proposal kegiatan seminar kurikulum 2013

Upload: ryan-aminullah-yassin

Post on 04-Nov-2015

1.033 views

Category:

Documents


173 download

TRANSCRIPT

IDENTITAS SEKOLAH

Oleh :MGMP FISIKA SMKPEMERINTAH KABUPATEN TRENGGALEK

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDYAAN

MGMP FISIKA SMK KABUPATEN TRENGGALEKTrenggalek

Juni 2014LEMBAR PENGESAHAN

Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kebutuhan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru fisika dan mutu pembelajaran di sekolah untuk menghasilkan outcome yang diharapkan, maka dengan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kabupaten Trenggalek mengesahkan Kegiatan Workshop Kurikulum 2013 Tahun 2014 MGMP Fisika SMK.Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan bimbingan dan petunjuk di dalam kelancaran kegiatan Workshop di Lingkup MGMP Fisika SMK Kabupaten Trenggalek.

Trenggalek, Juni 2013

Mengetahui,Ketua PelaksanaKetua MMKS SMK Kab. TrenggalekDrs. MUKASILJAROT SUSENO, S.PdNIP. 19570909 198303 1 018NIP. 19751122 200604 1 011Mengesahkan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Kabupaten Trenggalek

Drs. KUSPRIGIANTO, MM

Pembina Utama Muda / IVCNIP. 19590705 198710 1 002

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami sampaikan ke hadirat Allah SWT atas maghfiroh, rakhmat serta inayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan Proposal Pelaksanaan Workshop KURIKULUM 2013 MGMP Fisika SMK Kab. Trenggalek.

Kurikulum 2013 yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum serta ditambahkan Kompetensi Inti (KI).

Komponen kurikulum 2013 yang terdiri dari: (a) Tujuan Pendidikan Sekolah, (b) Struktur dan Muatan Kurikulum, (c) Kalender Pendidikan, (d) Silabus, (e) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Berdasarkan komponen tersebut di atas, MGMP Fisika SMK Kab. Trenggalek mengupayakan agar komponen-komponen tersebut dapat dipahami oleh guru fisika sebagai subjek utama praktisi pendidikan di sekolah. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memprogramkan kegiatan dengan mengundang narasumber yang kompeten bagi pelaksanaan Workshop KURIKULUM 2013.

Akhirnya semoga guru fisika selaku salah satu insan pendidikan dapat memanfaatkan dukungan dari pemerintah yang telah diprogramkan (BOS) demi peningkatan kualitas sumber daya manusia seutuhnya.

Trenggalek, Juni 2014Panitia Pelaksana

DAFTAR ISI

Halaman

JUDUL ..i

HALAMAN PENGESAHAN..ii

KATA PENGANTAR..iii

DAFTAR ISI..iv

BAB I PENDAHULUAN .

A. Latar Belakang 1

B. Tujuan Workshop KURIKULUM 2013 .2

C. Hasil Yang Diharapkan ..3

D. Sumber Dana ..3

BAB II PROFIL MGMP FISIKA SMK ..

A. Profil MGMP Fisika SMK.4

B. Implementasi KURIKULUM 2013 Pada MGMP Fisika...5

C. Potensi Sekolah dan Prioritas Pemenuhan Kebutuhan...7

BAB III RENCANA PELAKSANAAN ......................................................................................

A. Panitia Pelaksana .............................................................9

B. Hirarki Kegiatan Kurikulum 2013 .......................................9

C. Narasumber ......................................................................10

D. Rencana Anggaran ...........................................................11

E. Jadwal Pelaksanaan .........................................................12

BAB IV RENCANA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 ......................................................

A. Pentingnya Implementasi KURIKULUM 2013 13

B. Peningkatan Efisiensi Internal...........................................14

C. Peningkatan Relevansi .....................................................14

D. Pengembangan Standar Isi...............................................14

E. Pengembangan Standar Proses Pendidikan.....................14

F. Pengembangan standar pendidik......................................14

G. Pengembangan Standar Sarana Pendidikan....................14

H. Pengembangan Standar Pengelolaan Pendidikan............15

I. Pengembangan Standar Penilaian Pendidikan..................15

J. Rencana Terkait Implementasi..........................................16

BAB V PENUTUP ...................................................................................................................17

