dandua perunggu dari nomor endur-ance kategori individu dan be-regu.

Di endurance individu, YusnarYusuf dan Otto Satyawan Rac-hmad asal Indonesia finis di po-sisi kedua dan ketiga. Atlet Ma-laysia, Mohd.Sulaiman Mudamenjadi yang pertama menyen-tuh garis finis kemarin.

Yusnar Yusuf dengan kuda SeinGandawin menempuh lintasansejauh 80 kilometer dengan ca-tatan waktu 6 jam 26 menit 05detik. Yusnar hanya berjarak satu

detik dengan Sulaiman saat fi-nis.Sulaiman mencatatkan 6 jam26 menit 04 detik.

Sedang Otto yang masuk finisketiga dengan kuda Shwe Salberjarak cukup jauh dari jokipertma dan kedua. Otto meno-rehkan waktu 6 jam 59 menit.

Lantas perunggu endurancekategori beregu disumbangkankuartet Otto, YUsnar, R.Ohimat,dan Sofyan Gelar Permana. Darikeempatnya, Ohimat dan Sofyangagal finis.

Manajer equestrian Indone-sia Prasetiana Sumiskum me-nyatakan faktor luck menjadipenentu akhir balapan endur-ance. Yusnar yang masuk finissatu detik dibelakang Sulaimandianggap Tion (sapaan Prase-tiana Sumiskum) kalah berun-tung.

“Kalau dinilai kita mendapatkuda yang kurang bagus, tidakjuga.

Karena waktu prakualifikasiMaret lalu, kuda Yusnar ini ada-lah yang menang. Jadi, ibaratnyakita kalah satu kaki menjelang fi-nis,” ucap Tion.

Tion sendiri optimis eques-trian Indonesia bisa menyum-bang emas besok (13/12) di no-mor dressage (tunggang serasi)kategori tim dan beregu. Sertashow jumping (halang rintang)kategori tim dan beregu.

“Endurance memang bukankategori unggulan kita. Atlet en-durance kita bahkan ikut num-pang latihan di Malaysia. Karenadi Indonesia memang tak adalahan latihan endurance yangsampai berupuluh-puluh kilo-meter,” jelas Tion. (dra/ren)

Hanya Perak Dan Perunggu Di Endurance

THAILAND

Key Player:Theerathon Bunmathan

Player To Watch:Pokklaw A Nan

Keunggulan:Serangan Thailand variatif. Pergerakan parapemainnya juga hidup dan bisa mengecohbarisan pertahanan lawan seperti ditunjukkansaat melumat Timor Leste 3-1. Bol-bola set piecedan corner kick juga menjadi andalan timbesutan Kiattisuk Senamuang ini untuk me-nyelesaikan serangan.

Kelemahan:Sisi pertahanan kadang terlalu bergerak kedepan untuk membantu serangan. Sehingga,saat terkena serangan balik, pertahanan merekapun tidak siap dan mudah dibobol oleh pemaindepan lawan. Kelemahan inilah yang harusdimanfaatkan Indonesia dengan melakukancounter attack cepat. (ren/dra)

CMYK

KAMIS, 12 DESEMBER 2013 24RADAR TEGAL

Kepala MI Ikhsaniyah Si-wungkuk Lakhmuddin MPdImengaku gembira dengan pres-tasi anak didiknya yang telahberhasil mengharumkan namabaik madrasahnya.

“Kami sangat bangga denganprestasi anak didik kami, semogabisa mendorong siswa-siswilainnya untuk terus berprestasi,”ungkapnya usai menerima pialakejuaraan di halaman MIN Wa-nasari, Rabu (11/12).

MI Ikhsaniyah bertenggermenjadi Juara Umum setelahmemperoleh emas dari cabangVoli Putri, Tenis Meja Putri, Kali-grafi Putra, Kaligrafi Putri danPidato Bahasa Jawa Putra. Untukperak diperoleh dari cabang Pi-dato Bahasa Jawa Putri, TenisMeja Putra, Bola Voli Putra danPidato Bahasa Indonesia Putra.Sedangkan perunggu diperolehdari cabang Sepak Takraw Putradan MTQ Tartil Putra.

