sni 03-1731-1989_2

Upload: muchammad-zaenal-muttaqin

Post on 10-Feb-2018

720 views

Category:

Documents


48 download

TRANSCRIPT

  • 7/22/2019 SNI 03-1731-1989_2

    1/1

    TATA CARAKEAMANAN BENDUNGAN

    SNI 03-1731-1989

    RUANG LINGKUP:

    Tata cara ini berlaku untuk bendungan dengan tinggi 15 m atau lebih diukur dari dasar lembah terdalam dengan

    tampungan sekurang-kurangnya 100.000 m3. atau bendungan setinggi kurang dari 15 m yang volume air waduknya

    sekurang-kurangnya 500.000 m 3 atau bangunan penahan air lainnya.

    RINGKASAN:

    Metode ini dimaksudkan sebagai acuan dalam kegiat-an desain, konstruksi, eksploitasi, pemeliharaan danpenghapusan bendungan serta pengawasankegiatan, dengan tujuan untuk menjamin keamananbendungan.

    Desain mencakup antara lain, mengenai desainhidrologi dan hidraulik, desain struktur, pemantauan,perencanaan dan desain waduk, petunjuk inspeksikeamanan, rencana darurat dan tata cara, aspekkeamanan desain yang berkaitan dengan sungaiperbatasan dan pengesahan desain.

    Pelaksanaan konstruksi meliputi aspek pelaksanaanterhadap desain, penampang sungai dan pengisianwaduk, tindakan pencegahan dalam keadaan darurat,dan resiko lingkungan serta perbaikan bendungandan waduk yang ada. Eksploitasi dan pemeliharaanmeliputi pengendalian debit banjir, kemampuan dalamoperasional, pemantauan dan inspeksi sertaklasifikasi kerawanan tentang peristiwa dan musibah.

    Penghapusan bendungan berisikan persetujuanmenghentikan kegiatan, pemugaran keadaan alamiahdan pengawasan terhadap bendungan yang dihapus.

    Desain hidrologi dan hidraulik mencakup metode danpatokan desain, debit banjir desain, kondisi air hilir,penggenangan di hilir. Desain struktur mencakuptentang metode, patokan, rancangan desain, bebandan faktor keamanan, stabilitas pondasi, rembesan,deformasi bangunan, kemerosotan mutu dankegempaan.

    Aspek pelaksanaan konstruksi terhadap desainmeliputi perubahan konstruksi terhadap desain,metode konstruksi dan peralatan, supervisi daninspeksi konstruksi. Eksploitasi dan pemeliharaankekokohan struktural dan keamanan operasionalmeliputi pembebanan dan deformasi bangunan,pemeriksaan visual bendungan, penyelidikan dibawah air, rembesan dan drainase, pondasi dantebing tumpuan.