sriwijaya post edisi kamis 16 agustus 2012

26

Upload: yulius-saputra

Post on 15-Mar-2016

269 views

Category:

Documents


9 download

DESCRIPTION

Sriwijaya Post Edisi Cetak

TRANSCRIPT

Page 1: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012
Page 2: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

2 SRIWIJAYA POSTKamis 16 Agustus 2012

DIREKTUR UTAMA: Herman Darmo, DIREKTUR: Ir HM Soleh Thamrin, Bambang Hartono. PEMIMPIN UMUM: Ir HM Soleh Thamrin. .PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNGJAWAB: Hadi Prayogo, REDAKTUR PELAKSANA: L Weny Ramdiastuti. MANAJER PRODUKSI:Theresia Juita. REDAKTUR EKSEKUTIF: Sutrisman Dinah. KOORDINATOR LIPUTAN: Wiedarto. SEKRETARIS REDAKSI: H. SalmanRasyidin. STAF REDAKSI: Aminudin, Subardi, Azwir, Hanafijal, Rustam Imron, Ray Happyeni, Sudarwan, Zainal Piliang, Harina Asiana,

Syahrul Hidayat, Leni Juita, Muhammad Husin, Abdul Hafiz, Tarso, Lisma Noviani, Sugeng Haryadi, Ardani Zuhri, Zaini,Vanda Rosetiati, Saftarina, Aang Hamdani, Hendra Kusuma, Ahmad Farozi, Saifudin Zuhri. (Ilustrator: AntoniAgustino) PERWAKILAN JAKARTA: Febby Mahendra Putra (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Wakabiro), Budi Prasetyo, Antonius Bramantoro, Jonson Simanjuntak, Murjani, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Ismanto, RachmatHidayat, Sugiyarto, Yuli Sulistiyawan, Zulfikar W Eda

PEMIMPIN PERUSAHAAN: Bambang Hartono MANAJER IKLAN: MF Ririn Kusumawardani MANAJER SIRKULASI : Zulkarnain Tarmizi ALAMAT REDAKSI/IKLAN/SIRKULASI: Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D, Telp (0711) 310088 (6 saluran), Fax (0711) 312888. PERWAKILAN JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 12 Jakarta 10270, Telp. (021) 5483863, 5495359, 5494999, 5301991, Fax (021) 5495360 IKLAN: Gedung PersdaLt 1 Jl Palmerah Selatan No. 1-4 Jakarta 10270 Telp (021) 548 3008, 548 0888, 549 0666 Ext 7635 s/d 7638 Fax (021) 5369 6583 E-mail: [email protected] LANGGANAN: Rp 50.000 sebulan (pembayaran di muka), luar kota plus ongkos kirim. Terbit tujuh kali seminggu. Pembayaran iklan langsung ke Bank: Bank Central Asia Palembang Rek No. 021-309665-3, Bank Permata,Palembang, Rek. No. 0400027048, BNI 46, Rek. No. 0051447426, atau langsung ke Kantor Pusat Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D Palembang, Telp Iklan (0711)-311888, Fax Iklan (0711) 310391.

HARIAN UMUM

SRIWIJAYA POSTPenerbit: PT Sriwijaya Perdana SIUPP: No 233/SK/Menpen/

SIUPP/A.7/1987 tanggal 22 Juni 1987 Jo.196/Ditjen

WARTAWAN SRIWIJAYA POST SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARA SUMBER

SALAM SRIWIJAYA

POJOKGubernur: BPN harus selesaikan sengketa la-han Cinta Manis

Banyak pula yang suka berlarut-larut...

KPUD Sumsel ajukan dana pemilihan gubernurRp 424 miliar

Mahalnya harga kekuasaan!

Pengaspalan Jembatan Ampera bikin macetarus lalu lintas

Lumayan masih ada perbaikan!

Warga CemaskanPembangunan Musi III

PAK Walikota Palem-bang Yth, saya mau tanyasoal pemutihan untuk ser-tifikat tanah dan bangun-an. Soalnya banyak wargadi Lorong Masjid JamikPlaju belum punya sertifi-kat dan kurang mampukalau tanpa subsidi. Perta-

nyaan saya bagaimanameka-nismenya pembuat-an akta karena kami takutkatanya di lorong kamiakan kena untuk pem-bangunan Musi III. Terimakasih Sripo.

085267129987

JAWAB

Tidak PerluCemas

PENCURIAN 9.000 liter minyak mentah milik PT Pertaminayang didistribusikan oleh PT Elnusa Tbk, di jalur pipa utamadistribusi penyaluran di km 78, kelurahan Rimba Asam Banyu-asin, sekitar 100 meter dari Mapolsek Betung Senin (13/8), me-mang berhasil digagalkan.

Dua dari enam kawanan pencuri spesialis minyak mentah,sekitar pukul 01.00 berhasil diamankan. Aksi para pelaku diketa-hui petugas keamanan perusahaan dan polisi yang berhasil meng-amankan dua dari enam pelaku pencurian yakni Yopi Mardiyanto(39), warga Palembang dan Subaruddin (35) warga Jambi.

Perwakilan PT Elnusa Tbk, Tradan F Fikri pun mengakui pihaktelah sering mengalami aksi pencurian. Pencurian kali ini,modusnya hampir sama dengan beberapa aksi pencurian sebe-lumnya yakni dengan menggunakan truk yang dimodifikasi berisitangki. Untuk kerugian atas aksi ini, Fikri mengaku belum dapatmenghitung, karena pihaknya masih melengkapi upayamenetralisasi lokasi kebocoran yang dilakukan pencuri.

Fikri pun mengatakan, tidak terjadi pencemaran, namun keru-gian belum dapat ditafsir secara pasti, kalau menghitung jumlahminyak yang sudah berhasil di sedot, kerugian bisa mencapai Rp100.000.000.

Sementara di hadapan petugas Polsek Betung, kedua pelakumengaku memang spesialis melakukan aksi pencurian minyakmentah di wilayah Banyuasin dan Muba. Hasil pencurian berupaminyak mentah itu di bawah ke penadah di kota Palembang. “Akudikenali dengan Ad, dia yang ngajak aku mencuri minyak. Kata-nya minyak itu, bakal dijual yang menunggu di Palembang,” kataYopi.

Pernyataan ini menegaskan bahwa, pecurian minyak mentahmilik Pertamina ini kerap terjadi, bahkan dengan modus serupadan terjadi berulang-ulang. Penangkapan yang dilakukan pihakkepolisian dan keamanan Elnusa, tidak pernah membuat jera.

Bahkan seperti menjadi kecanduan, para pelaku yang sempatditahan akan mengulangi perbuatannya setelah bebas dari hu-kuman. Keuntungan besar dan mudah memasarkannya menjadisalah satu daya tarik para pelaku untuk membobol pipa.

Sistem pengawasan yang seperti perlu ditinjau ulang agar, aksipara pelaku tidak berjalan mulus. Kemudian perlu pula diusuthingga tuntas, siapa penadah atau oknum yang terlibat membeliminyak curian.

Sebab, kendati lokasinya hanya 100 meter dari Polsek Betung,dan tempat itu terbilang muda dijangkau, tetapi pelaku denganmuda menjebol Pipa dan mencuri minyak. Sepertinya sistem pe-ngawasan, dan pengamanan secara rutin masih perlu ditinju ulang.Personel pengamanan Elnusa dan pihak berwajib mungkin masihdi rasa kurang untuk mengamankan pipa-pipa yang rata-rataterletak di lokasi yang memang sulit untuk diawasi setiap saat.

Pertamina, Elnusa, pihak berwajib sepertinya perlu duduk satumeja untuk membicarakan masalah pengalamanan. Tidak hanyapersoalan pengecekan rutin semata, tetapi perlu pengawasansecara internal dan ekternal. Bukan tidak mungkin pelaku di la-pangan berani berbuat karena ada keterlibatan orang yang pa-ling paham dengan kondisi dan situasi dari pengawasan internalperusahaan.

Atau bisa jadi orang di belakang para pelaku ada orang yang“kebal” dari sentuhan hukum.

Satu hal yang pasti, untuk mengurangi dan menghentikan aksipencurian ini, perlu Pertamina merancam semacam sistem pe-ngawasan ekstra dan terpadu, dengan di dukung sebuah tekno-logi tingkat tinggi atau semacam kontrak lewat jaringan atau sys-tem pelacakan GPS atau semacamnya. Sehingga, pihak kea-manan tahu jika pencurian minyak terjadi di suatu lokasi, sehing-ga aksi bisa dicegah.

Perlu TeknologiPengamanan Jalur Pipa

menunjukkan surat hakkepemilikan tanahnya. Ka-lau tidak ada sertifikat, kanada akte jual beli. Minimalada alas haknya. (fiz)

SOBARI SSOSKABAG HUMAS

PEMKOT PALEMBANG

DOK/SRIPO

Sripo/Zaini

NAIK TOROTOAR — Menjelang lebaran Idul Fitri 1433 H disejumlah jalan di Palembang di padatipengendara sepeda motor dan mobil, Seperti di Jalan Kol H Barlian pengendara pengendaraterpaksa naik torotoar untuk menghindari kemacetan, Rabu (15/8).

UNTUK sertifikat iniadanya di BPN (BadanPertanahan Nasional)dan biasaya memang di-umumkan tentang ada-nya pembuatansertifikat Prona(program na-sional) itu. Pe-mkot hanyamemfasilitasik e d u d u k a ntanah wargatersebut ma-suk wilayahP a l e m b a n g .Soal rencanaMusi 3 itu war-ga tidak perlutakut, karenakita juga belumtahu pasti. Kalaupun akan ada pe-laksanaan itu, ten-tunya lahan yangterkena akandiganti rugisesuai NJOP.Tidak mu-ngkin pe-m e r i n t a hmain usir.Warga jugaagar bisa

Page 3: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012
Page 4: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

4 SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 2012

JAKARTA, SRIPO – Bank Indo-nesia (BI) membantah bahwaperedaran uang palsu di Indone-sia kini semakin marak. NamunBI mengakui pembuat uang pal-su dinilai lebih canggih darisistem yang ada sehingga uangpalsu masih bisa diedarkan se-cara leluasa.

Gubernur BI Darmin Nasutionmenjelaskan saat ini memangmodus-modus peredaran uangpalsu kian beragam. BI sendiritelah mengantisipasi untukmencegah agar peredaran uangpalsu tidak semakin meluas.

“Ini tidak bisa dibilang pere-daran uang palsu makin marak,tapi ada metode pembuatan danperedaran uang palsu lebih ca-nggih. Kita akan antisipasi itu,namun jangan kemudian diang-gap peredaran uang palsu sudahmarak,” kata Darmin saat dite-mui di kantor Menteri Pereko-nomian Jakarta, Rabu (15/8).

Uang Palsu Lebih Canggih●●●●● Modus Makin Beragam

Hingga saat ini, BI mendapatjatah yaitu merancang desainuang, pemilihan bahan kertasuntuk uang hingga fitur-fiturpengamanan dari uang logammaupun kertas yang akan dibuat.

Hal itu dilakukan karena sudahmenjadi tanggung jawab BI sebagaipengambil kebijakan moneter agaruang yang beredar di masyarakatjangan mudah dipalsukan danditiru. “Tapi kita juga tidak bisamengawasi orang per orang dansatu per satu kecuali kalau ada yangmelaporkan,” tambahnya.

Sebenarnya, Darmin pun jugasudah mengetahui bahwa masihada masyarakat yang tertipuakibat peredaran uang palsu ini.Untuk menekan uang palsunya,BI akan berupaya menyosiali-sasikannya kepada masyarakatsupaya jangan tertipu. Sekadarcatatan, Bank Indonesia menca-tat temuan uang palsu sebanyak41.080 lembar dari Januari hi-

Pertamina Bangun Kilang Di TAAPALEMBANG, SRIPO – PTPertamina (Persero) berencanamembangun kilang minyakbaru di kawasan Tanjung Apiapi(TAA). Pembangunan kilang iniuntuk menggantikan kilangminyak tua yang ada di SungaiGerong dan Plaju Palembang.

“Pemerintah dan PT Pertaminarencananya bekerjasama mem-bangun kilang-kilang minyak diIndonesia. kita harapkan adapembangunan kilang minyakbaru di Sumsel, untuk meng-gantikan kilang minyak yanglama,” kata Eddy Prabowo, GMPertamina Sumbagsel yang baru,usai bertemu dengan GubernurSumsel H Alex Noedin di Griya

Agung, Rabu (15/8).Menurut Eddy, dua kilang tua

Pertamina itu sering membuatdistribusi terkendala karenakondisi air sungai yang kadangsurut menjadi dangkal sehinggakapal tidak bisa merapat.

“Kilang minyak yang barunanti akan dibangun di KawasanEkonomi Khusus (KEK) Tanju-ng Api-Api (TAA) dengankondisi air cukup dalam untukdilewati kapal besar,” jelasnyaseraya menyebutkan kawasanTAA juga sudah dijadikankawasan industri sehinggauntuk mengolah minyak men-tah menjadi bahan bakar jadiseperti solar, bensin, aftur dan

minyak tanah akan lebih mudahdan distribusipun lebih lancar.

Namun, lanjut Eddy, rencanapembangunan kilang minyak diTAA ini baik lokasi dan besarnyaanggaran masih dalam kajianpusat

Disinggung stok bahan bakarminyak (BBM) menjelang idul fitri1433 Hijriah, Edy mengakupihaknya telah menyiapkan BBMcadangan yang cukup dan dise-suaikan dengan perediksi kon-sumsi BBM. “Kalau stok BBM tidakada masalah, Pertamina sudahmempersiapkan seluruhnyadengan baik,” tegasnya.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdinmenyambut baik rencana Perta-

mina untuk membangun kilangdi TAA. Menurutnya, rencana itusangat bagus, pemerintahdaerah akan mendukung sepe-nuhnya untuk mewujudkanrencana tersebut.

“Kita memang menyaran-kan agar kilang baru diban-gun di TAA karena aksestransportasinya lebih mu-dah,” ujar Gubernur.

Ditanya soal kondisi BBMmenjelang dan sesudah idulfitri, Alex berjanji akan me-mantau dan mengawasi pe-nyaluran BBM di lapangansupaya tidak terjadi penyim-pangan yang dapat meru-gikan masyarakat. (trs)

Sripo/tarso

KANAN, GM Pertamina Area Sumbagsel yang baru Eddy Prabowo ketikabersilaturahmi dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Griya Agung,kemarin.

kompas.com

ANGGOTA polisi menunjukkan barang bukti berupa uang palsu (upal) dan tersangka di Mapolrestabes Surabaya,Jatim, beberapa waktu lalu.

ngga Juni 2012. Masyarakat pundiminta mewaspadai beredar-nya uang palsu tersebut.

Deputi Gubernur Bank Indo-nesia Ronald Waas mengatakan,nominal uang rupiah yang pal-ing banyak dipalsukan adalahpecahan Rp 100.000 sebanyak21.497 lembar atau 52,33 persen.Sementara di urutan kedua ada-lah pecahan Rp 50.000 sebanyak17.260 lembar atau 42,02 persen.“Dengan demikian, kedua peca-han tersebut menempati 94,35persen dari total uang rupiahyang dipalsukan,” kata Ronald.

Untuk mengurangi peredaranuang palsu tersebut, Ronaldmengimbau masyarakat lebih te-liti terhadap kualitas uang yangberedar. Dia mengingatkan untukmemperhatikan 3D, yakni diraba,dilihat, dan diterawang.

Dia berharap oknum-oknumyang tidak bertanggung jawabmenghentikan kegiatan pemalsuanuang. Sebab selain merugikanmasyarakat, hal itu juga merugikandiri mereka sendiri.(KC)

Page 5: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

5 SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 2012

PALEMBANG, SRIPO —Chevrolet siagakan 31 titiklayanan pelanggan (Cus-tomers Service Point) di se-panjang jalur mudik, yangterdiri dari 2 Titik RestPoint; 8 Emergency RoadSide Assistance (ERSA); dan21 Bengkel Siaga (Work-shop on Duty) di 18 kota,tersebar di sepanjang jalurmudik di Pulau Jawa, Su-matera, Kalimantan, Bali,dan Sulawesi.

“Sebagai bagian dari la-yanan prima kepada kon-sumen kendaraan merekChevrolet, PT General Mo-tors (GM) Indonesia meng-gelar program ChevroletMudik Prima 2012 yangakan berlangsung dari ta-nggal 15-22 Agustus 2012atau H-4 dan H+3 masaLebaran 2012,” ungkapAndie Wibianto, AccountManager.

Layanan prima yang di-berikan kepada konsumendiwujudkan dengan me-

nyediakan 31 titik layananpelanggan, diantaranyadengan mendirikan duaRest Point/Posko Siaga dijalur padat mudik dan balikdi pulau Jawa yaitu di Ci-kampek dan Nagrek, JawaBarat. Tenda Siaga yangmengusung slogan, AndaBerlibur, Kami Siaga, akandilayani langsung olehteknisi handal Chevroletyang dilengkapi dengankendaraan Chevrolet Mo-bile Care pada Posko Siagaselama 24 Jam, baik untukperbaikan, istirahat, ataukonsultasi mudik/balikLebaran 2012.

Selain itu PT GM Indone-sia juga mengoperasikandelapan Emergency RoadSide Assistance (ERSA) atauLayanan Bantuan Darurat- - tujuh buah ERSA yangtersebar mulai dari ujungBarat hingga Ujung Timurpulau Jawa (Merak, Sume-dang, Tegal, Buntu, Tuban,Kediri, Situbondo) dan satu

ERSA di kota Padang, Su-matera Barat. ERSA ditem-patkan di area strategis danramai dilalui arus mudikdan balik kendaraan dimasing-masing kota.

Terakhir, PT GM Indo-nesia juga menyiapkan 21Bengkel Siaga yang akanberoperasi selama 24 jam,dan tersebar di 18 kotabesar di Indonesia mulaidari Medan, Pekanbaru,Palembang, Lampung,Banten (Serpong), Jakarta(4 Lokasi), Bogor, Ban-dung, Cirebon, Sema-rang, Solo, Yogyakarta,Surabaya, Malang, Bali(Denpasar), KalimantanTimur (Samarinda), Ka-limantan Selatan (Banjar-masin) dan Sulawesi(Makasar). (fiz)

Chevrolet Siagakan31 Titik Layanan

● Chevrolet Mudik Prima 2012

REPRO/SRIPO/ABDUL HAFIZ

MEKANIK Chevrolet Siaga dengan sepeda motor dan mobil servis di depan Posko Siaga Chevrolet 2012.

Page 6: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012
Page 7: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

8 SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 2012

BSB Salurkan Zakat

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan ataskamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atasorang-orang sebelum kamu agar kamubertakwa.” (QS Al Baqarah: 183)

Bulan Agustus kali ini menjadi sangat isti-mewa, karena bertepatan dengan bulanRamadan. Persis ketika Panitia PersiapanKemerdekaan Indonesia (PPKI) tahun 1945menyiapkan kemerdekaan bangsa Indone-sia juga terjadi bulan Ramadhan (DjoenedPoesponegoro, Marwati, 1984). Bulan dima-na bangsa Indonesia yang mayoritas mus-lim harus berpuasa dan keberkahanRamadan telah menghantarkan tokoh tokohbangsa Indonesia saat itu berani mengambilresiko untuk memproklamirkan kemerde-kaan bangsa Indonesia tanpa harus menung-gu perpindahan kekuasaan dari Jepang.

Sementara terungkap bahwa tanggal 17Agustus 1945, dipilih oleh Soekarno-Hatta,karena tanggal tersebut mempunyai dayamistik (Hardi, Lasmidjah, 1984), diantaranyabahwa 17 adalah jumlah rekaat dalam sholat.Tanggal 17 Agustus 1945 jatuh di hari Jumat,dimana Jumat merupakan hari yang cukupdihormati oleh kaum muslim, sebagai salahsatu hari dimana umat muslim, terutama priadan akil baligh diwajibkan untuk sholatberjamaah berbeda dibanding sholat jamaahrowatib.

Ramadan dan Peringatan Hari Kemerde-kaan kali ini sungguh luar biasa dan memangsudah takdir Allah SWT, dimana 17 Agustuskembali bertepatan dengan Hari Jumat dansatu hari setelah itu, umat Islam meraih ke-menangan. Itu artinya, Indonesia di 2012 inimendapatkan dua kemenangan.

Pertemuan dua bulan sarat makna inisangat jarang terjadi, inilah moment bagibangsa Indonesia untuk bisa memberikanarti lebih.

Kemerdekaan bangsa Indonesia ditandaidengan pembacaan proklamasi kemerde-kaan tanggal 17 Agustus 1945, oleh Soe-karno-Hatta, ini adalah moment pentingyang tidak bisa dirubah lagi oleh masyara-kat Indonesia atau masyarakat internasio-nal, harga mati yang pengorbanan mem-persiapkan proklamasi kemerdekaan samadengan pertaruhan hidup mati sebuahbangsa. Kemerdekaan Indonesia harus di-perjuangkan dengan segala bentuk pe-ngorbanan, harta bahkan nyawa siap

Drs H Ahmad Nasuhi

Kepela Kanmenag Kabupaten Muaraenim

Raih DuaKemenangan

Posisi HilalEnam Derajat●●●●● Idul Fitri 1433 Diprediksi 19 Agustus

Info Seputaran Hilal

● Hilal adalah bulan sabit muda pertama yang dapatdilihat setelah terjadinya konjungsi (ijtimak, bulanbaru) pada arah dekat matahari terbenam yang men-jadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam. Bia-sanya hilal diamati pada hari ke-29 dari bulan Islamuntuk menentukan apakah hari berikutnya sudah ter-jadi pergantian bulan atau belum.●✍ Penentuan hilal bulan syawal adalah salah satuaktivitas penting yang dilakukan lembaga hisab untukmenentukan hari terakhir pada bulan Ramadan. Hal iniakan menentukan kapan ummat muslim terakhir mela-kukan puasa dan merayakan Idul Fitri. Metode penentu-an hilal yang biasa dilakukan ada dua macam yakni me-tode Rukyat (metode pandangan mata) dan hisab (me-tode perhitungan matematik astronomi). (sin)

PALEMBANG, SRIPO --Ba-dan Hisab dan RukyatSumsel memperkirakanposisi hilal pada 19 Agustuspukul 18.10 sudah berada diatas enam derajat, sehing-ga 1 Syawal atau Hari RayaIdul Fitri akan bertepatanHari Minggu. Kendati begi-tu, rukyatul hilal (melihatlihat) akan tetap dilakukan.

“Insya’allah, Idul Fitri akanjatuh pada Hari Minggu ka-rena hasil hisab, posisi hilalsudah berada di atas enamderajat,” kata Ketua BadanHisab dan Rukyat SumselDrs HM Teguh Sobri M.Hi,Rabu (15/8) usai shalatzuhur di Masjid NurulIkhwan di Komplek PT PLN(Persero) Wilayah S2JB JlKapten A Rivai.

Dengan posisi itu, paraahli falak (astoromoni) akanbisa melihat hilal secara je-las, termasuk Palembangyang akan memantau hilaldi lokasi ketinggian gedungHotel Aryaduta. “Melihat

bulan, diperintahkan dalamalquran agar lebih 100 per-sen yakin,” katanya.

Dengan begitu, ungkapTeguh Sobri kemungkinanlebaran bareng tahun ini an-

tara Muhammadiyah denganNahdlatul Ulama sangat ter-buka. Pengurus Pusat Mu-hammadiyah sudah lebihdulu menetapkan 1 Syawaljatuh pada Ahad (19/8), danpeluang NU bakal merayak-an lebaran bersama Muham-madiyah terbuka lantaran al-manak NU tertera 1 Syawal1433 Hijriyah jatuh padatanggal yang sama.

Seperti diketahui, anggo-ta Pimpinan Majelis Tarjihdan Tajdid PP Muhammadi-yah, KH Marifat Imanmemperkuat 1 Syawal tepatpada 19 Agustus 2012 de-ngan perhitungan posisihilal saat 17 Agustus 2012,masih di bawah ufuk. “Ma-ka bulan baru 1 Syawal 1433H jatuh pada lusa harinya,yaitu 19 Agustus,” tegasanggota Komisi Fatwa MUIini.

