program kerja pmk mipa 2014-2015

22
Program Kerja Pengurus Inti 1. Pendataan Anggota, Alumni dan Dosen Kristen Latar Belakang : Perlunya data yang jelas dan tegas tentang jumlah anggota PMK untuk mengetahui potensi dari setiap anggota. Tujuan : Mengetahui keanggotaan PMK serta lebih mudah menjangkau anggota yang kurang aktif. Waktu Pelaksanaan : September – November 2014 Penanggung Jawab : Ketua Deskripsi Kegiatan : Pengurus membuat formulir pendataan 2. Rapat Evaluasi, Pertemuan Antara Pengurus, dan Tim Pendamping Pelayanan Latar Belakang : Perlunya evaluasi program kerja secara teratur serta kesepakatan bersama tentang langkah-langkah pelaksanaan program kerja yang sudah ditetapkan. Tujuan : Mengevaluasi perjalanan pengurus demi lancarnya penata layanan di PMK FMIPA Waktu Pelaksanaan : Oktober 2014, Desember 2014, Maret 2015 Tempat : Menyesuaikan

Upload: pascal

Post on 29-Sep-2015

479 views

Category:

Documents


50 download

DESCRIPTION

PMK

TRANSCRIPT

Program Kerja Pengurus Inti1. Pendataan Anggota, Alumni dan Dosen KristenLatar Belakang:Perlunya data yang jelas dan tegas tentang jumlah anggota PMK untuk mengetahui potensi dari setiap anggota.Tujuan:Mengetahui keanggotaan PMK serta lebih mudah menjangkau anggota yang kurang aktif.Waktu Pelaksanaan:September November 2014Penanggung Jawab:KetuaDeskripsi Kegiatan:Pengurus membuat formulir pendataan

2. Rapat Evaluasi, Pertemuan Antara Pengurus, dan Tim Pendamping PelayananLatar Belakang:Perlunya evaluasi program kerja secara teratur serta kesepakatan bersama tentang langkah-langkah pelaksanaan program kerja yang sudah ditetapkan.Tujuan:Mengevaluasi perjalanan pengurus demi lancarnya penata layanan di PMK FMIPAWaktu Pelaksanaan:Oktober 2014, Desember 2014, Maret 2015Tempat:MenyesuaikanPenanggung Jawab:KetuaDeskripsi Kegiatan: Dilaksanakan 3 kali selama kepengurusan Pengurus mengundang pihak-pihak yang terkait (TPP dan Pembina) untuk hadir dalam rapat. Mengevaluasi tiap-tiap devisi dan pengurus inti dengan programnya. Membicarakan, menyepakati, dan mengambil tindakan untuk program berikutnya.

3. Administrasi dan KesekretariatanLatar Belakang:Pelayanan perlu didukung oleh penataan administrasi dan kesekretariatan yang baik.Tujuan:Menciptakan, keteraturan dan sistem administrasi kesekretariatan yang baik dan didukung oleh fasilitas perlengkapan yang memadai.Waktu Pelaksanaan:Sepanjang KepengurusanPenanggung Jawab:SekretarisDeskripsi Kegiatan: Pengurus membeli alat tulis, buku notulen, dan map arsip (Surat Keluar dan Surat Masuk). Pengurus mendata setiap inventaris, absen kegiatan, dan dokumentasi kegiatan.

4. Iuran PengurusLatar Belakang:Perlunya partisipasi Pengurus dalam mendukung program kerja yang direncanakanTujuan:Meningkatkan rasa solidaritas dan tanggung jawab bersama antar pengurus.Waktu Pelaksanaan:Mei 2014 April 2014Penanggung Jawab:BendaharaDeskripsi Kegiatan: Dilaksanakan 1x sebulan @Rp. 5000,- / orang Pengurus membuat kartu kontrol iuran Koordinator tiap divisi bertanggung jawab dalam pengumpulan iuran Melaporkan laporan keuangan per tiap bulan.

