radar tegal 3 okt 2015

24

Upload: jaelani-hutabarat

Post on 24-Jul-2016

345 views

Category:

Documents


20 download

DESCRIPTION

Radar Tegal 3 okt 2015

TRANSCRIPT

Page 1: Radar Tegal 3 okt 2015
Page 2: Radar Tegal 3 okt 2015

Darmanto SPd MPdPengawas Guru SMP Kabupaten Tegal

Harian Pertama KebanggaanWong Tegal

Pendiri: H. Mahtum Mastoem (Alm), Penasihat: Dahlan Iskan, Komisaris Utama: HM Alwi Hamu, Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan, Dirut: Yanto S. Utomo,Direktur: Moh. Sukron. Pemimpin Umum: Moh. Sukron.Pemimpin Redaksi: M. Sekhun. Wakil Pemimpin Redaksi: Wawan Setiawan. Redaktur Pelaksana: Zuhlifar Arrisandy. Koord. Liputan: M. Fathurrohman.Redaktur: Embong Sriyadi, Khikmah Wati, Laela Nurchayati, Adi Mulyadi. Kota Tegal: Rohman Gunawan, Abidin Abror, Agus Wibowo, K. Anam Syahmadani. Brebes:Hervianto, Ismail Fuad. Bumiayu: Teguh Supriyanto. Slawi: Hermas Purwadi, Yeri Novelli, Muh. Fatkhudin. Pemalang: Moh. Khasanudin (Kepala Perwakilan), AgusPratikno, M. Ridwan, Siti Maftukhah. Pekalongan: Ade Asep Syarifuddin. Pracetak: Feri Setiawan (Koordinator), M Yahya, Dedy Irawan, Dwi Nanda P, Asep Ariadi S,.

Desain Iklan: A.Sekhudin. Iklan: Taufiq Ismail (Manager), Kharisma Dewi, Arifudin Yunianto, Riyanto Harjo, Teguh Widodo Nawawi, Agus Mutaalimin, Indani Dwi Oktina, Wahyudi. Event/Off Print: Wahyu Suroto. Pemasaran: Sunarjo(Manager), Wahyu Subagyo, Umaman Sahareka, Muslih, Zaenal Muttaqin, Rokhim. Keuangan: Yela Ramadiah (Manager), Dwi Titi Lestari (Perpajakan), Lita Rahmiati, Astri Prayudita, Syafriani Maulidah, Mubin, Djuhaeri Effendi, Moh. Erlin,Imron Rosyadi. HRD: Hesti Prasetyani. Manager Cetak Komersil: M. Abduh. Alamat Redaksi/Pemasaran/Tata Usaha: Jl. Perintis Kemerdekaan Tegal telp. (0283) 340900 (hunting), fax (0283) 340004. Jakarta : Ferdinansyah, EkoSuprihatmoko. Alamat: Komp. Widuri Indah Blok A-3 Jl. Palmerah Barat No 353, Jakarta 12210 Telp (021) 5330976, 5333321 Fax: (021) 5322629. Eceran: Rp 3.000/eks. Percetakan: PT Wahana Java Semesta Intermedia Kompleks LIKDampyak -Tegal.

Tarif Iklan: Umum/Display: Rp 33.000/mm kolom, Sosial/Keluarga: Rp 17.000/mm kolom, Iklan Baris Laris: Rp 20.000/baris, Iklan Colour: Rp 44.000/mm kolom.Iklan halaman 1 (depan): Rp 80.000/ mmk. Tarif + 200%, Creative ad: Tarif + 50%. NPWP: No: 01.994.052.7-511.000. Bank: Bank Mandiri Cab. Tegal a.n. PTWahana Semesta Tegal No. Rek: 139.0002152787. Bank Jateng Cab. Tegal No. Rek: 1.004.02598.5 a.n. PT Wahana Semesta Tegal.

Percetakan Radar Tegal menerima cetak komersil untuk koran, tabloid, majalah, buku, LKS, dll.

Anda pernah merasa tidak puas dengan pelayanan publik? Anda pernah kecewa karena mendapatkan pelayanan yang tidak semestinya dari instansi tertentu? Layangkan perasaan Anda ke rubrikNgresula ini via SMS ke 081575444422, email [email protected] atau melalui surat ke Radar Tegal Jalan Perintis Kemerdekaan No. 32 Tegal . Tulis dengan bahasa yang sopan atau bisa jugamenggunakan bahasa Tegalan. Isi ngresula mutlak menjadi tanggung jawab pengirim SMS, email, dan surat.

Semua wartawan Radar Tegal dilengkapi tanda pengenal/surat tugas dan tidak dibenarkan meminta/menerimaimbalan dalam bentuk apapun dari narasumber.

BAGI para guru yang ingin karya tulisnya diterbitkan di halamanini, bisa dikirim melalui email [email protected]. Sertakanjuga dengan foto pose santai.

Batik PunyaKitaBro!

15OPINIwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 20152

BATIK makin eksis. Beragamcorak tradisional berpadudengan warna-warna indahbakal bikin meriah Hari BatikNasional, Jumat (2/10) kemarin

ini, adalah tahun ke-7 Hari BatikNasional dirayakan sejak ditetap-kan pada 2 Oktober 2009.

Pada 2009, Organisasi Per-serikatan Bangsa-bangsa(PBB) untuk Pendidikan, IlmuPengetahuan, dan Kebu-

dayaan, UNESCO mengesahkan batik Indonesia sebagaiwarisan budaya dunia. Batik masuk dalam DaftarRepresentatif Budaya Tak benda Warisan Manusia.Sebagai apresiasi atas pengakuan internasional terhadapbatik, pemerintah menetapkan 2 Oktober sebagai Hari BatikNasional.

Setiap tanggal itu, semua kalangan masyarakat akanmemilih batik sebagai pakaian pembungkus tubuhnya.Takdipungkiri, batik tak cuma digemari warga Indonesia. Helaikain penuh motif itu juga mewabah di sejumlah belahan dunia.

Batik yang tadinya cenderung dikenakan untuk acarayang resmi saja, seperti menghadiri acara besar, per-nikahan, dan bekerja di kantor, kini sudah bergeser menjadisuatu fashion statement. Batik kini digunakan semuakalangan dan enggak melulu dipakai di acara formal.

Batik memang tidak bisa dipisahkan dari masyarakatIndonesia, hampir disetiap daerah kita bisa menemukanbatik dengan ciri khas masing-masing. Beberapa daerahdikenal sebagai penghasil batik, oleh karena itu kini kitamengenal yang namanya Batik Solo, Batik Yogyakarta,Batik Betawi, Batik Cirebon, Batik Pekalongan, BatikMadura, dan Batik Bali.

Dalam situs resminya UNESCO menulis bahwa batikIndonesia memiliki banyak simbol yang erat hubungannyadengan status sosial dari masyarakatnya, kebudayaanlokal, alam dan sejarah itu sendiri. Batik bukan hanyabahan untuk membuat pakaian, tapi batik dinilai sebagaiidentitas bangsa Indonesia.

Beberapa selebriti dunia pun mengenakan motif cantikbatik asal Indonesia. Salah satunya artis cantik JessicaAlba yang sempat terlihat mengenakan gaun bermotifparang gringsing yang dipercaya sebagai penolak sakit.Selain Jessica, ada juga Reese Witherspoon, Heidi Klum,dan Dakota Fanning juga pernah tertangkap kameramengenakan kain dengan motif batik. Jadi, kenapa kitamalu mamakai batik? (*)

PEMAHAMAN mengenaisekolah sehat, aman, ramahanak, dan menyenangkan,sesungguhnya bukanlah halyang baru dalam dunia guruansebab beberapa sekolah su-dah melaksanakan gerakan inibaik secara sebagaian (par-sial) maupun menyeluruh(komprehensif) dalam kegia-tan kesehariannya. Hanya sa-ja, dimungkinkan di setiap se-kolah belum memiliki definisidan standar yang sama dalammewujudan sekolah sehat,aman, ramah anak, dan me-nyenangkan.

Sehat adalah keadaan ba-dan dan jiwa yang baik. Arti-nya, sesuatu dikatakan sehatjika secara lahiriah, batiniah,dan sosial berjalan secara nor-mal dan baik, sehingga me-mungkinkan sesuatu dapatproduktif, baik secara sosialmaupun ekonomis. Jika hal inidikaitkan dengan lembagaguruan, maka sekolah sehatdapat dimaknai sebagai ada-lah lembaga guruan yang me-miliki unsur-unsur yang baik(normal) secara lahiriah (jas-mani) dan batiniah (rohani).

Sekolah sehat pada prin-sipnya terfokus pada usahabagaimana membuat sekolahtersebut memiliki kondisi ling-

kungan belajar yang normal(tidak sakit) baik secara jas-mani maupun rohani. Hal iniditandai dengan situasi seko-lah yang bersih, indah, tertib,dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam ke-rangka mencapai kesejahte-raan lahir dan batin setiapwarga sekolah. Dengan begi-tu, sekolah sehat memung-kinkan setiap warganya dapatmelakukan aktivitas yang ber-manfaat, berdaya guna danberhasil guna untuk sekolahtersebut dan lingkungan diluar sekolah.

Aman adalah situasi dima-na seseorang bebas dari baha-ya dan rasa takut. Dengan de-mikian, sekolah aman adalahlembaga guruan yang warga-nya bebas dari bahaya baiksecara internal maupun ek-sternal. Pada prinsipinya seko-lah aman dapat dibedakanmenjadi dua hal, yakni amansecara jasmani (fisik) dan ro-hani (mental).

Prinsip-prinsip sekolahaman dapat dilihat dari bebe-rapa indikator, seperti warga-nya bebas rasa takut dari se-gala ancaman keamanan se-kolah, memiliki komitmen ter-hadap budaya aman, suasanakondusif untuk belajar, hubu-

Zuhlifar Arrisandy

Redaktur Pelaksana

Durung Digedok Jare?Kepriben maning kuwe, mumpung lagi olih proyek pengaspalan

regan Rp 42 miliar, mbuh karo jenise kuwe sensit terus digarapenang 12 titik endi bae? Kuwe be urung ana gedokan sing DewanKota Tegal, toli wis dijalana.

+6285227531616

Mohon Dintindak TegasKami sebagai masyarakat Kabupaten Tegal mengimbau kepada

Bupati Tegal Enthus Susmono untuk menindak tegas masalah guruberselingkuh. Karena sudah merusak keluarga orang. Mohonditindak dan diberi sanksi minimal dikantorkan Bapak Bupati. Biartidak merasa gagahan punya tambahan gaji Pak. Tolong BupatiTegal ditindaklanjuti masalah yang sudah dilaporkan ke Dikpora.Supaya selesai jangan terkatung-katung. Atas perhatian BapakBupati, kami ucapkan terima kasih.

+6287848588205

Tulung DitertibnaAssalamualaikum wr. wb. Kang Jon, melu tulung nggo dinas-

dinas terkait, kae dalan raya 2 ana wong edan ora nganggo apa-apa. Karo njoget-njoget ning lampu merah lapangan Dukuhturi. Akusing weruh isin dewek tur melas. Ning kidule PLN juga ana, Tulungditertibna.matur suwun.

+6285642631655

Pengawasan Harus KetatKang Jon, tentang insiden ambruknya tembok pasar langon ini

jelas bukan termasuk force majeur. Tapi semata-mata karenakesalahan manusia,kecerobohan perencanaan atau pelaksana-annya, dan harus dituntut sampai tuntas siapa pun yang bertang-gung jawab. Hal ini merupakan evaluasimenyeluruh di bidangpelaksanaan konstruksi. Terlebih adanya korban jiwa dan luka beratmaupun ringan di TKP, menjadikan sebuah pembelajaran bagi kitasemua. Utamanya dalam hal pengawasan dan proyek pekerjaanyang lebih mengedepankan kekuatan kualitas.

+62877307777007

ngan antar warga sekolah po-sitif, sadar terhadap resikobencana, lingkungan fisik (ge-dung, halaman dan ruang,ruang kelas) dibangun denganmempertimbangkan faktorkeamanan warganya, memi-liki rencana yang matang danmampu sebelum, saat, dansesudah bencana dan selalusiap untuk merespon padasaat darurat dan bencana ter-jadi, dan sebagainya.

Ramah dapat dimaknai baikhati dan menarik budi peker-tinya atau manis tutur kata dansikapnya. Jika hal ini dikaitkandengan lembaga guruan, ma-ka Sekolah Ramah Anak dapatdimaknai sebagai sekolahyang menjunjung tinggi hak-hak anak sebagai pribadi yangharus didik dengan perasaandan budi pekerti yang baik.

Prinsip dari sekolah ramahanak adalah menjadikan ke-pentingan dan kebutuhansiswa sebagai pertimbanganutama dalam menetapkansetiap keputusan dan tinda-kan yang diambil oleh penge-lola dan penyelenggara gu-ruan.

Dengan demikian, sekolahramah anak harus menghor-mati hak siswa ketika mengek-spresikan pandangannya da-

lam segala hal khususnya ten-tang ilmu pengetahuan, tek-nologi, seni, dan budaya. Se-hingga siswa merasa nyamandan menyenangkan dalamproses belajar di sekolah. Se-lain itu, sekolah ramah anakharus menjamin kesempatansetiap siswa untuk menikmatihaknya dalam guruan tanpadiskriminasi berdasarkan di-sabilitas, gender, suku bangsa,agama, jenis kecerdasan, danlatar belakang orang tua.

Sekolah ramah anak jugaharus mempertimbangkansituasi sekolah yang aman,bersih dan sehat, peduli danberbudaya lingkungan hidup,mampu menjamin; meme-nuhi; menghargai hak-hak danperlindungan siswa dari ke-kerasan, diskriminasi, dan per-lakuan tidak wajar lainnya,serta menjamin keikutsertaansiswa dalam perencanaan,kebijakan, pembelajaran, pe-ngawasan dan mekanisme pe-ngaduan terkait pemenuhanhak dan perlindungan siswadalam menempuh guruan.SEKOLAHMENYENANGKAN

Senang berarti perasaanpuas, lega, tidak kecewa atau-pun susah. Dengan demikian,sekolah menyenangkan dapat

Komitmen Peningkatan Karya Ilmiah (Bag.2 Habis)Tasrip SPd MM

Guru MTs Negeri Bojong Kabupaten Tegal

SOSIALISASI publik meru-pakan suatu keharusan baikdalam lingkungan forum GuruProfesional, Forum Musya-warah Guru Mata Pelajaran(MGMP), maupun forum-fo-rum yang lain yang bersifatinformasi publik dikalanganpendidik dan stekholder pen-didikaan.

Kreativitas Kecintaan Karyailmiah dikalangan pendidikterutama diwilayah Kabupa-ten Tegal dan sekitarnya ma-sih tergolong rendah,

dan memiliki daya pemaha-man dalam merancang, melak-sanakan penelitian, surveydan publikasi ilmiah juga ma-sih minim. Oleh karena itu FGPsebenarnya memiliki kelelu-asaan dalam memulai danmendesain langkah-langkahpembelajaran untuk parapendidik,terutama para pen-didik yang belum memahami,belum mengenal secara men-dalam dari hal-hal teknis pem-belajaran akses karya ilmiah,metode penulisan ilmiah, tatacara desain karya ilmiah, sam-

pai menghasilkan karya ilmiahsecara paripurna.

Para pendidik sedang me-nunggu kejutan dari FGP un-tuk segera membentuk group-ing secara teknis dalam pem-belajaran karya ilmiah bersa-ma-sama, sehingga FGP jugamemiiki peran, dan fungsi pe-nyampaian pembelajaran se-cara teknis kepada pendidik.Sehingga FGP tidak terkesanhanya sebagai wadah pe-ngumpul karya ilmiah, atauselektor karya-karya ilmiahyang masuk ke FGP untukkemudian diterbitkan. Hasil-hasil karya ilmiah yang telahditerbitkan perdana sebagaiupaya untuk memacu parapendidik untuk segera me-nyusul pada proses pener-bitan berikutnya.

Namun demikian tentunyaalangkah lebih menarik ketikasetiap hasil karya yang diter-bitkan dinarasikan latar bela-kang dan asal usul hasil karya,sekaligus proses pembuatandan pengujian hasil karya,sehingga pembaca yang ter-

tarik untuk mempraktikan,tertarik untuk meneliti, dantertarik untuk menerapkankonsep, metode atau hal lainyang tersaji dalam hasil karyaakan mengikuti langkah-langkah dengan mantap danoptimis.

Kementerian Agama Kabu-paten Tegal sebagai induksekaligus pengarah terbangundan terbentuknya Forum Gu-ru Profesional, merupakanperwujudan langkah untukmembangun dan upaya me-ningkatkan kreativitas pendi-dik dinaungan kementerianAgama Kabupaten Tegal. Se-hingga Forum guru profesi-onal sebagai komunitas keil-muan dalam meningkatkankarya-karya ilmiah dilingu-ngan pendidik KementerianAgama Kabupaten Tegal.

Komitmen ini sudah sepa-tutnya didukung dan disu-pport dengan maksimal, agarForum dapat eksis dan ber-jalan secara maksimal, sehing-ga memacu peningkatan pro-fesionalisme Pendidik di ling-

kungan Kementerian Agamadengan harapan target danpeningkatan mutu pendidik-an bangsa semakin meningkatdan secara tidak langsung datameningkatkan kualitas Sum-ber daya Insani bangsa ini.

Langkah kecil ini diharap-kan dapat menggugah komu-nitas-komunitas yang lain un-tuk bergerak searah dan ber-sinergi dalam membentuk danmengembangkan potensi-po-tensi keilmuan di bidang karyailmiah, Inovasi, dan komuni-tas kreatifitas lainnya sebagaiupaya penyokong kemajuanpendidikan dan bangsa.

Komunitas yang sudah adasemakin meningkatkan diri-nya baik kualitas, dan kuanti-tasnya, sehingga implemen-tasi dan aplikasi hasil karyailmiah semakin komplit untukdapat dijadikan acuan, danpedoman dalam pembelajarandi madrasah-madrasah yangada.

Tidak ketinggalan pula se-tiap waktu-waktu tertentu ha-rus ada upaya uji daya ukur ke-

mampuan hasil karya ilmiah,berupa lomba, diskusi, loka-karya, seminar dan sejenis-nya. Tujuan kegiatan ini untukmenyatukan langkah, me-ningkatkan mutu hasil karya,dan pengujian implementasihasil karya yang telah diterap-kan atau yang akan diterapkandalam pembelajaran.

Pada akhirnya karakter dankepribadian pendidik, pesertadidik dan masyarakat menjaditujuan akhir yang secara tidaklangsung sebagai domain ha-sil pendidikan.

Semakin cerdas masyarakatbangsa, maka akan semakinmeningkat kualitas dan kese-jahteraan bangsa, yang meli-puti, kecerdasan intelektual,kecerdasan hati, dan kecer-dasan sosial. Kecerdasan inte-lektual dapat dilihat dari kua-litas proses belajar untuk me-mecahkan problematika danpola pikir dalam mengelolainformasi, kecerdasan ini bersi-nonim dengan kecerdasanakademik (Dusek dalam Cas-

mini: 2007). (*)

Sekolah Sehat danMenyenangkan

diartikan sebagai sekolah yangmampu membuat semua war-ga sekolah senang, puas, legaakan situasi sekolah. Sekolahmenyenangkan tidak hanyatertuju pada upaya bagaimanamembuat siswa betah ke seko-lah, namun juga menyenang-kan bagi guru, tenaga keguru-an, bahkan orang tua siswa.

Pada prinsipnya konsep se-kolah menyenangkan meru-pakan perpaduan dari konsepsekolah sehat, amat, dan ra-mah anak. Mengapa demi-kian? Sebab ketika prinsip-prinsip sekolah sehat, aman,dan ramah anak sudah ter-penuhi, maka secara otomatissekolah tersebut menjadi me-nyenangkan bagi siswa, guru,tenaga keguruan, orang tua,dan warga sekitar sekolah.

Dengan begitu, sekolah me-nyenangkan menjadi tempatterbaik bagi setiap warga se-kolah untuk mengekspresikanbakat, minat, dan prestasi yangdimilikinya, bukan menjaditempat yang mengasingkan.Mereka pun menjadi bagiandari sekolah itu sebab sekolahmemberi ruang bagi perkem-bangan warga sekolah, teruta-ma siswa,sehingga mereka ti-dak terasing dari sekolah terse-but. (*)

Page 3: Radar Tegal 3 okt 2015

15JAWA TENGAHwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 2015 3

Pemerintah DinilaiMencla Mencle

BATANG - Forum HonorerKategori 2 Indonesia (FHK2I)di berbagai daerah kembalidibuat panas dengan sikappemerintah pusat yang kem-bali inkonsisten atas apa yangtelah disepakati saat aksi mas-sa guru medio September lalu.Sumbernya terutama dari per-nyataan MenPAN dan RB yangakan memberlakukan tes dalamkebijakan pengangkatan K2.

Seperti diberitakan Radarbeberapa hari lalu, MenPANYudi Crisnandi menyebut duamekanise terkait pengangka-tan K2 menjadi CPNS secara

BANYUMAS - Jembatan ya-ng melintas di atas Sungai Ci-reueuy Desa Pesahangan Ke-camatan Cimanggu, sampaisaat ini dibiarkan tanpa per-baikan. Jembatan tersebutambruk awal tahun ini ka-rena debit air naik. Alhasil,pondasi jembatan ambrukhingga tidak bisa dilalui ken-daraan roda 4.

Kepala Desa Pesahangan,Nur Hamid Samsil Bahri me-ngakui, sampai saat ini dirinyabelum mendengar kabar ter-baru terkait perbaikan jemba-tan tersebut.

“Sampai sekarang belumada kabar. Padahal sudah kitausulkan pasca kejadian,” ka-tanya kepada Radarmas, Jum-at (2/10) kemarin.

Dia mengatakan, pemerin-tah desa sudah memasukan

Forum Honorer K2 Panas Lagi

KUDUS – Diketahui menjual bahan peledak untuk pe-nambangan liar di wilayah Pegunungan Kendeng,perempuan berusia 34 tahun berinisial IY diamankanpetugas kepolisian kemarin. Dia tidak mengelak, karenapetugas juga mengamankan sejumlah barang bukti,bahan-bahan peledak yang diduga dia jual.

Kapolres Pati AKBP Raden Setijo Nugroho melaluiKasatreskrim AKP Agung Setyo Budi Utomo mengung-kapkan, awalnya ada informasi dari masyarakat selan-jutnya ditindaklanjuti oleh petugas reskrim.

”Beberapa hari yang lalu, kami mendapatkan in-formasi dari masyarakat, mengenai adanya penam-bangan yang menggunakan bahan peledak di wilayahSukolilo. Selanjutnya hari ini (Jumat (2/10)-red) sekitarpukul 06.30 melakukan penyelidikan,” ungkapnya.

Dari hasil penyelidikan itu, petugas mendatangirumah yang diduga menyimpan dan mengedarkanbahan peledak untuk penambangan. Sesampainya dilokasi tersebut, ternyata benar, petugas Satreskrimmenemukan sejumlah bahan peledak.

”Lokasinya berada di kediaman IY, RT 3/RW I DesaGadudero, Kecamatan Sukolilo. Selain membawanyake Mapolres Pati untuk penyidikan lebih lanjut. Satuorang laki-laki berinisial SYN, 36, yang merupakan suamiIY juga turut kita mintai keterangan,” terangnya.

Mengenai sejumlah barang bukti yang diamankanpetugas, meliputi satu unit truk bernomor polisi K 1610MH yang didalamnya berisi 24 karung bubuk belerangyang setiap satu karungnya berisi 25 kilogram, dua buahplastik berisi bubuk belerang masing-masing sebanyak1 kilogram. Satu buah potassium sebanyak 1 kilogram,28 buah sumbu kawat neklin dan empat gulung kabelwarna merah. (ery/ela)

BESUS ARIF UTOMO/RADAR PEKALONGAN

MERIAH - Peringatan hari batik yang jatuh pada Jumat (2/10) di komplek Lapangan Jatayu, berlangsung meriah.

DOK ISTIMEWA

RUSAK - Jembatan yang rusak setahun lalu masih rusak tanpa ada perbaikan sama sekali.

Setahun Rusak Tanpa Perbaikan

HERY SETIAWAN/RADAR KUDUS

DISITA - Kasatreskrim Polres Pati AKP Agung SetyoBudi Utomo mengecek barang bukti bahan peledak.

Jual Bahan Peledak,Perempuan Ditangkap

usulan tersebut dalam Musya-warah Rencana Pembangu-nan Desa (Musrenbangdes)2015. Dengan demikian diha-rapkan perbaikan tersebut bi-sa terealisir awal tahun depanmelalui anggaran devinitif 2016.Usulan sebelumnya agar jem-batan ini masuk dalam APBDPerubahan 2015 juga tidakterwujud.

“Saya belum bisa memas-tikan apakah tahun depan ju-ga akan diperbaiki,” katanya.