Posisi hilal seperti itu, ulas

Marifat, memungkinkansemua umat Islam akansepakat menetapkan awalbulan pada lusa harinya.

Sidang ItsbatMenengahi polemik yang

acapkali terjadi dalam penen-tuan bulan Qomariyah, sepertibiasa Kemenag akan meng-gelar sidang itsbat penentuanIdul Fitri atau 1 Syawal padaSabtu (18/8) sore di GedungKemenag Jalan MH. Thamrin,Jakarta Pusat.

Kasubag Humas KanwilKemenag Sumsel SaefudinLatief mengatakan, pelak-sanaan sidang tersebut di-selenggarakan Sabtu sorekarena pertimbangan per-hitungan hisab. Lantaransaat itu hilal sudah di atasnol derajat.

“Kami memperhitung-kan 1 Syawal dan Idul Fitriberdasarkan hisab danrukyat.,” katanya.(sin)

dipertaruhkan untuk merebut kemerdeka-an. Salah besar apabila ada anggapan bah-wa kemerdekaan Indonesia hanyalah pem-berian kekuasaan administratif oleh Jepangatau Sekutu (Soebardjo, Ahmad, 1978). Tapihasil jerih payah, kegigihan, dan kerja ke-ras bangsa Indonesia. Shaum Ramadanmenurut Abul ‘Ala al-Maududi merupakansebuah perjuangan dan kegigihan seoranghamba untuk bisa memenuhi keinginanutama yaitu menjadi orang bertakwa, arti-nya hamba tersebut tidak hanya sebagaimuslim tapi mukmin dan meningkat men-jadi muttaqien (tingkat tertinggi). Semen-tara Ibnul Qayyum Al-Jauzi mengartikanshaum ramadan sebagai bentuk pencucianjiwa (tazkiyatun nafs) sebelum dapatmenapakkan kakinya menuju tingkat atauderajat lebih tinggi, sebuah bentuk hijrahdari kotor menuju bersih.

“Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang pa-ling bertaqwa di antara kamu. SesungguhnyaAllah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”(QS Al-Hujuurat 13)

Kemerdekaan merupakan bentuk per-juangan dari pahlawan untuk bisa menen-tukan nasib, maka Ramadan juga mempu-nyai arti sebuah perjuangan. Kemerdeka-an berjuang untuk menjadi lebih baik, makaRamadhan juga berarti sebuah perjuang-an seorang mukmin menjadi lebih baikyaitu muttaqien. Berjuang melawan tenta-ra Jepang, tentara sekutu, dan penghianatbangsa adalah hal lazim saat itu untuk bisamendapatkan kemerdekaan, tanpa per-juangan tidak akan ada kemerdekaan,maka slogan yang muncul adalah “merde-ka atau mati”. Sementara Ramadan meng-ajak umat muslim mengerti bahwa untuklulus ujian muttaqien harus ada perjuang-an melewati rintangan yaitu puasa.

Kemerdekaan harus diupayakan dengankegigihan, tanpa upaya ini maka dapat di-pastikan tidak ada kemerdekaan bagi bang-sa Indonesia. Bangsa Indonesia terkenaldengan kegigihan, maka untuk perjuang-an kemerdekaan hal tersebut dibuktikan,tanpa menyerah dan siap berkorban. MakaRamadhan juga kegigihan, berlapar-lapar,kehausan, dan menahan nafsu tidak akanbisa terlewati tanpa kegigihan seorangmuslim. Wallahu a’lam bish-shawab.

PALEMBANG,SRIPO—Memasuki hari terakhir ramadan,Bank Sumselbabel kembali menyalurkan zakat sebesar Rp44,7 juta untuk 337 anak dari 11 panti. Dana ini terkumpuldari gerakan sadar zakat, infak dan sedekah di lingkung-an karyawan.

Ketua Pengurus Unit Pengumpul Zakat Karyawan BankSumselbabel, Heru Tanto Utoro Edi, Rabu (15/8) menjelas-kan, dana dana santunan yang disalurkan diambil dari reke-ning amil zakat yang memiliki saldo Rp 286.948.648. Darijumlah itu, 60 persen disalurkan ke BAZ Sumsel dan 40 per-sen dikembalikan ke BAZ Bank Sumselbabel. “Penyaluransaat ini sebesar Rp 44 Juta dari sisa dana zakat yang dialoka-sikan untuk BAZ Bank Sumselbabel,”katanya, seraya me-nambahkan dana zakat diambil dari zakat karyawan setiapbulannya melalui pemotongan gaji 2,5 persen dari total gaji.

Sementara penyerahan dilakukan langsung oleh Ketua unitPengumpul Zakat, Heru kepada pengelola panti asuhan AlFarhan Waroihan di jalan Putri Kembang Dadar. (Why)

Sripo/Zaini

HILAL — Kakanwil Kemenag Sumsel Drs H Najib Haitami MM melihat hilal di Helipet Hotel AryadutaPalembang beberapa waktu lalu.

SRIPO/SYAHRUL

SALURKAN ZAKAT —Penyerahan zakat mal kepada salah satu panti asuhan oleh PemimpinDivisi SDM Bank Sumsel Babel, Heru Tanto Untoro Edi yang juga Ketua Pengurus Unit Pengum-pul Zakat Karyawan/Karyawati Bank Sumsel Babel, Rabu (15/8).

Page 8: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

9SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 2012

Meriam Dilabrak Istri Henry ?pesan tersebut.

“Siapa yang menyebar-kan berita itu? Itu tidak be-nar. Karena saya tidak per-nah menyebarkan kabaritu,” ucap Rudi menu-rut-kan kembali pernyataanbintang film yang beken diera 1990-an tersebut.

Tak PercayaTika, Putri Yosodiningrat

tegas menyebutkan bahwakabar yang menyudutkanayahnya, Henry Yosodini-ngrat, merupakan beritapalsu. Ia tidak habis pikirada tiga wanita yang didu-ga sebagai istri ayahnyadatang ke kediaman Me-riam Belina di kawasan Ci-bubur, Jakarta Timur. Apa-lagi sampai melabrak Me-riam.

“BERITA ITU PALSU!!!Perempuan mana pula ygdirekayasa orang utk me-ngaku sbg isteri papa sa-ya, karena mama saya bu-

kan type perempuan sptitu, saya tau persisi, TIDAKSATUPUN perempuan didunia ini yg pernah dila-brak mama, mama itu Jawabanget, tau ttg kehormat-an dan harga dirinya,”tulisnya, Rabu (15/8), viaSMS.

Ingatan Tika kemudianmundur ke belakang. Sejakkecil, ia sama sekali tidakpernah ditinggalkan olehayahnya selama berbulan-bulan. Apalagi, tinggal ber-sama perempuan lain. Bah-kan, ia sudah mengonfir-masi kabar tersebut kepa-da ayahnya tersebut.

“Saya juga sudah tanyapapa, kata papa “PAPAGAK ADA HUBUNGANAPAPUN BAHKAN GAKADA KOMUNIKASI apalagi bertemu dg MeriamBelina. Kalaupun papapernah bertemu itupunudah lama banget (seti-

daknya 6 bulan lalu). Dansaya percaya dg penjelas-an papa itu,” tulisnya lagi.

Karena itu, Tika me-nyimpulkan bahwa diri-nya beserta keluarga me-negaskan bahwa beritayang menyudutkan ayah-nya adalah ngawur, mus-tahil, dan bohong.

“Jadi kesimpulan kamisekeluarga, cerita itu nga-wur dan Mustahil/ Bo-hong. Dan kalaupun adaperempuan lain yg mela-kukan itu, itu PASTI REKA-YASA dan saya tidak tauapa motifnya, serta kamisekeluarga gak mau pu-sing menelusurinya,”tandasnya . ( t r ibun-news.com)

SMS Cabul TSMS Cabul TSMS Cabul TSMS Cabul TSMS Cabul Tergolong Kergolong Kergolong Kergolong Kergolong Kekekekekekerasan Seksualerasan Seksualerasan Seksualerasan Seksualerasan Seksual

● Tika : Perempuan Mana yang Mengaku Istri Papa?● Meriam Bantah Kirim SMS Jumpa Pers

Gila Berita Itu Palsu

JAKARTA, SRIPO - BARUsaja reda kabar hubunganspesialnya dengan HotmanParis Hutapea, aktris gaekMeriam Belina kembaliditerpa gosip. Pengacarakondang Henry Yosodinin-grat dikabarkan tinggal dirumah Meriam.

Sebuah pesan singkatyang dikirim orang tak di-kenal beredar di kalanganwartawan. Isi pesan itu sa-ngat mengejutkan karenamenyebutkan bahwa Me-riam Belina akan menga-dakan jumpa pers untukmenjelaskan kepada war-tawan terkait kedatangantiga istri Henry yang men-datangi kediamannya.

Pesan singkat itu jugamenyebutkan bahwa keda-tangan ketiga istri Henry

u n t u k

menyampaikan protes ka-rena suaminya sudah tidakpulang ke rumah selamaempat bulan karena ting-gal di kediaman Meriam.

“Meriam Belina maumenjelaskan kepada war-tawan ttg kedatangan 3org isteri Henry Yosodi-ningrat (ketua Granat) ygmemprotes Henry Yosodi-ningrat yg sdh 4 bulantinggal di rmh MeriamBelina di Cibubur,” demi-kian isi pesan tersebut.

Meriam Belina saat dite-mui di lokasi syuting, Stu-dio Persari, kawasan Ci-ganjur, Jakarta Selatan,Rabu (15/8), enggan me-nemui wartawan yangmenunggunya. Kebetulania sibuk syuting. Namun,Rudi, seorang kru tayang-an sinetron di lokasi syu-ting itu, menyebutkanbahwa Meriam memban-tah telah mengirimkan

JAKARTA, SRIPO - Henry Yosodi-ningrat, pengacara kondang itu, ha-nya tertawa setelah mengetahui ter-

kait beredarnya kabar bahwa diri-nya punya hubungan dekat

dengan aktris MeriamBelina.

Kabar itu dipicu le-wat sebuah pesansingkat yang dikirim-kan oleh orang takdikenal yang menye-butkan tiga orangistri Henry men-datangi ke-dia-manMeriam di kawasanCibubur, Jakarta Ti-mur. Mereka inginmemprotes karenasuaminya sudah em-

pat bulan tidak pulang ke ru-mah dan tinggal di kediamanMeriam.

Henry kemudian melaluipesan singkatnya memberi-kan klarifikasi terkait pembe-ritaan tersebut.

“Terkait berita itu, denganmaksud untuk membersih-kan nama saya dari FITNAH,ini TANGGAPAN SAYA:GILA, BERITA ITU PALSU.Perempuan mana pula dire-kayasa orang utk mengakusbg isteri saya,” tulisnya,Rabu (15/8), via SMS.

Seumur hidup, tulisnya lagi,saya tidak pernah meninggal-kan keluarga pergi berbulan-bulan, meninggalkan istri dan

ya atas berita sensasi itu,”tandasnya.(tribunnews.c-om)

Irjen Djoko tak Lagi di Rumah DinasJAKARTA, SRIPO - Kekaya-an Irjen Pol Djoko Susilo,mantan Kepala Korps LaluLintas Polri, mulai ditelisiksetelah ia dijaring sebagai ter-sangka kasus korupsi proyekpengadaan simulator rodadua dan roda empat. Sebuahrumah milik Djoko di kawas-an Kompleks Polri di JlPengadegan V/C, Blok 0/88,Jakarta, sesuai data di KomisiPemberantasan Korupsi(KPK), saat ini dalam kondisikosong.

Ketika disambangi, rumahdua lantai itu tampak sepi.

Hanya ada sepeda motorbebek yang terparkir di ha-laman rumah dan sebuah alatfitness. Lampu di dalam ru-mah terlihat menyala tetapisaat dipanggil tidak ada peng-huni rumah yang keluar.

Penjaga keamanan RT 06/03, Edi (35), yang ditemuiTribunnews, Rabu (15/8),membenarkan rumah bercatcokelat itu milik Irjen DjokoSusilo. Namun, rumah itusaat ini kosong seiringpenghuninya yang telahberpindah tugas sebagai Gu-bernur Akpol di Semarang.

“Saat Pak Djoko bertugasdi Semarang, sudah tidak adayang menempati rumah ter-sebut. Tetapi status rumahtersebut masih milik PakDjoko, belum di-gantikanperwira lain,” kata Edi.

Mengenai kehidupan so-sial, Edi mengatakan peng-huni kompleks Polri me-mang jarang keluar. Begitupula Djoko Susilo saat ber-tempat tinggal di rumah ter-sebut. Namun, kata Edi,Djoko masih sering berak-tivitas saat akhir pekan.

Rumah Djoko memang

HenryYosodiningrat

JAKARTA, SRIPO - Juru Bicara MahkamahAgung (MA) Djoko Sarwoko mengatakan,pesan singkat di telepon genggam atau SMSyang berisikan kata-kata seronok atau ca-bul yang ditujukan kepada perempuansama saja dengan kekerasan seksual.

“Soal SMS Jorok, itu secara psikologistermasuk kekerasan terhadap wanita. DiLuar Negeri itu termasuk sexual harass-ment,” ujar Djoko saat dihubungi warta-wan, Rabu (15/8/2012).

Apalagi, lanjut Djoko, jikalau perkara initerjadi di luar negeri, maka terdakwa yangmelakukannya akan menerima ganjaranhukuman yang berat.

Sebelumnya, Saiful Dian Effendi (22) ha-rus menerima ganjarannya dipidana lima

bulan lantaran mengirimkan pesan sing-kat berisi kalimat seronok atau cabul kepa-da seorang perempuan, Adelian AyuSeptiana.

Awalnya, di Pengadilan Negeri Madiun,Jawa Timur menghukum dengan hukum-an percobaan selama 10 bulan dengan janjitidak akan mengulangi perbuatannya lagi.Jika dilakukan lagi, maka Saiful harusmeringkuk lima bulan penjara tanpa pro-ses hukum.

Barulah, ketika JPU mengajukan Kasasi,Mahkamah Agung memvonis Saiful sela-ma lima bulan penjara tanpa prosespercobaan dengan landasan perbuatansaiful merupakan kejahatan terhadapperempuan.(tribunnews.com)

anak-anak dan tinggal tinggaldi rumah orang lain.

“SAYA GAK ADA HU-BUNGAN APAPUN BAH-KAN GAK ADA KOMUNI-KASI dg Meriam Bellina, apalagi bertemu. Kalaupun sayapernah bertemu itu pun udahlama banget (setidaknya 6bulan lalu),” tulisnya lagi.

Henry menambahkan di-rinya sama sekali tidak per-nah buka puasa bersama de-ngan orang lain, di kediamanorang lain selain di rumah-nya sendiri bersama istri dananak-anaknya.

“Jadi cerita itu gak mung-kin banget / Mustahil /Bohong. Itulah jawaban sa-

berseberangan dengan la-pangan yang memiliki lin-tasan atletik. “Nah waktumasih tinggal di sini, PakDjoko sering lari pagi me-ngitari lapangan di hariMinggu,” kata Edi.

Ia mengaku tidak pernahmengobrol dengan Djoko.Ia sadar Djoko merupakanpejabat Polri. Namun Edimenceritakan jenderal bin-tang dua itu seringkalibertandang ke pos penga-manan hanya untuk sekadarmemberikan uang untukmembeli kopi.(tribun/fer)

Meriam BelinaMeriam BelinaMeriam BelinaMeriam BelinaMeriam Belina

kapanLagi.Com

IST

Page 9: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

“Fly Ash” PabrikSemen Masih Wajar● Produksi Semen 741 Ribu Ton● Target Produksi 1,2 Juta TonBATURAJA, SRIPO —Debu yang disemburkandari cerobong pabrik PTSemen Baturaja (Persero)hingga menimbulkan polu-si udara di wilayah KotaBaturaja dan sekitarnya,dinilai masih dalam am-bang batas kewajaran.

Adanya debu terbangatau fly ash menunjukan ak-tivitas pabrik yang terusmemproduksi semen seba-gai bahan bangunan yangdibutuhkan masyarakat.“Di mana ada pabrik se-men di situ ada debu,” kataWakil Bupati OKU, Drs HKuryana Aziz saat acarabuka bersama keluargabesar PTSB di Wisma Gane-sha Baturaja, Selasa (14/8).

Menurut Wabup, dia su-dah pergi ke beberapa pro-vinsi melihat sejumlahpabrik semen di Indonesiaseperti di Padang (Sumate-ra Barat) maupun Gresik(Jawa Timur), serta PabrikSemen Cibinong. “Semuapabrik semen pasti meng-hasilkan polutan debu, dansemuanya juga tidak adamasalah,” kata Wabup.

Acara buka puasa bersa-ma itu dihadiri DirekturUtama PTSB Ir H PamudjiRahardjo, Direktur Komer-sial Drs Yusril Sabarudin,Direktur SDM dan UmumIr Anas Rosjidi, DirekturProduksi Ir Agus Wahyu-din, Direktur Teknik dan Pe-ngembangan Ir SyaifulAbunawar.

Wabup menambahkan,apabila pabrik semen tidak

memproduksi debu, makajustru daerah akan rugi.Sebab dengan adanya debutelah menunjukkan pabriktengah berpoduksi yangmenghasilkan semen yangsangat dibutuhkan masya-rakat.

“Semakin banyak semenyang diproduksi, makaakan mampu mendatang-kan keuntungan besar bagiperusahaan, yang jugamendatangkan pendapatanbagi kaupaten, yang jugaakan dinikmati masyara-kat,” papar Wabup serayamengulang kembali, debu

SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 201210

SRIPO/LENI JUWITA

PAKET SEMBAKO — Direktur Utama PT Semen Baturaja (PTSB), Ir H Pamudji Rahardjomenyerahan paket sembako kepada warga Ring I yang diterima secara simbolis oleh CamatBaturaja Timur, Mirdaili SST MSi.

Kandangkan Kendaraan Dinas

Perketat Pengawasan Makanan

Kantor TutupLima Hari

KAYUAGUNG, SRIPO —Perkantoran dinas instan-si pemerintah di Kabupa-ten Ogan Komering Ilir(OKI) tidak beraktivitasselama enam hari, mulai17 hingga 22 Agustus2012. Aktivitas perkan-toran kembali dibukaKamis, 23 Agustus 2012.

“Sesuai Surat Edaranpemerintah pusat yangditembuskan ke PemkabOKI, bahwa PNS hanyamendapat waktu liburemam hari untukmerayakan Idul Fitri 1433H tahun ini. Semua PNSdiingatkan tidak molormasuk kerja,” kata Kepa-la Badan KepegawaianDaerah (BKD) dan DiklatKabupaten OKI, HMaulan Akil SIP MSi me-lalui Sekretaris Dinas, Ahmad Kholik, Rabu (15/8).

Disebutkan, sesuai Surat Edaran dari pemerintah pusat,cuti bersama untuk lebaran Idul Fitri 1433 H Tahun 2012ini sebenarnya hanya tiga hari kerja, yakni Senin-Rabu(21-22/8), sementara Jumat-Minggu (17-19/8) memanghari libur. “Masa cuti bersama ini dinilai sudah lebih daricukup,” jelasnya.

Hal yang sama diumumkan oleh Pemerintah Kabupa-ten OKU Timur, yang resmi libur selama lima hari, mulai18-22 Agustus 2012 bagi PNS dalam rangka merayakanIdul Fitri 1433 Hijriah.

“PNS wajib masuk kembali 23 Agustus yang dibukti-kan dengan datar hadir yang akan diperiksa oleh masing-masing pimpinan SKPD untuk diserahkan kepada pim-pinan tertinggi,” kata Kepala Bagian Ortala Pemkab OKUTimur, Arfan Hermawan. (std/mg3)

terbang atau fly ash yangdisemburkan dari pabrikPTSB dinilai masih dalamambang batas toleransi.Wabup mengajak wargaKota Baturaja dan masya-rakat Kabupaten OKU un-tuk turut serta menjagaaset pabrik semen.

Dirut PT Semen Batura-ja, Pamuji Raharjo menam-bahkan, hingga semesterpertama tingkat produksiSemen “Tiga Gajah” Batu-raja mengalami peningkat-an hingga 3 persen diban-dingkan semester pertamatahun sebelumnya. Pro-

duksi semen yang dihasil-kan mencapai 741 ribu ton.Pihaknya optimis targetproduksi 1,2 juta ton lebihbisa direalisasikan.

Selain mampu mening-katkan produksi, PTSB jugaterus memberikan kontri-busi terhadap masyarakatmelalui program Comuni-ty Social Responsibility(CSR) yang juga terusditingkatkan. PTSB jugamembagikan 6.000 paketsembako untuk masyara-kat di Ring I dan memberi-kan santunan kepada 100anak yatim. (eni)

Jalinteng MulaiPadat Kendaraan

TEBINGTINGGI, SRIPO — Memasuki H-5 Hari Raya IdulFitri 1433 H, arus mudik yang melalui poros Jalan LintasTengah (Jalinteng) Sumatera di wilayah KabupatenEmpatlawang, mulai padat. Seperti hari-hari biasa, kawasanPasar Tebingtinggi masih terjadi kemacetan sepanjang hari.

Pengamatan Sripo, Rabu (15/8), kendaraan pribadi yangmelintas dengan plat luar Sumsel seperti plat B (Jakarta),D (Bandung), BM (Riau), BH (Jambi), BK (Medan), danplat BL (Aceh), terlihat ramai melintas baik pagi hinggasore hari. Sedangkan, malam hari kendaraan yang me-madati Jalinteng selain bus AKAP umumnya kendaraanberbadan besar jenis truk fuso.

Di simpang tiga sebelum kawasan Pasar Tebingtinggi pe-tugas Dishub Empatlawang sibuk mengatur arus lalulintaskendaraan dan mengarahkan pengendara agar tidak salaharah. “Beberapa hari terakhir sudah terjadi peningkatan ken-daraan dari luar Sumsel yang melintasi Jalinteng,” kata Ke-pala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika(Dishubkominfo) Kabupaten Empatlawang, Muaz Akmad.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes)Empatlawang, Isa Sigit mengatakan pihaknya sudahmembuat surat edaran kepada Puskesmas di jalur mudikuntuk siaga 24 jam. Kondisi serupa dilakukan Puskesmasjalur mudik di wilayah Kota Pagaralam, juga siaga 24 jam.“Kami telah menginstruksikan sejumlah puskesmas di jalurmudik untuk siaga dan memberikan pelayanan selama 24selama angkutan lebaran diberlakukan,” kat Plt KepalaDinas Kesehatan Kota Pagaralam, Hermawan. (st2/mg16)

MARTAPURA, SRIPO —Dinas Perindusterian danPerdagangan (Dispe-rindag) Kabupaten OKUTimur memperketat pe-ngawasan makanan danminuman yang masukdan keluar daerah inimenjelang Hari Raya IdulFitri 1433 H. Makananyang diperiksa secara ke-tat mulai dari jenis ma-kanan buka puasa mau-pun makanan khas lebar-an seperti parcel dan kuekering.

Pengawasan makanan inidilakukan sebagai upayapemerintah dalam melin-dungi masyarakat selakukonsumen dari jenis ma-kanan berbahaya.

“Menjelang Idul Fitri,petugas memperketat pe-ngawasan makanan yang

SRIPO/MG3

Juanda

keluar masuk dengan me-lakukan pemantauan rutinterhadap peredaran ma-

kanan buka puasa dan un-tuk Idul Fitri,” kata Kepa-la Disperindag KabupatenOKU Timur, Juanda kepa-da Sripo, Rabu (15/8).

Menurut Juanda, sebe-lum melakukan pemerik-saan, pihaknya melakukanpemantauan dan penga-wasan ke lapangan hinggakemudian tim gabunganmenggelar razia agar ma-syarakat merasa nyamandalam mengkonsumsi ma-kanan dan minuman yangdipasarkan.