PORHAB diikuti 17 konti-ngen MI negeri dan swasta se-Kecamatan Wanasari. Tiap MImengirimkan 32 atlet dan se-niman untuk berlaga padaajang bergengsi di KementerianAgama itu.

Lakhmi, demikian panggilanakrabnya menjelaskan kalau ma-drasahnya sudah 5 kali berturut-turut menjadi Juara Umum pada

Juara Umum PORHABKEMENAG KE-68

MI Ikhsaniyah Siwungkuk

PORHAB di tingkat KecamatanWanasari. Keunggulan MI Ikh-saniyah Siwungkuk tidak hanyadalam bidang olahraga dan seni.Tetapi juga di bidang ekstra ku-rikuler Pramuka. Gudep MI Ikh-saniyah selalu menjadi duta da-lam Lomba Ketangkasan SiagaTingkat Kabupaten Brebes.

“Prestasi ini, karena kerjasamayang baik antara dewan guru,komite dan orang tua siswa,”ungkap Lakhmi.

PORHAB dibuka PengawasPendidikan Agama Islam Keme-nag Brebes Hj Mizanah SPd. Da-lam sambutannya dia menga-takan, Hari Amal Bhakti yangdiperingati tiap tahun merupa-kan momentum peneguhankembali komitmen seluruh jaja-ran dan keluarga besar Kemen-terian Agama untuk bekerja ke-ras dan kerja cerdas mening-katkan kualitas dan integritas,dengan tetap menjunjung tinggisikap ikhlas, dalam rangka me-wujudkan tata kelola kepeme-rintahan yang baik tersebut.

Melalui peringatan HAB jugadiharapkan seluruh jajaran Ke-menterian Agama memperolehtambahan energi positif dan se-mangat yang baru untuk me-ningkatkan peran aktifnya danmemberikan kontribusinya se-cara nyata dalam upaya mewu-

judkan masyarakat Indonesiayang taat beragama, rukun, cer-das, mandiri, serta sejahtera lahirdan batin.

Peran aktif dan kontribusitersebut dapat dilakukan dandiberikan melalui 5 (lima) fokusprogram sejalan dengan misiKementerian Agama yaitu pe-ningkatan kualitas kehidu-pan beragama; peningkatankualitas kerukunan umatberagama; peningkatankualitas pendidikan agamadan pendidikan keagama-an, serta pendidikan padamadrasah dan perguruantinggi agama; peningkatankualitas penyelenggaraanibadah haji; dan peningkatankualitas tata kelola kepeme-rintahan dalam rangka me-wujudkan KementerianAgama yang bersih dan ber-wibawa.

Kepala Ketua KelompokKerja Madrasah Ibtidaiyah(KKMI) Wanasari Juremi AFauzi SAg menjelaskan, MIIkhsaniyah Siwungkuk danpara juara di MI lainnyaberhak mewakili KecamatanWanasari dalam PORHABtingkat Kabupaten Brebespada 31 Desember 2013 di Is-lamic Center, Jalan Yos SudarsoBrebes. (ism)

WANASARI - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ikhsaniyah Siwungkuk berhasilmenjadi Juara Umum pada Pekan Olah Raga dan Seni Hari Amal Bakti

(PORHAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-68 tahun 2014 tingkatKecamatan Wanasari, Brebes. MI Siwungkuk berhasil meraih 5 emas, 4

perak dan 2 perunggu sehingga berhak mewakili Kecamatan Wanasari padalomba yang sama di tingkat Kabupaten Brebes.