Menurutnya, jembatan inisangat vital bagi warga DesaPesahangan dan Negarajati.Jembatan ini banyak dilaluiwarga kedua desa, terutamaanak sekolah dari Desa Nega-jati menuju SMP 2 Cimangguyang ada di Pesahangan.

“Jembatan ini sangat vitalkarena dipakai anak sekolah,”

katanya.Dia menambahkan, jika ti-

dak segera diperbaiki jemba-tan ini mungkin bertambahrusak saat musim penghujanmendatang. Pasalnya, pon-dasinya sudah rusak karenagerusan air sungai. Dan saatdebit meninggi, gerusan ber-tambah kuat dan mampu me-nghanyutkan badan jemba-tan ke arah hilir.

“Kalau banjir pondasi jem-batan bisa ambruk,” katanya.

Selama ini, warga kedua desamasih bisa memanfaatkan jem-batan tersebut meski denganmenggunakan kendaraan rodadua. Sementara mobil harusmenempuh rute memutar dankondisi jalan rusak. Rute yangdilalui adalah Pesahangan, Pa-gedangan dan tembus ke Ne-garajati. (har/ttg/ela)

bertahap dari 2016-2019. Per-tama, menggelar tes untukrangkingisasi K2 guna me-nentukan nama-nama yangakan diangkat lebih dulu. Ke-dua, pengangkatan K2 harusmelalui usulan formasi darimasing-masing daerah.

“Kami menilai pemerintahpusat kembali mengingkariapa yang telah disepakati pa-da 15 September lalu. Padahal,saat itu kami sudah dengantegas menolak tes ulang untukhonorer K2,” kata KoordinatorFHK2I Kabupaten Batang,Muyarsih, saat dikonfirmasi viaponsel, Kamis (1/10) malam.

Menurut dia, sikap MenPANterkait tes itu justru tidak efisiendan berpotensi membuang

anggaran negara. Pasalnya,Badan Kepegawaian Negara(BKN) sendiri semestinya telahmemiliki data nilai dan rangkingdari hasil CPNS Tahun 2013.

“Kasihan untuk honorer ya-ng usianya sudah kritis. Kalauyang masih muda mungkin takmasalah,” tandasnya.

Karena itu, sejak awal FHK2Itelah mendesak KemenPANdan RB untuk memprioritas-kan pengangkatan HonorerK2 berdasarkan dua pertim-bangan, yakni usia kritis dannominatif masa kerja. “Nya-tanya, yang tak lulus CPNS2013 juga sampai saat ini tidakmengetahui hasil nilai dan ra-ngkingisasinya,” imbuh Asih.

Terkait keharusan diusul-

kan pemerintah daerah se-tempat, FHK2I juga dibuatgeregetan. MenPAN ditudingkembali melempar bola. Pa-dahal, hasil kesepakatan 15September sudah clear, bahwapenuntasan K2 sepenuhnyamenjadi tanggung jawab pe-merintah pusat.

“Pernyataan Yudi sepertimelempar handuk saja, pe-merintah pusat seolah tengahmelepas apa yang menjaditanggungjawabnya kepadadaerah. Padahal, daerah se-lalu menunggu kepastian daripusat ,” terangnya.

Sebelumnya, usai kesepaka-tan FHK2I dengan KemenPAN,Ketua PGRI Batang, Wachyu-sin SPd MM juga telah me-

nyampaikan kekhawatiran-nya terkait komitmen reali-sasinya. Karena itu, dia me-ngingatkan para pihak terkaituntuk terus mengawalnya.

“Kami sudah berkoordinasidengan koordinator FHK2I dibeberapa daerah. Yang jelashonorer kembali panas olehpernyataan MenPAN. Kedua,kalau pemerintah tetap me-nunjukan inkonsistensinya,maka kami kembali siap untukmendesak lagi ke Jakarta,” pu-ngkasnya.

Di Kabupaten Batang sen-diri tercatat ada 282 tenagahonorer K2 yang tak lolosCPNS 2013. Sebagian dari me-reka telah memasuki usia kri-tis. (sef/ela)

PeringatanHariBatikNasionalMeriah

PEKALONGAN - Peringatan hari batik yang jatuh pada Jumat(2/10) di komplek Lapangan Jatayu, berlangsung meriah. Ituterlihat dari panggung utama yang terletak di depan museumbatik Kota Pekalongan.

Ada berbagai acara dalam peringatan hari batik nasional.Diantaranya welcome song, fashion show, batik carnival danpermainan tradisional di lapangan Jatayu.

Acara di panggung utama dimeriahkan dengan permainanmusik kacang kulit rasa, beberapa pentas tari batik, fashionshow batik dan batik carnival.

Seorang warga, Ruwat yang dimintai tanggapannya mengakusenang dengan adanya acara peringatan hari batik. “Acaranealhamdulillah rame (ramai-red), senang dan menghibur,”jawabnya. Dalam sambutannya PJ wali kota menyampaikan,Hari batik ini dirayakan di seluruh Indonesia. Tetapi dirinya yakinperayaan paling hebat hanya di Pekalongan. “Para pengusahabatik agar mencari trobosan, mencari inovasi agar menjadi pilihanuntuk berpakaian,’’ imbuhnya.

Di lapangan Jatayu ribuan pelajar ikut memeriahkan perayaanhari batik nasional dengan bermain permainan tradisional. Adabeberapa permainan tradisional yang disediakan dan digunakanuntuk bermain para pelajar. Adris, pelajar dari SMP Piusmenyampaikan, baru pertama kali ini mencoba permainan ini.Sebelumnya belum pernah memainkan permainan ini. (ap1/ela)

Kemenag BerharapPenanganan Lanjutan

BANJARNEGARA - Kasus meninggalnya satu jamaah hajikloter 9 yang diduga meninggal akibat terserang flu babi, sampaikemarin ternyata belum ditindaklanjuti oleh panitia.

Kasubbag TU, Kantor kementerian Agama KabupatenBanjarnegara, Sukarno, Jumat (2/10) mengungkapkan, penyakitflu babi ini berbahaya dan perlu diwaspadai karena dapatmenular.

Namun hingga kini belum ada rencana tindak lanjutpenanganan kesehatan kepada jamaah haji asal Banjarnegarayang lain untuk memastikan flu babi tidak menyebar luas.

“Misalnya dengan melakukan vaksinasi atau pemeriksaankesehatan secara mendalam, nanti akan dikoordinasi denganbagian teknis terkait,” jelasnya.

Basirudin, jemaah haji asal Desa Bantarwaru KecamatanMadukara dinyatakan meninggal Kamis pagi dan langsungdimakamkan tanah suci tepat sebelum pulang ke tanah air.

“Informasi yang diterima dari ketua kloter dan ketua rombongan,almarhum terindikasi terserang flu babi,” ungkapnya. Saat ini,pihaknya masih belum memastikan informasi tersebut karenapihak rumah sakit belum memberikan konfirmasi.

“Apakah dugaan itu benar atau tidak,” jelasnya. Denganmeninggalnya Basirudin, rombongan haji kloter 9 yang jumlahnyamenjadi 133 orang karena berkurang satu.

Rombongan tersebut tiba di Banjarnegara tepat pukul 10.30WIB, Jumat (2/10) bersama kloter 8 dan disambut langsung olehBupati Banjarnegara Sutedjo Slamet Utomo dan Wakil BupatiHadi Supeno. Namun sayangnya, satu jamaah kloter 8 yangberjumlah awalnya 273 menjadi 272 karena sakit.

Kepala Seksi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah KantorKemenag Banjarnegara, Budiyono menambahkan, ada satujamaah haji dari kloter 8 dirujuk ke Rumah Sakit Muwardi Solokarena sakit.

“Jamaah tersebut berasal dari Kecamatan Karangkobar yangharus cuci darah dan langsung dirujuk sehingga identitas jamaahtersebut masih belum bisa dilaporkan jadi kami masih menunggu,”tambahnya. (ctr/ela)

Balita Meninggal Karena Demam BerdarahBANYUMAS - Kepala Pus-

kesmas Cimanggu 1, TjiptoWaluyo SKM mengaku keco-longan atas meninggalnya Nin-da Aulia, 4, warga Desa Rejo-dadi RT 07 RW 03 KecamatanCimanggu karena terkena De-mam Berdarah (DB). Ini me-ngingat dalam setahun tera-

khir tidak pernah ada kejadianDB di wilayah Puskesmas Ci-manggu 1 yang meliputi 8 desa.

“Setahun ini aman. Saya ke-colongan dengan kejadiankemarin,” ujar Tjipto Waluyo,saat dihubungi Radarmas me-lalui sambungan telepon, Ju-mat (2/10) kemarin.

Dia menambahkan, selamaini petugas puskesmas terse-but tidak pernah berhenti ber-keliling untuk melakukan pe-nyuluhan. Termasuk mengge-rakan warga untuk melakukanPemberantasan Sarang Nya-muk (PSN) secara rutin.

“Petugas saya selalu kelili-

ng,” katanya.Selain itu, hampir seluruh

desa juga sudah memiliki ka-der jemantik yang dilatih olehPuskesmas bersama DinasKesehatan Kabupaten Cila-cap. Dari 8 desa yang ada diwilayah kerjanya, tinggal DesaCijati dan Cisalak yang belum

memiliki kader tersebut.“Yang lain sudah. Tinggal

dua desa ini yang belum adakader jemantik,” katanya.

Saat ini, petugas PuskesmasCimangu 1 dibantu bidan De-sa Rejodadi, terus mengawasiperkembangan di sekitar ru-mah duka. (har/ela)

HAJI

BUDAYA

Page 4: Radar Tegal 3 okt 2015

TELEPON PENTING1. Pemadam Kebakaran

(0283) 325429

2. Pelayanan Gangguan PLN

(0283) 342245

3. Polresta Tegal

(0283) 356115

4. Rumah Sakit Umum Kardinah

(0283) 356067 / 341938

5. Pelayanan Gangguan PDAM

(0283) 356175 / 358316

6. Stasiun Besar Tegal

(0283) 353018

7. Terminal Bis Tegal

(0283) 354696 / 354695

0818354696

8. Rumah Sakit Amanah Mahmudah

(0283) 6183504

9. Pelayanan 24 Jam

(0283) 340999, 340399,

RS Mitra Keluarga Tegal

3390390

UGD, Laboratorium, Radiologi, Apotek,Ambulance

Jl. Sipelem No. 4 Kemandungan Tegal

Hotel dan HiburanHotel Bahari Inn Tegal (0283) 343399

Hotel Karlita (0283) 358050

Orange Karaoke (0283) 322022

- Anggraeni Hotel (0283) 881011

Jl. Ahmad Yani No. 159 Ketanggungan - Brebes

- Dian Hotel (0283) 877216

JL. Cendrawasih No 304 Tanjung- Brebes

- Hotel Dedy Jaya (0283) 673133 / 673158

AGENDA HOTELHOTEL KARLITA

Rabu dan Sabtu, Show DJ and DancerPerformance pukul 23.00-03.00 WIB diZodiak Discotheque dan VIP Karaoke.

HOTEL BAHARI INN Tegal

- Setiap Kamis malam

Live Musik di Cafe NelayanMulai Jam 19.00 WIB

- Sabtu

Happy Our di Musro Diskotik, Jam 20.00- 03.00 WIB

15INTERMEZZOwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

44444 RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 2015

KlikKETIKA MAS GAGAH PERGI

Mulai Produksi setelah 12 Tahun MenungguSETELAH melewati pro-

ses melelahkan, novel bestseller berjudul ‘Ketika MasGagah Pergi’ akhirnya difilm-kan. Dengan judul ‘KetikaMas Gagah Pergi’ the movie,novel karya Helvy Tiana Rosaitu akhirnya diproduksi IndoBroadcast Production.

”Akhirnya tahun ini kitamemiliki tim yang solid,” ujarHelvy Tiana Rosa, sang pe-nulis novel saat Jumpa Persdi kawasan bintaro, JakartaSelatan, Kamis (1/10). Helvymengjelaskan, butuh 12 ta-hun bagi dirinya menunggumomen yang tepat untukmemproduksi novel yangdirespon positif pembacaIndonesia itu.

Novel itu sendiri telahdicetak ulang sebanyak 28kali. Bahkan, sedikitnya 11rumah produksi telah melirikuntuk menghidupkan to-koh-tokoh yang ada di novelitu.

Namun, lantaran tidak se-suai dengan harapannya,rencana itu gagal terus. ”Te-

tapi ada beberapa hal yangmembuat saya jatuh hati de-ngan tim ini,” katanya.

”Jujur, sudah ada tigaabang saya yang meninggal.Dari almarhum Deddy Petet,almarhum Pepeng, dan sut-radara Chairul Umam,” im-buhnya.

Hingga pada akhirnya diamemutuskan untuk men-dirikan rumah produksi sen-diri. ”Membuat film secaracrowdfunding ternyata tidakmudah. Tetapi ketika sayamemulai memperkenalkanfilm ini banyak yang meres-pon,” bebernya.

Kakak dari Asma Nadia inibahkan harus pergi ke 120kota di Indonesia melaku-kan road show, crowdfun-ding, dan sosialisasi dilaku-kan sejak September 2014sampai Mei 2015.

”Saya ke Cianjur ketemuanak tukang sampah, diakasih uang Rp 50 ribu denganpecahan Rp 10 ribuan. Diabilang kalau dia mendukungnovel ini dijadikan film,”

cerita Helvy.Selama pencarian dana,

banyak orang-orang yangjuga melakukan sumbangannamun bukan dalam bentuk

uang. ”Contohnya Mas Dwi-ki Dharmawan yang maumenyumbangkan musiknyadi film ini,” ujar Helvy.(ash/ima)

FATIN SHIDQIA LUBIS

Siapkan Album KeduaTIDAK mau terlena dengan karirnya

di dunia akting, Fatin Shidqia Lubiskembali berkarya di dunia musik.Jebolan ajang ‘X Factor Indonesia’musim pertama itu terus berinovasi dipanggung musik.

Bahkan, setelah sukses merilis single‘Away’, Fatin menyiapkan kejutan bagipara Fatinistic (sebutan fansnya).Fatin akan menyiapkan album keduayang kabarnya lebih berwarna ketim-bang album sebelumnya.

“Setelah ini album kedua,” ujarnyasaat ditemui di kawasan Kebon Jeruk,Jakarta Barat, kemarin.

Penyanyi yang dikenal luas setelahmenyanyikan lagu ‘Grenade’ yangdinyanyikan Bruno Mars ini menje-laskan, bahwa meski bisa berkiprah di

dunia akting, tujuan utamanya adalahbermusik.

”Fokus aku tetap bernyanyi. Aktingkan ibarat mata kuliah baru, jadi maunggak mau harus dilewatinya saatterjun di dunia hiburan,” cerita perem-pun kelahiran Jakarta, 30 Juli 1996 itu.

Walaupun banyak yang melamaruntuk menjadikan dirinya sebagaibintang film, Fatin berusaha untuktidak memaksakan diri. Dia pun me-nyesuaikan jadwal promo single terba-runya itu.

“Ibaratnya, Fatinistic harus tahulagu ‘Away’ dulu dikenalkan,” jelaspenyanyi berusia 19 tahun itu. Di al-bum terbarunya nanti, bukan hanyaaransemen baru, tapi beragam temabaru juga disuarakan.

“Sampai saat ini sudah ada 4judul lagu,” katanya. Dalamalbum terbarunya nanti,dia pun berusaha untukmelebarkan pasar.

Tidak hanya pen-degar musik tanahair, tapi juga inter-nasional. Renca-nanya akan adalagu berbahasaInggris di albumbarunya nanti.“Pinginnya, tapikita lihat dulunanti,” te-r a n g n y a .(ash/ima)

Jadi Saksi, Amel Alvi Pakai CadarJAKARTA-Sidang kasus prosti-

tusi online yang disinyalir meli-batkan tiga model dan artis AmelAlvi (AA), Shinta Bachir (SB), danTyas Mirasih (TM) memasuki ba-bak baru. Sidang beragendakansaksi yang sempat tertunda ituakhirnya berjalan sesuai denganagenda majelis hakim.

Satu saksi yang diketahui berinisiAA dihadirkan oleh Jaksa PenuntutUmum (JPU). AA memenuhi pang-gilan majelis hakim setelah sebe-lumnya diancam dijemput paksaoleh majelis hakim di PengadilanNegeri (PN) Jakarta Selatan.

“Perintahnya dijemput. Minggulalu diperintah hakim, kalau adaberarti dijemput,” ujar Pieter Ell,selaku Kuasa Hukum Robbi Abbas(RA) di PN Jaksel, kemarin.

AA datang menggunakan cadarhitam dan datang sekitar pukul13.00. Tidak seorang diri, perem-puan kelahiran Sukabumi, JawaBarat, 28 Juli 1992 itu mendapatpengawalan ketat dari pihak penga-dilan.

AA turun dari Panjero warnamerah. Media nyaris tidak tahusiapa di balik cadar hitam itu. “Ka-lau tidak datang itu namanya pele-cehan terhadap pengadilan, sudahada penetapan,” tegas Pieter.

Tidak banyak yang diucapkanAA saat memasuki area penga-dilan. Kedatangan AA sepertinya

telah disesuaikan dengan agendapersidangan yang dimulai 10 menitsebelum artis yang sempat terlibatdalam film horor berjudul ‘MainDukun’ itu muncul.

AA langsung memasuki ruangpersidangan yang digelar secaratertutup tersebut. Selama 1,5 jamberjalan, Pieter mengemukakanAA menjelaskan secara detil akantudingan yang dituju-kan kepada dirinya.“Keterangan dariawal sampai akhir,dari Alfa sampaiOmega. Salah satu-nya kronologis pe-nangkapan,” jelas

Pieter.Sejumlah barang bukti

yang ada di kamar hotelsaat AA ditangkap kepo-lisian pun menjadi agendapertanyaan majelis ha-kim. “Soal barang bukti,semua hal yang terkaitkasus ini juga. Bar-buk, semua sudahditanyakan su-dah dijelas-kan” (ash/ima)

OLLA RAMLAN

Bangga jadiHot Mom

TIDAK bisa dipungkiri, meski sudah bera-nak dua, artis Olla Ramlan tetap terlihat cantik.Tak cuma cantik, istri Aufar Hutapea itu jugamemiliki tubuh aduhai. Apa sih rahasianya?

“Apa adanya saja, bangun tidur gosok gigiminum air putih. Kalau ke salon perawatan ituhanya bonus pas lagi nggak syuting,” jelasnyasaat ditemui di kawasan Trans TV, JakartaSelatan, Kamis (1/10) malam.

Karena kecantikannya itu, Olla mendapat-kan julukan hot mom. “Saya sebagai ibu rumahtangga ya happy saja, makasih sudah bilanggitu. Harus nikmatin dong,” lanjutnya serayatersenyum. Hingga saat ini, Olla juga samasekali tidak melakukan diet khusus dalamkesehariannya. Hal itu karena dirinya masihmemberikan ASI untuk si kecil. (ash/ima)

SANDRA DEWI

Terharu Lihat Chelsea-GlennDI hari pernikahan Chelsea Olivia

dan Glenn Alinskie, ada beberapawajah selebriti tanah air yang terlihathadir. Salah satunya Sandra Dewi.

Ditemui usai mengikuti prosespemberkatan, Sandra mengaku terh-aru dan hampir menitikkan air matamenyaksikan pernikahan sakral pasa-ngan yang sudah delapan tahun me-njalin kasih tersebut.

“Chelsea cantik, pernikahan me-reka sakral, kayak di Vatikan. Akuberusaha untuk nggak nangis, karenakalau temanku nikah aku biasanyanangis, aku nahan tadi. Apalagi pasminta restu dan doa, pasti haru,” ujarwanita berusia 32 tahun itu.

Meski usia Glenn dan Chelsea ma-sih di bawah Sandra, namun merekasudah naik pelaminan lebih dahulu.

Seperti diketahui, hingga saat ini bin-tang sinetron ‘Putri Bidadari’ itu ma-sih belum menunjukkan tanda-tandabakal menikah dalam waktu dekat inisama sekali. (ash/ima)

Page 5: Radar Tegal 3 okt 2015

Bripda Elba Arta Fortesa

Grogi IkutiKegiatan Polsanak

FEMALEwebsite : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 2015

155

“BERUNTUNG saya selaludiberikan arahan dan masuk-an dari pimpinan saya yakniKanit Dikyasa Satlantas PolresBrebes, Iptu Suroto. Sehingga,sedikit demi sedikit rasa grogiitu mulai hilang ketika me-nyampaikan materi di hadap-an pelajar dari tingkat SMAsampai anak-anak yang du-duk di bangku taman kanak-kanak,” tukas dara berwajahmanis yang akrab disapa Elba.

Anggota Polwan yang kali

pertama bertugas di SatuanBinmas Polres Brebes ini seka-rang menikmati tugas baru-nya di Unit Dikyasa Satlantas.Harapannya, dengan menem-pati pos barunya ini akan se-makin menambah pengala-mannya untuk bergaul. “Saatbertugas di Satuan Binmaspernah menyampaikan materidi hadapan masyarakat. Se-karang, bertugas di Unit Dik-yasa juga hampir sama seringmemberikan materi namun

yang dihadapi rata-rata kala-ngan pelajar. Sehingga, sedikitada perbedaan yang mem-buat saya canggung ketika kalipertama berdiri dihadapanmereka,” papar gadis kelahir-an Demak 20 tahun yang lalu.

Elba yang mengaku sudahmemiliki pacar sesama ang-gota polisi siap untuk selalubelajar. Sehingga, rasa cang-gung dan grogi maupun maluketika berdiri di hadapan orangketika menyampaikan materiakan segera hilang. “Bertugasdi Unit Dikyasa Satlantas PolresBrebes pasti hampir setiap ha-rinya akan bertemu denganpelajar maupun masyarakatdalam kegiatan penerangankeliling dan police go to school.Sehingga, saya harus banyak

belajar dari pimpinan se-hingga akan semakin ber-tambah ilmu dan keberaniantampil,” pungkas pu-tri pasanganAiptu Budio-no danAnik Wi-n a r n i .( h a r /ela)

Hindari Makanan Ini saat HaidSAAT haid, fisik dan mental

wanita bisa dalam kondisi takstabil. Selain kram perut, nyeridi beberapa bagian tubuh,dan pusing, emosi wanita jugabisa naik turun. Suasana hatipun bisa sangat sulit diken-dalikan. Memang agak repotya kalau sedang haid.

Agar kondisi tubuh bisastabil saat haid, kita memangperlu istirahat yang cukup.Selain itu, perlu diperhatikanjuga makanan dan minumanyang kita konsumsi. Saat haid,sebaiknya hindari beberapajenis makanan dan minumanini. Tujuannya supaya haidberjalan lancar dan rasa sakitbisa berkurang.MAKANAN CEPAT SAJI

Hindari fast food untukmengurangi kram saat sedanghaid. Tingginya lemak transakan membuat hormon estro-gen menjadi naik, dan hal inipula yang memicu nyeri padaperut. Agar terhindari darinyeri perut yang menyiksa,kita memang perlu mengon-trol diri menghindari jenis ma-kanan cepat saji.MAKANAN YANG TERLALUMANIS

Makanan yang terlalumanis juga tidak disaran-kan dikonsumsi saatsedang haid. Ke-napa? Karenat i n g g i n y a

kandungan gula di dalam ma-kanan seperti permen, soda,dan lainnya justru akan mem-buat tubuh terasa tidak nya-man. Kram perut juga bisamakin terasa menyiksa. So,batasi konsumsi makananyang terlalu manis saat si me-rah datang, ya.MAKANAN KALENGAN DANRAGAM GORENGAN

Makanan kalengan yangtelah diproses terlebih dahuluseringkali menjadi pilihanyang mudah karena penya-jiannya yang cepat. Tetapimakanan kalengan mengan-dung sodium yang sebaiknyadihindari saat sedang mens-truasi. Sodium membuat tu-buh jadi dehidrasi sertamembatasi penyerapan airdalam tubuh. Gorengan me-mang enak dan sulit untukditolak, tetapi makananyang kaya akanlemak dan mi-nyak ini jugaa k a n

BARU dua minggu, Bripda Elba Arta Fortesa menjalanitugasnya sebagai anggota Unit Dikyasa Satlantas Polres

Brebes. Namun, diakuinya sempat grogi saatmenyampaikan materi di hadapan pelajar ketika

digelarnya kegiatan police go to school maupun polisisahabat anak (Polsanak) di sekolah-sekolah yang

dikunjunginya.

meningkatkan hor-mon estrogen. Hor-mon ini apabila ti-dak stabil jum-lahnya makaakan menye-babkan nyeridan krampada pe-rut.

MAKANAN YANG ME-NGANDUNG KA-

FEINHindari semua

makanan danminuman yangmengandungkafein selamamasa menstru-asi. (vem/nda/

ela)

Kebanyakan SelfieTurunkan Fungsi Otak

SAAT semua teknologi me-ngalami perkembangan, dansmartphone dilengkapi de-ngan kamera canggih danber-resolusi tinggi, mengam-bil foto jadi tidak susah lagi.Bahkan jika foto kurang ba-gus bisa disiasati denganeditting. Perkembangan tek-nologi yang pesat membuatsebagian besar masyarakatpunya kebiasaan unik “pa-mer diri sendiri” dengan caraselfie.

