power point strategi belajar mengajar

Click here to load reader

Post on 15-Oct-2014

4.007 views

Category:

Documents

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

KAMARUZZZAMAN

TUJUAN MATA KULIAHDIHARAPKAN MAHASISWA MEMILIKI GAMBARAN DAN PEMAHAMAN ME-NGENAI KONSEP DASAR MESTRATEGI BELAJAR MENGAJAR, BENTUK PENGELOLAAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PENGORGANISASIAN ISI PEMBELAJARAN, METODE DAN MEDIA YANG DAPAT DIPERGUNAKAN, SERTA PENGELOLAAN KELAS SEKALIGUS IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN GUNA PENINGKATAN WAWASAN PROFESIONALISME SEBAGAI CALON GURU. GURU.

HAKIKAT SBMSTRATEGI

BELAJAR

MENGAJAR

APA ITU STRATEGI ???SAMION. SAMION.AR (1997) STRATEGI PEMBELAJARAN 1997) ITU SENDIRI ADALAH POLA UMUM (KEGIATAN YANG DIPILIH) OLEH GURU AGAR PROSES BELAJAR SISWA DAPAT TERWUJUD SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN. EFISIEN.

APA ITU BELAJAR ???SAMION. SAMION. AR (1997) 1997) BELAJAR ADALAH MERUPAKAN SUATU KEGIATAN, DI MANA SESEORANG MEMBUAT ATAU MENGHASILKAN SUATU PERUBAHAN TINGKAH LAKU (POSITIF) YANG ADA PADA DIRINYA BAIK DALAM BENTUK PENGEPENGE-TAHUAN, SIKAP (AKHLAK ATAU NILAI MORAL), DAN KETERAMPILAN. KETERAMPILAN. PRAYITNO (2009) BELAJAR ADALAH SUATU 2009) USAHA SESEORANG UNTUK MEMPEROLEH SUATU YANG BARU

BELAJAR MEMPEROLEH SUATU YANG BARU

DARI DARI DARI DARI DARI

TIDAK TIDAK TIDAK TIDAK TIDAK

TAHU MENJADI TAHU. BISA MENJADI BISA. MAU MENJADI MAU. BIASA MENJADI BIASA. IKHLAS MENJADI IKHLAS.

MENGAJAR ???MENGAJAR ADALAH SUATU KEGIATAN YANG DAPAT MEMPERMUDAH (PENYIAPAN SITUASI KONDUSIF OLEH GURU) AGAR SESEORANG ATAU SEKELOMPOK ORANG DAPAT BELAJAR SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN. EFISIEN. MENGAJAR ADALAH USAHA SADAR DAN TERENCANA UNTUK MEWUJUDKAN SUASANA BELAJAR DAN PROSES PEMBELAJARAN AGAR PESERTA DIDIK SECARA AKTIF MENGEMBANGKAN potensi DIRINYA UNTUK MEMILIKI KEKUATAN SPIRITUAL KEAGAMAAN, PENGENDALIAN DIRI, KEPRIBADIAN, KECERDASAN, AKHLAK MULIA, DAN KETERAMPILAN yang DIPERLUKAN DIRINYA, MASYARAKAT, BANGSA, DAN NEGARA. NEGARA.

PERANAN

GURUPERAN GURU SEBAGAI PENGAJAR DAN PEMBIMBING. PEMBIMBING.* GURU SEBAGAI PENGAJAR ADALAH MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PARA SISWA AGAR MENJADI SELARAS DENGAN TUJUAN SEKOLAH. SEKOLAH. * GURU SEBAGAI PEMBIMBING BERTUJUAN MELAYANI SISWA DALAM MENCAPAI PEMAHAMAN DAN PENGARAHAN DIRI SECARA MAKSIMAL TERHADAP SEKOLAH, KELUARGA SERTA MASYARAKAT. MASYARAKAT.

KEPRIBADIAN GURU SEBAGAI FAKTOR UTAMA DALAM BELAJAR, MELIPUTI : * DINAMIKA INTERAKSI GURU-SISWA. GURU-SISWA.* PROBLEM PRILAKU DAN KEPRIBADIAN GURU. GURU.