JUARA UMUM

Madrasah Ibtidaiyah (MI) IkhsaniyahSiwungkuk berhasil menjadi Juara

Umum pada Pekan Olah Raga dan SeniHari Amal Bakti (PORHAB) Kementerian

Agama (Kemenag) ke-68 tahun 2014tingkat Kecamatan Wanasari, Brebes.IS

MA

IL F

UA

D/R

AD

AR

BR

EB

ES

SEMARANG – Ajang kreatifmahasiswa, Caraka Festival V2013 kembali digelar PersatuanPerusahaan Periklanan Indone-sia (P3I) Semarang, 11 sampai 13Desember 2013 di Gumaya To-wer Hotel. Acara yang diikuti 918peserta tersebut berhasil me-nampilkan 39 karya terbaik paramahasiswa dari 30 universitas diIndonesia. Jumlah ini meningkatsignifikan dibanding peserta ta-hun lalu yang hanya 630 orang.

Festival Caraka V yang me-ngangkat tema ’180° Reverse theUniverse’ ini bertujuan menga-jak mahasiswa memutarbalik-kan sudut pandang dalam ber-sikap. Mahasiswa seharusnyatidak hanya asyik mengurusikepentingan diri sendiri tapi jugaaktif berkontribusi untuk men-ciptakan solusi bagi permasala-han yang terjadi di lingkungansekitar mereka.

Menurut Ketua P3I SemarangBandaka Loekita, ajang ini dige-lar untuk meningkatkan krea-tivitas mahasiswa dalam mende-sain iklan, sehingga pada akhir-nya mereka kreatif dalam berkar-ya dan mampu mendirikan agen-cy. Diakui kreativitas mahasiswadi Semarang memang belum se-bagus mahasiswa Jogjakarta atauSolo dan Bandung.

”Kami berharap dengan Festi-val Caraka yang digelar secararutin mampu meningkatkan kre-ativitas mahasiswa di bidangdesain periklanan di Kota Se-marang. Kreativitas memangtidak bisa diukur, namun diha-rapkan makin tinggi kreativitasmahasiswa dalam karya akanmenjadikan Semarang semakinberkembang,” jelasnya.

Muhammad Imaddudin, ke-tua panitia mengatakan, tahunini kompetisi yang dilombakanantara lain print ad, digital acti-vation, radio ad, tvc, ambient ad,dan integrated media. Berbedadari tahun sebelumnya, bebe-

JAKARTA - Honda Develop-ment Basketball League (DBL)menjanjikan kemeriahanyang lebih besar pada musim2014 mendatang. Kompetisibasket pelajar terbesar di In-donesia itu menargetkan 35ribu peserta pada gelaran di 25kota di 22 provinsi. Pada 2013,Honda DBL diikuti 27 ribupeserta.

Mengusung tema ‘BiggerThan Ever’, Honda DBL 2014akan mulai bergulir Januarimendatang. CommissionerDBL Indonesia Azrul Anandamenyebut pihaknya tidakberhenti meng-explore DBL.Justru pada 2014 tantangan-nya lebih besar lagi.

“Bukan hal yang mudahmembuat sesuatu yang besarmenjadi lebih besar lagi. Kitatidak mau langsung meledak,tapi step by step. Salah satunyaadalah dengan menambahpeserta,” kata Azrul dalamacara launching Honda DBL2014 di Hoops Arena Basket-ball-Lacodefin, Kemang,Jakarta, kemarin (11/12).

“Untuk meraih prestasi,butuh ongkos. Partisipasiberarti income. Nah,partisipasi yang besar akanmenghasilkan income untukongkos meraih prestasi,” katapria yang juga direktur utamaPT Jawa Pos Koran itu.

Sejumlah tamu pentinghadir dalam acara tersebut.Di antaranya adalah JudhyGoutama (senior managerBrand Activation PT AstraHonda Motor), Reyhan(general manager Commu-nity Planning and SolutionPT Telekomunikasi Selular),Rini Sariningsih (medalplanning and controllingmanager PT KAO Indone-sia), Tri Jayanti Indah Dar-madji (CEO PT Surabaya

Indah Permai), Boris Gul-tom (marketing develop-ment manager PT UltrajayaMilk), Prajna Murdaya(chairman PT Berca Spor-tindo), dan Thomas MoreSuharto (direktur PT InkorBola Pacific).

