sekapur sirih 2014

2
i BUPATI BINTAN SEKAPUR SIRIH Penyampaian LKPJ merupakan salah satu kewajiban konstitusional yang harus disampaikan Kepala Daerah, baik setelah berakhirnya tahun anggaran maupun pada akhir masa jabatannya. Kewajiban tersebut merupakan pelaksanaan dari ketentuan Pasal 16 ayat (2) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang- Undang. Hal tersebut merupakan respon Pemerintah terhadap adanya berbagai perubahan kondisi dan perkembangan masyarakat yang kian menuntut adanya transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Untuk itu telah dikeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Masyarakat. Berkaitan substansi LKPJ akhir tahun anggaran 2014 strukturnya menggunakan basis dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2010-2015. Hal ini sejalan dengan ketentuan Pasal 16 Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007, yang menegaskan bahwa LKPJ disusun bedasarkan RKPD yang merupakan penjabaran tahunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Dengan demikian, semangat dan makna penyampaian LKPJ ini, memiliki kesamaan, yakni dalam kerangka memperkuat keseimbangan peran (check and ballances power) diantara elemen penyelenggara Pemerintahan daerah, terutama antara DPRD dan perangkat Pemerintah Daerah. Dalam konstruksi hubungan kepemerintahan demikian, saya berkeyakinan komunikasi dialogis antara kelembagaan Pemerintahan Daerah, akan semakin harmonis dan berimplikasi pada penajaman agenda-agenda kinerja Pemerintahan Daerah, dalam menyikapi berbagai tuntutan dan kebutuhan publik. Sekian dan terima kasih

Upload: alan-mc-calvin

Post on 14-Dec-2015

3 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

LKPJ 2014

TRANSCRIPT

Page 1: SEKAPUR SIRIH 2014

i

BUPATI BINTAN

SEKAPUR SIRIH

Penyampaian LKPJ merupakan salah satu kewajiban konstitusional yang harus disampaikan Kepala Daerah, baik setelah berakhirnya tahun anggaran maupun pada akhir masa jabatannya. Kewajiban tersebut merupakan pelaksanaan dari ketentuan Pasal 16 ayat (2) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

Hal tersebut merupakan respon Pemerintah terhadap adanya berbagai perubahan kondisi dan perkembangan masyarakat yang kian menuntut adanya transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Untuk itu telah dikeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Masyarakat.

Berkaitan substansi LKPJ akhir tahun anggaran 2014 strukturnya menggunakan basis dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2010-2015. Hal ini sejalan dengan ketentuan Pasal 16 Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007, yang menegaskan bahwa LKPJ disusun bedasarkan RKPD yang merupakan penjabaran tahunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Dengan demikian, semangat dan makna penyampaian LKPJ ini, memiliki kesamaan, yakni dalam kerangka memperkuat keseimbangan peran (check and ballances power) diantara elemen penyelenggara Pemerintahan daerah, terutama antara DPRD dan perangkat Pemerintah Daerah.

Dalam konstruksi hubungan kepemerintahan demikian, saya berkeyakinan komunikasi dialogis antara kelembagaan Pemerintahan Daerah, akan semakin harmonis dan berimplikasi pada penajaman agenda-agenda kinerja Pemerintahan Daerah, dalam menyikapi berbagai tuntutan dan kebutuhan publik.

Sekian dan terima kasih

Billahi Taufik Wal Hidayah. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

BUPATI BINTAN,

ttd

ANSAR AHMAD, SE, MM

Page 2: SEKAPUR SIRIH 2014

i