BAB I

PENDAHULUANA.Latar Belakang

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, mengamanatkan kurikulum pada KURIKULUM 2013 jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan. Kurikulum 2013 mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Disamping dari ke delapan standar nasional pendidikan tersebut, hal yang perlu dipahami dalam kurikulum 2013 yaitu Komptensi Inti (KI) dan Komptensi Dasar (KD) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

KURIKULUM 2013 merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. KURIKULUM 2013 merupakan strategi pengembangan kurikulum untuk mewujudkan sekolah yang efektif, produktif, dan berprestasi. Penyusunan KURIKULUM 2013 merupakan bagian dari kegiatan perencanaan sekolah yang dilakukan dalam bentuk rapat kerja sekolah yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah termasuk guru fisika dan sains.

Mutu pendidikan ada di sekolah, karena itu peran sekolah dalam meningkatkan kemampuan personilnya dinatarnay guru fisika dan sains sangat menentukan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Banyak hal yang perlu diperbuat oleh sekolah karena sebagaian besar kebijakan yang berkaitan dengan implementasi Komptensi Inti (KI) dan Komptensi Dasar (KD) (KURIKULUM 2013) dilaksanakan oleh sekolah. Implementasi Komptensi Inti (KI) dan Komptensi Dasar (KD) tercermin dalam proses pembelajaran. Kualitas proses pembelajaran sangat menentukan kualitas hasil belajar siswa. Kualitas proses pembelajaran akan tercapai jika guru sebagai pengembang dan pelaksana kurikulum memiliki kompetensi yang memadai dalam hal perencanaan pembelajaran, penyediaan bahan ajar, penyelenggaraan pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran, serta melaksanakan penilaian seperti yang diisyaratkan dalam KURIKULUM 2013.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka melalui MGMP Fisika SMK sekolah harus senantiasa memelihara dan mengembangkan kompetensi dan profesionalisme guru khususnya guru fisika dan sains. Salah satunya adalah menyelenggarakan pelaksanaan Workshop KURIKULUM 2013.

B. Tujuan Pelaksanaan Workshop KURIKULUM 2013 dan Sasaran

1. Tujuan Umum

Menghasilkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir dan berwawasan ke depan untuk mewujudkan proses pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan, serta relevan dengan kebutuhan peserta didik, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2. Tujuan Khusus

1) Memahami Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran Fisika pada kelas X, kelas XI dan kelas XII;

2) Meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru fisika dalam mengembangkan bahan ajar, model pembelajaran saintifik, kontekstual, penugasan berstruktur dan tidak berstruktur, media pembelajaran dan penilaian berbasis kelas.

3) Menghasilkan sistem pembelajaran dengan pendekatan saintifk di SMK.

3. Sasaran

Adapun sasaran Workshop kurikulum 2013 MGMP fisika Kabupaten Trenggalek ini adalah untuk peningkatan mutu pendidikan fisika siswa SMK di kabupaten Trenggalek. Dan sebagai sarana ilmiah mengatasi dampak perkembangan teknologi yang semakin canggih yang bertujuan untuk mendewasakan pola pikir bangsa Indonesia agar tidak kehilangan jati dirinya.C. Hasil Yang DiharapkanSekolah melalui guru fisika dapat mengimplementasikan KI dan KD mata pelajaran fisika (KURIKULUM 2013) dalam proses pembelajaran pendekatan saintifik kepada peserta didik.

D. Sumber DanaSumber Dana pelaksanaan Workshop KURIKULUM 2013 tingkat sekolah bersumber dari :

Anggaran dari sekolah masing-masing yang tidak mengikat.

BAB II

PROFIL MGMP FISIKA DAN

KEBUTUHAN MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

A. Profil Umum MGMP Fisika SMKNama Organisasi: Musyawarah Guru Mata pelajaran Fisika Kab. Trenggalek

Terbentuk: 12 Februari 2013Nomor SK: 001/3559/406.023/2013Rapat Awal Penyusunan Program : 2 Mei 2014Sekretariat : Jl. Brigjen Sutran No. 3 Trenggalek Kode Pos : 66315, Tlp/Fax : 0355-793177 / 0355-793178Data Sekolah Anggota MGMP Fisika Tahun Pelajaran 2013/2014 :

