fungsi dan kedudukan hukum pajak

Post on 05-Dec-2014

919 Views

Category:

Documents

4 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

 

TRANSCRIPT

FUNGSI DAN KEDUDUKAN HUKUM

PAJAK

Kelompok 2:Ayu LestariDesy Ayu AsariIndah SuryaniNadya UlfaNeta Ramadhanty SNur As’syifaPatricia Crysthal ZSilvia Sandra NovianaYuliawanti Ginaris

yuliawanti

FUNGSI PAJAK

Pajak memiliki 4 fungsi, diantaranya yaitu :

Fungsi anggaran atau penerimaan (budgetair): pajak merupakan salah satu sumber dana yang digunakan pemerintah dan bermanfaat untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran.

Fungsi  mengatur (regulerend) : pajak sebagai alat untuk mengatur atau melaksanakan kebijakan pemerintah dalam bidang sosial dan ekonomi.

Fungsi stabilitas : pajak sebagai penerimaan negara dapat digunakan untuk menjalankan kebijakan-kebijakan pemerintah.

Fungsi redistribusi pendapatan : penerimaan negara dari pajak digunakan untuk membiayai pengeluaran umum dan pembangunan nasional sehingga dapat membuka kesempatan kerja dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Kedudukan Hukum Pajak

Hukum pajak adalah hukum yang bersifat publicdalam mengatur hubungan negara danorang/badan hukum yang wajib untuk membayarpajak. Selain itu, hukum pajak diartikan sebagaikeseluruhan dari peraturan-peraturan yangmencakup tentang kewenangan pemerintah untukmengambil kekayaan seseorang dan menyerahkankembali kepada masyarakat melalui uang/kasnegara.

Pengertian Hukum Pajak

Jenis Jenis Hukum Pajak Hukum pajak formal adalah hukum

pajak yang memuat adanya ketentuan-ketentuan dalam mewujudkan hukum pajak material menjadi kenyataan. Hukum ini memuat:a. Tata cara penyelenggaraan (prosedur) penetapan suatu utang pajakb. Hak-hak fiskusc. Kewajiban WP

Hukum pajak material adalah hukum pajak yang memuat tentang ketentuan-ketentuan terhadap siapa yang dikenakan pajak dan siapa yang dikecualikan dengan pajak serta berapa harus dibayar.

Kedudukan Hukum Pajak

1. Hukum Perdata, mengatur hubungan antara satu individu dengan individu lainnya.

2. Hukum Publik, mengatur hubungan antara pemerintah dengan rakyatnya.

top related