Sayangnya, kebiasaanberfoto sendiri atau selfie inibukan kebiasaan yang ba-gus untuk diteruskan. Ka-rena seperti dilansir daribigthink.com, mengambilbanyak foto bisa membuatorang mudah lupa dan taklagi menghargai momen.Momen spesial atau kena-ngan yang berharga tak lagiseindah dan se-menye-nangkan dahulu karena or-ang dengan mudah bisa

mengabadikan setiap mo-men, bahkan yang tak pen-ting sekali pun.

Foto tak lagi tentang me-ngingat suatu peristiwapenting, namun jadi ajangpamer, menampilkan dirisendiri, menunjukkan du-nia yang dimiliki manusia,atau lebih tepatnya menun-jukkan dunia yang jadi ke-banggaan pribadimu. Se-buah orang mengambilgambar apa pun yang dili-hatnya dan berapa orangyang kira-kira sedang fotodalam detik ini? Mungkinbisa mencapai jutaan. Itu-lah yang menjadi masalah-nya sekarang.

Orang jadi lebih sibukmem-foto apa yang ada didepannya, bukan merasa-kan momennya. Sehinggaketika suatu hari nanti iaditanya seperti apa pera-saannya ketika melihat fotoyang sama dalam jangka

waktu 10 tahun dari seka-rang, mungkin ia tak bisamenjelaskannya karena lu-pa seperti apa momen yangpernah ia alami tersebut.

Berbeda dengan orang-orang tua yang tak menge-nal fotografi karena padazaman dahulu kamera bu-kan barang yang murah,mereka akan sangat meng-hargai sebuah foto karenafoto tersebut mengingat-kan mereka akan sesuatu,menimbulkan kembali pe-rasaan yang dulu merekarasakan dan membuat me-reka bernostalgia ke waktulampau. Hal ini lebih ber-kesan ketimbang hanya se-kedar foto.

Yang lebih parah lagi, or-ang zaman sekarang lebihsuka meng-edit foto aslinyamenjadi lebih bagus, lebihcantik, lebih tirus, lebihlangsing dan lain sebagai-nya.(vem/feb/ela)

Unik Meningkatkan Kesehatan Tubuh

ORANG mungkin akan ber-pikir kamu aneh, sinting, lucudan lain sebagainya ketikamencoba berjalan mundur.Tapi ternyata, berjalan mun-dur punya banyak manfaat,terutama untuk kesehatan ka-mu.

Seperti dilansir dari hella-wella.com, berjalan mundurternyata bisa memberi penga-ruh baik meningkatkan kese-hatan jantung. Berjalan sen-diri sudah jadi aktivitas baikuntuk jantung. Namun ketikakamu mencoba berjalanmundur, bukan hanya jantungsaja yang jauh dari penyakit,kesehatan tubuh secara kese-luruhan juga ikut meningkat.

Berjalan mundur sudah di-lakukan sejak lama oleh orangTiongkok sebagai pengobat-

an alternatif tradisional mere-dakan nyeri sendi, kram ototdan lutut yang pegal. Bahkanseorang peneliti kesehatandari Jepang Junji Takano ber-kata bahwa jalan mundur bisameningkatkan kesehatan pa-ru-paru, otot, tubuh bagianatas dan bawah dengan baik.

Karena manusia tak punyamata di bagian belakang, Ta-kano menjelaskan bahwa in-tuisi manusia akan bekerjalebih aktif menjaga diri sendiri,berhati-hati melakukan se-suatu, menajamkan inderapendengaran sekaligus mela-tih kepercayaan diri sendiri.Yang lebih mengejutkan, ter-nyata 100 langkah berjalanmundur ternyata sepadan de-ngan 1000 langkah berjalanmaju dalam hal meningkat-

kan kesehatan.Saat berlatih berjalan mun-

dur, kamu juga menggunakanotot kaki yang jarang digu-nakan saat berjalan maju. Ber-jalan mundur juga seringkalidijadikan terapi untuk bebe-rapa kondisi kesehatan. Lagi-pula berjalan ke depan sudahterlalu mainstream kan?(vem/feb/ela)

Page 6: Radar Tegal 3 okt 2015

15NASIONALwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 20156

Indonesia Menuntut Arab SaudiPerbaikiLayanan Haji

JEDDAH - Bertubi-tubinyakejadian yang dialami jamahhaji Indonesia tahun ini mem-buat Amirulhaj yang jugamenteri agama Lukman Ha-kim Saifuddin bersikap. Luk-man mengungkapkan akanmemberikan masukan khususatau rekomendasi kepada Pe-merintah Arab Saudi untukmemperbaiki layanan haji ta-hun depan. Mengingat jama-

ah Indonesia yang terbanyakdi dunia mengalami atau ter-kena langsung kejadian yangmenewaskan puluhan jamahhaji.

Pada peristiwa jatuhnyacrane (11/9) misalnya, 11 jama-ah tewas, puluhan luka, bah-kan seorang tidak teridenti-fikasi hingga kini. Sedangkanpada kejadian tragedi Mina diJalan Arab 204 sementara ada59 jamah Indonesia mening-gal, 74 hilang, lima luka. Takhanya itu saat angin kencangdi Arafah, tenda roboh, listrik

padam. Dampaknya tak ter-duga selain water cooler takberfungsi, peralatan kesehat-an yang bergantung listrik takbisa digunakan.

“Akibatnya banyak jamaahmeninggal karena dehidrasidan peralatan kedokteran takberfungsi,” tutur Menag saatmendatangi Madinatul hujaz(tempat pemeriksaan bagasijamaah di Jeddah), kemarin(1/10).

Catatan Jawa Pos, saat diArafah-Mina setidaknya 53jamaah meninggal karena sa-

kit. Di Arafah dalam sehari saja24 jamaah meninggal karenadehidrasi (heatstroke) danpenyakit bawaan lainnya. Se-mentara saat di Mina, di luarkorban tragedi selama empathari 10-13 Dzulhijah, puluhanjamaah meninggal. Merekameninggal di pos kesehatanBPHI Mina. Sehari bisa sampaidelapan jamaah.

Selain hawa panas yangmencapai hingga 46 derajatCelcius, angin, juga karenalistrik mati. Karena itulah me-nag melakukan protes resmi

ke pemerintah Arab Saudi.Ada tiga hal yang dituntut me-nag agar ada perbaikan layan-an haji. Pertama agar tenda diArafah dibangun permanenseperti di Mina. Sehingga tidakmudah roboh dan membaha-yakan jamaah. “Padahal ke-kuatan angin saat itu tidak se-perti ketika ada kecelakaan cra-ne. Kalau anginnya seperti saatitu, apa jadinya tenda tenda diArafah,” tutur amirulhaj ini.

Juga dibangun pembangkitlistrik permanen di Arafah.Tidak menggunakan genset

seperti sekarang. “Tidak adasusahnya bagi negara sepertiSaudi untuk membangun ten-da dan pembangkit listrik diArafah. Sehingga jamaah hajibisa lebih nyaman dan khusukberibadah,” katanya.

Selain itu, tuntutan peme-rintah Indonesia, agar tenda diMina dibuat bertingkat. Se-hingga tidak perlu ada per-luasan ke Mina Jadid. Menu-rut menag, bermalam (mabit)di Mina, jika dilakukan di MinaJadid masih ada pertentangansecara syar’i, sah dan tidak-

nya. Karena Mina terletak jauhdari Mina sekitar 5 km, lebihdekat ke Muzdalifah. KawasanMina Jadid melewati tendatenda negara lain.“Karena itu-lah kami akan meminta Saudimembangun tenda di Minasecara bertingkat, sehinggatidak ada jamaah Indonesiayang harus tinggal di MinaJadid.

Menurut menag seharus-nya Arab Saudi bisa melaku-kan itu karena bisa memba-ngun jamarattiga tingkat.(end/ela)

JAKARTA - Mulai kini, pe-serta jaminan kesehatan na-sional (JKN) bisa lebih mudahuntuk membayar iuran bu-lanan jaminan kesehatan. Ma-syarakat bisa membayar iuranbulanan melalui minimarketterdekat. Kemudahan itu di-peroleh setelah Badan Nasio-nal Penyelenggara JaminanSosial (BPJS) Kesehatan mem-perluas channel pembayaraniuran mereka, dengan meng-gandeng jasa pembayaran nonperbankan kemarin (2/10).

Direktur Utama BPJS Kese-hatan Fachmi Idris menjelas-kan, sistem pembayaran inibiasa disebut payment pointonline bank (PPOB). Dalammelakukan transaksi, pesertamaupun calon peserta cukupmenunjukkan nomor VirtualAccount kepada kasir mini-

market. Ada 11.400 outlet mi-nimarket indomaret di seluruhIndonesia yang dapat diman-faatkan untuk pemabayaraniuran bulanan JKN ini.

‘’Mulai September ini, ma-syarakat akan dipermudahdalam membayar iuran jamin-an kesehatan mereka. Tidakperlu jauh-jauh ke kantor ca-bang kita atau ke bank,’’ ung-kapnya usai grand launchingchannel PPOB di Jakarta, ke-marin.

Dia melanjutkan, bagi calonpeserta yang baru mendaftarmenjadi peserta BPJS Kese-hatan, maka dapat membawabukti pembayaran tersebut kekantor Cabang BPJS Kesehat-an terdekat untuk kemudiancetak kartu. Sementara, bagimereka yang mendaftar onli-ne, dapat membuka kembali

email konfirmasi yang diterimasebelumnya dan mengklikopsi cetak kartu usai melaku-kan pembayaran. Seperti dike-tahui, untuk menjadi pesertaBPJS kesehatan, masyarakatharus menunggu 14 hari se-telah pembayaran pertamasebelum menerima kartu BPJSkesehatan.

Diakuinya, dalam pemba-yaran melalui minimarket iniakan dikenakan tarif. Biayashurchage ini ditetapkan se-besar Rp 2.500 per transaksi.Namun, untuk kedepan, ta-gihan satu keluarga dapat di-gabung jadi satu sehinggapembayaran biaya transaksicukup sekali. ‘’Ini bukan dariBPJS kesehatan. Pungutan inioleh penyedia service karenadia butuh untuk mempeluasjaringan,’’ jelasnya. (mia/ela)

Bayar Iuran BPJS KesehatanLewat Minimarket Terdekat

KEPALA Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi(BAN-PT) Mansur Ramli mengatakan penindakanterhadap tindak pidana ijazah palsu harus benar-benarmenimbulkan efek jera. Dia menuturkan dalam per-edaran ijazah palsu ini, ada simbiosis saling katerikatanantara penerbit ijazah dengan pengguna.

‘’Untuk itu sanksi pidana tidak cukup diberikan kepadapihak yang menerbitkan ijazah palsu saja,’’ katanya di selapersiapan seminar nasional Islamic Quality Assurance(IQA) di Jakarta kemarin. IQA merupakan asosiasi otoritaspenjaminan mutu pendidikan di negara-negara Islamanggota OKI (Organisasi Kerjasama Islam).

Mantan kepala Badan Penelitian dan Pengembang-an (Balitbang) Kemendikbud itu mengatakan sanksipidana peredaran ijazah palsu seharusnya juga me-nyasar pihak pengguna. Mansur bahkan mengatakandi dalam Undang-Undang 12/2012 tentang PendidikanTinggi sudah diatur bahwa pihak penerbit dan peng-guna ijazah palsu dikenai tindak pidana.

Dia menuturkan bahwa ijazah itu hanya berhakdiberikan oleh lembaga pendidikan yang terakreditasiBAN-PT dan menjalankan program pembelajaransesuai ketentuan. ‘’Ada kasus kampus abal-abal tetapimemiliki akreditasi BAN-PT juga. Karena ketika diakre-ditasi itu statusnya kampus aktif. Tetapi dalam per-jalanan waktu menjadi tidak aktif,’’ paparnya.(wan/ela)

Sanksi Pidana untukPengguna Ijazah Palsu

INFRASTRUKTURHonorerK2DisaringTigaKali

JAKARTA - Petusan pengangkatan 400 ribu lebih tenagahonorer kategori dua (K2) memang belum menjadi keputusanpolitik final pemerintah. Namun Badan Kepegawaian Negara

(BKN) sudah memiliki gam-baran tentang teknis peng-angkatan tenaga honoreryang gagal ikut tes pada2013 lalu.

Kepala BKN Bima HariaWibisana menuturkan ko-mitmen pengangkatan 400ribuan tenaga honorersampai saat ini masih se-batas komitmen antaraKementerian Pendayagu-naan Aparatur Negara danReformasi Birokrasi (PAN-RB) dengan DPR. ‘’Kepas-tiannya ada di tangan Presi-den Jokowi. Mungkin pekandepan ada rapat terbatas

yang khusus membahas soal pengangkatan tenaga honorerK2 ini,’’ katanya di Jakarta kemarin.

Meskipun belum ada keputusan bulat dari presiden, Bimamengatakan sudah bisa dilaksanakan persiapan-persiapanlainnya. Seperti penyaringan tahap pertama para tenaga hon-orer K2 itu. ‘’Total ada tiga kali penyaringan atau screening,’’ujarnya.

Penyaringan pertama dilakukan di badan kepegawaiandaerah (BKD) setempat atau di biro kepegawaian di instansipusat tempat tenaga honorer itu bekerja. Menurut Bima BKDmaupun biro kepegawaian ini menjadi garda depan karena ditempat ini titik awal penerimaan tenaga honorer.

Setelah melalui tahap di BKD atau biro kepegawaian,penyeleksian berikutnya dilakukan di tingkat lebih tinggi yangdilaksanakan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pemba-ngunan (BPKP). Bima mengatakan BPKP sudah memiliki rekamjejak dalam menyaring tenaga honorer saat pengangkatan pada2013 lalu.

‘’Teknisnya nanti BPKP bisa melakukan uji petik atau sensusuntuk seluruh tenaga honorer K2,’’ katanya. Jika dalam screen-ing di BPKP ini ditemukan tenaga honorer K2 yang bodong,maka akan langsung dicoret dan tidak dilanjutkan prosespengangkatannya. Bima menegaskan seleksi di BPKP ini untukmemastikan apakah yang bersangkutan itu benar-benar tenagahonorer K2 atau bukan.

Verifikasi paling akhir ada di BKN sendiri. Bima mengatakantenaga honorer yang dinyatakan valid di tingkat seleksi BPKP,belum tentu lolos menjadi CPNS. Sebab BKN memiliki skematertentu untuk memastikan yang bersangkutan benar-benarlayak diangkat menjadi CPNS.

Misalnya memastikan antara tanggal lahir yang ada didokumen-dokumen dengan di rekam jejak kuliah. Informasi inipenting untuk mengantisipasi ada tenaga honorer yangmemalsukan ijazah untuk menjadi tenaga honorer K2.

Bima mengatakan biaya untuk gaji sekitar 400 ribu honoreritu tidak murah. ‘’Hitungan kami membutuhkan biaya Rp 24 triliunper tahun,’’ katanya. Penggunaan uang segitu besar, harusbenar-benar dipastikan bahwa yang diangkat CPNS adalahhonorer K2 valid. Jika nanti ditetapkan keuangan negaraterbatas, pengangkatan tenaga honorer ini bertahap sekitar100 ribu per tahun. Bima juga mengatakan kemungkinan tidakakan ada tes tulis lagi, karena bakal menimbulkan ongkostambahan.

Anggota Komisi II (bidang pemerintahan dalam negeri) DPRArtaria Dahlan mengatakan upaya screening untuk para tenagahonorer K2 itu memang perlu dilakukan. ‘’Bagaimanapun jugauang untuk gaji mereka adalah uang rakyat. Harus jelaspertanggungjawabannya,’’ katanya.

Arteria menuturkan pemerintah sejatinya tidak perlumerisaukan urusan anggaran untuk gaji para tenaga hon-orer K2 itu. Dia mengatakan setiap tahun secara alamiahada PNS yang pensiun. Kemudian hasil pengisian kuotatenaga honorer K2 pada 2013 lalu, juga masih ada kursisisa. Nah dari sekian slot itu, bisa dipakai untuk gaji tenagahonorer K2.(wan/ela)

DOK.RATEG

Bima Harja Wibisana

IMAM/JAWAPOS

TINJAU - Direktur Utama BPJS Fahmi Idris (kiri kedua) meninjau minimarket iuran BPJS.

HENDRA EKA/JAWAPOS

Wakil ketua DPD PAN, Didik J Rachbibi (kanan)mengkritisi Kemenristekdikti terkait 243 perguruantinggi yang di-nonaktif-kan karena ijazah palsu.

SUJUD SYUKUR - Jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama melakukan sujud syukur saat tiba pu kul 18.15 WIB di Bandara Halim Perdana Kusuma, Selasa (29/9).

Page 7: Radar Tegal 3 okt 2015
Page 8: Radar Tegal 3 okt 2015

5 gram 2.725.000 010 gram 5.400.000 025 gram 13.425.000 050 gram 26.800.000 0100 gram 53.550.000 0250 gram 133.750.000 01 kilogram 534.000.000 0

2-10-2015

BISNISwebsite : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.com

SABTU , 3 OKTOBER 2015 88888

Kopi TerbaikASOSIASI Spesial Kopi Indonesia (ASKI) mengaku

di antara 10 kopi specialty terbaik di dunia, lima berasaldari Indonesia.Kopi specialty, menurut dia, mem-punyai indikasi geografis. Di antaranya Kopi ArabikaGayo, Kopi Sumatera Arabika Simalungun, Kopi Ro-busta Lampung, dan lainnya.

BerasPremiumBADAN Urusan Logistik (Bulog) melakukan

intervensi pasar dengan melego beras berkualitassebanyak 300.000 ton.Beras kualitas premium akandijual ke lima wilayah Operasi Pasar (OP) Bulog,yaitu DKI Jakarta, Medan, Bandung, Semarang danSurabaya.

JATIBARANG – PT BankNegara Indonesia (Persero)Tbk (BNI) secara serentakmembuka 45 kantor barudari 50 kantor yang akandibangun hingga akhir 2015di seluruh pelosok Indone-sia. Di wilayah kerja BNITegal, kantor baru dibukaserentak di Jatibarang Ka-bupaten Brebes dan PasarPagi Kota Tegal, Jumat (2/10). Pembukaan dua kantoryang difungsikan untuk kan-tor kas itu, ditandai denganperesmian yang dipusatkandi Jatibarang oleh Wakil Bu-pati Brebes Narjo SH.

Pemimpin BNI KantorCabang Utama (KCU) TegalHimawan Herrachmadi me-ngatakan, saat ini, jumlahkantor BNI di seluruh Indo-nesia mencapai 1.546 kan-tor, dengan fasilitas mesinATM sebanyak 7.459 unit.BNI juga memiliki 6 kantorcabang di luar negeri danlebih dari 1.400 bank kores-ponden di seluruh dunia,antara lain BNI Singapura,BNI Hongkong, BNI Tokyo,BNI London, BNI New York,dan BNI Korea. Di wilayahkerja BNI Tegal, terdapat 1KCU, 4 kantor layanan, dan3 kantor kas.

Di kantor kas yang barudibuka, transaksi yang da-pat dilakukan yakni setorantunai, penarikan tunai, pe-mindahbukuan, transaksikliring atau RTGS, pemba-yaran pajak, listrik, telepon,imigrasi, fidusia, BPJS Kete-nagakerjaan, BPJS Keseha-tan, dan lainnya. Kemudian,transaksi luar negeri (ITR,OTR, Smart Remittance),pembukaan rekening (Ta-

bungan, Giro, Depo-sito, dan Pinjaman),dan Aktifasi E-Banking(SMS Banking, InternetBanking, Phone Ban-king, dan BNI Direct).

Himawan menyebutkan,di wilayah Kabupaten Bre-bes, market share untuk da-na pihak ketiga sebesar 6,86persen, dan untuk Kreditatau Pinjaman sebesar 5,85persen. BNI Kantor LayananBrebes memiliki 16.118 na-sabah dan BNI Kantor KasKetanggungan memiliki 10.186nasabah.

“Tujuan pembukaan kan-tor baru adalah untuk mem-permudah akses perbankanke daerah setempat. Pem-bukaan kantor baru juga a-kan memperluas coveragearea bisnis atau layanan,sehingga BNI bisa lebihdekat dengan nasabah da-

lam rangka memberikanpelayanan terbaik kepadanasabah,” ujarnya. BNI se-nantiasa berupaya kerasuntuk selalu mewujudkanlayanan yang prima kepadanasabahnya.

Tidak hanya kesiapan fa-silitas layanan yang lengkap,nyaman dan informatif, na-mun juga mempersiapkansumber daya manusia yanghandal dan profesional se-suai kompetensinya. Untukmemudahkan nasabah da-lam bertransaksi, layananBNI juga dilengkapi denganpengembangan fitur produkmaupun proses yang multichannel. Sehingga, menjadi

lebih mudah dan ter-jangkau, namun tetapaman bagi nasabah.

Wakil Bupati BrebesNarjo SH menyampai-kan, hadirnya kantor

baru BNI di Jatibarang me-nambah jumlah lembagakeuangan di KabupatenBrebes. Sehingga, masya-rakat dapat memiliki ber-bagai alternatif dukunganpermodalan maupun laya-nan perbankan lainnya. Pe-merintah Kabupaten Brebesberharap, BNI akan mampumemberikan kontribusiyang optimal bagi perkem-bangan dan kemajuan Ka-bupaten Brebes.

“Kami berharap, keber-adaan BNI akan mampumemberikan dampak po-sitif bagi perekonomian ma-syarakat Kabupaten Bre-bes.’’(nam/ela/adv)

BNI Buka 45 Kantor Baru

Presiden RI Joko Widodomeresmikan operasi pasar

(OP) sembako yang digelarBadan Urusan Logistik

(Bulog), di Jakarta, Jumat(2/10) pagi.

PRESIDEN yang akrabdisapa Jokowi, melepas sembako jenis

beras, daging dan gula pasirsebanyak 123 truk.

“Dengan mengucapkan bis-millah, operasi pasar Bulogdiluncurkan,” kata Presiden, digudang Bulog Kelapa Gading,Jakarta

Peresmian OP ditandai de-ngan memecahkan kendi olehPresiden Jokowi yang dile-takkan di depan truk berisiberas. Peluncuran OP disak-sikan Menteri BUMN Rini Soe-marno dan Direktur UtamaPerum Bulog Djarot Kusu-mayakti.

Untuk OP kali ini, Bulog me-nyiapkan beras sebanyak 119truk, daging sapi sebanyak tigatruk dan dan satu truk gulapasir.

Sembako ini akan didistri-busi ke lima kota besar di In-donesia. Kuota DKI Jakartasebanyak 60 truk beras de-ngan volume 480 ton beras,tiga truk daging sebanyak 6ton dan satu truk gula pasirsebanyak 8 ton. Kota Medan,sebanyak 11 truk beras de-ngan muatan 10 ton beras.Kota Bandung 18 truk berasuntuk 144 ton beras. KotaSemarang sebanyak 13 truk

beras dengan jumlah muatan130 ton beras, serta Kota Sura-baya sebanyak 17 truk yangmemuat 170 ton beras.

“Total beras untuk operasipasar sebanyak 1.034 ton,”kata Dirut Perum Bulog DjarotKusumayanti.

Sebelum peluncuran, Jo-kowi menyempatkan diri un-tuk melihat persiapan truk-truk yang berisi beras, daging,gula. (tny/jpg/ela)

HARGA emas saat ini saat initidak stabil, dengan kata lainsering mengalami kenaikandan penurunan secara tiba-tiba. Junaidi, 40, salah salahsatu pemilik toko emas di JalanA Yani Nomor 175 KelurahanMangkukusuman KecamatanTegal Timur mengatakan, har-ga mas cukim atau mas murnibatangan Rp 519 ribu, menga-

lami penurunan dibandingkanpekan sebelumnya mencapaiRp 525 ribu.

Hal ini dipengaruhi nilai ru-piah yang sedang terpuruk.Juga harga emas dunia yangtidak stabil, dan ekonomi yanglesu sehingga daya beli ma-syarakat juga mengalami pe-nurunan.

“Saat ini banyak yang jual

Jokowi Lepas123 Truk OP

ketimbang beli emas,” ujarnyakemarin (2/10). Junaidi me-ngaku mengalami penurunanomset hingga 40 persen.

Sementara untuk perhia-san, harga mas tua Rp 405 ribumengalami penurunan diban-dingkan pecan sebelumnyaseharga Rp 410 ribu. Begitujuga dengan emas muda yangmengalami penurunan sama

dari Rp 255 ribu menjadi Rp250 ribu.