NoNama SekolahKeterangan

1SMKN 1 Pogalan

2SMK Islam 1 Durenan

3SMK Muhamadiyah Watulimo

4SMK Islam Panggul

5SMK Hidayatulloh Pule

6SMK Qomarul Hidayah Tugu

7SMK Persatuan Karangan

8SMK Karya Dharma 2 Trenggalek

9SMK PGRI 1 Pogalan

10SMK Budi Utomo Gandusari

11SMK Nurul Fikri Gandusari

12SMK Muhamadiyah 1 Trenggalek

13SMK Nurul Hikmah

14SMKN 1 Trenggalek

15SMKN 2 Trenggalek

16SMK Karya Dharma 1 Trenggalek

17SMK Islam 2 Durenan

18SMK Giri Arum Kusuma Durenan

19SMKN 1 Watulimo

20SMK Qomarul Hidayah 2 Tugu

21SMK Ir Sutami Panggul

22SMKN 1 Suruh

23SMK Sinar Bhakti

24SMK Kesehatan Wijaya Husada Trenggalek

25SMK Kesehatan Brawijaya Durenan

26SMK Al-Anwar Dongko

27SMK Sulaimaniyah Kamulan

B. Analisis Implementasi KURIKULUM 2013 Pada MGMP Fisika 1. Kondisi Ideal

Kondisi ideal yang diharapkan agar KI dan KD (KURIKULUM 2013) dapat diimplementasikan di sekolah dengan baik, yaitu :

1) Guru Fisika memiliki dokumen KURIKULUM 2013 (silabus, RPP) yang lengkap, mutakhir, dan inovatif;

2) Guru fisika memiliki pengetahun dan keterampilan (kompetensi) yang memadai dalam menyususn silabus, RPP, bahan ajar, media pembelajaran, melaksanakan pembelajaran kontekstual, pembelajaran SMK terpadu, penilaian berbasis kelas, penugasan berstrutur , kegiatan mandiri tidak berstruktur dan kegiatan remidial;

3) Proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan standar proses, kompetensi inti yang ditetapkan, yakni 90% guru fisika melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik;

4) MGMP Fisika memiliki program pengembangan diri dan pendidikan kecakapan hidup;

5) Motivasi belajar yang tinggi dari para siswa, serta dukungan dan kerjasama dari orangtua terhadap program-program sekolah yang berkaitan dan implementasi KI dan KD (KURIKULUM 2013).

2. Kondisi Sekolah Saat Ini

2) Dokumen KURIKULUM 2013 yang dimiliki belum lengkap, mutakhir dan inovatif;

3) Pemahanan dan keterampilan guru fisika dan sains berkenaan dengan implementasi KI dan KD memerlukan pengembangan dan pembinaan secara tersus menerus;

4) Proses pembelajaran yang dilaksanakan pada umumnya masih bersifat konvensional. Pembelajaran kontekstual, penilaian berbasis kelas, penugasan berstruktur dan tidak berstruktur belum sepenuhnya dilaksanakan, demikian pula halnya pembelajaran berbasis saintifik, remidial dan pengayaan belum sepenuhnya terlaksana;

5) Sekolah kejuruan di kab. Trenggalek khususnya pelajaran fisika dan sains belum dapat melaksanakan program pengembangan diri dan pendidikan kecakapan hidup secara terprogram;

6) Motivasi belajar siswa perlu ditingkatkan, serta minimnya dukungan orang tua siswa terutama dukungan terhadap proses pembelajaran.3. Upaya Kearah Implementasi KI dan KDBerkenaan dengan kondisi di atas, agar KI dan KD (KURIKULUM 2013) dapat diimplementasikan dengan baik di sekolah, maka sekolah melalui MGMP Fisika mengupayakan :

2) Melaksanakan review KURIKULUM baru oleh pengurus MGMP Fisika yang mulai terbentuk di tingkat kabupaten;

3) Pengembangan dan peningkatan kompetensi guru fisika dan sains melalui pemberdayaan MGMP Fisika SMK di Kabupaten yaitu pengiriman guru fisika SMK yang berada di Kab. Trenggalek untuk mengikuti kesempatan; WORKSHOP KURIKULUM 2013 sesuai kebutuhan.4) Meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan mencobakan pembelajaran berbasis saintifik melalui kegiatan KBM;

5) Menyusun dan melaksanankan program pengembangan diri dan pendidikan keterampilan hidup;

C. Potensi Sekolah dan Prioritas Pemenuhan Kebutuhan

Potensi sekolah yang dapat dimanfaatkan/diberdayakan untuk menunjang Workshop pelaksanaan KURIKULUM 2013 antara lain :

1) Minat yang tinggi dari para guru fisika dan sains terhadap perubahan terutama yang berkaitan dengan implementasi KURIKULUM 2013;

2) 80% guru fisika dan sains melaksanakan tugas mengajar sesuai dengan yang diharapkan;

3) Tersedia tempat dan waktu untuk melaksanakan Workshop KURIKULUM 2013;

4) Tersedia dan kesediaan dari nara sumber;

5) Teralokasi dana pendamping.

