sriwijaya post edisi kamis 14 februari 2013

24

Upload: yulius-saputra

Post on 22-Mar-2016

373 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

Sriwijaya Post Edisi Cetak

TRANSCRIPT

Page 1: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013
Page 2: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

2 SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 2013

SALAM SRIWIJAYA

POJOK

JUMAT15 FEBRUARI 2013

4 RABIUL AKHIR 1434 H

SUBUH : 04 .52 WIB

ZUHUR : ... 12.17 WIBASHAR : ....15.35 WIBMAGHRIB : ....18.24WIBISYA` : .... 19.34WIB

KAMIS

14 FEBRUARI 2013

3 RABIUL AKHIR 1434 H

DIREKTUR UTAMA: Herman Darmo, DIREKTUR: Ir HM Soleh Thamrin, Bambang Hartono. PEMIMPIN UMUM: Ir HM Soleh Thamrin. .PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNGJAWAB: Hadi Prayogo, REDAKTUR PELAKSANA: L Weny Ramdiastuti. MANAJER PRODUKSI:Theresia Juita. REDAKTUR EKSEKUTIF: Sutrisman Dinah. KOORDINATOR LIPUTAN: Wiedarto. SEKRETARIS REDAKSI: H. SalmanRasyidin. STAF REDAKSI: Aminudin, Subardi, Azwir, Hanafijal, Rustam Imron, Ray Happyeni, Sudarwan, Zainal Piliang, Harina Asiana,

Syahrul Hidayat, Leni Juita, Muhammad Husin, Abdul Hafiz, Tarso, Lisma Noviani, Sugeng Haryadi, Ardani Zuhri, Zaini,Vanda Rosetiati, Saftarina, Aang Hamdani, Hendra Kusuma, Ahmad Farozi, Saifudin Zuhri. (Ilustrator: AntoniAgustino) PERWAKILAN JAKARTA: Febby Mahendra Putra (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Wakabiro), Budi Prasetyo, Antonius Bramantoro, Jonson Simanjuntak, Murjani, Choirul Arifin, Hendra Gunawan, Ismanto, RachmatHidayat, Sugiyarto, Yuli Sulistiyawan, Zulfikar W Eda

PEMIMPIN PERUSAHAAN: Bambang Hartono MANAJER IKLAN: MF Ririn Kusumawardani MANAJER SIRKULASI : Zulkarnain Tarmizi ALAMAT REDAKSI/IKLAN/SIRKULASI: Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D,Telp (0711) 310088 (6 saluran), Fax (0711) 312888. PERWAKILAN JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 12 Jakarta 10270, Telp. (021) 5483863, 5495359, 5494999, 5301991, Fax (021) 5495360 IKLAN: Gedung Persda Lt 1Jl Palmerah Selatan No. 1-4 Jakarta 10270 Telp (021) 548 3008, 548 0888, 549 0666 Ext 7635 s/d 7638 Fax (021) 5369 6583 E-mail: [email protected] LANGGANAN: Rp 50.000 sebulan (pembayaran di muka), luar kota plus ongkos kirim. Terbit tujuh kali seminggu. Pembayaran iklan langsung ke Bank: Bank Central Asia Palembang Rek No. 021-309665-3, Bank Permata,Palembang, Rek. No. 0400027048, BNI 46, Rek. No. 0051447426, atau langsung ke Kantor Pusat Jl Jenderal Basuki Rahmat No 1608 B-D Palembang, Telp Iklan (0711)-311888, Fax Iklan (0711) 310391.

HARIAN UMUM

SRIWIJAYA POSTPenerbit: PT Sriwijaya Perdana SIUPP: No 233/SK/Menpen/

SIUPP/A.7/1987 tanggal 22 Juni 1987 Jo.196/Ditjen

WARTAWAN SRIWIJAYA POST SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIBENARKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARA SUMBER

KPK: Tunggu pekan depan soal status tersangkaAnas UrbaningrumMenyebarkan wabah galau...

Ratusan hektare sawah di OKU-Timur terendambanjirGagal panen dan tak punya beras!

Pengiriman bantuan korban banjir terhambat ja-lan rusakBanyak jalan untuk kirim bantuan...

Sriwijaya Post/Zaini

RUSAK DAN TERKELUPAS — Sebagian badan Jalan Pangeran Antasari 14 Ilir rusak danaspalnya terkelupas, Senin (4/2) Disepanjang jalan ini biasa di lalui truk barang yang melakukanaktivitas bongkar muat.

DALAM lima tahun terakhir, tampaknya alam kurang ber-sahabat dengan bangsa Indonesia. Berbagai bencanaterus terjadi, dari musibah banjir, tanah longsor, syunami,gempa bumi, lumpur, sampai meletusnya gunung. Benca-na itu tak terkecuali menimpa wilayah Sumsel. Dua harilalu misalnya, di wilayah Kota Pagaralam terjadi tanahlongsor, yang ironisnya menimpa rumah warga dan me-nyebabkan korban tewas.

Peristiwa yang tak dapat kita cegah itu tentu saja mem-berikan peringatan kepada kita, bahwa apa yang ada dialam ini tidak ada yang abadi dan tak selamanya dapatkita prediksi. Tinggal sekarang bagaimana kita berbenahdiri, terutama dalam menjaga keserasian alam, sehinggadiharapkan bencana dapat dihindari. Aksi penebanganpohon di Kota Pagaralam harus menjadi perhatian serius,karena jika tidak maka bukan tidak mungkin bencanaserupa terus terjadi. Mengingat tekstur tanah di kota inimemang punya banyak kemiringan, sehingga sangatrentang tergerus, terutama bila terus hujan.

Kesedihan, keprihatinan, dan kepiluhan terdenghar dimasyarakat kita setelah mendengar adanya bencana.Namun demikian, berbagai perasaan tersebut tidak mestimembuat kita lupa akan tugas masing-masing. Uluran ta-ngan kita sangat dinanti oleh mereka yang terkena musi-bah, baik secara pribadi maupun lembaga, terutama pe-merintah sebagai dinamisator dan fasilitator penangananpascagempa.

Kondisi yang memprihatinkan itu merupakan tugas beratkita semua, rakyat dan pemerintah daerah. Kita harusmemberikan apa saja yang dapat kita lakukan untuk sau-dara-saudara kita di sana, baik berupa tenaga, pikiran,maupun materi.

Melihat pengalaman penanganan bencana selama ini,satu hal yang menjadi kelemahan kita yakni soal buruk-nya koordinasi dan kurangnya tanggung jawab masing-masing pihak. Kondisi ini tak jarang mengorbankan wargayang memerlukan bantuan tersebut. Padahal, secarakuantitas, bantuan materi yang diberikan berbagai kala-ngan cukup memadai. Tetapi lantaran kurang maksimalnyakinerja tim penanganan bantuan, maka berbagai keluhanpun terdengar di masyarakat. Terhadap hal ini, biasanyaalasan yang dikemukakan selalu soal transportasi.

Melihat berbagai fakta penanganan bencana tersebut,kiranya dapat dijadikan acuan bagi pemerintah untukmenilai sejauhmana kinerja aparatnya, termasuk pena-nganan bencana longsor di Pagaralam. Sehingga diha-rapkan di kemudian hari terus dilakukan pembenahan ter-hadap berbagai kelemahan itu. Dan yang tak kala pen-tingnya, menyiapkan berbagai hal dalam menangani ke-mungkinan terjadi bencana, baik Sumber Daya Manusiamaupun kesiapan materi dan infrastruktur lainnya.

Berbagai kegiatan latihan tim penanggulangan benca-na harus dilakukan, sehingga bila bencana itu benar ter-jadi maka penanganannya sesuai dengan harapan. Tentuyang tak kalah penting adalah peralatan, yang menjadibagian penting penanggulangan pascabencana. $$$

Menguji KesiapanPenanggulangan Bencana

TERIMA kasih atas ke-luhannya yang sudahSaudara sampaimelalui Sripo.Terkait de-ngan keluh-an Sauda-ra, kamiakan laku-kan penye-lidikan dulut e r h a d a panggo-

Pemalak Beraksidi Timbangan IndralayaYTH Kapolres Ogan Ilir

(OI). Tolong tertibkan ang-gota Bapak inisial (y) yang

JAWAB

sering pungli dan malakmobil angkot kami di tim-bangan. Terimakasih.

085378104454

Akan Ditelitita kami yang melakukanpungli, jika memang ter-

bukti melakukan tin-dak bersalah de-

ngan melakukanpungli, akankami lakukantindakan. (mg2)

AKBPDjarod

PadakovaHumas

PoldaSumsel,

DOK SRIPO

TERIMA kasih atas in-formasi yang Anda sam-paikan.

Secepatnya kita akanturunkan tim dan me-ngecek langsung ke la-pangan.

Tapi biasanya, kita su-dah menempatkan pu-luhan petugas yang mo-bile mengangkut sampah

Sampah Halangi JalanKEPADA Yth Dinas Ke-

bersihan Kota Palembang.Tolong dilihat sampah di ja-lan Padmajaya Batu Dua

Plaju. Kondisi sampahnyasangat banyak sampaimenghalangi jalan, mohonperhatiannya. Terima kasih.

085764659005

Cekke Lapangan

JAWABke rumah-rumah pendu-duk dan kawasan umumlainnya.

Tapi tetap akan kitacek ke lokasi secepatnyadan sampahnya akankita angkut. (why)

KMS AbubakarKepala Dinas Keber-

sihan Kota Palembang

Page 3: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

Peresmian dan Angkat Janji serta Pemasangan CapSEBANYAK 100 mahasis-

wa Program DIII KebidananYayasan Pembina Palem-bang secara resmi angkat janjidan pemasangan cap, Rabu(13/2). “Kami ucapkan sela-mat kepada 100 mahasiswaDIII Kebidanan yang hari iniresmi angkat janji dan pema-sangan cap.

Yayasan Pembina Palem-bang selalu berusaha me-ningkatkan sarana dan pra-sarana dengan harapan da-pat menelurkan sumberdaya manusia yang berkua-litas.

Terima kasih dan adalahsuatu kebahagiaan serta ke-banggaan tersendiri ataskepercayaan terhadap lem-

baga kami,” kata Ketua Ya-yasan STIKES Pembina Pa-lembang Hj Linda Fach-rudin melalui AhmadZulinto, SPd, MM selakuDewan Pembina STIKES Ya-yasan Pembina Palembang.

Yayasan Pembina Palem-bang merupakan yayasanpendidikan yang salah sa-tunya menyelenggarakansekolah tinggi di bidang ke-

sehatan dengan program DIIIKebidanan. Telah memperolehizin operasional berdasarkanSK BPPSDM Depkes RI NoHK-.03.2.-4.1.00629 dan telahmemasuki tahun ke-7. Tahun2010 telah TERAKREDITASIBAN PT.

Walikota Palembang H EddySantana Putra diwakili AsistenIV, H Apriadi S Busri CES dalamsambutan mengharapkan de-

ngan diresmikan pelaksana-an praktik klinik ke-bidananini, dapat memberikan kon-tribusi yang positif bagi pela-yanan kesehatan khususnyadi kota Palembang.

“Ini bukti nyata kontribu-si terhadap pembangunandaerah khususnya dalampeningkatan sumber dayamanusia,” kata Apriadi.

Hadir pada acara pe-resmian ini perwakilan Di-nas Kesehatan Sumsel, Di-nas Kesehatan Kota Palem-bang, Koordinator KopertisWilayah II, Ikatan Ke-bidanan Indonesia Sumsel,Ketua dan Pengelola STIKESPembina, para orangtua danmahasiswa. (ADV)

l Mahasiswa Angkatan VIII DIII Kebidanan Pembina Palembang

Eddy SantanaPutra

Romi Herton,wawako Plg

Hj LindaFachrudin

A h m a dZulinto

Apriadi SBusri MAHASISWA yang diangkat janji

PERWAKILAN undangan dan pengelolaSTIKES Pembina

PENYERAHAN hadiah kepada mahasiswaberprestasi

MAHASISWA yang diangkat janji

PALEMBANG, SRIP0 —Calon Walikota Palembang,Ir H Sarimuda MT, Rabu (13/2) menghadiri peringatanMaulid Nabi MuhammadSAW bersama Ikatan BidanIndonesia (IBI) Cabang Pa-lembang di Sekretariat IBIPalembang, Jl Angkatan 66No 501 Palembang Rabu(13/2) siang. Sarimuda da-

Sarimuda Hadiri Maulid Bersama IBI PalembangSarimuda begitu ketara.Dan itu terlihat dari berba-gai tabuhan rebanadimaikan yang diiringi de-ngan lantunan lagu yangliriknya selalu sama, yakni“Sarimuda Siapa yang pu-nya, Sarimuda Siapa yangpunya, Sarimuda Siapayang Punya, Yang PunyaKita Semua”. (cw6/ADV)

tang bersama isterinya, HjLaili Sarimuda.

Dikatakan Sarimuda, keda-tangannya di tengah-tengahpengurus IBI begian darimemperkuat hubungansilaturahim yang harus terusdijaga sampai kapan pun, se-kaligus sosialisasi. “Harapansaya, masyarakat semakinbanyak mengenal dan berko-

munikasi sekaligus keserius-an maju sebagai calon Wali-kota Palembang,” katanya.

Kedatangan Sarimudabersama isteri disambut an-tusias puluhan bidan dari IBIPalembang. Mereka serentakberdiri dari tempat dudukbegitu Sarimuda turun darimobilnya. Antusisme ibu-ibumenyabut kedatangan

SARIMUDA disambut oleh ratusan bidan saat menghadiri peringatan Maulid Nabi MuhammadSAW diadakan pengurus IBI Palembamg SUASANA kemeriahan peringatan Maulid Nabi

Page 4: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 20134

PALEMBANG, SRIPO –Sadar sebagai pendatangbaru di Palembang, BankSaudara berusaha untuk bi-sa merangkul nasabah deng-an cara-cara khusus. Salahsatunya dengan membagi-kan 200 boneka dan mer-chandise bagi pelajar ataumahasiswa yang buka ta-bungan.

Pemimpin Cabang BankSaudara Palembang, IndriatiLukitasari, Rabu (13/2) me-ngatakan setiap membukatabungan 100 ribu langsungmendapatkan pena iconBank Saudara. Khusus pe-nabung yang membuka re-kening baru senilai Rp 200ribu langsung mendapat bo-neka Bear dan Rp 300 ribumendapatkan boneka Ko-modo. “Program ini hanyaberlaku untuk 100 penabung

Bank SaudaraSiapkan 200

Boneka● Bidik Segmen Pelajar dan Mahasiswa

SRIPO/DEWI HANDAYANI

LAYANI – Karyawati Bank Saudara melayani nasabah yang bertransaksi di kantornya. Menyambut Valentine Bank Saudaramemberikan promo boneka gratis untuk pembukaan rekening baru.

pertama pada tanggal 14-15februari,”kata Indriati.

Selain itu, Bank Saudara ju-ga akan menggelar even CarFree Day, bertema KilauBintang Bank Saudara. Pro-gram ini bekerjasama denganbeberapa komoditas yangada di Kambang Iwak, Ming-gu (17/2). Dalam kegiatantersebut juga akan dise-lenggarakan senam sehatdan jalan santai. Ini untukmemperkenalkan produk be-rupa tabungan dan deposito.

“Kita ada program KilauBintang Bank Bersaudaraberhadiah tiga mobil danemas batangan. Hadiah iniuntuk tahun 2012, lalu. Kalautahun ini hampir sama,” ka-tanya. Untuk mengikuti pro-gram Kemilau, Indri menyebutnasabah wajib menyetorkandana, minimal Rp 100 juta

dalam bentuk tabungan ataudeposito berjangka. Hadiah,menurutnya bisa dipilihlangsung. Misal jika mena-bung Rp 650 juta berkesem-patan mendapatkan hadiahmotor Yamaha Vega. Depo-sito, menurutnya harus di-endapkan selama 12 bulan.“Ini salah satu contoh saja,pokoknya kalau nasabahtertarik bisa langsung datangpada saat car free day di Kam-bang Iwak nanti,” kata dia.

Lalu bagaimana programpinjaman pensiun. MenurutLukita sangat direspon ma-syarakat. Beberapa aplikasipun sudah masuk. Namun diaenggan menyebut secraa de-tail jumlah dana yang sudahdisalurkan. “Yang jelas sudahlumayan, tapi dibandingkanbank lain yang sejenis kitamasih kecil, kan masih baru

juga,” katanya. Lukita mem-pertegas bahwa market untukpinjaman pensiunan di Sum-sel masih sanga tinggi. meng-acu data pertahun, terdapat800 orang yang pensiun. Draiangka itu, bank Saudara op-timis mampu merangkul 10hingga 20 persen dari marketitu sudah sangat besar. Apa-lagi pemainnya di Sumsel jugamasih sedikit. “Maksud sayauntuk pemain, bank-bankyang memberikan pinjamanpensiun juga tidak terlalu ba-nyak,” kata dia. Lukita optimismarket di Sumsel bisa di-ambil, apalagi selama inihampir 60 persen sektor bis-nis Bank Saudara didominasikredit pensiun. “Kalau secaranasional, coor bisnis kitahampir 60an persen pensiun.Makanya kita sangat optimis,”katanya. (why)

JAKARTA, SRIPO – PTTrans Power Marine me-netapkan harga perdanapenawaran umum sa-hamnya pada Rp 230 persaham dengan nilai no-minal Rp 100 per saham.Kepastian ini diputus-kan dari kisaran hargaRp 220-250 per saham.

Kepastian tersebuttertuang dalam datayang diterbitkan Kusto-dian Sentral Efek Indo-nesia (KSEI) pada Selasa(12/2). Trans Marine su-dah mendapat izin efek-tif penawaran umum sa-ham perdana (initial pu-blic offering/IPO) pada11 Februrari 2013 lalu.

Intinya, Trans Marineakan melepas 395 jutalembar saham atau 15persen dari modal ditem-patkan dan disetor penuh.Dengan begitu, perusa-haan transportasi pelayar-an ini berpotensi meraup

Trans Power BanderolRp 220-Rp 250

●●●●● Harga Saham Perdanadana sebesar Rp 90,85 miliar.

Dalam aksi ini, Trans Ma-rine menunjuk PT BCASekuritas sebagai penjaminpelaksana emisi efek (un-derwriter). Saham TransMarine akan dicatatkan diBursa Efek Indonesia (BEI)pada 20 Februrari 2013.

Sebagai informasi, danahasil IPO akan digunakanuntuk membiayai sebagianpembelian 4-7 kapal tundadan sebuah floating crane.

“Dari IPO ini hanya un-tuk membiayai 30 persentotal investasi kami yangsekitar 30 juta dollar AS-40juta dollar AS, sisa danakebutuhan investasi akandiperoleh dari pinjamanperbankan,” ujar DirekturUtama Trans Power Ma-rine, Daniel Wardojo.

Ia menambahkan, saat iniperseroan telah mengope-rasikan lebih dari 30 setkapal tunda dan tongkang.Sebagian besar pendapatan

Trans Power masih di-dorong dari bisnis ang-kutan batubara.

Adapun masa pena-waran saham Trans Ma-rine berlangsung padahari ini dan besok, deng-an tanggal penjatahan 18Februari 2013. Sedang-kan tanggal distribusisaham secara elektronikserta tanggal pengem-balian uang pemesanandijadwalkan pada 19Februrari 2013.

(Tribunnews)

BI Hukum Perusahaan Migas Bandel●●●●● Tidak Penuhi Ketentuan BIJAKARTA, SRIPO – Bank Indonesia (BI)siap meladeni perusahaan kontraktorkontrak kerja sama (KKKS) migas yangtidak mau mengirim devisa hasil ekspormelalui bank domestik. Otoritas moneteritu menegaskan, akan menghukum peru-sahaan yang membangkang dari keten-tuan ini. Mulai denda hingga penangguhanekspor.

Besaran denda 0,5 persen dari nominalekspor yang belum masuk ke bank do-mestik. Sedangkan sanksi penangguhanekspor dilakukan Direktorat Jenderal Beadan Cukai, berkoordinasi dengan SatuanKerja Khusus Pelaksana Kegiatan HuluMinyak (SKK Migas). Saat ini, Ditjen BeaCukai sendiri sudah menangguhkan ekspormilik 20 perusahaan dari berbagai sektor.

Deputi Gubernur BI, Halim Alamsyah,menegaskan PBI devisa hasil ekspor ber-laku untuk semua eksportir, baik lokal mau-pun asing. “Itu aturan untuk Republik Indo-nesia! Bukan untuk kepentingan BI,” tegasHalim, Selasa (12/2).

Deputi Gubernur BI, Hartadi Agus Sar-wono, menambahkan perusahaan migastidak pernah dilarang menyimpan hasilekspor mereka di bank luar negeri. BI hanyaingin mereka mengirim dulu hasil penjualanke dalam negeri. Dari situ akan terlihat vol-ume dan nilai ekspor yang sebenarnya, se-hingga pencatatan penjualan barang asalIndonesia menjadi lebih baik.

Catatan saja, perusahaan migas wajibmelaporkan devisa hasil ekspor mulai akhirJuni 2013. Ini merupakan pengecualian,karena pemberian sanksi bagi eksportirsektor usaha lain sudah berjalan sejak per-

tengahan 2012. BI memberikan kelong-garan agar perusahaan migas memiliki wak-tu untuk memperbaiki perjanjian penem-patan hasil ekspor di bank luar negeri.

Sejauh ini, mayoritas KKKS sudah mulaimematuhi aturan BI. Hanya segelintirperusahaan yang masih ngotot menolakmengirim. Antara lain Chevron Pacific In-donesia, Total E&P Indonesia dan BritishPetroleum.

Yanto Sianipar, Vice President PolicyGovernment and Public Affairs Chevron,menegaskan pihaknya tetap tidak akanbersedia mematuhi ketentuan BI. “BIseharusnya menghormati kontrak kamidengan pemerintah. Kontrak itu menegas-kan, kami berhak mengirimkan hasilpenjualan ke mana pun, termasuk ke luarnegeri,” katanya, Selasa (12/2).

Saat ini, kata Yanto, Chevron terus ber-unding dengan BI untuk mencari jalan keluaratas masalah ini. “Harapannya, KKKS di-kecualikan dari aturan,” katanya.

Jika tak ada titik temu dan BI tetap mem-berlakukan sanksi, “Kami mungkin mem-pertimbangkan jalur arbitrase,” katanya.

Hikmahanto Juwana, Guru Besar Fakul-tas Hukum Universitas Indonesia, berpen-dapat perusahaan KKKS harus tunduk pa-da peraturan BI. “Sekalipun yang dieksporitu adalah bagian atau hak si kontraktor, de-visanya harus tetap masuk ke sini,” katanya.

Argumentasi perusahaan migas, menurutHikmahanto, lemah dan mudah dibantah.Semua perjanjian, apa pun bentuknya, harusmenyesuaikan diri dengan perundang-undangan yang baru. “Mereka tidak bisaberlindung di balik kontrak,” katanya.(KC)

Page 5: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

5 SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 2013

Makan MalamRomantis Classie Hotel

●●●●● Candle Light Dinnermary Chicken, Romeo &juliet Performance FruitPuch, dll.

Selain promo tersebutpihak hotel juga menyedia-kan hadiah menarik bagipara pengunjung terpilih.“Untuk promo Valentinekita sediakan paket sehargaRp 230.000 ++ untuk duaorang. Selain itu kita jugaakan kasih hadiah menarikbagi pasangan yang berun-tung di malam Valentinenanti,” ujar Krisna, salesmarketing Hotel ClassiePalembang saat di temuiSripo Rabu (13/2) kemarindi Hotel Classie.

Krisna menjelaskan bah-wa untuk menambah sua-sana romantis di malamValentine nanti Hotel Clas-sie telah menyiapkan LiveMusic.

Selain Hotel Classie, Ma-xone Hotel yang belokasidi Jl. R. Soekamto ini jugamemberikan promo Valen-tine berupa paket CandleLight Dinner. Dengan nuan-sa dekorasi yang romantispegunjung dapat menik-mati menu lengkap seharga

Rp. 210.000 ++. Menuterdiri dari Advertiser,Main Course, Dessert, danCoklat valentine.

“Untuk malam Valentinenanti kita ada promo paketmakan malam seharga Rp.210.000 ++ untuk dua orang.Selain itu kita juga mash adapromo room untuk kelasHappiness dengan hargaRp. 300.000/mlm,” jelasAry Sales Manager MaxoneHotel saat di jumpai SripoRabu (13/2) kemarin.

Selain promo tersebutMaxone Hotel juga menye-diakan hadian menarikuntuk pasangan Valentinekategori Best Couple danBest Performance. ôKitajuga ada hadiah untuk ka-tegori Best Couple dan BestPerformance. Jadi nantikami akan melihat manapasanagan yang palingromantis dan serasi kos-tumnya. Untuk dekorasikita sesuaikan ya temanyaRomantic Candle LightDinner dan dresscode-nyabebas ya,ö lanjut Ary.

Berbeda dengana HotelClassie dan Maxone Hotel

yang menawarkan pro-mo Valentine berupa pa-ket makan malam, Ho-tel Aston Palembangmemberikan promoCandle Light Dinner se-puasnya. Hanya denganharga Rp. 75.000/orangpengunjung bebas me-milih m enu yang telahdisediakan pihak hotel.

“Kita akan sediakanmenu khusus untuk ma-lam Valentine nanti. Pe-nyajianya ala buffet atauprasmanan ya, jadi de-ngan harga Rp. 75.000/org pengunjung bisamemilih menu sepuas-nya. Pastinya menu leng-kap, ada adverrtiser,main course, juga des-sert,” jelas Sri PR HotelAston saat diwawancaraiSripo via telpon Rabu(13/2) kemarin.

Tidak jauh berbedadengan Hotel Classie,untuk hiburannya HotelAston telah menyiapkansajian Live Music yangakan menambah suasa-na makan malam se-makin romantis.(cmg2)

PALEMBANG, SRIPO-Untuk memeriahkanmalam Valentine yangjatuh pada hari Kamis(14/2) ini, hotel-hotel diPalembang memberikanpromo makan malamromantis. Harga danmenu yang ditawarkanberagam, mulai daripaket pasangan hinggamakan sepuasnya. Tidakhanya menyiapkan hi-dangan dan dekorasikhusus Valentine, sebagi-an hotel bahkan menye-diakan hiburan live mu-sic yang akan mengiringitamu menikmati makanmalam bersama pa-sangannya.

Hotel Classie misal-nya, untuk memeriah-kan perayaan Valentinepihak hotel memberikanpromo paket CandleLight Dinner untuk duaorang dengan harga Rp230.000 ++. Menu yangditawarkan bervariasimulai dari Romantic’sSweeties Corn SoupWith Jelly Fish & Cheese,Duet Smoked Beef Rose-

PALEMBANG, SRIPO – Berbagai kegiat-an Valentine siap dikemas oleh sejumlahpengelola hotel di malam Valentine, Kamis(14/2) hari ini. Salah satunya yang ditawarkanAryaduta Hotel dengan mengusung temaValentine Sky Dining.

“Jadi Makan malam berdua, suasana ro-mantis di lantai Executive Lounge lantai 17,diudara terbuka sambil menikmati suasanamalam di Palembang,” kata Director of SalesHotel Aryaduta Palembang, Yasser Arafar,Rabu (13/2). Disiapkan dua pilihan tempatuntuk menikmati makan malam. Salah satu-nya, di The Executive Lounge yang terletakdi lantai 17. The Executive Lounge ini meru-pakah salah satu tempat favorit tamu Arya-duta karena suasananya yang cosy dan jugapemandangan kota Palembang yang cantikdi malam hari.

“Khusus untuk makan malam di hari Valen-tine nanti, The Executive Lounge akan kamidekor dengan tema cinta yang bernuansaromantis. Area The Executive Lounge inisangat terbatas dan eksklusif,” katanya. Pa-sangan yang datang akan dijamu dengan din-ner set menu spesial yang menggugah sele-ra dimulai dari salad, sup, makanan utamahingga makanan penutup seperti grilled sir-loin steak black pepper sauce, king prawn

JAKARTA, SRIPO – Tel-komsel, XL Axiata dan Indo-sat, telah menyerahkan do-kumen keikutsertaannyadalam seleksi memperebut-kan dua blok kanal 3G yangtersisa di frekuensi 2.100-MHz. Namun, dalam hasilevaluasi, hanya Telkomseldan XL Axiata yang diang-gap memenuhi persyaratanadministrasi.

Setelah dilakukan penge-cekan dokumen oleh tim se-leksi dan perwakilan dari tigaoperator seluler besar, Indo-sat dinyatakan gugur dan se-cara otomatis tidak dilakukanpenilaian pada tahap beri-kutnya.