Salah satu pelanggan, Khai-runnisa, 30, warga KelurahanKejambon mengungkapkan,dia sedang menghadapi ba-nyak kebutuhan sehinggamemutuskan untuk menjualkalung. “ Apalagi banyak yanghajatan dan harus konda-ngan,” tuturnya. (dya/ela)

DEDE NADIYANAH/RATEG-JUAL EMAS

JUAL - Lesunya perekonomian di tengah banyaknya kebutuhan menyebabkan sejumlah masyarakat menjual emas.

Rupiah Loyo, Harga Emas Fluktuatif

DEDE NADIYANAH/RATEG-JUAL EMAS

LEPAS - Jokowi melepas 123 truk operasi pasar kemarin.

TEGAL – Slamet Alfatahmenjadi salah satu nasabahPegadaian yang beruntung.Meski barang gadaiannya sam-pai saat ini banyak yang belumdiambil, dia ketiban 10 gramemas batangan yang meru-pakan hadiah dari programundian Kemilau Emas Pega-daian Tahap II Tahun 2015.Hadiah diserahkan kepadaSlamet dan sembilan nasabahpemenang lainnya dari Pe-gadaian Area Tegal di HotelPlaza Tegal, Jumat (2/10).

“Barang yang digadaikansaja belum diambil, tapi sayabisa mendapatkan hadiah ini.Saya sangat senang sekali danberterimakasih kepada Pega-daian,” ucap Slamet yang me-rupakan nasabah dari CP Pe-kalongan UPC Kusumabang-sa.

“Ternyata di Pegadaian ti-dak hanya bisa gadai, ada jugainvestasi. Ini sangat menye-nangkan,” tutur Ema Ruamah,nasabah CP Pekalongan UPCSragi, yang mendapatkan 5gram emas batangan.

Deputi Pemimpin WilayahBidang Bisnis Pegadaian AreaTegal Tutik Suwarni SE MMmenyampaikan, Kemilau Emasmerupakan program yang di-luncurkan untuk mengapre-siasi nasabah yang selama initelah loyal kepada Pegadaian.Program ini, akan berlangsungempat tahap. Tahap ketiga,rencananya akan diundi kem-

bali di bulan November dantahap keempat di bulan Feb-ruari.

Secara nasional, Pegadaianmemberikan grandprize be-rupa emas batangan seberat500 gram dan 24 tiket umrahgratis. Sedangkan untuk AreaTegal yang memiliki 58 outlet,hadiah utama sebuah sepedamotor akan diundi di akhirtahun ini. “Selain sebagai ben-tuk penghargaan untuk nasa-bah yang telah loyal, kamiingin terus mempererat hu-bungan dengan nasabah,” ka-tanya.

Tuty kembali menyampai-

kan, saat ini Pegadaian tidakhanya melayani gadai, melain-kan juga melayani pembia-yaan investasi dan aneka jasalainnya. Selain penyerahanhadiah, dalam kesempatandiselenggarakan seminar un-tuk mengedukasi nasabah.Praktisi emas, Siswo Sumar-sono menyampaikan keun-tungan menyimpan emas.

Yakni, di antaranya karenamerupakan investasi stabildan terus meningkat nilainya,mengamankan nilai kekayaandari goncangan inflasi, dansarana praktis dan efektif un-tuk menabung. (nam/ela)

Nasabah PegadaianKetiban Emas Batangan

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

BAHAGIA - Tutik Suwarni SE MM (kiri) berjabat tangandengan salah satu pemenang, Jumat (2/10) kemarin.

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

RESMI – Wakil Bupati Brebes Narjo SH didampingi Pemimpin BNI KCU Tegal HimawanHerrachmadi (paling kanan), saat pemotongan pita kantor baru BNI di Jatibarang.

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

DISERAHKAN – Penyerahan bea siswa program Indo-nesia Pintar kepada perwakilan sekolah.

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

NYAMAN – Suasana ruang pelayanan BNI Kantor KasJatibarang setelah diresmikan, tampak nyaman.

Page 9: Radar Tegal 3 okt 2015

Api Alang-alang NyarisBakar Ruko

TEGAL - Sejumlah nelayan di Jongor Tegalsari, panik saatalang-alang yang ada di lingkungan pelabuhan itu me-nyala dengan kobaran api yang langsung membesar,Jumat (2/10) siang kemarin.

METROPOLISRADAR TEGAL

9BACA HAL. 23 BACA HAL. 24

website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comSABTU , 3 OKTOBER 2015

Email Redaksi:[email protected]@yahoo.com

Email Iklan:[email protected]@gmail.com

Peserta UKG Banyakyang Gagal

PEKALONGAN - Pengelola TPG Dindikpora KotaPekalongan, Mabruri, menyebutkan bahwa 400 or-ang dari 3.404 calon peserta UKG tidak lolos.

Bocah sekolah gawa panganannanggo tepak

Cepet-cepet ditangani ya pak...

Keropos,JembatanDitutup

Proyek FisikTak Memuaskan

KEROPOS -JembatanpenyeberanganPasar Pagi BlokB dan C nampaksudah keroposdan rawan.

DEDE NADIYANAH/RATEG

JEMBATAN penyeberang-an antara Pasar Pagi Blok B danC yang berada di sebelah sela-tan bakal ditutup mulai Ming-gu (4/10) besok. Sebab, kon-

disi jembatan yang terbuatdari besi tersebut kini sudahmulai keropos dan tidak layakpakai.

KOMISI III Dewan Perwa-kilan Rakyat Daerah (DPRD)Kota Tegal meminta Pemerin-tah Kota (Pemkot) Tegal untuk

mengebut pembangunantungku pembakar sampahatau yang dikenal insinerator.

DPRD MintaInsinerator Dikebut

SETELAH menyelesaikan ru-kun dan wajib haji, rombonganjamaah haji asal Tegal direnca-nakan tiba di tanah air pada 16Oktober mendatang.

Ketua rombongan dan TimPendamping Haji Indonesia(TPHI) Abdul Ghofir menjelas-

kan, sebanyak 224 orang asalKota Tegal dan 135 orang dariKabupaten Tegal sudah menye-lesaikan semua rangkaian rukundan wajib haji. Sehingga renca-nanya, pada tanggal 6 Oktobermendatang rombongan akanbertolak ke Madinah.

“Mengingat semua rukun su-dah terpenuhi, alhamdulillahsemua jamaah dalam kondisi se-hat,” ungkapnya saat dikon-firmasi Radar Tegal melalui te-lepon selulernya, Jumat (2/10)kemarin.

16 Oktober, Jamaah Haji Tiba

pada prosentase pengguna-an batu sebagai bahan pem-bangunan saluran air.

KOMISI III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Kota Tegal melakukan kunjungan lapangan ke beberapa

lokasi proyek fisik yang sedang dikerjakan di Kota Tegal,Jumat (2/10). Dipimpin langsung oleh sang ketua, Sutari,

Komisi III meninjau proyek saluran air di KelurahanKaligangsa, pavingisasi di Polder Bayeman, dan revitaliasi

Alun-alun Kota Tegal.

KEPADA wartawan, Sutari menge-mukakan, Komisi III merasa tidak puas

dengan proyek saluran air di Kelu-rahan Kaligangsa. Sebab se-

telah ditinjau, proyek fisikyang memakan anggar-an Rp900 juta itu dike-tahui tidak sesuai de-

ngan spesifikasi yag di-tentukan. Misalnya,

nurut Aziz kemungkinan ka-rena tidak adanya acara me-nyambut hari tersebut. Antu-sias masyarakat membeli ba-tik dalam rangka meramaikanberbagai acara seperti pamer-an, pesta budaya dan instruksidari lembaga maupun instansiuntuk mengenakan batik re-latif sepi. Kalau nantinya adaacara yang secara khususmemperingati hari tersebut,kemungkinan permintaan ba-tik akan meningkat.

Permintaan batik lebih ba-nyak dari keluarga yang akanmelangsungkan pernikahan.Biasanya untuk acara sesera-

han dari calon pengantin putrakepada calon mempelai putri,mereka menyerahkan kain ba-tik pada calon mempelai putri.Ramainya permintaan kain ba-tik bersamaan bulan haji di-mana banyak keluarga yangmengadakan pernikahan.

“Kalau untuk Hari Batik ti-dak ada pengaruhnya. Seba-gian pembeli kain batik di tem-pat kami keluarga yang akanmelangsungkan pernikahan.Untuk acara seserahan keluar-ga mempelai kemarin mem-beli sebanyak 15 potong kainbatik tulis,” tutur Aziz,

Peringatan Hari Batik Nasional

Antusiasme Masyarakat Membeli BerkurangHari Batik Nasional yang

jatuh pada 2 Oktoberternyata tak

berpengaruh padapenjualan batik di

pasaran. Apasebabnya?

LAPORAN: ABIDIN ABROR

SEORANG pedagang batik diPasar Pagi Kota Tegal M. Aziz, 27,menuturkan penjualan kain batiklebih banyak untuk persiapanacara pernikahan. Sepinya per-mintaan batik bersamaan peri-ngatannya secara nasional, me-

ABIDIN ABROR/RATEG

TEGALAN - Pedagang batik di Pasar Pagi Kota Tegal M. Aziz tengahmenunjukan barang dagangannya berupa batik tulis khas Tegal.

K. ANAM SYAHMADANI/RATEG

HABIS – TPA Muarareja, Tegal Barat Kota Tegal akan habismasa sewa lahannya pada 15 Oktober mendatang.

Disdik Ingatkan SekolahGunakan Sistem Swakelola

JELANG proses pencairan Dana AlokasiKhusus (DAK) bidang pendidikan, DinasPendidikan (Disdik) Kota Tegal mengingat-kan kepada semua sekolah penerima untukmenggunakan sistem swakelola.

Jadi nanti pengunjungdan pedagang meng-gunakan jembatan sebe-

lah utara yang kondisinyamasih baik.”

SuriptoPlt Kepala Dinkop UMKM Perindag

SARAPAN PAGI ALA METROPOLIS

RUSUNAWA

SYAMSUL FALAK/RATEG

RUSAK - Bangunan ruang kelas yangmenjadi salah satu fokus realisasi DAK.

Menteri BUMN akanLetakan Batu Pertama

MENTERI Badan Usaha Milik Negara(BUMN) Rini Soemarno dijadwalkan akanmelaksanakan peletakan batu pertama pem-bangunan Rusunawa Nelayan di Jalingkut,Kelurahan Tegalsari, Tegal Barat, Kota Tegalpada Minggu (4/10).

Kepala Bagian Humas dan Protokol SetdaKota Tegal Dra Hendiati Bintang Takarinimengatakan, rencananya selain peletakanbatu pertama, di Kota Tegal, Rini yang datangnaik kereta api, akan melaksanakan beberapakunjungan kerja. Antara lain ke Depo Perta-mina di Jalan Abimanyu Slerok, Tegal Timur,dan meresmikan pembangunan teras usahanelayan untuk nelayan di Blok G PPP Tegalsari.

PENDIDIKAN

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 5

ke hal 15 kol 1 ke hal 15 kol 1

ke hal 15 kol 5

Page 10: Radar Tegal 3 okt 2015
Page 11: Radar Tegal 3 okt 2015

15RADAR PEMALANGwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 2015 1111111111

Kisruh Panwaske Bawaslu RI

PEMALANG – Kisruhyang terjadi antara Pan-waskab Pemalang denganketua Pembina Korpri Kabu-paten Pemalang yang no-tabene, Sekda KabupatenPemalang, dijadikan sebagaisebuah temuan atas dugaanketidaknetralan PNS dalampemilihan bupati dan wakilbupati Pemalang. Menyi-kapi hal tersebut, KetuaBawaslu Provinsi AbhanMisbah, Jumat (02/10) tu-run ke Pemalang, untukbertemu dengan Sekda un-tuk menyelesaikan perma-salahan tersebut. Namunkedatangannya belum bisabertemu dengan Sekda.

Ketua Panwaskab Pema-lang, Hery Setyawan me-nyampaikan, hari ini ketuaBawaslu provinsi datang kePemalang. Kedatangannyauntuk membicarakan danmenyelesaikan permasa-lahan terkait tulisan net-ralitas PNS dalam stiker yangdianggap kurang berkenan.“Belum ketemu, karenaSekda sedang ada acara diSemarang,” kata Hery, Jum’-at (02/10).

Lebih lanjut Hery me-nyampaikan, terkait hal ter-sebut Panwaskab Pemalangdiminta untuk coolingdown (menahan diri).

“Tadi Pak Abhan me-nyampaikan kepadaPanwaskab untuk coolingdown, kita tidak usah mela-kukan gerakan apa-apa,yang jelas permasalahan itusudah sampai ke Bawaslu RI,dan untuk selanjutnya me-nunggu petunjuk lebih lan-jut,” ujarnya menirukan per-

kataan Abhan.Disampaikannya, terkait

3 pegawai yang ditarik kedinas induknya, Hery belummemikirkan sampai ke peng-ganti ataupun lainnya. Biar-lah yang terkadi seperti itu.Seandainya diberikan per-sonilpun, dia belum sepe-nuhnya menerima begitusaja, bahkan seandainyaakan memilih lebih baikyang diberikan dari Bawasluprovinsi. Dia sedang menik-mati proses yang sedangberjalan. “Kita nikmati duluproses ini,” kata Hery.

Adapun Bawaslu provinsiyang rencananya akan me-nempatkan pegawainya diPanwaskab Pemalang, diajuga belum tahu secara pasti.Sebab menurutnya, hal ituakan dilakukan oleh Bawasluprovinsi manakala sudah

ber-temu dengan Sekdaataupun Bupati Pemalang.“Sekda maupun Bupati se-dang ada acara di luar se-hingga belum bisa ketemu.”

Disampaikan pula, kejadiandi Pemalang rupanya sudahsampai ke Bawaslu RI, karenaketua Bawslu RI, Muhammadsaat di Semarang sudah ber-temu dengan ketua Bawasluprovinsi Abhan Misbah danmenyampaikan permasala-han yang terjadi di Pemalang.Oleh karenanya hari ini jugatelah ditandatangani MoUantara Bawaslu RI, Kemen-terian Pendayaguanan Apa-ratur Negara dan ReformasiBirokrasi (KemenPAN- RB),Kementerian Dalam Negeri(Kemendagri), Badan kepe-gawaian Negara (BKN), danKomite Aparatur Sipil Negara(KASN). (rid/sri)

M. RIDWAN RADAR PEMALANG

TUNJUKKAN – Ketua Panwaskab menunjukkan SuratSomasi atau Stiker yang menjadikan permasalahan baru.

Air Tersumbat, Gorong-gorong DibongkarPETARUKAN – Warga petani

di di wilayah Desa PegundanKecamatan Petarukan dan dae-rah-daerah sekitarnya sepanjangaliran irigasi ke utara bolehmerasa lega. Walaupun belumterealisasi secara penuh, palingtidak impian untuk bisa mem-perlancar aliran air irigasi kesawah-sawah petani sudah didepan mata. Pasalnya, gorong-gorong yang dikeluhkan oleh parapetani sebagai pemicu tersum-batnya aliran air sekarang sudahdibongkar untuk dilakukan per-baikan.

Gorong-gorong sepanjang ku-rang lebih 13 meter yang me-lintang di atas perempatan jalanDesa Pegundan Kecamatan Peta-rukan saat sekarang sedang prosespembongkaran oleh peker-ja.Selanjutnya gorong-gorongtersebut nantinya akan digantidengan model yang lebih lebaragar aliran air menjadi lancar.

Kelompok Tani Blok Ketib DesaKlareyan Kecamatan petarukan,Kuswantoro mengatakan, dengandibongkarnya gorong-gorongtersebut diharapkan aliran irigasikhususnya ke wilayah persa-wahan blok Ketib dan lahan-lahan seterusnya yang dialirisaluran irigasi yang berpangkaldari gorong-gorong itu bisa lebihlancar daris sebelumnya. Sehing-ga keprihatinan petani akankekurangan air bisa teratasi.

“Terima kasih kepada pemdayang telah menindaklajuti usulankami beberapa bulan lalu terkait

kelangkaan air,” ujar Iwan Sueb.Dikatakan oleh Iwan Sueb,

bahwa saat kemarau beberapawaktu lalu dimana petani masihbanyak-banyaknya membutuh-kan air. Sehingga dirinya besertakelompok dan anggota petanilainnya kelabakan karena tidak adaair yang mengalir dari saluranirigasi. Disamping debitnya se-dang berkurang, hal yang memicu

air tidak bisa lancar sampai ketingkat bawah karena tersendatoleh gorong-gorong yang kecil.Sehingga begitu tersum-bat olehsampah air tidak mengalir.

“Saat itu kami me-ngandalkanair dengan cara menyedot meng-ganakan diesel,” kata Iwan Sueb.

Camat Petarukan, Tarjono me-nyampaikan, pembongkaran go-rong-gorong merupakan tindak

lanjut dari usulan kelompok taniyang saat itu mengalami keku-rangan air. Dengan melihat kon-disi yang disampaikan olehkelompok tani, dia langsungterjun dan meninjau ke lokasipersawahan termasuk ke gorong-gorong. Dia merespon dan me-minta kepada pihak pengairanuntuk segera membuat proposaldan mengajukannya.(rid/sri)

M. RIDWAN/RADAR PEMALANG

DIBONGKAR – Gorong-gorong yang menjadi pemicu tersumbatnya aliran air untuk irigasi dibongkar.

AGUS P/RADAR PEMALANG

PISAH SAMBUT – Acara pisah sambut Ketua PengadilanAgama Kabupaten Pemalang di aula setempat.

Abdul Gufron KetuaPengadilan AgamaBaru

PEMALANG – Pengadilan Agama Kabupaten Pemalang diaula setempat, Jumat (2/10) menggelar acara pisah sambutdan perggantian pimpinan.

Acara pisah sambut dihadiri Bupati Pemalang H Junaedibeserta unsur Forkompimda dan Ketua Pengadilan Agamakabupaten/kota tetangga serta karyawan/karyawati di ling-kungan Pengadilan Agama Kabupaten Pemalang.

Acara pisah sambut dalam pergantian tampuk kepemimpinanKetua Pengadilan Agama Kabupaten Pemalang yang lama HAsep Imanudin digantikan oleh pejabat baru yaitu H Abdul Gufron.Untuk H Asep Imanudin sendiri akan menduduki pos jabatanyang baru yaitu sebagai Ketua Pengadilan Agama Semarang,sedangkan H Abdul Gofur sebelumnya menjabat sebagai KetuaPengadilan Agama Kabupaten Grobogan.

Bupati Pemalang H Junaedi dalam sambutannya, menyam-paikan ucapan banyak terima kasih kepada Ketua dan jajaranPengadilan Agama Kabupaten Pemalang atas kerjasamanyadengan Pemerintah Kabupaten Pemalang. Yaitu, dalam membantupelayanan dan kontribusinya dengan program - program yangsudah dijalankan hingga masyarakat sangat terbantu, terutamamasyarakat yang berada di daerah punggung.

“Kami sangat mengapresiasi kepada ketua beserta jajaranPengadilan Agama Pemalang yang telah mengabdikan dirinyaselama dua tahun delapan bulan, dengan segala program dankegiatannya,”kata bupati.

Berbagai program yang dilakukan diantaranya, melakukanpenjemputan kepada warga Pemalang yang berada di daerahpunggung oleh hakim - hakim pengadilan agama. Sedangkankepada pejabat yang baru, pihaknya merasa bangga karenaternyata pejabat yang baru dijajaran Pengadilan AgamaKabupaten Pemalang ini adalah putra daerah asli Pemalang.

Dalam rangkaian acara pisah sambut, ditandai denganpemberian cinderamata kepada pejabat lama oleh BupatiPemalang H Junaedi diikuti unsur Forkompinda KabupatenPemalang. Sekaligus ucapan selamat kepada ke dua pejabatKetua Pengadilan Agama yang lama dan yang baru dan jalanacara pisah sambut diwarnai rasa keharuan. (apt/sri)

PENTHOL RAH

AGUS P /RADAR PEMALANG

MENJELASKAN – Sekda H Budi Raharjo menjelaskan rencanapembangunan gedung kesenian usulan para seniman.

Seniman BakalPunya Gedung

PEMALANG – Keinginanpara seniman agar di Kabu-paten Pemalang mempu-nyai wadah berupa gedungkesenian bakal terwujud.Rencana pembangunan ge-dung kesenian tersebut akandimasukan dalam anggaranAPBD tahun 2016.

Susanti salah satu seni-man Pemalang yang seka-rang ini sedang naik daunsetelah menjadi bintangpantura, sebelumnya di ha-dapan Sekretaris Daerah(Sekda) H Budi Raharjomenyampaikan, aspirasidari rekan-rekan seniman.Termasuk seniman musikagar semakin mendapat per-hatian. Keinginan masya-rakat pecinta seni atau paraseniman salah satunya agarPemalang memiliki wadahdan tempat untuk bisamengekspresikan kreativitasseninya yaitu adanya ge-dung kesenian.

Sekda Pemalang H BudiRaharjo sendiri setelah

mendengarkan aspirasi itu,langsung menanggapinya,bahkan memberikan sebuahharapan bahwa PemerintahKabupaten Pemalang akansegera mewujudkan gedungkesenian itu. Usulan adanyagedung kesenian sebelum-nya oleh Dinas Kebudayaandan Pariwisata juga telahdisampaikan. Sesuai usu-lannya ada dua lokasi yaitupertama di seputar TamanPati Sampun dan ke dua ditanah eks gedung bioskopIndra Pemalang.

Usulan tersebut menu-rutnya, sedang menjadi ba-han pemikiran agar gedungkesenian itu bisa terwujud.Harapannya ketika gedungkesenian itu ada untuk digu-nakan seniman yang ada diKabupaten Pemalang.

“Gedung kesenian nanti,tidak hanya untuk seni sua-ra, seni musik tapi juga seniyang lain termasuk seni taridan lain sebagainya.” (apt/sri)

LINTASOSISTempat LatihanOrganisasibagiSiswa

BANTARBOLANG - OSIS (Organisasi siswa intra sekolah)merupakan sebuah badan yang dibentuk oleh sekolah denganberanggotakan oleh siswa-siswa dari sekolahan tersebut.Dengan adanya OSIS diharapkan semua kegiatan kesiswaanbisa diselesaikan dengan benar dan dapat melatih para ang-gota OSIS untuk mengenal lebih jauh tentang organisasi.

Maka untuk menjadi anggota, haruslah lulus dari tes yangdiberikan dari sekolah karena pihak sekolah berkeinginanmemiliki ketua dan pengurus OSIS yang layak menjadi panutandari pada siswa yang lain. Dalam pemilihan anggota OSIS,banyak cara yang digunakan untuk memperoleh hasil yangmaksimal. Di SMAN 1 Bantarbolang misalnya, untuk menda-patkan figur Ketua OSIS yang baik maka dilakukan pemilihanketua layaknya sebuah pilkada.

“Kami melatih siswa untuk menyampaikan aspirasi layaknyapilkada,” ucap Urip selaku kesiswaan SMAN 1 Bantarbolang.

Dalam penyampaiannya, tentulah seorang siswa harusmelakukan sebuah orasi untuk mendapatkan dukungan darirekan-rekan siswa yang lain.

Tak hanya di SMAN 1 Bantarbolang, di SMPN N 1 Banta-rbolang pun melakukan pemilihan ketua OSIS dengan ketat danhati-hati. Di sekolahan yang berdekatan dengan lapanganWanakrida ini, melakukan seleksi anggota OSIS dengan berbagaitest di antaranya test pengetahuan, wawancara, test kepemim-pinan dan lain-lain.

“Tentunya kami lakukan pemilihan anggota OSIS denganpenuh hati-hati karena kami ingin mendapatkan yang terbaikdari yang terbaik,” ucap Emi R selaku Kesiswaan SMP N 1Bantarbolang. (arfan/sri)

Guna memper-siapkan lomba

MAPSI (Mata Pela-jaran Agama Islam

dan Seni Islami)tingkat kabupaten

yang akan dilak-sanakan bulan ini,UPPK Taman gelar

lomba MAPSI tingkatkecamatan.

LAPORAN: TISNA ADI

LOMBA dilaksanakan se-lama dua hari mulai 30 Sep-tember sampai 1 Oktober20015 di aula UPPK Tamankompleks SDN 05 Wana-rejan dan SDN 04 Taman.

Untuk tahun ini lombadiikuti oleh 16 khafilah

utusan gugus SD yang adadi UPPK Taman.

Lomba ini diawali denganpembacaan Ayat Suci Al Qu-ran dan lagu Indonesia Ra-ya, selanjutnya dibuka olehMualip Kepala UPPK Tamanserta dihadiri Pengawas TK/SD, Pengawas PAI, dan Ke-tua Gugus se KecamatanTaman. Dalam sambutanyaMualip, mengatakan bahwaanak-anak yang mengikutilomba merupakan siswa ter-pilih yang mewakili sekitar17.000 siswa yang ada diUPPK Taman. Untuk itu, diaberharap agar para pesertadapat tampil penuh sema-ngat dan performa yangtinggi sehingga dapat men-capai prestasi yang mem-banggakan. Setelah juara

jangan berpuas diri tapimempersiapkan lagi untuklomba di tingkat yang lebihtinggi. Sedangkan kepada Juridan hakim lomba diharap-kan dapat berlaku adil, ob-yektif dan menanggalkan egodan kepentingan sesaat.

