tata perayaan perkawinan dalam misa

Click here to load reader

Post on 03-Jan-2016

96 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

RITUS PEMBUKAPenyambutan Mempelai(Mempelai beserta rombongan berhimpun di depan Gereja. Imam menyambut kedua mempelai di depan pintu Gereja. Sambil memerciki kedua mempelai dan kerabatnya, imam berkata:)Imam: Semoga Allah memberi rahmat dan berkat, agar Saudara-saudari menghadap kepada-Nya dengan hati yang suci.

Imam: Selamat datang, Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan. Kita berhimpun di sini untuk mengawali perayaan perkawinan (nama lengkap) dan (nama lengkap) Gereja menyambut Saudara-saudari dan ikut bergembira dalam perayaan kasih ini.

Penyerahan Mempelai

Wakil Keluarga : Romo / Pastor yang terhormat, kami atas nama keluarga calon mempelai, menyerahkan putra/putri kami (nama lengkap) dan (nama lengkap). Untuk memasuki hidup perkawinan. Kami mohon agar perkawinan mereka dikukuhkan dan diberkati sesuai dengan ajaran dan tata cara Gereja katolik. Imam: Semoga Tuhan berkenan akan kehendak dan harapan kita semua. Sekarang, marilah bersama-sama kita berarak menuju ke depan Altar Tuhan.

Lagu Pembukaan Tanda Salib dan Salam (umat berdiri)Imam: Dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.

Umat: Amin.Imam: Semoga rahmat Tuhan kita Yesus Kristus cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus, bersamamu.

Umat:Dan bersama rohmu.

Imam:Sdr/sdri terkasih dalam Yesus Kristus, saudara kita (nama lengkap) dan (nama lengkap) datang ke sini dengan permohonan agar cinta kasih mereka dikuduskan oleh Tuhan di hadapan saudara-saudari. Marilah kita mempersiapkan diri agar layak merayakan misteri perkawinan yang suci dan agung ini.

Lagu Kemuliaan (umat berdiri)Misa Kita IV (PS 354)Doa Pembuka (umat berdiri)Imam:Marilah kita berdoa

Allah Bapa Yang Maha Setia, Engkau menguduskan cinta kasih suami istri dan mengangkat perkawinan menjadi lambang persatuan Kristus dengan Gereja. Semoga (nama lengkap) dan (nama lengkap) yang akan mengungkapkan kasih mereka dalam Sakramen Perkawinan ini semakin menyadari kesucian hidup berkeluarga

dan berusaha menghayatinya dalam suka dan duka seumur hidup.

Demi Kristus Putra-Mu, Tuhan dan Pengantara kami yang bersatu dengan Dikau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa.

Umat:Amin.

LITURGI SABDA

Bacaan Pertama (umat duduk)Lektor : Pembacaan diambil dari

1 Kor. 13 : 1 8 Kasih

Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan, dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.

Dan Sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

Kasih itu sabar, kasih itu murah hati, ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi jarena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.Kasih tidak berkesudahan, nubuat akan berakhir, bahasa roh akan berhenti, pengetahuan akan lenyap.

Demikianlah Sabda Tuhan.Umat : Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan Mzm 128:1-2.3.4-5; Ul:1

Ulangan 841 do=g 2/4 5 5 1 2 / 3 1 / 01 2 3 / 4 3 2 1 / 2 1 // Berba-ha- gi - a - lah yang men-di-am - i ru-mah Tu-han.

Ayat: oleh pemazmur

1. Berbahagialah orang yang takwa kepada Tuhan,

yang hidup menurut jalan yang ditunjukkanNya.

Apabila engkau menikmati hasil jerih payahmu,

berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!

2. Isterimu akan menjadi laksana pohon anggur subur, yang ada di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun, di sekeliling mejamu!

3. Sungguh, demikianlah akan diberkati Tuhan,

orang laki-laki yang takwa hidupnya. Kiranya Tuhan memberkati engkau dari Sion: boleh melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu.BAIT PENGANTAR INJIL (Umat berdiri)Alleluya 956 1 = f 2/4 5 5 5 / 5 6 5 4 / 3 . / 3 5 4 3 / 2 . /Al - le lu - ya, al le lu - ya, al le lu - ya. 5 5 5 / 5 6 5 4 / 3 . / 2 3 4 2 / 1 . // Al le lu - ya, al le - lu ya, al le - lu - ya.Ayat: oleh solis

3... 21 2 / 4 ... Jika kita saling menga-sih i, Allah tinggal didalam kita, 34 5 //Dan cinta kasih Allah di dalam kita menjadi sem-pur-na Bacaan Injil (umat berdiri)Imam:Tuhan sertamu

Umat:Dan sertamu juga

Imam:Inilah Injil Yesus menurut Markus 10 : 6 - 9Umat:Dimuliakanlah TuhanSebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan, sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.Imam:Berbahagialah orang yang mendengarkan Sabda Tuhan dan tekum melaksanakannya.