“Kepada masyarakatagar lebih teliti memilihmakanan dan minumanyang dijual di pasaran. Se-dangkan pedagang ma-kanan musiman dihimbauagar tidak menjual makan-an dan minuman kedalu-arsa,” tandasnya. (mg3)

Ayek Betung Nyaris Kering●●●●● Dipenuhi Tumpukan Sampah Dipenuhi Tumpukan Sampah Dipenuhi Tumpukan Sampah Dipenuhi Tumpukan Sampah Dipenuhi Tumpukan Sampah

SRIPO/WAWAN SEFTIAWAN

SAMPAH — Ayek Betung di Dusun Pagaralam kini mulaidangkal. Ironisnya, pada alian sungai ini dipenuhi tumpukanberbagai jenis sampah.

PAGARALAM, SRIPO —Beberapa pekan terakhitini Kota Pagaralam tidaklagi diguyur hujan.Dampaknya air sumurmulai kekeringan, se-dangkan debit air lebakdan sungai mulaimenyusut. Bahkan be-berapa anak sungai saatini kondisinya sudahkering.

Menyusutnya air su-ngai ini diperparah de-ngan tumpukan berba-gai jenis sampah, se-hingga air sungai men-jadi kotor. Seperti yangterlihat di aliran sungaiAyek Betung dan AyekLanang. Di dua sungai initerlihat tumpukan sam-pah, yang berdampak a-liran sungai di bagianhilir semakin mengecildan kotor.

Sunar (44) warga di

bantaran sungai Ayek Be-tung Dusun Pagaralammengatakan, sebelumnyadi sungai itu tidak pernahterlihat tumpukan sam-pah, karena airnya selamaini cukup deras dan besar.Sampah itu menurutnyakarena masih banyakwarga yang membuangsampah ke sungai. “Manaairnya sudah kecil ditam-bah tumpukan sampahmenjadikan air kotor,”kata Sunar yang ditemuiSripo, Rabu (15/8).

Tumpukan sampah ituselain tidak enak dipan-dang, juga menebarkanbau tidak sedap hinggamenyebar ke pemukimanwarga di sekitar bantaransungai. Bahkan akibattumpukan sampah itu be-berapa sawah di bagianhilir sungai kekuranganair.

“Selama ini tidak pernahsungai Ayek Betung inidebit airnya kecil sepertiini. Tahun ini barukemarau beberapa ming-gu saja airnya sudah sa-ngat menyusut bahkannyaris kering,” jelasnya.

Walikota Pagaralam, HDjazuli Kuris mengimbau,supaya warga menghi-langkan kebiasaan burukmembuang sampah sem-barang, apalgi jika sampaimembuang sampah ke su-ngai.

“Bagi warga yang bisamelaporkan dan menang-kap warga yang sedangmembuang sampah ke su-ngai, silakan melapor kePemkot. Bagi yang mela-por akan mendapat uangRp 1 juta dan yang mem-buang sampah akan di-denda Rp 1 juta pula,” te-gasnya. (mg16)

157 Paket Lebaran dari BSB●●●●● Untuk Petugas Kebersihan Untuk Petugas Kebersihan Untuk Petugas Kebersihan Untuk Petugas Kebersihan Untuk Petugas KebersihanMUARAENIM, SRIPO —Sebanyak 157 petugas ke-bersihan di Kota Muara-enim mendapat paket le-baran dari managemenBank SumselBabel (BSB)Cabang Muaraenim. Petu-gas kebersihan juga diberi-kan buku Tabungan BSBdari Bupati Muaraenim, IrH Muzakir Sai Sohar.

Penyerahan paket lebar-an itu langsung disampai-kan oleh Pimpinan BankSumselBabel (BSB) CabangMuaraenim, Edison SE MMdi halaman Kantor BSBMuaraenim, Rabu (15/8).

Bupati Muaraenim diwa-kili Sekda Muaraenim HTaufik Rahman SH dike-sempatan itu mengatakan,pemberian dan pembuka-an buku tabungan bagi pe-tugas kebersihan itu murnimelalui dana pribadi Ir HMuzakir SS, bukan diang-garkan oleh Pemkab Mua-raenim. Dengan buku ta-bungan itu diharapkan kedepan masyarakat Kabupa-

ten Muaraenim lebih gemarmenabung dan berhemat.

“Tujuan lain adalah untukmemotivasi petugas keber-sihan agar lebih giat beker-ja dalam rangka memper-tahankan Kota Muaraenimsebagai kota peraih Adipu-ra,” kata Sekda.

Sedangkan PemimpinBSB Cabang Muaraenim,Edison SE MM mengata-kan, kegiatan ini merupa-kan wujud kepedulian danbaru yang pertama kali dila-kukan. “Rencananya kegia-tan ini dijadikan rutin setiaptahun,” kata Edison. (ari)

SRIPO/ARDANI

PAKET LEBARAN — Pemimpin Bank SumselBabel (BSB)Cabang Muaraenim, Edison SE MM, Rabu (15/8) secara simbolismemberikan paket lebaran kepada petugas kebersihan KotaMuaraenim.

Tarik Kendaraan DinasLAHAT, SRIPO —Pemerintah Kabu-paten Lahat mela-rang keras pejabatdan pegawai negerisipil (PNS), memba-wa kendaraan dinaskeluar wilayah Ka-bupaten Lahat un-tuk mudik ke IdulFitri 1433 H Tahun2012 ini. Pemkabmembolehkan ken-daraan dinas dibawaberlebaran hanyadalam wilayah Ka-bupaten Lahat.

“Jika ada pejabatatau PNS yang me-megang kendaraandinas tidak mematu-hi ketentuan ini,maka kendaraan di-nasnya akan sayatarik,” tegas BupatiLahat, H SaifudinAswari Rivai usaisilaturtahmi dengan warga Prabu Menang KecamatanMerapi Timur, Selasa (14/8).

Bupati menjelaskan, kendaraan dinas baik roda duamaupun roda empat yang dititipkan kepada PNS, ha-nya boleh digunakan untuk kepentingan dinas. Tujuan-nya untuk keperluan operasional, sehingga tugas yangdiemban bisa dikerjakan dengan maksimal. “Jadi, ken-daraan dinas dilarang digunakan untuk kepentinganpribadi, apalagi dipakai mudik ke luar kota,” kataAswari.

Namun Aswari tidak melarang jika kendaraan dinasdipakai di ruang lingkup dalam wilayah KabupatenLahat. Baik untuk mudik atau pun silaturahmi denganteman kerja, saudara serta keluarga. Dengan catatan,tidak sampai keluar area Kabupaten Lahat dan tetapmenjaga kondisi kendaraan. (mg10)

BANYUASIN, SRIPO —Pejabat dan pegawai nege-ri sipil di lingkungan Pem-kab Banyuasin yang me-megang kendaraan dinasplat merah, baik mobilmaupun sepeda motor,dingatkan agar tidakmenggunakan kendaraandinas untuk mudik lebaran.Pejabat juga diminta tidakmenerima parcel ataubingkisan dari rekanan da-lam rangka Hari Raya IdulFitri 1433 H.

“Mobil dinas hanya bo-leh dipakai ketika keperlu-an dinas,” tegas Bupati Ba-nyuasin Ir H AmiruddinInoed sesuai buka bersamaanak yatim di rumah dinasKompleks PerkantoranSekojo, Rabu (15/8).

Menurut Amiruddin, la-rangan menggunakan ken-daraan dinas sebagai sara-na angkutan mudik lebar-an Tahun 2012 ini bagi PNSdan pejabat di KabupatenBanyuasin, untuk menjagahati rakyat yang lagi susahdengan tingginya hargakebutuhan pokok danpermasalah lain. “Untukmenjauhi sikap pamersama rakyat dan wujudsimpati maka semua MobilDinas Wajib Masuk Kan-dang,” tegasnya.

Apalagi menurut Ami-ruddin Inoed, sebagian be-sar para pejabat di Kabu-paten Banyuasin juga su-dah memiliki kendaraan

pribadi, sehingga akan le-bih baik jika mudik lebar-an menggunakan kendara-an pribadi.

“Saya saja kalau mudiklebaran nanti tidak meng-gunakan Mobil LC BG 1 J,tapi mobil pribadi,” kataAmiruddin seraya mengi-ngatkan, jika kelak masihditemukan oknumpejabat tetap meng-gunakan mobildinas untukmudik dan ke-giatan berleba-ran, maka akandilakukan tin-dakan tegas be-rupa peringatan.

M e n y i n g -gung soal parcelbingkisan lebar-an dari rekanan,A m i r u d d i nInoed mengata-kan, tidak dibe-narkan pejabatPemkab Banyuasinmenerima parcel da-lam bentuk apapundari pengusaha, reka-nan maupun dari instan-si tertentu. “Takutnyapemberian bing-kisan ataubentuk lain-nya ini adam a k s u dtertentu,sehing-g an a n -

tinya bisa mempengaruhikinerja dan profesionalitasdalam tugas,” kata Ami-ruddin Inoed seraya me-nyarankan parcel dan seje-nisnya lebih baik diberikankepada mereka yang lebihberhak seperti fakir miskin,anak yatim atau kaumduafa. (udn)

SRIPO/MG3

Arpan HermawanSRIPO/MG10

H Saifudin Aswari Rivai

DOK

Amiruddin Inoed

Page 10: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

SRIWIJAYA POST

Kamis, 16 Agustus 2012 11

Ciri-ciri OrangBertakwa

dari halaman 1

yang baru dilahirkan (IdulFithri).

Secara garis besar sifat o-rang yang bertakwa ada didalam surah Al-Baqarahayat 2-3-4-5 dan surah AliImron ayat 133-134-135: “Ki-tab Alquran itu tidak dira-gukan padanya (mengan-dung) petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, mere-ka yang beriman (percaya)pada yang ghaib, dan men-dirikan salat, mem-belanjakan rezki yang di-anugerahkan Allah kepadamereka, dan beriman padakitab yang diturunkan kepa-da engkau (Muhammad)dan apa-apa (kitab) yang di-turunkan kepada (Nabi-

Nabi) sebelum engkau, danmereka yang yakin akanadanya hari akhirat.”(QS Al-Baqarah:2-3-4)

“Dan bersegeralah kamukepada ampunan dari Tu-hanmu dan Surga yangluasnya seluas langit danbumi; yang disediakan un-tuk orang-orang yang ber-taqwa. (Yaitu) orang-orangyang menafkahkan (harta-nya), baik di waktu lapangmaupun di waktu sempit,dan orang-orang yang me-nahan amarahnya, dan me-maafkan kesalahan oranglain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat ke-bajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila me-ngerjakan perbuatan kejiatau menganiaya diri sen-diri, mereka ingat akan Al-lah, lalu memohon ampunterhadap dosa-dosanya, dansiapa lagi yang dapat meng-ampuni dosa selain dari

pada Allah? Dan mereka ti-dak meneruskan perbuatankeji mereka itu, sedang me-reka mengetahui.(QS AliImron:133-134-135)

Ada 12 sifat orang yangtakwa:1. Beriman kepada yang

Ghaib (Allah, malaikat,hari akhirat, surga danneraka dll.)

2. Mendirikan Salat.3. Suka menginfakkan

(membelanjakan harta-nya di jalan Allah SWT)baik ketika lapang mau-pun pada saat sempit.

4. Iman kepada Al-Qura-nul Karim dan kitabyang diturunkan kepa-da Nabi-Nabi sebelumNabi Muhammad Saw.

5. Yakin ada kehidupanakhirat.

6. Suka memohon ampun.7. Sabar.8. Benar dalam keyakinan,

ucapan dan perbuatan.

9. Taat terhadap apa yangdiperintah Allah SWTdan menjauhi larangan-NYA (suka berbuat ke-bajikan).

10. Sanggup menahanamarah.

11. Suka memaafkan kesa-lahan orang lain.

12. Dalam kondisi apapunsenantiasa mengingatAllah SWT.

Seseorang yang memili-ki sifat-sifat di atas akanmelaksanakan aturan aga-manya secara konsisten (is-tiqamah). Dan dia menjadisosok Muslim yang dapatdijadikan pemimpin yangkharismatik, memperolehtrust (kepercayaan) darimasyarakat. Semoga mela-lui proses puasa di bulanRamadan ini akan banyakpemimpin yang jujur danmemiliki komitmen dan in-tegritas. Demikian jawabanBuya. wassalam Wr Wb.

tus, 3.486 titik diantara-nya berada di Riau.

Sementara di Sumsel, ha-sil pantauan satelit kema-rin, terdapat 34 titik apiyang tersebar di beberapakabupaten. Seperti Mubaterdapat 9 titik api (hot-spot), Musi Rawas (8), OKI(4), Muaraenim (4), Em-panglawang (3), sedang-kan Lahat, OKU, dan OKUSelatan masing-masing sa-tu titik titik api. Dibanding-kan beberapa hari sebelum-nya, jumlah titik api terda-pat 93 titik api.

Jika melihat fluktuatifjumlah titik api, AhmadTaufik memastikan Sumselaman dari gangguan asap.Hanya saja, waspada danberjaga-jaga tetap dilaku-kan.

“Jika titik api seharinyaada 200 lokasi dari arealyang sama, maka statusSumsel siaga. Tapi saat ini,masih aman dan belum di-lakukan hujan buatan,” ka-tanya.

Cadangkan DanaTerpisah Sekretaris Ba-

dan Penanggulangan Ben-cana Daerah (BPBD) Sum-

sel Drs M Junaidi menga-takan, BNPB sudah meng-anggarkan dana hujanbuatan dan penaggulanganbencana untuk Sumsel. Ituartinya, jika situasinya me-maksa dilakukan hujanbuatan, tidak ada masalahlagi khusus pendanaan.

Hanya saja saat ini,BNPB terkosentrasi di Riauuntuk mengatasi asap diRiau yang semakin parah,yang diprediksi akan me-nganggu pelaksanaanPON Riau. “Pusat menga-mankan Riau karena akanada PON,” katanya.

Sebagai bentuk antisipasidan kesiapsiagaan, Sumselpasca lebaran akan meng-gelar apel siaga bencanayang akan dipimpin lang-sung Gubernur Sumsel.

Sementara Kepala BadanMeteorologi Klimatologidan Geofisika (BMKG) Sta-siun Kenten M Irdham me-ngatakan, suhu udara diPalembang dan umumnyadi Sumsel masih berada diangka 34-35 derajat celsius,dan kelembaban cukup ti-nggi.

Untuk di Palembang,udara di sore hari cende-rung teduh, sedangkan dikabupaten dan kota sudahada hujan, kendati tidakbegitu deras. “Intensitashujannya yang turun ke-cil,” katanya.

Jambi Bagi MaskerSementara itu Dinas Ke-

sehatan Kota Jambi me-nyiapkan sedikitnya 70 ri-bu masker untuk pengen-dara mudik lebaran bersa-maan kabut asap saat mu-sim kemarau.

“Kondisi kabut asap me-mang sudah terjadi sepek-an terakhir. Kondisi ini di-khawatirkan bisa mengga-nggu kesehatan, khusus-nya para pemudik,” ujarKasi Pemberantasan Pe-nyakit Menular, Dinas Ke-sehatan (Dinkes) Kota Jam-bi, Kemas Azmi di Jambi,Rabu.

Menurut dia, pemberianmasker kepada wargamaupun pemudik nanti-nya akan menunggu in-truksi dari Wali Kota Jam-bi serta kondisi cuaca diJambi.

Selain itu, pada upayaitu, Dinkes Kota Jambi ter-lebih dahulu akan berkoor-dinasi dengan instansi ter-kait. Salah satunya adalahpihak Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Jambi.

“Kami masih menungguintruksi dari bapak walikota. Target biasanya ada-lah anak anak sekolah. Ka-rena kondisi tubuh anakanak masih rentan karenagangguan asap,” jelasnya.

Masker tersebut nanti-nya bisa juga diberikan ke-pada para pemudik saatmusim lebaran. Meng-ingat, gangguan asap men-

penampilannya menu-run. Pemain usia 27 tahunini, hanya mencetak 9 goldari 32 kali penampilan-nya. Faktor performaSaktiawan dan Arif yangmenurun menjadi pertim-bangan manajemen.

Kemudian nama adalahterakhir Tantan, pemainyang kini berkutat di DivisiUtama ini, juga terbilangsenior. Dia memilih berta-

han bersama Persitara ke-tika klub asal Jakarta Uta-ra itu terdegradasi musim2010/2011 lalu. Namunbakatnya, skill olah bola,kecepatan dan visi bermainmembuatnya menjadi pe-main yang paling bersinarbersama Persitara hinggakini.

Menurut Hendri, untukmendatangkan ketiganyaSFC tidak mungkin, kare-na tim yang membutuhkansatu saja. Sehingga mana-jemen melihat kepada ke-butuhan tim.

“Untuk kita juga memin-ta masukan dari rekan-re-kan baik fans, suporter dan

rekan-rekan di facebook,”jelas Hendri.

Dia menilai ketiganyaadalah striker berkualitasdengan kelebihan masing-masing yang dimiliki. Ma-kanya manajemen terusberkoordinasi dengan pela-tih Kas Hartadi siapa pe-main yang nantinya akandirekrut.”Sekali lagi iniatas kebutuhan tim dan pe-latih. Kalau untuk hargaTantan memang bisa kitaboyong, sedangkan SamsulArif atau terutamaSaktiawan, kita masihmempertimbangkan soalharganya cukup tinggi,”jelasnya. (cw2/ndr)

jadi salah satu penyebabterjadinya infeksi saluranpernafasan atas atau ISPA.

“Apalagi masker sangatberguna bagi warga yangsedang diluar rumah. Khu-susnya adalah para pemu-dik,” ujarnya lagi.

Sementara itu, dari pan-tauan, kondisi asap di Jam-bi terlihat tebal saat pagihari antara pukul 06.00-09.00 WIB.

Akibat kondisi asap ter-sebut bahkan pihak Banda-ra Sultan Thaha Syaifuddin(STS) Jambi terpaksa me-nunda pendaratan pesawatsaat pagi hari.

“Ini sudah berlangsungsejak Selasa (7/8) lalu. Duakali penerbangan menujuJambi saat pagi hari terpak-sa ditunda hingga pukul09.00 karena asap,” ujarManajer Operasional Ban-dara Sultan ThahaSyaifuddin Jambi, Alzog.

Menurut dia, jarak pan-dang pada pagi hari di Ban-dara Jambi hanya berkisarantara 300-500 meter. Pada-hal, jarak aman bagi penda-ratan pesawat harus diatas2.000 meter.

“Kondisi penerbangansangat tergantung daricuaca. Kami selalu berkoor-dinasi dengan pihak ter-kait, mudah mudahan kon-disi ini bisa cepat menghi-lang. Apalagi musimmudik lebaran sudah tiba,”katanya. (sin/Ant)

Sumsel MasukWilayah

Waspada Asap dari halaman 12

Negosiasi TigaBomber

dari halaman 12

Agus Maulana Suparman,Rabu (15/8).

Dari data jumlah penum-pang pada H-7 dari yangdatang ada 27 pesawat ter-dapat 3.630 penumpangyang datang. Untuk yangberangkat dari 26 pessawatterdapat 3.273 penumpang.Sementara H-7 tahun 2011lalu dari 28 pesawat yangdatang ada 3.826 penum-pang. Untuk yang berang-kat dari 28 pesawat terda-pat 3.820 penumpang.

Untuk penerbangan in-ternasional ada satu pesa-wat terdapat 150 penum-pang yang datang. Sedang-kan untuk yang berangkatdari satu pesawat terdapat124 penumpang. Sedang-

kan pada H-7 tahun 2011lalu, penerbangan interna-sional yang datang ada sa-tu pesawat berpenumpang48 orang. Untuk yang be-rangkat dari satu pesawatberpenumpang 121 orang.

Kemudian pada pantau-an H-6 untuk penerbangandomestik dari 28 pesawatyang datang berpenum-pang 3.312 orang. Untukyang berangkat ada 28 pe-sawat berpenumpang 3.084orang.

Sementara pada tahun2011 lalu ada 26 pesawatyang datang berpenumpang3.638 orang. Untuk yang be-rangkat dari 26 pesawatberpenumpang 3.563 orang.

Sedangkan penerbanganinternasional dari satu pesa-wat yang datang berpenum-pang 153 orang. Untuk yangberangkat satu pesawat ber-isikan 114 penumpang. Se-mentara pada tahun 2011lalu dari satu pesawat yang

datang terdapat 165 penum-pang. Untuk yang berangkatada satu pesawat berpenum-pang 179 orang.

Pada H-5 penumpangyang datang 27 pesawatberpenumpang 4.194 o-rang. Untuk yang berang-kat 27 pesawat berisikan3.395 penumpang.

Sementara pada tahun2011 lalu ada 28 pesawatyang datang berpenum-pang 4.037 orang. Untukyang berangkat ada 28 pe-sawat terdapat 3.815 pe-numpang.

Untuk penerbangan in-ternasional yang datangada dua pesawat terdapat221 penumpang. Untukyang berangkat ada duapesawat dengan penum-pang 315 orang.

“Sementara pada tahun2011 lalu untuk H-5 tidakada pesawat penerbanganinternasional yang da-tang,” jelas Agus. (fiz)

Belum SeramaiTahun Lalu

dari halaman 1

Mengenai kondisi pe-numpang yang melakukanperjalanan mudik lebaranmenggunakan jasa layanankereta api, pada Minggu(12/8) sebanyak 1.993 o-rang.

Selanjutnya pada Senin(13/8) total penumpangmeningkat menjadi 2.002orang dan Selasa (14/8) ter-jadi penurunan menjadi1.957 penumpang.

Dijelaskan, jasa angkutanpenumpang mudik lebarandari Stasiun Kertapati (Pa-lembang) tujuan TanjungKarang (Lampung) meng-gunakan Ka Limek Sriwija-ya, Ekspres Rajabasa de-ngan fasilitas kelas ekseku-tif, bisnis dan ekonomi.

Sedangkan dari StasiunKertapati tujuan LubukLinggau (Kabupaten MusiRawas, Sumatera Selatan)menggunakan Ka SindangMarga dan Selero menye-diakan kelas eksekutif, bis-nis dan ekonomi.

Ia menambahkan, pihakPT KAI Divre Sumsel sela-ma memberlakukan arusmudik lebaran sejak tujuhhari sebelum dan tujuh harisetelah lebaran, mengupa-yakan memberikan layan-an terbaik dari segi penga-manan mulai dari stasiunserta selama dalam perja-lanan hingga sampai ke tu-juan.

Sedangkan di stasiun ter-tentu, petugas juga menye-diakan posko kesehatan,bahkan tempat menyusuibayi bagi penumpang yangmembawa bayi.

Kondisi serupa yang ter-jadi di Pelabuhan 35 Ilir Pa-lembang. Hingga kemarinbelum menunjukkan terja-dinya lonjakan penum-pang maupun kendaraan.

Kepala Pelabuhan 35 Ilir,Drs A Ansyori MSi meng-ungkapkan hingga H-3 IdulFitri arus kendaraan yanghendak menyeberang kePulau Babel masih normal.

“Kita hanya menambah 1kapal penyebarangan, darijumlah 8, kini menjadi 9, inibertujuan untuk membantujika terjadi lonjakan penum-pang,” ujarnya.

Menurutnya, peningkat-

an penumpang dan kenda-raan justru mulai terjadidari Muntok tujuan Pela-buhan 35 Ilir Palembang.Peningkatan penumpangdan kendaraan dari Mun-tok tujuan Pelabuhan 35 IlirPalembang sebesar 2 per-sen dan diperkirakan men-capai puncaknya pada 3hari menjelang Idul Fitri.

“Kami prediksa sekitar9.500 orang diberangkat-kan dari dermaga 35 Ilir,”ungkapnya

Berdasar pengalaman,menurut Ansyori, penum-pang arus mudik lebaranlebih sedikit ketimbangarus balik Lebaran. “Saatberangkat (arus balik), ter-kadang orang membawakeluarganya” katanya.

Ditambahkannya, pihak-nya tetap berupaya mem-beri layanan yang optimalbagi penumpang. Salah sa-tunya, dengan menyedia-kan pos komando di der-maga itu. Pos ini untuk me-mantau arus mudik danarus balik Lebaran, sertamenjaga keamanan pe-numpang.