Menilik Kegiatan Lomba Mapsi SD di wilayah UPPK Taman

Panitia harus Menjaga Amanah JanganTerjebak Kepentingan Sesaat

“ Saya bangga terhadapanak – anak yang diberikankarunia kelebihan di bidangMapsi. Kemampuan ini ha-rus disyukuri dengan men-jadi contoh yang baik dalamkehidupa,” beber Mualip.(tisna/sri)

TISNA ADI / RADAR PEMALANG

UNJUK PIALA - Peraih juara unjuk piala di depan juri.

Page 12: Radar Tegal 3 okt 2015

15RADARBREBESwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 20151212121212

RSUD Brebes (0283) 671431

RSU Bhakti Asih (0283) 671279 / 673481

RSIA Mutiara Bunda Tanjung Brebes (0283) 877222

RS Dera As Syifa Banjarharjo Brebes (0283) 889588/889548

RS Dedy Jaya, Jl. A. Yani No. 57 Brebes (0283) 672145/672525

- IGD/Ambulance (0283) 3287503

TELEPON PENTING

WONGE DEWEK

Dugaan Pungli Pelayanan KTP-elDaimun: Tak AdaPegawai yangMinta Uang

BREBES - Proses pelayananpembuatan Kartu Tanda Pendu-duk elektronik (KTP-el) di Kabu-paten Brebes dikeluhkan sejum-lah kalangan. Selain kerap ter-hambat dengan kerusakan pirantidan server jaringan online, isuadanya dugaan pungutan liar juga

turut mewarnai dalam penguru-san kartu identitas kependudu-kan itu.

Sumber Radar Brebes menye-butkan, pelayanan E-KTP yangdilaksanakan Pemkab Brebes ma-sih diwarnai pungutan-pungutanoleh oknum pegawai tertentu. Ki-sarannya antara Rp 50 sampai Rp100 ribu setiap pengurusan hinggarampung. Dugaan pungli tersebutbahkan kerap diterapkan kepadawarga yang ingin cepat selesai pe-

nerbitannya.“Pelayanan KTP-el mengece-

wakan, prosesnya lama bisa ber-hari-hari, katanya ada kerusakan.Tapi kalau bayar Rp 100 ribu bisaditunggu langsung jadi,” katanya,kemarin.

Kabid Pendaftaran Penduduk,Dinas Kependudukan dan CatatanSipil (Disdukcapil) Brebes, Daimun,saat dikonfirmasi, Jumat (2/10)membantah tegas kabar tersebut.Menurutnya, selama ini proses

pembuatan KTP-el sudah sesuaiaturan tanpa dipungut biaya aliasgratis.

“Tidak betul, tidak ada pegawaikami yang minta uang. Tapi me-mang ada yang bayar-bayar begitutapi untuk jasa saja, biasanya pe-mohonnya itu tidak datang sendiritapi lewat orang atau perangkatdesa. Saya sudah nggak peduli lagidengan tuduhan seperti itu karenatidak ada,” terangnya.

Menurut dia, adanya perma-

salahan teknis yang kerap meng-hambat proses penerbitan KTP-elmemang benar adanya. Sejak Pem-kab Brebes mengelola penceta-kannya, setidaknya sudah empatkali terjadi kerusakan pada serverjaringan di pusatnya. Belum lagikerusakan insidental juga terjadipada piranti hingga kelangkaantinta.

“Kalau soal server rusak kamijuga tidak bisa ngomong apa-apakarena itu ada di pusat, tapi jika

kendala itu datang dari perleng-kapan piranti kami atasi secepatmungkin,” tuturnya.

Tidak hanya server yang ada diDisdukcapil, masalah tersebut ju-ga sampai kini terjadi di beberapakecamatan seperti, Bulakamba,Wanasari, Paguyangan dan Lara-ngan.

“Kalau server rusak, pasti adaratusan pemohon yang terpak-sa tertunda hingga menumpuk.(ism/adi)

MENTARI mulai menunjukan diridi ufuk timur, puluhan orang inisudah bersiap-siap untuk pergi keanakan sungai. Saat siang men-jelang, mereka akan beramai-ramaimenyiramkan air ke tubuh sangkepala desa sambil diiringi doa-doa.Warga Dukuh Jalawastu, Desa Ci-seureuh, Kecamatan Ketanggu-ngan, Kabupaten Brebes ini tengahmenjalankan ritual memohon hu-jan kepada Yang Maha Kuasa se-telah berbulan-bulan mengalamikemarau panjang.

Tradisi adat Ngaguyang Kuwuadalah budaya warga Sunda di wila-yah tersebut. Ngaguyang berartimenyiram, sedang Kuwu adalahsebutan mereka untuk kepala desa(kades). Seperti yang dilakukan,kemarin (1/10) sore, prosesi dila-kukan di Curug Rambu Kasang. Se-orang tetua adat atau Dewan Ko-kolot bernama Taryuki mengawaliupacara dengan memimpin doa.Mulutnya merapalkan kalimat-kali-mat tersusun dalam bahasa Sunda.Kemudian, pemangku adat lainyang berbusana serba putih itu,mengambil air yang masih tersisadari curug tersebut ke badan kades,dilanjutkan oleh puluhan wargalain mengikuti. Sang kades pun pas-rah meski tubuhnya basah kuyup.Giliran Kuwu akhirnya membalassiraman air ke tokoh adat dan wargalainnya. Semua larut dalam pestaair.

“Ngaguyang Kuwu digelar ketikamusim kemarau tak menunjukkantanda tanda berakhir. Curug RambuKasang yang biasanya penuh air kinisudah surut, kami dilanda kemaraupanjang,” ujar Pemangku Adat Jala-

wastu, Dastam.Menurutnya, tradisi masyarakat

Jalawastu tersebut merupakan ben-tuk ungkapan ikhtiar memintakanhujan pada Tuhan. Terakhir kali,adat serupa dilaksanakan pada1989 silam, di mana saat itu terjadikekeringan yang cukup parah.

Jalawastu saat ini sudah ditetap-kan oleh Pemkab Brebes sebagaikampung adat karena masih ter-jaganya kultur budaya dari nenekmoyang mereka. Selain NgaguyangKuwu, di wilayah tersebut juga ma-

sih lestari berbagai kegiatan upa-cara adat, seperti Ngasa dan anekatetarian. Penduduk setempat jugamasih mempertahankan konstruksidan tata ruang klasik khas pen-duduk di masa lampau.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebu-dayaan, Pemuda dan Olah RagaKabupaten Brebes melalui KepalaBidang Kebudayaan, Bambang Har-yanto menyatakan bahwa Ngagu-yang Kuwu merupakan bentuk tra-disi masyarakat dalam mengapre-siasi tanda tanda kosmologi alam.

Tradisi ini jarang dilakukan kecualipada saat musim kemarau yangdinilai terlalu panjang dan sumbermata air di Jalawastu, atau saatekologi alam terancam dan sendikehidupan masyarakat mulai ter-ganggu. “Meski tidak sebesar upa-cara Ngasa, tradisi Ngaguyang Ku-wu merupakan ikonik dari kam-pung budaya Jalawastu” ujar Bam-bang Haryanto, di lokasi kegiatanbersama Kasi Sejarah dan Purba-kala Dinparbudpora Brebes Wi-janarto. (ism/adi)

Ngaguyang Kuwu, Ritual Minta Hujan

IST

RITUAL - Pemangku adat Jalawatu (putih) memimpin doa pada acara Ngaguyang Kuwu di Curug RambuKasang, Dukuh Jalawastu, Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan.

TANJUNG - Insiden keba-karan kembali terjadi di Bre-bes. Kali ini si jago merah me-lalap sebuah gudang bawangyang berisi pupuk di Desa Ke-murang Wetan KecamatanTanjung-Brebes. Kebakaranyang masih diselidiki penye-babnya itu, terjadi Jumat (2/10) dini hari, sekitar pukul 03.00.

Kapolsek Tanjung, Supri-yadi mengatakan bahwa keja-dian tersebut masih dalamtahap penyelidikan pihak ke-polisian. Sebab, saat kejadian,gudang dalam keadaan ko-song dan hanya berisi pupuk,sedangkan pemiliknya tidur dirumah.

Tidak KantongiPerijinan Legal

BREBES - Pemkab Brebesmelalui satuan perangkat ker-ja terkait bakal segera menye-gel sejumlah pabrik batchingplant yang masih belum me-ngantongi perijinan legal. Tin-dakan tegas serupa juga akanditerapkan pada bidang usahagalian C ilegal. Demikian ter-ungkap dari hasil rapat dengarpendapat antara DPRD danPemkab Brebes, kemarin.

Rapat tersebut melibatkanKomisi I dan II DPRD sertaSKPD yang terdiri dari KantorPelayanan Perijinan Terpadu(KPPT), Satpol PP dan DinasPeternakan. Para wakil rakyatmeminta penjelasan terkaitdengan maraknya pemberi-taan usaha ilegal tanpa ijinyang kini menjamur di Kabu-paten Brebes.

“Salah satu poin pentingyang menjadi rekomendasiadalah Satpol PP akan me-nyegel usaha ilegal, termasukpabrik pengolahan beton bathcingplant,” ungkap anggota Ko-misi II DPRD, Waidin.

“Sementara Dinas Peterna-kan diundang untuk dimintapenjelasan terkait keberadaanrumah ternak di wilayah Salemyang berdiri di atas saluran

sungai dan tidak memiliki ijin,”imbuhnya.

Disampaikan pula bahwaselama ini koordinasi antar liniPemkab Brebes sangat lemahsehingga banyak aturan yangtidak bisa ditegakkan karenasaling menunggu dan lemparkewenangan. Seperti halnya,Satpol PP dan Pemkab Brebesjuga tidak bisa menindak tegasbangunan liar maupun pabrikbodong karena saling tunggu.Sehingga, setelah rapat ter-sebut KPPT diharuskan untukmemberikan data mana sajapabrik batching plant yangbelum resmi ke Satpol PP. Ke-mudian, Satpol PP menindak-lanjuti sesuai dengan kewe-nangan yang ada memberiteguran, peringatan hinggasanksi terberat yakni penye-galan operasionalnya.

Sebelumnya, maraknya pab-rik bodong juga menyumbangangka kerugian bagi daerah.Sejumlah pabrik pembuatanbahan beton (batching plan)juga diketahui tidak meleng-kapi prosedur perijinan resmi.Kepala Kantor Pelayanan Peri-jinan Terpadu (KPPT), Ratimkepada pers mengaku pihak-nya sudah melakukan upayauntuk memberi peringatankepada pabrik batching planyang belum mengantongiperijinan produksi. (ism/adi)

“Memang pagi tadi kamidapat laporan kalau telahterjadi kebakaran sekitar se-belum Subuh. Kami langsunglakukan pemadaman,” jelas-nya.

“Kalau untuk penyebabnyakami akan mendalami keja-dian tersebut dan akan me-mintai keterangan saksi sakiyang ada,” sambungnya.

Menurutnya, gudang yangdiketahui milik H Wartas, 60,memang sudah lama tidak di-gunakan untuk penyimpananbawang lagi. Gudang hanyadifungsikan sebagai penyim-pan pupuk pertanian yangjumlahnya mencapai ratuan

ton.Ditanya berapa total keru-

gian akibat insiden dimaksud?Supriyadi mengungkapkan,kerugian kurang lebih men-capai Rp 400 juta samapai Rp500 juta. Adapun total pupukyang ada di dalam gudangmencapai lebih dari 2 ton le-bih, tidak semuanya hangusterbakar. Masih ada sejumlahpupuk yang berhasil disela-matkan oleh warga.

“Ya kurang lebih mencapaisegitu, sebab sebagian besarpupuk yang ada di gudangterbakar, sehingga menim-bulkan kerugian yang sangatbesar,” katanya. (ded/adi)

Gudang Penyimpanan Pupuk Terbakar

CONCRETE-MIXING.COM

ILUSTRASI - Aktivitas perusahaan batching plant.

Pabrik Batching PlantTerancam Disegel

KampanyekanAnti NarkobaBREBES - Sebanyak 14 grup band beraliran rock akan

menampilkan talenta terbaiknya dalam ajang gelaran musicdengan tema Rocktober yangakan dilangsungkan di HalamanStadion Karangbirahi, Sabtu (3/10) malam. Tak hanya dariBrebes, para penggemar jugaakan disuguhkan penampilansejumlah musisi muda yangdatang dari daerah lain, sepertiTegal, Pemalang, Indramayu,Bandung, hingga Jakarta.

Ajang tahunan yang digagasoleh Yaull Clothing Brebes inidiperkirakan akan menyedotribuan pengunjung. Bahkan,tiket sebanyak 1.500 lembaryang disediakan oleh pihakpenyelenggara telah habisterjual. “Kami mentargetkan ada

1500 pengunjung yang akan ikut meramaikan event tahunanini,”ujar Panitia Penyelenggara Wisnu Pradopo ditemui, Jumat(2/10).

Mahasiswa smester pertama di STIE Widiya Manggalia Brebesini mengaku, gelaran musik yang diselenggarakan bekerjasamadengan Milisi Brebes Bermural (MBB) merupakan yang ke limakalinya dilaksanakan. Dimana, untuk kali pertama gelaran musikdiselenggarakan di Islamic Senter (2012), Hotel Dedy Jaya(2013) dan Gor Sasana Krida (2014). “Dan pada Mei 2015kemarin kami juga menggelar music serupa di Halaman StadionKarangbirahi,” tandasnya.

Selain menampilkan musisi-musisi muda, selama ber-langsungnya even tersebut, pengunjung bisa menikmati lukisanmural yang ada di sekiling stadion. Disamping, bisa membawapulang oleh-oleh berupa kaos yang dijual di Distro Cloutingyang ada di lokasi acara. Wisnu menyebut, gelaran musicyang diselenggarakan juga menjadi sarana dalam menyatukanpara pencinta musik di Kabupaten Brebes dan daerah lainnya.

Tak hanya itu, melalui musik, Wisnu berusaha mengajak musisirock untuk mengubah stigma buruk dan mengkampanyekanantinarkoba. “Para musisi harus menunjukkan diri jika musisiatau band rock merupakan anak muda yang baik. Mencintaiperdamaian, anti-tawuran dan menolak penyalahgunaannarkoba,”pinta dia. (har/adi)

DOK.RATEG

Wisnu Pradopo

AJIB AH...

HARVIYANTO/RADAR BREBES

KENAKAN BATIK - Seluruh guru dan siswa SMAN 1 Jatibarangmemakai batik untuk peringati Hari Batik Nasional.

KompakMemakaiBatikBREBES – Batik sebagai salah satu kebudayaan nusantara

kini makin populer di kalangan masyarakat. Tak hanya pegawaiinstansi, sejumlah siswa di SMAN 1 Jatibarang, Jumat (2/10),dengan kompak menggunakan baju batik saat mengikuti prosesbelajar mengajar di sekolah. Bukan tanpa alasan, merekasengaja menggunakan pakaian batik ke sekolah untukmemeriahkan peringatan Hari Batik Nasional 2015. Tak hanyasiswa, para guru dan karyawan sekolah setempat juga ikutmenggunakan seragam batik. “Pakaian batik yang dipakai guru,karyawan dan siswa-siswi SMAN 1 Jatibarang pada hari inibertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional. Alhamdulillah,semuanya memakai batik setelah adanya instruksi seharisebelumnya dari pihak sekolah,” tandas Pembina OSIS SMAN 1Jatibarang (Smanja), Ahmad Jazuli.

Dia menambahkan, di Smanja Brebes ada sebanyak 58 gurudan karyawan, serta 685 siswa. Seluruhnya memakai batikdan ternyata pihak sekolah sangat antusias dengan pakaianasli produk Indonesia ini. “Pihak sekolah pun antusias agarbatik bisa dipakai minimal satu kali saat hari sekolah. Terkait haltersebut, kami sudah melakukan pembahasan agar batik bisadipakai di sekolah. Kalau ternyata ide tersebut bisa disampaikanke Dinas Pendidikan dan disetujui tentunya ini sesuatu yangbagus,” paparnya.

Sebelumnya, Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasana SmanjaBrebes, Wahyu Kusriyanto mengimbau kepada para siswanyaagar mencintai batik. (har/adi)

Page 13: Radar Tegal 3 okt 2015

15BREBES BERHIASwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 2015 13

KEGIATAN

KETANGGUNGAN - Sejum-lah Unit Pelayanan Teknis Da-erah (UPTD) Pendidikan me-ngalami kekurangan guru PNS.Salah satunya UPTD Pendi-dikan Ketanggungan. Menu-rut kepala UPTD PendidikanKetanggungan Sodikin, saat inikondisi guru yang bersatus PNSdi wilayahnya hanya dua sam-pai emat orang per sekolah.

“Bahkan ada satu sekolahyang hanya terdiri dari kepalasekolah dan satu guru,” je-lasnya, Jumat (2/10).

Guna kelancaran kegiatanbelajar mengajar, sambungdia, banyak pihak sekolahyang melakukan perekrutanguru tidak tetap (GTT). Mes-kipun pemerintah tidak mem-perbolehkan, namun dia me-nilai jika tidak melakukan pe-

rekrutan seperti itu akan ber-dampak pada pembelajaran.

“Kalau kekurangan guru ya-ng dirugikan adalah siswa, jadibanyak kepala sekolah yangmelakukan penerimaan GTT,”katanya.

Dia menjelaskan bahwa ku-rangnya guru PNS di wilayah-nya, salah satu faktor penye-babnya banyak yang mema-suki masa pensiun.

“Saat ini memang sangatperlu guru yang berstatus PNSuntuk pemerataan di setiapsekolah, sehingga diharapkanke depan pemerintah segeramelakukan pengangkatan.Terlebih 2016 atau 2017 nantibanyak guru yang berstatusPNS pensiun, sehingga perlupemerataan lebih,” lanjutnya.

Senada dengan Sodikin, Tus-

di kepala UPTD PendidikanTanjung juga mengungkap-kan banyak kekurangan gurudi lingkungannya. Dengandemikian, dengan adanya pe-merataan guru PNS di ling-kungan sekolah setidaknyabisa mengurangi masalah ter-sebut.

“Memang saat ini kami disetiap sekolah mengalami ba-nyak kekurangan guru, terle-bih di tingkat SD,” katanya.

Untuk itu, dia beharap kedepan dengan adanya peme-rataan guru di setiap sekolahdapat mengatasi kekuranganyang selama ini terjadi.

“Kebijakan mengangkat GTTcukup membantu, namunakan lebih baik lagi jika guruPNS di setiap sekolah tercu-kupi,” ungkapnya. (ded/adi)

Tidak Merata, Guru PNS

Tabur Bunga HUT TNIBUPATI Idza Priyanti dan Dandim 0713 Brebes Letkol Inf Efdal Nazra serta jajaran Forkopimda lainnya menaburkan bunga diatas pusara di TamanMakam Pahlawan Kusumatama, Jumat (2/10). Ziarah yang dipimpin Dandim 0713 Brebes itu dilaksanakan untuk memperingati HUT ke-70 TNI danHUT ke-65 Kodam IV Diponegoro.

Wartawan Kritik Kantor HumasBREBES – Salah satu wartawan media online mengaku

prihatin dengan kebaradaan kantor Humas Pemkab Brebes yangtidak memiliki ruang khusus untuk wartawan (press room).Akibatnya, tidak sedikit wartawan yang harus meminjam ruangkerja staf humas untuk keperluan penulisan berita. Hendrik, 40,wartawan media online yang selama ini meliput di wilayahBrebes, Jumat (2/10) mengaku, keberadaan press room tentusangat diharapkan oleh wartawan untuk memudahkan dalamproses penulisan berita.

Namun sayang, selama ini Pemkab Brebes melalui humassetempat tidak pernah mengupayakan untuk penyediaan pressroom yang representatif untuk mendukung kinerja wartawan.Pria asal Bulakamba ini menyatakan terpaksa harus meng-gunakan fasilitas komputer milik staf humas. Tapi, jumlah kompu-ter yang sangat terbatas membuat dirinya kerap harus ber-gantian dengan staf maupun wartawan media lain saat akanmengirim berita ke redaksi. Selain tidak tersediannya press-room, Hendrik juga mengeluhkan fasilitas lain yang ada di ruanghumas. Menurutnya, empat alat pendingin yang tersedia di ruangtersebut tidak berfungsi baik hingga menyebabkan ruanganterasa pengap. Tidak hanya itu saja, dia juga mengkritik ruanghumas yang kurang tertata rapi. “Saya kira ruang humas harusdipercantik, karena sering disinggahi tamu yang berkunjung keKantor Pemkab Brebes,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Sub Bagian Humas Pemkab Brebes,Lusiana Indira Isni mengaku kritikan yang dilontarkan olehwartawan akan dijadikan bahan bagi dirinya untuk disampaikanke atasan. Terkait dengan penyediaan press room, terang Lusi,Humas Pemkab Brebes akan berupaya untuk mengalokasikananggaran untuk penyediaan ruang tersebut beserta fasilitaslainnya seperti perangkat komputer.

Namun terkait dengan penataan tempat, timpal dia, humastidak memiliki anggaran khusus untuk rehab ruangan. Meskidemikian, pihaknya berharap kedepan keberadaan kantor humasmendapat perhatian dan bisa dialokasikan anggaran untukkeperluan rehab. Termasuk memenuhi fasilitas penunjang lainnyaagar tentunya staf bisa bertugas dengan nyaman. ‘’Tidak perlumewah memang, asal simpel dan layak. Karena sebagaimanadikatakan tadi, kantor humas menjadi cermin dari PemkabBrebes,‘’ pungkas dia. (har/adi)

Supaya TidakKembali jadi TKI

LOSARI - Puluhan perem-puan mantan Tenaga KerjaWanita (TKW) yang sudah pu-lang dari luar negeri mengikutipelatihan wirusaha rumah ta-ngga produktif yang digelarBadan Pelayanan Penempa-tan dan Perlindungan TenagaKerja Indonesia (BP3TKI) Pro-vinsi Jawa Tengah di Desa Lim-bangan Kecamatan Losari,Kabupaten Brebes, kemarin.

Peserta pelatihan dikenal-kan wirausaha pembuatananeka makanan berbahan ba-ku ikan menjadi abon. BagianMediator Seksi Perlindungandan Penempatan TKI ProvinsiJawa Tengah, Danang Adi Lu-hur mengatakan, kegiatan inidimaksudkan untuk membe-

GemblengWirausahaEks TKW

rikan skill pengetahuan danupaya memperdayakan paraTKI purna agar saat dirumahini mampu memiliki usahadan nantinya bisa mendapat-kan pendapatan tambahandari usaha yang dirintis ini.Dengan begitu kedepannyatidak kembali lagi menjadi TKI,tapi bisa mandiri berwirausaha.

“Untuk sementara kegiatanyang digelontorkan ke Brebeshanya 1 desa, yakni Desa Lim-bangan Kecamatan Losari. Ada2 kelas penerima kegiatan ini,sumber alokasi dana berasal dariAPBN Perubahan, “ ujarnya.

Setelah mengikuti pelatihantersebut, para eks TKW ter-sebut akan dilakukan pem-binaan dan monitoring selama3 bulan kedepan. Hal itu dimak-sudkan untuk melihat lang-sung kemanfaatan, kendala,serta hambatannya. (ism/adi)

ISMAIL FUAD/RADAR BREBES

BIKIN ABON - Para mantan TKW asal Kecamatan Losarimengikuti pelatihan pembuatan abon ikan, kemarin.

SALEM - Kebersihan ling-kungan bagi warga cukup pen-ting, selain dapat mengantisi-pasi timbulnya berbagai ma-cam penyakit, juga menam-bah indah pemandangan. Halinilah yang mendorong Pe-merintah Desa Salem Keca-matan Salem mengadakankegiatan Jumat bersih untukwarganya.

Menurut Kades Kodar Is-wandi, kebersihan lingkunganmerupakan tanggung jawabbersama. Melalui kegiatan Ju-mat bersih ini diharapkan bisamewujudkan bersih lingku-ngan yang berdampak deng-an terjaminnya kesehatan dilingkungan masyarakat.

“Kami bersama warga ma-syarakat, sangat bangga de-ngan adanya kegiatan sepertiini. Semua warga bersama-sama gotong royong untukmenjaga kebersihan daerahdesa kami, kebersihan adalahsuatu keimanan, ketertibansekaligus menjaga lingkungan

kita agar lebih aman,” ucap-nya.

Kegiatan Jumat bersih difo-kuskan pada membuat salu-ran air di sekitar lokasi bukityang berdekatan dengan pe-mukiman warga. Hal ini dila-kukan, guna menghindari ter-jadinya bencana longsor saatterjadi musin hujan yang di-perkirakan akan segera ber-langsung.

