petunjuk penggunaan tuneup 2012

23
TuneUp 1-Click Maintenance Informasi lebih lanjut lihat Cara Mengaktifkan Perawatan Dan Pemeliharaan Komputer Secara Otomatis . TuneUp Disk Doctor Informasi lebih lanjut lihat Cara Memeriksa Hard Disk Untuk Menemukan Kesalahan Dan Memperbaikinya . TuneUp Disk Space Explorer Informasi lebih lanjut lihat Cara Mencari Dan Menghapus Data Dalam Jumlah Besar . TuneUp Drive Defrag Informasi lebih lanjut lihat Cara Mudah, Cepat dan Efisien Defragmenting Hard Disk . TuneUp Economy Mode Informasi lebih lanjut lihat Cara Menghemat Pemakaian Listrik Untuk Komputer Dan Batere Untuk Laptop . TuneUp Gain Disk Space Informasi lebih lanjut lihat Cara Membersihkan Hard Disk Untuk Memperbesar Ruang Hard Disk . TuneUp Live Optimization Informasi lebih lanjut lihat Cara Mempercepat Startup Program . TuneUp Optimization Report Informasi lebih lanjut lihat Cara Menampilkan Laporan Optimasi TuneUp Utilities 2012 . TuneUp Process Manager Informasi lebih lanjut lihat Cara Mengelola Proses Windows Yang Sedang Berjalan . TuneUp Program Deactivator Informasi lebih lanjut lihat Cara Yang Baik Menonaktifkan Program . TuneUp Registry Cleaner Informasi lebih lanjut lihat Cara Membersihkan Registry Dengan TuneUp Registry Cleaner . TuneUp Registry Defrag Informasi lebih lanjut lihat Cara Mudah Dan Cepat Defragmenting Registry . TuneUp Registry Editor Informasi lebih lanjut lihat Cara Mengedit Registry Windows .

Upload: rahmad-ilmi

Post on 25-Jul-2015

194 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

TuneUp 1-Click MaintenanceInformasi lebih lanjut lihat Cara Mengaktifkan Perawatan Dan Pemeliharaan Komputer Secara   Otomatis . TuneUp Disk DoctorInformasi lebih lanjut lihat Cara Memeriksa Hard Disk Untuk Menemukan Kesalahan Dan   Memperbaikinya . TuneUp Disk Space ExplorerInformasi lebih lanjut lihat Cara Mencari Dan Menghapus Data Dalam Jumlah   Besar . TuneUp Drive DefragInformasi lebih lanjut lihat Cara Mudah, Cepat dan Efisien Defragmenting Hard   Disk . TuneUp Economy ModeInformasi lebih lanjut lihat Cara Menghemat Pemakaian Listrik Untuk Komputer Dan Batere Untuk   Laptop . TuneUp Gain Disk SpaceInformasi lebih lanjut lihat Cara Membersihkan Hard Disk Untuk Memperbesar Ruang Hard   Disk . TuneUp Live OptimizationInformasi lebih lanjut lihat Cara Mempercepat Startup   Program . TuneUp Optimization ReportInformasi lebih lanjut lihat Cara Menampilkan Laporan Optimasi TuneUp Utilities   2012 . TuneUp Process ManagerInformasi lebih lanjut lihat Cara Mengelola Proses Windows Yang Sedang   Berjalan . TuneUp Program DeactivatorInformasi lebih lanjut lihat Cara Yang Baik Menonaktifkan   Program . TuneUp Registry CleanerInformasi lebih lanjut lihat Cara Membersihkan Registry Dengan TuneUp Registry   Cleaner . TuneUp Registry DefragInformasi lebih lanjut lihat Cara Mudah Dan Cepat Defragmenting   Registry . TuneUp Registry EditorInformasi lebih lanjut lihat Cara Mengedit Registry   Windows . TuneUp Repair WizardInformasi lebih lanjut lihat Cara Mudah Memperbaiki Masalah Umum Pada   Windows . TuneUp Rescue CenterInformasi lebih lanjut lihat Cara Membatalkan Perubahan Pengaturan Sistem Windows Oleh Sebuah   Aplikasi . TuneUp Setting CenterInformasi lebih lanjut lihat Cara Mengubah Pengaturan TuneUp   Utilities . TuneUp Shortcut CleanerInformasi lebih lanjut lihat Cara Mudah Dan Cepat Menghapus Shortcut   Rusak . TuneUp ShredderInformasi lebih lanjut lihat Cara Aman Menghapus   File . TuneUp StartUp ManagerInformasi lebih lanjut lihat Cara Mengaktifkan, Menonaktifkan, Menambah Dan Menghapus Program   Startup . TuneUp StartUp OptimizerInformasi lebih lanjut lihat Cara Mengoptimalkan Sistem Startup Dan Shutdown   Windows .