“Posko ini juga untukmengurangi praktek perca-loan,” tandasya (mg2/ant)

Arus MudikMasih Lengang

dari halaman 1

Guru, dicantumkan bahwakompetensi guru meliputikompetensi pedagogik,kepribadian, sosial, dankompetensi profesionalyang diperoleh melaluipendidikan profesi. Semen-tara, dalam UKG, kompe-tensi yang diujikan hanyadua, yakni profesional danpedagogik.

“Ada asas ketidakpasti-an hukum. Harusnya adaempat, kok hanya duayang diujikan. Ini me-mangkas kemampuan kitadan akan berimbas padapeserta didik,” kata dia.

Seperti diberitakan, UKGdigelar oleh pemerintahuntuk mengetahui petakompetensi guru berserti-fikat. Arahnya adalah seba-gai data awal untuk mela-kukan pembinaan lanjutan.Meski tidak memengaruhipemberian tunjangan profe-si, pelaksanaan UKG terusmendapat kritikan tajamkarena tidak memiliki ke-pastian hukum, dan waktueksekusi yang dinilai tanpapersiapan matang.

Sementara SekretarisJenderal FSGI Retno Listi-yarti mengatakan, setelahberkas gugatan diserah-kan, maka MA akan mem-pelajari seluruh berkas ter-sebut. Selanjutnya, MAakan mengirimkan suratkepada pemerintah, dalamhal ini adalah Kementerian

ding definisi UKG yangtercantum dalam PeraturanMenteri Pendidikan danKebudayaan (Permendik-bud) Nomor 57/2012 tidaksesuai dengan amanat Un-dang-Undang Nomor 14/2005 tentang Guru dan Do-sen dan Peraturan Peme-rintah (PP) Nomor 74/2008tentang Guru.

“Kompetensi guru dipero-leh melalui pendidikan pro-fesi, bukan UKG. Selain itukompetensi guru ada empat,bukan dua, dan jika diuji ha-rus holistik, tidak bisa dicicil-cicil,” kata Sekjen Federasi Se-rikat Guru Indonesia (FSGI),Retno Listiyarti, di GedungMA, Jakarta, Rabu (15/8).

Alasan kedua, kata Ret-no, Pasal 5 ayat 2 Permen-dikbud Nomor 57/2012tentang UKG bertentangan

dengan Pasal 3 ayat 4 PPNomor 74/2008 tentangGuru. Dalam kedua pasalitu terdapat perbedaan me-ngenai definisi kompetensipedagogik yang harus di-kuasai oleh para guru.

Alasan ketiga adalah me-ngenai kompetensi profe-sional guru. Pasal 5 ayat 3Permendikbud Nomor 57/2012 dinilai bertentangandengan Pasal 3 ayat 7 PPNo 74/2008 tentang Guru.

“Bagi kami, kompetensipedagogik dan kompetensiprofesional dalam Permen-dikbud Nomor 57/2012 te-lah mereduksi, bahkanmenjauh dari amanat PP74/2008 tentang ruanglingkup kompetensi peda-gogik dan kompetensi pro-fesional,” ujarnya.

Alasan keempat, lanjut-nya, mengenai badan yangmenyelenggarakan UKG.Menurut penggugat, adaperbedaan isi antara Per-mendikbud yang mengaturUKG dengan PP tentangGuru (pasal 3 ayat 9) di

mana penyelenggaraanUKG seharusnya adalah Ba-dan Standar Nasional Pen-didikan (BSNP), bukan Ba-dan Pengembangan SumberDaya Manusia Pendidikandan Penjamin Mutu Pendi-dikan (BPSDMP-PMP).

Alasan kelima, Permen-dikbud tentang UKG dini-lai bertentangan denganperaturan perundang-un-dangan di atasnya, sehing-ga menimbulkan ketidak-pastian hukum dan me-langgar Undang-UndangNomor 12/2011 tentangPembentukan PeraturanPerundang-Undangan.

Seperti diberitakan, timpenggugat UKG terdiri dariberbagai elemen. SelainFSGI, organisasi guru lain-nya juga ikut bergabung,yakni Federasi Guru Inde-penden Indonesia (FGII),dan beberapa LembagaSwadaya Masyarakat (LSM)seperti Koalisi Pendidikandan Indonesia CorruptionWatch (ICW).

(kompas.com)

Lima AlasanMenggugat

dari halaman 12

Pendidikan dan Kebuda-yaan (Kemendikbud).

“Jadi, nanti hanya akanbalas-balasan melalui su-rat. Dalam gugatan ini ti-dak akan digelar sidang,”kata Retno.

Tim penggugat UKGadalah kelompok yang se-jak awal sangat keras me-nolak digelarnya uji kom-petensi guru. Dari berbagaidiskusi yang digelarnya,mereka kompak menyua-rakan boikot terhadapUKG. Alasannya cukup ba-nyak, di antaranya, karenaUKG dengan soal pilihanganda dinilai tak dapat me-ngukur kualitas guru, da-sar hukum yang lemah,dan kebijakan baru dike-luarkan empat hari sebe-lum UKG dilaksanakan.

(kompas.com)

MA DidesakBatalkan UKG

dari halaman 12

nunggui Rahma-Rahmi,dia kurang konsentrasi ker-ja.

Bayi perempuan putri ke4 dan 5 pasangan Isnaidi(42) dan Lia Risdiana (40),warga Jl Komplek KencanaDamai Blok E 33 Rt 32, kelKenten Laut, Rabu (15/8),kemarin akhirnya di perbo-lehkan pulang selama 8hari untuk merayakan IdulFitri 1433 H di rumahnya.

Menurut Isnaidi, 5,5 bu-lan menghuni ruang 5 lan-tai II kelas III, ia memintaizin pulang ke rumah kepa-da dokter RSMH untukmerayakan lebaran di ru-mah. “Eh kejutan, doktermengizinkan kami pulangselama delapan hari saja,setelah itu harus balik lagike RSMH,” kata Isnaidi di-dampingi Lia.

Isnaidi mengungkapkandua anaknya tersebut duludikenal dengan nama Ma-sito dan Masiti kini sudahdiberikan nama yang in-dah, yaitu Sabrina FayqaRahma dan SandrinaFayza Rahmi. “Kita mem-

berikan nama itu, tapiditambahi dari RSMH Pa-lembang yaitu Rahma-Rahmi,” katanya.

Selama di RSMH Palem-bang, ayah dan ibu bayi inipun belajar cara untuk me-mandikan dan cara mera-wat Rahma-Rahmi. Karenatak semudah membalikkantelapak tangan untuk me-rawat bayi kembar siamitu, sebab keduanya punbelum terpisah.

Saat ditanya soal opera-si, Isnaidi mengatakan, iamasih berharap ada derma-wan yang mengulurkantangan untuk membiayaioperasi anaknya ini. “Sayabelum tahu soal operasikapan dilaksanakan, biaya-nya juga saya belum ada,karena habis untuk makanselama di rumah sakit ku-rang lebih 5 bulan,” be-bernya.

Sementara itu, Dr Risma-rini SpA (K), Kepala Depar-temen Ilmu Kesehatan AnakRSMH Palembang me-ngatakan, Rahma-Rahmi te-lah diberikan izin pulang,selama kurang lebih 8 hari,mulai tanggal 15 sampai 24agustus. “Tapi perlu diper-hatikan dan diingat untukkedua orang tuanya, keduabayi tersebut harus dijagaketat, takut terinfeksi penya-kit “ katanya.

Ditanya soal operasi, dr

Rismani menuturkan, bayitersebut harus di periksadulu, pemeriksaan ini dila-kukan saat umur bayi seki-tar 6 bulan atau setengahbulan lagi.

“Pemeriksaan ini dilaku-kan untuk mengetahui or-gan-organ yang ada dida-lam perutnya. Seperti jan-tung dan paru-paru misal-nya normal, tapi belumtentu di bagian perutnya,seperti usus, kantung ken-cing dan lain-lain. Jadi pe-meriksaan ini harus dilaku-kan dahulu untuk menge-tahui semua, jika sudah ta-hu kita lakukan rencanapemisahan,” katanya.

“Saat di rumah nanti, ta-mu atau saudara yangingin melihatnya, harus di-berikan masker. Ini dilaku-kan untuk menjaga agar ti-dak tertular penyakit se-perti batuk, pilek. Jikaterinfeksi bisa mengham-bat pemeriksaanya danoperasi,” tegasnya.

Ditanggung RSMHMenurut Isnaidi, selama

5,5 bulan dirawat ruang ke-las III, dia tidak pernah di-kutip biaya. Yang jadi pikir-an Isnaidi adalah biayaoperasi pemisahan Rahma-Rahmi. “Memang anak sa-ya dirawat diRSMH, dita-nggung RSMH, tetapi un-tuk makan aku harus me-ngerlukan uang setiap ha-

rinya,” katanya lirih.Isnaidi berharap, ada

derwaman yang mengu-lurkan tangannya untukmembantu meringankanbiaya kebutuhannya sela-ma di RSMH Palembang.“Aku nih hanya pekerjaswasta pak, gaji aku keciluntuk makan bae susah,Apo lagi saat nunggu ke-dua anak aku nih Rahma-Rahmi di RSMH, jadi pe-ngeluaran tambah be-sak,”keluhnya.

Hampir dalam kurun 5,5bulan dia menunggu ja-waban kapan Rahma-Rah-mi bisa dioperasi, tetapi Is-naidi tetap sabar menung-gu hingga operasi nantiberjalan dengan lancar.

Tak ada yang istimewasaat Rahma-Rahmi pulangke rumahnya di kawasanKomplek Kencana DamaiBlok E 33, Kel Kenten Laut.hanya dengan mobil rentalRahma-Rahmi pun pulangke rumah. Tak ada persiap-an yang mengejutkan, bayiini pun ditidurkan di kasuryang biasa ditiduri keduaorangtuanya.

“ Katek persiapan khu-sus pak, kami balekkerumah bae kami sudahsenang, bisa kumpul de-ngan keluarga saat lebaran.Ini semua untuk melepaspenat kami di rumah sakit,jelas Isnaidi (mg2)

Isnaidi PusingBiaya OperasiRahma-Rahmi

dari halaman 1

TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

RAYAKAN KEMERDEKAAN — Anak-anak korban kebakaran kawasan Karet Tengsin, Jakarta Pusat, merayakan hari ke-merdekaan Republik Indonesia dengan menggelar berbagai macam perlombaan, di pelataran Rumah Susun Karet Tengsin,Jakarta, Rabu (15/8).

2SRIWIJAYA POST

Kamis 16 Agustus 2012

DIREKTUR UTAMA: Herman Darmo, DIREKTUR: Ir HM Soleh Thamrin, Bambang Hartono. PEMIMPIN UMUM: Ir HM Soleh Thamrin. .PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNGJAWAB: Hadi Prayogo, REDAKTUR PELAKSANA: L Weny Ramdiastuti. MANAJER PRODUKSI:Theresia Juita. REDAKTUR EKSEKUTIF: Sutrisman Dinah. KOORDINATOR LIPUTAN: Wiedarto. SEKRETARIS REDAKSI: H. SalmanRasyidin. STAF REDAKSI: Aminudin, Subardi, Azwir, Hanafijal, Rustam Imron, Ray Happyeni, Sudarwan, Zainal Piliang, Harina Asiana,

Syahrul Hidayat, Leni Juita, Muhammad Husin, Abdul Hafiz, Tarso, Lisma Noviani, Sugeng Haryadi, Ardani Zuhri, Zaini,Vanda Rosetiati, Saftarina, Aang Hamdani, Hendra Kusuma, Ahmad Farozi, Saifudin Zuhri. (Ilustrator: AntoniAgustino) PERWAKILAN JAKARTA: Febby Mahendra Putra (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Wakabiro), Budi Prasetyo, Antonius Bramantoro, Jonson Simanjuntak, Murjani, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Ismanto, RachmatHidayat, Sugiyarto, Yuli Sulistiyawan, Zulfikar W Eda

PEMIMPIN PERUSAHAAN: Bambang Hartono MANAJER IKLAN: MF Ririn Kusumawardani MANAJER SIRKULASI : Zulkarnain Tarmizi ALAMAT REDAKSI/IKLAN/SIRKULASI: Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D, Telp (0711) 310088 (6 saluran), Fax (0711) 312888. PERWAKILAN JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 12 Jakarta 10270, Telp. (021) 5483863, 5495359, 5494999, 5301991, Fax (021) 5495360 IKLAN: Gedung PersdaLt 1 Jl Palmerah Selatan No. 1-4 Jakarta 10270 Telp (021) 548 3008, 548 0888, 549 0666 Ext 7635 s/d 7638 Fax (021) 5369 6583 E-mail: [email protected] LANGGANAN: Rp 50.000 sebulan (pembayaran di muka), luar kota plus ongkos kirim. Terbit tujuh kali seminggu. Pembayaran iklan langsung ke Bank: Bank Central Asia Palembang Rek No. 021-309665-3, Bank Permata,Palembang, Rek. No. 0400027048, BNI 46, Rek. No. 0051447426, atau langsung ke Kantor Pusat Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D Palembang, Telp Iklan (0711)-311888, Fax Iklan (0711) 310391.

HARIAN UMUM

SRIWIJAYA POSTPenerbit: PT Sriwijaya Perdana SIUPP: No 233/SK/Menpen/

SIUPP/A.7/1987 tanggal 22 Juni 1987 Jo.196/Ditjen

WARTAWAN SRIWIJAYA POST SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARA SUMBER

SALAM SRIWIJAYA

POJOKGubernur: BPN harus selesaikan sengketa la-han Cinta Manis

Banyak pula yang suka berlarut-larut...

KPUD Sumsel ajukan dana pemilihan gubernurRp 424 miliar

Mahalnya harga kekuasaan!

Pengaspalan Jembatan Ampera bikin macetarus lalu lintas

Lumayan masih ada perbaikan!

Warga CemaskanPembangunan Musi III

PAK Walikota Palem-bang Yth, saya mau tanyasoal pemutihan untuk ser-tifikat tanah dan bangun-an. Soalnya banyak wargadi Lorong Masjid JamikPlaju belum punya sertifi-kat dan kurang mampukalau tanpa subsidi. Perta-

nyaan saya bagaimanameka-nismenya pembuat-an akta karena kami takutkatanya di lorong kamiakan kena untuk pem-bangunan Musi III. Terimakasih Sripo.

085267129987

JAWAB

Tidak PerluCemas

PENCURIAN 9.000 liter minyak mentah milik PT Pertaminayang didistribusikan oleh PT Elnusa Tbk, di jalur pipa utamadistribusi penyaluran di km 78, kelurahan Rimba Asam Banyu-asin, sekitar 100 meter dari Mapolsek Betung Senin (13/8), me-mang berhasil digagalkan.

Dua dari enam kawanan pencuri spesialis minyak mentah,sekitar pukul 01.00 berhasil diamankan. Aksi para pelaku diketa-hui petugas keamanan perusahaan dan polisi yang berhasil meng-amankan dua dari enam pelaku pencurian yakni Yopi Mardiyanto(39), warga Palembang dan Subaruddin (35) warga Jambi.

Perwakilan PT Elnusa Tbk, Tradan F Fikri pun mengakui pihaktelah sering mengalami aksi pencurian. Pencurian kali ini,modusnya hampir sama dengan beberapa aksi pencurian sebe-lumnya yakni dengan menggunakan truk yang dimodifikasi berisitangki. Untuk kerugian atas aksi ini, Fikri mengaku belum dapatmenghitung, karena pihaknya masih melengkapi upayamenetralisasi lokasi kebocoran yang dilakukan pencuri.

Fikri pun mengatakan, tidak terjadi pencemaran, namun keru-gian belum dapat ditafsir secara pasti, kalau menghitung jumlahminyak yang sudah berhasil di sedot, kerugian bisa mencapai Rp100.000.000.

Sementara di hadapan petugas Polsek Betung, kedua pelakumengaku memang spesialis melakukan aksi pencurian minyakmentah di wilayah Banyuasin dan Muba. Hasil pencurian berupaminyak mentah itu di bawah ke penadah di kota Palembang. “Akudikenali dengan Ad, dia yang ngajak aku mencuri minyak. Kata-nya minyak itu, bakal dijual yang menunggu di Palembang,” kataYopi.

Pernyataan ini menegaskan bahwa, pecurian minyak mentahmilik Pertamina ini kerap terjadi, bahkan dengan modus serupadan terjadi berulang-ulang. Penangkapan yang dilakukan pihakkepolisian dan keamanan Elnusa, tidak pernah membuat jera.

Bahkan seperti menjadi kecanduan, para pelaku yang sempatditahan akan mengulangi perbuatannya setelah bebas dari hu-kuman. Keuntungan besar dan mudah memasarkannya menjadisalah satu daya tarik para pelaku untuk membobol pipa.

Sistem pengawasan yang seperti perlu ditinjau ulang agar, aksipara pelaku tidak berjalan mulus. Kemudian perlu pula diusuthingga tuntas, siapa penadah atau oknum yang terlibat membeliminyak curian.

Sebab, kendati lokasinya hanya 100 meter dari Polsek Betung,dan tempat itu terbilang muda dijangkau, tetapi pelaku denganmuda menjebol Pipa dan mencuri minyak. Sepertinya sistem pe-ngawasan, dan pengamanan secara rutin masih perlu ditinju ulang.Personel pengamanan Elnusa dan pihak berwajib mungkin masihdi rasa kurang untuk mengamankan pipa-pipa yang rata-rataterletak di lokasi yang memang sulit untuk diawasi setiap saat.

Pertamina, Elnusa, pihak berwajib sepertinya perlu duduk satumeja untuk membicarakan masalah pengalamanan. Tidak hanyapersoalan pengecekan rutin semata, tetapi perlu pengawasansecara internal dan ekternal. Bukan tidak mungkin pelaku di la-pangan berani berbuat karena ada keterlibatan orang yang pa-ling paham dengan kondisi dan situasi dari pengawasan internalperusahaan.

Atau bisa jadi orang di belakang para pelaku ada orang yang“kebal” dari sentuhan hukum.

Satu hal yang pasti, untuk mengurangi dan menghentikan aksipencurian ini, perlu Pertamina merancam semacam sistem pe-ngawasan ekstra dan terpadu, dengan di dukung sebuah tekno-logi tingkat tinggi atau semacam kontrak lewat jaringan atau sys-tem pelacakan GPS atau semacamnya. Sehingga, pihak kea-manan tahu jika pencurian minyak terjadi di suatu lokasi, sehing-ga aksi bisa dicegah.

Perlu TeknologiPengamanan Jalur Pipa

menunjukkan surat hakkepemilikan tanahnya. Ka-lau tidak ada sertifikat, kanada akte jual beli. Minimalada alas haknya. (fiz)

SOBARI SSOSKABAG HUMAS

PEMKOT PALEMBANG

DOK/SRIPO

Sripo/Zaini

NAIK TOROTOAR — Menjelang lebaran Idul Fitri 1433 H disejumlah jalan di Palembang di padatipengendara sepeda motor dan mobil, Seperti di Jalan Kol H Barlian pengendara pengendaraterpaksa naik torotoar untuk menghindari kemacetan, Rabu (15/8).

UNTUK sertifikat iniadanya di BPN (BadanPertanahan Nasional)dan biasaya memang di-umumkan tentang ada-nya pembuatansertifikat Prona(program na-sional) itu. Pe-mkot hanyamemfasilitasik e d u d u k a ntanah wargatersebut ma-suk wilayahPa lembang .Soal rencanaMusi 3 itu war-ga tidak perlutakut, karenakita juga belumtahu pasti. Kalaupun akan ada pe-laksanaan itu, ten-tunya lahan yangterkena akandiganti rugisesuai NJOP.Tidak mu-ngkin pe-m e r i n t a hmain usir.Warga jugaagar bisa

Page 11: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012
Page 12: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

CMYK

HALAMAN 13 SRIWIJAYA POST KAMIS, 16 AGUSTUS 2012

PALEMBANG,SRIPO – Se-banyak 1.418 pasukan ku-ning alias penyapu, peme-lihara taman dan lampu ja-lan, tersenyum senang. Pa-salnya lebaran tahun inimereka dihadiahi parcel le-baran, berupa minumandan paket sembako.

Penyerahan bingkisanparcel ini langsung dilaku-kan Walikota Palembang,Eddy Santana Putra di kan-tor DKK Kota Palembang,Rabu (15/8) kemarin. Bing-kisan itu di antaranya 1.200paket sembako sumbang-an dari PTBA, 1.187 paketminuman dari Owner Jaya

Raya Elektronik HermantoWijaya, 1.300 gula pasir dariHusin Kotan, 100 paket le-baran dari RS RK Charitasdan 250 paket dari JMgroup.

“Kami sangat berterimakasih dengan para sponsoryang sudah memberikanbantuan ini. Ini sangatmembantu petugas pasuk-an kuning untuk meraya-kan Idul Fitri,” beber Eddy.Secara umum, lanjut Eddy,jumlah pasukan kuning ca-pai 1.418 orang, terdiri dari1.018 personel dari DKK

PALEMBANG, SRIPO --Polda Sumsel melakukanrazia narkoba terhadap pe-numpang dan awak ang-kutan di kawasan terminalKota Palembang, Rabu (16/8). Bahkan, sejumlah pe-numpang dan sopir bus di-lakukan tes urine.

Direktur Narkoba PoldaSumsel Kombespol TeguhPrayitno mengatakan, ke-giatan ini dilakukan dalamrangkaian operasi ketupatmenjelang Hari Raya IdulFitri. “Kami menurunkan44 anggota yang dibagimenjadi dua tim, gabungandari Dir Narkoba, sabharadan Bidang Dokes Polda

Sumsel,” katanya. Raziadilakukan di dua titik, yak-ni terminal Alang-alang Le-bar dan terminal Karya Ja-ya. Petugas memeriksa pe-numpang beserta sopirnya.Juga dilakukan pengambil-an sample urine.

“Diambil lima sampelurin penumpang dan sopirKarya Jaya dan tiga dari ter-minal Alang-alang Lebar.Semua hasilnya negatif,tidak terbukti mengguna-kan narkoba, termasuk ra-zia terhadap puluhan bushasilnya nihil,” paparnya.

Dia melanjutkan raziayang dilakukan lebih ber-sifat preventif atau pence-

gahan dan mendidik ma-syarakat agar tidak mem-bawa, menyimpan, meng-edarkan dan mengguna-kan narkotika. “Dari raziaini, kita berharap dapat me-ngurangi penyalahgunaannarkoba. Ini tidak akan di-lakukan sekali saja, ke-mungkinan dilanjutkan,”katanya.

Dia juga mengimbau ke-pada masyarakat janganmudah menerima titipanbarang yang tidak jelas apaisi dan siapa pengirimnya.Dikhawatirkan menjadimodus peredaran narkoba.

SELAMA ini produkHermes melekat pada tassaja, kini fashion diperluasdengan kaos wanita. Cirikhasnya model ketatmengikuti lekuk tubuhdengan motif garis-garistak beraturan. Tren iniyang kini melandaindustri fashion danditawarkan hampir disemua mall di Palembang.

“Kalau kaos Hermesmemang sangat laris, iniasli diiimpor dari Korea,bahannya seperti karetdan mengikuti lekuk

tubuh pemakainnya.Motifnya yang penuhgaris-garis horizontal danmiring seperti ini yangjadi ciri khasnya,” kataRere, owner butik dilantai dua PalembangSquare kepada Sripo, Rabu(15/8) kemarin.Kebanyakan lanjut dia,kaos Hermes digemaripara remaja ataukalangan mahasiswakarena bentuknya yang

PALEMBANG, SRIPO —Ekspresi kegembiraannampak terlihat jelas di wa-jah ratusan warga perantauasal Jawa Barat di Palem-bang. Mereka bertolak dariBumi Sriwijaya menujukampung halaman ma-sing-masing setelah dilepasWalikota Palembang HEddy Santana Putra, Rabu(15/8). Ini merupakan pro-gram Mudik Gratis 2012yang dimotori PaguyubanPasundan untuk memban-tu dan memudahkan jalanmudik bagi pekerja sektornon formal.