Disamping hal tersebut di atas, didukung pula oleh dinas pendidikan dan Kebudayaan Kab. Trenggalek melalui himbauan alokasi dana dalam MGMP untuk mendukung dana pengembangan diri melalui kegiatan MGMP salah satunya pelaksanaan Workshop KURIKULUM 2013 untuk SMK sebagaimana tertuang dalam juknis BOS oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek tentang sekolah penerima BOS wajib mencantumkan RAB MGMP dalam Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2014.

Prioritas pemenuhan kebutuhan dalam kaitannya dengan implementasi KURIKULUM 2013, yaitu peningkatan profesionalisme dan kompetensi guru yang berkenaan dengan :

1) Pengenalan KI dan KD pelajaran Fisika dan sains SMK kedalam Silabus dan RPP;

2) Pengembangan bahan ajar dan kegiatan pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran;

3) Pengembangan teknik penilaian berbasis kelas;

4) Pengembangan pembelajaran saintifik, kegiatan remidial dan pengayaan.

Berdasarkan prioritas tersebut, pelaksanaan Workshop KURIKULUM 2013 MGMP Fisika SMK Kab. Trenggalek dilaksanakan dengan dana pendamping yang tersedia dalam anggaran sekolah.

BAB III

RENCANA PELAKSANAAN WORKSHOP KURIKULUM 2013A. Panitia Pelaksana WORKSHOP KURIKULUM 2013Penanggung Jawab: Drs. Kusprigianto, MM (Kepala Dinas P dan K Kab. Trenggalek)Pembina: Drs. Mukasil (Ketua MKKS SMK KAB. Trenggalek)

Ketua: Jarot Suseno, S.PdWakil Ketua

: Suep, S.Pd, M.PdSekretaris

: Sandayu Kurniawan, S.PdBendahara: Indriati, S.Pd Anggota: Seluruh anggota MGMP Fisika dan Sains Kab. TrenggalekB. Hirarki Kegiatan KURIKULUM 2013 Yang Akan Dilaksanakan

Kegiatan WORKSHOP KURIKULUM 2013 yang akan dilaksanakan melalui tahapan-tahan berikut :

1) Sosialisasi kepada seluruh anggota MGMP Fisika dan Sains SMK Kabupaten Trenggalek;

2) Melaksanakan Workshop ;

3) Pengembangan hasil Workshop dalam bentuk review silabus dan penyusunan RPP (dokumen KURIKULUM 2013) mata pelajaran fisika untuk setiap tingkatan;

4) Inventarisasi silabus dan RPP dalam bentuk dokumen KURIKULUM 2013 oleh masing-masing guru fisika dan sains di masing-masing SMK;

5) Penyusunan laporan dan pertanggungjawaban pasca pelaksanaan Workshop;

6) Monitoring dan evaluasi implementasi KURIKULUM 2013 dalam kegiatan pembelajaran.

Materi kegiatan Workshop meliputi :

1. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2. Analisis situasi pendidikan sekolah dalam rangka pengembangan KURIKULUM 2013;

3. Konsep dan Strategi Implementasi Kurikulum 2013 4. Analisis KI, KD dan Materi Ajara. Analisis KI, KDb. Analisis Buku Guru dan Siswa5. Perancangan Model Pembelajaran dan pendekatan saintifika. Perancangan RPP, Analisis Pemilihan Model Pembelajaranb. Perancangan Tes Diagnostik dan Penilaian Berbasis Kelas;

6. Pengembangan perangkat pembelajaran, bahan ajar dan media pembelajaran sesuai KURIKULUM 2013;

7. Model-model Pembelajaran;

C. Narasumber

1. Dr. Moh. Toifur, M.Si Ketua Prodi Pasca Sarjana Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.2. Dr. Sulisoworo, MT. Praktisi Pendidikan Fisika / Wakil Direktur PPs Pendidikan Fisika UAD Yogyakarta.