Page 2: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

TuneUp StylerInformasi lebih lanjut lihat Cara Mengubah Tampilan Windows Dengan TuneUp   Styler :

1. Cara Mengubah Tampilan Windows Saat Booting (Boot   Screen) .2. Cara Mengubah Tampilan Windows Saat Logon (Logon   Screen) .

3. Mengganti, Mengatur Dan Mengelola Paket Ikon   Windows .

4. Cara Mengubah Tampilan Gaya Visual Windows (Visual   Style) .

TuneUp System ControlInformasi lebih lanjut lihat Cara Memodifikasi Pengaturan Sistem   Windows :

1. Cara Mengatur Display Windows Dengan TuneUp System   Control .2. Cara Mengatur Penggunaan (Usage) Windows Dengan TuneUp System   Control .

3. Cara Mengatur Komunikasi Windows Dengan TuneUp System   Control .

4. Cara Mengatur Administrasi Windows Dengan TuneUp System   Control .

5. Cara Mengopi Pengaturan Windows Ke Pengguna Lain Dalam Satu   Komputer .

TuneUp System InformationInformasi lebih lanjut lihat Cara Menampilkan Sistem Informasi   Windows . TuneUp UndeleteInformasi lebih lanjut lihat Cara Mudah Mengembalikan File   Terhapus . TuneUp Uninstall ManagerInformasi lebih lanjut lihat Cara Menampilkan Dan Menghapus Program Yang   Terbaik . TuneUp Update WizardInformasi lebih lanjut lihat Cara Memeriksa Update TuneUp Utilities Ke Versi   Terbaru .

Buka modul 1-Click Maintenance dengan cara klik  Start > All Program > TuneUp Utilities 2012 > All Function > 1-Click Maintenance.

Page 3: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

1-Click Maintenance atau Automatic Maintenance memastikan bahwa komputer Anda selalu tetap bersih, sehingga sistem berjalan cepat dan terpercaya.

Seperti namanya, Automatic Maintenance secara teratur dan secara otomatis melakukan pemeliharaan yang paling penting bekerja pada sistem Anda untuk memastikan bahwa Windows tetap cepat dan stabil.

Automatic Maintenance ini berguna untuk semua pengguna yang lebih suka duduk santai atau melakukan hal lain tanpa khawatir tentang pemeliharaan komputer mereka.

1-Click Maintenance sangat cocok untuk para pengguna yang lebih suka mengatur waktu untuk perawatan diri dan ingin memantau kemajuannya. Setelah dilakukan perbaikan oleh 1-Click Maintenance, rincian lebih lanjut tentang masalah yang ada juga akan ditampilkan.

Secara default, 1-Click Maintenance melakukan kegiatan sebagai berikut untuk Anda:

Page 4: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

1-Click Maintenance

1. … membersihkan registri Anda

Seiring waktu, registri Windows pusat menjadi penuh dengan ratusan entri berlebihan. Ini termasuk referensi untuk file yang tidak ada, backlogs program lama yang terhapus dan entri rusak. Registri Anda dibersihkan, membuat sistem Windows Anda cepat dan bebas masalah. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini, lihat Cara Membersihkan Registry Dengan TuneUp Registry   Cleaner .

2. … defragment registri Anda

Bahkan setelah registry yang sudah dibersihkan seperti dijelaskan di atas, tidak secara otomatis menjadi lebih kecil karena disk ruang yang dibebaskan tidak dirilis. Fitur ini mengompres registri dengan menghapus kesenjangan tersebut. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini, lihat Cara Mudah Dan Cepat Defragmenting   Registry .

3. … menghapus shortcut rusak

1-Click Maintenance memeriksa apakah ada shortcut rusak pada desktop atau pada menu Start atau Quick Launch taskbar dan kemudian secara otomatis menghapusnya. Pada saat yang sama, pencarian juga dibuat untuk entri rusak dalam daftar sejarah berbagai program seperti Windows Media Player atau Microsoft Office. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini, lihat Cara Mudah Dan Cepat Menghapus Shortcut   Rusak .