Setelah mendengarkansedikit harapan dan arahandari orang nomor satu diPalembang, para pemudikyang sudah tak sabar lagisampai di tempat tujuanlangsung menegakkan ba-

dan saat duduk di kursi. Tu-juh unit bus pariwisata ke-las eksekutif pun satu-satuper satu meninggalkan ha-laman parkir di sekitarKantor Pemkot Palem-bang.

“Siapa yang tidak senangbisa berkumpul dengan ke-luarga saat lebaran. Mum-pung ada program mudikgratis ini. Kami sangat ter-bantu dengan adanya pro-gram ini,” ujar Wildan, sa-lah seorang pemudik yangmengaku akan pulang keKarawang.

Menurut dia, denganprogram mudik gratis se-perti ini tidak hanya mem-berikan kemudahan dari si-si biaya, tetapi juga dalamsoal waktu dan keselamat-an. Tradisi mudik sepertiini, katanya, lebih baik dari

pada harus menempuh per-jalanan sendiri-sendiri. Se-bab disamping mengura-ngi kepadatan arus lalu lin-tas di jalan, mudik barenglebih asyik dan menjanji-kan kenyamanan.

“Gratis sudah pasti. Tapibukan cuma itu, kalau mu-dik bareng kayak gini seisimobil rata-rata kita kenal.Jadi ngobrol juga asyik, dantidak perlu berdesak-de-sakan,” tambanya.

Wildan, tentu saja hanyasatu di antara ratusan pe-mudik yang menikma-ti program MudikGratis 2012ini. Be-b e -r a -p ap e -

mu-d i k yang la-in juga m e n g u n g -kapkan hal serupa. Mere-ka senang, dan mengaku

PADA kesempatan pelepasanmudik gratis bareng ala KeluargaPasundan, juga hadir KapoldaSumsel Irjen Pol Dik Dik Arif Man-syur, didampingi Kapolresta Pa-lembang, Kombes Pol SabaruddinGinting. Kepada para pemudik, DikDik mengingatkan bahwa kenda-raan sepeda motor memang tidakdirancang untuk perjalanan jauhdan membawa barang-barang be-rat. Jadi, fasilitas mudik berombo-

Mumpung AdaMudik Gratis

● Program Mudik Bareng● Paguyuban Pasundan

Hindari Mudik Pakai Motorngan seperti yang dimotori Pagu-yuban Pasundan mesti dimanfaat-kan masyarakat dengan baik.

“Pemudik asal Jabar memangtermasuk paling banyak di Sumselini. Alhamdulillah sebagian sudahterbantu dengan program mudikini,” katanya.

Menurut Dik Dik, dengan eksis-nya tradisi mudik bareng sepertiini, diharapkan dapat mengurangipenggunaan kendaraan pribadi. Se-

bab selama ini angka kecelakaandi jalan saat mudik cukup tinggi.Terlebih pemudik yang mengguna-kan kendaraan roda dua atau mo-tor. “Kalau mau mudik, sebaiknyatidak mengendarai motor. Apalagimenempuh perjalanan jauh. Satulagi, kalau memang sudah ada ren-cana sebaiknya waktunya tidakterlalu dekat dengan hari H, karenadipastikan ramai,” tandasnya.

(mg1)

RIBUAN PASUKAN KUNING

Ketiban Paket Lebaran

Sopir-Penumpang Tes Urin

Bersambung ke hal 14

Bersambung ke hal 14

Bersambung ke hal 14 Bersambung ke hal 14

Hermes Digemari Mahasiswi

EORANG perempuan cantik berdiri ditengah kerumunan massa. Sorotmatanya tajam ke depan tanpaberkedip menatap ke arah

Walikota Palembang H EddySantana Putra yang ada di hadapannya. Beberapasaat kemudian ia berteriak, dan membuatgerakan yang secara serentak diikuti orang laindi sekitarnya.

Dia adalah Adelia Putri, salah seoranganggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)Kota Palembang 2012 yang akan bertugaspada upacara HUT RI di Benteng Kuto Besak(BKB) besok pagi, Jumat (17/7). Saat itu Adeldidaulat menjadi pemimpin dalam upacarapengukuhan yang berlangsung di KantorWalikota Palembang.

Dara hitam manis berbadan tinggi dan tegapini juga dipercaya sebagai pembawa benderamerah putih pada saat upacara nanti. Tentusaja itu salah satu kebanggaan baginya. Sebab,tidak semua orang bekersempatan membawadan menaikan bendera merah putih danmenaikkannya ke tiang yang tinggi.

“Jujur saja saya sangat senang bisa menjadibagian dari pasukan (Paskibra) ini. Mudah-mudahan pada saatnya nanti lancar,” ujar Adel.Adel bercerita, ia dan 31 orang anggota PaskibraKota Palembang 2012 mengikuti pembinaan danlatihan sejak dua bulan lalu. Banyak hal berat yangdilakukan, apalagi dalam suasana berpuasa. Pagiharus latihan selama dua jam, sore pun demikian.

Obsesi Jadi Polwan

Bersambung ke hal 14

S

SRIPO/SYAHRUL

MUDIK BARENG — Warga Jawa Barat yang tergabungdalam Paguyuban Warga Pasundan Sumsel (PASSS) mudikbareng Lebaran 2012, Rabu (15/8). Mudik bareng denganmenggunakan tujuh bus AKAP ini dilepas WalikotaPalembang H Eddy Santana Putra dan didamping KapoldaSumsel H Irjen Pol Dikdik M Arief Mansyur.

SRIPO/STS

DIKDIK ARIEF MANSYUR

SRIPO/DEWI

Seorang pramuniaga menunjukkan pakaian merek Hermes.

IST

Walikota Palembang Eddy Santana Putra memberikan bingkisankepada pasukan kebersihan kota.

Page 13: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

14 SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 2012

Mumpung AdaMudik Gratis

■ dari halaman 13

tidak sabar ingin segerasampai dan bertemu kelu-arga.

Sebelum melepas kebe-rangkatan para pemudik,Eddy Santana mengatakan,program mudik gratisyang dimotori PaguyubanPasundan ini sangat positifdan dapat mendukung pe-merintah dalam mengura-ngi kepadatan arus lalu lin-tas. Apalagi bus yang digu-nakan berkapasitas cukupbesar dan memiliki fasilitasyang memadai.

Eddy memastikan Pem-kot Palembang siap men-dukung dan memfasilitasimudik bareng seperti ini ditahun-tahun mendatang.Dukungan dimaksud ditu-jukan untuk semua pagu-yuban, mengingat pen-tingnya program seperti inisebagai upaya menekanangka kecelakaan.

“Belakangan banyak pe-mudik menggunakan mo-tor. Makanya banyak sekalikecelakaan di jalan. Ke de-pan kita harapkan, pro-gram mudik bareng sepertiini bisa digalakkan, dan kitasiap memfasilitasi,” ujar-nya.

Sementara itu, Ketua Pa-nitia Mudik Bersama 2012Endang Bunyamin didam-

pingi Ketua Harian Pagu-yuban Pasundan RadenMemet Rahmat mengata-kan, sementara ini pihak-nya menyiapkan tujuh unitbus untuk melayani seba-gian pemudik Jawa Barat.Tujuh bus ini masing-ma-sing berkapasitas 43penumpang dan tergolongkelas eksekutif. “Ini salahsatu program PaguyubanPasundan untuk memban-tu program kepolisian disektor transportasi mudiklebaran. Selain untuk mem-bantu para pemudik asalJabar juga,” kata Endang,selanjutnya menyebutkanpendaftaran mudik gratisini sudah dibuka sejak 10hari pertama Ramadan.

(mg1)

Palembang dan 400 perso-nel lainnya dari DPJPP. Be-saran tambahan penghasil-an sendiri berkisar Rp 200ribu-Rp 300 ribu.

“Kebersihan Palembangini sebenarnya bukan ha-nya tanggung jawab daripasukan kuning ini, tapimasyarakat secara luas jugaberperan penting,” ucap-nya. Dalam kesempatan itu,Eddy mengajak kepadamasyarakat untuk menda-patkan Adipura Kencana.Hal ini dikarenakan, tahunini Kota Palembang masihkalah dengan Kota Suraba-ya. Menurutnya, penghar-gaan tersebut bukan sema-ta penghargaan, namunkorelasinya kebanggaan

masyarakat terhadap kota-nya sendiri. Dengan demi-kian, masyarakat akan me-rasa memiliki dan tentunyaimbasnya pada partisipasiyang besar dalam menjagalingkungan.

Selain memberikan bing-kisan ke pasukan kuning,tambah Eddy Santana, jugabagi-bagi THR sembako kemasyarakat. Ini merupakansebagai bentuk kepedulianterhadap sesama khusus-nya warga tidak mampuyang tak lama lagi akan me-rayakan lebaran Idul Fitri1433 Hijriyah. “Kegiatan inibukannya pamer, THR inisebagai ucapan terima kasihkepada warga yang telahmendukung dan bekerja-sama dalam membangunKota Palembang. THR inibukan dari saya saja melain-kan dari Wakil Walikota, HRomi Herton juga. Kita se-mua ingin berbagi kepadamasyarakat Kota Palem-

bang,” ungkap Eddy.Sementara Sarti, salah sa-

tu pasukan kuning menga-ku bangga. Dia tidak me-nyangka akhirnya bingkis-an itu bisa sampai ke tang-annya. “Padahal sejak dulukami belum pernah dikasihminuman sebanyak ini.Meski hanya dapat satu dus,tapi lumayan. Artinya lebar-an di rumah kami sama de-ngan orang lain,” katanya.

Rumah MurahDalam kesempatan ter-

sebut, Eddy juga mengata-kan, Pemkot Palembangmelalui program rumahmurah akan memberikanrumah murah bagi wargayang kurang mampu. Saatini pihaknya tengah men-cari lahan yang cocok bagiwarga kurang mampu danbelum mendapatkan ru-mah.

“Ke depan, bagi wargakurang mampu yang be-lum memiliki rumah kita

akan sediakan melalui pro-gram rumah murah deng-an pembiayaan cukup Rp12 ribu per hari. Nanti akankita siapkan lahannya, jadiwarga tidak usah memba-yar tanah cukup memba-yar cicilan rumahnya saja,”lanjutnya.

Kemudian, bagi wargayang belum memiliki peng-hasilan, Eddy juga mena-warkan pinjaman modalmelalui Dinas PerindustrianPerdagangan dan Koperasi(Disperindagkop) Kota Pa-lembang untuk memba-ngun usaha kecil dan me-nengah. “Bagi yang inginmodal silahkan menghu-bungi Disperindagkop Ko-ta Palembang untuk men-dapatkan pinjaman modalusaha,”katanya. Eddy ber-harap kemudahan yang di-berikan Pemkot Palem-bang bisa membuat kinerjapasukan kuning makin giatbekerja. (why)

Ketiban PaketLebaran

■ dari halaman 13

Namun ia sadar betul, itulahrisiko yang harus diterimajika ingin menjadi bagian dariPaskibra. Harus tahan ban-ting, disiplin, dan yang pastitidak takut sinar matahari.

“Memang agak berat ke-tika harus latihan apa lagi

Obsesi JadiPolwan

■ dari halaman 13

teriak-teriak di bulan pua-sa. Tapi karena sudah biasadan didasari rasa senang,tak jadi masalah,” katanya.

Menurut siswi SMAN 3Palembang ini, banyak halyang ia dapatkan selamabergabung di Paskibra. Ti-dak hanya pergaulan kare-na bertemu teman berlain-an sekolah, tetapi juga takkalah penting sikap disiplindan pembinaan karaktergenerasi muda yang tegasdan berwibawa. Dengan

bekal itu, Adel berharap ke-lak bisa mewujudkan cita-citanya menjadi seorangpolisi wanita (Polwan).

“Itu salah satu alasanmengapa saya berada diPaskibra ini. Jujur saja sayaingin sekali mengambil pe-ran tugas mulia denganmenjadi seorang Polwan.Mudah-mudahan dari siniaku bisa belajar dan mewu-judkan cita-cita itu,” ujarbuah hari Natalino Busrohdan Kardiana Meki. (mg1)

“Mesti hati-hati meneri-ma titipan, bila terkena ra-zia akan terkena pidana,meskipun hanya meneri-ma titipan dan tak tau isi-nya,” ungkapnya

Selanjutnya, bila melihatada sopir yang ugal-ugal-

an, segera laporkan kepadapetugas. “Dikhawatirkansopir tersebut mabuk atausedang mengkonsumsinarkoba, itu bisa memba-hayakan keselamatan pe-numpang,” tandasnya.

(mg2)

Sopir-Penumpang

Tes Urin■ dari halaman 13

simpel, namun mewah.Bahannya juga ringan dannyaman dipakai.

“Bentuknya simpel danringan, tidak tahumengapa harus disebutHermes, padahal aslinya

bukan keluaran Hermesyang tas itu,” ucap Rere.

Perpotong, kaos inidijuaol Rp 150 hingga Rp250 ribu untuk yang im-por Korea, sedang yangbuatan dalam negeri ber-kisar Rp 80-an ribu. Kaosini diakui Rere, tersediadalam bentuk panjangdan pendek. “Ini saja sayabawa hampir 120an po-tong, sekarang tinggal 20potong saja. Laris sekalipokoknya,” kata dia.

Sementara Irene, salah

satu pembeli mengakukaos hermes termasukjenis pakaian baru dankini sedang menjadi trenanak muda. Gayanyayang simpel denganbahan ringan menjadikekhasan yang tidak bisadilupakan. Selain itu,dipakainya juga nyamandan menyerap keringat.“Bahannya terbuat darisutra halus, denganguratan motif garis-garishorizontal dan silang,”katanya. (why)

HermesDigemari

Mahasiswi■ dari halaman 13

Perwakilan Bank IndonesiaWilayah VII Herry Irmanmengatakan, data terakhirper 14 Agustus, transaksipenukaran uang recehanRp 73.379.693.000. Kesem-patan hingga 17 Agustusbagi masyarakat yang inginmenukarkan uang, jika ti-dak sempat ke loket di

Kantor Bank Indonesia da-pat memanfaatkan 12 bankswasta atau pemerintahyang menjadi mitra kerja.

“Selain di BI, ada banklainnya yang melayani pe-nukaran recehan untuklebaran,” katanya.

Ke-12 bank itu, kataHerry Irman, antara lain

BCA, BRI, Bank Mandiri,Bank Permata, Bank UOBIndonesia, Bank Bukopin,Rabobank Internasional,Bank Sumsel Babel, BankEkonomi, dan CIMB Niaga.

Jika dibandingkan tahunlalu realisasi penukaranuang dalam periode yangditetapkan mencapai Rp 67

miliar lebih, sementara pa-da tahun ini sudah menem-bus Rp 73 miliar pada duahari menjelang Lebaran.Memang ada peningkatan,tapi bukan masalah karenaBI memiliki modal kerjatidak terbatas.

Ia menambahkan, BI su-dah memprediksi menge-nai hal itu sehingga menye-diakan modal kerja per hariRp 4,237 miliar. “Terkadangpermintaan melebih modalkerja seperti dalam dua ha-ri terakhir mencapai Rp5,078 miliar perhari. Se-hingga, BI melakukan tam-bahan modal kerja (meng-ambil ke kas, red),” ujar-nya.

Ia menambahkan, minatwarga melakukan penu-karan uang demikian terasapada dua hari terakhir de-ngan menjadikan nomorantrian sebagai indikator.

“Sepekan menjelanglebaran masih 300-an orangyang datang ke BI, dan hariini sudah mecapai 500 or-ang lebih,” katanya.

Umat muslim di Indone-sia memiliki tradisi mem-berikan uang kertas dalamkondisi baru kepada sanaksaudara pada perayaaanIdul Fitri. Pada umumnya,pecahaan uang yang dimi-nati bernilai Rp 2.000, Rp5.000, Rp10.000, hingga Rp20.000. (ant)

Penukaran Uang Tembus Rp 73 MPALEMBANG, SRIPO –Realisasi penukaran uangpecahan di Bank IndonesiaCabang sejak 23 Juli-14

Agustus mencapai Rp 73,3miliar lebih. Dan besok,Jumat (17/8) layanan penu-karan kesempatan terakhir

bagi warga yang masihberminat menukar recehanuntuk merayakan lebaran.

Asisten Direktur Kantor

SRIPO/ZAINI

TUKAR UANG – Sejumlah pegawai Bank Indonesia (BI) Palembang melayani warga menukaruang pecahan untuk keperluan lebaran di Gedung Bank Indonesia Jalan Jendral SudirmanPalembang, ( Foto diambil beberapa waktu lalu)

Page 14: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012
Page 15: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012
Page 16: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

18 SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 2012

ASEAN Beat Band Competition 2012KOLONEL ATMO --Setelah sukses berapa kali menge-lar Festival Band tingkat International bertajuk ASEANBeat Band Competition 2012 Swara Indah MusikPalembang, kembali mengelar festival tingkat Interna-sional 23-29 September 2012 mendatang.

Pimpinan Swara Indah Musik Palembang NyomanAlexander SH didampingi Ketua Pelaksana SantiagoMulyadi kepada Sripo, Selasa (14/8) di restoran Saka BentoJl Kolonel Atmo, Selasa (14/08) kemarin. Menurutnya, ajangfestival ASEAN Beat Competition ini adalah ajang bergensitingkat Internasional dimana pemenang tingkat Nasionalakan mewakili ASEAN Beat Band Competition 2012 tingkatdunia Singgapura 11 November 2012 mendatang.

Festival band disponsori Yamaha ini diadakan untukyang keenam kali terakhir diadakan 2009 lalu. Peme-nangnya adalah Dark Side Band Wakil Palembang diAsean Beat Band Blast 2009 tingkat Nasional di Jakarta.Tapi di tingkat Nasional hanya berhasil meraih juara.Sedangkan yang terpilih ke tingkat Internasional adalahKalimantan Timur. “Mudah-mudahan ASEAN Beat BandCompetition 2012 ini Palembang bisa mewakili Indone-sia,” ujar Nyoman. (fil)

30 PNS Terima SatyalancanaDEMANG LEBARDAUN --30 Pegawai Negeri Sipil(PNS) di lingkungan Pemprov Sumsel, Rabu (15/8)menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya.Penyematan secara simbolis langsung oleh GubernurSumsel H Alex Noerdin di Griya Agung.

Ke-30 PNS yang menerima penghargaan terbagi lamapengadian 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Para abdinegara yang menerima lencana Satyalancana 30 tahunsebagian besar menjabat sebagai Pembina Utamahingga Pembina. Sedangkan PNS yang menerimaSatyalancana 20 tahun dan 10 tahun sebagian besarberopangkat Pembina Utama Muda hingga Penata.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, dalam sambutannyamengucapkan selamat kepada para penerima lencanapengabdian. “Penghargaan ini diberikan pemerintah atasdasar pengabdian pegawai,” katanya. (trs)

● Jual Bendara 17 Agustus

PegawaiBolehNambahCutiPALEMBANG, SRIPO —Pemkot Palembangsepertinya longgar terhadapPNS yang ingin menambahlibur lebaran denganmengajukan cuti kepemerintah. Namun begitu,disiplin kerja tetapdiutamakan dengan masuktepat waktu.

Sekda Kota PalembangDrs H Husni Tamrin,Rabu (15/8) mengingat-kan agar pegawai dilingkungan PemkotPalembang menjunjungtinggi sikap disiplin danmasuk tepat waktusetelah libur lebaran IdulFitri 1433 H tahun ini (17-22 Agustus). “Bolehajukan tambahan cuti,namun tetap harus masukkerja terlebih dahulu padawaktu yang ditentukan,23 Agustus,” katanya.

Kendati cuti tahunanmenjadi hak para pegawai,Ia berharap yang bersang-kutan tidak memperpanjangmasa liburnya. Belajar daripengalaman yang sudah-sudah, kebanyakan pegawaiterlambat masuk kerjadengan berbagai alasan,terutama mereka yangberlebaran di luar kota.Karena itu, sangat diharap-kan pegawai tidak mem-prioritaskan lebaran di luarkota, agar tidak terlambat.

“Ada saja yang sukaterlambat. Nah, kitaberharap tahun inisemuanya disiplin danmasuk kerja tepatwaktu,” katanya.

Jika ketentuan tersebuttidak diindahkan, ungkapHusni Thamrin, yangbersangkutan dianggapmelanggar peraturan.Secara otomatis pelanggar-an yang dilakukan akanberbuah sanksi, minimalsanksi administrative.Apalagi pada hari pertamamasuk kerja WakoPalembang H Eddy SantanaPutra sudah menjadwalkaninspeksi mendadak (Sidak).“Jangan sampai gara-garatelat satu hari, malahmenjadi masalah berhari-hari. Jadi sebaiknya tepatwaktulah. Boleh ngambilcuti, tapi setelah liburlebaran,” tambahnya.(mg1)

SRIPO/WELLY HADINATA

JUAL BENDERA — Dodi (35) penjual bendera asal Garut Jawa Barat yang menjajahkan barang dagangannya di kawasan JalanAhmad Yani Kec SU II Palembang, Rabu (15/8).

PALEMBANG, SRIPO --Momen 17 Agustus seba-gai hari kemerdekaan RI,menjadi momen tersendiribagian sebagian kalanganmasyarakat dalam menca-ri rezeki. Salah satunya yak-ni penjual bendera sebagaipedagang musiman dalamsetiap tahunnya.

Dari pantuan Sripo Rabu(15/8), terutama di kawas-an Palembang SeberangUlu (SU), sejumlah peda-gang bendera sudah ba-nyak berjejer di pinggir ja-lan menjajahkan bendera.Mulai kawasan Jakabaring,Jl Ahmad Yani, Jl DI Pan-jaitan, Jl KH Azhari dan se-kitarnya.

Warna bendera merahputih yang memiliki berba-gai ukuran, membuat sua-sana menyambut HUT RI

ke 67 tahun menjadisemarak. Tapi yang perludiketahui, para penjualbendera yang terlihat di ja-lanan merupakan wargaasal Garut Jawa Barat(Jabar) yang mengaisrezeki di kota asal pempek.Penjual bendera asal Garutini datang ke Palembangsecara berkelompok dansudah satu bulan terakhirmenginjka kakinya di Pa-lembang.

“Tahun ini tahun ke em-pat saya berjualan benderadi Palembang. Kami datangberkelompok dari Garutdan saya datang bersamaempat rekan yang jugaberjualan bendera di sebe-rang jalan,” ujar Dodi (35),ketika disela-selamenjajahkan bendera yangdijualnya kepada pengen-

dara jalan yang melintas.Dipilihnya Palembang,

Dodi mengatakan karenawarganya ramah dan dae-rahnya terbilang aman dankondusif. Meskipun me-ninggalkan istri dan keduaanaknya di Garut, Dodi relaberpanas-panasan dankehujanan ketikamenjajahkan bendera yangdiakuinya produk benderaasal Garut memiliki kuali-tas yang baik.

“Menjual bendera sebe-narnya hanya sebagai pro-fesi musiman. Saya sebetul-nya pembuat kain gordendi Garut. Tapi karena men-jual bendera untung, se-mentara ini beralih menjualbendera,” ujar Dodi yangmengontrak rumah di ka-wasan Kel 7 Ulu Kec SU Ibersama empat rekannya.

Sementara Ujang (22),penjual bendera asal Garutlainnya mengakui, tahunini merupakan tahun per-tamanya menjual benderadi Palembang. Jumlah ben-dera dan umbul yang diba-wa dari Garut, totalnya pu-luhan kodi. Untuk saat ini,seminggu jelang 17Agustusan, bendera laristerjual yang mayoritsapembelinya dari kalanganintansi atau perkantoran.