3. Dr. Ishafit, M.Si Pakar Model-model / Media Pembelajaran berbasis tematik dan saintifik UAD Yogyakarta.C. Rencana Anggaran Anggaran yang diperlukan untuk pelaksanaan Workshop KURIKULUM 2013 :

1. Rencana Pengeluaran Kegiatan :RINCIAN ANGGARAN

KEGIATAN MGMP FISIKA TA. 2014

Kementerian Negara/Lembaga: Pendidikan dan Kebudayaan

Kegiatan: 2014Workshop Kurikulum 2013

Volume: 1

Alokasi Dana: Rp 11,730,000

KodeUraian/Suboutput/komponen/ subkomponen/akun/detilVolumeRencana PerhitunganHarga SatuanJumlah Total

Sub OutputRincianJml

1WORKSHOP KURIKULUM 2013 Rp 12,730,000

Penyelenggaraan Workshop

521119Belanja Barang Operasional Lainnya Rp 5,280,000

- Konsumsi9624Sekolah4PesertaFisika dan Sains96 30,000 Rp 2,880,000

- Biaya ATK, Workshop Kit & Penggandaan9624Sekolah4Peserta96 25,000 Rp 2,400,000

524111Belanja Perjalanan Biasa Rp 4,800,000

- Biaya Transportasi9696orang1hari96 50,000 Rp 4,800,000

524111Belanja Sewa Gedung Rp 1,000,000

- Biaya Sewa Gedung11keg11,000,000 Rp 1,000,000

521213Honor Output Kegiatan Rp 1,700,000

- Honoarium Pengarah (kadinas)11org x1keg1 500,000 Rp 500,000

- Honorarium Penangungjawab (Ketua MKKS)11org x1keg1 450,000 Rp 400,000

- Honorarium Ketua Panitia 11org x1keg1 250,000 Rp 250,000

- Honorarium Wakil Ketua Panitia 11org x1keg1 200,000 Rp 200,000

- Honorarium Sekretaris Panitia 11org x1keg1 150,000 Rp 150,000

- Honorarium Bendahara Panitia 11org x1keg1 150,000 Rp 150,000

Trenggalek, Juni 2014

Mengetahui,

Ketua MKKS SMK Kab. Trenggalek Ketua Pelaksana,

Drs. Mukasil Jarot Suseno, S.Pd

NIP. 19570909 198303 1 018 NIP. 19751122 200604 1 011

2. Sumber Anggaran :

Kontribusi Masing masing peserta : Rp 120,000D. Jadwal Pelaksanaan Workshop KURIKULUM 2013Workshop KURIKULUM 2013 direncanakan diselenggarakan selama tiga hari Sabtu-Senin ( 21-23 Juni 2014), dengan Jadwal sebagai berikut :Hari : PertamaNoKegiatanWaktuPenanggungjawabKet.

1.Regestrasi(07.00 - 07.30) WIBPanitia

2.Menyanyikan Lagu Indonesia Raya(07.30 - 07.45) WIBKrisna Febriati, S.Pd

3.Sambutan Kepala SMKN 1 Trenggalek(07.45 - 08.00) WIBSuharyati, S.Pd

4.Sambutan Pengawas SMK Kabupaten Trenggalek(08.00 - 08.15) WIBDrs. Suyanto, M.T

5.Pengarahan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Trenggalek Sekaligus Membuka Workshop(08.15 - 08.45) WIBDrs. Kusprigianto, MM

6.Doa(08.45 - 08.55) WIBMualip, M.Pd

7.Penutupan Acara Pembukaan(08.55 - 09.00) WIBPanitia

8.Konsep dan Strategi Implementasi Kurikulum 2013

(09.00 - 10.30) WIBDr. Moh. Toifur, M.Si

9.Analisis KI, KD dan Materi Ajara.Analisis KI, KDb.Analisis Buku Guru dan Siswa (10.30 - 12.00) WIBDr. Moh. Toifur, M.Si

10.ISOMA(12.00 13.30) WIBPanitia

11.Perancangan Model Pembelajaran dan pendekatan saintifika.Perancangan RPP, Analisis Pemilihan Model Pembelajaranb.Perancangan Penilaian

(13.30 16.30) WIBDr. Sulisworo, M.T

Hari : Kedua

NoKegiatanWaktuPenanggungjawabKet.