“Peserta seleksi yang ti-dak memenuhi persyaratanadministrasi yaitu PT Indo-sat,” demikian bunyi siaran

Valentine Sky Dining di AryadutaSripo/Zaini

The Kitchen Hotel Aryaduta

termidor, frozen chocolate soufflé, boomAlaska dan menu lezat lainnya. Untuk jamuanmakan malam di tawarkan dengan harga Rp880 ribu net per pasangan.

Selain The Executive Lounge, para tamujuga dapat menikmati makan malam romantisdi The Kitchen Restaurant yang terletak dilower lobby hotel.

“Di The Kitchen Restaurant kami tawarkanValentine’s Day BBQ Buffet Dinner lengkapdengan sajian live cooking dan BBQ di terasrestaurant,” katanya. Semuanya dapat dinik-mati dengan harga Rp. 175 ribu per orang.Disiapkan chocolate praline berbentuk hatidan juga setangkai mawar merah bagi tamuyang menikmati makan malam di hari Valen-tine. “Untuk pemesanan tamu dapat meng-hubungi 0711-383838,” kata Yasser.

Hotel Aryaduta Palembang memiliki 174kamar dan Suites, terletak di pusat kota danbisnis serta bersebelahan dengan Palem-bang Square Mall. Berjarak hanya 25 menitdari Bandara Internasional Sultan MahmudBadaruddin II, Hotel Aryaduta Palembangdilengkap dengan berbagai fasilitas bagi ta-mu bisnis maupun keluarga seperti ruangpertemuan, The Kitchen Restaurant, RJ’sSports Bar & Grill, The Health Club, TheSpa, The Pool dan fasilitas lainnya. (why)

Telkomsel dan XL Penuhi Syarat●●●●● Adu Cantik Kanal 3G

pers yang ditulis Tim SeleksiPengguna Pita FrekuensiRadio Tambahan Pada PitaFrekuensi 2.100MHz untukJaringan Bergerak SelulerIMT-2000, pada Selasa(12/2/2013).

Peserta seleksi yang me-menuhi seluruh persyaratanadministrasi, yaitu Telkomseldan XL Axiata, melanjutkanproses seleksi menuju eva-luasi kelayakan.

Seleksi dua blok kanal 3Gyang tersisa di frekuensi2.100MHz menggunakanmetode beauty contest(kontes kecantikan), di manadua kanal yang tersisa ituakan diberikan kepada op-erator yang paling membu-tuhkan tambahan frekuensi.

Spektrum frekuensi 2,1GHz memiliki total rentang

pita 60MHz yang terbagi da-lam 12 blok kanal. Setiapblok memiliki rentang pita5MHz.

Sebanyak 10 blok kanalatau 50MHz sudah teralokasiuntuk lima operator selulerGSM pemegang lisensi3G, yaitu Telkomsel di blok4 dan 5, Indosat di 7 dan 8,XL Axiata di 9 dan 10, AxisTelekomunikasi Indonesia di2 dan 3, dan Hutchison CPTelecommunications (Tri) di1 dan 6.

Blok 11 dan 12 hingga kinibelum dialokasikan untukoperator seluler. Nah, keduablok inilah yang bakal dipe-rebutkan oleh Telkomsel danXL Axiata. Tim seleksi akanmengumumkan peringkatpemenang pada 25 Fe-bruari 2013.(KC)

cmg2

CLASSIE HOTEL Menyiapkan Makan Malam dalam nuansa romantis bagi mereka yang ingin merayakan malam valentine.

Page 6: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

6 SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 2013

Penyaluran Bantuan Terhambat●●●●● U U U U Untuk Kntuk Kntuk Kntuk Kntuk Korban Bencana Banjirorban Bencana Banjirorban Bencana Banjirorban Bencana Banjirorban Bencana Banjir●●●●● K K K K Kendaraan tidak Bisa Masukendaraan tidak Bisa Masukendaraan tidak Bisa Masukendaraan tidak Bisa Masukendaraan tidak Bisa Masuk

Kami Terpaksa Tidur di Jalan

SRIPO/AHMAD FAROZI

SEMBAKO — Petugas menaikkan sembako ke dalam truk di Posko Tagana Musirawas, Rabu (12/2). Sembako ini akan disalurkanke beberapa kecamatan yang terkena banjir di Kabupaten Musirawas.

MUSIRAWAS, SRIPO - Ru-saknya akses jalan menujuKecamatan Rawasilir, me-nyulitkan pemerintah un-tuk menyalurkan bantuankepada warga korban ben-cana banjir. Guna menya-lurkan bantuan, tim dariDinas Sosial Pemkab Musi-rawas terpaksa memutarmelalui jalan KecamatanNibung.

Ironisnya, akses jalan po-ros di Kecamatan Nibunginipun tak kalah rusaknyadengan jalan poros Rawa-silir. Sehingga tim yangmengangkut bantuan sem-bako ke Rawasilir akhirnyajuga tertahan di poros ja-lan Nibung, karena jugatak bisa lewat akibat jalanyang rusak.

“Tim dari Dinsos sudahdua hari tertahan di lokasi,sekitar satu kilometer daripusat kecamatan, karenajalannya tak bisa dilewatitruk pengangkut sembakobantuan tersebut. Untukmenarik kendaraan keluardari kubangan Lumpur, ter-paksa pakai alat berat,” ujarKasi Penanggulangan Ben-cana pada Dinas Sosial Mu-sirawas, Evan Saipani di-

dampingi staf Muzir Hen-dres, saat ditemui Sripo diPosko Induk Tagana Musi-rawas, Rabu (13/2).

Dikatakan, jumlah bantu-an yang disalurkan Pem-kab Musirawas untuk war-ga yang tertimpa bencanabanjir di Kecamatan Ra-wasilir sebanyak 3 ton be-ras, 500 dus air kemasan300 dus mi instant dan 25dus sarden. “Alhamdulill-ah, sekarang bantuan su-dah sampai dilokasi, yaitudi Ibukota Kecamatan Ra-wasilir, Binginteluk. Untukmenyalurkan ke desa-desa,ada beberapa yang diterus-kan pakai ke-tek, karenajalan daratnya tak bisadilewati akibat banjir,” ujarMuzir Hendres saat dihu-bungi kembali Rabu sore.

Disebutkan, untuk wila-yah kecamatan lain, relatifmudah dijangkau dan bisaditempuh melalui jalandarat. Sehingga untuk me-nyalurkan bantuan, relatiftak begitu terhambat.

Ditambahkan, sampai ki-ni Pemkab Musirawas telahmenyalurkan beras 14 tondari 20 ton yang disiapkanuntuk warga yang tertim-

pa musibah banjir di bebe-rapa kecamatan. Beras itumerupakan Cadangan Be-ras Pemerintah (CBP) yangdititipkan di gudang logis-tik yang sewaktu-waktubisa diambil jika kondisi da-rurat bencana.

Dikatakan, proses keluar-nya beras bantuan dari ca-dangan pemerintah darigudang logistik melaluiusulan dari kepala desa di-ketahui oleh camat. Selan-jutnya camat membawadata tersebut ke Pemda un-tuk dirapatkan. Setelah itu,baru diajukan ke KantorSeksi Logistik setempat.

“Rincian jumlah berasyang sudah disalurkan per11 Februari 2013 itu sudahsekitar 14 ton. Ada yangsudah sampai ke lokasi,ada yang masih tertahan dijalan, karena kesulitan di-angkut akibat jalan rusak.Sisanya segera disalurkan.Sedangkan jumlah bantu-an dari SKPD yang sudahmasuk ke posko, berupa airkemasan 2.960 dus, mi ins-tan 642 dus, sarden 147dus, dan sebagiannya jugasudah disalurkan,” tandas-nya. (zie)

SRIPO/EVAN HENDRA

MENGUNGSI —Bukhori dan keluarganya terpaksa mengungsi dan tidur di pinggir jalan karenarumah mereka terendam banjir.

Lapter Atung BungsuLapter Atung BungsuLapter Atung BungsuLapter Atung BungsuLapter Atung BungsuSelesaiSelesaiSelesaiSelesaiSelesaiPAGARALAM — Untuk memastikan kelayakanoperasional jalur runway di Lapangan Terbang(Lapter) Atung Bungsu Kota Pagaralam. DirektoratJenderal (Dirjen) Perhubungan Udara KementerianPerhubungan melakukan evaluasi dan verifikasi ujilab fisik untuk take off dan landing pesawat. “Verifi-kasi yang dilakukan meliputi daya tahan landasanpacu, menentukan arah landing dan take off, suhuudara, kekuatan angin, penentuan titik koordinat,ketinggian dan masih banyak item lainnya,” jelasKepala Dishub dan Kominfo Kota Pagaralam, HAgustiar Effendi, Rabu (13/2). Disebutkan, pemba-ngunan Runway Lapter Atung Bungsu saat ini sudahmemasuki tahap finishing. “Setalah dilakukanverifikasi maka Lapter akan mendapatkan izin ujikelayakan operasional penerbangan pesawat. Izintersebut akan menjadi izin uji coba awal penerbang-an,” jelasnya sembari menambahkan, verifikasi dansurvey bandara ini dinilai sangat penting untukkeamanan penerbangan. (mg16)

BANJIR yang merendam tiga desa di wilayah KecamatanBP Bangsaraja, Kabupaten OKU Timur, memaksa sebagi-an warga mengungsi dengan cara tidur di pinggir jalan,karena rumah warga terendam banjir setinggi 60 hingga80 centimeter. Warga khawatir air terus meluap danmeninggi, sehingga berpotensi menghanyutkan rumah.

Bukhori Umar, salah satu warga Desa Sribunga, Ke-camatan BP Bangsaraja ketika ditemui Sripo, Rabu (13/2) mengaku, dia mengungsi ke pinggir jalan sejak pukul00.00 tengah malam. Dia bersama dua anak dan istrinyaterpaksa mengeluarkan kursi mereka dan kasur agarbisa tidur di pinggir jalan.

Rumah depok yang mereka tempati sejak puluhan ta-hun lalu terendam dan tidak bisa dihuni lagi. Air yangmasuk meninggi hingga sebatas pinggang. Karena kha-watir air terus meninggi, Bukhori kemudian mengajakanak dan istrinya mengungsi sementara ke pinggir jalan.Kondisi serupa juga dilakukan beberapa warga lainnya.

“Kami tidak tahu harus berbuat apa lagi. Rumah kamiterendam. Untuk masak saja kami tidak ada lagi yang bisadigunakan. Luapai air naik tengah malam. Kami terkejutketika melihat air sudah tinggi,” kata Bukhori seraya me-nambahkan, dia langsung menyelamatkan anak-anaknyadan membawa mereka ke pinggir jalan. Menurut Bukhori,sejak pagi hari, dia dan keluarganya hanya menyantap miisntant yang dimasak di rumah tetangga. (evan hendra)

Muzakir Bantu Dana Pribadi●●●●● Penderita T Penderita T Penderita T Penderita T Penderita Tangan Membusukangan Membusukangan Membusukangan Membusukangan Membusuk

Pemprov KucurkanDana Rp 200 Juta

●●●●● Untuk Korban Banjir Untuk Korban Banjir Untuk Korban Banjir Untuk Korban Banjir Untuk Korban Banjir

Jangan PernahMencoba Narkoba

MUARAENIM, SRIPO -Ratna Dewi (30) warga Ta-lang Pipa Bawah, Kelurahan

Talang Ubi Barat, Kecamat-an Talang Ubi, KabupatenMuaraenim, ibu dari bocah

malang Fajar (5) penderitatangan membusuk, nyarispingsan ketika menerimabantuan dari KomunitasJurnalis Muaraenim (KJM)dan Bupati Muaraenim HMuzakir SS. Buruh satu initidak menyangka jika akanmendapat perhatian begitubesar dari masyarakat teru-tama Bupati H Muzakir SaiSohar.

“Ya Allah, dak nyangkonian, Pak Muzakir maumemberikan bantuan lagikepada kami orang kecilini. Sebelumnya kami tidakpernah membayangkanakan memegang uang se-besar ini,” ucap Ratna Dewisambil menitikkan air matadi RSMH Palembang.

Ratna Dewi yang sehari-hari sebagai buruh serabut-an ini mengatakan, bantu-

an uang dana diberikan olehseseorang yang mengakudekat dengan Bupati Mua-raenim H Muzakir SS, lang-sung datang ke RSMH Pa-lembang. “Aku sempat his-teris dan sempat tidak per-caya. Padahal sebelumnyaaku sudah hampir putus asakarena uang untuk makansudah menipis dari bantuanPak Iskandar sebe-lumnya.Maklum saja, suami sayahanya kerja sebagai kulipanggul di Pasar Talangubi,”kata Ratna sembari me-nyampaikan terimakasihkepada Pemkab Muara-enim, masyarakat dan KJM.

Ketua KJM, Joni Opus di-dampingi Ketua DonaturKJM Azhar mengatakan,sumbangan dana yang di-koordinir oleh KomunitasJurnalis Muaraenim (KJM)untuk Fajar sudah terkum-pul Rp 1,4 juta.(ari)

KAYUAGUNG, SRIPO - Re-maja dan pelajar di Kabu-paten Ogan Komering Ilir(OKI) diingatkan agar tidakmencoba-coba mengguna-kan narkotika dan obat-obatan berbahaya (Narko-ba). Jika sudah terjerumuske dunia narkoba, makamasa depan remaja dan pe-lajar akan hancur.

“Maka itu, jangan sekali-kali mencicipi atau menco-ba narkoba,” kata KapolresOKI, AKBP Agus F SH SIkmelalui Kasat Binmas AKPSuwarna SH dan Aipda MHafis saat menggelar so-sialisasi bahaya narkobabagi pelajar, pemuda danPSHT, Rabu (13/2).

Sosilisasi ini selain untukmenekan angka penyalah-guna narkoba di wilayahBumi Bende Seguguk, jugauntuk memberikan wawa-san kepada para siswa ten-

tang bahaya dan sanksi hu-kum bila menyalahguna-kan narkoba, baik mema-kai, menyimpan maupunmembawa narkoba.

“Bahaya narkoba meng-ancam siapa saja, namungenerasi muda lebih domi-nan, sebab dalam rangkamembentuk pribadinya,generasi muda ini gemarikut-ikutan dan mencobasesuatu yang baru,” paparAKP Suwarna.

Sebelum jajaran Binmasmenggelar sosilisasi serupadi Desa Suryakarta, Keca-matan Mesuji Makmur. Da-lam sosialisasi itu petugasmemberikan pengetahuantentang golongan-golong-an narkotika, seperti Nar-kotika Golongan I mempu-nyai potensi sangat tinggimenyebabkan ketergan-tungan dan tidak untukpengobatan.(std)

WWWWWararararargagagagagaPerPerPerPerPertanyakantanyakantanyakantanyakantanyakanDana BedahDana BedahDana BedahDana BedahDana BedahRumahRumahRumahRumahRumahTEBINGTINGGI, SRIPO- Sejumlah warga dikawasan RT 2 RW 7Talangjawa, KelurahanJayaloka, KecamatanTebingtinggi, Kabupa-ten Empatlawang,memprotes pe-ngalokasikan bantuandana untuk bedahrumah. Menurutwarga, ada kesalahandalam pendataanwarga yang berhakmenerima bantuanuang sebesar Rp 6 jutaitu.

“Kami merasateraniaya, kami orangkecil diperlakukansemena-mena. Bilakami tanyakan kepadaRW, justru mendapatjawaban yang tidakmengenakkan,” kataSusilawati, ibu rumahtangga kepadawartawan, Rabu (13/2).

Disebutkan, peneri-ma dana untuk bedahrumah sebesar Rp 6juta yang dikucurkandua tahap itu dinilaitidak sesuai denganperuntukannya. RWberdalih wargapenerima bantuan ituada dasarnya sesuaiketentuan. “RW bilangperumahan kamiberada di lahan PT KAI.Buktinya ada rumahyang sama dengankami justru mendapatbantuan,” tandasnya.

Warga mendesakagar Pemkab Empatla-wang mengkaji ulangpendataan siapa yanglayak atau berhakmenerima bantuan.

Ketua RW 7 Talang-jawa, Firman (40)mengatakan, kamijalankan sesuaiprosedur. (st2)

TEBINGTINGGI, SRIPO - Sejumlah korban banjirbandang yang memporak-porandakan puluhan rumahdi tiga desa dalam Kecamatan Pendopo, KabupatenEmpatlawang, yakni Desa Lubuklayang, Nanjungandan Tanjungraman, mempertanyakan penyaluranbantuan tanggap darurat dari pemerintah, baik dariPemkab Empatlawang maupun dari Pemprov Sumate-ra Selatan.

Pasalnya, pembagian bantuan dinilai tidak adil dantidak tepat sasaran. Gejolak-gejolak pasca terjadinyabencana alam ini mulai bermunculan, setelah sebelum-nya masyarakat mempersoalkan adanya penggundulanhutan bukit Gadung, karena adanya pembukaan lahanoleh perusahaan perkebunan sawit yang dinilai salahsatu penyebab terjadinya banjir bandang.

“Bagaimana tidak tepat sasaran. Misalnya sajakorban yang menderita kerugian tidak terlalu besarmendapat bantuan lebih banyak daripada yangmengalami kerugian besar,” kata beberapa korbanbencana banjir, Rabu (13/2).

Kades Lubuklayang, Tarwesi mengatakan, bantuandana tersebut sesuai juknis dari pemerintah diprioritas-kan untuk yang mengalami kerusakan rumah, bukanmaterial lainnya. Pihaknya, dalam menyalurkanbantuan tidak ada tebang pilih.(st2)

FOTO/IST

SUMBANGAN — Bocah penderita tangan membusuk, Fajarmendapat bantuan dari Bupati Muaraenim Ir H Muzakir SaiSohar.

SRIPO/ARI

TANDATANGAN — Bupati Muaraenim, H Muzakir SS dan DirutPTBA (Persero) Tbk, Milawarma tandatangani rencana pemba-ngunan stadion.

Bangun KBangun KBangun KBangun KBangun KolamolamolamolamolamRenang Rp 18 MRenang Rp 18 MRenang Rp 18 MRenang Rp 18 MRenang Rp 18 MMUARAENIM —PT Bukit Asam (Persero) Tbk melaluiprogram CSR Tahun 2013 akan membangun kolamrenang berstandar internasional senilai Rp 18 miliar.PTBA juga akan memberikan bantuan Rp 21 miliaruntuk program Musrenbang Pemkab MuaraenimTahun 2013. “Total dana CSR yang akan dikucurkankepada Pemkab Muaraenim Rp 39 miliar. Muaraenimmerupakan daerah Ring I PTBA,” kata DirekturUtama PTBA Milawarma, pada kegiatan pencananganrencana pembangunan kolam renang di LapanganMerdeka, Muaraenim, Rabu (13/2). Kolam renangbertaraf internasional yang akan dibangun itu disepa-kati diberi nama “Bukit Asam Tirta Enim” denganberukuran 50 meter x 25 meter, dilengkapi fasilitaskolam tanding, kolam anak, tribun, kantor, rumahgendet, balancing tank, pagar keliling, pengaspalanjalan masuk, csoring board, lahan parkir dan taman.Bupati Muaraenim H Muzakir Sai Sohar menyambutbaik bantuan kolam renang dan programMusrenbang dari PTBA itu. (ari)

Banyuasin RekrutBanyuasin RekrutBanyuasin RekrutBanyuasin RekrutBanyuasin Rekrut500 CPNS500 CPNS500 CPNS500 CPNS500 CPNSBANYUASIN —Pemkab Banyuasin Tahun 2013 inimengusulkan penerimaan 500 Calon Pegawai NegeriSipil (CPNS) untuk tenaga guru, kesehatan, dan tenagateknis. “Usulannya sudah disampaikan ke KementerianPAN dan Reformasi Birokrasi pada Desember 2012 lalu,”kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupa-ten Banyuasin, Meldi Sartono, Rabu (13/2). Hanya sajakata Meldi, hingga kini Kementerian PAN dan RB belummemberikan keputusan persetujuan, karena saat iniKementerian PAN dan RB fokus menyelesaikan berkashonorer K2 (Kategori 2). “Saat ini K2 masih tahapverifikasi oleh BPKP (Badan Pengawas Keuangan danPembangunan),” katanya sembari menambahkan, K2 diKabupaten Banyuasin berjumlah 1.303 orang meliputiguru, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan posisi lainnya.Meldi mengatakan, hingga kini jumlah PNS di Banyuasin8.570 orang mencakup berbagai bidang seperti guru,tenaga tekhnis, kesehatan dan lainnya. (udn)

Page 7: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 2013 7

ngan mencurangi hewan-he-wan lain. Dia melompatipunggung kerbau dan ber-diri di barisan paling depan.Sehingga, tikus lah yangmenduduki urutan pertama.

Seperti yang dikutip daribuku "Melejitkan Karier danBisnis Berdasarkan Shio",sebagai penghargaan SangBudha menghadiahkan kepa-da-12 hewan untuk mengua-sai tahun-tahun sesuai uru-tannya. Juga, memberikanizin kepada ke-12 hewan itumemberikan sifat-sifatnyakepada setiap manusia yanglahir pada tahun tersebut danmenunjukkan pengaruhnyamelaui peristiwa yang terjaditahun tersebut.

Shio menjadi salah satu hi-tungan yang sangat menda-sar bagi orang Tionghoa un-tuk mencapai keharmonisandan keberuntungan dalamkehidupan. Dalam menen-tukan pasangan, menen-tukan rekan bisnis dan tahunyang cocok untuk berumah-tangga, membuka usahahingga membangun rumahdan lainnya selalu ditentu-

kan sesuai karakteristik danhitungan shio.

Lantas, bagaimana pre-diksi hoki setiap shio di ta-hun Ular Air yang diperca-ya akan mmebawa kebai-kan untuk shio-shio terten-tu namun juga membawaciong bagi shio lain?

1. SHIO TIKUS (1936,1948, 1960, 1972, 1984, 1996,2008)

Dalam astrologi China,shio tikus menunjukkan shioyang superkreatif Orang ke-lahiran shio tikus disebutkantidak akan berkekurangandalam sandang dan pangan.Sifatnya yang kreatif, inovatifdan selalu mempunyai idecemerlang membawanyadalam keberuntungan ber-bagai bidang usaha.

Orang bershio tikus, seper-ti dikutip dari buku "PrediksiPeruntungan Anda Tahun2013 Ular Air", selalu bisaberadaptasi dalam situasi dankelompok manapun. Sehing-ga, tak heran shio tikus mam-pu menjadi bintang dalamacara-acara sosial. Namun,ada sifat yang negatif yangharus menjadi perhatian shiotikus. Ubahlah prilaku opur-tunistik dan suka mengam-bil keberuntungan yang me-nyebbakan shio tikus men-jadi kurang produktif.

Beberapa profesi yangcocok bagi shio tikus adalahpenulis, penyiar, penga-

rang, jurnalis, sutradara,kritikus seni, makelar, pe-ngusaha, arsitek, desainer,salesman, advokat, pera-wat, dan fotografer.

Sedangkan partner yangcocok adalah shio naga,monyet dan kerbau.

Peruntungan berbisnis ditahun Ular, yakni menik-mati keberuntungan, ke-suksesan, dan kebahagiaanyang lebih baik dari tahunsebelumnya.

Di tahun Ular Air, orangshio tikus dianjurkan untukmengembangkan etos ker-ja yang progresif, rajin, ker-ja keras dan berhati mulia.Diingatkan, di bidang bis-nis, shio tikus jangan bersi-kap one man show. Ingat-lah, dibutuhkan orang-or-ang yang berkompeten dibidangnya masing-masing.Bagi pekerja, tahun ini jugatidak ada promosi sepertiyang dijanjikan pihak peru-sahaan. Namun, tetaplahbekerja secara profesional.

Shio tikus yang masih la-jang dianjurkan segera me-ngikat hubungan yang se-rius dan ke jenjang perni-kahan Sedangkan bagiyang sudah berkeluarga,bangunlah komunikasiyang harmonis dengan pa-sangan dan anak-anak.

2. SHIO KERBAU (1937,1949, 1961, 1973, 1985, 1997,2009)

Shio Tikus MenuaiKesuksesan,

Kerbau Beruntung dari halaman 1

Shio kerbau mendudukiurutan kedua dalam astro-logi China. Shio kerbau di-kenal sebagai sosok yangbertanggung jawab terha-dap keluarga. Shio kerbaujuga identik dengan pekerjakeras, ulet, konservatif, me-miliki prinsip yang keras, ti-dak suka ditentang dan pe-juang yang tidak kenal lelah.Karena suka bekerja keras,tak heran jika shio kerbaumampu mengumpulkanbanyak uang. Dia juga bu-kan tipe pemboros. Merekahemat untuk diri sendiritetapi royal untuk pasangandan anak-anaknya.

Seperti halnya karakteris-tik kerbau, orang shio ker-bau cenderung bersikapkolot, teguh pendirian dankaku. Dia tidak suka diten-tang, tidak suka dibanding-bandingkan, terutama didepan orang ramai. Tidaksuka dikhianati, disuruh-suruh, otoriter dan posesif.ika sedang marah, shio ker-bau tak segan bersifat eks-tim hingga terkesan "mainseruduk".

Beberapa profesi yangcocok bagi shio kerbau ada-lah dokter, aktor, peneliti,arkeolog, guru, detektif,konsultan, sutradara dan pe-ngusaha travel. sedangkanpartner yang cocok adalahayam, ular, dan tikus.

(tre/berbagai sumber)

bunga, Kecamatan BP Bang-saraja ketika ditemui Sripomengaku sudah pindah kepinggir jalan sejak pukul00.00 tengah malam. Diabersama dua anak dan istri-nya terpaksa mengeluarkankursi mereka dan kasur agarbisa tidur di pinggir jalan ter-sebut.

Rumah depok yang mere-ka tinggali sejak puluhan ta-hun lalu terendam dan tidakbisa dihuni lagi. Air yangmasuk meninggi hinggasebatas pinggangnya. Ka-rena merasa khawatir airakan terus meninggi, Bukhorikemudian mengajak anakdan istrinya untuk pindah kepinggir jalan bersama de-ngan warga yang lainnya.

“Kami tidak tahu harusberbuat apa lagi. Rumah ka-mi terendam. Untuk masaksaja kami tidak ada lagi yangbisa digunakan. Airnya naiktengah malam. Kami terke-jut ketika melihat air sudahtinggi,” ujarnya.

Terendam BanjirRatusan rumah tiga desa

masing-masing Desa Sribu-nga, Desa Muncakkabau danDesa Anyar, Kecamatan BPBangsaraja, Kabupaten OKUTimur terendam air setinggi60 hingga 80 Centimeter(cm) sejak Selasa (12/2) sekitarpukul 16.00. banjir yang di-sebabkan oleh luapan SungaiKomering tersebut terusnaik hingga puncaknyasekitar pukul 00.00 tengahmalam dengan ketinggianair mencapai hingga 80 Cm.

Ratusan warga yang kha-watir air terus naik langsungberinisiatif keluar rumahdan bermalam di pinggirruas Jalan Komering. De-

ngan membawa sejumlahperalatan seperti kasur dankursi, warga terpaksa meng-habiskan malam di pinggirjalan lintas tersebut.

Pengamatan dilapanganRabu (13/2), ratusan wargaterlihat berjejer memenuhisisi jalan Lintas Komeringuntuk berteduh. Hanya se-sekali mereka terlihat ma-suk kedalam rumah untukmengambil kebutuhan. Se-bagian besar warga yangmengungsi ke pinggir jalanadalah mereka yang memi-liki rumah depok. Semen-tara warga yang memilikirumah panggung masih bi-sa memanfaatkan rumahbagian atas untuk berteduh.

Sejumlah petugas Puskes-mas Kecamatan terlihat lang-sung membuka posko kese-hatan untuk mengantisipasiadanya penyakit yang me-nyerang warga terutamaanak-anak. Terlihat sejumlahwarga mendatangi posko ke-

sehatan tersebut untuk me-minta obat-obatan serta me-lakukan pemeriksaan kese-hatan terutama anak-anak.

Kepala BPBD DarlizalEffendi SH dan Camat BPBangsaraja Arbain SE yangturun ke lapangan menga-takan, data yang diperoleh,rumah yang terendam di ti-ga desa tersebut berjumlah286 rumah dengan rinciandi desa Sribunga sebanyak100 rumah, Desa Muncak-kabau sebanyak 126 rumahdan Desa Anyar sebanyak60 rumah yang terendam.

Sementara jumlah lahansawah yang terendam men-capai hingga 293 Hektare(Ha) dengan rincian lahansawah di desa Sribunga se-luas 30 Ha, Desa Anyar se-luas 115 Ha, lahan sawah didesa Muncakkabau seluas63 Ha, lahan sawah di desaRawasari seluas 20 Ha, dandi desa Pandansari seluas 65Ha yang terendam. (mg3)

Bentang Kasurdi Jalan

dari halaman 1

ta temukan,” jelasnya.Pihak Tim Evakuasi akan

kembali melakukan penca-rian pada hari ketiga, na-mun jika dihari ketiga kor-ban tidak juga ditemukanmaka pencarian akan di-hentikan dengan menariksemua tim dari lokasi long-sor.