“Wilayah kami memang ra-wan longsor, untuk itu wargaberupaya mengatasinya de-ngan membuat saluran air didinding bukit. Dengan ha-rapan saat terjadi musim hu-jan, maka air akan mengalirmelalui saluran itu dan tidakmenyebabkan bencana long-sor,” jelasnya.

Selain pembuatan saluranantisipasi longsor, warga jugamelakukan pembersihan gotdan selokan yang sudah dang-kal sehingga menganggu ja-lannya air dengan mengerukendapan lumpur dan sampah.

“Kalau got atau saluran airbersih dari lumpur maka airakan lancar jalannya, jika hu-jan tiba air tidak akan meluberke jalan. Selain bersih jugaakan baik jika dilihat orangyang lewat jalan ini,” kata Ko-dar.

Selain membersihkan sa-luran dari sampah kesehatan,kegiatan juga sebagai upayamengantisipasi terjadinya ke-bakaran dengan dengan me-nempatkan sampah yang be-rasal dari pekarangan untukkemudian dimusnahkan se-cara aman.

“Sebab jika sampah berse-rakan, bukan tidak mungkinterjadi kebakaran. Karena-nya kita kumpulkan dan di-musnahkan dengan penga-wasan. Terlebih wilayah kamisebagian besar merupakankawasan hutan, sebab mes-kipun saat musim hujan se-perti ini kebakaran tetapharus diwaspadai,” pung-kasnya.(pri/adi)

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

KERJABAKTI - Warga membuat saluran air di sekitar bukit antisipasi bencana longsor.

Warga Bangun Saluran Air

TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES

MENJEMUR - Petani jagung menjemur hasil panenditengah mulai menurunnya harga jual dipasaran.

Harga Anjlok, Petani JagungMerugiBANTARKAWUNG - Petani jagung di Kecamatan Ban-

tarkawung sebagai daerah yang dikenal sebagi penghasil jagungsaat ini tengah gelisah. Pasalnya, memasuki musim panen saatini dan hasil terbilang baik, namun harga jual di pasaran anjlokhingga 10 persen. Sementara, mereka telah mengeluarkan biayaperawatan yang tidak sedikit.

“Untuk memanen ini saja kami sudah harus mengeluarkanbiaya tidak kurang dari Rp 300 ribu, untuk operasional,” terangAbas, 50, salah seorang petani, di Desa Kebandungan.Menurutnya, harga jagung kering tetelan saat ini hanya Rp 2.300per kilogram. Padahal, satu minggu sebelumnya sempatmenembus angka Rp 2.600 per kilogram. Dengan penurunansebanyak itu, banyak petani yang merugi hingga ratusan ribu.

“Jika dilihat dari harga yang berlaku saat ini, yang pasti kamimerugi,” ungkapnya.

Untuk menekan kerugian yang lebih besar, dia terpaksameminimalkan tenaga kerja untuk memanen hasil kebunnya.Meskipun dengan konsekwensi pengerjaannya membutuhkanwaktu lebih lama. “Panen kali ini saya melibatkan anak saya, ituuntuk menekan pengeluaran modal,” paparnya.

Kondisi penurunan harga jagung di benarkan oleh Sutartopengurus kelompok tani desa setempat. Dikatakan, menurunnyaharga jual jagung mulai dirasakan petani semenjak satu minggulalu. Kondisi ini semakin menyulitkan mereka di tengah menghadapikesulitan ari didalam musim kemarau.

“Petani mengalami pembengkakan biaya, selain pembelian benihmaupun pupuk, didalam perawatannya petani saat ini jugaterbebani dengan ongkos untuk membeli bensin bagi mesinpompa. Sebab mereka mendapat pengairan dengan jalanmemompa air dari Sungai Pemali,” jelasnya.

Beberapa desa di Kecamatan Bantarkawung merupakandaerah penghasil jagung, diantaranya Desa Pengarasan,Kebandungan, Terlaya dan lainnya. Dikatakan Sutarto, dalamkondisi panen raya dengan ketersidiaan jagung yang melimpah,maka harga jual akan semakin terpuruk.

“Jika puncaknya bisa mencapai hanya Rp 1.100 per kilogram,”tuturnya. (pri/adi)

PERTANIAN

LINTAS

Page 14: Radar Tegal 3 okt 2015

15KABUPATEN TEGALwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 201514

KECAMATAN

CamatAjakHidupSehatTARUB – Kembali memasyarakatkan olahraga dan mengolah-

ragakan masyarakat saat ini mulai digencarkan kembali. Hal itudilakukan untuk meningkatkan kesehatan, karena olahragamenjadi salah satu sarana dalam menjaga kondisi tubuh agartetap prima.

Camat Tarub Munawar mengatakan, olahraga secara rutindilakukan setiap Jumat. Namun, tidak tertutup kemungkinandilakukan di luar hari tersebut, sesuai dengan kondisi yang adadi lapangan. Jajaran muspika misalnya, secara rutin melakukanolahraga, misalnya senam, jalan sehat, dan sebagainya. Semuadilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu prima.

Dia menuturkan, ketika kondisi tubuh dalam performa terjaga,aktivitas khususnya dalam memberikan pelayanan kepadamasyarakat juga bisa ditingkatkan. Olahraga, lanjut dia, tidakharus memilih jenis yang mahal, karena dengan lari atau kelilingwilayah sekitar saja bisa memberikan manfaat dalam menjagakesehatan tubuh, terutama jika dilakukan secara teratur.

Karena itulah, dia selalu aktif mengajak seluruh pegawai,pihak desa serta masyarakat untuk rutin berolahraga, sehinggabisa menyebar dan dicontoh oleh warga lain. ”Semua memilikitujuan positif, sehingga tidak ada salahnya jika olahraga kembalidigalakkan di semua lapisan masyarakat,” harapnya.

Olahraga, lanjut dia, bisa dilakukan oleh semua lapisan usia.Dengan demikian, tidak ada salahnya jika semua pihak bisasaling mengingatkan. Sebab, dengan kondisi tubuh yang sehat,maka akan berdampak pada meningkatnya produktivitas. Alhasil,kegiatan sehari-hari yang cukup padat bisa dilalui dengan baik.

Ketersediaan lapangan maupun lahan yang masih kosongtentu saja bisa dimanfatkan untuk sarana olahraga, misalnyabermain sepakbola, badminton, dan sebagainya. Apapun jenisolahraga yang dilakukan, selain bisa menjadi wahana dalammenjaga kebugaran tubuh juga bisa dilakukan sebagai saranamengembangkan potensi atau bakat yang dimiliki.

”Jika semua warga sehat, maka aktivitas bisa berjalan denganbaik pula,” tandasnya. (gun/fat)

ROCHMAN GUNAWAN/RADAR SLAWI

SEMANGAT–Usai berolahraga, jajaran Muspika Tarubberkeliling melihat beberapa stan yang tersedia.

Komite SDPembinaMengadu

HERMAS PURWADI / RADAR SLAWI

KONSULTASI–Komite SD Permbina Lebaksiu Kidul 01 menemui Ketua Komasdik kemarin.

Tagih RealisasiDindikpora

SLAWI–Belum adanya upa-ya nyata dari dinas dikporauntuk mengatasi ”krisis” tena-ga pendidik di satu-satunyaSD Pembina yang ada di Kabu-paten Tegal, memaksa komitesekolah mengadukan hal ter-sebut kepihak Komnasdik,Jumat (2/10).

Komite sekolah SDN Lebak-siu Kidul 01 H Maskun mene-mui Ketua Komnasdik Kabu-paten Tegal Sofiyudin terkaitbelum adanya aksi apapundari dinas terkait untuk men-dukung keberadaan SD Pem-bina.

”Kami khawatir bila dalamwaktu 2 tahun belum ada pem-benahan secara riil, nama Ka-bupaten Tegal bisa tercoreng.Sekolah ini menjadi rujukan

sekolah se eks karesidenanPekalongan ternyata tidak me-menuhi standar,” tuturnya.

Dia mengaku, sebelumnyaSDN Lebaksiu Kidul 01 dite-tapkan sebagai SD StandarNasional (SD SN). Namunakhiryna, ditunjuk sebagai SDPembina oleh provinsi. Diaberharap janji dinas yang akanturun langsung melihat kon-disi terkini sekolah tersebutbisa segera direalisasikan.

Sementara itu, Ketua Kom-nasdik Kabupaten Tegal Sofi-yudin berharap agar dinasdikpora segera membentuktim khusus agar keberadaanSD Pembina di KabupatenTegal bisa memenuhi standaryang berlaku.

”Seyogyanya kasek tidakterlalu dibebani dengan tugasmembuat rancangan dan iven-tarisasi apa saja yang belum adadi sekolah tersebut. Itu menjadi

tanggung jawab pemkab mela-lui dinas terkait. Bagi guru yangsudah mendapat surat tugasdari kepala UPTD setempat ha-rus menjalankan tugas itu, se-bagai upaya memenuhi standarpola pendidikan di SD Pem-bina,” tegasnya.

Lebih jauh komite sekolahH Maskun juga menangkapadanya ketidak harmonisanantara pengawas dan peniliksekolah di UPTD Dikpora Le-baksiu. Rasa kebersamaamdan memiliki agar SD Pembinabisa maju.

Sebelumnya, Kepala Din-dikpora Salu Panggalo sempatmengaku ditunjuknya SDNLebaskiu 01 sebagai SD Pem-bina akan didukung sepenuh-nya dengan pemenuhan sa-rana pendukung maupun te-naga pendidik sesuai standaryang ditentukan sebagai SDPembina. (her/fat)

SLAWI–Upaya memaksi-malkan lahan eks DPU Penga-iran di wilayah Yomani, Ya-mansari yang kini sudah dita-ngani bidang aset DPPKADbakal ditempuh dishubko-minfo. Ke depan lahan itu akandimaksimalkan untuk mewu-judkan terminal tipe C Yomaniguna mengakumulasi jalurtrayek bagian atas, sekaligusmenghapus keberadaan ter-minal bayangan.

Kepala Dishubkominfo Ku-shartono H.R. mengkau, pe-ngajuan anggaran untuk ter-minal tipe C Yomani akan dila-kukan pada 2016. ”Dari kal-kulasi kasar, dibutuhkan danasekitar Rp 2 miliar untuk me-wujudkan bangunan fisik ter-minal. Diharapkan bila termi-nal ini terwujud akan terjadiperputaran jalur trayek, seka-ligus pengaturan jam lintasandan mengurai kemacetan,”terangnya Jumat (2/10).

Dia mengaku bahwa sebe-lumnya sempat mencuat ga-gasan pendirian selter untukmemangkas keberadaan ter-minal bayangan yang selamaini tidak menghasilkan restri-busi pendukung PAD.

Menurut dia, fungsi termi-nal dipandang sangat strategisuntuk mendukung pendapa-tan restribusi dari sektor ang-kutan mendukung pendapa-tan sektor terminal. ”Pemba-ngunan terminal Yomani se-benarnya untuk menanggu-langi keberadaan terminal ba-yangan.

Restribusi jelas bisa terkon-trol dengan pembuatan termi-nal, karena kami bisa menem-

Dishub GagasTerminal Yomani

patkan petugas penarik res-tribusi kendaraan umum disana. Kami berharap ada du-kungan dana untuk mendu-kung rencana ini untuk diwu-judkan,” terangnya.

Hal senada juga dilontarkanKanit Ops Lalu Lintas Tarnotoyang mengaku bahwa DetailEngineering Design (DED)serta pembebasan lahan su-dah sempat dilakukan denganmenggunakan lahan milik PUPengairan.

Sementara itu, disingungsoal upaya penertiban termi-nal bayangan yang sempatdirencanakan pihak Lalu Lin-tas dan Angkutan, dia mene-gaskan bahwa kegiatan pener-tiban terminal bayangan itusedikit dilematis.

”Kalau harus dipindah, me-reka (pengemudi bus) dipin-dah kemana. Ujung- ujungnyamereka meminta dibuatkanselter seperti rencana di Yo-mani,” ungkapnya.

Namun, penertiban termi-nal bayangan seperti yang adadi Curug sudah dilakukan de-ngan menarik semua bus ma-suk keterminal C Slawi. Pihak-nya secara jujur juga mengakupenertiban terminal bayang-an tidak bisa sepenuhnya dila-kukan dalam waktu dekat,seperti yang ada di wilayahPagerbarang. Hal itu mengi-ngat di lokasi tersebut me-mang jauh lokasinya dari ter-minal.

Dengan demikian, mun-culnya terminal bayanganuntuk mempermudah aksespengguna bus sangatlahwajar. (her/fat)

HERMAS PURWADI / RADAR SLAWI

MENGONSEP–Kepala Dishubkominfo Kushatono H.R.mencermati rancangan terminal Yomani kemarin.

SLAWI–Bila pada 2015, Ko-mite Olahraga Nasional Indo-nesia (KONI) Kabupaten Tegalhanya mendapat gelontorandana sekitar Rp 750 juta, pada2016 mendatang, pengurusmengajukan kenaikan ang-garan menjadi Rp 1,2 millar.Dana sebesar itu akan terfo-kus pada upaya mewujudkangedung KONI yang ”multi ye-ars”, persiapan Porprov 2018,serta pembinaan berkala.

Ketua KONI Kabupaten Te-gal H M. Sofiyudin mengaku,ajuan anggaran tersebut su-dah berbasis kinerja. ”Tahunini dengan dukungan dana Rp750 juta untuk pembinaan 20cabang olahraga (cabor) amatsangat minim. Dibutuhkananggaran besar untuk mema-cu prestasi atlet di masing -masing cabor. Apalagi kitabaru saja melibatkan diri dia-jang multi even Porwil Du-longmas. Harapan kami pem-kab maupun DPRD bisa me-respons harapan KONI,” ung-kapnya. Jumat (2/10).

Dia mengaku, ada beberapacabor yang perlu mendapat-kan perhatian dan pantauansecara khusus. Sebab, cabortersebut sebagai unggulan da-lam meraup medali. Cabor ituantara lain, renang, yudo, bu-lutangkis, sepak takraw, atle-tik, catur, karate, dan tenis la-pangan. ”Kesuksesan atletdiajang Dulongmas sebagaienergi awal menuju PordaProvinsi 2018 di Kota Tegal,”tegasnya.

Selama ini, segala kegiatanrapat dan koordinasi pengu-rus digelar secara bergiliran dirumah pengurus. Karena itu,pihaknya berharap ada ge-dung untuk KONI. Dari kalku-

SLAWI–Tingkat kesejahte-raan guru khususnya gurubukan pegawai negeri sipilatau swasta merupakan tang-gung jawab pemerintah.

Hal tersebut disampaikanDirektur Pendidikan Madra-sah Dirjen Pendidikan IslamKementerian Agama RI Pro-fesor Nur Kholis Setiawan saatseminar pendidikan yang di-selenggarakan oleh PersatuanGuru Seluruh Indonesia (PG-SI) di Pendapa AmangkuratSlawi baru-baru ini.

Menurut Nur Kholis, pe-ningkatan intelektualitasmembutuhkan logistik. Kare-na itu, kesejahteraan guruharus menjadi tanggung ja-wab pemerintah guna me-ningkatkan kualitas guru danpendidikan.

Upaya untuk meningkatkankualitas guru, pemerintah

Guru Swasta Tanggung Jawabpusat telah merumuskan ber-bagai kebijakan. Di antaranyasertifikasi pendidik dan in-passing atau penyetaraan gu-ru bukan PNS, termasuk bagiguru madrasah.

”Khusus untuk guru madra-sah, saat ini kami masih mela-kukan pendataan bagi merekayang belum memperoleh tun-jangan inpassing. Kami tar-getkan akhir tahun ini tunja-ngan tersebut bisa dicairkan,”ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Pu-sat Persatuan Guru SeluruhIndonesia (PGSI) Fatah Yasinmenjelaskan, para guru di da-erah perlu mengetahui kebi-jakan-kebijakan pemerintahpusat terkait sistem pendi-dikan maupun peningkatankualitas guru.

”Misalnya penerapan kuri-kulum yang selalu berubah-

ubah. Guru diminta untuk se-lalu siap dan bisa menyesu-aikan dengan hal tersebut gu-na meningkatkan kualitaspendidikan,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menyebut-kan, PGSI dan PGRI sebagaiwadah organisasi para guru,selalu bergerak berdampinganguna mengangkat harkat danmartabat para guru.

Fatah juga menegaskan, pi-haknya berkomitmen untukmengawal setiap kebijakanpemerintah agar lebih berpi-hak pada peningkatan kua-litas guru.

Sekjen PGSI KabupatenTegal Ali Faozi mengutara-kan, seminar diadakan da-lam rangka memperingatihari lahir yang ke-4 organi-sasi tersebut. Seminar diikutioleh lebih dari 1.000 guruswasta. (yer/fat)

KONI MintaAnggaran Rp1,2 M

lasi yang sempat dilakukan,dibutuhkan dana Rp 750 jutauntuk mewujudkan gedungtersebut dalam waktu penger-jaan bertahap selama 3 tahunberturut-turut. (her/fat)

HERMAS PURWADI / RADAR SLAWI

HM Sofiyudin

Page 15: Radar Tegal 3 okt 2015
Page 16: Radar Tegal 3 okt 2015
Page 17: Radar Tegal 3 okt 2015

website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comRADAR TEGAL SABTU , 3 OKTOBER 2015 17

ALL SPORTSHalaman 18

ALL SPORTSHalaman 19

MENANGHARGA MATI

TAK LAGIFAVORIT

Adakan LombaKwarran Tergiat BERBAGAI keahlian atau

kecakapan sangat diperlukandalam kehidupan bermasya-rakat. Oleh karena itu, kegiat-an kepramukaan tidak hanyaberorientasi pada pelatihansaja, tetapi juga belajar ber-masyarakat. Selain itu, harusmampu mengedepankanpendidikan yang mempunyaidasar pada kecakapan hidup(life skill education).

Hal itu disampaikan Kepalasekaligus Ketua Pembina Pra-muka atau Hizbul WathanGudep SD Muhammadiyah 3Kota Tegal Yuni Astuti. Seko-lah yang berada di Jalan Ba-nyumas, Nomor 8, KelurahanDebong Tengah, KecamatanTegal Selatan itu berharap,kegiatan kepramukaanyang diikuti para siswadapat menjadi bekalyang dapat diapli-kasikan dalamkehidupan se-l a n j u t n y a .”A n a k- a n a kharus berju-ang. Saya per-caya merekapasti bisa,” tu-turnya, kema-rin (2/10).

Berbagai ke-giatan dilaksana-kan dalam kepramu-kaan, selain pelatihanyang dilaksanakan setiapJumat sore, siswa juga me-ngikuti kajian, belajar, out-bond, dan pencak silat. Me-nurut Yuni, pencak silat sudah

menjadi tradisi yang mengakardi kalangan masyarakat Indo-nesia sejak lama.

Sebagaimana seni beladiri di

negara-negara lain, pen-cak silat adalah seni bela diri

khas Indonesia yang memi-liki ciri khas tersendiri. Dimanadikembangkan untuk mewu-judkan identitas.

Menurut dia, Pramuka jugadiajarkan untuk menjaga ke-imanan dan ketakwaan ter-hadap Tuhan Yang Maha Esa

(YME). Dimana para siswa se-lalu didorong untuk menunai-kan salat tepat waktu danberjamaah.

Secara prinsip, kegiatanHizbul Wathan sama denganKepramukaan, yang membe-dakan adalah AD/ART dankepanduannya. ”Termasukseragam,” ujarnya.

Gerakan Hizbul Wathandidirikan oleh KH AhmadDahlan yang merupakan or-ganisasi pemuda Muhamma-diyah dari Pandu Athfal (Pra-muka Siaga), Pandu Pengenal(Pramuka Penggalang), Pan-du Penghela (Penegak), danPandu Penuntun (Pembina).(dya/fat/zul)

Kembangkan Kecakapan Bermasyarakat

DEDE NADIYANAH/RATEG

MEMASAK–Pramuka dari SD Muhammadiyah 3 Kota Tegal sedang belajar memasak.

DALAM rangka melaku-kan pembinaan adminis-trasi dan organisasi sertaguna melihat secara lang-sung kinerja Kwartir Rant-ing, Gerakan PramukaKwartir Cabang Tegal ba-kal mengadakan pembi-naan dan penilaian kwar-ran tergiat 2015.

Kegiatan tersebut ada-kan diselenggarakan mu-lai 3 Oktober sampai de-ngan 23 Oktober 2015secara bergilir diK w a r t i rR a n t i n g(Kwarran)se Kabu-paten Te-gal. WakilK e t u aK w a r c a bBidang Or-g a n i s a s id a n

Hukum Agus Subag-yo mengatakan, kegiatandimaksudkan sebagaisarana pembinaan secaralangsung kepada jajaranKwartir Ranting (Kwarran)se Kabupaten Tegal. Di-mana hal itu sebagai pelak-sanaan UU Nomor 12 Ta-hun 2010 tentang GerakanPramuka. ”Tujuannya un-tuk melihat langsung im-plementasi atas kinerjaKwarran dalam melaksa-

nakan program kerjaKwarda dan Kwarcab

2015,” katan KepalaBLH Pemkab Tegal

kemarin.M e n u r u t

Agus, lombakwarran tergiatuntuk menye-

mangati danm e n g g e l o -

rakan ke-giatan di

t i n g k a tK w a r r

a n .(fat/

zul)

DOK.RATEG

Agus Subagyo

SEVILLA - Ramon Sanchez Pizjuanharus bersiap menikmati show terbaru.Bukan lagi show-nya Lionel Messi se-perti yang terjadi beberapa musimterakhir. Malam nanti, ganti Luis Suarezyang harus memberikan show-nya de-mi victory Barca di kandang kebesaranSevilla itu.

Pasalnya, di antara anggota trioMSN, hanya El Pistolero (julukanSuarez) yang belum merobek jalagawang Sevilla di Primera Divi-sion. Musim lalu, dari tujuh golyang dibuat Barca ke gawang Sevilladalam home atau away, tidak satupun kontribusi Suarez. Messi denganempat gol, Neymar dua gol, dan IvanRakitic satu gol.

“Sekali lagi, kami ingin melihatfighting spirit dan determinasi tinggiyang menjadi salah satu karakter Sua-rez,” ujar pelatih Barcelona, Luis Enri-que sebagaimana yang dilansir di ESPN.

Satu-satunya gol Suarez ke gawang klubberjuluk Los Nervionenses itu terjadi dilaga Piala Super Eropa, Agustus lalu.

Lucho, sapaan akrab Enrique, konfi-den menyebut nama Suarez sebagaipemilik show ke-47 itu denganmelihat dari peningkatan

performa anak buahnya itu. Suarez bisadibilang right man on the right time. Itukarena dia meledak kembali pada saatsisi serangan klub juara bertahan Pri-mera Division ini butuh sosok pembeda

seperti Messi.Dua laga tanpa Messi, dua laga itu

pula penyerang berkebangsaan Uru-guay tersebut bisa menjadi pembeda.Dua gol ke gawang Las Palmas (26/9)

dan satu gol ke gawang Bayer Le-verkusen (30/9). “Di liga ini

laga kedua kami tanpa Messi. Dan diatidak tergantikan. Tapi kami tetap bisamemenangi laga,” koarnya.

Beruntung, di tengah hilangnya mae-stro penentu hasil akhir seperti La Pulga(julukan Messi), Lucho tetap bisa ber-nafas lega. Itu lantaran kembalinya duapemain penting yang absen terkenacedera. Penjaga gawang Claudio Bravo

sudah pulih dari cedera betisnya,dan bek kiri Jordi Alba juga bebas

dari cedera di lehernya.Perubahan di dua sisi itulah yang

membedakan performa Barca de-ngan laga sebelumnya. Di lini te-

ngah, cederanya Andres Iniesta di sisikiri ditutup dengan menggeser Raki-tic. Di posisi Rakitic, akan ditempatiJavier Mascherano. Sedangkan MunirEl Haddadi di sisi kanan.

Ancaman bakal hancurnya Sevilla dikandang sendiri sudah di depan mata.(ren/zul)

Page 18: Radar Tegal 3 okt 2015

15ALL SPORTwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 20151818181818

1 LIVERPOOL V SION 1

TTTTTAK LAAK LAAK LAAK LAAK LAGI FGI FGI FGI FGI FAAAAAVVVVVORITORITORITORITORITLIVERPOOL - Sulit menang

di Eropa masih dirasakan olehLiverpool musim ini. Sebabnya,dalam laga kedua Grup B EuropaLeague kontra Sion di Anfielddini hari kemarin (2/10), timMerseyside itu harus kembalibermain imbang 1-1.

Adalah gol Ebenezer Assifuahdi menit 18 yang memupuskanharapan para penggawa TheReds, sebutan Liverpool. Sebab,tuan rumah unggul dahulu keti-ka laga baru berjalan di menitkeempat dari gol Adam Lallanalewat assist yang diberikan olehDivock Origi.