4. … membebaskan ruang disk dengan menghapus file yang tidak perlu

Jadi yang disebut file “sementara” adalah suatu gangguan. Windows dan program membuat file temporer pada hard disk, untuk menyimpan sementara pengaturan tertentu atau data. Jika program tersebut ditutup, file-file harus benar-benar dihapus dari program ini. Namun, program tersebut sering “lupa” untuk membersihkan diri setelah itu sehingga dari waktu ke waktu hard disk Anda bisa diisi dengan banyak data yang tidak perlu.  1-Click Maintenance terbukti dapat menghapus semua file-file sementara dan folder dari hard disk Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini, lihat Cara Membersihkan Hard Disk Untuk Memperbesar Ruang Hard   Disk .

5. … mengoptimalkan sistem startup dan shutdown

Beberapa program yang dijalankan setiap kali Anda memulai sistem anda memperlambat proses startup yang tidak perlu. Program yang tidak diperlukan dapat dimatikan di sini. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini, lihat Cara Mengoptimalkan Sistem Startup Dan Shutdown   Windows .

6. … defragment hard disk Anda

Page 5: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

Di latar belakang, TuneUp Utilities mengubah susunan file dan folder sehingga mereka dapat membaca lebih lanjut dengan cepat. Defragmentasi secara teratur sangat penting – terutama jika struktur data perubahan hard disk sering dilakukan, misalnya karena Anda memindahkan atau menghapus file atau menginstal program baru. Defragmentation adalah, bagaimanapun, hanya dilakukan bila diperlukan. Dan Anda bahkan dapat memilih apakah – jika ditetapkan bahwa defragmentasi yang diperlukan – sebuah menyeluruh atau defragmentasi cepat harus dilakukan, atau apakah ini harus tergantung pada hasil analisis. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini, lihat Cara Mudah, Cepat dan Efisien Defragmenting Hard   Disk .Solid-state drive (SSD) akan terdeteksi oleh TuneUp Utilities. Mereka tidak dianalisis atau defragmented, karena tidak mungkin untuk mengoptimalkan solid-state drive melalui defragmentasi dan mereka bisa rusak oleh defragmentasi.Fungsi Automatic Maintenance juga dikonfigurasi sehingga dapat melakukan semua tugas-tugas pemeliharaan. Namun, dijalankan di latar belakang dan hanya pemberitahuan yang memberitahu Anda ketika dilakukan.

Bagaimana Periksa Hard Disk Anda1. Buka modul TuneUp Disk Doctor dengan cara klik Start > All Program > TuneUp Utilities 2012 >

All Function > TuneUp Disk Doctor.

2. Pilih drive yang akan diperiksa oleh TuneUp Disk Doctor dan klik Next.

Page 6: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

3. Pilih Normal analysis atau Thorough analysis.Karena Thorough analysis dapat memakan waktu yang lama untuk drive besar, Normal analysis dapat dipilih untuk drive yang cukup dalam banyak kasus – ini biasanya memakan waktu 1-2 menit.Namun, jika kesalahan terjadi pada sistem Anda atau laporan masalah Windows dengan membaca atau menulis data, Thorough analysis dianjurkan.Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang proses Normal vs. Thorough Analysis di bawah.

4. Klik Next untuk memulai analisis.Selama analisis, TuneUp Disk Doctor menyediakan Anda dengan tampilan grafis dari kemajuan. Kotak-kotak ditampilkan mewakili penggunaan ruang dari drive yang diperiksa.

5. Jika tidak ada kesalahan telah ditemukan, klik Finish untuk keluar dari modul.

Dalam beberapa kasus perlu me-restart komputer Anda untuk berhasil menyelesaikan analisis atau memperbaiki proses. Hal ini dapat terjadi, misalnya, ketika program aktif atau Windows itu sendiri menggunakan drive terpilih dan dengan demikian mencegah TuneUp Disk Doctor dari memiliki akses eksklusif.

Jika sistem me-restart diperlukan, TuneUp Disk Doctor akan menunjukkan pesan yang sesuai. Anda dapat kemudian memutuskan apakah restart diperlukan harus dilakukan segera atau jika Anda ingin melakukan restart sistem sendiri di lain waktu.

Normal vs. Thorough Analysis

Normal Analysis

Normal analysis memakan waktu sekitar. 1-2 menit dan umumnya cukup.

Analisis biasa dilakukan dalam beberapa tahap.

Thorough Analysis

Thorough analysis mencakup semua langkah Normal analysis. Selain itu, drive Anda akan diperiksa untuk fisik yang cacat.

Ruang penyimpanan pada drive dibagi menjadi apa yang disebut sektor, yang biasanya 512 byte dalam ukuran masing-masing. Agar dapat mendeteksi cacat fisik pada drive, Thorough analysis memeriksa kinerja dari masing-masing sektor.