5. Hubungan KerjasamaLatar Belakang:Keberadaan pengurus PMK tidak lepas dari keterkaitan dengan badan lain, dimana secara otomatis kegiatannya tidak lepas dari pengurus PMK.Tujuan:Meningkatkan kebersamaan dan partisipasi aktif bersama pengurus di tingkatan lebih luas, serta badan lain yang melibatkan PMK.Waktu Pelaksanaan:Sepanjang Kepengurusan Tempat:MenyesuaikanDeskripsi Kegiatan:Turut serta dalam pelaksanaan program kerja KBMK atau PMK fakultas lain sesuai undangan serta badan/organisasi lain di luar lingkup PMK MIPA UNMUL

6. Ruang KesekretariatanLatar Belakang:Suatu persekutuan memerlukan tempat untuk berkumpul antara pengurusTujuan:Sebagai tempat untuk memberikan inspirasi dan merencanakan program kerja serta sebagai tempat untuk menumbuhkan rasa persaudaraan antara setiap pengurus.Waktu Pelaksanaan:Sepanjang kepengurusanPenanggung Jawab:KetuaDeskripsi Kegiatan:Melakukan permohonan secara lisan kepada Dekan FMIPA UNMUL yang disertai kelengkapan berkas permohonan.

Program Kerja Divisi PI dan Pemuridan1. EksposisiLatar Belakang:Perlunya pertemuan khusus bagi anggota-anggota PMK untuk menjalankan Amanat Agung Yesus Kristus.Tujuan:Memberikan motivasi yang benar, kesiapan hati yang total dan komitmen yang teguh untuk dapat diutus melaksanakan suatu pemuridan.Waktu Pelaksanaan:2 kali selama kepengurusanTempat:Ruang Avogadro (FMIPA UNMUL) atau SC lantai 3Deskripsi kegiatan: Dilaksanakan 2 kali selama kepengurusan pada bulan Mei mengenai tokoh Paulus dan pada bulan Oktober mengenai tokoh Samuel Dilaksanakan pertemuan antar anggota PMK dalam bentuk Sharing tentang pentingnya suatu pemuridan dan bedah tokoh Alkitab yang berhubungan dengan pemuridan.

2. MentoringLatar Belakang:Perlunya tindak lanjut (follow-up) bagi setiap mereka yang telah menerima Kristus secara pribadi.Tujuan:Mengarahkan/membimbing, menjelaskan, dan memperkenalkan pemuridan kepada pribadi baru, untuk lebih mengenal pribadi Yesus Kristus sebagai orang percaya yang tahu tujuan hidupnya.Waktu Pelaksanaan:Selama bulan Oktober hingga bulan NovemberTempat:Ruang Laplace (FMIPA UNMUL), ruang Avogadro (FMIPA UNMUL) dan SC Lantai 3.Deskripsi Kegiatan : Dilaksanakan 2 kali seminggu setiap hari Jumat Dilaksanakan 4 kali pertemuan yaitu 3 kali pertemuan untuk materi mentoring (buku PIPA) dan 1 kali pertemuan untuk ujian mentoring Dalam bentuk pengarahan untuk memperkenalkan arti pemuridan kepada mahasiswa baru (tindak lanjut PI). Pengurus membuat pohon (pendataan) pemuridan.

3. Pembinaan CPKK dan PKKLatar Belakang:Diperlukannya semangat yang lebih lagi bagi pemimpin kelompok kecil dalam menjalankan pemuridan atau PI dan diperlukannya pembinaan lebih lanjut bagi calon pemimpin kelompok kecil untuk dapat mempersiapkan diri untuk menjalankan pemuridan atau PI.Tujuan:Memberikan semangat kepada pemimpin kelompok kecil dalam menjalankan pemuridan atau PI. Memberikan pembinaan lebih lanjut bagi calon pemimpin kelompok kecil untuk dapat mempersiapkan diri untuk menjalankan pemuridan atau PI.Waktu Pelaksanaan:- Pembinaan CPKK 1 kali di bulan Juni. Pembinaan PKK 5 kali selama kepengurusan yaitu di bulan September, Oktober, November, Februari dan Maret.Tempat:Ruang Avogadro (FMIPA UNMUL) atau SC lantai 3.Deskripsi Kegiatan : Dilaksanakannya pertemuan bagi PKK (5 kali selama kepengrusan). Untuk memberikan semangat dalam menjalankan pemuridan dan PI, dalam bentuk Sharing dan juga diadakan laporan tentang Kelompok Kecilnya. Dilaksanakan pembinaan dan memberi semangat bagi CPKK (1 kali di bulan Juni). Bagan struktur Kelompok Kecil di MIPA UNMUL Laporan kondisi Kelompok Kecil di MIPA UNMUL

4. Pengetahuan Doktrin KristenLatar Belakang:Diperlukannya pengetahuan tentang doktrin kristen bagi anggota PMK FMIPA UNMUL agar dapat lebih mengerti dan memahami lagi tentang kekristenan.Tujuan:Membekali anggota PMK FMIPA UNMUL tentang doktrin kristen untuk dapat digunakan dalam menghadapi pergumulan yang dihadapi.Waktu Pelaksanaan:7 kali selama kepengurusan di ibadah kampusTempat:Dalton.Deskripsi Kegiatan : Pembekalan doktrin kristen dilakukan saat ibadah PMK FMIPA UNMUL di kampus 1 kali dalam 1 bulan (dilaksanakan pada bulan Mei, September, Oktober, November, Desember, Februari dan Maret). Bekerjasama dengan divisi ibadah dalam mengatur waktu ibadah kampus yang tepat agar pembacaan firman Tuhan dapat diganti menjadi materi tentang doktrin kristen .

