james thoengsal. s.t: pentingnya konsultan manajemen rekayasa konstruksi (mrk)

Post on 22-Nov-2015

25 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

-------------- ------------ ----------- ------ ------

TRANSCRIPT

  • 3/30/14 7:26 AMJames Thoengsal. S.T: Pentingnya Konsultan Manajemen Rekayasa Konstruksi (MRK)

    Page 1 of 2http://jamesthoengsal.blogspot.com/p/blog-page.html

    Pentingnya Konsultan Manajemen Rekayasa Konstruksi(MRK)

    Pada Era pembangunan yang makin hari kian berkembang di Indonesia, banyakkendala dan tantangan yang sering terjadi di dunia konstruksi rancang bangun baikdari pihak owner, kontraktor dan pihak-pihak lain yang terlibat di dalamnya sebagaicontoh yang sering terjadi di lapangan yaitu kegagalan konstruksi seperti keruntuhanbangunan, pembengkakan biaya proyek, desain arsitektur yang tidak memuaskan,keterlambatan proyek konstruksi, dan masih banyak lagi masalah yang sering terjadisekarang. Semua masalah tersebut terjadi karena tidak adanya manajemen yang baikdalam mengelolah proyek tersebut baik dari segi teknis, keuangan, pengawasan,metode dsb.

    Konsultasi manajemen proyek konstruksi merupakan suatu cara untukmengatasi masalah-masalah dalam proyek dan merupakan komponen pengendalianyang sangat penting dalam proyek konstruksi mulai dari tahap perencanaan, prosespelaksanaan dan penutupan kegiatan konstruksi agar semua aspek-aspek dapatdikendalikan dalam proyek konstruksi seperti aspek mutu, waktu (schedule), biaya,material, peralatan, tenaga kerja (Man power), resiko-resiko, keselamatan kerja dan

  • 3/30/14 7:26 AMJames Thoengsal. S.T: Pentingnya Konsultan Manajemen Rekayasa Konstruksi (MRK)

    Page 2 of 2http://jamesthoengsal.blogspot.com/p/blog-page.html

    masih banyak aspek yang perluh dikendalikan selama proyek berlangsung. Dalam halini seseorang yang berperan sebagai pemilik proyek (Owner) maupun pelaksanaproyek (Contractor) dapat menggunakan konsultan manajemen proyek (MK) baikpada tahap perencanaan maupun terlibat dalam kegiatan langsung selama proyekberlangsung agar kinerja suatu proyek dapat berjalan dengan optimal sesuai yangdiharapkan bagi semua pihak dalam kegiatan konstruksi.

    konsultasi spesialisasi Manajemen Konstruksi (MK) bagi para owner yang inginmemperoleh penjelasan mengenai proyek yang ingin dilaksanakan oleh Kontraktor,Adapun bentuk konsultasi berupa :

    Konsultasi Studi Kelayakan Investasi Proyek (Fisibility Study) Konsultasi Perencanaan Keuangan (Cash Flow) Proyek, Konsultasi Analisis Estimasi Rancangan Anggaran Pelaksanaan (RAP) danRAB. Konsultasi Alokasi Sumber Daya (Resource) dan Metode konstruksi proyek. Konsultasi Analisis Resiko perencanaan proyek, dan Konsultasi Pengendalian Proyek terhadap Mutu,Biaya dan Waktu.

    Oleh karena itu sangat dibutuhkan suatu Manajemen perencanaan yang matangsebelum implementasi di lapangan dilaksanakan, dengan adanya perencanaan yangmatang maka semua resiko-resiko di dalam proyek dapat diminimalisirpresentasenya dan juga dapat memberikan rasa aman dan kepuasan kepada pihakowner dan kontraktor mulai pada tahap planning kontruksi, proses pelaksanaankonstruksi dan selesainya kegiatan konstruksi.

top related