Ini adalah hasil imbang yangkedua setelah di pekan perdanamereka juga harus memungkasi

laga de-

ngan skor 1-1 di kandang Bor-deaux 17 September lalu. Liver-pool pun harus puas berada diperingkat dua dengan selisihdua poin dari Sion.

Walaupun tidak kalah, Liver-pudlian pun mulai khawatirpada performa skuad besutanBrendan Rodgers tersebut. Se-bab, besok malam merekamenghadapi rival sekota Ever-ton dalam derby Merseysideyang bakal berlangsung di Goo-dison Park

Pundit sepakbola yang jugalegenda Liverpool Jamie Car-ragher mengatakan, hasil im-bang yang didapat oleh SimonMignolet dkk memberikan kon-sekuensi cukup berat yang ha-rus ditanggung oleh mereka.

“Aku melihat bahwa statusLiverpool saat ini adalah under-

dogs, sedangkan

Everton favorit,” ujar mantanbek tengah Liverpool periode1996-2013 itu seperti dilansir SkySports.

Dalam 17 bentrok terakhir,Everton memang hanya mam-pu mengambil satu laga saja.Namun, Carragher mempe-ringatkan bahwa terlaludini bagi skuad Liverpooljika mereka mengira bisamengandaskan anak asuhRoberto Martinez terse-but.

Sebab, dalam tujuh lagaawal Premier League saatini, Everton baru kebobolansatu kali via kekalahan 0-2dari Manchester City. Se-lain itu, mereka jugapunya nilaip l u s

karena mereka adalah tim diluar big four yang mampu me-ngandaskan juara bertahanChelsea dengan skor tiga digit.

Menurut Carragher, hal inipastinya bakal memberikan te-kanan yang luar biasa pada

r u a n g

ganti Liverpool saat ini. Apalagidengan geliat transfer merekayang cukup aktif sepanjang mu-sim ini dengan total pengeluaransebesar GBP 67,3 Juta atau Rp1,50 Triliun. (apu/zul)

IMBANG - Striker Liverpool, AdamLallana terlihat kecewa lantaran skuadThe Reds kembali bermain imbang.

Reuters/John Sibley Livepic

PEMERINTAH Spanyol ter-nyata masih perhatian untukCatalan. Terutama kepada sa-lah satu klub sepak bola terbe-sar dari Catalan, Barcelona.Buktinya Dewan OlahragaSpanyol sebagai kepanjangantangan pemerintah siap mem-bantu El Barca menyelesaikanmasalah yang terjadi denganArda Turan.

Rencana tersebut diung-kapkan langsung oleh Sek-retaris Negara untuk OlahragaSpanyol, Miguel Cardenal,kemarin WIB (2/10). “Dalamhipotesis ini, kami akan men-dukung apa yang menjadi ke-pentingan Barcelona,” ujarCardenal sebagaimana yangdiberitakan di Sport.

Kasus yang membelit Turanberkenaan dengan keinginanBarca untuk mendaftarkannyake FIFA. Itu dilakukan untukmenutupi kekurangan skuadBarca pasca cedera panjang-nya Rafinha. Di sini masalah-nya. Perekrutan Turan dila-kukan musim panas lalu saatBarca masih menjalani em-bargo transfer.

Sesuai aturan FIFA, Barcabaru dibolehkan mendaftar-kan pemain Turki tersebut pa-da bursa transfer musim di-ngin, Januari nanti. AturanFIFA itu bertentangan denganaturan Federasi Sepak bolaSpanyol RFEF, di pasal 124ayat 3. Bunyinya, klub bolehmendaftarkan pemain jika ada

pemain yang mengalamicedera hingga akhir musim.

Dua aturan yang berbedaarah ini yang menurut Car-denal akan menjadi bahankajian di dalam jajarannya.Walaupun, ada kemungkinanDewan Olahraga Spanyol CSDmeminta Barca mendaftarkan

Turun Tangan untuk Turan

Turan tanpa seijin FIFA. Me-reka berpegang pada komit-men yang ada di dalam negeri,dalam hal ini RFEF, bukanFIFA.

CSD dalam waktu dekatakan melakukan kajian detaildari peraturan yang berbedakonteks ini. (ren/zul)

MENGGELONTORKAN dana hing-ga GBP 67,3 Juta atau sekitar Rp 1,50Triliun untuk mendatangkan tujuhpemain diawal musim dengan Chris-tian Benteke menjadi pembelian ter-mahal ketika direkrut dari Aston Villadengan banderol sebesar GBP 32,5Juta (sekitar Rp 725,7 miliar).

Nyatanya, Liverpool belum men-capai kata memuaskan. Di PremierLeague, masih tertahan di peringkatkesembilan klasemen sementara ka-rena sudah menelan dua kekalahan,terutama ketika dibekap dengan skortelak 0-3 dari West Ham United yangselama ini berstatus sebagai papantengah.

Di ajang Piala Liga, mereka harussusah payah melewati babak ketigadengan menundukkan tim LeagueTwo (kasta keempat Liga Inggris) Car-lisle United lewat kemenangan 3-2 dibabak adu penalti setelah pada waktunormal mereka hanya bermain imbang1-1.

Sementara di kompetisi Europa Lea-gue, kemenangan masih menjadi ba-rang langka bagi skuad berjuluk TheReds itu karena di dua laga terakhir,mereka hanya mampu meraih hasilimbang dengan skor 1-1 masing-ma-sing atas Bordeaux dan Sion.

Wajar jika melihat raihan dalamsepuluh pertandingan terakhir me-mantik kekecewaan dari para fansLiverpool. Setidaknya, terdengar be-berapa kali boo dari para fans Liverpoolterhadap performa Simon Mignoletdkk.

Menanggapi hal itu, Rodgers me-ngatakan bahwa itu adalah hak dari

para fans untuk mencibir ketika timyang mereka puja mengalami per-forma yang tidak pasti di awal musimkompetisi.

“Wajar jika frustrasi melanda ketikatim tidak kunjung menang,” ungkap-nya seperti dilansir Daily Mail. “Akumenghormati itu. Sebagai manajerdan pemain, Anda tidak boleh me-nganggap itu sebagai pukulan telak,”paparnya.

Begitupun dengan desakan agardirinya dilengserkan dari Anfield kare-na kinerjanya yang tidak memuaskan.

Beberapa kandidat pelatih top yangakan menggantikan Rodgers sudahmulai berhembus kencang sejak Sep-tember kemarin. Mulai dari eks entre-nador Real Madrid Carlo Ancelottihingga mantan der trainer BorussiaDortmund Juergen Klopp menjadikandidat yang layak untuk menjadipelatih Liverpool.

“ Itu bukan sesuatu yang harus akucemaskan,” jelas Rodgers. “Aku bakalselalu bekerja yang terbaik. Aku se-dang tidak mencari jaminan dari per-kataanku ini,” tandasnya. (apu/zul)

Tak Risau dengan Isu Lengser

Reuters/Craig Brough Livepic

DIGANTI - Brendan Rodgers mulai diragukan menukangi Liverpool.

ZURICH - Daftar calon pe-raih Balon d‘Or sudah bisadiketahui publik kemarin. Ada59 nama yang berpeluangmendapatkan lambang supre-masi pemain terbaik duniaversi FIFA tersebut. Bagi yangmengharap ada kejutan, siap-siap ya. Gianluigi Buffon tidakmasuk dalam list tersebut.

Tentu hal itu memancingkemarahan publik Italia. “Akutidak bermaksud menyerangsiapa pun. Tapi ini adalah sera-

ngan pribadi kepada Buffon,”kecam mantan pelatih timnasItalia Marcelo Lippi, sepertidikutip Calciomercato. DariItalia, yang masuk nominasihanya Giorgio Chiellini danAndrea Pirlo.

“Aku tak mengerti FIFA.Aku tak tahu kriteria apa yangmereka pakai untuk menilai.Tapi Buffon? Ah sudahlah, akutidak mau memberikan opiniteknis,” omel Lippi. “Seluruhdunia sudah mengenalnya,

dan tahu apa saja yang dialakukan sepanjang 2015 ini,”lanjut bekas pelatih Juventustersebut.

Yang bikin lebih kaget lagi,dari nama-nama kiper yangmasuk daftar, hampir semuatak kompeten. Misalnya pen-jaga gawang Arsenal DavidOspina dan kiper BarcelonaClaudio Bravo. Yang layakmungkin hanya kiper BayernMuenchen Manuel Neuer. Se-dangkan kiper Manchester

Buffon Out, Ospina Masuk ListUnited David de Gea, bolehlahmasuk nominasi.

Oke, Bravo mungkin dipan-dang layak karena mengantarChile memenangkan CopaAmerica pada musim panaslalu. Di final melawan Argen-tina, perannya begitu besar.Terutama ketika sang juaraharus ditentukan lewat adupenalti. Namun, di level klub,dia kurang bersinar. Musimlalu dia hanya menjadi pelapisTer Stegen. (apu/zul)

Getty Images

EMBARGO – Arda Turan (kiri) tak boleh memperkuat skuadBarcelona hingga Januari 2016.

ALEKSANDAR Mitrovicsempat diprediksi bakal men-jadi penerus kejayaan AlanShearer di Newcastle United.Prediksi itu mengacu pada sta-tistiknya bersama Anderlecht.Selama dua musim membelaklub Belgia tersebut, Mitrovicsudah melesakkan 30 gol.

Alih-alih membuat debutmengesankan. Mitrovic justrumembuat catatan negatif dilaga-laga awal bersama TheMagpies (julukan Newcastle).Pada pekan pertama melawan

Incar Gol, Hindari KartuSouthampton (9/8), Mitrovicyang baru dimainkan padamenit ke-74 langsung mene-rima kartu kuning. Padahal,saat itu dia baru berada dilapangan selama sebelas de-tik!

Noda juga tercipta di lagakedua melawan Swansea City(15/8). Mitrovic yang baru duamenit masuk lapangan, sudahmendapat kartu kuning di me-nit ke-84. Nah, mo-men pahityang paling sulit dilupakanadalah, ketika Newcastle

menjamu Arsenal pada 29Agustus lalu. Bomber 21 tahunitu langsung menerima kartumerah pada menit ke-15,setelah menginjak FrancoisCoquelin. Padahal, itu adalahdebut Mitrovic sebagai starter.Total, selama 127 menitbermain, belum ada gol yangbisa disumbangkan pemainasal Serbia ini.

Meski demikian, pelatihSteve McClaren tetap mem-berinya kepercayaan sebagaistarter. (bas/zul)

Page 19: Radar Tegal 3 okt 2015

15ALL SPORTwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 2015 1919191919

MENANGHARGAMATI

MALANG - Ambisi Arema Cro-nus untuk melaju ke babak finalPiala Presiden sepertinya akan

berjalan mulus.Itu bila meli-

hat statistiklima per-

t a n d i -

ngan terak-hir yang me-nunjukan beta-

pa superiornyaSingo Edan— ju-

lukan Arema—atas Sriwijaya FC.Modal pentinglainnya, kandangArema masih be-gitu angker bagi tim lawanselama turnamen ini, aliasmasih perawan dari ke-kalahan.

Nah, apakah statistikpertandingan yang mu-lus itu akan berpihak ke-pada tuan rumah Aremasaat menjamu SriwijayaFC dalam leg pertamababak semifinal PialaPresiden di Stadion Kan-

juruhan Malang, ma-lam nanti (tayanganlangsung Indosiar Pu-

kul 18.00 WIB). Asistenpelatih Arema, Made

Pasek Wijaya hanya bisamengangkat bahu. Namun,baginya, kemenangan men-jadi harga mati.

“Semua strategi sudah di-matangkan, dan tinggal

menunggu waktu untuk ekse-kusi saja di lapangan,” kata Madesaat jumpa pers di Malang, siangkemarin (2/10). “Intinya, inipertandingan yang sangat kru-

sial, dan kami tetap akan ber-main dengan ciri khas tim,

menyerang dengan cepatdan tampil fight sepanjanglaga,” tambahnya.

Pria berusia 46 tahun asalDenpasar, Bali ini menam-bahkan, sejatinya tidak ada

yang spesial dari kekuatanlawan. Mengingat, kedua tim

juga sama-sama pernah berte-mu di babak penyisihan grupawal September lalu. Ketika itu,Arema mampu mempermalukanLaskar Wong Kito dengan skormeyakinkan 3-1.

Selain itu, performa lini depanArema yang dikawal oleh Chris-tian Gonzales dan Lancine Koneasal Pantai Gading sedang tajam-tajamnya. Dua ujung tombak itumasing-masing telah mengo-leksi tiga gol, atau lebih dari se-paruh total sembilan gol yangdilesatkan Arema ke gawang

lawan selama turnamen milikiMahaka Sports and Entertain-ment ini digelar.

Hanya saja, lanjut Made, itubukan alasan bagi mereka un-

tuk meremehkan lawan. Apa-lagi, saat ini, ada tiga pemain pi-lar mereka yang terpaksa hanyabisa menyaksikan pertandingandari atas tribun penonton. Me-reka adalah Samsul Arif, FerryAman Saragih yang tersanderaakumulasi kartu kuning, sertaJuan Revi yang mengalami ce-dera kaki.

Made mengungkapkan, timpelatih telah menginstruksikanlini belakang mereka untuk lebihdisiplin. Mengingat, LaskarWong Kito memiliki trisula TitusBonai, Talaohu Abdul Musafridan Partick Wanggai yang sangatberbahaya. “Counter attack darimereka sangat berbahaya,” jelas-nya. Sementara itu, pelatih Sri-wijaya FC Benny Dollo menga-takan bahwa statistik memangberpihak kepada tuan rumah.(dik/by/jpg/adi)

IPUNK PURWANTO / MALANG POST

LATIHAN - Partick Wanggai satu dari trisula Sriwijaya FCyang patut diwaspadai Arema Cronus pada pertandinganleg pertama semifinal Piala Presiden, sore ini.

Perkiraan PemainArema Cronus (4-4-2) : 21- I Made Wardhana (pg); 15-Fabiano Beltrame (C), 2-Purwaka Yudhi, 87-Johan Alfarizie,59-Hasyim Kipuw: 8-Morimakan Koita, 12-HendroSiswanto, 41- Dendy Santoso, 14-Arif Suyono; 33-LancineKone, 10- Cristian Gonzales.Pelatih : Joko Susilo

Sriwijaya FC (4-3-3) : 33- Dian Agus P (pg); 4-Saiful IndraCahya, 5-Abdoulaye Maiga, 26-Fachrudin Arianto, 22-Wildansyah: 8-Yu Hyun Koo, 6-Asri Akbar, 17-T.A Musafry:25-Titus Bonai (C), 88-Patrich Wanggai, 91-Yohannis Nabar.Pelatih : Benny Dollo

Live : Indosiar Pukul 18.00 WibStadion : Kanjuruhan Malang

Arema Cronus Vs Sriwijaya FC

Mahaka SiapkanBali SebagaiAlternatif

JAKARTA - Keputusan Ma-haka Sports and Entertain-ments untuk menggelar per-tandingan final Piala Presidendi Stadion Gelora Bung Karno,Senanya-Jakarta, ternyata ti-dak diterima oleh seluruh kon-testan semifinalis Piala Pre-siden. Persib Bandung adalahsalah satu yang paling resistendengan kebijakan Mahakatersebut.

“Kalau akhirnya kami ber-hasil lolos ke babak final, su-dah tentu kami tidak inginbermain di Senayan,” katamanajer Persib Umuh Muc-htar. Dia beralasan, laga finaladalah pertandingan yang se-harusnya dinikmati oleh se-luruh pendukung dari timyang lolos ke final. “Nah, kalaubermain di Jakarta, sudah pastipara Bobotoh (suporter Per-sib, Red) tidak bisa datangdong,” lanjutnya.

Seperti yang diketahui, se-lama ini Jakarta bukan tempatyang nyaman bagi bobotoh,sebaliknya Bandung bagi Jak-

mania suporter Persija Jakarta.Suporter dari dua tim raksasaitu memang telah lama ber-seteru. Umuh khawatir, bilalaga final berlangsung di Ja-karta, malah akan menimbul-kan masalah baru bagi sepak

bola Indonesia.Dengan begitu, dia berha-

rap, Mahaka sebagai pihakoperator bisa mencari daerahlain untuk menjadi alternatifpenyelenggaraan laga finalnanti. “Emang pihak keama-

nan bersedia memberikan izinkalau Persib main di Jakarta?”tanya Umuh yang begitu yakintimnya bisa lolos ke babakpamungkas itu.

Diketahui, Persib harusmengkandaskan Mitra Kutai

Persib Bandung Keberatan Final di SenayanKartanegara (Mitra Kukar) se-belum berlaga di final nanti.Pada leg pertama, MaungBandung— julukan Persib—akan bertandang ke markasMitra Kukar, besok (4/10) sore.Mereka kemudian akan men-jadi tuan rumah leg kedua diStadion Jakabaring Palem-bang sepekan kemudian.

Di sisi lain, CEO MahakaHasani Abdulgani mengung-kapkan bahwa, mereka me-milih Stadion Gelora BungKarno sebagai akhir turna-men. Dengan alasan, selainberada di ibu kota, nilai sejarahstadion juga menjadi pertim-bangan mereka.

“Semua tim ingin bermaindi sana, dan kami juga inginlaga final harus berlangsung disana,” jelasnya.

Namun, Hasani tidak bisaberbuat banyak bila kemu-dian hari ada permintaan laindari klub yang lolos ke babakfinal. Dengan begitu, merekatelah mempersiapkan StadionI Wayan Dipta, Gianyar-Bali,sebagai stadion alternatif.“Kami memulai turnamen inidi sana (Bali, Red), dan bisajadi, juga mengakhirinya disana,” jelasnya. (dik/adi)

KHAIRIZAL MARIS/RADAR BANDUNG

DUEL - Punggawa Persib Bandung, Atep berduel dengan pemain Persib U-21 saat lagaujicoba di Lapangan Sesko AD. Jelang hadapi Mitra Kukar, penggawa Persib terus diasah.

RIO Haryanto memulai mu-sim ini dengan motivasi tinggi.Menjelang bergulirnya GP2musim 2015, dalam satu kon-ferensi pers di Jakarta, Per-tamina yang menjadi sponsorutamanya menegaskan akanmendukung dia ke Formula 1.Dengan catatan, Rio menem-bus lima besar pada klasemenakhir.

Kini, setelah delapan seridiantara sebelas lomba ber-langsung, Rio menunjukkanpeluang besar untuk meme-nuhi target itu. Pembalap asalSolo itu menduduki peringkatkeempat klasemen semen-tara. Dia mengoleksi 109 poin.Unggul 21 poin dari Alex Lynnyang ada di urutan kelima.

Rio juga punya peluang un-tuk menembus tiga besar. DariSergey Sirotkin yang ada diurutan ketiga, dia hanya ter-paut enam poin.

Sayang, peluang Rio untukfinis di lima besar itu tidakberbanding lurus dengan pe-luangnya menembus F1. Sam-pai saat ini, ketika bursa pem-balap F1 mendekati akhir, be-lum ada tanda-tanda dia men-dapatkan dukungan yang cu-kup. “Dulu kami sudah men-jalin kontak dengan Force In-dia. Namun, akhirnya didapatSergio Perez,” kata Indah Pen-nywati, ibunda Rio kepadaJawa Pos kemarin (2/9).

Perez memang lebih ber-pengalaman dari Rio. Pem-balap Meksiko itu sudah tam-pil di F1 sejak 2011. Namun,bukan faktor pengalaman yangmembuat dia dipilih Force In-dia, melainkan uang.

Kabarnya, Rio harus me-

nyediakan setidaknya USD 25juta (sekitar Rp 370 miliar).Saat tim Rio masih mencaridukungan ke sana sini, Perezdatang dengan uang yang le-bih besar. Maka Perez punyang dipilih untuk mendam-pingi Nico Hulkenberg olehForce India untuk musim2016.

“Kini peluang terbesar buatRio adalah Manor,” kata Indah.“Semoga saja kami bisa segeramendapatkan sponsor,” im-buhnya.

Ya, semoga saja Rio segeramendapatkan sponsor. Sa-yang kalau peluang bagi Indo-nesia untuk memiliki pem-balap Formula 1 yang sudahada di depan mata lepas. Ta-hun depan belum tentu adapeluang sebagus tahun ini.

Manor, meski tahun ini be-lum merebut satu pun poin,tahun depan punya potensilebih baik. Mereka sudah men-capai kesepakatan denganMercedes sebagai pemasokmesin. Sampai tahun depan,karena belum ada perubahanregulasi yang besar, mesinMercedes sepertinya akantetap digdaya dibandingkanmesin Ferrari maupun Re-nault. Manor akan menjaditim kelima yang menggunakanmesin Mercedes selain Will-iams, Lotus, Force India, plustim pabrikan Mercedes.

“Bersama Mercedes, kamiakan kembali ke performayang agresif dengan dampakyang bakal kentara pada mu-sim depan,” kata Team Princi-pal Manor John Booth seba-gaimana dilansir Autosport.(cak/ang/adi)

RIOHARYANTO.COM

MENANG - Pembalap Indonesia Rio Haryanto mengangkatpiala usai memenangkan balapan.

Peluang Rio HarusDiselamatkan

JAKARTA - Para pemain In-donesia berjaya di grand prixgold Thailand Open. Padababak delapan besar, kemarin(2/10), di Thunder Done Bang-kok, para pemain tanah airmenundukkan lawan-lawan-nya. Dari tujuh wakil, enamdiantaranya melaju ke babaksemifinal, hari ini (3/10).

Dari lima kategori yang di-pertandingkan, tunggal putridan ganda putri Indonesiatanpa wakil di semifinal. Se-dang di tiga kategori lainnya,ada enam wakil. Tiga pasangdi ganda putra, dua nama ditunggal putra, dan satu wakildi ganda campuran.

Ganda putra membukakans All Indonesia Finals. Hariini di semifinal Angga Prata-ma/Ricky Karanda Suwardiakan berjumpa wakil MalaysiaKoo Kien Keat/Tan BoonHeong. Sedang pasangan AdeWahyu/Wahyu Nayaka A.P.harus saling bunuh denganpasangan Indonesia lainnya,Gideon Markus Fernaldi/Ke-vin Sanjaya Sukamuljo.

“Ini sesuai harapan kami.Kami bertemu Gideon/Kevin.Karena berarti satu wakil In-donesia memastikan diri ke fi-nal. Meski teman sendiri, kamisiap untuk menghadapinya,”ucap Wahyu dalam surat elek-tronik.

Sedang Angga/Ricky yangmerupakan unggulan keduatak mau meremehkan calon

lawannya dari Malaysia, BoonHeong/Kien Keat. Meski rekorbertemu keduanya masih ko-song-kosong, pasangan Ma-laysia yang kini duduk di posisi41 dunia itu bisa menyulitkan.

“Fokus saja untuk pertan-dingan besok (hari ini, Red)Kami sudah siap dan akanberbicara dengan pelatih soalstrategi apa yang akan dipa-kai,” tutur Angga.

Di sisi lain, tunggal putrapelatnas Ihsan Maulana Mus-tofa belum berhenti membuatkejutan. Kemarin pemain PBDjarum Kudus itu secara ga-gah menggebuk pemain tung-gal putra Korsel yang jadi ung-gulan pertama turnamen SonWan-ho. Satu lagi tunggal put-ra Indonesia yang menembusempat besar adalah DionysiusHayom Rumbaka. Hayom hariini akan bertemu unggulankeempat turnamen asal Kor-sel, Lee Hyun-il.

Nah, sebelum menjinakkanWan-ho, Ihsan sudah mem-buat kejutan di babak keduadengan mengalahkan ung-gulan keenam turnamen, Ta-nongsak Saensomboonsuk21-16, 21-18. Lalu di babakketiga, pemain berusia 20 ta-hun itu mempermalukan ung-gulan ke-14 turnamen Zi LiangDerek Wong 21-19, 21-13.

Kejutan demi kejutan yangdicapai Ihsan mendapat responpositif dari Kabid Binpres PPPBSI Rexy Mainaky. (dra/adi)

BADMINTONINDONESIA.ORG

KEJUTAN - Tunggal putra pelatnas Ihsan Maulana Mustofabelum berhenti membuat kejutan pada setiap laga.

6 Pemain IndonesiaMelaju ke Semifinal

Page 20: Radar Tegal 3 okt 2015
Page 21: Radar Tegal 3 okt 2015
Page 22: Radar Tegal 3 okt 2015
Page 23: Radar Tegal 3 okt 2015

INSIDENwebsite : radartegal.com, epaper: epaper.radartegal.com

RADAR TEGALSABTU , 3 OKTOBER 2015 23

Bawa Belati di JokMotor Berujung BuiCILACAP - Naas menimpa Bayu Pratama (20), warga jalan

Progo Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah. Niat hatiingin menjaga diri, tapi yang terjadi ia justru harus diboyong keMapolsek Cilacap karena kedapatan membawa senjata tajam(sajam) yang disimpan di jok sepeda motor.

