pikiran rakyatpustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/05/...2009/05/27  · prototipe mobil yang...

Post on 28-Dec-2020

4 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Pikiran Rakyat

Rp 9 Triliun untuk_ ;;..s _~ -. --..

Kesejahteraan Guru dan Dosen- -- ~ - ---- -- ----

BANDUNG, (PR).-Presiden Susilo Bambang

Yudhoyono menyerukan se-luruh komponen bangsa un-tuk memperkokohpilar-pilarpendidikan agar bangsa In-donesiasegeramenjadibang-sa yang maju pada abad ke-21ini.

Hal itu dikemukakan Yud-hoyoQOpada puncak Per-ingatan Hari PendidikanNa-sional (Hardiknas) di SasanaBudayaGanesa (Sabuga)In-stitut Teknologi Bandung(ITB),KotaBandung,Selasa

(26/5).Sementara itu, Menteri

Pendidikan Nasional (Men-diknas) Bambang Sudibyomengatakan, pemerintah te-lah mengalokasikanRp 9 tri-liununtuk peningkatankese-jahteraan guru dan dosen.

Presidenmenegaskan,pen-didikan adalah untuk mem-bangun watakbangsa, mem-.bangun karakter bangsa,membangun nilai-nilai yangluh~, dan mengu~ai_ilmu

- ---

~engetahuan.Peringatan Hardiknas 2009

bertema "Pendidikan Sains,Teknologi,dan SeniMenjaminPembangunan Berkelanjutandan Meningkatkan DayaSaingBangsa" itujuga dihadiri IbuNegara Ny. Ani Yudhoyono,MendiknasBambangSudibyo,Menag Muhammad MaftuhBasyuni, dan Gubernur JawaBarat Ahmad Heryawan.

Presidenjuga mengingatkanlimaagendasangatpenting,ya-itu pertama, ekonominasionaldan kesejahteraan rakyat yangterns ditingkatkan. Kedua,ta-ta pemerintahan yangbaik ha-rus benar-benar dibangun se-bagaigoodgovernance, peme-rintahan yang bersih, berani,dan berpengabdian.

Ketiga,demokrasi terus me-kar, demokrasi yang memba-wa akhlak bermanfaat. Keem-pat, hukum harus ditegakkan,termasuk upayabesar memba-ngun pemerintahan bersih danbebas korupsi, dan keIima,pembangunan harus inklusif,harus adil merata dirasakanoleh seluruh rakyat.

"Untukmencapai limaagen-da itu, pendidikan dapat ber-kontribusi untuk memperkuatpilar-pilarnya dan benar-be-nar menyelesaikan lima tugasbesar itu," tutur Presiden.

"Pemerintah tidak akan per-nah berhenti untuk benar-be-nar menggunakan anggarandua puluh persen dengan se-baik-baiknya, baik untuk me-ningkatkan pendidkan umum.ma\!Runpendidikankeagama-- -

an," katanya.PP Dosen

Pada kesempatan tersebut,Presiden mengungkapkan,Peraturan Pemerintah (PP)tentang Dosen yang telah di-tandatanganinya antara lainmengatur hak dan tunjangandosen.

Para rektor menyambut ba-ik pengesahan PP tentang Do-sen tersebut. DenganPP terse-but, legalitas tunjangan profe-si untuk dosen yangselama inimengacu kepada peraturanMendiknas semakin kuat.

Rektor ITB Djoko Santosomengatakan, untuk dosen be-sarnya tunjangan adalah satukaligajipokok."Untukgurube-sar, mereka juga mendapattunjangan kehormatan yangbesarnya dua kali gaji pokok.Saat ini sudah diajukan untukdicairkan," ujarnya.

RektorUniversitasIslam Ne-geriBandungNanat Fatab me-nuturkan, dengan keber-pihak-an pemerintabkepadagurudandosendiharapkansemakinme-micu para guru dan dosen un-tuk meningkatkan kualitas.

Mengenai alokasi dana un-tuk tunjangan guru dan dosentabun ini,menurut Mendiknas,mencapai sekitar Rp 9 triliun.Menurut dia, jumlah itu lebihdari separuh alokasidua puluhpersen anggaran pendapatandan belanja negara (APBN)un-tuk pendidikan."Jumlahinibe-sar sekaIi. Kami memangmengalokasikan lebih dari se-paruhnya untuk kesejahteraanguru dan dosen," katanya.- """"- .....

PenghargaanPada puncak Peringatan

Hardiknas di Sabugakemarin,juga diserahkan sejumlahpenghargaan.WaliKotaDepokNur Mahmudi Ismail dan Wa-li KotaTasikmalaya SyarifHi-dayat menerima penghargaanWidyakrama Program WajibBelajar 9 Tahun bersama limabupatijwali kota lainnya yai-tu Bupati Pasaman Barat, Bu-pati Pangkajene Kepulauan,Bupati BengkuluSelatan, Wa-Ii Kota Batam, dan Wali KotaBanjarmasin. Selainitu. peng-hargaan diberikan kepada Gu-bernur Bangka BeIitung, Gu-bernur Sumatra Selatan, danGubernur Kepulauan Riau.

Presidenjuga menyerahkanPiagamPembangunan Madra-sah BertarafInternasional ke-pada 12bupatijwali kota, ter-masuk di antaranya kepadaBupati Indramayu.

Pada kesempatan itu Presi-den memberikan tanda kehor-matan SatyaLencanaPendidik-an kepada 2 kepala sekolah, 2pengawas sekolah, dan 4 gurudaerah terpencil termasuk Ny.AtihKurniati(47)guru SDTen-jowaas Kampung Cikawung,Desa Girimukti, Kec.Bojong-gambir, Kab.Tasikmalaya.

SementarapenghargaanSat-ya Lencana Wirakarya diberi-kan kepada 55 orang peraihmedali emas Olimpiade Sainsdan Teknologi Tingkat Inter-nasional, piagam pengharga-an World ClassUniversity ke-pada Rektor Universitas Gad-jah Mada (UGM),RektorITB,dan Rektor Universitas Ihdo-nesia (UI), serta piagam peng-hargaanAdi Bahasa.(A-94jA-167)*** ---

Kllping Hum as Unpad 2009---

- -

o Selasa . Rabu o Kamis o Jumar o Sabru o Minggu

4 5 5 7 8 9 10 11 12 1:J 14 1520 21 22 23 24 25 26 "7 28 29 30

o Mar OApr .Mei OJun OJul OAgs OSep OOkt I )Nov Oues

..-'

ANDRIGURNITA/,PR"

PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono bersama ism Ny. Ani Yudhoyono dan Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mendapat penjelasan tentangprototipe mobil yang dibuat siswa SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang pada rangkaian kegiatan acara Puncak Peringatan Hardiknas 2009 di SabugaITB Bandung, Selasa (26/5). Pada kesempatan tersebut Presidenmenyerahkan penghargaan tanda kehormatan Satya LencanaPendidikan bagi delapanguru. *

top related