Panjang analisis ini tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran drive dan tingkat fragmentasi. Anda harus memungkinkan setidaknya 5 sampai 20 menit.

Langkah-langkah Yang Mungkin Dilakukan

Page 7: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

Normal dan thorough analysis

Memeriksa file dan folder (NTFS dan FAT)Setiap elemen dalam sistem file dicentang. Program ini memastikan bahwa struktur dari semua file dan folder sudah benar.

Memeriksa indeks (NTFS saja)Indeks adalah referensi untuk folder dalam sistem file NTFS. Jika salah satu indeks rusak, folder yang berhubungan tidak akan ditampilkan dalam sistem file. Jika salah satu file atau folder tiba-tiba “menghilang”, ada kesempatan baik bahwa mereka akan kembali setelah memperbaiki sistem file.

Memeriksa keamanan deskriptor (NTFS saja)File dan folder dalam sistem file NTFS biasanya dilindungi oleh deskriptor keamanan yang mencegah diakses oleh pengguna yang tidak sah. Selama analisis, kesalahan dalam penjelasan ini akan ditemukan dan diperbaiki.

Hanya thorough analysis

Memeriksa file data (NTFS saja)Semua sektor dari disk yang saat ini berisi file diperiksa. Ini akan memastikan bahwa tidak ada kesalahan membaca terjadi ketika bekerja dengan file, jika sektor ditemukan yang memerlukan beberapa upaya untuk berhasil membaca data, file data yang ada akan dipindahkan ke sektor yang bebas dari kesalahan. Sektor ini kemudian ditandai sebagai yang cacat. Hal ini mencegah masalah masa yang akan datang.

Memeriksa disk bebas ruang (NTFS dan FAT)Semua sektor drive yang tidak berisi file-file akan diperiksa agar bebas dari kesalahan pembacaan. Jika kesalahan terjadi selama analisis ini, sektor tersebut akan ditandai sebagai yang cacat untuk mencegah file dari disimpan di masa akan datang

Page 8: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

Bagaimana Menjalankan Sebuah Analisis1. Buka modul TuneUp Disk Space Explorer dengan cara klik Start > All Program > TuneUp

Utilities 2012 > All Function > TuneUp Disk Space Explorer.

2. Pilih apa yang akan Anda analisis.

o Analyze drivesDari daftar semua drive yang terpasang pada komputer Anda, pilih yang harus dimasukkan dalam pencarian file besar. Wizard menunjukkan ukuran total setiap drive dan ruang bebas yang tersedia. Hal ini terutama penting untuk menganalisa drive yang memiliki ruang bebas yang tersisa sedikit.

o Analyze folderAnda dapat menyimpan banyak waktu dengan menganalisis folder individu. Jika Anda ingin menganalisis sebuah folder individu, Anda harus mengaktifkan Analyze folder. Klik Select untuk membuka struktur pohon dari semua folder Anda, dari mana Anda dapat pilih saja satu folder dengan menyorot dan mengklik OK.

3. Klik Next untuk memulai analisis.Analisis ini dapat berlangsung cukup lama tergantung pada ukuran dan penggunaan drive atau folder yang dipilih. Segera setelah analisis selesai, klik Finish untuk menampilkan hasil di jendela

Page 9: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

utama. Lihat gambar di bawah.

Hasil Analisis

Struktur Folder

Setelah analisis, jendela utama TuneUp Disk Space Explorer  akan terbuka (lihat gambar kedua). Ini dibagi menjadi dua daerah. Di kiri area jendela, ada pandangan pohon drive dan folder, sama seperti di Windows Explorer. Data untuk lokasi yang dipilih dalam tampilan pohon ditampilkan di area kanan jendela. Secara default, drive yang terakhir dianalisis akan ditampilkan lebih dulu.

Jika Anda telah memutuskan terhadap analisis dan mengklik Cancel, jendela utama masih terbuka, tetapi Anda tidak akan melihat informasi pada drive individu. Anda juga dapat memulai analisis dari sini, tapi hanya untuk satu mendorong masing-masing.

Menampilkan Informasi

Page 10: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

Untuk menampilkan informasi di area kanan jendela, Anda dapat memilih antara beberapa pandangan dengan mengklik pada tab yang bersangkutan pada tepi atas.

Mengingat masing-masing, Anda akan menerima daftar, dan Anda dapat mengurut kolom ke menaik atau menurun dengan mudah oleh mengklik nama kolom. Seleksi menurut ukuran tertentu akan memberikan sebuah gambaran singkat terbesar Anda file.

