20744431 sikap profesional keguruan

16
Sikap Profesional Keguruan

Upload: marianamagdalenaharianja

Post on 10-Apr-2016

9 views

Category:

Documents


3 download

DESCRIPTION

sikap guru

TRANSCRIPT

Page 1: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Sikap Profesional Keguruan

Page 2: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Pengertian

• Profesi adalah suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnya memerlukan/menuntut keahlian (expertise), menggunakan teknik-teknik ilmiah, serta dedikasi yang tinggi.

• Profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, dan kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi

Page 3: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

• Sikap Profesional Keguruan adalah sikap seorang guru dalam menjalankan pekerjaannya yang mencakup keahlian, kemahiran, dan kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi keguruan.

Page 4: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Sasaran sikap Profesiaonal Guru

• Sikap terhadap peratuan perundang-undangan

• Sikap terhadap organisasi profesi• Sikap terhadap teman sejawat• Sikap terhadap anak didik• Sikap terhadap tempat kerja• Sikap terhadap pemimpin• Sikap terhadap pekerjaan

Page 5: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Sikap terhadap peratuan perundang-undangan

Pada butir sembilan Kode Etik Guru Indonsia disebutkan bahwa : ”Guru melaksanakan segala kebijaksanaan Pemerintah dalam bidang pendidikan.” (PGRI,1973). Setiap guru di Indonesia wajib tunduk dan taat terhadap kebijaksanaan dan peraturan yang ditetapkan dalam bidang pendidikan, baik yang dikeluarkan oleh Depdikbud maupun departemen lainnya yang berwenang mengatur pendidikan. Kode Etik Guru Indonesia memiliki peranan penting agar hal ini dapat terlaksana.

Page 6: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Sikap terhadap organisasi profesi

Guru bersama – sama memelihara dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan dan pengabdian. PGRI sebagai organisasi profesi memerlukan pembinaan agar lebih berdaya guna dan berhasil sebagai wadah untuk membawakan misi dan memantapkan profesi guru.

Page 7: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Sikap terhadap teman sejawat

Dalam ayat 7 kode etik gutu disebutkan bahwa guru memelihara hubungan seprofesi, semangat kekeluargaan, dan kesetiakawanan social. Itu berarti guru hendaknya kerja dan hendanya menciptakan dan memelihara semangat kekeluargaan didalam maupun diluar sekolah.

Page 8: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Sikap terhadap anak didik

Tugas guru adalah berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila. Tujuan pendidikan nasional dengan jelas dapat dibaca dalam UU No. 2/2989 tentang Sistem Pendidikan Nasional yakni membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila.

Page 9: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Sikap terhadap tempat kerja

Suasana yang harmonis disekolah tidak akan terjadi bila personal yang terlibat didalamnya tidak menjalin hubungan yang baik diantara sesamanya. Penciptaan suasana kerja menantang harus dilengkapi denagn terjalinnya hubungan yang baik denagn orang tua dan masyarakat sekitarnya.

Page 10: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Sikap terhadap pemimpinDalam kerja sama yang dituntut pemimpin tersebut diberikan berupaya tuntutan akan kepatuhan dalam melaksanakan arahan dan petunjuk yang diberikan mereka. Kerja sama juga dapat diberikan dalam bentuk usulan dan kritis yang membangun demi pencapaian tujuan yang telah digariskan bahwa sikap seorang guru terhadap pemimpin harus positif, dalam pengertian harus bekerja sama dalam menyukseskan program yang sudah disepakati, baik di sekolah maupun diluar sekolah.

Page 11: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Sikap terhadap pekerjaan

Kode etik 6 dituntut guru baik secara pribadi maupun secara kelompok untuk meningkatkan mutu pribadi maupun kelompok untuk selalu meningkatkan mutu dan martabat profesinya. Profesi guru berhubungan denagn anak didik yang mempunyai persamaandan perbedaan yang melayaninya harus memerlukan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi, terutama bila berhubungan denagn peserta didik yang masih kecil.

Page 12: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Pengembangan Sikap Profesional

1. Pengembangan sikap selama pendidikan prajabatan

2. Pengembangan sikap selama dalam jabatan

Page 13: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Pengembangan sikap selama pendidikan prajabatan

Calon guru dididik dalam berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam pekerjaannya nanti. Merupakan pendidikan persiapan mahasiswa ntuk meniti karir dalam bidang pendiikan dan pengajaran.

Page 14: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Pengembangan sikap selama dalam jabatan

Pengembanagn sikap professional tidak berhenti apabila calon guru selesai mendapatkan pedidikan prajabatan. Banyak usaha yang dapat dilakukan dengan cara formal melalui kegiatan mengikuti penataran, lokakarya, seminar, atau kegitan ilmiah lainnya.

Page 15: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

Faktor penyebab rendahnya profesionalisme

guru1. Masih banyak guru yang tidak menekuni

profesinya secara total,2. Rentan dan rendahnya kepatuhan guru terhadap

norma dan etika profesi keguruan,3. Pengakuan terhadap ilmu pendidikan dan

keguruan masih setengah hati dari pengambilan kebijakan dan pihak-pihak terlibat. Hal ini terbukti dari masih belum mantapnya kelembagaan pencetak tenaga keguruan dan kependidikan,

Page 16: 20744431 Sikap Profesional Keguruan

1. Masih belum smooth-nya perbedaan pendapat tentang proporsi materi ajar yang diberikan kepada calon guru,

2. Masih belum berfungsi PGRI sebagai organisasi profesi yang berupaya secara makssimal meningkatkan profesionalisme anggotanya. Kecenderungan PGRI bersifat politis memang tidak bisa disalahkan, terutama untuk menjadi pressure group agar dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Namun demikian di masa mendatang PGRI sepantasnya mulai mengupayakan profesionalisme para anggotanya. Dengan melihat adanya faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya profesionalisme guru, pemerintah berupaya untuk mencari alternatif untuk meningkatkan profesi guru.