Suasana bertambah meriahdengan kehadiran artis-artispecinta basket seperti TerryPuteri, Mario Lawalata, Iwa K,Udjo Project Pop, dan AugieFantinus.

Launching kemarin berte-patan dengan hari istimewa.Yakni, tepat pada tanggal 11,bulan 12, dan tahun 2013.Nuansa basket begitu kuatkarena tamu yang hadir wajibmemakai dress code jerseybasket.

Acara dimulai dengan pe-nampilan grup dance SMANegeri 7 Bogor, juara DanceCompetition Honda DBL 2013West Java Series. Setelah itu,para tamu disuguhi video per-jalanan DBL. Video berdurasilima menit itu mendapatapresiasi dari para tamu.

“Bikin merinding. Selainsuaranya, juga perjuanganmereka sampai euforia saatmenang,” kata Mario La-walata.

Senior Manager Brand Ac-tivation PT Astra HondaMotor (AHM) Judhy Goutamamengaku bangga menjadi titlepartner kompetisi tersebutsejak 2008.

“Kami bangga bisa menjadisaksi berkembangnya DBL In-donesia dengan Honda.Menjadi kompetisi pelajarnomor satu di Indonesia. Kinibukan sekadar basket disekolah, karena prestasinya,pemain pun bisa lanjut sampaike NBL,” katanya.

Dengan prestasi yang terusmeningkat dan perkemba-

ngan yang ditunjukkan, pihakHonda tak ragu untuk terusmelanjutkan partnership. Ha-rapannya, lima tahun ke de-pan penonton DBL ditontonlebih dari satu juta orang.

“Basket adalah kompetisinomor dua yang paling ba-nyak ditonton di Indonesiasetelah sepak bola. Tahundepan saya yakin lebih banyaklagi,” katanya.

Reyhan dari Telkomsel me-nyatakan akan terus mem-berikan support kepada DBLyang sudah dilakukan sejak2006. “Telkomsel paling Indo-nesia, DBL juga mencakupseluruh Indonesia. Karena itu,kami terus melanjutkanbekerja sama dengan DBL.DBL juga banyak kontribusi kebisnis kita,” tuturnya.

Salah satu konsep biggerpada Honda DBL 2014 adalahdigelarnya kompetisi 3 x 3(baca: three by three) yangakan melibatkan 2.500 timdengan 10 ribu peserta diseluruh Indonesia. MenurutAzrul, ajang itu untuk mem-berikan kesempatan merekayang ingin ikut berpartisipasidalam Honda DBL 2014 tapitidak bisa masuk tim basketutama. Perlu ada kesempatanbagi mereka yang tidakterpilih untuk bisa mengikutiDBL Camp.

“Michael Jordan adalahtermasuk pemain yang tidakmasuk tim utama di seko-lahnya. Karena itu, kamiingin mencari Michael Jor-dan baru untuk dapat ke-sempatan mengikuti camp,”katanya.

Acara launching juga di-meriahkan pemilihan tamudengan dress code terbaik.Hasilnya, lima orang yangterpilih mendapatkan bera-gam hadiah menarik. (jpnn)

DOK.ISTIMEWA

AJANG KREATIVITAS – Desain iklan inovatif hasil karya mahasiswa dipamerkan di Festival Caraka2013 di Gumaya Tower Hotel, kemarin.

Caraka V 2013, Ajang Kreatif Mahasiswa

rapa kategori dihilangkan, seper-ti fotografi dan desain grafis. Un-tuk tahun ini Caraka lebih fokusdi bidang advertising atau peri-

klanan. Sebab bidang ini daritahun ke tahun terus saja me-ningkat dan kian diminati.

”Caraka siap menjadi wadah

bagi mahasiswa yang haus akankreativitas pada sebuah ajangkompetisi,” ungkapnya. (tya/smu/ce1)

Honda DBL 2014 Bakal Lebih Heboh

top related