“Hari ini merupakan hariketiga dan hari terakhir kitamalakukan pencarian. Jikakorban tidak juga kita te-mukan maka pencarianakan kita hentikan, denganmengajak warga untukmelakukan sholat goib,”katanya.

Selama dua hari pencari-an, tim terpaksa menghen-tikan pencarian akibat hu-jan kembali menguyur ka-wasan tersebut. Kondisitersebut dikhawatirkan pi-hak tim Evakuasi akan ter-

jadi kembali longsor susu-lan. Pasalnya sampai saatini masih ada beberapamaterial longsor yang ja-tuh dari atas tebing. Hal inimemaksa tim evakuasi ter-paksa menghentikan pen-carian korban.

Sarin (34) warga yangikut melakukan pencarianmengatakan, pihaknyakhawatir jika korban Wan-syah bukan tertimbun long-sor, namun hilang terbawaarus sungai. Karena jika di-lihat dari lokasi kejadian, airSungai Lematang sempattergenang dan naik sampaike lokasi pondok korban.

Suasana duka masih sa-ngat menyelimuti kedia-man Saipul (55), Yati (55)dan Wansyah (30) satu ke-luarga yang menjadi kor-ban longsor di Dusun Pra-hu Dipo Kecamatan Dem-po Selatan Kota Pagaralam.

Pasalnya sampai saat inisatu dari tiga kerabat me-reka yang menjadi korbanlongsor yaitu Wansyah be-lum juga diketemukan. Di-tambah lagi dua kerabat la-innya yaitu Saipul dan Yatiyang merupakan bapak

dan ibu korban baru sajadikebumikan pada Selasa(13/2) sore.

Berdasarkan cerita Budi(22) adik kandung Wansyahdan anak keempat pasa-ngan Saipul dan Yati. Sebe-lum kejadian tragis terse-but, Budi sempat pulang kePagaralam untuk membe-ritahu kepada orang tua-nya bahwa ada undangankerabatnya di KabupatenLahat.

Sebagai bentuk toleransidan rasa turut berduka citaatas kejadian yang menim-pa warga mereka, puluhanibu rumah tangga di Du-sun Prahu Dipo dan DusunRempasai mendirikan da-pur umum untuk menye-diakan konsumsi para timevakuasi dan tim relawanpencarian salah satu kor-ban longsor di Dusun Pra-hu Dipo, Rabu (13/2).

Ada tiga dapur umumyang didirikan para IRT ya-itu di lokasi longsor di tepiSungai Lematang, di jalanmenuju ke lokasi dan diDusun Rempasai yang me-rupakan posko penerima-an bantuan longsor. (mg16)

Jasad WansyahMasih

Misterius dari halaman 1

rami Palembang tewas de-ngan kondisi kaki, ping-gang dan badan terpisah.

Informasi yang dihim-pun, peristiwa lakalantas initerjadi sekitar pukul 04.00bermula dari truk yang di-kemudikan korban Harto-no dengan muatan barangkelontongan melaju de-ngan kecepatan tinggi dariarah Palembang menuju Be-tung. Sedangkan truk tang-ki milik PT Sriwijaya Man-diri yang bermuatan 5000liter minyak melaju dengankecepatan tinggi dari arahJambi menuju Palembang.

Ketika melintas di tempat ke-jadian perkara, yang kondisijalan lurus dan menanjak, di-duga mobil truk kelontonganyang dikemudikan Hartonohendak mendahului dan

mengambil jalur kanan dan ke-mungkinan pada saat dijalurkanan ini tiba-tiba datangkendaraan dari arah berlawa-nan sehingga terjadi tabrakan.

Kuatnya tabrakan inimembuat kedua kendara-an hancur dengan kaca de-pan pecah bahkan truktangki terguling ke dalamjurang sedalam lima meterdengan posisi ban beradadi atas. Polisi dibantu war-ga membutuhkan waktu li-ma jam lebih untuk meng-evakuasi dan mengeluar-kan Kedua sopir dan ker-net yang terjepit dan ter-timpa mobil.sementaraarus kendaraan baik dariarah Jambi maupun Palem-bang macet total hingga be-lasan kilometer.

Penjaitan warga setem-pat yang mengetahui keja-dian ini mengatakan jika ta-brakan adu kambing initerjadi sekitar pukul 04.00dengan suasana masih ge-lap. “Kita dengan suaradentuman keras,setelah ki-

ta lihat ternyata mobil ta-brakan,”katanya.

Saat dirinya tiba, truk be-rada di tengah jalan dengankondisi sopir truk terjepitdan masih hidup. Sedang-kan sopir tengki dan kernetsudah tewas karena beradadibawah mobil yang ter-guling di kiri jalan. “ Saat ki-ta datang sopir truk sempatteriak mintak tolong, Kitaberusaha melepaskan dia

keluar ruang dan terusmenangis sedih.

Sedangkan, Yudi (3) anaksemata wayang korbanHartono yang ikut datangke IGD nampak biasa danbelum mengerti jika ayah-nya yang selama ini me-manjakannya pergi untukselama-lamanya.

Bocah laki-laki ini sendirinampak santai melihat ibu-nya Yulia menjerit menangis

setelah mengetahui sua-minya sudah tewas dengankondisi tubuh hancur. “Ayah mano,ngapo maknangis,”kata Yudi, pertanya-an ini membuat ibu Yulitambah menangis sejadinya.

Kondisi ini membuat sa-nak keluarga termasuk pe-ngunjung rumah sakitnampak melelehkan airmata melihat nasib anak se-mata wayang korban yangbelum mengerti apa-apa.Sejumlah pengunjung yangiba langsung memberikansumbangan uang karenamendegar jika mereka ber-asal dari keluarga kurangmampu.

Yuliana saat dibincangimengaku tidak mendapatfirasat apa-apa saat diting-galkan suaminya. “ Suamisaya biasanya berangkatkerja pukul 01.00,namunkarena hujan baru berang-kat pukul 03.00, dengan tu-juan membawa barang ke-lontongan ke BabattomanMuba,”katanya.

Dikatakan Yuli, suminyabaru kerja disana sejak duabulan ini. “Inipun hanya so-pir serap, dan dia tulangpunggung keluarga kami,entah kami mau makan apasetelah suami saya mening-gal ini,”katanya sambilmenangis. (udn)

Sopir TerjepitLima Jam

dari halaman 1

Ayah KemanaMak?

dari halaman 1

SRIPO/UDIN

HISTERIS – YULIANA (30), istri dari korban Hartono sopir truk,histeris didampingi anaknya yang masih kecil.

tapi nggak bisa, karena ba-dan dan kakinya terjepit ba-dan kendaraan,” katanya.

Kapolres Banyuasin AK-BP Agus Setiyawan melaluiKasat Lantas AKP Andi Su-priadi membenarkan kece-lakaan maut tersebut. Me-nurut dia, kecelakaan initerjadi diduga karena salahsatu kendaraan ada yangmendahului dan mengabiljalur kendaraan lain. (udn)

Page 8: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

8 SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 2013

Jokowi Ancam Pidanakan Calo Rusun

JAKARTA, SRIPO - Beredarnya namaKepala Staf Angkatan Darat (KSAD),Jenderal Pramono Edy yang sebentarlagi akan pensiun dari TNI dan akanmenjadi Ketua Umum Partai Demokratpengganti Anas Urbaningrum takditampik oleh anggota Dewan Pembi-na PD, Hayono Isman. Sementara Ke-

tua DPR RI Marzuki Alie membantah ada-nya wacana menggantikan posisi Anas.

Menurut Hayono, kemungkinan Pramo-no Edy menjadi Ketum sangat terbuka.

"Siapapun dia, termasuk Pramono Edy di-pilih secara demokratis, ya itulah ketum kita,"kata Hayono di Gedung MPR/DPR/DPD RI,Jakarta, Rabu (13/2).

Yang pasti, kata anggota Komisi I DPR RI itu,Ketua Umum akan dipilih melalui kongres.

"Yang memilih kongres. Tapi saya ingintahu dulu apa pertimbangannya

Pramono Edy menjadi ketum PD," ka-tanya.

Ditambahkannya, Kongres LuarBiasa (KLB) dapat dilakukan berdasar-kan dua pilihan.

Pertama, kata anggotaKomisi I DPR RI itu, MajelisTinggi partai dapat melaku-kan melalui semacam rapimdengan ketua DPD-DPDdan berbagai unsur di PDuntuk membentuk karate-ker. Kedua, bisa melaluiKLB sekaligus konsolidasipartai.

"Pilihan mana yang diam-bil, tergantung kebutuhan,"kata Hayono.

Sepengetahuan Hayono,Pramono Edy akan pensiuntahun depan, saat berusia 58tahun.

"Tapi apakah pensiunnyadipercepat, saya juga taktahu. Kalau memang beliau

SBY Minta Mentan Fokus Bekerja●●●●● Proses Hukum Impor Sapi tetap Berjalan Proses Hukum Impor Sapi tetap Berjalan Proses Hukum Impor Sapi tetap Berjalan Proses Hukum Impor Sapi tetap Berjalan Proses Hukum Impor Sapi tetap Berjalan

TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

TERIMA MENTAN — Presiden Susilo Bambang Yudhoyonomenerima Menteri Pertanian Suswono, Rabu (13/2).

JAKARTA, SRIPO - PresidenSusilo Bambang Yudhoyono(SBY) meminta Menteri Per-tanian (Mentan) Suswono te-rus bekerja melaksanakanprogram ke-menterian yangsudah direncanakan.

Juru bicara Presiden JulianAldrin Pasha di Kantor Pre-siden Jakarta, Rabu (13/2)mengatakan, Presiden me-minta Mentan tetap beker-ja, setelah Presiden meneri-ma laporan kebijakan danlangkah kementerian perta-nian terkait importasi da-ging sapi.

"Tadi sudah dijelaskanMentan, Presiden mende-ngarkan laporan yang di-sampaikan Pak Mentan, se-cara jujur beliau sampaikankepada Bapak Presiden,"kata Julian.

Ia mengatakan KepalaNegara memanggil MentanSuswono untuk menerimadan mendengarkan pa-par-

an secara tertulis dan lisanmengenai masalah impordaging sapi yang belakang-an ramai dibicarakan.

"Tadi kan yang beliausampaikan terus bekerja.Sementara proses hukumyang berkaitan dengan im-por sapi itu tetap berjalan,"tuturnya.

Menteri Pertanian Suswo-no menjelaskan perkemba-ngan kebijakan impor da-ging sapi, baik terkait prog-ram swasembada daging2014 dan juga pemenuhankebutuhan masyarakat.

"Presiden tadi memanggiluntuk meminta keterangandan penjelasan saja, baik lis-an maupun tertulis. Tertulissudah saya sampaikan se-mentara lisan tadi disam-paikan secara detail apayang terkait persoalan im-portasi daging sapi," kataSuswono dalam keteranganpers di Kantor Presiden Ja-

karta, kemarin usai meme-nuhi panggilan Presiden.

Menurut Suswono, diamenjelaskan kepada Presi-den bahwa tidak ada pe-nyimpangan regulasi dankebijakan importasi dagingsapi.

"Kuota dan pengalo-kasia-nnya itu semua dibahas da-lam rapat di Menko (Pereko-nomian). Data awal di-sam-paikan oleh Kementan, sete-lah diputuskan dalam rapatMenko, dialokasikan sesuaiperusahaan yang me-ngajukan dan perusahaan itutercatat sebagai importiryang terdaftar di Kemente-rian Perdagangan," katanya.

Setelah kuota impor un-tuk masing-masing perusa-haan ditetapkan, ia melan-jutkan, kemudian ditentu-kan alokasi untuk industri,hotel, restoran dan sapi ba-kalan.

"Jadi semua ada rumu-sannya," kata dia setelahbertemu Presiden selamasekitar satu jam.

Suswono menjelaskanpula bahwa penentuan alo-kasi impor daging tahun2013 sudah ditetapkan padaDesember 2012.

"Sudah ada penetapanpengalokasian selama satu ta-hun pada Desember," katanya.

Dia bisa memastikanLuthfi tidak bisa mempe-ngaruhi kebijakan MenteriPertanian tentang impordaging.

"Saya sendiri masih belumjelas betul masalah ini, sayamerasa tidak ada kaitan an-tara masalah yang PakLuthfi hadapi dengan kebi-jakan yang saya lakukan,"tegasnya.(ant)

JAKARTA, SRIPO — Gu-bernur DKI Jakarta JokoWidodo memberikan an-caman tegas untuk calo-calodi rumah susun. Tak main-main, sanksinya bisaberujung pada jalur pidana.

"Ya kalau ketemu lang-sung. Itu pidana itu, hati-hati,termasuk oknumnya jugahati-hati," kata Jokowi diBalaikota Jakarta, Rabu (13/2).

Mantan Wali Kota Sura-karta ini mengaku sudahmencium praktik percaloandalam pemberian rumahsusun (rusun). Sadar akankondisi itu, Jokowi terusmempelajari modus oper-andi para calo untuk kemu-dian memberantasnya.

Jokowi menyatakan, se-iring waktu, ia mulai me-ngantongi nama dan mo-dus yang biasa digunakanpara calo untuk mengelabuiwarga yang berniat meng-huni rusun, misalnya di Ru-

sun Marunda. Berdasarkanpenelusurannya, para calomemiliki berbagai trik un-tuk memikat warga yangingin menghuni rusun.Umumnya ialah denganmengiming-imingi wargamendapat "jalur khusus"dengan cara menyetorkansejumlah uang.

"Calo di mana-mana ada.Calo juga ada yang nangis-nangis, kelihatan ada yangikut daftarin. Saya hafal,orang saya di lapangan te-rus. Dipikir saya enggakhafal," ujarnya.

Rusun Marunda dikhusus-kan Jokowi untuk wargayang terkena dampak ban-jir. Sejatinya, semua wargatersebut harus di-relokasi keRusun Marunda. Namun,ada saja oknum dari dalamdan luar Pemerintah Provin-si DKI yang menjegal prosesrelokasi tersebut.

Modusnya beragam, mu-

lai dari menyetorkan uangatau alasan lainnya. Gerahdengan kondisi itu, Jokowiakhirnya memecat Kusnin-dar sebagai Kepala Unit Pe-laksana Teknis (UPT) Ru-mah Susun Daerah I Dinas

Perumahan dan GedungPemerintahan Daerah DKIJakarta karena diduga men-jadi oknum penghambatrelokasi warga ke RusunMarunda, Jakarta Utara.

(Kompas.com)

Wawako Minta Warga Riau tidak Rayakan Valentine

Pramono Calon Ketum Demokrat ?●●●●● Marzuki Alie: Belum Ada Wacana Mengganti Anas●●●●● Nama Mahfud MD Juga Disebut

mau menjadi Ketum PD,saya belum bisa berkomen-tar," kata Hayono.

Anas Tetap ketuaWakil Ketua Dewan Pem-

bina Partai Demokrat Mar-zuki Alie memastikan AnasUrbaningrum tetap KetuaUmum Partai Demokrat. Iamenegaskan, partainyasama sekali tidak membica-rakan wacana penggantianKetua Umum.

"Tidak ada urusan denganpenggantian Ketua Umum.Ketum kan tetap," ujar Mar-zuki, Rabu (13/2), di Ge-dung Kompleks Parlemen,Senayan, Jakarta.

Wacana penggantian

Anas mengemuka menje-lang Rapat Pimpinan Nasio-nal (Rapimnas) Partai De-mokrat yang rencananyaakan dilakukan pada 17Februari 2013 mendatang.Sosok-sosok penggantiAnas pun mulai digulirkanseperti Ketua MahkamahKonstitusi Mahfud MD yangpada 1 April akan selesaimasa jabatannya. Wacanapengusungan Mahfud seba-gai pengganti Anas ini di-lontarkan anggota DewanPembina Partai DemokratSH Sarundajang.

"Saya menilai Mahfud MDmemenuhi kriteria untukmemimpin Partai Demok-

rat menggantikan Anas,"ujar Sarundajang kepadaKompas.com, Rabu (13/2)di Manado.

Sarundajang yang jugaGubernur Sulawesi Utaramenilai Mahfud MD mem-punyai integritas, kapasitas,serta rekam jejak yang sa-ngat baik sebagai tokohyang bersih.

"Sosok Mahfud sangat pasuntuk partai yang sekarangdicitrakan tidak bersih,"tambah Sarundajang. Me-nurut Marzuki, pendapatSarundajang itu merupa-kan pendapat pribadi. "Ka-lau pribadi-pribadi bolehsajalah, tapi kalau ketuaumum harus dari kader.Kader kan banyak, jutaan,"imbuhnya. (Ant/kc)

PEKANBARU, SRIPO -"Perayaan Hari Valen-tine bukan mencermin-kan identitas budayaMelayu. Tidak disaran-kan untuk dilakukanremaja," setidaknyabegitu argumen WakilWali Kota Pekanbaru,Riau, Ayat Cahyadi. Diamenyarankan wargasetempat tidakmerayakan HariValentine saban 14Februari.

Menurut dia,

merayakan hari kasihsayang tidak saja pada 14Februari tapi setiap saatkarena harus menyayangiorangtua, guru, maupunkeluarga.

Pada prinsipnya,katanya, budaya mempe-ringati Hari Valentine ituproduk budaya asingyang tidak cocok dengankepribadian Melayu, yangmenjunjung nilai agamadan kesusilaan. Dari sisikomersial, banyaktawaran barang-barang

digelar murah, juga acara-acara dengan biayakesertaan tertentu.

Bahkan pada pesta HariValentine di Pekanbaru,Riau, besok itu, dikabar-kan panitia penyelengga-ra juga mendatangkanartis dari Jakarta. Remajayang datang "diharuskan"memakai busana ber-nuansa pink alias merahmuda.

"Kami tentu tidak dapatmelarang pengelola hotelmembuat suatu acara,

hanya bisa menyaran-kan kepada orangtuaremaja supaya menga-wasi anaknya terutamaremaja pada saat HariValentine," katanya.Artinya, Hari Valentine"laku" dijual dan adapasarnya.

Dia mengatakan, cintaitu suci dan muliaanugerah Allah, jadijangan dinodai denganperayaan yang tidaksesuai dengan budayatimur.(Ant)

ANTARA/ UJANG ZAELANI

DISERBU ANAK— Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo bagikanbuku tulis kepada sejumlah anak usai meninjau Kantor KoperasiBajaj, Jumat (8/2) lalu.

Pramono EdyPramono EdyPramono EdyPramono EdyPramono EdyIST

Page 9: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

CITYPALEMBANGCMYK

HALAMAN 9 SRIWIJAYA POSTKAMIS, 14 FEBRUARI 2013

PALEMBANG, SRIPO —Wakil Walikota (Wawako)Palembang menggelar in-speksi mendadak (sidak) kePasar 16 Ilir Palembang,Rabu (13/2). Didampingipejabat teras PemerintahKota (Pemkot), Wawakomenyatakan menstop pem-bangunan 33 kios, lantaranbelum mengantongi izin.

Saat sidak bakal calon(balon) Walikota Palem-bang periode 2013-2018 itumenemukan bangunan liardi pelataran parkir gedungPasar 16 Ilir. “Bangunan-

ERAYAAN Valentineditahun 2013 bagi AdeRemi, spesialist ProdukSony asal Jakarta, sedikitberbeda. Jika selama ini

selalu dilewati bersama orangtersayang alias pacar, tapi

kali ini tidak. “Lagi kosong.Sudah jomblo sejak limabulan, lalu,” kata Ade,sapaan akrabnya denganekspresi sedih.

Dia angkat tangansambil menutup matapertanda sedih.Menurutnya, situasivalentine juga harusdilewati tanpakeluarga karena saatini Ade harus berada

di Palembang.DiameninggalkanJakartalantarantugas.

“Sebenarnya

bangunan ini belum adaIzin Mendirikan Bangunan(IMB) dari dinas terkait,maka kita tegas sementarawaktu pengerjaannya kitastop,” tegas Romi.

Dari pantauan Sripo, ba-ngunan tersebut memangsudah dikerjakan sekitar 40persen, terlihat dari bebe-rapa tiang bangunan daribeton yang sudah berdiri.Romi mengungkapkan, bi-la temuannya itu akan dila-porkan ke Walikota Palem-bang Eddy Santana Putradalam waktu dekat.

Memang sebelumnyaPemkot Palembang telahmelarang berdirinya ba-ngunan di pasar yang dija-dikan sebagai salah satu ikonKota Palembang. Laranganitu diakui Romi berlaku su-dah sejak tiga tahun silam.“Saya bersama Pak Wali-kota pernah bongkar ba-ngunan yang ada di de-pan Pasar 16 Ilir inikarena dinilai meng-ganggu. Untuk peda-gang diharapkanbersabar sementarawaktu menunggu in-struksi walikota,” ka-tanya.

PALEMBANG, SRIPO —Informasi beredarnya situsyang memuat penjualanpermen karet untuk me-ningkatkan libido, ditang-gapi serius sejumlah instan-si kompeten. Balai Besar Pe-ngawas Obat dan Makanan(BBPOM) Sumsel misalnya,terus menelusuri dan me-mantau obat terlarang ter-sebut. Namun hingga ke-marin pihak BPOM Sumselbelum menemukan per-men dimaksud.

Kepala BPOM Sum-sel melalui salahsatu kepala bi-

Pembangunan KiosPasar 16 Ilir Distop

● Belum Kantongi Izin● Sidak Romi Herton

PALEMBANG, SRIPO ––Setelah era tas Furla yangberbentuk bulat, lalu me-lonjong di bagian samping,kini berkembang model tasbaru berbentuk anyamantikar atau sering disebut tastikar. Model ini sedang trendi masyarakat.

Tidak sulit menemui tasini. Hampir di semua tem-pat memajangnya. Anekawarna pun disajikan. Adayang warna hitam, coklat,hijau hingga kuning terang.Bentuknya kebanyakanbesar dan lonjong denganmodel tali yang kecil me-

dangnya, Irwansyah, me-ngatakan kemungkinan si-tus yang dimaksud telah di-tutup, sehingga kesulitanmenemukannya. Ia me-nyampaikan, bahwa pihakBPOM pusat bekerjasamadengan Kementerian Ko-munikasi dan Informatika,berusaha menutup 36 la-man tersebut. “Untuk me-nemukan itu memang sulit,karena peredarannya sen-diri melalui internet,” ujar-nya ketika ditemui di kan-

tornya, Rabu (13/2).Jika memang

ada yang men-

jual itu, ia meminta agarmasyarakat dapat segeramelapor Karena meski per-men tersebut mungkin ti-dak membahayakan, na-mun tetap menyalahi. Iamenerangkan, produk ma-kanan tidak boleh mengan-dung obat, sama halnya de-ngan kosmetik yang me-ngandung obat.

Ia mengatakan produkseperti itu sulit untuk men-dapatkan izin dari BPOM.“Memang bahayanya tidaktahu, tetapi jelas itu tidakboleh,” terangnya.

Selain beredarnya per-men karet perangsang ini,

BPOM Telusuri Permen Libido● Ada Kondom Kemasan CoklatPALEMBANG, SRIPO ––

Srimaya Hariyanti yang ak-rab disapa Yanti, merasa ke-cewa ketika mengunjungikantor DPRD Kota Palem-bang di Jl Gubernur H Bas-tari Jakabaring, Palem-bang, Rabu (13/2) pukul11.00. Kekecewaan wanitasetengah baya ini lantarantak bisa menemui KetuaDPRD Palembang, Harno-joyo.

“Saya sangat kecewa, ka-rena sampai saat ini sayabelum mendapatkan jawa-ban. Padahal surat yang sa-ya ajukan kepada ketuadewan sudah diajukan se-jak tahun 2011 lalu,” ujarSrimaya dengan nada ke-

cewa.Dia yang mengenakan

baju merah dengan keru-dung berwarna hitam me-ngatakan, surat yang diaju-kannya kepadaDPRD adalah su-rat perihalt e n -

PALEMBANG, SRIPO ––Sony kembali menghadir-kan teknologi televisi ter-baru yang mengusungkonsep gambar dan warnalebih detail. Jika televisi pa-da umumnya kepadatangambar di kisaran 2 jutamegapiksel, maka LEDBravia 4K mempertajam

gambar hingga 8 juta me-gapiksel.

Teknologi tersebut khu-sus dihadirkan Sony perta-ma kali dalam Sony Goten2013 Inspiring Entertain-ment Park di atrium Palem-bang Square, Rabu (13/2).Kegiatan akan berlangsungselama lima hari atau ber-

akhir, Minggu (17/2).Berbagai teknologi ter-baru dipamerkan, na-mun Presiden Sony In-donesia, Satoru Araimenyebut Bravia TV 4Kadalah koleksi pamung-kas Sony, yang selamaini sudah ditunggu-

TV Terbesar di Dunia● Pamer Teknologi di PS

SRIPO/SYAHRUL

KEBERATAN –– Wakil Walikota Palembang H Romi Herton mendengarkan keluhan pedagangakan pembangunan kios-kios baru depan Pasar 16 Ilir yang sangat mengganggu, saat mengunjungiPasar 16 Ilir Palembang, Rabu (13/2). Para pedagang menyatakan keberatan dengan dibangunnyakios tersebut.

Bersambung kehal 10

Bersambung kehal 10

SRIPO/MG19

BERTAMU –– Srimaya (pakaian merah) yang didampingi kuasa hukum dan kerabatnya ketikamendatangi Kantor DPRD Palembang di Jl Gub H Bastari Palembang, Rabu (13/2).

Srimaya Dikecewakan DPRDtang permasalahan rumahtangganya. “Masak anggo-ta dewan tidak ada responkepada rakyat sendiri. Saya

sudah sering tele-pon, tetapi ti-

dak diangkat. Saya tidakpuas, sudah berapa kali da-tang tidak ketemu,” tandas-nya.

Bersambung ke hal 10

Jomblo di HariValentine

Bersambung ke hal 10

Siswa Harus Siap Mental● Hadapi 20 Paket Soal UN

● Sekolah Genjot Sistem Belajar

Bersambung ke hal 10

P

Bersambungke hal 10

PALEMBANG, SRIPO ––Pemerintah akan menerap-kan 20 paket soal dalam sa-tu ruangan saat pelaksana-an Ujian Nasional (UN) ta-hun 2013. Meski cukup me-ngejutkan, karena sebelum-nya hanya dengan 5 paketsoal, tapi sejumlah sekolahdi Palembang mengaku siapmenghadapi pola baru yangdianggap efektif menekantingkat kecurangan.

Kepala SMAN 4 Palem-

bang, Parmin mengatakan,pihaknya tidak terlalu kha-watir dengan 20 paket soalyang akan dihadapi oleh 269siswanya. Mengingat ber-bagai persiapan telah dilaku-kan sejak memasuki awalsemester genap di bulan Ja-nuari lalu. “Kita sudah ber-usaha maksimal memper-siapkan UN sejak awal tahuntahun ini. Yang paling pen-

Bersambung ke hal 10

Berburu Tas Tikarlingkar di bahu.

“Memang sekarang se-dang tren tas seperti ini.Kalau dilihat bentuknyamemang tradisional, darianyaman tikar yang disu-sun rapi membentuk tasyang unik. Tapi kalau dipa-kai kesannya modern, ka-rena ada kombinasi tali dibagian atasnya. Tali ini ke-banyakan kecil dan keras,”kata Mirna, salah satu pe-ngunjung yang sedang me-milih-milih tas di Mimi Bu-tik Palembang Square.

Ade RemiSRIPO/STS

SRIPO/SYAHRUL

TERBESAR ––TV LED Bravia

4K, televisi produkSony terbesar di

dunia, dipamerkandi Atrium PS,Rabu (13/2).Harga TV ini

capai Rp 299,999juta.

SRIPO/SYAHRUL

PILIH TAS –– Seorang wanita muda memilih tas anyam di MimiButik Palembang Square, beberapa waktu lalu.

SRIPO/SYAHRUL

UJIAN NASIONAL –– Siswa saat mengikutu Ujian Nasional.Gambar diambil beberapa waktu lalu.

SRIPO/STS

RIZA FAHLEVI

Page 10: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

10 SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 2013

PembangunanKios Pasar 16

Ilir Distop■ dari halaman 9

Meski akan dilakukanpembongkaran, Romi ber-janji akan menata tempatparkir tersebut lebih rapi danindah, tanpa mengurangiestetika keindahan kota.“Kalu memang intruksi di-

bongkar akan kita perbaikisebaik mungkin,” tambah-nya yang didampingi KetuaDPRD Harnojoyo.