Pandangan berikut tersedia untuk menampilkan alokasi ruang disk.

1. Overview

Ikhtisar tampilan default adalah langkah awal yang ideal ketika membersihkan drive Anda. Informasi yang paling penting dari semua pandangan lain yang dikombinasikan untuk memberikan gambaran umum.Anda selalu dapat menemukan informasi tentang elemen yang dipilih di pohon folder di bagian atas jendela, di atas daerah dengan latar belakang berwarna-warni. Ukuran dan persentase ruang yang digunakan ditampilkan untuk setiap drive.Namun, jika folder yang dipilih, daerah ini akan menampilkan ukuran folder termasuk semua file dan subfolder. Anda juga menerima informasi tentang tanggal pembuatan folder dan ketika terakhir digunakan.Di daerah bawah jendela, Anda akan melihat tabel berikut:

o Overview of the Largest Folders and FilesDi sini Anda dapat melihat gambaran grafis dari ruang pada drive atau folder yang dipilih dalam bentuk pie chart. Itu ukuran dan persentase ruang yang ditempati yang ditampilkan di sini hingga 10 folder dan file. Jika Anda ingin melihat lebih dari 10 elemen yang ditampilkan, cukup klik pada link Show Contents untuk beralih ke tampilan Contents .

o File TypesTabel ini mengatur file yang terdapat dalam elemen yang dipilih berdasarkan jenis file dan menunjukkan sekilas yang jenis file (dokumen, file musik, video atau gambar) yang mengambil ruang disk yang paling banyak.Harap dicatat bahwa pandangan ini tidak hanya mencakup file yang langsung terletak di drive atau folder yang dipilih, tetapi juga mencakup semua file dalam subfolder. Anda dapat membatasi jumlah informasi yang ditampilkan dengan menggerakkan tingkat yang lebih rendah di pohon folder di sebelah kiri.Jika Anda ingin melihat file individual termasuk dalam jenis file tertentu, cukup klik pada nama jenis file dalam tabel. Ini secara langsung akan membuka kategori yang benar dalam tampilan file types .

o Top 10 FilesTabel ini sangat berguna dalam kekurangan ruang disk akut. Hal ini menunjukkan daftar dari 10 file atas yang mengambil paling besar ruang disk. Seperti tabel terakhir, pandangan ini tidak hanya mencakup file yang langsung terletak di hard dipilih atau folder, tapi juga mencakup semua file dalam subfolder. Jika Anda klik pada salah satu

Page 11: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

file dalam tabel atau di Show top 100 files, tampilan Top 100 files akan terbuka. Di sana Anda dapat memindahkan, arsip atau menghapus file.

2. Contents

Pandangan ini menunjukkan isi dari elemen yang dipilih dalam pohon folder di sebelah kiri. Selain informasi dasar seperti nama dan jenis, seperti pada Windows Explorer, setiap elemen memiliki bidang yang menampilkan ukuran dan persentase ruang disk yang tidak memakan. Sebuah representasi grafis dengan bar memungkinkan Anda untuk mengenali sekilas file dan folder yang mengambil ruang paling besar.Double klik pada folder untuk memindahkan ke tingkat yang lebih dalam dan untuk menampilkan isi dari folder tersebut.

3. File Types

Overview and file typesSecara default, gambaran praktis dari jenis file akan terbuka, menampilkan sekilas mana yang mengambil yang paling besar ruang disk.Tepi atas jendela menampilkan tombol untuk Images, Documents, Compressed files, Music files, Video files dan Other. Klik pada salah satu tombol atau pada entri yang sesuai pada gambaran untuk menampilkan semua file dari masing jenis file.

