tegar 143406002

8
EKOLOGI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN PRO DAN KONTRA CARBON TRADE TEGAR 143406002

Upload: tegar-shidarta

Post on 06-Dec-2015

212 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

urban

TRANSCRIPT

Page 1: TEGAR 143406002

EKOLOGI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

PRO DAN KONTRA CARBON TRADETEGAR

143406002

Page 2: TEGAR 143406002

PENDAHULUAN

• Carbon trade adalah mekanisme berbasis pasar untuk membantu membatasi peningkatan CO2 di atmosfer. Pasar perdagangan karbon terdiri dari para penjual dan pembeli yang mempunyai posisi sejajar dalam peraturan perdagangan yang sudah distandarisasi. Pembeli adalah pemilik industri yang menghasilkan CO2 ke atmosfer dan memiliki ketertarikan atau diwajibkan oleh hukum untuk menyeimbangkan emisi yang mereka keluarkan melalui mekanisme karbon, sedangkan penjual adalah pemilik yang mengelola hutan atau lahan pertanian bisa melakukan penjualan karbonnya berdasarkan akumulasi karbon yang terkandung dalam pepohonan di hutan mereka

Page 3: TEGAR 143406002

ALASAN TIMBULNYA ISU CARBON TRADE

• Isu carbon trade muncul pertama sebagai salah satu solusi pemecahan isu pemanasan global. Pemanasan Global atau Global Warming yang merupakan proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi sejak pertengahan abad 20 diketahui sebagai akibat dari meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia

• Oleh karena itu, maka muncullah gagasan mengurangi emisi gas yang menyebabkan pemanasan global dengan mekanisme perdagangan karbon

Page 4: TEGAR 143406002

KEUNTUNGAN CARBON TRADE

• Dengan mekanisme perdagangan karbon, peluang Indonesia untuk menjadi negara penjual karbon sangat besar. Potensi hutan Indonesia yang sangat luas dapat mendatangkan manfaat ekologi dan ekonomi sekaligus bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar hutan.

• Diketahui bahwa Yayasan Gibbon dan The Balikpapan Orangutan Survival Foundation telah memulai bermain dalam perdagangan karbon di Kalimantan. Dengan kemampuan teknologi citra radar yang dimiliki, lembaga tersebut bisa meyakinkan kepada pihak pembeli, sehingga mendapatkan pembiayaan untuk membangun hutannya bersama dengan masyarakat setempat. Dengan perdagangan carbon ini dapat membuka kesempatan kerja bagi 650 kepala keluarga. Harga jual karbon yang saat ini berlaku adalah US $ 2-7 setiap ton karbon per tahun.

Page 5: TEGAR 143406002

KERUGIAN CARBON TRADE

• Para pakar lingkungan mengkritisi praktek perdagangan karbon yang menurut mereka hanya merupakan pengembangbiakan sistem pasar bebas ke ranah kebijakan lingkungan. Perhitungan dan dasar ilmiah pengurangan emisi dinilai sangat rumit dan tidak jelas.Seperti bagaimana menghitung kapasitas karbon yang diserap oleh sejumlah pohon dan berapa harga per satuan berat karbon yang harus dibayar. Biasanya dalam praktek perdagangan, soal harga ditentukan oleh pemain terbesar yang bisa mengutak-atik harga sesuai keinginannya sendiri.

Page 6: TEGAR 143406002

HAMBATAN DAN TANTANGAN

• Konsep perdagangan karbon dapat dianalogikan dengan praktek pengampunan dosa yang berkembang lima abad yang lalu dimana seseorang dapat memperoleh keampunan atas dosa yang dilakukannya dimasa lalu hanya dengan membayar sejumlah uang. Sehingga melalui perdagangan karbon sebuah negara industri yang menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global dapat dengan mudah membayar sebuah negara berkemabang yang mampu mengupayakan pengurangan emisi karbon, sehingga kesalahannya dapat dianggap tidak ada.

• Hambatan lain yang terjadi adalah permasalahan mekanisme perdagangan di bidang kehutanan, dimana pembeli menginginkan kepastian hukum dan produk jangka panjang sesuai dengan alam dari objek yang diperdagangkan, yakni sebuah proses penyerapan karbon di atmosfer menjadi produk bahan organik. Prosedur semakin rumit karena dikaitkan dengan pembangunan berkelanjutan dari negara peserta proyek khususnya aspek sosial ekonomi masyarakat setempat dan aspek lingkungan.

Page 7: TEGAR 143406002

SOLUSI TERBAIK

Ada beberapa cara mengurangi emisi karbon :

• Kurangi Konsumsi energi• Gunakan Energi Alternatif• Penanaman Pohon• Peningkatan Penggunaan

Transportasi Umum• Lakukan3R (Reduce,Reuse,Recycle)

di Rumah

Page 8: TEGAR 143406002

GANGGANG HIJAU (ALGEA)

• Ganggang laut punya potensi besar dalam upaya mengatasi pemanasan global. Organisme yang mudah hidup di laut itu punya kemampuan besar menyerap karbondioksida dan dapat diolah menjadi biofuel, bahan bakar ramah lingkungan.

• Penelitian dalam skala laboratorium yang dilakukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) membuktikan algae (ganggang) di laut membesar 20-25 kali hanya dalam 15 hari dengan diberi makan karbondioksida (CO2).