perancangan interface

Download Perancangan Interface

Post on 10-Jul-2015

169 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

PERANCANGAN DESIGN INTERFACE SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN BORLAND C++ BUILDER

DISUSUN OLEH : Ahmad Arief Yunius 09081003046 Sistem Informasi 4B

FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2009 2010

1 |Halaman

DAFTAR ISI

I. COVER 1II. DAFTAR ISI 2 III. BAB I... 3

Perancangan Database... 3IV. BAB II.. 5

Membuat Database menggunakan Microsoft Access. 5I.

Membuat Database menggunakan Microsoft Access.. . 5

V. BAB III 10 Perancangan Design Interface 10I.

Komponen

komponen

pengelolaan

SI

Perpustakaan...

10 1. Antarmuka Pengelolaan data buku..10 2. Antarmuka Pengelolaan data penulis ..113. Antarmuka Pengelolaan data penerbit.11 4. Antarmuka Pengelolaan data anggota.12 5. Antarmuka Pengelolaan data peminjaman..12

VI. DAFTAR PUSTAKA... 14

2 |Halaman

BAB I Perancangan Database

Database merupakan kumpulan data-data yang tersimpan dalam suatu tempat secara sistematik dan dapat digunakan secara bersama- sama dalam satu waktu. Database secara digital tersimpan dalam bentuk file, tersimpan dalam database server, dan dapat di akses bersama melalui jaringan komputer. Dalam perancangan database kali ini, kita dihadapkan pada kasus berikut ini : Studi kasus Nama Database Entitas : Sistem Informasi Perpustakaan : Perpustakaan : 1. Buku 2. Penulis 3. Penerbit 4. Anggota Dengan Entity Relational Diagram (ERD) sebagai berikut :

3 |Halaman

Dengan relasi yang terbentuk : Menulis (Penulis Buku) Menerbitkan (Penerbit Buku) Meminjam (Anggota Buku)

Tabel relasi yang terbentuk : 1. Menulis Penulis Buku A 1 B 2 C 3 A 2 Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa ID Penulis (Penulis) dan Kode Buku (Buku) merupakan foreign key yang duplicate atau boleh berulang. Dengan artian penulis dapat menulis banyak buku dan buku dapat ditulis oleh banyak penulis. 2. Menerbitkan Penerbit Buku A 1 B 2 C 3 A 4 Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa ID Penerbit (Penerbit) merupakan foreign key yang duplicate atau boleh berulang, namun Kode Buku (Buku) merupakan foreign key yang uniq atau tidak boleh berulang. Dengan artian penerbit dapat menerbitkan banyak buku namun buku hanya dapat diterbitkan oleh satu penerbit. 3. Meminjam Anggota Buku

4 |Halaman

A 1 B 2 C 3 A 2 Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa NIM (Anggota) dan Kode Buku (Buku) merupakan foreign key yang duplicate atau boleh berulang. Dengan artian anggota dapat menulis banyak buku dan buku dapat dipinjam oleh banyak anggota.

BAB II Membuat Database Menggunakan Microsoft Access I. Membuat Database menggunakan Microsoft Access Pada pembuatan database ini kita menggunakan Microsoft Access. Hal pertama yang dilakukan adalah membuat database dengan nama perpustakaan. Caranya : Buka Aplikasi Microsoft Access Klik Blank database

Lalu tentukan nama database yang akan dibuat yaitu perpustakaan. Dengan ekstensi file .mdb.

5 |Halaman

Lalu klik create, dan tentukan lokasi penyimpanannya. Kemudian muncul tabel, lalu kita buat tabel tabel yang ada dalam database perpustakaan tersebut, seperti table Buku, Penulis, Penerbit, dan Anggota. Jangan lupa untuk membuat tabel relasinya yaitu tabel Menulis, Menerbitkan dan Meminjam. Isikan atribut - atribut yang ada dalam setiap tabel, tentukan juga tipe datanya. Jangan lupa untuk menyimpan (ctrl + S) setiap tabel sesuai namanya. Caranya ; (1) . Klik create, pilih table design lalu isikan field field yang ada pada tabel. (2) . Tentukan primary key pada setiap tabel. (3) . Tentukan tipe data pada setiap field dalam tabel. (4) . Simpan tabel (ctrl + s). Contoh pembuatan tabel Buku :

(5) .Lakukan hal yang sama pada setiap tabel, dan sesuaikan dengan atribut pada setiap tabel. (6) .Klik datasheet view lalu isikan data data yang ada pada tabel buku tersebut seperti berikut ini : i.6 |Halaman