Bendera dijual mulai Rp 25ribu hingga Rp 60 ribu ter-gantung ukurannya. Seharibisa laku satu sampai duakodi, satu kodinya berisi 20biji bendera. Pernah satu haripenuh, bendera yang dijualtidak laku satu biji pun. “Jadikalau bicara untung,pastinya ada untungnya tapitidak seberapa asalkan mo-dal kembali saja,” ujarUjang. (mg19)

SRIPO/ZAINAL PILIANG

Nyoman Alexander memberikan keterangan pers di RestoranSaka Bento, Selasa (14/08) kemarin

Warga Garut Merapatke Jakabaring

Libur Guru Lebih LamaPALEMBANG —Berbeda dengan pegawai di lingkung-an Pemkot Palembang, guru yang berada di bawahnaungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga(Disdikpora) Kota Palembang bisa menikmati masalibur sedikit lebih panjang, yakni seminggu sebelumdan setelah lebaran. Kendati demikian, sebagianmereka yang diundang untuk menghadiri upacarabendera peringatan HUT RI di Benteng Kuto Besak 17Agustus mendatang tetap diwajibkan datang.

“Libur guru menyesuaikan masa liburan siswa. Kalaupegawai Pemkot dilarang nambah masa libur, begitujuga dengan guru. Apalagi libur yang diberikanlumayan lama. Waktunya masuk ya harus masuk,” ujarKadisdikpora Kota Palembang Riza Pahlevi. (mg1)

Page 17: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 2012 19

Mona punPergi Tanpa

Pesan■ dari halaman 20

nal orang yang pekerjakeras. Dia pun melakukanperkerjaan tidak pernahmengeluh. “Kami semuatidak menduga secepat iniMona pergi, kemarin kamimasih bisa bercanda dantawa” bebernya.

Melihat Mona yangsudah tak bernyawa lagi,banyak keluarga, kera-

batnya seakan tak percayaterhadap apa yang dialamigadis muda tersebut. Se-mua terus menangis his-teris seakan tak mau me-lepaskan kepergian Mona.

Ditempat yang sama,Iptu Amdi, saat mende-ngar laporan dari wargasetempa langsung men-datangi lokasi kejadian.“Kita langsung menda-tangi lokasi kejadian.Honda Beat BG 4564 IU su-dah kita amankan di PosLaka Pakjo dan sopir trukdan truk yang menam-brak juga diamankan diPolresta Palembang,” tan-dasnya. (mg2)

PALEMBANG, SRIPO –Gara-gara permasalahansepele, dua pemudayang berprofesi sebagaijuru parkir, Ismail (22)dan Acong (23), wargaKM 12 Palembang, sa-ling tikam. Keduanyapun harus dirawat diRSMH Palembang, Rabu(15/8).

Ceritanya berawalketika keduanya bersa-ma teman-temannyanongkrong di kawasan18 Ilir, tepatnya di depanRumah Susun. Karenatidak suka dengan per-kataan Ismail tiba- tibaacong langsung menon-joknya hingga terjatuh.

“Lalu aku tujah Acongdi bagian pinggang ka-nan. Tiba- tiba datang

Juru ParkirSaling Tusuk

Jaka, kawan kami jugalangsung nujah aku. Satukali di bagian kanan be-lakang, terus aku lang-sung kabur,” ujar Ismailsaat ditemui di Emer-gency RSMH.

Cik Iya, ibu Ismail, me-ngatakan anak perta-manya tersebut masihsempat pulang ke rumahdalam kondisi luka tusukdan langsung dilarikanke Instansi GawatDarurat (IGD) Palem-bang. Sementara itu, me-nurut Acong yang jugadirawat di RSMH Palem-bang, dirinya tidakbegitu megetahui pokokpermasalahannya. Tiba-tiba Ismail langsung me-ngantam wajahnyadengan tonjokkan. (mg2)

PALEMBANG, SRIPO –Meski sadar barang yangdititipkan kepadanyaadalah hasil curian, FransWijaya (28) tetap nekatmenerima dan menjual-nya. Akibatnya, warga JlM Zein Lorong TerusanLaut Kelurahan Sei LaisKalidoni ini ditangkap po-lisi. Dai pun divonis ku-rungan penjara selamaenam bulan oleh MajelisHakim yang diketuai olehJohny Butar-Butar SH diPN Palembang, Rabu (15/8) siang.

“Terdakwa telah ter-bukti melanggar Pasal 480ke-1 KUHP karena mene-rima dan menjual benda.Padahal, tersakwa sudahtahu itu hasil curian.

Penadah DivonisEnam Bulan

Dengan demikian, terdak-wa divonis kurungan pen-jara selama enam bulan,”kata Johny, yang diikutiketukan palu tiga kali.

Vonis yang diberikanmajelis hakim sama de-ngan tuntutan yang diaju-kan oleh Jaksa PenuntutUmum, Misrianti SH. Saatitu, Fran dituntut karenaterbukti bersalah telahmemerima titipan saturangka motor Yamah Miodan dua mesin motor.“Sebelumnya, merekamemberitahu saya benda-benda itu adalah hasilcurian di kawasan Alfa-mart di Kecamatan IT II.Mulanya, mereka hanyaberniat untuk menitip-kan,” kata Frans. (cw6)

PALEMBANG, SRIPO –Ja-jaran Kepolisian DaerahSumatera Selatan terus me-ngamankan jalan lintas ti-mur Sumatera untuk me-ngantisipasi arus mudikdan balik Idul Fitri 1433Hijriah. “Ruas jalan lintastersebut tetap dijaga aparatkeamanan agar arus mudikdan balik lebaran aman,kata Kabid Humas PoldaSumsel AKBP R Djarod, Ra-bu (15/8).

Dia mengatakan, dalammengamankan arus mudikLebaran 2012 ini pihaknyamenurunkan sebanyak1.200 personel. Menurutdia, dari personel yang di-turunkan tersebut merekajuga berjaga di jalan lintastersebut.

Namun, selain itu jajaranPolres terdekat dari daerahtersebut juga membantupengamanan lebaran ter-sebut. Kesemuanya itu di-laksanakan supaya arusmudik dan balik lebaranberjalan lancar, kata dia. Se-lain itu jajaran Polda Sum-sel juga mengamankan ja-lur yang rawan macet dankecelakaan. Untuk daerahrawan macet ada 72 titik,

Titik Rawan Macet Diawasi

PALEMBANG, SRIPO – Kedapatan mencuri handphone Samsungmilik Anastasia di Jl MP Mangkunegara pada SAbtu (19/5) lalu, DediIrawan divonis kurungan penjara selama tiga bulan oleh Majelis Hakimyang diketuai oleh Johny Butar-Butar SH MH di Pengadilan NEgeriPAlembang Rabu (15/8) siang. Dengan didampingi penasehat hukumdari POsbakum, Dedi menerima vonis tersebut.

“Terdakwa telah melanggar PAsal 362 KUHP karena tertangkaptangan mencuri satu unit handphone milik korban Anastasia. Karenaterbukti bersalah, terdakwa divonis kurungan penjara selama tigabulan,” kata Johny, yang diiringi ketukan palu tiga kali.

Sebelumnya, Dedi dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU),Sigit Subiantoro, dengan kurungan penjara selama lima bulan. Lewatpenasehat hukumnya, Dedi mengutarakan pembelaan dan sedikitberhasil meluluhkan hati majelis hakim dengan memvonis Dedi duabulan lebih cepat dari tuntutan.

Dari berkas sidang Dedi diketahui bahwa tindak kriminal yangdibuat Dedi terjadi pada Sabtu (19/5) sekitar pukul 10.00. Mulanya,Dedi sudah diduga mengikuti Anastasia dari depan Hotel JayakartaPalembang. Begitu Anastasia naik bus jurusan Perumnas-Kertapati,Dedi juga ikut naik. “Saya duduk di kursi paling belakang, sementaradia duduk dua kursi di depan saya,” kata Dedi. (cw6)

sementara rawan kecela-kaan 82 lokasi dan itu se-muanya diamankan.

Selain itu dalam peng-amanan lebaran ini pihak-nya membentuk 61 poskopengamanan dan pelaya-nan.Untuk Posko pela-yanan juga dibantu tenagakesehatan termasuk PMI.

Kunjungi Pos PengamanSementara itu Kapolres

Kota Lubuklinggau, AKBPChaidir melakukan kun-jungan ke pos pengama-nan (pospam) Idul Fitri1433 H di empat lokasi. Ke-empat pos tersebut, pospelayanan Stasiun KeretaApi (KA), pos pelayananPetanang, Pos Pengama-nan Simpang RCA dan PosPelayanan Temam. “Diba-ngunnya pos pengamanandan pelayanan ini untukmemikirkan kepentinganpara pemudik,” ujarChaidir usai melakukankunjungi, Rabu (15/08).

Menurut Chaidir, H-4lebaran peningkatan arusmudik mengalami pening-katan, tetapi dalam batas ke-wajaran. Sehingga dilakukanpemantauan secara ber-kesinambungan, baik di jalan

LUBUKLINGGAU, SRIPO–Banyak pengu-saha tempat hiburan terutama cafe danpanti pijat di Kota Lubuklinggau, tetap be-roperasi selama Ramadan. Mereka tidakpeduli dengan Surat Edaran (SE) Walikotaagar menutup sementara usahanya.

Kepala Satuan Pol PP Lubuklinggau, Am-roelian Thoni mengatakan, pihaknya be-berapa kali melakukan inspeksi mendadak(sidak) dan hasilnya selama Ramadan men-jumpai banyak tempat hiburan melanggarSE walikota.

“Kami sudah melayangkan surat pe-ringatan yang ditembuskan kepadaKantor Pelayanan Perizinan agar izinnyaditinjau ulang,”tegas Thoni di ruang ker-janya,

Menurut Thoni, pihaknya akan mereko-mendasikan pencabutan izin usaha tempathiburan, bila tetap pengusaha tersebutmembandel dan masih kedapatan berope-rasi selama Ramadan. Pelaku usaha tempathiburan yang melanggar SE walikota me-rata terjadi di wilayah Lubuklinggau, te-rutama berada di wilayah Kecamatan Lu-buklinggau Utara, Barat dan Timur.

Sedikitnya ada tujuh tempat hiburanyang melanggar dan masih tetap bero-perasi meskipun bukanya setelah sholattarawih. Selain itu, sebelumnya Satpol PPLubuklinggau telah mengeluarkan suratteguran kepada salah satu RM di Kelu-rahan Taba Jemekeh yang membuka padasiang hari, namun tidak ditutup dengantabir.

“Dalam Surat Edaran tersebut, RM bolehbuka pada siang hari, namun harus

yang rawan macet, dantempat-tempat yang menjadisasaran aktivitas masyarakat.

Untuk arus lalu lintas diJalan Yos Sudarso, Kota Lu-

buklinggau, memang me-ngalami kemacetan karenameningkatnya aktivitasdan kegiatan di masya-rakat. Sehingga dilakukan

pengontrolan bersamaaparat dan relawan keama-nan dan ketertiban (Kan-tibmas) yang lancar danterkendali. (ant.tribun)

Sejumlah Kafe Terancam Tutupmenghormati orang yang berpuasa de-ngan cara tempat usahanya ditutup de-ngan tabir. Namun saat ini RM tersebutsudah mematuhi SE wali kota Lubuk-linggau,” jelas dia.

Dia menambahkan, bukan hanya tem-pat hiburan dan RM saja menjadi targetsidak dari Satpol PP Kota Lubuklinggau,namun hotel juga menjadi target sidak. Da-ri pantauan anggota selama ramadhan initidak ada laporan dari masyarakat tentangaktifitas sebuah hotel yang mencurigakan.Setiap penginapan, losmen dan hotel tetapdibawah pengawasan kami. Selama initidak ada pengaduan dari masyarakatbahwa di hotel atau penginapan yang re-sah. Jika ada laporan, tentunya kami akanlangsung turun ke lapangan untuk me-lakukan tindakan.

Namun, pihaknya tetap melakukan pe-nertiban tempat hiburan malam (THM)yang melakukan pelanggaran dan tidakmematuhi aturan hukum yang berlaku.Bahkan, pencabutan izin operasi usahaakan diberikan kepada pemilik THM ter-sebut.

Sementara itu, tokoh pemuda, Taufikmenegaskan, pemerintah harus tegasmenerapkan sangsi hukuman yangdilakukan kepada pemilik THM yangmelakukan kesalahan. Jangan sampai ti-dak diberikan peringatan sehingga pengu-saha lainnya ikut melakukan pelanggaran.ôJangan dibiarkan apalagi jika tidakmematuhi aturan SE wali kota mengenaipelarangan aktivitas THM selama bulan suciramadhan,öpungkasnya. (tribun.sripo)

PALEMBANG, SRIPO – Arbaim (37), divonis kurungan penjaraselama tiga bulan sepuluh hari oleh majelis hakim yang diketuai olehZahri SH di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, Rabu (15/8) siang.Dengan tenangnya, Arbaim menerima vonis dari majelis hakim dantidak berniat ajukan banding. Sebelumnya warga Jl Datuk M Akib No80 Kelurahan 23 Ilir ini dituntut kurungan penjara selama lima bulanoleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Een Supardi SH. Ia dituntutkarena didakwa telah melanggar Pasal 2 ayat (1) Undang-UndangDarurat No 12. “Terdakwa secara sah terbukti membawa senjatatajam tanpa izin. Saudara telah melanggar Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Darurat No 12,” ujar Zahri. (cw6)

Pencopet HP Divonis Tiga Bulan

Arbaim Terima Vonis Hakim

SRIPO/ZAINI

MACET– Ratusan kendaraan Truk, Angkutan umum dan mobil pribadi terjebak macet di sepanjangJalan Palembang - Indralaya, Menurut pengemudi ojek ini disebabkan ramainya aktifitas pedagangdan warga yang berbelanja di Pasar Indralaya, membuat Jalan tersebut setiap hari macet ( Fotodiambil 10/8/2012).

Page 18: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 201220

PALEMBANG, SRIPO –Tak ada tanda dan tak adapirasat apapun yang diala-mi keluarga dan teman-teman, bahwa Mona (19)akan pergi selamanya.Gadis manis ini mening-galkan teman dan kera-batnya, tanpa pesan apa-pun.

Kini tak akan ada lagikeceriaan yang selama iniselalu terpancar di wajahMona Maulina Hayati,warga DI Panjaitan GgLama No 731 Kel BagusKuning, Plaju Palembang.Remaja ini menghembus-kan napas terakhir setelahjatuh dari sepeda motor-nya dan terlindas truk dikawasan Bombaru, Jl YosSudarso, tepatnya di de-pan SPBU Lemabang, Ra-bu (15/8) pagi kemarin.

Menurut ibunya, Eni(46), anaknya pagi itumeninggalkan rumahhendak melakukan aktivi-tas seperti biasanya, be-kerja di daerah Jl ResidenAbdul Rojak. Dia pergimengendarai sepeda mo-tor menuju tempat kerja-nya CV Safali. “Aku dapatkabar anak aku meninggaldari keluarga aku yangtinggal di Bombaru. Jadiaku dak tahu persis keja-diannya,” katanya semba-ri menangis.

Mona sekitar pukul07.30 pamit. Tidak ada halyang aneh saat korbanmeninggalkan rumah.“Anak aku ini seringminta beli kipas angin.Dan baru-baru ini seringdiajak temennya berbukapuasa bareng. Mungkindia ingin pamit dengant e m a n - t e m a n n y a , ”ungkap Ny Eni.

Sementara saksi matakejadian, Abidin (57)mengatakan, korban saat

Mona pun Pergi Tanpa PesanlMeninggal Terlindas Truk l Saat Mau Pergi Kerja

itu mengendarai motordengan pelan. Saat melajudi kawasan Lembang, adamobil truk menyerempetbodi motornya, sehinggakorban pun langsungoleng dan jatuh, tepat diban belakang mobil terse-but. Korban yang saat itujatuh pun langsung digilastruk tersebut. “Saat akulihat korban, aku mikirado famili aku yang ting-gal di Plaju, karena alamatkorban sama. Saat aku ta-nya ruponya yo nian ma-sih keluarga. Aku yangyang panik saat itu lang-sung panggil polisi,” ka-tanya.

Sementara itu, Egus(25), Direktur II CV Safali,mengatakan korban dienal orang suka bergaul.Mona saat berteman tidakpernah memilih dan dike-

PALEMBANG, SRIPO –Lantaran rumahnya belumada gorden atau tirai untukmemprindah ruangan je-lang lebaran, Yunus (35),berprofesi kuli angkut, ne-kat mencuri gorden. Aki-batnya, Yunus pun diaman-kan petugas.

“Aku menyesal nian curigorden. jadi aku tidak bisalebaran dengan istri dananak di rumah,” ujar Yunusketika menjalani pemerik-saan petugas di Polresta Pa-lembang, Rabu (15/8).

Yunus yang tecatat seba-gai warga Jl KH Azhari LrgSungai Aur RT 20 Kel 8 UluKec SU I, beraksi mencurigoreden di salah satu tokodi kawasan Jl BeringinJanggut, Palembang, Selasa

Aku Nyesal Maling Gorden(14/8) pukul 17.00. Diakuipria dua anak ini, ketika ituia sedang melintasi, meli-hat ada gorden yang ter-bungkus rapi. “Jadi bung-kusannya langsung akuambil,” katanya.

Namun sialnya, barumau lari, dia diteriaki ma-ling. “Memang di rumahlagi tidak ada gorden, na-mun kami tidak ada uanguntuk membeli,” ujarYunus.

Kapolresta PalembangKombes Pol SabaruddinGinting melalui Kasat Res-krim Kompol Djoko Julian-to, membenarkan telahmengamankan pelakupencurian. Kini pelakumasih diperiksa petugaspenyidik untuk memper-

tanggung jawabkan per-buatannya yang melang-gar pasal 363 KUHP ten-tang pencurian. (mg19)

SRIPO/MG19

Yunus

Bersambung ke hal 19

SRIPO/MG2

Suasana haru keluarga yang menyaksikan jasad almarhum Mona di RSMH.(inset Mona).

Page 19: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012
Page 20: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

SRIWIJAYA POST

Kamis, 16 Agustus 201227

SRIPO – Bintang sepakbolaPrancis Franck Ribery danKarim Benzema dipanggilhakim atas dugaan merekamenyewa jasa pekerja sekskomersial (PSK) dibawahumur. Pasangan yangmemperkuat Prancis dalampertandingan melawanUruguay Rabu (15/8)malam, sudah menjadiobyek penyelidikan sejakdua tahun silam.

Keduanya membantahdugaan itu danperempuan yang terlibatdalam kasus ini, ZahiaDehar, telah mengatakan,tidak ada satu pun darimereka yang mengetahui,bahwa ia baru berusia 16

PSK Bawah Umur SeretRibery-Benzema

Dipanggil Hakim untuk Bersaksi

tahun saat itu.Hakim penyidik

memutuskan bahwa,mereka harus bersaksi,tetapi tanggalnya belumditetapkan. KeputusanHakim Andre Dandotberlawanan denganrekomendasi jaksa diParis yang mengatakan,pada November 2011 lalu,bahwa kasus ini harusditutup karena parapemain tidak menyadaribahwa Dehar masihdibawah umur.

Enam orang lainnyajuga dipanggilmenghadap hakim danbeberapa diantaranyamenghadapi dugaan

melakukan praktikmucikari.

Berdasarkan hukumPrancis, seks berbayardengan seseorang dibawah usia 18 dapatdiancam hukumanpenjara hingga tiga tahundan denda 45.000 euro(Rp 525 juta).

Namun pasal ituberlaku jika pihaktergugat memangmengetahui bahwa, iaberhubungan seksdengan seseorangdibawah umur.

Publik dan mediaPrancis menyebut, kasusini sebagai “skandalZahia”, muncul dua tahun

lalu ketika polisimenyelidiki dugaanbahwa, sebuah klubmalam di Parismengizinkan PSKdibawah umurberoperasi. Namunsemua dugaan itu berasaldari 2008 dan 2009.

Pengacara SylvainCormier yang mewakilipenyerang Real MadridKarim Benzemamengatakan kliennyatidak bersalah “dan iaakan memberi penjelasandihadapan pengadilan.”

Pelatih Prancis DidierDeschamps mengatakan,masalah ini adalahkewenangan hukum dantidak berdampak padaperan mereka di lapanganatau di tim nasional.

LEGENDA sepakbola asal ArgentinaDiego Maradona telah menekankanhasratnya untuk menjadi pelatihChina setelah sampai di negaratersebut untuk perjalanan amaldelapan hari. Lelaki 52 tahun yangmenjadi kepala pelatihArgentina padaPiala Dunia 2012itu didepakklub UnitedArab Emir-ates bulanlalu, namundia masihtertarikmencaripekerjaan dinegaraTimur,

sebagaimana dikutip dari Reuters,Rabu (15/8).

“Saya ingin melatih China,” kataMaradona di konferensi pers Beijing,seperti dilaporkan China Daily. “Sayaingin berkontribusi untukperkembangan bibit muda sepakbolaChina,”

Selama kunjungannya di China,pesepakbola yang memimpin Argen-tina pada Piala Dunia 1986 itu akanberbincang-bincang dengan bosfederasi sepakbola China, Wei Di.

Maradona sebelumnya dipecat daripelatih Argentina usai kalah 4-0 dariJerman di perempat final turnamen2012.

Para pemain China telah melihatarus kedatangan pemain dan pelatih

terkenal dari luar negeri,termasuk Sergio Batista,

orang yang mengambilalih pekerjaan pelatihArgentina dari tanganMaradona. Batistakini menjadi pelatihShanghai Shenhua.

Sementara itu, ri-val ShanghaiShenhua,GuangzhouEvergrandememinjam tenagamantan pelatihjuara Piala DuniaItalia, MarcelloLippi. (cw2/ant)

PERSELISIHAN antarastriker Manchester CityMario Balotelli danmantan kekasihnya,Raffaella Fico belum jugausai. Raffaella membuatpenyataan mengejutkanketika ia mengatakan, jikaSuper Mario seringmenganggunya dengankata-kata yangmelecehkan di telepon.

Sejak putus, keduanyamemang sudah tidakpernah bertemu lagi.Mereka lebih seringberhubungan lewattelepon untuk membahaskehamilanRaffaella.”Mario seringmeneleponku lebih dari30 kali. Dia hanyaberteriak dan memanggil-manggil namaku,” ujarRaffaella dilansir The Sun.

“Aku seharusnyamenyadari sifat buruknyaketika ia berkata “Akubisa pergi dengan wanitamalam, aku bisamenabrakkan mobilku,membakar rumahku danhari berikutnya aku bisabermain dengan bagusdan mencetak gol danmenjadi yang terbaik.”

Dilain kesempatan, diamengaku masih seringmendapati telepon tengah

Super Mario Kerap Teror Fico

malam dari Mario Balotelli.Lalu, apa yang terjadi? Ekspacar Balotelli itumemberikanpernyataannya. Ia didaulatsebagai ikon sampul dancerita utama di majalahDiva e Donna edisi akhirpekan.”Balotelli, janganmeneleponku lagi saattengah malam. Aku butuhketenangan untukmenjalani kehamilan ini,”ucapnya dalam artikelutamanya.

Fico mengakumendapat sekitar 30panggilan telepon daribomber Italia milik

Manchester City.”Akuberteriak karena stressecara psikologis. Akugemetar, tapi aku bilangkepada diriku sendiriuntuk kuat demi bayiyang ada dalamkandunganku,” lanjutFico seperti dikutip LaGazzetta dello Sport.

Beberapa waktu lalu,Balotelli menginginkan tesDNA untuk memastikansiapa ayah yang dikandungFico.”Mario tahu yangsebenarnya dan (tes DNA)itu sebuah kebodohan.Sungguh mengecewakanaku tak bersamanya lagi

setelah mengandung anakini,” tuturnya.

“Yang pasti, akumenolak melakukanaborsi. Aku tak ingindirinya (Balotelli) tak acuhterhadap anak ini. Ia selalubilang rasanyadicampakkan saat masihkecil. Ia paham bagaimanapahitnya itu,” urai Fico.

Gara-gara “teror”telepon ala Balotelli, Ficosempat sakit.”Akulangsung pergi ke dokterkandungan yangmenasihatiku untuksegera beristirahat selamamungkin. Itu ketakutanterbesarku, tapi sekarangaku baik-baik saja,”ungkapnya.

