kewirausahaan cara mendapatkan modal

Post on 10-Sep-2015

7 Views

Category:

Documents

4 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

kewirausahaan caara mendapatkan modal

TRANSCRIPT

Slide 1

OM SWASTYASTUOLEH :KELOMPOK 2Ni Putu Diah Arini TD P07134013003I Gst, Ayu Resi Pradnya DewiP07134013005Ni Kadek Lulus SaraswatiP07134013007Dewa Gde Agus SuryawanP07134013009Ni Putu Andri PratiwiP07134013010

Ni Wayan Dian Noviani P07134013013Desak Putu Meyda Linsra P07134013015Ni Made Ayu LarasatiP07134013019Ni Kadek Dwi Anjani P07134013021Ni Putu Yudi YastriniP07134013023

CARA MENGAJUKAN PINJAMANPinjaman dapat diartikan sebagai barang atau jasa yang menjadi kewajiban pihak yang satu untuk dibayarkan kepada pihak lain sesuai dengan perjanjian tertulis ataupun lisan, yang dinyatakan atau diimplikasikan serta wajib dibayarkan kembali dalam jangka waktu tertentu Dalam ruang lingkup pendanaan bagi perusahaan pembiayaan, pinjaman adalah sejumlah dana yang dipinjamkan oleh suatu lembaga keuangan dan debitur wajib mengembalikannya dalam suatu jangka waktu tertentu melalui angsuran pembayaran berupa pokok pinjaman ditambah dengan bunga pinjaman.

Pengertian Pinjaman

Kepercayaan Kesepakatan Jangka waktu Risiko Balas jasa

Unsur- Unsur Pinjaman

Macam-macam kredit berdasarkan tujuan atau kegunaannya, yaitu :kredit konsumtif yaitu kredit yang dipergunakan untuk kebutuhan sendiri bersama dengan keluarganyaKredit modal kerja atau kredit perdagangan ialah kredit yang akan dipergunakan untuk menambah modal usaha debitur.Kredit investasi adalah kredit yang dipergunakan untuk investasi produktif, akan tetapi baru akan menghasilkan dalam jangka waktu yang relatif lama

Macam- Macam Pinjaman

Macam-macam kredit berdasarkan jangka waktuKredit jangka pendek yaitu kredit yang memiliki jangka waktu paling lama satu tahun saja.Kredit jangka menengah ialah kredityang memiliki jangka waktuantara satu sampai tiga tahun.Kredit jangka panjang adalah kredityang memiliki jangka waktulebih dari tiga tahun.

Macam- Macam PinjamanMacam-macam pinjaman berdasarkan macamnya, yaitu :Pinjaman aksep merupakan pinjaman yang diberikan oleh bank yang pada hakikatnya hanya berupa pinjaman uang, biasanya sebanyak plafond kredit (L3 atau BMPK)-nya.Pinjaman penjual adalah pinjaman yang diberikan oleh penjual kepada pembeli, artinya barang telah diterima pembayaran kemudian, contohnya Usance L/C.Pinjaman pembeli ialah pembayaran yang telah dilakukan kepada penjual, tetapi barangnya diterima belakangan atau pembelian dengan uang muka, misalnya red clause L/C.

Macam- Macam PinjamanMacam-macam pinjaman berdasarkan sektor perekonomian, yaitu :Pinjaman pertanian ialah pinjaman yang pemberiannyakepada perkebunan, peternakan dan perikanan.Pinjaman perindustrian merupakan pinjaman yang disalurkan kepada beraneka macam industri kecil, menengah dan besar.Pinjaman pertambangan yaitu pinjamanyang pemberiannyakepada beraneka macam pertambangan.Pinjaman ekspor-impor adalah pinjaman yang diberikan kepada eksportir dan atau importir beraneka barang.Pinjaman koperasi yaitu pinjamanyang pemberiannyakepada jenis-jenis koperasi.Pinjaman profesi ialah pinjaman yang pemberiannya kepada beraneka macam profesi, seperti dokter dan guru.