Advanced: Which file extensions are included?Setiap kategori jenis file termasuk file dengan banyak file extensions yang berbeda. Gambar, misalnya, termasuk file ekstensi .bmp, .jpg, . gif, .tif dan .png. Daftar tepat dari ekstensi file yang disertakan disesuaikan agar sesuai dengan sistem anda secara otomatis oleh TuneUp Disk Space Explorer. Klik Advanced di kanan atas dari jendela Anda untuk menampilkan daftar. Anda dapat menyesuaikan ini dengan mudah dengan centang kotak centang.Other menampilkan semua file lain yang tidak termasuk salah satu jenis file lainnya.Di sinilah daftar ekstensi ditampilkan setelah mengklik Advanced sangat membantu, karena Anda dapat mengonfigurasi file mana yang harus ditampilkan dalam daftar di bawah ini.Dalam menu konteks (ditampilkan setelah mengklik kanan pada daftar ekstensi file), Anda dapat dengan cepat memilih semuanya atau membalikkan pilihan saat ini.Jelajahi hard drive Anda dan menggunakan tampilan yang tersedia untuk mencari cara yang dapat membebaskan ruang disk lebih banyak. Menyortir daftar berdasarkan ukuran file atau tanggal akses terakhir juga dapat membantu Anda menemukan file menarik. Untuk melakukannya, cukup gunakan mouse untuk klik pada berita utama dengan latar belakang abu-abu di bagian atas kolom.Tips PembersihanSorting file menurut tanggal akses terakhir dalam kombinasi dengan maksud untuk membatasi jenis file tertentu memungkinkan Anda untuk menemukan objek seperti file MP3 atau video yang lebih tua bahwa Anda mungkin tidak ingin mendengarkan atau menonton lagi.

Page 12: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

4. Top 100 file

Untuk kebanyakan pengguna, ini adalah pandangan yang paling menarik. Ini berisi 100 file terbesar di lokasi yang dipilih dari pohon folder, jelas yang diselenggarakan oleh ukuran file. Sebagai isi semua subfolder yang disertakan, pandangan ini memungkinkan Anda untuk membebaskan ratusan megabyte atau bahkan beberapa gigabyte dengan beberapa klik, tergantung pada ukuran sistem anda.

Bagaimana Konfigurasi TuneUp Disk Space Explorer

TuneUp Disk Space Explorer menyediakan beberapa pilihan untuk personalisasi tampilan sistem anda. Untuk menyesuaikan pilihan yang tersedia, klik File dan kemudian Settings.

Hidden files and folders 

Hidden files and folders memungkinkan Anda untuk menentukan apakah berkas dan folder tersembunyi harus ditampilkan di TuneUp Disk Space Explorer. Secara default, pengaturan Windows Explorer akan diterapkan. Jika Anda ingin mengonfigurasi pengaturan yang berbeda untuk pengaturan Windows Explorer, klik Use user-defined settings dan menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan Anda. Secara default, TuneUp Disk Space Explorer melindungi semua elemen dalam folder sistem untuk mencegah Anda dari sengaja menghapus atau memindahkan file sistem penting. Jika Anda tahu sistem anda dengan sempurna, Anda dapat menonaktifkan Protected system elements. Periksa kotak centang di samping Permanently disable protection.

Deletion method 

Bagian Deletion method memungkinkan Anda memutuskan metode mana TuneUp Disk Explorer Ruang harus digunakan sebagai cara default saat menghapus file dan folder. Metode Move to Recycle Bin secara khusus direkomendasikan untuk pemula, karena file yang tidak sengaja dihapus dapat dikembalikan.

Namun, perlu diketahui bahwa Windows Recycle Bin hanya bisa menampung jumlah data yang terbatas. Jika batas penyimpanan Recycle Bin terlampaui atau jika Windows membutuhkan ruang lebih, file tertua di Recycle Bin akan secara permanen dihapus dari waktu ke waktu.

Jika metode Permanently delete dipilih, Windows Recycle Bin akan dilewati dan file akan dihapus langsung. Mengembalikan file-file ini di lain waktu hanya mungkin dengan keberuntungan dan memerlukan perangkat lunak khusus seperti TuneUp Undelete.

Tiga metode penghapusan lain menggunakan TuneUp Shredder untuk memulihkan file yang dihapus praktis tidak mungkin.

Page 13: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang metode penghapusan dan pengaturan mereka dalam Cara Aman Menghapus   File .

Cara Arsip File

Pengarsipan File Dengan TuneUp Disk Space Explorer

Jika, ketika browsing melalui komputer Anda, Anda menemukan beberapa file yang sebenarnya Anda tidak perlu lagi tapi masih tidak ingin menghapus, TuneUp Disk Space Explorer memiliki solusi yang bagus untuk masalah ini:

Berkat kerjasama dengan Windows Explorer Anda dapat menyalin file-file ke USB stick atau eksternal hard disk sebelum penghapusan, misalnya.

1. Klik pada file yang dipilih (s) dan pilih Copy dari menu Edit atau gunakan shortcut Ctrl + C.2. Buka target drive yang dipilih dalam Windows Explorer dan paste file disalin menggunakan item

menu Paste atau shortcut Ctrl + V.

Berkat dukungan untuk semua program pembakaran utama, Anda juga dapat dengan mudah membakar file ke CD atau DVD. Hanya tarik file yang Anda inginkan dengan menekan tombol mouse (drag & drop) langsung ke daftar bakar dalam program pembakaran Anda (misalnya Nero).