Sementara itu KepalaPerusahaan Daerah (PD)Pasar Palembang Djaya,Syarifuddin Azhar, menga-kui pembangunan bebera-pa kios tepat berada di de-pan pelataran parkir Pasar16 Ilir Palembang adalahasetnya. “Ada 33 kios un-tuk pedagang,” sebutnya.Direncanakan, kios yangbaru dibangun belum lama

itu diperuntukan bagi pe-dagang yang berdagangmenempati pelataran par-kir gedung pasar tersebut.Hanya diakui Syarifuddin,bila izin pembangunan kiositu tengah diproses.

Sebenarnya kios ber-ukuran 2x1,5 meter terse-but tidak kalah cantik de-ngan kios lain. Karena itucukup disayangkan bilabiaya pembangunan hing-ga 700 juta tersebut sia-sia.“Akan segera kita urus izin-nya,” singkatnya. (Mg5)

tunggu dunia.“Berbagai even pameran

sudah kita jelajahi, seperti diBandung, Jakarta, Suraba-ya, Banjarmasin dan Balik-

papan. Responnya sangatbesar. Koleksi pamungkaskita bahkan sudah banyakditunggu orang,” ucap Sa-toru yang khusus hadir un-tuk membuka kegiatan So-ny Goten. Satoru yang di-dampingi Florence Riady,Spesialist Product meng-klaim bahwa TV ini terbesardi dunia, berukuran 84 inchidan menggabungkan pro-sesor gambar berkualitastinggi dengan resolusi 4K X-Reality Pro.

“Ini teknologi terbaruyang kita hadirkan, panel4K itu berkemampian 8,29megapiksel, atau empatkali lebih besar dibandingresolusi full HD standar,”katanya. Ini membuatgambar yang disajikan sa-ngat detail dan lengkap.Komposisi warna juga sa-

ngat tajam dengan akurasiyang hampir sama dengangambar sebenarnya. Na-mun resolusi gambar yangtajam tetap tidak merusakmata. Dari jarak setengahmeter saja, kata dia, tetapaman ditonton.

“Padahal aturan standar-nya, jarak tontonan mini-mal dua kali jarak besarnyatelevisi, kalau disini tidak.Ditonton dengan jarak de-kat pun tidak akan meru-sak mata,” kata dia. PanelTV juga sangat eksklusif,karena terbuat dari bahanflat yang keras yang didu-kung speaker kiri kananyang berteknologi setaradengan home theater.

“Kalau soal TV smartberteknologi 3D, video, fo-to, musik dan lainnya jugasangat lengkap,” katanya.

TV Terbesar diDunia

■ dari halaman 9

Soal harga, katanya, perunitnya capai Rp 299,999 ju-ta. “Bisa dibilang ini TV ter-eksklusif yang pernah kitaciptakan,” katanya. SelainTV, Sony Goten InspiringEntertainment Park jugamenghadirkan perangkatteknologi lainnya, sepertikomputer, home theater,tablet, audio visual, projek-tor hingga Playstation.

“Kita hadirkan pulakompetisi dance, gamesplay stations, musik, hibur-an hingga potongan harga70 persen,” katanya. Kon-sep pameran, kata dia, le-bih moderen. Tiap stand di-pajang benda-benda ber-teknologi berdasarkan ke-lompoknya, seperti HomeCinema, Gaming Battle-field, area shooting studio,dan launge. (why)

Kedatangannya keDPRD Kota Palembang di-dampingi Ismatul Ifah, SHsebagai pengacaranya dan

seseorang kerabat dekat-nya. Meskipun hanya se-bentar, lebih kurang 30 me-nit, Srimaya diterima danditemui Kabag HumasDPRD Kota PalembangSyafullah dan jajarannya.“Saat ini Sekwan (Sekreta-ris Dewan) dan anggotaDPRD Kota Palembang, se-dang ada kegiatan di luar.Sehingga tidak bisa mene-mui,” ujar Syafullah.

Dikatakan Syafullah, di-rinya menjabat sebagai Ka-bag Humas DRPD KotaPalembang terhitung ma-sih baru, sehingga ia tidaktahu persoalan yang di-maksud. “Bapak ketua de-wan sekarang sedang sa-ngat banyak kegiatan. Sayabaru jabat humas, jadi suratyang diajukan itu saya tidakmengetahuinya,” ujarnya.

(mg19)

SrimayaDikecewakan

DPRD■ dari halaman 9

di sejumlah daerah di luarSumsel sudah ditemukancokelat berisi alat kontra-sepsi. Menanggapi hal ini,Kepala Dinas Perindustriandan Perdagangan Sumate-ra Selatan, Nasrun Umarmelalui Kepala Bidang Per-

dagangan Dalam Negeri,Ganda Yuni mengatakanpihaknya tidak akan mem-beri izin terkait barang-ba-rang tersebut.

Untuk barang industriyang layak didagangkan,menurut Ganda, adalah ba-rang yang memenuhi stan-dar kesehatan, keselamat-an, dan lingkungan hidup.Namun hingga saat ini, pi-haknya belum menemu-kan adanya coklat berisikondom tersebut, yang

konon beredar deras men-jelang hari valentine. “Kitatidak akan memberi izinkalau ada produk sepertiitu. Salah satu saja yang ku-rang tidak mendapat izin,”ungkapnya.

Ganda menerangkan,baik permen maupun coke-lat yang beredar itu, tidakakan mendapat izin dagang.Karena barang resmi punterkadang tidak diberi izinlagi karena telah melebihimasa kadaluarsa. (cw7)

BPOM TelusuriPermen Libido

■ dari halaman 9

ting adalah persiapan men-tal siswa untuk fokus padajelang UN,” katanya saat di-hubungi, Selasa (12/2).

Disebutkannya, sekolahmenggelar bimbingan bela-jar hingga tiga kali dalam se-pekan. Ada juga ruang kon-sultasi akademik siswa yangdaya serapnya belum mak-simal, dengan guru minimal60 menit usai pulang seko-lah. Kemudian berkoordi-nasi dengan orangtua siswamembahas prestasi belajar.

“Kita akan memanggilorangtua siswa untuk meng-konsultasikan hasil belajar,sekaligus memberikan hasilulangan harian siswa. Kare-na peranan orangtua juga sa-ngat dibutuhkan untukmemberikan motivasi,”ucapnya. Parmin berharaporangtua juga mengkontrolpola belajar siswa di rumah,bahkan mereka akan men-data buku-buku yang diper-lukan dan meminta orang-tua mempersiapkannya un-tuk sang anak. Dengan tiapanak memegang minimalsatu buku, maka dipersiap-kan perpustakaan mini di

kelas.“Ada juga sistem perpus-

takaan kejujuran, dimanasedikitnya 80 buku yangberkaitan dengan UN dile-takkan di teras sekolah. Sis-wa yang membutuhkan bu-ku dapat menggunakan danmencatat sendiri buku apasaja yang dipinjam,” te-rangnya, sembari menar-getkan kelulusan 100 persendiraih siswa SMAN 4 Pa-lembang.

Hal senada dikemukakanKepala SMAN 8 Palembang,Rusdiana, dimana pihaksekolah mempersiapkan pa-ra siswa jelang UN 2013 de-ngan menambah jam pela-jaran hingga pukul 16.00. Iamengatakan bahwa siswa-nya akan siap menghadapi20 paket soal bahkan bisa le-bih. “Walaupun sampai 100paket soal pun semuanyatergantung pada kesiapan.Yang penting fokus belajarsaja mudah-mudahan ber-hasil dan mencapai targetkita sebesar 100 persen.Alangkah bagus juga siswaikut kursus di luar sekolah,”ucapnya.

Sementara Wakil KepalaSekolah Bidang HumasSMKN 2 Palembang, Surip-to mengungkapkan bila pi-haknya belum menerimasurat edaran terkait pene-rapan 20 paket soal saat UN.

Namun ia menegaskan ke-siapan para siswa bila itu di-berlakukan. “Kita pasti me-ngadakan bimbingan bela-jar. Mau tidak mau itu sudahjadi kebutuhan meski de-ngan pola lama yakni 5 pa-ket soal. Jadi ini perlu per-siapan matang para siswa-nya,” singkatnya.

Sedangkan Dinas Pendi-dikan Pemuda dan Olahra-ga (Disdikpora) Kota Palem-bang menghimbau sekolahuntuk mempersiapkan sis-wa jelang UN April menda-tang. Kepala Disdikpora Ko-ta Palembang Riza Fahlevimelalui Kasi Kurikulum danSistem Pengujian M Nur-syamsu Alamsyah menga-takan pihaknya siap menja-lankan keputusan peme-rintah pusat itu. “Sebenarnyabanyaknya paket soal UNtidak berpengaruh karenakita telah menghimbau pi-hak sekolah untuk memper-siapkan siswa sejak awal me-masuki semester dua dansetiap sekolah telah melaku-kan banyak cara untuk per-siapan siswanya,” bebernyasaat ditemui di ruang kerja,Selasa (12/2).

Jika ditetapkannya 20 pa-ket soal dengan alasan un-tuk meminimalisir kecura-ngan UN, baik dari siswa,pengawas ataupun pihak se-kolah, dia mengaku sejauh

ini UN di Palembang tergo-long aman dari kecurangan.“Yang terpenting adalahtingkat kepercayaan kita ke-pada siswa dan bagaimanacara kita mempersiapkansiswa itu sendiri,” tutupnya.

Bimbingan belajar Gane-sha Operation (GO) telahmenerapkan Try Out (TO)berkala seperti pemberianmotivasi dengan sistem Tu-torial Testing Time. Para sis-wa dapat berkonsultasi pe-lajaran kapan dan di unitGO mana saja meski di luarjadwal belajar. “Kita jugamenggelar UN-Vaganza diunit GO masing-masing diluar jam belajar sebagaitambahan. Untuk eksternalsiswa GO telah dibuka pa-ket UN atau SNMPTN. Be-berapa sekolah memperca-yakan kami menggelar TryOut dan motivasi kepadakhusus siswanya. Jadi pi-hak GO yang akan ke se-kolah-sekolah,” KepalaUnit GO Merdeka dan Si-guntang, Susi Lidyawati.

GO pun menjamin siswadi kelas regular lulus 100persen UN. Sedangkan sis-wa di kelas eksekutif dija-min lulus hingga SNM-PTN. “Seperti tahun lalu 100persen. Bahkan ada siswaperaih nilai tertinggi diSumsel adalah siswa GO,”tukasnya. (Mg5)

Siswa HarusSiap Mental

■ dari halaman 9

Dia mengaku lebih sukamemilih warna coklat, agarkesan anyaman tikarnyalebih alami. Tas ini, menu-rutnya, juga multi fungsi.Karena bisa dipakai untukkuliah dan kegiatan lain.“Karena bentuknya besar.Jadi multi fungsi,” katanya.

Lalu bagaimana cara me-lihat keaslian tas? Membu-ru tas-tas impor bermerek

ternyata gampang-gam-pang susah. Banyak tempatyang menyajikannya, tapitidak banyak yang mampumembuktikan keasliannya.Ternyata ada satu cara yangbisa dilakukan, yakni de-ngan melihat bahan penyu-sun dan sertifikatnya.

“Banyak sih yang jual,tapi kalau saya hanya lihatbahan penyusunnya saja,untuk lihat keasliannya,”kata Miranda, salah satu pe-ngunjung yang juga me-ngaku tertarik tas anyam-an. Dia menyebut bahan tas

lebih lembut, namun tetaptegak saat disandang. Cu-kup dipegang langsung danlihat juga bagian bahanpenyusun. Biasanya untuktas yang asli atau branded,bahannya langsung mem-perlihatkan tulisan merek.Juga dari retsliting tas. “Apa-lagi yang anyaman sepertiini banyak ditiru. Makanyapandai-pandainya kita sajamemilihnya,” katanya sera-ya mengakui untuk tasanyaman asli, biasanya di-kisaran Rp 4 hingga Rp 8 jutatergantung merek. (why)

Berburu Tas Tikar■ dari halaman 9

tiap hari bisa Valentine-anterus. Tapi tahun inimemang beda. Selain jauhdari keluarga, juga lagijomblo,” ungkap Ade.Namun kesemuanyatidak membuat Adekehilangan akal. Diaberniat tetapmelaksanakan valentinebersama teman-temanseprofesi pada tugas yangsama.

“Karena yang kePalembang, aku samadelapan temanku yanglain. Terpaksa kitarayakan valentinebersembilan di hoteltempatku menginap. Kitajuga sudah pesantempat,” kata dia. Laluapakah ada acara khusus?Kali ini wanita berkulithitam manis ini tertawa.Dia menyebut sudahmenyiapkan puluhancoklat. Coklat beranekabentuk itu akan dibagikanketeman-temannya yanglain.

“Paling kita ngumpul,sambil tukar-tukaran

coklat dan kado. Enjoy ajalagi. Yang penting hepi.Toh makna Valentine bisadilewati tiap hari,” kataAde sambil tersenyum.

Meski tidak terlalu sukamerayakan valentine,namun Ade tetapmenghargai teman-temannya yang lain. Diatidak ingin membuat or-ang lain kecewa. Laluapakah akan ada cintabersemi di areal kerja?Sekali lagi dia tertawa.Tapi kali ini tawanya lebihriang dan lebar. Sambilmenutup mulut dengantangan, Ade lalu berdiridari tempat duduknya.

Dia mendekati Sriposambil menyilangkantangan ke dada. Lalu diaberbisik.

“Tak bolehlah kitapacaran satu tim. Kita disini dituntut kerjaprofesional dulu.Kalaupun ada jodoh nantidisana, yach apa bolehbuat,” katanya lagi.

Lalu adakah kriteriaideal yang diimpikan?Ade hanya menguraisingkat. “Yang pentingsudah mapan, itu yangpenting. Bukan matre.Tapi masak kita cari duit,dianya tidak,” katanya.

(dewi handayani)

Jomblo di HariValentine

■ dari halaman 9

TAUSIYAH –– UstadAchmad Al Habsy (tengah)menyampaikantausiyahnya di hadapanmajelis taqlim dan ibu-Ibupengajian se KotaPalembang pada tablighakbar dan silaturahmibersama masyarakat

Kecamatan Sukarame,Rabu (13/2).

SRIPO /Zaini

Page 11: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 201311

PALEMBANG, SRIPO – Puluhan pelajardan mahasiswa di Palembang pendidikanpolitik yang digelar Kesatuan Bangsa danPolitik (Kesbangpol) Palembang di HotelGrand Duta, Rabu (13/2). Mereka yang me-wakili sekolah dan kampus tersebutmendapat pembekalan seputar pemilukadaPalembang, 7 April 2013 dan Pilgub padatanggal 6 Juni 2013 mendatang.

“Kita ingin memberikan pemahamankepada kalangan muda bahwa pemiluhkadatahun ini adalah kesempatan mereka untukmenggunakan hak pilih dengan baik,” kataKepala Badan Kesbangpol PalembangShinta Raharja usai acara, Rabu (13/2).

Pembekalan yang memuat materi tentangmanfaat pemilukada, tahapan hingga sedikitmembahas mekanisme pencoblosan, dinilaidapat meningkatkan angka partisipasi pemilihpemula yang kerap mengambil sikap gol-put. Selain itu mendorong suksesnyapelaksanaan Pilwako Palembang dan PilgubSumsel 2013, kaum muda diharapkanmenjadi corong informasi demokrasi dalamupaya peningkatan kualitas pendidikan politikmasyarakat umum.

“Sumbangan pemikiran dan partisipasi aktifpeserta akan menjadi masukan yang sangatberarti bagi upaya peningkatan kualitas ataskeberadaan generasi muda yang dapatmenjadi jembatan antara pemerintah denganmasyarakat,” terangnya.

Ke depan Kesbangpol berencanamenggandeng beberapa Satuan Kerja Pe-rangkat Daerah (SKPD) di lingkunganPemerintah Kota (Pemkot) Palembang kem-

PALEMBANG, SRIPO – Bu-pati Musirawas (Mura)yang juga fungsionaris DPPPartai Golkar, Drs RidwanMukti (RM) ikut meramai-kan bursa bakal calon Gu-bernur (Balongub) Sumsel2013-2018 dari PDI Perjua-ngan. Dia mengambil for-mulir pendaftaran pemili-han Gubernur Sumsel dikantor DPD PDI Perjuang-an, Jalan Basuki Rahmat,Rabu (13/2).

Namun Ridwan tidakmengambil sendiri formu-lir pendaftaran, melainkandikuasakan kepada tim me-dianya Amir Maulana.“Saya ditugaskan oleh PakRidwan baru tadi pagi un-tuk ambil formulir. Beliautidak bisa mengambil lang-sung karena sedang beradadi Amerika,” jelas Amiryang ditemui di kantor

Ridwan RamaikanBursa Cagub PDI-P

DPD PDI Perjuangan Sum-sel.

Namun, untuk pengem-balian formulir Balongub,kemungkinan RM akanmengembalikannya sen-diri. “Kalau untuk pengem-balian nunggu konfirmasibeliau,” ujarnya. Partai ban-teng itu sendiri telah men-jadwalkan pengembalianformulir calon Gubernur(cagub) dan calon wakil Gu-bernur (cawagub) Sumseldari PDI Perjuangan diba-tasi hingga tanggal 15 Fe-bruari.

Sementara Ketua PanitaPendaftaran Cagub danCawagub Sumsel dari PDIPerjuangan, Fahlevi Maiza-no, didampingi Wakil Sek-retaris DPD PDI Perjuang-an Sumsel, Usman Effendimengatakan, sejak dibuka4 Februari lalu, sudah ada6 calon yang mengambilformulir pendaftaram kesekretariat DPD PDI PSumsel, termasuk kader

terbaik PDI PerjuanganSumsel, yakni 3 calon gu-bernur dan 3 calon wakilgubernur.

Calon gubenur yang su-dah mengambil, Eddy San-tana Putra, Herman Deru,dan Ridwan Mukti. Sedang-kan balon Wagub yang su-dah mengambil formuliradalah, Wiwit Tatung, Rid-wan Efendy dan Drs H Sa-haruddin,” bebernya. Se-lanjutnya, nama-nama ter-sebut akan mengikuti tesadministrasi dan keleng-kapan. Bagi calon yang me-menuhi persyaratan akanmenjalankan test Fit andproper Test sebelum di-usulkan ke DPP untuk di-pilih dan diputuskan seba-gai calon gubernur danwakil gubernur Sumsel dariPDI Perjuangan.

“Sebelum pembukaanpendaftaran oleh KPU, pa-sangan calon tersebut su-dah bisa diumumkan.Akan tetapi semua keputu-

san finalnya ada di pusat,”pungkasnya.

ElizabethSementara itu, Rabu (13/

2) sore satu lagi bakal calonWakil Gubernur Sumselmengambil formulir di PDI-P yakni Ny Elizabeth H JayaPahlawan. Dia mengirimutusan untuk mengambilformuli di kantor PDI-P. “Ba-ru mengambil formulir soreini (Rabu). Kita masih me-nunggu pengembalian-nya,” ujar Sekretaris PDI-PSumsel, MA Gantada.

Menurut Gantada, for-mulir pendaftaran yang su-dah diisi paling lambat di-kembalikan tanggal 15 Fe-bruari. Dengan hadirnyaElizabeth, berarti ada duacalon perempuan yangberminat mendampingiEddy Santana Putra men-jadi calon Gubernur Sumsel.Sebelumnya, sudah adanama Ny Anisja DjuitaSuproyanto alias WiwietTatung. (ts/tris)

Pemuda Jadi Corong Demokrasi

bali mengadakan penyuluhan dan pendidikanpolitik untuk kaum pemuda di Palembang.“Kita berupaya melakukannya secara berta-hap. Nanti kita libatkan Diknas atau Diskominfomendatangi sekolah-sekolah karena sosiali-sasi pemilukada .menjadi kewajiban bersa-ma. Mungkin yang bersifat tehnis jadi kewe-nangan KPU Palembang,” sebutnya.

Turut hadir dalam acara tersebut RektorUniverisitas Taman Siswa yang memberikanmateri tentang “Peran Aktif Pemuda DalamPembangunan Palembang serta Pilkada ta-hun 2013”. Lalu pengamat politik sekaligusDekan FISIP Unsri Joko Siswanto hadirmembekali pesera dengan materi “PotensiGenerasi Muda Dalam Membangun EtikaBerpolitik dan Budaya Bangsa”. (Mg5)

SRIPO/ZAINI

PENDIDIKAN POLITIK – Sejumlah siswa SMA,dan pemuda mengikuti acara penyuluhan danpendidikan politik bagi generasi muda di HotelGrand Duta, Rabu (13/2).

Panwas Bubarkan Pertemuan CawakolllllJika Penuhi Unsur PelanggaranJika Penuhi Unsur PelanggaranJika Penuhi Unsur PelanggaranJika Penuhi Unsur PelanggaranJika Penuhi Unsur PelanggaranPRABUMULIH, SRIPO – Acara atau ke-giatan yang dihadiri kandidat calon walikotadan wakil walikota akan dibubarkan PetugasPengawas pemilu (Panwaslu) Kota Prabu-mulih, jika sang kandidat tersebut setelahdilakukan pengawasan diketahui melanggartiga unsur kampanye.

“Jika kandidat diketahui menghadiri acara,lalu setelah dilakukan pengawasan meme-nuhi tiga unsur yang dilarang maka kita akanbubarkan acara tersebut,” tegas Ketua Pan-waslu Prabumulih, Judi Adrianto melalui ang-gota Panwas Devisi penindakan, WawanIrawan, Rabu (13/2).

Menurut Wawan, tiga unsur yang tidak bolehdiantaranya, tidak boleh melakukan ajakan/undangan pada suatu acara, dalam acara tidakboleh menyampaikan visi misi, serta tidakboleh memakai atribut kampanye atau lainnya

dalam suatu acara dan kegiatan tersebut.“Kita sudah imbau jangan melakukan kam-

panye sebelum waktunya. Jika semua unsuritu terpenuhi maka akan kita tindak, bahkanbubarkan,” jelas Wawan. Namun, jika ketikaunsur itu tidak terpenuhi maka tidak bisa ditin-dak, meski sudah ada laporan dari masyarakatatau tim pemenangan kandidat lain.

Sementara jika hanya satu atau dua dariunsur tersebut yang dilanggar, maka tidak akanditertibkan, tetapi tetap masukkannya dalamkatagori masuk pelanggaran. “Selagi tidak adaunsur kampanya, maka tidak bisa kita bubar-kan,” tambahnya. Untuk itu, Wawan kembalimenginggatkan sebelum masuk masa kam-panye diminta untuk tidak melakukan aktifitasyang sampai menyebabkan melanggar tigaketentuan tersebut, sehingga tercipta suasanakondusif.

“Lagi-lagi kita imbau kandidat maupun timpemenangan untuk membatasi, memahamidan tidak melakukan apa-apa yang bisamelanggar prosesi pemilukada sebelum masakampanye masuk,” terangnya.

Ditanya mengenai sejauh ini sudah berapabanyak masyarakat yang melakukan penga-duan pelanggaran, Wawan mengatakan hanyaada satu dan itupun tidak dilaporkan secaratertulis. “Baru ada satu laporan, terkait acarasunatan masal yang dihadiri dan diselenggara-kan oleh pasangan wako dan wawako nomorurut 7 (tujuh), sementara yang melaporkan timpemenangan nomor urut 3 (tiga),” jelasnya. Na-mun, menurut Wawan, setelah dilakukan pe-ngawasan atau pemeriksaan di lokasi yangdilaporkan yakni di Kembang Tanduk, acaratidak sesuai dengan dilaporkan atau murni acarasunatan. (ts/eds)

SRIPO/ZAINI

Ridwan MuktiSRIPO/ZAINI

Eddy Santana PutraSRIPO/ZAINI

Herman Deru

Page 12: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

12 SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 2013

TANGGAL 8 Februari 2013lalu Bapak Bambang SusiloBambang Yudhoyono

(SBY) selaku Ketua Majelis TinggiPartai Demokrat membuat kepu-tusan untuk mengambil bebera-pa peran penting Ketua PartaiDemokrat yang dikenal dengan8 perintah. Kebijakan itu diikutidengan tindakan mengumpul-kan Ketua-ketua DPD Partai De-mokrat se- Indonesia untuk me-mbuat Pakta Integritas padatanggal 10 Februari 2013 yang di-ikuti semua kadernya. Semuamata elite politik Indonesia secaracermat memperhatikan PartaiDemokrat : Keputusan pentingapa lagi yang akan diambil sangBegawan.

Partai Demokrat adalah salahsatu contoh partai reformasiyang sedang mencari jati diri. Iadilahirkan setelah reformasi 1998.Profil Partai ini tidak terlepas dariprofil reformasi Indonesia yangmeskipun sudah berjalan 15tahun, tetapi belum menemukanjati diri yang mapan. Asyiknya

para elite parpol memainkan ke-kuasaan sampai lupa bahwa par-pol bukanlah sekedar alat untukmencapai kekuasaan. Parpoladalah ekspresi militansi ideologiyang diyakini oleh para anakbangsa. Parpol didirikan untukkesejahteraan bangsa menujunegara yang adil dan makmur.Parpol dibesarkan untuk meng-olah aspirasi anak bangsa dalamjiwa kenegarawanan.

Ketika survey Saipul Mujani csmenunjukkan menurunnya ke-percayaan rakyat kepada parpolyang nyaris menuju titik nadirkarena ada yang sudah mende-kati angka Satu (1) Persen danmendekati titik nol, apa yangdiperbuat parpol ? Partai Demo-krat memang sedang menjadiprimadona sorotan elit bangsakarena prahara yang sedangmelanda partai ini nyaris mendo-minasi pemberitaan politik dihampir semua media massa.Sebagai partai yang memimpinrezim yang sedang berkuasakursi kekuasaan, mereka sangatmenarik untuk digoyang, namunapakah itu berarti partai yang lainmeningkat tingkat kepercayaanrakyat kepadanya ? Inilah yangsangat memprihatinkan. Semuaparpol menurun tingkat keper-cayaannya di mata masyarakat.Jikalah metode survey tersebutbenar-benar valid, hal ini menun-jukkan bahwa prahara ini tidak

hanya menimpa Partai Demo-krat tetapi juga menimpa sistempolitik Indonesia.

Paling tidak ada dua hal yangdapat ditarik hikmahnya darisurvey tersebut ; Pertama, profilpartai reformasi belum terben-tuk jati dirinya di Indonesia ;Kedua, korupsi bukan saja telahmenjadi momok bagi Bangsa In-donesia, tetapi sudah menjadipengancam keberlanjutan Nega-ra Indonesia. Mungkin pendiriBangsa ini tidak sedikitpun terba-yang dalam pikirannya kalau Ne-gara Indonesia suatu saat akandihancurkan oleh korupsi. Na-mun bayangan itu sudah menjel-ma menjadi kenyataan yang takterhindarkan. Bukan saja korupsiitu dilakukan oleh orang yang“lapar perutnya’, tetapi sudahdilakukan oleh orang-orang “la-par kekuasaan”. Bisa jadi inilahesensi jawaban responden sebe-narnya dari survey tersebut :kegaduhan partai politik telahmengancam stabilitas politik ne-gara. Apakah ini yang ditangkapoleh Pak SBY ?

Mencermati karakter politikPak SBY yang terkenal santundan sabar yang malahan banyakorang menyatakan terkesan“lambat”, tindakan yang dilaku-kannya untuk mengambil alihwewenang Ketua Umum PartaiDemokrat bukanlah suatu halyang biasa-biasa saja. Sebagaipotensi bangsa yang mengkadercalon pemimpin bangsa ten-tunya dinamika pucuk kepe-mimpinan Partai Demokrat su-dah masuk ke arena “berbaha-ya” tadi. Melaksanakan perpoli-tikan tidak hanya mengandalkanlogika tetapi juga “sense” ke-

bangsaan dan kenegarawanan.Kepengurusan eksekutif PartaiDemokrat yang banyak dido-minasi oleh kaum muda tidaklahcukup mengandalkan semangatkejeniusan berfikir tetapi sela-yaknya diringi dengan jam ter-bang (pengalaman) yang tinggi.

Kombinasi yang harmonisantara ilmu dan pengalamanmerupakan hal yang sangatideal. Perpaduan orang mudayang enerjik dengan orang tuayang bijak merupakan suatuprofil ideal yang sangat sempur-na dalam perjalanan partaipolitik.

Masalah yang muncul pada sa-tu peristiwa politik dalam sebuahlembaga politik sangat sarat de-ngan kepentingan. Disana tidaksaja ada kepentingan organisasikepartaian yang bersangkutandan kepentingan individu kaderyang ada dalam partai politik na-mun ada juga kepentingan pihaklain yang datang dari eksternal.Upaya menggembosi partai lainadalah merupakan salah satucara strategis dalam memupukkekuatan untuk tujuan akhirpartai asal. Ini adalah bagiankerja “political inteligent”. Denganbegitu maka seorang petinggiparpol dituntut untukmempunyai wawasan dan ilmuyang luas dengan kemampuanfilosofis yang kuat dalam me-mahami suatu peristiwa politik.