Macam- Macam PinjamanMacam-macam pinjaman berdasarkan jaminan, yaitu :Pinjaman jaminan orang merupakan pinjaman yang diberikan dengan jaminan seseorang terhadap debitur bersangkutan.Pinjaman jaminan efek adalah pinjaman yang diberikan dengan jaminan efek-efek dan surat-surat berharga.Pinjaman jaminan barang ialah pinjaman yang diberikan dengan jaminan barang bergerak, barang tetap dan logam mulia. Pinjaman jaminan barang ini harus memperhatikan Hukum Perdata Pasal 1132 sampai dengan pasal 1139.Pinjaman Jaminan dokumen yaitu pinjaman yang diberikan dengan jaminan dokumen transaksi, seperti letter of credit (L/C).

Macam- Macam PinjamanMacam-macam kredit berdasarkan golongan ekonomi, yaitu :Golongan ekonomi lemah adalah pinjaman yang disalurkan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, misalnya KUK, KUT dan lain-lain. Dalam hal ini golongan ekonomi lemah yaitu pengusaha yang kekayaan maksimumnya sebesar 600 juta, tidak termasuk tanah dan bangunannya.Golongan ekonomi menengah dan konglomerat ialah pinjaman yang diberikan kepada pengusaha menengah dan besar.

Macam- Macam PinjamanMacam-macam kredit berdasarkan penarikan dan pelunasan, yaitu :Pinjaman rekening koran atau pinjaman perdagangan yaitu kredit yang dapat ditarik dan dilunasi setiap saat, besarnya sesuai dengan kebutuhan yang penarikannya dengan cek, bilyet, giro atau pemindahbukuan, pelunasannya dengan melakukan setoran-setoran tersebut. Bunga dihitung dari saldo harian pinjaman saja bukan dari besarnya plafond pinjaman. Kredit rekening koran dapat ditarik setelah plafond kredit disetujui.Pinjaman berjangka adalah pinjaman yang penarikannya sekaligus sebesar plafondnya. Pelunasan pinjaman ini dilakukan setelah jangka waktunya habis. Pelunasan ini bisa dilakukan dengan cara mencicil atau sekaligus tergantung kepada perjanjian.

Macam- Macam PinjamanSistem flate rateDalam system ini, peminjam mengangsur pinjamannya secara tetap selama periode pinjaman yang telah ditetapkan.Sliding rate.Dalam sistem ini, jumlah angsuran per bulan semakin kecil.Floating rate.Dalam system ini, angsuran yang besarnya berubah-rubah setiap bulan.

Jenis Perhitungan Bunga Pada PinjamanBesar Angsuran, Pokok Pinjaman dan Bunga

Nasabah mengajukan secara tertulis dan mengisi serta menandatangani aplikasi permohonan kredit.Nasabah melengkapi semua persyaratan.Pihak Bank mempelajari permohonan.Apabila pemohon memenuhi syarat, nasabah dipanggil untuk diwawancara.Bank melakukan penelitian dokumen dan penelitian ke lapangan.Bila memenuhi hal-hal di atas, nasabah dipanggil untuk menandatangani akad kredit.Bank menyetor uang pinjaman ke account nasabah.

Prosedur Dan Syarat Pinjaman

Ada beberapa keunggulan yang diperoleh jika memilih pendanaan melalui pinjaman, diantaranya adalah:Proses cepat dan mudah.Biaya pengurusan untuk memperoleh pinjaman rendah.Proses pengurusan pinjaman sangat sederhana.Sedangkan kelemahan dari pendanaan melalui pinjaman bank antara lain adalah:Jumlah dana yang dapat dicairkan umumnya sangat terbatas.Biaya bunga pinjaman pada umumnya relatif tinggi, mengikuti tren pergerakan tingkat suku bunga yang berlaku di pasar.

Keunggulan dan Kelemahan Pinjaman

top related