Perselisihan di antarakeduanya mulai terjadiketika Raffaela mengakuitengah mengandung anakBalotelli. Pemain timnasItalia tersebut tidakmempercayainya begitusaja, ia menginginkan tesDNA untuk membuktikanjika dia benar-benar ayahdari bayi yang sedangdikandung Raffaella.Mantan striker Inter Milantersebut bahkan pernahmeminta Raffaella untukmenjalani aborsi.

(kcm/tribunnews)

Ingin Latih Klub Cina

HANDPIKET-STYLE.COM/RIBERY:GOAL.COM

KarimBenzema Franck Ribery

Zahia Dehar

Mario Balotelli, Raffaella FicoINILAH.COM

GUARDIAN.CO.UK

DiegoMaradona

SRIWIJAYA POST

Kamis, 16 Agustus 2012 22

Arema SulitDapatkan Beto

La Nyalla:Semen PadangBoleh Pindah

JAKARTA, SRIPO – Untuk menerima Semen Padangyang diisukan bakal berpindah haluan dari Liga Primer

Indonesia (IPL) ke Liga Super (ISL) harusmendapat persetujuan Kongres PSSI.

Menurut PSSI versi KLB, La NyallaMahmud Mattalitti, untuk memperjelasitu tersebut, pihak Semen Padang harusmengirim surat permohonan dulukepadanya.

“Kalau proses itu sudah dilakukanbaru saya akan bicarakan di rapat ex-ecutive committee untuk mintadisetujui. Karena PSSI ini bukanpunya saya tapi millik klub, ujar LaNyalla, Selasa (14/8).

Hingga saat ini, kata La Nyalla,pihaknya belum menerima surattersebut dari Semen Padang. Iasengaja menunggu pihak SemenPadang mengajukan surat terlebihdulu agar tidak timbul anggapandirinya ‘membajak’ peserta IPL.

“Belum ada surat. Saya jugatidak mau tanya ke mereka.Biar mereka punya inisiatif

sendiri saja. Ini kan organisasijadi harus ada tertulisnya,”tegas pria yang juga menjabatKetua KADIN jawa Timur itu.

La Nyalla membantah, jikaisu kepindahan Semen Padangke ISL adalah hasil daripendekatan pihaknya.Menurutnya keputusan untukmeneriman klub berjuluk KabauSirah itu tetap berada di tangan

para pemilik suara di KongresPSSI, bukan semata keputusansendiri. Kalo mereka mau ke ISLitu pun harus saya tawarkan

kepada klub-klub ISL untuk diputuskandulu dikongres,” ujarnya. (inilah.com/w2)

Risky MencariKlub Baru

Siswanto ke Barito

DIPUTUS kontrak olehSriwijaya FC tidakmembuat striker muda,Risky Novriyansyahmenjadi patah arang.Bahkan, dengan adanyakejelasan ini ia berencanamencari pelabuhan atauklub secepatnya untukmengarungi musimkompetisi 2012/2012nanti.

“Saya sih bersikapprofesional saja, kalaumemang diputuskontraknya olehmanajemen, ya mau apalagi,” katanya.

Mantan pemain PersijapJepara ini mengaku,hingga kini belum adasatupun klub, yangmengajukan penawaranresmi untuk merekrutdirinya. Meski belakangan

santer terdengar kabarbahwa pemain yangberhasil mencetak dua golbagi SFC ini sedangdidekati oleh GresikUnited.

“Belum ada klub yangmenawari saya, baik ituklub ISL (Indonesia SuperLeague) maupun IPL (In-donesia Premier League).Saya sih tiak pilih-pilihkalau kontraknya cocok,baik itu ISL maupun IPLtidak menjadi masalah,”jelas pemain kelahiran 23November 1989. Pemainyang memulai karirnya diPelita Jaya U-23 inimengaku masihmenikmati liburanbersama keluargabesarnya di PangkalPinang, Bangka Belitung.Kompetisi panjang yang

dilaluinya selama beradadi SFC membuat ia inginmemanfaatkan jedahliburan ini dengan sebaik-baiknya.”Saat ini sayamasih menikmati liburandulu,” ujarnya.

Ditanya bagaimanakesan-kesannyas selamamembela SFC musimkemarin? Pemuda inimengatakan, palingberkesan saatmerengkuhgelarjuarabersamaSFC. Apalagiini gelarpertamanyamenjalani karirprofesional.”Mudah-mudahan saya bisamendapatkan klub yanglebih baik lagi untukmusim depan, baik itudarri segi karir dan yanglainnya,” pungkas mantan

punggawa Timnas U-21ini.

Sementara itu Siswantosanter diisukan merapatke Barito Putra. Kendatibelum pasti, namundesas-desus ini mendekatikenyataan, lantaran sangpemain tidak jadimerapat ke PersibBandung.(cw2)

Risky Novriyansyah

PALEMBANG, SRIPO –Seperti halnya Sriwijaya FCyang berpikir dua kalimendatangkan AlbertoGoncalves yang memintakontrak Rp2 miliar, ambisimanajamen Arema yangberlaga di Liga Super Indonesia(ISL) untuk mendapatkanstriker Persipura Jayapura,Alberto ‘Beto’ Goncalves,terancam gagal.

Pasalnya, top skor musimlalu itu, tetek kukuh denganmemasang harga yang cukuptinggi, yakni sebesar Rp2 Miliar.Beto dikabarkan tidak inginmenurunkan nilai kontraknyadan membuat Arema mundurteratur.

Demikian diungkapkan Me-dia Officer Arema, Sudarmadjimelalui situr Ongisnade, Rabu(15/8). Ia mengatakan bahwa,pihaknya sudahberkomunikasi dengan agenBeto. Namun negosiasiterancam mandek karena nilaiyang diajukan di luarkemampuan kantong SingoEdan. Sedangkan Eko Subekti,yang menjadi agen Beto,menilai angka yang merekatawarkan tidak kaku aliasmasih bisa dinegosiasikan.

“Kami harus bijakmembelanjakan dana sesuaikemampuan budget diArema,” ujar Sudarmadjikepada Vivabola melalui pesansingkat.

Sudarmadji kemudianmembandingkan denganpengeluaran Arema pada

putaran kedua lalu.Menurutnya, saat itu, SingoEdan hanya mengeluarkandana sebesar Rp500 jutauntuk menggaet DzumafoHerman Epandi. Artinya,kontrak dalam semusimDzumafo hanya Rp1 Miliar.“Kami tidak ingin terjebakdalam ekspektasi yang tinggikarena bisa berdampakkurang baik bagi kami,” kataSudarmadji.

Sementara itu pihakSriwijaya FC juga keberatandengan nilai kontark Betoyang setinggi langit itu. Untukukuran klub-klub ISL, cukupberat membayar kontrakpemain yang mencapai Rp2miliar.

Direktur Teknik dan SDM PTSOM, Hendri Zainudinmenilai, manajemen berpikirulang dan prioritasmempertahankanKeith KayambaGumbs, sehinggapihaknyamemilihmenahan diri.Uangsebanyak Rp2miliar itu, bisamendapatkandua striker lokalberkualitas.”Lebihkami fokusmencari striker lokalsetelah manajemenmemutuskan lebihmemprioritaskan untukmempertahankan Kayamba,”jelas Hendri. (cw2/ndr)

SRIPO/SYAHRUL

SRIPO/SYAHRUL

La NyallaMahmud Mattalitti

IST

Alberto Goncalves

Page 21: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012
Page 22: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

tomotifO

MOMENTUM ini juga tak lepas dari amatan para agen tunggal pemegang merek (ATPM). Jauh-jauh hari, se-jumlah ATPM mempersiapkan layanan mudik untuk para konsumennya. Strategi ini terbukti mampu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap merek kendaraan.

PT Mercedes Benz Indonesia misalnya, menyambut mudik Idul Fitri tahun ini memperkenal-kan layanan Lebaran Rescue.

Layanan yang sudah rutin diselenggarakan sejak 22 tahun lalu ini merupakan program premium dengan menghadir-kan Bengkel Siaga serta Posko Service, termasuk di antaranya layanan bergerak 24 jam non-stop. “Tujuan dari program tahunan ini untuk memberi-kan kenyamanan bagi semua kendaraan Mercedes-Benz serta pemilik bus selama libur Lebaran. Lebaran Rescue meru-pakan komitmen kami dalam memberikan layanan istimewa kepada kepada seluruh kon-sumen,” kata Claus Weidner, CEO and President Director of PT Mercedes-Benz Indonesia, pada acara peluncuran layanan di acara buka puasa bersama media di Jakarta, Selasa (14/8) malam.

Pada program Lebaran Rescue 2012, Mercedes Benz membuka posko service di de-lapan lokasi dan bengkel siaga di tujuh lokasi, tersebar mulai dari Lampung hingga Jawa

Timur. Masing-masing Posko Service berada di Bandar Jaya, Puncak, Bandung, Cirebon, Alas Roban, Kebumen, Caruban dan Pasuruan.

Sementara, tujuh Bengkel Siaga ditempatkan di Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja-karta dan Surabaya. Selain itu, Mercedes-Benz juga akan menyiapkan unit-unit kend-araan sebagai bengkel bergerak dan kendaraan derek. “Seluruh layanan ini akan mendukung masalah teknis dan non teknis pada kendaraan Mercedes-Benz dari berbagai model,” ujar Weidner.

Program Lebaran Rescue 2012 dijalankan selama 10 hari mulai 17 sampai 26 Agustus 2012. ATPM ini juga menye-diakan hot-line di nomor telepon (021) 5000-50 atau (021) 7470-3333 untuk mengetahui berbagai informasi dan titik lokasi Lebaran Rescue 2012.

PT General Motors Indone-sia, ATPM mobil Chevrolet di Indonesia, di mudik Lebaran ini menyiagakan 31 titik layanan pelanggan di sepanjang jalur mudik, yang terdiri dari dua titik rest point; delapan Emer-gency Road Side Assistance (ERSA); dan 21 Bengkel Siaga (Workshop on Duty) di 18 kota di Pulau Jawa, Sumatera, Kali-mantan, Bali, dan Sulawesi.

Direktur Customer Care GM Indonesia, Dadan Ramadhani di sela acara peluncuran lay-anan ini di Subang, Jawa Barat,

Rabu (15/8) mengatakan, pro-gram ini dijalankan mulai 15-22 Agustus 2012 atau H-4 dan H+3 masa Lebaran 2012.

Dua rest point dibuka di Rumah Makan Delima di Patok-beusi, Subang, yang berada di jalur utama mudik kawasan Pantura, Jawa Barat, dan satu lokasi di daerah Nagrek.

Tenda Siaga GMI kali ini men-

gusung slogan ‘Anda Berlibur, Kami Siaga’ dengan menyiapkan

teknisi yang siaga 24 jam dan dilengkapi dengan kendaraan Chevrolet Mobile Care untuk melayani jasa perbaikan, istira-hat, atau konsultasi mudik/balik Lebaran.

Delapan lokasi ERSA ditempat-kan di Merak, Sumedang, Tegal, Buntu, Tuban, Kediri, Situbondo

dan satu ERSA di kota Padang, Sumatera Barat. “ ERSA ditempat-kan di area strategis dan ramai dilalui arus mudik dan balik kendaraan di masing-masing kota,” kata Dadan.Selain layanan 24 jam, selama periode Mudik Prima 2012 ini, GM Indonesia juga memberi layanan gratis check 20 item, gratis biaya kun-jungan, diskon jasa dan suku cadang 10 persen. (choirul arifin/zulfikar)

Lebaran kurang beberapa hari lagi. Ritual mudik pun menjadi tradisi yang seolah tak bisa ditinggalkan oleh masyarakat muslim di Indonesia. Jutaan orang hijrah dari kota dan daerah tempatnya mencari nafkah menuju kampung halaman

untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar.

Ramai-ramaiManjakan Pemudik

Peace of Mind dari FordLAIN halnya dengan PT Ford Motor Indonesia. ATPM mo-bil asal AS ini menyiapkan program Lebaran Siaga 2012 untuk memberikan ketenangan kepada pelanggan Ford selama musim mudik Lebaran.

Bagus Susanto, Managing Director FMI mengatakan, program Ford Lebaran Siaga 2012 membantu para pel-anggan Ford melalui penyediaan layanan bengkel 24 jam mulai 16-26 Agustus 2012 di jaringan Ford di Jawa dan Bali. Layanan ini tersebar di sejumlah titik diler Ford di Jakarta, Tangerang, Bogor, Cirebon, Bandung, Tegal, Se-marang, Kudus, kota-kota di Jawa Timur dan Denpasar.

“Melalui program ini Ford juga menyediakan layanan

suku cadang 24 jam, mobile service siaga 24 jam, lay-anan emergency roadside assistance (ERA) 24 Jam dan layanan call center pelanggan 24 jam,” kata Bagus.

Layanan ERA mencakup wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Pekanbaru, dan Medan. Layanan ini mencakup jasa derek, serta penggantian aki, ban, dan bahan bakar dalam keadaan darurat bagi konsumen Ford.

Ford juga menyediakan layanan call center 24 jam di nomor 0817 18 FORD (3673) Lain halnya dengan PT Mazda Motor Indonesia. ATPM mobil merek Mazda ini menyambut mudik Idul Fitri 2012 menyediakan tiga

program utama: Great Ramadhan Offers, Mazda Service Week dan Bengkel Siaga 24 Jam.

Great Ramadhan Offers dibuka sejak Ramadhan lalu damn menawarkan berbagai hadiah menarik bagi pelanggannya selama masa pameran di berbagai mal utama di Jakarta yang berlangsung hingga 12 Agustus.

Mazda Service Week menyediakan layanan pemerik-saan gratis dan potongan 20 persen untuk pembelian suku cadang. “Khusus para pengguna CX-7 dan CX-9 berhak mendapatkan 1 liter gratis Genuine Mazda Oil -5W30 selama masa kampanye ini,” kata Keizo Okue, Presdir PT MMI. (fi n/zul/rif)

Mudik Hemat dan Nyaman dengan Oil Booster

MENGHEMAT biaya perjalanan mudik bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, dengan teknik mengemudi yang baik alias tidak agresif, menekan seminim mungkin kebiasan menginjak pedal gas dalam-dalam dan mengerem mendadak, maupun dengan me-maksimalkan kinerja mesin melalui penggunaan pelumas dan booster pelumas yang baik. Kok bisa? Tentu saja bisa. Menggunakan pelumas yang bagus ditambah dengan bahan aditif yang tepat membuat kinerja mesin mobil dan motor yang dipa-kai perjalanan jauh untuk mudik bisa bekerja optimal. Konsumsi bahan bakar pun jadi lebih irit. Perjalanan mudik jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

“Mudik lebaran yang hemat, aman dan nyaman tentu menjadi idaman setiap pemudik”, demikian pendapat Rieza Rezita, Direktur Marketing PT GMO Asia, produsen oil booster GMO.

Dia menambahkan, gaktor utama penentu konsumsi bahan bakar

kendaraan bermotor adalah cara mengendarai dan kondisi lalu lintas. “Pengendaraan yang agresif seperti akselerasi yang mendadak dan ser-ing dilakukan akan memberikan dampak boros bahan bakar. Se-mentara pengendaraan yang halus akselerasinya akan memberikan dampak penghematan bahan bakar yang sangat signifi kan,” jelas Rieza.

Kondisi lalu lintas yang memaksa berjalan dengan stop and go juga memberikan andil terhadap mening-katnya konsumsi bahan bakar, karena banyaknya akselerasi dan deselerasi yang harus dilakukan. Tidak kalah pentingnya tentu pelumas yang menjamin keamanan dan efi siensi operasi mesin akan turut menen-tukan penghematan bahan bakar. Kekentalan dan klasifi kasi kinerja pelumas sesuai spesifi kasi yang telah ditentukan pembuat mesin meru-pakan kunci utama operasi mesin yang aman dan efi sien. Aditif yang merupakan penentu kinerja pelu-mas mesin mempunyai salah satu fungsi sebagai pengurang gesekan

sehingga hambatan di dalam mesin berkurang. “Hambatan yang rendah akan manjadikan mesin lebih ringan untuk berputar dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat”, imbuh Tri Yuswidjajanto, Direktur Teknik PT GMO Asia.

Dia menjelaskan, oil booster GMO memiliki kemampuan membuat lapisan kontak menjadi lebih halus dan licin berkat materi Hyper Metal Coating yang terkandung di dalamnya.

Adanya tambahan senyawa kimia Friction Modifi er juga mampu membuat kinerja pelumas di dalam mesin menjadi lebih licin. Sementa-ra, kandungan anti-oksidannya mampu membuat pelumas lebih awet. Kandungan lainnya dalam oil booster ini seperti detergen mampu membuat pelumas bisa diandalkan untuk membersihkan komponen mesin yang dilaluinya. Begitu juga bahan Bio-Dispersant yang mampu

membuat pelumas mampu meny-erap kotoran, menjadikan pelumas dapat dipergunakan lebih lama, mesin lebih terawat, konsumsi ba-han bakar lebih hemat, tarikan lebih enteng dan bertenaga. “Keamanan operasi mesin dan kenyamanan berkendara serta hemat bahan bakar dapat diperoleh secara sekaligus hanya dengan cara menuangkan GMO Oil Booster ke dalam pe-lumas mesin kendaraan dengan konsentrasi 5 sampai 10 persen”, saran Juergen Gunawan, Direktur Produksi PT GMO Asia.

Jika kendaraan sudah menjadi he-mat, aman dan nyaman untuk dik-endarai karena telah menggunakan oil booster, maka peran selanjutnya ada pada sang pengendara, dengan senantiasa

menaati aturan berlalu lintas di sepanjang jalur mudik yang dilalui, dan tentu saja didukung dengan kondisi fi sik yang prima.(fi n)

TRIBUN/CHOIRUL ARIFIN

BUAT PEMUDIK- Layanan posko mudik PT General Motors Idodnesia menyediakan mekanik Chevrolet yang bersiaga 24 jam di rest point jalur mudik Pantura lengkap dengan mobil servisnya.

Mengemudi Amanuntuk Mudik

kondisi mobil prima dan siap diajak perjalanan jauh untuk mudik, kondisi pengemudi juga perlu dipersiapkan agar menge-mudi nyaman, waspada terhadap jalan dan perjalanan meny-enangkan sampai kota tujuan. “Persiapan pengemudi perlu diperhatikan. Kenyamanan dan kewaspadaan saat mengemudi juga tetap diutamakan,” ujar Rifat Sungkar, pereli nasional yang juga kerap menjadi mentor pada safety driving.

StaminaPastikan kondisi tubuh saat mengemudi benar-benar fi t dan

tidak dalam pengaruh obat-obatan yang biasanya mengandung obat tidur meski dosisnya beragam. Upayakan waktu tidur cukup.

HiburanBerkendara dalam waktu lama kerap membuat jenuh dan

menurunkan tingkat konsentrasi. Ditambah lagi macet, udara panas, rasa lelah dan ngantuk. Hiburan adaslah sarana untuk menjaga mood dan menjauhkan diri dari kejenuhan. Tak kalah penting, lagi tidak menyita konsentrasi kala mengemudi. “Tipe hiburan dianjurkan adalah musik, karena tidak mengganggu konsentrasi dan mudah dioperasikan,” jelas Rifat. Ritme musik juga harus dipilih jangan bertempo cepat, karena bisa memacu adrenalin yang mengarah menjadi pengemudi yang agresif.

Air PutihBukan hanya sekadar sebagai pelepas dahaga, meminum air

putih bisa menyegarkan apalagi saat lesu dan ngantuk menjel-ang.

SikapSikap menyetir amat penting untuk berkendara dengan

nyaman dan mengutamakan keselamatan. Kondisi ini berlaku untuk segala situasi. Tak kalah penting,menguasai mobil dan kondisinya (penumpang dan barang bawaan).

Rifat menyarankan agar selalu memperhatikan rambu lalu-lintas dan hargai pengguna jalan lain. Terlalu agresif atau kalem juga tidak baik. Menurutnya, laju lalu-lintas memiliki fase atau ritme. Mengemudi terlalu agresif atau santai akan mengggangu fase atau ritme pengemudi lain. Mereka bisa jadi tidak dapat mengikuti atau bereaksi dengan baik.

Lama MengemudiWaktu ideal berada di balik kemudi adalah 3 jam. Sebisa

mungkin lakukan rehat dan senam ringan setelah melewati batas waktu tersebut untuk merenggangkan otot-otot Anda yang kaku selama duduk. Jangan memaksakan mengemudi terus-menerus karena akan mempengeruhi kewaspadaan berkendara.(kps)

Hasil Uji Laboratorium dan Uji Lapangan GMO Oil Booster

Meningkatkan kualitas pelumasan mesin Mengoptimalkan usia pakai pelumas

Menghemat bahan bakar Membersihkan kerak di dalam mesin

Menekan emisi karbonMnghaluskan suara mesinMeringankan tarikan mesin

ADM dan ToyotaProduksi Mobil MurahTOYOTA dan Daihatsu memastikan diri akan berkolaborasi mem-produksi mobil bersama, menyusul sukses penjualan Toyota Avanza dan Daihat-su Xenia, dilanjutkan Rush dan Terios, lalu berlanjut di kerjasama produksi dan penjualan All New Avanza dan All New Xenia.

Kali ini, kerjasama induk dan anak perusahaan tersebut diarahkan untuk memproduksi

mobil murah untuk pasar Indonesia. Strategi ini dilakukan untuk merespon

program Pemerintah RI menerapkan kebijakan industri otomotif Low Cost and Green Car (LCGC) atau Proyek Mobil Murah dan Hemat BBM.

Head Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sang-gau membenarkan rencana kerjasama tersebut dan dibenarkan Johnny Dar-mawan, Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM). “Tentang proyek tersebut,

kami memang berkolabo-rasi dengan Daihatsu. Kami tinggal menunggu peraturan dari pemerintah. Kalau peraturannya sudah dikeluarkan, barulah Toyota siap mengumumkannya,” kata Johhny Darmawan, Rabu (15/8) di Jakarta.

Namun Johnny masih enggan menjelaskan lebih jauh perihal proyek tersebut. Jika diizinkan Toyota dan Daihatsu akan memproduksi mobil mu-rah. Begitu juga soal model yang akan diproduksi.

Sebelumnya, sempat beredar foto mobil murah Toyota-Daihatsu berkon-sep hatchback (city car) bermesin 1.000 cc yang diduga akan menjadi proyek mobil murah kedua perusahaan. Mobil ini kabarnya akan diberi nama Toyota Agia. Sementara, untuk emblem Daihatsu, pihak ADM belum meny-iapkan namanya. Mobil ini akan dipasarkan dengan harga di bawah Rp 100 juta.(fi n/dp)

Rumour

Andre Ramadhan

Debut Album Andre RamadhanVOKALIS band No Doubt,Gwen Stefani, siap balik lagike Gavin Rossdale, mantansuaminya. Dia dikabarkanakan menikah lagi denganGavin Rossdale bertepatandengan ulang tahun ke-10pernikahannya dengan laki-laki tersebut.

“Mereka memang akanmenikah lagi 14 Septembernanti. Mereka merasaseperti sedang jatuh cintalagi,” ujar sebuah sumberdikutip Femalefirst, Rabu(15/8).

Pasangan beda usia empattahun ini menikah pada 2002

di Kota London dan dikaruniadua anak, Kingston JamesMcGregor Rossdale dan ZumaNesta Rock Rossdale.

Perceraian pasangan inimenurut majalah Star,

Siap Balik ke Mantan Suamidilatarbelakangi olehketidaktahuan Gwen tentangmasa lalu Gavin.

Gwen sempat sangat shocksaat mengetahui Gavinmemiliki seorang putri darimantan kekasihnya, PearlLowe, dan kini sudah berusia22 tahun.

Tak cuma itu, Gavin jugapernah menjalin hubungansesama jenis dengan PeterRobinson. Beberapa waktulalu, mantan istri Kurt Cobain,Courtney Love jugamengungkapkan Gavinpernah berselingkuhdengannya saat dia masihberkencan dengan Gwen.

Faktor lainnya yang jadipemicu perceraian kala ituadalah memburuknya karier

Gavin. Saat akanmenikah, karier Gavinbegitu cemerlang,dan tiba-tiba berbalikketika mereka sudahmenjalani rumahtangga.

