pengaruh globalisasi terhadap bangsa & negara indonesia

Post on 12-Jun-2015

35.353 Views

Category:

Documents

6 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

M. Joehari Jamili M. Joehari Jamili

BAB IPENDAHULUAN

Pada abad ke 21 ini, dunia khususnya Indonesia Pada abad ke 21 ini, dunia khususnya Indonesia telah dihadapi dengan suatu era baru yaitu Era telah dihadapi dengan suatu era baru yaitu Era Globalisasi. Era globalisasi yang berkembang pada Globalisasi. Era globalisasi yang berkembang pada saat ini memberikan suatu dampak yang sangat saat ini memberikan suatu dampak yang sangat menonjol dan juga proses era globalisasi ini juga menonjol dan juga proses era globalisasi ini juga sangat cepat. Era globalisasi ini juga harus di ikuti sangat cepat. Era globalisasi ini juga harus di ikuti oleh seluruh negara , jika tidak . Maka mereka akan oleh seluruh negara , jika tidak . Maka mereka akan terpuruk dan tertindas.salah satu faktor yang terpuruk dan tertindas.salah satu faktor yang berperan penting dalam proses globalisasi ini adalah berperan penting dalam proses globalisasi ini adalah adalah kemajuan di bidang teknologi yang adalah kemajuan di bidang teknologi yang menghasilkan media yang canggih. Teknologi menghasilkan media yang canggih. Teknologi informasi dan komunikasi telah menghubungkan informasi dan komunikasi telah menghubungkan manusia di seluru penjuru dunia.manusia di seluru penjuru dunia.

BAB IIPERMASALAHAN

Di zaman globalisasi ini banyak sekali Di zaman globalisasi ini banyak sekali tantangan dan pengaruhnya terhadap tantangan dan pengaruhnya terhadap bangsa dan negara , maka, pada bangsa dan negara , maka, pada presentasi ini akan membahas tentang presentasi ini akan membahas tentang pengaruh globalisasi pada negara pengaruh globalisasi pada negara indonesia di bidang ideologi, ekonomi, indonesia di bidang ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya dan hankam.politik, sosial budaya dan hankam.

BAB IIIPEMBAHASAN MASALAH

Globalisasi saat ini bisa mengakibatkan keterpurukan ekonomi dan kemiskinanterjadi pada negara-negara yang sedang berkembang sedangkan pada negara maju akan mengakibatkan kemakmuran. Mengapa demikian ???

Karena dalam “upaya” memperbaiki Karena dalam “upaya” memperbaiki ekonomi negara-negara berkembang, ekonomi negara-negara berkembang, terdapat terdapat unsur-unsur ideologiunsur-unsur ideologi yang yang disusupkan ke dalam suatu negarahal ini disusupkan ke dalam suatu negarahal ini bagi negara berkembang seperti negara bagi negara berkembang seperti negara indonesia akan berakibat hanya dijadikan indonesia akan berakibat hanya dijadikan negara negara koloni, koloni, karena terdapat unsur karena terdapat unsur keberpihakan pada negara-negara maju, keberpihakan pada negara-negara maju, maka pengaruh globalisasi bagi indonesia maka pengaruh globalisasi bagi indonesia menyebabkan keterpurukan ekonomi menyebabkan keterpurukan ekonomi yang disebabkan ketidak-mampuan kita yang disebabkan ketidak-mampuan kita dalam bersaing secara cepat pada hasil-dalam bersaing secara cepat pada hasil-hasil produksi di tanah air. hasil produksi di tanah air.

globalisasi politik, menimbulkan begitu globalisasi politik, menimbulkan begitu banyak kepentingan-kepentingan yang banyak kepentingan-kepentingan yang tidak lagi bisa dipenuhi kecuali melalui tidak lagi bisa dipenuhi kecuali melalui peran kekuatan global atau melibatkan peran kekuatan global atau melibatkan unsur unsur suprastatesuprastate. Terkadang justru . Terkadang justru kepentingan sebuah negara sendiri tidak kepentingan sebuah negara sendiri tidak akan bisa terpenuhi kecuali dengan akan bisa terpenuhi kecuali dengan mengkondisikan eksternal sebagai mengkondisikan eksternal sebagai supportsupport kepentingan domestik. Maka globalisasi kepentingan domestik. Maka globalisasi politik tidak lain adalah pergulatan global politik tidak lain adalah pergulatan global dalam mewujudkan kepentingan para dalam mewujudkan kepentingan para pelaku yang menjalankannya.pelaku yang menjalankannya.