Program Kerja Divisi Ibadah, Doa dan Kesaksian1. Ibadah PMKLatar Belakang:Perlunya persekutuan yang rutin dalam bentuk ibadah dalam mendukung pemahaman Kristen yang rohani.Tujuan:Menanamkan keyakinan kepada setiap pribadi tentang keselamatan di dalam Yesus Kristus.Waktu Pelaksanaan: Sepanjang kepengurusanTempat :FMIPA UNMUL (Dalton) / Rumah (Anggota, Alumni, dan para Dosen Kristen).Deskripsi Kegiatan : Ibadah di rumah anggota (minggu 1 dan 3), ibadah di kampus (minggu 2, 4 dan 5) Divisi Ibadah membuat jadwal ibadah untuk satu periode dan menentukan pelayan Firman Ibadah On Time pada ibadah kampus (pukul 11.30-13.00) pada ibadah rumah (pukul 19.00-21.00). Penyampaian Firman Tuhan 40 menit. Divisi Ibadah menghubungi petugas ibadah Divisi ibadah menemani latihan petugas (minimal 2x) Adanya evaluasi setelah ibadah Membuat warta ibadah di buku Sifat ibadah oikumene Doa syafaat setiap ibadah Bentuk ibadah variatif dilakukan 4x dalam 1 periode kepengurusan (Mei, Oktober, Desember dan Maret) Ibadah di rumah dosen atau alumni (fleksibel) Bekerja sama dengan minat bakat dalam pembuatan slide lagu.

2. Ibadah PadangLatar Belakang:Perlunya suasana ibadah di alam terbuka.Tujuan:Meningkatkan semangat pribadi dalam beribadah.Waktu Pelaksanaan: FleksibelTempat:FleksibelDeskripsi Kegiatan: Dilaksanakan di luar kampus Selama kepengurusan dilakukan 1 kali di bulan Januari.

3. Ibadah Natal dan PaskahLatar Belakang:Persekutuan dan perkembangan iman sangat didukung oleh makna hari raya gerejawi.Tujuan: Menanamkan pemaknaan dan pemahaman secara khusus mengenai hakekat hari raya gerejawi.Waktu Pelaksanaan:Desember 2014 (Natal) dan April 2015 (Paskah)Tempat: FleksibelDeskripsi Kegiatan: Membentuk Panitia pada perayaan Natal dan Paskah Bekerja sama dengan divisi pelayanan sosial pada saat sebelum perayaan Natal.

4. Persekutuan DoaLatar Belakang:Suatu kepengurusan yang teguh dan disiplin dan bertanggung jawab di dalam Tuhan patut disyukuri dengan bersekutu di dalam doa maupun melalui puasa.Tujuan:Mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan dengan kesatuan hati.Waktu Pelaksanaan:Sepanjang kepengurusanTempat: FleksibelDeskripsi Kegiatan: Diadakan setiap Rabu (Doa bersama pukul 16.00 WITA) dan rabu (doa puasa pukul 16.00 WITA, di minggu terakhir tiap bulan). Divisi ibadah membuat jadwal petugas doa Kegiatan dalam bentuk doa dan renungan. Divisi ibadah menghubungi petugas pelayan doa Ditujukan kepada seluruh mahasiswa/i Kristen FMIPA UNMUL Bekerja sama dengan divisi Minat & Bakat dalam hal mengumumkan petugas ibadah (dalam warta PMK) Bekerja sama dengan divisi Humas dan Pengembangan dalam pembuatan kotak doa untuk pokok doa bersama dan membuat pokok-pokok doa secara khusus untuk doa puasa dalam bentuk sms.

