vb-tutorial vba dan macro dasar dengan excel 2007

Upload: deanz75

Post on 09-Oct-2015

44 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

eksyel

TRANSCRIPT

TUTORIAL VBA DAN MACRO DASAR DENGAN EXCEL 2007DECEMBER 26, 201220 COMMENTSVisual Basic for ApplicationatauVBAadalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Microsoft dandapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan aplikasi Office, termasuk di dalamnya Excel.Macrosendiri adalah kumpulancommanddan prosedur untuk melakukan tugas tertentu, disimpan dalam bentuk modul pada file Excel. Macro dapat dipanggil untuk menanggapi suatu kejadian (event) seperti suatu klik pada tombol.Dengan banyaknya masukan kepada kami untuk membuat artikel tutorial sederhana mengenai VBA dan Macro, kami coba jawab dengan artikel tutorial berikut dengan format ringkas, praktis, tapi padat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk melangkah ke tahap belajar selanjutnya.Praktek 1 : Mengaktifkan Tab DeveloperTab Developer berisi menu-menu yang akan kita gunakan untuk bekerja dengan VBA, berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan tab tersebut :1. Jalankan aplikasiMicrosoft Excel 2007.2. Klik menuOffice.3. Klik tombolExcel Options.4. Pada dialog yang muncul, pilih kategoriPopularpada bagian panel kiri.5. Aktifkan opsiShow Developer tab in the Ribbon.6. Klik tombolOK.7. Pastikan tabDevelopersudah terlihat padaRibbon.Praktek 2 : Visual Basic Editor (Editor)1. Klik tabDeveloperpadaRibbon, dari groupCodeklikVisual Basic(atau tekanAlt+F11).

Akan munculVisual Basic Editor, yang merupakan tempat dimana kita memasukkan dan mencoba kode program kita. Pada panel kiri atas bagian project, klik kanan padaSheet1dariprojectdengan namaVBAProject (Book1), kemudian pilih menuView Code.Ini akan membuka tampilan editor untuk code kita, yang akan dikelompokkan dalam suatumodule. Ketikkan code berikut pada editor tersebut.PrivateSubHelloWorld() Worksheets(Sheet1).Range(A1).Value=Hello World Worksheets(Sheet1).Range(C3).Value=Hello WorldEndSubPenjelasan : Code ini adalah perintah membuat satu procedure dengan nama HelloWorld, yang didefinisikan di dalamPrivateSubEndSub. Arahkan cursor Anda pada bagian dalam prosedur tersebut dan tekan tombolF5untuk menjalankan program kita. Anda akan diminta untuk menyimpan file, masukkan namaBelajarVBA.xlsm.Perhatikan ekstensi yang disimpan bukan tipexlsx. File.xlsmmerupakan file Excel dimana makro diperbolehkan atau disebut denganExcel Macro-Enabled Workbook file. Mari kembali ke worksheet kita, Anda akan menemukan bahwa padaSheet1sudah terisi kata Hello World pada cellA1danC3.Praktek 3 : Menambahkan Visual ControlControladalah komponen visual / grafis seperti tombol, yang dapat ditempatkan pada worksheet kita sehingga aplikasi kita menjadi lebih interaktif. Berikut adalah contoh penggunaan control :1. Masih padaSheet1, coba arahkan cursor ke alamatE1.2. Pada tabDeveloper, groupControls, klik gambar panah bawah kecil pada menuInsert. Dari pilihan yang muncul klikSpin Button (Form Control),gambar bentuknya pada sheet kita.3. Klik kanan pada spinner tersebut, dan pilihFormat Control.4. Pada dialog yang muncul, klik tab Control dan masukkan nilai-nilai berikut, dan klik tombol OK setelah selesai. Current Value :0. Minimum Value :0. Maximum Value :200. Incremental Change :25. Cell link :A2.5. Cobalah klik gambar panah pada spinner dan perhatikan perubahan nilai yang terjadi pada cellA2.Praktek 4 : Menambahkan Macro sebagaiEvent Handlingpada Control1. Klik kanan padaspinner controltersebut, pilihAssign Macro.2. Pada dialog yang muncul klik tombolNew.3. Editor VBE akan muncul kembali dengan cursor berada pada prosedur bernamaSpinner[INDEX]_Change(). Tambahkan code berikut padabodyprosedur.DimNilaiSpinnerAsInteger

NilaiSpinner=ThisWorkbook.Sheets(1).Spinners(1).Value

ThisWorkbook.Sheets(1).Spinners(1).Top=NilaiSpinner4. Simpan dengan menekanCTRL + S.5. Kembali ke worksheet dan coba klikspinnerkita, akan terlihat spinner kita bergerak ke atas atau ke bawah sesuai irama klik tombol panah atas bawah pada spinner.Praktek 5 : Menyimpan dan Membuka Kembali Workbook VBA kita1. Tutup dan kemudian buka kembaliworkbookkita.2. Secaradefault, Excel 2007 akan menonaktifkan perintah VBA / Macro pada workbook yang kita buka. Terlihat pada security warning yang muncul pada bar bagian atasworksheet(gambar).3. Klik tombolOptionspada bar tersebut.4. Pilih opsiEnable this content, klik tombolOK.5. Anda sudah dapat menjalankan kembali code VBA Anda.6. Selesai.KesimpulanDemikian kami tuangkan cara penggunaan dasar VBA denganbreak downpraktek 1 sampai dengan 5. Semoga ini dapat memberikan sedikit pengalaman dan pencerahan bagi Anda untuk melanjutkan pembelajaran melalui berbagai artikel VBA yang ada di internet maupun media lainnya.Saat ini artikel VBA disadari masih belum cukup, namun akan ditingkatkan jumlah dan kualitasnya. Untuk Anda yang ingin berdiskusi lebih jauh mengenai makro dan VBA, penulis mengajak Anda bergabung di user group Facebook kita berikut yang saat ini cukup aktif dan telah beberapa kali membahas VBA.