Salah contohnya di Indonesia, Salah contohnya di Indonesia, yaitu terjadinya dinamika yaitu terjadinya dinamika ketatanegaraan sistem politik ketatanegaraan sistem politik yang mula-mula berbentuk yang mula-mula berbentuk demokrasi liberal, kemudian demokrasi liberal, kemudian menjadi demokrasi terpimpin menjadi demokrasi terpimpin dan akhirnya menjadi demokrasi dan akhirnya menjadi demokrasi pancasila yang dianut hingga pancasila yang dianut hingga sekarang ini.sekarang ini.

Beberapa indikasi yang dapat kita rasakan Beberapa indikasi yang dapat kita rasakan akibat pengaruh globalisasi sosial budaya, akibat pengaruh globalisasi sosial budaya, adalah sebagai berikut :adalah sebagai berikut :

1)       Disorientasi, dislokasi, atau krisis sosial-1)       Disorientasi, dislokasi, atau krisis sosial-budaya di kalangan masyarakat yang merebak budaya di kalangan masyarakat yang merebak dengan kian meningkatnya dengan kian meningkatnya penetrasipenetrasi dan dan ekspansi budaya Baratekspansi budaya Barat — khususnya Amerika — khususnya Amerika — yang semakin sulit dibendung.— yang semakin sulit dibendung.

2)       Berbagai ekspresi sosial budaya “2)       Berbagai ekspresi sosial budaya “alienalien” ” (asing), yang sebenarnya tidak memiliki basis (asing), yang sebenarnya tidak memiliki basis dan preseden kulturalnya, semakin menyebar dan preseden kulturalnya, semakin menyebar di dalam masyarakat sehingga muncul di dalam masyarakat sehingga muncul kecenderungan-kecenderungan “gaya-hidup” kecenderungan-kecenderungan “gaya-hidup” baru yang tidak kondusif bagi kehidupan baru yang tidak kondusif bagi kehidupan masyarakat dan bangsa.masyarakat dan bangsa.

Pengaruh globalisasi di bidang Pengaruh globalisasi di bidang Hankam sangat nampak terutama Hankam sangat nampak terutama pada industri-industri pertahanan pada industri-industri pertahanan sebagai tatanan segenap potensi sebagai tatanan segenap potensi industri nasional baik milik industri nasional baik milik pemerintah/swasta, yang mampu pemerintah/swasta, yang mampu secara sendiri atau kelompok, untuk secara sendiri atau kelompok, untuk sebagian atau seluruhnya sebagian atau seluruhnya menghasilkan alat peralatan Hankam menghasilkan alat peralatan Hankam serta jasa pemeliharaan guna serta jasa pemeliharaan guna kebutuhan pertahanan keamanan kebutuhan pertahanan keamanan negara.negara.

Sebagai CONTOH :Sebagai CONTOH :negara Indonesia, selain negara Indonesia, selain memperkuat berbagai memperkuat berbagai sistem persenjataan di sistem persenjataan di darat, udara dan laut darat, udara dan laut juga melakukan upaya-juga melakukan upaya-upaya keamanan rakyat upaya keamanan rakyat semesta dan kedaulatan semesta dan kedaulatan nasional. Negara nasional. Negara Indonesia dalam Indonesia dalam partisipasi menjaga partisipasi menjaga keaman internasional, keaman internasional, juga pernah mengirim juga pernah mengirim Pasukan Garuda Pasukan Garuda kebeberapa negara atas kebeberapa negara atas mandat Dewan mandat Dewan Keamanan PBB.Keamanan PBB.

Era Globalisasi memang penuh dengan Era Globalisasi memang penuh dengan tantangan dan pengaruhnya . Jadi di tantangan dan pengaruhnya . Jadi di dalam era globalisasi ini kita harus bisa dalam era globalisasi ini kita harus bisa mengikutinya dan mampu untuk mengikutinya dan mampu untuk bersaing , jika tidak kita pasti bangsa bersaing , jika tidak kita pasti bangsa kita akan tertindas oleh negara yang kita akan tertindas oleh negara yang maju maupun bangsa / masyarakat maju maupun bangsa / masyarakat yang mampu bersaing.yang mampu bersaing.

JADI , SIKAP KITA JADI , SIKAP KITA DALAM MENYIKAPI DALAM MENYIKAPI GLOBALISASI ADALAH GLOBALISASI ADALAH SEBAGAI BERIKUT :SEBAGAI BERIKUT :

MENGEMBANGKAN NILAI LUHURBANGSA INDONESIA

MENDALAMI & MENGAMALKAN PANCASILA

MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI

MENOLAK PENGARUH NEGATIF

MENINGKATKAN PERSATUAN

MENTAATI PERATURAN DG BAIK

Terima KasihTerima Kasih

top related