Karena itulah dalam aliranmind set rezim tradisional “pe-nguasa rezim” dimaknai sebagaiorang yang mampu memadukandan mengendalikan kekuasaanmakro dan mikro kosmos. Me-nimbang keterbasan kemampu-an sebagai manusia, maka para

penguasa yang tradisional terse-but membuat tim tangan kananyang solid, yang menjadi ben-teng dan tameng pengendalianiklim politik. Gambaran ini dapatkita lihat pada sosok desain partaiera orde baru.

Itulah sebabnya salah satu ciriparpol yang mengusung atmos-fer tradisional adalah strukturjajaran pemimpinnya berlapis.Kekuasaan pimpinan tertinggisenyatanya tidak tertumpukkepada satu pimpinan utama,tetapi dibagi ke dalam beberapalapisan seperti Majelis Tinggi,Majelis Pembina, Majelis Kehor-matan, dan nama-nama sejenis-nya, yang pada hakekatnya men-cengkeram kendali kekuasaanparpol. Hal ini berbeda denganparpol modern yang berkerang-ka efektif dan efisien yang ter-wujud pada struktur yang ramp-ing dan lincah bergerak. Atmos-fer reformasi memang belummengantarkan mind set penggiatparpol kita ke nuansa “partaimodern”.

Atmosfer ini yang tidak terlihatpada sosok kekuasaan Anas Ur-baningrum, sehingga sosok po-litik Anas dalam mengendalikanPartai Demokrat rentan denganterpaan “serangan dan permain-an” dari pihak luar (baik internalmaupun dari eksternal parpol).Anas hanya mengandalkan per-kawanan yang untuk saat inihanya terikat pada kepentinganpragmatis. Anas terjebak dalamsituasi transisi dari parpol tra-disional ke parpol modern.

Sebagai seorang yang sedangterjepit dapat dimaklumi jika se-orang Anas Urbaningrum berta-han sekuat tenaga di tampuk ke-

kuasaan partai, namun sebagaipemimpin bangsa, tindakantersebut memang membahaya-kan bagi kader dan partai. Suatukeadaan dilematis yang beratyaitu “memadukan kepentinganindividual dengan kepentinganorganisasi pada saat yang gen-ting”. Keadaan inilah yang men-jadi salah satu pertimbangan PakSBY harus mengambil alih tam-puk kewenangan Pemimpin Par-tai Demokrat.

Akankah Anas melakukanperlawanan ? Suatu pilihan tin-dakan yang dapat dimaklumi.Pada saat-saat awal wewenang-nya dikurangi beliau masih me-laksanakan tugasnya ke DPDBanten. Tindakan-tindakan danucapannya di saat-saat gentingitu memang mengisyaratkanadanya perlawanan tersebut,namun setelah pertemuan SBYdengan para Ketua DPD danmunculnya surat rahasia KPKyang bocor ke publik tentangtindakan yang sedang disusunKPK terhadap Anas, gerakanAnas berhenti. PenandatangananPakta Integritas telah mengikatkepatuhan partai kepada sangpengambil kekuasaan. Akhirpertarungan wibawa ?

Semoga saja para kader PartaiDemokrat dapat merespon ke-adaan ini dengan arif. Partai de-mokrat adalah potensi bangsa,marilah dijaga potensi ini denganjiwa kebangsaan yang kuat. In-trospeksi adalah cara yang bijak.Tidak ada gading yang tak retak.Perbaiki langkah-langkah yangsalah, kembangkan jati diri partaiyang elegan. Gapailah cita-citakebangsaan dengan integritas jatidiri kenegarawanan.

Quo Vadis Sistim Pemilihan LangsungMENURUT sejarah atau

teori politik, apabila sistimpolitik, atau khususnya sis-

tim pemilihan langsung telah ber-langsung secara regular dan kon-tinu, akan mencuatkan hasil (output)yang semakin baik. Artinya kehi-dupan politik akan semakin mem-bebaskan, mensetarakan ataumentoleransikan kehidupan ma-syarakat. Namun kecenderungan-nya tidak dalam sistim politik yangdipentaskan negeri ini.

Semakin lama Indonesia mem-praktekkan sistim pemilihan lang-sung untuk menentukan pemimpin-pemimpinnya, semakin tidak de-mokratis hasilnya. Sinyalemen inipaling tidak dapat dilihat dari se-makin merebaknya kasus-kasuskorupsi yang menimpa para elit.Kasus Presiden PKS adalah con-toh yang paling actual.

Sinyalemen lain adalahmerosotnya partisipasi pemilihdalam pemilihan-pemilihan kepaladaerah (Pilkada). Dalam pemilihanWalikota Bekasi beberapa waktuyang lalu, pemilih yang mem-berikan suaranya hanya 48 per-sen. Kurang dari persyaratanumum pemilihan demokratis, yakni50 persen plus 1.

Tidak hanya di Bekasi. Di be-berapa daerah lain, kejadianserupa juga terjadi, hanya tidak di-blow up pers. Dan kalau mau jujur,di daerah-daerah pemilihansebelumnya, meskipun angka

tersebut diatas 50 persen ataubahkan mendekati 100 persen,bukan karena partisipasi. Melain-kan karena mobilisasi kekuatan ataukepentingan tertentu (vested inter-est).

Kenapa, mengapa dan bagai-mana distorsi itu terjadi, perlu pene-litian lebih jauh. Akan tetapi secarahipotetik dapat diduga karenapemilihan-pemilihan yang ber-langsung sebelumnya jauh dariharapan masyarakat. Meminjamteori Ted Robert Gurr, terdapat ju-rang yang besar (DeprivasiRelatif, DR) antara harapan (valueexpectation, VE) dan kenyataan(value capabilitas, VC). Kons-tituen yang berharap kualitas politiksemakin mensejahterakan, fak-tanya sebaliknya, yakni mere-baknya korupsi dan perilaku me-nyimpang lainnya.

Kasus Presiden PKS, adalahcontoh yang sedang hangat. Bilaasumsi ini benar, yakni terus mero-sotnya partisipasi pemilih dalamsetiap pemilihan serta merebak-nya korupsi, menandakan sistimpemilihan langsung berada dalambahaya. Apakah masih diterus-kan? Atau tidak sebaiknya dikajiulang?

Kesalahan Konsep?Demokrasi, sistim, atau institusi

politik yang kita terapkan saat inisesungguhnya adalah paradigmayang belum tuntas. Ia masih terusmencari atau berproses menuju

bentuknya yang terbaik. Demo-krasi yang dipraktekkan pascalepas dari kolonial atau awal kemer-dekaan barulah sebatas “prinsip,hakiki atau jargon”, yakni demokrasiitu “kedaulatan rakyat”

Masalah bagaimana, sepertiapa, substansi, prosedur atau me-kanismenya kedaulatan rakyat itubelum pernah diuraikan, apalagi di-praktekkan secara tuntas. Pendek-nya “daulat rakyat”, rakyat berdau-lat, bukan “daulat tuanku atau daulatraja”. Titik baru sampai disitu.

Konsekwensi operasionalnyasudah pasti serba coba-coba (trialand error) karena kita dulu eksjajahan Belanda, perwujudannyaagak dekat dengan demokrasi yangditerapkan disana, atau EropaBarat pada umumnya. Meskidengan tema “kebebasan, kese-taraan atau toleransi”, metode-metode nan patrimonial masih ikutmenyertainya (quasi demokrasi?).Pola ini berjalan dalam eraSoekarno.

Pasca penggulingan Soekarno,demokrasi model Eropa Barattersebut mengalami perubahansignifikan. Ronanya mulai berbaudemokrasi yang dipraksiskan diAmerika Serikat, yakni semakin lib-eral dan individualistic (?).

Pakar-pakar politik yang se-belumnya telah studi di universitas-universitas AS, setelah pulang keIndonesia, (entah dengan per-timbangan matang atau sebalik-

nya), menerapkan begitu sajasistim politik yang mereka pelajaridisana. Demokrasi mereka giringagar sungguh-sungguh tanpasekat.

Sekat-sekat yang dianggapmasih menghadang, diamputasidengan mengamandemen UUD1945 hingga empat kali. Sistimpemilihan presiden yang di ASsendiri sekalipun belum dipilihsecara langsung, dengan aman-demen dipilih secara langsung.Begitu pula bidang-bidang lain di-reformasi agar semakin transparandan bebas sebebas-bebasnya.

Singkat kata atau kongkritnyaamandemen menjadi instrument,justifikasi atau legitimasi untukperubahan politik yang super li-beral-individualistik. Semuahendak diliberalkan tanpa syaratatau koridor yang membatasinya.

Paradox DemokrasiAkan tetapi kalau dipikir lebih jauh,

paradigma “super Liberal-individualistik” yang dibanguntersebut, mengandung “paradoxatau contradicti in terminis” dalamdirinya. Prasyarat-prasyarat ataupendukung-pendukung (determi-nant) yang seharusnya turutmenyertainya tidak dilampirkansama sekali.

Determinant pendukung, sepertisistim pemilihan berdasarkan dis-trik, parlemen nan bicameral, masajabatan anggota DPR, Presidendan Senat (DPD) yang tidak boleh

seragam, diizinkannya partai-partailokal, sistim pemerintahan yangfederal, tidak disertakan dalamperubahan politik tersebut.

Celaka 12-nya lagi adalah faktormasyarakat tidak dihitung denganseksama. Mereka lupa bahwasistim masyarakat Indonesia masihjauh dari nilai-nilai “kesetaraan” yangmerupakan prinsip utama demo-krasi. Masyarakat Indonesiarealitanya masih tertawan pola-pola vertical oriented, paternal-istic (kalau bukan feodal).

Tidak jauh berbeda dengan ce-laka-12 tadi, demikian pula dalambidang ekonomi. Mayoritas ma-syarakat masih terpenjara dalamasimetri alias ketimpangan ekono-mis. Mereka yang berpenghasilansangat kecil, bahkan tidak berpe-nghasilan sama sekali masih cukupbesar. Bagaimana berdemokrasidalam suasana seperti itu ( asime-tri)?. Outputnya sudah pasti “ke-timpangan”. Timpang karena yangmenikmati kekuasaan atau sumber-daya-sumberdaya dalam tatanan

tersebut hanyalah segelintir orang,yang tidak jarang hanya dari satukeluarga tertentu. Mayoritasmasyarakat tetap marjinal dan lamakelamaan teralienasi. Akankahterus dilestarikan?

Jati Diri IndonesiaProsedur, prinsip, atau sistem

demikian sudah waktunya dikaji ula-ng. Model, sistim atau instrumentyang diterapkan agar sesuaidengan tatanan sosial dan budayaIndonesia. Tidak meniru apalagimenjiplak mentah-mentah yangditerapkan di negara atau lembagaasing. Pola “penetapan” dalampenentuan Gubernur Yogya, di-izinkannya “partai lokal” di seluruhdaerah sebagaimana berlaku diAceh. Saran Muhammadiyah agaryang “dipilih langsung hanya Gu-bernur, Bupati/Walikota olehDPRD” Sementara saran NU “agarseluruh kepala daerah dipilihDPRD”. “Konsep raja yang bijak”dan sekian tawaran/konsep politiklain sudah waktunya dipertim-bangkan.

Meniti Buih PraharaDR ARDIYANSAPTAWAN, MSiDosen Fisip danPascasarjana Unsri

Reinhard Hutapea MSiKetua CEPP PPS UNITAS

(Centre of Election and Politi-cal Partis, Program

Pascasarjana, UniversitasTaman Siswa) Palembang.

Staf Ahli DPR RI 1999-2009

Page 13: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

13SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 2013

Ongkos Haji Dikhawatirkan Naik● Menyusul Penghapusan Misi Haji Indonesia

SRIPO/SIN

ANTRE —Jemaah haji Kloter 10 PLM musim haji 2010 lalu, sedang antre makan siang di buffet khusus jemaah haji Sumsel di PadangArafah.

PALEMBANG, SRIPO --Hujan deras tidak menyu-rutkan langkah puluhanmassa, Rabu (13/2) meng-gelar aksi demonstrasi. Per-jalanan yang dimulai dariPasar Cinde itu merupakanbentuk penolakan terha-dap peringatan kasih sa-yang (Valentine Day). Seki-tar pukul 13.00, massa mu-lai bergerak dan meneriak-kan penolakan peringatanValentine yang diperingatihari ini, Kamis (14/2).

Massa yang berjumlah 50orang yang menamakandiri Aliansi Mahasiswa Pe-duli Islam (AMPLI) berge-rak dari Pasar Cinde menu-ju bundaran air mancur.Aksi ini merupakan bentuk

PALEMBANG, SRIPO --Se-jumlah pengelola Kelom-pok Bimbingan Ibadah HajiIndonesia (KBIH) di Sum-sel berharap musim haji2013 tidak ada kenaikan be-rarti untuk Biaya Perjalan-an Ibadah Haji (BPIH). Rasakhawatir itu muncul, begi-tu pemerintah Arab Saudimelalui surat edarannya ti-dak membenarkan lagipengunaan kata Misi HajiIndonesia.

“Indonesia bakal meng-alami kesulitan dalam pe-nyelenggaraan haji bebera-pa tahun ke depan,” kataKetua KBIH MuzdhalifahPalembang H MansyurRomli, Rabu (13/2).

Menurutnya, selama iniKantor Misi Haji Indonesiaatau yang dikenal TeknisUrusan Haji yang melayanijemaah haji Indonesia diArab Saudi, termasuk de-ngan semua fasilitas pendu-kung, seperti pengunaan153 kendaraan operasionalmilik Indonesia, diantaranyaAmbulan, yang diawaki o-rang Indonesia dari berbagaiprovinsi di Indonesia.

Jika penyelenggaraan

haji diambilalih pemerintahkerajaan Arab Saudi, tentuakan banyak kendala la-pangan, khususnya perma-salahan bahasa. “Sopir am-bulan orang Indonesia, ter-kadang masih ada masa-lah, terlebih lagi jika orangarab yang ambil alih. Ru-saknya lagi, jika sopirnyaorang Pakistan, Bang-la-desh, maka jelas akan tim-bul masalah,” katanya.

Hal senada juga diper-ta-nyakan Ketua KBIH NurIndayu H Yunani. Ia meni-lai, selama ini penyelengga-raan haji yang dilakukanpemerintah Indonesia su-dah lebih baik. Pasalnya,tidak mudah mengatur 250ribu orang Indonesia yangberhaji dalam waktu yangbersamaan.

“Saya juga belum pahammengapa kerajaan ArabSaudi menghapuskan MisiHaji Indonesia,” katanya.

Baik H Yunani maupun HMansyur Romli, keduanyakhawatir implikasi perubah-an itu akan berdampakmembengkaknya biaya ope-rasional haji dan berimbaskepada kenaikan ongkos haji

yang dibayar jemaah.“Kalau mobil kita tidak

boleh dipakai dan harussewa, tempat dan pemon-dokan mereka yang tetap-kan, jelas butuh biaya be-sar,” papar Mansyur.

DiputihkanKepala Seksi Sistem In-

formasi Bidang Haji danUmrah Kanwil KemenagSumsel HM Supri H Umarketika dihubungi membe-narkan adanya surat edar-an Kerajaan Arab Saudi kepemerintah Indonesia. Iapun membenarkan, konse-kuensi dari pelaranganmenggunakan istilah misiitu, ada sekitar 153 kenda-raan operasional haji yangmenggunakan plat nomorkendaraan atas nama KJRItidak dibenarkan lagi ber-operasi. Pihak otoritas se-tempat sudah memberikanteguran agar kendaraantersebut segera diurus dansegera “diputihkan”.

“Jika ingin mengguna-kan kendaraan menyewadan supirnya pun harusorang setempat. Ini jelasmenyulitkan kita,” kata-nya.

Pos Parkir Bandara Diperluas

Tolak Valentine, AMPLI Demoprotes terhadap ritual ta-hunan yang sering disebutValentine’s Day. Massa ter-sebut gabungan mahasis-wa dari KAMMI (KesatuanAksi Mahasiswa MuslimIndonesia), LDK (lembagaDakwah Kampus) danBEM fakultas Tarbiyah.

Koordinator lapanganFerdiansyah mengatakantradisi tersebut bukanlahhal yang harus dirayakan,terutama bagi remaja mus-lim. Kegiatan tersebut, me-rupakan budaya barat, dantidak seharusnya diikuti.

“Hal ini merupakan ke-salahan, sehingga tidakpatut ditiru. Kasih sayangdapat dilakukan setiap hari,dan tidak perlu ada pera-

yaan,” jelasnya ditengahguyuran hujan di Bundar-an Air Mancur.

Ferdiansyah juga meng-imbau agar orang tua da-pat lebih menjaga anakremajanya, untuk tidakikut merayakannya. Ia me-nilai, ritual tersebut terlihatberlebihan, bahkan harusmempersiapkan kado khu-sus bagi yang disayang. Sa-yangnya, penghargaan ituhanya dilakukan sekali se-tahun.

Dikatakan, Islam me-mang mengajarkan kasihsayang. Namun ia berpen-dapat bahwa tidak ada ajar-an yang mengatakan kasihsayang dirayakan dalamsehari. (Cw7)

Terkait dengan suratedaran itu, disebutkan pulakendaraan operasional un-tuk kesehatan pun tak di-

benarkan lagi mengatasna-makan misi haji. Termasukambulannya. Jika inginmenggunakan ambulan,

pemerintah setempatlahyang menyiapkan.

“Sejauh ini pemerintahkita masih melakukan pen-

dekatan dan tetap berupa-ya agar jemaah haji kitadiberikah kemudahan,”katanya. (sin/mg19)

Basah-basah Tetap BelajarSEMANGAT siswa SMPN 3Pemulutan Ogan Ilir (OI),patut dicontoh guna me-nimbah ilmu pendidikan.Meskipun kondisi meski-pun akses jalan dan kondi-si sekolah tergenang, mu-rid-murid tetap beraktivi-tas belajar. Bel sekolah be-lum berbunyi tanda dimu-lainya aktifitas belajar me-ngajar, semua siswa su-dah berada kelasnya.

Pantauan Sripo, Rabu (13/2), tampak SMP Negeri 2Pemulutan yang berlokasi diDesa Simpang PelabuhanDalam Kec Pemulutan OI,tergenang banjir akibathujan deras ditambah pa-sangnya anak Sungai Ogan.Bahkan sepanjang akses ja-

lan menuju sekolah, ter-genang air dengan kedala-mannya 50-90 cm.

Sekolah yang berdiri2006 ini berada ditengahsawah dan di depannya se-kolah terdapat aliran anakSungai Ogan. Tampak selu-ruh ruangan sekolah baikruang kelas dan ruangguru, kondisnya tergenangair. Bahkan ruangan kelasVII dan VIII terparah.

Mirisnya lagi kondisitaman dan halaman seko-lah yang dipakai tempatupacara. kondisinya ratadengan persawahan.

“Jalan ke sekolah cumajalan satu ini, tidak ada ja-lan lain. Biar pun banjir, te-tap harus dilewati. (mg19)

PALEMBANG, SRIPO —Untuk mengurangi kema-cetan saat kendaraan ke-luar, PT Angkasa Pura(PTAP) II Palembang mem-perluas lahan dan menam-bah Pos keluar parkir Ban-dara SMB II. Perluasan di-lakukan dengan meratakantaman yang ada menujupos keluar sepanjang 25meter.

“Masalahnya yang se-ring macet itu di arus un-tuk keluar. Makanya diper-

luas dengan menambahpos keluar mobil,” ujarLeader EZ Parking Banda-ra Mulyadi, Rabu (13/2).

Untuk tahap pekerjaan,sementara areal yanglebarkan sedang dipasangdan dipagari seng, sedang-kan pelaksanaannya belumditetapkan kapan waktu-nya. Namun yang pastipengelola parkir sudahmendapat surat dari PTAP2tentang pemberitahuanakan adanya proyek terse-

but sehingga akan sedikitmengganggu jalannya ope-rasional arus kendaraanyang keluar masuk.

Dijelaskan, saat ini ada6.500 kendaraan mobil/motor yang masuk setiapharinya ke bandara SMB IIPalembang.

“Dengan adanya penam-bahan pos keluar parkirakan ada tiga pos karenaselama ini hanya dua posyang dirasakan kurangefektif sehingga membuat

kemacetan dan antreanpanjang. Diharapkan de-ngan adanya tiga pos iniakan mengurai kemacetandan memperlancar aruskeluar mobil dari bandara,”jelas Mulyadi.

Dengan perluasan itu, di-perkirakan jumlah kenda-raan semakin bertambahseiring jadwal penerbang-an bertambah dan juga de-lay, serta landing yangjarak waktunya berdekat-an. (fiz)

SRIWIJAYA POST/ZAINI

TOLAK VALENTINE DAY —Sejumlah aktivis mahasiswa yang tergabung dalam KAMI, LDKPalembang dan BEM Fakultas Tarbiyah IAIN melakukan aksi demo menolak perayaan ValentineDay di Bundaran Air Mancur depan Masjid Agung SMB II , Rabu (13/2).

SRIPO/ZAINI

Siswa dan Guru SMPN 3 Pemulutan menerobos genangan airyang membanjiri sekolah mereka, dan belajar dengan kondisibasah kuyup.

Page 14: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

Smart StudentSRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 201314

BAGI pemilik nama HestikaDeliana, usaha tanpa di-iringi doa adalah hal yangsulit terlaksana. Berbuat ba-nyak, menurutnyaharus disertaidoa yang ba-nyak pula.P e r e m -puan kela-h i r a nC a m -pang Ti-ga, 6 Ja-

Siswa dan Guru Patungan

Saya dan keluarga bertugas di kota Muaraenim, tapi anak kami yangbersekolah di salah satu SMP di kota Muaraenim berkeinginan me-lanjutkan sekolah ke SMA Negeri di Palembang dekat rumah tinggalneneknya di kawasan Jalan Mayor Ruslan. Bagaimanakah caranyakami mengurus pemindahan itu? Apa persyaratannya?

JawabPindah sekolah antar Kabupaten dan Kota bisa dilakukan

sepanjang memenuhi syarat dan kualifikasi yang ditentukan.Coba datang ke Dinas Pendidikan yang menjadi daerahtujuan sekolah.

Di sana akan diberitahukan syarat dan kualifikasi sepertinilai yang dibutuhkan hingga informasi detil lainya semisalSurat Keterangan yang berisi alasan pemindahan.

Menyangkut waktu pemindahan juga bergantung padaDinas Pendidikan yang dituju. (Mg5)

PEMBACA budiman, jika Anda mempunyai permasalahan, keluhan dan pertanyaan berkenaandengan pendidikan dan kebijakan instansi terkait, si lakan sampaikan via SMS ke081273069344 email [email protected] atau facebook Sriwijaya Post. Kami akanupayakan mencari jawaban dan solusinya.

Smart Star

Siswi Berbakat SMAN 3 Kayuagung

Kerja Keras dan Berdoanuari 1996 silam ini mem-buktikannya dengan me-ngantarkan SMAN 3 Ka-yuagung menjadi juara Ce-

pat Tepat Empat Pilar yangdigelar MPR RI bekerja sa-ma dengan Pemprov Sum-sel, dan selanjutnya menujuJakarta untuk kompetisitingkat nasional mewakiliSumsel.

Bertempat di AsramaHaji Palembang, Selasa (12/2) lalu, Hertika mengung-kapkan kebahagiaan hasilusaha dan doanya dengansebuah tangisan dan se-nyum panjang.

Jatuh bangun perjuang-annya dan teman-temanmembuahkan hasil yangluar biasa.

“Pernah sakit demam ka-rena latihan terus dari pagi,sore sampai malam. Tak takapa, karena ada hasilnya.Ini pun menangis terus ka-rena terharu. Allah me-mang Maha segalanya,”kata buah hati pasanganFauziah-Deni yang menyu-kai novel ini kepada Sripo.

Prestasi Hertika di ting-kat provinsi bukan kalipertama karena sebelum-nya ia pernah menjuarailomba tulis dan menga-rang, meski harus puas be-rada di posisi kedua. Tapitak tahu mengapa kali iniia merasakan atmosfir per-lombaan yang berbeda.

“Saat latihan pernahputus asa. Jenuh dan ciutjuga,” ucapnya.

Berbagai hambatan saatlatihan seperti sulitnyamencari tempat menggelarsimulasi karena ruangansekolah dipakai kegiatanlain. Halaman sekolah yangberdekatan dengan jalanraya pun tak bisa ditolakuntuk jadi pilihan terakhir.Bahkan kendala listrik yangkerap byar pet.

“Karena bentuknya si-mulasi, kami mengguna-kan bell seperti lomba Ce-pat Tepat Empat Pilar sung-

guhan. Tapi kadang takterpakai karena listrik pa-dam. Pernah kami haruslatihan di depan perputaka-an dan halaman sekolahkarena tak punya tempatlagi,” kenangnya.

Bagai pribahasa “Berakit-rakit ke hulu berenang-re-nang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-se-nang kemudian”, kini Her-tika menikmati manisnyasebuah perjuangan bersa-ma yang tak kenal lelah. Ialantas tak mau terlena ka-rena ada kompetisi selan-jutnya segera dihadapi.

“Kemenangan ini sayaberikan ke orang tua, seko-lah, dan Kayuagung. Sete-lah ini kamu tak mau ber-henti, kami akan berusahalagi untuk masuk tiga besardi Cepat Tepat Empat Pilartingkat nasional,” kataHestika dengan nada sema-ngat. (Mg5)

Smart Solution

Ade KaryanaKepala DinasPendidikan

Sumsel

Pindah Sekolah

Hestika DelianaHestika DelianaHestika DelianaHestika DelianaHestika Deliana

SRIPO/ZAINI

LATIHAN – Agus Priyanto guru SMP Negeri 8 mengawasisalah satu anak didiknya latihan drum di ruang alat musik SMPNegeri 8 Sekojo, Selasa (12/2).

Pelaksanaan UN 2013

* SMA/SMK/MA : Tanggal 15 April-18 April 2013.

Ujian susulan tanggal 22 April-25 April.

* SMP/MTs: Tanggal 22 April-25 April. Ujian susulan

tanggal 29 April-2 Mei.

* SD/MI: Tanggal 6 Mei-8 Mei. Ujian susulan tanggal

13 Mei-15 Mei.

* Mata Pelajaran S MA/SMK/MA; SMP/MTs

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu

Pengetahuan Alam (IPA).

*Mata Pelajaran SD/MI:

Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Agenda:

PALEMBANG, SRIPO – Selain memprioritaskan pendidikan formal di dalamkelas, SMPN 8 Palembang juga memperhatikan apa yang menjadi keingi-nan siswanya agar lebih kreatif dan mandiri dengan mengoptimalkanprogram ekstra kulikuler (ekskul).

Sekolah yang beralamat di Jl Urip Sumoharjo ini mengembangkanberbagai program ekskul seperti kegiatan Pramuka, olahraga semisalbasket, renang, karate, taekwondo dan judo, lalu kesenian seperti tari,olah vocal dan band.

“Kita sangat peduli terhadap berbagai kegiatan siswa di luar aktivitasbelajar. Meski banyak kekurangan tapi sekolah mendukung penuh,” ujarWakil Kesiswaan SMPN 8 Palembang, Mustika saat ditemui di ruangkerjanya, Rabu (13/2).

Antusias yang tinggi kerap tidak bisa dibendung, sekolah selalu me-ngakomodir keinginan siswa. Pendanaan yang kerap jadi hambatan, diatasisecara gotong royong. “Siswa biasanya hanya minta dukungan moril.Karena meski sekolah kekurangan dana tapi justru siswa yang mencukupisendiri. Kadang pakai uang saku sendiri, sisanya guru membantu sumba-ngan ala kadar,” katanya.

Usaha tersebut membuahkan hasil. Tak jarang siswa yang mewakili seko-lah menjuarai beberapa gelaran lomba. Sebut saja juara I lomba band tingkatKota Palembang 2012. Ada pula basket putri juara 1 lomba basket di Palem-bang. Lalu karate, serta tari dan lomba grup vokal yang juga menjadi juara diperhelatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2012.

Guru ekonomi SMPN 8 Palembang yang juga guru pembimbing pro-gram ekskul band, Agus Priyanto, mengaku dirinya mendorong tiap siswamendalami apa yang menjadi bakat seni. Ia menilai program ekskul tersebutberperan sebagai kontrol para siswa.