Penomena pendidikanPENTIP(PENDIDIKAN TANPA ILMU PENDIDIKAN)

PENDIP(PENDIDIKAN DENGAN ILMU PENDIDIKAN)

KANDIK(KECELAKAAN PENDIDIKAN)

KUANDIK(KUALITAS PENDIDIKAN)

POLA

PEMBELAJARAN

PEMBELAJARAN UNTUK KELOMPOK BESAR TERIDI LEBIH DARI 30 ORANG SISWA. SISWA. PEMBELAJARAN UNTUK KELOMPOK KECIL DIIKUTI OLEH 5 15 ORANG SISWA. SISWA. PEMBELAJARAN SECARA INDIVIDUAL DIIKUTI OLEH SATU SAMPAI TIGA ORANG SISWA. SISWA.

BERBAGAI STRATEGI BELAJARBELAJARMENGAJARJENIS BENTUK PENDEKATAN KARAKTERISTIK DITENTUKAN OLEH MATERI PEMBELAJARAN (KEBABASAN BELAJAR) BEL. KELOMPOK/INDIVIDU PENDEKATAN INKUIRI/DISCOVERY DAN EXPOSITORY (INDUKTIF DEDUKTIF) PEMBERIAN TUGAS, DISKUSI, BEL.MANDIRI BELAJAR MANDIRI/ IN-DIVIDU BELAJAR KELOMPOK

PENGELOMPOKAN SISWA KECEPATAN BELAJAR MASINGMASING SISWA

MATERI DISESUAIKAN DG. KEBUTUHAN SISWA MASING-MASING

KEMAMPUAN SISWA PENGELOMPOKAN SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN

KESAMAAN MINAT BERORIENTASI PADA TUGAS SISWA YG HARUS DIKERJA-KAN KECEPATAN SISWA

BELAJAR KELOMPOK

PENGELOMPOKKAN SISWA BELAJAR BERDASARKAN KEMAMKELOMPOK PUAN, KECEPATAN, MI-NAT, DOMAIN KOGNITIF, AFEK-TIF, DAN PSIKOMOTOR BELAJAR KELOMPOK/ INDIVIDU

DOMAIN-DOMAIN TUJUAN

KOMPONEN

SBM

PENGATURAN GURU-SISWA GURU*GURU - MENGAJAR SECARA INDIVIDU & TIM * SISWA - BELAJAR INDIVIDU, KELOMPOK KECIL, DAN KELOMPOK BESAR

STRUKTUR PERISTIWA PEMBELAJARAN* STRUKTUR TERTUTUP - TUJUAN, MATERI, METODE,MEDIA, SERTA EVALUASI TELAH DITETAPKAN SEBELUMNYA.

*

STRUKTUR TERBUKA - SEGALA SESUATU DITENTUKAN BERSAMA OLEH SISWA & GURU

PERANAN GURU SISWA MENGOLAH PESAN * EKSPOSITORIK - GURU YG. MENGOLAH PESAN

*

HEURISTIK - SISWA DAN GURU MENGOLAH PESAN

Sambungan

PROSES PENGOLAHAN PESAN * INDUKTIF --- KHUSUS KE UMUM * DEDUKTIF --- UMUM KE KHUSUS TUJUAN BELAJAR (MENURUT GAGNE)

KET. INTELEKTUAL MENULIS SUATU KONSEP, MENGGAM-BARKAN MENGGAMSUATU PERISTIWA, DAN MENGANALISIS SUATU PROSES STRATEGI KOGNITIF MENGUMPULKAN DATA, MENYUSUN KONSEP TERUS DISUSUN SUATU GENERALISASI ATAU TEORI (SISWA DILATIH MEMPELAJAR DAN BERPIKIR SENDIRI) INFORASI VERVAL - CIRI-CIRI SUATU PERISTIWA, SIFAT-SIFAT SUATU CIRISIFATOBYEK/BENDA. (BANYAK DITEMUKAN DALAM PEMBELAJARAN IPS) KETERAMPILAN MOTORIK - MENGOPERASIKAN OHP/KOMPUTER, MEMENGETIK, MEMBUAT MEDIA, DLL. SIKAP - MEMILIH TERHADAP KEGIATAN/ORANG TERTENTU, MENUN JUKKAN ADA PERHATIAN SESUATU PERISTIWA, DSB.

KEBERHASILAN BELAJAR-MENGAJAR

BELAJAR DAN MENGAJARKAN PENGETAHUAN (ASPEK KOGNITIF)

BELAJAR DAN MENGAJARKAN KREATIVITAS (ASPEK AFEKTIF)

BELAJAR DAN MENGAJARKAN KETERAMPILAN (ASPEK PSIKOMOTORIK)