gerak melingkar

Post on 19-Mar-2016

2.235 Views

Category:

Documents

543 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

GERAK MELINGKAR. Gerak Melingkar Beraturan (GMB). Ciri Gerak Melingkar : jarak benda ke suatu titik acuan , yang merupakan titik pusat lingkaran selalu tetap . - PowerPoint PPT Presentation

TRANSCRIPT

GERAK MELINGKAR

Gerak Melingkar Beraturan (GMB)

Contoh Gerak Melingkar: Gerak roda kendaraan, CD, VCD, Gerak Jarum jam, gerak kincir raksasa.

Ciri Gerak Melingkar: - jarak benda ke suatu titik acuan, yang merupakan titik pusat lingkaran selalu tetap. - arah kecepatan selalu menyinggung lintasan. Ini artinya pada gerak melingkar kecepatan selalu tegak lurus jari-jari lingkaran. .

GMB gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran dengan laju konstan dan arah kecepatan tegak lurus terhadap arah percepatan.

GMB

Pada gerak ini, untuk selang waktu Δt yang sama, panjang lintasan yang ditempuh benda selalu sama. Laju benda sepanjang lintasan selalu tetap. Ingat, hanya laju yang konstan, tetapi kecepatan tidak konstan, karena arahnya selalu berubah-ubah.

Persamaan GMBJika R adalah jari-jari lintasan maka panjang satu lintasan penuh (yaitu keliling lingkaran) adalah

Contoh Soal

Percepatan Sentripetal

Contoh Soal

Contoh SoalSebuah nyamuk hinggap diatas piringan hitam yang sedang berputar 33 putaran tiap menit. Posisi nyamuk itu 5 cm dari sumbu putar piringan tersebut. Hitung kecepatan sudut dan kecepatan linear nyamuk. Hitung juga besar dan arah percepatannya.

Penyelesaian:Piringan berputar sebanyak 33 putaran tiap menit atau dalam satu detik piringan itu berputar sebanyak 33/60 = 0,55 putaran. Sesuai dengan definisi dari frekeuensi yaitu banyaknya putaran tiap detik, maka frekuensi putar peiringan ini adalah 0.55 Hz. Percepatan yang dialami nyamuk adalah hanya percepatan sentripetal yang arahnya ke dalam.

Kecepatan sudut () = 2f = 2 (3,14) (0,55) = 3,45 rad/sKecepatan linera () = . R = 3,45 (5) = 17,28 cm/sPercepatan sentripetal (a)=2/R = (17,28)2/5 = 59,7 cm/s2

Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)

(GMBB)

Contoh Soal

Gerak Jatuh Bebas

Gerak Jatuh Bebas

Contoh Soal

Gerak Vertikal Ke Bawah

Gerak Vertikal Ke Atas

Contoh Soal

Gerak Peluru/parabola

Contoh Soal

top related