Sistem penjaringan program ekskul di sekolah yang memiliki murid1.104 orang ini didasarkan pada minat siswa. Sekolah melakukan seleksisecara tidak langsung saat Masa Orientasi Siswa (MOS). (Mg5)

SRIPO/ZAINI

Page 15: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 2013 15

Ibu-ibu SatroniKafe Mesum

dari halaman 16

ka dengan beringas me-lempari pondok berukuransedang tersebut denganbatu. Sehingga membuatbeberapa bagian jebol, se-perti dinding dan atap. Se-olah tak puas, kaum ibu ter-sebut langsung masuk kedalam warung, dan menge-luarkan isinya seperti botolminuman keras serta kasurdan bantal. Mereka lang-sung memecahkannya, danmembakar bantal di tepijalan.

Saat itu masih ada duaorang wanita berpakaian

seksi terperangkap di da-lam warung. Keduanyamenjadi sasaran caci maki,dan nyaris saja diamukmassa. Namun masih bisadiamankan petugas kepo-lisian dan TNI yang datang,hingga tidak terjadi tinda-kan penganiayaan. Merasakesal, massa kemudian me-milih membokar dindingwarung, serta kamar di ba-gian belakang yang didugadijadikan tempat mesum.

Aksi tersebut sempatmembuat macet arus lalulintas dari arah Muaraenimmenuju Lahat dan sebalik-nya. Sebab banyak pengen-dara serta warga yang ber-diri di tepi jalan, menyaksi-kan aksi kaum ibu yangingin membongkar wa-rung remang-remang. Na-

mun tidak berlangsung la-ma, setelah diatur polisi.

Menurut Maya (35), sebe-lumnya mereka sudahmemperingatkan agar wa-rung remang-remang di-bongkar. Namun pihak ke-polisian yang menjembata-ni keinginan mareka, terli-hat bertindak setengah ha-ti. Sebab tempat yang di-jadikan lokasi dugem parakaum pria tersebut, masihsaja tetap berdiri. Bahkanmasih ada dua orang wani-ta menetap di dalamnya.

Mereka meminta polisiuntuk tidak pilih kasih, ka-rena ini menyangkut mo-ral warga. Karena sejak ke-beradaan warung remang-remang itu, suami merekadan remaja pria sering ma-buk-mabukan. Bahkan di-

duga sering berbuat me-sum, dengan para wanitayang disediakan pengelolawarung-remang-remang.“Kalau warung remang-re-mang ini masih berdiri, mo-ral warga tetap akan jelek.Saya heran dengan polisi,apa mereka takut mem-bongkarnya. Apa perlukami bakar sekalian,” ujarMaya.

Massa kemudian memi-lih pulang, setelah kepoli-sian dan kepala desa setem-pat memberikan jaminanmengenai tuntuan yangdiinginkan. Namun anggo-ta TNI dari Koramil Merapidan anggota Polsek MerapiBarat tetap berjaga, untukmengantisipasi tindakanyang tidak diinginkan.(mg10)

Jual TahuBerformalin

dari halaman 20

ngandung formalin dansatu liter formalin. Menda-pati tahu tersebut, petugasDitkerimsus Polda Sumsellangsung mengamankanbarang bukti dan tersang-ka Kim Cui untuk diperiksadi Mapolda Sumsel.

Kim Cui mengaku, diamembuat tahu memakaiformalin baru dilakukan-nya sekitar dua bulan bela-kangan ini. “Aku memakaiformalin ini agar tahu itu bi-sa awet pak, jadi jika tidak

abis dijual oleh pedagang,tahu ini bisa disimpan un-tuk besok pak,” ungkapkakek satu cucu ini.

Sambungnya, ia juga per-nah rugi besar, jika tahuyang dibuatnya tidak meng-gunakan formalin. “Karenasaat dibawa ke pengecer da-lam perjalanan tahu itu bisapecah dan tidak tahan la-ma,” bebernya lagi. Saat di-tanya sehari Kum Cui bisaberapa banyak membuattahu, dia menjawab sehari-nya ia bisa membuat tahusebanyak 3750 biji denganformalin. “Sudah dua bulanaku pakai formalin, tahu iniaku sebarkan di Pasar 16dan Pasar Cinde dan peda-

gang kecil-kecil yang lain,”ungkapnya.

Sementara itu, Raja Har-yono SH MHUM melaluikanit III Indaksi DiskrimsusIptu Hadi membenarkanadanya penangkapan ter-sangka Kum Cui, karenatahu yang dibuat digudangtahu milikinya menguna-kan formalin. “Ini telah me-langgar, UU pangan Pasal55 huruf B, Pasal 58 hurufA, UU No 7 tahun 1996 danJo peraturan menteri kese-hatan RI 168/ Menkes/ 10/1999 Tentang perubahanatas peraturan kesehatan,ancamannya kurang lebihhukuman penjara Lima ta-hun,” tandasnya. (mg2)

Terpidana MatiPutuskan Banding

dari halaman 16

ModalKeberanian

Jadi Pemalak dari halaman 20

DemiMenghidupkan

Anak Cucu dari halaman 20

penasehat hukum Posba-kum, Roamita SH, ia danrekan-rekannya sudah me-nerima surat kuasa khusussebagai penasehat hukumFauzan. Pasalnya, sejakawal sidang, Fauzan me-mang tidak menunjuk pe-nasehat hukum untukmendampingi dirinya si-dang. Namun, karena tin-dak pidananya berpotensimendapat hukuman berat,majelis hakim menunjukPosbakum PN Palembanguntuk mendampingi Fau-zan.

bang, dan Andri (25) wargaJalan Garuda PerumahanPemkot Blok G No 09 Kelu-rahan Gandus Palembang.Untuk di Simpang RS Cha-ritas, polisi mengamankanEdi Pratama (28), warga JlRatu Sianom Lr Nagko No113 Kelurahan 3 Ilir Palem-bang, dan Adam (24) war-ga Jl Gotong Royong Lo-rong Talang Jawo Kelura-han Sei Buah.

Selanjutnya, untuk yangberaksi di Jembatan Pusri,polisi membekuk Dody

itu sebenarnya sudah iahentikan sejak dua bulan la-lu. Ia tak ingin dipenjara se-telah berulang kali meneri-ma teguran dari aparat ke-polisian. Ia pun memilih

“Kami sudah menerimasurat kuasa khusus untuktingkat banding. Surat itusudah kita ajukan ke pihakPN Palembang, yang nan-tinya akan disampaikan kePengadilan Tinggi (PT) Pa-lembang,” kata Romaita.

Sebelum turunnya suratkuasa, Romaita mengakusudah menerima upayabanding dari pihak keluar-ga Fauzan. Namun, karenabelum menerima surat ku-asa, ia dan rekan-rekan be-lum berani mempublikasi-kan bahwa Fauzan menga-jukan banding terkait vonismati yang diberikan hakimpad dirinya. Salah satu po-in mengapa Romaita men-dukung kliennya bandingadalah proses penangka-pan Fauzan. Ia menjelas-kan, kliennya itu ditangkap

bukan oleh aparat kepoli-sian, melainkan serahandari keluarga terdakwasendiri. Artinya, Fauzan pu-nya itikad penyesalan diridengan menyerahklan di-rinya ke polisi.

“Dia (Fauzan) sangat me-nyesal dengan atas perbua-tan yang dilakukan. Na-mun, putusan mejlis hakim,di dalam pertimbangan ti-dak ada yang meringankanterdakwa,” beber Romaita,sembari berharap akan adaperubahan vonis untk kli-ennya itu.

Kepala Humas Pengadi-lan Negeri Klas I A Palem-bang, Posma P Nainggolan,mengatakan, pihaknya te-lah menerima pernyataanbanding dari kedua belahpihak, baik itu dari kuasahukum terpidana maupun

dari JPU. “Hari ini (kema-rin) pernyataan bandingkeduanya sudah kita teri-ma dan akan kita teruskanke Pengadilan Tinggi,” tan-das dia.

Seperti diketahui sebe-lumnya, Fauzan merupa-kan pelaku tunggal terha-dap pembunuhan dua ka-kak beradik Mayang Dianti(11) dan Rezi Triansyah (2,9)pada 21 September 2012sekitar pukul 13.00 di JalanUjung Sukasenang RT 6 Rw2 Kelurahan Sukarami Su-karami Palembang. Iamenghabisi nyawa kakak-beradik itu karena dendamdengan ayah korban, Zam.Karena perbuatannya itu,Zam divonis hukuman ma-ti karena melanggar pasal340 KUHP dan dilakukandengan cara yang keji.(cw6)

menjadi pedagang maka-nan untuk menghidupi ke-luarganya. “Sial, saat sayalagi tidur, anak angkat sayamengizinkan mereka (Mrdan Al) main di rumah sa-ya. Padahal, saya sudah ti-dak menjadikan rumahsaya sebagai tempat me-sum lagi,” katanya.

Niat untuk menjadikanrumahnya tempat mesum,jelas Nur, bermula saat iaditinggal pergi oleh suami-nya. Nur yang kebingung-an mau mencari uang de-

ngan apa, akhirnya memu-tuskan untuk menjadikanrumahnya tempat mesum.Ide itu terlontar dari se-orang teman dekat Nur.

Nur menjadikan rumah-nya tempat mesum bagiPSK dan tamunya di sianghari. Adapun kamar yangia sewakan sebanyak satukamar dengan beralaskankasur tipis. Dalam satu ha-ri, Nur paling banyak me-nerima tiga pasangan, de-ngan uang sewa sekali ma-in bernilai Rp 15 ribu. “Ini

Syarifudin (29), warga Pe-rumahan Pemkot GandusBlok K Kel Gandus Palem-bang, dan Eko Firdaus (29)warga Jl AKBP H Amin No50 Kelurahan 18 Ilir Palem-bang. Terakhir, Andri Su-santo (23), warga Jl KemasRindo Kelurahan OganBaru Kertapati Palembang,dan Firmasnyah (27), war-ga Jl AIPTU A Wahap Kelu-rahan 15 Ulu Palembang.

Kedelapan terduga pe-malak ini mengaku, mere-ka nekat memalak wargakarena dipaksa kondisikeuangan. Pekerjaan yangtidak kunjung didapatmembuat para pemalak inipusing bagaimana untukmendapatkan uang. De-ngan bermodalkan kebera-nian, mereka pun menjadiseorang pemalak. “Seharibisa dapat Rp 30 ribu. Uang

itu untuk istri dan anak sa-ya,” kata salah satu pema-lak, Eko, Rabu (13/2).

Mereka yang ditangkapjuga mengaku bukan satuatau dua kali melakukan pe-malakan. Di antara merekaada yang sudah empat hing-ga lima kali memalak wargayang ada di sekitar mereka.Sebab itu, ada beberapayang sudah masuk targetoperasi pihak kepolisian.

Kapolsekta IT I Palem-bang, Kompol Dedi Adri-anto, melalui Kanit Res-krim, Ipda Bobby Eltarikh,membenarkan penangka-pan itu. Kedelapan pema-lak kini sudah diamankanuntuk diberikan pencera-han. “Ini tindak langsungdari SMS on line KapoldaSumsel tentang maraknyaaksi pemalakan di beberapatempat,” kata Bobby. (cw6)

saya lakukan demi anakdan cucu saya. Meski sudahpunya kerjaan, mereka se-mua masih berada di ru-mah saya,” kata Nur.

Kapolsekta IT I Palem-bang, Kompol Dedi Adri-anto, melalui Kanit Res-krim, Ipda Bobby Eltarikh,membenarkan penangka-pan itu. Nur beserta rom-bongan masih ditahan un-tuk diperiksa. “Ia sudah se-ring ditegur, namun masihjuga berbuat seperti ini,”kata Bobby. (cw6)

LAHAT, SRIPO— Tim Silu-man yang dibentuk Kapol-res Lahat AKBP Budi Sur-yanto untuk mengungkapkasus pencurian kendaraanbermotor (curanmor),kembali membuat parapenjahat harus tiarap. Me-reka berhasil menangkaplima orang gembong curan-mor, baik yang bertindaksebagai eksekutor, sertapenadah, Rabu (13/2) dinihari.

Selain itu juga disita 12 unitsepeda motor berbagaityppe sebagai barang buk-ti, yang diduga hasil curian.Dari informasi yang berha-sil dihimpun, Kapolres La-hat AKBP Budi Suryanto se-ngaja membentuk tim si-luman, yang berisi anggotareserse kriminal (Reskrim).Dengan dipimpin langsungKasat Reskrim AKP G Pa-larso, tim tersebut membu-ru pelaku curanmor yangkerap beraksi di sejumlahtempat di Kabupaten Lahat.Setelah sebelumnyaberhasil menangkap empatorang pelaku dan penadah,tim tersebut kembali mem-

bongkar sindikat berbeda.Dari hasil penelusuran

polisi, kemudian berhasildiketahui keberadaangembong curanmor diDesa Tanjung Aur Kecama-tan Kikim Tengah. Polisi ke-mudian menggerbak sebu-ah rumah, dengan sasarankakak beradik, Rabu (12/2) sekitar pukul 04.00. Ha-silnya Rengki berhasil di-ringkus, meski sempatmencoba melarikan diri.

Sementera BD sang ka-kak berhasil melarikan diri,dan masuk dalam daftarpencarian orang (DPO). Iadiduga juga terlibat ber-bagai tindak kejahatan se-perti curas dan curat, di wi-layah Kabupaten Lahat.Setelah dilakukan pengge-ledahan di rumah tersebut,polisi mengamankan tigaunit sepeda motor hasiltindak kejahatan.

Tim siluman kembali me-lakukan pengembangan,setelah mendapat informa-si dari Hengki. Mereka lalumenangkap Hengky (30)warga Desa Seronggo Ke-camatan Kikim tengah, Juli

Purwanto (22) Rumadi (58)Budiyansah (22) di desa SP7 Desa Banyumas, Keca-matan Kikim Tengah. Me-reka diduga terlibat dalamsindikat curanmor, denganmenjadi penadah dan pem-beli barang hasil tindak ke-jahatan. Dari tangan empatorang tersebut disita sem-bilan unit sepeda motor bo-dong berbagai jenis, hasiltindak kejahatan. Total ada12 unit motor yang di-amankan, yakni 2 unit Ya-maha Vixion warga merah,1 unit Hinda Supra Fit, 1unit Yamaha Mio warna pu-tih, 2 unit Honda Blade, 1unit Yamaha Jupiter MX, 1unit Honda Supra x 125 cw,1 unit Honda Vario dan 3unit Yamaha Vaga R.

“Kami masih memburupelaku lain, baik eksekutoratau pun penadah. Identi-tasnya sudah diketahui,mudah-mudahan bisa se-gera ditangkap,” ujar Ka-polres Lahat AKBP BudiSuryanto melalui KasatReskrim AKP G Parlarsodidampingi Paur HumasIpda Djoko.(mg10)

Pelaku Ranmor Tiarap●●●●● Polres Bentuk Tim Siluman Polres Bentuk Tim Siluman Polres Bentuk Tim Siluman Polres Bentuk Tim Siluman Polres Bentuk Tim Siluman PALEMBANG, SRIPO—

Jajaran tindak pidana eko-nomi (Indaksi, Indutri Per-dagangan dan Produksi)Diskrimsus Polda Sumselmengamankan pupuk palsuyang beredar di Sumsel,Rabu (13/2). Kurang lebih se-banyak 16 sak pupuk fospatalam SP 36+ dan 21 sak pupukposkha di gudang ST Pasar16 diamankan, karena tidaksesuai dengan lebal yangtertera di kemasan pupuk.

Penangkapan ini berawaldari petugas mendapatkaninformasi maraknya pu-

puk oplosan yang beredardi Sumsel. Dari informasitersebut, petugas yang di-pimpin langsung oleh KanitII Indaksi Ditkrimsus PoldaSumsel Kompol BagindaHarahap SH berserta kanitIII Iptu Hadi dan jajaran-nya, melakukan penyisirandan penyelidikan. Merekamenemukan lokasi gu-dang ST yang berada di Pa-sar 16 Ilir Palembang.

Saat dilakukan pengeleda-han, gudang ST tersebut be-risikan pupuk oplosan yangsiap edar. Petugas yang

turun langsung melakukanpenangkapan pemilik pu-puk, Erlandi alias ER wargaKampung Bangor DesaBojong Sukabumi Jawa ba-rat (Jabar). Mendapati pu-puk tersebut, petugas punlangsung mengamankantersangka serta barang buk-ti ke Mapolda Sumsel.

Dirkrimsus Polda Sumsel,Kombes Pol Raja Haryonomelalui Kanit III IndaksiDiskrimsus Iptu Hadi me-nuturkan, pihaknya telahmenangkap tangan pemilikgudang yang mengedarkan

Pupuk Palsu Beredar di Sumselpupuk oplosan di Sumsel.Petugas sebelumnya mela-kukan penyisiran dan pe-nyelidikan hingga berhasilmengamankan tersangkadan barang bukti. “Tersang-ka tertangkap tangan saatsedang berada di lokasi gu-dang miliknya yaitu Gu-dang ST di Pasar 16 Palem-bang, dari gudang tersebutpetugas mengamankanopolsan siap edar merekPupuk Pospat Alam SP36 +sebanyak 16 shak dan 21shal pupuk merek Poskha,”katanya Rabunya.(mg2)

Page 16: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

SRIPO/REFLY

DIPERIKSA – Nur saat diperiksa di Mapolsekta IT I PalembangRabu (13/2).

CRIME STORYSRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 2013

16

LAHAT, SRIPO—Amarahratusan ibu rumah tangga(IRT) tak terbendung lagi,ketika mendapati warungremang-remang yang adadi ujung desa tetap tidak di-bongkar, Rabu (13/3) seki-tar pukul 15.30. Merekaberamai-ramai melemparidengan batu, serta mem-bongkar dinding danmembakar sejumlah ba-rang.

Bahkan dua orang wani-ta yang mereka duga pe-kerja seks komersial (PSK)nyaris saja dihajar, jika ti-dak segera diamankan pi-hak kepolisian. Dari pan-

tauan Sripo, ratusan ibu-ibudan remaja putri dari DesaGunung Kembang Keca-matan Merapi Timur Kabu-paten Lahat, langsungmendatangi warung re-mang-remang yang ada ditepi jalanlintas sumatera(Jalinsum) Lahat-Muara-enim. Mereka sangat ma-rah mengetahui warungyang dianggap tempatprostitusi tersebut masihberdiri, padahal sehari se-belumnya sudah diperi-ngatkan untuk dibongkar.

Tanpa dikomando, mere-

Ibu-ibu Satroni Kafe Mesum● 2 PSK Nyaris Dihajar ● Bantal dan Perabot Dibakar

PALEMBANG, SRIPO—Setelah berpikir akanvonis mati yang diberi-kan majelis hakim yangdiketuai Diris Sinambeladi PN Palembang, akhir-nya Zan Umar alias Fau-zan (33) memutuskanuntuk banding ke Pe-ngadilan Tinggi (PT) Pa-lembang. Melalui tim pe-nasehat hukumnya yangdatang dari PosbakumPN Palembang, terpida-na pembunuh dua bicahMayang-Rezi itu menye-rahkan berkas bandingke PN Palembang, Rabu(13/2).

Dikatakan salah satu

Terpidana MatiPutuskan Banding

n ke halaman 15SRIPO/STS

Fauzan

PALEMBANG, SRIPO—Demi menghidupi kelimaanak dan tujuh cucunya,Nur Qomah (48) rela men-jadikan rumahnya sebagaitempat mesum pekerjaseks kemersial (PSK) danpelanggannya. Terlebih,statusnya sebagai janda se-makin membuatnya kesu-litan untuk menghidup ke-luarganya.

Namun, genap satu ta-hun menjalani bisnis itu,warga Jl Mayor Salim Batu-bara Lorong Rengas Kelu-rahan 20 Ilir IT I Palembangini ditangkap polisi, Kamis(13/2) dini hari. Saat dige-rebek, ia kedapatan meng-izinkan seorang PSK ber-inisial Mr making love de-ngan tamunya Al. Kedua-nya pun mengikuti jejakNur ke Polsekta IT I Palem-bang untuk diperiksa.

Diakui Nur, bisnis haram

Janda Bisnis Rumah MesumJanda Bisnis Rumah MesumJanda Bisnis Rumah MesumJanda Bisnis Rumah MesumJanda Bisnis Rumah Mesum

Demi Menghidupkan Anak CucuPALEMBANG, SRIPO—Delapan pria yang didugasering memalak di kawasanPasar 16 Ilir, Simpang Cha-ritas, Jembatan Pusri, dandi depan International Pla-za Palembang, dibekuk timReskrim Polsekta IT I, Se-lasa (12/2) sore. Masing -masing pemalak dibekuk di

tempat dimana merekasering beroperasi.

Untuk pemalak yang se-ring beraksi di Pasar 16 Ilir,mereka diketahui bernamaFandi (26), warga Jl P Si Do-ing Lautan Lr Kedukan IIKelurahan 35 Ilir Palem-

Modal KeberanianJadi Pemalak

SRIPO/REFLY

DIAMANKAN – Kedelapan pemalak sat diamankan diMapolsekta IT I Palembang Rabu (13/2).

SRIPO/TOMMY SAHARA

IRT — Ratusan IRT dan warga Desa Gunung Kembang Kecamatan Merapi Timur, mendatangi warung remang-remang dan meminta dibongkar, Rabu (13/2). inset:Warga membakar bantal dan sejumlah barang, sebagai tindakan protes agar warung remang-remang segera dibongkar, Rabu (13/2).

PALEMBANG, SRIPO—Kim Cui Alias (52) warga JlPutri Rambut Selako No432 Rt 06/02 KembangManis Palembang, lemastak berdaya, setelah pabriktahu formalin diobok-obokpetugas Ditkerimsus PoldaSumsel, Rabu (13/2) pukul11.00. Penangkapan ini pundilakukan atas laporanwarga setempat, karenapabrik tahu punya Kim Cuimengunakan formalin.

Mendapatkan laporantersebut, anggota Ditke-rimsus Polda Sumsel dari

Indaksi (Industri, Perdaga-ngan dan Produksi) yangdipimpin langsung Kanit IIKompol Baginda dan kanitIII Iptu Hadi dan jajarannyalangsung melakukan pe-nyelidikan terhadap gu-dang tahu Kim Cui.

Ketika tersangka ini se-dang melakukan produksi,petugas pun langsung me-lakukan penggerebekan.Saat dilakukan pengeleda-han ditemukan 500 biji tahusiap edar yang sudah me-

Jual Tahu Berformalin●●●●● Di Pasar 16 dan Cinde Di Pasar 16 dan Cinde Di Pasar 16 dan Cinde Di Pasar 16 dan Cinde Di Pasar 16 dan Cinde

n ke halaman 15n ke halaman 15

n ke halaman 15

n ke halaman 15

Page 17: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

ZONA BERITA OLAHRAGA SRIWIJAYA POST

MENSANA IN CORPORESANOKAMIS, 14 FEBRUARI 2013

SUPER LIGAHALAMAN 17

Andalan Bank Sumsel Babel

(tribunnews)

(cw2)

IST

The Quicker

Captain

(ndr/cw2

Pentingnya Peran Andri

ANDRIIST

N

(ndr/cw2)

Chelsea Incar Liga EuropaBEK Chelsea, Cesar Azpilicueta, meyakini

klubnya tetap mengincar gelar juara Liga Europamusim ini, kendati dianggap sebagai ajang kelas

dua. The Blues tersingkir dari Liga Championssetelah gagal bersaing dengan Juventus dan

Shakhtar Donetsk memperebutkan tiket kebabak 16 besar. Alhasil, Chelsea hanya

menempati urutan ketiga dan selanjutnya hanyaberlaga atas tiket di babak 32 besar Liga

Europa. (asa/kc)

Bertekad Pecahkan RekorKAMIS, 14 FEBRUARI 2013 | MENSANA IN CORPORESANO | HALAMAN 24

IST

Raul Gonzalez

Sharapova LewatiUjian Pertama

GLASGOW, SRIPO –Juventus berhasil menangmudah 3-0 atas Celtic FCpada laga leg pertamaLiga Champions diStadion Celtic Park,Glasgow, Selasa atau Rabu(13/2) dini hariWIB. The Bhoysakan tampil tanpapenyerangandalan, GiorgioSamaras, yangmengalamicedera.Sementara itu,di kubuJuventus, posisiGiorgioChiellini yangabsen karenaakumulasi kartukuning akandigantikan bek asalUruguay, MartinCaceres.

Keperkasaan Celtic saatmenaklukkan Barcelona 2-1 pada babak

penyisihan grup,beberapa bulan lalu,seperti hilang di hadapan

pasukan Antonio Conte.Padahal, Celtic lebihbanyak melakukantekanan ke gawangJuventus. Pada babakpertama, Celticmengambil inisiatifpenyerangan danlangsung memilikipeluang. Baru dua menitlaga berjalan, VictorWanyama melepaskantendangan keras dari luarkotak penalti yang sempatmenyulitkan kiper

Si Nyonya Tua Mengamukdi Kandang The Boys

PSG Kehilangan Ibrahimovic

DOHA, SRIPO – Maria Sharapovamengawali kiprahnya di turnamen QatarTotal Open dengan baik. Petenis nomortiga dunia itu mengalahkan CarolineGarcia untuk mendapatkan tempat di

babak ketiga.Sharapova, yang mendapatkan

bye di babak pertama,menghabiskan waktu 1 jam 16 menit

untuk mengalahkan Garcia padapertandingan di International Tennis

and Squash complex, Doha, Selasa (12/2). Dia menang dua set langsung 6-3, 6-2.

Di babak ketiga, Sharapova akanberhadapan dengan Sloane Stephens

atau Klara Zakopalova. Padapertandingan sebelumnya,

Daniela Hantuchovamelangkah ke babak

kedua setelahmengalahkanLaura Robson 6-4, 6-1.

Selanjutnya,dia akanmelawanEkaterinaBychkova.MarionBartolijugamasihbertahan.DiamengalahkanFrancescaSchiavone 7-6, 6-3dan akan bertemuSvetlanaKuznetsova dibabak kedua.

(asa/dc)

PENYERANG RealMadrid, CristianoRonaldo, berambisimemecahkan rekor RaulGonzalez sebagaipencetak gol terbanyakklub itu. Ronaldo sudahmenyamai rekor legendaMadrid lainnya, PacoGento, denganmembukukan 182 golbuat Los Blancos. Ituterjadi saat ia mencetakhat-trick ke gawangSevilla, Sabtu (9/2).

Untuk memecahkanrekor Raul memang masihjauh. Striker legendaris

Madrid itumembukukan 323 golselama berseragam LosMerengues.

Artinya, untuk menyamaisaja, Ronaldo butuhmenambah 41 gol lagi.

Berbicara kepada surat

kabar Spanyol, AS,Ronaldo mengatakan,“Aku selalu mengatakanbahwa rekor siapdipecahkan. Maksudkubukan oleh diriku saja,tapi bisa juga dipecahkanoleh generasi berikutnya,”kataRonaldo.

“Aku merasa bahagiamencetak sejarah dan akusenang mulai menulisnya.Apa yang ingin kulakukanadalah meneruskanperburuan gol dan suatusaat akan menjadi yangpertama,” ujarnya.

Ronaldo kini sudahmasuk 10 besar pencetakgol terbanyak Madrid. Iasudah melewati rekorAmancio yang baru

mencetak 155 gol danjuga rekor EmilioButragueno (171 gol)serta Pirri (172 gol).Butragueno kepada situsresmi Madrid pernahmengatakan, “Kamisemua bangga terhadapCristiano Ronaldosebagai pemain RealMadrid sejati. Sayaberharap dia tetap di sinidalam waktu lama,karena dia merupakanpemain penting buatkami,” harapButragueno.(asa/kc)

Gianluigi Buffon. Akantetapi, Buffon melakukanpenyelamatan gemilangmenggagalkankesempatan pertamaCeltic.

Ironisnya, satu menitberselang,Juventus justrumampumembungkam

publik CelticPark. Dari sebuah

serangan balikcepat,AlessandroMatri mampulepas darikawalan Efe

Ambrose untukkemudian

tinggalberhadapan

dengan FraserForster. Matri lantas

melepaskan tembakanlemah yang melewatiForster dan mengarah kegawang Celtic. Bolasempat diselamatkanKelvin Wilson. Sayang,sapuan Wilson malahmembuat bola menujuClaudio Marchisio.Dengan mudah,gelandang tersebutmerobek jala Celtic lewattendangan keras di depanmulut gawang. Akantetapi, UEFA memutuskangol tersebut buah karyaMatri karena menganggapbola telah melewati garisgawang sebelumdiselamatkan Wilson.

Seusai unggul, Juventusdipaksa lebih banyak

bertahan. The Bhoysmenekan La Vecchia Si-

gnora dengan serangan-serangan sayap. Padamenit ke-10, Celticmemiliki peluangmenyamakan skor, andaisaja tembakan voli KrisCommons tak melayangdi atas gawang Buffon.

Setelah turun minum,keadaan seperti babakpertama hampir takberubah. Celtic tetap lebihbanyak melakukantekanan. Namun,Juventus mampu bermaindisiplin dalam bermain.