Umat:Sabda-Mu adalah jalan dan kebenaran dan hidup kami.Homili (umat duduk)Perayaan Perkawinan

Pengantar

(Kedua mempelai dan seluruh umat berdiri menghadap Imam, para saksi mendampingi kedua mempelai)

Imam: Para mempelai yang berbahagia, kalian telah datang kemari dengan maksud untuk meneguhkan perkawinan kalian di hadapan pejabat gereja dan disaksikan oleh umat beriman. Kristus akan memberkati dan mengukuhkan perkawinan kalian, agar kalian sanggup saling mengasihi dengan setia dan menunaikan tanggung jawab sebagai suami istri. Maka sekarang saya minta supaya kalian menyatakan maksud dan isi hati dengan menjawab pertanyaan saya:

Pernyataan Mempelai

Imam: (nama lengkap) dan (nama lengkap), Sungguhkah kalian dengan hati bebas dan tulus ikhlas hendak meresmikan perkawinan ini?Mempelai :Ya, Saya sungguh.Imam: Selama menjalani perkawinan nanti, bersediakah kalian untuk saling mengasihi dan saling menghormait sepanjang hidup?Mempelai :Ya, Saya bersedia.

Imam: Bersediakah kalian dengan penuh kasih sayang menerima anak anak yang dianugrahkan Allah kepada kalian dan mendidik mereka sesuai dengan hukum Kristus dan Gereja nya ?Mempelai:Ya, saya bersedia.Kesepakatan Perkawinan

Imam:Untuk Mengikrarkan Perkawinan Kudus ini, silahkan kalian berdua saling berjabat tangan kanan dan menyatakan kesepakatan kalian dihadapan Allah dan Gerejanya.Janji Suami

Saya (nama lengkap)dengan ikhlas hati dan niat yang suci menyatakan: memilih dan menerima (nama lengkap)sebagai istri saya,

mulai sekarang sampai selama-lamanya. Saya berjanji untuk setia mengabdikan diri kepadanmu di kala suka maupun duka, di kala untung maupun malang, di kala sehat maupun sakit. Saya akan selalu mencintaimu dengan sepenuh hati, menerimamu dengan segala kekurangan dan kelebihan. Saya mau mengasihi dan menghormatimu sepanjang hidup saya.

Janji Istri

Saya (nama lengkap)dengan ikhlas hati dan niat yang suci menyatakan: memilih dan menerima (nama lengkap)sebagai suami saya, mulai sekarang sampai selama-lamanya. Saya berjanji untuk setia mengabdikan diri kepadanmu di kala suka maupun duka, di kala untung maupun malang, di kala sehat maupun sakit. Saya akan selalu mencintaimu dengan sepenuh hati, menerimamu dengan segala kekurangan dan kelebihan. Saya mau mengasihi dan menghormatimu sepanjang hidup saya.

Penerimaan Kesepakatan Perkawinan

Imam: Atas nama Gereja Allah, dan di hadapan para saksi dan semua yang hadir di sini, saya menyatakan bahwa perkawinan (nama lengkap) dan (nama lengkap) yang telah diresmikan ini adalah Perkawinan Katolik yang Sah.

Semoga sakramen ini menjadi sumber kekuatan dan kebahagiaan bagi kalian berdua. Apa yang telah di persatukan oleh Allah, jangan diceraikan oleh manusia.

Umat : AminPemberkatan dan Pengenaan Cincin

(Kedua mempelai berdiri. Putra Altar mengambil air suci dan dari pihak keluarga menyerahkan cicin kepada Imam untuk di berkati)

Imam: Ya Allah sumber kesetiaan, berkatilah (+) kedua cincin ini yang merupakan tanda kesetiaan dan cinta kasih kedua anak-Mu ini. Semoga cincin yang akan mereka kenakan ini mengingatkan akan kebulatan cinta kasih mereka yang tidak akan pernah berakhir sepanjang hidupnya.

Umat: Amin (Imam memerciki cincin dengan air suci. Kemudian menyerahkan cincin kepada kedua mempelai)Imam: (nama panggilan), kenakanlah cincin ini pada jari isterimu sebagai lambang cinta dan kesetiaan.Mempelai laki2 : (nama panggilan), terimalah cincin ini sebagai lambang cinta, kesetiaan dan kasihku padamu. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin

Imam: (nama panggilan), kenakanlah cincin ini pada jari suamimu sebagai lambang cinta dan kesetiaan.

Mempelai wanita : (nama panggilan), terimalah cincin ini sebagai lambang cinta, kesetiaan dan kasihku padamu. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.

Pembukaan Kerudung

Semoga kalian berdua saling memandang dengan wajah penuh cinta. Semoga ikatan cinta kasih kalian berdua yang diresmikan dalam perayaan ini menjadi sumber kabahagiaan sejati.

(mempelai pria membuka kerudung mempelai wanita)Pemberkatan dan penyerahan Kitab Suci, Salib, Patung Bunda Maria, dan Rosar