Informasi yang dihimpun, Bayu diamankan Senin (21/9) pukul15.00. Bayu yang bekerja di proyek bangunan terminal Cilacapini dirazia saat sedang duduk-duduk di warung Pink di wilayahAreal 70 Pertamina Cilacap. Bersamaan waktu sore itu, anggotagabungan Sat Shabara Polres Cilacap dan Polsek Cilacap Selatanmelakukan operasi Cipta kondisi dengan sasaran premanismedi wilayah pantai Teluk penyu Cilacap.

Pengakuan Bayu pada petugas, dirinya memang kerapkalimembawa sajam untuk berjaga diri. Ia kawatir kalau-kalau adaorang yang berniat jahat. Ia pun berdalih sajam ia bawa bukanuntuk mengancam orang atau menakuti orang.

Kapolres Cilacap, AKBP Ulung Sampurna Jaya SIK MH melaluiKapolsek Cilacap Selatan, AKP Totok Nuryanto SH mengatakandari hasil pemeriksaan pelaku mengakui bahwa alasan membawasenjata tajam untuk keperluan menjaga diri. Saat dilakukanpenggeledahan ditemukan sebuah pisau belati, berbahan stain-less sepanjang 31 cm di dalam jok sepeda motor yang dibawapelaku. “Pisau belati tersebut selalu berada di dalam jok sepedamotor sehingga setiap pergi menggunakan sepeda motor, pisaubelati tersebut selalu terbawa,” katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dijeratPasal 2 Ayat (1) UU Darurat No 12 Tahun 1951 Tentang SuratIzin Kepemilikan Senjata Tajam. Ancaman hukuman penjarasetinggi-tingginya sepuluh tahun. Belati yang dibawa Bayudiamankan sebagai barang bukti untuk proses penyidikan.

Kapolres mengimbau kepada warga Cilacap agar selalauwaspada terhadap tindak kriminal yang disertai kekerasan,terutama di wilayah yang dinilai rawan serta menghindari daerahyang kurang penerangan pada malam hari.

“Jangan gunakan perhiasan maupun telepon genggam yangdapat menarik perhatian para pelaku kejahatan.” katanya.

Selain kasus tersebut, di wilayah Cilacap Selatan, Senin (28/9) lalu, terjadi peristiwa pemalakan laki-laki paruh baya warga JlAchmad Yani, Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatandengan cara ditodong sebilah pisau. Dalam aksi pemalakan yangdilakukan pukul 07.00 di dalam Toko Sparepart mobil, Ardjuna,kepala korban dibenturkan ke etalase oleh pelaku. Akibat kejadiantersebut, dia dilarikan ke rumah sakit terdekat karena pipi kiriatas bocor dan pelipis mata mengalami lebam.

Pemilik toko Ardjuna sekaligus kakak kandung korban, Suyanto(88) bercerita pada pukul 07.00 adiknya datang paling awal ketoko untuk membuka gerbang. Saat ia masuk toko, tiba-tibamenyerobot masuk seorang laki-laki menanyakan oli. Saat adiknyahendak menjawab, orang tersebut langsung meminta sejumlahuang, meremas lengan korban juga menodongkan sebilah pisau.

“Laki-laki tersebut juga mengancam membunuh. Seingat adiksaya, laki-laki itu kurang lebih tingginya 165 cm,” terang Suyantosaat ditemui Banyumas Ekspres di tokonya. (ziz/rez/ttg/sri)

DOK/RADARMAS

DIPERIKSA - Bayu Pratama (20), warga jalan ProgoKelurahan Donan diperiksa polisi membawa sajam.

Empat Bangunan TerbakarBATURRADEN- Kebakaran hebat terjadi di Jalan Raya Beji,

Desa Purwosari, Kecamatan Baturraden, Jumat (2/10) dini hari.Empat bangunan rumah ludes dilalap si jago merah. Diduga apiberasal dari gudang kayu milik salah seorang korban danmerembet ke bangunan lainnya. Akibat kebakaran ini, totalkerugian hingga ratusan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun Radarmas, musibah kebakaran initerjadi sekitar pukul 02.90. Musibah kebakaran pertama kalidiketahui Sumargo,(65), yang pada saat itu tengah ronda malam.Tiba tiba, ia melihat api dari gudang kayu milik korban Gunawan(58). Melihat hal itu, ia segera berteriak kebakaran dan memukulkentongan untuk membangunkan warga.

Api yang membakar tumpukan tumpukan kayu kering milikGunawan itu dengan cepat membesar dan merembat kebangunan yang berada di sekelilingnya. Salah satu rumah milikseorang anggota Polsek Kedungbanteng, Aiptu Latiman (58)yang berada di sebelah timur gudang juga turut terbakar. “Pasronda ada api di gudang kayu milik pak Gunawan. Kayu itumemang sudah disimpan lama disitu hingga kering,” ujarnya.

Tak perlu waktu lama, api pun melalap sebuah salon milikFitria (35) dan sebagian bangunan rumah milik Sumargo danGunawan tersebut. “Setelah melihat kebakaran itu, saya gedorgedor untuk membangunkan, agar tidak ada korban,” lanjutnya.

Warga yang mengetahui adanya kebakaran segeramemberikan pertolongan dengan alat seadanya. Tak berselanglama, tiga unit mobil pemadam kebakaran yang mendapat laporansegera memberikan pertolongan. Lantaran sebagian bangunanrata-rata terbuat dari kayu. Api dengan cepat menjalar ke berbagaiarah. Api baru bisa dipadamkan setelah dua setengah jam,petugas pemadam berjibaku dengan api.

Kapolsek Baturraden AKP Susanto mengatakan, pihaknyasegera melakukan penyelidikan usai musibah kebakarantersebut. “Dari penyelidikan, diduga sumber api dari gudangkayu tersebut karena memang menmyimpan kayu kayu keringdalam ukuran besar,” pungkasnya. (ali/sri)

DOK/RADARMAS

PUING - Akibat musibah kebakaran yang menimpasejumlah warga kini mengalami kerugian besar.

KAJEN - Anggota Sat Nar-koba Polres Pekalongan, Ka-mis (1/10) malam, kembaliberhasil menangkap seorangpengedar Narkoba jenis sabu,Muhammad Harun alias Cempe(19) asal Klekor, Desa Pakum-bulan, Buaran. Tersangka diri-ngkus anggota bersama ba-rang bukti ketika asyik bernya-nyi di Kafe Desa Wangando-wo, Bojong, yang diduga se-bagai pengedar dan atau pe-makai narkotika jenis sabu-sabu.

Penangkapan tersangka ber-mula adanya informasi yangmasuk ke anggota Sat Nar-koba, bahwa di lokasi adaseorang pemuda yang mem-bawa Narkoba jenis sabu de-ngan menunjukan ciri dan pa-kaian yang dikenakan pelaku.Anggota yang tak ingin ke-hilangan buruannya, sekirapukul 18.00 langsung mela-

Asyik Dugem,Diciduk Polisi

kukan penyelidikan di lokasi.Kemudian sekira pukul 19.00,tepatnya di kafe Desa Wangan-dowo, Bojong, anggota mela-kukan penyisiran dan men-dapati seorang pemuda se-suai yang diinformasikan yak-ni mengenakan jaket putihlengan hitam.

Disalah satu ruang, anggotaakhirnya menghampiri pemu-da yang langsung melakukanpemeriksaan dan penggele-dahan, sembari menyuruh me-ngeluarkan barang bawaan-nya. Ketika anggota meme-riksa, akhirnya mendapati satupaket sabu yang tersimpan darisebuah saku sebelah kanandepan dimasukan di dalamRokok Gudang Garam Signa-ture. Terbungkus dengan plas-tik klip warna putih transpa-ran.Adanya temuan sabu, pe-laku tak dapat berkutik yangselanjutnya digelandang ang-

gota ke Mapolres Pekalonganguna pemeriksaan lebih lanjut.

Kasubbag Humas Polres Pe-kalongan, AKP Aries Tri Har-tanto, menegaskan bahwa ter-sangka Cempe diamankan ang-gota Satnarkoba bersama ba-rang bukti 1 paket sabu sabudibungkus plastik klip warnatranparan. Selain itu 1 bung-kus rokok gudang garam danHP merk nokia.

“Tersangka ditangkap saatasyik bernyanyi dengan di-temani beberapa perempuanpendamping lagu. Untuk ka-sus ini masih dalam pena-nganan anggota Satnarkoba,dikenai pasal 112 jo 114 uu no35 th 2009 tentang narkotikaancaman minimal 4 th mak-simal 12 tahun,” terangnya.

Tersangka ditangkap ang-gota di kafe di Desa Wangan-dowo, Kecamatan Bojongtengah bernyanyi(yon/sri)

TEGAL - Sejumlah nelayan diJongor Tegalsari, panik saat alang-alang yang ada di lingkungan pe-labuhan itu menyala dengan ko-baran api yang langsung membesar,Jumat (2/10) siang kemarin. Be-runtung, sebelum api menjalar kebangunan ruko yang persis dekatdengan TKP, dua unit pemadamkebakaran berhasil menjinakan.

Diperoleh informasi, kepanikanwarga khususnya para nelayan itulantaran pas kejadian berbarengandengan salat Jumat kemarin. Takpelak pask salat masyarakat pesisir

pun berusaha memadamkan de-ngan sarana seadanya. Namun lan-taran takut menjalar, warga jugaakhirnya menghubungi petugaspemadam kebakaran. Dan dalamwaktu singkat, dua unit pemadamkebakaran langsung datang ke TKP.

“Kami juga tidak tahu, siapa yangiseng membakar alang-alang di si-ang bolong seperti ini. Ditambahdengan faktor kemarau, membuatapi cepat menjalar,’’ ujar Udin, saksimata di TKP.

Menurutnya, warga langsungmenghubungi pemadam kebaka-

ran lantaran takut apinya menjalarke pertokoan. Karena cuaca panasdan angin yang kencang membuatapi yang membakar alang-alangkian membesar.

Petugas pemadam kebakaran,Casmidi, menambahkan bahwa di-harapkan masyarakat Tegal khu-susnya untuk tidak bermain api dimusim kemarau saat ini. Karena halitu berpotensi dengan terjadinyakebakaran.

Di tempat sama Kapolsek TegalBarat Kompol Siti Murbani SH jugamengingatkan bahwa dirinya sudah

berulangkali memberikan imbauankepada masyarakat agar tidak mem-bakar sampah sembarangan. Ka-rena musim kemarau saat ini sangatberpotensi terjadinya kebakaran.

“Untung saja tim pemadam cepatdatang. Sehingga api yang seharus-nya merembet ke pertokoan, berhasildijinakan,’’ pungkasnya. (gus/sri)

Api Alang-alang Nyaris Membakar Ruko Warga

SEMPROTKAN - Api yang meng-hanguskan alang-alang langsungpadam oleh petugas pemadamkebakaran yang datang.

AGUS WIBOWO/RADAR TEGAL

TRIYONO/RADAR PEKALONGAN

KETERANGAN - AKP Aries Tri Hartanto tengah memintai keterangan terhadap pelaku.

KEDUNGBANTENG-Aksipencurian menimpa konterhandphone (HP) milik Tri-yono (33), warga Desa Kebo-coran, Kecamatan Kedung-banteng. Konter Ival Cell milik-nya, dibobol maling, Jumat (2/10) kemarin. Sekitar 150 hand-phone dan voucher raib diba-wa pelaku. Akibat peristiwaini, korban mengalami keru-gian yang nilainya ditaksir men-capai Rp 200 juta.

Menurut istri korban, Isdwi-yanti (34), peristiwa ini diketa-hui sekitar pukul 04.30. Awan-ya adik korban, Liah (26), barusaja pergi ke pasar pada pagiharinya. Sekitar pukul 04.30,Liah yang melintas di depankonter yang letaknya di depanrumah korban, melihat pinturolling door sudah terbuka.“Pas adik suami saya lewatkatanya rolling doornya sudahterbuka, terbukanya sekitarsatu orang bisa masuk,” kataIsdwiyanti.

Liah segera memberitahu-kan hal tersebut kepada Is-dwiyanti dan Triyanto. Saatdicek, ternyata ruang kontersudah berantakan. “Saat di-cek, ternyata kondisinya su-dah berantakan, barang-bara-

DOK/RADARMAS

DIBOBOL - Istri korban, Isdwiyanti (34), menunjukan konterHP yang dibobol maling. Kerugian diperkirakan Rp 200 juta.

ng ludes. Ada sekitar 50 hand-phone biasa dan sisanya 100Android,”jelas Isdwiyanti.

Menurut dia, sebenarnyapada malam harinya, ada yangmenjaga konternya. Namunsekitar pukul 04.30, penjagapulang ke rumahnya. “Pukul21.00 malam kan tutup, se-benarnya ada yang menjagayakni pak Warno (40). Tapisekitar pukul 04.00, dia pu-lang. Mungkin pelaku sudahtahu kondisi di sini. Tetanggaada yang katanya melihat ke-munggkinan pelaku lebih daridua orang memakai sepedamotor protolan,” ungkapnya.

Menurutnya, konternya su-dah dua kali mengalami pen-curian. “Yang pertama kali dulugagal, keburu ketahuan orang.Waktu itu pintu pintu rumahtetangga diikat menggunakantali oleh pelaku,” ujarnya.

Kapolsek Kedungbanteng,AKP Sambas Budi W menga-takan, pihaknya masih mela-kukan penyelidkkan terkaitkasus pencurian ini. “Didugapelaku masuk dengan cara me-rusak pintu rolling door. Setelahberhasil masuk lalu mengga-sak barang-barang daganganmilik korban. (ali/sri)

Pemilik Konter HPRugi Ratusan Juta

KRIMINAL

MUSIBAH

Page 24: Radar Tegal 3 okt 2015

Pendiri OracleDALAM dunia teknologi, Anda pasti pernah men-

dengar nama Oracle, sebuah perusahaan databaseterbesar di dunia. Namun siapa sangka, di balik kisahdari berdirinya Oracle sebagai sebuah perusahaanterselip kisah inspiratif yang penuh dengan perjua-ngan dari pendirinya, yaitu Larry Ellison yang saat inimenjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan to-tal kekayaan sebesar Rp 510 triliun.

Dibawah pimpinan Larry Ellison, Oracle kemudianmenjelma menjadi perusahaan raksasa yang mena-ngani masalah database. (wan/wcp)

website : radartegal.com, epaper : epaper.radartegal.comSABTU , 3 OKTOBER 2015 2424242424

LARRY ELLISON

JAKARTA - Munculnya 240perguruan tinggi swasta (PTS)nonaktif membuat pemerin-tah berbenah. Saat ini merekatidak lagi mengobral pener-bitan izin operasional kampusmaupun program studi (pro-di) baru. Akibatnya ada ribuanpermohonan izin operasionalmasih digantung.

Kepala Badan AkreditasiNasional Perguruan Tinggi(BAN-PT) Mansur Ramli me-ngatakan, saat ini permoh-onan izin operasional 700kampus baru yang masih antridi laci mejanya. “Selain itujuga ada permohonan pem-bukaan 3.000 unit prodi baru.Semuanya masih belum diter-bitkan izinnya,” katanya di selapersiapan seminar nasionalIslamic Quality Assurance(IQA) di Jakarta kemarin.

Mansur menjelaskan saatini penerbitan izin pembu-kaan atau operasional prodidan kampus baru memangtidak semudah dulu. Saat inikampus pengusul izin opera-sional baru wajib mengejarstandar minimal pelayanan(SPM) perguruan tinggi. Con-tohnya adalah setiap satu pro-di wajib memiliki enam dosentetap. Untuk kelompok sar-jana, dosennya minimal harusberijazah magister (S2).

Persaratan berikutnya ada-lah kepastian legalitas yaya-san dan pengelola teknis ku-

700 Kampus Antre Izin Operasionalliah (rektorat) serta kebera-daan lahan atau sarana prasa-rana (sarpras) untuk perkulia-han. Jika seluruh persyaratanitu dipenuhi, izin keluar seka-ligus diterbitkan akreditasisetingkat C.

Tetapi sayangnya pada prak-teknya banyak pengelolakampus yang berupaya me-manipulasi kondisi kampus.“Untuk ketersediaan dosen, dilapangan itu ada juga jasa sewadosen. Jadi kampus lain me-nyewakan dosen-dosennya dikampus yang mengajukan izinoperasional,” kata dia.

Bentuk manipulasi lainnyaadalah kelengkapan laborato-rium komputer. Ketika dila-kukan visitasi oleh asesor dariBAN-PT, kampus bisa menun-jukkan computer-komputeruntuk sarana laboratorium.Tetapi ternyata komputer-komputer ini adalah sewaandari lembaga kursus kompu-ter atau bahkan took kom-puter.

Lahan untuk kuliah jugasering dimanipulasi. Ketikamengajukan izin, pengelolakampus menyebutkan memi-liki lahan yang masih berupatanah. Untuk sementara ku-liah menyewa di ruko ataugedung sejenisnya. Tetapi se-telah dicek, tanah yang dise-butkan tadi adalah tanah milikorang lain. “Bahkan pernahtanah kuburan juga diklaim

aset yayasan,” tutur dia.Untuk itu Mansur menga-

takan, sangat tepat pemerin-tah tidak lagi royal dalammemberikan izin opearsionalkampus maupun prodi baru.Sebab jika diluluskan begitusaja hingga ada mahasiswa-nya, pemerintah akan kesu-litan menutupnya. Sebab ha-rus mempertimbangkan nasibmahasiswa yang ada di da-lamnya.

Terpisah, Wakil KetuaUmum DPP Partai AmanatNasional Didik J Rachbinimengkritik keputusan Kemen-terian Ristekdikti yang me-nonaktifkan 243 perguruantinggi. Didik menilai, Keme-nterian Ristekdikti melakukankeputusan sepihak dengantidak berbicara dengan DPRsebagai mitra pengawas. “Ke-men Dikti seharusnya menga-suh, membina, membantu.Kalau dosennya kurang di-bantu,” ujar Didik , (2/10).

Dosen Pascasarjana Univer-sitas Indonesia itu menilai,dirinya tidak yakin Kemen-terian Ristekdikti melakukanpemeriksaan yang kompre-hensif, terkait penonaktifanratusan kampus dari berbagaiprovinsi itu. Berdasar penga-lamannya memimpin KomisiX DPR, Didik menilai Kemen-ristek selalu menerapkan ke-bijakan yang berubah-ubah.(wan/bay)

ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA

MAKET - Menristek RI M Nasir bersama Mensos RI Khofifah Indar Parawansa melihat maket Universitas Khodijah.

BATAM - Kementerian Riset,Teknologi, dan PendidikanTinggi (Kemenristek Dikti)menonaktifkan enam pergu-ruan tinggi swasta (PTS) diProvinsi Kepulauan Riau. Em-pat di antaranya berlokasi diBatam.

Keenam PTS tersebut an-tara lain Akademi BahasaAsing Tanjungpinang dan Se-kolah Tinggi Ilmu Kesehatandi Kabupaten Karimun. Ke-mudian empat sisanya meru-pakan PTS yang berlokasi diBatam, yakni Sekolah TinggiTeknik Bentara Persada Ba-tam, Akademi Akuntasi Per-mata Harapan, Akademi Ma-najemen Informatika danKomputer Gici Batam, danAkademi Bahasa Asing Per-mata Harapan Batam.

Koordinator PerguruanTinggi Swasta (Kopertis) Wila-yah X, Genefri, mengatakanpenon-aktifan tersebut me-nandai adanya beberapa halyang harus diperbaiki. Ke-menterian mengacu pada pe-raturan perundang-unda-ngan terkait pendirian sebuahperguruan tinggi.

“Kami melakukan inves-tigasi. Sistem perkuliahanyang dijalankan memang ti-dak memenuhi standar pergu-

ruan tinggi,” tutur Genefri,kemarin.

Satu hal yang paling ber-masalah adalah jumlah te-naga dosen. Peraturan meng-hendaki jumlah dosen seba-nyak enam orang untuk setiapprogram studi (prodi). Namunkeenam PTS tersebut tak me-menuhi persyaratan ini. Bah-kan, ada di antara PTS itu yanghanya memiliki dua dosen un-tuk satu prodi.

Selain itu, model pembela-jaran juga menjadi pertim-bangan Kemenristek Dikti.Inilah yang terjadi pada Aka-demi Manajemen Informatika

dan Komputer Gici. PTS inimemang menerapkan modelpembelajaran yang mende-katkan teori perkuliahan de-ngan kewirausahaan.

“Sayangnya, itu tidak bisaditerima,” kata Genefri lagi.

Namun demikian, dari em-pat PTS itu, hanya Gici yangmenunjukkan niat baik untukmemperbaiki. Mereka kini te-ngah mempersiapkan berkas-berkas perbaikan. Berkas-ber-kas itu rencananya akan dian-tar ke Kementerian, Senin (5/10) depan.

“Penon-aktifan ini hanyasementara. Gici harus ber-benah supaya statusnya kem-bali aktif. Kalau PTS yang lainitu memang sudah kami mintaditutup saja,” ujarnya.

Selain menon-aktifkan per-guruan tinggi, Kemenristek-Dikti juga menonaktifkan se-jumlah prodi. Ada dua puluhprodi dari sembilan PTS Kepriyang dinonaktifkan. Enam da-ri dua puluh prodi yang dinon-aktifkan itu ada di Batam.

Yakni, Prodi Profesi Dokterdan Teknik Elektronika dariUniversitas Batam (Uniba),Ekonomi Pembangunan dariUniversitas Riau Kepulauan(Unrika), Teknik Industri danTeknik Elektronika dari Se-

kolah Tinggi Teknik BentaraPersada serta prodi SistemInformasi dari STMIK PuteraBatam. “Di Uniba itu, ada duaprodi terkait kedokteran diUniba: prodi pendidikan danprofesi dokter. Yangpendidikan dokternya aktif.Tapi yang profesi tidak,”katanya lagi.

Penon-aktifan ini merupa-kan sanksi berskala sedangdari Dikti. Ini akibat adanyasejumlah pelanggaran yangdilakukan para PTS. Namundemikian, kampus yang non-aktif bukan berarti kampusabal-abal.

Mereka harus melakukan sej-umlah perbaikan untuk me-ngaktifkan kembali status mere-ka. Baik status perguruan tinggimaupun status program studi.Perguruan tinggi atau proditersebut harus sudah memenuhipersyaratan peraturan penye-lenggaraan prodi atau perguruantinggi yang diberlakukan olehDitjen Kelembagaan IptekDiktidan peraturan perundang-unda-ngan bidang pendidikan secaraumum.

Sebelum dinyatakan aktif,perguruan tinggi atau pro-gram studi itu tidak boleh me-nerima mahasiswa baru. (ceu/wan/jpnn)

KEMENTERIAN Pendidi-kan dan Kebudayaan (Ke-mendikbud) mengumum-kan, tunjungan profesi guru(TPG) non PNS triwulan tigadipastikan cair pada tanggal9 Oktober 2015 nanti.

Sebagai gambaran TPGbiasa dikucurkan setiap tigabulan sekali. Pencairan dila-kukan pada bulan keempatsetelahnya. Jumlah TPG di-berikan sebesar 1 kali gajipokok per bulan.

Pencairan TPG dilakukanoleh dua pihak, yakni Ke-mendikbud dan Pemerin-tah Daerah. Kemendikbudberkewajiban mencairkanTPG non PNS, semetaraTPG PNS merupakan tang-gung jawab Pemda masing-

masing.Direktur Jenderal Guru

dan Tenaga KependidikanSumarna Surapranata me-nuturkan, surat perintahmembayar (SPM) untukTPG non PNS telah diselesaidibuat pada Senin (28/9)lalu. SPM pun telah dise-rahkan pada tiga bank pe-nyalur TPG, meliputi PTBank Rakyat Indonesia(BRI), PT Bank Mandiri, danPT Bank Nasional Indonesia(BNI).

“Yang jadi tanggunganKemendikbud sudah. Pal-ing lambat Jumat (9/10),”tuturnya saat ditemui di Ja-karta, kemarin.

Pranata menjelaskan, da-lam penyaluran triwulan ke-

tiga ini, pihaknya menyiap-kan dana sebesar Rp 2 Tri-liun. Jumlah tersebut berasaldari anggaran TPG yang di-kelolah pihaknya tahun inisebesar Rp 7 triliun.

Pranata turut mewanti-wanti para guru untuk tidakserta merta menguras isi ta-bungan saat TPG cair. Ka-rena, bila tabungan diko-songkan hingga saldo nolrupiah lebih dari satu bulan,maka tabungan otomatisakan dibekukan. Akibatnya,pembayaran TPG triwulanselanjutnya akan “mental”atau tidak bisa dikirim olehpihak bank. “Kadang sukaada yang kalap. Kita ingat-kan agar tidak demikian,”jelasnya. (mia/wan/jpnn)

Kabar Gembira bagi Guru

ISTIMEWA/JPNN

Prof Ganefri PhD

Enam Kampus di Kepri Ditutup