Tabel Buku

ii. Tabel Penulis

iii. Tabel Penerbit

iv. Tabel Anggota

7 |Halaman

(7) . Buat juga tabel tabel relasi yang terbentuk, yaitu : i. Tabel Menulis (Penulis Buku)

ii. Tabel Menerbitkan (Penerbit Buku)

iii. Tabel Meminjam (Anggota Buku)

8 |Halaman

(8) . Relasikan tabel tabel yang telah kita buat dengan cara : i. Pilih menu database tools lalu klik relationship.

ii. Klik kanan lalu pilih show table, pilih tabel tabel yang akan direlasikan dengan cara klik nama tabelnya lalu klik add.

iii. Lalu hubungkan atribut atribut yang sama pada tabel yang akan direlasikan dengan cara drag and drop. iv. Lalu akan muncul kotak dialog edit relationship, beri tanda cek pada Enforce Referential Integrity dan Cascade Update Related Fields klik OK.9 |Halaman

v.

Lakukan hal yang sama pada relasi Menerbitkan dan Meminjam. Jika semuanya sudah direlasikan maka akan tampil seperti berikut :

*catatan : untuk tabel menerbitkan jangan lupa untuk mengganti indexed pada field kode buku menjadi Yes(No Duplicates). vi. Simpan relasi yang kita buat (ctrl + s).

10 | H a l a m a n

BAB III Perancangan Design Interface

I. Komponen komponen antarmuka pengelolaan Sistem Informasi Perpustakaan11 | H a l a m a n

1. Antarmuka Pengelolaan data buku 2. Antarmuka Pengelolaan data penulis 3. Antarmuka Pengelolaan data penerbit 4. Antarmuka Pengelolaan data anggota 5. Antarmuka Pengelolaan data peminjaman

1. Antarmuka Pengelolaan data buku

Skemanya,form ini untuk mengelola data buku,yang terdiri dari kode buku,judul buku,synopsis, dan tahun. Selain menginsert data buku form ini juga dapat mengedit data12 | H a l a m a n

buku maupun menghapus data buku yang ada. Setelah data diinputkan maka secara otomatis data akan masuk ke dalam database dan ditampilkan pada komponen DBGrid. Kolom edit kata kunci digunakan jika kita ingin mencari buku yang sudah di insert untuk diedit atau di hapus. Buku yang terpilih datanya akan ditampilkan pada panel paling bawah.

2. Antarmuka Pengelolaan data penulis

Sama seperti dengan form di atas, form penulis ini juga digunaka untuk menginsert data penulis, mengedit, maupun menghapus data penulis dari database. Terdiri dari field ID penulis, Nama Penulis, dan biografi singkat penulis. Data yang telah diinput akan ditampilkan pada komponen DBGrid.

3. Antarmuka Pengelolaan data penerbit

13 | H a l a m a n

Tidak berbeda jauh dengan form sebelumnya. Form ini digunakan untuk mengelola data penerbit. Data yang diinput akan ditampilkan pada komponene DB Grid.

4. Antarmuka Pengelolaan data anggota

14 | H a l a m a n

Form berikut untuk mengelola data anggota yang juga skemanya sama dengan form sebelumnya. Digunakan untuk menginsert, edit, maupun menghapus data anggota. Data yan telah diinput juga ditampilkan pada komponene DB Grid.

5. Antarmuka Pengelolaan data peminjaman

Form ini digunakan untuk mengelola data peminjaman buku. Skemanya adalah dengan mengetikkan data anggota baik ( NIM atau Nama) lalu dicari dengan button cari setelah itu data yang dicari akan ditampilkan pada komponen DB Grid dibawahnya. Setelah data ketemu dan dipilih maka data anggota yang akan meminjam buku itu akan ditampilkan pada komponen label pada form.

Untuk data peminjaman buku,skemanya adalah dengan mengetikkan kode buku atau dengan melalui tombol browse. Jika tombol browse diklik maka akan tampil form berikut

15 | H a l a m a n

Setelah form muncul akan ditampilkan deretan buku yang ada pada database, dengan begitu kita dapat memilih buku mana yang akan dipinjam. Setelah buku dipilih lalu dengan menekan tombol ambil maka akan kembali pada form sebelumnya (pengelolaan data peminjaman), jika sudah sesuai maka transaksi peminjaman buku dapat dilakukan dengan mengklik tombol Ambil.

DAFTAR PUSTAKA

1.2.

Saparudin, Membangun Database dengan C++ Builder Gustiawan, Ferry. 2009. Modul 9 Database3 Koneksi Ms Access. Fasilkom Unsri. Imam Heryanto,Budi Raharjo,Pemrograman Borland C++ Builder. Informatika , Bandung 2006.

3.

16 | H a l a m a n