peranan kimia

Post on 27-Jan-2017

283 Views

Category:

Education

1 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

KIMIA DALAM BIDANG KESEHATAN & KEDOKTERAN

ANGGOTA KELOMPOK :

1. AULIA HAPSARI2. BELLA RACHMA YUNIAR3. CITRA KRISTANIA4. DEVI CAHYANING PUTRI5. DHEA AYU` PUTRI RIJANTO6. FERDIAN ARDIANTO7. GOSTI ARYA BAGASWARA8. IVKY FIRDASARI9. MAYTA SARI PUTRI SOLEKHAH

PENGERTIAN KIMIAKimia adalah suatu ilmu yang

mempelajari mengenai komposisi, sifat, struktur, serta perubahan dan interksi suatu zat dari berbagai skala untuk membentuk materi yang ditemukan sehari hari.

Ilmu kimia juga memiliki peran penting dalam berbagai bidang, antara lain :

1. Bidang kesehatan dan kedokteran2. Bidang pertanian3. Bidang geologi4. Bidang biologi5. Dll Berikut adalah peran kimia dalam

bidang kesehatan dan kedokteran

PERAN KIMIA DALAM BIDANG KESEHATAN DAN KEDOKTERAN1. Dalam bidang kedokteran ilmu kimia membantu menemukan cara intraksi obat terhadap penyakit, contoh : etanol sebagai pensteril alat-alat kedokteran. Selain itu, ilmu kimia memberi kontribusi dengan ditemukannya jalur perombakan makanan seperti protein, lipid, dan karbohidrat. Hal ini mempermudah untuk mendiagnosis berbagai penyakit.

2. Interaksi kimia dalam tubuh manusia pada sistem pencernaan, sirkulasi, pernafasan, ekskresi, gerak, reproduksi, hormon dan syaraf juga telah mengntarkan penemuan-penemuan dalam bidng kesehatan khususnya penemuan penemuan obat-obatan.

top related