Kelak setelahGwen dan Gavinmenikah lagi,keduanyaberancang-ancangmenambah anaklagi. Bedanya,

anak ketiga nantiakan diadopsi, tidak

dari persalinan Gwen.Gwen beralasan,

usianya sudahbertambah dan itu

berisiko jika dirinyahamil lagi. Usia Gwen

saat ini 42 tahun danGavin 46 tahun.(fin)

Syuting Bareng MU di Terowongan StadionBUAT Nidji, menjalani syutingvideo klip di markas besar klubsepakbola legendaris MachesterUnited adalah sebuah pencapaiantersendiri. Menurut rencana laguNidji berjudul Liberty Victory akandibuatkan klipnya dengan latarbelakang Stadion Old Trafford.

Giring dan kawan-kawan jugaberkesempatan syuting barengdalam satu adegan bersamasejumlah pemain andalan MU

seperti Wayne Rooney, Chicharito,dan Shinji Kagawa. Syutingnyasendiri dilakukan sebelum kompetisiLiga Inggris bergulir.

“Ya, ada satu scene sama mereka.Syutingnya enggak boleh dilapangan, tapi di terowongannya,”kata Giring, saat ditemui Tribun disela acara buka puasa bersama anakyatim di Gedung Smesco, JalanGatot Soebroto, Jakarta.

Berdasarkan konsep video

klipnya, lagu Liberty Victory akandinyanyikan para pemain MU danakan menjadi penyemangat buatpara pemain MU dan penonton.

“Terus, nanti akan ada anak kecilbersama orangtuanya yang jugamau nonton bola. Ada juga adegananak jalanan sama polisi yangnonton bareng pertandingan bola.Jadi, benar-benar bola dan musikyang menyatukan mereka,” jelasGiring.

Giring dan para personil Nidjidijadwalkan meninggalkan Jakartamenuju Manchester

pada Kamis hari ini, sekaligusberlebaran di sana.

Giring mengaku sudah tidaksabar menjalani syuting video klipini di Manchester lantaran jadwalini sudah dua kali tertunda. Diaberharap proses syutingberlangsung lancar tanpakendala.(willem jonata)

TRIBUN/IMAN SURYANTO

Nidji

Beredar Lagi, Foto-fotoSensasional Syahrini

SEJUMLAH foto mirip sosokSyahrini dan Luna Maya sertaAisyahrani, adik sekaligusmanajer Syahrini, beredar diinternet. Pose ketiganya bersamaseorang satu teman wanita lain,yang mirip wajah Dhea Anandadalam balutan busana seksiterlihat tengah asyik merokok.Dalam foto tersebut, merekaberempat terlihat duduk dirumput. Luna dan Syahriniterlihat akrab. Keempatnyamengenakan hotpants. Sosokmirip Aisyahrani mengenakanhotpants dipadu dengantanktop hitam. Begitu jugadengan Syahrini. Sementara,Luna Maya mengenakan atasanberlengan yang lebih sopanwarna biru. Total ada delapanfoto yang beredar.

Jari tangan Syahrini danAisyahrani masing-masingmenggenggam sebatang rokok.Sementara, tangan kanan LunaMaya mengenggam benda miripsebungkus rokok mild.

Wajah Syahrini, Aisyahranidan Dhe Ananda terlihattersenyum menghadap kamera.

Belum diketahui secara persisdi mana foto-foto tersebutdiambil dan kapan dipotret.

Ada dugaan, merekaberempat sedang nongkrongbareng di sela acara nontonsebuah konser musik di stage

terbuka.Foto-foto sensasional Syahrini

dan adiknya bukan kali ini sajamenyebar di dunia maya.Sebelumnya, foto pose Syahrinidalam pelukan seorang cowokberedar di dunia maya. Fototersebut muncul tak lama setelahSyahrini disebut-sebut menjalinasmara dengan pria Malaysiabernama Bugi. Pose lainnyaadalah Syahrini saat partytengah dipeluk Daniel Manantajuga pernah beredar di Internet.

Sensasi lainnya yang datangdari Syahrini adalah gayanyaberbusana dan berdandan. Diapernah memamerkan tatarambut yang disebutnya JambulKhatulistiwa, lalu bulu mataAntibadai, dan busana muslimKaftan ala Timur Tengah.

Awal Agustus lalu, dalamsebuah wawancara denganawak media hiburan, Syahrinimenegaskan, hal sensasionalsemacam itu sah-sah saja dialakukan. Terlebih dirinyamenyandang status sebagaipekerja dunia hiburan. “Setiapentertainer harus ada karyayang banyak, tema yangseperti ini pakai gaya apa,kreativitas terjaga dan kualitas.Ini jadi mahakarya sendiri,orisinalitas terjaga. Ini semuaseni buat aku,” ujar Syahrinikala itu.(fin/*)

SEKIAN lama menyandang status duda setelahbercerai dengan vokalis Dewi Sandra, hingga saatini vokalis kelahiran Ambon, Glenn Fredly,mengaku masih sendiri. “Yup, masih sendiri. Tapiorang ada, sih, yang kepo (pengin tahu), tapi yaada saatnya saya akan kasih tahu,” ujar Glenndalam sebuah wawancara di kawasan SudirmanPark, Jakarta.

Bila tiba saatnya, Glenn tak akanmenyembunyikan siapa wanita yang berhasilmengisi kekosongan hatinya. “Kalau gue ketemudengan orang itu, ya ngapain gue umpetin,” kataGlenn sambil tersenyum.

Namun, dari sorot matanya, Glenn seakanmerahasiakan sesuatu. Apakah Glenn benar-benarjujur dengan pengakuannya tersebut? Ketika

didesak mengenai siapa wanita yang tengah dekatdengannya saat ini, Glenn mengaku akan blak-blakan sambil mencurahkan isi hatinya saatmenggelar konser tunggal “Cinta Beta” di IstoraSenayan, Jakarta, 2 September 2012.

“Makanya, datang ke konser, nanti gue beberin,gue curhat di situ. Kamera harus tepat nyorotnyabiar ketahuan siapa orangnya,” ujar Glenn.(kps)

Masih Rahasiakan Identitas Pacar

FOTO-FOTO ISTIMEWA

BUKAN KALI PERTAMA- Sosok mirip Syahrini, Aisyahrani (adik Syahrini) dan sosok mirip Luna Maya, dengan busana minim asyik merokok.

Kristen Stewart

Lega, Tak Dijelek-jelekkan di Televisi

DIALAH Andre Ramadhan. Mungkin Andabelum mengenalnya. Ya, dialah sosok penya-nyi pendatang baru di ranah musik Indonesia.Mengawali debut bermusiknya, penyanyiberwajah manis ini Juli lalu merilis satu albumbertajuk Sebaik-baik Wanita dengan singleandalan berjudul Hanya Allah.

Rabu (15/8) kemarin, Andre menjalani sesipemotretan di Bentara Budaya Jakarta,Palmerah, Jakarta.

Album pertama Andre berisi total 10 lagu iniantara lain dipasarkan dalam format albumdigital dan dijual dalam format MP3 320,FLAC, dan lainnya. Lagu-lagunya beraliranpop romantis dan balada. Salah satu pe-

masarnya adalah Endy Daniyanto melaluialamat di http://music.endydaniyanto.net/album/sebaik-baik-wanita.

Sebagai pemanis, jika memesan CD albumyang dirilis oleh label Trampolin Records ini,Anda berhak mendapatkan free digitaldownload. Menurut Endy, berbeda dari albumreligi lainnya, debut solo Andre Ramadhandibuat dari hati untuk hati.

Proses perekaman vokal Andre untuk lagu-lagu di album ini dilakukan di Studio RuangMerah, Jakarta. Semua keyboard, gitar, danpemrograman dilakukan oleh Endy Daniyan-to. Endy pula yang merangkap sebagaiengineer dan produser.(fin)

KOMPAS IMAGES/RODERICKADRIAN MOZES

DI tengah rencana RobertPattison mengajaknya kete-muan, Kristen Stewart mengakusangat lega lawan mainnya difilm Twilight tersebut takmenjelek-jelekkan dirinya diruang publik.

Baru-baru ini Robert memangdiundang tampil menjadipengisi acara di program televisiDaily Show. Selama wawancaradi tayangan tersebut Robertmemang sempat menyinggunghubungannya dengan Kristenyang kini retak gara-garaKristen ketahuan berselingkuhdengan sutradara RupertSander.

Robert mengaku merasajanggal jika harus menjawabpertanyaan seperti itu. Dengansedikit bercanda, dia mengata-kan dirinya harus menyewa jasapublisis untuk menghadapisituasi semacam ini.

Selebihnya, Robert tak bersediamembahas lebih detil lagimengenai Kristen Stewart. Robertmemasukkan candaan ketikamenjawab pertanyaan tersebutselama acara yang dipandu hostJon Stewart tersebut berlang-sung.

Sebuah sumber dikutip RadarOnline, Rabu (15/8) mengata-kan, Kristen juga menyaksikantayangan program tersebutmelalui layar televisi, dan dialega ketika Robert tak menjelek-jelekkan dirinya di acaratersebut. “Setelah melihat Robertenggan menjawab pertanyaansemacam itu, Kristen bisa sedikitlega dan kini dia yang malahjadi merasa bersalah,” imbuhsang sumber.

Kristen sempat sangat was-was kalau-kalau Robert menge-luarkan kata-kata kotor tentang-nya, lantaran ia telah bersel-

ingkuh dengan Rupert Sander.Kristen sebenarnya masih

berharap bisa kembali kepelukan Robert. Dia berharapbisa mendapatkan kesempatankedua untuk memperbaikihubungannya dengan Robert,meski hanya sebatas sahabat.“Dia percaya kelak dapatbekerja-sama dan menjalinpersahabatan. Kristen

sangat ingin meminta maafkepada Robert atas perselingku-hannya itu,” kata sumber.

“Kristen tidak benar-benartidak ingin kehilangan Robertdalam hidupnya dan sangatingin menjadikan Robert salahsatu sahabat dekatnya. Merekameraih popularitas bersama-sama setelah main bareng di filmTwilight. Itu sesuatu yangmereka akan selalu membuatmereka saling berbagi,” lanjutsumber tersebut.(fin)

AP PHOTO/MATTS A Y L E S

AP PHOTO/KATY WINN

Gwen Stefani bersama kedua momongannya, Kingston (kiri) dan Zuma.

SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 201224

SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 2012 25

Page 23: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012
Page 24: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

SRIWIJAYA POSTKamis, 16 Agustus 2012 23

Page 25: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012

SRIWIJAYA POST

Kamis, 16 Agustus 201227

SRIPO – Bintang sepakbolaPrancis Franck Ribery danKarim Benzema dipanggilhakim atas dugaan merekamenyewa jasa pekerja sekskomersial (PSK) dibawahumur. Pasangan yangmemperkuat Prancis dalampertandingan melawanUruguay Rabu (15/8)malam, sudah menjadiobyek penyelidikan sejakdua tahun silam.

Keduanya membantahdugaan itu danperempuan yang terlibatdalam kasus ini, ZahiaDehar, telah mengatakan,tidak ada satu pun darimereka yang mengetahui,bahwa ia baru berusia 16

PSK Bawah Umur SeretRibery-Benzema

Dipanggil Hakim untuk Bersaksi

tahun saat itu.Hakim penyidik

memutuskan bahwa,mereka harus bersaksi,tetapi tanggalnya belumditetapkan. KeputusanHakim Andre Dandotberlawanan denganrekomendasi jaksa diParis yang mengatakan,pada November 2011 lalu,bahwa kasus ini harusditutup karena parapemain tidak menyadaribahwa Dehar masihdibawah umur.

Enam orang lainnyajuga dipanggilmenghadap hakim danbeberapa diantaranyamenghadapi dugaan

melakukan praktikmucikari.

Berdasarkan hukumPrancis, seks berbayardengan seseorang dibawah usia 18 dapatdiancam hukumanpenjara hingga tiga tahundan denda 45.000 euro(Rp 525 juta).

Namun pasal ituberlaku jika pihaktergugat memangmengetahui bahwa, iaberhubungan seksdengan seseorangdibawah umur.

Publik dan mediaPrancis menyebut, kasusini sebagai “skandalZahia”, muncul dua tahun

lalu ketika polisimenyelidiki dugaanbahwa, sebuah klubmalam di Parismengizinkan PSKdibawah umurberoperasi. Namunsemua dugaan itu berasaldari 2008 dan 2009.

Pengacara SylvainCormier yang mewakilipenyerang Real MadridKarim Benzemamengatakan kliennyatidak bersalah “dan iaakan memberi penjelasandihadapan pengadilan.”

Pelatih Prancis DidierDeschamps mengatakan,masalah ini adalahkewenangan hukum dantidak berdampak padaperan mereka di lapanganatau di tim nasional.

LEGENDA sepakbola asal ArgentinaDiego Maradona telah menekankanhasratnya untuk menjadi pelatihChina setelah sampai di negaratersebut untuk perjalanan amaldelapan hari. Lelaki 52 tahun yangmenjadi kepala pelatihArgentina padaPiala Dunia 2012itu didepakklub UnitedArab Emir-ates bulanlalu, namundia masihtertarikmencaripekerjaan dinegaraTimur,

sebagaimana dikutip dari Reuters,Rabu (15/8).

“Saya ingin melatih China,” kataMaradona di konferensi pers Beijing,seperti dilaporkan China Daily. “Sayaingin berkontribusi untukperkembangan bibit muda sepakbolaChina,”

Selama kunjungannya di China,pesepakbola yang memimpin Argen-tina pada Piala Dunia 1986 itu akanberbincang-bincang dengan bosfederasi sepakbola China, Wei Di.

Maradona sebelumnya dipecat daripelatih Argentina usai kalah 4-0 dariJerman di perempat final turnamen2012.

Para pemain China telah melihatarus kedatangan pemain dan pelatih

terkenal dari luar negeri,termasuk Sergio Batista,

orang yang mengambilalih pekerjaan pelatihArgentina dari tanganMaradona. Batistakini menjadi pelatihShanghai Shenhua.

Sementara itu, ri-val ShanghaiShenhua,GuangzhouEvergrandememinjam tenagamantan pelatihjuara Piala DuniaItalia, MarcelloLippi. (cw2/ant)

PERSELISIHAN antarastriker Manchester CityMario Balotelli danmantan kekasihnya,Raffaella Fico belum jugausai. Raffaella membuatpenyataan mengejutkanketika ia mengatakan, jikaSuper Mario seringmenganggunya dengankata-kata yangmelecehkan di telepon.

Sejak putus, keduanyamemang sudah tidakpernah bertemu lagi.Mereka lebih seringberhubungan lewattelepon untuk membahaskehamilanRaffaella.”Mario seringmeneleponku lebih dari30 kali. Dia hanyaberteriak dan memanggil-manggil namaku,” ujarRaffaella dilansir The Sun.

“Aku seharusnyamenyadari sifat buruknyaketika ia berkata “Akubisa pergi dengan wanitamalam, aku bisamenabrakkan mobilku,membakar rumahku danhari berikutnya aku bisabermain dengan bagusdan mencetak gol danmenjadi yang terbaik.”

Dilain kesempatan, diamengaku masih seringmendapati telepon tengah

Super Mario Kerap Teror Fico

malam dari Mario Balotelli.Lalu, apa yang terjadi? Ekspacar Balotelli itumemberikanpernyataannya. Ia didaulatsebagai ikon sampul dancerita utama di majalahDiva e Donna edisi akhirpekan.”Balotelli, janganmeneleponku lagi saattengah malam. Aku butuhketenangan untukmenjalani kehamilan ini,”ucapnya dalam artikelutamanya.

Fico mengakumendapat sekitar 30panggilan telepon daribomber Italia milik

Manchester City.”Akuberteriak karena stressecara psikologis. Akugemetar, tapi aku bilangkepada diriku sendiriuntuk kuat demi bayiyang ada dalamkandunganku,” lanjutFico seperti dikutip LaGazzetta dello Sport.

Beberapa waktu lalu,Balotelli menginginkan tesDNA untuk memastikansiapa ayah yang dikandungFico.”Mario tahu yangsebenarnya dan (tes DNA)itu sebuah kebodohan.Sungguh mengecewakanaku tak bersamanya lagi

setelah mengandung anakini,” tuturnya.

“Yang pasti, akumenolak melakukanaborsi. Aku tak ingindirinya (Balotelli) tak acuhterhadap anak ini. Ia selalubilang rasanyadicampakkan saat masihkecil. Ia paham bagaimanapahitnya itu,” urai Fico.

Gara-gara “teror”telepon ala Balotelli, Ficosempat sakit.”Akulangsung pergi ke dokterkandungan yangmenasihatiku untuksegera beristirahat selamamungkin. Itu ketakutanterbesarku, tapi sekarangaku baik-baik saja,”ungkapnya.

Perselisihan di antarakeduanya mulai terjadiketika Raffaela mengakuitengah mengandung anakBalotelli. Pemain timnasItalia tersebut tidakmempercayainya begitusaja, ia menginginkan tesDNA untuk membuktikanjika dia benar-benar ayahdari bayi yang sedangdikandung Raffaella.Mantan striker Inter Milantersebut bahkan pernahmeminta Raffaella untukmenjalani aborsi.

(kcm/tribunnews)

Ingin Latih Klub Cina

HANDPIKET-STYLE.COM/RIBERY:GOAL.COM

KarimBenzema Franck Ribery

Zahia Dehar

Mario Balotelli, Raffaella FicoINILAH.COM

GUARDIAN.CO.UK

DiegoMaradona

SRIWIJAYA POST

Kamis, 16 Agustus 2012 22

Arema SulitDapatkan Beto

La Nyalla:Semen PadangBoleh Pindah

JAKARTA, SRIPO – Untuk menerima Semen Padangyang diisukan bakal berpindah haluan dari Liga Primer

Indonesia (IPL) ke Liga Super (ISL) harusmendapat persetujuan Kongres PSSI.

Menurut PSSI versi KLB, La NyallaMahmud Mattalitti, untuk memperjelasitu tersebut, pihak Semen Padang harusmengirim surat permohonan dulukepadanya.

“Kalau proses itu sudah dilakukanbaru saya akan bicarakan di rapat ex-ecutive committee untuk mintadisetujui. Karena PSSI ini bukanpunya saya tapi millik klub, ujar LaNyalla, Selasa (14/8).

Hingga saat ini, kata La Nyalla,pihaknya belum menerima surattersebut dari Semen Padang. Iasengaja menunggu pihak SemenPadang mengajukan surat terlebihdulu agar tidak timbul anggapandirinya ‘membajak’ peserta IPL.

“Belum ada surat. Saya jugatidak mau tanya ke mereka.Biar mereka punya inisiatif

sendiri saja. Ini kan organisasijadi harus ada tertulisnya,”tegas pria yang juga menjabatKetua KADIN jawa Timur itu.

La Nyalla membantah, jikaisu kepindahan Semen Padangke ISL adalah hasil daripendekatan pihaknya.Menurutnya keputusan untukmeneriman klub berjuluk KabauSirah itu tetap berada di tangan

para pemilik suara di KongresPSSI, bukan semata keputusansendiri. Kalo mereka mau ke ISLitu pun harus saya tawarkan

kepada klub-klub ISL untuk diputuskandulu dikongres,” ujarnya. (inilah.com/w2)

Risky MencariKlub Baru

Siswanto ke Barito

DIPUTUS kontrak olehSriwijaya FC tidakmembuat striker muda,Risky Novriyansyahmenjadi patah arang.Bahkan, dengan adanyakejelasan ini ia berencanamencari pelabuhan atauklub secepatnya untukmengarungi musimkompetisi 2012/2012nanti.

“Saya sih bersikapprofesional saja, kalaumemang diputuskontraknya olehmanajemen, ya mau apalagi,” katanya.

Mantan pemain PersijapJepara ini mengaku,hingga kini belum adasatupun klub, yangmengajukan penawaranresmi untuk merekrutdirinya. Meski belakangan

santer terdengar kabarbahwa pemain yangberhasil mencetak dua golbagi SFC ini sedangdidekati oleh GresikUnited.

“Belum ada klub yangmenawari saya, baik ituklub ISL (Indonesia SuperLeague) maupun IPL (In-donesia Premier League).Saya sih tiak pilih-pilihkalau kontraknya cocok,baik itu ISL maupun IPLtidak menjadi masalah,”jelas pemain kelahiran 23November 1989. Pemainyang memulai karirnya diPelita Jaya U-23 inimengaku masihmenikmati liburanbersama keluargabesarnya di PangkalPinang, Bangka Belitung.Kompetisi panjang yang

dilaluinya selama beradadi SFC membuat ia inginmemanfaatkan jedahliburan ini dengan sebaik-baiknya.”Saat ini sayamasih menikmati liburandulu,” ujarnya.

Ditanya bagaimanakesan-kesannyas selamamembela SFC musimkemarin? Pemuda inimengatakan, palingberkesan saatmerengkuhgelarjuarabersamaSFC. Apalagiini gelarpertamanyamenjalani karirprofesional.”Mudah-mudahan saya bisamendapatkan klub yanglebih baik lagi untukmusim depan, baik itudarri segi karir dan yanglainnya,” pungkas mantan

punggawa Timnas U-21ini.

Sementara itu Siswantosanter diisukan merapatke Barito Putra. Kendatibelum pasti, namundesas-desus ini mendekatikenyataan, lantaran sangpemain tidak jadimerapat ke PersibBandung.(cw2)

Risky Novriyansyah

PALEMBANG, SRIPO –Seperti halnya Sriwijaya FCyang berpikir dua kalimendatangkan AlbertoGoncalves yang memintakontrak Rp2 miliar, ambisimanajamen Arema yangberlaga di Liga Super Indonesia(ISL) untuk mendapatkanstriker Persipura Jayapura,Alberto ‘Beto’ Goncalves,terancam gagal.

Pasalnya, top skor musimlalu itu, tetek kukuh denganmemasang harga yang cukuptinggi, yakni sebesar Rp2 Miliar.Beto dikabarkan tidak inginmenurunkan nilai kontraknyadan membuat Arema mundurteratur.

Demikian diungkapkan Me-dia Officer Arema, Sudarmadjimelalui situr Ongisnade, Rabu(15/8). Ia mengatakan bahwa,pihaknya sudahberkomunikasi dengan agenBeto. Namun negosiasiterancam mandek karena nilaiyang diajukan di luarkemampuan kantong SingoEdan. Sedangkan Eko Subekti,yang menjadi agen Beto,menilai angka yang merekatawarkan tidak kaku aliasmasih bisa dinegosiasikan.

“Kami harus bijakmembelanjakan dana sesuaikemampuan budget diArema,” ujar Sudarmadjikepada Vivabola melalui pesansingkat.

Sudarmadji kemudianmembandingkan denganpengeluaran Arema pada

putaran kedua lalu.Menurutnya, saat itu, SingoEdan hanya mengeluarkandana sebesar Rp500 jutauntuk menggaet DzumafoHerman Epandi. Artinya,kontrak dalam semusimDzumafo hanya Rp1 Miliar.“Kami tidak ingin terjebakdalam ekspektasi yang tinggikarena bisa berdampakkurang baik bagi kami,” kataSudarmadji.

Sementara itu pihakSriwijaya FC juga keberatandengan nilai kontark Betoyang setinggi langit itu. Untukukuran klub-klub ISL, cukupberat membayar kontrakpemain yang mencapai Rp2miliar.

Direktur Teknik dan SDM PTSOM, Hendri Zainudinmenilai, manajemen berpikirulang dan prioritasmempertahankanKeith KayambaGumbs, sehinggapihaknyamemilihmenahan diri.Uangsebanyak Rp2miliar itu, bisamendapatkandua striker lokalberkualitas.”Lebihkami fokusmencari striker lokalsetelah manajemenmemutuskan lebihmemprioritaskan untukmempertahankan Kayamba,”jelas Hendri. (cw2/ndr)

SRIPO/SYAHRUL

SRIPO/SYAHRUL

La NyallaMahmud Mattalitti

IST

Alberto Goncalves

Page 26: Sriwijaya Post Edisi Kamis 16 Agustus 2012