php adalah

Click here to load reader

Post on 05-Aug-2015

97 views

Category:

Documents

6 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PHP adalahPengenalan PHP

PHP merupakan singkatan rekursif (akronim berulang) dari PHP Hypertext Preprocessor. PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini atau dalam kata lain bisa diartikan sebuah bahasa pemrograman web yang bekerja di sisi server (server side scripting) yang dapat melakukan konektifitas pada database yang di mana hal itu tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan sintaks-sintaks HTML biasa. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain yang lebih kompleks berupa CMS yang dibangun menggunakan PHP adalah Mambo,Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.

Sejarah PHPPada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs Personal).PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannyaPHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP. Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan. Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHPmenjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP dirubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing. Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk

membangun aplikasi webkompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi. Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Kelebihan PHP dari bahasa pemrograman lain

Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulaiapache, IIS, Lighttpd, nginx, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dandeveloper yang siap membantu dalam pengembangan. Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak. PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux,Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Cara kerja PHPSeperti yang telah disebutkan di atas bahwa PHP adalah aplikasi di sisi server atau dengan kata lain beban kerja ada di server bukan di client. Pada saat browser meminta dokumenPHP, web server langsung menggunakan modul PHP untuk mengolah dokumen tersebut. Jika pada dokumen terkandung fungsi yang mengakses database maka modul PHPmenghubungi database server yang bersangkutan. Dokumen yang berformat PHPdikembalikan web server dalam format HTML, sehingga source code PHP tidak tampak di sisi browser.

Kepanjangan PHP

Apa sih kepanjangan dari PHP? Ternyata ada banyak lho, kita lihat yuk. Menurut wikipedia, pada awalnya, PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page. Namun demikian, seiring dengan perkembangan bahasa pemrograman PHP, kepanjangan dari PHP berubah menjadi sebuah singkatan recursive yaitu PHP: Hypertext Preprocessor. Apa tuh maksudnya recursive? Recursive artinya bahwa dalam ada singkatan lagi dalam kepanjangannya. Kalau kamu perhatikan dalam kepanjangan PHP ada kata PHP lagi kan? Mah itu maksudnya recirsive. Kalangan open source saya lihat sering menggunakan metode singkatan seperti ini, misalnya pada GNU, GNU is not Unix. hehehe. Nah, apa masih ada lagi kepanjangan dari PHP yang lain, tapi tidak berkaitan dengan pemrograman web. Apa itu? PHP adalah Parents Helping Parents. Dalam websitenya yaitu php.com (bedakan ya sama websitenya PHP yang web programming yaitu php.net) dijelaskan bahwa tujuan PHP seperti ini. Parents Helping Parents (PHP) strives to improve the quality of life for any child with special need of any age, through educating, supporting and training their primary caregivers. Apa masih ada lagi? Ternyata masih. Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!. Kemarin sore saya jalan melewati Jalan Terusan Pasteur di Bandung. Kalau kamu sering main ke Bandung, maka kamu mungkin pernah melihat mall Giant di Jalan terusan Pasteur kan? Nah, di sana ternyata ada juga singkatan PHP. Di mall tersebut PHP punya arti lain yaitu Pasteur Hyper Point. Ternyata banyak juga ya kepanjangan dari PHP. Apa masih ada yang mau menambahkan kepanjangan dari PHP yang lain? Related Posts: Belajar CSS Website Wikipedia ditinggal Relawannya? Bahasa PHP Peluang Bisnis Internet di Indonesia -1 Belajar PHP 3

Sejarah Perkembangan PHP

PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP bernama FI (Form Interpreted). Pada saat tersebut PHP adalah sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. Perkembangan selanjutnya adalah Rasmus melepaskan kode sumber tersebut dan menamakannya PHP/FI, pada saat tersebut kepanjangan dari PHP/FI adalah Personal Home Page/Form Interpreter. Dengan pelepasan kode sumber ini menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP. Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini interpreter sudah diimplementasikan dalam C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan. Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend, menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998 perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan nama rilis tersebut menjadi PHP 3.0. Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai. Versi ini banyak dipakai sebab versi ini mampu dipakai untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan proses dan stabilitas yang tinggi. Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Versi ini adalah versi mutakhir dari PHP. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Dalam versi ini juga dikenalkan model pemrograman berorientasi objek baru untuk menjawab perkembangan bahas pemrograman kearah pemrograman berorientasi objek. PHP grup kini merilis versi PHP terbaru yaitu 5.1.6 [ sumber : wikipedia ] Kelebihan PHP antara lain * Bahasa pemograman php adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya. * Web Server yang mendukung php dapat ditemukan dimana - mana dari mulai IIS sampai dengan apache, dengan configurasi yang relatif mudah. * Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan. * Dalam sisi pemahamanan, php adalah bahasa scripting yang paling mudah karena referensi yang banyak. * PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (linux, unix, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

* PHP adalah termasuk bahasa embedded ( bisa diletakkan dalam tag HTML ) * PHP diterbitkan secara gratis BEberapa system database yang didukung oleh PHP adalah : * Oracle * Sybase * mSql * MySql * Solid * Generic ODBC * Postgres Sql PHP banyak sekali digunakan untuk pengembangan web dinamis, dapat di katakan mayoritas pengembangan web didunia menggunakan PHP, misalnya saja web yang sudah melegenda beberapa tahun belakangan ini, yaitu friendster dan digg. Mengapa mereka menggunakan PHP? Yaa.. tentunya ada didalam keuntungan yang sudah kami sebutkan sebelumnya di atas tadi. Web dinamis adalah sebuah web yang dapat melalukan update pada contentnya, didalamnya selalu terdapat CMS [Content Management System ] yaitu ruang kendali bagi pemilik website untuk melakukan update, biasanya jika ingin masuk ke dalam CMS ini user atau sang pemilik harus memberikan password agar ruang kendali bebas dari tangan tangan yang tidak bertanggung jawab. Beberapa pihak pengembang web [ kami SimpleBlue.com salah satunya ] selalu memberikan CMS didalam web dinamis, jadi Anda pun tidak perlu bingung lagi untuk melakukan update pada web pribadi Anda. Kami akan memberikan salah satu contoh dari fungsi CMS, jika web Anda mempunyai kolom berita atau news, maka Anda tidak perlu lagi masuk ke dalam source code yang memusingkan kepala dan merepotkan, Anda hanya perlu masuk ke CMS dan pilih menu utuk melakukan perubahan content tersebut. Didalam CMS sendiri terdapat menu untuk menambah , merubah serta menghapus data. Contoh script PHP :

CREATE TABLE mhs ( nim varchar(10), namaMhs varchar(30), alamat varchar(30), PRIMARY KEY (nim) ) dan data mahasiswa sbb:

INSERT INTO 'Solo'); INSERT INTO 'Kudus'); INSERT INTO INSERT INTO INSERT INTO 'Solo');

mhs VALUES ('M0197001', 'ROSIHAN ARI YUANA', mhs VALUES ('M0197002', 'DWI AMALIA FITRIANI', m