Menghapus File Archived Dengan TuneUp Disk Space Explorer

Setelah berhasil pengarsipan file, Anda dapat menghapusnya dengan aman di TuneUp Disk Space Explorer dan dengan demikian membebaskan ruang disk yang berharga. Pilih file dan kemudian klik Delete pada toolbar.

Buka modul TuneUp Live Optimization dengan cara klik  Start > All Program > TuneUp Utilities 2012 > All Function > TuneUp Live Optimization .

Atau pergi ke Start Center dan mengklik entri Configure Live Optimization di sisi kanan kategori Status & recommendations .

Atau, Anda dapat membuka modul dengan pergi ke Overview of all functions di Start Center dan memilih entri Configure Live Optimization di bawah TuneUp Utilities. Atau klik Settings pada kolom menu Start Center dan pilih area Live Optimization.

Page 14: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

Di sini Anda dapat memilih dua metode optimasi. Karena keduanya adalah optimasi cerdas secara real time, mereka tidak selalu segera berlaku. Sebaliknya Anda tetapkan disini bahwa mulai sekarang beban di mana komputer beroperasi adalah untuk dipantau sehingga baik optimasi dapat berlaku jika diperlukan. Pilih sini metode optimasi yang akan dilakukan bila perlu:

1.  Increase response rate

Metode optimasi memonitor semua proses latar belakang dan memberikan mereka prioritas lebih rendah jika mereka mengambil terlalu banyak daya komputer. Hal ini menjamin tingkat respons yang optimal dan mencegah juddering oleh Windows atau program.

Ini optimasi cerdas mengidentifikasi kebutuhan dan memastikan bahwa tingkat respons komputer selalu optimal. Gambar-gambar berikut mewakili bagian dalam komputer Anda sebelum dan setelah pilihan Increase response rate diaktifkan.

Page 15: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

Di sini Anda dapat melihat bagaimana beban pada PC Anda berkurang:Selain program-program yang sedang Anda gunakan (hijau), banyak program lain  juga berjalan di latar belakang yang benar-benar tidak yang penting untuk pekerjaan Anda (biru). Jika proses latar belakang seperti tiba-tiba mulai memerlukan banyak kekuatan pemrosesan, mereka diberi prioritas yang lebih rendah sehingga program lain dapat terus berjalan lancar.

2.  Speed up the startup of my programs

Metode optimasi intervenes ini jika Anda memulai program secara manual saat komputer sudah di bawah berat beban. Untuk jangka pendek segera setelah program ini telah dimulai, pengolahan daya untuk sementara didistribusikan, memberikan program tersebut meningkatkan kinerja terpisah. Meningkatkan Hal ini dicapai oleh sementara memprioritaskan program yang bersangkutan.

Gambar-gambar berikut mewakili bagian dalam komputer Anda sebelum dan sesudah pilihan Accelerate program startups ini diaktifkan. Di sini Anda dapat melihat bagaimana sebuah program yang baru mulai menerima peningkatan kinerja tertentu:

Untuk jangka pendek segera setelah program dijalankan (oranye) kekuatan pengolahan komputer ini sementara didistribusikan, memberikan program tersebut meningkatkan kinerja terpisah. Hal ini dicapai dengan memprioritaskan sementara program tersebut. Tidak ada program lain (hijau dan biru) yang terpengaruh.

Bagaimana saya tahu kapan Live Optimasi telah diaktifkan?

Hal yang besar tentang Live Optimization adalah bahwa ia bekerja cerdas di latar belakang. Setiap kali salah satu dua metode optimasi adalah meningkatkan kinerja PC Anda di latar belakang, ini juga ditunjukkan oleh ikon di area notifikasi taskbar.

Page 16: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

1. Buka modul TuneUp Drive Defrag dengan cara klik Start > All Program > TuneUp Utilities 2012 > All Function > TuneUp Drive Defrag.

2. Solid-state drive (SSD) akan terdeteksi oleh TuneUp Utilities. Mereka tidak dianalisis atau defragmented, karena tidak mungkin untuk mengoptimalkan solid-state drive melalui defragmentasi dan mereka bisa rusak oleh defragmentasi.