Keasyikan menyerang,pertahanan Celtic malahkurang konsentrasi.

Hasilnya, Juventusmampu menambahkeunggulan melaluisepakan Marchisio padamenit ke-76. Menerimaumpan cantik Matri,Marchisio mengecohBrown sebelummenggetarkan jala Forster.Tak puas hanya 2-0,Juventus semakinmempertegas keunggulanpada menit ke-83. Kali ini,penyerang asalMontenegro, MirkoVucinic, suksesmenceploskan bola dengancara yang hampir samadengan gol Marchisio.

Pertandingan berakhirdengan skor 3-0 untukJuventus. Hasil ini

seperti membuat satukaki Juventus telahmenginjak perempat final.

(asa/kc)

VALENCIA, SRIPO –Paris Saint-Germain sukses mengempaskantuan rumah Valencia 2-1 diStadion Mestalla, Rabu (13/2) dinihari WIB. Kemenangan itumemperbesar peluang LesParisiens melangkah ke 8 besarLiga Champions karena lagakedua bakal dihelat di StadionParc des Princes, dua pekan lagi.

Namun, Zlatan Ibrahimovicharus absen dalam partaitersebut. Sebelum peluit kickoffditiupkan Paolo Tagliavento,wasit dari Italia, pendukungValencia di Mestalla membuatkoreografi lampion yangbertuliskan, “Buatlah impiankami jadi kenyataan”. Sebelum

pertandingan ini, Valencia takterkalahkan di Liga Champions,dengan mengantongi 6kemenangan plus 3 kali imbang.Belum lagi suntingan 28 goldalam 9 laga itu. Tampaknya,itulah yang membuat Mestalladipadati 55.000 penonton.

Harapan tinggal harapan. ElChe malah tertekan sepanjang 10menit pertama dan puncaknyakolaborasi 1-2 antara duo Argen-tina, Javier

Pastore dengan EzequielLavezzi diakhiri dengan indah.Sepakan melengkung Lavezzigagal diantisipasi Vicente Guaita.Pada menit ke-20, KelelawarMestalla baru keluar dari tekananlawan.

Dengan memanfaatkansundulan tak terarah ChristopheJallet, Ever Banega menguasaibola. Ia pun mengeksekusi dariujung kotak penalti PSG.Hasilnya, bola melambung disebelah kiri gawang SalvatoreSirigu. Dua menit jelang turunminum, Les Parisiensmemperbesar keunggulan.

Berawal dari sayatan Lucas

Moura dari sayap kanan,gelandang serang Brasil ituberingsut dari sergapan lawan.Lucas kemudian memberiumpan matang dan tanpaampun Pastore melesakkan bolatanpa mampu dimentahkanGuaita.

Tujuh menit setelah jeda,Valencia mendapatkan peluangmelalui pemain penggantinya.Tembakan Nelson Haedo Valdessempat mengenai pemain PSG,bola berbelok. Namun, Sirigumasih dapat mencegahnya masukke jalanya.

Pada menit ke-61, ZlatanIbrahimovic hampir menambahgol PSG, menyusul serangan kilattimnya. Namun, Guaita masihdapat mementahkannya, dan bolaliar masih menghampiri Lavezzi.Sayang, sontekan akhirnya masihmelebar. Meski menguasai bolasebanyak 62 persen hingga menitke-82, Valencia nyaris tak berkutikmenilik dariminimnyapeluang yangada. PSG pun

berusahamempertahankankemenangantanpakebobolanhinggaTagliaventomeniupkanpeluitpanjang.Padamenit

ke-90, Valencia suksesmemperkecil kekalahan. Bermuladari umpan matang Tino Costa,Adil Rami mengeksekusi boladari jarak dekat danmenaklukkan Sirigu.

Petaka datang pada injury timemenit kedua, saat ZlatanIbrahimovic dikeluarkan darilapangan. Wasit Tagliaventomenilai bomber Swedia itumelakukan pelanggaran beratterhadap Andres Guardado danlangsung menghadiahkannyakartu merah langsung. Meskiakhirnya berhasilmempertahankan kemenangan2-1, PSG harus kehilanganIbrahimovic dalam laga kedua dikandangnya nanti. (asa/kc)

IST

IST

Maria Sharapova

Cristiano RonaldoCristiano RonaldoIST

IST

Cesar Azpilicueta

Zlatan Ibrahimovic

Page 18: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013
Page 19: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013
Page 20: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

21SRIWIJAYA POST

Kamis, 14 Februari 2013

KONDISI Lapanganbecek sempatmengganggu duel antaraPersita kontra PersibaBalikpapan, Rabu (13/2).Pertandingan sempatdihentikan 30 menitsebelum akhirnyadilanjutkan. Meskidemikian

tetap memberikansajian menarik dari keduatim. Hujan pulasepertinya memberiberkah untuk PersitaTangerang.

Persiba yang secarakualitas lebih unggulmampu diredam olehanak-anak dari skuadberjuluk Pendekar

Persita Taklukkan Beruang MaduCisadane.

Ade Jantra dan kawan-kawan seakan ingin unjukgigi depanfans sendiridan berhasilmembungkamPersibaBalikpapan 3-1. Golpertamadicetak olehRipori dipengujung babakpertama. Dia

memanfaatkan kemelutdi depan gawang Persibayang dijaga ketat WawanHendrawan.

Sedangkan Dua gol lagidicetak Sirvi Arfani di

menit ke-48 dan 81.Sedangkan gol hiburanPersiba dicetak Frengki di

menit ke-57.

Sejak kickoff,permainan

kedua timsulitberkembang.Dalam lagaini, kedua tim

tampil apikmeski tidak

menampilkan permainanterbaik karena kondisilapangan. Persiba sempatmembuka

peluang di menit ke-31lewat Mahmoud El Ali.

Tapi tembakannya masihmelebar ke kanangawang Persita.

Di babak kedua, polapermainan kedua timbelum juga membaik.Justru Persita yang masihsering mengambil inisiatifpenyerangan danbeberapa kali berhasilmendapatkan peluangemas. Puncaknya

berbuah manis. Persitamampu menambah gollewat Sirvi. Persiba tidakmau terlena. Merekaberusaha membalas danakhinrya mampumemperkecil kekalahanlewat gol Frengki.

Setelah itu, Persita terus

mendominasi. Merekabeberapa kalimendapatkan pelunag.Salah satunya ketikatembakan Ade Jantramasih melebar di menitke-64. Begitu juga dengantembakan

Cristian Carascao yangdiblok Wawan Hendrawandi menit ke-80.

Tapi semenit kemudian,Carascao memberi assistuntuk gol Sirvi. Persitaingin menambah gol, tapitembakan Bastian masihbisa ditepis. Kemenanganini menjadi kemenangankedua bagi Persita di

stadion Wisnu MashudSaputra. (cw2/ndr)

Diogo BertalentaTetapi Perlu WaktuHASIL evaluasi dari enam pertandingan lini belakang Sriwijaya FC menjadi titik lemah.Penyebabnya karena SFC tidak memiliki sosok bek asing berpengalaman yang mampu

menjaga koordinasi di lini belakang dengan baik. Sayang, transfer sudah di tutup sehinggapelatih Kas Hartadi tetap memaksimalkan Diogo Rangel Santos hingga menunggu

dibukanya pintu trasnfer di putaran kedua 2013 nanti. Apa pendapat Fbers?

RyanditoKalin sayangpeformadiogo hanyasebatas IIC,pas ISLpeforma nyasangatmenurun

seperti kehilangan roh bektangguh..

AriAfriawanmemangperlu waktuuntuk bisamaksimal..dgmateripemainhampirsemua baru...utkdiogo...pemain yg hebat..tpbutuh waktu utk adaptasi....Bravo..SFC..!!!

RizkyAditama RltJamie coynetu la.

ArioFerdinandJangangegabadalambertindakmang.

CahayaKemilauChieCwe Li-bra kpn sfcmain lagi

AelyJanyelzsThiere to lamangsamo lim..

Wong Kumbang atur"lah baemang, dakbisongatokenyolagi, linibelakang sfctu daksesolid dulu

Aidi JauhariKenapamesti bekasing???

MunirkanLoveSriwijaya FcKlo gtw liniblkng hrstmbhkankemampuan.a dan kekuatan.berltih lbh kras lgi spya SFCmnjdijuara berturut" BravoSriwijaya I'll support u always

Trie Hanif Diogo mainnyajelek, suka buang bola. Kalahjauh dgnthiery....Buangdiogo cariyg lbhberpenga-laman.

DanovanSriwijaya FcYany Diogopemain ygpotensial.Hanyakurangjam terbang

sehingga penampilan nyokadang di top peformakadangmnurun. Maanfaatkanpemain yg ada. Bila perlumanfaatkan pemaincadangan atau talenta sumselkitoitu lebih bagus

PempeKapal SelamSalah beli

KmsMuhammadFahreza Sa-ran aq SFCbeliM.Robby,atauPierre njanka

Diogo Rangel SantosDiogo Rangel SantosSRIPO/SYAHRUL

PA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANGPA L EMBANG

ALAT UKUR TANAH

Rental,Jual Beli Thedolite,Wp,Ts, Ser-

vice & Kalibrasi.Hub:0813-6912088810131438B

AHLI SEDOT WC

Sedot Wc Mampet Tgki Bsr Bs Mlm

Hri.HUb:817743/081271780097/582020210130506B

RAJA MAMPET Atasi Wc/Saluran Air

Tsmbat Tnp Di Bongkar.Hub:8630571/

08137805358710130659B

CV.MULTI KARYA “VACUM” Tnk Besar, Harga

Murah.Hub:0812-7873371/0711-

700111910131244B

SERVICE AC

PERDANA SERVICE Ac.Mrh,Brgrnsi,Jual

Beli,Ac Br&Bks,Cci,Prbikn.8880345/

08217992549710131208B

Ali Teknik Service Ac,Kulkas,M.Cuci,Wtr

Heater,Dispnser,P.Air,K.gas.8030724/

0819-77724005 Grnsi10130404B

SINAR TEKNIK.Service Ac,Kulkas,Mesin

Cuci,Bergaransi,Hub.0711-710786/

08137363788510130662B

CV.PSM Service Ac,Kulkas,M.Cuci,

Bngkar Pasng AC,Bergrnsi.0813-6891822910131058B

AC Milan Cuci Perbaikan Bongkar

Pasang Ac,dll.Bergaransi.Hub:0812-

7441444710131099B

CV.DITA Teknik Jual & Rental Ac,

Prbaikan & Perawatan Ac,Bergarnsi.

0812-7171119710131183B

SERVICE ELEKTRONIK

Ahli Service Tv,M.Cuci,Kulkas Rusak,

Hub:7059100/081368918732 (AGUAN)

Lsg Dtg Perbaiki.Grnsi10131127B

Service Tv Bergaransi,Segera Datang.

Hub:Ahok 7010976 /0812783927210131157B

Ahli Spesialis Tv,Kulkas & M.Cuci

Rusak.Hub:AYOUNG:8340105/0813-

68839949 Lsg Dtg Prbaiki.Grnsi10131565B

Ahli Spesialis Service,Tv,M.cuci,Kulkas

Rsak.Hub:APAU 7069694/0811781295

Lsg Dtg Prbaki.Grnsi10131124B

M.Cuci,Kulkas,W.Hiter,Ac,Tv,dll.Hub:Amin

082180975485 Garnsi,Srvice di Tempat10131129B

Ahli Service Kulkas Tertusuk & Kerusakan

Lain,Hub:TEKNIK 90,9 ilir.0711-36722510131431B

KOMPUTER

BEST DATA Cpu P4 3.0 ghz/512/40/mm

dual core,Hub:0711-7376347 / 0812781251010131425B

SERVICE MEUBLE

Trima Prbaikan Sofa,K.Tamu,K.Kntr,

K.Jati, Spgbed,Plitur.ATENG 0853-

80019585/08195814050410131747B

ARSITEK

Bangun Rumah Lux,Genteng Kramik, Atap

Rangka baja,Closet Toto,Br/Renov.

08218141362910130805B

Bangun Rumah Hemat,Mulai 1,6Jt/

m2,Minimalis/Meditran Bru/Renov.

08127117023910130807B

BENGKEL LAS

Bengkel Las Berlian Trm Trlis,Pgr,

Canopy, Almunium Composiv,Roling

Door.08136774221610130550B

BUNGA

DIVA FLORIST Sewa Papan Bunga Dan

Jasa Kurir Dlm Kota Plg.Hub:0852-

66699060/787335510130917B

BIRO JASA

J.Pengurusan Pt,Cv,Yysan,Situ,Siup,

Tdp,Iujk,Npwp,Sbu, Ska,Paspor,dll.

081225296001/08217999090710130918B

Pengurusan:PT,CV,SITU,NPWP,SIUP,TDP,

PKP,I UJK,SBU. Perum Griya Cipta Permai

Blok E 07,Jl.Pesantren Tl.Jambe Plg.0823-

7422722710131573B

LES PRIVATE

BINTANG PRIVATE:Guru Dtg Ke Rmh,SD,

SMP,SMA,Smua Pljrn,Mengaji,Kmptr &

Design Grafis.Hub:0823-80869093/

0877-9542805310130790B

Gemilang Private Sjk’93,Dtg Krmh,MIPA,

B.Ing, Mlks,Tk,Sd,Smp,Sma, Pnglmn.

700551710131095B

PENDIDIKAN

www.gold.askapmini.com Edukasi

Forex gratis.Hub:0812-7156223410130413B

RENTAL

RENTAL DAFFA.Avanza,Xenia, Innova.

Hrian/Blanan.Hrg Murah.Hub:0821-

78757676/777007010130253B

ANTARA RENTAL Avanza,Xenia,Innova,

Hrian/Blanan Mulai 200Rb.0813-4418439510130673B

AGHA RENT,Sewa Mbl Innova,Triton,

Xenia,dll.1Hr=24Jam Mrh.Hub:0813-

6764675410130842B

RAFIT RENTAL.Hr/Bln,Mrh,Terios,All

New Xenia,Luxio.Pu.082176048629/

08195853779910131055B

TNT Rental/Avanza,Xenia,Mlai 250an,

Terios,Innova, APv,Fortuner.Hub: 0813-

73704994/0711-7785511/0896-2704985710131125B

RENTAL KARTINI.Innova,Apv, L200,

Fortuner, Luxio.Hub:0711-710339/

0711-719337/0821-8455335610131126B

C7 Rent Car,Alphard,LC,Dbl Cabin,

Avanza ,Xen ia ,Kuda , Innova ,Hrg

Bersaing,Dlm/Luar Kota,bs dg sopir.

Hub: 0811710863410131312B

Mobil Pengantin Mercy”07"08,1Jt(+

Hiasan bunga),Hub:0813-7779499910131581B

DIVA RENTAL.Innova,Avanza, Xenia,

Apv, Hnd City,Kjg Kapsul,Hrn/Bln.0853-

2577850510130402B

ADIFAYU Trans Premium:Menyewakan

Innova,Avanza,Civic,Jazz,Freed,Triton,Ford

Rangers.5449000/0812717200010131088B

Aditya Rent a Car,Innova,Avanza,L300,

D.Cab in ,V ios ,C iv ic ,Freed.0812-

71879999/41679410131090B

DAFFA Rent a Car,Mnywkan Minibus,

sedan Truck,Pu,Dlm/Luar.Kota.0812-

7112002/31125910131092B

CSA RENTAL.Avanza,Xenia,Livina.

Hubungi:08117826515110131757B

DIJUAL CEPAT

Town House 2Lt,T90,3Kt,2Km,

Dilemabang, Bs Barter Dg Rmh/Mbl,

Tnh, Kpr,Cash.737600210131189B

Dijual Cepat Rumah Uk.9x12 Shm

Rp.120Jt Nego Azhar Kenten Laut.

0853-8345455810131718B

Kijang Kapsul LSX Diesel Thn 2000,

Harga 105Jt Nego.Hub:0821-7575278910131777B

SUMUR BOR

Ahlinya Sumur Bor & Dijamin Anda Tidak

Kecewa.Hub:0711-357445/0812-739378810130562B

PELUANG USAHA

Dicari Pengepul/Supplier Karet Alam.

Hubungi:RUDI 0852-3080993310131796B

PELAMINAN

SEKAR MELATI,Menyewakan Pelaminan

Lkp 3Jt Catering 15rb Perporsi,Hub:

0813-73937166/872828010131091B

KESEHATAN

Pijat Urut Tradisional Pria/Wanita Lulur

,Khusus Pnggln.Call Mb Diana 0852-

0893552910130561B

KLINIK Perawatan Luka:Kencing Manis,

Borok/Bernanah,Setelah Operasi,

Keloid,Tenaga Dokter 0878-6873084110131191B

Pijat Urut Tradisional & Lulur Khusus

Panggilan.hub:Mb Liss 0821-2340040710130653B

MEDDIA HERBAL:Insya Allah Sembuh

Semua Penyakit Berat (Stadium 4)Sdg,

Ringan & Sehat.Hub:0813-68850522/

0816-3236200610130656B

Therapy Urat syaraf,pegel,capek,mslh

kejantanan,jual madu,dll.Didi 08520816946010131363B

Massage Therapy,Reflexy dgn Tenaga

Pria & Wanita Profesional,Call ARY

08536682811010131497B

DAIHATSU

Baru.Astra Daihatsu R.Stock,Angs 2Jtan

/ Kredit 6Thn.Abunawar 0812788475910131343B

HONDA

CR - V “08 MT,BG,Hitam met ,Ass 220 jt

nego Hubungi. 0813-68850522 / 0821-

7839543410131593B

HONDA

Butuh Info Mobil Baru Honda? Cash &

Kredit,Test drive Hub:08536997488810131772B

MITSUBISHI

L300"94 Pick Up,Solar,Msn Ok,Pjk Pjg,

Cklt,Hub:081271533340,0711-882134410131607B

Mitsubshi Dp 26Jt Gls Dsl Merah’00

Ac,Pw,Remote,Vr,Br,Mls,Siap Pakai.

0812-7825688810130967B

NISSAN

livina X gera “08 hitam kebiruan nego

Hub.08127837777810131090B

Tukar + Mbl All Merk Dengan Mbl Baru

Nissan.Hub:AFRI 0813-7365665410130851B

Nissan G Livina,Tdp 40Jtan/Angs.Hmt

2.777.000/bln Hub.Daley Momon Nissan

085380001718/08153252983910130874B

Nissan March Dp 35Jtan / Angs.Ringan

2.777.000/Bln.Hub:Ryan Pagaralam

081367181999/08237721000910130888B

SUZUKI

APV GL’08,Hrg 99 Jt.Dp 15Jt,Angs 3,5Jt

3Th.Hub:08237793325010131650B

TOYOTA

Dijual Cpt Innova “04 G bsn,BG H.132

jt nego Hub.085368798346/0853-

6797665910130681B

MOBIL DIJUAL

Fortuner G diesel “07 akhir pjk des ,

jok klit,Full Acces.Camry G “03, tv, jok

klit,panel wood 126 jt Hub. 0812-

7860333710131613B

Honda CRV 2.0 AT’2007,Abu Muda

Met,Hrg 218 Jt Nego.Hub:0813-

67915768 / 08136718787110131725B

BU Kjang Super G’94,Pjk Br Byr,Bg

Plg,Br,Vr,Ps,Cd,Ac Dgn,Body Klg Mls Rph

Luar DlmMsn Ok,Sp,Hrg 63Jt Nego.

0812-78033338 BTT10131735B

Daihatsu Charade”93 Siap pakai,Hrg

30Jt Bisa Nego,No SMS,Hub:0813-

7359268510131759B

Terios TS Extra Des.2008 Ex Dokter,KM

60.000,Hitam,Tanpa Perantara,Hp:

0852-6702124210131762B

Hyundai Atoz G Th’2002 Manual BG,

Coklat Met,TP,65Jt.0711-7909517 /

08136777794910131763B

Xenia LI’06(F600RV)Silver,Dvd/TV,AC,

Ban Ok,Mulus,Siap pakai,Interior Rapi,

Hrg 94,5Jt Nego,Hub:0711-783970810131764B

Balik Dp54 Inova”04 sisa 27x4,7Jt.

Avnza Th’4,6’7’8’11,Dp18 Xenia Xi 8’11

Dp 18,Hp:08136700688910131778B

Genio’93 Wrn Silver,Sound System,AC,

RC,TV,Hrg 54Jt Nego.081373135444 /

861326110131780B

Zebra PU Th’2004,Rp.24Jt,Pajak, KIR,

Izin Usaha Hidup,Hubungi:0812-

783081010131786B

jimny Gx’95 Hrga 46Jt Hubungi:0812-

78344796 / 0852-6807871010130490B

CRV a/t’07 Hitam,Bg,Jazz idsi Facelift

’06Silver,BG,Xenia xi Th’08 Hitam

B.Grand Livina Xv’08 Hitam,BG,Avanza

G’08 Hitam,BG,Innova G Bnsn’07

Htm,B.Innova G Bns’05 Hitam B.Innova

G Bensin’04 Silver B.Kijang Krista Dsl’00

Biru,BG.ARTHA MOBILINDO.0711-

312150 / 0815-3283000810131043B

Panther Hi-Grade’99,Hi Sporty’97 ABu-

Abu Met,Kjg Lgx 1.8’99 Bensin,Panther

LV’03 Biru,Kjg Pu’04 Diesel Hitam,

Jazz’06 Vtec,Szk Jimny GX’97 Hitam.

carry Futura Pu’09 Biru,Panther Hi-

Grade 2,3 Mrh’96,Mitsb.L300 Pu’2011

Hitam, carry Futura 1.5’08 Hitam,

KjgKrista’00 Dsl,Silver Panther New Hi-

Grade’99 Coklat Muda.Hubungi:

KHARISMA MOTOR 0711-7920456 /

0711-708176110131187B

Avanza G’08 Htm/Kijang Lgx’03-1,8

Htm,BG.Jazz RS Merah Met.Hub:0812-

2597778810131215B

APV SGX’08.110Jt,Kjg SGX’02 105Jt.

Xenia Li’07 103Jt.Terano SGX 70Jt.Hyn

Accend’99 bkn ex taxi 40Jt.Grand Max

MB’08 80Jt.Escudo’96 66Jt.Honda Mae-

stro’90 38Jt.Timor’00 25Jt.Corolla

GL’84 29Jt. PERKASA MOBILINDO: 0711-

7390448 / 08218152947310131577B

Zebra Espass Mb’96 Hrga 26Jt Nego,Pjk

Baru Byr Hub:0812-716718810131728B

OVER KREDIT

Xenia Sporty”12 Blk Dp 35Jt Nego,sdh

10x sisa 38(x4,1),Merah Marun,Hub:

0811-71687110131773B

MOTOR DIJUAL

Dijual Suzuki Fu 150 Scd Th 12 Hrga

13,5Jt Nego.Mio Pth Th 2012 Hrg 9,2Jt

Nego.Hub:0853-8050520010131661B

KONVEKSI

CV.Mailpro.Kaos,Jkt,Trg,Tpi,Kmj,K.Bskt,

b.kk,Sbln, Brdr.Jl.Srijaya Ngr Smp.Tmn

Bkt Bsr.7016245/0812786654010131045B

KONVEKSI KR Km14 Plg,Seragam

sekolah (Kaos Bj.Muslim,Batik)Kmj Krj,

Almamater,Siap Datang Ke Almt.Hub:

0812-7342199910131164B

JUN KONVEKSI.Sblon,Kmeja, Jket,Brdr,

Komp Jkt Trg.Jl.May Sabara(Sekip).

0819-2776048010131178B

CV.MAILPRO:Trm Order utk Pilkada:

Kaos(Mlai 6rb,Rompi(Mlai 30rb),

Bendera- Jl.Srijaya Negara 195 Bkt Bsr.

08127866540/701624510131784B

LOWONGAN KERJA

Dbthkn sgr dealer/agen unt mmasrkn alat

alat rmh tngga, pnghsln mnguntungkn

hub.PT.DIMARCO.372839 / 0853-8399385610131652B

P’kmbgn Moz5 Salon Muslimah Yg Pesat

Bth Bny:Terapist,Kasir,Cab.Ps-Ptc Syrt:

Muslimah,Smp/Sma,Tdk Kul,Single,Siap

Training,Pnglmn Tdk Dprlkn,Antr Lsg K

Mall Ps Ruko R-17.9340345/934070910131167B

Dcr utk Dapur & Pelayan,Min SMA.Utk

Blackstone Grill&Coffee,Jl.Let. Arozak,

562663910131324B

Dbthkn Cmo Extra Cash ,Sms Finance.

Hubungi:0813-7313354910131549B

Dbthkn Pria/Wanita Utk Pramuniaga

Mini Market PD.Serasi Way Hitam Hub:

0711-328584310131721B

Dbthkn Sgr 1 org Ksr(W)20s/d26th,Rjn,

Jjr, supel,SMA u/Area Bukit,Hub: Pangkas

Pak Haji 8702989 / 08779474547410131774B

Dibthkn:Pramuniaga,Ksr,Gudang,Kord,Syrt:

Pend.Min SMA/K Sdrjt,Lmrn lgsg ke

MM.KHARISMA,Jl.Kol.H.Burlian Km 6,5

Puntikayu,Tlp: 0711-42196410131775B

Dbthkn:Engineer Site,Kualifikasi:Pria,

Maks 25Th,Min D3 Teknik Elektro/

Telco,Pnglmn sbg Radio Engineer,

Bersedia keluar kota(Site Area).Lmrn Via

email: hrd(a)wavecomindo.co.id10131801B

Bth ADM/Krywti Toko,Sdrjt SMA,Jk

brminat Lmrn dibw k KINGDEKOR PTC

GF B2-18.Telp:423838910131593B

Dibutuhkan Sgr:Sopir (Dtg Lsg Ke

Depan Amik Bina Sriwijaya Kertapati)

0711-51388810130878B

Simply Fresh Laundry Kencana Damai,

Bth Kary/ti Min.Sma(Bw Lmrn,CV&Ktp)

0812713683110131370B

Dibutuhkan Karyawan,Min SLTA,

Memiliki Sim C.Lamaran Antar Langsung

Ke PT.PRING PRIMA,Cab.Indralaya di

depan Unsri Indralaya10131604B

Dbthkn koki/waiters 17-25th SMA/K u/

Restoran Jepang,Gj 1,2Jt.0878-97377766/

08127864948710131609B

PT.TROPIKA MAS Mbthkn:MD &

Motoris,Syrt:Punya Motor,SLTA, Pengalaman

tdk diutamakan,Antar langsung Jl.Pangeran

Ayin Lrg.Damai 56/01 Kenten Laut,Jam 8-

10/Telp: 73155510131729B

Dbthkn Terapis Refleksi Ce/Co,Pnglmn/

Tdk,Min.Smp,Max 35Th Pnghsln

Bsr,Lmrn Antr Lsg Ke Ruko Ps Mall

R.035.380135/08576471222710131731B

Dbthkn Sgr:GRO(Guest Relation Of-

ficer), Syrt:Wanita,Min SLTA,Cantik

&Menarik, ramah,energik,Usia Max

25th.Lmrn Antr lsg:Hotel Classic, Komp.

Ruko Rajawali,Jl.Rajawali No.07 PLG,

Dgn Bpk Iyan/Emran.10131782B

KEHILANGAN

BPKB Mtr Honda’2010,BG-2732A, Pink,

Noka: MH1FS118AK041631/JF51E1043917,

No.BPKB:G-3486412F,An.AMALIA.10131776B

KOST

MY HOME.Trma Kost Hrn,Mggn,Bln,

Fas.Ac,Tv,Led,Spgbed,Lmr Cc+Gosok.

082374739000 Jl.Letda A.Rozak10130676B

KOST

Kost Bunga,Bulanan/Harian,Telp:0711-

417027 / 08138000597410131585B

NUGRAHA Kost,Exclusive Khusus

karyawan/tiDekat PS.Hub:0877-

95458866/35932910130486B

D’PARAGON Jaringan Kost Exclsv Fslts

Ala Hotel 2 Lok Strtgs Mulai 150rb/hr-Jt/

Bl RSV:081328885511/8016777 www.

dparagon.com10131341B

FAMILY KOST Harian/Bulanan. Jl.Jendral

Sudirman.Hubungi:0711-35341810131507B

RUKO DIJUAL

2 Ruko 2,5Lt Bangun Baru Dekat Pasar

Lemabang Hrg 1,7m Nego.Hub:0813-

7797371010131719B

Ruko 1½ Lantai,Jl.Tanah Mas,Rp.350Jt,

Hub: 081288888515 / 0816381638 BUDI10131484B

RUMAH DIJUAL

Rmh 7x10 LT.12x23 km.9 70m dr jl

skrno hatta simp 4 cck u/ usaha 180jt

081273992399/778070410130643B

Lebar 6m,Pjg 17m,DiPerumnas Sako

Kenten Hub:Ibu Aisyah Tlp 0711-

824978 / 082179088097 Tanpa Perantara10131108B

Rmh T48,2Kt,1Km,dikbn Bunga,Bs Bar-

ter Dg Rmh/Mbl,Tnh Kpr,Cash.709988810131190B

Rs T 36/80 Dkt Kntr Bupati OI 65Jt Nego.

