226267740 penyuluhan asi ppt

Upload: lusy-novitasari

Post on 13-Jan-2016

84 views

Category:

Documents


14 download

DESCRIPTION

vdnd

TRANSCRIPT

  • ASI (Air Susu Ibu)ASI adalah ... susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makan padat.

  • ASI diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi.

    ASI pertama yang keluar disebut kolostrum yang mengandung banyak immunoglobulin A yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit.

    Bila ibu tidak dapat menyusui anaknya, harus digantikan oleh air susu dari orang lain atau susu formula khusus.

    Susu sapi tidak cocok untuk bayi sampai berusia 1 th.

  • 12 hal yg mempengaruhi produksi ASI:1. Makanan2. Ketenangan jiwa dan pikiran3. Penggunaan alat kontrasepsi4. Perawatan payudara5. Anatomis payudara6. Faktor fisiologi7. Pola istirahat8. Faktor isapan anak atau frekuensi penyusunan.9. Faktor obat-obatan.10. Berat lahir bayi.11. Umur kehamilan saat melahirkan.12. Konsumsi rokok dan alkohol.

  • ASI EKSKLUSIF Adalah .... Pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lainpada bayi berumur 0-6 bulan. (bahkan air putih).

    ASI dalam jumlah yang cukup merupakan makanan terbaik pada bayi dan dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi selama 6 bulan pertama.

    Pada th 2001, WHO/Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa ASI Eksklusifselama 6 bulan pertama hidup bayi adalah terbaik.

  • Bagaimana mencapai ASI Eksklusif ???

  • Cara mencapai ASI Eksklusif :

    Menyusui secara eksklusif (hanya ASI) dalam 1 jam setelah kelahiran. Menyusui kapanpun bayi meminta (sesering yg bayi mau baik siang ataupun malam). Tidak menggunakan botol susu maupun empeng. Mengeluarkan ASI dengan memompa/ memerah dengan tangan, disaat tidak bersama anak, serta mengendalikan emosi dan pikiran agar tenang.

  • Bagaimana cara menyusui yang benar ???

  • Posisi menyusui sangat menentukan kenyamanan bagi ibu dan janin.Menyusui bisa dilakukan dalam keadaan apapun. Saat ibu tidur di rumah, berdiri, duduk, atau bahkan saat sedang berada di atas kendaraan. Posisi menyusui

  • Posisi menyusui 1. The Cradle

    2. The cross cradle hold

    3. The football hold

    4. Saddle hold

    5. The lying position

  • 1. Cradle Posisi ini sangat baik untuk bayi yang baru lahir. Caranya: Pastikan punggung anda benar-benar memdukung untuk posisi ini. Jaga bayi diperut anda, sampai kulitnya dan kulit anda saling bersentuhan. Biarkan tubuhnya menghadap ke arah anda dan letakkan kepalanya pada siku anda.Posisi menyusui

  • 2. The cross cradle hold Satu lengan mendukung tubuh bayi dan tangan yang lain mendukung kepala, mirip dengan posisi dudukan tetapi anda akan memilih kontrol lebih besar atas posisi kepala bayi. Posisi menyusui ini bagus untuk bayi prematur, atau ibu dengan payudara kecil.

    Posisi menyusui

  • 3. The football hold Cara : pegang bvayi disamping anda dengan kaki dibelakang anda dan bayi terselip di bawah lengan anda seolah2 anda sedang memegang bola kaki. Ini adalah posisi terbaik untuk ibu yang melahirkan dengan operasi caesar atau ibu dengan payudara besar. Tapi anda butuh bantal untuk menopang bayi.

    Posisi menyusui

  • 4. Saddle hold Ini merupakan cara yg menyenangkan untuk menyusui dalam posisi duduk. Ini juga bekerja dengan baik jika bayi anda menderita pilek atau sakit telinga. Cara : Bayi anda duduk tegak dg kaki mengangkangi anda sendiri.

    Posisi menyusui

  • 5. The lying position Menyusui dengan berbaring akan memberi anda banyak kesempatan untuk bersantai dan juga untuk tidur lebih banyak pada malam hari. Anda bisa tidur saat bayi menyusui. Dukung punggung dan kepala bayi dengan bantal. Pastikan bahwa perut bayi menyentuh anda.

    Posisi menyusui

  • Semoga bermanfaat....