presentation pengambilan keputusan.ppt

Post on 26-Oct-2015

121 Views

Category:

Documents

4 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

Presentation PENGAMBILANKEPUTUSAN.ppt

TRANSCRIPT

Latar Belakang Permasalahan kesejahteraan dan kemiskinan tidak pernah ada habisnya. Dalam menghadapi permasalahan-permasalahan tersebut maka diperlukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat agar mendapatkan penyelesaian terbaik atau paling tidak mengurangi tingkat permasalahan yang terjadi.

BLSM merupakan salah satu contoh keputusan yang dibuat pemerintah sebagai kompensasi atas kenaikan harga BBM. Seiring dengan telah berlangsungnya program BLSM, program tersebut menuai banyak permasalahan.

Pemerintah mengklaim BLSM merupakan keputusan yang tidak hanya akan membantu masyarakat miskin ketika harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinaikan, namun juga akan menurunkan angka kemiskinan. BLSM ternyata tidak efektif membantu masyarakat. Kompensasi senilai Rp 150/bulan dinilai tak berarti bila dibanding dampak sosial yang ditimbulkan akibat kenaikan harga BBM.

Menurut Terry, definisi pengambilan keputusan adalah pemilihan alternatif perilaku dari dua alternatif atau lebih ( tindakan pimpinan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam organisasi yang dipimpinnya dengan melalui pemilihan satu diantara alternatif-alternatif yang dimungkinkan).

Menurut Siagian pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan terhadap hakikat suatu masalah, pengumpulan fakta-fakta dan data, penentuan yang matang dari alternatif yang dihadapi dan pengambilan tindakan yang menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling tepat.

Identifikasi masalah, Pengumpulan dan penganalisis data, Pembuatan alternatif-alternatif kebijakan, Pemilihan salah satu alternatif terbaik, Pelaksanaan keputusan/implementasi, Pemantauan dan pengevaluasian hasil pelaksanaan.

Evaluasi seringkali dianggap proses terakhir dari pengambilan keputusan, namun evaluasi bukanlah akhir, evaluasi dapat melahirkan umpan balik.

Ketika keputusan yang telah dilaksanakan dinilai efektif maka keputusan tersebut dapat dijadikan acuan untuk keputusan-keputusan atas permasalahan lain yang dikemudian hari dapat terjadi, namun ketika pada tahap evaluasi teryata keputusan yang dijalankan menghasilkan permasalahan-permasalahan baru atau bisa diartikan keputusan tersebut kurang efektif, maka pembuat keputusan diharuskan membuat keputusan baru yang mengarah pada perbaikan.

Mengukur efek suatu program/kebijakan pada kehidupan masyarakat dengan membandingkan kondisi antara sebelum & sesudah adanya program tsb

Memperoleh informasi tentang  kinerja implementasi kebijakan dan menilai kesesuaian dan perubahan program dengan rencana.

Memberikan umpan balik bagi manajemen dalam rangka perbaikan/ penyempurnaan implementasi

Memberikan rekomendasi pada pembuat keputusan untuk pembuatan keputusan lebih lanjut mengenai program di masa datang.

Sebagai bentuk pertanggung-jawaban public/ memenuhi akuntabilitas public.

BLSM ???

Untuk setiap keputusan yang diambil, sangatlah penting untuk diadakan evaluasi sebagai penilaian terhadap pelaksanaan keputusan. Begitu pula untuk program BLSM,Pemerintah diminta untuk melakukan evaluasi penyaluran Bantuan Langsung Sementara (BLSM) kepada masyarakat miskin sebagai kompensasi keputusan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).Dengan diadakannya evaluasi tersebut dapat diketahui keefektifitasan keputusan dan dapat diketahui pula tindakan selanjutnya yang harus dilakukan.

TIDAK TEPAT SASARAN

Next

OKNUM PEMERINTAH TERKESAN TUTUP MATA

Next

BLSM MENDIDIK BANGSA JADI PENGEMIS

Next

Keluhan, Protes dan Demonstrasi

Next

BLSM Dimanfaatkan Untuk Kepentingan Politik

KESIMPULANPengambilan keputusan adalah pemilihan

alternatif dari beberapa alternatif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Proses pengambilan keputusan meliputi: Identifikasi masalah, pengumpulan dan penganalisis data, pembuatan alternatif-alternatif kebijakan, pemilihan salah satu alternatif terbaik, pelaksanaan keputusan/implementasi, pemantauan dan pengevaluasian hasil pelaksanaan.

Program BLSM ditujukan sebagai penyelesaian masalah kenaikan BBM. Namun ternyata program tersebut malah menuai masalah-masalah baru. BLSM bukanlah keputusan yang tepat karena faktanya program ini kurang efektif.

Setiap keputusan yang dibuat diharapkan merupakan keputusan yang berkualitas dengan mengacu pada efisiensi dan efektivitasnya, terutama mengenai keputusan yang menyangkut hajat hidup orang banyak ataupun yang menyangkut kesejahteraan.

Pemerintah diminta untuk melakukan evaluasi penyaluran Bantuan Langsung Sementara (BLSM) kepada masyarakat miskin sebagai kompensasi keputusan menaikkan harga BBM.

Evaluasi atas program BLSM diharapkan akan menjadi acuan pemerintah dalam pengambilan keputusan dimasa yang akan datang, agar keputusan yang diambil dapat lebih bijaksana, dan teruji ketepatannya dalam menyelesaikan permasalahan publik.

SelesaiTerimakasih

top related