Hub:081278666422 / 08238049990710131376B

Tp 70,3Kt,1Km,Fas:Pam,Pln,Listrk,

Shm,Kenten Sako Village Blok F No.7

Peminat Hub: 089613441369 (Sms) /

0711-59498010131380B

Lt615m2 Bangunan 170m (Shm),4Kt,

Ruang Tamu,R.Makn,Grsi,Dpur.Jl.

Tombak/Bambu Runcing No.730/38

Rt.008 Rw.003 Sekip Ujung Hub:0812-

80974460 / 0812813437510131716B

Type 54/144 Blk Istana Gubernur Fam-

ily 4 B2,Nego.Hub:081278190111 /

08153234588810131521B

Tal.Keramat Dkt SDN 24 Lb8x7m

Lt287m, Shm,Imb,Pln.Hubungi:0813-

77709492 (TP)10130654B

Rmh 2Lt,3Kt,2Km.Perumnas Sako,Blkg

Ruko Pggr Jl.Simp.Bombat Hrg 500Jt

Dp Bs DiciclHub:0852-6701714010130811B

Rmh Br,T70/135,SHM,Granit,1Gate

syst,Sukabangun 2(Soak Simpur),

398Jt,BUDI 081288888515 / 0816-38163810131482B

Town House Type 85,2KT,Jl.Kemuning,

550Jt,Hub:081288888515 / 0816-

381638 BUDI10131483B

5 Unit Rumah Baru Type 60 Minimalis,

Hrga 315Jt Cash/Kredit,Jl.Bandara

Kebun Sayur Sukawinatan.Hub:0823-

8003949910131493B

Jl.M.Kumbang Raya Kel.D.Lbr Daun,

Strtgs,Fas.Lkp,Ac,Air Pns/Dgn.0812-

78676332/08526894790210131494B

Rmh Siap Huni,Minimalis,Jl.Mcn

Kumbang,LB/LT.60/120,2KT,3KM,Hub:

08127118892010131613B

DIJUAL

Dijual Kebun Sawit Cash & Kredit,Beba

s Prwtn,Shm,Prjnjian Notaris Hrg Mlai Dr

45Jt/Ha Lsg Hsl Rutin Survey Grts Asuransi

Grts.Hub :0812-78507979 (Ayi) 0821-

77060102 (Ayu) 0711-818473 (Kantor)10130425B

Dijual Perlengkapan Butik Lengkap+

Isinya Baju,Tas,Sepatu, dll.Hrg 10Jt.

08789753688510131583B

Batu Bata Press Kualitas Baik Antar Ke

Tempat Rp.400 Hub:085381715169/

547495910131652B

Brangkas Uk.Besar,T:170,L:70,Berat

1,5ton,Hrg 12Jt,Hub:0711-7368202/

0853-5711877510131479B

TANAH DIJUAL

Lok.Pnggr Jln Lintas Plg Betung Dpn

RSUD Kel.Seterio LT.1.4686m2,Shm,

An. Pmlk,08117403823 TP10130493B

Lt 15x40m2 Ada Bangunan 3 Pnt,Bntk

Toko,Shm.Jl.Kebon Bunga NO.318 Lbh

Krg 300m Dr H.Burlian Hub:0812-813437510131717B

DIKONTRAKAN

1Rumah,3KT,2KM,Vila Knten City

(Kncana Damai)Blok AA-06.Hp:0852-

20040929/0815380000810131760B

DISEWAKAN

Tenda,Kursi,Catering,Pelaminan,dll.

Hub:0711-7018544 / 0711-41032510131040B

DISEWAKAN

Segera Dibuka Gedung Serbaguna

Graha Masturah Utk Pernikahan, dll.

Harga Sewa Rp.13.800.000 Hub:0711-

530994210131123B

CATERING

NASSYA CATERING 8-10 Lkp 16-18

Spsl, Bns Es Krim & Tnda VIP Mlyn Ctrg

Kntr.8352782 /0813-6723717910131337B

Amanah Catering,u/Rspsi,Aqiqah,Ns

Ktk,Tumpeng,Ns Mnyk,Mnywkn Alt

Ctrg,dll.0711-779705510131678B

BATUBATA

Batubata Kwalitas Baik,Antar Ke

tempat.Hubungi:0711-700205210131603B

Batu Bata Kwalitas Baik,Cetak Press 400

Terima Tmpt Hub:0711-3264400/0711-

707285210131537B

Page 21: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013
Page 22: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

Kamis, 14 Februari 2013 Halaman 19 | SRIWIJAYA POST

JAKARTA, SRIPO –Pemain Arema Indonesia,Hasyim Kipuw sudah taksabar untuk bertemumantan klubnya, PersijaJakarta padapertandingan lanjutankompetisi Indonesia Su-per League (ISL).Pertandingan klasikantara Macan Kemayorandan Singo Edan ini akandihelat di Stadion UtamaGelora Bung Karno,Jakarta 16 Februarimendatang.

ôAku datang sebagailawan Persija dan siapmencari poin di sana,öujar pesepakbolakelahiran Tulehu itu, Rabu(13/2).

Hasyim Kipuwmemulai karier sebagaipesepakbola profesionaldi klub Persija Jakarta. Diamemperkuat klub ibukotaU-21 sejak musim 2007.Dua tahun berkompetisidi tim junior, diaberkesempatan untukbermain di tim seniorPersija sejak 2009.

Jelang bergulirnyakompetisi musim 2012-2013, Hasyim Kipuwmemutuskan untukpindah ke klub Arema In-donesia. Kesempatanmelawan Persija Jakarta

Ambisi MenjinakkanMacan Kemayoran

pada pertandinganbeberapa hari lagi adalahyang kedua kalinya,setelah yang pertama kalidi Inter Island Cup 2012.

“Yang pastipertandingannya akanseru, kesannya sih bisaketemu teman-temanlama saja,” kata pemain

yang bermain di posisibek sayap.

Terpisah, striker Arema,Greg Nwokolo sangatoptimis timnya bisamengalahkan PersijaJakarta. Dia yakin timpelatih sudah memilikiresep khusus agar SingoEdan bisa memetik

kemenangan.Menurutnya, tim hanyabutuh motivasi agarsegera bangkit dariketerpurukan dalammelakoni laga away.

Selama ini Singo Edanmasih belum mampumemetik kemenangandari laga away. Bahkan

Greg Nwokolo dkkbelum pernah mencetaksatu gol pun dalam laga diluar kandang. “Kamiharus tetap semangat.Sebab, Aremania jugasangat bersemangatmemberi motivasi kekami,” kata Greg.

Sampai sekarang timpelatih belummemutuskan bisamenerjunkan Greg ataubelum. Greg absen dalamlaga kontra PSPS akibatcedera otot saat Aremamenjamu PersisamSamarinda di StadionKanjuruhan. Tapi Gregberharap bisamemperkuat Aremadalam laga nanti. ôSayasudah mengatakan kepelatih bahwa saya siapbertanding,ö tambahnya.

RD pun mengakui Gregmengaku siap bertanding.Sebelum memimpinrombongan kePekanbaru, RD sudahmemberi pilihan ke Greg.Bila merasa tidak mampu,RD mempersilakan Gregistirahat di Malang. “Tapidia menyatakan siapturun. Tapi kami akanlihat kondisinya dulusebelum menerunkan kelaga,” kata RD.

(asa/tribunnews)

BERCANDA namun tetap serius dan fokus. Itulahyang dilakukan Pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadidalam mempersiapkan Laskar Wong Kitomenghadapi Pelita Bandung Raya (PBR) 17 Maretmendatang. Tak ingin anak asuhnya terlalu terbebani,palatih asal Solo itu menciptakan suasana santai danpenuh keceriaan. Bahkan Kas sempat melontarkanlelucon sarat makna kepada seluruh anak asuhnyaterkait lawan yang akan dihadapi nanti.

“Saya melihat, Jupe (Julia Perez) pemain yang pal-ing berbahaya di PBR. Karena itu, patutdiwaspadai,” ujar Kas yang sebenarnya mengatakanpemain dimaksud adalah Gaston Castano yang taklain adalah kekasih selebriti, Julia Perez.

Sekilas, lelucon Kas terdengar biasa saja. Namunumumnya pemain SFC memahami maksud darilelucon tersebut. Pelatih yang satu ini berharap agarpara pemainnya tidak memandang siapa lawanyang akan dihadapi nanti. Baik itu tim besar maupuntim kecil semuanya wajib diwaspadai, sebab dalamsepakbola semua kemungkinan bisa terjadi.

“Jangan pernah meremehkan lawan, meskisecara statistik kita lebih unggul dibandingkan timlawan (PBR),” katanya.

Kas menegaskan, banyak faktor non teknis jugayang ikut berperan. Termasuk motivasi pemain dilapangan jika didukung oleh orang yangdikasihinya pasti akan lebih besar. Sang pemainjelas ingin membuktikan bahwa dirinya bisabermain sebaik mungkin dan inginmempersembahkan kemenangan bagi timnya.

“Makanya kita juga mewaspadai Jupe,” kata Kaslagi.

Aksi dukungan langsung Jupe kepada Gaston initerlihat ketika PBR menjamu Persija Jakarta (5/2) lalu.Artis ibukota ini sengaja jauh-jauh datang dari Jakartauntuk memberikan dukungan untuk sang kekasihdari atas tribun stadion. Bahkan berkat dukungannyaitu, Gaston akhirnya mencetak gol perdananyasetelah mandul dalam lima pertandingan perdana.

“Saya senang setelah menunggu limapertandingan akhirnya Gaston bisa mencetak goldan PBR meraih kemenangan pertama denganmengalahkan Persija,“ ujar Jupe seperti yangdilansir www.pelitabandungraya.net.

Jupe berharap selanjutnya gol demi gol akanlahir dari kaki dan kepala bomber berpaspor Ar-gentina tersebut sepanjang musim ini sekaligusmengangkat posisi The Boys Are Back setidaknyake papan tengah. (cw2)

Kas IngatkanMotivasi Gaston

KLUB Persija Jakarta versikompetisi Indonesian Pre-mier League (IPL),mencari tambahanpemain, terutama di posisipenjaga gawang, untukmemperkuat tim tersebutmengarungi IPL musim2013. Posisi penjagagawang dinilai menjadisalah satu titik lemahPersija selama ini.

Kini klub yangbermarkas di HalimPerdanakusuma itu

membidik dua penjagagawang andal. Duapemain yang diincaradalah mantan penjagagawang Persija ISL,Andritany Ardhiyasa,serta penjaga gawangPersema Malang, SukastoEfendi.

CEO Persija IPL,Bambang Sutjiptomengatakan, timnyasudah menjalinkomunikasi dengankedua penjaga gawang

itu. Saat ini tinggalmenunggu kesepakatanantara manajemen danpemain ôKami sudahmelakukan komunikasikepada kedua pemain itu.Siapa yang lebih dulubergabung, maka diayang akan dikontrak,öujarnya.

Tambahan kekuatan diposisi penjaga gawangdibutuhkan, karena salahsatu penjaga gawangyang dimiliki Persija,

yaitu Adriansyah dinilaimasih memilikikekurangan. Klub asuhanpelatih Eduard Tjong ituakan menjalani kiprah dikompetisi Indonesian Pre-mier League (IPL) 2013dengan tiga laga luarkandang. Setelah melawatke kandang Persijap (24/2), Esteban Guillen dankawan-kawan lanjutmelawan PSLS (3/3) danPersiraja (6/3).

(asa/tribunnews)

Persija IPL Bidik Penjaga Gawang Nasional

Andritany ArdhiyasaAndritany ArdhiyasaIST

Julia Perez & Gaston CastanoIST

IST

Hasyim Kipuw (kiri).

JSC SUPERSPORTJAKABARING SPORT CITY

22 SRIWIJAYA POSTKamis, 14 Februari 2013

JAKARTA, SRIPO—Pen-

gurus Pusat Persatuan Tinju

SEA Games Myanmar 2013.

Selly misalnya beralasan

mengingat para atlet yang atlet lainnya yang juga

(tribunnews)

PALEMBANG, SRIPO--

bagi atlet Sumsel yang ingin

atlet Sumsel yang berprestasi.

meminta bantuan agar pergu-

(cw2)

Tawarkan Beasiswa Bagi Atlet Sumsel

JAKARTA, SRIPO—Kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia, BSI Proliga kembali bergulir. Sebanyak 14 klub akan bertanding menjadi yang terbaik pada kompetisi yang akan berlangsung di sembilan kota.

Kompetisi berlang-sung mulai dari 15 Februari sampai 5 Mei 2013. Seri per-tama BSI Proliga 2013 akan diadakan di Ge-dung Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 15-17 Februari. Selain Jakarta, BSI Pro-liga akan berlangsung di Pelambang, Solo, Banyuwangi, Gresik, Magetan, dan Semarang secara berurutan mulai 15 Februari sampai 7 April.

Kemudian dilanjut-kan dengan dua kota tempat penyelenggara Final Four yaitu Yog-yakarta, dan Bandung pada 19 April-28 April. Sementara Grand Final akan dilangsungkan di Jakarta pada 5 Mei 2013. Direktur Proliga, Hanny

pertarungan pada tahun 2013 ini diprediksi akan berlangsung seru, sebab semua tim yang berpar-tisipasi sudah memper-siapkan tim sejak jauh-jauh hari.”Pertarungan

akan sangat ketat dan menarik. Persaingan menjadi juara lebih ketat. Dengan waktu persiapan yang lebih lama, klub-klub ingin membuktikan diri dengan meraih ke-menangan di setiap pertandingan,” ujarnya dalam konferensi pers di Restoran Pulau Dua, Jakarta, Rabu (13/2).

Ada 7 tim putra dan 7 tim putri yang akan ambil bagian. Tim-tim putra yang bertand-

ing adalah Jakarta BNI 46, Surabaya Samator, Palembang Bank Sumsel Babel, Semarang Bank Jateng, Jakarta Sananta Indocement, Jakarta Pertamina Energi, dan Jakarta Electric PLN. Di bagian putri, tim yang akan bertanding adalah Jakarta Popviso PGN, Jakarta Electric PLN, Jakarta TNI AU, Gresik Petrokimia, Jakarta BNI 46, Manokwari Valeria Papua Barat, dan Ja-karta Pertamina Energi.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya kompetisi akan meng-gunakan pemain asing. Masing-masing tim boleh memakai tiga pemain asing dengan hanya menampilkan maksimal dua pemain asingnya di setiap pertandingan.(cw2/ndr/tribunnews)

JAKARTA, SRIPO—Keberhasilan tim Fed Cup Indonesia di pertandingan grup II zona Asia-Oceania di Kazakhstan pekan lalu mem-bawa tim Indonesia kembali bisa bersaing di grup I zona Asia-Oceania tahun 2014 mendatang.

Meskipun di pertandin-gan grup II kali ini kekuatan Indonesia terbilang berada di atas lawan-lawannya, namun konsistensi permainan mereka masih belum stabil. Menurut Lavinia Tananta, tim Indo-nesia mulai terdepak dari pertandingan grup I di tahun 2010 dan bisa kembali masuk ke grup I di tahun 2011. Akan tetapi mereka kembali terde-pak dari grup I di tahun 2012 dan di tahun 2013 ini kembali bisa berlaga di grup I untuk pertandingan tahun 2014 mendatang.

“Jika ingin tetap bersaing di grup I penampilan kami harus konsisten. Sejak tahun 2010 penampilan kami tidak stabil, dan naik turun hingga saat ini. Saya sudah mem-perkuat tim Fed Cup sejak tahun 2008, 2009, 2010, dan berlaga di grup I, selanjutnya

Indonesia terdepat ke grup II dan penampilannya terus naik turun,” ujar Lavinia Tananta yang baru saja pulang dari Ka-zakhstan untuk membela tim Fed Cup Indonesia bersama Ayu Fani Damayanti dan Aldila Sutjiadi.

Tim Fed Cup Indonesia meraih kemenangan sempur-na di pertandingan Fed Cup grup II zona Asia-Oceania tahun ini. Indonesia yang berada di grup B melibas selu-ruh lawannya masing-masing Filipina, Pakistan, Kyrgystan, Malaysia dan Iran dengan skor 3-0. Selanjutnya di laga

kam Hongkong yang menjadi juara grup A dengan skor 2-0.

Menurut Lavinia Tananta, di pertandingan grup B menurutnya lawan terberat tim Indonesai adalah Filipina. Lavinia juga mengaku sempat tegang saat menghadapi la-wan pertamanya dari Filipina, Anna Clarice Patrimonio, pasalnya Lavinia pernah dila-hakna pemain tersebut di SEA Games Palembang 2011 silam.

“Di grup B lawan terberat adalah Filipina, meskipun kami juga tidak boleh men-

ganggap enteng lawan yang lain. Dan saya sempat tegang di pertandingan pertama tersebut karena saya pernah kalah di SEA Games. Namun setelah menang dari Filipina, kami semakin yakin karena lawan kami permainannya be-rada di bawak kami semua,” ujar Lavinia Tananta.

Sementara itu pemain termuda yang terlibat di tim Fed Cup Indonesia, Aldila Sutjiadi, mengaku mendapat-kan pengalaman bertanding yang berbeda di laga Fed Cup senior tersebut. Aldila yang tahun ini baru akan mengin-jakkan kakinya di level senior mengaku termotifasi dari turnamen tersebut.

“Ada sedikit tekanan pada saya karena main pertama kali di level seniordan bermain bersama pemain senior, tapi saya bisa mengatasi ketegan-gan tersebut dan bermain dengan baik. Tahun depan, juga merupakan pengalaman pertama saya berlaga di grup I Fed Cup zona Asia-Ocenaia,” ujar Aldila yang merupakan juara tunggal putri PON Riau 2012 lalu.(tribunnews)

Lavinia TanantaSRIPO/STS

Page 23: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013
Page 24: Sriwijaya Post Edisi Kamis 14 Februari 2013

ZONA BERITA OLAHRAGA SRIWIJAYA POST

MENSANA IN CORPORESANOKAMIS, 14 FEBRUARI 2013

SUPER LIGAHALAMAN 17

Andalan Bank Sumsel Babel

(tribunnews)

(cw2)

IST

The Quicker

Captain

(ndr/cw2

Pentingnya Peran Andri

ANDRIIST

N

(ndr/cw2)

Chelsea Incar Liga EuropaBEK Chelsea, Cesar Azpilicueta, meyakini

klubnya tetap mengincar gelar juara Liga Europamusim ini, kendati dianggap sebagai ajang kelas

dua. The Blues tersingkir dari Liga Championssetelah gagal bersaing dengan Juventus dan

Shakhtar Donetsk memperebutkan tiket kebabak 16 besar. Alhasil, Chelsea hanya

menempati urutan ketiga dan selanjutnya hanyaberlaga atas tiket di babak 32 besar Liga

Europa. (asa/kc)

Bertekad Pecahkan RekorKAMIS, 14 FEBRUARI 2013 | MENSANA IN CORPORESANO | HALAMAN 24

IST

Raul Gonzalez

Sharapova LewatiUjian Pertama

GLASGOW, SRIPO –Juventus berhasil menangmudah 3-0 atas Celtic FCpada laga leg pertamaLiga Champions diStadion Celtic Park,Glasgow, Selasa atau Rabu(13/2) dini hariWIB. The Bhoysakan tampil tanpapenyerangandalan, GiorgioSamaras, yangmengalamicedera.Sementara itu,di kubuJuventus, posisiGiorgioChiellini yangabsen karenaakumulasi kartukuning akandigantikan bek asalUruguay, MartinCaceres.

Keperkasaan Celtic saatmenaklukkan Barcelona 2-1 pada babak

penyisihan grup,beberapa bulan lalu,seperti hilang di hadapan

pasukan Antonio Conte.Padahal, Celtic lebihbanyak melakukantekanan ke gawangJuventus. Pada babakpertama, Celticmengambil inisiatifpenyerangan danlangsung memilikipeluang. Baru dua menitlaga berjalan, VictorWanyama melepaskantendangan keras dari luarkotak penalti yang sempatmenyulitkan kiper

Si Nyonya Tua Mengamukdi Kandang The Boys

PSG Kehilangan Ibrahimovic

DOHA, SRIPO – Maria Sharapovamengawali kiprahnya di turnamen QatarTotal Open dengan baik. Petenis nomortiga dunia itu mengalahkan CarolineGarcia untuk mendapatkan tempat di

babak ketiga.Sharapova, yang mendapatkan

bye di babak pertama,menghabiskan waktu 1 jam 16 menit

untuk mengalahkan Garcia padapertandingan di International Tennis

and Squash complex, Doha, Selasa (12/2). Dia menang dua set langsung 6-3, 6-2.

Di babak ketiga, Sharapova akanberhadapan dengan Sloane Stephens

atau Klara Zakopalova. Padapertandingan sebelumnya,

Daniela Hantuchovamelangkah ke babak

kedua setelahmengalahkanLaura Robson 6-4, 6-1.

Selanjutnya,dia akanmelawanEkaterinaBychkova.MarionBartolijugamasihbertahan.DiamengalahkanFrancescaSchiavone 7-6, 6-3dan akan bertemuSvetlanaKuznetsova dibabak kedua.

(asa/dc)

PENYERANG RealMadrid, CristianoRonaldo, berambisimemecahkan rekor RaulGonzalez sebagaipencetak gol terbanyakklub itu. Ronaldo sudahmenyamai rekor legendaMadrid lainnya, PacoGento, denganmembukukan 182 golbuat Los Blancos. Ituterjadi saat ia mencetakhat-trick ke gawangSevilla, Sabtu (9/2).

Untuk memecahkanrekor Raul memang masihjauh. Striker legendaris

Madrid itumembukukan 323 golselama berseragam LosMerengues.

Artinya, untuk menyamaisaja, Ronaldo butuhmenambah 41 gol lagi.

Berbicara kepada surat

kabar Spanyol, AS,Ronaldo mengatakan,“Aku selalu mengatakanbahwa rekor siapdipecahkan. Maksudkubukan oleh diriku saja,tapi bisa juga dipecahkanoleh generasi berikutnya,”kataRonaldo.

“Aku merasa bahagiamencetak sejarah dan akusenang mulai menulisnya.Apa yang ingin kulakukanadalah meneruskanperburuan gol dan suatusaat akan menjadi yangpertama,” ujarnya.

Ronaldo kini sudahmasuk 10 besar pencetakgol terbanyak Madrid. Iasudah melewati rekorAmancio yang baru

mencetak 155 gol danjuga rekor EmilioButragueno (171 gol)serta Pirri (172 gol).Butragueno kepada situsresmi Madrid pernahmengatakan, “Kamisemua bangga terhadapCristiano Ronaldosebagai pemain RealMadrid sejati. Sayaberharap dia tetap di sinidalam waktu lama,karena dia merupakanpemain penting buatkami,” harapButragueno.(asa/kc)

Gianluigi Buffon. Akantetapi, Buffon melakukanpenyelamatan gemilangmenggagalkankesempatan pertamaCeltic.

Ironisnya, satu menitberselang,Juventus justrumampumembungkam

publik CelticPark. Dari sebuah

serangan balikcepat,AlessandroMatri mampulepas darikawalan Efe

Ambrose untukkemudian

tinggalberhadapan

dengan FraserForster. Matri lantas

melepaskan tembakanlemah yang melewatiForster dan mengarah kegawang Celtic. Bolasempat diselamatkanKelvin Wilson. Sayang,sapuan Wilson malahmembuat bola menujuClaudio Marchisio.Dengan mudah,gelandang tersebutmerobek jala Celtic lewattendangan keras di depanmulut gawang. Akantetapi, UEFA memutuskangol tersebut buah karyaMatri karena menganggapbola telah melewati garisgawang sebelumdiselamatkan Wilson.

Seusai unggul, Juventusdipaksa lebih banyak

bertahan. The Bhoysmenekan La Vecchia Si-

gnora dengan serangan-serangan sayap. Padamenit ke-10, Celticmemiliki peluangmenyamakan skor, andaisaja tembakan voli KrisCommons tak melayangdi atas gawang Buffon.

Setelah turun minum,keadaan seperti babakpertama hampir takberubah. Celtic tetap lebihbanyak melakukantekanan. Namun,Juventus mampu bermaindisiplin dalam bermain.

Keasyikan menyerang,pertahanan Celtic malahkurang konsentrasi.

Hasilnya, Juventusmampu menambahkeunggulan melaluisepakan Marchisio padamenit ke-76. Menerimaumpan cantik Matri,Marchisio mengecohBrown sebelummenggetarkan jala Forster.Tak puas hanya 2-0,Juventus semakinmempertegas keunggulanpada menit ke-83. Kali ini,penyerang asalMontenegro, MirkoVucinic, suksesmenceploskan bola dengancara yang hampir samadengan gol Marchisio.

Pertandingan berakhirdengan skor 3-0 untukJuventus. Hasil ini

seperti membuat satukaki Juventus telahmenginjak perempat final.

(asa/kc)

VALENCIA, SRIPO –Paris Saint-Germain sukses mengempaskantuan rumah Valencia 2-1 diStadion Mestalla, Rabu (13/2) dinihari WIB. Kemenangan itumemperbesar peluang LesParisiens melangkah ke 8 besarLiga Champions karena lagakedua bakal dihelat di StadionParc des Princes, dua pekan lagi.

Namun, Zlatan Ibrahimovicharus absen dalam partaitersebut. Sebelum peluit kickoffditiupkan Paolo Tagliavento,wasit dari Italia, pendukungValencia di Mestalla membuatkoreografi lampion yangbertuliskan, “Buatlah impiankami jadi kenyataan”. Sebelum

pertandingan ini, Valencia takterkalahkan di Liga Champions,dengan mengantongi 6kemenangan plus 3 kali imbang.Belum lagi suntingan 28 goldalam 9 laga itu. Tampaknya,itulah yang membuat Mestalladipadati 55.000 penonton.

Harapan tinggal harapan. ElChe malah tertekan sepanjang 10menit pertama dan puncaknyakolaborasi 1-2 antara duo Argen-tina, Javier

Pastore dengan EzequielLavezzi diakhiri dengan indah.Sepakan melengkung Lavezzigagal diantisipasi Vicente Guaita.Pada menit ke-20, KelelawarMestalla baru keluar dari tekananlawan.

Dengan memanfaatkansundulan tak terarah ChristopheJallet, Ever Banega menguasaibola. Ia pun mengeksekusi dariujung kotak penalti PSG.Hasilnya, bola melambung disebelah kiri gawang SalvatoreSirigu. Dua menit jelang turunminum, Les Parisiensmemperbesar keunggulan.

Berawal dari sayatan Lucas

Moura dari sayap kanan,gelandang serang Brasil ituberingsut dari sergapan lawan.Lucas kemudian memberiumpan matang dan tanpaampun Pastore melesakkan bolatanpa mampu dimentahkanGuaita.

Tujuh menit setelah jeda,Valencia mendapatkan peluangmelalui pemain penggantinya.Tembakan Nelson Haedo Valdessempat mengenai pemain PSG,bola berbelok. Namun, Sirigumasih dapat mencegahnya masukke jalanya.

Pada menit ke-61, ZlatanIbrahimovic hampir menambahgol PSG, menyusul serangan kilattimnya. Namun, Guaita masihdapat mementahkannya, dan bolaliar masih menghampiri Lavezzi.Sayang, sontekan akhirnya masihmelebar. Meski menguasai bolasebanyak 62 persen hingga menitke-82, Valencia nyaris tak berkutikmenilik dariminimnyapeluang yangada. PSG pun

berusahamempertahankankemenangantanpakebobolanhinggaTagliaventomeniupkanpeluitpanjang.Padamenit

ke-90, Valencia suksesmemperkecil kekalahan. Bermuladari umpan matang Tino Costa,Adil Rami mengeksekusi boladari jarak dekat danmenaklukkan Sirigu.

Petaka datang pada injury timemenit kedua, saat ZlatanIbrahimovic dikeluarkan darilapangan. Wasit Tagliaventomenilai bomber Swedia itumelakukan pelanggaran beratterhadap Andres Guardado danlangsung menghadiahkannyakartu merah langsung. Meskiakhirnya berhasilmempertahankan kemenangan2-1, PSG harus kehilanganIbrahimovic dalam laga kedua dikandangnya nanti. (asa/kc)

IST

IST

Maria Sharapova

Cristiano RonaldoCristiano RonaldoIST

IST

Cesar Azpilicueta

Zlatan Ibrahimovic