5. KesaksianLatar Belakang:Kesaksian tidak hanya berupa pelayanan dalam bentuk ibada atau penyampaian secara lisan melalui kata-kata, tetapi dapat diwujudkan melalui sebuah lagu, drama, dan lain-lain yang menyatakan kerinduan dan kebesaran Tuhan.Tujuan:Bersaksi tentang PMK FMIPA UNMUL ke jemaat di ruang lingkup kampus dan menyatakan cinta kasih Tuhan melalui puji-pujian, drama, dan lain-lain agar jemaat Tuhan ikut merasakan berkat Tuhan yang tak pernah berkesudahan.Waktu Pelaksanaan:Sepanjang kepengurusanTempat: FleksibelDeskripsi Kegiatan: Dilaksanakan di KBMK UNMUL sesuai dengan jadwal pelayanan ibadah PMK MIPA Melaksanakan latihan pujian, paduan suara, dan lain-lain Dilaksanakan pada saat menghadiri undangan di luar PMK FMIPA UNMUL.

6. Kebaktian Awal Tahun Ajaran (KATA)Latar Belakang:Hubungan yang baik yang lebih dekat secara kekeluargaan diawali dengan suatu perkenalan yang baik pula. Keberadaan suatu pelayanan yang dijalankan di dalam kampus FMIPA perlu diketahui oleh setiap anggota terutama anggota baru. Perlunya pengenalan hidup baru yang diperkenalkan melalui penginjilan tentang arti keselamatan.Tujuan:Membina hubungan kekeluargaan Kristen antar mahasiswa/I FMIPA dan menanamkan indahnya persekutuan di dalam Yesus Kristus melalui pelayanan di dalam kampus.Waktu Pelaksanaan:Sepanjang kepengurusanTempat: FleksibelDeskripsi Kegiatan: Membentuk panitia yang anggotanya mayoritas adalah mahasiswa Kristen angkatan 2013 Bekerja sama dengan divisi PI dan Pemuridan dalam membentuk tim PI Materi untuk PI dan Pemuridan dikonsultasikan dengan Dosen Pembina PMK FMIPA UNMUL.

Program Kerja Divisi Pengembangan dan Hubungan Masyarakat1. Hubungan MasyarakatLatar Belakang :Diperlukannya suatu sistem yang mengatur hubungan antara tiap divisi dalam hal program kerja, dan sebagai jembatan untuk anggota PMK mengshare pergumulannya.Tujuan :Memaksimalkan program kerja setiap divisi yang berhubungan dengan aktivitas luar PMK ataupun kemasyarakatan.Waktu pelaksanaan : sepanjang kepengurusanDeskripsi kegiatan : Menghubungkan tiap proker divisi dalam setiap proker yang berhubungan di dalam dan di luar kampus Menggunakan nomor hotline PMK, akun Facebook, dan Twitter dalam memberikan informasi.

2. Bulldog Latar Belakang :Kerinduan PMK MIPA untuk lebih dikenal oleh seluruh anggota PMK MIPA baik dosen, mahasiswa ataupun alumni.Tujuan:Menginformasikan seluruh kegiatan PMK MIPA selama kepengurusan baik di dalam maupun di luar.Waktu Pelaksanaan :1 kali 3 bulan sepanjang kepengurusan (September 2014, Desember 2014, dan Maret 2015)Deskripsi kegiatan : Berisi tentang profil PMK MIPA, info umum, profil pengurus Diterbitkan pada saat ibadah KATA, sebelum perayaan natal MIPA, dan saat sebelum pergantian pengurus.

3. Seminar Umum Latar Belakang : Diperlukan hubungan sosial dengan organisasi lain yang di luar PMK.Tujuan : Memberikan pengetahuan umum diluar kerohanian. Serta memperkenalkan PMK bukan dari segi kerohaniannyaWaktu pelaksanaan:1 kali sepanjang kepengurusanDeskripsi Kegiatan : Membuat seminar tentang masalah-masalah yang dilihat dari sudut pandang Sains Pelaksanaan kegiatan seminar bulan Januari.

Program Kerja Divisi Minat dan Bakat1. Warta Ibadah PMK MIPALatar Belakang:Mewartakan kabar baik merupakan sebuah pelayanan yang diperintahkan oleh Tuhan Yesus sendiri agar setiap orang yang mendengarnya dapat memperoleh berkatTujuan:Mewartakan dan menginformasikan kegiatan PMK MIPA baik didalam maupun diluar PMKWaktu pelaksanaan:Setiap pelaksanaan ibadah PMK MIPA(Kampus)Deskripsi kegiatan: Menginfokan setiap kegiatan PMK MIPA selama sepekan yang akan datang. Mengabarkan setiap anggota PMK MIPA yang berulang tahun. Membagikan pokok-pokok DOA, cerita HUMOR dan renungan bagi setiap anggota PMK MIPA. Membagikan cord lagu-lagu rohani bagi anggota PMK MIPA.