3. Pilih hard disk yangharus diperiksa untuk potensi optimasi.

4. Pilih bagaimana defragmentasi harus dilakukan menurut analisis.Seperti TuneUp Drive Defrag menawarkan dua jenis defragmentasi , Anda harus menentukan apakah jenis defragmentasi harus bergantung pada analisis sebelum Anda memulai analisis.Dari empat pilihan, yang pertama yang dipilih terlebih dulu karena memberikan rekomendasi pribadi setelah analisis dan Anda dapat memutuskan sendiri bagaimana defragmentasi harus dilakukan. Untuk tiga pilihan lain , defragmentasi dimulai segera setelah analisis selesai. Namun, jika analisis menentukan bahwa tingkat defragmentasi sangat rendah, defragmentasi tidak akan dilakukan untuk tiga pilihan karena TuneUp Defrag Hard menganggap tidak perlu.

o Wait for result and then decideKami merekomendasikan opsi ini untuk Anda. Setelah analisis selesai, Anda

Page 17: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

memutuskan untuk setiap hard disk apakah Anda ingin menjalankan defragmentasi cepat atau menyeluruh. Anda juga dapat memutuskan di sini untuk pergi tanpa defragmentasi.

o Automatically as recommendedTuneUp Defrag Hard membuat keputusan untuk Anda dan defragments hard disk masing-masing segera setelah analisis selesai menggunakan mode cocok dengan tingkat fragmentasi.

o Automatically thoroughAnda mengoptimalkan kinerja hard disk Anda sampai ke detail terakhir, bahkan jika ini berlangsung sedikit lebih lama – tanpa dari hasil analisis.

o Automatically fastAnda ingin menghemat waktu dan defragment hard disk khususnya dengan cepat, terlepas dari tingkat fragmentasi.Jika Anda telah memilih Wait for result and then decide , Anda akan melihat dialog di mana Anda dapat pilih bagaimana setiap hard disk harus defragmented. Untuk semua pilihan lain, Anda tidak perlu melakukan apapun lainnya, seperti defragmentasi akan berjalan secara otomatis setelah analisis.

5. Pilih hard disk di daerah atas dan pilih mode defragmentasi.TuneUp Drive Defrag menentukan hubungan antara kecepatan dan manfaat yang bisa diperoleh dan menyediakan Anda dengan rekomendasi berdasarkan ini.

6. Tentukan apakah komputer harus dimatikan setelah defragmentasi dengan mencentang Shut down once all operation are complete.

7. Pastikan bahwa Anda telah memilih modus defragmentasi untuk setiap hard disk.

8. Klik Next untuk memulai defragmentasi.Selama defragmentasi, Anda dapat memonitor setiap hard disk secara real time dan melihat bagaimana peta perubahan penggunaan. Anda juga dapat melihat progress bar dan menentukan kemajuan dan berapa lama sefragmentasi telah melaju.

Tip: NTFS Dibandingkan dengan FAT

Hard disk bisa menggunakan sistem file NTFS, sebagaimana dalam versi Windows saat ini sebagai preferensi, atau FAT  sistem lama seperti yang didukung oleh versi Windows pertama. Analisis drive sebelum defragmentasi secara substansial lebih cepat pada NTFS drive. Untuk sistem FAT, pengguna harus menunggu jauh lebih lama dan dapat mengambil kopi yang panas sambilistirahat. Ini hanyalah salah satu dari beberapa alasan mengapa sistem FAT lama harus dikonversi ke sistem NTFS modern.

File NTFS sistem (NTFS = New Technology File System) adalah sistem file dari Windows NT dan penerusnya (Misalnya Windows 2000, Windows XP, Windows Vista) sampai ke Windows 7. Menawarkan cerdas merancang akses perlindungan ke tingkat file, memungkinkan manajemen

Page 18: petunjuk penggunaan TuneUp 2012

yang fleksibel dari hak istimewa, menampung file yang ukuran di atas 4 GB, menawarkan koreksi kesalahan otomatis dari sistem file dan dapat memanfaatkan ruang penyimpanan standar ukuran hard disk saat ini dengan cara jauh lebih efisien.

Jika hard disk Anda masih menggunakan sistem berkas FAT, Anda dapat melakukan konversi sangat sederhana.

Perhatikan : Meskipun konversi dianggap sangat aman, Anda harus membuat cadangan data Anda untuk disimpan sebelum mencoba ini.

Klik ikon Start Windows untuk membuka All Programs > Accessories > Command Prompt. Jika Anda memasukkan Convert.exe C :/ FS: NTFS pada command line, konversi akan dimulai.

Ganti C: dengan huruf drive lain untuk mengubah partisi yang berbeda. Jika partisi system berubah, komputer perlu restart. Dalam hal ini, ikuti petunjuk pada layar Anda