1.Regestrasi(07.00 - 08.00) WIBPanitia

2.Lanjutan Perancangan Model Pembelajarana.Perancangan RPP, Analisis Pemilihan Model Pembelajaranb.Perancangan Penilaian

(08.00 11.00) WIBDr. Sulisworo, M.T

Dr. Hafit, M.Pd

3.Praktik Pembelajaran Terbimbinga.Simulasi (Aktivitas Siswa Belajar dan Guru)b.Peer Teaching

(11.00 - 12.00) WIBDr. Hafit, M.Pd

4.ISHOMA(12.00 13.15) WIBPanitia

5.Praktik Pembelajaran Terbimbinga.Simulasi (Aktivitas Siswa Belajar dan Guru)b.Peer Teaching

(13.15 - 16.00) WIBDr. Hafit, M.Pd

6.Penutup(16.00) WIBEllen Sandra, S.Pd

Hari : Ketiga

NoKegiatanWaktuPenanggungjawabKet.

1.Tugas Mandiri Praktik Pembelajaran Terbimbing (on the job learning) sesuai kelas dan jam masing-masing guru(07.00 - 17.00) WIBGuru Mata Pelajaran

BAB IV

RENCANA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 JANGKA MENENGAH DI SMK KHUSUS PELAJARAN FISIKAA. Pentingnya Implementasi KURIKULUM 2013KURIKULUM 2013 merupakan salah satu bentuk realisasi kebijakan desentralisasi pendidikan agar kurikulum benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah di masa sekarang dan yang akan datang dengan mempertimbangkan kepentingan lokal, nasional, dan tuntutan global dengan semangat MBS. KURIKULUM 2013 disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di tingkat satuan pendidikan. KURIKULUM 2013 bukan hanya sekedar dokumen kurikulum yang harus dimiliki oleh sekolah, lebih dari itu, KURIKULUM 2013 harus diimplementasikan dalam penyelenggaraan pembelajaran.

Pentingnya Implementasi KURIKULUM 2013 secara garis besar adalah sebagai berikut:

1) Sekolah dapat memberikan pelayanan pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

2) Sekolah dapat memberikan pelayanan Pembelajaran sesuai dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.

3) Sekolah dapat merespon perkembangan ilmu pengetahuan, tekonologi dan seni melalui kegiatan inovasi.

4) Sekolah dapat secara konsisten melakukan upaya-upaya peningkatan mutu pendidikan.

B. Peningkatan Efisiensi Internal, yaitu :

Peningkatan intensitas dan kualitas proses pembelajaran

C. Peningkatan Relevansi, yaitu :

Pengembangan program keterampilan pembelajaran di sekolah kejuruan dan pendidikan tentang kecakapan hidup.

D. Pengembangan Standar Isi, antara lain :

1. Penyusunan program tahunan, program semester, pengembangan silabus dan RPP untuk mata pelajaran fisika Kelas X sampai dengan kelas XII,

2. Pengembangan sistem penilaian untuk mata pelajaran fisika.

E. Pengembangan Standar Proses Pendidikan, antara lain :

1. Pengembangan dan inovasi-inovasi metode pengajaran untuk mata pelajaran fisika, khususnya penerapan strategi pembelajaran pendekatan saintifik;

2. Pengembangan inovasi-inovasi bahan pembelajaran, sumber belajar, dan model-model pengelolaan kelas.F. Pengembangan standar pendidik, antara lain:

1. Pengembangan atau peningkatan kompetensi pendidik aspek profesionalisme, fedagogik, sosial, dan kepribadian ;

2. Peningkatan kuantitas tenaga pendidik.

G. Pengembangan Standar Sarana Pendidikan, antara lain :

1). Peningkatan dan pengembangan serta inovasi-inovasi media pembelajaran untuk mata pelajaran fisika ;

2). Peningkatan dan pengembangan serta inovasi-inovasi model pembelajaran untuk mata pelajaran fisika;

3). Penciptaan atau pengembangan lingkungan belajar yang kondusif ;

H. Pengembangan Standar Pengelolaan Pendidikan, antara lain :

2). pengembangan dan pendayagunaan SDM sekolah dengan cara membuat dan pembagian tugas-tugas secara jelas ;

4). melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien ; mendukung pengembangan perangkat penilaian ;

5). pengembangan dan melengkapi administrasi sekolah ;

7). pelaksanaan monitoring dan evaluasi oleh sekolah tentang kinerja sekolah ;

8). pelaksanaan supervisi klinis oleh kepala sekolah ;

11). membuat atau menciptakan jaringan kerja yang efektif dan efisien baik secara vertikal dan horizontal ;

I. Pengembangan Standar Penilaian Pendidikan, antara lain : Pengembangan perangkat model-model penilaian pembelajaran ;

1). implementasi model pembelajaran : ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas dll. ;

2). pengembangan instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi ;

3). pemgembangan pedoman-pedoman evaluasi sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau BSNP ;

4). menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk melaksanakan penilaian dalam rangka pengembangan perangkat penilaian sampai dengan analisa dan pelaporan hasil belajar peserta didik ;

5). melaksanakan kerja sama dengan pihak lain untuk melaksanakan tes atau uji coba prestasi peserta didik secara periodik.

J. Rencana Terkait Implementasi KURIKULUM 2013.

1. Bimbingan teknis KURIKULUM 2013;

2. Penyusunan KURIKULUM 2013;

3. Implementasi KURIKULUM 2013;

BAB I V

PENUTUPProposal ini disusun dengan harapan untuk mendapatkan persetujuan dari pihak pihak terkait sebagai penentu kebijaksanaan. Dengan mengingat fungsi/kegunaan, peran dan nilai kemanfaatan Workshop kurikulum 2013 khususnya bagi guru-guru melalui MGMP fisika SMK Kab. Trenggalek dan perkembangan dunia pendidikan dan teknologi. Dengan demikian kami berharap pula pengajuan Dana Workshop Kurikulum 2013 bagi MGMP fisika Kab. Trenggalek dapat terkabul sehingga penyelenggaraan kegiatan ini dapat menciptakan pembelajaran inovatif segera terwujud dan harapan mendasar adalah PBM di lingkup SMK di Kab. Trenggalek dapat bergerak mengikuti dinamika perkembangan teknologi yang semakin pesat di segala bidang. Selanjutnya perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan khususnya MGMP Fisika SMK dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan organisasi. Pada akhirnya tujuan Pendidikan Nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa akan terwujud.

NoKegiatanWaktuPenanggungjawabKet.

1.Regestrasi(07.00 - 07.30) WIBPanitia

2.Menyanyikan Lagu Indonesia Raya(07.30 - 07.45) WIBIndriati, S.Pd

3.Sambutan Kepala SMKN 1 Trenggalek(07.45 - 08.00) WIBSuharyati, S.Pd

4.Sambutan Pengawas SMK Kabupaten Trenggalek(08.00 - 08.15) WIBDrs. Suyanto, M.T

5.Pengarahan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Trenggalek Sekaligus Membuka Workshop(08.15 - 08.45) WIBDrs. Kusprigianto, MM

6.Doa(08.45 - 08.55) WIBDrs. Samsuri

7.Penutupan Acara Pembukaan(08.55 - 09.00) WIBPanitia

8.a. Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013b. Analisis situasi pendidikan sekolah dalam rangka pengembangan KURIKULUM 2013;

(09.00 - 10.45) WIBDr. Moh. Toifur, M.Si

9.Konsep dan Strategi Implementasi Kurikulum 2013

(10.45 - 11.30) WIBDr. Moh. Toifur, M.Si

10.Analisis KI, KD dan Materi Ajara.Analisis KI, KDb.Analisis Buku Guru dan Siswa (11.30 12.00) WIBDr. Sulisworo, M.T

11.ISOMA(12.00 13.15) WIBPanitia

12Analisis KI, KD dan Materi Ajara.Analisis KI, KDb.Analisis Buku Guru dan Siswa (13.15 13.45) WIBDr. Sulisworo, M.T

13.Perancangan Model Pembelajaran dan pendekatan saintifika.Perancangan RPP, Analisis Pemilihan Model Pembelajaranb.Perancangan Penilaian (13.45 15.00) WIBDrs. Hafit, M.Pd

14Penutupan Kegiatan(15.00 15.10) WIBPanitia

PROPOSAL KEGIATAN

WORKSHOP KURIKULUM 2013

MGMP FISIKA DAN SAINS SMK

KABUPATEN TRENGGALEK

2014

23