2. HUT PMK MIPALatar Belakang:Kerinduan bagi setiap anggota PMK MIPA untuk berbagi sukacita dengan phak lain (HMJ, UKM, dll) melalui HUT PMK MIPA.Tujuan:Memperingati hari jadi dari PMK MIPA dan untuk mempererat kebersamaan antara anggota PMK MIPA dan dengan pihak lain (HMJ, UKM, dll).Waktu Pelaksanaan:Fleksibel.Tempat:Fleksibel.Deskripsi kegiatan: Mengadakan lomba-lomba yang bersifat internal dan eksternal. Divisi minat bakat elaksanakan lomba-lomba dan berkoordinasi dengan panitia HUT PMK MIPA. Ibadah puncak setelah semua kegiatan HUT PMK terlaksanakan.

3. Kelas MusikLatar Belakang:Banyaknya talenta yang luar biasa yang dimiliki oleh anggota PMK MIPA. Tujuan:Untuk melatih atau meningkatkan lagi setiap talenta yang dimiliki oleh anggota PMK MIPA untuk menunjang pelayanan yang ada.Waktu Pelaksanaan: Setiap 1 minggu pada bulan kedua.Deskripsi Kegiatan: Memberikan pengajaran bagi setiap anggota PMK MIPA yang rindu agar bisa memainkan alat musik. Memberikan pelatihan bagi setiap anggota PMK MIPA yang rindu agar talenta yang dimiliki lebih meningkat lagi. Mengadakan pembekalan bagi para pelayan. Menampilkan hasil latihan dalam ibadah raya PMK MIPA.

Program Kerja Divisi Pelayanan Sosial1. Greeting CardLatar Belakang :Sukacita yang dirasakan seorang anggota menjadi bagian dari kebahagiaan bersama pengurus, anggota PMK dan juga Alumni.Tujuan:Sebagai rasa syukur kepada Tuhan dan perhatian terhadap anggota.Waktu Pelaksanaan:Sepanjang KepengurusanTempat:FleksibelDeskripsi Kegiatan: Divisi membuat kartu ucapan dan juga sovenir (Ultah, pernihakan, wisuda, kelahiran dsb) Kegiatan dalam bentuk pemberian kartu maupun sovenir kepada anggota PMK, dosen dan alumni yang bersuka.

2. Perjamuan KasihLatar Belakang :Kasih dari Yesus perlu diteladani serta diaplikasikan kepada sesama terutama bagi setiap anggota PMK dan juga merupakan ucapan syukur atas penyertaan Tuhan dalam PMK FMIPATujuan:Terciptanya kasih persaudaraan yang makin erat antara pengurus dan anggota.Waktu Pelaksanaan:Sepanjang KepengurusanTempat:FleksibelDeskripsi Kegiatan: Komisi pelsos bekerja sama dengan komisi ibadah dalam pelaksanaan ibadah yang kreatif Dalam bentuk refleksi dan ibadah singkat.

3. Perkunjungan SosialLatar Belakang :Adanya kesadaran bahwa kepedulian sosial juga merupakan tanggung jawab PMK.Tujuan:Menumbuhkan empati terhadap pergumulan sesama dalam suasana kebersamaan.Waktu Pelaksanaan:Juni dan Januari.Tempat:FleksibelDeskripsi Kegiatan: Kunjungan sosial serta bakti sosial ke Lembaga Permasyarakatan (LP) Sempaja. Bekerja sama dengan panitia Natal dalam pelaksanaan kegiatan yaitu mengunjungi sekolah luar biasa dengan memberikan materi ataupun tenaga.

4. Kunjungan InsidentilLatar Belakang :Adanya kebutuhan pelayanan dari anggota PMK karena hal-hal tertentu yang sifatnya insidentil.Tujuan:Menumbuhkan rasa peduli terhadap kebutuhan pelayanan dan setiap anggota dan melibatkan diri mengunjungi anggota yang membutuhkan pelayanan.Waktu Pelaksanaan:Sepanjang KepengurusanTempat: FleksibelDeskripsi Kegiatan: Kegiatan dalam bentuk kunjungan kepada anggota PMK, Alumni maupun dosen yang sakit atau berduka yang membutuhkan pelayanan khusus (ucapan syukur) Kegiatan dapat dihadiri oleh seluruh anggota PMK yang turut berpartisipasi. Adanya bingkisan suka/duka. Bagi anggota PMK, Alumni maupun dosen yang berduka diberikan ungkapan dukacita (uang).